Cara Merawat Bulu Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Merawat bulu burung hantu sangat mudah dilakukan. Pemberian beberapa vitamin dan minyak ikan bisa membuat agar bulu burung hantu menjadi mengkilap serta lebat. Berikut adalah beberapa tips

cara merawat bulu burung hantu

dan cara agar bulu burung hantu mengkilap:
  1. Tips cara merawat bulu burung hantu yang pertama adalah memberikan vitamin D dan vitamin e secara rutin kepada burung hantu anda seminggu sekali. Selain membantu pertumbuhan tulang, vitamin d juga bisa membuat pertumbuhan bulu makin lebat. Asupan vitamin d bisa berasal dari tulang ikan sotong yang ditumbuk halus.
  2. Anda juga bisa memberikan suplemen lain berupa vitamin e agar pertumbuhan bulu burung hantu menjadi lebat. Vitamin e untuk burung hantu bisa anda dapatkan melalui minyak ikan, bisa dibeli di toko pakan burung.
    Cara Merawat Bulu Burung Hantu
    Burung hantu jenis barn owl
    Image taken from mullbirds.com
  3. Tips kedua dalam merawat bulu burung hantu adalah dengan rajin membersihkan perch (tenggeran) dan memberikan pakan yang sesuai dengan umur burung hantu. Selain itu, anda juga harus mengetahui cara memelihara burung hantu sesuai dengan jenisnya.
  4. Jenis-jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memelihara burung hantu bisa anda baca di artikel jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya. Bagi anda pemula dalam memelihara burung hantu, sebaiknya anda mengikuti panduan memelihara burung hantu untuk pemula dengan mengetahui jenis burung hantu yang paling gampang dipelihara dengan membaca artikel burung hantu apa yang paling gampang dipelihara? Dan artikel cara memelihara burung hantu celepuk.
Demikian adalah

cara merawat bulu burung hantu

semoga artikel singkat diatas bisa menjadi referensi anda dalam memelihara dan merawat burung hantu. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis di bawah ini. Terima kasih. (FS)

129 Responses to "Cara Merawat Bulu Burung Hantu"

  1. dok sy mo nanya nih, b.o sy usia brancher akhir nafsu makannya bagus, sehari bisa abis 10-15 dox puyuh, tp knp kurus & kliatannya lesu gitu ya dok, kyk kurang gairah & bulunya kyk ngurak gitu dok, ga pernah sy liat dia bersihin bulunya sendiri, apa ada vitamin yg bisa diberikan selain minyak ikan spy kembali fit dan gemuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya, kalau nafsu makannya bagus, berarti dia sehat. minyak ikan masih jadi treatment terbaik untuk burung hantu. atau jika mas mau, mas bisa berkonsultasi ke dokter hewan terdekat.... semoga membantu... :)

      Delete
  2. Dok, salam kenal..
    Untuk minyak ikan sendiri yg gimana ya do, untuk BO saya. Saya mau beli agak Ragu krn blm tau minyak ikan yg Cocok buat BO.. Tengkyu ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa buat unggas. karena minyak ikan ada dua jenis. buat unggas dan buat mamalia. kalau buat owl biasanya buat unggas/ayam.

      Delete
  3. Thx atas masukannya dok..
    Oh ya dok,, bagaimana jika minyak ikan yg kita kasih adlh minyak ikan ygbiasa dikonsumsi oleh manusia?? Apakah boleh??
    Lalu BO saya kl makan sangat lahap akan tetapi stlh makan saya lihat di daerah hidungnya keluar cairan sprti ingus, apakah dia lg sakit dok??
    Krn cairan sprti ingus hanya keluar pas dia sdng makan dan kalau tdk makan tdk keluar cairan ingusnya. Apakah dia lg sakita atao mmng sperti itu dok.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga pakai minyak ikan manusia. tapi lebih pas nutrisinya kalau minyak ikan khusus unggas. agak amis emang. :D
      kalau ada cairan seperti ingus dan dia makannya masih bagus, saya kira dia masih sehat. coba jemur dibawah sinar matahari dibawah jam 9 selama 10 hingga 15 menit... :D

      sehat selalu buat owlnya. salam dar barn owl saya si errol.. :D

      Delete
  4. Ok dok.. thx a lot atas masukannya.. salam dr jorry untuk errol dok.. heheeee...

    Oh ya dok, kl vitamin selain minyak ikan apa ya dok biar si jorry sehat terus ato istilahnya P3K apa saja yg harus disiapkan untuk jorry.

