Hal Yang Salah Dalam Memelihara Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Seperti halnya ada hal yang salah dalam memelihara sugar glider dan hal yang salah dalam menjinakkan musang, begitu pula ada

hal yang salah dalam memelihara burung hantu

Artikel beberapa hal yang keliru dalam memelihara burung hantu ini saya tulis berdasarkan pengalaman dalam memelihara burung hantu.
Memelihara Burung Hantu
Image taken from newsroom.gov.bc.ca
  • Seperti halnya memelihara BOP (bird of prey,burung pemburu)Burung hantu adalah partner hidup bagi orang yang memeliharanya. Maka jadikan burung hantu anda sebagai sahabat, bukan hewan peliharaan manja macam hamster atau kelinci. Banyak pemilik burung hantu memperlakukan burung hantu peliharaan mereka seperti kucing, menganggap burung hantu mereka adalah makhluk lemah yang harus dilayani. Akibatnya, banyak dari burung hantu itu akhirnya bersifat manja dan tidak mau patuh terhadap perintah ownernya.
  • Perlakuan yang terlalu memanjakan burung hantu adalah perlakuan yang salah. Biar bagaimanapun, burung hantu adalah burung pemburu (BOP, bird of prey) dan pemilik burung hantu harus tetap menjaga agar insting berburu burung hantu tersebut tetap ada dengan melatihnya. Cara melatih burung hantu sama halnya dengan melatih burung pemburu, dan melatih burung hantu bisa dibaca di cara melatih burung hantu.
  • Burung hantu juga tidak seharusnya disuapi saat diberi makan. Setidaknya, buat burung hantu bergerak dari perch-nya (tenggeran) dengan cara berjalan ke arah makanan atau melompat ke arah makanan. Pelatihan burung hantu bisa dibaca di artikel melatih burung hantu.
Demikian adalah artikel

hal yang salah dalam memelihara burung hantu ini

Semoga artikel mengenai burung hantu adalah partner anda ini bisa menjadi penambah wawasan bagi pembaca. Komentar dan saran bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

98 Responses to "Hal Yang Salah Dalam Memelihara Burung Hantu"

  1. Dok, mau minta masukan dong..
    Kan selama ini bilbo tinggal di perch di halaman blkg rumah saya, berhubung perchnya cukup tinggi dan badan dia besar, maklum barn owl, jadi kucing liar yg sering mampir kerumah pun gapernah menghiraukan dia...
    Nah... Kalo tami kan celepuk, selama ini dia tinggal di gudang blkg, kalo dibawa keluar cuma sebentar, terus dipulangkan lagi ke ruangan gudang, pintunya saya ubah berupa pintu ram kawat, nah saya kasian sama tami kalo dia hidup disitu terus, pengennya sih dibuatkan perch disamping punya bilbo, tapi dengan kondisi tiap hari sering ada kucing liar mampir kerumah, gimana tanggapan dan masukan dari dokter nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih kucing tidak pernah berminat dengan burung hantu. mas. :)
      jadi tenang saja. namun untuk pencegahan, iya lebih baik diawasi jika mengeluarkan tami. :D

      salam dari errol dan padma... :D

      Delete
    2. Jadi tami gabisa pindah rumah ke sebelah bilbo dok?

      Delete
    3. Dok..celepuk saya semaleman tergantung,paginya kok kakinya kayak gak fungsi ya..gmana solusinya

      Delete
    4. Dok..celepuk saya semaleman tergantung,paginya kok kakinya kayak gak fungsi ya..gmana solusinya

      Delete
    5. sekarang gimana keadannya> kalau kakinya ditekan, dia kesakitan nggak?
      coba oleskan gpu aja ke kaki owlnya. tau kan? minyak urut itu loh...

      kadang suka berhasil... :)

      kalau dia keliatan kesakitan saat kakinya disentuh, ada kemungkinan ada fracture di tulangnya.

      mending mbak buat owlbox aja dari kardus besar (bekas kulkas atau bekas tv yang dikasih tangkringan di dalamnya).... :)

      Delete
  2. Salam kenal dok,saya baru adopt tyto alba,ga tau jenkelnya jadi blm dikasih nama,sekarang lagi dikurung buat adaptasi,BO saya cuma mau makan hewan hidup aja,dikasih hewan yg sama tapi saya wafatkan dulu ga dimakan,nah dok gimana caranya biar si BO mau makan potongan daging?umurnya kirg2 brancher,bulu kapas sekitar 20persen

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas... :)
      untuk mengetahui jenis kelamin burung hantu, silakan mas search cara mengetahui jenis kelamin burung hantu di bagian cari artikel...
      kalau masih chick dan mas mau kasih makan pakan hidup, mas bisa kasih bayi tikus putih atau bayi tikus rumah kalau memang ada. kalau mau kasih makan puyuh, puyuhnya disiangi dulu. jadi yang dikasihin hanya dagingnya saja. jangan dikasih utuh2.... :)
      barn owl umur segitu sangat rentan, jadi sebaiknya hati2. tapi kalau mas sukses membesarkan dia sampai dewasa, saya kira dia akan jadi errol kedua, hehehehe. burung hantu barn owl saya..... ada salam dari errol.. :D

