Tuesday, March 25, 2014

Jenis Makanan untuk Musang Pandan | Drh. Fira Sovica

Artikel kali ini membahas

jenis makanan musang pandan

peliharaan anda. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya memelihara musang. Perlu anda ketahui bahwa musang pandan yang masih bayi atau musang pandan anakan memiliki jenis makanan yang berbeda dengan musang pandan dewasa. Selain musang pandan, anda juga bisa membaca mengenai cara memelihara musang rase.
Jenis Makanan untuk Musang Pandan
Musang bulan sedang makan
Dan berikut adalah jenis makanan terbaik untuk musang pandan peliharaan anda.
  • Makanan untuk bayi musang pandan (umur 0 hingga 2 bulan)
  • Musang pandan yang masih bayi sangat tidak dianjurkan dipelihara oleh orang yang masih pemula dalam memelihara musang. Ini karena musang yang masih bayi sangat rentan cacat karena kurang gizi dan sangat rentan mati karena kedinginan. Cara memelihara musang yang masih bayi bisa dibaca di cara memelihara musang yang masih merem. Makanan terbaik untuk musang yang masih bayi adalah susu non laktosa, bubur bayi sebagai makanan utama, dan sesekali diberi buah yang diblender. Anda juga bisa memberikan asupan makanan tambahan berupa suplemen makanan seperti scott emulsion. Bila si bayi musang belum bisa makan sendiri, maka mau tak mau anda harus memberikan makanan tersebut dengan cara disepet (dimasukkan ke dalam mulutnya dengan menggunakan pipet). Perlu anda perhatikan bahwa bayi musang sangat rentan cacat akibat kekurangan gizi. Bayi musang sangat rentan kekurangan kalsium yang menyebabkan bayi musang menjadi lumpuh atau pincang. Maka dari itu, selalu cukupi asupan setiap zat gizi untuk bayi musang anda, terutama asupan kalsium yang bisa dipenuhi dengan memberikan scott emulsion dan suplemen kalsium khusus kucing yang bisa dibeli di toko perlengkapan kucing.
  • Makanan untuk anak musang pandan (umur 2 hingga 4 bulan)
  • Makanan terbaik untuk musang berumur 2 hingga 4 bulan adalah makanan yang tinggi protein dan cukup serat. Anda bisa memberikan bubur bayi kental untuk anak musang yang baru belajar makan sendiri dan nasi campur kecap untuk anak musang yang sudah bisa makan sendiri. Kepala ayam rebus juga bisa diberikan tiap seminggu sekali dan buah-buahan seperti pisang dan pepaya bisa diberikan dua kali seminggu. Asupan nutrisi untuk anak musang pandan juga bisa dilengkapkan dengan memberikan suplemen vitamin seperti scott emulsion dan asupan suplemen kalsium untuk kucing.
  • Makanan untuk musang pandan dewasa (umur 5 bulan keatas)
  • Makanan untuk musang pandan dewasa pernah diulas dalam artikel terdahulu tepatnya di artikel cara memelihara musang pandan. Secara garis besar, musang pandan adalah hewan omnivora. Di habitat aslinya, hewan ini tidak melulu makan daging namun sesekali hewan inipun memakan buah-buahan matang. Penulis sendiri lebih memilih memberikan buah-buahan sebagai makanan utama (dari selasa hingga jumat) sambil sesekali diberi kepala ayam rebus (sabtu) dan nasi + kecap (minggu dan senin). Dengan pemberian diet yang terjadwal di atas, musang peliharaan penulis lebih sehat dan lebih tahan penyakit.

Demikian adalah

jenis makanan untuk musang

peliharaan. Penulis terbuka untuk saran dari pembaca sekalian mengenai makanan yang diberikan para pembaca untuk musang peliharaan masing-masing. Pembaca bisa share tentang makanan untuk musang pandan pembaca di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

533 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 533   Newer›   Newest»

Artikel bagus. Salam kenal, dok... :)

bagaimana cara supaya musang gak gigitin jari tangan?

silakan baca artikel tentang cara menjinakkan musang pandan di blog ini, tepatnya di artikel cara cepat menjinakkan musang.

namun sebenarnya wajar2 saja musang gigit2 kecil jari atau jari kaki anda mas.... itu memang sudah instingnya. :)

Dalam satu hari biasanya berapa kali musangnya diberi makan? Tq

kalo musang dewasa, 3 kali sehari. pagi siang dan malam.

This comment has been removed by the author.

Saya punya musang pandan dua ekor,kemungkinan keduanya betina. Umur pastinya saya kurang tahu, mata sudah membuka lebar tapi jalan masih agak sempoyongan. Saya coba handfeed dengan alat suntik dan bubur susu (seperti di youtube) kenapa nggak mau ya? Selama ini makannya cuman mau pisang yang dilumat halus ditaruh di wadah pakan. Saya takutnya jika sudah besar nanti nggak akan bisa bonding sama saya...solusinya dok?
Terima kasih sebelumnya

masih kecil sepertinya, umur satu bulanan atau satu bulan setengah, kalau menurut deskripsi mas. :)
saran saya, tetap berikan pisang yang agak dihaluskan (haluskan kasar) lalu coba berikan pakai tangan. lakukan terus menerus dan sesering mungkin. pasti dia akan bonding. oh ya, beri nama, sering2 dipanggil pakai nama itu agar dia tahu "penanda"nya apa hingga saat mas panggil penandanya, dia akan mendekat. latih juga dia pup (berak) di toilet. caranya bisa mas baca di melatih musang buang air di toilet. sila search di menu cari artikel diatas... :)

Terima kasih masukannya dok, tulisan mengenai musang pandan banyak membantu saya..Masalah memberi nama, saya kesulitan membedakan satu dengan lainnya. Mungkin ada masukan mengenai cara membedakan satu sama lainnya, mungkin juga ada masukan mengenai namanya?
Terima kasih sebelumnya

maksudnya membedakan satu sama lainnya? antara jantan dan betina, maksudnya?
Cara Membedakan Jenis Kelamin Musang bisa mas search di menu di atas..