    Thx ya dok.. maaf kl banyak tanya krn mmng blm berpengalaman buat handle BOP..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh hehehe. gak apa2. malah saya seneng kalo ada yg nanya.
      sementara ini cukup kasih makan yang rutin dan latih dan jaga kebersihannya. kalau udara dingin, pindahkan ke dalam ruangan... :)

      oh ya. jangkrik makanannya adalah jangkrik hidup ya mas. jangan yang udah mati... :)

      Delete
  5. Thx a lot dok..

    Maaf dok kl Barn Owl msak di kasih jangkrik dok ;( trus kpn kenyangnya dok.

    Selama ini sih tiap hari saya mix makannya, misal hari ini seharian burung puyuh, besok nya saya kasih emprit dan lusa saya kasih tiput, ya cmn 3 jenis itu aja menu makannya.
    Namun dr segi veses knp berbeda2 ya dok, apakah itu normal.??
    Kl puyuh anakan vesesnya putih sprti body lotion
    Kl burung emprit vesenya agak jarang warnanya hitam.
    Kl tiput vesesnya hitam pekat bercampur lendir.

    Apakah itu normal ya dok, mohon masukannya.
    Terimakasih. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh sorry. saya kira burung hantu mas burung hantu celepuk. hehehe. maklum banyak sekali yang nanya. jadi saya agak bingung. :D

      kalo dari fesesnya sih normal. saya kira dia masih sehat. makannya sih udah oke kalau menurut saya. tinggal perawatannya aja. kalo udara dingin, sebaiknya pindahkan ke dalam ruangan agar dia gak kedinginan.... :)

      jangan lupa latih juga ya mas. salam dari errol, barn owl saya... :)

      Delete
  6. Permisi dok, saya mau nanya. Celepuk saya si Woody kok bulunya mulai sering rontok ya? normal ga ya itu? atau perlu perawatan khusus?
    terus kemaren dia garuk2 kepalanya sampai bulu yang di kepalanya (yang kaya tanduknya) sampe rontok sebagian
    makasi dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas mandikan dengan cara disemprot dengan air menggunakan semprotan untuk burung. airnya tambah dettol antiseptik dikit. BUKAN SABUN DETTOL, tapi dettol antiseptik ya mas. (yang bentuknya cair dan warnanya seperti teh). campur dengan air, masukkan ke semprotan burung, lalu semprot ke burungnya 2 hingga 4 kali, lap dengan handuk kering hingga setengah kering, lalu jemur selama 10 menit dibawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi....

      Delete
    2. Oke dok. Saya coba dulu nanti hasilnya saya kabarin. Makasi banyak dok. Sukses terus :)

      Delete
  7. Dok cra ny biar cpet tumbuh bulu syp ny gimana ?? Soal ny sma owner ny dulu prnh digunting syp ny. Trus cra ngasih minyk ikn yg kapsul itu gmana ? Kasian dok gk bisa terbang cma bs lari sma loncat2 doang. Nma ny pen Thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih minyak ikan dua minggu sekali aja. caranya dioleskan ke makanannya. cukup itu aja. nanti bulunya akan numbuh sendiri.... meski agak lama...

      salam buat pen

      Delete
    2. Ok mkasih dok. Pen nakal bgt deh klo leash dilepas loncat2 smpe diatas lemari hihi

      Delete
    3. pen pinter. latih ya mas.... :)
      salam dari errol dan padma..

      Delete
  8. dok apa boleh tulang ikan sotong s blender dengan sedikit air . nah kan dia bakal jadi lembektuh kaa bubur agak keras erus saa kasih langsung ke BO saia. aau eap harus dilumuri ke jangkrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak efektif kalau menurut saya. kalo diblender kan butuh banyak tulang sotong, sedangkan lebih baik tulang sotong itu gak disimpan lama, jadi tiap kali abis ngasih, langsung buang. kalau selama dia gak dikasih air, gak apa2 disimpan lama.... kalau udah dicampur air, sebaiknya sisa yang gak habis, dibuang aja....

