Wednesday, January 22, 2014

Cara Memelihara Barn Owl | Drh. Fira Sovica

Tidak seperti burung hantu celepuk, memelihara barn owl (tyto alba) cenderung lebih susah dibanding dengan memelihara celepuk. Level kesulitan memelihara barn owl bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan memelihara celepuk, maka barn owl tidak dianjurkan dipelihara oleh orang yang pemula dalam pemeliharaan burung hantu. Burung hantu barn owl gampang sekali stress yang biasanya berakhir kepada kematian.
Cara Memelihara Barn Owl
Image taken from reallywildbirdfood.co.uk

Nah, bagaimana

cara memelihara barn owl

? Berikut adalah tips dan trik cara memelihara barn owl yang penulis rangkum dari pengalaman penulis sendiri.

  • Pilih barn owl yang masih anakan berbulu kapas (chick) saat akan membeli karena lebih mudah dijinakkan. Pastikan pula barn owl yang dibeli sehat
  • Ciri barn owl yang sehat antara lain adalah tidak lesu, aktif, saat dikeluarkan dia aktif bergerak, mata jernih dan terbuka (kelopak mata tidak menutup), serta tidak ada luka fisik di bagian tubuhnya. Memilih barn owl yang masih chick agar barn owl tersebut bisa bonding kepada anda pemiliknya.
  • Saat sampai di rumah, biarkan barn owl sendiri di dalam ruangan tertutup agar ia adaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Selama masa adaptasi, beri makan berupa potongan kecil daging sapi yang masih segar. Lebih bagus lagi jika daging sapi yang diberikan masih berdarah.
  • Setelah masa adaptasi, anda bisa memindahkan barn owl tersebut ke tangkringan (perch) yang sudah disediakan.
  • Anda bisa membuat sendiri perch dengan menggunakan pipa PVC, kaleng bekas cat, dan pipa PVC letter T. Cara membuat perch bisa anda baca di artikel saya cara membuat perch sendiri.
  • Jadwal pemberikan makanan untuk barn owl
  • Barn owl adalah jenis burung hantu dengan level pemeliharaan yang lebih susah dibandingkan celepuk, salahsatunya adalah dari segi pemberian pakan. Pakan yang diberikan bisa berupa bayi atau anakan tikus putih yang terlebih dahulu sedikit dilukai agar aroma darahnya tercium oleh si barn owl. Pemberian makan bisa diberikan 2 atau 3 kali sehari: subuh hari sekitar jam 5 atau setengah 6, siang hari sekitar jam 1 atau jam 2 (opsional), dan awal malam sekitar jam 7 atau 8 malam.
  • Latih barn owl anda dengan berbagai trik. Artikel tentang cara melatih burung hantu sudah ada di blog ini.

Demikian adalah

cara memelihara barn owl

. Semoga tips dan trik memelihara barn owl tersebut bisa membantu anda untuk memelihara dan merawat barn owl. Saran, kritik, serta komentar bisa diberikan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih (FS)

1027 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 1027   Newer›   Newest»

Saya baru beli barn owl chick (yg masih bulu kapas) kira2 makan'an yg dianjurkan untk brn owl yg masih sgitu itu apa ya ?? Trz gimana cara pemberian' makanan'nya ?? Apa di potong kecil2 atau gimana ?? Dan haruz berapa kali dikasih makan'an ?? Tolong penjelasan'nya ?? Thankz :)

untuk barn owl berusia chick bisa diberi makan berupa potongan
daging sapi kecil kecil. bisa juga diberi pinkies (bayi tikus putih)
yang dilukai sedikit lalu ditempatkan di dalam box (kardus mie instan)
bersama si barn owl... biarkan beberapa menit hingga si barn owl
bisa belajar berburu sendiri di dalam box...

Saya punya barn owl, umurnya mungkin 2 bulanan. badannya masih berupa bulu kapas dan belom bisa terbang. kalo saya kasih makan ikan kecil dan daging ayam mentah gimana? Apakah itu tidak apa apa? Terus kenapa burung hantu saya selalu tidur meskipun di malam hari, dan cara tidurnya mengangkat kaki sebelah. terima kasih

ikan kecil sebenarnya tidak begitu cocok untuk pencernaan
barn owl, apalagi yang masih chick. saran saya, berikan potongan
daging sapi segar (yang masih berdarah) ke dia. bisa juga diberi
pinkies alias bayi tikus putih.
selama nafsu makannya masih baik, kebiasaan dia
tidur sebenarnya tidak masalah, kapanpun dia tidur. hal tersebut
masih dibilang normal karena si barn owl masih bayi.

Barn owl saya sayapnya ada luka,dan tidak dalam posisi seharusnya ,apa yang harus di lakukan terhadap sayap dan lukanya? trims

sepertinya ada fragmen tulang sayap yang patah. sebaiknya,
bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
terima kasih. :)

sepertinya ada fragmen tulang sayap yang patah. sebaiknya,
bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
terima kasih. :)

saya baru punya barn owl sudah dewasa ( belum tua ),kalo didekati dia pasang mode defense,dan cara memberi makan ( mancit )saya letakkan diwadah dan saya tempatkan di sampingnya,lalu saya tinggal karena kalo ditungguin dia tidak mau makan ( posisi defense )
yang mau saya tanyakan
cara membangun bonding burung dengan saya bagaimana ?

membondingkan atau menjinakkan barn owl yang sudah dewasa
memang membutuhkan waktu yang agak lama, terutama
kalo burung hantu barn owl tersebut adalah hasil tangkapan liar
(wild caught, wc), dan barn owl-pun termasuk burung hantu yang
tingkat stressnya lebih tinggi (baca:http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/jenis-jenis-burung-hantu-dan-tingkat.html)
artinya, burung hantu barn owl tidak bisa dipaksakan agar
cepat bonding/jinak. sedikit saja salah dalam proses
penjinakan, maka burung hantu barn owl akan stress.
cara terbaik agar burung hantu barn owl jinak adalah dengan
terus-menerus berinteraksi dengan si burung dengan
memberikan makan dengan tangan (disuapin/handsfeed)... :)

saya baru beli barn owl brancher, sayap sudah tumbuh dan ada bulu kapas tapi belum bisa terbang, cara merawat'y gimana yah??
trus berisik banget kalo di deketin, atau liat orang, cara jinakin,y gimana?

sama seperti cara merawat barn owl diatas. beri makan, dll. yang pasti, jangan sampai telat memberi makan. beri makan berupa daging sapi atau tikus putih. jika masih berumur brancher, akan lebih bagus jika diberi pinkies (bayi tikus putih). cara menjinakkannya dengan sering2 berinteraksi/ajak main dan beri makan dengan tangan/disuapin.

