Jangan Memelihara Burung Hantu Jika... | Drh. Fira Sovica

Seperti halnya memelihara sugar glider, memelihara musang, atau memelihara hewan lain, memelihara burung hantu juga membutuhkan komitmen yang besar, terutama burung hantu dengan tingkat stress tinggi. Tingkatan stress burung hantu berdasarkan jenisnya bisa anda baca di artkel tingkat kesulitan memelihara burung hantu.
syarat memelihara burung hantu
Image taken from en.wikipedia.org
Sebenarnya,

memelihara burung hantu

hanya cocok kepada mereka yang memiliki komitmen tinggi terhadap hewan peliharaannya. Hal ini dikarenakan burung hantu bukan hewan yang mudah sembuh kembali seperti sediakala jika sakit. Artikel ini akan coba mengupas apa saja syarat memelihara burung hantu. Jangan coba-coba memelihara burung hantu, baik itu burung hantu celepuk atau burung hantu barn owl atau jenis burung hantu yang lainnya jika anda tidak memenuhi beberapa syarat memelihara burung hantu ini. Jangan memelihara burung hantu jika....
  1. Jangan memelihara burung hantu jika anda tidak tahu cara memelihara burung hantu tersebut.
  2. Sangat penting untuk mempelajari cara memelihara burung hantu celepuk atau memelihara burung hantu barn owl sebelum memutuskan untuk membeli burung hantu tersebut.
  3. Jangan memelihara burung hantu jika anda sering bepergian dalam waktu lama.
  4. Burung hantu perlu penanganan cepat, baik itu perawatannya maupun penanganan saat sakit. Maka dari itu, jika anda termasuk orang yang kerap bepergian ke luar kota, sebaiknya anda jangan memelihara burung hantu kecuali jika memang ada orang yang merawat burung hantu anda saat anda bepergian.
  5. Jangan memelihara burung hantu jika anda tidak mau terganggu dengan suara bising di malam hari.
  6. Seperti yang kita ketahui bersama, burung hantu adalah hewan nocturnal (hewan yang aktif di waktu malam). Dan burung hantu kerap mengeluarkan suara-suara gaduh pada malam hari. Jangan mencoba-coba memelihara burung hantu jika anda tidak mau terganggu dengan suara burung hantu.
  7. Jangan memelihara burung hantu jika anda tidak mau melatih burung hantu tersebut.
  8. Burung hantu bukan hewan peliharaan manja seperti kucing atau anjing. Dasarnya, burung hantu adalah burung pemburu (bird of prey, BOP) sama seperti alap-alap, elang, dan lain sebagainya. Tugas anda sebagai partner bukan untuk menghilangkan naluri dasar burung hantu tersebut. Tugas terberat seorang owner burung hantu adalah menjaga agar naluri buas burung hantu anda tetap ada dan menjaga agar burung hantu tersebut tidak menganggap anda sebagai mangsa. Untuk tujuan itu, dibutuhkan proses manning, yaitu proses pengenalan diri pemilik burung hantu kepada burung hantunya. Proses manning kepada burung hantu harus dilakukan terus menerus selama burung hantu ada di tangan anda. Cara manning pada burung hantu adalah dengan melatih burung hantu anda. Cara melatih burung hantu bisa dibaca di artikel cara training burung hantu.
  9. Jangan memelihara burung hantu jika anda tidak siap terluka.
  10. Seperti yang saya jelaskan di poin kedua, burung hantu adalah jenis burung pemburu yang sangat mungkin melukai anda. Burung hantu memiliki paruh dan cakar yang tajam, yang sangat mungkin digunakannya untuk menyerang anda. Jangan memelihara burung hantu jika anda tidak siap menerima luka cakar, luka gores, dan luka akibat patukan dan serangan burung hantu.
Demikian adalah beberapa

syarat memelihara burung hantu

yang saya rangkum dalam artikel jangan memelihara burung hantu jika.... . Semoga artikel di atas bisa menjadi penambah wawasan sekaligus jadi referensi bagi anda yang ingin memelihara burung hantu. Terima kasih. (FS)

186 Responses to "Jangan Memelihara Burung Hantu Jika..."

  1. Selamat pagi Dokter Fira, saya mau menanyakan tentang burung hantu.
    Saya punya celepuk betina usia 5 bulan namanya opin, sudah 2 minggu saya adopt, dilepas di kamar saya. Ada beberapa yg mau saya tanyakan.
    1. Setiap saya masuk kamar dia selalu mengembangkan sayap seperti ketakutan.
    2. Opin sudah pernah saya karantina tetapi tetap saja galak dan masih seperti pertanyaan saya nomor 1.
    3. Untuk pemasangan equipment itu usia berapa ya dok? Opin pernah saya pasang anklet tetapi sepertinya dia tidak suka, sampai dia bisa melepaskannya sendiri.

    Untuk sekarang mungkin itu saja dok. Mohon informasi dan sarannya. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi mas jeihan. salam kenal.
      kalau boleh tahu, mas udah berapa lama mengadopsi opin? memang, burung hantu kerap mengembangkan sayapnya dan kepalanya goyang2 (defends) kalau dia belum percaya kepada ownernya. cara agar opin mengenal mas dengan baik yaitu dengan melepaskannya di dalam kamar dan membiarkan si opin melihat mas tertidur. selengkapnya mas bisa baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu.

      untuk equipt nanti saja kalau sekira si opin sudah mengenal mas sebagai tuannya. jangan lupa latih juga ya mas, dengan melatih si opin nanti dia sendirinya akan mengenal mas sebagai tuannya.... cara melatih burung hantu bisa dibaca di cara melatih burung hantu

      salam dari errol, burung hantu barn owl saya, untuk opin... :)

      Delete
    2. Saya baru adopsi opin hampir sebulan dok. untuk jinaknya dalam waktu berapa lama ya dok?
      Kalau makanan untuk celepuk selain jangkrik apa ya dok? ulat boleh kah?

      Delete
    3. tergantung karakter burungnya sih. ada yang emang gampang jinak, ada juga yang berkarakter kuat..... saya sendiri dulu dapet si errol udah tua, galaknya ampun2an, tapi sekarang bisa saya lepas ke luar rumah kalau malem, dia cari makan sendiri di luar..... adzan subuh biasanya dia dah ada di perch-nya.... rata2 manning (proses penjinakkan) 2 hingga 3 bulan.... :)

      celepuk sih pas jangkrik. sesekali bisa diberi bisa diberi bayi tikus putih..... jangan dikasih ulet hongkong, terlalu panas buat burung hantu... :)

      Delete
    4. Oh begitu. disini susah cari tikus putih dok, jadi makanannya jangkrik aja.
      Oh iya dok, opin kalau malam sampe subuh dia suka terbang terbangan tapi sering banget nabrak langit2, itu tidak apa apa kah? takut cidera doang kepalanya.

      Delete
    5. gak apa2. dila lagi belajar terbang itu. kalau bisa, mas sediain kardus yang agak besar seperti bekas tv atau bekas kulkas, kasih tangkringan di dalemnya dr kayu, lalu taruh burung hantunya di situ.... kalau dusnya besar, dia gak apa2 kok ditaruh di dus... asalkan jangan ditaruh di kandang atau dus yang kecil..... :)

      Delete
    6. Mbak saya gak punya kamar kosong. Saya taroh dulu di sangkar. Udah gede.namsnya blacky.mohon saranya

      Delete
    7. kandang boleh, tapi jangan yang kecil, mas. yang besar. 1 meter x 1 meter bagusnya. kalau yang kecil dia rentan stress.

      Delete
    8. Mbak sebenernya yg unknown itu punya saya, maaf ya mbak, eh omong omong saya mau tanya browny ( namanya saya rubah gara2 ibu saya yg protes ) sudah sya ksih di kandang yg besar , browny sudah di masuk ke situ tdk ada reaksi takut atau stress, masalhnya saya blum bikin perch sama blum bli anjessnya, maklum bpk saya dikasih burhan untuk saya dari keponakan dari desa, mohon saranya mbak..

