Memelihara Barn Owl Bulu Jarum | Drh. Fira Sovica

Barn owl yang masih bayi

atau yang masih bulu jarum jauh lebih susah dipelihara dibanding barn owl yang sudah dewasa. Sebenarnya, barn owl dewasa pun lebih susah dipelihara dibanding memelihara celepuk dan oriental bay owl yang memang lebih mudah dipelihara dibanding barn owl. Anda bisa membaca artikel mengenai tingkat kesulitan pemeliharaan burung hantu.
Memelihara Barn Owl Bulu Jarum
Barn owl yang masih bayi sangat tinggi tingkat stressnya karena barn owl yang masih bulu jarum atau masih bayi masih sangat terikat secara emosi kepada induknya. Bahkan tak jarang, ditemukan induk burung hantu yang stress sampai akhirnya mati akibat bayinya dijarah manusia dari sarangnya untuk dijual. Saya sendiri pernah mengalami kejadian ini karena kebetulan saya lahir dan besar di daerah jawa tengah yang terkenal banyak populasi serak jawa, sebutan orang di daerah saya untuk menyebut barn owl.

Dan inilah beberapa cara memelihara barn owl bulu jarum yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan:
  1. Tempatkan burung hantu barn owl baby di ruangan tertutup bersuhu hangat. Untuk itu, jangan sesekali menaruh burung hantu yang masih baby (bulu jarum) di luar ruangan terbuka pada malam hari.
  2. Jaga agar suhu ruangan tempat merawat burung hantu baby tersebut selalu stabil, tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin. Jaga agar suhu ruangan tetap hangat, terutama jika burung hantu barn owl peliharaan anda belum tumbuh bulu (bulu kapas).
  3. Beri makan setiap 4 atau 5 jam sekali. Makanan burung hantu barn owl bulu jarum adalah jangkrik dan bayi tikus putih.
  4. Beri minyak ikan sebulan sekali sebanyak satu butir. Jangan terlalu banyak memberikan minyak ikan karena minyak ikan yang terlalu banyak malah akan membuat sistem pencernaan barn owl terganggu.
  5. Lakukan tiga poin memelihara burung hantu baby yang masih bulu jarum di atas dengan terus menerus selama beberapa bulan hingga bulu kapas akhirnya tumbuh menggantikan bulu jarum.
  6. Setelah beberapa bulan dan semua bulu jarum tergantikan dengan bulu kapas, maka anda bisa melanjutkan memelihara burung hantu dengan membaca cara merawat barn owl.
Demikian adalah

cara memelihara barn owl baby

. Semoga dengan artikel ini saya bisa membantu para owner barn owl untuk dapat memelihara barn owl-nya. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

180 Responses to "Memelihara Barn Owl Bulu Jarum"

  1. dok cara minum burhan gmn dok???

    ReplyDelete
  2. Mau tanya .barn owl ku terakhir makan kemarin sore .biasa makan pagi dan sore .sekarang kondisi diem terus .dikasi emprit malah menghindar .bulu rontok dan paruh mengelupas. Badan mengigil .adopt uda sekitar 5 bulan up .itu kenapa ya ? Apakah sakit ato gimana ? Dan harus dipapain ya ..makasih

    ReplyDelete
  3. Saya punya barn pwl, tapi masih bulu kapas. 2 hari ini nggak mau makan sama sekali. Itu kenapa ya dok? Mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya langsung bawa ke dokter hewan saja mas. takutnya memang sakit parah....

      Delete
  4. Dok, kemarin sore tami dan bilbo kedatangan kawan baru, namanya papoy, dia barn owl yg masih kecil, badannya sebesar telapak tangan, warnanya abu abu, sebagian besar belum tumbuh bulu di badannya, matanya masih merem...
    Pertama datang dia langsung jerit minta makan, saya kasih 4 ekor pinkis, malamnya keluar pellet, saya kasih 4 ekor lagi, tapi paginya gak keluar pellet, saya kasih 4 ekor taunya 3 dikeluarin lagi ( gatau dimuntahin atau keluar lewat dubur krn saya gak liat) terus saya kasih lagi 2, gak keluar pellet lagi, tadi sore dikasih 6 juga ga keluar pellet, kenapa ya dok, saya takutnya pelletnya numpuk dan kegedean untuk lewat ke kerongkongan nya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud saya sebagian besar badannya berbulu, namun di beberapa bagian seperti tengkuk dan beberapa bagian sayap belum tumbuh bulu hehe

      Delete
    2. oh iya. itu udah bagus. hanya mungkin kebanyakan kasih pinkiesnya. tergantung ukuran sih. kalau pinkies ukuran kecil mungkin pas. itulah kenapa kadang suka dimuntahin... :)
      dulu errol juga pernah muntahin anak tikus. dan anehnya, pas dimuntahin tikusnya malah lari. serius, gak tau gmn makannya itu si errol di alam. hahahaha....

      semoga tami, bilbo, dan papoy sehat selalu..

      Delete
    3. Pinkisnya kecil kecil banget dok, kurus juga pinkisnya, kalo saya kasih belum 4 atau 6 tuh dia jerit khas barn owl gitu dok, makanya saya kasih lagi, sampe akhirnya dia diem dan tidur..
      papoy juga gitu dok, si ketiga pinkisnya jalan jalan di dalem dus papoy
      Dok, pengen dibuatin artikel buat ngelatih barn owl milih tikus liar yg sehat dong, ini si bilbo kalo main keluar gak produktif, pas balik malah minta makan hehehe

      Delete
    4. oh ya. nanti saya buatkan artikelnya.
      kalau kecil gak apa2 mas. kasih aja. kalau dia jerit2 minta makan atau mengeluarkan suara saat siang hari, saya malah seneng. itu artinya dia sehat. owl sakit gak akan bersuara seperti itu... :)

      Delete
    5. Dok, skrg papoy udh bisa makan mencit sapih..
      Nah baiknya dikasih makan seekor setiap dia minta, atau mending dikasih makan 3ekor setiap setelah keluar pellet (sekitar 8jam sekali)???
      Ohya pertama dateng berat badan papoy 176gr, hari ini saya timbang sudah 202gr dok *yeay*

      Delete
    6. dari berat badannya sih bagus mas... :)
      kasih aja tiap dia minta mas..... :)

      Delete
    7. Tiap minta dikasih satu aja atau sampe kenyang dok?