Itu cara ngajak bermain ny gmna k' cz setiap mau d pegang seperti ketakutan gitu dn ngasih perlawanan ??

maininnya sementara kasih makan aja pakai tangan (disuapin).
jangan terlalu dipaksa untuk dipegang kalau dia masih defends seperti itu, soalnya barn owl termasuk burung hantu yang tingkat stressnya tinggi, seperti ditulis di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/jenis-jenis-burung-hantu-dan-tingkat.html
biarin aja sampai dia kenal dengan bau tangan anda dan tidak lagi defends saat mau dipegang. perlu waktu beberapa minggu sampai dia kenal dengan anda. semoga membantu, dan jangan sungkan untuk bertanya lagi di sini ya... :)

Makasih kk' ,
. Bisa hubungin numb 081554953929 k' ??
Pengen tanya lbh lnjut mslh BOP , mklum msh newbie :-)

untuk konsultasi silakan di blog ini saja atau di fanpage facebook kami di atas. tapi lebih cepat jika konsultasi di sini. salam. jangan sungkan2 untuk bertanya ya... :)

mohon bantuan info nya untuk tempat yg menjual barn owl chick di daerah tangerang/jakarta cz saya ingin memelihara kebanyakan dari luar kota.kasian klo kirim2..klo ada bsa hub ke 087809517091
thx all

coba datang saja ke pasar hewan jatinegara, di sana banyak yg jual. semoga membantu. :)

Kalau barn owl yg msh kecil bs di kasih jangkrik ga om?

jangkrik bagi barn owl bukan makanan utama. jangkrik hanya "camilan" karena barn owl sendiri tidak cocok diberi makan jangkrik. sesekali boleh diberi jangkrik, TAPI bukan sebagai makanan sehari-hari.

saran saya, beri barn owl daging sapi. bisa beli di tukang sate, beli mentahnya aja. semoga membantu.

Beri makan pake DOQ/anakan puyuh aja harga lebih murah daripada daging sapi, dan supaya si burhannya ngga bosen makannya diselingi sama emprit, mencit, atau pinkies .. =))

terima kasih atas masukkannya mas Jason... :)

gan klo punya barn owl chick ( masih berbulu kapas) perawatanya gimana ajh sampe barn owl saya udah berbulu , dan bisa dilatih nantinya .. tolong saranya yah =D

bisa lihat kondisi barn owlnya? bisa follow google plus blog ini kemudian posting foto barn owlnya di fan page kami. sementara ini sih beri makan pakai tangan aja (handsfeed). salam kenal... :)

Gan udah nge keep BOP apa aja gan?

This comment has been removed by the author.

gan biasanya klo beli barn owl chick , barn owl chicknya bakal jinak ga ?

keluarga saya rata2 pecinta BOP semua, cuma yg focus ke owlery cuma saya. dulu pertama kali celepuk, terus ke barn owl, sempet juga keep 3 ekor sekaligus: buffy fish, barn owl, ama oriental bay owl....

iya. barn owl berusia chick akan menganggap kita, orang yang memberi makannya sebagai "orangtua" kita... :)

eh gan , klo barn owl chick yang masih berbulu kapas (masih kecil), itu sebaiknya ditempatkan dimana yah ?, kan klo barn owl nya udah bisa terbang kan di tempatkan ditangkringan , nah klo yang masih chick gitu sebaikanya ditempatkan dimana gan ? .... tolong saranya gan =D

sama aja. lebih baik di perch (tangkringan) bikin aja perch sendiri. caranya bisa dibaca di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/06/membuat-perch-sendiri.html

burung hantu yang sudah biasa ditaruh di perch sejak kecil kelak akan "pulang" sendiri ke perch-nya meski dilepas. kayak burung hantu saya si Errol. dia gak saya ikat di perch, dan saya taruh perch-nya di luar. kadang malah dia pulang sendiri ke perch-nya setelah nyari tikus malam hari... :)

terus gan klo barn owlnya kena sinar lampu gitu gimana , apa gapapa ?, kan klo malem barn owl saya tempatkan ditempat gelap karena saya matikan lampunya, tapi klo siang hari kan waktunya barn owl istirahat , apa gapapa tuh klo kena sinar lampu dan sinar matahri (sinar matahari dari jedela) ?... tolong dijawab yah gan ;)

asal jangan langsung disorot ke matanya, gak apa2 kok... :)

Maksutnya barn owl nya ditaruh ruangan tertutup itu gimana tolong di jelasin

Barn owlku sayapnya turun 1 gk ada luka sama sekali di siku sayapnya ada benjolan agak besar dan kalo malam bersuara keras sekali kalo dideketin malah keras dan kalo di gelap² juga gitu cara nya gmana ya

iya, ditempatkan di ruangan tertutup seperti gudang atau semacamnya..

untuk lebih jelasnya, lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat agar bisa dianalisa apa sakitnya.. :)

itu normal. burung hantu biasanya memang bersuara trus terutama kalo malam hari... :)

Kalau sayapnya turun bisa terbang atau engak soalnya masih brancher tengah

tergantung penyakitnya apa mas. makanya saya sarankan mending bawa ke dokter hewan terdekat... :)

Biasanya kakinya diangkat satu kalo tidur perch itu gpp ta . Fbnya apa kak

gak apa2, itu normal. si Errol, burung hantu saya, juga gitu.. :)
facebook di fanpage di atas

Ook trima kasih. Trs kenapa ya kemarin itu barn olw nya bunyi trs gak berhenti2

oh gak apa2. burung hantu memang seperti itu. justru saya khawatir sama burung hantu yang diam dan pemurung... :)

Kalau cara menghilangkan bau bulu barn owl gmana ya

kalau belum jinak betul, sebaiknya tidak dimandikan dlu. untuk menghilangkan bau, sementara bisa dilap dengan lap basah tapi jangan sampai bulunya terlalu basah. sekedarnya saja, satu atau 2x lap, setelah itu diamkan di ruangan bersirkulasi udara baik...

Kalau kasih makan baiknya jam brp aja???

3 kali cukup. pagi (agak banyak), sore (secukupnya), dan malam hari (secukupnya). akan lebih bagus jika barn owl diberi makanan hidup seperti bayi tikus putih (pinkies) atau anakan tikus putih. :)

Dok saya baru adopt BO umur juve awal, seperti biasa, di defends sewaktu saya taruh ddirumah, dia gak mau makan, meskipun saya suap tetep dia gak mau makan, saya elus2 badan sama kepalanya, ketika lama saya belai dia menatap mata saya, terus mata saya mau dicatok, tp fak saya hiraukan, saya tetap elus lagi, tapi kog tetep gak mau makan y meskipun saya suap??? Tolong sarannya...

