Cara Memberi Minum Kepada Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Memberikan minum ke burung hantu

peliharaan adalah suatu keharusan untuk para owner burung hantu. Cara memelihara burung hantu bisa anda baca di artikel memelihara burung hantu celepuk dan memelihara burung hantu barn owl.
Cara Memberi Minum Kepada Burung Hantu
Image taken from zooborns.com
  • Secara naluriah, burung hantu memang bisa minum sendiri dari tempat minum, dan di alam pun sebenarnya burung hantu bisa minum sendiri dari sumber air, danau, atau sungai, namun tidak demikian dengan burung hantu yang dipelihara manusia.
  • Burung hantu hasil tangkapan liar biasanya tidak mau minum sendiri dari tempat minum yang sudah disediakan karena beberapa faktor: stress, perubahan lingkungan, penyakit, dan lain sebagainya. Namun sebab utamanya biasanya akibat belum percayanya si burung hantu kepada manusia yang memeliharanya. Mau tidak mau, anda harus memberikannya minum dengan memberikan minum burung hantu dengan sedotan atau pipet. Cara memberi minum kepada burung hantu dengan menggunakan pipet adalah dengan mengambil sedikit air mineral dengan menggunakan pipet dan menyodorkannya ke paruh burung hantu, lalu tekan pipet hingga air keluar dari ujung pipet dan membasahi ujung paruh burung hantu. Burung hantu biasanya akan menelan air tersebut.
  • Selain menggunakan pipet, anda juga bisa menggunakan sedotan untuk memberikan minum kepada burung hantu. Cara kerjanya sama saja dengan menggunakan pipet, yaitu menahan air di dalam sedotan dengan melipat ujung sedotan yang lain, menyodorkan ke paruh burung hantu, dan melepaskannya perlahan sehingga air keluar dari ujung sedotan.
  • Burung hantu yang sudah lama dipelihara biasanya lama-kelamaan akan percaya kepada pemiliknya, dan dia akan belajar minum sendiri. Burung hantu saya, si Errol, sudah bisa berburu dan minum sendiri di tempat minum di perch-nya. Saya biasa melepaskannya pada jam 9 malam untuk berburu, dan dia akan pulang sendiri ke perch-nya sebelum adzan subuh.
Demikian adalah

cara memberikan minum kepada burung hantu

Semoga artikel diatas bisa menjadi acuan anda dalam memelihara burung hantu celepuk atau memelihara burung hantu barn owl. Saran, komentar, dan kritik serta konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

260 Responses to "Cara Memberi Minum Kepada Burung Hantu"

  1. Berapa kuantiti air setiap kali Memberi minum chick ya...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. greets for me for you, siti. :)
      if you use pipet, you can give water 3 or 4 times, or if the owl wags its head, you can stop give it. make sure you use mineral water.

      what kind of owl you have, siti? you can consultation here about your owl... :)

      Delete
    2. Mba saya baru beli burung nih,burungnya di kasih tali atau di lepas aja di tangkringan soalnya blum bisa terbang

      Delete
    3. Mba saya baru beli burung nih,burungnya di kasih tali atau di lepas aja di tangkringan soalnya blum bisa terbang

      Delete
    4. Kalo owlnya belum bisa terbang, gak apa-apa diiket. Sekalian ngebiasain pake angklett.
      Makan gmn? Lancar? Coba mas cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu

      Delete
  2. klo anakan brapa kali shri dok???
    mksih artikelnya mmbantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup 4 hingga 6 pipet setiap kali habis makan... :)

      Delete
  3. aq pngn sharing ma dokter tp aq jarang buka gmail. ..
    ni pin aq 51551154 mksih sblumnya dok salam burhan. . . ^_^
    kl mcm2 bleh DC kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik konsul langsung di blog ini aja mas.... :)

      Delete
    2. lebih baik konsul langsung di blog ini aja mas.... :)

      Delete
  4. barn owlku pas wktu beli katanya umur 2bulan, tp kok bulunya udh lengkap & masih blm bisa terbang dok,apa bener emng usianya 2 bulan dok? trs badannya kurus bgt kl dipegang kerasa tulangnya, makannya lancar tp masih blm mau kl fof, maunya ditaruh mknannya trs dtiggal pergi baru dimakan, langkah awalnya gmn sih dok spy ga batting trs, krn udh ta masukin kardus 2 hari di gudang tp kok ttp aja batting.thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat batang bulunya, yang ditengah batang bulu. kalau batang bulunya sudah kaku, itu usia sekitar 3 bulan ke atas. kalau batang bulunya masih luwes, berarti kurang dari 3 bulan......sementara kasih aja makan dengan ditinggal seperti itu, sambil terus dilatih kasih makan pakai tangan, disuapi lebih dahulu. lebih bagus kalau disuapi pas dia sedang lapar (agak dipuasakan lebih dahulu).... batting wajar itu artinya dia belum percaya sepenuhnya kepada mas. coba baca artikel menjinakkan burung hantu. semoga membantu.

      Delete
  5. proses manningnya kyk apa sih dok yg paling tepat buat barn owl yg baru aja di addopt,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca artikel jangan memelihara burung hantu jika dan artikel cara menjinakkan burung hantu di link di komentar di atas... :)

      Delete
  6. Dokter ,sya punya Bo fresh WC baru saya dapet.skrg saya taruh kardus karena kata yg jual suruh taruh kardus dulu 3 hari biar cpt jinakinnya gampang.dgn kata lain adaptasi.apakah benar itu dok?trus pernah saya keluarin dan coba elus2 supaya mengenali saya.tapi tetep bo saya kyk pertama datang msh susah dan makannya hanya mau di dalam kardus?gmana solusinya dokter supaya barn owl saya mau makan.dan tadi apakah benar dok kalau bo ditaruh di kardus selama 3hari untuk adaptasi. Terimakasih mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  7. NB : Usia barn owl saya juve awal dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa hal yang benar dan yang salah. :)
      1. barn owl yang baru sampe rumah harus ditaruh di tempat sepi dulu. bukan kardus. lebih baik di ruangan kosong yang sepi seperti di gudang atau ruangan kosong. kurung burung hantu selama 2 atau 3 hari sambil diberi makan.
      2. barn owl ditaruh di ruangan sepi agar ia terbiasa dengan lingkungan barunya. dengan cara tersebut, dia akan lebih tenang. jadi tidak ada hubungannya dengan menjinakkan. butuh waktu panjang agar barn owl berusia dewasa bisa benar-benar percaya kepada kita, ownernya. bisa berbulan2, bahkan bisa pula bertahun2. cara lengkapnya mas bisa baca di artikel cara menjinakkan burung hantu, silakan cari di menu cari artikel diatas... :)
      3. untuk memancing nafsu makan burung hantu, mas bisa kasih pakan hidup seperti bayi tikus putih yang sedikit dilukai agar bau darahnya tercium. taruh saja didekat kaki burung hantu lalu tinggalkan (jangan diliatin terus), nanti juga habis....
      4. coba mas cek apakah burung hantunya sehat atau tidak. salahsatunya, coba mas baca artikel cara mengobati frounce. cari di menu cari artikel diatas....
      semoga membantu....

