Cara Mengobati Kucing Hutan Mogok Makan | Drh. Fira Sovica

Seperti yang telah saya ungkap di artikel cara memelihara kucing hutan, kucing hutan memiliki daya tahan tubuh yang lebih rentan dan sistem pencernaan yang lebih 'manja' dibandingkan kucing.

Mengobati kucing hutan yang mogok makan

memang membutuhkan pengetahuan khusus. Kucing blacan amat sangat mudah mogok makan, terutama jika kucing hutan tersebut adalah hasil tangkapan liar. Kucing hutan hasil tangkapan liar sangat rentan stress akibat perubahan makanan, kondisi lingkungan, dan suhu yang berbeda dengan habitat aslinya.
Mengobati Kucing Hutan Mogok Makan
Image taken from bukan.us
Ada beberapa cara menyembuhkan mogok makan pada kucing hutan, namun tidak semuanya efektif. Anda harus mengetahui dulu penyebab kucing hutan mogok makan: apakah karena stress atau karena penyakit. Maka, cara terbaik untuk mengobati kucing blacan yang mogok makan adalah dengan membawanya ke dokter hewan terdekat. Adapun pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati kucing hutan mogok makan karena stres adalah sebagai berikut:
  1. tempatkan kucing hutan yang mogok makan di ruangan sepi bersuhu ruangan, tidak terlalu pengap. biarkan selama 20 menit hingga kucing tersebut tenang.
  2. pancing nafsu makan kucing hutan yang mogok makan dengan menempatkan potongan daging sapi segar dan masih berdarah di mangkuk kecil, dan tinggalkan mangkuk berisi potongan kecil daging tersebut di kandang kucing. biarkan selama 30 hingga 45 menit.
  3. lihat apakah kucing hutan tersebut memakan daging tersebut atau tidak. jika tidak, maka kemungkinan kucing hutan tersebut kemungkinan memang sakit.
Demikian adalah

cara untuk merawat kucing blacan yang mogok makan

. Artikel diatas semoga bisa membantu anda dalam memelihara kucing hutan yang mogok makan. Saran, komentar, dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

164 Responses to "Cara Mengobati Kucing Hutan Mogok Makan"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Dok apabila blacan dr baby dilatih makan cat food kalo udah besar tetep galak gak?
    soalnya takut makan unggas tetangga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya, blacan sangat jarang makan unggas kecuali unggas2 kecil (anak ayam, anak bebek). kalau soal galak, sebenarnya blacan sendiri adalah hewan buas, meski bisa juga dijinakkan. nah, mas bisa coba jinakin, dan dijaga agar dia gak berkeliaran bebas hingga tidak mengganggu unggas tetangga... :D

      Delete
  3. Boleh gak dok kh di kasih ayam rebus non bumbu soalnya saya punya kh umur 4 bulan up dok,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan direbus mas. kasih aja mentah, dicacah kecil2... :)

      Delete
  4. Dok td malam saya d kasih anak kucing sama tetangga,,,,,katanya anak kucing hutan yg d tinggal induknya.
    Sbnrnya saya gak mau pelihara krna beresiko,msh kecil bgt matanya msh merem....tp kalo gak d terima pst kucing itu terlantar,akhrya saya terima dan coba mau merawatnya......

    Dok kalo susunya saya ganti pake air gula itu berbahaya tidak dok?soalnya semalam mau beli susu tp toko dah pada tutup

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan dikasih air gula mas, kasian ntar sistem pencernaannya. minimal susu non laktosa (kayak sgm llm) atau susu khusus anak kucing.....

      semoga kittennya baik2 aja...

      Delete
  5. Pake air gula mencret dok',skrng udah saya kasih susu sgm LLM...

    Untuk 1 kali seduh susunya itu d pake buat berpa kali menyusui kalo pake pipet 3 ml??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja sampe dia tidak mau minum lagi. atau kasih 3 sampe 4 kali pemberian aja setiap 3 sampe 4 jam sekali... memang harus telaten kalau mengurus bayi kucing, apalagi bayi kucing hutan... :)

      Delete
  6. Kalo bayi kh yg sehat bentuk fesesnya seperti apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. warnanya pucat, berbentuk krim (tidak terlalu padat, juga tidak terlalu cair)....

      Delete
  7. Dok akhir akhir ini KH saya gak mau makan, badan lemas, susah buat berdiri, klau di gendong dia suka geram kyak kesakitan gitu di daerah badannya, feses krna mogok makan jd jrang pup, tp feses normal, riwayat sblmnya 3 mnggu yang lalu pernh di gendong trus dia loncat jatuh, mnurut Dokter bisa smbuh sndri gak ya? Mhon bantuan dok, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih takut dia ada cedera di badannya...
      mungkin sementara ini jangan digendong dulu mas. cukup pastikan asupan makanannya bagus. saran saya sih mending bawa ke dokter hewan aja agar lebih jelas dan bisa dicek langsung oleh dokternya...

      Delete
  8. Dok KH nya ssh minum. Trus mulutnya buka ya, nafas nya cepet banget. Gimana itu dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan masih mau?
      fesesnya/tahinya gimana bentuknya?
      susah juga kalau tidak lihat kucing hutannya secara langsung, mbak. lebih baik bawa ke dokter hewan aja agar lebih jelas...