Sebaiknya kalau musang jinak yg baru pindah owner itu sebaiknya free room or di kandangin aja ya dok?

kandangin aja, taruh di ruangan sepi dlu biar adaptasi dlu... :)

Assalam... Alhamdulillah... artikel2 d sini bnyk membantu saya... terima kasih...

Saya suka bertanya... untk bayi musang berusia 2 bulan bolehkah saya berikan bubur bayi? Berapa kali dlm 1 hari? Berkenaan susu pula... saya menggunakn botol tuk haiwan... brp kali susuan dan brp bnyk ukuran air da berapa ukuran susu sepatutnya... terima kasih sekali lagi... salam hormat dari Malaysia

Kalau pertolongan untuk musang yg kaki belakangnya pincang gmn ya dok :(

salam dari saya. senang akhirnya ada juga pembaca dari malaysia. :)
untuk bubur bayi, bisa diberikan jika tidak ada gejala awal katarak pada musang. Untuk itu, sila search cara mengobati katarak pada musang.
untuk susu, bisa diberikan jenis susu non lactosa. berikan hanya sebagai makanan selingan, cukup satu kali sehari. jika paginya diberi bubur bayi, siang hari bisa diberikan susu. sore dan malam kembali diberi bubur bayi. pemberian bubur bayi juga hendaknya diberikan di dalam tempat makan kecil, bisa menggunakan wadah kecil. biarkan si musang belajar makan sendiri jika dia mampu makan sendiri. jika belum mampu, maka mau tidak mau anda harus memberikannya secara disuapi atau menggunakan botol... :)

saya tunggu kabar selanjutnya.... oh ya, jangan lupa untuk memberi nama musangnya dan sering diajak bermain. jika ada noda bekas susu atau bubur bayi menempel di bulunya, segera bersihkan dengan lap basah.

salam... :)

silakan mas baca artikel Cara Mengobati Pincang Kaki Pada Anak Musang Pandan, search di menu cari artikel diatas....

Maaf ni dari bandung...mau nanya nih.....knp musang pandan saya klo mau di pegang suka nyerang ....gmn cara biar bisa jinak

Salam. Apakah angsa juga mangsa musang?
Kedua. Dialam habitatnya siapa saja yg menjadi musuh musang ?

musang lebih sering memangsa ayam daripada angsa, meski kadang juga musang memangsa angsa...
di alam bebas, musang dimangsa oleh mamalia yang lebih besar. musang juga kadang diserang oleh ular dan sebangsanya...

Siang dok, untuk pengobatan musang apa bisa di semua rs hewan? Atau hanya rs hewan tertentu?

di semua rumah sakit hewan bisa kok musang dirawat di sana... :)

Bu dkter baby musbul saya matanya katarak . gmn ya cara mengobatinya?lalu apa masih bisa sembuh total atau akan mninggalkan bkas? Mksh

cara mengobati musbul katarak bisa mas baca di artikel cara mengobati katarak pada musang....

Bu dr.. Klo air liur pada baby musang saya berlebih itu gmn ya? Apa tanda2 rabies atau ada pnyakit? Dan baunya jg krg sedap.. Itu knp tuh apa normal atau gmn? Usianya sktr 1bln stgh

oh itu tidak apa2...baru beli ya mas??
coba air minumny kasih madu dikit.... :)

Dok musang di kasi ikan lele bagus gak ?
kalo bole tau juga seandainya di kasi ikan lele ngolah ikan lelenya gimana ?

makasih..

bisa, tapi saya menyarankan sih jangan.... kalau masih ada makanan lain, sebaiknya jangan kasih ikan untuk musang mas... :)

cara kasihnya dengan cara direbus dulu... :)

kalo cat food(wiskas) gpp kan ya dok ?
kalo ayam yg bagus bagian mananya ?

dok musang saya juga kenapa gak mau di kasi bubur ya.?
apa mungkin saya menakar buburnya salah.
saya pakai bubur promina(ayam & sayur) 6bulan+

makasih dok buat saran"nya .

coba kasih promina kacang hijau. dikasihnya pakai suntikan kecil (yang ada selangnya, yang suka dijual di abang2 di depan sekolahan sd. biasanya buat mainan anak2), pelan2 saja diberikannya.... jangan sampai tersedak...