      Delete
  9. dok kl mandiin pk detol takarannya yg 1 liter air kira2 detolnya brp banyak? itu kl kena mata gpp? untuk semprotan aviarynya sy pk wipol campur air boleh dok atau hrs pk disinfektan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan banyak2. 1 liter air cukup 1 sendok teh aja.
      untuk aviarinya cukup pakai disenfektan aja. jangan pakai wipol.. :)

      Delete
  10. Dok fira salam kenal saya icha dr jakarta saya mau tanya dok..saya punya burha celepuk yang skrng ini tidak mau mkn sm sekali..beberapa bln lalu juga seperti itu trus sy ksih vit biojana dn akhirnya mau mkn lagi tp skrng ga mau makan sm sekali dok..vit apa yabg paling manjir buat burhan sejenis celepuk..agar nafsu makannya bertambah dan lincah lagi. Thanks dok sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai icha...
      coba icha cek dulu artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu daru fesesnya. soalnya saya sendiri harus tau dia gak mau makan karena apa. kasih tau juga usia owlnya berapa... :)
      apakah selain tidak mau makan, matanya juga sering merem. ada 2 ciri burung hantu sakit, yaitu matanya sering merem meski pada malam hari (secara singkat saya katakan: burung hantunya murung) dan tidak mau makan. kalau dari 2 tanda itu hanya terjadi 1 saja, perlu dicek fesesnya... :)

      Delete
  11. Usianya sekitar 6 bulan dok..iya matanya merem terus udh gitu terlihat lemea dan murung..kmrem msih mau makan jangkrik tp cm 3 ekor..trus hari ini ga mau makan sm sekali dok..saya udh beli super n untuk burhan saya ..udh saya tetesin ke mulutnya langsung tp msih saja lemes dan tdk mau makan ...saya harus ksih vit atau minyak ikan apa yang bagus untuk burham celepuk dok..makasih sarannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau usia owlnya udah 6 bulan, hmm, agak susah sebenernya. soalnya makin tua owl yang diadopsi (apalagi owl tangkapan liar), maka makin tinggi juga tingkat stressnya.. saya menyarankan owl usia anakan atau bulu kapas untuk pemula dengan syarat dirawat baik2....

      gak usah dikasih minyak ikan atau apapun dulu ke owlnya. kalau ada bayi tikus atau bayi tikus putih, bisa dikasihkan ke dia. saran saya sih bawa aja ke dokter hewan terdekat biar bisa dicek....

      Delete
  12. Iya dok..saya pelihara dari msih bayi soalnya ..td pagu saya lihat matanya merem terus dah gitu tduran aja ..saya sedih liatnya..dokter hewan di jakarta pusat di mana yaa dok..mhn infonya klo tau dok..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada daftar nomor telepon dan alamat dokter hewan daerah jakarta di blog saya ini.
      silakan cari di bagian cari artikel.. :)

      Delete
  13. Drh fira maaf mengganggu saya udh bawa burhan saya ke drh perdanawinata di jl.ra kartini pasbar..udh di suntik ..tp msih aja palanya nunduk terus..msih lemes juga tp makan msih mau sih..sehari 2x pagi 8 jangkrik dan td malam 10 ,trus fesesnya putih ada hitamnya juga ...td juga smpet keluar lendir putih dr fesesnya..msih sehatkah menurut dr fira...makasih sblumnya ..wass

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya masih sehat kalau memang fesesnya sesuai dengan yang diceritakan. apalagi dia makan cukup banyak. cukup berikan makanan yang cukup sambil diobservasi selama 5 hari ke depan ya mbak...

      dokternya gak bilang penyakitnya apa? :)

      Delete
  14. Dokternya bilang berak kapur dok.soalnya 2 hari sblumnya fesesnya putih aja ga ada item atau coklatnya ..trus di ksih obat namanya toksin...di suntikan ke jangkrik truss di makan sm burhan saya biar obatnya ikut msuk ke badan ...pas di periksa burhan saya juga di suntik dok..tp kenapa msih lemes aja yaa dok..tp makannya dah ga susah sih dok

    ReplyDelete
  15. Drh firaa ....burhan saya udh mati :*(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya turut berduka dan turut sedih..... :(
      jadiin pengalaman aja. silakan baca2 dulu artikel saya tentang burung hantu di blog ini agar tidak terulang lagi nantinya......

      sebenernya saya agak heran juga kenapa dikasih toksin.... tapi mungkin dokternya punya diagnosa sendiri... dokternya gak ngecek feses burung hantunya mbak??

      Delete
  16. kasih dosis minyak ikannya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup 2 minggu sekali untuk chick/brancher, dan seminggu sekali buat juvenile dan mature...

      Delete
  17. Untuk menambah nafsu makan BO d'kasih apa ya dok. Dan cara ngasih.nya gmana

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makan bayi tikus.
      cara memberikannya taruh owl dan bayi tikusnya di dalam kardus, lalu tutup. biarkan sampe dia memakan bayi tikusnya... :)

      referensi lain, mas bisa baca artikel saya penyebab burung hantu mogok makan...

