Tuesday, April 1, 2014

Jenis-jenis Burung Hantu dan Tingkat Kesulitan Memeliharanya | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa

jenis burung hantu

yang umum dipelihara oleh para pecinta BOP. Dan berdasarkan tingkat kesulitan pemeliharaannya, ada beberapa tingkat dalam memelihara burung hantu. Tingkat kesulitan dalam memelihara burung hantu tersebut didasarkan pada kesulitan burung hantu yang dipelihara.

Berdasarkan tingkat kesulitannya, ada tiga tingkat kesulitan dalam memelihara owl alias memelihara burung hantu, yaitu tingkat pemula untuk burung hantu yang paling mudah dipelihara, tingkat pertengahan untuk burung hantu yang relatif sedikit lebih menantang, dan tingkat lanjut untuk burung hantu yang susah dipelihara serta memiliki tingkat stress yang lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa kelas kesulitan dalam memelihara burung hantu.
  • Pemeliharaan burung hantu tingkat pemula (beginner, mudah dipelihara)
  • Jenis burung hantu yang pas untuk dipelihara oleh pemula adalah jenis Javan Scoop Owl (otus sp) atau celepuk dan jenis owl berpostur kecil lainnya.
    burung hantu celepuk, jenis burung hantu yang paling mudah dipelihara
    Burung hantu celepuk
    Image taken from digdeep1962.blogspot.com 
    Bisa dikatakan, burung hantu celepuk adalah jenis burung hantu yang paling mudah dipelihara. Hal utama yang harus diperhatikan dalam memelihara celepuk adalah jangan sampai telat memberi makan dan minum. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca artikel tentang cara memelihara celepuk.
    Jenis burung hantu lain yang termasuk dalam kelas mudah memeliharanya adalah burung hantu jenis Javan Owlet (glaucidium clastanopterum) dan burung hantu jenis Oriental Bay Owl (phodilus badius).
    burung hantu javan owlet, jenis burung hantu yang mudah dipelihara
    Burung hantu jenis javan owlet
    burung hantu oriental bay owl, jenis burung hantu yang mudah dipelihara
    Burung hantu jenis oriental bay owl
    Image taken from kaskus.co.id 
    Secara prinsip, cara memelihara burung hantu javan owlet dan cara memelihara oriental bay owl hampir sama dengan cara memelihara celepuk.
  • Pemeliharaan burung hantu tingkat pertengahan (medium)
  • Tingkat selanjutnya dalam artikel tingkat kesulitan dalam memelihara burung hantu ini adalah tingkat pertengahan atau tingkat medium. Artinya, burung hantu yang termasuk ke dalam klasifikasi ini termasuk mudah dalam dipelihara namun tetap harus diperhatikan dalam beberapa halnya. Sedikit saja anda lengah, maka burung hantu yang anda pelihara akan mati. Jenis burung hantu yang masuk ke dalam kategori pertengahan dalam segi perawatannya adalah burung hantu jenis Brown Hawk Owl (Ninox Scutulata) dan burung hantu jenis Barn Owl (Tyto Alba).
    burung hantu brown hawk owl, jenis burung hantu yang relatif lebih susah dipelihara
    Burung hantu jenis brown hawk owl.
    Image taken from owlpages.com
    burung hantu barn owl, jenis burung hantu yang relatif lebih susah dipelihara
    Burung hantu jenis barn owl.
    Image taken from wikipedia.org 
    Cara memelihara burung hantu barn owl pernah saya tulis di artikel cara memelihara barn owl.
  • Pemeliharaan burung hantu tingkat mahir (advanced)
  • Bagi anda yang baru pertama kali memelihara burung hantu, sebaiknya jangan memelihara burung hantu jenis berikut ini. Tingkat stress yang tinggi, penanganan yang tidak boleh dilakukan sembarangan, dan kesehatan burung hantu yang harus selalu dicek membuat burung hantu jenis Buffy Fish Owl (ketupa ketupu), burung hantu jenis Spotted Wood Owl (Strix Seleputo), dan burung hantu jenis Barred Eagle Owl (Bubo Sumatranus) tidak mudah dipelihara oleh pemula.
    burung hantu buffy fish owl, jenis burung hantu yang susah dipelihara
    Burung hantu jenis buffy fish owl.
    Image taken from owlpages.com
    burung hantu spotted wood owl, jenis burung hantu yang sulit dipelihara
    Burung hantu jenis spotted wood owl atau sering disebut strix sekeouto.
    Image taken from naturecore.blogspot.com
    burung hantu barred eagle owl, jenis burung hantu yang susah dipelihara
    Image taken from andysparadise.com 
    Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara burung hantu tingkat mahir antara lain makanan yang harus selalu diberikan tepat waktu, ketenangan tempat, dan suhu ruangan yang terjaga. Burung hantu jenis Buffy Fish Owl sangat rentan stres, begitu pula burung hantu jenis spotted wood owl dan burung hantu jenis barred eagle owl.
Demikian adalah artikel tentang

jenis burung hantu

yang banyak dipelihara serta tingkat kesulitan dalam memelihara burung hantu. Saya berharap artikel diatas bisa membantu anda dalam memelihara burung hantu. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis di kolom komentar dibawah ini. Respon atas artikel ini akan segera dibalas sesegera mungkin. Terima kasih. (FS)

264 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 264   Newer›   Newest»

Infonya mantab gan... terima kasih

sama-sama. terima kasih sudah mampir. :D
silakan baca artikel lainnya juga mas, banyak artikel lain yang menarik. salam. :)

75307E20 tlng di add yaa butuh banget, tp omng2nya lwat bbm

maaf, untuk konsultasi kami hanya membuka di blog ini dan via facebook yang sudah disubscribe... terima kasih... :)

Askum..nak beli burung hantu dan berapa harga? Sy dari malaysia

halo, ewans.
sila tengok http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/07/harga-burung-hantu.html, harga burung hantu di indonesia. :)
salam, dari indonesia. dont forget to visit again for consultation about owl or another animal... :)

hai kak :) aku baru saja dapat burung hantu yang nyasar ke rumah aku terusa aku pengen melihara sama bikin burung hantunya jinak tapi aku enggak tau itu burung hantu jenis apa dan bagaimana cara merawatnya T.T

dan saya lihat di atas burung hantu yang seperti punya saya enggak ada T.T

coba difoto terus dishare di hangout saya di Google+.... :)
saya tunggu :D

mohon maaf saya ingin bertanya jika sudah terlatih apa harus memakai anklet terus apa bisa di lepas jika bisa mohon jelaskan ciri2 burung hantu bisa di lepas/jinak

bisa dipakai terus, atau bisa juga dilepas jika tidak sedang dilatih, tergantung gimana ownernya. saya sendiri tidak memakai ank-jess lagi karena si Errol sudah sangat jinak, dia bahkan marah (suka mengigit kuping saya, hehehe) jika dia dipasang ankjess..... percaya deh mbak/mas, burung hantu lebih cerdas daripada yang kita kira selama ini. si errol bahkan suka terbang ke arah saya jika saya baru pulang kerja, dia suka menyerang kuping saya dan mengigit2 kecil kuping jika marah, dan dia kadang suka bersuara jika saya mengajaknya bicara.... :)

coba kasih nama mbak/mas, sering2 diajak ngobrol juga.... mereka bisa mengerti kok, hanya saja mereka tidak bisa membalas... :)

ada nggak yang ngejual javan owlet di surabaya

cari aja di pasar hewan. atau kalo mau, mas niko bisa gabung di grup jual beli owl dan BOP di facebook... :)

Lihat aja mas di pasar burung kupang ato bratang mungkin ada!

misi dok mu nyambung lg masalah si obi, di mkanya masih dikoyak2 doang, tpi klo di kasih jangkrik lngsung di tlan

pas lagi makan, jangan diliatin. tinggal aja. biasanya kalau dilihat emang gitu, dikoyak2 doang tp gak dimakan....

Asslmualaikum dok,mau nanya nih saya kan baru beli barn owl tapi udh juve awal,trus bagaimana cara merawat yg udh juve biar jadi jinak sama saya&jadi gmpng dilatih ya?

wa alaikum salam. :)
silakan mas baca artikel saya cara memelihara barn owl, bisa mas search di menu cari artikel diatas.... untuk menjinakkannya, mas bisa search cara menjinakkan burung hantu, dan untuk melatih burung hantu, mas bisa search cara melatih burung hantu. semoga membantu... :)

DDok saya mau bertanya bgmn spy burhan tidak sembarangan buang air?

