Sunday, October 26, 2014

Jangan Memelihara Burung Hantu Jika... | Drh. Fira Sovica

Seperti halnya memelihara sugar glider, memelihara musang, atau memelihara hewan lain, memelihara burung hantu juga membutuhkan komitmen yang besar, terutama burung hantu dengan tingkat stress tinggi. Tingkatan stress burung hantu berdasarkan jenisnya bisa anda baca di artkel tingkat kesulitan memelihara burung hantu.
syarat memelihara burung hantu
Image taken from en.wikipedia.org
Sebenarnya,

memelihara burung hantu

hanya cocok kepada mereka yang memiliki komitmen tinggi terhadap hewan peliharaannya. Hal ini dikarenakan burung hantu bukan hewan yang mudah sembuh kembali seperti sediakala jika sakit. Artikel ini akan coba mengupas apa saja syarat memelihara burung hantu. Jangan coba-coba memelihara burung hantu, baik itu burung hantu celepuk atau burung hantu barn owl atau jenis burung hantu yang lainnya jika anda tidak memenuhi beberapa syarat memelihara burung hantu ini. Jangan memelihara burung hantu jika....
  1. Jangan memelihara burung hantu jika anda tidak tahu cara memelihara burung hantu tersebut.
  2. Sangat penting untuk mempelajari cara memelihara burung hantu celepuk atau memelihara burung hantu barn owl sebelum memutuskan untuk membeli burung hantu tersebut.
  3. Jangan memelihara burung hantu jika anda sering bepergian dalam waktu lama.
  4. Burung hantu perlu penanganan cepat, baik itu perawatannya maupun penanganan saat sakit. Maka dari itu, jika anda termasuk orang yang kerap bepergian ke luar kota, sebaiknya anda jangan memelihara burung hantu kecuali jika memang ada orang yang merawat burung hantu anda saat anda bepergian.
  5. Jangan memelihara burung hantu jika anda tidak mau terganggu dengan suara bising di malam hari.
  6. Seperti yang kita ketahui bersama, burung hantu adalah hewan nocturnal (hewan yang aktif di waktu malam). Dan burung hantu kerap mengeluarkan suara-suara gaduh pada malam hari. Jangan mencoba-coba memelihara burung hantu jika anda tidak mau terganggu dengan suara burung hantu.
  7. Jangan memelihara burung hantu jika anda tidak mau melatih burung hantu tersebut.
  8. Burung hantu bukan hewan peliharaan manja seperti kucing atau anjing. Dasarnya, burung hantu adalah burung pemburu (bird of prey, BOP) sama seperti alap-alap, elang, dan lain sebagainya. Tugas anda sebagai partner bukan untuk menghilangkan naluri dasar burung hantu tersebut. Tugas terberat seorang owner burung hantu adalah menjaga agar naluri buas burung hantu anda tetap ada dan menjaga agar burung hantu tersebut tidak menganggap anda sebagai mangsa. Untuk tujuan itu, dibutuhkan proses manning, yaitu proses pengenalan diri pemilik burung hantu kepada burung hantunya. Proses manning kepada burung hantu harus dilakukan terus menerus selama burung hantu ada di tangan anda. Cara manning pada burung hantu adalah dengan melatih burung hantu anda. Cara melatih burung hantu bisa dibaca di artikel cara training burung hantu.
  9. Jangan memelihara burung hantu jika anda tidak siap terluka.
  10. Seperti yang saya jelaskan di poin kedua, burung hantu adalah jenis burung pemburu yang sangat mungkin melukai anda. Burung hantu memiliki paruh dan cakar yang tajam, yang sangat mungkin digunakannya untuk menyerang anda. Jangan memelihara burung hantu jika anda tidak siap menerima luka cakar, luka gores, dan luka akibat patukan dan serangan burung hantu.
Demikian adalah beberapa

syarat memelihara burung hantu

yang saya rangkum dalam artikel jangan memelihara burung hantu jika.... . Semoga artikel di atas bisa menjadi penambah wawasan sekaligus jadi referensi bagi anda yang ingin memelihara burung hantu. Terima kasih. (FS)

146 comments

Selamat pagi Dokter Fira, saya mau menanyakan tentang burung hantu.
Saya punya celepuk betina usia 5 bulan namanya opin, sudah 2 minggu saya adopt, dilepas di kamar saya. Ada beberapa yg mau saya tanyakan.
1. Setiap saya masuk kamar dia selalu mengembangkan sayap seperti ketakutan.
2. Opin sudah pernah saya karantina tetapi tetap saja galak dan masih seperti pertanyaan saya nomor 1.
3. Untuk pemasangan equipment itu usia berapa ya dok? Opin pernah saya pasang anklet tetapi sepertinya dia tidak suka, sampai dia bisa melepaskannya sendiri.

Untuk sekarang mungkin itu saja dok. Mohon informasi dan sarannya. Terima kasih sebelumnya.

pagi mas jeihan. salam kenal.
kalau boleh tahu, mas udah berapa lama mengadopsi opin? memang, burung hantu kerap mengembangkan sayapnya dan kepalanya goyang2 (defends) kalau dia belum percaya kepada ownernya. cara agar opin mengenal mas dengan baik yaitu dengan melepaskannya di dalam kamar dan membiarkan si opin melihat mas tertidur. selengkapnya mas bisa baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu.

untuk equipt nanti saja kalau sekira si opin sudah mengenal mas sebagai tuannya. jangan lupa latih juga ya mas, dengan melatih si opin nanti dia sendirinya akan mengenal mas sebagai tuannya.... cara melatih burung hantu bisa dibaca di cara melatih burung hantu

salam dari errol, burung hantu barn owl saya, untuk opin... :)

Saya baru adopsi opin hampir sebulan dok. untuk jinaknya dalam waktu berapa lama ya dok?
Kalau makanan untuk celepuk selain jangkrik apa ya dok? ulat boleh kah?