kalau tidak ada, bisa juga menggunakan pipet mas... :)

makanan kucing yang diberikan terlalu sering malah akan menyebabkan kanker, jadi saya tidak menyarankan memberikan makanan kucing kepada musang. :)
kalau ayam, bagian mana saja bisa. asalkan direbus dulu. kalau musangnya masih bayi dan belum bisa makan sendiri, saya menyarankan makanan semi padat seperti bubur bayi atau buah2an yang diblender... :)

musang saya uda bisa makan sendiri sih dok..
tapi saya coba kasi bubur biar gak makan pisang terus gitu maksutnya, soalnya tiap hari cuma saya kasi pisang terus.
sama saya kasi catfood, catfoodnya sih doyan dia tapi buburnya gak mau .
masalahnya mau beli ayam takut gak bisa pilih ayam yg bener" aman buat sih musang.
baiknya gimana ya dok ?

makasih atas saran"nya dok.

makanan terbaik untuk musang tetap buah2an mas. makanan lain hanya sebagai tambahan. kalau memang dia doyannya pisang, boleh kasih pisang dari senin sampai jumat, dan pala ayam rebus tiap sabtu-minggu. rebus hingga benar2 matang ya mas, sebelum direbus disiram dulu pakai air panas, baru direbus hingga matang....

cat food sebaiknya jangan diberikan. sedikit banyak, catfood dapat menyebabkan kanker pada musang... :)

salam buat musangnya mas..

Dok, saya rencana memberikan dog raw food untuk muspan saya (bahan dasar tulang, kulit dan daging ayam giling) di mixed dengan minyak ikan, menurut dokter bagus ga?
paling pemberiannya hanya sabtu-minggu saja. hari lain cuma pisang + susu (dia cuma suka pisang)

terima kasih sebelumnya :)

itu bagus sekali mas. pastikan tulang, daging, dan kulit ayamnya bebas bahan kimia.

nama musangnya siapa mas? :)

Trims dok atas artikel"y
Sya mrsa sngat trbntu stlh mbca bbrpa artikel bu dokter yg mbhas tuntas ttg dunia musang. Ini sangt brmnfaat utk sya sbgai pemula.

Dok pengen tanya dong . Baby muspan sya makan ny masih di suapin stelah slesai makan pasti ny ada sisa makann di mulut n di badan ny lalu sya bersihin/di lap tisu basah yg biasa di pakai bayi . Tp tisu itu agak ada wangi" gtu . Boleh kah ya tisu itu di pakai baby muspan

Trimakasih dok

Oea dok nama susu untk baby musang umur 2bulan yg non taktosa apa ya

sama2 mas... silakan pergunakan menu cari artikel untuk mencari artikel yang dicari... :)

lebih baik pakai kain bersih yang dibasahi air hangat mas. tisu basah kadang membuat iritasi.

untuk bayi musang, bisa diberikan sgm non laktosa, atau bubur promina saja. :)

Oea dok musang sya lw sya pangku di paha saya . Trkadang dy nyosor" gtu ke baju sya/ kyak anak bayi nyari susu ibu ny . Apa musang sya emng mau nyusu yaa atau knpa gtu

Trima kasih

bukan. kalo umur 2 bulan memang suka explore2 gtu, naik2 ke badan dll... :)

Ouww begituu.. oke trima kasih dok :)

Dok musang sya kok gk mw minum susu yaa (sgm soya non laktosa) . Tp susu ny emng wangi ny kurang sedap si apa harus di kasih gula yaa . Trus w seAndai ny udh boleh di mandiin sampo ny pake sampo apa yaa

Makasih dok

iya, kasih gula aja. kalau mau, dicampur bubur bayi promina, dan diberikan pakai suntikan... :)

Bu Dokter, kalau untuk musang 4 bulan keatas perlu kasih susu nggak? Kalau perlu susu apa? Terus kepala ayamnya di cincang dulu atau enggak? Makasih ^_^

kalau memang dia sudah bisa makan sendiri, lebih baik tidak usah kasih susu mas. kalau toh memang mas mau kasih susu, silakan kasih susu non laktosa. SGM non laktosa biasanya ada. kalau susah dapatnya, gak usah dikasih susu.

kalau dia bisa makan langsung pala ayamnya, bisa langsung berikan. kalau tidak bisa, cincang dulu. bisa juga kasih hati ayam rebus. harap diperhatikan bahwa kepala, ceker, atau hati ayam yang diberikan sudah direbus dengan matang. jangan sampai masih mentah karena kadang bisa menjadi penularan penyakit,,,, :)

Baik Dok, terus waktu paling pas dan efektif buat ngehandle musangnya jam berapa dok..? Terimakasih sebelumnya. ^_^

jam berapa saja sama aja mas. namun lebih bagus pagi, sore, atau malam... :)

Oh gitu ya dok, terus musang saya kalau siang molor terus dok. Pisang saya sodorin dimulut juga nggak di gigit. Makanya cuma malam, tpi saya kasih porsi besar, apakah bisa mengganggu berat badan musang dok..? Minyak ikan sudah rutin saya berikan.

ya tidak apa2 seperti itu. tetep taruh makanan di kandang, biarkan dia makan sendiri. mengenai berat badan, silakan baca cara menggemukkan musang... :)

sehat selalu buat musangnya... :)

Amin Dok, terimakasih atas semua jawabanya. ^_^

oke. sama2.
kalau ada yang mau ditanyakan, silakan kesini lagi ma.. :)

Ass wr wb..drh fira,, saya dr adi..saya punya muspan 3 bulan, kemaren jatuh dari tangga, sekarang kaki kiri belakang gak bisa buat jalan, bengkak, trus d pegang seperti mengerang...gmn solusinya ya dok? Saya udh kasih bebat tekan sama trombophobe, saya tkt fraktur atau dislokasi...

kalau seperti itu, saya khawatir ada fraktur di tulangnya. bawa ke rsh sesegera mungkin mas.

