Cara Menjaga Kesehatan Musang | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya, banyak

cara untuk menjaga kesehatan musang

peliharaan. Kesehatan musang tidak bisa dilihat dari postur tubuh musang itu sendiri. Bahkan, musang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) lebih rentan terkena penyakit dibandingkan musang yang tidak obesitas. Bagi anda yang ingin tahu kenapa musang susah jinak, anda bisa membaca alasan kenapa musang susah jinak.
Nah, bagaimana cara menjaga kesehatan musang? Berikut adalah beberapa tips dan trik cara menjaga kesehatan musang peliharaan anda.

  • Perhatikan pola pemberian pakan dan gizi.
  • Makanan musang harus memiliki kandungan protein maksimal sebanyak 25%, karbohidrat sebanyak 25%, serat sebanyak 35%, dan air sebanyak 15%. Anda juga bisa menambahkan vitamin di bagian lain dari keempat elemen gizi tersebut. Vitamin bisa diberikan lewat pemberian suplemen multivitamin sirup ke dalam minumannya.
  • Serat adalah bagian terpenting dari kesehatan musang.
  • Pencernaan musang adalah jenis pencernaan sederhana dimana sisa makanan yang keluar dari anusnya masih bisa dikenali jenis makanannya. Warna feses musang cenderung masih sama dengan warna makanannya saat dimakan. Dari teori tersebut sebenarnya bisa diambil kesimpulan bahwa pencernaan yang baik adalah kunci kesehatan musang yang paling utama. Musang yang sakit biasanya diawali oleh masalah pada pencernaanya, dan kedua adalah karena banyaknya timbunan lemak di tubuhnya. Saya selalu rutin memberikan buah-buahan untuk musang yang saya pelihara. Dan itu terbukti, dari sekian banyak musang yang pernah saya pelihara, tidak ada satupun yang pernah sakit. Saya juga tidak pernah memaksakan musang saya agar menjadi obesitas. Saya lebih mencintai musang saya sebagaimana adanya dan mengesampingkan ego untuk membuat obesitas mereka.
  • Mengesampingkan ego.
  • Cara Menjaga Kesehatan Musang
    Musang obesitas tidak baik untuk kesehatan musang
    image taken from loveindonesia.com 
     Hal terakhir ini adalah hal terpenting dalam memelihara binatang. Khususnya musang. Anda mungkin mengira bahwa musang yang obesitas itu lucu, terlihat terpelihara dengan baik, kesehatannya terjaga, dan lain-lain. Anda salah besar. Musang yang mengalami obesitas biasanya memiliki masalah di bagian jantungnya. Tidak jarang, musang obesitas bisa mati secara mendadak akibat mengalami gagal jantung. Musang obesitas juga rentan akan penyakit. Tak jarang saat cuaca tidak menentu, musang-musang obesitas biasanya mengalami kematian dengan berbagai sebab. Jadi saran saya, lebih baik kontrol asupan lemak untuk musang anda. Ingat, mereka makhluk hidup juga. Dan memperlakukan mereka dengan inginan ego anda adalah hal egois yang tidak seharusnya dilakukan oleh orang yang mengaku 'lover'.

Demikian adalah artikel

cara menjaga kesehatan musang

. Artikel ini tidak bermaksud untuk menyinggung siapapun. Sekali lagi saya mohon maaf jika ada diantara anda para pembaca yang merasa tersinggung dengan artikel ini. Saran, kritik, serta komentar bisa anda sampaikan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

156 Responses to "Cara Menjaga Kesehatan Musang"

  1. Dok bagaimana cara mengobati bayi musang yang sesak nafas umur musang saya sekirar 1 bulan mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya tidak tahu karena apa musang tersebut sesak nafas.
      bisa dijelaskan lebih lanjut? :)

      jika masnya tinggal di daerah hangat seperti jakarta dan sekitarnya, cukup berikan alas kandang yang bersih dan kering berupa kain. jika mas tinggal di daerah pegunungan, boleh tambahkan lampu 5 watt di atas kandangnya.

      sesak nafas juga bisa karena masnya terlalu memaksakan dalam memberi makan dengan memakai pipet (jika masih diberi makan dengan pipet/suntikan). jangan terlalu keras dalam mendorong pipet atau suntikan ke mulutnya. perlahan saja, jangan terlalu dipaksakan.

      pastikan badan dan area sekitar wajah bayi musang tetap kering, terutama bagian hidung.

      saya tunggu kabar selanjutnya... :)

      Delete
  2. dok .musang saya masih bayi berumur satu bulan.setiap makan saya selalu memberi bubur sun rasa pisang dan sedikit scott emulsion setiap 4 jam sekali.apakah itu benar dok,dan dalam setiap pemberiannya saya kasih sekitar 10 mili,jumlah itu termasuk sedikit atau kurang dok.trimaksih sebelumnya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah cukup. saya pikir, gak perlu 4 jam sekali juga gak apa2, dan musang yang selalu lapar lebih baik daripada musang yang kekenyangan. begini saja: beri makan kalau dia bunyi-bunyi hingga dia gak bunyi lagi, lalu beri makan 5 atau 6 jam kemudian. agar lebih bagus sebenernya buah pepaya yang diblender lebih bagus, tapi buah pepaya bisa jadi selingan. 2x sekali beri bubur, sekali sehari beri buah pepaya blender agar pencernaannya bagus. semoga musangnya sehat terus mas, dan jangan sungkan untuk konsultasi kemari lagi...

      Delete
    2. Sok sya punya baby musang ...saya kasih susu ama nstle dengan cRa di spet dah3 hari normal aja..tdi ko bunyinya kaya yg serak...terus pas di kasih susu keluar dari hidung mohon solusinya ya dok...makasih

      Delete
    3. kalau saya sarankan, jangan dikasih susu. kasih bubur bayi promina aja.

      itupun jangan kasar2 kasihnya. jangan sampe dia tersedak sampe kluar dari hidungnya... pelan2 aja kasihnya... :)

      Delete
  3. ibu dokter knp ya musang saya kyk ada lendir nya grok2 gitu di dlm tenggorkannya dan kadang suka muntah ngeluarin makanannya dan bunyi grok2 kyk batuk dari mulutnya dan dia sih tidak pilek hidungnya tidak mengeluarkan cairan, apa yg harus saya lakukan untuk menyembuhkannya. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur berapa mas musangnya?
      untuk sementara ini, saran saya berikan pepaya matang. jangan kasih makanan lain selain pepaya. sepertinya ada masalah di sistem pencernaannya. pastikan air minum yang diberikan adalah air mineral yang ditambah madu sedikit.
      semoga membantu.

