Chatting Konsultasi Kesehatan Hewan Online | Drh. Fira Sovica

Setelah sekian lama saya ajukan ide saya mengenai

konsultasi kesehatan hewan online

di blog via chatting, hari ini menu chat untuk konsultasi mengenai kesehatan hewan akhirnya rampung. Senang juga bisa langsung berinteraksi dengan sahabat-sahabat pengunjung blog ini via chat. Senang bisa membantu lebih intens sahabat pecinta hewan yang menjadi pengunjung tetap blog ini. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada tim IT telah merampungkan permintaan saya agar pengunjung bisa berkonsultasi langsung via chat setelah sebelumnya berhasil membuat aplikasi android untuk blog ini. Bagi anda yang ingin menginstall aplikasi android Drh. Fira Sovica, anda bisa mengklik cara install aplikasi android blog cara memelihara hewan.


Chatting Konsultasi Kesehatan Hewan Online
Image taken from www.vetnnet.com
Berkenaan dengan menu chatting dengan dokter hewan, saya sendiri sebenarnya tidak bisa menjamin aplikasi chatting tersebut bisa terus terpasang. Tim IT akan terus melakukan evaluasi terhadap aplikasi chatting tersebut. Artinya, aplikasi chatting langsung dengan Drh. Fira mungkin kelak akan dicopot dari blog alias tidak permanen.
Bagi anda yang ingin konsultasi langsung dengan saya via chat, anda bisa langsung konsultasi mengenai kesehatan hewan anda saat saya online dengan mengklik menu forum dan chat. Bila saya sedang online, akan muncul tulisan di sebelah kanan bawah layar yang bertuliskan Drh. Fira Sedang Online. Bila saya sedang tidak online, biasanya tulisan tersebut tidak akan muncul. Semoga keberadaan menu chatting online dengan dokter hewan tersebut bisa membawa manfaat bagi semuanya. Terima kasih. (FS)

712 Responses to "Chatting Konsultasi Kesehatan Hewan Online"

  1. drh. fira yg terhormat, saya aan dari brebes, mau konsultasi tentang burung murai batu saya, sudah 2 minggu ini sakit, kalo bernafas kaya sesak nafas, kadang mulutnya sambil mangap2 di sertai bunyi krok krok, ekornya selalu naik turun & badan seperti gemetar, tetapi walaupun sakit,makan jangkrik+kroto+ulat kandang tetep mau, pertanyaan saya :
    1. menurut diagnosa dokter burung murai saya sakit apa? & apa penyebabnya?
    2. obatnya apa yg bisa diberikan biar sembuh seperti semula?
    untuk jawabanya saya ucapkan terimakasih tak terhingga.

    ReplyDelete
  2. Dok kucing sy hidungnya luka, bulu d hidungnya rontok, berkerak hitam, ini keraknya makin lm makin lebar, tiap udah dbersihin pake minyak tawon, keraknya sy kelupas, tapi lama2 keraknya muncul lg...
    Itu kenapa ya dok?
    Tlong bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. si kucing suka menggaruk2? coba mas baca artikel cara mengobati scabies pada kucing dan anjing.
      lebih baik, dibawa ke dokter hewan saja mas. :)

      Delete
  3. Bu dokter , saya mau konsultasi.
    Saya baru saja mengadopsi baby muspan usia sekitar 1,5 bulan. Pemberian makan kalau tidak salah dengan bubur sun memalui pipet setiap 4-5 jam sekali.
    Kalau saya kerja bagaimana musang saya makannya? Apakah say titipkan ke teman saya yg pengadop atau pecinta musang juga (tetangga) jika saya sedang kerja?
    Nanti bagaimana muspan saya mengenali owner jika selalu ditaruh sana sini ketika saya bekerja. Apakah masih bisa jinak atau jadi galak.
    Saya bekerja selama 8 jam sehari.
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa dibawa ke tempat mas kerja? kalau gak bisa,
      bisa dititip aja ke temen mas yang bisa ngurusnya...

      tenang aja, mereka (musang) biasanya bisa tahu mana pemiliknya kok, meski dia sering dititipin. asalkan kalau libur, mas usahakan main ama dia... :)

      ajarin juga makan sendiri... musangnya dah bisa jalan? kalau udah bisa jalan, bisa diajari makan sendiri kok...

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak gak minta nomor contact dokter hewannya? harusnya begitu diperiksa kemarin, mbak sekalian nanya sampe kapan obatnya diberikan. namun kita general aja: sampai sembuh. namun kalau menurut saya, jika dalam 2 minggu belum ada perubahan, lebih baik check up lagi agar lebih jelas. sekalian nanya apa yang harus dilakukan.

      coba juga check ke dokter hewan lain mbak. saya agak bingung kenapa dikasih drontal saja. sayangnya saya tidak bisa melihat kondiri kucingnya..... :(

      Delete
  5. misi dok,,
    saya punya 2 kucing, yg betina dia diare, lalu ke esokan harinya yg jantan muntah2, hari ke3 yg jantan muntah dan diare, padahal sudah vaksin dan diberi obat cacing 2 bulan lalu,, bagaimana solusinya dok
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya mohon maaf karena saya baru balas. sibuk sekali beberapa hari ini. :)
      sayangnya mbak nggak ngasih tau umur kucingnya dan jenis kucingnya. diare bisa disebabkan oleh banyak hal, namun biasanya saya bisa menebak dari bentuk dan warna fesesnya.