tergantung karakter burungnya sih. ada yang emang gampang jinak, ada juga yang berkarakter kuat..... saya sendiri dulu dapet si errol udah tua, galaknya ampun2an, tapi sekarang bisa saya lepas ke luar rumah kalau malem, dia cari makan sendiri di luar..... adzan subuh biasanya dia dah ada di perch-nya.... rata2 manning (proses penjinakkan) 2 hingga 3 bulan.... :)

celepuk sih pas jangkrik. sesekali bisa diberi bisa diberi bayi tikus putih..... jangan dikasih ulet hongkong, terlalu panas buat burung hantu... :)

Oh begitu. disini susah cari tikus putih dok, jadi makanannya jangkrik aja.
Oh iya dok, opin kalau malam sampe subuh dia suka terbang terbangan tapi sering banget nabrak langit2, itu tidak apa apa kah? takut cidera doang kepalanya.

gak apa2. dila lagi belajar terbang itu. kalau bisa, mas sediain kardus yang agak besar seperti bekas tv atau bekas kulkas, kasih tangkringan di dalemnya dr kayu, lalu taruh burung hantunya di situ.... kalau dusnya besar, dia gak apa2 kok ditaruh di dus... asalkan jangan ditaruh di kandang atau dus yang kecil..... :)

Sudah pernah ditaruh di kardus dok, tapi dia ga betah, berisik banget pengen keluar. Karena ga tega jadi dilepas deh di kamar.
Tapi kadang jengkel kalo dia terbang terus buang kotoran, pernah sampe buang kotoran di kasur saya :D

oh ya udah kalo begitu. :D
biar gak ngotorin tempat tidur, lapis ama plastik lembaran aja mas tiap mau pergi... saya jg dulu gitu pas si errol masih belum jinak.. :)

Terima kasih banyak sarannya dok, semoga opin bisa cepat jinak seperti errol :)

Dok, opin kok matanya sering merem gitu, yang sebelah kanan. itu kenapa ya dok?

waktu siang apa malam?? nafsu makannya gimana??
kalau nafsu makannya berkurang atau gak mau makan samasekali, kemungkinan sakit. tapi kalo normal sih sehat2 aja...

Malam dok. nafsu makan sih sama tapi kadang kalo baru suapan pertama dia mundur-mundur, jadi harus ditempel ke mulutnya baru mau dimakan. Setelah itu baru mau makan seperti biasa.

kalo itu gak apa2. coba aja mas kasih air kelapa muda sedikit ke mulutnya, 2 kali sehari.... :)

Dok mau nanya lagi. hehe maaf nanya mulu.
Lampu kamar kalo malam kan di matiin, nah opin terbangnya nabrak langit2 terus. tapi kalo lampu nyala dia anteng aja di perch. terbang/pindah tempat juga ga berisik. itu kenapa ya? bukannya burung hantu penglihatannya lebih jelas dalam kegelapan ya?

iya, mending jangan dimatiin mas. kalau dimatiin dia malah biasanya terbang2.... :D

permisi dok numpang nanya, emang kalau misalkan si burung hantu ditaruh di kamar apa kotoran nya nggak tersebar kemana2 ? sekalipun si burung hantu sudah jinak?

kalau benar-benar sudah jinak, kadang malah dia tahu dimana harus pup. seperti si errol, dia selalu tahu dimana harus pup. pokoknya kalau saya menghampar koran di lantai, dia akan pup di situ. jadi saya tidak repot. kalau belum jinak, sebaiknya pasangkan anklett dan jesse, diikat ke perch, lalu dibawah perchnya dihamparkan koran agar kotorannya tidak langsung kena lantai..... cara membuat perch bisa dicari di artikel cara membuat perch, silakan gunakan menu cari artikel diatas... :)

Sore dok ...maaf dok ...kalau saya tdk salah ingat, saya pernah membaca dokter waktu pertama memelihra eroll di kos ya? Sharing dong dok , bgmn dokter mengatasinya ? Burhan sering bunyi berisik , apakah anak kos lain ga terganggu ? Makasih dok

iya, saya pelihara errol sejak di kos dlu. terganggu sudah pasti terganggu, mereka kadang protes. makanya saya sering pindah dari kosan satu ke kosan lainnya, hahahaha.... beruntung akhirnya saya dapet kos yang agak jauh dr kampus dan agak, hmm, angker soalnya ada 'cerita'nya. tapi alhamdulillah saya memang ada 'bakat' seperti itu, jadi ya biasa aja. 'mereka' kadang malah nganterin errol pas awal2 si errol saya lepas untuk cari makan di luar. 'mereka' gak akan ganggu kalau kita gak ganggu, mas... :)

Wah ...tp burhan ga ada hub ya dok sama bgituan ? Krn pelihara burhan jd mengundang atau manggil mahluk halus datang ?

Oya dok , seberapa berisik burhan dok saat ma'lam hari ? Di rumah ada ortu udah 70 th, takut kasian jg keganggu tidurnya ...trus klo berisik sekali dan sering bunyi takut tetangga marah ....
?
Maaf dok , saya biar bener2 siap sblm pelihara burhan...
Maaf dok , saya nanyanya aneh ya

gak juga. sebenernya semua hewan malam agak berkaitan dengan hal2 seperti itu. :D

gak berisik banget sih mas. paling juga sesekali bersuara.kalau mau, taruh aja di ruangan tertutup. gak apa2, saya malah seneng kalo ada yang nanya. :D

Wah ..."agak berkaitan " ya dok?

Iya dok ....makasih yah dokter =)

iya. semua hewan malam seperti itu. :)
gak ada yang perlu di takutin, mas. :D

Assalamualaikum dok
Saya mau bertanya
saya pengen adopt celepuk,tapi lahan untukmenyimpan celepuknya sulit
adakah saran untuk tempat menyimpan celepuk?

taruh di ruangan sepi seperti gudang saja. jangan terlalu panas. dan sirkulasi udaranya bagus... :)

nah gudang dirumah saya ventilasi udaranya tertutup sama barang2,dan jga cukup penuh gudangnya,klo sepi iya...,suhu udaranya cukup dingin klo malam,dan di rumah saya jga ada kucing.Akan kah berpengaruh sama si celepuknya?

taruh aja di gudang tapi, nyalakan lampunya agar si celepuk sedikit merasa hangat (bisa diganti dulu lampunya dengan yang ber-watt besar jika memang udaranya sangat dingin).
selama si kucing gak mengganggu celepuknya, sepertinya aman2 aja... silakan mas baca artikel CARA MEMELIHARA CELEPUK :)

terima kasih sarannya dokter,ntar saya konsultasi lgi ya klo udh ada celepuknya :D

Dok saya mau ngadop si burhan nih,tapi di rumah gak memungkinkan buat ruangan ngelepas si burhan,mohon pencerahanya :D

Dok, bikin posting tentang burung Falk dong...