      Delete
    2. umur berapa mas musangnya?
      untuk sementara ini, saran saya berikan pepaya matang. jangan kasih makanan lain selain pepaya. sepertinya ada masalah di sistem pencernaannya. pastikan air minum yang diberikan adalah air mineral yang ditambah madu sedikit.
      semoga membantu.

      Delete
    3. kenapa dok musang saya gemeteran kejang kejang dan gak bisa jalan

      Delete
    4. silakan baca artikel cara mengobati musang yang berjalan mundur...

      Delete
  4. dok musang saya kalo d kasih makan muntah terus udah 2 hari ni gak mau mkan setian d bantu pke spet muntah gmn dok cara ngobatinya kasihan lemes badannya sampe krus uda tak kasih madu jg msh lemes..

    ReplyDelete
    Replies
    1. disepet aja. coba kasih pepaya matang yang diblender, dikasih dengan cara disepet...
      khusus buah saja ya mas makanannya. jangan yang lain... :)

      Delete
  5. mhn tny Dok "
    1. Baby muspanku klo jalan gemetar dan mundur, kepala menunduk, badannya gemetar kaki terlihat lemas. makan masih aku spet dan beraknya normal. pagi aku jemur 15 menit. muspanku sakit apa ya Dok dan Obatnya apa
    2. Baby muspan satunya lagi ketika bermai-main ama saya tiba tiba kejang dan mulutnya berbuih, spontan aku pegang ekornya dng posisi tubuhnya menghadap kebawah terus sadar kembali tapi lemas, hari kedua ketika aku kasih mkn dngn cara spet tahu-tahu kejang tapi mulut tdk berbuih. krn pengalaman yg pertama lalu aku angkat ekornya terus jadi sadar, ketika sadar berontak dan aku lepas langsung lari kenceng diruangan kosong dan menjadi aneh matanya melotot tengok kiri-kanan dngn tatapan tajam. beberapa menit kemudian menjadi jinak lagi mendekat manja. sakita apa ya dok dan obatnya ?
    3, Baby musbul baru aku beli kirim via bus. setelah beberapa jam aku taruh dikandang aku kasih makan (dah bisa makan sendiri, gigi masih kecil-kecil) makan cuman dikit susu SGM Ananda dan pisang benyek. gmana ya dok merangsang Baby musbulku agar makan banyak dan gmna caranya kasih minyak ikan dng kondisi baby musbul baru belajar makan sendiri ?
    makasih dok atas sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo tasya. saya akan coba jawab:
      1. kurang nutrisi. baby muspan biasanya mendapatkan susu dari induknya. musang baby yang dipisahkan dari induknya biasanya mengalami gejala seperti itu karena kurangnya asupan susu dari induk.
      bisa berikan air gula aren atau susu khusus anak kucing. kalau pake gula aren, gula aren dicacah hingga halus. ambil 4 sendok makan, campur dengan satu gelas air, aduk hingga gula larut, kemudian minumkan. lap bekas air gula di bulu musang setelahnya. lakukan selama seminggu penuh sambil terus diberi makan secara normal
      saya sih lebih recomended jika pakai susu khusus anak kucing. bisa dibeli di toko perlengkapan kucing.
      2. sepertinya sama dengan baby musang di nomor 1, kurang nutrisi. jaga agar musang mendapatkan makanan yang tepat. saran saya, kasih bubur bayi saja. :)
      3. boleh saya kasih saran? coba berikan bubur bayi promina atau sun. pisang cukup berikan 2 hari sekali dengan menggunakan pisang bertekstur lunak seperti pisang sunpride.

      semua pertanyaan di atas sebenarnya mengacu ke cara pemberian makanan, mbak. tolong jaga asupan gizi anak musang. saran saya, kasih bubur bayi. kalau belum bisa makan sendiri, bisa diberikan dengan pipet atau suntikan. pelan2 kasih makannya. :)

      semoga membantu...

      Delete
  6. Dok musang rase saya udah 3hari gak bunyi" knapa yaa ? Apa ada gangguan atau apa ?

    ReplyDelete
  7. Dok musang rase saya udah 3hari gak bunyi" knapa yaa ? Apa ada gangguan atau apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk feses dan warna fesesnya kayak gimana mas?

      Delete
  8. Dok kalo musang pandan tiap hari di kasih ceker aya rebus gpp kan??
    apa ada efek samping ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling juga nantinya obesitas. dan kalo obesitas rentan kena gagal jantung. saran saya, paling nggak kasih buah seminggu sekali....
      silakan mas baca artikel cara agar musang obesitas tetap sehat.

      Delete
    2. Dok kalo musang bersin" itu kenapa ya???
      apa ada efeknya bagi si musang???

      Delete
    3. yang paling mungkin adalah kena debu dan kondisi kandang kotor dan cuaca dingin...
      biasanya kalau tanda2 yang disebutan tidak ada, dia akan sembuh dengan sendirinya . kalau tidak sembuh, nanti konsul lagi kemari... :)

      Delete
  9. Dok saya punya musang pandan umur 2 bln,makan masih lancar,pup'y jg bagus tp akhir" ni dia kalo jalan nunduk dan badan kaya bergetar gitu makin lama dia makin lemes dah saya kasih minum klapa ijo jg lom sembuh jg...itu kira" knp dok n gmn cara nyembuhin'y..mohon sarannya dok.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara mengobati musang yang berjalan mundur...

      Delete
  10. dok muspan sya umur 2bulanan baru beli kmaren makannya lahappupnya normal beku tapi tadi pupnya ada 2belatung kenapa ya dok saya kawatir mohon solusinya

    ReplyDelete
  11. dok tapi lincah musangnya sama teman suruh kasih combantri sekarng sudah gk ada belatungnya takutnya saya belatungnya masih ada dalam perutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya jangan dikasih combantrin mas.... kasih pepaya aja... :)

      Delete
  12. sudah dok makannya setiap hari cuma pepaya N pisang apa udah gk ada/habis belatung diperutnya? tak liat lagi fesesnya udah gk ada belatungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh bagus kalau sudah tidak ada belatungnya...
      jaga kebersihan kandang dan musangnya ya mas... :)

      Delete
  13. Dok musang saya ko sering bunyi ya ? Terus kalo digendong mau nya turun terus? Gimna cara mengatasinya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering bunyi kayak gimana mas?
      kalau soal pas digendong dia pengen turun, silakan mas baca artikel cara agar musang anteng...

      Delete
  14. Kaya bunyi anak tikus .