Dok pisang kan banyak jenis ny . Cocok ny pakai pisang jenis apa bwt musang

Dok scott emulsion sya rasa jeruk . Boleh gak ya bwt musang umur 2bulan

musang saya umur 2 bulan dan udh bisa mkn sndiri, apakah sudah boleh dikasik scot emulsion, dan bagaimana cara pemberiannnya,trus waktu pemberiannya kpn ja,..trims dok sblumnya,.

boleh.
untuk dosis pemberiannya, bisa mas baca di artikel cara menggemukkan musang. search aja...

Dok saya mau nanya nih..kenapa ya dok musang saya kagetan ya..padahal musang saya sering di taro pinggir jalan malah sudah dewasa pula dok.
Monggo dok sarannya :)

Dok saya mau nanya nih..kenapa ya dok musang saya kagetan ya..padahal musang saya sering di taro pinggir jalan malah sudah dewasa pula dok.
Monggo dok sarannya :)

scot emulsion rasa apa dok yg paling cocok buat muspan, n susu selain sgm apa ada lagi dok yg non laktosa, yg cocok buat muspan 2 bln,..trims sblumnya ya dok,.

sejak kapan dipeliharanya mas?
dah lama? kalau memang belum lama, kagetan wajar. silakan baca cara menjinakkan musang di blog saya ini. search aja... :)

rasa apa aja bisa.
kalau merknya, saya kurang tau. kalau tidak ada, bisa ganti susu kedelai. :)

maff dok qw banyak tanya maklum pemula, muspan qw cow 2 bln, mlem tak kasik scot emulsion rsa jeruk dgn cra penyajian satu sendok mkan tak kasik air putih stu sendok mkan, tak taruh di tempat minumnya, tpi dia gak mw dok,gmn cranya,,.......trus knp ya dok?,,.. tiap mlem klok qw lihat kandangnya pas dia tidur dia langsung bngun n pingin bnget kluar dri kandangnya, kalok dia g tak kasik kluar, dia hissing, ya akhirnya qw kasik kluar bentar main bentar ma dia trus qw msukin kandang lagi, qw tinggal eh,,..langsung molor lagi dia,,.

saya akan coba jawab:
1. kalau dia tak mau diberi langsung scott emulsion, coba bikin larutan dari air mineral, scott emulsion, dan madu. taruh saja di kandang.
2. musang memang hewan nocturnal (aktif di malam hari), jadi wajar kalau dia malam2 pengen keluar/bermain. ajak aja main sebentar, gak apa2. lalu taruh lagi ke kandang... :)

This comment has been removed by the author.

Assalamualaikum...
Dok untuk bayi musang pandan umur 1 bln ideal nya di kasih makan sehari berapa kali? Terima kasih.

Halo.
silakan baca artikel cara memelihara bayi musang yang masih merem atau cara memelihara musang pandan anakan. search aja di bagian cari artikel... :)

trims bgt ya dok, sangt membntu bgt, smga alloh membalas lbh baik,,....madu salom atau madu apa dok yang cocok, dan apakah muspan 2 bln kalo lapar hissing?,,.

madu sebenarnya kurang cocok untuk bayi musang. bisa sesekali diberikan. madu asli aja...

makanan untuk bayi musang pandan bisa bubur bayi.... sesekali dibiarkan makan sendiri... :)

maksudnya dibiarkan makan sendiri: taruh saja makanannya di kandang... :D

Oya dok saya punya musang betina yah kira kira umur 4-5 bulanan tpi dia ga mau makn buwah cuman mau susu sama nasi di aduk sama ikan tongkol ajh supaya mau makn buwah gmanh yah dok

coba sesekali puasakan. misalnya: pagi biasanya dikasih makan, sekarang jangan. nah pas siangnya, mas kasih langsung buah pepaya matang yang dipotong kecil2.... pasti dia mau.... :)

klok makan pasti qw taruh kandang, dia mkan sendiri dok,,...kalok malem n subuh itu kadang hissing apa itu pertanda dia lapar atau gmn dok,,.

musang memang hewan malam, jadi kalau dia berisik pas malem dan subuh, itu wajar.
kalau dia masih mau makan, dia masih sehat... :)

ow iya dok, setelah qw baca artikel dokter ciri birahi musang, jntan n betina qw jdi kepikiran n mau tanyak,,..memelihara musang itu seharusnya satu jodoh atau g dok, coz qw cuma punyak musng cow tu ja msih 2 bln n qwpengennya cuma punyak stu ja,,,... tapiqw kepikiran klok dia waktunya birahi trus g ada betinanya, trus mnjadi galak gmn dok,...

setau saya, musang itu tidak mengenal istilah sejodoh atau tidak sih. hanya kalau mau dikawinkan, kandangnya didekatkan selama beberapa minggu... coba baca aja artikel CARA MENGAWINKAN MUSANG....... :)

trims dok,..kalok gitu aman dong,,..qw pingin punyak stu ja cow,,..

dok musangqw umur 2 bln di beri bubur sun kacang hijau blh ndak, trus kalok susu sgm soya bebas lktosa blh ndak,,.?