      Delete
    2. Ohh iya doj,saya biasa ngasih anak puyuh hidup2.kalo saya ngasih makan setelah si BO ngeluarin pelet salah ga?biasanya kalo dia blm ngeluarin pelet,anak puyuhnya cuma di bunuh doang ga langsung dimakan. Trus kalo buat minumnya gimana? saya cuma naro wadah berisi air didalamnya. Ohh salam balik Errol,segera saya kasih nama hehe

      Delete
    3. sebaiknya disiangi dulu, jangan dikasih hidup2... :)
      setelah si bo ngeluarin pellets sebaiknya dibiarkan dulu selama 30 menit, baru bisa dikasih makan lagi.... cara memberi minum burung hantu bisa mas search di bagian cari artikel... :)
      errol lagi ngambek, dia gak bisa cari anak tikus di luar karena lagi ujan..... lagi diem aja sambil munggungin saya di pojokan... :D

      Delete
    4. Oke dok terima kasih atas sarannya :D .Semoga ujannya cepet reda,biar errol ga ngambek trus :D

      Delete
    5. Burung hantu saya lagi ganti bulu apa yang harus saya lakukan

      Delete
  3. kak mau nanyak , saya pingin beli burung hantu , tapi saya ada beberapa pertanyaan yang mau saya lontarkan , karen saya masih junior

    1. burung hantu apa yang cocok buat pemula ? saya kepingin melihara barn owl apakah bisa , bagii pemula ?? dan saya sempet beberapa komenan bahwa yang di rekomendasikan untuk pemula ada lah yang masih bulu kapas atau bulu jarum ? bener kak ?
    2. saya memelihara beberapa hewan , seperti , ayam , anjing , hamster dan landak , apa akibat bagi burung hantu tersebut ?? misalnya gogongan anjing , apa bisa membuat stres , untuk burung hantu yang bulu kapas , atau bulu jarum ?? kalau burung hantu nanti sudah dewasa dan sudah di latih dan sudah bisa terbang bebas , tanpa alat" lainnya , apakah ada kemungkinanaya dia akan memburu hewan peliharaan saya yang kecil , seperti ayam atau hamster ?? dan adakah dampang lainnya kepada anjing ? mungkin berkelahi atau apa ? atau mungkin burung hantunya bisa stres karena anjing tersebut ??

    maksi kak , untuk saat ini baru itu dulu pertanyaannya

    makasi juga kak artikelnya bermanfaat nambah ilmu biar bisa ngerawat opeliharaan dirumah , maju terus kak :)

    ReplyDelete
  4. Dok, maaf mengganggu.. saya mau tanya mengenai anjing saya, anjing saya tergolong sangat aktif tdk bisa diam dan senang mengejar sesuatu yang beegerak. sepertinya keracunan sesuatu sejak 3 hari lalu.
    29 Mei : anjing saya masih bermain2 dengan lincah seperti biasanya, jam 9 malam dia mengejar hewan seperti kumbang berwarna hijau. Setelah ditangkap sama anjing saya sepertinya dimakan.
    Jam 11 malam dia mulai aneh. Diam tiduran.
    30 Mei : pagi biasanya dia suka minta makan tetapi dia tidak bergerak hanya duduk tetapi dia menggoyangkan ekornya bila disamperin dan tidak bangun. Tidak mau makan dan minum. Malam harinya dia mulai minum dan berjalan2 dengan lemah.
    31 mei : dia seperti sudah enggan bergerak. Hanya duduk dan mengibaskan ekornya sesekali bila kita samperin. Muntah 3x berwarna kuning cair dan tdk ada bentubpadatnya, benar2 hanya seperti air. Saya kasih minum paksa air kelapa hijau. Selang beberapa lama dia muntah berwarna putih dan ada sayap kumbang. Lalu setelah itu selang lagi dia muntah bening. Tapi tetap tidak mau makan dan minum. Karena sdh terlalu lemas kami pikir akan meninggal.
    1 juni : dia berjalan tp pelan sekali sesekali diam seperti ingin muntah. Muntah sekali tp sedikit warna bening seperti liur dan sdh tdr2an.
    Selama 3 hari dia tdk mau makan dan minum. Tolong dok adakah cara mengatasinya. Kira2 anjing saya keracunan atau bukan ya?
    Mohon replynya dong karena saya kuatir :(. Thanks dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan memang iya. saya punya penawar racun alami, yaitu air kelapa cengkir (kelapa yang belum ada kelapanya, belum ada daging kelapanya. biasa saya sebut juga baby coconut). kasih aja minum air kelapa cengkir 2 kali sehari....

      opsi lainnya, bawa ke dokter hewan terdekat agar dapat penanganan. opsi ini jelas lebih saya sarankan....