Maaf dok 1 lg pertanyaan saya ....dokter bilang burhan jgn makan tikus hitam krn takut berpenyakit ....bgmn dg kecoak ? Setahu saya , kecoak juga membawa penyakit .....makasih dok penjelasannya

halo mas. :)
1. agar burung hantu tidak pup sembarangan, dia harus benar-benar percaya kepada kita. pemiliknya. dia harus mas latih dengan sebaik2nya, sehingga dia tidak lagi menganggap mas sebagai manusia lagi. iya, saya tidak becanda. sama seperti kucing, burung hantu sebenarnya menganggap kita sebagai "burung hantu yang besar yang suka memberiku makan". tapi tentu saja, untuk mencapai tahap "kita dianggap sebagai burung hantu" itu tidak mudah. dia harus sudah sangat percaya kepada mas. silakan mas baca artikel cara menjinakkan burung hantu, search di menu cari artikel diatas...
jangan patah semangat, mas. si errol, burung hantu barn owl saya, dulunya bersifat sangat egois, berkarakter keras, dan sangat galak kepada saya, tapi toh bisa dijinakkan dan dia bisa tahu bahwa "kertas koran yang dibentangkan di lantai adalah tempat saya buang air", hehehehe. jadi kelak, jika burung hantu mas sudah sangat percaya kepada mas, dia akan tahu sendiri dimana dia harus pup.

2. iya, betul sekali mas. burung hantu memang jangan dikasih makan tikus hitam (tikus liar) kerana takutnya membawa penyakit. begitu juga dengan kecoa. sebaiknya jangan.
lalu bagaimana dengan si errol yang saya lepaskan tiap malam untuk cari makan sendiri di luar?
sebenarnya, burung hantu memiliki aura yang lebih kuat. mereka dengan mudah imprint kepada kita, sama seperti halnya musang bisa imprint kepada kita. jika kita sudah terkoneksi secara aura dengan burung hantu kita (baca: imprint), akan sangat mudah untuk kita dan si burung hantu untuk memahami satu sama lain. untuk lebih jelasnya soal imprint, silakan mas baca artikel imprint pada musang.
saya mempelajari metode imprint ini bersamaan dengan kuliah kedokteran hewan saya dlu mas. saya belajar meditasi dll. saya percaya kalau kita, manusia, sebenarnya terkoneksi kepada semua hal di alam semesta ini, hanya saja selama ini "mata ketiga" kita sering tertutup. agak sedikit metafisik memang, tapi sebenarnya ini sangat logis. makanya si errol sering mengedip saat saya sedang ngobrol sama dia, dan saya juga sering merasa tiba-tiba sedih kalau hujan turun di malam hari. aneh ya? hehehehe....
makanya kalau ada yang mau beli si errol, satu milyar pun mungkin gak akan saya jual. ikatan diantara kami sudah sangat kuat soalnya... :D

maaf kalo saya terlalu banyak cerita. itung2 agar mas bisa lebih serius aja memelihara burung hantu. :D
jangan sungkan untuk berkonsultasi. saya tunggu. :D

oh ya. saya lupa. mas bisa baca artikel cara melatih burung hantu, silakan search di menu di atas... :)

Selamat malam dokter ...Dok makasih byk jawabannya ...detil bgt .....=) Dokter , sebenarnya sy belum punya burhan ....baru niatan ingin punya .....jd pengen tahu dulu bgmn kira2 kesulitannya ....apalg sy tinggal Di ruko dok ....ga punya taman...blm lg org rumah takut kena TOxoplasma dll, Di rumah soalnya ada yg baru nikah tp masi menunggu hamil..Saran dokter gmn baiknya ?
Dok , dokter bilang burhan sebaiknya taruh Di kamar dg kita tidur...hmm..apa ini utk burhan yg sdh terlatih dalam buang air dan .ga terbang sembarangan ? Ntr takutnya kotoran kmn2.....
Dok klo saya membeli burhan, sbaiknya dr yg usia berapa ? Yg masih bayi sekali atau boleh yg sdh berbulu tp masi anak2? (Spy lbh mudah dijinakan Dan dilatih )

Makasihhhh dokter Fira

Oya dok ....apakah saya harus mempersiapkan tempat gelap utk burhan? Apaakah kontraindikasi bila burhan sehari2 ditempatkan di tempat terang ?

iya, memang lebih baik dipikirkan dlu matang2 sebelum memelihara owl. hehehe.
kalo soal toksoplasmosis, semuanya sudah saya kupas di artikel semua tentang toksoplasma, search aja di menu di atas.... :)
kalo soal ditaruh di kamar, si burhan bisa diikat pake lease di perchnya, jadi kita bisa sedikit meminimalisir kotoran burung hantu menyebar kemana-mana. kalo dlu saya tinggal di kosan mas. awal2 dapet si Errol, saya bawa ke kosan saya dulu. dan emang tidak saya ikat. jadi saya lepas aja di dalam kamar. mau dia eek sembarangan juga terserah dia. emang rada repot awalnya, kita harus rajin2 membersihkan kotoran yang hampir ada dimana-mana. tapi itu cara tercepat agar si burung hantu cepat jinak. mas bisa bayangin waktu itu: si errol, yang waktu itu masih galak ampun2an, nyerang saya tiap kali masuk kamar. tapi itulah seninya. :D

kalau saran saya sih yang bulu kapas akhir, istilahnya brancher. di akhir usia bulu kapas....masih ada bulu kapasnya sedikit, tapi sudah mulai ditumbuhi bulu real... :)

kalau untuk masa adaptasi (1 hingga 4 hari pertama di rumah), lebih baik di taruh di tempat sepi. tidak usah yang gelap, asalkan sepi dan senyap..... tidak ada kontraindikasi apa2 untuk burung hantu yang sering ditaruh di tempat terang...

Terimakasih yah dokter Fira ......nanti saya kabari klo saya dah punya burhannya ......makasih byk dok ......=)

Pagi dokter ....Dok mau tanya lagi ...kmrin saya sdh ke pasar burung, ada yg menjual apakah burung hantu warnanya putih , menurut pnjualnya burhan albino , tp klo saya lihat sih jenis celepuk ..Dok apakah ada jenis burhan albino ? Ataukah pnjualnya menge -cat burhannya spy keliatan bgs shg bs dijual dg harga mahal ?

Dok , klo membaca artikel diatas burhan yg berwarna putih kan hanya bubo fish owl ....apakah bubo fish owl Dr bayi jg berwarna putih ? Mksd saya , bgmn kita bs membedakan celepuk hasil cat putih dg bubo fish owl bayi ?

Trims dokter

Maaf dok ...kata "apakah " Di baris kedua dihapus saja

beberapa jenis celepuk memang ada yang berbulu warna putih, mas. tapi itu bukan albino. hanya bulunya saja yang berwarna putih. SEMUA HEWAN bergenetik albino tidak memiliki pigmen warna samasekali, yang membuat MATANYA berwarna MERAH. jika matanya tidak merah, maka itu tidak bisa dikatakan albino....
adapun membedakan bubo owl dengan celepuk berwarna putih, sebenarnya gampang. bubo owl itu burung hantu yang berukuran besar. saudara saya punya bubo owl berukuran tinggi hampir 45 sentimeter. besar sekali. sedangkan, celepuk adalah owl berukuran kecil. ukuran celepuk yang masih bayi tentu akan jauh berbeda dengan bubo owl yang masih bayi. lebih besar bubo owl.
beda bubo owl dengan celepuk yang lain adalah adanya gurat hitam di bulu bubo owl. baik bubo owl yang sudah dewasa maupun yang masih bayi, ada gurat ini. sementara celepuk tidak punya tanda gurat hitam ini.
beda celepuk dan bubo owl yang lain: mata bubo owl berwarna hitam, sementara celepuk umumnya hitam
beda bubo owl dan celepuk yang terakhir: bulu yang menyembul di atas kepala celepuk (horns) lebih kecil dibanding horns bubo owl.... :)
oh ya, ada satu lagi perbedaannya: bubo owl harganya jauh lebih mahal daripada celepuk. anakan bubo owl berkisar antara 750 hingga jutaan rupiah. tentu saja, untuk kasus ini, bisa aja mas dapet harga bubo owl yang lebih murah kalau si penjual tidak tahu kalau burung hantu yang dijualnya jenis mahal, huehehehehe.....

sebenernya mudah sja membedakan bulu owl asli dan yang hasil pewarnaan. bulu hewan yang hasil pewarnaan biasanya terasa lebih kasar daripada yang tidak diwarnai..... coba mas baca artikel MEMBEDAKAN MUSANG BLEACHINGAN dan MEMBEDAKAN SUGAR GLIDER BLEACHINGAN :)

Baik dokter ...ntr saya baca dok .......makasih yah dokter, penjelasannya jelas dan aplikatif bgt ....:-):-):-)

assalamualaikum dok..kalo wktu masa adaptasi ditempatin di kandang ato di perch..??trus..klo. baby BO makanya tikus putih lgsung..??ngg kbesaren dok..??maaf bnyk tanyak..waalaikumsalam..

waktu adaptasi sebaiknya jangan dikandangkan. diperch lebih bagus.
baby barn owl bisa diberikan cacahan daging sapi segar, terutama yang masih agak berdarah. dicacah dlu sampai kecil2... atau bisa juga diberikan pinkies, bayi tikus putih baru lahir....
:)

dok..waktu saya beli BO adanya yg udah dewasa..klo trlanjur gitu..mendingan di perch ato dikandang..klo sy truh di perch..pasti trbang2 mulu..nnti klo trbang trus sy kasih rante..pasti nggantung gitu dok..gmn dok..??

sm.. blm mau makan dok..gmn ya..??atau masih adaptasi..??