      Delete
  9. Kta DRH yg saya datangin KH saya ototnya atrofi krna gak prnh jalan" d kandang trus, udh di suntik 2x, makan kuat cmn pup nya yg pyah dok sudah berhari hari, kta drh Dsni surh pke dulcolak itu, trus di minum in neurobion dosisi rendah, jadi kira kira neurobion yang gmn ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, boleh juga sih. saya agak kurang setuju sebenernya kalau atrofi, namun mas bisa ikutin dulu sarannya beliau... :)
      neurobion-nya gak dikasih ama dokternya? kalau nggak, mas bisa beli di apotik. kalau ada timbangan, timbang dulu berat kucingnya berapa gram, kasih neurobion dengan dosis 1mg per gram berat badan kucing (misalnya berat kucingnya 10gram, maka dikasih dosis neurobion sebanyak 10mg)... campur ke air sedikit gak apa2, lalu minumkan... :)

      Delete
  10. Neurobion 5rbu dksh gpp dok? Ini dia pupNya Pyah doK, udh d beri microlax cOlok dubur ttp gak pup, pdhal mkannya bnyk dok cmn mnum yg susah. Di surh DRH ksh madu campur air jd KH gx mau mnum dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. didiamkan dulu beberapa saat setelah diberikan microlax....
      kasih air madu juga bisa dengan cara dipipet..

      Delete
  11. Dok KH Tetep Gak mau pup ni. Udh d ksh microlex. Harus gimana dok ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak punya contact dokter hewan yang kemaren? coba check up aja lagi mbak. takutnya emang ada kenapa2...

      Delete
  12. dok kucing saya umurnya 1bln, dia lemes,badan kurus tpi minum susu normal, knapa itu dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? warna dan bentuk fesesnya.
      maaf baru saya balas, saya habis perjalanan dinas ke luar kota.... :)

      Delete
  13. Dok minta bantuanya
    Saya adopt kh sudah 3 hari
    Hari pertama makan lancar
    Hari kedua saya mandikan dan dia mogok makan
    Hari ketiga mau makan hanya 2 potong daging kecil
    Dan sekarang seperti batuk
    Hari pertama pupnya mencret dan sampai sekarang blm pup lagi

    Tolong di bantu dok solusinya
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan masalah ada pada saat mas mandikan dan pemberian daging. boleh saya tahu umur KH-nya berapa? kalau masih dibawah 4 bulan, jangan dimandikan dulu. dan kalau udah dewasa pun sebenernya harus hati2 dalam memandikan kucing hutan, mas. mereka rentan stress karena suhu dingin. mending minta mandikan ke petshop terdekat...

      masalah kedua kemungkinan di daging. mas yakin dagingnya fresh? gak hasil bekuan? kalau fresh (bukan hasil bekuan), mas yakin dagingnya bebas bahan kimia? bersih?

      perkiraan saya sih di dua itu. mending bawa ke dokter hewan aja mas biar lebih jelas... :)

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Dokter saya mau tanya, saya punya kucing hutan umur 5 bulanan awalnya selama 4 hari dirumah baek baek saja makan nya lahap sehari bisa makan 6 kepa ayam tapi tiba tiba di hari ke 5 nafsu makan nya berkurang seperti terasa sakit pas mau makan kepala ayamnya saat aku cek di pipi sebelah kiri agak bengkak, , it kenapa ya dokter apa gusinya terluka yang bikin makan nya gak lahap, ,terus caranya biar nafsu makan nya kembali gimana ya dokter ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan emang ada infeksi di mulutnya. kepala ayamnya gak mas cacah dlu ya? langsung kasih gitu aja?

      harusnya dicacah dlu mas.

      saran saya sih bawa aja ke dokter hewan biar dapet antibiotik. secepatnya.

      Delete
    2. Iya dokter emng gak saya cacah, ,pipinya yg bengka sudah kempes skrng dokter, ,tp skrng prmsalahan nya tetel mogok makan, ,makanan nya gak d sentuh sama sekali, , ,gimana ya dokter penanganannya soalna kucing hutan saya masih semi belum jinak

      Delete
    3. mending bawa aja ke dokter hewan, mas. kemungkinan dia masih infeksi di mulutnya.

      cek fesesnya. mencret atau nggak. saya tunggu kabarnya ya mas...

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Kucing Hutan saya skrng udah lincah lagi dokter n makan nya jg lahap seperti smula, ,mksi atas saran nya dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng bisa bantu. :)
      mas bisa kemari lagi kalau ada yang mau ditanyakan..

      Delete
  18. Dok. KH saya yg cewek gamau makan. Ini sudah minggu ke dua di rumah. Badannya jauh kirus ketimbang si cowok. Padahal udah dikasih daging segar. Dia cuma minum susu, tapi aktif suka manjat2. Umurnya baru 1 bulan, fesesnya padat dan hitam. Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma mau minum susu? gak mau makan daging?
      kalau iya, hmm, agak riskan juga. analisa feses sih kemungkinan ada bakteri. pernah mas kasih daging apa? yakin dagingnya segar dan bebas bahan kimia?

      biasanya KH yang fesesnya kehitaman biasanya ada bakteri makanannya mengandung bahan kimia. mencret juga gak?