      Delete
  18. Assalamualaikum dokter.. saya punya barn owl dari saya adop umur 2 bulan ampe sekarang umur 4 bulan kok si owl saya gak pernah minum ya.? Apa emang begitu donk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus disodorin, mas.
      silakan baca artikel saya cara memberi minum burung hantu

      Delete
  19. Assalamualaikum dokter.. saya punya barn owl dari saya adop umur 2 bulan ampe sekarang umur 4 bulan kok si owl saya gak pernah minum ya.? Apa emang begitu donk...

    ReplyDelete
  20. dok BO saya bulu dada y berantakan banget , kaya bulu basah gtu , biar rapih musti gimana y ? thanks .

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur owlnya berapa mas? masih anakan? kalau masih anakan, wajar. makin tua, biasanya makin rapi... :)

      Delete
    2. brancher akhir dok , tpi dah bisa terbang , bulunya jga dah numbuh semua , tpi bulu di perut y botak .

      Delete
    3. oiya dok mw nanya lagi , di muka'y sekarang cemong" gtu :D , qlo biar putih d'kasih apa yah ?
      apa karna burung lokal dok ?

      Delete
    4. ntar kalo dah memasukin usia juvenile atau akhir juvenile, biasanya semua bulunya akan tumbuh normal.
      maksudnya cemong2 gimana mas? :)

      Delete
    5. muka di bulu y gag putih banget dok , ada item"y gtu , padahal pas baru numbuh putih smwa dok . gag kaya BO luar negeri gtu putih tulen :D

      Delete
    6. dok , seminggu yg lalu kan BO saya sakit , dari anus y ada yg keluar gtu daleman y , v sekarang alhamdullilah dah sembuh , kata dokter musti di blender makanannya , tapi skrng dah saya copot jahitan y karna dah seminggu , skrng apa dah boleh d'kasih TIPUT lgi dok . cz kenapa ya dok bisa keluar gtu daleman y , biar gag terulang lgi :) .

      Delete
    7. oh, ambeien itu...
      mending tetep kasih pakan halus selama seminggu atau 2 minggu lagi mas. minimal seminggu, bagusnya 2 minggu lagi...

      setelah itu boleh kasih bayi tikus. agar lebih terasa lunak...

      Delete
  21. qlo ambeien gtu gara" y knpe y dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan karena makanannya mas yang kurang fresh atau terlalu keras teksturnya. kadang ngasih makanan beku atau gak beku tapi terasa dingin. mending kasih bayi tikus, mas....

      burung hantu sebaiknya tidak dimandikan tiap hari... apalagi lagi musim pancaroba.... :)

      Delete
  22. qlo di mandiin setiap hari boleh gag dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mandiin seminggu sekali aja. jangan tiap hari. apalagi lagi perubahan cuaca gini...

      Delete
  23. lebih bagus y di mandi'n seminggu se'x dok ?

    ReplyDelete
  24. oiya dok , kasih makan y kan sehari 2x pagi n malam , qlo se'x makan itu berapa tikus dok ?

    ReplyDelete
  25. dok qlo ngasih tulang sotong itu kan musti di hancurin , cara ngasih y gimana dok ?
    trus BO saya suka ngluarin cairan di hidung , obat y apa y ? maav banyak nanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo barn owlnya besar, kasih aja 2 atau 3. rata2 sih 2 ekor tikus.
      tulang sotong ditumbuk hingga benar2 halus, lalu dibalurkan ke makanan yang mau dikasih...

      cara menangangi burung yang pilek sudah ada artikelnya kok.. :)

      sekarang gimana keadaannya mas?

      Delete
    2. makasih ya dok , maav banyak nanya :)
      alhamdulillah dok dah sembuh n sehat ,

      oiya dok , itu membersihkan bulu di muka y biar putih gmne dok ? soal y pertama tumbuh putih tpi skrng kaya cemong" gtu !

      Delete
    3. mungkin dimandikan aja kali mas. cemong2nya karena emang kotoran atau emang coraknya kayak gitu? kalau emang corak, yah susah mas. hehehe. kalau kotoran, biasanya dengan sering dimandikan, dia bisa bersih... :)

      Delete
  26. dok, sekali ngasih makan itu tikus y berapa banyak?

    ReplyDelete
  27. Dok celepuk saya masih chick kalo ngasi minyak ikan yang buat mamalia atau manusia boleh ngak dok

    ReplyDelete
  28. Dok saya mau nanya,celepuk saya kira2 sudah mulai masuk brancher awal sudah bisa jttf,sudah boleh menggunakan anklet belum ya dok?,terus apa kaki celepuk saya masi bisa tambah besar seiring umurnya bertambah? Takutnya pas ankletnya dipasang pas masi umur segini nanti pas umurnya bertambah jadi ngak muat ankletnya.mohon pencerahannya dok saya masi newbie hehe terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja pasangin. dibiasakan.

      sekarang gimana keadaan owlnya? sehat? :)

      Delete
    2. Sehat dok hehehe :),tapi dia kayak gigit gigit ankletnya gitu apa itu normal dok?