Ok trima kasih. Barn owl ku knp ya kalo tak deketin agak takut???

barn owl memang tergolong burung hantu dengan tingkat kesulitan menengah, seperti yang sudah saya tulis di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/jenis-jenis-burung-hantu-dan-tingkat.html
burung hantu barn owl lebih gampang stress. untuk burung hantu yang baru dibeli (diadopt), akan lebih baik ditaruh di tempat sepi dulu seperti gudang atau ruangan kosong biar dia adaptasi dulu sambil terus berusaha dikasih makan dan minum. setelah 2 atau 3 hari, barulah tempatkan di perch.

dari gejalanya sih saya lihat burung hantu mas masih belum beradaptasi, kemungkinan juga stress. semoga membantu dan semoga burung hantunya baik2 saja... :)

masih butuh adaptasi dengan pemilik baru mas. biarin aja sambil terus pendekatan sama burung hantunya. dikasih nama aja terus sering panggil pake namanya... :)

Barn olw nya kan setiap hari aku kasih daging. Kok jadi ganas ya?

iya, burung hantu memang jenis burung pemburu. tapi meski buas dan galak, masih bisa dijinakkan. coba sering2 diajak main. dan gak apa pengaruhnya sebenernya dari makanan. kalo si burung hantu sering masnya ajak main, pasti dia jinak meski diberi makan daging terus.

banyak yang bilang katanya jangan dikasih daging, nanti galak lagi. itu gak bener soalnya burung hantu barn owl saya yang dulu juga saya kasih daging semenjak bayi, sampe besar dia masih jinak sama saya... :)

gan kan makannya pagi siang malem .. nah kalo masng" 1 kali gpp kan ?

Tau gak pet shop yang jualan tikus putih di daerah kediri

Makanan BO selain daging sama tikus putih apa aja ya

makanan utama barn owl ya daging sapi segar (yang masih berdarah) dan tikus putih. jangkrik bisa diberikan HANYA sebagai camilan saja, bisa diberikan satu minggu sekali... banyak kok yang jual di kediri, coba cari di kaskus atau di grup jual beli di facebook... :)

kalo makanya dikasih jangkrik trus apa gpp dok?

saya pernah menangani barn owl yang sakit karena si pemilik memberikan jangkrik terus menerus kepada barn owlnya. secara struktur makanan, pencernaan barn owl lebih cocok ke daging2an, terutama tikus putih dan pinkies (bayi tikud putih). jangkrik bisa diberikan hanya untuk camilan seminggu sekali. :)

Gan , aku kan pelihara barn owl yg udh branc .. Nah itu kalo dikasi ikan mujair filet gitu bisa engga ?

tekstur daging ikan tidak cocok dengan sistem pencernaan barn owl. hal ini akan membuat barn owl sakit.
lebih baik gunakan fillet daging sapi. pastikan fillet dalam keadaan segar (tidak beku). jika filletnya daging sapinya beku, bisa taruh dulu di ruangan selama beberapa jam sampai filenya tidak beku lagi dan tidak dingin lagi, setelah itu baru berikan sepotong demi sepotong kepada burung hantunya... :)

Oh .. Kalo ayam negeri bisa engga ?

filet ayam negeri masih bisa, tapi sebaiknya tidak sering. hanya sesekali aja. daging sapi dan tikus putih lebih pas untuk barn owl... :)

Mau nanya.. kalo satu mata kiri tertutup trs, lengket, trus pas sy buka kayak ada selaput buram gt knp ya? Trus pnanganannya gmn?? Help....

kemungkinan katarak. pernah kena sinar matahari langsung? sebaiknya perch (tangkringan) ditaruh di tempat teduh (tidak kena sinar matahari langsung).
sementara ini, silakan bersihkan matanya dengan tisu yang dibasahi air hangat lalu bersihkan/lap matanya hingga kotorannya bersih. lakukan tiap pagi dan sore. lebih baik jika burung hantunya dibawa ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. mohon informasihkan jika mas mau merawat burung hantu itu sendiri, saya tunggu kabarnya.
semoga membantu. :)

Sy dpt barn owl ini baru masuk usia juga awal, apakah sdh bisa kena katarak? Mmg pada saat sy dapat BO nya tdk mau buka mata, kedua mata tutup trs, tapi masi mau mkn. Sy pikir krn siang hari minta malas buka mata sj, tanya smpe mlm pun ttp saja matanya tertutup, kdg2 mau buka matanya tapi cm yang sbelah kanan saja, yang kiri ttp tidak mau buka mata, seperti ada kotoran yang lengket mgganggu disekitar bulu matanya, setelah itu sy bersihkan pakai kassa dan air hangat, sy ambil kotoran yang menempel disekitar matanya, kemudian sy coba buka matanya baru sy melihat sperti ada selaput nya , jadi warna matanya pucat kehijauan,, bgmn ya pengobatannya.. apakah ada obat khusus utk penyakit ini.. mohon bantuanya..

saya lebih menganjurkan mas membawa burung hantu tersebut ke dokter hewan terdekat untuk berkonsultasi. perkiraan saya memang ada katarak.
kalau memang mas mau merawatnya sendiri, mas bisa memberikan obat tetes propolis ke burung hantu tersebut. diberikan tiap pagi dan sore hari cukup satu tetes. kabari saya lagi ya mas... :)

Propolis madu? Apa ada propolis lain?

iya, propolis madu. dan sekali lagi saya menekankan: lebih baik jika burung hantu itu langsung dibawa ke dokter hewan terdekat. :)

Terima ksih utk ilmunya dr fira, skg selaput matanya sdh kelihatan menghilang, tpi masi sering merem aj, lengket di daerah kelopak matanya. Sesekali pas sy bgunkan sy lihat selaput dimatanya ud hampir ga terkihat. Oh iya,, ini sy mau tanya lagi soal makananya,, krn sy kesulitan mencri tikus putih dan emprit krn jarang yang jual.. sementara sehari hari sy kasi filet ikan lele ap aman? Krn dulu saya perna plihara BO yang masi chick bulu kapas saya kasi daging sapi tiap hari akirnya RIP. Apa ada kesalahn ttg pemberian daging sapinya ato ap? Krn dl perna ad yang bilang k saya klo sy salah kasi daging sapi,, dia brtanya apakah mungkin seekor burhan makan/ berburu sapi?? Dari situ sy pikir tdk pas klo dberi daging sapi, dan sy pikir lebih pas mungkin klo burhan berburu ayam,, jd apakah daging ayam bisa utk mknan pengganti tikus/emprit,, krn sy kesusahan mncari tikus/empritt.. :(

oh ya, syukur kalo burung hantu mas sudah makin membaik, saya ikut senang. terus aja lap pakai tisu yang dibasahi air hangat, semoga bisa semakin baik.
ada banyak sebab yang menyebabkan owl mas yang masih chick mati saat diberi daging sapi. ini tidak ada hubungannya dengan "burung hantu tidak berburu sapi" hehehehe. buktinya, owl saya si errol sejak dulu makan daging sapi sehat2 saja. kalau memang sudah terbiasa diberi fillet lele, gak apa2, yg penting owl masnya sehat. coba beri nama dan latih, melatih burung hantu bisa mas baca di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/cara-melatih-burung-hantu.html
secara struktur pencernaan, owl lebih pas diberi makan tikus putih atau daging. dan daging ayam sebenarnya tidak terlalu bagus untuk pencernaan owl... :)