    Trus kalo musang umur 2bulan udah boleh dimandiin blum dok ? Tadi saya mandiin langsung bersin2 musang nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dua bulan mending di lap saja mas. lap pakai handuk basah beberapa kali, lalu keringkan pakai handuk kering...

      kalau udah bersin2, besok pagi dijemur 15 menit sebelum jam 9 pagi... :)

      Delete
  15. dok muspan sya btina umur 3bln+.tu di kelaminnya kluar cairan putih kaya mayones kadang cairan coklat kemerahan kaya lendir gitu dok.
    (1) apa sih itu dok?
    (2) bisa di hilanggkan pa ndak?
    (3)kalo bisa obatnya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak khawatir juga sebenernya, tapi saya tidak bisa melihatnya langsung. hmm, lebih baik mas bawa ke dokter hewan sesegera mungkin. itu nasihat saya. minta aja checkup sama konsul masalahnya...... murah kok biayanya....

      Delete
  16. Dokter. Kok sekarang musang saya jalannya nunduk yaa :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengobati musang yang berjalan mundur...

      Delete
  17. Dokter. Kok sekarang musang saya jalannya nunduk yaa :'(

    ReplyDelete
  18. Dokter. Kok sekarang musang saya jalannya nunduk yaa :'(

    ReplyDelete
  19. Salam, saya Adelia dari Perak,Malaysia, mohon bantuan dokter saya ketemu 3 bayi musang pandan umurnya gak tahu tapi belum bisa buka mata... bayi musang ini diberi mnum susu kambing setiap 3 jam atau kurang kerana sering bunyi-bunyi seperti kelaparan... tapi saya tidak tahu apa cukup nutrisi susu kambing ini buat mereka... mohon bantuan dokter ya.... terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam untuk musang lover malaysia. :)
      hmm, boleh diberi susu kambing tiap 3 atau 5 jam. bayi musang bunyi tanda dia lapar. jika berkenan, adelia bisa baca artikel saya: cara merawat bayi musang yang masih merem

      adelia juga bisa bergabung di grup Musang Pandan Malaysia di facebook. di sana banyak teman-teman dan sahabat pecinta musang malaysia... :)

      jika ada masalah/problem atau ada perlu tanya, bisa kembali ke blog ini... :)

      Delete
    2. Udah dibaca artikelnya dok... makasih banyak membantu... dok ini ada masalah baru, satu anak musangnya keluar darah dari lubang najisnya selepas dia mengeluarkan najis pagi ini dan perutnya kelihatan agak kembung sedikit, gimana ni? saya kawatir...

      Delete
  20. Assalamualaikum Dok, saya mau tanya,
    Saya punya musang lombok sudah dewasa, terus tiba2 lemes dan kaki depannya dingin,
    Sekedar info, musang saya ini makannya tergantung mood, jadi suka berubah2, kadang ayam rebus, kadang juga daging ikan tuna, kadang pisang emas, anggur, ati ayam, dan kadang nasi campur susu,, ini barusan saya kasih telur ayam kampung, maksud saya biar lebih bertenaga, biar gak lemes, terus aku kasih minum milo,
    Mohon saran ya dok, kalau ini mati bisa2 aku nagis dok,,
    Terimakasih ya dok, salam kenal dari anwar sumenep, madura

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum Dok, saya mau tanya,
    Saya punya musang lombok sudah dewasa, terus tiba2 lemes dan kaki depannya dingin,
    Sekedar info, musang saya ini makannya tergantung mood, jadi suka berubah2, kadang ayam rebus, kadang juga daging ikan tuna, kadang pisang emas, anggur, ati ayam, dan kadang nasi campur susu,, ini barusan saya kasih telur ayam kampung, maksud saya biar lebih bertenaga, biar gak lemes, terus aku kasih minum milo,
    Mohon saran ya dok, kalau ini mati bisa2 aku nagis dok,,
    Terimakasih ya dok, salam kenal dari anwar sumenep, madura

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam mas anwar...
      kayaknya sih kena hind leg paralisys, penyakit kekurangan kalsium pada musang. itu hanya tebakan saya loh ya, gak tau juga kalau saya liat langsung gimana. namun dari tanda dan ciri yang mas kasih, kayaknya iya.

      biar musangnya bertenaga lagi, coba kasih madu kurma atau sari kurma. sari kurma sih yang bagus. jangan dikasih makanan berprotein dulu untuk sementara, cukup kasih buah2an aja.... kayak pepaya matang atau pisang....
      sari kurmanya campur air minumnya aja. dibuat agak manis biar dia segar lagi...
      untuk supplemen kalsiumnya, mas coba cari ke petshop, namanya RepCal, suplemen kalsium bubuk untuk reptil. atau kalau nggak ada, coba datang ke petshop, tanya aja suplemen kalsium yang bagus untuk kucing atau musang apa. kalau gak ada buat musang, kasih aja buat kucing...

      gitu aja. kasih saya kabar selanjutnya... :)

      Delete
    2. Alhamdulillah sudah sehat kembali, terimakasih sarannya mbk, semoga diberi keberkahan dalam setiap rejeki yg Allah berikan ya mbk,,
      Ini web. Saya jelajahsumenep dot com

      Delete
    3. amin. terima kasih mas anwar. kalau ada yang perlu ditanyakan, bisa kembali ke blog saya ini... :)

      Delete
  22. Dok sya punya baby muskar umur gk tau brapa baru baru aja bisa melek
    Sya mau konsul dok
    baby musang saya klw tidur sering kejang tiba tiba bgtu
    kira" faktor apa ya, apa karna sakit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kejang2nya kayak apa dulu mas? apa disertai dengan mulut berbusa?
      setelah insiden kejang2 tadi, dia masih mau makan??

      soalnya kadang baby musang 'mimpi' saat tidurnya. sama aja kayak sugar glider dan kucing yang juga bisa mimpi saat tidur...

      kalau setelah insiden kejang2 itu baby musangnya mencret dan gak mau makan, kemungkinan sakit...

      Delete
  23. Misi
    Mau nanya nih
    Musang saya koq g mau makan ya,,
    Umurnya sih 8bln up,
    Kmren cma mw mkn 1 pisang doank
    Trus gri ini g mau mkn sama sekali,
    Sdah brbagai tipe makanan d hidangkan,
    Contohnya kepala ayam rebus,buah naga,pisang mauli,blenderan pisang,bubur sun pisang,air yg di kasih gula(manis2),
    Ttep aja g mau d sentuh,,
    Dianya sih diem aja,
    Duduk di pojokan sudut rumah,
    Mohon penerangannya,,

    ReplyDelete
  24. Dok musang saya kok biasanya getar getar ya tolong pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas arif gak nyebutin usianya berapa.
      masih bayi ya mas?
      coba asupan makanannya ditambah. biasa dikasih makan apa?

