Monday, April 14, 2014

Istilah-istilah Dalam Memelihara Burung Hantu dan Memelihara BOP | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa istilah dalam memelihara BOP (burung pemburu) dan dalam memelihara burung hantu. Istilah dalam memelihara burung hantu tersebut adalah istilah baku dalam memelihara BOP dan burung hantu.
Dan berikut adalah beberapa

istilah dalam memelihara burung pemburu

(BOP) dan istilah dalam memelihara burung hantu:
  • Chick: istilah chick dalam istilah memelihara burung pemburu dan memelihara burung hantu artinya anakan burung hantu yang masih berbulu kapas atau belum bisa terbang.
  • Burung hantu yang masih berusia anakan atau chick
    Istilah chick dalam istilah memelihara burung hantu atau burung pemburu mengacu pada burung yang masih berusia anakan atau bulu kapas.
    Image taken from ontfin.com 
    Burung hantu yang masih berusia anakan atau chick relatif lebih mudah dipelihara dibanding yang berusia juvenile atau mature.
  • Brancher: istilah brancher dalam istilah memelihara burung hantu dan dalam memelihara burung pemburu (BOP) mengacu pada usia burung hantu yang menginjak dewasa. Pada tahap ini, semua bulu kapas sudah hilang, tapi burung hantu belum bisa terbang.
  • Juvenile: istilah juvenile dalam istilah memelihara burung hantu dan dalam memelihara burung pemburu (BOP) mengacu pada usia burung hantu yang menginjak dewasa. Pada tahap ini, semua bulu kapas sudah hilang dan burung sudah bisa berburu sendiri.
  • Burung hantu yang berusia juvenile atau dewasa
    Istilah juvenile dalam istilah memelihara burung hantu atau burung pemburu mengacu pada burung berusia dewasa atau sudah lepas bulu kapas.
    Image taken from owlpages.com 
    Burung hantu berusia juvenile lebih susah dijinakkan dibanding burung hantu berusia chick, meski dengan kesabaran anda tetap bisa menjinakkan burung hantu berusia juvenile. Usia juvenile pada burung hantu dan burung pemburu ditandai dengan rontoknya bulu kapas pada tubuh burung hantu, digantikan dengan bulu biasa.
  • Mature: mature adalah sebutan untuk burung hantu dan burung pemburu berusia dewasa. Burung hantu berusia mature susah untuk dijinakkan.
  • Burung hantu yang berusia mature atau tua
    Istilah mature dalam istilah memelihara burung hantu atau burung pemburu mengacu pada burung berusia tua.
    Image taken from cutcaster.com 
    Saran bagi pemula dalam memelihara burung hantu atau burung pemburu adalah jangan memelihara burung pemburu atau burung hantu berusia mature.
  • Tidbits: istilah tidbits dalam memelihara burung pemburu (BOP) atau burung hantu artinya adalah potongan daging yang dijadikan umpan dalam melatih burung hantu.
  • istilah tidbits dalam istilah pemeliharaan bop mengacu pada makanan umpan dalam melatih burung hantu
    Istilah tidbits dalam istilah memelihara burung hantu atau burung pemburu mengacu pada makanan umpan dalam melatih burung hantu.
    Image taken from alicetheowl.blogspot.com 
    Tidbits atau umpan untuk melatih burung pemburu atau burung hantu hendaknya masih segar dan masih ada darahnya untuk memancing insting berburu burung hantu anda.
  • Anklet: istilah anklett dalam memelihara burung hantu dan burung pemburu mengacu pada ikatan yang terbuat dari kulit halus untuk mengikat kaki burung hantu atau burung pemburu.
  • Istilah anklet dalam pemeliharaan burung hantu mengacu pada alat dari kulit untuk mengikat kaki burung pemburu
    Istilah anklet dalam pemeliharaan burung hantu mengacu pada alat dari kulit untuk mengikat kaki burung pemburu
    Image taken from themodernapprentice.com 
    Angklet tidak langsung diikatkan pada burung hantu, namun dua sisi anklet disatukan dengan jesse.
  • Jesse: istilah jesse dalam istilah memelihara burung hantu adalah alat yang terbuat dari kulit yang berguna untuk menyatukan 2 sisi anklet dengan swivel.
  • Istilah jesse dalam pemeliharaan burung hantu mengacu pada alat dari kulit untuk menyatukan dua sisi anklet ke swivel kaki burung hantu
    Istilah jesse dalam pemeliharaan burung hantu mengacu pada alat dari kulit untuk menyatukan dua sisi anklet ke swivel kaki burung hantu
    Image taken from godsownclay.com
  • Swivel: swivel adalah alat yang terbuat dari logam yang memiliki poros putar dan berguna untuk menyatukan jesse dengan lease.
  • Istilah swivel dalam pemeliharaan burung hantu mengacu pada alat dari logam untuk menyatukan dua jesse
    Istilah swivel dalam pemeliharaan burung hantu mengacu pada alat dari logam untuk menyatukan dua jesse
    Image taken from themodernapprentice.com
    Swivel juga berguna agar jesse dan swivel tidak melilit.
  • Lease: arti istilah lease dalam pemeliharaan burung pemburu dan pemeliharaan burung hantu mengacu pada tali kekang untuk mengikatkan kaki burung hantu agar tidak lepas saat dilatih.
  • Perch: arti perch dalam memelihara burung pemburu dan dalam memelihara burung hantu artinya adalah tangkringan tempat burung hantu ditangkringkan. Burung hantu dan jenis burung pemburu lainnya bukan peliharaan anda, dia adalah partner anda, jadi menempatkannya di dalam kandang hanya akan membuatnya stress.
  • Istilah perch dalam pemeliharaan burung hantu mengacu pada alat dari logam atau kayu yang berguna untuk menangkringkan burung hantu
    Istilah perch dalam pemeliharaan burung hantu mengacu pada alat dari logam atau kayu yang berguna untuk menangkringkan burung hantu
    Image taken from mikesfalconry.com 
    Lebih baik, buat perch yang terbuat dari pipa paralon atau kayu untuk tempatnya bertengger.
  • Helmet: arti helmet dalam istilah pemeliharaan burung hantu mengacu pada helm yang dipasangkan pada kepala burung hantu dan kepala burung pemburu anda.
  • Istilah helmet dalam pemeliharaan burung hantu mengacu pada alat berupa helm untuk burung hantu
    Istilah helmet dalam pemeliharaan burung hantu mengacu pada alat berupa helm untuk burung hantu
    Image taken from bloggeratlarge.com
  • Bells: arti bells dalam istilah memelihara burung pemburu mengacu pada alat berupa kerincingan yang dipasang di kaki BOP atau burung hantu anda. Guna bells dalam dunia pemeliharaan burung hantu adalah untuk mengetahui dimana posisi burung pemburu.
  • Glove: istilah glove atau sarung tangan tebal dalam istilah memelihara BOP (bird of prey, burung pemburu) dan memelihara burung hantu adalah sarung tangan yang digunakan sebagai penutup tangan anda saat melatih burung hantu agar tangan tidak terluka terkena cakar burung hantu yang tajam.
  • Istilah glove dalam pemeliharaan burung hantu mengacu pada sarung tangan pelindung yang terbuat dari kulit
    Istilah glove dalam pemeliharaan burung hantu mengacu pada sarung tangan pelindung yang terbuat dari kulit
    Image taken from natgeocreative.com 
    Glove atau sarung tangan seperti ini banyak dijual di toko perlengkapan pemeliharaan burung pemburu, pasar hewan, juga bisa dibeli di toko dan lapak online seperti di kaskus.co.id ataupun di berniaga.com
  • FOF, JTTF, FTTF, FF: FOF (feed on fist, memberikan makanan di tangan), JTTF (jump to the fist, melompat atau menyambar makanan di atas tangan), FTTF (fly to the fist, terbang ke arah makanan) dan FF (free flight, terbang bebas ke arah makanan) adalah urutan cara melatih burung pemburu dan urutan cara melatih burung hantu. Lebih lanjut tentang cara melatih burung hantu bisa anda baca di artikel cara melatih burung hantu.
Itulah beberapa