Kalo barn owl yg masih chick ditaruh dikerdus sendirian apa gak papa??
Apa gak setres atau kedinginan??
Soalnya belum ada bulu dan gk ada temen buat ngangetin.

asalkan suhu udaranya tidak terlalu dingin, gak apa2.
kasih alas kandang aja berupa kain atau kertas koran yang dipotong2. :)

Cara membedakan BO jantan ma betina itu gmn ya ? nih yg punya blog OM apa TANTE ya ?
trus klu seumpamanya BO di ksih mkan gag mau tetapi dalam keadaan ada cahaya dan ramai orang dan BO di ksih mkan mau tetapi dalam keadaan gelap itu knp ya penyebabnya ? Ksih solusi ya OM TANTE ...
M A T O R S U W O N

cara membedakan jenis kelamin pada burung hantu bisa dibaca di cara membedakan jenis kelamin burung hantu

kemungkinan memang dia belum beradaptasi dengan cahaya. jadi, biarkan saja. beri makan dalam keadaan gelap atau remang2. kasih nama, dan sering2 panggil dia pake namanya....

nama saya fira sovica, foto saya ada di atas. :D

saya punya barn owl chik, masih kecil gitu.. kalo dikasih daging ayam boleh?
trus kalo di kasih daging takaran nya sebrapa ya?
mohon info nya.. makasih.

boleh2 saja, meski makanan terbaik buat barn owl sebenernya tikus putih atau kalo barn owl-nya masih chick, bayi tikus putih aja.... takarannya sekira-kira si barn owl tidak mau atau tidak menyambar makanannya lagi... jadi sebelum diberikan, daging ayamnya di potong kecil2 dulu/dicacah... :)

makasih info nya.. sangat membantu sekali..
trus kalo di kasih emprit atau puyuh apa langsung dikasihkan aja? atau harus kita cabut"i dulu bulu emprit nya, trus kita potong"?

Terima kasih mbak fira ..:D
Oh ya mbak boleh minta nomer hpnya mbak fira ? Ma'af klu pin saya g' punya mbak ..
Insyallah klu emg pas bisa brtmn dgn sprti mbak , jarang" punya temen kyak mbak ..
Ma'af jika kata" saya slah di hadapan mbak ..
Wassalamu'alaikum ..

sama perlu kah pemberian minyak ikan sejak barn owl chick?
kalo perlu, cara ngasihin nya gimana mbak?
maaf kalo banyak tanya mbak..

kalau emprit sebaiknya disiangi dulu. dipotong, dicabuti bulunya, dikeluarkan isi perutnya, lalu difilet dagingnya, baru diberikan ke si burung hantu. soal minyak ikan, boleh2 saja. cukup satu atau dua minggu sekali aja, gak usah banyak2... senang bisa membantu, jangan lupa untuk konsultasi lagi... :D

konsultasi bisa langsung di blog ini aja, mas... :)

makasih info nya mbakk.. kalo emprit langsung diberikan gpp mbak? ada pengaruh apa kalo bulu ngak di cabut?
trus minyak ikan yang diberikan itu sama seperti minyak ikan yang di konsumsi orang" pada umum nya yaa?

kalo bulu empritnya gak dicabut, saya takut nantinya dia mengeluarkan pellets (sisa makanan berupa bulu atau tulang yang dimuntahkan) terlalu banyak. bahkan takut jika dia mati karena mengeluarkan pellets yang terlalu banyak. iya, minyak ikannya sama dengan yang dikonsumsi manusia... :)

trus kalo pemberian anak puyuh, itu langsung di kasih hidup" atau di potong?
cara memotong anak puyuh itu seperti apa yaa mbak? apa di potong mati atau di apain?
maaf, saya banyak tanya, karena saya masih newbie dalam memelihara barn owl.

Dok help.... BO sy jd sussah mkn..... :(, sy sdh coba sgl kasi dagng sapi, lele, ayam, ttp ga mau nyambar kyak biasanya... hellppp...

di komentar sebelumnya: "kalau emprit (atau puyuh) sebaiknya disiangi dulu. dipotong, dicabuti bulunya, dikeluarkan isi perutnya, lalu difilet dagingnya, baru diberikan ke si burung hantu." itu sama halnya dengan burung puyuh.
cara potongnya sama aja seperti memotong burung emprit.

sebelumnya gimana? coba liat kotorannya, bandingkan ama saat makanannya masih lancar. apa bedanya?

kasih aja daging sapi yang masih ada darahnya sedikit/masih segar. potongnya kecil2 saja....

Kotoranya sama,, warna putih.. sdh sy kasi daging sapi segar jg,, tpi ttp ga bs lahap sperti biasany.. seperti ga tertarik sm skli...

kalo memang kotorannya sama, kemungkinan memang masalah bukan di pencernaannya. mungkin karena stress atau sakit. coba pindahkan ke tempat yang agak sepi (gudang dlsb)
saran terbaik saya sih mending bawa ke dokter hewan terdekat agar bisa diperiksa secara menyeluruh....

Untuk kisaran harga ny yg chick kira2 brpa ya?? Takut ketipu.. heheehe makasih

Harga burung hantu bisa dilihat di artikel harga burung hantu, mas daddy. silakan di search di menu search di atas... :)

mbak.. BO chick - dewasa itu perlu minum ngak?
trus cara kasih minumnya itu gimana? punya saya masih chick

silakan lihat artikel terbaru saya :)

bu dok fira, burung hantu apa aja sih yang bunyi di malam hari ? Soalnya BO saya klu malam gag bunyi justru malah naik turun perch ..
terus kalau cara mandi'in BO saya itu gimana ? Saya takut BOnya stres lagi ..
terima kasih sebelumnya ...

berapa umur barn owlnya? kalo masih anakan, memang seperti itu, tapi kadang ada juga barn owl dewasa seperti itu juga. jadi tidak ada patokan.
kalo masih anakan, lebih baik jangan dimandikan terlebih dahulu. boleh dilap pakai kain yang dibasahi. kasih nama dan sering dipanggil pake namanya... :)

Kata temen saya yang kerja di KBS BO saya bisa bunyi kalau lapar, apa benar begitu ?
Umurnya JUVE awal banget ..