Cara merawat & melatih nya... :D thx

baik, nanti saya buatkan. terima kasih sarannya mas... :)

Pagi dok, izin bertanya, bagaimana cara membawa burung hantu agar tidak stres dalam perjalanan ya dok? Saya mau membawa keluar kota. Terima kasih sebelumnya dok

di box saja. usahakan agar suhu tetap stabil (tidak kedinginan, tidak kepanasan), dan hindari dari guncangan. Lebih aman jika box tersebut mbak taruh di pangkuan saja.... jangan di bagasi... :)

maaf dok saya mau nanya ..
saya mau plhara burhan,dan saya sudah tau cara pliharanya
cuma saya masih tinggal sama ortu... mungkin bakal di omelin :v
nah kalo saya beli trus burhan di taro di dlm rumah,gmn dengan kotarannya ?
trus kalo burhan taro rumah bakal terbang terbangan ga ?
nah terus kalo saya taro di luar cma di kasi tangkringan bakalan kabur ga?
trus kalo ngasih makan burhan sama ngajak mainnya jam brp ?
trus kalo burhan katanya burhan kalo malem malem suka brisik ...
nah itu solusinya gmn?

sry dok banyak tanya ..

iya tidak apa2 banyak tanya. saya malah seneng. :)
saya akan coba jawab:
1. kalau mau dipelihara di dalam rumah, ya pasti harus rajin2 dibersihin kotorannya agar tidak bau. saya dan si errol juga gitu. kebetulan semua keluarga saya pecinta burung pemburu, dan masing2 bertanggung jawab atas kebersihan peliharaannya. yang pasti, iya, awalnya pasti bakal terbang2an. tapi lama2 dia akan ngerti....
2. kalau dia sdah bisa terbang, besar kemungkinan dia bakal kabur kalau ditaruh di luar...
3. silakan baca artikel cara memelihara celepuk agar tahu jam berapa aja burung hantu diberi makan.
4. iya, burung hantu memang kalau malam suka berisik. namanya juga hewan nocturnal mas. :)
semoga membantu...

itu kotorannya kalo baru beli bakal berserakan ga ?
ato kalo kita kasi koran bakal buang kotoran di situ ?

iya, mas. kalo awal2 dan dia belum diajari pup di koran, dia bakalan kemana2 kotorannya.
bisa diajari pup di koran. si errol juga gitu. butuh waktu, tapi pasti bisa... :)

misal nya kalo pagi pagi di taro di kardus ,malem nya di lepasin di kamar bisa ga ?
jenis nya celepuk

boleh asalkan dusnya agak besar mas. minimal 2x besar dus mie instan... :)

Halo dok Fira apa kabar akhirnya saya membeli barnowl kmrin .....kata penjualnya bilang sih juvenile...dan dia mencoba membuktikan nya dg menelentang kan barnowl lalu did buka sayapnya , Dan dia menunjuk bag dalam sayapnya ( seolah ingin membuktikan itu betul juve bukan mature )
Oya ukuran barnowknya kira2 setinggi 1 lembar kertas HVS ..
Saya ada beberpa Pertanyaan dok

1. Bgmn membedakan bracher , juve , Dan matur hanya dg melihat langsung bulunya seperti penjuak tadi ?

2. Saya pernah merasakan dipatuk patuk celepuk dan ditenggeri celepuk ...ga sakit Sama sekali ....apakah utk barnowl jg dok ?
Apakah .sy harus pake sarung tangan? Klo ditenggeri barnowl apakah kulit tgn bisa luka agak dalam atau teriris dok kulit saya sekali?
3. Dmn saya membeli anakan tikus putih dok atau anakan puyuh Dan berapa harganya kira2 dok

Terimakasih dok fira

terima kasih atas pertanyaannya. saya coba jawab.
1. mungkin si penjual menyamakan cara membedakan usia ayam, hehehe. secara prinsip, bisa saja dengan cara seperti itu. tapi jujur saja, agak susah untuk membedakan usia owl secara visual.
cara yang sering saya gunakan di klinik biasanya melihat dari kepadatan rongga dalam bulu. cari bulu tua (bulu yang kelihatannya paling kokoh, biasanya ada di pinggir atau ujung sayap), dan melihat kepadatannya.... biasanya, bulu burung hantu mature memiliki rongga bulu yang lebih lebar dibandingkan yang juvenile. burung hantu juvenile memiliki rongga bulu yang lebih sempit...
2. ya, kira2 seperti itu juga ditenggeri barn owl.
kecuali kalau si errol. dia kalau kesel sama saya biasanya mencengkram pergelangan saya sampai baret2. yah, namanya bocah, hehehehe...
amannya sih pakai glove (sarung tangan khusus falconry), cara yang lainnya dengan memotong kuku burung hantu. tapi sebenernya gak pake glove juga aman aja karena paling hanya luka baret kecil aja, gak sampe berdarah.... :)
3. bayi tikus putih biasanya bervariasi, antara 2000 perekor hingga 3000. rata2 sih 2000 mas. tikus putih juga gak jauh beda kok harganya. cari aja di pasar hewan terdekat, biasanya ada yang jual... :)

Terimakasi dok ...1 lagi dok ...seperti yg dokter ajarkan , barnowl saya taruh Di gudang selama 3 hari ..skrg hari .ke 2......gudanngnya Luas sekitar 2m x 8 m...tp Di gudang itu sering ada tikus dan kecoa , bgmn ya , sy takut barnowl memangsa tikus dan kecoa .....