      Delete
  5. Dok, papoy tiba tiba sayapnya agak turun gitu, terus dia gak berenti 'clapping' paruhnya..
    Makannya juga agak berkurang, biasa sehari 3 kali 3 ekor mencit, skrg sehari 2 kali 3 ekor mencit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana?
      kalau soal clapping, itu artinya mas perlu manning lagi dengan papoy. lebih banyak interaksi dan latihan. saran aya, kasih makan mencit yang ukuran kecil saja. bisa dikasih pinkies atau bayi tikus putih dulu.... :)

      Delete
    2. Clapping nya bukan marah dok, lebih seperti sesak nafas...
      Ternyata permasalahannya adalah akumulasi pellet dok, dia sampai jam 9 malem gamau makan, terus sama saya di gendong dan di elus elus, gak lama dari situ akhirnya dia ngeluarin pellet yg luar biasa ukurannya, ngalahin punya bilbo, setelah itu dia mulai berenti clapping dan mau makan lagi dok hehehe... Tapi masalah sayapnya turun masih belum terjelaskan dok
      Fesesnya ada cairan coklat muda, putih susu, dan cairan kental agak hitam dok...

      Delete
    3. oh. fiuh. syukurlah kalau demikian. :)
      coba angkat dan raba sayapnya. apakah dia keliatan kesakitan? mas bisa baca cara mengobati sayap patah pada burung hantu.... :)

      Delete
    4. Saya sudah cek sayapnya, gak ada tanda tanda kesakitan...
      Dia kan masih chick dok, jadi lebih sering duduk daripada berdiri tegap, nah kalo posisi dia sesekali berdiri tegap, sayapnya kokoh disimpan dok, tapi begitu duduk lagi, leye leye lagi sayapnya, kayanya dia pegel atau cape deh hahahaha

      Delete
    5. Ohya dok, si bilbo skrg kalo dikasih tiput gak langsung dimakan, cuma dibunuh udh gitu disimpan dibawah perchnya, baru dia makan sekitar 1-2jam setelah itu, apa itu gak apa apa dok?

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. kalau kasih makan burung hantu pakai pakan hidup, jangan diliatin. tinggal aja. nanti juga habis....
      kayaknya sih sehat2 aja itu mah. mungkin dia lelah, mas, hehehe... :)D

      Delete
  6. dok saya berminat dan berencana mengadopsi Burhan. sebenarnya saya berencana mengadopsi jenis Bubo Sumatranus / Barn Owl. tapi dari beberapa artikel dokter yang saya baca, untuk pemula sebaiknya BurHan lewat Celepuk. nah saya ingin tanya, tentang info penjual Chick-Celepuk yang recommended (BurHannya Sehat dan kl bisa bukan dari tangkapan liar) di daerah Jawa Tengah ? sebelumnya kenalkan saya Rizal dari Semarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa baca artikel penjual hewan terpercaya.
      silakan hubungi salahsatu seller di sana. sebelum memelihara, silakan baca artikel memelihara celepuk dulu...

      iya, kalau bubo sumatranus atau barn owl masih terlalu susah untuk pemula... :)

      Delete
  7. Dok, saya baru nemu barn owl yg udh rada dewasalah. Nah masalahnya semenjak ditemuin ampe 5 hari skrg saya blum prnah dnger dia bersuara, apa dia masih adaptasi atau stress yaa? Mohon jawabannya karna saya masih pemula buat jdi owlry dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana? lancar? selama ini dikasih makan apa? :)
      mbak bisa cari artikel cara memelihara barn owl di bagian cari artikel.... bisa tanyakan jika ada yang tidak paham....

      sementara ini dibiarkan saja di ruangan kosong sambil diberi makan... :)

      Delete
  8. Halo dok, berhubung jadwal kerja praktek saya sudah semakin dekat, saya mau tanya, kan BO saya si bilbo bakal diajak untuk ikut tinggal di kontrakan, nah kalo papoy kan usianya baru 4-5mingguan, dia bakal stress gak kalau ikut diajak juga ke tempat kerja praktek, apa sebaiknya dia gausah ikut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak kok. gak akan stress. pas bawanya hati2 mas. saran saya sih ditaruh saja di kontrakan selagi mas kerja, tapi sebelum berangkat kasih makan dulu.....

      Delete
    2. Bawanya pake kandang kucing gpp kan dok?

      Delete
    3. kandang kucing besar dilapisi kain hingga dalamnya gelap bisa....

      Delete
    4. Oke dok terimakasih banyak :)

      Delete
  9. Dok, saya baru beli barn owl chick itu kenapa dok yaa... Kok kelopak matanya nutup terus... Itu kenapa dok❓

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tetep beli?
      harusnya jangan dibeli kalau owlnya seperti itu mas. saya pernah bahas di artikel ciri burung hantu sehat.

      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

      Delete
  10. dok, kok BO saya(masih bulu kapas)kayak ngantuk terus ya??terus gak mau makan..itu kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau malam juga begitu? kalau iya, kemungkinan sakit itu. fesesnya gimana mas bentuk dan warnanya? silakan cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  11. Dok mau nanya dong, kalo barn owl umur 2 mingguan lebih gitu boleh gak ya kalo di kasih makan jangkrik ? Dan sampe umur berapa di kasih makan jangkriknya ? Info nya ya dok makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangkrik boleh sesekali, tapi jangan keseringan. makanan barn owl tetap daging.
      beli aja sate sapi mentah di tukang sate, mas....