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  19. Dok kucing hutan saya panas (demam) cara penanganannya gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya. cara mengobati kucing demam. :)

      Delete
  20. dok KH saya kan cowo cewe dok umut hampir 2 bulan, ini aku rawat karena udah ga ada induk nya sejak 3 hari mereka lahir. masalahnya, yang cowo kan mati dok sepertinya orang sekarat gitu. nah tinggal yang cewenya, selama masih ada yang cowonya dia aktif banget dok, tapi setelah mati yang cewenya jadi pasif Dan sering tidur. minum susu pun cuma dijilat sebentar abis itu ditinggal, padahal udah saya kasih vitamin juga dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan stress karena ditinggal sendiri.
      soal penyakitnya, cek fesesnya. mencret atau nggak.

      saya sarankan sih bawa ke dokter hewan aja biar dicek. kucing hutan umur segitu emang rentan banget, mas... :(

      Delete
  21. Dok muspan saya udah setengah hari belum pup,malah sering kencing,padahak makan nya lancar,itu gimana dok

    ReplyDelete
  22. Bu dokter mohon informasi penanganan kh saya udh 3 ari ini pup ny encer trs nafsu makan berkurang ...kondisi skrng lemes sering tidur trs..saya kasih aer madu..kira" bagus apa tdk dok..tx bu dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih aer madu, mas...
      sayangnya mas gak ngasih tau kh-nya umur berapa. saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan terdekat...

      masalah umum sebenernya, KH mogok makan itu rata2 karena masalah pencernaannya... makanya saya sarankan mending bawa ke dokter hewan terdekat... :)

      Delete
  23. Dok saya baru bli KH 2 hari yang lalu,kata pemilik lama sih di beri makan lele mntah,tpi saya kasih dia mencret,dan sekarang gak mau makan,gmna dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah pernah pelihara KH sebelumnya?
      usia kucing hutannya berapa?

      coba cek fesesnya, apakah mencret?

      kalau saya sarankan, mending bawa ke dokter hewan aja mas biar dicek. agak susah kalau nggak liat kucing hutannya langsung...

      Delete
  24. Dok,recomen susu buat anak kucing hutan dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu khusus anak kucing, itu yang saya rekomendasikan. kalau nggak ada, susu non laktosa kayak sgm llm...

      Delete
  25. Dok, dlu sya pnya blacan sya plihara dr umur 1 minggu. Tiap hri sya kasih mnum susu, bdan.a sehat, lincah, kmanapun sya mlangkah psti dia lari ngikutin. Sya bhkan nyampe tdr skamar sma tu kucing. Tp stlah 1 bln lebih, tiba2 dy susah mkn trus lgsg kejang2, dan mati. Aneh bgt pdhl sblmnya sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kena distemper kayaknya mas. fesesnya mencret sebelum mati ya?
      susunya, mas kasih susu apa? karena bisa jadi juga karena sistem pencernaannya terganggu akibat susu. ya, susu bisa menyebabkan terganggunya sistem pencernaan kucing hutan....

      Delete
  26. siang dokter, sya punya kh umur lebih kurang 2 bulanan (saya temukan dr buka lahan kebun sawit 2 minggu lalu). pertanyaan nya kenapa ya kh ny dr awal sampe sekarang tidak mau minum susu(susu khusus kucing) ya dokter?, saya letakkan susu tdk disentuh sama sekali hanya di endus doank,lalu saya letakkan susu dan daging ayam segar, juga tdk disentuh keduanya. jadi dr awal sampe skrng saya terpaksa pake cara paksa buat dia minum susu dgn cara dibedong dulu dan cekokin pelan pelan susu ny kemulut kh ny. feses nya saya liat normal tdk mencret tapi warnanya agak hitam kecoklatan. aktifitasnya saya lihat juga normal sering maen kejar2an dgn kucing domestik saya yg seumuran dengan kh nya. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas, mas...

      sekarang gimana keadaannya? untuk makannya, mas bisa cacah daging ayam mentah kecil2, terus loloh aja dikit2 ke mulutnya.....

      kabari ya mas...

      Delete
    2. malam dokter,skrng kondisi kitten kh ny sedang sakit kykny.mulai dr tdi pagi jam 7 an. tiba2 menyendiri,sama sekali pasif ngak seperti biasanya aktif , napas nya seperti orang kurang oksigen gitu dokter, terengah2. jalannya juga agak sempoyongan.

      biasanya di spet susu berontak tapi masih mau minum.skrng di spet ngak diminum susunya dibiarin dimulut nya saja ngak ditelan.

      dr td sore sampe skrng blm ada pup nya. kira2 knpa ya dokter?. makasih

      Delete
    3. sudah mati kitten KH nya,dokter. mati dengan kondisi kaki menegang dan mulut terbuka...kira2 penyebabnya apa ya dokter. makasih

      Delete
    4. sebelumnya, saya mohon maaf karena baru balas. dan saya ikut sedih....
      kalau dari ciri yang mas kasih, masalah kayaknya di paru2nya. emang masalah umum anakan kucing hutan yang mati rata2 dari sistem pencernaan atau dari paru2nya. kemungkinan kandangnya yang terlalu dingin atau ada susu/cairan yang masuk ke paru2nya...

      dan emang kucing hutan itu termasuk hewan yang susah dipelihara, apalagi anakannya.... yang udah expert memelihara kucing juga kadang kelimpungan memelihara kucing hutan...