Barn owl adalah burung hantu yang tingkat kesulitannya lebih tinggi dibandingkan celepuk, mas.
coba mas baca CARA MEMELIHARA BARN OWL, search di bagian cari artikel...

assalamualaikum, bu dokter saya newbie baru banget adopt celepuk yang masih bulu kapas, dia bunyi terus dan lapar terus apa itu normal dok? terus segede gitu udah bisa dilatih biar ga pup sembarangan? mohon arahanya ya bu dokter :)

Dok burhan saya jenis punggok coklat juve akhir
Kalo stres itu ciri2nya gimana ya?
Terima kasih

biasanya tidak mau makan, fesenya berwarna merah atau hijau, dan terlihat murung. lengkapnya, silakan baca CIRI BURUNG HANTU STRESS.

Kalo di kasih makan jangkrik apakah cocok dok?
Juga mulai pertama di rumah diem terus

punggok memang mudah kerap stress, mas. dan burung jenis punggok juga jarang dipelihara. makannya jangkrik, gak apa2. sebaiknya hati2. nyaris dari 3 dari 5 punggok papua yang dipelihara biasanya berakhir dengan kematian... mas sudah pernah memelihara burung hantu sebelumnya? :)

Belum mbak :p
Hati2 bagaimana mbak?
oya mbak kenapa kalo malem mesti dia turun dari perch nya mbak?
Terkadang dia juga gigit2 rantainya seperti pengen di lepas gitu?

iya, soalnya dia relatif gampang stress.
dari jenis burung hantu di artikel di atas, jenisnya dia tidak ada kan ya mas? coba cek lagi. karena setahu saya punggok (burung hantu khas papua) sudah jarang ditemui atau dijual di pasaran.... :)

Punya saya brown hawk owl mbak Ternyata x_x
Kalo ngerawat brown hawk owl itu sama kaya ngerawat tyto alba ga mbak?

oh. alhamdulillah, tadinya saya kira beneran papuan hawk owl.
iya, relatif sama dengan dengan barn owl (tyto alba)...
dijaga ya mas. kalau mau tanya, bisa kemari lagi. saya tunggu.

salam buat owlnya dari errol... dia jadi banyak temen di blog ini... :D

This comment has been removed by the author.

Assalamualaikum Drh.Fira
Saya mau minta solusi nih
4hari yang lalu saya adopsi burung hantu ''gak tau apa jenisnya'' lever britcher sepertinya.
Niatnya mau tak taruh di tenggeran tapi kalau siang suka ada kucing di rumah ku dan kalau malam suka ada tikus besar, dengan kondisi rumah saya seperti itu apa yang saya lakukan? Umur berapa owl mampu melaman tikus ukuran besar? Owl saya kasih makan/minum per12jam tak apa kan doc? Dan satu lagi owl saya jikalau abis magrib selalu bunyi per 3x ketukan dia bunyi seperti anak ayam apa itu normal? Saya taruh owl saya di sangkar dalam kamar tak terpakai
Terimakasi Drh.fira atas jawaban dan artikel'' tentang merawat hewan.. Salam buat si Errol ya :)

untuk jenisnya, coba mas liat artikel di atas. ada gak yg kira2 seperti burung hantu mas.
saya sendiri sebenarnya susah untuk menjawab karena gak tau jenis owlnya apa. beda owl, beda penanganan, mas.
kalau memang banyak kucing, sebaiknya jauhkan dari jangkauan kucing. tikus juga. kasih makan owl sebaiknya maksimal 6 jam sekali. itu juga maksimal banget. rata2 sih biasanya owl lover ngasih makan 3 kali sehari. pagi, sore, dan malam.
owl suka bunyi malam hari normal kok. namanya juga hewan nocturnal (aktif pada malam hari). untuk penempatan owl dalam sangkar, lebih baik jangan di sangkar, mas. di ruangan kosong aja kayak di gudang. kalau di sangkar, ada kemungkinan stress nantinya.... :)

silakan baca2 lagi artikel mengenai cara memelihara burung hantu di blog saya ini.... salam balik dari errol... :D

Sepertinya masuk ke jenis celepuk tapi beda warna matanya sama yang di gambar atas, punya saya warna matanya merah hitam doc.

Untuk jenis celepuk mampu melawan tikus got ukuran 2 kepal tangan orang dewasa usia berapa dok? Punya saya baru belajar terbang baruuu saja dia locat'' sambil kepakan sayapnya.

Ohh 6 jam sekali ya kasih makanyaa. Saya malah 12 jam sekali dok 20-25 ekor jangkrik ukuran 2cm masuk kemulutnya. Ohh iya kalau di kasih makan tahu putih gakpapa dok? Soalnya si penjual menyarankan saya memberi makan tahu putih. ''saya beli di jati negara, dia bilang ini jenis burung hantu apel ( tapi saya gak peduli mau apel kek mangga, durian, jeruk dsb.. Karni cuma burhan level bitcher yang paling sehat menurut saya jadi saya beli deh) .

Oke deh nanti saya umbar saja dalam gudang tapii takut di makan tikus doc. Rumah saya warung jadi pintu terbuka lebar dari pagi sampai malam dan suka ada kucing masuk saat waktu pagi-sore kalo malam suka ada tikus masuk kerumah saya Doc.
Terimakasih atas jawabanya : )

jangan dikasih tahu, mas. tahu sih buat yang punyanya aja. hehehehe. kasih jangkrik aja.
jangan dikasih makan tikus got juga. karena rawan bakteri. kalau mau, kasih bayi tikus putih. kalau tidak ada, cukup kasih jangkrik aja.....

silakan baca2 artikel saya si blog ini mengenai cara memelihara burung hantu. semoga membantu ya mas. jangan sungkan nanya2 kalau ada yang perlu ditanyakan....

Doc gawattt owl saya tiba'' lemas dulu dia makan 20 jangkrik dan semalam cuma 5 jangkrik dan paginya dia lemar terkapar gitu sepertinya dia gak lama lagi padahal baru 1minggu saya adop :( saya harus gimana nih doc? Owl saya dah gak mampu berdirii

saya sudah pernah bahas di artikel cara mengobati burung hantu lumpuh....

Selamat pagi dok ....dok kmrin saya mampir k pasar burung ....sy lihatada burung menyerupai burhan celepuk dr warna bulunya ......tp burung ini menyerupai burung pada umumnya ,,,memanjang ...dan tdk berdiri sperti celepuk ..penjualnya bilang ini burhan bueuk sedangkan yg berdiri itu celepuk ...minggu rencana mau mampir lagi kesaana .....mau sy foto ..kmn saya bisa kirim fotonya ke dokter ? Mksh dok ..oh ya harganya bueuk itu lbh murah 2x Dr celepuk ....Dan penjualnya bilang ini bisa lbh jinak Dr celepuk ....penjualnya keliatannya lumayan ngerti burhan ...dia tau istilah chick bracher juve puffy bubo dan kisaran harganya jg tepat ....

bisa jadi itu burung pungguk. bisa juga itu kerabat dekat celepuk dari jenis lain. gak ada di daftar jenis burung hantu di atas, mas?
boleh kirim ke G+ saya saja... :)

Baik dok ...minggu saya .ke pasa burung saya foto ya dok ...burung ini matanya disamping...ga kayak celepuk ....trus mukanya ga lucu kayak celepuk malah kesannya seram ....Betul kah bisa lebih jinak Dan bisa seperti burhan lain sbg partner ?

Iya dok ga ada di yg dokter tulis ....
Kebanyakan burhan kan berdirinya horisontal klo ini vertikal dok ,,hmm seperti burung merpati atau perkutut ...

Sori dok kebalik ...Kebanyakan burhan kan berdiri vertikal ...klo ini memanjang /horisontal

iya, sepertinya itu punggok. silakan baca cara memelihara punggok.
bisa dishare gambarnya mas?

semua jenis burung hantu pasti bisa jinak, apalagi hewan nocturnal biasanya lebih bisa membaca isi pikiran kita dibandingkan hewan diurnal. kalau kita bener2 sayang sama dia, nanti dia akan jinak sendiri.... :)

Dok malam ...barusan sya Dr pasar burung ...burung yg dicurigai punggok itu sdh laku ...cepet laku kata penjualnya ...sering jg disebut barongsai .....burung barongsai ......Dok .td saya membeli celepuk bracher ...dia lg mau
Mulai belajarterbang ...sikap defence seperti mengembangkan sayap tdk ada ....tp sejak sy beli td jam 2an smp skrg ga mao makan ......apa harus disuapin dl arti paruhnya saya buka lalu saya masukan jangkriknya? Soalnya klo saya taruh jangkarik dpn paruhnya dia ga mau matuk sama sekali ...kdg memejamkan mata kaya ngantuk ....seseklai sih mau matuk tgn saya ...mohon petunjuk dok

Atau memang blm malam dok jd dia ngantuk dan ga mao makan ....skrg uda lbh aktif ternpbang .ke atas lemari dan bunyi cuit cuit trus ....