      Delete
  12. dok maap mau nanya kalo baby chick barn owl bagus nya di simpen di tempat gelap atw terang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja, terang atau gelap juga... yang penting makanannya teratur mas :)

      Delete
    2. dari chick ke bracher kira kira membutuh kan waktu berapa lama ya dok udah ga sabar si booni pngen cpet gede hehe

      Delete
    3. sabar, mas. hihihi. nikmati setiap proses pendewasaan owl mas sambil terus dilatih.... :)

      selengkapnya silakan baca artikel istilah dalam memelihara burung hantu

      Delete
  13. Maaf mbak nanya
    Kalo BO Chick bulu kapas banyak tidurnya bahkan di malam hari posisi tidurnya berbaring lg :D itu normal/sehat nggak mbak,??kalo masalah makan sih makan lahap responnya oke
    Mathur suwun sebelumnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecuali BO yang masih bayi banget, bo harusnya kalau tidur posisinya nangkring. gak terbaring. mungkin diobservasi dulu selama beberapa minggu ke depan, kalau dalam beberapa minggu itu tidak ada perubahan, lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat agar diperiksa... :)

      Delete
    2. Maaf mbak nanya lagi kalo untuk BO chik itu baiknya waktu kasih makan,dibiasakan kita pake glove atau pake tangan telanjang aja,?? :)

      Delete
    3. pas kasih makan?
      lebih baik sih mas pakai sarung tangan di tangan kiri, tangkringkan burung hantunya di tangan kiri itu, lalu suapi pakai tangan kanan. tangan kanannya gak usah pakai glove... :)

      Delete
  14. baru dikasih barn owl chick
    2 ekor yg satu msih agak botak, blm bisa berdiri? wajar ya kondisi baby gitu?
    trus kata temen makannya dilolohin jangkrik? bener ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dioloh jangkrik aja, tapi kakinya yang tajam dilepas dulu... lebih bagus sih kasih bayi tikus putih atau bayi tikus biasa. taruh aja di deket dia, nanti juga dimakan. (jangan diliatin)

      Delete
    2. kalo potongan daging ayam / sapi?
      susah cari pingkies, kl tiputnya aq potongin sndiri trs dilolohin gmn?
      trs aq harus ngasih makan sebanyak apa?

      Delete
    3. daging sapi segar, jangan yang beku. kalau misalnya yang beku pun harusnya didiamkan dulu hingga gak dingin/beku lagi.... daging ayam boleh sesekali, jangan terlalu sering, dan pastikan daging ayamnya bebas bahan kimia...

      kalau untuk chick, bisa dikasih 2 - 4 kali pemberian atau sampe si burung hantu tidak mau menyambar makanannya lagi....

      Delete
  15. Dok, saya punya barn owl usia brancer. Namanya Kibo. Kenapa ya dok, kok kibo siang malam matanya merem terus sambil diangkat kakinya satu. Terus sayapnya kayak loyo gitu, kayak nggak ada tenaganya. Udah gitu suaranya aneh. Kayak suara itu kecil (bernada tinggi) dan suara seraknya itu tinggal sedikit. Fesesnya cair berwarna putih susu. Kadang ada hitamnya tapi sedikit banget. Cuma titik2 doang. Tapi makannya masih lahap kok. Apa Kibo sakit? Apa harus di bawa ke dokter hewan? Tapi di daerah saya nyari dokter hewan itu susah. Mohon solusinya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa mas? coba kasih makan bayi tikus....
      sepertinya sih ada indikasi sakit. kalau dari fesesnya, kemungkinan dehidrasi. entahlah, bisa juga saya salah soalnya saya tidak bisa melihat langsung... coba kasih minum aja setelah dia makan.....

      semoga kibo baik2 aja... :)

      Delete
  16. dok mau tanya.saya punya owl adopt 5 hari,masih bulu kapas (chick) tetapi sudah saya kasih makan daging potong kecil-kecil.Bisa berakibat buruk gak dok??? n setiap malam juga bunyi spt manggil2 .itu tandanya stress atau memang sudah kebiasaan?? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng kalau owl saya berisik. itu artinya dia sehat.
      gak apa2 kasih aja daging terus, gak apa2, cukup pastikan dagingnya segar, dan bebas bahan kimia.... silakan baca2 artikel saya yang lain ya mas... :)

      Delete
  17. Dok apakah kalau masih chik harus di taruh di perch juga? Kalau kakinya masih ndak kuat gmna dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kakinya belu kuat, gak ditaruh di perch gak apa2... :)

      Delete
  18. Dok apakah kalau masih chik harus di taruh di perch juga? Kalau kakinya masih ndak kuat gmna dok??

    ReplyDelete
  19. Dok apakah kalau masih chik harus di taruh di perch juga? Kalau kakinya masih ndak kuat gmna dok??

    ReplyDelete
  20. Dok apakah kalau masih chik harus di taruh di perch juga? Kalau kakinya masih ndak kuat gmna dok??

    ReplyDelete
  21. Selamat malam dok. Sy punya bwk masih bulu kapas, makannya sy kasih potongan daging sapi, nah beberapa hr ini tiba2 kakinya kayak lemas dok, pdahal

    ReplyDelete
  22. Padahal tadinya gpp msh grk sih dok tp ky ga ada tenaga untuk angkat bdnnya. Nafsu makan msh ok dok, fases normal dok. Tp kdng msh kaya daging mentah dok. Fasesny jd kaya blm spurna dicernanya dok. Apa yg hrs sy lakukan dok? Kira2 bs kembali normal tdk dok? Terima kasih dok.. Salam buat si errol...

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kemungkinan.
      nafasnya keliatan susah bernafas gak mas? kalau iya, kemungkinan kena tetelo (NSD). kalau keliatan gak susah bernafas, kemungkinan calcium deficient. kekurangan kalsium.

      sekarang gimana keadaannya? mending bawa aja mas ke dokter hewan.

      maaf baru balas. saya sibuk sekali akhir2 ini. :(

      Delete
    2. Oh iya dok nafasnya normal aja. Dan setiap pagi dijemur dok

      Delete
    3. Sdh dikasih obat anti saraf dok. Tp perubahan ga signifikan hanya bs gerak sedikit2 yg dlnya lumpuh total. Sama sdh sy kasih ikan sontong dok.

      Delete
    4. Sdh dikasih obat anti saraf dok. Tp perubahan ga signifikan hanya bs gerak sedikit2 yg dlnya lumpuh total. Sama sdh sy kasih ikan sontong dok.

      Delete
    5. bukan ikan sotongnya ya mas, tapi tulangnya...
      agak susah juga menentukan apa sakitnya, soalnya saya tidak bisa melihat langsung. kalau saja saya bisa liat mungkin saya akan cek keseluruhannya mulai dari lidah, feses, dan lain sebagainya,.....

      makanya saya menyarankan mending bawa ke dokter hewan aja.