      Delete
  27. dok kh saya umur 2.5bulan baru beli .di tmpat owner lama doyan makan dok tapi setelah di tmpat saya mogok makan ..trus pup nya mencret warna nya kuning ...saran nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah berapa lama pelihara kucingnya? selama di rumah mas, kucingnya belum pernah makan samasekali?

      itu kayaknya karena makanannya gak cocok. coba tanya ke ownernya yang lama, biasa dikasih makan apa. terus mas samakan menu makannya kayak menu makan di owner lamanya dulu.... :)

      Delete
  28. Dokter, aku mau tanya nih.. baru beli kucing hutan umur 1,5 bulan.. dia mencret gitu warna coklat muda... udah dikasih madu plus daging kaleng khusus pencernaan kucing kitten dari science diet.. Aku sih udah tempatin di ruangan gelap.. cuma dia masih gak mau makan semenjak beli.. terus terusan disuapin.. kira2 solusi biar dia makan apa ya dok?? terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo emang dia gak mau makan kecuali kalo disuapi, saya pikir emang mau gak mau harus disuapi, mas. yang penting dia mau makan aja, itu udah syukur.

      bau fesesnya gimana? busuk banget nggak? warnanya? kalo mas nggak keberatan, saya minta foto fesesnya, coba upload aja di postimage.org, terus linknya taro di sini....

      kabari lagi ya mas

      Delete
  29. Assalamualaikum dok, kemarin saya pelihara kucing persia tapi ini saya minat pelihara kh saya kasih makanan seperti persia saya yaitu wet food buatan sendiri (hati ayam+wortel+kuning telur diblander + daging/ikan saya pitong dadu saya jadiin 1) cocok nga untuk kh makanan seperti itu? Biasanya wetfood saya buat untuk 1 minggu simoanya di kulkas biar awet

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum dok, kemarin saya pelihara kucing persia tapi ini saya minat pelihara kh saya kasih makanan seperti persia saya yaitu wet food buatan sendiri (hati ayam+wortel+kuning telur diblander + daging/ikan saya pitong dadu saya jadiin 1) cocok nga untuk kh makanan seperti itu? Biasanya wetfood saya buat untuk 1 minggu simoanya di kulkas biar awet

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau toh emang mau dikasih makanan yang seperti mas/mbak sebutkan, coba beli kh yang emang udah diternakkan sama manusia. jangan beli KH yang tangkapan liar (belinya di pasar hewan), karena kh yang tangkapan liar biasanya belum terbiasa dengan makanan buatan manusia dan lebih menyukai makanan alami yang biasa dia temukan di alam....

      kekurangan dari KH yang udah lama dipelihara manusia adalah harganya, hihihi. lebih mahal dari kh yang tangkapan liar....

      Delete
  31. Sudah beli ngatau sih ini kh ternakan atau apalah, tapi khnya waktu awal pelihara udah semi jinak tapi sekarang udah jinak. saya belum berikan wetfood buatan saya sendiri untuk sementara hati ayam mentah dan w****s wetfood itupun pupnya encer dan warna kuning pucat. Ohh iya dok sebaikan saya berikan makan apa dong? Rencanaya sih saya mau beli ikan/ayam dagingnga dipotong dadu terus dicampurkan sama hati ayam+ kuning telur yang dibelender tapi nda papakan saya buat untuk 3-4hari terus saya simpan dikulkas soalnya tadi sekilah saya baca komen2 yang di atas bilang jangan diberikan makan dari kulkas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jangan kasih makan yang bekuan. boleh beku, tapi didiamkan dulu sampe gak dingin.

      agak riskan sih kalau kucing hutan tangkapan liar. tapi mudah2an sehat kh-nya mas.

      untuk pakannya bagus yang hati ayam campur wetfood...

      Delete
  32. boleh TAPI dengan petunjuk dokter. dengan kata lain, coba konsul dulu sama dokter hewan. karena tergantung kesehatan kucingnya. kalau daya tahan tubuh kucingnya lagi lemah, lalu divaksin, ada kemungkinan mati. makanya harus dicek dulu... :)

    apalagi untuk kucing hutan, yang tergolong sangat rapuh daya tahan tubuhnya.... kalau kucing biasa sih gak masalah, kalau kucing hutan kayaknya kudu dicek dulu sama dokter hewan... :)

    ReplyDelete
  33. Dog.. sya punya KH dewasa liar yg susah mau makan ....pada Hari pertama aku bgi makan daging segar secara suap dan ke esok kan Hari nya aku cuba tnggal kn daging segar nya di dlm sangkar tpi nga mau makan smpai sekrg... Tolong bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi. from malaysia kah? salam :)
      coba beri makan handsfeed (suap) terus. i think it's just stress or something. anda bisa moved cage to silent room agar dia bisa tenang...

      check the feces, it is liquid?

      make sure daging segarnya chemical-free... :)

      salam

      Delete
  34. dok saya baru nemu anak kucing tapi dia ga mau makan, di kasih madu sama kuning telur cuma dijilat terus pergi, ikan juga ga mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak kucing kampung biasa?
      jangan dikasih madu atau kuning telur. coba beli aja makanan kucing yang basah (wetfood)... kasih ke dia...

      Delete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Permisi dok saya mau tanya kh saya udh seminggu gamau makan kondisi badannya bergetar, terus fasesnya cairan hitam baunya seperti air comberan,

    sepertinya dia stres soalnya boleh dikasih sama temen, dan sebelumnya kh itu jinak total sekarang jadi galak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayaknya itu stress.
      ditambah lagi ada infeksi bakteri di sistem pencernaannya. bisa jadi juga dehidrasi. mas kasih susu ya?
      mending saya sarankan segera bawa ke dokter hewan terdekat biar ditangani langsung, mas... :(

      Delete
  37. Dok KH saya ga mau makan . Malah doyan tidur. Sekali bangun dia cuman main2 guling2 kaya biasa ny . Pertanyaan nya knpa susah bngt mkan ya dok . Misalkan klo di siapin paksa pke daging ayam gapapa kah dok? Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih makan makanan kucing wetfood wishkash, dia mau makan nggak? jangan dipaksain, takutnya malah stress...


      selain itu, mas bisa kasih cacahan daging emprit mentah. coba aja. :)