Mandi'innya itu di mandi'in atau mandi sendiri ya bu dok fira ??

kalo celepuk memang seperti itu, tp kalo barn owl ada yang begitu, ada juga yang pendiam (tidak bunyi meski lapar)... :)

mandinya disemprot pake spray. jangan terlalu basah, beberapa semprot aja.... lalu dilap pakai lap kering...

Kalo BOnya udh gede kalo dilepas apa inget sama rumahnya??
Maksudnya.. kalo malem dibiarin terbang bebas apa paginya atau besoknya bisa balik kerumah??

tolong bantuannya..
barusan BO saya tidak mau makan, hanya mau makan sedikit saja..
Apa penyebabnya? dan solusinya gimana yaa?

kalo barn owl-nya dipelihara dari baby, bisa saja seperti itu. seperti barn owl saya si Errol, dia biasa saya lepas di waktu malam dan dia pulang lg ke perch-nya waktu subuh. dia juga bisa cari makan sendiri. tapi jangan coba2 melepas barn owl yang baru dipelihara beberapa bulan, besar kemungkinan dia malah kabur dan tidak balik lagi....

banyak sebab, kemungkinan terbesarnya bisa saja karena stress. barn owl memang memiliki tingkat stress yang lebih tinggi. coba pindahkan perch-nya ke ruangan yang lebih tenang, diamkan selama beberapa jam hingga dia tenang.. agar nafsu makannya bertambah, coba beri pakan hidup seperti bayi tikus putih yang sedikit dilukai agar aroma darahnya bisa tercium oleh si barn owl...

Apa endak jatuh klo chick di taruh di perch

tidak. secara insting, mereka bisa bertahan di perch.... :)

Oke makasih dok fira sovica ..
emang kalau mandinya basah kuyup effectnya apa ya bu dok fira ??

kedinginan, terutama untuk chick. dan agak susah juga untuk mengeringkannya hingga benar-benar kering... :)

Punya saya uda juve awal habis gitu saya mandi'in uda dpet 3 hari tp baunya kok gag hilang ya bu dok fira, knp itu ?
Trus klu seumpamanya saya kasih sabun gitu kira" boleh gag bu dok fira ??
Terima kasih ;)

setahu saya, tidak ada sampo khusus untuk memandikan burung hantu. dan memandikan burung hantu sebenarnya sama saja dengan memandikan burung lainnya, yaitu disemprot dengan menggunakan spray. hanya saja, untuk barn owl dan burung hantu lain yang mudah stress, sebaiknya jangan terlalu basah karena ditakutkan si burung hantu stress, tidak mau makan, dan akhirnya mati.
sedikit bau gak apa2 kok, hehehe. namanya hewan pasti bau. taruh saja di gudang biar anda tidak terlalu sering mencium baunya... burung hantu saya si errol malah sejak kecil saya taruh di kamar tidur. bau jelas, tapi selama kita rajin membersihkan perch dan kotorannya, bau bisa diminimalisir.... :D

mbakk.. saya mau tanya lagi.. kalo BO brancher tengah-akhir itu bisa jinak ngak mbak? cara jinakinnya gimana yaa?
trus biar ngak strees, habis beli di tinggal di tempat sepi sendirian brp hari mbak? apa perlu langsung saya kasih anklet trus diikatkan di perch?

sebenarnya, usia berapapun burung hantu, dia pasti bisa dijinakkan. dulu owl pertama saya jenis celepuk, dia sudah berumur mature saat saya beli, hasil tangkapan liar, dan galaknya ampun2an. namun akhirnya bisa saya jinakkan juga. sebenarnya ada trik menjinakkan burung hantu dengan cepat, saya pernah bahas di artikel hal yang salah dalam memelihara burung hantu.
masa adaptasi burung hantu biasanya berkisar 3 sampai 7 hari, tergantung tingkat stress burung hantu. untuk barn owl biasanya 4 hari sambil terus diberi makan... dan jangan takut, karena seperti kuda yang bisa tahu pikiran penunggangnya, burung hantu juga bisa tahu pikiran kita. makin kita takut, maka dia makin berani melawan. itu inti menjinakkan barn owl... setelah melewati masa adaptasi, jangan langsung ditaruh di tempat ramai. bisa langsung dipakaikan anklet dan kemudian taruh ditempat dimana dia bisa sering melihat anda selama 2 minggu setelahnya sambil terus diberi makan dan berinteraksi dengan dia.... semoga membantu... :D

makasih mbak infoe..
jadi selama 4 hari setelah BO datang, harus diletakan pada ruang gelap dan di beri makan pagi dan malam aja ya?
trus kalo mau saya mandiin gitu boleh? saya semprot" gitu? dan pemberian minyak ikan sudah boleh diberikan atau menunggu setelah adaptasi mbak?
maaf kebanyakan tanya mbak, saya butuh info agar parter saya bisa tumbuh jd baik.. hehehe

gak gelap, cukup di ruangan yang sepi aja. :)
mandiin nanti saja kalau sudah beberapa bulan dipelihara, mas. minyak ikan juga nanti sekira2 sudah melewati masa adaptasi.

gak apa2, saya malah seneng ditanya. jangan sungkan buat berkonsultasi di sini lagi.. :D

Dok saya baru dikasih BO kemaren ama sodara,tapi pas sampe rumah di kok makan nya kok susah ya dok,tolong kasih sarannya ,terima kasih

kemungkinan stress atau sakit. coba baca lagi artikel di atas mas. apakah sudah dipraktekkan? :)

Gan Boleh ga klo masa Adaptasinya Pakai Sangkar dahulu yang besar

tidak. justru hika barn owl masih adaptasi, anda jangan menaruhnya di sangkar. dia malah makin stress nantinya....

Thanks infonya tapi prtama dikirim udah dikasih sangkar dan mau beli perchnya!!sama mw tny lgi klo.minyak ikan dibetikan itu gimana capsulnya ddibuka dlu ato gmana?

iya. kapsulnya ditusuk dlu pakai jarum, dioleskan ke makanan barn owlnya, kemudian kasih makanannya itu ke barn owl.... :)

Ana mw tanya lagi!.Knapa ya burung hantu saya kok menjulurkan lidah dan menggigit paruhnya dan bunyi "cetuk"gtu seperti menghina Ownernya(klo bgi saya)mhon infonya.Maaf klo banyak tanya!

oh, gak apa-apa. saya malah senang jika banyak pecinta binatang yang bertanya... :D

itu artinya dia masih defensif mas. wajar jika begitu, semua burung hantu yang masih galak/tangkapan liar memang begitu sebagai caranya mempertahankan diri.... tidak usah takut. makin anda takut, makin berani dia, dan burung hantu bisa membaca pikiran anda, sama halnya dengan kuda yang bisa membaca pikiran orang yang menyentuh atau menungganginya...... sering2 aja dilatih, cara melatih burung hantu bisa disearch di atas.... :)

Terima kasih sarannya!!!sama satu lagi(hehehe...banyak omong ane).klo sarung tangan kulit gitu dmana ya blinya!??