      Delete
    9. bisa tetep dicoba pakai kandang yang ada sekarang sambil nyiapin kandang baru yang lebih besar.

      mas bisa kasih tau saya bagaimana fesesnya si brownie? feses burung hantu sehat biasanya terdiri dari 3 elemen: hitam, bening seperti air, dan putih seperti susu.

      saya tunggu kabarnya ya mas.

      Delete
    10. Mbak browny udh gak terlalu takut sama saya, gak kaya dulu, kalo dulu saya deketin dia kaya mundur2 sama ngembangin sayapnya, tpi sekarang udh nggak, eh mbak saya tadi coba hand feed ke dia, dia agak takut mohon saran

      Delete
    11. This comment has been removed by the author.

      Delete
    12. itu karena dia masih belum percaya 100% sama mas. gak apa2, bertahap aja. coba sering ngobrol ama dia sambil liat matanya karena bop dan owl bisa baca pikiran kita lewat kontak mata....

      kabari saya mengenai fesesnya ya mas... biar saya analisa sehat atau nggaknya.. :)

      Delete
    13. Agak padat mbak, item nya diatas agak banyak, putihnya dibawah

      Delete
    14. kalau elemen hitamnya masih banyakan daripada elemen lain, masih bisa dikatakan normal. dan sehat.

      jaga terus kesehatannya. sekali lagi saya ingatkan, lagi pancaroba. banyak hewan sakit akhir2 ini... :)

      kabari saya terus mas.. :)

      Delete
    15. Mbak , kayaknya browny shat tuh
      Blum ada kabar terbaru dari browny mbak, eh salam dari browny buat errol sama padma

      Delete
    16. kabar terakhir gimana nih browny? :)

      Delete
    17. Mbak, saya habis pergi dari ciamis karena menjenguk kakek saya disana, browny saya tinggal 2 hari apakah gak papa nih?? Mohon saran mbak

      Delete
    18. ada yang kasih makan gak?
      kalau gak ada, jangan ditinggalin gitu aja. mending bawa.

      kalaupun gak bisa dibawa, seenggajknya ada yang bisa kasih makan brownie

      Delete
    19. Mbak, browny saya tinggal pergi 2 hari gak stress tuh mbak, fesesnya masih sama

      Delete
    20. kalau ada yang kasih makan sih gak apa2. tadinya saya kira gak ada. :)

      kabari saya kalau ada apa2. tapi semoga aja nggak. :)

      Delete
    21. Mbak, saya dari dulu ampek sekarang masih rada takut sama jangkrik, saya kalo megang itu geli kalo liat gak geli, sementara ini saya pakek kaos tangan, mohon saranya mbak

      Delete
    22. gak apa2 pakai kaus tangan pegang jangkriknya, mas.. :)

      Delete
    23. Sekarang dia udah agak brani handsfeed mbak

      Delete
    24. Mbak, browny lemes tuh, kok saya ikut lemes+ kasihan sama dia ya mbak, dia susah makan mbak, mohon saran, maaf mbak saya nanya mulu...hehehe

      Delete
    25. Mbak, browny lemes tuh, kok saya ikut lemes+ kasihan sama dia ya mbak, dia susah makan mbak, mohon saran, maaf mbak saya nanya mulu...hehehe

      Delete
    26. coba kasih vitahawk aja mas.
      fesesnya gimana?

      maaf baru balas.. :(

      Delete
    27. Mbak punya pin?? Vita hawk belinya dimana mbak?? Fesesnya masih sama

      Delete
  2. Sudah pernah ditaruh di kardus dok, tapi dia ga betah, berisik banget pengen keluar. Karena ga tega jadi dilepas deh di kamar.
    Tapi kadang jengkel kalo dia terbang terus buang kotoran, pernah sampe buang kotoran di kasur saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya udah kalo begitu. :D
      biar gak ngotorin tempat tidur, lapis ama plastik lembaran aja mas tiap mau pergi... saya jg dulu gitu pas si errol masih belum jinak.. :)

      Delete
    2. Terima kasih banyak sarannya dok, semoga opin bisa cepat jinak seperti errol :)

      Delete
  3. Dok, opin kok matanya sering merem gitu, yang sebelah kanan. itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu siang apa malam?? nafsu makannya gimana??
      kalau nafsu makannya berkurang atau gak mau makan samasekali, kemungkinan sakit. tapi kalo normal sih sehat2 aja...

      Delete
    2. Malam dok. nafsu makan sih sama tapi kadang kalo baru suapan pertama dia mundur-mundur, jadi harus ditempel ke mulutnya baru mau dimakan. Setelah itu baru mau makan seperti biasa.

      Delete
    3. kalo itu gak apa2. coba aja mas kasih air kelapa muda sedikit ke mulutnya, 2 kali sehari.... :)

      Delete
    4. Dok mau nanya lagi. hehe maaf nanya mulu.
      Lampu kamar kalo malam kan di matiin, nah opin terbangnya nabrak langit2 terus. tapi kalo lampu nyala dia anteng aja di perch. terbang/pindah tempat juga ga berisik. itu kenapa ya? bukannya burung hantu penglihatannya lebih jelas dalam kegelapan ya?

      Delete
    5. iya, mending jangan dimatiin mas. kalau dimatiin dia malah biasanya terbang2.... :D

      Delete
  4. permisi dok numpang nanya, emang kalau misalkan si burung hantu ditaruh di kamar apa kotoran nya nggak tersebar kemana2 ? sekalipun si burung hantu sudah jinak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau benar-benar sudah jinak, kadang malah dia tahu dimana harus pup. seperti si errol, dia selalu tahu dimana harus pup. pokoknya kalau saya menghampar koran di lantai, dia akan pup di situ. jadi saya tidak repot. kalau belum jinak, sebaiknya pasangkan anklett dan jesse, diikat ke perch, lalu dibawah perchnya dihamparkan koran agar kotorannya tidak langsung kena lantai..... cara membuat perch bisa dicari di artikel cara membuat perch, silakan gunakan menu cari artikel diatas... :)

      Delete
  5. Sore dok ...maaf dok ...kalau saya tdk salah ingat, saya pernah membaca dokter waktu pertama memelihra eroll di kos ya? Sharing dong dok , bgmn dokter mengatasinya ? Burhan sering bunyi berisik , apakah anak kos lain ga terganggu ? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya pelihara errol sejak di kos dlu. terganggu sudah pasti terganggu, mereka kadang protes. makanya saya sering pindah dari kosan satu ke kosan lainnya, hahahaha.... beruntung akhirnya saya dapet kos yang agak jauh dr kampus dan agak, hmm, angker soalnya ada 'cerita'nya. tapi alhamdulillah saya memang ada 'bakat' seperti itu, jadi ya biasa aja. 'mereka' kadang malah nganterin errol pas awal2 si errol saya lepas untuk cari makan di luar. 'mereka' gak akan ganggu kalau kita gak ganggu, mas... :)

      Delete
  6. Wah ...tp burhan ga ada hub ya dok sama bgituan ? Krn pelihara burhan jd mengundang atau manggil mahluk halus datang ?

    Oya dok , seberapa berisik burhan dok saat ma'lam hari ? Di rumah ada ortu udah 70 th, takut kasian jg keganggu tidurnya ...trus klo berisik sekali dan sering bunyi takut tetangga marah ....
    ?
    Maaf dok , saya biar bener2 siap sblm pelihara burhan...
    Maaf dok , saya nanyanya aneh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak juga. sebenernya semua hewan malam agak berkaitan dengan hal2 seperti itu. :D

      gak berisik banget sih mas. paling juga sesekali bersuara.kalau mau, taruh aja di ruangan tertutup. gak apa2, saya malah seneng kalo ada yang nanya. :D

      Delete
  7. Wah ..."agak berkaitan " ya dok?