      Delete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Maaf dok saya mau nnya saya punya Kh umur 3bulan 3minggu yg lalu sakit berliur trus lengket + bau sama tlapaknya pada ngolontok pupnya normal.. sekarang uda agak mendingan..tp Sekarang malah sering pup sama pipis pupnya mencrit warnaya kuning moca itu knp y dok apa efek dari abis sakit kemaren?? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu ya? jangan dikasih susu.
      untuk makanan, mas bisa baca artikel saya MAKANAN KUCING HUTAN.

      selebihnya, jaga kebersihan kandang.

      mas bisa kirim gambar fesesnya kemari? silakan baca kolom PERHATIAN... :)

      Delete
  40. Bingung cara kirim foto pupnya dok..ini ja budokter cara menanggulangi KH kena calicivirus gmn ..dibeliin obat apa.. ??maksh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara kirim gambar udah ada di kolom perhatian..

      untuk penanganan calicivirus mending segera dibawa ke dokter hewan, mas. harus diliat sama dokter hewan langsung.

      emang mas yakin kena calicivirus? kalau emang yakin, bawa aja langsung ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  41. Sepertinya iya bu berliur lengket dan bau trus tlapak2nya nglontok..uda 3 mingguan sekrang agak mendingan berliurnya tp pupnya mlah mencrit td pagi mlah punya ada darahnya dikit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang yakin kena calicivirus, mending segera bawa ke dokter hewan, mas. udah dibawa ke dokter hewan, kan?

      Delete
  42. Dokter tolong bantu gimana rawat Makar usia 2-3 bulanan perut kembung dan feses mencret berbau khas? Soalnya dikasih susu bayi sama orang tua jadi mencret dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. makar maksudnya musang akar?
      maaf karena baru balas.
      stop susunya, dan coba kasih air kelapa sehari 2x.
      kasih makan kayak biasa...

      Delete
  43. Mpm dok, sy br 4 hr pny kh.. selama itu sy kasi makan daging ayam yg di bekukan... sblm di kasih makan sy rendem dl pakeair panas.. pas hari ke 4 makan nya cm sedikit knp ya.? Apa karena daging ayam nya kelamaan di freezer ya...?
    Akhir nya sy coba kasih banyak ikan lele, mkn nya sdkt jg... malah skrg pup nya mencret warna agak coklat...
    Kira2 knp ya, apa pengaruh dr makan lele td ya dok..?
    Klo misal sy kasi obat buat manusia pengaruh ga dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dagingnya yang abis dikeluakan dari freezer kenapa mas harus rendem pake air panas? pake air biasa aja, jangan pake air panas. biar gak merubah tekstur dagingnya...

      coba kasih makan daging puyuh atau daging emprit, mas. cacah dulu kecil2.

      Delete
  44. Dok, KH saya umuran 2 bulan pupnya hitam dan cair di kasih makan malah dia gak mau makan.
    Ini kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  45. Dok, sudah seminggu saya pelihara kh, dpt di blkang rumah, umurnya skitar 1,5 bulan. Dia gak mau makan apapun, daging segar atau wishkas jg gak mau cuma mau minum susu aja, selama seminggu di saya dia blm ada pup, cuma kencing aja. Kh lincah dok tapi kurus, gimana tu dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih daging emprit yang dicacah aja mas.
      kasih makannya dengan cara taro di kandangnya aja, terus tinggalin.

      Delete
  46. Dok kenapa ya KH saya kencing secara terus menerus,setelah kencing dia suka menyeret dubur nya ke lantai dok,nafsu makannya merosot

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan, mas. sesegera mungkin.

      biasa dikasih makan apa?
      umur KHnya berapa?

      Delete
    2. Kh gua pun begitu juga dok

      Delete
  47. dok sy punya kh umur 3 bln, d pemilik sebelumnya biasa dkasih makan lele mentah,
    setelah pndah k saya tetep saya kasih lele mentah yg sebelumnya sudah saya bersihkan dg air hangat dan potong kecil2.
    awalnya gpp dok,
    poop lancar & normal.
    tp setelah 2 hari kemudian poopnya jd lembek dan berdarah serta aroma yg menyengat sekali.
    kira2 knp y dok??

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Kh saya gak mau makan tapi sama susu ananda dia masih mau minum saya watir dok klw dia gk mau makan gitu kaya aku kewatir sama kmu dok

    ReplyDelete
  50. Dok mau tanya cara membuat Kh minum sendiri itu gimana soalnya bukan di minum tapi di kobok air nya dok terus cara membuat daya tahan tubuhnya nya baik di kasih apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. taro aja airnya di kandang. bisa juga dikasih di botol minum hamster....

      kalo buat kucing hutan, agak riskan sih kasih obatnya. tapi kalo saya, biasanya kasih multivitamin buat kucing, nutriplus gel...

      Delete
  51. Dok mau tanya kh saya mogok makan, biasanya saya kasih daging lahap banget sekarang cuma diendus doang , kh saya umurnya 2,5 bulan makasih dok 2 hari ini juga belum pup

    ReplyDelete
  52. dok apakah kh juga bisa terjangkit virus texoplasma ya?
    kalo bisa trus bagaimana pencegahanya soalnya kan dia pemakan dahing mentah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. toksoplasma bukan karena virus, mas. jadi makanan tidak berpengaruh sama tokso. dan semua hewan berdarah panas bisa terjangkit tokso. gak cuma kucing aja.

      Delete
  53. Dok,kh saya tidak mau makan sama sekali? Gimana cara biar dia bisa makan ya, dia cuma mau minum susu aja dari induk persia

    ReplyDelete
  54. Sekarang induk persia nya lg kena mencret. Umur kh saya sekitar 2 bln lebih.