      Delete
  25. Permisi dok mau tanya. Saya baru adopt muspan umur 1 bulanan. Dari tadi pagi tidur terus sampai skg. Makannya sedikit kaya gak lapar gitu tapi kalo dikasi air madu masih mau minum. Bawaannya lemes. Takutnya kena distamper dok. Kira' penanganannya gimana y dok? apa cukup dikasi air madu terus atau harus dikasi antibiotik? Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas diajarin cara kasih makannya sama yang jual?
      coba kasih makan aja. setau saya, kalau umur 1 bulanan gitu belum bisa makan sendiri. atau musangnya udah bisa makan sendiri? masnya gak ngasih tau....

      kalau emang belum bisa makan sendiri, mau gak mau mas harus pipet dia....

      kasih air madu aja dlu gak usah kasih antibiotik..

      Delete
  26. ass dok.saya mau tanya. saya punya muspan umur -+3bulanan. dia blom bisa makan sendiri masih di suapin, makanya pisang dan bubur sun rasa pisang terkadang dikasih susu dancow batita dok. awal awal dia sehat dok gerak gerak dan mau makan tapi udah hampir 2 hari ini susah makan dan tidur terus. dan baru baru ini mencret kekuningan dok. kira kira kenapa ya dok ? dan saya baru beli vitamin buat dia nafsu makan. boleh gk tuh dok ? mohon bantuannya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mas kasih dancow batita? susu mengandung laktosa (termasuk dancow batita) bisa menyebabkan mencret pada musang, dan dalam tingkatan parah, bisa menyebabkan dehidrasi.

      stop pemberian susu. kasih buah aja. kalau mau dikasih susu, kasih susu non laktosa kayak SGM LLM.

      untuk suplemen, mas bisa kasih sari kurma. campur ke manakannya.

      sekarang gimana keadaannya mas? maaf baru balas. saya sibuk sekali akhir2 ini... :)

      Delete
  27. Dok musang saya kok kadang" muntah kayak lendir gitu ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa mas?
      feses (tahi)nya gimana? warna dan bentuknya? mencret apa nggak?

      silakan baca artikel saya cara mengobati musang keracunan secara alami... :)

      Delete
  28. Dok, muspan saya umur 2 bulanan.. dia sering kejang2 gitu sambil ngeluarin lendir bening dr mulutnya gitu.. warna fesesnya kuning cerah.. makannya saya pake bubur sun aja.. kira2 itu knp ya dok? Terus penanganannya gimana dok.. terima kasih..

    ReplyDelete
  29. Dok, muspan saya umur 2 bulanan.. dia sering kejang2 gitu sambil ngeluarin lendir bening dr mulutnya gitu.. warna fesesnya kuning cerah.. makannya saya pake bubur sun aja.. kira2 itu knp ya dok? Terus penanganannya gimana dok.. terima kasih..

    ReplyDelete
  30. Dok musang saya kok bunyi grok" pada mulutnya ya dok itu kenapa dok. .barusan hari ini aku tahunya. . .dan kelihatan lemes biasanya petakilan banget. . .cara mengobatinya gimana ya dok?terimakasih. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. umurnya berapa mas?
      apakah dari lubang hidungnya keluar air atau keliatan basah?

      jarang dijemur ya? bener?

      mending jemur aja mas, minimal seminggu 2x. caranya ada di artikel saya cara menjemur musang, jadi nggak bisa asal jemur karena salah2 jemur malah bikin katarak...

      untuk pencegahan, silakan mas kasih sari kurma di minumannya agar daya tahan tubuh dan nafsu makannya bagus...

      kabari saya lagi. oke? :)

      Delete
  31. Umurnya 3bulan dok. . .Iya dok jarang aku jemur baru 3 kali seingat saya dok. . .
    Di hidungnya nggak basah kok dok kering kok. . .apa gara" minum susu yg di spet aku agak tekan ya dok. . .
    Makasih sarannya. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh. bisa jadi sih. mending hati2 kalau sepet susu atau makanan, mas... :D pelan2 aja... :)

      dan coba jemur minimal seminggu 2x... :)

      Delete
  32. Iya dok makasih sarannya ini udah bisa makan dan minum sendiri tp masih aku dotin kalo susu. . .cara ngasih makanan biar tidak bosan gimana dok?
    Sekalian minta link cara jemur musang dok. . .makasih. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara jemur musang ada kok artikelnya...
      cara kasih makan biar gak bosan bisa ganti2 menunya. atau kalau misalnya masih dikasih bubur bayi, coba ganti2 merknya. seminggu sun dan seminggu lagi promina, terus seperti itu. kalau udah bisa makan makanan padat, lebih bagus lagi...

      kalau nggak salah saya udah bikin artikel menu harian musang deh. kalau nggak salah judulnya jadwal pemberian musang, lupa saya. search aja di bagian searching... :)

      kalau soal mencret, lebih baik hentikan pemberian susu.... jangan dikasih susu dulu, oke? :)

      Delete
  33. Maaf dok ini kok mencret ya dok. . .trus yang suara grok" kayak batuk gitu dok. . .mohon solusinya?

    ReplyDelete
  34. dok kenapa musang saya umur sebulan pupnya susah kadang ada lendir dan perutnya keras kembung, sy kasih makanya pisang jimbluk di campur sun pisang dan kenapa telapak tangan n kakinya dingin banget
    trimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kena sembelit itu.
      jangan dikasih pisang jimbluk. saran saya mending kasih pisang lampung aja, mbak.

      buat pengobatan susah BAB-nya, coba kasih pepaya matang. kalau musangnya belum bisa makan sendiri, pepayanya bisa dijus dlu....

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  35. Terimakasih dok sarannya musangQ udah petakilan lagi. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar baik lagi.. :)

      kabari lagi kalau ada apa2 ya mas...

      sehat selalu..

      Delete
  36. Aamiin. . . .Iya dok makasih. . .

    ReplyDelete
  37. maaf dok mau tanya..musangku umur 2bln..td tak liat tu batuk pilek bersamaan tu kyk mau muntah2 gt..sama kyk yg sering dialami kucingku..apa mungkin tertular y dok??trus cara penanganan n pengobatannya pakai apa n gmn dok??mksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih iya, tertular.
      mending pisahkan aja si kucing dan si musang. dan harap jaga kebersihan juga karena cuaca emang lagi gak bagus buat musang.

      untuk perawatannya, kalau pagi ada matahari, mbak bisa jemur. dan buat suplemennya, mbak bisa kasih sari kurma.

      Delete
  38. ak cwok dok..haha..trus g da obat atau dikasih obat khusus untuk batuk pilk yg disertai muntah td dok??atau diksh sari curma tu aja dah sembuh dok??