Oya dok apakah usia barnowk bisa diperkirakan dr tinggi badannnya ?

Terimakasih dokter

gak apa-apa, taruh saja di situ. soal nanti dia makan mangsa berupa tikus atau lain2, biarkan saja. biasanya, kalau masih masa adaptasi, dia cenderung pasif terhadap mangsa....

usia barn owl (dan usia owl lain) tidak bisa diperkirakan dari tinggi badan. tapi memang ada rata2 tinggi badan bagi owl usia juvenile, mature, dll.... :)

udah dikasih makan barn owlnya mas? :)

Sdh dok sementara pakai daging sapi mentah buat masak hiks ..
Seingat saya dok pernah bilang kecoa dan tikus rumah bawa penyakit..bgmn dok klo smp dimangsa oleh barnowl ?

Dok gudang saya tinggi plafonnya 4 meter ...klo malam , bolehkah lampu semua saya matikan total semua..?jd gelap gulita ...

Oya dok ..klo cicak bgmn dok...cicak jg byk ...

iya, betul. kecoa dan tikus memang kemungkinan membawa penyakit jika dimangsa oleh owl. tapi seperti saya bilang, kalau masih masa adaptasi, dia cenderung pasif terhadap mangsa.... artinya, dia cenderung memilih makanan dari manusia, bukan hasil pencariannya sendiri mas. dan juga, secara alami sebenarnya owl bisa mendeteksi adanya racun atau bakteri dalam makanannya. si errol sudah saya latih agar bisa memilih mana tikus yang aman dikonsumsi, mana yang tidak..... makanya dia saya lepas keluar saja kalau malam, dan selama ini aman2 saja..... secara naluriah, owl liar juga seperti itu kok. hanya saja kadang stress akibat proses penangkapan oleh pemburu membuat kemampuan luar biasa owl ini kadang menghilang, dan owl akhirnya memakan apapun yang diberikan.....

boleh aja sih lampunya dimatikan semua. gak masalah. cicak bisa diberikan kok. sebaiknya pastikan cicaknya bersih... :)

sehat selalu untuk owlnya...

Terimakasih dokter Fira =)

Dok, celepuk saya si tami skrg lagi rontok bulu bulu kapasnya, dia skrg selalu gigitin pohon yg dijadiin perchnya sampe belah belah gitu, terus dia jadi gak mudeng kalo dipanggil, apa emang gitu ya kalo lagi rontok bulu?
Kedua, tadi pagi saya coba beri anak tikus putih ke si tami, dia berhasil membunuh dan memakannya, tapi sampe skrg dia belum ngeluarin pellet, apa kalo celepuk emang gak ngeluarin pellet kaya barn owl ya?
Terakhir, saya pengen supaya tami si celepuk dan bilbo si barn owl bisa disatukan dan dibuat berteman, apakah bisa?, kalo bisa gimana caranya ya dok?

moulting atau istilah bahasa indonesianya mabung memang bikin burung 'gak enak badan'. mereka merasa sakit. makanya, saat mabung sebaiknya owl cukup diberi makan saja, gak usah dilatih. interaksi masih boleh dilakukan selama gak mengangkat si burung dr perchnya. ajak ngobrol aja, kadang kalau si errol lagi mabung juga saya ajak ngobrol.... :)
kalau sehabis dikasih tikus putih dia gak ngeluarin pellets, gak apa2. malah bagus. artinya kalsium dalam tulang si tikus putih tadi dicerna 100% hingga masuk seluruhnya ke owl. :)
celepuk dan barn owl bisa disatukan ASALKAN mereka sudah kenal lama. setelah moulting, bisa dicoba disatukan. kalau salahsatunya terlihat menyerang yang satu lain, pisahkan lagi. 3 hari kemudian, bisa disatukan lagi. kalau masih nyerang, pisahkan. tunggu 3 hari lagi lalu satukan lagi. terus menerus begitu sampe mereka akhirnya saling kenal... :)

errol juga punya temen sekarang. namanya padma. salam nih dari errol dan padma buat tami dan bilbo... :)

Tapi kayanya dia gak seperti gaenak badan dok, kalo saya ke ruangan dia buat ngasih makan dia nya yg super aktif terbang bolak balik perch-glove-pundak sambil ciak ciak gitu...
Btw kalo celepuk dikasih tiput mah lebih kaya elang ya cara makannya, dicabik cabik gitu, kalo bilbo kan langsung telen aja hehehe
Beberapa kali saya udh coba pegang tami di tangan kiri, bilbo di tangan kanan, mereka cuma interaksi sama saya, seolah ga ada satu sama lain gitu di tangan saya dok..
Padma sesama barn owl juga dok?

gak apa2 kalau dia langsung telen aja... :)
iya, padma barn owl juga... :)

Mbak saya kemaren ambil burHan jenis serak jawa. Di plapon rmh lt 3. Saya tangkap ada 5 ekor anakan 4 dewasa 1. Saya tertarik pelihara, cuma saya bingung kasih makan apa? Di daerah saya gak ada yang jual tikus, gak ada yang jual burung emprit. Kalo saya kasih makan kodok sawah bgmna mbak? Seperti precil itu.? Balas

seharusnya jangan mas tangkap dulu kalau memang kasusnya seperti itu. soalnya tingkat stress burung hantu yang baru menetas anaknya sangat tinggi..... bisa aja sih kasih kodok sawah, cuma saya tidak bisa jamin si owl tetep sehat. kalau boleh saya kasih saran sih mending kembalikan ke sarangnya semula mas, kasian kalau sampai si induk stress, nanti akhirnya malah mati semua.... kembali ke masnya sendiri sih... :)

Iya dok, pdahal ane cm mau pelihara 1 aja. Tp malah ditangkep semua ama om aku. Kasihan jg burungnya. Karena udah 2 hari ini belom ane kasih makan, baru emprit 2 ekor aja dalam kandang isi 5 burhan. Mungkin malam ini bakal ane lepas mbak. Kasihan.
Tp pertanyaannya, mungkinkah burhan bisa dijinakan sementara sarang serta induknya ada di atap rumah ane ?

sementara ini, biarkan sang induk mencari makan sendiri untuk anak2nya.... secara naluri sebenernya nanti si induk cari makan sendiri untuk anak2nya. kalau dijinakkan sementara dia sedang melatih anak2nya berburu, saya khawatir nanti anakanya malah gak bisa dilatih berburu oleh induknya. sementara ini mas kembalikan aja dulu ke alam, setelah anak2 serak jawa itu sudah independent (tidak tergantung kepada induknya lagi), baru mas bisa ambil induknya untuk dilatih...