    ReplyDelete
  55. Dok mohon bls secepat nya kalau sdh online

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, sementara kasih minum susu dari induk persia aja mas.

      atau coba aja kasih wetfood (makanan kucing basah) yang khusus kitten...

      Delete
  56. Gak mau juga dok udah di kasih wiskash dan canin royal tetap gak mau. Skrg malah gak mau nyusu sama sekali.. ini di paksa aja tegokin ke mulut nya pake susu kitten. Udah beli nafsu mkn juga nutrigel tetap gak mau mkn. Kalo dlu mau mkn wiskash, gak lama beberapa menit baby kh nya jd muntah...

    ReplyDelete
  57. Bu dokter kh saya umur 5 bln lebih, betina, makan lancar ceker ayam direbus, uda 2 bln dirumah saya, 2 hari terakhir lemas, jalan sempoyongan, makan ga banyak lg,bawaannya pingin tidur terus,mohon saran nya diberi obat apa ya,biar normal kembali, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan sesegera mungkin.
      saya khawatir kena distemper.... :(

      Delete
  58. dok saya punya kh umur kisaran 2 bulan sebelumnya sehat2 aja terus 2 hari ini sering bersin bersin keluar susu dr hidungnya terus tiba2 badannya lemes tidur terus dan nafasnya lemah gitu, solusinya gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan sesegera mungkin... saya takutnya kena distemper....

      Delete
  59. dok saya punya KH biasanya makannya saya kasih wiskash mau tetapi jika saya pegang makananx kucingnya barking apakah itu normal dok
    apakah kucing 3.5bln boleh dimandikan dok,untuk makanannya apakah boleh saya kasih campuran nasi+wiskash dan minumannya air dan madu apa di perbolehkan mohon solusinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dimandikan dulu. lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat.

      dan makanannya jangan dikcampur nasi. kasih wishkash aja, kalo bisa campur dengan cacahan daging ayam mentah....

      air minumnya jangan pake air madu. air mineral aja.

      ingetm, pencernaan kucing hutan sangat rentan... nggak boleh salah dikit, biasanya langsung sakit...

      Delete
    2. kalau vitamin untuk KH yang di rekomedasikan apa saja ya dok

      saya kasih Whiska Pouch Tuna dok apa perlu di campur daging juga pinginnya KH bisa gendut dok

      saya coba beli makanan model pelet tetapi tidak mau
      apakah harus Whiska Pouch Tuna saja dok

      terima kasih atas infonya dok

      Delete
    3. sistem pencernaan kucing hutan sangat rentan. bahkan mereka cenderung rentan mati kalau penanganannya salah. udah saya bahas di artikel hewan peliharaan gampang mati...

      yang paling penting adalah kucing hutannya sehat. itu udah cukup. kalo soal gemuk, saya kira itu bisa nanti. lagian, kasian juga mas kalo kucing gemuk. rentan kena penyakit jantung.... :(

      sekarang gimana KH-nya mas?

      Delete
  60. Alhamdulillah dok, KH sehat

    saya kasih selingan makanan biar gg bosen

    td pagi sempat gg mau makan tp saya coba jemur di matahari waktu pagi sekarang alhamdulillah mau makan lg

    untuk pup warnax coklat muda gg padet2 amat apakah normal dok

    maaf sering banyak tanya dok terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok. selama fesesnya gak mencret banget, saya kira dia masih sehat... :)

      Delete
  61. Dok, mau tanya kalau KH udah 2 hari gk mau pup bagaimana ya? Makannya sih mash lahap gitu saya kasih hati mentah tp selang seling dengan hati dikukus tp gk full matang

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba observasi sehari lagi, sambil cari2 info dokter hewan deket situ, mas.... mudah2an sore ini bisa pup... :)

      Delete
  62. Assalamu'alaikum dok saya mau nanya kh saya dlu pernah mencret lalu saya kasih air madu lalu sembuh nah udh 3 hari ini kh saya mogok mkn trs mencret lgi udh di pancing pake daging segar ttp gk mkn umur kh saya kira kira 2bln gimn ya dok solusinya di sini juga jauh dari dokter hewan dok gmn ya pup nya warna coklat tdi hampir ke kuning kuningan gitu dok kh saya udh jarang main cuman tdr sama minum aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa?
      yang pasti dia lagi sakit. entah apa. fesesnya mencret? mbak kasih susu ya? jangan dikasih susu....

      coba kasih makan wetfood (makanan kucing yang basah), beli aja di toko makanan kucing....

      emang sih kucing hutan, apalagi yang anakan, masih sangat rentan mati. udah saya bahas di artikel: hewan peliharaan gampang mati

      Delete
  63. Makan nya pake kepala ayam rebus tapi di bubukin di camput nasi waktu di kasih itu gk knpa knpa waktu di ganti sampa kulit nya aja campur nasi pertama nya gk pp lalu mencret dan gk mau mkan... Saya gk kasih susu soal nya udh gk mau dot apa karna ganti pakan pake kulit jdi seperti itu? Tdi pagi sma saya di kasih ati ayam di mkn sedikit tpi muntah lalu barusan di kasih ikan mentah di mkn gk muntah dia main lagi tpi gk terlalu lincah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana kucing hutannya mbak? maaf karena baru balas.
      sekarang gimana keadaan kucingnya, mbak?
      hati2, karena sekarang ini banyak hewan sakit karena perubahan cuaca... mending pindahkan kandangnya ke dalam rumah dulu...