    ReplyDelete
  39. Ciri2 muspan kembung gimana ya dok......soalnya muspan saya perutnya besar ....umur 1.5 bln tapi dia lincah2 aja dok...klo pun itu kembung gimana cara ngobatinnya.......mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kembungnya gak disertai sakit perut (nyeri), biasanya gak menimbulkan ciri apa2, mas. kecuali kalau kembung disertai sakit perut, biasanya si musang banyak bab dan mencret, kadang juga disertai dengan nggak mau makan....

      fesesnya/tahinya gimana mas? mencret? coba baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      Delete
  40. Muskar -/+3 bln gak mau makan apapun,diare trus aq jasih lacto B dan cuma mau minum susu sgm LLM di campur madu. Apa boleh minum susu+madu terus?sebelumnya aq kasih makan pisang/bubur sun terus. Gimana ya carany biar dia mau makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. stop pemberian susu dulu. kasih aja bubur bayi promina.
      kayaknya emang sistem pencernaannya kurang menerima susu, muskar emang suka begitu. jadi sebaiknya hentikan pemberian susu dlu.... cukup kasih bubur bayi aja.... :)

      kasih saya kabar lagi...

      Delete
  41. alhamdulillah uda sehat dok, sudah mau makan...dia juga gak suka bubur, kemaren lusa coba aq kasih pepaya dan pisang potong kecil2 sama air+campur madu, malah suka.. tapi gak brani kasih air madu terus takut nanti malah mencret lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus kalau emang di sukanya buah2an. pengganti madu, mbaknya bisa kasih sarikurma. lebih menyehatkan... :)

      Delete
  42. siang dok, mau tanya nih..si chilo yg kemaren uda seger, mau makan...minggu kemaren abis kita ajak gath, di tempat gath dia ngamuk sampe akhirnya gak kita kluarin lagi dari kandang..sampe skg gak mau makan..apa mungkin dia stres ya?dia lemes bgt.. uda di spet bubur sun+susu SGM LLM tapi jg maksa makannya...sari kurma juga gak mau, madu biasanya suka jg gak mau, pisang pepaya juga...gimana yaa dok...kalo dokter hewan daerah kediri jatim dimana yaa...gak tega liat chilo yg umurnya sekitar 2-3 bln ini lemes, matanya sayu dan jalannya nyeret2 gitu...gimana cara nanggulangi agar mau makan dan gak lemes lagi...dan gak stres..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan karena stress. disepet aja pakai bubur bayi campur sari kurma. usahakan tetep makan.... fesesnya mencret ya? bener? mending hentikan pemberian susu samasekali. susu agak berat buat sistem pencernaan musang.... sari kurma jauh lebih bagus...

      kasih saya kabar lagi ya mbak

      Delete
  43. Permisi dok mau tanya suntik scabies berapa ya?
    Musangku kena jamur. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan hubungi dokter hewan terdekat. atau gabung aja ke komunitas pecinta musang di kota mas... biasanya ada event vaksin musang...

      kalau mau chat sama saya, kan ada menu chatting...

      Delete
  44. Dok ada nomer atau pin bbm soalnya kalo mau hubungi dokter harus buka email dulu. . .

    ReplyDelete
  45. Innalillahi wa inna ikaihi roji'un...chilo muskar kecil sy akhirnya mati dok...😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut sedih, mbak... :(
      buat pengalaman aja, jangan dikasih susu.... :(

      Delete
  46. Iya dok terima kasih sarannya...anak saya sampe nangis terus hewan kesayanganny matii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. siapa sih yang gak sedih kalo hewan kesayangan kita mati? saya juga gitu kok. padahal udah gede. :D

      Delete
  47. Yang besar. Tobi juga mati dong kemaren siang.sy tau sendiri sakaratul mautnya...huaa sedih bgt.kata temen2 sepertinya kena distemper..penyakit apa yaa itu dok...semoga besok2 kalo melihara lagi bisa lebih hati2.buat pecinta civet lainnya kalo ada yg sakit jgn dijadikan 1 kandang yaa...cukup sy yg bayar mahal..coz anak sy jd mogok makan ciz 2 musangnya mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal distemper, sebenernya udah ada artikelnya... cara mengobati distemper pada musang...

      kalau pelihara lagi, sering2 chat ama saya aja mbak... biar bisa saya bantu meski cuma dari jauh... :)

      Delete
  48. dok numpang tanya.. kenapa ya musang saya didalam mulut ny ada putih2 seperti bekas susu itu nempel.. tolong jawaban ny dan saran ny sya ucap kan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana?
      coba cek fesesnya. samakan dengan artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  49. Dok mau tanya kenap ya musang saya gemeteran ,apa kah sakit atau kedinginan, saya kasih makan bubur sun berak nya encer tp gak bau? Minta sarannya

    ReplyDelete
  50. Siang mba, Saya Mempunyai Musang Akar Borneo dirumah, dan yang saya ingin tanya kan beberapa hari ini musang saya mengalami hidungnya keluar lendir (Flu) dan Batuk seperti ada yang tersedak, jadi makannya berkurang tidak seperti biasanya, Untuk saat ini umur nya kurang lebih 4 bulan. mohon pencerahannya sebelumnya saya ucapkan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba jemur aja mas kalau pagi. tapi jangan sembarangan, ada artikelnya kok cara menjemur musang....

      selain itu, coba mas kasih ramuan kesehatan musang, ada juga artikelnya.... :)

      Delete
  51. Ass, slamat malam dok,
    dok saya mau konsul ni, saya punya muspan betina kira2 usianya 5 bulan lebih,trus makannya normal dan pup normal dok tapi saat saya gendong perutnya terasa keras dok,trus nafasnya terengah-engah dan sering membuka mulu gitu dok, itu kenapa yg dok apakah normal atau lagi sakit.???
    terimaksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, saran saya coba masih kasih makan pepaya, dan kasih juga ramuan kesehatan musang racikan saya. ada kok artikelnya. nothing to worried, cuma jaga2 aja... :)

      kabari lagi ya mas...