Dok saya barusan bawa artikel ttg punggok ...betul dok itu punggok ...saya ingat dr wrna hitam Di dekat matanya .....tp saya lihat masih kecil ......kok murah bgt y dok ? Cm 40 rebu

hmm, pas di tokonya, burung yang mas beli ini mas angkat gak dr kandang? :)
harusnya memang teliti dulu, tes kasih makan juga. coba nanti malam kasih makan jangkrik. sodorin aja.... :)
kalau sekarang, tempatkan di ruangan sepi aja. ntar jam 10an bisa kasih makan.... :)

oh. ada kemungkinan abangnya gak tau kalau itu punggok. memang jarang ada yang kenal. :)

Skrg sdh mau makan dok ..bs smp 11 jangkrik .....tp Udahnya babnya hitam tp ada cairannya ..bab hitam putih tp ada cairan ...sbkmnya sy kasi minum pake sedotan agak byk sih ......tp setelah makan dia byk bertengger trus tidur smbil bunyi cuit cuit cuit..matanya terpejam .....
Apa artinya minta makan lg ? Normalkah dia terpejam gt jam segini dok ?


Dok tulisan dok terpotong ga terbaca Di saya , soal : pas di toko nya burung yg ma's beli mas angkat ga Dr kandang? Wkt saya beli baru datang burungnya..masih Di taruh di besek ( semacam anyaman bambu buat yg buat tmp simpan makanan )


Oya klo Di ruang ber A.C. aman ga dok utk saya ...takut keisep kotoran burhan yg mengering ......


Klo utk celepuknya Di tmp ruang A.C. bgmn dok utk?

kalau siang memang wajar dia nutup mata sambil cuit2. :)
sebenernya kalau dia cuit2 gitu, dia bisa dikatakan sehat kok... :)

harusnya, mas angkat dr beseknya. lalu mas kasih makan.... :)

kalau masih chick, usahakan ac-nya jangan terlalu dingin. bagusnya sih gak usah ber-ac mas... :)

sehat selalu buat owlnya....

Terimakasih dok fira ...maaf baru balas ...internet error ..

terimakasih yah dok ....skrg dia makin rakus makannya ..sekali makan bisa 15 jangkrik ...
Cuit2 uda agak berkurang ..kecuali klo lapar ...
Maaf tanya lg yah dok , gmn caranya mentoilet trainingnya ya dok ....kamar dan r tamu jd toilet ...hiks ..kena marah sama ortu ....wkwkwkwk ....oya soal kotoran burung yg mengering kena angin lalu terhisap masuk paru bs jd penyakit ga dok ?
Klo soal toxo Di artikel dokter cm disebutkan dr oral masuknya ...

Oya dok celepuk saya namanya Owel .....kenapa ya dok owel klo didekati saya kepalanya muter2, lalu mundur mundur alias mojok seperti ketakutan ?apa yg hrs saya lakukan ?

Satu lg dok ...owel kan saya taruh dikamar ...ternyata dia sepanjang malam dr jam 12 smp jam 5 cuit cuit trus dan terbang2 trus ke sana kemari ...saya ga bs tidur dnger dia nabrak2 lemari pintu ...dia kayanya bracher dan lg belajar terbang ....Akhirnya saya tidur jam 4 subhh ,,bsknya kerja teler ...hahahahh .....gmn baiknya ya dok ? Apa malam hari pas saya tidur saya masukkan dus saja? Dusnya bear sih seukuran 60x60 cm dan tingginya 60 cm juga ...mohon Saran yah dok ....


Salam Dr Owel ...


kalo tokso dari burung hantu jarang, mas. dan meskipun ada, biasanya dari oral. biar aman, memang lebih baik jaga kebersihannya.

kalau cara toilet training bagi burung hantu sebenernya hanya bisa dilakukan kalau mas dan burung hantunya sudah benar-benar bonding terhadap mas. namun untuk membiasakan, mas bisa taruh koran dibawah perchnya. nantinya dia akan terbiasa pup di atas koran yang terbuka di lantai.... :)

gak apa2. owl memang kadang kepalanya gerak2 kalau sama orang yang baru dia kenal. nanti kalau dia dah kenal, dia bakalan gak gitu lagi......

owl emang gitu mas. namanya juga hewan malam. dulu juga si errol kayak gitu. saran saya, mending pindahkan owel ke ruangan tersendiri kalau malam. atau kalau nggak, mas bisa taruh owel di kardus agak besar. seperti kardus bekas tv atau kardus kulkas. bisa juga pakai kardus mie instan, 6 dus mie ditumpuk 3 x 2 (bagian bawah 2 dus, keatas 3 dus), lalu dibolongi dalamnya.... kasih tenggeran di dalemnya, dan masukkan owel setiap malam.... :)

salam balik dari errol ya mas... :D

Terimakasih byk yah dokter =}

Halo dok maaf klo dus kulkas artinya bolongnya dr atas saja ya ?
Klo malam takut kabur ...baiknya saya tutup pake apa ya

Makasij dok

iya. bagian atasnya memang bolong. mas bisa tutup bagian atasnya, dan bolongi sebagian bagian dindingnya seperti pintu....:)

nah masukkin owlnya dari situ, dan bagian dalamnya kasih tangkringan.... :)

Apa owl nya ga kan kabur dr pintu itu dok ?
Klo tiap malam saya masukan ke dlam dus kulkas itu ,mempengaruhi owl jd susah jinak ga dok ?

Owel feed on fist uda bisa ....tp jangkrik harus disodorin ke paruhnya baru dia sambar ...klo diminta jttf ga mau dok ....apa blm waktunya ...?dia uda bisa erbang smp atap lemari 2 meter dok ....
Yg lucunya dok , klo owel saya taruh Di lantai bersama jangkrik ,dia berusha mematuk tp selalu gagal krn jangkrkknya udah kabur lbh cepat tapi owel masi trus mematuk matuk pdh jangkriknya uda lari kemana ....


Trims dok

Oya dok ada yg bilang perlu pake peluit betulkah dok ?

kan boxnya di dalam ruangan mas. dan boxnya dikasih pintu gitu (kardusnya jangan dicoak semuanya, jadi satu bagian jangan dicoak agar bisa difungsikan sebagai pintu). kalau hanya malam saja, gak apa2, yang penting mas sering interaksi dan sering dilatih,,,,,

kalau mau coba JTTF, mas bisa coba pas dia lagi laper. coba latih JTTF. kalau dia gak mau, diamkan 10 menit, kemudian coba lagi. kalau masih gak masih, diamkan lagi 10 menit, kemudian coba lagi. gitu terus sampe dia mau....

hahahahaha. emang gitu mas. dulu errol juga gitu. tikus putih udah lari kemana, dia masih matuk2 aja di situ. hahahaha. gak apa2, nanti juga dia bisa sendiri kok... :D

kalau pake peluit, nanti aja kalau dia sudah agak besar dan sudah terbiasa dengan mas... :)

mau nanya dong bu dokter , saya baru adopsi celepuk , tapi kenapa ya dia kok gak mau makan, tapi dia udah ngeluarin kotoran dan warnanya hitam putih dok
terus setiap mau saya pegang dia selalu deff , kira'' kenapa ya bu dok ter
mohon pencerahannya
terimakasih

sekarang dia ngeluarin suara gak berhenti'' dok

saya justru senang jika owl suka mengeluarkan suara. artinya dia sehat.

udah coba kasih makan sekarang mas? gmn sekarang keadannya?
kalau soal defense, kalo celepuk usia tua emang begitu. harus dilatih untuk menjinakkannya.
silakan baca cara melatih burung hantu... :)

alhamdulillah dok , sekarang sudah mau makan tadi pagi aku kasih mkan di lahapnya 40an ekor jangkrik + minyak ikan di campurinya
saya juga mau tanya tentang ngasih minumnya dok , berapa tetes atau sampai dia gak mau minum ?
terimakasih dok maaf banyak tanya ..
dan maaf aku baru buk webnya u,u

untuk minyak ikan, saya kira cukup sekali ini aja dikasihnya ya mas. gak usah dikasih lagi karena kalau sering2 malah akan mengganggu pencernaan. cara kasih minum sampe dia gak mau minum lagi... :)

sehat terus owlnya. jangan lupa latih ya mas... :)

dok HELP!!!! :(:(:(
baru tadi aku khawatir kok di gak bersuara malam ini , awal sih dia masih diri tegak
dan sekarang pass aku liat tiba tiba dia murung :(
langkah awalku langsung aku masukan ke kardus dok tapi tanpa makanan apakah itu benar ? :(

tetep kasih makan mas. air juga. kalau dia masih mau makan, gak apa2. coba liat artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya....

dok,barn owl saya kan fresh wc sdh d urung d tempat gelap 3hari,saat d keluar kan bo d simpan d perch ,tp terbang mulu kl ada orang datang sm kl d tinggal jg terbang kemana2,trus jg susah mkn maunya d suapin ,Dok,gimana caranya biar si BO anteng d perch,sm mkannya lahap,,?