      Delete
  64. Maaf Dok... kh saya umur 3 bulan, waktu itu (5 hari lalu) sedang asyik main tiba tiba kayak ketakutan sesuatu gitu trus mndadak galak trus jalannya merangkak ga bisa berdiri normal sampai sekarang.. Makan lahap pup normal... Kira kira kenapa ya dok... Apa bisa sembuh ??? D tmpat sy ga ada dr hewan... Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 kemungkinan, pertama kurang vitamin b1, kedua distemper. saya lebih condong ke kurang b1 sih. coba mas beli vitamin IPI b1 di apotik. terus timbang kucingnya berapa gram. kasih vitamin b1 dengan dosis 1mg per gram berat badan kucing.

      kalau emang bingung, saya sarankan usahakan cari dokter hewan aja mas. mas tinggal dimana?

      Delete
  65. Assalamualaikum Dok,KH saya ga mau makan knp ya?Umur sktr 2 bln,pupnya normal tp shari cuma skali pdhl biasanya 2x,saya kasi daging rebus kek biasanya tp ga mau.minta saranya dok 😊 takutya telat penanganan ntar knp"

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba jangan dikasih daging rebus. kasih daging puyuh mentah yang dicacah aja.

      fesesnya mencret nggak?

      Delete
  66. Dok saya kan punya kh sepasang nah yg betina ko makannya rada susah ya saya kasih ati pas pagi mau tp pas malem ko gamau ya padahal yg cowo mau, terus yg betina ini minum terus dok kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang betina fesesnya gimana? mencret nggak?
      usia KH-nya berapa mas?

      yang betina kasih minum air kelapa muda coba. pagi dan sore. bisa pake pipet langsung ke mulutnya, atau kalau dia mau minum sendiri, taro aja di kandangnya...

      cek fesesnya ya mbak

      Delete
  67. Fesesnya agak lembek tp ga terlalu mencret sih, terus dia jg semangat aja ga lemes dok terus mulutnya pas nyoba makan kaya mangap mangap gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang dia masih mau makan, nggak apa-apa. observasi aja dulu. perhatikan terus fesesnya karena cara termudah mendeteksi KH sakit atau nggak ya dari fesesnya, mencret atau nggak...
      kalau soal nafsu makan, KH umur segitu emang nafsu makannya naik turun, jadi masih bisa dikatakan wajar.... pastikan makanannya bebas bahan kimia ya mas. dan jaga kebersihannya, kandang, makanan dan kucingnya... :)

      kabari terus

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  68. Dok gmn ya skrng yg jantan malah lemes gamau makan dan mencret gtu kaya diare mungkin soalnya pantatnya basah gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak riskan, saya takut kena distemper dia. :(

      yang betina gimana? jangan disatuin. sementara pisahin dulu.

      kalau bisa sih mas bawa ke dokter hewan aja. emang kalo kucing hutan sistem pencernaannya rapuh...

      makanannya gak berubah kan? gak diubah makanannya?

      Delete
    2. Kucingnya sudah mati dok sekarang tinggal yg betina kayanya sih emng kena distemper biar yg betina ga kena gimana ya dok soalnya saya takut kehilangan lg

      Delete
    3. kalo emang mbak khawatir, mending divaksin aja mbak... :)

      Delete
  69. Dok, saya baru piara KH ni, dapat dari orang kampung saya, kurus kering karena gak tetawat, umur mungkin skitar 1,5 bulan,
    Dikasih minum susu khusus kucing malah muntah muntah, knapa ya?
    fasesnya hitam tapi gak mencret.
    Kondisinya kayak lemah banget gitu,
    Gmana penanganannya ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa alternatif makanan. coba kasih cacahan daging puyuh. selain itu, bisa coba wetfood (makanan kucing yang basah).

      fesesnya mencret? kalau emang udah parah banget, bawa ke dokter hewan aja mas.

      Delete
  70. KH saya mencret, muntah dan gamau makan. Solusinya gimana ini dok?
    Mohon pencerahannya dok, plissss🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau KH-nya masih anakan, mending segera bawa ke dokter hewan aja mas... saya nggak berani handle karena nggak bisa liat KH-nya dulu....

      biasa dikasih makan apa? coba kasih makan daging puyuh mentah yang dicacah...

      Delete
  71. Saya biasa kasih makan pala ayam yang udah direbus dok...biaya buat ke dokter hewan kira2 mahal engga dok?
    Kondisi keuangan juga lagi seret juga 😞

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kasih air kelapa muda, mas.
      saya nggak jamin sih sembuh, tapi coba aja.

      dan coba kasih makan wetfood aja. makanan kucing basah.

      Delete
  72. Saya udah coba pake air kelapa muda dicampur kuning telur, tapi tete si kucing ga mau makan. Ini udah mau hari ke tiga dok...makan kucing basah itu apa dok?
    Minta sarannya untuk makanan kucing basah. Makasih sebelumnya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. wetfood. biasanya kan makanan kucing itu kering, nah ini mas cari aja yang basah. ada kok.

      air kelapa aja mas, jangan pake kuning telur.