istilah dalam memelihara burung hantu

dan dalam memelihara burung pemburu. Semoga artikel di atas bisa menjadi bahan pembelajaran dan pengetahuan anda dalam memelihara burung hantu. Saran, kritik, serta komentar masih saya tunggu di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

134 comments

klo brancher artinya apa ? :)

brancher itu usia peralihan antara burung hantu bulu kapas dengan bulu yang sebenarnya. biasanya, sedikit demi sedikit bulu kapas akan hilang pada usia brancher ini... :)

Penjualan online utk perlngkpan mmelihara burung hantu dmna mas??

banyak. di forum jual beli kaskus juga banyak. atau di grup facebook. yang dijual biasanya angklett-jesse, lease, peluit, perch, dlsb... :)

yang baru ada di blog ini cara buat perch aja... :)
silakan search aja...

Kalo sebutan celwpuk yg baru bisa terbang apa?

Kalo sebutan celwpuk yg baru bisa terbang apa?

early juvenile. "awal dewasa"...
kalau bahasa kitanya: ABG :D

Kalo udah juvenil atau mature cara nglatih & jinakinnya gimana mba,?

sama aja kok mas.
saya juga dapet si errol udah mature, tapi tetep bisa jinak total. intinya cuma sabar... :)

malem dokter fira. saya mau tanya. BOP saya pilek,kalo lagi makan pasti idungnya meler. penanganannya gimana ya dok? atau mungkin ada obat khusus?? terimakasih sebelumnya :)

udara dan iklim memang sedang tidak bersahabat bagi owl akhir2 ini mas. terutama BOP dan burung hantu. Burung hantu saya, si Errol, akhir2 ini juga sedang sakit.

lebih baik sebenernya bawa ke dokter hewan terdekat aja. pilek pada BOP membutuhkan penanganan cepat soalnya.... :)

Kalau.yang baru bisa tetbang gampang ga jinakin nya

justru yang anakan alias yang baru belajar terbang lebih mudah dijinakkan karena dia menganggap kita orangtuanya. meski demikian, dibutuhkan latihan yang terus menerus (manning)....

Saya baru aja beli owl yg *abg* dok .. skitar 2harian lahh ..
Cara jinakinnya gmn ya dok ??
Cz tiap aaku deketin sll memdesis dok Kayak mau nerkam gt ..

silakan baca artikel cara menjinakkan musang dan artikel lain yang berkaitan dengan burung hantu... cari di bagian cari artkel

halo dok, saya owner burung hantu usia brancher hehe
saya pasang anklet berbahan kain karet yg elastis, ankletnya digigitin terus sampai bulu di kakinya sedikit hilang, jadi saya lepaskan ankletnya.
saya mau nanya, bagaimana cara biar gak digigitin terus? kasihan kakinya kena gigit juga soanya.
trus apa bulu kakinya masih bisa tumbuh? saya takut gak bisa tumbuh lagi.

tolong dijawab, makasih dok.

memang perlu dibiasakan. awal2 memang seperti itu mas.
untuk membiasakan bop memakai anklett, lebih baik jangan yang berbahan karet. pakai yang khusus bop atau burung hantu, biasanya terbuat dari kulit. minggu pertama, cukup pakaikan selama 10 menit, lalu lepaskan... minggu kedua, cukup pakaikan selama 20 menit, lalu lepaskan lagi.. terus seperti itu sampai si burung hantu terbiasa dengan anklettnya...

selamat sore dok.
saya ada pelihara Bubo namanya maxi, masih breacher kayaknya. bulunya masih bulu kapas cuman sepertinya ada bulu baru yang mau tumbuh dok. kira2 umur maxi berapa ya dok??
terus bulunya suka copot/rontok dok, itu wajar ka?. apa karena mau ganti bulu baru ya dok? terus kira2 sudah bisa mulai dilatih belum dok? saya ga pernah lihat dia terbang jauh, paling2 hanya kisaran 1 meter aja terbangnya atau suka loncat sana sini pindah tangkringan. selain itu maxi jarang banget ya dok ngelurin peletnya. apakah normal dok?
terima kasih

untuk umurnya, agak susah kalau dari deskripsi text. bisa mbak tampilin gambarnya? ubah aja foto profil mbak pake fotonya maxi....