    Iya dok ....makasih yah dokter =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. semua hewan malam seperti itu. :)
      gak ada yang perlu di takutin, mas. :D

      Delete
  8. Assalamualaikum dok
    Saya mau bertanya
    saya pengen adopt celepuk,tapi lahan untukmenyimpan celepuknya sulit
    adakah saran untuk tempat menyimpan celepuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. taruh di ruangan sepi seperti gudang saja. jangan terlalu panas. dan sirkulasi udaranya bagus... :)

      Delete
  9. nah gudang dirumah saya ventilasi udaranya tertutup sama barang2,dan jga cukup penuh gudangnya,klo sepi iya...,suhu udaranya cukup dingin klo malam,dan di rumah saya jga ada kucing.Akan kah berpengaruh sama si celepuknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. taruh aja di gudang tapi, nyalakan lampunya agar si celepuk sedikit merasa hangat (bisa diganti dulu lampunya dengan yang ber-watt besar jika memang udaranya sangat dingin).
      selama si kucing gak mengganggu celepuknya, sepertinya aman2 aja... silakan mas baca artikel CARA MEMELIHARA CELEPUK :)

      Delete
  10. terima kasih sarannya dokter,ntar saya konsultasi lgi ya klo udh ada celepuknya :D

    ReplyDelete
  11. Dok saya mau ngadop si burhan nih,tapi di rumah gak memungkinkan buat ruangan ngelepas si burhan,mohon pencerahanya :D

    ReplyDelete
  12. Dok, bikin posting tentang burung Falk dong...


    Cara merawat & melatih nya... :D thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik, nanti saya buatkan. terima kasih sarannya mas... :)

      Delete
  13. Pagi dok, izin bertanya, bagaimana cara membawa burung hantu agar tidak stres dalam perjalanan ya dok? Saya mau membawa keluar kota. Terima kasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. di box saja. usahakan agar suhu tetap stabil (tidak kedinginan, tidak kepanasan), dan hindari dari guncangan. Lebih aman jika box tersebut mbak taruh di pangkuan saja.... jangan di bagasi... :)

      Delete
  14. maaf dok saya mau nanya ..
    saya mau plhara burhan,dan saya sudah tau cara pliharanya
    cuma saya masih tinggal sama ortu... mungkin bakal di omelin :v
    nah kalo saya beli trus burhan di taro di dlm rumah,gmn dengan kotarannya ?
    trus kalo burhan taro rumah bakal terbang terbangan ga ?
    nah terus kalo saya taro di luar cma di kasi tangkringan bakalan kabur ga?
    trus kalo ngasih makan burhan sama ngajak mainnya jam brp ?
    trus kalo burhan katanya burhan kalo malem malem suka brisik ...
    nah itu solusinya gmn?

    sry dok banyak tanya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tidak apa2 banyak tanya. saya malah seneng. :)
      saya akan coba jawab:
      1. kalau mau dipelihara di dalam rumah, ya pasti harus rajin2 dibersihin kotorannya agar tidak bau. saya dan si errol juga gitu. kebetulan semua keluarga saya pecinta burung pemburu, dan masing2 bertanggung jawab atas kebersihan peliharaannya. yang pasti, iya, awalnya pasti bakal terbang2an. tapi lama2 dia akan ngerti....
      2. kalau dia sdah bisa terbang, besar kemungkinan dia bakal kabur kalau ditaruh di luar...
      3. silakan baca artikel cara memelihara celepuk agar tahu jam berapa aja burung hantu diberi makan.
      4. iya, burung hantu memang kalau malam suka berisik. namanya juga hewan nocturnal mas. :)
      semoga membantu...

      Delete
  15. itu kotorannya kalo baru beli bakal berserakan ga ?
    ato kalo kita kasi koran bakal buang kotoran di situ ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. kalo awal2 dan dia belum diajari pup di koran, dia bakalan kemana2 kotorannya.
      bisa diajari pup di koran. si errol juga gitu. butuh waktu, tapi pasti bisa... :)

      Delete
    2. Halo dok kok burung hantu saya jarang bunyi. malah hampir gk pernah itu wajar apa gk ya dok

      Delete
    3. selama nafsu makan dan fesesnya oke, kayaknya nggak masalah...

      Delete
  16. misal nya kalo pagi pagi di taro di kardus ,malem nya di lepasin di kamar bisa ga ?
    jenis nya celepuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh asalkan dusnya agak besar mas. minimal 2x besar dus mie instan... :)

      Delete
  17. Halo dok Fira apa kabar akhirnya saya membeli barnowl kmrin .....kata penjualnya bilang sih juvenile...dan dia mencoba membuktikan nya dg menelentang kan barnowl lalu did buka sayapnya , Dan dia menunjuk bag dalam sayapnya ( seolah ingin membuktikan itu betul juve bukan mature )
    Oya ukuran barnowknya kira2 setinggi 1 lembar kertas HVS ..
    Saya ada beberpa Pertanyaan dok

    1. Bgmn membedakan bracher , juve , Dan matur hanya dg melihat langsung bulunya seperti penjuak tadi ?

    2. Saya pernah merasakan dipatuk patuk celepuk dan ditenggeri celepuk ...ga sakit Sama sekali ....apakah utk barnowl jg dok ?
    Apakah .sy harus pake sarung tangan? Klo ditenggeri barnowl apakah kulit tgn bisa luka agak dalam atau teriris dok kulit saya sekali?
    3. Dmn saya membeli anakan tikus putih dok atau anakan puyuh Dan berapa harganya kira2 dok

    Terimakasih dok fira

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas pertanyaannya. saya coba jawab.
      1. mungkin si penjual menyamakan cara membedakan usia ayam, hehehe. secara prinsip, bisa saja dengan cara seperti itu. tapi jujur saja, agak susah untuk membedakan usia owl secara visual.
      cara yang sering saya gunakan di klinik biasanya melihat dari kepadatan rongga dalam bulu. cari bulu tua (bulu yang kelihatannya paling kokoh, biasanya ada di pinggir atau ujung sayap), dan melihat kepadatannya.... biasanya, bulu burung hantu mature memiliki rongga bulu yang lebih lebar dibandingkan yang juvenile. burung hantu juvenile memiliki rongga bulu yang lebih sempit...
      2. ya, kira2 seperti itu juga ditenggeri barn owl.
      kecuali kalau si errol. dia kalau kesel sama saya biasanya mencengkram pergelangan saya sampai baret2. yah, namanya bocah, hehehehe...
      amannya sih pakai glove (sarung tangan khusus falconry), cara yang lainnya dengan memotong kuku burung hantu. tapi sebenernya gak pake glove juga aman aja karena paling hanya luka baret kecil aja, gak sampe berdarah.... :)
      3. bayi tikus putih biasanya bervariasi, antara 2000 perekor hingga 3000. rata2 sih 2000 mas. tikus putih juga gak jauh beda kok harganya. cari aja di pasar hewan terdekat, biasanya ada yang jual... :)

      Delete
  18. Terimakasi dok ...1 lagi dok ...seperti yg dokter ajarkan , barnowl saya taruh Di gudang selama 3 hari ..skrg hari .ke 2......gudanngnya Luas sekitar 2m x 8 m...tp Di gudang itu sering ada tikus dan kecoa , bgmn ya , sy takut barnowl memangsa tikus dan kecoa .....

    Oya dok apakah usia barnowk bisa diperkirakan dr tinggi badannnya ?

    Terimakasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa-apa, taruh saja di situ. soal nanti dia makan mangsa berupa tikus atau lain2, biarkan saja. biasanya, kalau masih masa adaptasi, dia cenderung pasif terhadap mangsa....

      usia barn owl (dan usia owl lain) tidak bisa diperkirakan dari tinggi badan. tapi memang ada rata2 tinggi badan bagi owl usia juvenile, mature, dll.... :)

      udah dikasih makan barn owlnya mas? :)

      Delete
  19. Sdh dok sementara pakai daging sapi mentah buat masak hiks ..
    Seingat saya dok pernah bilang kecoa dan tikus rumah bawa penyakit..bgmn dok klo smp dimangsa oleh barnowl ?

    Dok gudang saya tinggi plafonnya 4 meter ...klo malam , bolehkah lampu semua saya matikan total semua..?jd gelap gulita ...

    Oya dok ..klo cicak bgmn dok...cicak jg byk ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, betul. kecoa dan tikus memang kemungkinan membawa penyakit jika dimangsa oleh owl. tapi seperti saya bilang, kalau masih masa adaptasi, dia cenderung pasif terhadap mangsa.... artinya, dia cenderung memilih makanan dari manusia, bukan hasil pencariannya sendiri mas. dan juga, secara alami sebenarnya owl bisa mendeteksi adanya racun atau bakteri dalam makanannya. si errol sudah saya latih agar bisa memilih mana tikus yang aman dikonsumsi, mana yang tidak..... makanya dia saya lepas keluar saja kalau malam, dan selama ini aman2 saja..... secara naluriah, owl liar juga seperti itu kok. hanya saja kadang stress akibat proses penangkapan oleh pemburu membuat kemampuan luar biasa owl ini kadang menghilang, dan owl akhirnya memakan apapun yang diberikan.....

      boleh aja sih lampunya dimatikan semua. gak masalah. cicak bisa diberikan kok. sebaiknya pastikan cicaknya bersih... :)

      sehat selalu untuk owlnya...

      Delete
  20. Dok, celepuk saya si tami skrg lagi rontok bulu bulu kapasnya, dia skrg selalu gigitin pohon yg dijadiin perchnya sampe belah belah gitu, terus dia jadi gak mudeng kalo dipanggil, apa emang gitu ya kalo lagi rontok bulu?
    Kedua, tadi pagi saya coba beri anak tikus putih ke si tami, dia berhasil membunuh dan memakannya, tapi sampe skrg dia belum ngeluarin pellet, apa kalo celepuk emang gak ngeluarin pellet kaya barn owl ya?
    Terakhir, saya pengen supaya tami si celepuk dan bilbo si barn owl bisa disatukan dan dibuat berteman, apakah bisa?, kalo bisa gimana caranya ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. moulting atau istilah bahasa indonesianya mabung memang bikin burung 'gak enak badan'. mereka merasa sakit. makanya, saat mabung sebaiknya owl cukup diberi makan saja, gak usah dilatih. interaksi masih boleh dilakukan selama gak mengangkat si burung dr perchnya. ajak ngobrol aja, kadang kalau si errol lagi mabung juga saya ajak ngobrol.... :)
      kalau sehabis dikasih tikus putih dia gak ngeluarin pellets, gak apa2. malah bagus. artinya kalsium dalam tulang si tikus putih tadi dicerna 100% hingga masuk seluruhnya ke owl. :)
      celepuk dan barn owl bisa disatukan ASALKAN mereka sudah kenal lama. setelah moulting, bisa dicoba disatukan. kalau salahsatunya terlihat menyerang yang satu lain, pisahkan lagi. 3 hari kemudian, bisa disatukan lagi. kalau masih nyerang, pisahkan. tunggu 3 hari lagi lalu satukan lagi. terus menerus begitu sampe mereka akhirnya saling kenal... :)

      errol juga punya temen sekarang. namanya padma. salam nih dari errol dan padma buat tami dan bilbo... :)

      Delete
    2. Tapi kayanya dia gak seperti gaenak badan dok, kalo saya ke ruangan dia buat ngasih makan dia nya yg super aktif terbang bolak balik perch-glove-pundak sambil ciak ciak gitu...
      Btw kalo celepuk dikasih tiput mah lebih kaya elang ya cara makannya, dicabik cabik gitu, kalo bilbo kan langsung telen aja hehehe
      Beberapa kali saya udh coba pegang tami di tangan kiri, bilbo di tangan kanan, mereka cuma interaksi sama saya, seolah ga ada satu sama lain gitu di tangan saya dok..
      Padma sesama barn owl juga dok?

      Delete
    3. gak apa2 kalau dia langsung telen aja... :)
      iya, padma barn owl juga... :)

      Delete
  21. Mbak saya kemaren ambil burHan jenis serak jawa. Di plapon rmh lt 3. Saya tangkap ada 5 ekor anakan 4 dewasa 1. Saya tertarik pelihara, cuma saya bingung kasih makan apa? Di daerah saya gak ada yang jual tikus, gak ada yang jual burung emprit. Kalo saya kasih makan kodok sawah bgmna mbak? Seperti precil itu.? Balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya jangan mas tangkap dulu kalau memang kasusnya seperti itu. soalnya tingkat stress burung hantu yang baru menetas anaknya sangat tinggi..... bisa aja sih kasih kodok sawah, cuma saya tidak bisa jamin si owl tetep sehat. kalau boleh saya kasih saran sih mending kembalikan ke sarangnya semula mas, kasian kalau sampai si induk stress, nanti akhirnya malah mati semua.... kembali ke masnya sendiri sih... :)

      Delete
    2. Iya dok, pdahal ane cm mau pelihara 1 aja. Tp malah ditangkep semua ama om aku. Kasihan jg burungnya. Karena udah 2 hari ini belom ane kasih makan, baru emprit 2 ekor aja dalam kandang isi 5 burhan. Mungkin malam ini bakal ane lepas mbak. Kasihan.
      Tp pertanyaannya, mungkinkah burhan bisa dijinakan sementara sarang serta induknya ada di atap rumah ane ?

      Delete
    3. sementara ini, biarkan sang induk mencari makan sendiri untuk anak2nya.... secara naluri sebenernya nanti si induk cari makan sendiri untuk anak2nya. kalau dijinakkan sementara dia sedang melatih anak2nya berburu, saya khawatir nanti anakanya malah gak bisa dilatih berburu oleh induknya. sementara ini mas kembalikan aja dulu ke alam, setelah anak2 serak jawa itu sudah independent (tidak tergantung kepada induknya lagi), baru mas bisa ambil induknya untuk dilatih...

      Delete
  22. Salam dok.
    Maaf dok saya mau konsultasi perihal clepuk.
    Tdi siang jam 1 saya diberi clepuk oleh tetangga, clepukx hasil tangkapan liar yg kelihatax udah dewasa.
    Kemudian clepukx saya tempati di kardus aqua gede yg udah saya beri ventilasi, jam 2 saya beri lima jangkrik, jangkrikx gk langsung say beri pakai tangan tapi saya cemplungin di kardus, coz kelihatanx clepukx nasih blm bisa tenang, trus saya intip clepukx kog diam aja ya dok jangrikx jga gk dimam.
    Menrut dok. Perawatan awal saya udah bener blm dok ?
    Trus sekiranx kapan clepukx bisa saya taruh di tangkringan, coz saya kasihan klo di kardus.
    Mohon respon dan bimbinganx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara kasih makannya salah. makanannya (jangkrik) disodorkan ke paruhnya, jangan hanya ditaruh gitu aja.

      coba baca artikel saya cara memelihara burung hantu

      Delete
  23. Mbak...
    Maaf,yg di blog celepuk kok nggak ngirim ya?
    Celepuk saya brancher soalnya masih banyak bulu kapasnya...
    Kok gamau dilasangi equiptments ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih brancher, mending jangan dipasangi equipt dlu. latih aja dulu sampai dia anteng dan kenal dengan mas. kalau dia udah kenal, baru mas bisa coba pasangi angklett dengan cara dibiasakan...

      misalnya: seminggu cukup pasang selama 10 menit setiap hari. minggu selanjutnya cukup 15 menit setiap hari. lalu minggu berikutnya 20 menit setiap hari.... gitu terus... :)

      Delete
  24. dok, untuk jenis buffy kalau sampe makan potongan daging ayam apakah berakibat fatal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk buffy fish sendiri, sebenernya kurang cocok diberi daging ayam meski banyak owner buffy yang memberi makan daging ayam kepada buffy miliknya. agak beresiko memang, soalnya daging ayam sendiri kurang cocok untuk sistem pencernaan buffy fish owl. bahaya sih nggak, saya analogikan daging ayam bagi buffy fish owl itu kayak mie instan bagi manusia. gak bahaya selagi gak terlalu sering dan terlalu banyak. sedikit banyak sih mengandung resiko juga, makanya saya sarankan mending jangan kasih... :)

      Delete
  25. Malem dok.. Hari ini sy bru beli celepuk dr temen usia brancer... Nah si omen (nama clepukny) ini bunyi2 terus... Apakah wajar kek gt dok?