      bisa mbak jelaskan warna dan bentuk fesesnya? atau kalau memang ingin solusi yang lebih tepat, mbak bisa bawa ke dokter hewan terdekat. saya sih menebak ada bakteri yang masuk lewat makanan. kebanyakan karena itu.. sebab lain, bisa karena obat cacing juga. sudah biasa diberi obat cacing atau baru sekali pemberian aja? :)

      Delete
  6. Salam, dok.
    Anak anjing saya jenis lokal, jantan usia 2 bulan. Biasanya aktif sekali dan suka gigit. Beberapa hari ini sedang saya coba pemberian makanan homemade setelah sebelumnya campuran susu formula khusus puppy dan dogfood kering. Komposisi makanannya bubur nasi putih, telur, sayuran, ikan sarden kaleng. 3 hari pertama baik-baik aja hanya sepertinya porsinya kebanyakan dan dia selalu rakus. Pas percobaan round ke-2 (bubur nasi, telur, timun, tomat, sarden), di siang hari ke-2 dia memuntahkan seluruh makan paginya (saya kasih kira2 3 sdm plus susu) dan lanjut muntah-muntah forceful (bukan regurgitasi) sampai udah ga ada lagi yg keluar. Makanan saya stop, kasih susu dan air pake syringe. Hari ke-3 dia muntah 1x dan sama sekali ga mau makan minum. Susu saya cuma bisa kasih sekitar 15-20cc per pemberian, cuma bisa 2-3x sehari krn meronta terus sampai gigit. Masih jalan, tapi banyakan tidur dan lemas. Kl tanda dehidrasi, skin turgor kesan baik. Nggak mencret. Sepenglihatan saya muntahnya ga ada cacing ga ada darah. Obat cacing sudah diberikan di usia 6 minggu (pyrantel palmoate). Perutnya kayak lebih panas dr biasa tp ga distensi. Mulai jadi kurus. Sementara saya coba kasih antasida dan metoclopramide. Partner saya yg bantu piara maksa ngasih antibiotik (amoxicilin, metronidazole). Rencana mau saya kasih oralit dan obat cacing (lagi). Mohon advis selanjutnya? Saya khawatir krn saya posisi kerja di daerah terpencil ga ada dokter hewan. Dan kalau pagi-siang saya titip di tetangga, entah dia makan barang apa di sana. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya terima kasih atas penjelasan yang cukup lengkap. :)
      yang perlu saya tekankan adalah bahwa masing-masing anjing biasanya memiliki daya tahan tubuh atau daya serap terhadap makanan yang berbeda. apalagi puppy, mereka biasanya lebih sensitif terhadap makanan yang berbeda dari biasanya. saya sih punya dugaan kalau sistem pencernaan doggy mbak sedikit 'kaget' dengan makanan yang baru. ada beberapa elemen atau komposisi dari makanan baru tersebut yang tidak cocok dengan sistem pencernaannya. saya sebenarnya bisa saja menyimpulkan apa elemen makanannya itu, namun saya butuh lihat fesesnya secara langsung.... mungkin mbak bisa foto fesesnya, lalu post di internet. kasih linknya kemari.

      untuk puppy, sebaiknya hentikan dulu perubahan makanan. beri makanan yang biasa diberikan saja dulu hingga dia berusia remaja. untuk obat-obatan, rasanya tidak perlu dulu memberikan obat-obatan terlebih dahulu kecuali setelah berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat.

      sementara itu dulu. saya tunggu kabar selanjutnya

      Delete
  7. Selamat siang Dok, mau tanya kenapa ya kelinci saya mendadak susah makan sdh 3hr, pelet yg biasa dimakan tdk disentuh sm sekali, saya ksh pisang jg hanya dimakan sedikit pdhl biasanya dia suka sekali. Saya cb berikan wortel, sayur2 lain bahkan madu saja tdk mau. Dr perutnya jg ada bunyi krutuk2 seperti kelaparan. Dia jg selalu mendekati saya seperti minta makan, tp saat dikasih malah tdk mau. Kelinci saya umurnya sdh 4 tahun lebih, selama ini tdk pernah sakit, saat ini juga ttp lincah. Bagaimana ya mengatasinya agar mau makan kembali? Thanks Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih buang air? kalau masih bisa buang air, coba cek fesesnya. apakah bentuknya berbeda dari biasanya, ataukah tidak. kalau bentuk fesesnya lembek dan bau, kemungkinan diare. bersihkan seluruh kandang secara menyeluruh dengan karbol. pisahkan dengan kelinci yang sehat. tempelkan juga botol minum berisi air hangat ke perut kelinci, lakukan selama 10 hingga 15 menit. penempelan botol minum berisi air hangat itu dilakukan 2x sehari.

      jaga agar kelinci tidak menghampiri atau memakan makanan2 aneh. jaga juga kebersihan kandang dan makanan. dan tutup sebagian kandang dengan kain. untuk sayuran, pilih sayuran yang sudah dilayukan agar kandungan getahnya agak berkurang.

      itu saja dulu. saya tunggu kabar selanjutnya.. :)

      Delete
    2. untuk referensi tentang cara mengobati diare pada kelinci, silakan buka artikel saya:
      http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2015/04/cara-mengetahui-kesehatan-kelinci-dari-fesesnya.html dan http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/12/cara-mengobati-mencret-pada-kelinci.html

      Delete
  8. Selamat malam dok
    Saya punya seekor burung nuri di rumah yang di biarkan bebas berkeliaran karena sudah jinak, 5 hari yang lalu kena cakar kucing pada bagian wajah sebelah kanan belakang di dekat antara mata dan telinganya. Sehari setelah itu wajah sebelah kanan burung nuri saya membengkak (di area sekitar mata sampai paruh), Setelah lukanya mengering bengkak pada wajah bagian kanan daerah mata dan paruh mulai mengempis tapi burung saya seperti merasa gatal, ia sering mengelap wajahnya ke kain ataupun lantai sehingga bulu di sekitar matanya seperti mengalami kebotakan, masalah lainnya burung saya mulai mengalami masalah pada matanya yang selalu mengeluarkan air mata dan sering di tutup seperti seorang yang terkena sakit mata.