      Delete
  8. Saya punya phobia sama tikus bu...
    Saya ganti anakan puyuh bagaimana?
    Dan mengenai ruangan kosong saya tidak ada karena saya...kost...?kalo ditaruh kardus apakah salah dok..soalnya si popo.pernah sempat bs keluar dr kardus ...dan saya juga mau tanya bu...setelah masa 2-3hari adaptasi apakah si popo bs di pasang angklet dan taruh di perch soalx saya msh takut kalo si popo terbang dr perch trus kesangkut sama anklet yg dipasang di kakinya...? Maaf ya bu.. Dokter saya Banyak tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak apa2, saya malah senang kalo banyak yang nanya. :)
      bisa juga dikasih anakan puyuh, disiangi dlu. bisa pakai dus, tapi yang agak besar. namun juga sebaiknya jangan sepanjang hari ditaruh di dus. sesekali keluarkan. setelah 7 hari, mas bisa memasangkan angklett dan jesse dan tempatkan dia di perch. beri makan disuapi pakai tangan agar dia mengenal mas.... silakan mas baca artikel resiko memelihara burung hantu untuk lebih jelasnya, bisa disearch di menu cari artikel diatas.... :)

      Delete
  9. Perlu juga ganti kardusnya gak bu dokter? Soalnya saya takut si popo sakit dokter kan banyak poop si popo di kardus...? Dan wktu didalam kardus tdk minum tdk apa2 ta dok? Soalnya si popo kalo dikeluarin sering loncat2 tkut sayap.nya patah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih minum tetep dikasih tiap abis makan pakai air mineral...
      kardus diganti tiap 3 atau 4 hari sekali....:)

      Delete
  10. Gak malah itu dok...si popo ntr ketakutan malah jd stress kalo hbs makan tak keluarin buat ngasih minum ...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak kok. kalau hanya dikasih minum gak akan ketakutan. atau kalau gak, keluarkan dr boxnya kemudian biarkan dia nangkring di tangan atau pergelangan tangan mas selama beberapa menit hingga dia tenang...... lalu coba kasih minum.... :)

      Delete
    2. Kok masih defend ya dok... Si popo...? Ini udah 7hari lebih lho saya taruh kardus...!
      Apakah tidak apa2 kalau saya pindah ke perch dgn kondisi si popo kyk gtu...!?

      Delete
    3. kalau soal defends, emang butuh waktu yang lumayan lama agar si burung hantu sepenuhnya percaya kepada kita hingga mereka tidak defend lagi. gak hanya seminggu, tapi berbulan2. taruh saja di ruangan kosong seperti gudang atau lainnya. taruh bersama perch-nya, nanti dia nangkring sendiri..... coba baca juga cara menjinakkan burung hantu, search di menu cari artikel diatas....

      Delete
  11. Udah saya pindah di perch malah gak mau makan dokter...?minta solusinya biar si popo mau makan lg dokter...? Saya bingung dok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tekankan sekali lagi ya mas. coba mohon dibaca dlu intruksi saya di artikel yang judulnya sudah saya suruh search. dibaca dlu baik2 di sana. kalo ada yang gak dipahami, boleh ditanyakan di sini.

      saya juga sudah suruh mas baca artikel cara memelihara barn owl. soal barn owl tidak mau makan, saya juga sudah suruh mas baca artikel soal penyakit frounce di atas. iya, saya tahu mas pemula dalam memelihara barn owl, dan harusnya memang mas memelihara jenis owl yang lebih mudah dipelihara dulu seperti celepuk atau sejenisnya. jangan langsung memelihara barn owl. tapi nasi sudah jadi bubur, ya sudah mau tidak mau mas harus terima resikonya. saya sudah menuntun mas dengan menunjukkan artikel mana saja yang harus mas baca, tapi sepertinya mas terlalu malas untuk membaca atau terlalu malas untuk mengikuti instruksi di artikel yang saya berikan.

      sebenarnya, barn owl mogok makan sudah saya bahas di post terdahulu. mas bisa search di menu cari artikel diatas. kalau memang jawaban saya tidak memuaskan, langsung bawa ke dokter hewan terdekat itu lebih bagus....

      Delete
  12. Ya dokter,saya minta maaf kalo saya banyak tanya

    ReplyDelete
  13. Dok cara ngajarin si burhan tikus got yg sehat sama yg sakit gimana? Saya aja tidak tau tikus yg sakit kaya gimana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah bikin artikelnya: cara melatih burung hantu cari mangsa sendiri...
      si errol (burung hantu saya) bisa mas seperti itu... :)

      Delete
  14. saya butuh bantuan mbak dokter to the point aja
    saya pemula
    baru semalam dapet barn owl dewasa
    saya kasih lele n minum tidak disentuh
    saya masih bingung ngasih makan n minum barn owl di perch caranya kek apa makanya saya taruh kandang kucing dengan tangkringan.
    kandang saya kasih kain jadi keadaan kandang gelap gulita.
    apakah semua itu sudah betul agar owl saya tidak stress n mau makan n minum ??
    kata penjualnya sudah 3 hari ini dia tidak makan makanya dijual murah. tapi kondisi owl masih aktif
    makasih bantuannya
    saya tunggu balasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah didiamkan selama 2 jam di ruangan tertutup, coba kasih bayi tikus putih atau jangkrik..... cek juga fesesnya, warna dan bentuknya kayak apa....

      ya kalo dijual murah tapi nanti mati ya mending gak usah dibeli dulu, mas. soalnya kasian..... :(

      Delete
    2. iya mbak kasian aku ama owl nya. pengen dia makan biar sehat terus.
      fese warna putih cair seperti air
      barn owl makan jangkrik juga ya mbak ??
      saya coba dulu saran mbak dokter. hasilnya saya post lagi disini
      makasih banyak atas bantuannya

      Delete
    3. maksudnya putih cair itu putih seperti susu atau putih bening seperti air? kalau putih seperti susu saja tidak ada bagian hitam dan bening seperti air, kemungkinan dehidrasi. coba pancing makan pakai jangkrik. kalau ada bayi tikus putih lebih bagus. :)
      saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
    4. mbak dokter BO saya hari ini makan 3 ekor emprit
      saya tinggal dikamar dengan burung 3 burung emprit tanpa bulu dan kaki yang saya lukai. emprit nya hilang tidak ada sisa
      semalam saya kasih jangkrik kok di bawahnya ada jangrik terbelah 2 dan cairan hijau disekitarnya. itu muntah ato apa ?
      pup nya normal. putih kehijauan ada hitam n sdkit lendir bening
      gimana mnurut mbak dokter owl saya ??
      terima kasih atas bantuannya

      Delete
    5. kalau jangkrik memang harus disuapin ke dianya... gak bisa ditaruh gitu aja.
      kalau emprit bisa aja ditaruh dekat dia.... menurut saya sih sehat selama dia mau makan terus....
      biar dia kenal mas, mas bisa suapin jangkrik atau potongan daging emprit langsung ke mulutnya... :)

      Delete
    6. mau curhat lagi mbak
      klo disuapi belum mau mbak. langsung terbang ketakutan gitu.
      ini tadi palet nya warna hitam kluar mbak.
      trus ku kasih makan 3 ekor emprit lagi. sehari cukup ya 3 ekor aja ?
      pup nya masih hijau ada hitem nya. mohon pencerahan nya biar dia tenang klo disuapi.... dan apakah owl saya sehat mbak dengan kondisi seperti itu
      makasih banyak atas bantuanya selama ini.

      Delete
    7. iya cukup 3 kali sehari aja.mungkin karena dia belum terbiasa dengan tempat barunya aja mas. mas bisa bikin owlbox dari kardus yang agak besar, bekas tv atau bekas kulkas. JANGAN PAKAI KARDUS KECIL kayak kardus mie KARENA BIKIN BIKIN STRESS. kasih tangkringan di dalamnya...