kalau saran saya, bubur bayi lebih baik promina aja mas. pake sun juga gak apa2 sih. :D
sgm soya non laktosa boleh... :)

saya baru beli musang bu.kalo yang giginya msih kecil2 bgt perkiraan usianya berapa tuh bu.kemarin kata yang jualnya 2 bulan.tapi krna belinya di pasar hewan,saya ga trlalu yakin.trus kalo dikasih mkan takarannya berapa bu??soalnya tiap dikasih mkan pake dot bayi,mkannya dikit bgt..thanks before ya dok

iya, kira2 umur 2 bulan.
silakan baca saja artikel CARA MEMELIHARA ANAKAN MUSANG

dok maaf tiap hari tayak trus, musangqw umr 2 blan, dri kmri btuk bersi, apa obatya gmn grwatnya biar smbuh dok, coz qw lihat rasaka nafsu mkannya berkurang bgt dari kemarin dok,,..trims sbelumnya

dri kmrin batuk n bersin" mkstnya dok,,.

nanya lagi bu dokter,saya kan kasih dia susu sgm camput dgn sun pisang pake dot.trus perlu dikasih minum lagi ga bu??

gak apa2. saya malah seneng bila ada yang bertanya. sekarang mas bisa juga tanya lewat chatting dengan saya di blog ini....

pastikan kandangnya bersih dan hangat. kalau ada di luar ruangan, sebaiknya pindahkan dulu. cuaca memang sedang tidak bersahabat akhir2 ini... makan tetap kasih yang bergizi. kalau mas gampang dapet susu kambing, bisa kasih susu kambing. tapi kalau tidak ada, cukup kasih scott emulsion aja... :)

gak usah.... atau bisa taruh wadah berisi air putih/air mineral di kandangnya... nanti dia akan minum sendiri kalau memang mau... :)

dok,,.musang qw umur 2 bln lbih, dari kmrin batuk bersin n pilek, apa obatnya dok?,.qw khawatir bgt ma dia

pilek, maaf umbelan/ingusan dok,,..

usahakan kandang tetap hangat. jaga juga kebersihan kandang.
kasih makan cukup pake buah ya mas. kalau belum bisa makan buah padat, bisa diblender dulu. recomendasi sih pepaya.... lakukan selama 2 hari ke depan... :)
kalau dalam 2 hari masih sama,nanti saya kasih resepnya... :)

oh ya, baca juga artikel cara mencegah musang sakit saat musim hujan...

dok saya punya muspan umur nya sekitar 2 bulan trus dya kaga suka makan suka nya minum trus di kasih apa2 kaga mau saya kasih ceker juga kaga mau tapi pass klo dy laper banget dia makan ceker nya ituh pun harus di nsuapin gimana cara nya biar nabsu makan yah dok musang saya jarang makan T_T tubuh nya juga kurus bgt

coba kasih makan pakai suntikan atau pipet. kasih makan pakai bubur sun pakai suntikan atau pipet..... agar menambah nafsu makan musang, mas bisa tambah bubur sun-nya dengan scott emulsion... :)
semoga sehat musangnya...

musang 2bln lbh,punyk saya ada mslah lagi dok,salah satu telinga luarnya luka keluar darah coz di garuk, trus telinga dalamnya keluar sedikit drah, n telinge dalanya seperti bsah becek, gmn solusinya dok,,..sebelumnya trimkasih ya dok

kalau seperti itu, lebih baik dibawa ke dokter hewan sesegera mungkin agar mendapatkan penanganan yang tepat.... :)

aduh dok,,..qw g tw dokter hewan daerah srbaya, n gak punya dana bwt ke dokter, maklum qw kerjanya hnya kuli angkat" elpiji, gajiannya cuma bsa bwt qw n keluarga n biaya kuliah dok,,..haha dadi curhat iki,,..wes qw coba telateni sendiri ja dok,tak annggep ank sendiri tu dani,,.hehehe

kalau memang tidak punya dana ke dokter hewan, mas coba ke apotik, beli obat namanya amoxicillin. potong menjadi 5 bagian, lalu ambil satu bagian, tumbuk hingga halus, lalu campur dengan 5 sendok makan air, dan minumkan tiap pagi dan sore ke musangnya.....

semoga sehat buat musangnya ya mas.... dirawat, kandangnya rajin2 dibersihkan, dll.... oh ya, makannya usahakan buah saja. buah dijus seperti pepaya dan sejenisnya, jauhkan makanan2 yang mengandung protein dulu seperti bubur bayi dll. jus buah aja seperti pepaya. oke? :)

Musang yang masih 2 bulanan ke atas bisa di beri makan pisang ?

bisa. dan saya menyarankan memang untuk memberikan makan buah untuk musang umur segitu. :)

alhmdulillah musangqw lumyan sehat dok, meski, blm sampek qw kasih amoxcillin, cuma pepaya aja, skrang mlah sering jail ke qw, suka gigit" mnja,,...pingin main trus ma qw,,.hehe

Salam dok
Musang saya umur sktr 2bln sdh bisa mkn sndiri awal nya cuma saya ksh mkn pisang.kmrn saya coba ksh mkn telor rebus.dan sdh 3hari ini mlh berbalik.jd hanya mw mkn telor rebus.!
Apa tdk mslah.dan gmn spya bisa mw mkn pisang lg.dan mw mkn yang lain nya.!?? Terimkasih Dok

sebenernya sih gak masalah ASALKAN musangnya sering diajak gerak. jadi lemaknya gak numpuk.
cara agar dia mau makan buah lagi, coba dipuasakan dulu. misalnya: biasanya dikasih makan 3kali, pagi, siang, dan malam. sekarang coba siangnya jangan dikasih makan. kasih malam, dan kasih makan buah. nanti biasanya dia mau makan buah lagi... :)

Dok, klo musang bayi it makanan nya saya taruh d kandang aja apa ttep d makan ya dok? Soal nya saya kerja takut telat kasih makan nya krn slama ini msh d suapin, mohon bantuannya dok

harus dilatih, mas. kalau gak dilatih ya gak bakalan bisa.
coba aja taruh makanannya di kandang. semoga aja dia bisa makan sendiri. :)

This comment has been removed by the author.