      Delete
    3. itu karena dia belum terbiasa dengan anklett.
      gak apa2. wajar. sering2 dan dibiasakan aja.. :)

      Delete
    4. Oke dok terimakasih,oh ya tapi kalo saya pake anklet sekarang,kalo dia tambah besar kakinya tambah besar juga ngak dok?

      Delete
    5. iya, kalau owlnya tambah besar, biasanya kakinya juga tambah besar, tapi gak beda kok besarnya. :)

      Delete
  29. dok BO saya ko gag mw makan y cz jga gag respon sama makanan y , tapi qlo di lihat sih gag sakit dok , soal'y gag muyung , itu kenapa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas cara ngasih makannya gimana? langsung ditaruh gitu aja di kandangnya? kalau kayak gitu, dia kadang gak mau makan.

      silakan suapi. sodorkan ke paruhnya. :)

      Delete
  30. sudah dok , qlo saya kasih makan emang di sodorin , biar normal lgi gmne y , soal y dye gag respon jga . padahal dah bisa FTTF .

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya dikasih makannya dengan cara gimana? dan mas udah berapa lama memeliharanya?

      coba kasih tau saya fesesnya ya mas. warna dan bentuknya. burung hantu sehat biasanya fesesnya terdiri dari 3 elemen: putih seperti susu, bening seperti air, dan kehitaman/kehijauan spt lumpur. silakan baca dlu artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  31. biasa qlo makan saya taru d'tangan makanan y cz qlo saya panggil baru dye nyamber .

    qlo gag salah 2 or 3 bulanan deh .

    kadang feses y mencret berwarna coklat" gtu , kadang putih jga .

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak riskan juga sebenernya, soalnya saya gak bisa cek langsung.

      kalau mas bisa periksakan langsung owlnya ke drh terdekat, lebih bagus.

      Delete
  32. Dok sya mau nanya usia brpa minggu barn owl bsa makan attack mangsa idupnya sndiri? Punya sya udh 6 minggu sya ksh anak ayam dan puyuh msh gk mau dimakan sndiri. Terpaksa sya hrs suapin kemulutnya langsung. Thx u

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih 6 minggu emang kalau dikasih anak ayam dan puyuh belum bisa mas.
      coba kasih mangsa yang lebih kecil. bayi tikus berukuran kecil misalnya. taruh aja di dekat kakinya, lalu tinggal. jangan diliatin karena kadang dia gak mau makan kalau diliatin.

      Delete
  33. Dok, gimana caranya memberi minyak ikan ke barn owl? apa dicampurin ke tiputnya ato gmn? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  34. Maaf ganggu malem2 dok, saya mau nanya, takaran bubuk tulang ikan untuk celepuk segimana ya dok? Cara pemberiannya spt apa? Dan kapan saja diberikannya dok? Terima kasih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bubuk tulang sotongnya harus benar2 lembut, menyerupai bedak.
      lalu jangkriknya dibasahi air, dan guling2kan ke bubuk tulang sotong tadi. kasih deh ke owlnya.
      kasih setiap makan aja...

      Delete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Oh begitu, terimakasih dok. Mau tanya lagi, celepuk saya kalau bersuara keluar bau tdk sedap dari dalam mulutnya, itu gara2 apa ya dok? Cara ngilangin baunya ya gmna dok? Terimakasih :)

    ReplyDelete
  37. Dok kalau mandiin burhan yg masih anakan cukup dgn air saja atau harus ditetesi obat/vitamin?
    Dan burhan yg saya suka bersin-bersin dok, diobatinnya pake apa ya? Terima kasih

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Dok mau nanya klo kucing buat ukuran barn owl jd ancaman ga ya? Terus buat makan saya kasih ati ayam boleh ga?

    ReplyDelete
  40. Dok bulu owl saya sering terkena kotoran dari si owl itu sendiri... Cara membersihkan bulu yg terkena kotoran owl itu gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa, mas? bukannya kotorannya langsung jatuh ke bawah ya? atau owlnya mas guling-gulingan?

      dilap aja. bisa juga tunggu sampe kering, terus disikat pelan pake sikat gigi kering.