      Delete
    8. kira kira di taruh kardus sampai brapa minggu mbak ? klo erol dulu bisa terbiasa ( mau disuapin n tenang waktu di elus ) ama mbak brapa minggu ? slama ini owl saya belum saya kasih nama dan juga belum pernah minum air. disuapin pake pipet langsung ketakutan. semoga dia tidak dehidrasi.
      makasih ya mbak bantuannya selama ini.
      mbak fb nya apa ?

      Delete
    9. kalau dusnya besar, bisa sampe dia berusia juve. jangan lupa dilatih ya mas. untuk kasih minum, bisa kasih sedotan....

      Delete
    10. owl saya itu saya ndak tau dia tergolong mature ato masih jue mbak.
      saya sudah berhasil melatih dia FOF pake daging ayam. apakah berbahya mbak ngasih daging ayam ke barn owl secara terus menerus...
      tolong penjelasaanya mbak. soalnya ditempat saya sulit beli emprit ataupun mencit. jauh dari pasar hewan. makasih atas bantuannya selama ini. salam dari Law buat erol :D

      Delete
    11. oh ya satu lagi mbak. saya masih belum berhasil melatih dia minum selama ini . kok kuat banget dia gak minum selama ini ya mbak ?? bingung aku mbak

      Delete
    12. hadduh, maaf baru bales, mas neo. saya abis sakit kemaren 4 hari.., :)
      sekarang law gimana keadaannya?
      kalau mature itu lebih tua dibanding juve/juvenile. juvenile = remaja, matur = dewasa. silakan baca artikel istilah dalam memelihara burung hantu. kalau tidak ada daging ayam, mas bisa beli daging sapi di tukang sate. :)
      nanti kasih aja ke dia.... :)

      minumnya pake sedotan mas.... silakan baca cara memberi minum burung hantu... :)

      Delete
    13. makasih mbak sarannya... saya kasih minum pake pipet mbak. saya paksa buka paruh nya trus mauskin air. begitu paruh saya lepas air ikutan kluar. pasrah aja sekarang. cuma saya kasih air di tangkringannya... ndak tau diminum aa nggak. yang penting dia makannya tetap lahap.
      semoga mb fira dan keluarga selalu diberi kesehatan, aamiin

      Delete
    14. lebih baik jangan dikasih minum dengan paksa, mas. kasian. dan rawan stress juga kalau begitu. kasih aja pakai sedotan....

      Delete
  15. hitemnya cuma bintik bintik aja mbak. banyak putih susu nya
    gpp to barn owl makan jangkrik ? disuapi ??
    gek kok panggah merem aja to mbak??
    gak berani masukin tangan ke kandang biar melek dia. takut stres
    katanya klo stres 2 hari kmudian bisa mati

    ReplyDelete
  16. Dok, sya mau adopt bop. Tp bingung mau adopt alap" apa barn owl. Sya sih pengennya alap", tp takut soalnya dilindungi, tolong sarannya dong,

    ReplyDelete
    Replies
    1. alap2 oke. :)
      konsultasi aja dulu ke BKSDA setempat. setau saya sih alap2 bukan termasuk dilindungi.... :)

      Delete
  17. Dok saya punya barn owl namanya brave umur 2 bulan , kemaren2 sepanjang malam pasti berisik treak2 tpi beberapa hari ini kog cuman diem aja kadang treak cuman pelan gitu , tapi masih mau makan , saya jadi kwatir dok kalo malem si brave nggak brisik, kira2 kenapa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya?
      coba mas cek fesesnya, baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.. kalau dia masih mau makan, meski sedikit, saya kira dia masih sehat...

      Delete
    2. Makanya masih lahap dok tpi gak terlalu banyak sprt sebelumnya ,masih jarang treak2 , kotoranya kuning putih , sama ada ijo coklatnya gitu, . trus pas saya kasih equipment di gigit2 terus dok

      Delete
    3. lebih baik jangan dikasih equipt dulu mas.
      biarin dia agar bisa membiasakan diri dulu dengan lingkungannya. dari fesesnya sih dia agak stress kayaknya. mendng taruh di ruangan sepi aja dulu selama 2 - 3 hari sambil terus dikasih makan...

      oh ya. jangan lupa kasih nama... :)

      Delete
    4. ini dia udah kembali sehat trus udah treak treak lagi malah dah lomcat2 mau belajar terbang dok. Udah dok namanya brave :)
      Trimakasih atas sarannya dok sangat membantu :)

      Delete
    5. oh, syukurlah. saya turut senang. kalau ada masalah, bisa kembali kemari mas... :)

      jangan lupa kasih nama...

      Delete
    6. Siap dok ... Hehe namanya barn owl saya "brave" dok .kan udah saya kenalin dari atas dok :D salam buat si errol dok

      Delete
    7. Dok punya tips nggak biar si brave mau di panggil . soalnya udah mau loncat ke glove tapi semau dia dipanggil malah nggak noleh

      Delete
    8. oh iya. hehehe.
      waktu dilatih dan dikasih makan, sering2 diajak ngobrol, minimal panggil namanya. iya, mereka bisa mengerti apa yang kita omongkan, si errol aja ngedip kalau saya ajak curhat..... malah, kadang dia nemplok di atas kepala saya, artinya sama kayak manusia sedang mengelus kepala sahabatnya yang lagi sedih. silakan baca artikel cara membaca perilaku burung hantu...

      sabar aja, bertahap mas. nanti juga dia akan nyamperin kalau dipanggil... :)

      Delete
    9. oh iya. hehehe.
      waktu dilatih dan dikasih makan, sering2 diajak ngobrol, minimal panggil namanya. iya, mereka bisa mengerti apa yang kita omongkan, si errol aja ngedip kalau saya ajak curhat..... malah, kadang dia nemplok di atas kepala saya, artinya sama kayak manusia sedang mengelus kepala sahabatnya yang lagi sedih. silakan baca artikel cara membaca perilaku burung hantu...

      sabar aja, bertahap mas. nanti juga dia akan nyamperin kalau dipanggil... :)

      Delete
  18. Betul dok kadang klo saya lg galau dia langsung deketin saya haha
    Ok dok makasih atas ilmunya yang sangat bermanfaat :D sukses selalu dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Celepuk saya kenapa gak mau makan sendiri yaa? Maunya disuapin pake tangan terus... trimakasih

      Delete
  19. Dok, saya punya burhan jenis celepuk, si burhan udah jinak. Seandainya gak di pakein jesse dan angklet apa si burhan akan kabur, apa burhanya udah jinak dan gak bakalan kabur? Thanks dok . Sy tggu blsanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga insting hewan, kemungkinan kabur bisa aja terjadi. bahkan errol yang udah bonding lahir batin sama saya juga ada kemungkinan kabur. beberapa kali saya lihat gelagat si errol mau minggat, tapi saya bilang ke dia, "kalau errol mau pergi, gak apa2 pergi aja. tapi kalau di luar susah cari makan, kemari aja ya minta makan sama mama." burung hantu bisa baca pikiran kita, semua hewan bisa. dan dia ngerti apa yang kita omongin. alhamdulillah sampe sekarang errol anteng2 aja di rumah. dia tetep keluar cari makan tiap abis isya, dan balik ke perchnya tiap menjelang adzan subuh....

      jadi, lebih baik mas taruh aja di ruangan. bisa digudang dan semacamnya. atau mas bikin owlbox (kandang khusus burung hantu). cara membuat owlbox bisa mas cari artikelnya di blog ini. bisa juga bikin owlbox sederhana pakai kardus besar (bekas kulkas) yang di dalamnya dikasih tangkringan.... :)

      Delete
  20. Dok, saya punya burhan jenis celepuk, si burhan udah jinak. Seandainya gak di pakein jesse dan angklet apakah si burhan akan kabur, atau dia gak bakalan kabur?? Trims dok sya tggu blsanya.