    ReplyDelete
  26. dok saya abis adopt barn owl usianya juve hari minggu lalu. pas baru sampe kosan ini emang jinak banget. terus makan saya suapin udah mau. tapi saya gapernah denger dia bunyi. apa itu sehat yak?kalo masalah nafsu makan sih dia rakus dok gak susah dikasih makan. kalo ane deketin juga anteng. kalo malem lampu ane matiin baru dah grasak grusuk hahaha mending lampu dinyalain atau matiin yaa dok kalo malem bagusnya biar anteng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. :)

      kalau fesesnya terdiri dari 3 elemen dan dia masih rakus makannya, saya kira masih sehat meski dia diam. matanya gak sering merem kan mas?

      owl emang lebih gerasah gerusuh kalau malam hari, mau dimatiin lampunya atau dinyalakan, sama aja...

      owlnya dah jinak, mas? :)

      Delete
  27. kalo dari feses sih aman dok. warna coklat tua kehitaman, putih dan ada beningnya juga. kadang kalo udah kenyang suka merem dok mungkin kekenyangan yak?dan kalo malem lampu mati tiba tiba ada bunyi agak keras kan saya tengok dan nyalain lampu biasanya dia merem tuh dok. udah jinak kok dia dok jinak banget kalo dideketin gapernah defense dan megarin sayap bahkan kalo saya ngelus paruhnya gapernah mau nyamber jari saya dok hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaga terus kesehatannya, apalagi sekarang lagi pancaroba, banyak owl dan bop sakit. termasuk burung hantu milik saya, si errol. untung si padma masih sehat.

      cek terus fesesnya ya mas. dan baca2 juga artikel lain mengenai burung hantu di blog saya ini...

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Mbak, saya baru mau akan pelihara burung hantu. Tolong sarannya mbak. Dan apa saja yg perlu dipersiapkan/dibeli.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya udah pernah pelihara? kalau belum, pilih burung hantu yang mudah dulu kayak celepuk. jangan langsung pelihara barn owl karena fatal kalau sampe mati....

      lalu, baca2 artikel saya di blog ini mengenai cara memelihara celepuk. paling persiapannya itu aja. pilih celepuk yang masih anakan karena cenderung lebih mudah dijinakkan...

      sebelum beli, silakan baca artikel saya ciri burung hantu sehat.

      perlengkapan paling gudang atau ruangan untuk menaruh si owl, kandang jangkrik yang bisa dibeli di abang2 tukang jual jangkrik, ama tangkringan (perch). tangkringan bisa pakai apa aja. dari kayu. :)

      Delete
  30. Dok, pagi ini 'hedwig' celepuk saya mati.. sedih sekali rasanya.. apa mungkin dia stres karena diletakkan di kardus ya? tapi semalam baik2 saja waktu saya beri makan. kira2 kalau saya ingin memelihara celepuk lagi, apa tidak boleh di buatkan kandang saja? dan idealnya berapa ukuran kandang yang tepat untuk celepuk saya? mohon di balas ya dok.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. diberi kandang sebenernya boleh2 aja asalkan dengan ukuran yang besar, sekira dia bisa bebas dan tidak terkekang di dalamnya. meskipun demikian, akan lebih bagus kalau ada ruangan khusus tempat mbak menaruh owlnya...

      gak ada dugaan karena apa dia mati? coba cek fesesnya. parameter kesehatan burung hantu bisa dilihat dari fesesnya. silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      maaf baru balas, saya sakit 2 hari ini... :(

      Delete
  31. Selamat malam dokter, izin bertanya dok, setelah beberapa bulan ini saya perhatikan paruh burung hantu saya semakin tumpul dan melengkung, owl saya juga terlihat sering menggores-gores paruhnya ditempat tangkingannya, sebaiknya kita apakan ya dok agar paruhnya tajam kembali? Karena nafsu makannya juga ikut menurun dok, walaupun makannya masih bisa dibilang banyak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu wajar kok. kadang owl juga menggoreskan paruhnya jika dia sudah merasa tidak nyaman. di alam, burung hantu juga kerap mengasah paruhnya....

      kasus ini sebenarnya sudah saya bahas di artikel penyebab kenapa burung hantu sering menggosok paruhnya. Silakan dibaca dlu... :)

      Delete
  32. saya baru beli burung celepuk nih dok mau tanya, sebaiknya langsung ditenggerkan, apa didiamkan dulu dikerdus ya ? soalnya saya udh beli peralatan buat bertenggernya tersebut, kalo misalnya didiamkan dikerdus sampai berapa hari ya dok? termakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina dulu di ruangan kosong. silakan mas baca artikel saya cara karantina burung hantu..

      Delete
  33. Dok,saya pernah baca kalo mau mindahin owl dari kardus ke perch dan masang equipment matanya harus ditutup. Kan kalo dari kardus susah nutup badan owlnya pake kain,langsung diangkat aja boleh gak?takutnya stres burung hantunya ,trus saya juga pernah baca karantina burung hantu itu sampe 3 hari,yang benar itu cukup 12-24 jam apa harus 3 hari dok?
    Maaf banyak tanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak tau masnya baca dimana. yang pasti mindahkan owl dari kardus ke perch gak perlu sambil ditutup matanya... langsung aja angkat...

      soal karantina burung hantu, silakan mas baca artikel saya cara karantina burung hantu/.

      Delete
  34. Kalo untuk masang equipment ke kaki burungnya perlu ditutup matanya ga dok?apa owl nggak trauma sama pemiliknya kalo langsung dipakein?
    saya pernah liat video pemasangan equipment bop,tapi elang sih bukan burung hantu,matanya dililit kain gitu,apakah sama caranya?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak tau masnya baca dimana. yang pasti mindahkan owl dari kardus ke perch gak perlu sambil ditutup matanya... langsung aja angkat...

      soal karantina burung hantu, silakan mas baca artikel saya cara karantina burung hantu/.

      Delete
  35. Waktu masang equipment maksudnya dok,buat mencegah burungnya terbang terbangan dan stres,apa perlu ditutup matanya?

    ReplyDelete
  36. Permisi dok, saya punya oriental bay owl, umurnya sudah hampir satu tahun, akhir akhir ini saya banyak agenda diluar rumah, sehingga si burung hantu cuma sempat saya kasih makan dan sekedar disapa saja tanpa diajak bermain atau dilatih. Saya merasa kasihan, tapi mau bagaimana lagi kegiatan-kegiatan saya tidak dapat diganggu gugat. Jadi saya mau minta tolong siapa tau dokter atau para pembaca blog ini saya persilahkan apabila bersedia dan mampu memelihara burung hantu oriental bay owl milik saya, saya tidak akan meminta imbalan uang sepeserpun. Diutamakan berdomisili di Bandung supaya burung hantunya tidak usah di kirim terlalu jauh. Terimakasih banyak.
    Hubungi saya di 081214743971 (Andika)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo kalo yang berminat, bisa hubungi mas andika.
      atau kalau emang urgent, mas bisa tawarin di grup jual beli burung bandung di facebook... pastikan adopternya tahu cara merawatnya ya mas...