    Beberapa saat lalu gejala aneh lainnya muncul, hidung burung saya mengeluarkan cairan seperti seorang yang sedang pilek.

    Burung saya masih bisa minum susu walaupun tidak sebanyak sebelum di cakar tapi ia sering sekali seperti ingin tidur (melipat kepalanya ke ketiak / sayap).

    Bagaimana ini dok ? apakah burung saya mengalami suatu penyakit yang parah / berbahaya ? apakah dia bisa keluar dari semua penyakitnya ini ? dan apakah ini berbahaya bagi manusia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah ingin marah sama masnya... :)
      kenapa mas membiarkan burung nurinya berkeliaran tanpa dijaga? kalau udah begini kan fatal. lebih baik bawa burung nurinya ke dokter hewan terdekat, minta suntik antibiotik sebelum infeksi pada kepala nurunya tambah parah. bekas luka akibat dicakar kucingnya sering2 dibersihkan pakai handuk bersih yang dibasahi air hangat.

      mudah2an ini kejadian pertama dan terakhir. untung kita gak ketemu langsung, mas, kalau mas ketemu saya mungkin saya sudah marah2... :D

      Delete
    2. Apakah ada saran lain yang harus saya lakukan untuk mempercepat kesembuhannya dok ? di sini gak ada dokter hewan, adanya di kota sebelah dan sangat jauh.

      Saya kasihan kalau dia udah nutup2 mata sebelahnya karena berair. waktunya sekarang paling banyak dihabiskan diatas pundak saya. saya pikir luka cakaran ini akan sembuh sendiri seiring berjalannya waktu, tapi malah ngefek ke lain2 mulai dari matanya yang berair sampai terakhir dia bersin ngeluarin ingus seperti orang flu.

      Untuk flu ini sudah ga kelihatan lagi setelah saya bersihkan, entah di dalam hidungnya masih ada apa engga ingusnya belum bisa saya tau karena dia belum bersin lagi.

      Keluarga di sini sempat takut dia kena flu burung, dan ngelarang saya untuk tidak dekat dan menjauhi. tapi kalau di jauhin saya takutnya dia malah makin parah. hidupnya bertahun tahun selalu sama saya, bahkan tidurpun kalau gak dekat saya ga akan bisa tidur dia. Ini yang bikin saya tambah stres.

      Sekarang sih dia udah tidur, tepatnya di depan laptop saya.

      Delete
    3. kecil kemungkinan burung nurinya kena flu burung. namun memang gak ada salahnya menjaga. mbak bisa pakai masker kalau mau handle burung nuri, dan jangan lupa cuci tangan pakai sabun setelah bermain. sebenernya kalau di sekitar burung nuri tersebut tidak ada kasus avian flu, kecil sekali kemungkinan burung nuri mbak kena flu burung... jadi menurut saya, gak usah khawatir... :)

      mengenai obat, bisa aja saya kasih resepnya. mbak bisa beli dan praktekkan sendiri. namun ingat, resep yang saya berikan ini tidak menjamin nuri-nya bisa sembuh ya. soalnya saya tidak bisa melihat secara langsung.... do at your own risk aja... :)

      timbang berat badan burung nuruinya. setelah itu, mbak bisa beli amoxicillin ke apotik terdekat. amoxicillin yang 500mg. 1 tablet, mbak takar dengan dosis 1mg/gram berat badan burung. misalnya: berat burungnya 15gram, maka dosis amoxicillinnya cukup 15mg. amoxciliin yang sudah ditakar lalu ditumbuk hingga halus, dan dicampurkan dengan 2 sendok teh air mineral. minumkan ke burung nurinya sehari sekali.... :)

      semoga cepet sembuh...

      Delete
    4. oh ya satu lagi.
      sebaiknya hindari makanan yang mengandung protein (serangga, daging2an, dan sebagainya). cukup kasih buah aja selama lukanya belum kering benar. karena protein bisa membuat luka tetap basah.
      sering2 jemur juga. pagi hari sebelum jam 9 pagi, sebaiknya jemur burung nurinya selama 10 hingga 15 menit.