      Delete
  73. Baik dok. Terimakasih ilmunya 🙏

    ReplyDelete
  74. Alhamdulillah dok kucing saya nafsu makannya kembali, udah ga muntah dan pup nya udah normal. Terimakasih ilmunya, dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, saya ikut senang dengernya! :)
      kabari terus ya mbak... :D

      Delete
  75. Dok sya ada kh umur 2blan stengah ,kmeren pagi msih lancar mkan ,stlah itu stok mkan nya habis mau bli tpi udh tutp,jdi sya tes ksi mkan tempe mau mkan sikit2 untk ganjl lpar nya,esok pagi nya bru sya ksi mkan daging lgi,tpi pas subuh nya dia muntah2 dan feses nya agak mencret gtuu,suka menyendiri gtu,nabsu mkan nya berkrang juga itu knpa ya dok🙏

    ReplyDelete
  76. dok..gmn caranya agar kh saya bisa makan lancar? usia lebih kuran sebulan awalnya dia mau minum susu cair indomilk abis itu saya ganti dgn susu khusus kucing trus dia gak mau minum lagi trus saya tuker sm susu cair indomilk tp ttp gak mau juga..trus utk makanannya slalu saya sajikan ikan laut yg fres yg sudah saya rebus terlebih dahulu tp ttp aja gak mau makan...pernah juga sih saya kasih daging fresh ttp gak mau makan, kira2 solusinya gmn ya dok?

    ReplyDelete
  77. Dok saya mau minta saran nya. Aku punya KH umur -+2 bln . Kmaren makan nya lahap tapi tadi siang dia tdk mau makan minum susu pun cuma dikit . Sekarang KH nya agak kurusan dan gk begitu aktif.

    ReplyDelete
  78. Dok saya ini baru memelihara KH . saya baru beli dari orang katanya umur 8 bulan. Nah ini saya sudah beri makan daging lele selama 3x sehari terus kenapa kh saya ini kok tidak mengeluarkan pup nya ya dok? Ini solusinya gmn dok?

    ReplyDelete
  79. Salam dok, saya ini punya kaha hampir 3 bulan usinya, sejauh ini makanannya saya ganti ganti, daging ayam, daging sapi, hati ayam hati sapi, itu saya ganti ganti, saya baca diatas kalau kotorannya warna hitam itu kemungkinan ada bakteri dok, nah kh saya dari awal kotorannya hitam, padat, tapi makan lancar dan buang kotoran juga lancar dok

    ReplyDelete
  80. dok mau tanya kalo Feses KH bentuk Padet terus warnanya coklat tua banget apakah bisa dikatakan sehat??

    ReplyDelete
  81. dok saya baru 2 hari memelihara kh berumur 2 bulanan dia dateng waktu sore malamnya dikasi makan ikan nila dia gak mau lalu besok pagi saya belikan lele karna pemilik sebelumnya menyarankan lele akhirnya dia makan tapi cuma sedikit tapi fasesnya keluar dan waktu malam sebelum makan dia sempat muntah dok
    apa makanan yg cocok biar kh saya mau makan?

    ReplyDelete
  82. siang dok, kh sy baru di adopt sekitar 4harian. di owner sebelumnya si kh mau makan susu+daging ayam/belut, nah di sy itu kh mogok makan dok, di spetin apapun gamau. tp aktif main sama kucing persia sy yg seumuran. minta saran nya dok? terimakasih

    ReplyDelete
  83. 2 hari lalu saya baru beli 2 anak kucing hutan, mungkin usianya masih dibawah 5 bulan karena badannya masih kecil walalupun sudah bisa jalan lompat di dalam kandang tingkat 2. apakah usia segitu boleh dikasi whiskas lembek/padat untuk kucing usia 2-12 bulan? trus kalo dikasih daging ayam, direbus atau mentah saja? katanya pelan2 dikasih yang matang biar ga terlalu liar lagi. benarkah itu? informasi yang saya dapat simpang siur jadi takut. takut kalo mati karena katanya kalo masih kecil gitu rentan mati. Mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
  84. Mlm dok......
    Saya ada kh kira2 umur 1blan stengah.....sehari2 sya ksih mkn wishkas basah.....sudah 2 hri ini mknnya gx selahap sebelum nya.mkn cuma sdkit2....dan untuk kotoran nya agak berair....jdi skrng agak kurusan.minta solusi dong dok

    ReplyDelete
  85. dok mohon bantuannya,kh saya mogok makan dari kemarin, padahal sebelumnya makan lahap,saya panik banget,mana dokter hewan jauh lagi,saya takut kh kesayangan ku mati.gimana cara nanganinya dok. tolong

    ReplyDelete
  86. SIANG DOK DOK SAYA PUNYA ANAK KUCING HUTAN UMUR 2 BULAN UDAH 2 HARI INI MAKANYA JELEK SAMA MENCRET BIASANYA CERIA MAKAN MAGUS SEKARNG MURUNG TIDUR TERUS MAKAN PALING PAGI DOANK OBATNYA APA YA DOK BUAT MENCRET SAMA BIAR MAKANYA LAHAP LAGI MAKASIH

    ReplyDelete
  87. Dok minta saran kh saya sakit . Umur nya 15 hari. Saya kasih makan sgm llm. Klo vitamin arternatif herbal di kasih apa. Saya punya 4 mati satu

    ReplyDelete
  88. Dok bagaimana cara mengatasi kucing hutan mogok mkan usia KH 8 blan

    ReplyDelete
  89. Hallo dok saya mau tanya
    KH punya saya berumur 4 bulan sudah hampir 3 hari tidak mau makan sama sekali
    Terakhir pupnya warna hitam padat
    Kenapa ya dok kira"
    Saya takut kenapa"kasihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. aktif bergerak atau diam aja?
      mas kasih susu nggak?

      fesesnya keras nggak? kalau keras, dan bentuknya bulat2 kayak eek kambing, mungkin dia sembelit..

      agak susah juga untuk mengeceknya, karena saya tidak liat kucingnya langsung.tapi coba mas kasih minum..

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.