      Delete
    2. ok dok ntar klo ada apa2, dikabri lagi,
      terimaksi atas saranya dok

      Delete
  52. Saya punya rase 1 bln. Trus perutnya kembung obatnya apa y dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu, dan jangan kedinginan. rase umur segitu sangat rentan kedinginan...

      dan coba mas baca artikel cara mengobati kucing kembung.... secara prinsip sama... :)

      Delete
  53. Asalamu'alaikum, dok saya mau nanya nih,saya punya anak musang umurnya sekitar 4/5 minggu.dan makannya saya kasih pisang yg dihaluskan dan susu,tapi kenapa dia lebih banyak makan dari pada minum susu dok ? Saya takutnya dia kekuarangan cairan dok. Atau bisa diberi buah yg lebih banyak mengandung air contohnya semangka dok ? Mohon responnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas pengen dia gak dehidrasi, jangan malah dikasih susu karena kalo susu mengandung laktosa, malah bikin mencret, dan akhirnya dehidrasi.

      saran saya, susunya ganti pake air sari kurma. air mineral campur sari kurma. lebih aman buat anakan musang daripada susu.. :)

      Delete
  54. Asalamu'alaikum, dok saya mau nanya nih,saya punya anak musang umurnya sekitar 4/5 minggu.dan makannya saya kasih pisang yg dihaluskan dan susu,tapi kenapa dia lebih banyak makan dari pada minum susu dok ? Saya takutnya dia kekuarangan cairan dok. Atau bisa diberi buah yg lebih banyak mengandung air contohnya semangka dok ? Mohon responnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas pengen dia gak dehidrasi, jangan malah dikasih susu karena kalo susu mengandung laktosa, malah bikin mencret, dan akhirnya dehidrasi.

      saran saya, susunya ganti pake air sari kurma. air mineral campur sari kurma. lebih aman buat anakan musang daripada susu..

      Delete
  55. Tapi kalau lebih banyak makan daripada minum gak papa kan dok ? Kalau masalah makan nafsunya tinggi / lahap kali. Semalam sudah saya kasih sari kurma itupun cuma sedikit dia minum dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 kok. soal dehidrasi, kayaknya nggak kalau dia banyak makan. dan mereka juga ngambil cairan dari makanannya juga. :)

      selain sari kurma, bisa kasih air kelapa muda... :)

      Delete
  56. Air kelapa muda nya gak dikasih campuran kan dok ?
    Makasih atas infonya dok semoga Artikel ini bermanfaat untuk semua orang ya dok☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau dikasih air kelapa aja, boleh. kalo mau ditambah sari kurma, lebih bagus. :)

      Delete
  57. Aslm'laikum dok nanya lagi nih😁musang saya kan minum nya cuma sedikit dn sudah saya beri air kelapa tetap juga sedikit minumnya dok,tapi baru tadi sore saya beri dia madu dan saya campur air (biar tidak kentak manisnya). secara langsung banyak&habis satu botol dia minum dok,gakpapa ya dok musang anakan diberi minum madu (?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal madunya madu asli, saya kira cukup...
      cuma lebih bagus pake sari kurma...

      Delete
  58. Aslm'laikum dok nanya lagi nih😁musang saya kan minum nya cuma sedikit dn sudah saya beri air kelapa tetap juga sedikit minumnya dok,tapi baru tadi sore saya beri dia madu dan saya campur air (biar tidak kentak manisnya). secara langsung banyak&habis satu botol dia minum dok,gakpapa ya dok musang anakan diberi minum madu (?)

    ReplyDelete
  59. Dok tolongin sya dok kanapa baby muspan saya pas di kasih susu dg cara di spet ko kluar dari hidung....terus bunyinya kaya yg serak gt mohon solusi nya dok...tong

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan, jangan dikasih susu. kasih bubur bayi promina aja.

      itupun jangan kasar2 kasihnya. jangan sampe dia tersedak sampe kluar dari hidungnya... pelan2 aja kasihnya...

      Delete
  60. Dok biar musang gak kena penyakit pup berdarah gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...

      untuk makanannya, kasih buah aja. terutama pepaya.
      untuk obatnya, mas bisa kasih larutan air kelapa muda + sari kurma.... kasih 2x sehari...

      lakukan selama seminggu penuh ya mas...

      Delete
  61. Dok mau tanya, musang binturong saya umur 6 bulan sudah 3 hari ini flu bersin2, hidungnya keluar lendir terus juga batuk2 gitu dok. Saya sdh bawa ke dokter hewan dan di kasih obat flu tapi kok musang saya masih lemes gitu, badan nya agak kurus juga jadinya. Feses nya normal tapi warna nya agak terang gitu dok dari biasanya. Kira2 gimana ya dok biar musang nya bisa normal lagi dan sembuh? Terimaksih dok sebelum nya.

    ReplyDelete
  62. Malam bu DRH.FIRA SOVICA . maav sebelumnya, musang saya berusia kurang lebih 1 bulan , dan masih speet untuk cara makannya .. kebetulan pada waktu itu musang saya sedikit mengerat tangan saya , saya fikir mungkin musang saya lapar , dan saya mencoba untuk menspeet makaanannya ( Sun ) dengan cara menyuntikan dengan perlahan . Tetapi setelah itu musang saya kok gumoh seperti layaknya kekenyangan lalu musang saya pun lemas sampai gak berdaya .. hanya tidur yg bisa dia lakukan ... apakah musang saya nantinya akan tejadi hal yg aneh ( sakit ) karna ketoledoran saya memebrikan makan yg terlalu banyak . Atau mungkin juga akan stabil lagi jikalau asumsi makannanya mulai tercerna ... terima kasih atas informasinya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih iya, mas. overfeeding alias kebanyakan makan.
      coba kasih minum air kelapa. dikit2 aja.

      dan kalo kasih makan, jangan dipaksa. kalo dia kayak menghindar gitu, udah aja.

      mas gak tau cirinya bayi musang yang laper? kalau bayi musang laper, biasanya dia bunyi-bunyi....

      Delete
  63. bu dokter mau tanya, musang saya kenapa ia badan nya gemetaran gtu.
    usia nya baru 1bulan lebih.
    mohon saran nya bu dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. kasih bubur bayi promina aja.
      terus kalo fesesnya mencret, kasih air kelapa muda...

      Delete
  64. Dok saya punya muaang rase 2 bulan, hidungnya agak basah, sehat gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara tahu rase sehat atau nggak bukan dari hidungnya. biasanya bisa dicek dari fesesnya, mas. dari tahinya. rase yang sakit biasanya fesesnya mencret kayak air...

      Delete
  65. Dok.. Saya mau nnya.. Bayi musang saya mata nya masih merem.. Fasesnya kuning cerah, berlendir, mulutnya merah, anusnya merah, saya liat di komentar yg lain di Kasih pepaya, apa baik untuk bayi yg umur beberapa hari di Kasih pepaya dok? Atau air kelapa saja?
    - Dan,Ada 2 bayi lagi dok, perutnya kembung, gimana cara ngobatinnya dok,
    Semua bayi nafsumakannya lancar,
    Saya cuma ngasih SGM Amanda 0-6bln.masalahnya do perutnya dok... Kembung...