Salam dok.
Maaf dok saya mau konsultasi perihal clepuk.
Tdi siang jam 1 saya diberi clepuk oleh tetangga, clepukx hasil tangkapan liar yg kelihatax udah dewasa.
Kemudian clepukx saya tempati di kardus aqua gede yg udah saya beri ventilasi, jam 2 saya beri lima jangkrik, jangkrikx gk langsung say beri pakai tangan tapi saya cemplungin di kardus, coz kelihatanx clepukx nasih blm bisa tenang, trus saya intip clepukx kog diam aja ya dok jangrikx jga gk dimam.
Menrut dok. Perawatan awal saya udah bener blm dok ?
Trus sekiranx kapan clepukx bisa saya taruh di tangkringan, coz saya kasihan klo di kardus.
Mohon respon dan bimbinganx dok

Mbak...
Maaf,yg di blog celepuk kok nggak ngirim ya?
Celepuk saya brancher soalnya masih banyak bulu kapasnya...
Kok gamau dilasangi equiptments ya?

cara kasih makannya salah. makanannya (jangkrik) disodorkan ke paruhnya, jangan hanya ditaruh gitu aja.

coba baca artikel saya cara memelihara burung hantu

kalau masih brancher, mending jangan dipasangi equipt dlu. latih aja dulu sampai dia anteng dan kenal dengan mas. kalau dia udah kenal, baru mas bisa coba pasangi angklett dengan cara dibiasakan...

misalnya: seminggu cukup pasang selama 10 menit setiap hari. minggu selanjutnya cukup 15 menit setiap hari. lalu minggu berikutnya 20 menit setiap hari.... gitu terus... :)

Mbak saya gak punya kamar kosong. Saya taroh dulu di sangkar. Udah gede.namsnya blacky.mohon saranya

kandang boleh, tapi jangan yang kecil, mas. yang besar. 1 meter x 1 meter bagusnya. kalau yang kecil dia rentan stress.

dok, untuk jenis buffy kalau sampe makan potongan daging ayam apakah berakibat fatal?

untuk buffy fish sendiri, sebenernya kurang cocok diberi daging ayam meski banyak owner buffy yang memberi makan daging ayam kepada buffy miliknya. agak beresiko memang, soalnya daging ayam sendiri kurang cocok untuk sistem pencernaan buffy fish owl. bahaya sih nggak, saya analogikan daging ayam bagi buffy fish owl itu kayak mie instan bagi manusia. gak bahaya selagi gak terlalu sering dan terlalu banyak. sedikit banyak sih mengandung resiko juga, makanya saya sarankan mending jangan kasih... :)

Mbak sebenernya yg unknown itu punya saya, maaf ya mbak, eh omong omong saya mau tanya browny ( namanya saya rubah gara2 ibu saya yg protes ) sudah sya ksih di kandang yg besar , browny sudah di masuk ke situ tdk ada reaksi takut atau stress, masalhnya saya blum bikin perch sama blum bli anjessnya, maklum bpk saya dikasih burhan untuk saya dari keponakan dari desa, mohon saranya mbak..

bisa tetep dicoba pakai kandang yang ada sekarang sambil nyiapin kandang baru yang lebih besar.

mas bisa kasih tau saya bagaimana fesesnya si brownie? feses burung hantu sehat biasanya terdiri dari 3 elemen: hitam, bening seperti air, dan putih seperti susu.

saya tunggu kabarnya ya mas.

Mbak browny udh gak terlalu takut sama saya, gak kaya dulu, kalo dulu saya deketin dia kaya mundur2 sama ngembangin sayapnya, tpi sekarang udh nggak, eh mbak saya tadi coba hand feed ke dia, dia agak takut mohon saran

This comment has been removed by the author.

itu karena dia masih belum percaya 100% sama mas. gak apa2, bertahap aja. coba sering ngobrol ama dia sambil liat matanya karena bop dan owl bisa baca pikiran kita lewat kontak mata....

kabari saya mengenai fesesnya ya mas... biar saya analisa sehat atau nggaknya.. :)

Agak padat mbak, item nya diatas agak banyak, putihnya dibawah

kalau elemen hitamnya masih banyakan daripada elemen lain, masih bisa dikatakan normal. dan sehat.

jaga terus kesehatannya. sekali lagi saya ingatkan, lagi pancaroba. banyak hewan sakit akhir2 ini... :)

kabari saya terus mas.. :)

Mbak , kayaknya browny shat tuh
Blum ada kabar terbaru dari browny mbak, eh salam dari browny buat errol sama padma

kabar terakhir gimana nih browny? :)

Malem dok.. Hari ini sy bru beli celepuk dr temen usia brancer... Nah si omen (nama clepukny) ini bunyi2 terus... Apakah wajar kek gt dok?

dok saya abis adopt barn owl usianya juve hari minggu lalu. pas baru sampe kosan ini emang jinak banget. terus makan saya suapin udah mau. tapi saya gapernah denger dia bunyi. apa itu sehat yak?kalo masalah nafsu makan sih dia rakus dok gak susah dikasih makan. kalo ane deketin juga anteng. kalo malem lampu ane matiin baru dah grasak grusuk hahaha mending lampu dinyalain atau matiin yaa dok kalo malem bagusnya biar anteng?

cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. :)

kalau fesesnya terdiri dari 3 elemen dan dia masih rakus makannya, saya kira masih sehat meski dia diam. matanya gak sering merem kan mas?

owl emang lebih gerasah gerusuh kalau malam hari, mau dimatiin lampunya atau dinyalakan, sama aja...