      Delete
    2. Awal dateng kerumah saya lepas dulu owl nya diruangan kosong dok.. Pas mau dikasih makan udah ada kotoran di bulunya.. Terimakasih pencerahannya dok

      Delete
    3. iya, dilap aja. :)
      atau disikat kalau udah kering... :)

      Delete
  41. selain minyak ikan, dr jenis makanan antara tiput,emprit, doq,doc mn yg lebih baik untuk bulu barn owl ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak ikan itu bukan makanan, mas. hanya suplemen. itupun gak bisa terlalu banyak kasihnya, karena kalo overdosis malah bikin sistem pencernaannya terganggu...

      Delete
  42. Dokter vira saya mau nanya buffy sayapnya bengkak udah saya bawa ke dok hewan dekat sini kata dokter hewan cuma bengkak darah beku akibat nabrak sesuatu trus dokternya cuma saranin untuk pakai salap udah 2 minggu dipakai kok gak berkurang ya, apa memang lama sembuhnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. saya baru pulang tugas ke 3 negara, dalam 2 hari... :(

      emang bener sebelumnya pernah nabrak sesuatu?
      coba mas olesin aja minyak urut ke bengkaknya. gak apa2 kok. salep bisa dihentikan dulu, ganti sama minyak urut. :)

      setelah 3 hari, mas bisa kabari lagi kemari

      Delete
  43. dok ada instagram, whatsapp atau facebook agar sy lebih mudah konsultasi, mohon info ke nomor 085785570866 aris-tuban-jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak membuka konsultasi selain di blog ini mas... :)
      mohon maaf... :)

      Delete
  44. Kak kalo buffy fish kan udah makan ikan bisa dikasih minyak ikan juga gak ?

    ReplyDelete
  45. Dok burung hantu bo itu pemberian vitaminnya pas umur berapa?

    ReplyDelete
  46. Dok cara membersihkan bulu burung hantu biar kelihatan bersih lagi bagaimana? Sudah saya beri perawatan setiap hati bulu wajahnya msh ada noda hitam yg sulit dihilangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mandikan seminggu 2x, mas.
      udah ada kok artikel cara memandikan burung hantu...

      noda hitam kotoran atau noda hitam karena emang pigment warna?

      Delete
  47. Noda hitam kotoran dok bukan pigmen warna.. Bulu awal bersih dok sejak saya kelupaan membersihkan kandang 2 hari bulu wajahnya jadi agak kotor,, selain dimandikan pakai cara apa lagi dok? Skarang udh agak bersih lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya coba aja mandikan, mas.
      kalo nodanya membandel, bisa usap pake sikat gigi.. pelan-pelan aja... :)

      Delete
  48. Dok saya piara bay owl brancher, ditempat sulit sekali dapetin doc atau doq, ada pakan tikus mahal bgt dok, ada alternatif gak dik kalo keadaan kepepet ga ada makanan gt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oriental bay owl? kenaoa nggak kasih jangkrik aja mas?
      cek artikel saya, cara memelihara bay owl...

      Delete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. dok kalau vitamin buat burung kicau boleh nggak dikasih ke BOP??
    BOP saya jenis CHE
    thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara prinsip sih sebenernya boleh. tapi saya jujur nggak pernah coba... :)

      Delete
  51. Assalamualaikum dok, saya newbie untuk masalah pelihara burung hantu, saya punya BO usia chick, untuk makanan saya kasih anakan burung puyuh sehari 4-5 kali, tp dia klo mlem kok kelihatan maaih lapar ya dok? Apa perlu saya tambah dosis lagi untuk jumlah makanannya? Oiya untuk treatmentnya saya kasih vitamin minyak ikan buat unggas sehari sekali? Apakah tidak apa-apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan kalo kasih minyak ikan sekali sehari. cukup seminggu 2x atau seminggu sekali aja.

      cek fesesnya, samakan dengan deskripsi feses di artikel parameter kesehatan burung hantu.

      untuk dosisnya, mungkin tambah lagi pakan malam hari, 2 atau 3 ekor puyuh di malam hari... :)

      selebihnya, kasih super-n setetes setiap hari.

      dan mas baca2 aja artikel saya di blog ini... :)

      Delete
  52. Dok saya mau tanya(dibumbui curhat sedikit gpp iya hehe), kok si Goofy dari badannya sering ngeluarin kotoran putih" gitu iya dok?
    Karena kepo saya cek, pas liat bulu ekornya kok kaya ada plastik yg ngebungkus pangkal bulunya iya dok? Dan dibagian atas bulu ekornya juga ada benjolan memanjang seperti jerawat yg mau pecah dok(kurang jelas juga sih liatnya soalnya klo mau liat bagian ini Goofy selalu ngehindar) apa itu bulu yg mau tumbuh dok/penyakit kulit?