Sekali lagi makasih sekarang burhan saya udah ga nyerang ana lagi,sekali lagi terima kasih.maaf klo misalnya nanyanya ga pnting soalnya saya cuman mau bertermakasih banyak

kan di situ disebut kan barn owl itu gampang strres apa tdk akan stres jika barn owl baru dari alam liar langsung dimasukan ke ruangan tolong jwb nya ya

saya baru dapet BO, trus sya kasih daging ayam di cacah tpi msih ada tulangnya.,
trus yg saya kawatir tulang ayamnya apa bahaya bwt BOnya??. kan tulang ayam keras gk kyak tlng tikus dan emprit.

Saran ane jgn kasih daging ayam gan,tapi kasih daging sapi yang segar klo bisa yang masih ada darahnya.tpi meskipun ga ada darahnya juga gapapa!

Mbk sy mau tny klo BO sy mndikn smggu skli gmn?tp cm yg sy spray sayapny,kt tmn sy biar sayapny dikepakkan,hbs itu sy jemur tp membelakangi sinar matahari
Apa itu gpp mbk?trs ada gjala sakit ato stres g?
Sama sy bli BO dr tmn sktr umur 4,5 bln mbk tp kyk keliatan sakit,kt tmn BO diambl dr msh chick,tggl suruh nglatih aja,tp ini kok makanny tetep lahap disamping itu pas q bw makan tk panggil BO mo ambil dr tangan sy mbk,apa itu skit ato gmn mbk tolong sharingny,trims mbk sebelumny

1. glove atau sarung tangan khusus falconry/owlry bisa dibeli di toko perlengkapan owlry terdekat atau bisa juga dibeli di forum kaskus atau grup jual beli hewan di facebook...
2, syukurlah mas. tinggal sering2 dilatih aja, cara melatih burung hantu bisa disearch di menu di atas.... oh ya, kasih nama mas owlnya, terus sering2 panggil pake nama itu. owl saya si errol bahkan selalu terbang ke arah saya jika dipanggil.... sehat terus buat owlnya....

justru burung hantu akan lebih stress jika dimasukkin ke dalam sangkar karena naluri burung hantu tidak untuk dimasukkan ke sangkar, mereka tidak akan merasa nyaman di dalam sangkar.... :)

bener juga kata mas richo di atas.
soal bekas tulang, anda tidak perlu cemas. semua jenis owl biasanya akan memuntahkan sisa makanan seperti tulang atau bulu yang tidak tercerna yang disebut dengan istilah pellets.... :)

satu minggu sekali tidak apa-apa, asalkan dimandikannya jangan terlalu basah. apalagi untuk barn owl. lap dengan kain basah saja udah cukup sebenernya.
untuk penjemuran sebenarnya saya lebih suka membiarkan barn owl saya, si errol, di tempat terbuka yang tidak kena sinar matahari langsung. jadi si owl tidak terlalu kepanasan. boleh2 aja menjemur barn owl dibawah sinar matahari langsung, tapi sebaiknya jangan terlalu lama...
nafsu makan yang baik bisa jadi merupakan ciri barn owl sehat, jadi mbak tidak usah khawatir....

saya tidak mengerti kalimat "disamping itu pas q bw makan tk panggil BO mo ambil dr tangan sy mbk,apa itu skit ato gmn mbk tolong sharingny,trims mbk sebelumny", hehehehe.... bisa lebih diperjelas lagi mbak?? :)

Mksdny gni mbk saat sy bwa puyuh tk taruh ditangan,browni tk panggil nama BO sy dia mau terbang ambil puyuh dr tangan sy,
Tp klo dilihat sekilas BO sy kyk sakit mbk

om klo bonya dimakanin jangkrik bisa ngak

mbak.. cara ngelatih BO FOF gimana ya?
maksudnya apakah perlu BO di taruh ke tangan gitu, atau cuman makanannya aja yg di tangan?
kan bo besar, jdi susah klo taruh di tangan.
sama umur BO udah bisa diletakan di perch dan dipasang anklet pas kapan yaa mbak?

Kyk lesu gitu lho mbk,sy takutny browni sakit
Berarti browni g sakit mbk?

Itu bukan makanan pokokny mas,kasih aja dia daging sapi segar yg masih ada darahny
Soalny sebelum sy tahu peternakan puyuh sy kasih jangkrik,e...malah budgetny boros bgt disamping itu BO jg g akn kenyang2 mas

betul kata mas avryana. jangkrik hanya bisa sebagai makanan tambahan (bukan makanan inti)

ada di artikel CARA MELATIH BURUNG HANTU, silakan search di menu di atas.
gak kok, gak susah. burung hantu malah lebih gampang ditaruh di pergelangan tangan kita....
bisa ditaruh sedini mungkin, mulai dari usia bulu kapas... :)

semoga bermanfaat

kalo nafsu makannya masih bagus, sepertinya sehat. atau kalau mau, masnya bisa konsultasi ke dokter hewan terdekat. bilang saja mau konsultasi aja, bukan berobat... :)

Mbk mau tanya lagi,gmn ya cara menetralisir bau pupny ya mbk,nie masalahny bau nya amis bgt

pada dasarnya, semua hewan karnivora (pemakan daging) memiliki bau kotoran yang lebih menyegat karena kandungan protein pada daging. ada beberapa jenis obat yang bisa diberikan, tapi saya sangat tidak merekomendasikan obat2an tersebut karena selalu ada efek samping dari penggunaan obat2an berbahan kimia. saran saya, jika memang anda tidak tahan dengan bau feses barn owl, silakan pindahkan perch barn owl ke tempat yang tdak sering anda kunjungi seperti gudang tidak terpakai dlsb. akan lebih bagus jika sering2 membersihkan kotoran agar baunya tidak terlalu menyengat.... ;)

kak,, aku punya barn owl umur 3 bulan. biasanya aku kasih makan puyuh. berhubung dari distributornya telat - telat, aku kasih ikan mujaer yg di tumbuk dulu durinya. owl ku sih mau. tapi aman gag kira - kira buat pencernaannya ?? mohon infonya kakak..