Sip stlah pagi nya tdk di ksh mkn.ahirnya dia mw lg mkn pisang Dok. Oia Dok. Saya perhatikan rata2 pmlik musang memberikan msang mereka buah pisang.knp pisang.?apa tdk ada buah lain.klo ada buah apa yg paling musang suka.??!!
dan 1lagi.bahaya tidak klo musang kita kasih mie instan rebus/tanpa bumbu.soalnya kata tmn saya biar gemuk Dok. Termkasih salam wangi pandan buat bu Dok.!!! ☺☺

Dok muspan saya umur 2 minggu bdanya gemetar trus y trus apa hrus dbri mkn setian 3 atau 4 jam seklli trus saya hnya ksh dia bubur saja dok selma ini gk pa2 kn dok y

pisang lebih murah dan mudah didapat. terlebih, musang lebih mudah mencerna pisang dan pepaya dibanding buah-buahan yang lain... :)

kalau mau gemukin musang, jangan dkasih mie instan. buat manusia saja, mie instan gak bagus. apalagi buat musang. kalau mau gemukin musang, silakan baca artikel saya cara menggemukkan musang....

silakan mas baca artikel Mengobati Bayi Musang Berjalan Mundur

silakan mas baca Mengobati Bayi Musang Berjalan Mundur

Dok muspan saya umur 3bulan udah bisa makan sendiri belum dok?

harusnya udah belajar makan sendiri.
harus diajarin, dan jangan dibiasakan disuapi.... :)

Dok, sy pny musang bulan 2 ekor.. tp ukuran bdnnya beda. 1 besar dn 1 sedang. Sy msh kasi mkn sun + susu lactogen 0-6 bln. Sehari mkn 3x. Kr2 msg2 20-25cc. Smggu skali sy kasi kates yg dblender.. sy mw nanya dok. Utk umur segitu nutrisinya ckp g yaa.. tp dr ukuran badan kok beda pdhl porsi mkn sama.. trs gmn klw mw ngajarin musangnya mkn sendiri? Bisa g klw dkasi pake dot.. kdg2 sy suka dicakar gitu pas dksi mkn..

saya coba jawab ya mbak.. :)
1. kalau soal postur memang gak dipengaruhi oleh makanan. :)
2. susu lactogennya ada laktosanya? kalau mengandung laktosa sebaiknya jangan dikasih. kasih SGM LLM saja... :)
3. mang umur musangnya brp mbak? bisa diajari makan sendiri. taruh aja makanannya di kandang. nanti dia makan sendiri kok.
dan memang harusnya seperti itu, jangan terlalu dimanja. sesekali disuapi kalau memang gak sibuk, tp jangan terlalu memanjakan juga... :)

Dok, Kalo pake burung emprit rebus bisa gk?...

Dok ini muspan saya umur 3 minggu blum pup pup ya udah 3 hari knp y mkn udah diusap perut dn klminya jg sudah knp y dok sy tkut knp2

silakan cek artikel saya MAKANAN TERBAIK UNTUK MUSANG PANDAN

coba kasih makan jus pepaya biar pencernaannya lancar mas... :)

iya sama aja penyebabnya mas... :)

dok ,..musangqw umr 2 bln lbih, blh ndak dikasih dancow batita?

dok ,..musangqw umr 2 bln lbih, blh ndak dikasih dancow batita?

kasih SGM LLM aja mas. kalau dancow batita masih memiliki kandungan laktosa. bisa bikin musang mencret....

dok knp muspanqw umr 2 bln,kalok mlem suka loncat" lari" n gigit" jari tangan n kaki,kdang jg di kenyot n ditekan g di lepas"kan,,..

iya. kalau musang umur segitu memang masih suka eksplor....
wajar aja.

jenis musangnya apa mas? muspan atau musang rase? :)

Terimakasih jwabn nya Dok.dan mhon maaf.ada 1lg mslah pda musang saya.bulu bagian kaki belakang musang saya sprti terkelupas.(sprti di kuliti)awal nya cma sdkit.tp selang 3hari mkin membesar. Itu knp ya dok.lihat engga tega.!!

maksudnya seperti dikuliti seperti apa ya mas??
kalau memang ada luka terbuka, sebaiknya dirawat dengan dioleskan betadine dan jangan dikasih makan yang mengandung protein seperti daging2an, bubur bayi, dan semacamnya. cukup berikan buah saja sambil terus dibersihkan lukanya...

saya sendiri belum tau seperti apa maksudnya dikuliti... mungkin mas bisa kirim fotonya ke G+ saya... :)

trims dok.,,,muspan dok, skrang udh hmpir 3 blan, kmrin qw dak tau ternyata dia hbs mkan cicak smpe hbis, tiggal kelihatan kpla cicakya,lagsung tak trik kepala cicaknya,yang bgian tubuh cicak yg lain hbis, apa da efek/dampaknya dok stlh mkn cicak?.,,,

cukup observasi aja selama 2 hari, semoga tidak kenapa. :)
makanan terbaik untuk musang pandan tetap buah-buahan dan sesekali dikasih kepala ayam rebus atau ceker ayam rebus sebagai tambahan protein.... :)

seumpama pengganti kepala n ceker rebus, qw ganti pke telur puyuh rebus gmn dok?,....

telur puyuh/telur ayam rebus?,,.