      Delete
  23. Iya dok. Tulang ikan sontong maksud sy. Yg putih biasanya untuk asinan burung perkutut. Ada rekanan drh yg bagus ga dok area sby? Soalnya biasanya kebanyakan handel mamalia jd untuk unggas kurang paham, terutama untuk bop dok. Tolong ya dok. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending gabung ke komunitas pecinta BOP di facebook, mas. biasanya mereka ada dokter rekomendasi sendiri... apalagi daerah surabaya, banyak kok yang ngerti BOP... :)

      Delete
  24. dok saya punya barn owl berbulu jarum namanya dolly. dia gak mau makan jangkrik dok tapi dia kuat daging ayam dok itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bagus sih kasih jangkrik aja mas. kalau dikasih daging ayam, khawatirnya ada bahan kimianya (formalin dll).

      kecuali kalau mas yakin daging ayamnya bebas bahan kimia. dan saya tidak menjamin ya mas. do at your own risk.. :)

      Delete
  25. udah saya ganti kok dok jadi daging sapi :)
    oiya dok saya mau nanya lagi ni si dolly kenapa emosi nya kadang kadang berubah ya dok? kadang marah kadang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang manning kayaknya. coba baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu... :)

      Delete
  26. Dok, saya sudah memelihara celepuk selama sebulan di perch. Barusan saya abis kasih makan trus ngeliat dia gak comfort ama kakinya. Pas saya periksa ternyata pergelangan kakinya luka (korengan dan hampir mengelupas) dikarenakan ikatan di pergelangan kakinya. Padahal ikatannya enggak ketat. Saya harus gimana dok? Apa saya pindahkan ke dalam kandang saja tanpa dipakaikan ikatan di kakinya?

    ReplyDelete
  27. Dok, saya sudah memelihara celepuk selama sebulan di perch. Barusan saya abis kasih makan trus ngeliat dia gak comfort ama kakinya. Pas saya periksa ternyata pergelangan kakinya luka (korengan dan hampir mengelupas) dikarenakan ikatan di pergelangan kakinya. Padahal ikatannya enggak ketat. Saya harus gimana dok? Apa saya pindahkan ke dalam kandang saja tanpa dipakaikan ikatan di kakinya?

    ReplyDelete
  28. Selamat siang dok. Saya Bernard Cash dan partner sana Tango. Tango adalah jenis Barn Owl usia 2 minggu. Belum kuat berdiri lama dan bulu kapas nya belum tumbuh sempurna. Tapi makan nya cukup lahap. 12-18 anakan puyuh tiap hari dalam 2-3 kali makan. Salam dari Tango di Solo, Jateng. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam buat tango dari errol dan padma. :)
      silakan baca2 dlu artikel saya mengenai burung hantu di sini, biar bisa sharing knowledge dengan masnya... :)

      Delete
  29. Dok sy punya barn owl chick, tadi pag pup fesesnya kuning gelap encer terus ada potongan daging nya utuh. Apa itu gpp ? Nafsu makan menurun dok Mata ngk merem tapi akhir2 ini suka duduk ngk berdiri lg. Mohon Saran dok. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. baunya gimana? gak enak ya?
      jujur aja, agak mengkhawatirkan sih. mas biasa kasih makan apa? pernah dikasih makan daging yang masih dingin (abis dikeluarin dari kulkas) atau daging ayam yang agak lama (udah agak bau atau semacamnya)?

      gini aja. coba mas beli super-n aja ke toko makanan hewan. kasih ke owlnya.

      kalau mau lebih baik, bawa aja ke dokter hewan, mas.

      selengkapnya, silakan baca artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  30. cara memberi makan barn owl chick dengan anakan puyuh gimana dok?

    ReplyDelete
  31. dok saya baru pertama kali memelihara burung hantu jenis barm owl tapi masih chik,kalo makan sedikit banget,dan lebih baik tempat dia tidur itu dikardus atau ember?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih chick, gak apa2 di kardus aja dlu mas... :)

      sekarang gimana keadaan owlnya? sehat? kabari lagi ya...

      Delete
  32. dok aku baru keep bo chick kata sellernya umur baru 5 harian, matanya masih nutup dok
    tp makannya rakus banget
    aku kasih makan puyuh anakan tapi gak pake di fillet lsg ditelan utuh gitu sama dia
    sellernya bilang gpp emang gitu makannya
    apakah emang aman makan utuh gitu ??
    trus ini juga gak pernah ngeluarin pellet dok chick bo nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, sebenernya sih leboih aman kalo mas kasih daging puyuhnya aja ke owlnya. jadi jangan utuh2 gitu. boleh sih sebenernya, cuma coba pilih anakan puyuh yang bulunya dikit. bagusnya bayi puyuh yang belum ada bulunya...

      fesesnya gimana mas? infokan saya mengenai fesesnya

      Delete
    2. fese sih aman kayaknya dok kalau lihat gambar di artikel blog ini mengenai feses
      hitam agak coklat sama cairan putih gitu
      sejauh ini sih kelihatan sehat2 saja
      berisik juga pagi sama malem krak krek gitu suaranya
      udah ngeluarin pelet jg kemaren
      ini masih tetep aku kasih utuh dok puyuhnya
      cuma aku potong kepalanya aja.

      trus kan ngeluarin darah itu puyuhnya ada darah yg nempel2 di paruhnya sama kepala sekitaran mata gitu, udh kering jadi mau bersihin pake air takut pilek ntr hehehe

      Delete
    3. sip. keren perawatannya. :)
      sekarang gimana kabarnya? maaf karena baru balas.... :)

      Delete
    4. kemaren sempat sakit dok jadi lemes diem gitu nafsu makannya juga berkurang.
      kayaknya karena kebanyakan ngasih makan sebelumnya, fesesnya mencret trus.
      browsing liat artikel sana sini akhirnya coba beli minyak ikan, aku suntikan ke puyuh doq makanannya.
      hari ini udah sehat udah krak krek berisik lagi, nafsu makan sama feses nya udah normal lagi.

      matanya udah buka tapi kok kayak nya msh belum bisa lihat
      apakah emang kalau chick walaupun mata udah buka blm bisa lihat ?
      atau emang ada masalah dgn matanya dok ?

      Delete
  33. Dok saya punya baby barn owl...saya mau kasih makan langsung malah tangan saya di gigit sampe sobek...itu gimana ya cara mengatasinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih baby? serius digigit sampe tangan mas sobek gitu?
      hmm, mungkin emang karakternya yang preman ya. karena biasanya, barn owl baby gak segarang itu sifatnya.

      ya udah, mas obatin aja tangan mas. untuk burung hantunya, tetep kasih makan kayak biasa. kalo emang mas takut, mas bisa pake glove (sarung tangan karet tebal).