barn owl dewasa hasil tangkapan liar memang agak susah untuk dijinakkan dan dibikin anteng, mas, meski kalau sabar sebenernya bisa aja.
mas bisa taruh si owl di dalam box kardus yang agak besar. bisa kardus bekas tv atau bekas kulkas, lalu taruh di dalamnya. jangan lupa kasih tangkringan dari kayu di dalamnya. kandang kardus itu mas kasih bolongan-bolongan kecil di dinding2nya, dan mas kasih pintu yang agak besar di salahsatu sisinya dengan cara mencoet kardusnya....
kasih makan dengan cara disuapi. selengkapnya bisa mas baca di artikel cara memelihara barn owl....

salam dari errol dan padma... :)

trus Dok,BO sy bersuara''tuk,,,tuk,,'' sm bersuara seperti angsa bila d deketin,trus membuka sayap nya sperti ingin menyerang.apakah itu hal yg biasa/gk biasa saat manning,,,,,? sy takut kl tiba2 dia strees karena ketakutan.....

iya. suara seperti angsa mau menyerang itu dinamakan hissing.
sabar saja mas, saya juga dulu dapat si errol waktu dia berumur sudah tua, dan waktu itu galaknya ampun2an. saya diserang mulu ama dia. tapi toh sekarang dia jinak sekali dan bisa cari makan sendiri di luar. barusan saya dikasih anak tikus mati ama dia, hehehe. biasa, pamer kalau dia bisa ngasih makan pasangannya si padma... :D
silakan baca artikel cara menjinakkan burung hantu di blog saya ini. cari di bagian cari artikel... :)

permisi ,mw tnya .owl saya mw saya pindah d pepohonan dkt rmh .apakah dy akn kabur ? soalnya saya takut hilang walaupun dy saya adopsi sejak kecil

mhon bantuan nya kk :)

kalau tidak dipasangi angklett, kemungkinan akan kabur.
tergantung juga sih dia udah bonding atau tidak. lebih baik dilatih dulu mas... :D
selama ini latihannya sampe mana? coba mas baca cara melatih burung hantu.. :D

Saya baru punya burhan jenis bay owl dok , trus dikasih makan adik saya sama ayam mentah apa itu g apa dok? Lalu apa perwtannya sama dgn celepuk? Terus dia tidur terus bahkan dimalam hari apa burhanku lg stress y dok?

jangan dikasih makan ayam. kasih jangkrik aja mas.
iya, perawatannya relatif sama dengan celepuk....

tidur terus? makannya gimana? lahap? coba dikasih jangkrik ya mas, jangan dikasih ayam. cek juga artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... bisa dicari di bagian cari artikel....

dok .. kalau burhan buka mulut terus gerak''in bagian bawah mulut nya seperti berkedok ... itu kenapa ya ?

mulutnya mangap2 maksud mas?
kalau mulutnya mangap2 itu tandanya dia kehausan. cek fesesnya. kalau fesesnya warna putih semua, ada kemungkinan memang kehausan.....

Nanya lagi dok.. Skrg sy beri makan burhan sy ( owie namanya) jangkrik n owie mkannya lahap bget. Tp tiap pagi saya nemuin ssa muntahannya yg berwarna hitam. Pa owie saya g papa dok?
Satu lagi berapa lama sampai burhan doktor dekat n patuh sama doktor.. Gmn cara mlatih owie biar mo naik ketangan y dok?!

gak apa2, mas bisa baca artikel burung hantu muntah. :)
makin sering mas berinteraksi ama owie, makin cepat dia mengenal dan patuh kepada mas.... :)

silakan baca cara menjinakkan burung hantu... salam untuk owie dari errol dan padma

gak apa2, mas bisa baca artikel burung hantu muntah. :)
makin sering mas berinteraksi ama owie, makin cepat dia mengenal dan patuh kepada mas.... :)

silakan baca cara menjinakkan burung hantu... salam untuk owie dari errol dan padma

Dok,saya baru saja beli burung hantu jenis barn owl ya mgkn umur 3 blnn,lha kata penjualnya disuruh taruh d kardus dulu untuk adaptasi setelah 2 hari lalu saya pindahakn k perch tapi dia gak mau makan,kenapa dok,semenjak pertama dia datang juga gak mau makan walaupun disuapin,justru kalau makanannya ditinggal dia mau makan,nama bo saya bubu dok,mohon infonya dok ,terima kasih

pernah kasih makan pakan hidup? bayi tikus putih?
mbak bisa cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. sementara ini taruh aja bayi tiput di dekat si owl, lalu tinggalkan... :)

Dok sy bru beli buffy juve tengah .skill 5 meter . kl sy ajak atau bawa pke box kemana" bisa strss gk?

kalau tidak terlalu jauh (kurang dari 15 menit perjalanan), saya kira masih aman asalkan selama dibawa hindari guncangan..
tapi kalau lebih dari itu, lebih baik jangan mas... :)

Bu dokter, burhan saya kepalanya botak, apakah bulu kepalanya bisa tumbuh lagi dok ? Usianya kira2 2 bulanan dan masih ada bulu kapasnya.

kalau masih bulu kapas nanti juga akan tumbul bulu aslinya... :)

gimana ciri2 burung hantu yang usianya masih muda?

silakan baca artikel istilah dalam memelihara burung hantu...

Dok, pemasangan angklet dan tali nya bisa bikin owl stress ga sih? saya abis pasangin angklet, tp kyaknya si owl ga nyaman gitu, takut stress malah knp2 :(

pake pembiasaan. misalnya, minggu ini cukup dipasang selama 15 menit. abis itu lepas. lakukan selama seminggu aja. minggu depan ditambah jadi 25 menit aja. begitu terus menerus hingga dia terbiasa... :)

thanks buat responnya dok. Terus, gpp ya klo selama pembiasaan, dia coba kabur tp gagal krn kaki nya ketahan tali? ga bikin luka kan ya? utk sekarang sih perch nya saya taro di lantai biar aman

gak apa2. gak usah dipegangin talinya, jadi lepas aja gitu. biarin dia terbang kesana kemari pakai tali.... nanti dia terbiasa sendiri. kalau mas tangkringin di tangan, dia diem (gak terbang2)? :)

klo di tangan sih dia diem, sambil liat2 nyari tempat buat nangkring. cuma klo di perch ga mau diem dia T_T. oh iya, ciri2 burhan sehat gimana ya? sama 1 lagi, burhan saya celepuk masih anakan, warnanya putih. jenis celepuk apa ya? celepuk biasanya kan warna abu2 chick nya. saya cari referensi ga ketemu, penasaran gedenya jadi gimana :))

silakan mas cek artkel ciri burung hantu sehat dan artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.
celepuk umumnya berwarna abu2. ada juga celepuk snowy (snowy javan scoop, saya lebih senang menyebutnya begitu) yaitu celepuk berbulu putih. celepuk umumnya hanya berukuran gak lebih dari 10 hingga 15cm... jadi gak bisa lebih tinggi dari itu.. :)

lebih banyak ditangkringkan di tangan mas. agar dia lebih mengenal mas. sering2 kasih makan saat ditaruh di tangan, itu lebih bagus... :)

Dok kalo baru dateng yg dan pada masa karantina di beri daging sapi cincang boleh dok? Soalnya kalo tikus putih susah cri di bali

Dok kalo masa karantina boleh di kasi daging sapi cincang aja gg dok? Trus ngsik makannya gmna pas masa karantina? Di tengokin 4 jam sekali? Soalnya tikus putih susah cri di bali. Salam buat si errol ttep sehat wlafiat

boleh. :)
pastikan daging sapinya bebas bahan kimia ya mas.. :)

Dok tolong saya g tau kenapa owie saya tiba tiba g bisa berdiri seperti biasa.. Karena itu jg dia jd g bs terbang.. Saya raba kakinya terasa dingin dan cakarnya selalu menutup tak mau terbuka. Owie saya kenapa y dok??