Photonya Sdh saya shared di google+ saya dok.tlong di lihat.
Sprti lecet tp tdk luka atawpun berdarah dok.!!

Photo nya Saya jadikan photo profile dok

musang umur 2 bln saya boleh dimandiin ga soalnya bau

sementara ini tolong jaga kebersihan.
makanan hanya diberi buah saja, terutama pepaya.
kasih minyak ikan seminggu sekali saja. jangan lebih.
lakukan treatment tadi selama 3 minggu, setelah itu lapor lagi ya mas.... :)

bisa tapi disemprot pakai semprotan burung saja mas. semprot 5-6 kali, lalu lap dengan handuk kering...

dok musangqw umr mw 3 bln, tpi bulux di dada n bawah mulut/janggut,n sedikit di kaki depan rontok n klihtan kulitnya,gmn cra mengobatinya dok?

silakan baca artikel cara merawat bulu musang dan cara mengobati musang hairloss... :)
cari aja di bagian cari artikel.. :)

Dok, knpa y ko musang saya gk mau makan walaupun udah pakai suntikan... apa harus dipaksakan?... :(

iya, sedikit2 aja mas. mas juga bisa menambahkan gula pasir di air minumnya.... :)

Kalo umur 1,5 bln bisa minum sdiri gk dok? Makasih.... dan bisa makan sendiri.a biasa.a umur berapa?.. :))

kalau dipelihara manusia, biasanya umur 2 bulan mereka udah bisa makan sendiri. tentu saja, mas harus ajarkan juga. selengkapnya,pernah saya bahas di artikel cara mengawinkan musang pandan.

Terimakasih dok artikelnya sangat membantu.. dok saya mau tanya buat groomingnya pake shampo apa ya dok? Groomingnya berpa kali dalam 1 minggu dok? Dan satu lagi pertanyaan saya dok bagaimana nentuin umur musang dok? Apa dilihat dari gigimya kaya hewan lain? g

Bu dok muspan saya usia 2/3 bln setiap makan hanya mau yg dikasih susu kental manis, apa itu normal atau engga?

Dok, mau nanya lg,..:) kenapa muspan saya masih belum mau makan?.. udah 2 hari masih sya paksakan untuk makan, kasihan !.. :( tolong dok sya hawatir..

memandikan musang? cara memandikan musang bisa dibaca di artikel cara memandikan musang.... :)

iya, bisa dari giginya. silakan baca artikel bedanya musang dengan ferret. :)
salam. :D

lebih baik jangan dikasih susu kental manis mas. bisa membuat mencret.
coba dikasih susu non laktosa kasih madu. :)

fesesnya gimana? warnanya apa?
saran saya sih bawa ke dokter hewan. mas juga bisa kasih air madu ke dia..... taruh saja di kandangnya... :(

Mencret, kuning kehijau2an.. tp sya pernah kasih susu k kandangnya gk dminum2! Itu knpa ya?..:(

Iya dok memandikan musang :) iya makasih dok..
soalnya saya belum di kasih tau cara grooming selain kucing dan anjing dok.
Nah sekarang musang saya gak makan2 dok, di kasih bubur bayi tapi gak di makan. Tapi klo d kasih pisang di makan dok.. bagaimana itu dok?
Salam juga dok,..

coba kasih jus pepaya tanpa gula ke dia.
sementara ini jangan dikasih susu dulu. kasih aja jus pepaya dengan cara dipipet. pelan2 aja mas. :)

kalau memelihara musang pandan umur 1,5 bulan memang harus telaten... :)

kasih aja pisang gak apa2. :)
kalau dia sudah makan pisang, sesekali dipuasakan. misalnya biasa dikasih pisang 3 kali sehari. nah coba sesekali dari 3 kali pemberian itu, 1 kali kasih yang bukan pisang (pepaya misalnya). biarin aja di kandangnya. nanti juga biasanya dia makan sendiri. soalnya musang cenderung memakan apa aja kalo laper... :)

dok,,.muspan umur 3 bln, knp tiap qw kasik mkan nsi kecap g mau,malah sring di tumpahin/dibalik wadah makannya tiap qw ksik mkn nasik kecap, padahal siangnya udh g tak kasik mkan smpe sore,baru malem tak kasik itu,masih tetep aja g mau n dibalik tempat mknnya,,.gmn solusinya dok?

dia maunya makan apa? :)
mas baru adopt dia atau sudah lama? kalau baru adopt, coba tanya ke yang jual biasa dikasih makan apa. :)
mas juga bisa kasih makan pepaya matang dipotong2 kecil... :)

Dok, gimana caranya spaya musang bsa minum susu?.., soalnya dia cuma mau minum air mineral.!..

udh stu bln llebih,dia sukanya mkn buah,pisang pepaya, n telur puyuh, susu n bubr sun, qw coba kasik mkn nasi kcap satu minggu ini tapi g mw,,..

sebenernya, kalau dia minum air mineral pun tidak apa2. namun kalau mau dikasih susu, mas bisa coba susu non laktosa yang diberi madu hingga lebih terasa manis... :)

Oh y dok, soalnya kmarin ibu sya bli susu non laktosa, syang klo gk d minum... hehehe:) Makasih

Ciri-ciri fisik / menentukan umur Musang dari ciri fisik seperti apa ya dok ?