      Delete
  34. Stlh kpergian rilo,saya mutusin buat adopt barn owl dok. Usia brancher,baru 2 hari drmh saya. Saya msh karantina dikamar saya dgn kardus,dan saya nya ngungsi kmr tmn. 2hari ini sy kasih doq yg siangin,jd filet dagingnya aja. Apa gabisa dok kalo saya kasih doq puyuh yg sy ptg kpala,kaki,sm sayapnya aja,lgsg sya kasih gitu,apa ada efek sampingnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mas gak bikin filet banyak2, terus taro di freezer?
      kalo mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air biasa sampe gak beku lagi dan gak dingin lagi, terus cacah halus, baru kasih ke owlnya? :)

      begitu lebih praktis... :)

      Delete
  35. Ohh iya jugaa,brp lama kuatnya daging puyuh brtahan dok?. Trus kdalo tikus putih,apa perlu disiangi jg dok? Bgmna nyianginya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya kalau di freezer? usahakan seminggu abis, mas.
      kalo tikus putih, mending kasih yang bayinya yang masih merah. gak perlu disiangi. taro aja deket dia, terus tinggalin...

      Delete
  36. Dok. Sya baru dapet bo hibahan dri org yg ga mau ngerawat. Usia nya hampir persis sprti ilustrasi foto di artikel ini. Sbagian bulu primer, sebagian bulu kapas, dan masih ada bulu jarum di beberapa sisi. Prilaku aktif. Berisik. Agresif mgkn garang jg. Trlihat sehat dan normal. Baru sampai hari ini dirumah. Saya kasih namanya hyuri. Prtanyaan saya dok.
    Apakah hyuri bisa dijemur pagi?
    Apakah hyuri sudah bisa dimandikan? Minimal dgn spray.saya udah pakein anklet. Bagaimana trik buat dia bisa anteng di perch. Perch nyarendah. Apa saya kasi perch yg agak tinggi?
    Itu dulu dok. Makasih banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jemur boleh asalkan jangan terlalu lama. cukup 5 sampe 10 menit aja. jamnya sebelum jam 8 pagi. :)

      iya, gak apa2 dispray aja dulu. beberapa kali. terus lap pake handuk kering. bisa sebelum jemur dispray dulu.

      inget, jangan kelamaan jemurnya...

      biarin aja pake perch rendah. emang awal2 gitu kok, kayak gak betah di perch.

      fesesnya gimana? cek artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT. kasih obat yang saya tulis di sana, setetes setiap hari....

      kabari terus

      Delete
  37. Dok,maaf banyak tanya hihi 😁. BO baru saya nmnya zorro,usia brancher,kalo dksh mkn masih agak mundur2 defense,usia brp ya kira2 kalo mau dpsgin anklet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending focus ke penjinakkannya dulu mas. minimal buat dia gak mundur kalo mas mau deketin tangan. usia segitu masih sangat gampang dijinakkan kok...

      maaf karena baru balas. kabari lagi

      Delete
  38. Dok, sejauh ini kondisi hyuri cukup stabil. Makanan nya tidbit daging sapi. Sesuai dgn saran dokter untuk pemberian super n sebaiknya dikasih di waktu waktu kapan setiap harinya? Dia makan di jam 7 pagi, jam 6 sore dan jam 11 malam setiap harinya. Oia dok, saya kan ada keep BK juga, kondisi normal sehat dan respon ok. Usia bc akhir menuju juve. Skrg lg FF. Bisa dikasi super n juga kah? Porsi nya gmn?
    Trus ini lagi dok, buat bo sya si hyuri ini sudah cukup kah hanya diberi makan daging sapi dah super n? Kira kira ada hal lain gak dok buat menunjang pertumbuhan bulu nya dan kondisi fisiknya dimasa pertumbuhan ini. Minyak ikan sudah saya kasi juga dok. Untuk kalsium saya uda kasi tulang ikan sotong, tpi sepertinya agak ngaruh sama kondisi fesesnya pas saya kasih tulang ikan sotong, agak kehitaman. Saya gak kasi lgi, fesesnya kembali normal. Gitu dulu dok, makasih banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. super-n sehari 2x. pagi-malam oke.
      BK bisa dikasih super-n, dosisnya sama. 2x sehari.
      untuk BO-nya bisa kasih daging sapi tapi cacah kecil2 dulu. bisa juga kasih super-n.
      minyak ikan jangan banyak2 ya mas. cukup seminggu sebutir aja. kalo kebanyakan, malah bikin sistem pencernaan terganggu.

      untuk asupan kalsium yang paling bagus sebenernya dari pingkies (bayi tikus putih yang masih merah). bagusnya asupan kalsium dari situ karena tulang bayi tikus kan masih sangat mudah dicerna dan diserap......

      Delete
  39. saya punya burhan masih chick.. kalau taruh di kardus bagus ngga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas. :)
      atau mas bisa bikin owlbox sederhana. kardus kasih tangkringan di dalamnya.

      Delete
  40. Dok,udh 2hari ini cuacanya lagi ga bener,slain super n,vitamin apa yg bisa saya kasih ke zorro,bo sy yg bc tgh.dan si chiro rase saya yg msh 2blnan.buat daya tahan tubuh mereka dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      untuk burung hantu, cukup super-n sama jangan sampe kedinginan mas. itu aja cukup.

      untuk musang rase, bisa kasih kurma tahniq.... seperti yang saya tulis di artikel SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG....

      sekarang keadaan zorro gimana?
      mas kasih makan apa kok sampe fesesnya begitu?
      mas yakin makanannya bebas bahan kimia dan bersih?

      Delete
  41. Dok,mlm ini tba2 zorro pupnua spt ini dok,apa ini ada indikasi mencret? Makanan saya rasa sudh saya jaga kebersihannya. Super n juga stiap hari.

    ReplyDelete
  42. https://postimg.org/image/y5x899a6h/

    ReplyDelete
  43. boleh di kasih minyak ikan yang berbentuk kapsul , bening, dan warna kuning?
    saya punya tapi untuk meninggikan tinggi badan adek saya, itu boleh dipakai.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang buat manusia?
      bagusnya sih yang untuk ayam, mas. jadi yang buat unggas. meski bisa juga sih yang buat manusia, gak apa2. :)

      Delete
    2. si burung hantu boleh konsumsi kapsul minyak ikan ya? tapi takut tersedak atau ga muat di kerongkongan dia.