      Delete
  37. mau tnya,kalo burhan celepuk di kasih minum susu formula apakah boleh...

    ReplyDelete
  38. dok saya mai nanya nih kalo burhan di taro ke kardus pas malem gpp ya? (hanya 1 hari)? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya untuk 1 malam aja, gak apa2. asalkan jangan selamanya seperti itu. :)

      Delete
  39. Malam dok. Celepuksaya gatau umurnya berapa yg jelas masih tahap belajar terbang tapi sudah mulai bisa tidak pernah saya kandangin dan di ikat kakinya.apa itu perlakuan yg benar atau ada yg lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bagusnya kayak gitu, gak pake perch. biar dia lebih percaya sama kita, ownernya. :)

      si errol aja seumur2 gak pernah saya pasangin angklett... :)

      Delete
  40. Maaf dok maksud saya,saya tidak ikat kakinya jadi saya biarkan di kamar saja (menggunakan perch).trrimakasih dok

    ReplyDelete
  41. Dok, kalau burung hantunya saya taruh dikamar tidur saya, dengan AC, tidak apa2kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending ac-nya di set agar tidak terlalu dingin.
      atau kalau mau aman, mending taruh di ruangan non ac aja...

      Delete
  42. Halo dok.keluarga saya membeli celepuk dan menaruhnya dalam rumah.memakai perch dan dibawahnya ditaruh koran,terkadang di ruang tamu/ruang belakang,bukan ruangan khusus.saya mengkhawatirkan kotoran/ bulu yg rontok krn ada bayi.apakah bisa menimbulkan penyakit? Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mbak rajin2 membersihkan kotorannya, saya kira aman. karena sayapun dulu memelihara si errol waktu saya masih kuliah, ngekos. saya dan si errol satu ruangan karena kosan saya dulu kecil. dan alhamdulillah selama ini sehat2 saja karena saya rajin membersihkan ruangan dan rumah tempat kami tinggal...


      lain halnya kalau ada bayi. saya juga baru menjadi seorang ibu, hihihi, jadi agak parnoan waktu si baby main sama si errol. sebenernya sih saya yakin si errol dan padma, burung hantu saya, bersih. tapi tetap saja, daya tahan bayi kan lebih rentan daripada orang dewasa.

      jadi saya biasanya memisahkan dulu si errol dan padma di ruangan khusus main mereka berdua..... :)

      kabari saya terus ya mbak..

      Delete
  43. Malam dok.
    Mau nanya nih.
    Saya adop owl ada 2.pertama obay dan kedua buffy.krg lbh sudah 4bln.namun yang obay sudah di adop oleh teman saya.jd sekarang tgl buffy fillo namanya.sementara saya kerja dikarawang rmh dijkt.jd sminggu hanya 3x saya drmh.tpi fillo dihandle oleh istri saya dr pakan kebersihan dll nya.malah sampai fillo lbh dekat dgn istri drpd sama saya sering aga bating.nah yg jd masalah sekarang istri saya bru kemarin dicek positif hamil.adakah pengaruh utk kesehatan istri dan janin.mslh bkn pd terlantarkan si fillo nya namun pada kesehatan bumil dan mitos mitos terhadap pengaruh dr owl tsb misal kan.owl terkenal dgn makan ganas mencabik dan mencaplok mamgsa.nanti anak nya bsa bsa ga normal itu cnth slh satu mitos.dan jga pd kesehatan bunil tsb bagaimana?mohon penjelasan nya dok.trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      soal mitos sebenernya saya nggak percaya. jadi saya fokus ke hewannya aja ya mas... :D

      kalau kebersihan hewannya dijaga, sebenernya gak masalah. namun balik lagi ke masnya.... saya sendiri sebenernya menyarankan agar istri dicek dulu kandungannya, apakah istri ada riwayat alergi hewan atau semacamnya? ataukah kandungannya lemah?

      kalau iya, mending jaga jarak dulu dengan hewan peliharaannya... :)

      Delete
  44. Dok burung hantu saya jenis tito alba kemarin makan kain, skrg dia tidak buang kotoran, mohon saran dan info nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mas?
      sebesar apa kainnya? kalau emang besar, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja biar dikasih obat....

      Delete
  45. Dok, kalau BO yg dirawat dari chick di dalam rumah, saat mulai terbang di simpan di luar rumah apakah tidak akan kabur kalau tanpa di ikat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ditaro di luar rumah mas, udara lagi gak bagus buat burung hantu. lagi banyak hewan sakit karena perubahan cuaca....


      lebih baik jangan ambil resiko melepas burung hantu di luar ruangan kalau dia belum benar2 bonding dan belum latihan. resiko escape (lepas) sangat besar....

      mungkin mas bisa baca artikel saya cara agar burung hantu giring kandang...

      Delete
  46. siang,,,usia brapa bulan owl bisa mengeluarkan suara, dan brapa lama fira melatih owl hingga dia bisa mencari makan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih nggak pernah ngitungin berapa lama saya pelihara si errol sampe dia bisa makan sendiri dari alam, soalnya ya semuanya ngalir gitu aja. si errol juga gak pernah saya jinakkin, dia jinak sendiri sama saya. :D

      tapi kalo diitung2 sih, dari awal pelihara sampe dia bisa bonding dan giring kandang, lebih dari 2 tahun deh mas... :)

      Delete
  47. Dok mau nanya obay saya agak defendsive sama buffy yang baru kalo di satu ruangan gudang , gimana ya dok kalo saya pulanh kerja di diemin kira2 bakalan saling cabik ga? Trus ada solusinya ga dok biar mereka bisa akur trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending pisahin aja, mas. namanya hewan kan mereka mengikuti insting. meski kecil kemungkinan, tapi ya jaga2 aja.

      bikin aja owlbox dari kardus besar buat si obay. kardus akua botol yang besar (akua botol ukuran seliter), kasih tangkringan di dalamnya. kasih lubang2 udara di sisi2nya...

      Delete
  48. Dok saya baru beli burhan di pasar hewan, aku udah taruh sekitar 5 di kandang untuk beradaptasi di sekitarnya, dia agak berontak, kalo dikasi makan (jangkrik), dia itu di cotot aja nggak di makan, gimana itu dok? Itu normal apa ada gejala sakit? Burungnya celepuk masih bulu jarum

    ReplyDelete
    Replies
    1. usahakan tetep makan. mas kasih makan jangkriknya gimana? harus disodorin ke paruhnya. kasih yang kecil2 aja jangkriknya, biar dia gampang makannya....

      coba mas baca artikel saya: cara agar burung hantu tetap sehat. kasih obat yang saya tulis di artikel itu. :)

      Delete
  49. dok saya mau beli burhan tapi saya amateur untuk peliara burhan tapi saya ingin peliara yg jenis buffy fish owl yg tingkat kesulitan untuk di peliara sangat sulit, apa dianjurkan untuk buffy saja atau harus dari celepuk dulu.

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan, celepuk atau oriental bay owl aja mas. :)
      artikelnya udah ada. :)

      Delete
  50. Dok ada sosmed lain ga selain disini buat tanya tanya soal owl..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada fanpage, tapi buat share artikel aja. kalo konsultasi ya di blog ini. atau chatting di blog ini kalau saya lagi online... :)

      Delete
  51. Drh.Fira celepuk saya pilek bbrp hari ini, pgi dia mimisan.. Penanganannya gmna yah?