kalau masih brancher, wajar kalo bulunya suka copot. asalkan jangan sengaja dicabut aja...

latih FOF ama JTTF aja dulu. artikel cara melatih burung hantu bisa dibaca di blog ini...

kalau masih brancher emang agak jarang ngeluarin pellet. jadi normal kok... :)

AssalamualAikum dok
Saya pengen melihara barn owl.
Buat pemula baiknya usia berapa dok??
Biar bisa dilatih terus jadi kaya si errol deh.

sudah saya ganti foto profil saya.
maxi badannya emang lebih besar dibandingkan dengan bubo punya temen2 saya yang lain. untuk tingginya aja udah mencapai 35cm terakhir saya ukur. dan badannya emang gede berisi. makanya susah mau memperkirakan usianya. ada yg bilang 5 bulanan ada yg bilang 7 bulanan gitu.

kalau untuk vaksin udah bisa atau belum ya dok?

maxi baru 3 mingguan sama saya dok. jadi selama 3 minggu ini saya belum ada nemu peletnya dok. dikasi makan juga ga begitu banyak dok, takut kegemukan, jadi malas mau terbang. paling 1 hari 6 ekor anak puyuh. apa keluar peletnya pengaruh sama jumlah makanan yang dikasi ya dok?
saya juga punya oriental bay, tapi dia sering ngeluarin pelet kalau udah di kasi makan. saya takut kenapa2 sama maxi.

usia brancher aja... :)
silakan baca2 dulu artikel2 mengenai barn owl atau burung hantu di blog ini... pelajari benar2.. :)

vaksin pada burung hantu baru bisa diberikan saat usia owl diatas 8 bulan... umur maxi kayaknya gak lebih dari 8 bulan. iya, sekitar 7 bulanan... :)

pellets biasanya tergantung dari jumlah tulang dan bulu yang masih menempel pada makanannya. kalau puyuh yang diberikan banyak bulu dan tulang, biasanya setiap hari 1 pellet. tapi kalau makanannya bebas bulu dan minim tulang (kayak bayi tikus putih), biasanya jarang dia ngeluarin pellets... :)

biar gak obesitas, makanya itu butuh dilatih. silakan baca artikel saya cara melatih burung hantu.

oriental bay owl dan celepuk memang lebih sering mengeluarkan pellets karena sistem pencernaan mereka lebih singkat. pengeluaran pellets juga kadang dipengaruhi oleh faktor 'kekenyangan' pada owl... :)

Terima Kasih atas informasinya dok.

nanti kalau ada gangguan sama maxi atau ole (oriental) saya boleh konsultasi ya dok :)

Oke dok makasih.siap akan saya baca hehe

Dok saya mau tanya, saya punya Oriental Bay Owl saya kasih makan daging ikan mas & ikan lele boleh atau tidak??
Trus klo saya kasih makan maunya disuapin terus gak mau nerkam atau makan sendiri apa itu normal??
Thxs

sebenernya agak kurang bagus kalau dikasih ikan, mas. selengkapnya silakan mas baca artikel saya ikan sebagai makanan burung hantu. :)

kalau soal dia gak mau nerkam makanannya sendiri, coba mas asah insting berburunya dengan memberikan makanan berupa pinkies (bayi tikus). taruh aja di dekat si obay, nanti biasanya dia caplok sendiri. taruh dekat si obay, lalu tinggalin aja. jangan diliatin.. :)

Dok, saya baru beli BurHan jenis Celepuk sekitar tiga hari yg lalu, tp saya tidak tau itu berusia berapa karna sudah tdak ada lg bulu kapas nya dan sudah bisa terbang...
Saya masukkan ke kandang agak besar berukuran 1x2 meter,
Nah pertanyaannya, lebih baik di kandangin atau di perch dok? Mohon di jawab yaa...

kalau kandangnya sebesar itu, gak apa2. cuma lebih baik kandang tertutup dulu selama seminggu atau 2 minggu. mas bisa tutup jeruji-jerujinya pakai kain atau kardus hingga tertutup semua. lebih gampang sih taruh aja di ruangan kosong, kayak gudang gitu (ada isinya gudang juga gak apa2). kalau udah 1 atau 2 minggu di ruangan itu (tentu sambil dikasih makan ya mas), baru mas bisa coba jinakkan.... :)

Dok apakah BWK usia brancher yg masih belajar berdiri boleh ditaruh di perch?

Dok mau tny soal falk... dlu falk sya wktu awal juve udh mau jttf tgn... tp setelah dya bsa terbang jarak 3-4meter dya g mau lg d suapin tp jg g mau makan milet burung n g jinak lagi... kira2 bisa d jinakin lg g ya... tiap hr t latih 2xsehari ttp ajja g mau nurut lg... pernah saya kandangin seminggu pas lg muncak... awal mula nya itu jd g nurut lg

nah, kemungkinan besar karena mas kandangin itu mas.
kenapa musti di kandangin? bisa sih jinak lagi, tapi agak lama karena kemungkinan besar dia gak percaya lagi sama mas.

perlu usaha untuk kembali menjinakkannya lagi. tapi pasti bisa kok. asalkan mas sabar. :)

dok saya ada rencana mau pelihara burhan nih, tapi saya masih kuliah yg tinggal di kos kosan, nah kan harus adaptasi tuh diruangan tertutup seperti di gudang, yg mau saya tanyakan bisa ga di masukin ke kamar kos dulu selama 12 jam (masa adaptasi) trus burhan nya diikat apa di lepas aja di kamar? terikasih dok sudah mau menjawab :)

saya jadi inget dulu awal2 saya pelihara si errol. :D
sebelum menjawab, saya tanya dlu ama mas: mas merokok? kalau merokok, lebih baik jangan, mas. karena owl sangat sensitif terhadap residu rokok.