      Delete
    3. kalau dia selalu bunyi kan berarti dia normal.
      namun kalau dia selalu bunyi tapi defensif , apa yg harus saya lakukan, seumpama ada daging dia tetap tak mau mendatangi daging kecuali disuapin,.
      disuapin pun tak seperti sedang makan , tapi dia seperti membela diri dan menyerang.
      (atau semua brancher awal BO seperti itu?)

      Delete
    4. dikeluarin dulu isinya, ditusuk pake jarum, terus minyaknya ditetesin ke mulutnya atau ditetesin ke makanannya dulu mas.
      bukan dikasih bulet2...


      iya, itu karena dia masih belum kenal sama mas. kalau dagingnya mas tinggal di deket dia, terus mas tinggalin (jangan diliatin), dia mau makan?

      Delete
  44. Dok...
    Apakah BO Chick Bisa Diberi makan Cicak,jangkrik,dan daging ayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. cicak masih oke, jangkrik boleh sesekali, daging ayam boleh yang anakan (doc/doq)....

      bagusnya sih kasih emprit atau puyuh mas. kasih dagingnya aja. jadi disiangi dulu

      Delete
  45. Nanya lagi dok
    Apakah tidak apa apa BO chick diberi makan Tahu Mentah ?
    Soalnya BO saya dikasih makan Tahu Oleh Majikan Lamanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya tulis artikelnya. judulnya: BURUNG HANTU DIBERI MAKAN TAHU

      Delete
  46. dok, barnowl bulu jarum saya, kok ga ngeluarkan pelet.?
    padahal dia sering makan anak puyuh dan tikus.
    cmn sih kotorannya kuning cerah gitu dan sebelumnya tak mengeluarkan bau sekarang malah menyengat kalau dia buang kotoran.
    pertama beli sih dia biasa ngeluarin pelet sekarang malah nggak..
    tapi emang aku akui,, sejak pertama beli sampe sekarang nafsu makannya super banget, habis 2 puyuh masih minta lagi . takut kegemukan sih ga baik jg kan klo burung hantu obesitas apalagi masih kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm rutin kasih super-n aja kali, mas... :)
      gak usah takut kegemukan... :)

      mas kasih makannya dagingnya aja atau sama bulunya sekalian? :)

      bisa kirim foto fesesnya kemari?

      Delete
  47. Hallo dok,masih ingt saya sm zorro? Zorro udah bisa fttf 1m lohh wkwk dia gapake jttf,lgsg fttf mau. Dia mau brancher akhir,apa ada suplemen buat bulu2nya biar bagus dok? Minyak ikan sudah 2mnggu skali,adakah suplemen lain? Trims dok

    ReplyDelete
  48. Hallo dok,masih ingt saya sm zorro? Zorro udah bisa fttf 1m lohh wkwk dia gapake jttf,lgsg fttf mau. Dia mau brancher akhir,apa ada suplemen buat bulu2nya biar bagus dok? Minyak ikan sudah 2mnggu skali,adakah suplemen lain? Trims dok

    ReplyDelete
  49. Blog yang sangat membantu. Trims dokter yg sudah membuat wawasan saya menjadi olwry agar lebih baik lagi.
    Salam dari Chend (barn Owl )
    Untuk errol dan padma

    ReplyDelete
  50. Blog yang sangat membantu. Trims dokter yg sudah membuat wawasan saya menjadi olwry agar lebih baik lagi.
    Salam dari Chend (barn Owl )
    Untuk errol dan padma

    ReplyDelete
  51. Blog yang sangat mencerahkan untuk owlry baru seperti saya.
    Salam hangat dari Chend (barn Owl )
    Untuk errol dan padma.

    ReplyDelete
  52. Blog yang sangat mencerahkan untuk owlry baru seperti saya.
    Salam hangat dari Chend (barn Owl )
    Untuk errol dan padma.

    ReplyDelete
  53. dokk tanyaa..
    BO itu kan barn owl ya dok
    terus kalo BO awal beli chik dikasi makan jangkrik terus.. gimana, baik apa engga..
    atau dikasi makan burung emprit terus .. tapi kalo ngasi burung emprit , burung empritnya diapain dulu..
    hehe maap dok kebanyakan nanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. BO = barn owl. :)
      selama ini gimana dikasih jangkrik? sebenernya sih gak apa2, cuma kalo pendapat saya (ini pendapat saya pribadi), mending jangan tiap hari.

      siapin aja daging burung puyuh di kulkas (freezer). mas beli burung puyuh beberapa ekor, terus datang ke tukang ayam, minta sembelih dan pisahin dagingnya aja. tulang dan bulu dan kulitnya buang. bawa pulang, taro di freezer. tiap kali mau kasih makan, ambil sedikit. rendem di air matang (jangan air panas) sampe gak dingin dan gak beku lagi, kemudian cacah kasar sekira BO-nya gampang makannya, dan sodorin satu2... :)

      Delete
  54. Dok,sy bru dapet barn owl bulu jarum, dia masih agak stress krn berpisah dgn saudaranya & krn selama transport dri bandung ke jkt banyak guncangan, fesesby juga agak kehijauan (sy takut dia kena tetelo) sy biasa kasih daging ayam filet , (bru 2 hari dipelihara) dia jg nggak mau makan wktu disuapin, ditaruh di cepuk jg nolak malah mundur (masih takut) sy harus apa ya dok? Apa saya harus jual?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n, sehari 2x, masing2 setetes. langsung tetesin ke mulutnya aja.

      terus makanannya, mas kasih daging emprit yang sudah dicacah kecil-kecil. masukkin aja ke mulutnya....

      Delete
    2. Klo supern dikasih di makannanya boleh dok?