    ReplyDelete
  52. Salam kenal dok,
    Saya punya burung lovebird kena sakit mata,sekarang kondisinya udh memprihatinkan soalnya matanya udh ga bsa melek.
    Kira2 itu kena sakit apa yah?
    Terus cara menyembuhkannya gmna dok??

    ReplyDelete
  53. Ass. Saya punya burung hantu jenis topeng dikasih teman 3 bulan yang lalu. Akhir2 ini diatas genting rumah saya pada tengah malam sering terdengar suara kuntilanak yang tertawa panjang. Padahal sebelum owl itu ada dirumah saya sama sekali tidak ada gangguan apapun. Saya ingin memberikan kepada penyuka burung hantu/owl tersebut dengan GRATIS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, serius tuh mas? :D
      masnya percaya kalau burung hantu mengundang makhluk halus? kalau masnya percaya, nah kepercayaan mas itu yang bikin si kunti muncul. jadi bukan burung hantunya.

      sejujurnya dulu juga saya sempet dibilangin begitu, tapi ternyata gak ada apa2 karena saya gak percaya hewan bisa mengundang setan. udah saya tulis artikelnya deh...

      Delete
  54. dok knpa ya burung hantu saya suka nyerang sodara saya wkwkw padhal ke saya atau ke babeh pun gak knpa knpa, namun ke orang orng tertentu suka di serang dok. udah 2 korban sodara sama temen saya kena cakar jdi bingung.

    ReplyDelete
  55. Dok mau tanya kalau burung sya kan masih brancher setiap pake anklet suka nyabutin bulu kaki sampe botak..hehe(masa harus kasih sampo rambut biar tumbuh lagi bulunya..hahaha),sama terbang terbang terus ga betah di tangkringan..gamana dok ngatasi nya biar anteng di tangkringan??? ..di jawab ya bu dok da cantik..hahahaha

    ReplyDelete
  56. Assalamualaikum bu dokter, sudi sekiranya dokter memberi arahan pada saya, apa saja yang harus dimiliki&di pahami apabila ingin mengadopsi burhan CELEPUK si rumah.
    Terimakasih arahannya
    Assalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelajari dulu caranya. mas bisa baca semua artikel saya tentang burung hantu di blog ini... :)

      Delete
  57. Permisi dok , ini saya ingin adopt barn owl ( saya udah punya celepuk namanya seoli udah jinak tapi masih belum mau makan di tangan) yang mau saya tanyakan
    1. Dengan adanya dua burung hantu apakah gapapa dok dalam satu ruangan?
    2.Saya berpikiran untuk adopt yang chick disamping lebih terasa memiliki suatu partner karena dari kecil dirawatnya dan mudah jinak , untuk makanannya daging ayam yang saya file tidak papa dok? Soalnya penjual deket rumah saya banyak dg ayam
    3 apakah Barn owl harus pake bow perch ? Saya biasanya bikin tenggera bambu
    Itu dulu dok , maaf banyak nanya , terima kasihh

    ReplyDelete
  58. Dok, jenis owl/bop yg bisa makan ikan/jangkrik jenisnya apa ya dok? Sy nyarinya yg yingkat stress rendah & harga terjangkau(maklum sy bokek)

    ReplyDelete
    Replies
    1. celepuk dan oriental bay owl, mas... :)

      bisa ikan sama jangkrik kok...

      Delete
    2. Lebih kuat mana dok? Takut doserang tikus lagi klo yg kecil wkekwk

      Delete
    3. lebih kuat oriental bay owl sih, mas...

      ya hindari dari tikus dong, hehehehe... :D

      Delete
    4. Susah dok, lobang udah ditambel tetep aja bisa masuk dok, ksl sy jdinya, sy tro di teras kamar sy, kbtulan pake teralis, klo dimasukin takutnya jatohin barang ntr pecah

      Delete
    5. bikin owlbox dari kardus agak besar kali mas? :D

      Delete
    6. Sy owlboxny dri kayu dok, ukuran huat celepuk (nggk ada tangkringan tpi dalemnya) bekas celepuk sy yg jaman dlu, celepuknya justru mati disitu dok, pdhl tempqtnya tinggi

      Delete
    7. harusnya kasih tangkringan...

      mending cuci dulu owlboxnya dulu pake desinfektan, terus jemur sampe kering.... takutnya ada virus atau bakteri bekas owlnya yang dulu di situ...

      Delete
    8. Alap alap kira kira butuh box nggk y dok? & Klo sm owl berantem nggk? Soalny koo murah &, makanannya sama sy mau ambil 22nya

      Delete
    9. kalau saya sarankan, ambil satu aja mas.

      toh kalau misalnya mau ambil 2, pisahin owlbox/hawkbox-nya....

      agak riskan sebenernya, karena biasanya owl dan hawk agak beda... maksudnya dari segi penanganan dll

      Delete
    10. Hmmm, mending ambil alwp alap aja kyknya y dok? Krn diurnal

      Klo boxnyabitubwajib atau pake perch aja udh cukup? & Perawatan alap alwp kira kira kyk gmn dok?

      Delete
    11. perch aja udah cukup sih. tapi kan kalo banyak tikus, takutnya diserang sama tikus.... kecuali kalau mas udah memastikan gak akan diserang tikus...

      kayaknya udah pernah saya posting artikelnya deh...

      Delete
    12. Krg lengkap dok.. masih bingung sy.. btw klo BWK ikan/serangga bisa nggk ya? Sy klo nemu yg chick lgi sy mau beli

      Delete
    13. ikan/serangga bisa kok buat bwk. tapi bukan sebagai makanan utama. buat tambahan aja.

      Delete
    14. Klo jenis jenis yg makanan utamannya seramgga apa dok?

      Delete
    15. celepuk sama oriental bay owl, mas... :)

      Delete
    16. alap-alap makan serangga cuma sebagai makanan tambahan aja sih mas. banyak sih yang kasih serangga sebagai makanan utamanya, tapi saya merekomendasikan mending jangan. nggak cocok....

      jadi, balik lagi ke masnya. kalau mau tetep kasih serangga, ya do on own risk, hehehe.....

      Delete
  59. Assalamuaikum.. Dok saya mau nanya ngejinakin BO yg liar bgt gimana ya?soalnya saya boleh dapet nih burung.. Kalo.menurut saya mungkin ada org yg melihara dia waktu umur 2 bulan, nah org tua si pemelihara ini mungkin nggak setuju kalo melihara nurung hantu.. Di lepas deh ama si pemilik.. Nah burung ini survive di luar sampe gede.. Kalo menurut saya burung yg saya dapet ini kira kira umurnya berkisar 2 thn lah dok.. Gimana ya dok prosesnya biar jinaknya mendingan thks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, mas. cara menjinakkan burung hantu. :)

      Delete
  60. ermisi dokter , Sayabmau bertanya, celepuk saya yg sudahc2 bulanan sy rawat, sy biasa kasih makan jangkrik, krn pernah sy kasih daging ayam malah dimuntahin semua... nah ceritanya celepuk sy habis makan, bbrp menit kemudian menggelepar seperti lemas, dan kepala menggantung kebawah, tapi bbrp jam kemudian sehat lagi... sudah seperti biasa, namun, beberapa hari kemudian kejadian lagi persis, tp kali ini gk sehat lagi, dia malah sekarat.... fesesnya padahal sehat2 saja hitam putih dan bening... dlu barn owl saya piara jg pernah sakitnya sama persis seperti itu, kira kira itu kenapa ya dok?

    krn kejadiannya mesti sangat mendadak , tiba tiba seperti susah berdiri...