Tolong dibalas secepatnya y dok... Tolong sarannya

fesesnya gimana?? selama ini pernah mas kasih jangkrik mati gak? karena kadang ngaruh juga karena bakteri dr jangkrik yang sudah mati (bangkai) tapii tetep dikasihin ke owel.... tetep kasih makan dan kasih minum, kalau belum terlalu parah biasanya akan sembuh. cek juga artikel cara mengobati burung hantu lumpuh.
saya sih lebih menyarankan agar owel dibawa ke dokter hewan secepatnya untuk mendapatkan penanganan....

dok, ini si lyze foto nya, kira2 umur brp ya?

silakan cek jawaban saya... :)

hmm..jawabannya yg mana dok? di artikel yg sbelumnya blom ada jawaban soal umur si lyze ini dok

udah mas. :)
silakan cek di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/makanan-burung-hantu.html?showComment=1432903826213#c7797570523061665830

hmm..entah browser saya yg error atau gimana, jawaban soal umur si lyze ga keliatan dok, post terakhir dr mba dokter yang "bagus kalau begitu. sementara ajarkan saja trik yang ada di artikel cara melatih burung hantu, mas. fokus ke latihan-latihan yang ada di sana. nantinya, secara naluriah burung hantu akan mengenali perch-nya sebagai sarang, jadi tanpa diajari juga dia akan balik lagi...

mas bisa pasang foto si lyze sebagai foto profil mas agar saya bisa mengira2 usianya? saya tunggu"

kmaren jg saya reply di artikel itu, tp ga muncul reply nya

setiap komen, coba mas klik NOTIFY ME / INGATKAN SAYA dulu sebelum publish. :)

Kalau dilepas dari tangkringan, burung hantunya akan balik lagi ya, dok?

tergantung. dia sudah bonding atau nggak dengan pemiliknya. namun biasanya udah bonding pun si burung hantu tetap ada kemungkina escape... jadi ya sebaiknya kalau belum sangat terlatih dan sudah sangat bonding, sebaiknya jangan di lepas gitu aja.. :)

Dok yg jual snowy owl dimana yaa❓

jujur saya tidak tahu. tapi mas bisa gabung ke grup jual beli burung hantu di facebook.
setahu saya sih kalau snowy owl habitatnya di negara 4 musim, mas... :)

jujur saya tidak tahu. tapi mas bisa gabung ke grup jual beli burung hantu di facebook.
setahu saya sih kalau snowy owl habitatnya di negara 4 musim, mas... :)

Burung hantu brancher kira2 berapa bln, dok? Burung hantu brancher sdh bisa diletak di perch?

silakan cek artikel istilah dalam memelihara burung hantu.
kalau burungnya sudah bisa 'nangkring' sendiri di perch, bisa taruh di perch... :)

Bu sy di rumah punya tyto alba
Nah kalo misalkan saya kasih makan ikan atau belut baik atau tidak utk kesehatannya?

kalau secara struktur pencernaan sih sebenernya kurang cocok.
tapi bisa diberikan sesekali aja. gak usah sering2... :)

selengkapnya baca artikel saya ikan sebagai makanan burung hantu

Hi dok.. siang.
aku udah ganti nih dari BWK ke Buffy Fish Owl.
hehehhee eh iya mau sedikit sharing dan tanya tanya.
aku beli buffy baru 2 hari yang lalu, umur Juve awal aku kasih nama tetep owen biar gampang Bonding nya.
ehm, gini ada sedikit masalah nih dok.
aku beli buffy tanpa anjes maklum ada harga 600rb tapi sehat kok.
nah aku taro kamar ku yang pake ac, eh dia terbang kesana kemari aduh pusing aku, akhir nya aku esok hari aku beli angjes nya, eh dia masi pengen terbang ga mau stay di perch,
ini keliatan nya pengen ESCAPE, akhir nya sekarang aku sharing ke temen temen team katanya suruh karangtinain dulu cara nya di masukin dalam kardus 2x kardus minuman mineral ukuran gelas, kasi lubang kardus untuk fentilasi lalu masukin di kardus buffy nya selama 3 hari, di kasih makan pagi 1 emprit malam 4-5 emprit, lalu taruh kardus dalam kamar biar dia sesuain dulu selama 3 hari itu,
menurut dokter langkah saya untuk mengkarantina si buffy salah atau benar?
karena jika saya taruh di dalam kamar sendirian dengan angjes nya dia lompat pengen terbang melulu, aku kasian sama kaki nya.
gimana dok,
kasi tau ya cara yang benar agar dia nyaman di perch nya dan ga terbang terbang ESCAPE.
rencana sih setelah 3 hari baru aku taruh di perch lagi dan setiap hari aku bonding dan aku kasi makan di tangan.
hehehe.. thanks ya dok...

engga ada yang jual di indonesia mas,
anda lebih baik cari di luar negeri find aja di google (snowy owl for sale)
ada kapan hari jual tapi di UK.
harga mata uang EUR.
ya.. kalo di convert in di mata uang IDR sampai 45Jt.
kalo hoby sih gapapa. ehehehe

di karantina sebaiknya di dus yang besar, bekas tv atau bekas kulkas. kalau cuma bekas dus mie instan, malah stress nanti buffynya mas...

kalau ada ruangan kosong, lebih bagus lagi karantina di ruangan itu aja. di gudang juga gak apa2.

Dok mau tanya, kenapa barn owl saya lemas dan seperti burung ingin minum??
Apakah sakit ??

lemasnya seperti apa? matanya sering terpejam? dia tidak mau mengeluarkan suara?
coba lebih dijelaskan lagi mas. :)

FYI, burung yang kehausan biasanya kayak megap2. silakan baca dulu artikel saya burung hantu sering megap-megap. cari di bagian cari artikel..

Lemas dok, mau loncat aja g bisa.
Mata kadang terpejam, untuk feses warna putih kekuningan, tidak mau bersuara.
Udah di coba di paksa kasih makan di kluarin lg dok.

Mohon pencerahan.

biasa dikasih makan apa?
kalo ditilik dari fesesnya sih saya punya tebakan, tapi susah untuk tahu tebakan saya itu benar atau nggak karena saya tidak tahu penyebabnya apa. mendingan mas baca dulu artikel cara mengobati frounce pada burung hantu. cari di bagian cari artikel....

mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin. namun kalau malam ini gak bisa, mas bisa kasih air rebusan daun sirih hanya untuk malam ini aja. besok tetep harus dibawa ke dokter hewan terdekat ya mas. :)

Siang Dok, mau konsultasi dok. Sepertinya ada yg ga beres sama Lyze, mulai dari susah di kasih makan, dan suaranya juga berubah dok. Lyze nya sendiri masih lincah, suka loncat2, mandi juga masih sering. Yang menghawatirkan cuma suara sama nafsu makannya dok. Dilihat dari feses sih sama seperti biasanya

observasi aja selama 4 hingga 7 hari ke depan. kalau lyze ditaruh di luar ruangan, mending pindahkan dulu ke dalam ruangan. cuaca emang lg gak bagus buat burung hantu....

makanan dijaga. kalau bisa, kasih pakan hidup seperti bayi tikus ukuran kecil.. :)

oke dok, thanks for reply.. nanti saya kasih pinkies lagi deh, semoga udh ga takut dia sama tikus

good luck... :)

saya tunggu kabar lyze :)

dok.. saya ada beberapa pertanyaan..
1. kalau pelihara BOP beda spesies itu bisa akur gak?? apalagi kalo gak dipelihara berbarengan sejak awal, takutnya bisa bunuh2an..
2. misalnya pengen pelihara burhan sepasang, atau BOP lain sepasang, bagusnya pelihara yg jantan dulu atau yg betina dulu??
3. kapan waktu BOP utk diikat di perch dan kapan waktu bisa dilepas?? bagusnya perch diletakkan di dalam ruangan atau di luar??
4. di daerah saya masih banyak tikus liar, BOP apa yg cocok utk saya pelihara supaya nantinya bisa hunting tikus liar?? mengingat saya masih pemula..
5. ada niatan pelihara celepuk yg mudah perawatannya, tapi apa besarnya nanti bisa hunting sendiri?
6. utk burhan kalau sering diajak begadang di siang hari (kan nocturnal), misalnya diajak main atau jalan2 keluar, itu ganggu kesehatan dia gak??

maaf kalo pertanyaannya kelewat bnyk.. makasih dok..

hmm..ga berhasil dok, lyze masih takut sama tikus putih, bahkan yg masih pinkies..hahahaha..sepertinya sih emang krn cuaca aja, lyze nya udh mulai normal, tapi makan ga mau di suapin, klo jangkrik taro di tupperware dia mau ngambil sendiri :D

sementara ini biarkan saja dia makan seperti itu (ambil sendiri), namun sesekali tetep pancing pakai pinkies ukuran kecil.... :)

terima kasih. saya coba jawab. :)

1. aman2 aja kok. keluarga saya hampir semuanya pelihara BOP, cuma saya yang fokus ke owl. kadang kalau lebaran kumpul bareng bawa anak asuh masing2. :)
2. sama aja, jantan dan betina sama aja. yang penting latihannya dan manningnya...
3. mending gak usah dipasangi anklett (ikatan kaki) agar dia lebih percaya kepada mas, perch lebih bagus di dalam ruangan. keluarkan perch kalau cuaca lagi bagus aja. :)
4. tergantung cara mas melatihnya. kalau dilatih manja, biasanya malah takut ama tikus, mas. hihihi.
si errol, burung hantu barn owl saya, bisa berburu tikus sendiri. dia bisa cari makan sendiri di alam dan pulang ke perchnya setelah subuh. tapi barn owl cenderung susah buat pemula karena tingkat stressnya tinggi (lihat artikel: jenis burung hantu dan kesulitan memelharanya). kalau pemula, mending celepuk aja dlu, atau oriental bay owl
5. yang terpenting adalah si owl bisa nurut ama mas, bonding, setidaknya jinak ama mas. kalau dia bisa hunting sendiri atau nggak, itu cuma bonus. dulu si belang, celepuk saya, juga bisa hunting sendiri kok... :)
6. bisa diajak jalan2 atau main, tapi jangan terlalu sering. kecuali kalau mereka udah terbiasa dengan keramaian.