Bu dok fira, kalo jenis oriental bay owl itu pakan utamanya apa ya ?
Terua kalo sudah dewasa seukuran apa kirakira ?

makasih info sebelumnya mbak..
saya mau tanya lagi, kalo BO brancher tengah di kasih makan puyuh anakan apakah ada efek samping yg buruk atao efeknya apa ya?
gimana cara agar warna bulu BO bagus putih" atau ngak kusam gitu mbak?

barn owl sepertinya lebih pas diberi makan daging tikus putih dan daging sapi serta daging unggas meski daging ikan pun sebenarnya tidak masalah.... tapi akan lebih baik jika diberi makan daging tikus putih... :)

barn owl sepertinya lebih pas diberi makan daging tikus putih dan daging sapi serta daging unggas (burung emprit dan puyuh). Si errol sudah berumur 4 tahunan, dan dia setinggi 2 pulpen yang ditegakkan.... :)

gak apa2, puyuhnya dicabutin bulunya dan dipisah dulu tulangnya mas. agar bulu barn owl bagus, bisa diberi minyak ikan dua minggu sekali. dioles ke makanannya kemudian diberikan ke barn owlnya.... :)

makasih mbak info nya..
itu berapa butir minyak ikan yaa mbak?
minyak ikan saya yg butir kecil" gitu.. boleh di kasih 2 atau lebih? atau 1 saja?

gak usah banyak2. terlalu banyak minyak ikan malah akan mengganggu pencernaan burung hantu. satu butir setiap minggu dosis minyak ikan. satu butir tiap dua minggu untuk anakan (bulu kapas dan brancher).... :)

Mbak ana mw tanya lgi!
Boleh ga BO saya dimakani Emprit yang diwarnai soalnya disini jarang yg jual emprit polos dan boleh ga klo BO dimakani Burung gereja!!!??Mohon Infona

kalo emprit diwarnai sebaiknya jangan. soalnya takutnya nanti racun bekas pewarnanya malah termakan. boleh saja sih sebenernya, asalkan empritnya dipotong dan dikuliti hingga tinggal tersisa dagingnya aja. pastikan tidak ada sisa pewarna di daging emprit tersebut.
burung gereja boleh2 saja.... jangan lupa kasih nama owl-nya mas, dan sering2 dipanggil pakai nama itu... :D

oke mbak.. makasih mbak
kalo cara melatih BO agar bisa berburu gimana mbak?
biar kapan" bisa berburu tikus sendiri.. hehehe

kalo hanya melatih burung hantu, masnya bisa membaca artikel Cara Melatih Burung Hantu
Kalo biar bisa berburu sendiri, membutuhkan waktu agak lama. Soalnya, harus dilatih agar bisa mengenali mana tikus yang masih bersih (bebas dari racun) dan mana yang tidak. Soalnya bahaya kalo sampe dia makan tikus yang sudah kena racun, bisa2 malah owlnya nanti yang mati. Si Errol dlu saya latih mengenali racun selama 1 setengah tahun dulu sebelum saya lepas tiap malem agar berburu sendiri.... :)

Makasih Infoa!!jadi emprit yang diwarnai itu dikuliti aja ya?lalu dikasihkan Di sih BO tapi ngulitinya hidup2x gtu gpp kan!?

oalaaa.. gitu yaa mbak..
mbaknya ngak bisa bantu kasih info atau pengajaran untuk melatih BO berburu.. jdi tambah artikel lagi mbak.. mumpung BO saya lagi brancher tengah masih bisa di ajari..
makasih mbak

kasian mas kalo hidup2, hehehe. potong aja dlu. :D

cara melatih burung hantu bisa dibaca di artikel Cara Melatih Burung Hantu. :)

Dok saya sudah ngikutin sarannya tapi kok masih susah nya di kasih makandan klo malem BO nya di iket di perch apa tidak

Saya mau menjadikan burung hantu sebagai teman saya dirumah.
Kira" burung hantu jenis apa yg cocok buat pemula seperti saya?
Dan kira" usia berapa yg cocok buat pemula kya saya dok?
Makasih

This comment has been removed by the author.

untuk pemula lebih cocok burung hantu untuk level pemula. tingkat kesulitan burung hantu bisa dibaca di artikel jenis burung hantu dan level kesulitan memeliharanya.
mas bisa juga membaca jenis burung hantu yang paling mudah dipelihara. Semoga membantu.

memang bau bulu si BO bau banget ya dok ?

dok .. saya pemula yang ingin memelihara owl,saran diatas kan utk pemula di sarankan jenis cepluk,namun sy lebih tertarik pd tyto alba, dan saya ingin langsung memelihara tyto alba . menurut dokter gmn? :)

mending celepuk aja dulu mas. kalo barn owl (tyto alba) lebih sulit karena tingkat stressnya tinggi. atau kalau mau, mas bisa coba oriental bay owl. bisa liat caranya di artikel jenis burung hantu dan tingkat atau level kesulitannya.

semua hewan karnivora atau pemakan daging/serangga memang memiliki bau yang lebih menyengat, baik itu scent badannya atau feses dan urine-nya... :)

pagi dok, pagi ini ada BO mauk ke teras belakang nih dok, umurnya masih muda deh kayaknya soalnya bulunya masih kayak lidi gitu..... skrng BOnya udah di tangkep+ dimasukin ke kandang kuliar besar (sementara).... cara penjinakan + Perawatannya kayak gimana yah dok biar BOnya idup... karna di lingkungan saya sekarang udah ngga ada lahan buat BO idup bebas nih... oo iya sekalian tanya, apa ngga papa klo BO di satuin sama burung kicau, soalnya pekarang belakang rumah itu tmpt saya ngurus+jemur burung kicau saya... Thx dok

sebaiknya burung owlnya dipisahkan, dan tidak dikandangkan. cukup taruh di tangkringan (perch) darurat, anda bisa membuatnya sendiri di artikel cara membuat perch untuk burung hantu.
sementara ini taruh burung hantunya di tempat sepi seperti di gudang atau ruang kosong agar ia beradaptasi dulu. cara lengkap memelihara barn owl yang baik dan benar bisa dibaca di artikel di atas. kalau ada yang mau ditanyakan baru ntar tulis di sini...

kemarin saya jalan ke pasar dok sekalian cari cari burung owl .. terus di tunjukin sm penjualnya .. di situ cuma ada barn owl sm cepluk, penjual juga bilang kalo cepluk lebih gampang, cuma kasih makan ulet sm minum air putih aja . tapi sy belum beli,masih mikir2, tapi kalo sy ambil cepeluk cuma gitu aja dok masa? :) cuma ngasih ready ulet sm minum aja? soalnya selain melihara sy juga pgn belajar tanggung jawab dok :) saran lagi ya dok,terima kasih :)