kalau mas tidak merokok, boleh pelihara owl. awal2 mending yang paling mudah dulu kayak celepuk atau oriental bay owl. makanannya juga gampang, cuma jangkrik.

soal masa adaptasinya, bisa dengan cara di atas. hal lainnya, paling jaga kebersihan aja sama jangan lupa kasih makan. fatal kalau sampe lupa kasih makan...

silakan baca2 artikel saya mengenai burung hantu. terutama artikel cara memelihara oriental bay owl, cara memelihara celepuk, dan cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya, dll... :)

saya merokok, tapi saya engga pernah nge-rokok di dalam kamar saya nge rokok diluar kamar, kos kosan saya di lantai 2 angin nya lumayan kenceng dok. saya ada niat adposi barn owl buat partner saya dan saya sudah baca artikel dokter tentang burung hantu :)

sama aja mas. soalnya residu rokok kan menempel juga pada baju/kaus yang dikenakan saat merokok... :)

namun gak apa2. coba aja dlu pelihara owl yang kecil kayak celepuk. gampang kok peliharanya... :)

silakan baca artikel saya cara memelihara celepuk

Dok, tny waktu yg d btuhkan dr brancher ke juve brp bulan? Utk owl

beda-beda sih mas. namun rata2nya, usia brancher biasanya dimulai dari usia 2,5 bulan hingga 3 bulan. dan burung hantu memasuki usia juvenile pada usia kurang lebih 7 bulan keatas....

Sore dok. Saya ada niatan pelihara celepuk, tapi di rumah saya sudah melihara hamster dan ada juga anak kelinci, di rmh saya pun tdk ada ruangan kosong. Pertanyaan saya : apakah tdk apa2 memelihara celepuk sedangkan saya sudah melihara hamster (hamster dlm kandang) ? Yg kedua apakah tidak apa2 saya nanti nya menempatkan celepuk di kamar saya ? Trmksh.

makasih banyak atas pertanyaannya.
1. boleh2 aja memelihara celepuk bareng dengan hamster. cukup pastikan hamsternya aman. namanya hewan, mereka kan berdasarkan insting... selama keduanya nggak didekatkan, saya kira si hamster akan aman...

2. kalau masnya gak merokok dan kamarnya gak terlalu bising, gak apa2 taruh di kamar... jaga kebersihan aja, sering2 dibersihkan sisa fesesnya...

silakan baca artikel2 saya yang lain... :)

Saya perempuan bu dokter. Bukan mas2 hehe

Ohh gitu ya dok, klu nanti saya beli celepuk berarti boleh simpan di kamar ya, saya kardusin apa gmn dok buat adaptasinya ? Rencana saya mau beli yg masih bulu kapas.

oh .hahahaha. maaf, maaf.... :D
iya kalau masih bulu kapas, di kardusin aja yang agak besar. jangan lupa kasih makan. silakan baca2 dlu artikel mengenai cara memelihara burung hantu di sini.. :)

kamarnya pake AC gak? kalau pake AC, sebaiknya jangan terlalu dingin... bagusnya kalau nggak pake AC... :)

Kalau celepuk bulu kapas blm bisa terbang kan ya dok. Dok kalau misal saya kan kuliah, kalau celepuk nya telat dikasih makan lebih dr 4 jam gak boleh ya ? Pgn melihara owl tp gimana gak bisa setiap waktu jagain owl nya

oh gini aja.
jadwalin waktu makan. misalnya 4 kali sehari: pagi, siang, sore, ama malam. kalau misalnya siang gak bisa karena kuliah, cukup kasih sebelum berangkat kuliah aja. :)
gak apa2 kok kayak gitu karena kebanyakan owl tidur waktu siang... bahkan kalau pendapat saya pribadi, siang gak dikasih makan juga gak apa2, namun kan kita gak tahu kondisi sistem pencernaan owlnya gimana, kan? kalau kuat sih, gak apa2 siang gak dikasih makan. cukup pagi sore ama malam aja... :)

semoga membantu... :)

Ohh gitu ya dok. Okedeh nanti saya coba. Oiya dok, kalau misal saya pergi2 terus celepuknya saya kandangin gpp ? Takutnya dia kabur lewat jendela atau nyemplung ke bak mandi, apa saya ikat aja ?

bikin owlbox sederhana aja mbak. dari kardus besar (bekas kulkas atau kardus yang lebih dari 40cm lebar dan tingginya), kasih tangkringan dari kayu di dalamnya, dan coak salahsatu sisinya untuk tempat keluar masuk owlnya....

kalau mbaknya mau keluar rumah, masukkan aja owlnya ke dalam owlbox itu.... :)

Oke dok terimakasih. Nanti saya buat owlbox dari kardus yg besar. Pemasangan anklet dan jesse itu kalau celepukny udh bisa terbang aja kan dok?

iya betul. kalau dia udah dewasa dan udah anteng aja. :)

saya tunggu kabar selanjutnya.. :)

Sore dok. Maaf nih baru kasih kabar. Di daerah saya nyari celepuk bulu kapas susah banget :'( sampe saya ke daerah cirebon menempuh 1 jam perjalanan tetep gk ada -,- banyaknya yang usia dewasa dok :'(

coba gabung ke grup jual beli burung di facebook. kalau bisa yang bisa ketemuan, jangan yang terlalu jauh. kalau toh misalnya mau pelihara yang usia dewasa pun sebenernya gak apa2 asalkan owlnya udah dipelihara sebelumnya alias bukan yang hasil tangkapan liar. minimal udah kenal sama manusia, jadi tingkat stressnya gak setinggi owl tangkapan liar....