    -dan Ada lagi dok. 1 bayi saya baru nemu di bawag pohon. Masih blum melek matanya.. Di baguan badan Di blakang paha Ada lubang, bnyak ulat2 dia luka kesakitan, aku tetesin pertalite,abis itu minyak tanah me luka nya dok untuk ngebunuh ulat kecil2 ygbada Di luka bayi tersebut. True aku mandikan ngilangin minyak yg Ada Di badan.. Aku kasih betadin dok.. Dan 2 hari setelah itu, ulatnya gaada lg.. Lukanya bersih.. Aku kasih betadin lagi, akhirnya bayinya ga rewel lg.. Tidur nyrenyak, mkan bnyak, itu luka nya nyebat ga dok? Atau visa pindah ke bayi yg lain? Soalnya saga gabung 1 tempatnya..
    Mohon bantuannya ya dok. Makasih udah dengrrin crita saya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      cukup kok dikasih pepaya. diblender, airnya dikit.

      jangan dikasih susu. jangan dikasih susu.

      hah? luka binatang dikasih pertalite? nggak salah mas?
      cukup dikasih betadine antiseptik aja. yang luka jangan dikasih bubur bayi, pokoknya semua yang mengandung protein jangan, biar lukanya cepet kering. makanannya kasih buah aja, kayak pepaya atau pisang.

      musang yang luka pisahin dari yang lain

      Delete
  66. Kata temen saya Kasih itu dok, buat ngebunuh ulat2 nya.. Abis di Kasih ulatnya mati smua.. Bersihin pake air bersih. Baru aku Kasih betadine..

    Yg luka"chakky" di adopsi temen saya karna udah sembuh lukanya,
    Jimbe" chopper" matanya udah melek,jalannya udah lancar. Udah bisa manjat2 tangan saya. Hahaha. juga udah ga kembung lg dok, karna saya baca artikel di blog bu dokter. Cara mengobati kucing kembung. Saya Kasih minyak kayu putih dada sampai perutnya,

    #gapapa ya dok? Kalo umurnya baru 2 minggu di Kasih jus pepaya?
    #apa makanan nya lagi dok, katanya ga boleh Kasih susu, kalo buat umur2minggu apa lagi makannya?
    -bubur bayi? Kan masih unyu2.
    -sari kurma?
    -madu asli?
    Satu2 aja dok, yg paling Bagus buat bayi umur segitu,satu aja ya dok,, kali 2macam atau semua di Kasih, ga sanggup biayain dok, hahahah atau takutnya kebnyakan macam.. Knapa2 lg,, makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, mas. malah bagus kok. :)
      gak usah dikasih susu.
      bubur bayi boleh dikasih. tapi nanti kalau lukanya sudah sembuh. kalau lukanya belum sembuh, protein di dalam bubur bayi bisa menyebabkan lukanya lama kering.

      lebih bagus kasih sari kurma dibandingkan madu sih. campur ke bubur bayinya oke.

      oh ya, bubur bayi yang bagus merk promina ya mas.

      cukup satu macam aja. selama lukanya belum kering, kasih pepaya jus (airnya dikit, jangan pake gula, dan jangan dikasih es juga, hehehe).

      nanti kalau lukanya sudah kering, senin sampe jumat bisa kasih bubur bayi, sabtu minggu kasih jus. biar sehat.

      oh ya, cuaca lagi gak bagus buat hewan. kalau kandangnya di luar rumah, mending taro di dalam aja dulu.

      Delete
  67. Ahahahah kalo di Kasih gula sama es.. Ntar bu dokter minta pula 1gelas.. Wkwkwk kalo di Padang, sumbar, cuaca lg kmarau panjang bu, dri januari, lagian kandang bayi ku tarok di dlam kamar. Soalnya kandang cuman kardus kecil, tutup pake kain atasnya.

    -Oiya dok, kalo di Kasih penghangat kayak lampu, apa ga katagak matanya dok?
    -trus aku kan maunya itu bayi pas besar, sama kek kucing dok,,jd ga di kandangin.. Kalo udh bisa lari2, ga pake kandang, apa dia kabur ntar dok? Kanndari bayi tu,, bisa ga dok. Lama kelamaan musang nya ga bakal kabur..

    ReplyDelete
  68. Dok. Setelah di Kasih bubur bayi,di Kasih minum juga ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja, dikit. ;D

      oh, mas di padang?

      nggak usah dikasih lampu. mending pastikan aja anget kandangnya.

      mau coba di freeroom? coba aja. tapi kudu dibiasakan main sama masnya dari sekarang, biar dia kenal sama tuannya...

      masnya merokok? kalau nggak merokok, taro kaos bekas pakai yang masih bau keringet di kandangnya. biar dia kenal sama bau tubuh mas. :)

      Delete
  69. Saya prokok dok.. Dan bau rokoknya kencang, kalo bau aku... Sering dia jilat2 badan sama tngan aku dok. Pas di pegang sambil elus2...kmaren sih pas do taro di tangan... Maunya manjat2..jilat2.
    Td pas abis ngasih makan... Tarok di tangan. Udah tenang dya dok, di elus2 malah ketiduran.. Ahahaha :D

    ReplyDelete
  70. Dok.... Gimana ni dok. Tanggung jawab dong.. Si chopper kan saya Kasih bubur bayi promina rasa pisang.. Warna pop nya normal.. Oke makanannya. Padat. Ga berlendir. Tapi hamau makan.. Cuma mau makan dikit.. Sering eek, kerjaanya tidur, eek tidur, eek, di suapun bubur di semburin ke luar..
    Tp yg si jimbe badannya makin gendut.. Bulat. Kaha bola... Sehat. Lincah..
    Gimana ni dok.. Chopper udah kurus... Apa balik di Kasih susu sgm lg? Atau bu dokter tau apa solusi yg lainn? Saya panik dok.. Tolong dong.. Pdhal dia yg paling lincah, dan kocak.. Skrng dia lemes bawaannya ngejar tangan pngen di elus.sampe dia ketiduran... Tolong dok tolong... Urgent... Air kelapa muda? Madu Kasih air? Atau kasihbapa ni dok.. Mkan bubur cuman satu dua tetes.. Dan itu pun di kluarin lg. T. T :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah panik, mas.
      dulu waktu dikasih susu, dia mencret nggak?
      kalau saya sih lebih menyarankan jangan dikasih susu. tapi ya terserah mas juga. saya menyarankan kasih bubur bayi promina aja.

      kalau mas emang mau tetep kasih susu, ya silakan. tapi kalo kenapa2, saya nggak tanggung jawab ya. soalnya saya udah menyarankan kasih bubur bayi.

      kalau fesesnya normal, dia masih bisa dikatakan sehat kok.