owlnya dah jinak, mas? :)

Mbak, saya habis pergi dari ciamis karena menjenguk kakek saya disana, browny saya tinggal 2 hari apakah gak papa nih?? Mohon saran mbak

kalo dari feses sih aman dok. warna coklat tua kehitaman, putih dan ada beningnya juga. kadang kalo udah kenyang suka merem dok mungkin kekenyangan yak?dan kalo malem lampu mati tiba tiba ada bunyi agak keras kan saya tengok dan nyalain lampu biasanya dia merem tuh dok. udah jinak kok dia dok jinak banget kalo dideketin gapernah defense dan megarin sayap bahkan kalo saya ngelus paruhnya gapernah mau nyamber jari saya dok hehe.

ada yang kasih makan gak?
kalau gak ada, jangan ditinggalin gitu aja. mending bawa.

kalaupun gak bisa dibawa, seenggajknya ada yang bisa kasih makan brownie

jaga terus kesehatannya, apalagi sekarang lagi pancaroba, banyak owl dan bop sakit. termasuk burung hantu milik saya, si errol. untung si padma masih sehat.

cek terus fesesnya ya mas. dan baca2 juga artikel lain mengenai burung hantu di blog saya ini...

Mbak, browny saya tinggal pergi 2 hari gak stress tuh mbak, fesesnya masih sama

kalau ada yang kasih makan sih gak apa2. tadinya saya kira gak ada. :)

kabari saya kalau ada apa2. tapi semoga aja nggak. :)

Mbak, saya dari dulu ampek sekarang masih rada takut sama jangkrik, saya kalo megang itu geli kalo liat gak geli, sementara ini saya pakek kaos tangan, mohon saranya mbak

gak apa2 pakai kaus tangan pegang jangkriknya, mas.. :)

Sekarang dia udah agak brani handsfeed mbak

Mbak, browny lemes tuh, kok saya ikut lemes+ kasihan sama dia ya mbak, dia susah makan mbak, mohon saran, maaf mbak saya nanya mulu...hehehe

Mbak, browny lemes tuh, kok saya ikut lemes+ kasihan sama dia ya mbak, dia susah makan mbak, mohon saran, maaf mbak saya nanya mulu...hehehe

coba kasih vitahawk aja mas.
fesesnya gimana?

maaf baru balas.. :(

Mbak punya pin?? Vita hawk belinya dimana mbak?? Fesesnya masih sama

This comment has been removed by the author.

Mbak, saya baru mau akan pelihara burung hantu. Tolong sarannya mbak. Dan apa saja yg perlu dipersiapkan/dibeli.. terimakasih

sebelumnya udah pernah pelihara? kalau belum, pilih burung hantu yang mudah dulu kayak celepuk. jangan langsung pelihara barn owl karena fatal kalau sampe mati....

lalu, baca2 artikel saya di blog ini mengenai cara memelihara celepuk. paling persiapannya itu aja. pilih celepuk yang masih anakan karena cenderung lebih mudah dijinakkan...

sebelum beli, silakan baca artikel saya ciri burung hantu sehat.

perlengkapan paling gudang atau ruangan untuk menaruh si owl, kandang jangkrik yang bisa dibeli di abang2 tukang jual jangkrik, ama tangkringan (perch). tangkringan bisa pakai apa aja. dari kayu. :)

Dok, pagi ini 'hedwig' celepuk saya mati.. sedih sekali rasanya.. apa mungkin dia stres karena diletakkan di kardus ya? tapi semalam baik2 saja waktu saya beri makan. kira2 kalau saya ingin memelihara celepuk lagi, apa tidak boleh di buatkan kandang saja? dan idealnya berapa ukuran kandang yang tepat untuk celepuk saya? mohon di balas ya dok.. terimakasih

Selamat malam dokter, izin bertanya dok, setelah beberapa bulan ini saya perhatikan paruh burung hantu saya semakin tumpul dan melengkung, owl saya juga terlihat sering menggores-gores paruhnya ditempat tangkingannya, sebaiknya kita apakan ya dok agar paruhnya tajam kembali? Karena nafsu makannya juga ikut menurun dok, walaupun makannya masih bisa dibilang banyak hehe

diberi kandang sebenernya boleh2 aja asalkan dengan ukuran yang besar, sekira dia bisa bebas dan tidak terkekang di dalamnya. meskipun demikian, akan lebih bagus kalau ada ruangan khusus tempat mbak menaruh owlnya...

gak ada dugaan karena apa dia mati? coba cek fesesnya. parameter kesehatan burung hantu bisa dilihat dari fesesnya. silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

maaf baru balas, saya sakit 2 hari ini... :(

itu wajar kok. kadang owl juga menggoreskan paruhnya jika dia sudah merasa tidak nyaman. di alam, burung hantu juga kerap mengasah paruhnya....

kasus ini sebenarnya sudah saya bahas di artikel penyebab kenapa burung hantu sering menggosok paruhnya. Silakan dibaca dlu... :)

saya baru beli burung celepuk nih dok mau tanya, sebaiknya langsung ditenggerkan, apa didiamkan dulu dikerdus ya ? soalnya saya udh beli peralatan buat bertenggernya tersebut, kalo misalnya didiamkan dikerdus sampai berapa hari ya dok? termakasih

karantina dulu di ruangan kosong. silakan mas baca artikel saya cara karantina burung hantu..

Dok,saya pernah baca kalo mau mindahin owl dari kardus ke perch dan masang equipment matanya harus ditutup. Kan kalo dari kardus susah nutup badan owlnya pake kain,langsung diangkat aja boleh gak?takutnya stres burung hantunya ,trus saya juga pernah baca karantina burung hantu itu sampe 3 hari,yang benar itu cukup 12-24 jam apa harus 3 hari dok?
Maaf banyak tanya :)

saya nggak tau masnya baca dimana. yang pasti mindahkan owl dari kardus ke perch gak perlu sambil ditutup matanya... langsung aja angkat...

soal karantina burung hantu, silakan mas baca artikel saya cara karantina burung hantu/.