Gak ada dok di FB juga. Kalaupun ada luar kota semua. Iya waktu kemarin saya ke psr hewan, celepuk dewasanya pas ngeliat saya lgsg lebarin sayap dia :D kayaknya itu tangkapan liar semua. Soalnya mereka keliatan galak nya .

oh... pesen aja ama abangnya. kasih waktu misalnya 2 minggu atau kasih nomor hp mbaknya. kalo dah dapet anakan celepuk yang masih bulu kapas, suruh hubungi gitu... :)

kalo di jakarta sih banyak...

iya, kalo yang celepuk dewasa rata2 begitu...

Malem dok.. nyari anakan celepuk kan susah ya dok, misalkan saya pelihara celepuk dewasa (tangkapan liar penjual), nanti pas di rmh saya masukin ke owl box + dipasang angjess dan di simpan di kamar saya atau di lepas saja di dalam kamar saya ya dok?

kalau burung hantu dewasa dan masih masa adaptasi lebih baik jangan dipasangi angjess dlu biar dia beradaptasi dlu dengan lingkungan barunya dan agar dia percaya sama ownernya.

kalau sekira mbak siap dengan segala konsekwensinya, boleh aja adopt celepuk dewasa. baca2 aja dlu artikel2 saya di blog ini mengenai burung hantu. terutama artikel cara karantina burung hantu... :)

kalau ada ruangan gak terpakai kayak gudang dan semacamnya, bisa aja taruh di gudang itu tanpa dipasangi angklett. kalau ada owlbox (bikin aja dari kardus besar bekas kulkas), taruh di owlbox gak apa2.. :)

kabari saya ya mbak.. :)

Malem dok. Tadi sore aku udh beli celepuk dewasa. Jinak tapi belum jinak total. Baru bisa makan lewat jari aja. Yang jadi masalah, kenapa aku kok tiba2 down bgt mood buat pelihara celepuknya :'( yg sebelum nya semangat banget buat pelihara kok skrg tbtb gak mood :'(. Skrg owy aku titip di rmh temen dok.

biasa itu. saya juga dlu awal2 pelihara errol kayak gitu. dulu. :)

kayaknya aura si owl udah berhasil masuk ke auranya mbak, dan dia mencoba mempengaruhi pikiran mbaknya. harusnya, kalau aura si owl udah berhasil masuk begitu, mbak harus lebih semangat lagi dalam memeliharanya dia. begitu dulu kata kakek saya. ya, setiap hewan sebenernya bisa 'connect' dengan pikiran kita..... :)

coba baca artikel saya imprit pada burung hantu....

pelihara burung hantu adalah cara kita biar bisa menata pikiran kita. karena kadang mood dan pikiran kita terbagi dengan mood dan pikiran si owl. si errol dan saya juga begitu, makanya kadang kalau si saya lagi sedih dan saya cerita sama si errol, dia suka ngedip kalau saya lagi cerita, dan endingnya dia naek ke pundak saya dan menggesek2kan badannya ke kepala saya.... iya, kalau antara owl dan masternya udah bonding 100%, bisa sampe kayak gitu.... :)

sebenernya balik lagi sih ke mbaknya, hehehehe.... :D

Iyaa dok hehe saya pertama mood nya turun pas ngeliat secara langsung jangkrik2, gak tau knp geli plus jijik kalau liat jangkrik. Dari situ aku mulai males pelihara celepuk. Tp skrg udh agak semangat lagi dok. Si owy diem aja nih dok di dalem owlbox nya lg bertengger. Nenek aku pas pagi sampe berdarah dok di patok sama owy. Tapi aku sih blm pernah. Pernah juga di patok tapi gak sakit sama di cengkram aja tangan aku sama owy nya hehe. Owy masih suka gerak2n kepala kalau di deketin dok. Itu knp ya dok? Terus owy juga bulu yg menyerupai tanduk nya gak ada 1 dok. Kayak yang rontok gt. Itu gpp dok?

This comment has been removed by the author.

soal horn (tanduk) di atas kepalanya gak ada, itu masih wajar kok selama nafsu makannya masih normal.

dia ada owlboxnya kan? kalau malem, taro aja di owlboxnya. sementara ini taro dulu di situ dulu sambil mbak pdkt terus sama si owy. nanti kalau dia udah kenal dan udah mulai tenang, mbak bisa freeroom (dilepas liar dalam ruangan)..... sementara ini, cukup jaga kesehatannya karena udara lagi gak bagus buat owl.... jaga betul2 kesehatannya, terutama makannya... :)

kasih saya kabar lagi ya mbak... :)

Makan sih gak ada kendala dok, cuman dia itu masih takut kalau disodorin jangkrik nyaplok nya lama dok. Owlbox nya gak ada penutup pintu nya dok jd dia klu malem keluar terus berusaha buat terbang gt. Waktu awal beli dia aku taro di lengan kalem2 aja, skrg kalau dy keluar kandang trs mw aku pindahin pake sarung tangan eh malah ngunci dok cakarnya. Tangan aku luka deh -,- ngunci nya keras trs aku spontan banting dia karena kaget dok. Tapi dia gak bentur ke bawah kok soalnya dia mendaratnya pake sayap sambil terbang.

oh ya. dia ngambek itu. :)
coba jujur, mbak masih agak enggan memelihara dia ya? bener? soalnya kayaknya dia tahu. ya, memelihara owl erat kaitannya dengan cara berpikir kita, gak cuma soal kasih makan dll.

dia jadi kayak 'ngelunjak' karena dia tahu mbaknya enggan dalam memelihara dia, mbak. :)

tebakan saya lainnya, dia lagi ngetes kesabaran kita sebagai ownernya... ini wajar untuk owl yang baru kita pelihara. semua owl dan bop kayak gitu. awal2 emang butuh ekstra usaha untuk paham dia, makanya butuh kesabaran juga... :)

kompleks ya pelihara owl? hehehe. bukan cuma kasih makan aja, pikiran juga harus jernih. si errol aja benci banget sama suami saya, nggak tahu kenapa... kata suami saya emang dia gak suka sih sama si errol, jadi si errol nunjukkin hal yang sama... :)

sabar, itu aja saran saya kalau mbak masih mau pelihara si owy... :)