    ReplyDelete
  21. Dok, aku punya burung hantu namanya Paijo.., kmren2 dya sehat2 aj, klw d sodorin mkan cepat tanggap, truss sering bersuara juga, skrang dy tidak mau bersuara, truss susah makan juga.., serta matanya sering tetutup dan menunduk. O..ya.., kotorannya berwarna kuning. Knpa dok kira2..?? Gmna penanganannya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya bersih gak? mas taruh dimana si paijo, di dalam ruangan atau di luar?
      kalau dari fesesnya sih kemungkinan infeksi bakteri. cuaca emang lagi gak bagus juga untuk owl, jadi kalau mas taruh dia di luar, bisa aja terjadi kayak gitu. sering mas jemur dia? umur paijo berapa mas?

      Delete
    2. Kmungkinan krna tulang mungkin dok krena kmren mkannya brantkan..,
      Aku taruh d blkang rumah dok, blkang rumahku masih ada atapnya, brrti bisa dkatakan dlam ruangan siihh..,
      Klau terkena infeksi bakteri pnanganannya harus gmna..?? Dikasih obat apa..?? Dngan cra yang sperti apa..??
      Usianya kurang tau dok, aku dpet dri liar koq bukan beli di toko burung.., udah besar siih kyaknya..,

      Delete
    3. agak riskan juga sebenernya kalau saya kasih obat langsung.
      mending bawa ke dokter hewan aja mas, bilang aja mau konsul. murah kok biayanya kalau kasusnya begini.... :)

      Delete
    4. Bukan murahnya sih buk.., tapi masalahnya aku lagi dikampung, dan di kampung aku kyaknya tak ada dokter hewan laahhh.., みϱ\"̮みϱ\"̮みϱ (⌒˛⌒), makanya bngung nak nyari dmananya.., :D

      Delete
    5. oh iya. sementara pisahkan aja dlu ama kura2nya. pastikan airnya tetap bersih dan suhunya normal, gak terlalu dingin juga gak terlalu panas.... observasi aja dulu 2 sampai 4 hari, kalau airnya bersih biasanya bisa pulih. labi2nya luka??

      Delete
    6. Koq jawabannya jadi gak nyambung gini Dok..?? Ntah akunya yg gak paham ya..?? Hehehehehe..,

      Delete
    7. hahahahaha,,, maaf, itu jawaban buat pertanyaan lain. kebalik2, maklum kemaren ramai banget yang komen, mas. sorry bgt, lg kurang minum akua kayaknya... :D

      sekarang gimana keadaan owlnya??? :D

      Delete
    8. Ħªª..Ħªª..Ħªª..Ħªª..Ħªª..Ħªª.., kurang minum akua atau karena lagi banyak Job buk.., Ħªª..Ħªª..Ħªª..Ħªª..Ħªª..Ħªª..,

      Masih sama sperti kmaren, masih lemes.., kasian liatnya :'(

      Delete
    9. fesesnya gimana? warna dan bentuknya?
      kalau saya sarankan sih bawa ke dokter hewan aja mas... :)

      Delete
  22. Dok saya baru beli owl jenis celepuk di jatinegara tapi warnanya beda agak putih gitu kalau yg lainnya kan cokelat pnya saya jenis apa ya dok.sekalian minta tips nya supaya awet miaranya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ada yang spesies itu, mas.
      caranya silakan baca artikel cara memelihara burung hantu celepuk... cari di bagian cari artikel...

      Delete
  23. dok saya mau nanya klo barn owl d buatin rumah layaknya burung dara kira kira gmn ? n klo d lepas d luar rmh tanpa d ikat gmn ? dia kabur atau enggak ? makasih atas jawabannya dok :) sekalian minta nama web yg soal cara melatih burung hantu biar bisa bedain makanan yang sehat/enggak..

    ReplyDelete
  24. dok saya mau nanya klo barn owl d buatin rumah layaknya burung dara kira kira gmn ? n klo d lepas d luar rmh tanpa d ikat gmn ? dia kabur atau enggak ? makasih atas jawabannya dok :) sekalian minta nama web yg soal cara melatih burung hantu biar bisa bedain makanan yang sehat/enggak..

    ReplyDelete
  25. Dok saya mau tanya.
    saya baru beli burhan.
    Tapi saya kurang mengerti jenisnya ?
    makanan yang ideal apa ya dok, soalnya katanya si penjual suruh kasi kepala ayam.
    saya takut nanti malah membahayakan burhannya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel makanan burung hantu berdasarkan jenisnya... :)

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Dok kalo ngasih minum pake sedotan kagak di makan sedotanya ? Owl saya masih wild

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedotannya jangan dimasukkin ke dalam paruhnya, mas.
      coba baca dlu artikelnya baik2...

      Delete
  28. dok, saya mau tanya nih saya baru beli celepuk 2 hari yang lalu,makan nya lancar dan fesesnya pun normal dok, tapi matanya kok merem dok apakah itu wajar dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. observasi aja dlu selama 3 hingga 7 hari. kalau nafsu makannya tetep rakus dan fesesnya normal (silakan baca artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya), saya kira dia masih sehat.... kalau dalam 7 hnafsu makannya menurun, lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat aja mas... :)

      Delete
  29. dok kenapa si jheckie (celepuk) dari tadi malam matanya merem sebelah ya?gimana penanganan nya yg tepat mksh,

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 matanya? makannya gimana, masih normal? cek juga fesesnya, dan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      kabari saya lagi ya mas...

      Delete
  30. engak dok,alhamdulilah makan dan fesesnya normal,dan sekarang udah sering buka mata tp kadang masih merem2 ini masih aku obatin pake obat tetes mata hewan tiap pagi dan sore,,sepertinya membaik dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, bagus kalau emang kayak gitu. saya ikut senang.
      kalau boleh saya tau, merk obat tetes matanya apa ya mas? mungkin bisa saya kasih saran... :)

      Delete
  31. produksi eka farma,namanya obat tetes mata untuk hewan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. bisa sih... :)

      saya tunggu kabarnya ya mas...

      Delete
  32. iya dok alhamdulilah si chikie sekarang udah sehat

    ReplyDelete
  33. dok mau tanya kenapa si chikie (celepuk) mulai td malam nunduk trs seperti gk bisa jaga keseimbangan terbang asal trs kadang guling2,makan lahab fases normal tolong dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas taro si chikie di luar rumah kalau malam?
      rajin kasih makan gak?

      gejala awal NSD kayaknya. Tetelo. Tapi semoga aja nggak. Coba mas baca artikel saya cara mengobati tetelo...

      dan obatnya, mungkin mas bisa kasih super-n. saya gak jamin sembuh ya, tapi semoga aja ampuh... :)

      kabari saya lagi...