      Delete
  71. Lenes aja bawaannya dok.... Taku aku td malam tu.. Sampai gabisa tidur.. Ku campur madu dikit di prominanya. Semalaman Paksa dia buat makan..
    Tiba2 siang pas aku bangun tidur dia udah jilat2 tlinga aku aja dok... Wkwkwkwk bangunin saya tidur... Hahahahaha. Abisbitu aku Kasih lg. Promina campur madu. Bnyak mkan dia dok.. Dan dia ga langsung pup lg. Malah lahap. Dan akhirnya dia tidur. Wkwkwkk Hahahaha alhamdulillah.. Sehat l dok.. Makasih ya dok. Maaf.. Karna urgent kemaren.. Hehhe

    ReplyDelete
  72. Aku satuin lg dok.. Sama si jimbe... Kirain virus bisa nular.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan disatuin dulu, mas. :)

      alhamdulillah, saya seneng banget dengernya!

      cek terus fesesya ya mas...

      Delete
  73. Okeoke dok... Makasih banyak.. Kalo mau konsul lg.. Aku ke sini lagi ya dok... Makasih bnyak dok..

    ReplyDelete
  74. Dok :( si chopper sakit lg... Kurus kali badannya dok. :( mkan di kluarin lg dri mulutnya :( kalau udah ketelen dikit,, dia langsung pup, pup nya kayak biji2 gitu dok,, berlendir, trus anusnya merah, sampai ke kelaminnya, tolong dong dok.. Prutnya keriput, dikit aja makannya, badan kurus. Lemes,, ga bertenaga, di telen dikit. Pup langsung.. Diare dia keknya dok.. Kasih air kelapa muda campur madu aja gmna dok? Sari kurma saya gaada, blum gajian juga belinya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih jus pepaya campur sari kurma.
      kalo gak ada sari kurma, cukup jus pepaya aja.
      lakukan secepatnya ya mbak...

      jus pepaya kasih sehari 2x, pagi dan sore

      untuk makanannya, bisa tetep kasih bubur bayi promina.

      Delete
  75. Kmaren dri pagi. Lemes kali dok.. Gabisa ngapa2 in dia.. Trus siang td.. Abis saya jemur bentar. Tiba2 dia kejang... Mulut nya berbuih.. Sorenya juga begitu..kejang dan berbisa, Udah saya Kasih air kelapa campur madu...masih lemes.. Mkan cuma sedikit.. Dan langsung pup,, kayak biji2 gitu dok.alhamdulillah.. Baru sebentar ni.. Dia udah mulai jalan.. Walaupun sering jatuh bangun.. Trus makannya juga udah mulai mau.. Walaupun sedikit.. Bdannya tinggal tulang.. Udah di karantina. Udah di bersihin kandang. Perlengkapan nya sana beklyn.. Mkannya pisang.. Ga ada di Kasih bubur bayi lg.. Sama minumnya airkelapa campur madu,
    Saya mau nnya dok.. Setelah saya baca semuabartikel di google..chopper distemper dok :'( saya sedih kali,,,
    Saya tanya.. Jawabnya yg jujur ya dok yaa.. Udah capek2 saya rawat dia dok,, ngasih ini itu,,kalo ada uang saya pun maubke dokter hewan, :'(
    #apakah distemper chopper bisa di sembuhin? Apakah dokter pernah mendengar musang knak distemper akut.. Sembuh. Tanpa penanganan dokter. Atau tidak di Kasih obat dari dokter? Apakah pernah? Dannapakah bisa dok,
    Kalau dokter nannya ke saya lagi,, saya pantang nyerah, optimis dia masih bisa sembuh. Biarpun udah separah itu ,saya pengen dia sembuh.. Saya yakin bisa.. Tolong dong dok. Saran, makanan, dan apa aja penangan nyaa.. Kalo ke dokter sayabga sanggup bayar dok.. Terimakasih dok. Sebelumnnya..

    ReplyDelete
  76. Dooooooookkk.. :'( huhuhuhu saya di tinggalin sama chopper.... Depan mata ku dia skaratul maut... Gpp... Makasih ya dok.. Dan makasih buat chopper. Udah nunjukin usaha berusaha buat sembuh :'(

    *dok.. Saya mau nnya lg dok.. Masalahbsi jimbe.. Diabgaruk2 di depan telinganya.. Aku liat.. Bulu skitar sana udah rontok. Dan ada bercah hitam2..itu knpabya dok?
    Kalo scabies ringan obatnya apa dok.. Bercahnya cuman kecil dok... Tapi takutnya makin besar. Atau menyebar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. si jimbe itu musang kan mas? kayaknya sih iya, kemungkinan ada tanda scabies... soalnya daerah kuping biasanya identik dengan scabies....

      saya ikut sedih dengan si chopper, mas. sabar ya. buat pelajaran aja ke depannya.

      maafkan saya juga karena baru balas. ini lagi di luar negara karena tugas.... :(

      sekarang si jimbe gimana?

      bersihkan kandang, dan coba mandikan si jimbe. pake antiseptik dettol + air hangat.

      Delete
    2. Oke dok.. Sudah saya terapkan, gaada garuk2 lg.. Tp masih ada bercaknya dok.. Lalu matanya ada tahi nya dok... Knpa ya dok.. Mtnya juga berlendir.. Kaya orng nangis.. Keadaannya baik, fase nya padat.. Lincah kalo lapar. Ngantuk kalo knyang.. Wkwkwkk

      Delete
    3. matanya sering dibersihkan pake tisu, ambil kotorannya aja mas. :)

      sekarang makannya gimana?

      selama fesesnya gak mencret, makannya masih nafsu, dia masih sehat. kuncinya jangan kasih susu. itu aja.

      kalo emang matanya masih sering ada beleknya gitu, coba makanannya ganti: pake buah aja. pepaya atau pisang dialusin. dia belekan karena terlalu banyak protein di makanannya... :)

      so far so good?

      Delete
    4. Baik bu,,, kmaren fasesnya agak kuning.. Agak cair. Karna promina rasa susu pisang.. Skrng ganti sama kacang hijau, karna gaada susunya, jdi normal fasesnya padat. Agak gelap..
      Saya takut katarak dok... Kalo di Kasih buah saja, tnpa bantuan bubur bayi lg. Bisa ga dok?

      Delete
    5. iya, kasih buah aja. jangan kasih bubur bayi.

      Delete
  77. Saya gamau lagi di tinggalin sama si jimbe dokk..tolong balas.. Dan bantu secapatnya ya dok... Maaf kebanyakan dan kepanjangan nnya2...saya newby kalo buat bayi dok.. Makasih dok..

    ReplyDelete
  78. Dok mau nanya musang saya kok kalo abis bangun tidur badannya gemeter abis itu normal lagi kalo lanjut tidur..musang umur 5bulan gimana cara penanganannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana?
      mas kasih susu ya?

      kalau iya, jangan dikasih susu.

      biasanya mas kasih makan apa?

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.