Hmm dikit sih dok. Soalnya pas pertama dy aku pegang kalem aja tp skrg malah nyakar lah matuk lah. Jadi agak takut plus males kalau mau deketin dia. Tp owy itu kalau diajak bicara atau dipanggil suka ngedip2 dok sama bersuara, kalau gak gitu dia dieeeeemmm aja seharian gak bersuara.
Trs skrg owy kalau lagi di dalem owlbox aku kasi makan jangkrik pake jari dy mendesis trs mundur tp kalau jangkrik nya pake tusuk sate dia mau. Tapi kalau dia lg diluar owlbox mundur2 dikit sih tp mau nyaplok jangkriknya kok.

sementara ini cukup dia mau makan aja meski ditusuk pake tusuk sate. kayaknya sih bener, dia masih antipati sama mbaknya, hehehe.
tapi kasusnya sama dulu kayak errol. dia waktu masih liar juga suka ngedip sama saya. ada kemungkinan kalian emang jodoh, tapi yah tergantung mbaknya juga.... :)

sekali lagi, atasi rasa takut atau ragu2. saya yakin owy bakalan bisa lebih dari errol nantinya... :)

Iya dok.. pengen bisa elus2 si owy, tp dia aku deketin aja bulu nya ngembang. Aku jg takut dicakar lagi. Sebenernya kalau di cakar gapapa cuma takutnya cakar dia ngunci tuh dok nanti kan aku susah lepasinnya. Jd gimana dok? Aku jangan dulu ajak main owy kali ya ?

sementara ini elus2 aja di dalam kandang. gak apa2 kalau dia defends (melebarkan sayap) saat didekati tangan, tapi tetep lakukan secara terus menerus.... :)

owy sehat? banyak owl sakit akhir2 ini.... :(

Iya dok.. pengen bisa elus2 si owy, tp dia aku deketin aja bulu nya ngembang. Aku jg takut dicakar lagi. Sebenernya kalau di cakar gapapa cuma takutnya cakar dia ngunci tuh dok nanti kan aku susah lepasinnya. Jd gimana dok? Aku jangan dulu ajak main owy kali ya ?

This comment has been removed by the author.

kalau owl cakarnya gak ngunci kok. elus aja kakinya kalau dia emang mencengkram tangan kita. biasanya mereka ngerti dan akhirnya melepaskan.... coba ajak ngobrol, buat koneksi sama owlnya, biar mbak ama owy makin terjalin emosi dan kedekatannya.... maaf baru balas, saya lagi sakit sekarang. agak mendingan sih... salam buat owy... :)

Dok. Sekarang2 owy susah banget makan. Yang biasa nya pup banyak skrg dikit2. Makan jangkrik susah, walaupun di caplok tp dia lepehin lagi. Pdhl dia blm makan, masa kekenyangan kan gak mungkin. Kenapa ya dok owy -..-

fesesnya gimana?
jaga agar owy jangan kedinginan. bagusnya, ruangannya agak hangat. tetep kasih makan, meski harus disuapi. saran saya sih kasih bayi tikus yang masih merah, mbak....

observasi aja selama 3 hari ke depan. kalau masih sama, mending bawa ke dokter hewan terdekat.... :)

Hitam putih dok kayak biasa. Dia kan kemarin saya lepas diluar, makannya lahap pas diluar rumah. Tp pas di dlm rumah susah makan.
Dok, waktu pelihara errol berapa lama ngelatih bisa jttf sampe fttf semenjak dokter adopsi dy? Errol dokter adopsi pas dia udah dewasa kan ya ?

saya nggak pernah meniatkan error agar dia jinak dan bonding kayak begini. semuanya ngalir aja, tanpa beban. saya juga gak pernah memaksa errol dan padma buat bonding. kalo soal latihan, saya tetep lakukan sampe sekarang. iya, sampe sekarangpun masih saya latih kok. :)

Dok. Owy masih tetep susah makan. Disini gak ada yg jual anak tikus ataupun tikus putih dok. Kotoran si owy bentuknya cairan, warna putih campur hitam sedikit agak kekuningan dikittt. Knp ya dok owy? Bingung aku musti gimana dok :(

Tambahan dok.. waktu awal si owy saya pelihara disimpen dikamar sekitar 10 jam lebih. Trs saya pindahkan ke ruang keluarga soalnya dia terbang2 trs nabrak kaca pas malem itu. Jadi si owy sampe skrg saya simpen di r.keluarga dok (suasana nya rame bnyk org rmh lalu lalang dan jg suara TV). Trs yang ngasih makan owy suka nenek aku juga dok, s owy klu dikasih makan sm nenek suka pake tusuk sate dan owy suka galak ke nenek nya lain lagi kalau saya yg kasih makan owy suka anteng. Yang jadi pertanyaan : apa owy stres dok? Udh 3 hari susah makan. Trs dia juga skrg kayak yg takut ke jangkrik. Rincian feses sudah saya jelaskan di komen atas ya dok. Skrg bau nya agak menyengat.

ada masalah kayaknya disistem pencernaannya. dia masih mau makan, tetep kasih makan. dan coba pindahkan owy ke ruangan yang sepi dlu. kemungkinan dia juga stress karena terlalu banyak orang baru...

gak apa2 kalau emang gak ada tikus, cukup kasih jangkrik aja. jaga jangan sampe owy kedinginan ya mbak....

akhir2 ini emang banyak owl sakit. pola makannya dijaga betul2... :)

Ohh iyaa dok makasih ya dok saran2 nya..
Dok di rumah saya lagi ada renovasi jadi banyak bau bau menyengat kayak bau cat, minyak tanah, dll. Apa gak akan ngaruh dok ke owy nya kalau disekitar dia ada bau bau menyengat?

kalau bau sih sebenernya gak apa2, berisiknya ini yang kadang ngaruh, mbak. mending pindahkan ke ruangan yang agak sepi. minimal suaranya gak terlalu berisik... :)

owy sehat, mbak? errol lagi sakit sekarang... :)

This comment has been removed by the author.