      Delete
  34. iya dok taruh di luar kalau malam,makan pagi,sore ,dan malam jk 8-10 ,udah di super n juga dok tp belum rejeki saya td siang chikie mati :( sedih bgt pdhl baru skill ff 20 m 3hari trs 3hari sakit sampe mati :(

    ReplyDelete
  35. tp sekarang saya ambil lagi saudara chikie tp msh galak soal nya selama ini cuma di taruh di sangkar dan kalau mlm induk nya suka datang ngasih makan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. :(
      saya ikut sedih, mas...
      buat pelajaran aja ya mas. mudah2an yang baru bisa lebih panjang. :)

      Delete
  36. Dok saya kan baru saja ngadopt BO brancher awal,itu buat adaptasi ditaro di kardus apa di tempat yang kosong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua-duanya. mas taruh kardus (tapi jangan ditutup), lalu kardusnya taruh di ruangan sepi (bukan kosong). maksudnya sepi di sini adalah sepi suara ya mas.. bukan sepi gak ada orang.,...

      ruangan yang gak ada suara...

      Delete
  37. Dok dgn saya lg nih.. Msh dgn pertanyaan yg sama... Kena blom dpt jwb nya... Low bunyi tlik tlok d burhan itu tanda y knpa yah dok

    Thks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia suka mengatup2 kan paruhnya hingga bunyi 'tok, tok, tok', itu artinya dia sedang mengancam mas. gak usah takut, biarin aja. kalau owlnya udah jinak, biasanya dia bunyi begitu karena dia manggil mas. si errol juga suka gitu...

      Delete
  38. Saya punya bo brancer awal apakah juga harus di kasih minum dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. semua burung hantu harus dikasih minum, mas. semua usia. :D

      Delete
  39. wah bearti burung hantu saya lgi manggil saya paruh ny lgi dia bunyi kn nie..

    ReplyDelete
  40. Dok, saya punya BO udah juve namanya soren. Baru adopt seminggu yg lalu dari temen yg mau pindahan. Dari pemilik yg lama, dia biasa dikandangin, makan sendiri (emprit) dikandang. Kandangnya cukup nggak terlalu sempit menurut saya
    Seminggu ini sudah saya observasi. Fesesnya normal (putih,bening,hitam), makan (emprit) juga lancar, biasa saya kasih 4 ekor semalem. Pellet juga rutin dia keluarin tiap hari.
    Dari kondisi sebelumnya (yg dikandangin) dia termasuk jinak dok ketika saya tempatkan di perch dan tangan. Mulanya dia kurang bisa seimbang (belum terbiasa) dan suka terbang kabur kaburan. Tapi skarang dia lebih ngerti dan lebih tenang
    Cara saya memberi makan, biasanya bulu terbang emprit saya potong terus saya dekatkan ke soren. Saya biarkan dia menangkap buruannya biar insting BOP nya tidak tumpul. Kemarin saya coba fof dan berhasil, tapi masalah baru muncul. Beberapa jam kemudian saya coba angkat menggunakan tangan (yg semula tidak apa apa) seketika berubah. Dia menggigit dan mencakar tangan saya sampai berdarah :D dia menganggap saya adalah makanannya.
    Kemudian cara memberi makan saya kembalikan ke awal. Saya biarkan dia mengejar emprit sendiri sambil saya temani. Saya coba angkat menggunakan tangan, dan dia sudah tidak menyerang tangan saya. Bagaimana menurut dokter?
    Dari sini saya sadar kalau sifat owl sangat berbeda beda. Sebenarnya saya ingin terus melatih, tapi justru merubah pandangan soren terhadap tangan saya (dikira makanannya)
    Solusinya dok?
    Oh iya satu lagi dok. Posisi saya sekarang di jogja (kos) karena keperluan magang. beberapa minggu lagi saya akan balik ke malang (kuliah) dan rencana akan membawa soren.
    Saya menggunakan jasa cargo kereta untuk mengirim soren ke malang dok (saya sudah baca syarat owl dibawa bepergian) sudah terpenuhi semua syaratnya. Cuman saya menematkan soren di kandang yg dulu dipakai pemilik lamanya. Bagaimana menurut dokter?
    Dan bagaimana tindakan saya selanjutnya ketika dia sudah sampai di malang? Mengingat malang termasuk wilayah dataran tinggi yg bersuhu dingin
    Pertanyaan berikutnya, apa saya perlu mengkarantina soren lagi sesampainya di rumah saya, atau saya biarkan dia beradaptasi di perch seperti biasanya?
    Mohon sarannya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas penjelasan lengkapnya. :)
      soren cuma belum begitu kenal sama mas, jadi wajar kalau dia masih sering menyerang mas. gak apa2, sambil terus lakukan proses bonding dan penjinakan, mas bisa terus lanjutkan proses memeliharanya... :)

      semuanya udah bagus, tinggal interaksi aja. coba sering2 ngobrol sama dia. sambil liat matanya. biar dia 'baca' pikiran masnya. burung hantu sebenernya bisa tahu bagaimana pikiran masternya lewat kontak mata, jadi penjinakkan dan proses bonding salahsatunya lewat ajak ngobrol sambil liat matanya....

      iya, sampe di rumah bisa langsung karantina kayak biasa.

      kalau soal suhu udara di malang, saya kira aman kok buat owl juve. kecuali kalau owlnya masih chick, bahaya banget suhu dingin.

      kirim si soren boleh pake kandang yang biasa. :)

      kabari lagi mengenai soren ya mas, salam dari errol dan padma. :)

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Hallo Drh. Fira..
    Perkenalkan sya Saga, dari Lombok NTB.
    Tadi saya abis main ketempat kerja temen dan disana dia nyinpen 2 anak burung hantu yg ditemukan kknya temen sya ini di bandara sore tadi. Tapi tmen sya minta untuk bawa pulang untuk merawat burung hantu ini.
    awalnya sya gak tau itu burung hantu jenis apa dan makanan untuk burung hantupun sya tidk tau.
    Jadi stelh sya bawa pulang sampai dirumh sekitar jam 4 pagi tadi sya langsung browsing untuk jenis burung hantu dn makanannya apa.
    Jadi 2 anak burung hantu ini jenis burung hantu celepuk.
    Sya berniat untuk merawat burung hantu ini..
    Cuma lantaran dijam 4 pagi sya tidk dpat jangkrik atau daging2an untuk celepuknya
    sya kasih lah minum susu putih burung hantunya.
    apakah itu baik dok buat burung hantunya?
    Soalnya sya pemula hehee
    Takut babys celepuknya kelaparan jadi sya kasi aja minum susu putih.
    Bagaimana tu dok..
    Mohon srannya.. Trims :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas saga... :)
      haduwh, jangan dikasih susu putih, mas. gak cocok buat burung hantu. :(
      coba aja nanti beli jangkrik, baca juga artikel saya cara memelihara burung hantu celepuk. di sana ada keterangannya.... makanan utama celepuk jangkrik ya mas, gampang kok. :)

      kabari lagi..

      Delete
  43. selamat malam dok, untuk kesekian kali nya saya ingin bertanya, apa Burhan harus minum tiap hari dok soalnya di beberapa artikel (bukan bermaksud membandingkan) mereka berpendapat kalo Burhan ngga wajib diberi air, mungkin dokter punya opini sendiri terkait ini dok?
    terima kasih atas perhatiannya dok, cheers :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, saya malah seneng kok mas membandingkan artikel saya dengan yang lain, hihihi. dan emang harusnya seperti ini, jadi gak hanya mengacu kepada satu sumber saja. salute! :)

      saya masih berpendapat bahwa owl dewasa membutuhkan minum. Nah, mengenai bayi burung hantu, ada yang berpendapat gak usah dikasih minum, tapi menurut pendapat saya dan sepengalaman saya sebagai dokter hewan dan orang yang memelihara burung hantu, anakan owl tetap harus diberi minum, tentu banyaknya air minum yang diberikan harus sesuai dengan ukuran si burung hantunya....

      semoga membantu... :)

      Delete
    2. Hahaha makasih dok,
      Kalo menurut dokter untuk chick, brancher (ukuran normal) takaran minumnya segimana ya? Kan soalnya burhannya harus di suapin pake sedotan ya

      Delete
    3. biasanya owl gak banyak2 kok minumnya, biasanya saya kasih satu sedotan full buat si errol (barn owl dewasa). kalau untuk celepuk, saya kira setengahnya atau seperempatnya cukup...