      Delete
    2. kemarin saya juga sempat kasih itu dok, kelapa yang baru air nya aja dan belum ada dagingnya, samakah itu dok? Saya paksa dia minum tetapi susah sekali untuk membuka mulutnya.
      Dokter hewan terdekat sedang saya cari, kemarin coba kunjungi ke yang lumayan jauh daerah cibinong (ini yang paling dekat) tetapi dokternya tidak ada.
      Bagaimana cara memasukkan minum ke doggi saya ya dok?

      Delete
  5. Dok klo burung hantu barn owl lbh suka mkn buah yg dingin dan berasa itu wajar ga sih ??
    Saya punya barn owl umurnya baru 4bln namanya Xena,biasanya dy mau mkn rebusan ayam tapi akhir2 ini mkn nya malas2an ,saya coba kasi daging sapi segar dy jg ga mau,dy malah jalan ke mangkuk yg isinya es buah pke sirup dan dy makan smp habis, besok nya dy ga mau mkn daging sma sekali dan saya kasi buah biasa tanpa es dan gula dy ga mau,tapi begitu saya kasi buah dingin pake gula dy makan lahap smp habis, apa itu wajar dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak wajar, tapi bisa aja terjadi. meskipun begitu, sebaiknya jangan dibiarkan terus menerus seperti itu... lebih baik dikasih bayi tikus atau bayi tikus putih agar instingnya balik lagi....

      Delete
  6. Gitu ya dok, apa itu jg mempengaruhi kecerdasanya ? Karna sampai sekarang xena blm bisa terbang malah lebih suka jalan,lari dan lompat2 aja, klo dy kepakin sayap cm sebatas diem ditempat,dan masi ga mau makan sendiri (manja),dy lbh pilih tdr ketimbang makan sendiri,maunya terus dipaksa makan

    ReplyDelete
  7. Dok, maaf mau tanya, barn owl saya udah 4 hari d rumah kok gk nafsu makan yah ?
    Umur nya sekitar 1,5 bulan.
    Saya udah coba kasih tikus putih dia gk mau, saya kasih daging sapi pun dia susah bgt makan nya,
    Tp kalau malam dia ttp brisik, kalo diem aja yg bahaya kan dok ?
    Tp pas di ksh makan dia ttp mingkem,
    Saya taruh dia d kardus, karna d tenggeran msh blum kuat kaki nya,
    Saya harus gmna yah dok ? Tolong minta saran nya dok, makasih sblum nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih bayi tikus. taruh owlnya di dalam kardus bareng sama bayi tikus, lalu tutup, biarkan dia di dalam dus selama 1 jam. jangan diliatin, tinggal aja.... biasanya insting berburu owl akan meningkat kalau mangsanya tidak berdaya kayak bayi tikus.... :)

      Delete
    2. Maaf dok, jgn kan 1 jam, semalanan saya taruh ttp gk d makan, iya itu bayi tikus putih, mencit, dia gk mau makan,
      Ada cara lain ?
      Terus juga td dia bersin gitu dok

      Delete
    3. bayi tikus itu beda loh mas ama mencit. bayi tikus ya bayinya, hehehe...

      jujur agak susah juga untuk tahu apa penyakitnya. namun mas bisa cek fesesnya, samakan dengan artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      saran saya yang lain, mending bawa ke dokter hewan aja agar lebih jelas. murah kok mas biayanya. :)

      Delete
    4. Ohehe abis sama" kcil dan jarang gerak,
      D suapin apa pun dia ttp mingkem, jd saya yg stres hehehe,

      Iya dok udah saya baca hihi tp gk ada petunjuk bersin hihi,

      Iya dok makasih saran nya yah :)

      Delete
    5. kalau soal bersih, ada kemungkinan karena debu. mas bisa jemur owlnya dibawah sinar matahari pagi sebelum jam 9 selama 5-15 menit... :)

      Delete
    6. Oke dok saya pasti ikutin saran" nya hihi, makasih bnyak dok udah banyak bantu ^_^

      Delete
  8. dokter saya mau tanya . saya baru dpt barnowl dan itu masih anakan , mau ganti bulu dok. nah sudah seminggu di rumah saya, karena takut strees owl nya sy taruh di kardus dan kardus nya itu di dlm kandang kucing dok (takut lepas). dan kemarin si jack ngeluarin liur di hidung sampai menetes di paruh nya dok. dan nafsu makannya jg berkurang. dari awal di rumah si jack jg pendiam dok, tidur terus. kalo diajakin main baru mau melek, dan itupun gak melek semua matanya. feses nya 6/8 itu berwarna putih dan agak cair dokter. itu kira kira si jack kenapa ya dok :( apa dia msh stress ? atau ada gejala penyakit? mhn untuk responnya ya dok :)

    salam buat errol dok hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. salam juga buat owlnya, mas. :)
      kalau boleh saya saran sih mending konsul aja ke dokter hewan terdekat. takutnya dugaan saya benar kalau owlnya sakit. fesesnya gak ada bagian hitam atau coklatnya samasekali?