      Delete
  9. Selamat sore, maaf mau tanya bu dokter.
    Di rumah saya ada kucing yg sering singgah dan minta makan. Sering tidur di belakang rumah juga. Masalah nya beberapa hari ini dia lemas dan gak mau makan sama sekali. Nafas nya seperti orang ngos ngosan. Jadi kurus sekali. Beberapa hari aku kasih madu, aku paksa masuk in mulut nya sedikit tiap hari. Tapi tadi pas mau kasih, madu bekas kemarin masih ada. Dalam kata lain, dia udah ga bisa / malas menjilat. Ini kucing nya sakit apa? Kasian jadi kurus banget dan kerja nya tidur aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia pernah pup di deket2 rumah? kalau iya, coba mas kasih tau saya pupnya seperti apa. apakah padat atau mencret. terus warnanya gimana. :)
      kalau memang tidak ada pupnya, mas bisa taruh pasir di deket dia suka nongkrong. kemungkinan sih iya, dia sakit. makanya saya perlu tahu fesesnya seperti apa... :)

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Nah itu dia, sebenarnya saya juga nungguin pup nya. Ingin tau mencret atau enggak. Tapi kemungkinan untuk waktu dekat ini selama dia mogok makan mungkin tidak ada jejak pup. Untuk beberapa hari ke depan akan saya taruhi pasir di dekat dia tidur. Tapi untuk gejala yg saya sebutkan di atas, apa ada diagnosa awal dari bu dokter? Maaf bawel. hehehe..

      Delete
    3. saya juga agak kesulitan untuk mengetahui kenapa.
      namun saya punya tebakan, kemungkinan ada masalah di pencernaannya. itulah alasannya kenapa saya ingin tahu pupnya seperti apa mas... kalau dari pupnya sudah tau, mungkin saya tau penyebabnya.... tebakan saya yang lain, ada masalah di paru-parunya. tapi ini tidak begitu meyakinkan. saya lebih yakin tebakan yang pertama....

      Delete
    4. Nihil bu. Tidak ada pup sama sekali. Malah ini mulut nya bengkak. Apa gara gara bekas madu yg aku kasih ya? Gara gara ga di jilat akhirnya bikin gigi dia bengkak? Ini barusan aku kasih air lewat suntikan tanpa jarum ke mulut nya, biar mulut nya agak bersih dan ga tambah bengkak. Untuk angkat badan aja dia udah ga kuat. Di kasih ayam ga mau di kasih ikan juga ga mau.

      Delete
    5. sementara coba mas kasih antibiotik amoxicillin dulu.
      kalau ada timbangan, timbang dulu kucingnya. lalu beri amoxcillin dengan dosis 1 gram per kg berat badan. (misal berat kucing 2kg, maka cukup dikasih 2gram amoxicillin)....

      amox-nya bisa campur dengan air (2 sendok teh) atau bisa juga ditumbuk lalu diberikan langsung ke kucingnya....

      Delete
    6. sementara coba mas kasih antibiotik amoxicillin dulu.
      kalau ada timbangan, timbang dulu kucingnya. lalu beri amoxcillin dengan dosis 1 gram per kg berat badan. (misal berat kucing 2kg, maka cukup dikasih 2gram amoxicillin)....

      amox-nya bisa campur dengan air (2 sendok teh) atau bisa juga ditumbuk lalu diberikan langsung ke kucingnya....

      Delete
  10. dok saya mau tanya. anjing saya 8 bulan maltese mix poodle. sudah 2 minggu dia kurang nafsu makan, hanya mau disuapin. kira2 kenapa ya dok? soalnya minggu depan saya mau vaksin sementara persyaratannya harus nafsu makan baik. terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mbak gak kasih tau bentuk fesesnya. tahinya seperti apa. doggy yang masih sehat biasanya fesesnya semi padat, agak sedikit seperti krim, dengan warna kehitaman atau kecoklatan. mbak juga bisa kasih tau saya makanan maltese-nya selama ini dikasih makan apa.....

      oh ya. cuaca akhir2 ini lagi gak bagus buat doggy. kemungkinannya kecil, tapi bisa aja itu jadi penyebab kenapa doggy mbak mogok makan....

      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  11. Dok mau tanya, kucing saya umur 8bln kena scabies, yg di telinganya sudah rontok karena saya olesin obat..skrg badannya kayak bruntusan gitu,badannya panas.itu udh parah ya dok? Kalau suntik ivermectin kisaran harganya berapa ya dok? Soalnya kena 3-3 nya kucing saya:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulunya, mbak satuin ya yang kena scabies dengan yang masih sehat? bener? :(
      iya, kalau udah parah kayak gitu emang lebih baik langsung disuntik ke dokter hewan terdekat. biayanya gak mahal kok. :)

      saya sih optimis kucing mbak masih bisa sembuh. silakan baca artikel saya cara mengobati kucing yang kena scabies...

      Delete
    2. Iya dok karna saya fikir gak lama bakal hilang itu scabiesnya:(
      Kalau suntik untuk 1 kucing kira kira sampai 100rb gak dok biayanya? Ibu saya yg mau bawa nanya kisaran harganya dulu dok soalnya buat referensi,hehe

      Delete
    3. lebih baik prepare aja 150rbu. atau mbak tanya dulu ke dokter hewannya. kalau udah tau harganya, baru bawa ke dokter hewan terdekat. kalau di saya sih gak sampe segitu, tp biasanya beda dokter beda tarif juga... :)

      Delete
    4. Ok dok.. Makasih banyak ya dok :)

      Delete
  12. Selamat malam dok
    Burung nuri saya sudah sembuh dari luka cakaran kucing. tapi beberapa hari lalu masalah baru muncul. Dia sering nyucuki atau seperti menggaruk bagian tubuhnya dengan paruh, dan ketika saya perhatikan secara seksama ada beberapa bulu halus yang tercabut serta beberapa serpihan seperti kulit luka yang sudah mengering, padahal burung saya engga punya luka selain di wajahnya itu dan itupun sudah sembuh total.