Kalo untuk masang equipment ke kaki burungnya perlu ditutup matanya ga dok?apa owl nggak trauma sama pemiliknya kalo langsung dipakein?
saya pernah liat video pemasangan equipment bop,tapi elang sih bukan burung hantu,matanya dililit kain gitu,apakah sama caranya?
Makasih

saya nggak tau masnya baca dimana. yang pasti mindahkan owl dari kardus ke perch gak perlu sambil ditutup matanya... langsung aja angkat...

soal karantina burung hantu, silakan mas baca artikel saya cara karantina burung hantu/.

Waktu masang equipment maksudnya dok,buat mencegah burungnya terbang terbangan dan stres,apa perlu ditutup matanya?

saya udah jawab pertanyaan mas. :)
gak perlu.

Permisi dok, saya punya oriental bay owl, umurnya sudah hampir satu tahun, akhir akhir ini saya banyak agenda diluar rumah, sehingga si burung hantu cuma sempat saya kasih makan dan sekedar disapa saja tanpa diajak bermain atau dilatih. Saya merasa kasihan, tapi mau bagaimana lagi kegiatan-kegiatan saya tidak dapat diganggu gugat. Jadi saya mau minta tolong siapa tau dokter atau para pembaca blog ini saya persilahkan apabila bersedia dan mampu memelihara burung hantu oriental bay owl milik saya, saya tidak akan meminta imbalan uang sepeserpun. Diutamakan berdomisili di Bandung supaya burung hantunya tidak usah di kirim terlalu jauh. Terimakasih banyak.
Hubungi saya di 081214743971 (Andika)

hayo kalo yang berminat, bisa hubungi mas andika.
atau kalau emang urgent, mas bisa tawarin di grup jual beli burung bandung di facebook... pastikan adopternya tahu cara merawatnya ya mas...

mau tnya,kalo burhan celepuk di kasih minum susu formula apakah boleh...

ngaco..... jelas gak boleh, mas...

dok saya mai nanya nih kalo burhan di taro ke kardus pas malem gpp ya? (hanya 1 hari)? makasih

kalau hanya untuk 1 malam aja, gak apa2. asalkan jangan selamanya seperti itu. :)

Malam dok. Celepuksaya gatau umurnya berapa yg jelas masih tahap belajar terbang tapi sudah mulai bisa tidak pernah saya kandangin dan di ikat kakinya.apa itu perlakuan yg benar atau ada yg lain?

Maaf dok maksud saya,saya tidak ikat kakinya jadi saya biarkan di kamar saja (menggunakan perch).trrimakasih dok

emang bagusnya kayak gitu, gak pake perch. biar dia lebih percaya sama kita, ownernya. :)

si errol aja seumur2 gak pernah saya pasangin angklett... :)

Dok, kalau burung hantunya saya taruh dikamar tidur saya, dengan AC, tidak apa2kah?

mending ac-nya di set agar tidak terlalu dingin.
atau kalau mau aman, mending taruh di ruangan non ac aja...

Halo dok.keluarga saya membeli celepuk dan menaruhnya dalam rumah.memakai perch dan dibawahnya ditaruh koran,terkadang di ruang tamu/ruang belakang,bukan ruangan khusus.saya mengkhawatirkan kotoran/ bulu yg rontok krn ada bayi.apakah bisa menimbulkan penyakit? Terimakasih dok

kalau mbak rajin2 membersihkan kotorannya, saya kira aman. karena sayapun dulu memelihara si errol waktu saya masih kuliah, ngekos. saya dan si errol satu ruangan karena kosan saya dulu kecil. dan alhamdulillah selama ini sehat2 saja karena saya rajin membersihkan ruangan dan rumah tempat kami tinggal...


lain halnya kalau ada bayi. saya juga baru menjadi seorang ibu, hihihi, jadi agak parnoan waktu si baby main sama si errol. sebenernya sih saya yakin si errol dan padma, burung hantu saya, bersih. tapi tetap saja, daya tahan bayi kan lebih rentan daripada orang dewasa.

jadi saya biasanya memisahkan dulu si errol dan padma di ruangan khusus main mereka berdua..... :)

kabari saya terus ya mbak..

Malam dok.
Mau nanya nih.
Saya adop owl ada 2.pertama obay dan kedua buffy.krg lbh sudah 4bln.namun yang obay sudah di adop oleh teman saya.jd sekarang tgl buffy fillo namanya.sementara saya kerja dikarawang rmh dijkt.jd sminggu hanya 3x saya drmh.tpi fillo dihandle oleh istri saya dr pakan kebersihan dll nya.malah sampai fillo lbh dekat dgn istri drpd sama saya sering aga bating.nah yg jd masalah sekarang istri saya bru kemarin dicek positif hamil.adakah pengaruh utk kesehatan istri dan janin.mslh bkn pd terlantarkan si fillo nya namun pada kesehatan bumil dan mitos mitos terhadap pengaruh dr owl tsb misal kan.owl terkenal dgn makan ganas mencabik dan mencaplok mamgsa.nanti anak nya bsa bsa ga normal itu cnth slh satu mitos.dan jga pd kesehatan bunil tsb bagaimana?mohon penjelasan nya dok.trima kasih.

sebelumnya maaf karena baru balas.
soal mitos sebenernya saya nggak percaya. jadi saya fokus ke hewannya aja ya mas... :D

kalau kebersihan hewannya dijaga, sebenernya gak masalah. namun balik lagi ke masnya.... saya sendiri sebenernya menyarankan agar istri dicek dulu kandungannya, apakah istri ada riwayat alergi hewan atau semacamnya? ataukah kandungannya lemah?

kalau iya, mending jaga jarak dulu dengan hewan peliharaannya... :)

Dok burung hantu saya jenis tito alba kemarin makan kain, skrg dia tidak buang kotoran, mohon saran dan info nya dok

sekarang gimana keadaannya mas?
sebesar apa kainnya? kalau emang besar, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja biar dikasih obat....