      Delete
  44. Saya baru beli celepuk juve wc, katanya di karantina dulu minimal 3 hari sesuai di artikel nya, waktu mau dikasih makan jangkrik gamau padahal udh disodorin ke paruhnya ,cara agar dia mau makan gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek fesesnya, tahinya. baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu.

      kalau dikasih anak ayam gimana? taro aja deket dia, terus tinggal... jangan diliatin...

      Delete
  45. Malem dok...
    Saya mau tanya nih,,saya baru adopsi BO kmarin malam,,sampai saat ini saya tetesin minum diparuh nyya tidak ada yg masuk sama sekali,,karna dia ngga mau buka mulut nyya,,kalo untuk makan sih mau setiap saya tinggalin makan nyya di kandang pas saya cek pasti abis..
    Itu gimana ya solusi nyya agar dia mau terima minum yg saya tetesin diparuh nyya??
    Td saya cek feses nyya hampir ngga ada cairan bening seperti yg dijelaskan di artikel sebelum nyya dok..
    Makasih sebelum nyya untuk jawaban nyya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya, kasih minum burung hantu gak usah dibuka mulutnya. mas tetesin aja air ke ujung paruhnya. bisa juga pake sedotan seperti yang saya tulis di atas... :)

      Delete
    2. Sudah dok tapi dia tetep ngga mau buka mulut nyya,,kalo sebelum nyya sih celepuk saya memang begitu kasih minum nyya ditetesin keparuh dia mengecap sendiri,,tp untuk BO ini dia diem ajja setiap saya tetesin air,,malah sampe basah alas kandang nya dok,,
      Sementara ini saya kasih minum nyya pas dia lg bunyi baru saya masukin sedotan nyya,,kira" dengan cara begitu bahaya tersendak ngga ya dok??
      Terima kasih penjelasan nya

      Delete
    3. oh, boleh kok kasih minum saat dia sedang bunyi/buka mulutnya... :)

      parameter kesehatan burung hantunya gimana mas? normal? cek artikelnya...

      sama coba kasih super-n setetes tiap hari... :)

      Delete
    4. Kmari sih feses nya ada noda" kuning dok,,tp td saya pantau udah normal putih tp masih encer gitu dok..

      Delete
    5. oke. sementara kasih super-n dulu, sama jaga kebersihan makanan aja. :)

      Delete
    6. Td pagi kan dia saya lepas ajja dikamar tidur bareng saya,,pagi nyya pas saya liat ada 2 feses baru yg berbeda dok,,yg satu kuning terang ada putih nyya,,yg satu lg coklat ada cairan bening nyya..
      Itu knapa yah dok???
      Msh belom mengerti nih buat urus BO yg masih brencher..

      Delete
    7. makasih banyak atas infonya.
      dari feses, lumayan ada perbaikan kalau udah ada item2nya. bagus. lanjutkan lagi.

      makan masih mau?

      hmm, mas kasih makannya apa? jangkrik ya? bener? kalau iya, jangan kasih jangkrik yang udah mati. kasih jangkrik yang masih hidup.

      super-n, jangan lupa. kabari lagi. :)

      Delete
    8. Masih bingung soal feses nih dok..
      Semalem dia ngeluarin feses nyya kuning pekat+ada buih2 dan berbau menyengat dok,,td pagi saya liat sih ada feses cairan msh berwarna kuning,tp kuning nya cerah..
      Waktu pertama adop saya kasih ayam potong dok selama 3 hari,,nah sekarang ini lg saya kasih burung emprit...
      Kalo untuk super-N sudah 3 hari saya kasih 1 tetes tiap hari nyya,,sama di air untuk minum nyya saya kasih jg dok..

      Mohon pencerahan nyya dong dok..
      Dari liat feses nyya kan seperti kena diare ya dok?

      Delete
    9. iya. mas kasih makan ayam? daging ayam? pastikan daging ayamnya fresh. karena kalau dari fesesnya, ada kandungan bahan kimia di makanannya.

      bagus kalau udah pake emprit. setelah dikasih emprit, gimana fesesnya? pastikan empritnya bebas bahan kimia ya mas. kan ada tuh burung emprit/anak ayam yang diwarnain, nah jangan pake yang udah diwarnain. kasian. :)

      Delete
    10. Feses terbaru setelah makan emprit,,disitu ada urate sama item2 sebesar anak jangkrik dok,,tp masih ada cairan kuning kental + buih...
      Apa karna bulu emrit nyya kotor kali yah dok..
      Soal nyya saya kasih makan nyya cuma dicabutin bulu sayap nyya ajja dok..

      Emprit nyya sih bebas kimia dok,,warna alami emprit

      Delete
    11. udah mulai normal. :)
      udah distop kasih makan daging ayamnya?

      maaf baru balas. kabari lagi ya mas...

      Delete
    12. Td pagi sih masih kuning pekat + buih2

      Udah ngga kasih ayam dok,,skarang lg rutin emprit..
      Apa karna isi perut emprit nyya ngga bagus yah dok??
      Soal nyaa selama ini ngga pernah dipotongin emprit nya,,karna waktu saya nya sempit dok

      Delete
    13. rutin mas kasih super-n kan? setetes tiap hari?
      kalo belum, coba aja kasih.

      atau bisa juga siangi dulu empritnya. itu juga kalau masnya mau, hehehe. gak disiangi juga harusnya gak apa2. :D

      observasi aja dulu 2 hingga 3 hari ke depan. saya tunggu kabarnya terus

      Delete
    14. Sudah 5 hari dok super-N nyya rutin..
      Td pagi masih kuning kecoklatan sama bau yg menyengat...

      Td pagi sudah saya coba buang isi perut emprit nyya sih..

      Tp yg saya heran qo BO ngga klihatan lesu ya dok??
      Malah aktif kalo saya kasih makan di atas tangan

      Delete
    15. maaf karena baru balas. sekarang gimana owlnya?
      kasih aja makan di atas tangan, mas.

      kabari lagi ya

      Delete
    16. Masih berwarna coklat berbau menyengat dok,,terkadang putih capur cairan kental berwarna merah dok...

      Delete
  46. Malem dok...
    Saya mau tanya nih,,saya baru adopsi BO kmarin malam,,sampai saat ini saya tetesin minum diparuh nyya tidak ada yg masuk sama sekali,,karna dia ngga mau buka mulut nyya,,kalo untuk makan sih mau setiap saya tinggalin makan nyya di kandang pas saya cek pasti abis..
    Itu gimana ya solusi nyya agar dia mau terima minum yg saya tetesin diparuh nyya??
    Td saya cek feses nyya hampir ngga ada cairan bening seperti yg dijelaskan di artikel sebelum nyya dok..
    Makasih sebelum nyya untuk jawaban nyya dok..