    Awalnya dia menggaruki bagian selangkangan dengan paruhnya, lama kelamaan aktifitasnya ini membuat bulunya terlihat seperti habis karena rontok, dari situ dia mulai menggaruki sekitar badan dalam sayap dan sewaktu saya menyentuh bagian badan itu terasa kasar tidak seperti bagian kulit tubuh lainnya, hmm ,, seperti ada bekas luka kering di sana.

    Karena hal ini burung saya jadi tidak lincah seperti biasanya, dia juga hanya sedikit minum susu dan sedikit berkicau.

    Ini kira2 penyakit apa ya dok ? dan apa kira2 pengobatan / solusi tradisionalnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 solusi:
      1. bawa ke dokter hewan biar disuntik kutu dan diperiksa,
      2. sering2 dimandikan dan dijemur. air mandinya dicampur cairan dettol cair sedikit saja. (setengah sendok teh). cairan dettol cair yang warnanya kayak teh ya mas... caranya bisa mbak baca di artikel cara memandikan burung hantu... sama aja kok

      saya sih lebih recomended ke yang poin 1.... :)

      Delete
  13. Selamat malam dok. Saya mau tanya, partner (burhan celepuk) saya jatuh, disaat mendarat ke lantai dia langsung guling2 sempoyongan gitu. Saya angkat supaya tidak knp2, tapi sampe skrg kepalanya nunduk terus dok :( itu bagaimana ya dok. Saya lokasi di jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kena tetelo atau suspect tetelo, mending bawa ke dokter hewan terdekat mas. nafasnya terlihat terengah2 ya? kalau iya kemungkinan iya...

      Delete
    2. Saya takutnya terkilir dok, soalnya kepalanya miring kekanan terus dan nunduk

      Delete
    3. kalau hanya terkilir, nantinya bisa sembuh kembali. dan terkilir lebih baik daripada tetelo meski sebenernya sama2 membahayakan, hehehe.... :D

      tetep kasih makan ya mas. tetep rawat dia... :)

      Delete
    4. Iya dok, tetap di rawat sampe sembuh. Nah sekarang dia nengok ke atas terus dan ga seimbang :(

      Delete
  14. Selamat Malam Dok..
    yang ingin saya tanyakan jenis apa kucing saya dok? saya baru beli kucing saya sebulan yang lalu, umurnya 4 bulan. hari ini saya baru dapat sertifikatnya. saya bingung jenis kucing saya, soalnya saya belinya di luar kota. wajahnya mirip maine coon, tetapi dari sertifikat silsilah bapaknya Exotic American dan Ibunya Persian. di serifikatnya Description/EMS: EXO-ID/EXO-N22.
    CFA Reg: CFA-ID/99150626/EXO-ID/N22.
    Mohon jawabannya ya dok... Terima Kasih banyak Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas/mbak, :)
      mbak/mas niar udah lama pelihara kucing? kalau sepengetahuan saya sih emang kalau anakan dari exotic dan persian wajah anakannya akan mirip maine coon, tapi sebenernya itupun tidak jadi acuan juga. mbak/mas mendaftarkan kucing dimana? biasanya di tempat mas/mbak mendaftarkan kucing, dia punya sertifikat CFA. kalau emang dia punya, cukup percayai saja info yang tertera di sertifikat, atau mas bisa minta second opinion dari lembaga lain. mungkin mas/mbak bisa cari tempat lain untuk kembali memeriksakan silsilah kucing mbak/mas.... :)

      Delete
  15. selamat malam dok, saya ada anakan anjing siberian husky umur 3 bulan, di sekitar hidung dan mulutnya bewarna kemerahan dan sebagian bulu rada petak sedikit, seminggu lalu saya sudah bawa ke dokter hewan di kota saya, katanya alergi daging ayam dan di sekitar kemaluannya ada bintik merah yg diduga jamur oleh dokternya, anjing saya sudah disuntik oleh dokter tsb dan diberi obat salep racikan yg dioleskan 2x1, namun sudah seminggu yang hilang cuman jamurnya saja, kemerahan di mulut dan hidungnya masih. hari ini saya baca artikel di internet tentang "Zinc-responsive dermatosis" menurut saya anjing saya mungkin terkena penyakit itu namun di artikel yg saya baca tidak dituliskan bagaimana penanganannya, saya mohon penjelesan tentang penanganan penyakit tsb dok, terima kasih selamat malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru saya balas dikarenakan kesibukan saya.
      Zinc-responsive dermatosis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. penyebabnya banyak, diantaranya asupan makanan yang tidak seimbang. dari awal paragraf saya sudah menduga kalau anjing mbak kena penyakit ini karena umumnya zinc responsive dermatosis menyerang anjing siberian husky. udah berapa lama mbak pelihara?

      patut saya tekankan bahwa zat besi amat sangat berguna bagi anjing. banyak sekali kegunaan zat besi, kalau saya jabarkan di sini bisa kepanjangan, hehehe. nanti mungkin saya buat artikelnya... :)

      kalau untuk pengobatannya, bisa lewat injeksi zinc sulfate dengan dosis 10mg/kg dan dilakukan oleh dokter hewan. mungkin mbak bisa konsultasi lagi ke dokter hewan lain untuk mendapatkan second opinion... selain injeksi, mbak juga bisa memberikan supplemen zat besi untuk anjing.

      untuk luka bintik2nya, bisa diberikan salep yang diberikan oleh dokter...

      semoga bermanfaat... :D

      Delete
    2. jadi bukan karena kelebihan zat besi ya dok? soalnya saya baca di internet karena kelebihan suplemen zinc, tks jawabannya b4

      Delete
    3. untuk waktu pemulihannya stlh disuntik biasanya brp lama dok?