Dok, kalau BO yg dirawat dari chick di dalam rumah, saat mulai terbang di simpan di luar rumah apakah tidak akan kabur kalau tanpa di ikat ?

jangan ditaro di luar rumah mas, udara lagi gak bagus buat burung hantu. lagi banyak hewan sakit karena perubahan cuaca....


lebih baik jangan ambil resiko melepas burung hantu di luar ruangan kalau dia belum benar2 bonding dan belum latihan. resiko escape (lepas) sangat besar....

mungkin mas bisa baca artikel saya cara agar burung hantu giring kandang...

siang,,,usia brapa bulan owl bisa mengeluarkan suara, dan brapa lama fira melatih owl hingga dia bisa mencari makan sendiri

saya sih nggak pernah ngitungin berapa lama saya pelihara si errol sampe dia bisa makan sendiri dari alam, soalnya ya semuanya ngalir gitu aja. si errol juga gak pernah saya jinakkin, dia jinak sendiri sama saya. :D

tapi kalo diitung2 sih, dari awal pelihara sampe dia bisa bonding dan giring kandang, lebih dari 2 tahun deh mas... :)

Dok mau nanya obay saya agak defendsive sama buffy yang baru kalo di satu ruangan gudang , gimana ya dok kalo saya pulanh kerja di diemin kira2 bakalan saling cabik ga? Trus ada solusinya ga dok biar mereka bisa akur trima kasih

mending pisahin aja, mas. namanya hewan kan mereka mengikuti insting. meski kecil kemungkinan, tapi ya jaga2 aja.

bikin aja owlbox dari kardus besar buat si obay. kardus akua botol yang besar (akua botol ukuran seliter), kasih tangkringan di dalamnya. kasih lubang2 udara di sisi2nya...

Dok saya baru beli burhan di pasar hewan, aku udah taruh sekitar 5 di kandang untuk beradaptasi di sekitarnya, dia agak berontak, kalo dikasi makan (jangkrik), dia itu di cotot aja nggak di makan, gimana itu dok? Itu normal apa ada gejala sakit? Burungnya celepuk masih bulu jarum

usahakan tetep makan. mas kasih makan jangkriknya gimana? harus disodorin ke paruhnya. kasih yang kecil2 aja jangkriknya, biar dia gampang makannya....

coba mas baca artikel saya: cara agar burung hantu tetap sehat. kasih obat yang saya tulis di artikel itu. :)

dok saya mau beli burhan tapi saya amateur untuk peliara burhan tapi saya ingin peliara yg jenis buffy fish owl yg tingkat kesulitan untuk di peliara sangat sulit, apa dianjurkan untuk buffy saja atau harus dari celepuk dulu.

makasih

saya sarankan, celepuk atau oriental bay owl aja mas. :)
artikelnya udah ada. :)

Dok ada sosmed lain ga selain disini buat tanya tanya soal owl..

ada fanpage, tapi buat share artikel aja. kalo konsultasi ya di blog ini. atau chatting di blog ini kalau saya lagi online... :)

Drh.Fira celepuk saya pilek bbrp hari ini, pgi dia mimisan.. Penanganannya gmna yah?

Salam kenal dok,
Saya punya burung lovebird kena sakit mata,sekarang kondisinya udh memprihatinkan soalnya matanya udh ga bsa melek.
Kira2 itu kena sakit apa yah?
Terus cara menyembuhkannya gmna dok??

Ass. Saya punya burung hantu jenis topeng dikasih teman 3 bulan yang lalu. Akhir2 ini diatas genting rumah saya pada tengah malam sering terdengar suara kuntilanak yang tertawa panjang. Padahal sebelum owl itu ada dirumah saya sama sekali tidak ada gangguan apapun. Saya ingin memberikan kepada penyuka burung hantu/owl tersebut dengan GRATIS.

waduh, serius tuh mas? :D
masnya percaya kalau burung hantu mengundang makhluk halus? kalau masnya percaya, nah kepercayaan mas itu yang bikin si kunti muncul. jadi bukan burung hantunya.

sejujurnya dulu juga saya sempet dibilangin begitu, tapi ternyata gak ada apa2 karena saya gak percaya hewan bisa mengundang setan. udah saya tulis artikelnya deh...

dok knpa ya burung hantu saya suka nyerang sodara saya wkwkw padhal ke saya atau ke babeh pun gak knpa knpa, namun ke orang orng tertentu suka di serang dok. udah 2 korban sodara sama temen saya kena cakar jdi bingung.

Dok mau tanya kalau burung sya kan masih brancher setiap pake anklet suka nyabutin bulu kaki sampe botak..hehe(masa harus kasih sampo rambut biar tumbuh lagi bulunya..hahaha),sama terbang terbang terus ga betah di tangkringan..gamana dok ngatasi nya biar anteng di tangkringan??? ..di jawab ya bu dok da cantik..hahahaha

Assalamualaikum bu dokter, sudi sekiranya dokter memberi arahan pada saya, apa saja yang harus dimiliki&di pahami apabila ingin mengadopsi burhan CELEPUK si rumah.
Terimakasih arahannya
Assalamualaikum

pelajari dulu caranya. mas bisa baca semua artikel saya tentang burung hantu di blog ini... :)

Permisi dok , ini saya ingin adopt barn owl ( saya udah punya celepuk namanya seoli udah jinak tapi masih belum mau makan di tangan) yang mau saya tanyakan
1. Dengan adanya dua burung hantu apakah gapapa dok dalam satu ruangan?
2.Saya berpikiran untuk adopt yang chick disamping lebih terasa memiliki suatu partner karena dari kecil dirawatnya dan mudah jinak , untuk makanannya daging ayam yang saya file tidak papa dok? Soalnya penjual deket rumah saya banyak dg ayam
3 apakah Barn owl harus pake bow perch ? Saya biasanya bikin tenggera bambu
Itu dulu dok , maaf banyak nanya , terima kasihh

Dok, jenis owl/bop yg bisa makan ikan/jangkrik jenisnya apa ya dok? Sy nyarinya yg yingkat stress rendah & harga terjangkau(maklum sy bokek)

celepuk dan oriental bay owl, mas... :)

bisa ikan sama jangkrik kok...


Silakan upload gambar.