    Soal pola tidur burhan yg bener itu gimana iya, siang full tidur & malam full melek dok? Kok goofy pola tidurnya gak teratur iya dok? Kadang malem abis maen" dia tidur trus bangun ntar tidur lagi barengan saya, siang juga gitu klo saya masuk kamar dia suka bangun tapi kadang tetep lanjut tidur sih..
    Dia kalo tidur juga jarang banget berdiri dok, pernah sih tidur berdiri gitu tapi klo denger suara saya bergerak aja langsung bangun gak kaya klo lagi tidur tengkurep kayanya lebih pules.. itu dibiarin aja atau gimana dok?

    Akhir" ini Goofy juga lagi aktif lompat sana lompat sini sambil ngepakin sayapnya(berak sana berak sini juga sedih T.T hehehe..) masih suka cengkram" sama gigit" juga, saya aja klo lagi bersihin poopnya pake tisu suka di pegangin trus digigit" kadang sampe lecet kena kukunya dia tapi gpp saya seneng klo liat dia aktif sampe saya kasih boneka kodok kecil buat maenan hehe.. tapi sedihnya napsu makan dia akhir" ini berkurang dok:( itu kenapa iya dok? Bosen kah sama ikan? Atau yg lainnya? (Klo bosen tapi pernah saya kasih tiput anakan berbulu gak dimakan ._.)
    Terima kasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal benjolan di pangkal bulunya, selama goofy gak sering garuk2 bagian itu, biarin aja. atau mungkin mas bisa kasih gambarnya ke saya biar jelas? saya kira sih aman, bukan penyakit. :)

      biarin aja, tidur senyamannya dia. emang suka aneh2 sih owl yang dipelihara manusia perilaku tidurnya. kadang, mereka jadi ngikutin perilaku ownernya dalam tidur. misalnya, burung hantu kan nocturnal, aktif di malam hari. tapi begitu dipelihara manusia, ada burung hantu yang ngikutin kebiasaan tuannya, yaitu diurnal: aktif di siang hari. ada juga yang tetep nocturnal. biasanya sih tergantung ke seberapa deket si burung hantu sama tuannya.

      soal perilaku dan posisi tidurnya juga sama. suka aneh-aneh. dulu si errol suka tidur sambil gelantungan gitu, kayak kelelawar. :P

      bisa jadi bosan ama makanan. coba kasih tiput yang masih bayi merah (belum berbulu), yang masih bayi banget. taro aja deket dia, terus tinggal. jangan diliatin. atau taro di dalem box kardus yang agak gede, bareng si goofy, terus tutup. biarin aja selama beberapa menit, berisik juga gak apa2.

      udah dikasih super-n?

      fesesnya gimana?

      soal perilakunya sih normal itu. dia gigit2 masnya karena mau bilang terima kasih. dan kayaknya dia seneng sama mas. kalo gak seneng, gak akan dia seaktif itu. :)

      Delete
    2. Klo mau foto benjolannya itu sepertinya agak sulit dok, selain ketutupan sayap sama bulu" halus si Goofy ngehindar mulu dan kalo agak dipaksa dia jadi kaya ngambek gitu dok

      Sepertinya sulit dok nyari bayi tikus yg masih merah jarang ada yg jual tiput disini, yg kaya kemaren aja lumayan jauh belinya,,
      Tapi barusan saya coba beli DOQ, saya coba taruh deket dia awalnya cuma di liatin doang sama Goofy sambil ngembangin sayapnya(Seperti posisi defense) eh pas DOQnya diam" gerak trus lari langsung haapppp DOQnya ditangkap hehe.. Akhirnya gak sia" tengah malem gangguin si agan yg jual DOQ kerumahnya, jadi makin demen lompat" sama cakar" sambil gigit" dianya dok..
      Barusan juga dia udh bisa lompat sambil mengepakan sayapnya dengan jarak yg cukup jauh(lebih jauh dari sebelumnya)

      Sudah dok tapi 2hari ini gak saya kasih, abis klo ikannya ditetesin super-n sama goofy cuma digigit abis itu dijatohin(sebelumnya saya tetesin langsung tapi sepertinya dia sudah hapal tiap saya mau kasih langsung dia tutup mulutnya rapet" trus ngejauh)

      Untuk fesesnya normal dok tapi sesekali dia poop fesesnya berwarna coklat kental dan berbau dok, sehat kah dok?