      Delete
    4. Selain injeksi, obat yg dapat diminumkan apa ya dok?

      Delete
    5. bukan kelebihan, mas. :)
      disuruh checkup lagi kapan? mending check up lagi aja biar lebih jelas. :)

      Delete
    6. tadi saya sudah telepon semua dokter hewan yg ada di kota saya, mereka tdk punya suntikan zinc sulfate dan bahkan mereka baru tau ada jenis penyakit zinc responsive dermatosis x_x , jd treatmen lainnya apa ya dok? apa ada jenis produk di apotik yg mengandung zinc sulfate? trima kasih

      Delete
  16. siang dok, saya mau nanya. saya punya kucing saat ini menderita diare, sudah saya beri obat diare dr pet shop bentuknya obat tetes tp msh belum sembuh, skrg saya belikan obat diare dr pet shop lainnya bentuknya kapsul. setelah saya berikan obat diare yg kapsul kucing saya muntah lagsung yang isinya ada cacingnya dan ada bentuk aneh kaya cacing putih tapi besar. biasanya kalo kucing cacingan kan keluar dr dubur, selama ini dr dubur ga keluar cacingnya. tp kok pas muntah ada cacingnya. trus mencretnya masih kadang ga terkontrol, lg jalan bisa keluar mencretnya. gmn cara mengatasinya? di kota saya ga da dokter hewan yang ada cman pet shop2 aja. matur tengkyu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu sangat riskan sekali mas. kalau dibawa ke kota sebelah kira2 bisa?
      kayaknya sih udah parah, dan saya sarankan (amat sangat saya sarankan) agar mendapatkan penanganan. atau mas bisa search nomor telepon dan alamat dokter hewan di blog ini. sudah saya buatkan artikel lengkapnya...

      Delete
  17. halo dok,saya mau tanya.saya punya anjing lokal umur 5th.biasanya dia aktif,tp tadi pagi tiba2 muntah2 dan diare sampe ga bisa jalan.apakah keracunan ya dok?lalu pertolongan pertama apa ya dok?mengingat dokter hewan di semarang hanya sedikit.trims dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemungkinan memang keracunan. coba cek juga muntahannya.
      mbak gak cek dia makan apa aja?? :)

      Delete
  18. Siang dok,,
    saya mau tanya dok, burung murai saya ko klo di lombA kan suka matokin bulu dada ya dok, sudH dimandikan dua hari sekali memakain sampo burung dok, tetapi masih aja matokin bulu dada dok, matokin nya yaa saat dilombakan saja dok, disaat
    burung mulai panas saat ketemu lawan dia matokin, harianya gk pernh matokin bulu dadanya,,
    apa dari hormon brung saat birahi? Atau yg lainya ya dok, mohon solusinya dok,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya. kadang murai emang gitu. saya banyak dapet kasus kayak gini, mas. hal ini dikarenakan emosi burung naik jika ketemu musuh.

      coba setelah trek dengan sesama murai atau setelah lomba jangan dikerodong dulu. biarin aja agar emosi dan birahi si murai kembali stabil.

      Delete
  19. Selamat sore, saya ingin menanyakan tentang luka di kaki kucing saya. Saya tidak tahu apa yang terjadi, karena saat itu saya berada di surabaya. Ketika pulang, orang tua saya mengatakan kaki kucing saya mengeluarkan banyak darah, sepertinya tertusuk sesuatu. Kemudian darah nya sempat berhenti beberapa hari dan lukanya mulai mengering, namun hari ini tiba-tiba saja mengeluarkan darah lagi dan daerah telapak kakinya menghitam. Hal ini membuat saya panik. Apakah itu bisa menyebabkan kaki kucing saya di amputasi ? Kira-kira apa yang terjadi dengan kucing saya ? Apakah bisa sembuh ? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri tidak tahu karena saya tidak bisa melihat kucingnya secara langsung. kalau boleh tanya, umur kucingnya berapa?
      saya sebenernya punya dugaan kucingnya kena diabetes, namun bisa aja salah. waktu luka dan mengeluarkan darah, dikasih perawatan apa mas?
      mungkin nanti saya buatkan artikelnya...

      Delete
    2. Waktu itu oleh orang tua saya di beri obat banleng, karena masih tidak sempat di bawa ke dokter. Makannya masih lahap, tapi tidak banyak minum air.

      Delete
    3. dugaan sementara saya sih itu, mas. dikasih banleng? hihihihi. mas ngingetin saya sama obat serbaguna itu. sebenernya agak kurang cocok juga kalau dikasih banleng, mas... :D

      Delete
    4. Ooh begitu. Skrng ini bengkaknya sudah hilang dok. Bulu2 nya rontok di bagian yg bengkak. Tp selalu di gigiti sama dia. Jadi berdarah lg. Setelah darah kering, di gigiti lagi. Begitu terus dok. Apa ada yg salah sama kakinya ya dok ?

      Delete
    5. kalau mau bebat aja biar dia gak gigit2 lukanya mbak. kemungkinan karena gatel itu lukanya.

      sekarang gimana keadaannya?? saya tunggu kabarnya...

      Delete
    6. Itu dibebatnya pake diberi antiseptik atau betadine nggak dok ? Kalo dikasih betadine, cocok nggak buat kucing ?