      Delete
  9. dokter saya mau tanya . saya baru dpt barnowl dan itu masih anakan , mau ganti bulu dok. nah sudah seminggu di rumah saya, karena takut strees owl nya sy taruh di kardus dan kardus nya itu di dlm kandang kucing dok (takut lepas). dan kemarin si jack ngeluarin liur di hidung sampai menetes di paruh nya dok. dan nafsu makannya jg berkurang. dari awal di rumah si jack jg pendiam dok, tidur terus. kalo diajakin main baru mau melek, dan itupun gak melek semua matanya. feses nya 6/8 itu berwarna putih dan agak cair dokter. itu kira kira si jack kenapa ya dok :( apa dia msh stress ? atau ada gejala penyakit? mhn untuk responnya ya dok :)

    salam buat errol dok hehehe

    ReplyDelete
  10. dokter saya mau tanya . saya baru dpt barnowl dan itu masih umur 1bulan bagusnya dikasih makan apa dok?................

    makasih.



    ReplyDelete
  11. dokter saya mau tanya . saya baru dpt barnowl dan itu masih umur 1bulan bagusnya dikasih makan apa dok?................

    makasih.



    ReplyDelete
  12. dokter saya mau tanya . saya baru dpt barnowl dan itu masih umur 1bulan bagusnya dikasih makan apa dok?................

    makasih.



    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara memelihara anakan barn owl.

      Delete
  13. Dok sy baru ajh beli barn owl.. katanya WC, usia juve... Dipegang diem ajh dok. Kadang pengen terbang. Tp gak berisik dan ga mw makan dok.. mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  14. Oh ya dok apa perlu ini dikurung dulu di kardus atau bisa langsung di taruh perch di kamarku dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina dulu. taruh aja di ruangan sepi kayak gudang dulu. selama 6 jam. sambil diberi makan. baca artikel saya cara memelihara barn owl.

      kemungkinan stress. cek fesesnya, kasih tau saya warna fesesnya gimana. baca juga artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  15. Ada lagi dok. Pupnya cair ijo putih ada itemnya,,,, kadang merem ky ngantuk. Apa sakit ya dok? Trus sayap kanannya susah balik dok knp ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. saya gak baca komentar yang ini, hihihi....
      observasi aja dulu selama 6 jam sambil di karantina. semoga baik2 aja. kalau dalam 6 jam belum baikan, besok bawa ke dokter hewan aja. kalau dari fesesnya sih, saya menebak adanya penyakit. tapi semoga saya salah... :)

      kasih saya kabar selanjutnya... :)

      Delete
    2. mau tanya dok, aku pnya BO yg msh chick
      apa boleh sering di bawa perjalanan jauh trus dok
      soal na msh kkn trus gak ada yg ksih mkan klo lg kkn
      trus itu gmn dok

      Delete
    3. baiknya sih mending jangan sering2 dibawa perjalan jauh, mas. kasian. apalagi yang masih chick.

      kalau bayar orang buat rawat selama mas pergi?

      Delete
  16. Salam kenal dok..saya baru adopt bubo juve tengah namanya katniss. Sehat, feses baik, makan lele dan daging ayam selang seling. Saya juga sebelumnya sudah punya anjing basset hound namanya berry. Saat dikarantina katniss tidak ada masalah lalu saya tempatkan di perch di halaman dalam. Awalnya mereka berdua akur namun suatu saat berry menggonggong katniss..katniss batting jadi saya kembalikan katniss ke ruang karantina awal. Sekarang katniss masih stress dan enggan makan.. Ada saran dok bagaimana cara mengakurkan katniss dan berry?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang butuh waktu, tergantung karakter hewan masing2. nah itu dia yang susah, mengakurkan 2 karakter hewan yang berbeda. apalagi jenis burung hantu yang cenderung egois, hehehe...

      saya gak bilang gak mungkin ya, hehehe. pasti bisa. errol yang keras kepala ampun2an aja bisa akur ama padma yang jauh lebih keras kepala dari dia. :D

      yang penting sering2 disatuin. bilang ama berry, jangan gonggongin katniss gitu. berry pasti ngerti kok.. :)

      Delete
    2. Iya mudah mudahan mereka cepet akur..waktu itu erol dan padma berapa lama masa adaptasinya dok sebelum akur kalau boleh tau?