Dok mau tanya .. perawatan anakan burung hantu yang masih umur chick itu gimana ? trus waktu ngasih pakan nyajam berapa aja? trus yang masih pertanyaan saya itu kalau umur chick kan masih lemah banget tuh .. otomatis kan harus dimasukin sangkar trus dikasih sarnang biar hangat .. cara itu bisa membuat burung hantu stress ngak .. mohon pencerahanyan .. makasih

udah ada artikelnya cara merawat burung hantu bulu kapas dan cara memelihara burung hantu bulu jarum. silakan baca dlu. :)

Dok saya mau tanya kali mau buat anklet sendiri, kali buat celepuk itu bahan alternatifnya apa selain kulit. Karena kali nyari kulitnya agak sulit

beneran cari kulit susah? coba aja pake bekas tas kulit yang udah gak dipake/udah rusak. atau cari aja di tukang reparasi tas.

kalau nggak ada juga, bahan alternatif lain sebenarnya agak susah. soalnya yang paling aman dan bagus, ya kulit...

kalo gak mau ribet, ya beli aja mas. hehehe... :D

Dok, saya mendadak dikasih barn owl dewasa. Dulu banget sih pernah pelihara celepuk, tapi udah belasan tahun lalu.. jadi perlengkapan segala macem udah nggak ada. Yang harus segera banget saya siapin apa ya, dok? Dari segi pelatihan dan perlatan juga..

cukup siapkan ruangan untuk tempat karantinanya. syarat ruangannya cuma sepi, minim suara. kalau ada, yang nggak dilewati orang2 dan suhunya gak terlalu panas. gudang bisa jadi alternatif ruangan karantinanya. silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu....

setelah itu, praktekkan artikel cara memelihara burung hantu barn owl...

Dok saya baru melihara celepuk juve baru saya bawa pulang ke rumah waktu ngasih makan dia udah bunyi tapi kadang kadang. Kalau begitu apa proses manningnya sudah cukup atau harus lanjut sampai 3 hari dok

Dok saya mau nanya lagi nih burung celepuk saya kok buli di sekitar pangkal sayapnya kok ada yg rontok dan itu di dua sayapnya dengan posisi yang sama
Gimana ya dok mengatasinya
Terima kasih

sebaiknya proses karantina tetep berlanjut terus.
dan untuk bulunya, coba cek, apakah dia suka garuk2 bulunya?

sayangnya mas gak ngasih tau umur burung hantunya berapa. coba kasih info lagi ya mas. baca juga artikel saya cara memandikan burung hantu

kalau umur brancher itu kisaran berapa bulan ya dok ? umur 5-6 bulan disebut apa ? mohon infonya dok, yang juve juga kisaran berapa bulan

brancher itu biasanya kalau bulu kapas udah mulai terganti dengan bulu baru. sekitar 3-5 bulan.... :)

juvenile biasanya diatas 7-8 bulan...

pagi dok...
saya punya BOP jenis Che Dm dan itu usia nya masih chik tp udah banyak bulu sayap nya dan bulu punggung nya...
dan sekarang BOP saya engga bisa berdiri dan nya berjalan menggunakan lutut ..
mohon solusi nya dah apakah terjadi kelumpuhan dan apa obat nya??

Terimakasih banyak dok.

oh ya. kurang kalsium. udah ada kok artikelnya, coba search aja artikelnya di bagian cari artikel: Mengobati Burung Yang Kakinya Mengangkang

Ciri² usia barn owl sudah diusia mature gimana ya mbak?

biasanya warna bulunya lebih gelap... :)

ass, dok mohon maaf saya mau bertanya dok, burung hantu saya namanya shadowfax dok saya biasa panggil fax, nah pertanyaan saya dok, apakah tidak apa apa klo si fax di kasih makannya keseringan sama tidbits terus, apakah burung hantu saya gk bakalan jadi burung hantu imprinting dok???

mohonjawabannya ya dok..... :)

maksudnya kasih makan dengan tidbits terus, gimana ya mas? :)
apakah maksudnya dikasih makan dengan pakan hidup terus atau dikasih makan sendiri (dia makan sendiri, gak disuapi)? :)

kalau maksudnya mas adalah salahsatu dari yang saya sebutkan, saya kira gak masalah. inti agar owl kita imprint sebenernya kedekatan emosi owl dengan kita sebagai masternya. lebih ke cara kita agar dia bisa senyaman mungkin, 100% percaya sama kita.

yang penting adalah sering2 ajak main, sama ajak ngobrol sambil liat matanya. itu aja. dan jangan mengharapkan apa2 dari si owl, termasuk jangan menginginkan dia imprint. jujur, sampe sekarang kakak saya yang udah tahunan pelihara BOP (semua keluarga saya pelihara BOP) juga heran kenapa si errol bisa sampe giring kandang..... padahal dia yang udah tahunan pelihara BOP aja gak bisa kayak gitu.... :D

padahal kesalahan dia cuma 1: dia pengen elangnya kayak errol. itu aja salahnya dia. saya yakin kalo dia nggak ada niat kayak gitu, si Belang bisa kayak errol juga (bonding, imprint, dan giring kandang)... :D

oh ok makasih atas jawaban nya ya dok
salam buat errol

salam balik dari errol dan padma... :)

Dok, saya baru dapat celepuk. dia kayaknya sih masih bulu kapas dok (kapas sih namanya tapi nggak halus yak ternyata wkwk) . Tapi sudah bisa terbangterbang dok? Apa saya yg salah identifikasi apa emang masih chick?

sebelumnya maaf karena baru balas. :D
udah bisa terbang atau baru ngepak2 sayapnya doang? atau bener2 udah bisa terbang gitu, kayak burung dewasa?

kayaknya sih kalau gak chick, ya brancher, mas.... tebakan saya sih brancher...

wild caught, alias tangkapan liar (hewan yang berasal dari alam).

Dok , aman kah apabila melakukan pengiriman bop usia chick melalui jalur udara keluar pulau setelah di karantina ?