      Delete
    7. boleh pakai betadine, dikit. jangan basah2... :)

      Delete
  20. Halo dok. Saya memiliki kucing kampung di rumah. Dia mengeluarkan liur yang berlebihan dan berbau. Kaki dia selalu kotor padahal baru saya mandikan. Dia masih memiliki nafsu makan, tetapi memiliki kesulitan saat mengunyah. Saya browsing2 katanya dia terkena virus berliur. Apakah benar dok? Jika benar obat apa yg saya harus berikan agar dia sembuh dok? Mohon bantuannya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak sebab sebenernya, mbak.
      bisa jadi karena penyakit di mulutnya, kerusakan gigi, salah makan atau salah menelan sesuatu yang harusnya tidak dimakan, kucing sedang merasa mual, atau kucing mabuk perjalanan. saya pikir dari tanda yang mbak kasih ke saya, kemungkinan besar ada masalah di giginya.... mungkin kerusakan gigi... kalau kena virus berliur, kayaknya kecil kemungkinan karena dia masih mau makan.... kalau bisa dicek ke dokter hewan, cek aja mbak... murah kok biayanya... :)

      Delete
    2. Kira2 biaya dokter hewan brp ya dok? Apakah dokter ada kenalan di jkt? Karena waktu itu says bawa ke dokter hewan cukup mahal. Mksh

      Delete
    3. kalau kasusnya kayak mbak gini, gak mahal kok. gak sampe 200rbu.
      mungkin tanya aja dlu biayanya. konsul dulu. bawa aja gak apa2 kok. :)

      Delete
  21. dok. saya melihara 3 kucing kampung yg umurnya baru seminggu. karna induknya mati. jadi saya kasih susu khusus kucing. tapi baru tadi salah satunya 2 kaki belakangnya bengkak semua. itu kenapa ya dok? mohon di jawab. terimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengetahuan saya sih gak masalah ya kalo susu kucing. gak bikin kakinya bengkak. tapi coba ibu tekan kaki yang bengkaknya, apakah mereka kelihatan kesakitan? kalau iya, kemungkinan ada insiden. kalau tidak, bisa jadi karena susu. entah mungkin karena alergi atau apapun itu.

      saran saya sih mending stop aja pemberian susu kucing. mungkin karena belum terbiasa. bisa ganti pakai susu kambing atau susu non laktosa kayak sgm llm... :)

      Delete
  22. dok. saya melihara 3 kucing kampung yg umurnya baru seminggu. karna induknya mati. jadi saya kasih susu khusus kucing. tapi baru tadi salah satunya 2 kaki belakangnya bengkak semua. itu kenapa ya dok? mohon di jawab. terimakasih banyak.

    ReplyDelete
  23. Dok saya mau tanya. Saya punya 2 baby cat persia medium umur 3 minggu. Hari ini salah satunya sudah 3x mencret dgn bentuk feses kental-cair berwarna kuning, sedangkan satunya sehat2 saja. Saat saya lihat bagian duburnya jd agak menonjol sedikit ketimbang saudaranya yg sehat. Kucing masih menyusu induknya dan belum pernah diberi makanan tambahan apapun dok. Fisiknya gendut padat karena induknya tdk pernah lalai menyusui, perilakunya pun tindak menunjukkan tanda2 sakit seperti lemas.
    Yg ingin saya tanyakan apakah penyebabnya dok? Dan pertolongan pertama apa yg harus saya lakukan? Saya tidak tega mendengar suaranya yg mengeong seolah kesakitan ketika mencret. Terimakasih sebelumnya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia masih disusui induknya, biarin aja dulu selama 4 hingga 6 hari. kalau dalam 6 hari belum ada perubahan juga, mending bawa ke dokter hewan terdekat agar bisa mendapat penanganan. harusnya sih dalam 4 hari udah sehat lagi, soalnya air susu si induk bisa menetralisir bakteri dalam ususnya.... :)

      Delete
    2. Terimakasih dok infonya sangat bermanfaat.. Apa perlu diberi cairan garam gula dok?

      Delete
    3. gak usah, ntar malah mengganggu.
      sekarang gimana keadaannya? :)

      Delete
  24. Dok, saya punya puppy umur 3 bulan, ekornya bengkok dan terlipat dibagian ujung ekor, dulu saat baru saya adopsi umur 2 bulan, ekornya masih lurus tidak terlipat. Saya coba paksa luruskan ekornya, tp tidak bisa karena lipatan ekornya begitu tegang dan kembali kesemula. Apakah ekornya patah ya dok? Dan apakah bisa lurus kembali? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. puppy maksudnya anak doggy, mas?
      kabar baiknya, sebenernya sih ekor bengkok dengan sendirinya gak membahayakan untuk anjing atau kucing yang menderitanya. nah kabar buruknya, ekor bengkok sendiri gak bisa disembuhkan atau kecil kemungkinan bisa sembuh.

      biasanya ekor bengkok pada kucing dan anjing disebabkan karena dislokasi satu atau beberapa ruas bagian tulang ekor anjing dan kucing, yang menyebabkan ekor itu bengkok.... biasanya karena traumatik (terjadi karena kecelakaan, salah pegang oleh owner, tertindih, dan lain sebagainya).... nanti mungkin lebih jelasnya saya buatkan artikelnya, mas... :)

      Delete
    2. Iya dok, puppy mksdnya anak doggy.
      Okay, terima kasih buat penjelasannya ya dok, ditunggu ya artikelnya. :)