      Delete
    3. si errol dulu sih yang saya pelihara lama. setelah 4 tahun saya pelihara si errol, si padma dateng (dikasih ama saudara). ya begitulah akhirnya. mereka berdua meski sama2 keras kepala, tapi si errol bisa 'ikut' menjinakkan pasangannya. mungkin si errol cerita sama si padma soal saya, karena sesama burung hantu kadang emang suka menceritakan sesuatu antarmereka.

      proses penjinakkan si padma lebih cepat meski padma lebih keras kepala wataknya dibandingkan errol. mungkin karena si errol juga yang ngebantu menjinakkannya dengan menceritakan hal2 tentang saya ke padma... :)

      hal yang sama juga bisa terjadi pada katniss dan berry. berry yang mas pelihara lebih dulu ya? coba aja bilang ke berry agar jangan galak ke katniss.. :)

      Delete
  17. dok,maaf kalo salah tempat untuk post..

    saya punya elang bido udah 1 minggu lebih gak saya keluarkan dari kandang nya karena kasian,ntar kalo kehujanan gak ada yang masukin kandang..

    kandangnya lumayan besar,tapi bagian atap nya ditutup setengah biar kena matahari sama kalo hujan bisa teduh di bagian setengah lainnya.

    nah,setelah sudah lama gk interaksi sama elangnya,pas saya mau deketin itu malah terbang ke atas..

    biasanya dikasih makanan di glove mau datengin,sekarang ngeliat saya aja udah mau lari..

    ada solusi nya gak dok? elang nya gak mau turun nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa masnya gak interaksi sama elangnya selama 1 minggu? tebakan saya sih dia udah mulai lupa. sebelum 1 minggu gak interaksi itu, sielangnya udah jinak apa baru pelihara? kalau udah jinak, kemungkinan bisa kembali lagi seperti semula. tapi kalau awalnya emang belum terlalu jinak, kayaknya butuh proses lagi, mas... :( mas turunin aja pelan2 dari atas kandang, jangan kasar. atau sodorin aja makanannya ke paruhnya dia. yang penting dia mau makan dulu. opsi lain, taruh aja makanannya di bawah kandang. terus tinggalin (jangan diliatin). bagusnya pakan hidup kayak tikus putih dan sebagainya.... saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
    2. soalnya hujan terus dok, pas saya ngantor baru gk hujan.. waktu saya mau keluarkan kandang pagi pagi itu udah mendung jadi gk saya keluarkan(saya di surabaya). elang nya udah jinak dok.

      Elang nya malah miber sana sini pas saya manjat pohon dok, saya taruh makanannya di bawah dok tapi lama kebawahnya. Gak kayak sebelumnya yang langsung kebawah,elang nya ke dahan yang lebih rendah lalu mulai liat" kanan kiri untuk ngecek keadaan

      cara nangkap biar bisa manning lagi di luar kandang gimana dok?

      rencana nya saya kasih tid bits di bawah yang banyak lalu saya tangkap tali yang di kaki nya lalu saya sodorin tangan biar nangkring lalu saya taruh di luar kandang..

      tapi segera setelah liat saya langsung terbang ke atas elangnya..

      makasih dok

      Delete
    3. yang penting jangan dipaksa, mas. gitu aja. emang kudu sabar menghadapi bop yang seperti itu. mas boleh aja sih pake cara 'dipancing' kayak mas sarankan, tapi jangan kasar2 ya... :)

      Delete
  18. Siang dok
    Saya Mau tanya
    1.saya mau pelihara burunghantu celepuk brancher,kalo masih brancher kan belom bisa terbang ya dok,itu mestinya ditaro di kardus aja atau bisa di perch ya?kalo umur segitu apa perlu dikasih anklet juga biar ga kabur?
    2.kan kata dokter kalo ditaro di perch itu burunghantunya harus anteng,kalo dianya terbang terbangan kaya mau kabur gitu gapapa dok?
    3.kan celepuk brancher blm bisa terbang, melatihnya fof,jttf gitu dimulai kalo udah bisa terbang&bulu kapas hilang atau udah bisa dimulai dari usia segitu dok?
    4.masang anklet di kaki celepuk harus 2 kaki atau cukup 1 kaki aja sih dok?

    Maaf dok kebanyakan tanyanya :)
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. kalau burung hantu brancher gak usah dipakein angklett. kalau ada perch, bisa taruh di percjh. maksudnya buat pembiasaan aja... kalau mau ditaruh di box juga gak apa2 sih...
      2. kalau emang owlnya cenderung terbang2an kalau di perch, saya sarankan taruh di ruangan tertutup... atau bisa juga pakai owlbox. cara membuat owlbox ada kok artikelnya...
      3. training owl bisa dimulai saat dia masih brancher. gak usah semuanya dulu, latih aja yang kira2 dia bisa... misalnya fof, jttf, dan sebagainya...
      4. masang angklett pada owl cukup satu aja... kebiasaan saya sih satu kaki aja... :)

      gak apa2, saya malah seneng bisa bantu2... silakan baca artikel2 syaa mengenai burung hantu di blog ini... :)

      Delete
  19. Makasih ya dok saya udah ngerti sekarang :)
    Saya mau tanya 1 lagi nih dok
    Kalo beli celepuk yang udah berskill fof,jttf,dst itu pas sampe rumah harus dikarantina lagi gak sih dok?kan udah sering lihat manusia,dan apa skillnya akan ilang kalo ownernya udah beda?