Mbak apa benar si owl kalau d pelihara mudh mati
Tolong penjelasannya

Mbak kalo barn owl di pelihara di kandang itu gak papa apa harus buat perch trus kalo barn owl di kasih makan ikan mau gak

celepuk sebenarnya lebih cocok diberi makan jangkrik. kalo ulat hongkong terlalu panas buat celepuk, jadi kalo kebanyakan malah bikin bulu rontok. cara memelihara celepuk bisa dibaca di artikel cara memelihara celepuk. semoga membantu.

di artikel jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya, barn owl masuk ke level menengah, agak lebih susah dibandingkan celepuk dan oriental bay owl yang lebih mudah. ini karena barn owl memiliki tingkat stress yang lebih tinggi, dengan kata lain, lebih mudah mati dan sedikit lebih susah dipelihara oleh pemula.... :)

lebih baik di perch saja. barn owl mudah kena stress kalo ditaruh di kandang/sangkar... :)

Dok saya baru adopt barn owl chick, saya memberi pakan si mungil ini berupa ikan salmon filet, ayam filet, daging sapi giling, yang saya aduk merata dan setiap saya suapi dia makan sampai 2 mangkok kecil penuh, stelah makan dia ngantuk dan terdiam, dan saya kesulitan untuk memebri si mungil ini minum. dan saya memberi dia tempat di keranjang yang alas nya saya beri daun kering dan jerami kering, saya simpan di tempat gelap dan sunyi di sampin kamar saya agar dia terbiasa dengan kehadiran saya.
Pertanyaan saya :
1. apakah tidak masalah saya beri pakan seperti yg ada di atas tadi ?
2. dan jadwal si mungkil ini makan berapa kali sehari ? dan berapa banyak pakannya ?
3. bagaimana cara memberi minum kepada si mungil ini ? dan seberapa banyak dan seberapa sering saya harus memberinya minum ?
4. apakah tidak masalah saya memberi tempat si mungil ini seperti yg di atas ? dan bagaimana yg baik untuk tempat si mungil ini ?

Terimakasih banyak dok.

dok ayo dong dok, saya ingin dia survive

1. untuk pakannya, sebenarnya saya kurang setuju jika barn owl diberi makan daging ikan. sistem pencernaan barn owl tidak cocok untuk tekstur daging ikan. kalo daging sapi, boleh2 saja, asalkan jangan digiling. cukup dicacah saja hingga kecil2 kemudian disuapi.
makanan terbaik untuk barn owl sebenarnya pakan hidup seperti mencit, tikus putih, atau pinkies (bayi tikus putih).
2. jadwal makan barn owl bisa 2 kali sehari, pagi dan malam hari. khusus malam hari, sebaiknya agak banyak.
3. cara memberi minum kepada barn owl bisa dibaca di cara memberi minum burung hantu.
4. tidak masalah. tapi lebih baik dibiasakan ditaruh di perch. cara membuat perch bisa dibaca di cara membuat perch untuk burung hantu.

Mbak n mas tolong sya dong.kmaren sya bli barn owl brancher tp smpai skarang dy gk mau makn mskipun itu d suapin mlahan tangan sya d ckar smpai banyak bekas cakaran n gmana carany biar dy mau mkan?

mbaknya baru pemula dalam memelihara burung hantu? seperti yang saya tuliskan di atas, barn owl memang tidak dianjurkan dipelihara oleh pemula.
untuk treatmentnya, coba mbak taruh barn owlnya di tempat sepi dan gelap seperti gudang dan semacamnya, lalu taruh bayi tikus putih didekatnya. dan kalo bisa, bayi tikus putihnya dilukai sedikit agar bau darahnya tercium oleh si barn owl dan dia bisa makan.... semoga cepet sembuh... :)

Mlahan byi tkusny mti gk d mkan pun sm tyto n dh 3 hri nie tyto gk mkan

kemungkinan sakit atau stress, saya tidak bisa memutuskan apa karena tidak bisa melihat secara langsung owlnya. matanya selalu terpejam ya mbak?
segera bawa ke dokter hewan terdekat...

Tyto aktiv bnget pa lg klok gk da orang tp lok di dketin tyto mlah nyerang sya

sementara ini biarkan saja di tempat sepi seperti gudang atau kamar kosong. mungkin dia masih butuh adaptasi dulu di tempatnya yang baru. kasih makan saat malam saja dengan memberikan makan berupa tikus putih..

Mba saya kan mau beli BO yang masih chick/kapas .nah saya mau tanya untuk tempat nya itu boleh saya taro di kardus indomie atau tidak? Dan untuk makannya itu apa yang baik untuk si baby BO ? Mksih

Mbak kalau bayi tikus nya gak dilukai gapapa? Soalnya saya gk tega hehe

taruh aja dlu tanpa dilukai, diamkan selama 30 atau 45 menit.
kalau tidak dimakan/disambar juga, baru deh mau gak mau dilukai....

dok saya mau nanya klo BO kena asep rokok gmn?? soalnya saya simpen dikamar trus kadang saya ngerokok d kamar jg

sebaiknya jangan sampai kena asap rokok. paru2 burung hantu amat sensitif dengan nikotin, jauhkan dari jangkauan asap rokok. kalau masnya mau merokok, bisa diluar ruangan. atau taruh saja si owl di gudang.... :)

Saya baru beli Barn Owl yg umurnya 4 bulan dan gimana cara menjinakannya?

mau nanya niih dok, klo si BO saya taruh perch trus talinya saya kencengin jd biar ttep diem di perch gk pa" kan?? soalnya awal saya taruh d perch dengan tali panjang malah pngen terbang trus yang akhirnya setelah tali ketarik semua si BO jatoh kelantai berkali" kasian saya liatnya maka dari itu saya kencengin aja talinya biar diem :)

oh iya dok soalnya saya dapet si BO nya tuh liar yang nyangkut digenteng gara" sayap sama kakinya ke iket sama gelasan layangan,, jd apa faktor liar itu juga yang bikin si BO pengen terbang trus.. makasiih :) maaf byk nanya hehe

oh gak apa2 mas, saya malah seneng kalo banyak yg nanya... :)
lebih baik jangan dikencengin mas. bagusnya, mas lepas aja di ruangan tertutup. kasian kalau diikat tp dikencengin gitu, biasanya dia nantinya stress. lepas aja di gudang tertutup biar dia bebas.
sama aja kok mau liar mau gak, barn owl memang punya insting terbang mulu. enaknya, kalau si barn owl udah percaya sama kita, dia pasti gak akan kabur2an lagi. si errol juga begitu dulu, tapi sejak setahunan ini dia saya lepas aja keluar rumah tiap malam biar cari makan sendiri, pas adzan subuh biasanya dia udah pulang ke perch-nya lagi.... :)

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 1027   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.