Dok, saya baru beli celepuk. Celepuknya brancher tapi udah bisa terbang sedikit. Sebaiknya burungnya taruh di kardus atau kandang ya?
Waktu pemasangan ankletnya kapan ya dok? Soalnya dia kayaknya gk betah pake anklet, dilepas melulu.

taruh di kardus aja, mas. kasih tangkringan di dalamnya....

dok saya baru beli celepuk, tp saya gatau dia umur berapaa, saya taroh dikamar tapi diiket di angkringannya gitu, dia suka mau terbang gt dok. trs pas dia ketahan talinya dia langsung gigit2 angkletnya itu, kalo kaya gitu bakalan stress ga ya dianyaa?

ass.

saya mau nanya pasal celepuk saya, Hoot-hoot (Hut-hut) namanya ....

emng salah saya beli BoP tapi kurang belajar tata cara perawatannya, usia Hut-hut (celepuk) saya udh usia juvenile, Hut-hut udah beberapa kali saya karantina mulai dari kardus ukuran sedang sampai yg terakhir d rumah kosong, perbedaan sangat terasa, waktu Hut-hut d kardus pemberian makan dan minum sangat mudah ... tetapi saat Hut-hut saya lepas d rumah kosong saya bingung gimana cara saya kasih makan dia.... karena Hut-hut masih suka defend sama saya... tolong minta sarannya yah dok..

titip salam buat errol..

nggak apa2, mas. di kardus aja... :)
silakan mas baca artikel2 saya tentang burung hantu di blog ini.

terutama artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT... dan artikel PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU... :)

saya masih susah baca karakter Hut-hut dok... dia emng masih suka defend sama saya....nafsu makannya besar, minumnya juga gampang....apa saya harus lepas jangkrik d rumah kosong aja dok biar dia makan sendiri??

NB : hampir semua artikel dokter sudah saya baca dok...cuma cara prakteknya ragu ragu...

salam buat padma.

Dok, saya kemarin baru beli burung celepuk masih chick,sekarang saya lagi taro di kardus dan ditempatin di tempat yg sepi. Mau tanya, bagusnya ngasih makan 1 hari berapa kali ya dan jam berapa aja bagusnya. Apa ada perbedaan waktu buat ngasih makan celepuk yg masih chick dan yg udah gede. Tkanks

lebih sering ajak main lagi, mas.
emang dia udah bisa nyamber makan sendiri?
biasanya owl yang baru dipelihara manusia nggak mau nyamber makanannya...dia harus disuapi...

mas bisa baca artikel saya PORSI MAKAN BURUNG HANTU

Dok mau nanya lagi. celepuk saya kalo abis makan minumnya sedikit, itu gpp dok? Soalnya kalo udah d Kasih minum sdikit trus dikasih minum lagi mulutnya ketutup, tapi kalo saya Kasih jangkrik dimakan.

gak apa2, mas. :)

rutin kasih suplemen yang saya sarankan di artikel cara agar burung hantu tetap sehat ya mas...

Kalo istilah usia burung bc tengah bc akhir itu artinya apa yah dok ?

Siap dok. oia kapan yah usia yg pas d pake in angklet & jesse?
Dan ada sedikit keluhan juga dok, si ronaldo fesesnya ngga beraturan. Kadang 3 elemen, kadang urine doang, kadang juga warna coklat encer, abis itu normal lagi. Apa ada masalahkah dok?

Salam buat errol & padma dari ronaldo. 😃

Permisi dok, mau tanya dok, CHE DM chick ke usia brancher atau mulai tumbuh bulu, berapa lama ya dok?? Apakah makanan juga mempengaruhi pertumbuhan bulu?

iya, makanan mempengaruhi kualitas bulunya, mas.
kasih minyak ikan cukup seminggu sebutir buat che dm-nya.

maksudnya berapa lama gimana mas? bulu anakan che dm akan tumbuh terus sampe bulunya lengkap semua. kalau rentang waktunya, tergantung beberapa hal. misalnya gizi. :)

Dok saya mau tanya. Saya baru beli Che LM nah dia ko gigitannya kurang kuat kira2 masih bisa ga untuk dilatin supaya dia makannya bisa sendiri, soalnya selama ini dia kalo makan disuapin terus.

Dok saya mau tanya kalo che LM biasa disuapin itu kira2 bisa ga dilatih buat makan sendiri

kalau mau latih CHE LM biar bisa makan sendiri dan gigitannya lebih kencang, kasih pakan hidup yang keliatan lemah kayak bayi tikus putih yang masih merah (pingkies). taro aja burungnya dan pingkies di ruangan kosong, abis itu tinggal.... jangan diliatin terus...

Assalamualailum dok...dok maaf mau nanya..saya baru piara J-Ro (buffy) usia juvteng..udah jinak total..kmrn saya baru pasangin angklet.sblm saya pasang angklet udh mau fof dok.skrng lagi ngambek.fof g mau.cuma mau disuapin pake tangan kanan (glove saya pake tngn kiri)...normal kah dok J-Ro saya ngambek kaya gitu.makasih dok.
Nb. Pas saya beli kondisi jinak.klo dikasih makanan hidup dia mau nyamber.disuapin oke.cuma blm fof.saya baru 1 minggu handle J-Ro.

Assalamualailum dok...dok maaf mau nanya..saya baru piara J-Ro (buffy) usia juvteng..udah jinak total..kmrn saya baru pasangin angklet.sblm saya pasang angklet udh mau fof dok.skrng lagi ngambek.fof g mau.cuma mau disuapin pake tangan kanan (glove saya pake tngn kiri)...normal kah dok J-Ro saya ngambek kaya gitu.makasih dok.
Nb. Pas saya beli kondisi jinak.klo dikasih makanan hidup dia mau nyamber.disuapin oke.cuma blm fof.saya baru 1 minggu handle J-Ro.

dia ngambek gara-gara apa mas? :)
biasanya emang burung hantu suka ngambekan sih, jadi saran saya biarin aja. tetep lakukan kayak biasa: kasih makan, kasih super-n setetes setiap hari. tetep interaksi. elus2 dan ajak main.


Silakan upload gambar.