    Salam buat errol dan padma dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. owl yang udah terlatih sekalipun perlu karantina kalau pindah ke tempat baru... :)

      nggak. skillnya gak akan hilang. mungkin adaptasi dulu dengan masternya yang baru selama beberapa hari. :)

      Delete
  20. Waktu karantinanya 6jam ya dok?kan udah terbiasa sama manusia
    -Kalo mau bawa celepuk ke rumah barunya juga harus pake dus atau pake kertas yang biasa buat burung di pasar hewan gitu dok?saya mau naik kereta,kan di kereta gaboleh bawa binatang,apa boleh ditaruh di kantung kertas gitu dok?
    Saya juga gapunya gudang buat karantinanya,make kardus besar aja gpp ya dok

    Terimakasih dok ,jadi nambah pertanyaannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang mau kemana naik kereta mbak? gak bisa dititipin dlu ke keluarga?

      pake owlbox dari kardus besar gak apa2. pastikan kardusnya besar, bekas kulkas atau bekas tv...

      jangan ditaruh di luar....

      Delete
  21. Oh iya dok,kalo celepuk ditaro outdoor/diluar rumah boleh gak dok?

    ReplyDelete
  22. Maksudnya saya kan mau beli celepuk,tapi jauh tempatnya biar cepet saya naik kereta.kan biasanya kalo nempatin burung yang dibeli itu pake kantung kertas gitu,itu gaboleh dok?
    Kalo ditaro diluar celepuknya jadi kedinginan atau gimana dok?

    Makasih dok jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohhh, gitu... mang yang deket nggak ada mas?
      berapa lama di kereta? kalau kurang dari satu jam atau satu setengah jam, gak apa2...

      suhu dingin sangat fatal akibatnya buat owl. jadi sebaiknya hindarkan..

      Delete
  23. Dok,numpang nanya. Kalau misalnya ngilangin bekas putih" nya kotoran BoP di keramik batu itu gimana dok?

    Sampe sekarang bercak" semua keramik saya,saya taruh di bawah atap biar gak kehujanan.. Apa dokter tau gimana cara nya dok?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa nggak mas lapisi aja keramiknya pake koran? sekalian ngelatih BOPnya biar gak sembarangan pup. si errol sekarang nggak pernah mau pup kecuali di koran yang dilebarkan....

      Delete
    2. Jadi bekas nya gak bisa ilang ya dok?

      Delete
  24. Gini dok, sya punya Barn Owl masih juve awal. Barn owlnya saya pelihara di dalam gudang rumah sya, di gudang itu ada satu BWK juga. yang saya mau tanya nih dok, apakah normal jika BO kalo berburu tikus trus dapet tikus ukuran sedang, nah kalo BO saya sudah dapet tikus pasti langsung ditelan utuh sedangkan kalo BWK sya kalo dapet hasil buruan pasti dicabik-cabik dulu sampai hancur baru dimakan sama BWK sya.. Saya heran aja dok, dengan perilaku BO saya atau memang gitu cara makan BO?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, barn owl dan falcons memang beda perilakunya dalam memperlakukan mangsa. owl rata2 langsung telan, sementara falcon seringnya mencabik2 mangsa dlu sebelum memakannya....

      Delete
  25. Dok, celepuk saya agak susah makannya, seperti kurang ada nafsu makan (feses masih normal) jadi nggak bisa makan tanpa disuapin. Nah kan saya pengen mulai ngelatih dia dok, gimana ya caranya biar dia respon? Karena untuk makan seharihari aja dia harus disuap, jadi saya nggak yakin dia bakal respon pas dilatih nanti. Terima kasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya emang awal2 kudu disuapi dulu, mas. bahkan si errol juga kadang2 gak mau makan kalau gak disuapi. :)

      maaf karena baru bisa balas hari ini, mas. kabari lagi saya soal celepuknya ya mas....

      oh ya, coba kasih super-n, cuaca lagi gak bagus buat owl....

      Delete
  26. Hallo dok saya punya celepuk kira" umur berapa ya foto celepuknya udh aaya post.udh 4 hari dirmh pas pertamam beli gak saya karantinaiin dok langanh saya ikat aja kakinya taruh ditenggeran.awalnya si takut gtu.skrg" dia tenang pas awal dia stiap didktin slalu ngembangin sayapnya pas saya kasih makan saya malah di serang.pas saya ikutin saran dokter kasih makan pake tangan makin hari celepuk itu makin gak takut tapi masih suka matok pas didktin tapi kalo udh strusnya digigit" kecil tangan saya dok.apa boleh dikarantinaiin lagi.terus kalo kasih makan harus disuapin kayanya si dia udh dewasa cara agar dia kalo dikasih makan gak disuapin tapi dia akan terbang dengan sendiri ketangan kita gimna ya mskipun awal adposi dia gak dari chick dok.apa bisa bonding kalo dari dewasa .terimakasih dok.