      Di sini nggk ada yg jual emprit dok, lgi susah barangnya

      Skrg udh bisa sy kasih nakan dok, tpi mesti pake tongkat kecil, klo pake tangan dia nggk mau, masih takut, langsung nyengkrem tanga. Sy sialnya dok, nggk mau lepas, masih trauma sm tangan gr gr kmrn yg jual ngambilnya agak kasar

      Delete
    3. *tangan *soalnya

      Typonya parah wkwkwk

      Delete
    4. oh, boleh mas. tetesin ke makanannya dulu nggak apa2. :D

      gak apa2 kasih makan pake tongkat kecil, mas. :)
      tapi tetep elus2 ya... biar dia kenal sama masnya... :)

      Delete
    5. Pke tangan kosong dok? Takut ga ya dia kira kir? Soalnya sm glove masih takut juga, tpi hissingny udh nggk separah kemaren sih dok udh agak tenang stlh sy pindahin ke kandang, klo di kardus dia nggk bisa liat apa apa soalnya

      Kalo ky ada serpihan gitu di dasar kandang apa ya dok? Warna putih agak transparan Ky ketombe tpi gede

      Ini saya ada kemungkinan gagal nggak ya dok? Soalnya saya masih agak trauma 3 kali muara jenis owl yg beda beda tapi semuanya mati aneh

      Klo chick bwk/kestrel galak ky Barn owl nggak ya dok? Sy klo burhan gagal saya ngalih ke falcon

      Delete
    6. iya, pake tangan mas sendiri. awalnya mungkin takut, tapi kelama-lamaan biasa kok....

      serpihan kayak ketombe? sementara biarin aja dulu, mas.

      jangan mikir gagal dulu, mas. karena pelihara owl ada hubungannya sama pikiran kita. serius. owl lebih peka baca pikiran manusia dibanding jenis burung lain..... mungkin itu penyebab kenapa mas belum pernah berhasil pelihara owl juga.... :D

      Delete
    7. Tpi sy wktu itu udh yakin dok sm bay owl saya, soalnya udah mulai bonding, saya juga udah pesen ke dia, jangan mati sebelum setahun, terus bru 2 minggu lgsung mati dok wkwkwk, kegantung di perch

      Delete
    8. jadi matinya karena kegantung di perch ya mas? :)
      ya selain yakin juga harus dijaga juga mas, hehehe....

      atau mungkin juga kasus mas sama kayak saya sama BOP. nggak kayak keluarga saya yang lain, yang rata2 pelihara BOP, saya kalau pelihara BOP pasti mati....

      Delete
    9. Oh iya dok, biar dia terbiasa sm tangan gmn dok? Soalnya bru saya deketin pake tangan dia langsung ancang ancang mau nyakar, klo digigit sy masih nggak masalah krn nggk terlalu sakit, klo cakar beda cerita, tpu namanya juga predator ya dok.. wkwkwkwk

      Tpi klo gini terus gimana bondingnya ya dok, dia bisanya dielus dri belakang

      Oh iya dok, memangnya owl & bop nggk boleh makan ayam filet? Sy kemaren baca di forum luar negeri katqnya gitu

      Delete
    10. Update dok, skrg udh mau handsfeed, kepala mau di selus, tpi abis itubgalak lagi kalo nggk dikasih makan ekwkek

      Untuk fesesnya kynybudh nggk ijo dok

      Klo serpihan yg ky ketombe sy nggk tau masih atau enggak

      Delete
  55. Kok feees owl sy putih semua ya dok? Ky susu gitu? Seenggaknya nggak ijo

    ReplyDelete
  56. Klo brancher masih boleh jangkrik nggak dok? Bulu udah rada banyak tpi masih ada kapas 1:5 sama bulu jarumnya

    ReplyDelete
  57. Dalam memelihara BO yang dewasa, sebaiknya kondisis lingkungan sekitar lebih baik senyap atau ramai dok?
    Trmksh.

    ReplyDelete
  58. Dok, BO sy makin aneh, semenjak satu kali mengeluarkan feses dgn potongan makanan utuh, dia jadi turun napsu makannya, jdi sering nunduk, kadang kadang kepalanya sampai ke perut, mohon pencerahannya dok, krn dia bakal jadi owl terakhirbyg saya pelihara

    ReplyDelete
  59. Mau nanya dok, burhan umur chick matanya itu emng warna putih y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. putih kayak gimana mas? bisa mas kriim gambarnya kemari?

      Delete
  60. Malam dok. Saya pelihara barn owl yg masih bulu kapas semua.. tapi mata kirinya itu kaya merah bengkak dikit.. tapi kata kanannya normal. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian itu?
      oles pake minyak kayu putih aja mas. TAPI JANGAN SAMPE KENA MATANYA.
      mas oles aja minyak kayu putih di ujung jari mas (sekedar basah aja, jangan sampe netes), abis itu mas oles ke kelopak mata burung hantunya... lakukan sehari 2x,,,

      Delete
  61. dok izin bertanya kalo BO boleh dikasih makan daging puyuh karkas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh. asal cacah-cacah dulu mas. biar dia gampang cernanya. :)

      Delete
    2. Oiya dok kalo ciri" mata BO yg katarak itu gmn ya?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. kayak ada selaput putih keruh di matanya. setau saya sih barn owl jarang kena katarak. toh kalau kena katarak, biasanya karena dijemur terlalu lama. sinar matahari kena matanya langsung, jadi menyebabkan katarak...

      nggak kok. justru kalau masih bayi, matanya keliatan jernih.

      coba cek, apakah dia masih bisa melihat? mas coba goyang2kan tangan di depan dia.... :)

      Delete
    5. oiya BO saya baru tadi aja dijemur sekali pas 7 pagi -+ 10 menitan dok, nah kondisi BO saya itu matanya sering ketutup gitu dok dari awal beli,,cmn kalo skarang" udh mulai sering terbuka matanya tp matanya lebih sering sipit, nah walaupun gtu dia aktif banget dok,,berisik,,trs makannya lahap,,kalo dipanggil langsung respon bahkan ngikutin arah suaranya,,fesesnya pun kalo dibandingin sama blog dokter sama
      apa itu menandakan BOnya sehat dok?

      barusan udah dicoba dites waktu matanya kebuka lebar(walaupun seringnya sipit) respon ternyata waktu jari saya dipindah" tempat,,walaupun kebanyakannya sih kurang respon karena matanya sering sipit

      Delete
    6. iya. selama fesesnya oke dan nafsu makannya bagus, dia masih sehat mas. :)

      saya kira sih dia bagus, meski mungkin ada something di matanya. udah coba mas mandikan?