      Waahh syukur deh klo emang si Goofy beneran seneng mah saya juga seneng ��

      Delete
    3. bagus, jadi emang dia lebih suka anakan DOQ mungkin. nggak apa2 kok.

      pantau terus fesesnya, super-n kasih terus. cuaca lagi gak bagus buat hewan. :(

      Delete
    4. Iya dok nanti saya coba akalin tetesin ke DOQnya

      Terimakasih masukannya dok..

      Delete
    5. maksudnya dikasih super-n ke goofy mas, bukan ke DOQ-nya.. :D

      Delete
    6. Iya dok, maksud saya ditetesin ke Goofy tapi lewat makanannya(kebadan DOQ/ikannya terakhir dikasih hamster langsung dimakan) soalnya klo langsung ditetesin dia ngehindar mulu seperti udh hapal gitu..

      Sekarang goofy makin aktif dok siang malem klo ada saya sering bunyi loncat sana sini padahal udh dikasih makan, setiap subuh udah kaya alarm klo gak ditanggapin sampe matahari nongol suka nemplok kebadan/maenin jari tangan saya digigit"in
      Klo dipanggil namanya juga suka nyamperin dok(masih ragu" sih tapi klo diiming"in DOQ langsung loncat ketangan) niatnya mau saya coba jauhin sedikit" sekalian belajar terbang hehe..

      Delete
    7. nah itu bagus banget perkembangannya. :D

      gimana, bener kan kata saya, dulu waktu mas masih ragu2, dia gak seaktif sekarang? :)

      Delete
    8. Iya dok 😊, sekarang goofy udah mau loncat ketangan klo dipanggil tanpa di iming"in makanan dok
      Tapi ttep klo udah loncat anteng ditangan saya kasih makan ditangan 😁😁

      Delete
    9. sip, sip... :D

      yang penting super-n, sama jangan telat kasih makan, dan kebersihan makanannya... :)

      Delete
    10. Iya dok, terimakasih.. 😁

      Delete
  53. assalamualaikum dok, barn owl saya usia barancher tengah knp pertumbuhan bulu,ny tdk normal ya
    bengkok2 gitu pdhl kakaknya normal
    Sedih liatnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya terlalu sempit, mungkin? jadi bulunya kena kandang?

      atau coba mas kasih minyak ikan aja. cukup 10 hari sebutir aja. tusuk minyak ikannya, trus isinya pencet sampe keluar dan tetesin ke mulutnya. bisa dioles ke makanannya juga

      Delete
  54. assalamualaikum dok, barn owl saya usia barancher tengah knp pertumbuhan bulu,ny tdk normal ya
    bengkok2 gitu pdhl kakaknya normal
    Sedih liatnya :(

    ReplyDelete
  55. Cara ngasih tulang i sotong yg ditumbuk itu gimana dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditumbuk, terus ditabur ke makanannya mas. :)

      kalau jenis makanannya makanan kering kayak jangkrik, dibasahin dulu dengan cara dicelup ke air mineral. kalau daging kan tinggal tabur aja... :)

      Delete
  56. Dok mau nanya nih, Untuk barn chick apakah di mandikan? dan bagaimana cara membuat agar barn tidak bau? Bolehkah di beri makan ikan atau ayam potong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tapi jangan terlalu basah. cukup dispray pake semprotan buat mandiin burung itu loh mas. 5 s/d 7 kali spray, terus dilap aja. :)

      kalau ikan, agak riskan. mending jangan. ayam potong boleh asalkan yang masih anakan. dan potong dagingnya kecil2 biar mudah dicerna.

      Delete
  57. Dok kalo bay owl saya makan jangkrik nya 15 sekali dikasih makan itu gapapa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. usia bay owlnya berapa mas? udah dewasa? kalau udah dewasa, segitu normal kok. cek artikel saya, porsi makan burung hantu

      Delete
  58. Pagi dok,saya mao nanya ,bo saya sakit sy bc artikel dokter kemungkinan dia impaksi eh bsk malah tmbh lemes dok pala sering ditundukin tp kdg diangkat lgi masalah feses brubah ubah,tp yg jls blm pernah brrwarna hijau dok,itu gmn dok bisa diindikasikan bo sy sakit apa solusi penanganan gmn?

    ReplyDelete
  59. dok mo tanya nih, burhan sya jenis tyto umurnya bru 3 bln, kmrn malem sya ksh makan lele dan makan nya sangat baik, dan tadi malem sya ksh lele lagi knp ga mo makan ya, akhir sya cekokin.....masuk 7 ptong, knp ya dok bisa ga mo makan.....trima kasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.