    ReplyDelete
  61. Jadi urutannya habis makan, tiba tiba menggelepar, susah berdiri seperti hulang keseimbangan, lalu berdiri tp kepala menunduk dan merem, lalu bbrp jam sehat lagi... ( kelihatannya ditutupin kalo lagi sakit , burung kan mmg gitu ) 3 hari kemudian kumat dan skrg malamnya sekarat, udah pegangan jeruji dan badan nya rebahan, nafas tersengal2,dan seperti seneng ada saya disebelahnya, saya elusin, tp ya itu, kondisi sekarat tetep

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas... :(
      kayaknya kena tetelo, mbak. udah saya bahas di artikel mengobati tetelo pada burung hantu....

      sebenernya kalo rutin dikasih super-n setetes sehari bisa mencegah tetelo.

      dan makanannya kayaknya mending kasih jangkrik aja...

      Delete
  62. Dok saya baru mau pelihara burung hantu
    Kira" burung hantu yg cocok buat pemula dan yg biaya makanya nggak terlalu banyak itu apa y dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikel jenis burung hantu yang cocok untuk pemula

      Delete
  63. Assalamualaikum
    Dok mau nannya,celepuk saya ko mulai tadi bagi lemes,merem,gak mau makan,saya punya2 dan dua"nya bgitu,,mohon saran dan bantuannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n setetes pagi dan setetes sore, mas. beli di toko makanan burung.

      biasa dikasih makan apa, mas?

      Delete
  64. Dok bay owl ku kasih sate ayam mentah sama anak ayam ko ga dimakan yaa. Itu kenapa emang dia sukanya apa dok mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bay owl kasih jangkrik aja mas. kalau toh mau dikasih daging, coba daging puyuh yang udah dicacah. bawa aja puyuh idup ke tukang potong ayam, minta disiangin. ambil dagingnya aja. terus taro di freezer. tiap kali mau dikasih makan, potong sedikit, rendam dia air mineral sampe gak beku dan gak dingin, baru kasih ke owlnya...

      tapi tetep aja sih, makanan bay owl yang paling bagus sebenernya jangkrik. udah saya tulis di artikel cara memelihara bay owl

      Delete
  65. Selamat malam, bu dokter. Saya mau tanya tanya. Untuk barn owl itu cocok ga ya dikasih pakan daging sapi potong potong . Barn owl brancher awal bulu kapas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas.
      tapi yang paling optimal untuk barn owl sebenernya daging puyuh atau daging emprit. atau pingkies (bayi tikus putih) :)

      tapi pake daging sapi juga oke, kok. cacah dulu. sekira dia gampang makannya.

      kasih super-n setetes pagi dan setetes sore. cek artikel saya, cara agar burung hantu tetap sehat.

      dan cek artikel saya juga, parameter kesehatan burung hantu. biar mas tahu burung hantu mas sehat atau sedang sakit. :)

      Delete
  66. Selamat malam dok...
    Saya Anne dari Jakarta, saya mau tanya...
    Dua hari yg lalu barn owl saya si Owlet sempat lepas, sebenarnya bukan lepas, tapi mau coba ditraining jarak jauh, tapi saat mau tangkep mangsa ada anak kecil teriak2 “buruuung buruung”, akhirnya Owlet terbang sampe jauh, mungkin dia kaget akhirnya terbang jauh. Setelah dicari ternyata ketemu di genteng tetangga, dipancing pake ayam mau dateng.
    Sehari setelah kejadian itu Owlet kayak beda, biasanya kalau saya dateng dia langsung keluar, tapi ini malah masuk ke kandang, kayak ketakutan.
    Nah ini sudah hari ke-2 semenjak hari itu, Owlet sudah kembali spt biasa, sekarang jadi suka lompat2 ke kaki saya, tapi kok jadi pengen naik2 ke genteng terus setiap magrib, mungkin dia penasaran ada apa di luar sana, cuma saya masih takut dia escape, jadi saya pasang lagi angkletnya.
    NB:
    Owlet sudah 2 bulan lebih bersama saya, sdh dilatih & bisa ambil mangsa dg terbang ke sarung tangan.
    Sudah sekitar 1 bulan saya ga pernah pakein dia angklet & dia selalu anteng di halaman rumah, dibalik badannya ngeliat jalanan pun dia malah balik lagi terbang ke kandangnya.
    Pertanyaan saya, sebaiknya apakah angkletnya dipasang lagi atau dilepas? Kalau dipasang saya takut dia merasa terkekang akhirnya stres, tapi kalau dilepas takut kabur.
    Help mee dok. Terimakasih banyak atas waktu & jawabannya🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, bagus sekali! :)
      saya seneng akhirnya dia balik lagi ke mbak anne.

      sementara latih kasih makan jarak jauh aja. misalnya mbak ane dari jarak 10 meter. usahakan dia nyamperin mbak anne yang pegang makannannya dia. lakukan secara terus menerus.

      iya kayaknya dia masih stress dengan orang lain. selama ini owlnya cuma main sama mbak? coba kenalkan sama orang rumah lainnya. atau taruh perchnya ruangan yang banyak dilalui orang rumah.

      rutin kasih super-n ya mbak. setetes setiap hari.

      kabari lagi, saaya tunggu.

      Delete
    2. Hai dok, saya lagi ni, Anne, emaknya Owlet hehe... sekarang Owlet udah bisa dilepas lagi angkletnya, jadi kalau magrib sampai subuh ga tau kemana, cuma kalau pulang subuh harus dipanggil dulu, baru keluar dari atas pohon lumayan jauh sekitar 15 meteran dari kandangnya.
      kemarin jam 4 nemplok di antena tetangga, cuma bismillah modal percaya mudah2an dia balik.
      pertanyaan saya:
      1. burung hantu bisa kembali ke rumahnya dlm jarak berapa meter? kadang masih ketar ketir takut nyasar hehe
      2. burung hantu mending keluar dalam keadaan kenyang atau lapar? karena biasanya saya kasih ayam dulu 1 pas magrib. biar dia inget aja kalau di rumah juga bisa makan enak, jadi inget emaknya terus hehe
      terimakasih atas jawabannya dok :)

      Delete
    3. wah keren, mirip si errol dulu.
      1. nggak terhingga. dulu si errol keliatan dari rumah temen saya yang jaraknya lebih dari 1km, terus dia telpon saya dan minta saya panggil dia. ya udah, saya ke balkon, dan saya panggil aja. gak teriak, cuma kayak manggil orang kayak biasa. dan dia terus terbang ke arah saya.... :)
      2. bebas sih mbak. bisa kasih makan dulu, atau kosong. kalau saya biasanya saya kasih makan dulu... :)

      Delete
  67. Replies
    1. gambarnya gak muncul mas. masukkin di bagian silakan upload gambar, dapet linknya, terus copas aja di komentar...

      Delete
  68. Siang dok..sya newbie adopt bubo smtranus, klo owl itu sbaiknya di kasih vaksin dlu ga untuk kita adopt ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sih kasih vaksin. :)
      dan bagusnya emang vaksin aja... :)

      Delete
  69. Pagi dok, saya Anne emaknya Owlet barn owl.
    Beberapa bulan lalu owlet hilang (sekitar 6 bulan) saat lagi cari makan di luar.
    Nah kemarin sore ada orang yang nemuin owlet di atas pohon deket rumah, kemudian dikembalikanlah ke saya, keadaan owlet kasihan, kaki dirantai pakai rantai gede-gede dan kakinya ada luka gesekan, mukanya dekil banget (mungkin dia kemarin diambil orang dan orangnya gak tau gimana ngurusnya), owletnya juga diam aja, melotot aja, tapi klo saya elus kepalanya dia merem.
    Pertanyaannya adalah,
    1. Bagaimana cara mengetahui bahwa owl yang sudah hilang lama masih inget sama kita?
    2. Apakah saya bisa lepas rantainya? Tapi saya belum punya ikat kaki yg kulit itu (lupa namanya saking udah lama ga urus owlet), karena kasihan, kemungkinan kaburnya berapa persen?
    Terimakasih dok atas jawabannya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.