Ciri2 bayi musang pandan (umur 0 hingga 2 bulan)
Ciri2 anak musang pandan (umur 2 hingga 4 bulan)
Ciri2 musang pandan dewasa (umur 5 bulan keatas)

Dilihat dari mananya dok kita menentukan umur musang?

bisa dicek dari gigi sebenernya mas.
kalau dari bentuk fisik, agak susah karena postur musang sendiri dipengaruhi oleh genetik.... jelasnya, mas bisa baca artikel bedanya musang dengan ferret...

dok saya mau tanya , saya dapet musang hasil nangkep umurnya 3bln nan, dia sudah saya piara 4bln, sekarang sudah jinak, yg saya pengen tanyakan kenapa dia ga suka makan buah daging dll, dia sampe sekarang asupan makannya cuma susu kental manis dan dia ga mencret

musang sama seperti kita. ada yang sistem pencernaannya kuat ada juga yang lemah. mungkin musang mas termasuk yang kuat....
TAPI saya sarankan sih sebaiknya gak usah dikasih susu kental manis. coba jajal kasih jus pepaya kasih madu... :)

Dokk, knp.musang sya gk suka minum? Walaupun udah d sepet, d simpen d kandangnya, ?

coba air minumnya kasih madu atau gula sedikit... :)

dok saya punya musang berumur 2 bulan 2 minggu,musang saya agx susah makan dok dia cuma mau makan pisang yg udah dihaluskan dan bubur sun rasa pisang yang dicampur dengan pisang yg dihaluskan selain itu gx mau makan dok,pertanyaan saya apa ada efek sampingnya buat kesehatan simusang.jk makanan nya tetp seperti itu.
thnks

gak ada pengaruhnya kok. :)
malah kalau menurut saya bagus.

harus diajari makan sendiri, mbak.. :)

alhmdlh udah makan sendiri kok,musang saya udah jinak malahan musang saya tidak suka didalam kandang pengnnya bebas drumah,klu saya pulang kerja pengennya ikut kemana saya dok.

terimaksh dokk..buat saran dan pemberithnnya....senang bs brkonsul dengan anda bu dokter..
wss

sama2, saya juga senang bisa bantu2. :)
bisa baca2 artikel saya di blog ini dan bisa tanya2 lagi jika ada yang ingin ditanyakan....

dok mau tanya, kalau musang kejang-kejang itu knp ya? cara mnanganinya gmn? tks

Dok mw tny muspan saya umuran 2-3 bln..bru dpt kmrn mlm, nah dari mlm itu.. Mpe ktmu ini mlm, ga mw mkn sama se x, d ksh susu jha cuma sedikit bgt mnum nya.. Ksian..tkt dy sakit.. Mhn pncerahan nya dok.. Udh sya coba suapin pke pipet pun ttp ga mw

ada banya sebab sebenernya.
tapi mbak bisa baca di artikel saya cara mengobati musang yang berjalan mundur. ada triknya di sana... :)

dapetnya hasil tangkapan liar ya mas? coba kasih bubur sun dengan cara dipipet.
kalau susah dipipet, mas bisa pakai suntikan yang ada selang kecilnya. kasihnya pelan2 aja kalau pakai suntikan.... :)

Boleh beli dok :) ,, ok ni nantiw dcoba pkai suntikan yg ad selang nya,hbs ksian badan nya gemeter gitu,, tkt nya krna nahan lapar dia nya

DuH dok.. Musang nya masa malah gemeteran terus, dah gtu mw nya dipojokan aja.. Kpala y dideketin ke sisi2 kardus.. Penangan pertama saya kasih vit B1 , 1/2 tablet,, hbs itu saya kasih air putih.. Salah ga dok ? Blm cba saya ksh makan lagi, hbs badan nya msh gemeteran gtu ga bisa diem

kasih vitaminnya sebaiknya dibubukkan dulu mas. lalu ditambah air sedikit, baru kemudian diminumkan.... jangan terlalu banyak, cukup setengah butir aja per hari... :)

dok biar musang saya makan sendiri gimana dong repot harus nyuapin terus

kalau masih bayi atau masih merem, mau gak mau harus disepet mas.
kalau udah diatas 3 bulan, bisa dipuasakan dulu. lalu berikan makanannya di wadah... :)

Klo yg umur 2bulan brapa kali shari dok ?

Klo yg umur 2bulan brapa kali shari dok ?

bisa 4 hingga 6 kali sehari pemberian makan... :)
yang pasti, jangan sampai kelaparan... :)

Dok pemberian scoot atau minyak ikan ke musang bagus nya brp hari sekali dok....
makasih dok....

untuk baby, bisa dikasih seminggu sekali saja dengan cara dicampur ke maakanannya...

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 533   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.