    ReplyDelete
  47. Udah normal sih dok,,tp terkadang msh ngeluarin feses warna coklat berbau menyengat itu knapa yah??

    Skarang udah mulai anteng dok makan di atas glove

    ReplyDelete
  48. Permisi saya mau tanya, saya baru adopt celepuk muda masi ada bulu kapasnya, tapi knp merem terus yah kerjaannya -_- normal kah??

    Makan rakus si , pup nya ijo putih gitu.

    Dan sekalian bertanya ini saya simpan di dus saya kasi tempat bertengger, apa sudah benar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saya khawatir, terutama karena mas kasih tau fesesnya warna gitu. coba mas beli super-n, kasih setetes tiap hari.

      kasih kabar lagi ya mas

      Delete
    2. Celepuk ane mati dok, pas tanya penjual sama dia sering di kasi pur :(
      .
      Adek ane ampe nangis burhan nya mati padahal baru sehari di pelihara,
      Ini niat mau beli lagi tapi mikir2 lg baca lagi takut nya mati lagi kasian :(

      Delete
    3. Sekalian tanya dok, kalo celepuk yg masi ada bulu kapas nya, perlu di kasi tenggeran gak ?? Ato biatkan saja d bawah?

      Delete
  49. Burung hantu jenis apa punya dokter?
    Kata teman saya Tito tidak boleh dilepas saat malam karena akan ikut sama burung dares

    ReplyDelete
  50. Dok kalo kaki barn owl yg pincang bisa normal lg ngga yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung pincangnya karena apa.
      soalnya banyak sebab sih mas.

      kalau kakinya ditekan, dia kesakitan? coba lebih diperjelas lagi

      Delete
  51. Dok burung hantu saya fesesnya cair dan berwarna coklat , kalo diare kasih apa dan gmn perawatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel saya, cara agar burung hantu tetap sehat. kasih obat yang saya tulis di artikel itu...

      Delete
  52. Dok mau nanya nih, kalo burhan yang kakinya isi angklet terus, kakinya gapapa papa kan?, Kalo dibiarin terus terusan dipake, soalnya burhan saya kalo masang/lepas angklet dari kakinya itu berontak, takut stres, ini udah terlanjur terpasang apa sebaiknya di lepas? Mohon saran dari dokter dong:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini gak apa2 dipasang aja dulu. sambil diobservasi aja sampe seminggu ke depan... :)

      Delete
  53. dok, saya punya dua celepuk, yang satu namanya ryu sudah 2 hari makan nya males-malesan, lesu, tertunduk, tapi tadi pagi saya kasih makan lumayan plus kasih minyak ikan.. itu celepuk saya kenapa ya dok? dan bagaimana penanganan nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih minyak ikan terlalu sering. cukup seminggu atau dua minggu sekali aja. kalau overdosis malah bikin sistem pencernaannya terganggu...

      coba cek fesesnya, sama kan dengan parameter kesehatan burung hantu. cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu

      Delete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. ga sering ko dok, baru kali itu aja..
    fases nya bagus dok, cuman merem terus, terlihat lesu dan nunduk terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah coba kasih super-n? kalo belum, coba aja kasih setetes sehari. :)

      Delete
  56. Bu dokter mau tanya apakah. Buffy saya itu perlu di vaksin ya. Soalnya di luar rumah banyak unggas sakit dok

    ReplyDelete
  57. Bu dokter mau tanya apakah. Buffy saya itu perlu di vaksin ya. Soalnya di luar rumah banyak unggas sakit dok
    Terimakasih

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. Bu dokter saya baru di kasih obay sama temen, dia pelihara dari loloh sekarang udah 3,5bln, yg saya mau tanya kok si obay kalau siang manja sama saya suka terbang ke pundak saya tapi kalau malem kok galak ya suka gigit, apa sebabnya ya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok.
      burung hantu emang lebih agresif kalo malam. tapi gak semuanya kayak gitu. kayaknya sih obay mas emang karakternya seperti itu.
      yang penting dia sehat, itu yang paling penting. rutin kasih super-n? :)

      coba baca artikel saya: cara agar burung hantu tetap sehat

      Delete
  60. Malam dokter fira saya mau tanya nih, sy punya barn owl sayapnya agak turun sebelah atau "ngeplek" tp dy msh bs kepakin sayapnya cuman jd agak kurg aktif sprti bysanya dok, perkiraan saya dia keseleo tapi takut salah kaprah dok, and cara nanganinnya bagaimana ya dok? Mohon pencerahannya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa jadi karena keseleo. kalau mas tekan engsel sayapnya, dia kayak kesakitan nggak? kalau iya, oles minyak urut aja....

      kalau dia gak kesakitan, cek asupan kalsiumnya...

      Delete
  61. Tapi ada bengkak dok di dekat sikunya dia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, kalo emang ada bengkak, saya sarankan mending bawa aja ke dokter hewan, mas... takutnya ada cedera di tulangnya...

      Delete
  62. dok saya mau tanya, saya baru adopsi burhan jenis tytp alba dok, trus yg ingin saya tanyakan. ini di bilang usia masih juve awal dan kebetulan saya masih pemula dlm hal plihara burhan. apa boleh di beri pakan burung emprit ya dok? mohon sarannya. saya ngurah dieda dari bali dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. barn owlnya udah bisa berdiri?
      coba aja kasih emprit, taro aja di deket dia, terus tinggal. jangan diliatin.

      oh, ini mas yang kemaren kirim komentar juga ya? salam kenal. :)

      cek artikel saya PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU dan artikel CARA AGAR BURUNG HANTU SEHAT. :)

      Delete
  63. Hi dokter Fira, setelah membaca beberapa artikel tentang BoP khususnya owl di blog ini, saya mulai tertarik untuk meng-adopt partner hihi, insyaallah oriental bay owl, apabila owl yang saya adopt masih berumur chick bagaimana pemberian pakannya ya dok? apa disamakan saja dengan jangkrik seperti mature? lalu apa sudah boleh dipasangkan equipment untuk membiasakan? terima kasih dok dimohon penjeasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. kalau memang masnya pemula, bisa pilih oriental bay owl. untuk pakan, bisa kasih jangkrik kecil. kakinya yang tajam dipotong dulu sebelum dikasih ke owlnya.
      equipt juga bisa dipasangkan.... :)

      mas udah baca artikel PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU? :)

      Delete
  64. Baik dok terima kasih atas penjelasannya, senang dengan respon dokter yang selalu aktif membantu dan membalas comment di blog ini, oiya satu lagi dok, apa boleh owl yang masih chick kita manning dan diajak berineraksi diluar kardus gelapnya? Juga dibiasakan pemberian pakan dengan pluit? Belum dok saya akan segera membacanya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja kok, malah dianjurkan. tenggerkan aja di pergelangan tangan masnya. :)
      dikasih makan pake flute maksudnya biar dia tau waktunya makan? boleh aja sih, gak apa2... :)

      kabari terus ya mas...