Dok, kalo snowy owl tinggal/hidup di iklim tropis kaya negara kita ini bisa bertahan ga....

sejujurnya, saya tidak tahu. namun saya pernah nanya ke kenalan saya yang tinggal di england, bahwa snowy owl tidak bisa bertahan di iklim tropis.... CMIIW... :)

Bu dokter, cara membedakan jnis kelamin burung hantu jenis bubo sumatranus gimana caranya?

silakan baca artikel saya cara membedakan jenis kelamin burung hantu.
cari di bagian cari artikel... :)

Dok, untuk celepuk, biasanya berapa jangka waktu ngeluarin pelletnya ya? Lyze saya perhatiin jarang ngeluarin pellet, seinget saya baru 3 atau 4, padahal udah lbh dari 5 bulan saya adopsi.

gak apa2 kok, mas. berarti sisa makannya dia cerna semua, atau dia tidak kesulitan dalam mencerna sisa makanan. kalau begitu, malah bagus, artinya makanan yang selama ini mas kasih buat lyze udah cocok ke dia.... :)

pertahankan terus mas... :)

Dok maaf mau tanya lg,burhan saya zorro berisik bgt tiap malam umurnya masih brancher tengah,nah tiap malam itu didatang i barn owl yg dewasa dok,kn saya taruh luar tp saya masuk in di hawk box,nah itu yg datang in zorro indukannya apa bukan dok?saya khawatir dibawa aja sama itu BO liar. . .makasih dok sebelumnya. .

Dok maaf mau tanya lg,burhan saya zorro berisik bgt tiap malam umurnya masih brancher tengah,nah tiap malam itu didatang i barn owl yg dewasa dok,kn saya taruh luar tp saya masuk in di hawk box,nah itu yg datang in zorro indukannya apa bukan dok?saya khawatir dibawa aja sama itu BO liar. . .makasih dok sebelumnya. .

oh iya. kalau barn owl masih brancher kadang suka manggil burung hantu lain kalau ditaruh di luar rumah jika malah hari. itu wajar. kalau itu orangtuanya atau bukan, hmm, kecil kemungkinan sih mas...

gak akan dibawa kalau mas pake hawk boxnya rapat (sekira dia gak kabur).... errol juga sering ngajak burung hantu liar ke rumah. kadang dia ngebangunin saya jam setengah 3 pagi (matuk2 hidung saya, ehehe), terus angguk2an kepalanya ke balkon.... di balkon dah ada owl liar yang liatin saya, hehehe.,,,, :)

Iya dok malah kapan hari yg BO liar sempet kena benang layangan di atasa genteng rumah saya,jadi kejebak karena ulahnya sendiri pas saya ambil,tak lepas in benangnya kn saya kasih angjess yg liara dok,si zorro langsung diem gak berisik lagi dok,itu knp yah dok langsung anteng zorronya? . .besok nya eh malah di lepasin yg liar sama kaka saya rencana mau saya jinakin biar bisa ngajari zorro berburu, :( ,tapi itu tiap hari lho dok di datengin. . . apa semua BO liar kalo denger BO brancher mesti datang yah dok?

iya, emang begitu. wajar kok... :)

Oke dok makasih banyak fast respon bgt hari ini wkwkwk. . .

Oh iya dok maaf tanya lagi,misal nih kalo kita lagi handle tp pas sakit flu itu nular gak dok ke BO nya?,tiap minggu saya kasih ,vit b,vit c sama minyak ikan,apa tetep sama aja daya tahan tubuhnya walaupun udah kasih vitamin tambahan

kebetulan emang mas ngasih pertanyaan pas saya lagi online. jadwal jawab pertanyaan saya ada di artikel Go Home, Visitor, Youre Drunk. :D

Oke dok makasih banyak yah buat konsultasinya,oh iya dok mau tanya lagi nih kn zorro saya taruh di hawk box(made sendiri) saat malam,karena takut di bawa bo liar,siang saya lepas in,kira2 hawk boknya tingginya sektar 70cm lebarnya 20cm,panjang 30cm itu gk bahaya ta dok saat dia meregangkan otot dan sayapnya di hawk box?kn tiap bop pasti sesaat butuh mergangkan ototnya(b.jawa nya mulet)saya takut sayapnya turun saat meregangkan otot di hawk box dok. . .

Oke dok makasih banyak yah buat konsultasinya,oh iya dok mau tanya lagi nih kn zorro saya taruh di hawk box(made sendiri) saat malam,karena takut di bawa bo liar,siang saya lepas in,kira2 hawk boknya tingginya sektar 70cm lebarnya 20cm,panjang 30cm itu gk bahaya ta dok saat dia meregangkan otot dan sayapnya di hawk box?kn tiap bop pasti sesaat butuh mergangkan ototnya(b.jawa nya mulet)saya takut sayapnya turun saat meregangkan otot di hawk box dok. . .

si zorro umur berapa mas? kalau masih anakan, gak apa2 kok.

sesekali waktu malam, mas pegang aja. pakein angklett, mas taruh di bahu, kemudian ajak jalan ke keluar sambil elus2 dan ajak ngobrol. karena kadang ngaruh juga buat menjinakkan owl dengan cara seperti itu. si errol aja selalu ngedip kalau saya curhat sama dia... :)

Mbak, kalo ciri2 burhan celepuk buta itu matanya kyk gmana ya? Makasih

coba mas gerak2an tangan mas di dekat matanya.
kalau dia gak respon, kemungkinan buta bisa saja terjadi. perlu di cek dlu sama dokter hewan sebenernya.. :)

emang matanya kenapa mas?

Saya keep dr chick dok kira udah 2bln lebih,kalo dok fira punya hangouts saya kirim gambarnya aja,selama ini gk pernah saya kasih angklet dok pernah saya kasih marah2 zorro di gigit hidung saya dok,angklet juga digigit jadi saya lepas. . .pertama saya ajak jalan2 dia stres dok diem dikerumuni anak2 kecil dirumah,z kyk takut gt. . .

jangan langsung ke tempat yang rame. cukup diberanda aja ngebiasain. kalau dia udah anteng di beranda, (lakukan selama seminggu), baru bisa ajak keluar... :)

Oke dok makasih banyak yah buat konsultasinya. . . :)

Oke dok makasih banyak yah buat konsultasinya. . . :)

sama2. mas bisa kembali lagi kemari jika ada yang mau ditanyakan.. :)

Malam Dok, kapan hari zorro sempat mau dibawa kabur bo liar udah dicengkram,karena berat akhirnya dilepas dok,itu saya curiga indukannya dok,tiap hari di datangi bo liar sepasang,misal kalo saya tangkep(BO liarnya)gitu mau gak dok ngajarin zorro berburu?

Oh iya kemare lusa saya beli clepuk wc masih juve dok,kok pas saya deketin sama zorro,zorro kok malah galak jadi kyk mau bertarung gt dok?kira2 bisa gak dok celpuk saya sama zorro bisa akur?

Oh iya kemare lusa saya beli clepuk wc masih juve dok,kok pas saya deketin sama zorro,zorro kok malah galak jadi kyk mau bertarung gt dok?kira2 bisa gak dok celpuk saya sama zorro bisa akur?

bisa aja. sementara ini pisahin tapi sering2 dideketin. emang kalau burung hantu lama (yang lebih dulu kita pelihara) mereka cenderung suka galak kalau ada burung hantu baru....

harusnya mas jangan beli yang baru dulu mas. zorro aja pelihara dulu.. :)

Iya dok celepuk saya kena tetelo ternyata udah tua bgt lkemarin lusa meninggal :'( ,kata temen saya yg matanya hitam ada merah gelap emang tua. . .celepuk saya kyk gt matanya. . .padahal udah jinak sama zorro udah gk defense juga. . .

kalau kena tetelo emang susah mas. sabar aja. silakan mas baca artikel saya cara mengobati tetelo pada burung hantu...

tapi zorro sehat kan?

dr.Fira, tadi Saya beli T.alba (juve, tp udah agak tinggi dr teman2 juvenya yg lain) di ps.burung jatinegara, Saya sempet butuh waktu lama utk memutuskan jadi beli/tidak, karena Saya trauma dg celepuk Saya yg mati baru Saya adopt 3 hari. Sampe rumah, Saya buka kardusnya & dia lgsg terbang nyari perch (mungkin dia ngerasa bebas), setelah itu lgsg Saya karantina ditempat gelap & Saya kasih anak ayam hidup2 (ragu ngasih burung emprit karena katanya bisa bawa penyakit, dan td Saya tiba2 ga kepikiran sama puyuh), karena Saya pikir selama di ps.burung dia stres cuma di kandang kecil isi 3 T.alba & insting dia sbg predator jd pudar, makanya Saya pancing dg makanan yg hidup (karena pd dasarnya, di alam pun mereka makannya yg hidup kan dok? Hehe), dokter punya masukkan tdk mengenai cerita Saya di atas?
Dan Saya jg mau cerita, celepuk Saya si goodhood sudah semakin pintar (setelah di tinggal mati temennya), terus tadi sama temen Saya di isengin di taroin anak ayam hidup di dpnnya.. tdnya celepuknya lg merem, pas ditaroin itu dia tiba2 melek & goyang2 (meratiin anak ayamnya kaya lg ngeker), trus tiba2 di terkam abis itu di bedarahin sm dia dok.. trus sama dia di makanin (tp sedikit2), pas kepalanya udah ilang, tadinya mau Saya ambil anak ayamnya, tp sama dia di cengkremin muluu kaya ga rela Saya ambil.. menurut dokter gimana?
Terima kasih.