      Delete
    7. oiya nama BO saya Ion dok

      belum pernah saya mandikan sih,,soalnya umurnya msh BC awal baru jalan ke BC tgh dok,,tp apa boleh diumur segitu dimandikan?,,soalnya saya waktu itu pernah baca kalo gasalah diumur segitu blm boleh dimandikan

      Delete
    8. disemprot2 air pake spray buat mandiin burung aja, 3x. abis itu langsung dilap lagi. :)

      jadi nggak terlalu basah. :)

      jangan lupa kasih super-n ya mas

      Delete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Dok, si Ion sekarang matanya udh ngebuka matanya, tp semenjak ngebuka matanya dia jadi lebih aktif terus berisik terus, makan masih lahap,, feses masih bagus, nah kayanya sih Ion blm benr" kenal sama saya, jd waktu saya deketin Ion langsung menghentak"an kakinya terus sayapnya dikepak"an, ,udh gtu suaranya makin dikencengin

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bagus. malah bagus banget! dia sehat dan aktif. :)
      tinggal mas lebih sering lagi ajak main dia. ajak ngobrol dia. :)

      Delete
  64. Dok maaf nanya lagi nih hehe
    ini feses si Ion kok tiba" warnanya jadi ga menentu ya kadang cokelat kehitaman,kadang merah,kadang normal kaya yg biasa,kandang warna kuning urinenya trs encer banyak bgt,,tp ia masih aktif berisik terus,,makan lahap
    kira"kenapa ya dok?
    btw saya mau ngirim gambar fesesnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama fesesnya masih 3 elemen, saya kira dia masih sehat. mas rutin kasih super-n nggak? kalau rutin, kayaknya gak bakal kayak gitu deh. coba kasih super-n.

      udah mulai ngeluarin pellet, jadi mending segera kasih super-n.

      Delete
    2. tiap hari saya kasih super n kok dok 2 tetes,,tapi caranya di tetesi ke makanan yg bakal dimakannya dok

      barusan si Ion saya kasih makan tapi cuman dikit,,udh itu dia sekarang jd lesu ngga aktif matanya juga sayu,,fesesnya ada warna cokelat terus bening warna kuning dok,,nah waktu tadi karna susah buat makan saya loloh super n nya dok, waktu di diloloh liat di dalam tenggorokannnya kaya ada lendir putih gitu
      itu penyakit apa dok?

      Delete
    3. nggak apa2 kasih super-n kayak gitu... :)

      saya takutnya dia kena frounch sih. udah saya tulis artikelnya di artikel cara mengobati frounce... mas bisa baca artikel itu dan coba praktekkan, meski saya lebih seneng kalau mas bawa dia ke dokter hewan aja sih...

      ada kerak putih juga nggak di mulutnya?

      Delete
    4. tadi diliat" sih gaada kerak putih dimulutnya, tapi ya itu di tenggorokanna kaya ada lendir putih gitu

      Delete
  65. oiya dok barusan habis maghrib si Ion ngeluarin pellet tp warnanya ga kaya biasanya,biasanya warna item sekarang jadi warna cokelat trs bau bgt,, nah udah itu td makannya ga kaya biasanya lahap,,td ada sisa dari porsi yg dikshkan biasanya
    itu kenapa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      itu kelur pellet karena abis mas kasih makan apa?

      mungkin dicacah dulu makanannya biar agak kecil dan dia mudah makannya, dan burungnya mas kasih super-n setetes setiap hari

      Delete
  66. Selamat pagi dok, klo super n untuk barn owl di tetesin di tikus putih nya bisa ? Soal nya agak sulit kalo langsung ke mulut nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya bagusnya sih langsung tetes. tapi kalo emang bener-bener nggak bisa, bisa sih tetes ke makanannya dulu

      Delete
  67. Siang dok sya punya BO msih chick, bru aj sya kasih daging sapi msih seger, tp jd diem perut nya buncit itu knpa ya?? Biasanya sya kasih anakan puyuh sma emprit msih berisik hbis makan.. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, overfeeding. jangan kebanyakan kasihnya. cek artikel saya, porsi makan burung hantu. dan dagingnya cacah2 dulu. sampe kecil2. sekira dia gampang nelennya.

      Delete
  68. Mau tanya dokter.saya handle bo chick sudah 2 minggu.awalnya saya kasih makan daging sapi makan lahap.3 hari belakangan saya coba pinkies & Doq untuk kalsiumnya.tp kenapa jadi kurang nafsu makan sama daging sapi lg ya dok? Untuk feses sih normal,tp msh merangkak jalannya apakah normal dok?

    ReplyDelete
  69. Tanya lg dok.klu untuk kalsiumnya selain pinkies bisa yg sudah jumper or medium gak dok.soalnya pernah dicoba makan mencit jumper,bisa 3e sekali makan.

    ReplyDelete
  70. Dok mau nanya,saya bingung banget ni.
    Kemaren sya beli baby barn owl,makan nya banyak.
    Tapi kenapa klw di panggil pakai gerakan tangan sering ga singkron,tangan di kanan dia lihat ke kiri.apa ada ya dok klw baby barn owl yang mata ny katarak atau buta..?
    Trus di dlam ny jga ada kayak putih pas di tengah2 nya,tp entah prasaan sya saja atau gimana gitu.
    Mohon bantuan nya makasi dok..

    ReplyDelete
  71. Mata nya di tengah2 ada kelihatan kayak putih2 samar2.tp gak selalu juga kelihatan ada momen nya.misal pas di arahin ke cahaya dok.klw makan Alhamdulillah banyak,trus apa makan yang bagus dok..?
    Trus koc barn owl sya ini baby nya aja udh tinggi banget dok & juga kayak lama banget ya pertumbuhan nya.
    Makasi dok

    ReplyDelete
  72. Dok mau nanya sya kemaren beli baby barn owl,tp sya ragu dengan penglihatan nya.
    Apakah ada baby barn owl yg buta dr lahir atau bisa kenak katarak.
    Krna saya lihat di mata nya ada putih samar2 di tengah nya,itu pun klw dilihat cm sesekali pas ada momen juga.atau kah hanya prasaan saya saja.makasi dok mohon di bls.

    ReplyDelete
  73. Ya gimana ni dok,koc kagak ada bls an smsekali

    ReplyDelete
  74. Dok kenapa perut baby tyto alba saya buncit banget dan ga mau buang kotoran ya ??

    ReplyDelete
  75. Dok knp celepuk saya nafsu makannya berkurang ya padahal dari fasesnya normal

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.