      Delete
    2. Baik dok kalau begitu terima kasih atas bimbingannya hehe, malam ini chicknya dateng bu dokter, saya sudah siapkan kardus dan handuk didalamnya, saya selalu aktif bacabaca di blog ini buat bimbibgan kedepannya, salam ke errol yaa bu dokter, oiya ada foto errol di blog ini ga bu? Saya penasaran sama errolnya hehe

      Delete
    3. errol gak tau lagi kenapa akhir2 ini, lebih defensif sama saya. pulang ke rumah juga jarang2, mungkin karena lagi banyak makanan di alam. terakhir liat dia di perchnya seminggu yang lalu, itu juga saya langsung dipunggungin pas mau elus saya..... emang rada labil sih akhir2 ini, makhluk lah udah tua, hihihihi....

      ada di salahsatu postingan... cari aja, hehehe... :D

      sip. kabari terus. :)

      Delete
    4. Ohhbegitu dok, mungkin lagi ngambek dia dok hehe, okee dok saya coba cari yaa, update si shiro (partner saya obay) sudah mulai melek dok dan makannya super rakus hehe, tapi saya masih belum tau seberapa sering dan takaran makannya dok, biasanya saya kasih daging sapi sesuai anjuran dokter dan saya pegang perutnya bila sudah full dok

      Delete
    5. iya, cara mengetahui owl udah kenyang atau nggak ya dari temboloknya, biasanya dari situ. :)

      rutin kasih super-n ya mas...
      dan kabari terus

      Delete
    6. Baik dokter, tapi kalau chick owl biasanya seberapa sering baiknya ya untuk makan dalam sehari? Super-n itu apa dok? Apa semacam suplemen atau multivitamin? Saya belum mengerti hehe, btw dok sekarang dia sudah pinter dok, setiap saya masuk ke kamarnya dan panggil namanya dia pasti selalu membalas cuitan saya wkwk

      Delete
    7. soal porsi makan, udah saya bahas di artikel PORSI MAKAN BURUNG HANTU

      soal super-n, udah saya bahas di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

      kabari terus ya mas...

      Delete
    8. Baik dokter terimakasih atas penjelasannya dari awal sampai sekarang, salam ke errol dan padma ya dok dari shiro 🙏

      Delete
  65. Dok mau tanya
    Saya baru adopt obay yang bekas di taruh di kandang
    Obay nya langsung saya pasang angklet apa tidak apa"
    Oh yah dan untuk minum nya gimana yah soal nya obay saya masih belum terbiasa saya dekati.
    Saya coba pake sedotan malah ga mau buka mulut
    Minta saran nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau obaynya anteng dipasangi angklett, gak suka gigit2 dan gak ngibasin kakinya (kayak gak nyaman gitu), gak apa2...

      makannya gimana? lancar? kalau dia mau makan, celupin aja makanannya dulu ke air mineral, biar dia ngambil asupan air dari situ....

      mas udah baca artikel saya PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU? Cek aja...

      mas juga bisa rutin kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU SEHAT...

      Delete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. Kalo makan lancar kmarin saya kasi pakan anak ayam habis
    Ga terlalu sering goyangin kaki nya dok, tapi kadang suka gigit angklet nya apa ga apa" dok.?
    Oh iyah setiap abis makan kenapa ko obay nya malah jadi pendiem ya.? Ga kaya sebelum makan banyak gerak, apa karna makanan ato memang gitu dok.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gak apa2 :)
      burung hantu juga kadang butuh waktu biar makanannya 'turun'. sama aja sih kayak manusia. kalo abis makan, masnya langsung disuruh lari marathon juga kan gak enak, hehehehe....

      owl juga ada yang kayak gitu. gak semua sih, tapi emang rata-rata owl kayak gitu.

      fesesnya gimana? masih normal, kan?

      kabari terus

      oh ya, rutin kasih super-n

      Delete
  68. Dok saya mau tanya saya 1 minggu yg lalu beli barn owl usia bc awal menuju bc tengah tp ini td dia tiba² gak mau dikasih makan matanya merem terus kenapa ya dok? Terimakasih 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya stress.
      coba karantina dulu.
      kasih makan potongan daging emprit atau puyuh atau ayam. pastikan gak ada bahan kimianya. cacah kecil2. sodorin ke paruhnya.

      baca juga artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU SEHAT, kasih obat yang saya tulis di situ.... setetes sehari aja...

      Delete
  69. Dok burung saya jenis wowo wiwi...
    Sudah 3hari saya adopsi cuman gak mau makan dah harus dipaksa makannya apa tidak apa" dok?
    Saya sudah coba kasih amoxilin blm ada reaksi si dok masih malas" makan gtu harus dibukain mulutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis burungnya apa ya mas? wowo wiwi itu jenis burung apa? :)
      coba karantina dulu aja. cek artikel saya, cara karantina burung hantu.

      untuk pertolongan pertama, silakan beli super-n. di toko makanan burung. kasih setetes setiap hari.

      Delete
  70. Perjalanan adopsinya jga lumayan jauh waktu itu dok sekitar 4jam saya gak tau pas adopnya dalam kondisi sehat atau tidak jelasnya saat drumah murung dan gak keluarin suara suara nya serek gtu dok

    ReplyDelete
  71. Numpang nanya dok burung hantu saya kok ngga suka makan jangkrik ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis burung hantunya apa mas?
      mas kasihnya gimana?

      jangan cuma ditaro aja, tapi disodorin ke paruhnya... ke mulutnya...

      Delete
  72. Dok bwk sya umur ny bc tengah kira2 kpan ya gede ny.. Mksih dlu dok..

    ReplyDelete
  73. Mau nanya dok, Cara ngasih minum chick celepuk kaya digambar ini di pipet juga dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama.
      kecuali kalau dia udah bisa minum sendiri... :)

      Delete
  74. http://i.imgur.com/0qNHJRp.jpg,

    ReplyDelete
  75. Dok, saya baru dapet anakan burung hanru, masih bayi mungkin, bulu nya baru mau tumbuh, ini saya bingung, kalo kasih minum dia mau, cuma dia sering ciut ciut gk berenti, kenapa ya ? Terus makanan untuk bayi ini apaan dok, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, mas.
      kenapa mas nggak coba search dulu di blog ini? :(

      Delete
    2. Alhamdulillah dibales :D maaf banget dok, bingung artikel nya yg mana, banyak :( bener gak ya dok, kalo kasih ikan, dia mau soalnya

      Delete
    3. hehehe. kasih ikan kecil?
      ikan mas kecil? nggak apa2 sih. cuma yang kecil aja ya, jangan yang gede.

      bagusnya mas kasih daging puyuh.
      nyetok aja di freezer, daging puyuh. kalo mau kasih makan, ambil dikit. rendem di air sampe gak dingin lagi dan gak beku lagi, abis itu cacah, dan baru kasih ke owlnya...

      jangan lupa kasih super-n. cek artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat...

      Delete
  76. Jadi dikasih anak tikus sama jangkrik ya dok ? Itu gpp dok ? Soalnya matanya masih merem, bilu nya pun baru tumbuh +- 3 mm :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, asalkan yang kecil aja.
      kalo mau bagusnya sih kasih daging puyuh aja mas. cacah dulu kecil2.

      nyetok aja di freezer, daging puyuh. kalo mau kasih makan, ambil dikit. rendem di air sampe gak dingin lagi dan gak beku lagi, abis itu cacah, dan baru kasih ke owlnya...jangan lupa kasih super-n. cek artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat...

      Delete
  77. Uwee alhamdulillah nambah ilmu berkat mbak dok, makasih ya dok, sukses selalu dokter nya, nanti kalo ada kendala izin bertanya lagi ya dok, hehe, makasih ^^

    ReplyDelete
  78. Nih dok burung tyto alba aku baru 2 hari beli tapi cepet respon pas tak kasih makan pake tangan, kasih minum juga mau.. cuman kadang mau kabur aja, fasesnya normal juga dok.. apa cuma karena belum terbiasa jadi si owel (nama si burung) kadang menjauh kadang mau kabur

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.