    ReplyDelete
  27. Hallo dok saya punya celepuk kira" umur berapa ya foto celepuknya udh aaya post.udh 4 hari dirmh pas pertamam beli gak saya karantinaiin dok langanh saya ikat aja kakinya taruh ditenggeran.awalnya si takut gtu.skrg" dia tenang pas awal dia stiap didktin slalu ngembangin sayapnya pas saya kasih makan saya malah di serang.pas saya ikutin saran dokter kasih makan pake tangan makin hari celepuk itu makin gak takut tapi masih suka matok pas didktin tapi kalo udh strusnya digigit" kecil tangan saya dok.apa boleh dikarantinaiin lagi.terus kalo kasih makan harus disuapin kayanya si dia udh dewasa cara agar dia kalo dikasih makan gak disuapin tapi dia akan terbang dengan sendiri ketangan kita gimna ya mskipun awal adposi dia gak dari chick dok.apa bisa bonding kalo dari dewasa .terimakasih dok.

    ReplyDelete
  28. Hallo dok saya punya celepuk kira" umur berapa ya foto celepuknya udh aaya post.udh 4 hari dirmh pas pertamam beli gak saya karantinaiin dok langanh saya ikat aja kakinya taruh ditenggeran.awalnya si takut gtu.skrg" dia tenang pas awal dia stiap didktin slalu ngembangin sayapnya pas saya kasih makan saya malah di serang.pas saya ikutin saran dokter kasih makan pake tangan makin hari celepuk itu makin gak takut tapi masih suka matok pas didktin tapi kalo udh strusnya digigit" kecil tangan saya dok.apa boleh dikarantinaiin lagi.terus kalo kasih makan harus disuapin kayanya si dia udh dewasa cara agar dia kalo dikasih makan gak disuapin tapi dia akan terbang dengan sendiri ketangan kita gimna ya mskipun awal adposi dia gak dari chick dok.apa bisa bonding kalo dari dewasa .saya sering" elus kepalanya awal" si dia kalo mau dielua psti dengan gigitan yg keras tapi setelah sielua pasti gigit" manja gtu dok itu pun kalo mau dielus masih suka ketakutan tapi udh gak ngembangin sayapnya kadang" doang .saya kasih makan jangkirk dok stiap 4jam sekali.ikutin saran dokter aja. Saya niat pengen beli celepuk yang masih bulu kapas tapi gak ada .terpaksa saya beli yg mungkin sudah dewasa kata abangnya si 2 bulan umurnya tapi menurut saya tidak .dia gak sakit lincah makan lahap kadang lebih dri 10 jangkirk yang saya kasih.oh iya namanya bonny dok.setiap saya panggil selalu menyaut seperti ayam yang sedang bertelur suarnya .itu kenapa ya dok.sepertinya itu celepuk hasil tangkapan liar .apa masij bisa dia bonding ketangan saya ya dok.terimakasih dok.

    ReplyDelete
  29. dok ,saya mau tanya . usia celepuk yang pas untuk di pakaikan anglet dll berapa yahhh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari anakan udah bisa dipasangkan.
      tapi jangan dipaksa. maksudnya, kalau dia udah merasa gak nyaman, ya lepas aja... besoknya coba lagi... :)

      Delete
  30. dok sy mau tanya, apa penyebab keluar ny darah dr paruh/mulut burung hantu?
    kasus sy adalah saat saya memberi makan burung hantu dgn jangkrik si peliharaan smpat tersedak, setelah itu ada darah kluar dr rongga paruh/mulut ny, mohon info dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah itu, dia masih mau makan?
      coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat...

      dan lain kali, kalo kasih makan burung hantu pake jangkrik, kaki belakang jangkrik yang tajam mending potong dulu pake gunting... :)

      Delete
  31. Dok, saya punya BO brancher awal namanya Hugo (padahal blm tau jenkel nya wkwk). Si Hugo baru aku adopt dan dia belum jinak sama aku. Dia aku taro kandang kucing soalnya dirumah gak ada ruangan kosong. Pertanyaannya, kalo burung hantu kita kandangin itu bakal ngaruh ke psikologis nya enggak dok? Makasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo awal2 mungkin gak apa2, tapi kalo buat jangka panjang, mending jangan.
      mas bisa bikin owlbox sederhana dari kardus yang didalamnya dikasih tangkringan, terus bagian atasnya ditutup, dan disalahsatu sisinya dicoak pake cutter sehingga bisa dibuka tutup kayak pintu. nah mas taro aja owlnya di situ....

      Delete
  32. dok.
    bagaimana cara mengatasi burung hantu yang udah terlanjur manja?
    terimakasih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditajamkan lagi insting berburunya.
      caranya ada di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU MAU MAKAN

      Delete
  33. Dok, celepuk saya masih chick namanya Ronaldo, udah 3 hari saya taro d kardus buat masa adaptasi, kalo saya d rumah saya taro d perch, tapi saya takut d makan kucing, soalnya saya juga ada kucing persia d rumah. Jadi sesekali saya keluarin sambil saya pantau, kalo saya mau keluar saya taro d kardus, itu gpp? Takut dia stress dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gak apa2. mas.
      asalkan kardusnya yang besar. dan kasih tangkringan di dalamnya....