Oiya dok, itu temen Saya iseng naroin ayam hidup di deket celepuk Saya karena dia pikir bakalan di cuekin, soalnya dia taunya makanan chunky burhan kaya celepuk gt ya palingan jangkrik/serangga2 gitu doang (karena kata pedagangnya umurnya msh brancher).. makanya td sempet ga nyangka kalo dia sampe kaya gitu dok...

Maaf dok baru bales,lagi kena musibah kapan hari,iya dok apalagi udah tua,pas saya karantina males makan dok. . .zorro sehat bgt dok malah udah jttf 5m aja sih,iya dok td pagi zorro makan katak dirumah itu gpp ta dok?saya khawatir aja kataknya beracun . . .

kena musibah kenapa mas? :(

mending observasi aja jorro. takutnya kataknya ada bakterinya. yah, jaga2 aja. semoga aja sehat2 aja. dan sebaiknya jangan dikasih katak lagi kecuali mas yakin kataknya bersih... :)

kalau saya baca dari keterangan mas sih masih sehat.
saya seneng mas kasih makan anak ayam ke dia. cuma sebaiknya setelah dikasih makan anak ayam, diobservasi. takutnya kenapa2 nanti. :)


semoga aja sehat terus.

mas bisa infokan saya mengenai warna fesesnya dan bentuknya? saya tunggu ya.. :)

Dokter ngasih pernyataan untuk owl saya yg mana dok? Yg celepuk yaa? Kalo celepuk saya sih alhamdulillah 2 hari ini normal2 aja.. warna fesesnya hitam kecoklat-tuaan, trus bentuk fesesnya ada cair+putih+hitam kecoklat-tuaan gitu dok.. masih sama seperti sblm dikasih anak ayam dok..

Dokter ga ada komentar untuk T.alba saya dok?:(

ya itu untuk keduanya. saya butuh keterangan mengenai fesesnya sebenernya mas, bentuk dan warnanya. feses tyto alba yang sehat biasanya terdiri dari 3 elemen warna: putih susu, bening air, dan kayak lumpur kehitaman/kehijauan.

saya tunggu ya mas. :)

Nah iya dok, feses tyto alba saya kaya yg dokter kasih tauuuuu, yeayyy berarti normal ya dok tyto alba saya? Alhamdulillahhh :))
Oiya dok, semalem tyto saya baru selesai di karantina (sejak sabtu).. nah, selama karantina kan dia saya kasih ayam, trus semalem pas selesai di karantina (sekitar hampir jam 1:30) saya kasih mencit, ehh dia gamau dok... gimana nih dok solusinya?:(

Dok, tytonya jadi gamau makan skrg dok.. dikasih anak ayam lg jg gamau, jd sedih:( biasanya tyto ngeluarin pellet tiap abis makan atau gmn dok? Tp kayanya dia udah pernah ngeluarin pellet.. tp saya jg ragu sihh, soalnya biasa bersihin kandangnya tiap malem, jd agak kurang jelas dok

Dok, fesesnya (di foto profil) skrg jadi gitu dok tytonya:( pelletnya udah keluar. Kenapa ya tytonya dok?

jangan diliatin. kasih anak ayamnya, lalu tinggal. gitu aja. soalnya kalau diliatin kadang dia gak mau makan.

untuk fesesnya, kayaknya ada sedikit bakteri di makanannya. pastikan makanannya bersih ya mas. dan mas kasih minum gak dia sehabis makan? coba kasih minum...

tetep observasi selama 3 atau 4 hari ke depan ya mas. dan kasih saya kabar kalau ada perubahan... :)

Iya dok, td sblm dokter bls, saya udah lepasin anak ayam trus saya tinggal.. dan td saya cek, cuma di makan kepalanya aja dok:(
Anak ayam yg saya kasih msh hidup ko dok, gmn caranya tau anak ayamnya ada bakteri atau ngga? Hari ini sih saya blm kasih minum dok.. mesti rutin tiap hari kah?

Oiya dok, kalo sesama owl (beda jenis) itu ada kemungkinan utk mereka saling "iri" ga sih dok? Karena kayanya celepuk saya agak iri tyto, gara2 dia tau kalo saya nyediain anak ayam&mencit buat tyto, sedangkan buat dia cuma jangkrik, pdhl makanannya celepuk emg jangkrik gitu kan ya dok? Trus dia defense mulu tiap ngeliat tyto dok

mending pisahin aja tyto dan celepuknya mas.
kalau saya boleh saran, mas bisa coba kasih bayi tikus ke celepuknya. kasih bayi tikus berukuran kecil. kalau anak ayam, sebaiknya jangan dikasih hidup2. mas siangi dulu. caranya ada di artikel cara emprit dan puyuh sebagai makanan burung hantu...

kabari saya mengenai fesesnya ya mas... :)

Jd celepuknya defense pas awal2 tyto dirumah, akhirnya dr kmrn2 tyto ditaro di dlm kamar & celepuknya di luar dok.
Dan tadi pagi, tiba2 celepuknya mati dok, saya gatau kenapa, saya bingung:( pdhl dia sblm mati ga kenapa2 dok, dia nurut bgt, fesesnya normal, di mulutnya ga ada sariawan, di badannya ga ada luka, di idungnya ga ada flu, pokoknya ga ada tanda2 kalo dia kenapa2 dok:'( makan normal, dan selalu saya sediain tempat buat dia mandi+minum dideket perchnya, dan saya kasih dia vitamin/minyak ikan seminggu 1x. Pdhl terakhir masih loncat2 & aktif dok, masa bisa tiba2 mati dok?:((( pdhl saya setiap hari googling & nerapin ilmu2 yg saya dpt di internet dok:'(

Iya dok abis pulang main sama temen enak2 nyetir gantiin tmen saya eh diserempet pick up,ringsek deh mobilnya tmen saya,iya feses nya warna orange sok bukan hitam lagi,katak itu keluar dari saluran kamar mandi dok,eh kelihatan sama zorro,diterkam dah. . .saya gak pernah kasih makan zorro katak dok. . .

semaleman di luar???
gak mas masukin kalau malam??

owl rentan hipotermia, mas. mati akibat suhu dingin. bisa jadi karena itu kalau emang semaleman gak mas masukin ke dalam.....

saya turut berduka cita mas.

ilmu diinternet juga sebaiknya dipilah2 dlu mas. ada beberapa yang menyesatkan...

sekarang gimana keadaan zorro, mas... sehat?
infokan saya fesesnya ya... :)

This comment has been removed by the author.

Iya, biasanya juga dia gapapa dok kalo ditaro di luar.. saya mau misahin (tyto & celepuk) gmn lagi dok kalo ga dengan cara yg 1 di dalem & yg 1nya lg di luar:( kalopun saya masukin kamar jg dikamar saya pake ac & dulu sblm ada tyto, celepuknya selalu dikamar, jd masa iya di hipotermia dok?:( dan awal2 dia saya adopt jg saya taro di luar dok, & kondisinya normal2 aja, ga yang aneh2 dianya:(
Saya biasa kalo di internet baca threadnya dr blog dokter, website khusus burung, dan grup pecinta owl/bop di kaskus dok, itu aja sumber ilmu saya mengenai owl.
Terakhir saya baca di website khusus burung mengenai celepuk saya yg mendengkur, disitu blg kalo itu tandanya burung lg nunjukin rasa kepuasannya.. tp tiba2 paginya mati, duhhhh sedih bgt:'(

Sehat dok,kapan hari sempat fesesnya warna orange agak kemerahan,kadang putih polos aja. . . .

kalau kuning atau orange, biasanya ada bakteri di makanannya. cek kebersihan kandang dan pakannya... :)

jangan lupa latih ya mas. artikelnya ada kok di sini. :)

hmm, sebenernya banyak sebab. dan agak susah juga kalau saya tidak bisa melihat owlnya langsung. saya ikut sedih, mas. saya pernah ngerasain kok apa yang mas rasain. seenggaknya mas gak liat dia waktu sekaratnya kan? waktu saya dlu celepuk pertama saya, mati pas lagi saya latih......


sabar ya mas. tinggal si tyto. belajar terus.

jangan nyerah.

kyk nya abis makan katak itu dok jadi kyk gt. . .iya dok udah jttf 10m sekarang,maksih dok buat sarannya. . .

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 264   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.