      Delete
  34. dok, saya niat mau melihara burung hantu, setelah saya baca2 beberapa postingan dokter, saya baru inget kalau rumah saya disamping rel kereta api, deket banget, gak nyampe 100 meter, sedangkan si burhan kan gak bisa di tempat yg bising. yang mau saya tanya, kira2 burhan nya bakalan stress gak ya dok kalau dipelihara di rumah saya yg deket rel itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya, agak riskan sih mas.
      tapi kalo celepuk, saya kira dia masih bisa tahan. kalo jenis owl lain, emang agak rentan stress. kalo celepuk, tingkat stressnya rendah kok....

      jangan lupa kasih super-n setetes setiap hari.
      dan baca2 artikel saya di blog ini

      Delete
  35. Takut aja dok, kalau stress terus mati, kasihan. Tapi ya saya coba dulu deh, semoga gak ada masalah. Terima kasih infonya dok, saya lg cari2 yg jual celepuk di daerah saya, kalau udah dapet saya pasti banyak2 baca blog dokter dan tanya2

    ReplyDelete
  36. Oh iya dok, buat saya yg pemula, lebih baik beli celepuk yg masih bulu kapas, atau yg sudah bisa terbang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang masih bulu kapas. :)

      silakan mas baca2 dulu artikel2 saya mengenai burung hantu di blog ini. :)

      Delete
  37. Alhamdulillah dok, saya udah adopsi celepuk mulai sore ini, tp bukan bulu kapas, susah nyari yg bulu kapas, jd saya beli yg baru belajar terbang. Lagi saya karantina dok, awalnya dia gak mau saya kasih jangkrik, yg ada malah tangan saya digigitin terus, abis itu saya biarin aja setengah jam, terus baru saya kasih makan, alhamdulillah mau. Namanya Feto dok, salam buat Erol dan Fadma dari Feto

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? :)
      cek artikel parameter kesehatan burung hantu... :)

      yang lainnya, kayak super-n setetes setiap hari, rutin dikasih ya mas

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  38. Dok kurang lebih seminggu yang lalu kan ayah saya nemuin burung hantu kayaknya lagi sakit trus dibawa pulang awalnya susah makan trus lama kelamaan makannya gampang banget lahap trus banyak juga tapi sudah 3 harian ini makannya susah banget kadang nggak mau makan saya khawatir dia sakit atau kenapa2 disayap kirinya juga ada luka dok tulangnya nonjol gitu bulu2nya sebagian hilang bahaya nggak itu dok saya khawatir banget soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n mbak. beli di toko makanan burung. kasih setetes pagi, dan setetes sore. langsung tetes di mulutnya aja.

      nah, untuk mengecek apakah dia sehat atau nggak, coba mbak baca artikel saya: parameter kesehatan burung hantu... :)

      kabari terus

      Delete
  39. Itu buat apa dok? Super-n itu? Masih suka gigit dok burung hantunya ada cara lain nggak selain langsung ditetes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal super-n, sudah saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat... :)

      bisa ditetes ke makanannya dulu, terus baru kasih ke dia... :)

      Delete
    2. Baik dok besok tak coba cari super-n itu dok terima kasih infonya dok yaa

      Delete
  40. Dok, Seja dari awal saya pelihara manja banget dok, kalau gak disuapin ga mau makan, dan kalau ga disuapin air pake sendok, dia ga mau minum... Makanannya utuh, bahkan pernah saya tinggalin hampir dua hari full, dia ga makan sama sekali 😭😭😭😭 saya berkali-kali latih dia supaya makan sendiri tapi dia malah terbang-terbang ga jelas dok, gimana solusinya? Huhu 😭

    ReplyDelete
  41. Malam dok, saya pelihara celepuk udah hilang bulu kapas, sdh pintar terbang 3 meteran dan lincah sdh nempel dan gigit2 rambut hehehe, namanya Marvel ... nah saya kmd beli BO usia anakan namanya Jacko... kalau disatukan dalam ruangan terkadang Jacko cuek krn ada d tenggeran... apakah tidak apa2 kalau mereka disatukan dlm satu ruangan... biasanya Marvel ngambek kalau saya ksh makan duluan Jacko hihihi

    ReplyDelete
  42. Permisi bu dokter mohon maaf mengganggu waktunya, izin bertanya, burhan saya tipe celepuk
    Saya adopsi pas dia masa remaja
    Masih liar dan gampang marah dok
    Kadang suka redup marahnya kalo dia kita elus pelan2 atau kita sodorin air minum

    Tapi marahnya ga ilang2 dan selalu defense dan berusaha kabur

    Apa karena dia benci manusia dok karena trauma sama manusia?
    Terus apa dia bisa memaafkan atau ngilangin trauma tsb dok?
    Cara paling efektif biar dia ga marah lagi gimana ya dok?

    Terimakasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.