      Delete
    3. Iya dok, puppy mksdnya anak doggy.
      Okay, terima kasih buat penjelasannya ya dok, ditunggu ya artikelnya. :)

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum dok... Saya Dwita.. saya baru dibelikan kucing persia oleh orangtua saya.. Kira-kira umurnya 4 bulan lebih. Setelah dibelikan, keesokan harinya saya langsung memandikannya di petshop. Setelah dimandikan, tak sengaja saya memegang telinganya dan ternyata telinganya panas. Dan baru saja kucing saya Poop dan hasil poopnya tidak cair dan bentuknya seperti biasa, malah poopnya padat. Nafsu makannya tidak berkurang dan minumnya pun cukup. Tetapi saya pernah mendengar, jika telinga kucing panas, itu tandanya kucing tersebut mengalami demam, apakah benar dok? saya minta solusinya.. dan cara menurunkan panas tersebut tanpa ke dokter. saya ingin cara yang lebih alamiah saja.. dan apakah madu bisa menurunkan panas? Tolong dibantu dok... Wassalamu'alaikum...

    ReplyDelete
  27. Assalamu'alaikum dok... Saya Dwita.. saya baru dibelikan kucing persia oleh orangtua saya.. Kira-kira umurnya 4 bulan lebih. Setelah dibelikan, keesokan harinya saya langsung memandikannya di petshop. Setelah dimandikan, tak sengaja saya memegang telinganya dan ternyata telinganya panas. Dan baru saja kucing saya Poop dan hasil poopnya tidak cair dan bentuknya seperti biasa, malah poopnya padat. Nafsu makannya tidak berkurang dan minumnya pun cukup. Tetapi saya pernah mendengar, jika telinga kucing panas, itu tandanya kucing tersebut mengalami demam, apakah benar dok? saya minta solusinya.. dan cara menurunkan panas tersebut tanpa ke dokter. saya ingin cara yang lebih alamiah saja.. dan apakah madu bisa menurunkan panas? Tolong dibantu dok... Wassalamu'alaikum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya telinga kucing terasa panas di telinga tanpa ada tanda-tanda lain seperti dia keliatan lesu, malas-malasan, tidur melulu, dan kurang nafsu makan, itu gak ada masalah. apalagi dari segi feses, dia juga keliatannya normal. mungkin karena abis dimandikan, jadi dia menetralisir dingin dengan 'menghangatkan' telinganya... :)

      cara megecek kesehatan kucing sebenernya bisa dari fesesnya. cek aja fesesnya kalau mbak ragu2 dia sehat atau nggak. :)

      Delete
  28. Assalmu'alaikum wr. wb..
    sya Indah, dok saya punya kucing umurnya sekitar 1,5 tahun. DI badannya seperti terdapat jamur, sehingga bulunya rontok dan menjadi botak. badannya bau tidak sedap karena bau dari multnya ketika menjilat2 badannya. di bagian mulutnya selalu berlendir. moho solusinya dok.. di kota saya tidak ada dokter hewan. terima kasih..
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saya takut jamurnya sudah masuk ke bagian mulut, mbak.
      dan lebih baik sebenernya membawa langsung ke dokter hewan karena dengan kasus separah ini, biasanya dokter akan memberikan injeksi (suntik)....

      saya sendiri tidak melihat kucingnya, jadi entah apakah jamurnya udah parah atau tidak, juga jenis jamurnya apa....

      Delete
  29. Dok, Ular saya kok setelah diberi makan setelah 5 hari kemudian dimuntahkan ya ? Apa porsi tikusnya terlalu besar ? atau ada kendala lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau abis dikasih makan, jangan langsung diajak main, mbak. didiamkan dulu selama 5 hingga 7 hari, bahkan lebih kalau perlu. karena kalau langsung diajak main, biasanya ular akan muntahin makanannya....

      Delete
    2. Saya sudah tidak memegangnya dok.. pada saat hari keempat saya lihat gexnya .. belum dimuntahkan, ttapi sudah pup, saat keesokan harinya lagi saya lihat kembali, dia sudah memuntahkan makanannya. padahal saya tidak menggoyangkan gex bahkan menyentuh gexnya, saya hanya memperhatikan keaadaannya dr luar gex, Apa mungkin ada masalah dengan pencernaannya ? Harusnya kan dia sudah besar ukurannya, tp sekarang dia masih sukuran baby saja. Karena sering memuntahkan makanannya. Mohon sarannya lagi dok.

      Delete
    3. agak susah sebenernya, soalnya saya tidak bisa melihat langsung. namun saya sedang tulis artikelnya. nanti dicek aja artikel saya yang terbaru... :)

      Delete
    4. bisa kasih keyword nya dok ? :D untuk konsul selanjutnya bisa lewat email dokter mungkin ?

      Delete
    5. untuk konsultasi bisa via komentar di sini.
      cek aja di home. klik home, ntar ada artikel terbaru saya. :)

      Delete
  30. Yth Dr Fira,

    Mohon saran sebagai pemula dalam dunia perkucingan,
    2 minggu lalu saya adopsi 2 ekor Kucing persia medium laki2 usia 3 bulan, meraka saudara kembar tapi meda warna.

    Awalnya saya kasih makan Merk A, lalu saya kasih merk B (makanan yg sama saat belum adopsi) dan saya campur dg merk A. Saya beri susu Merk Moo, dan beberapa kali wetfood wiskas,
    Mereka sehat sekali dg perpaduan itu.

    Beberapa hari lalu saya selingi dengan ayam godog, dan karna susunya habis waktu ke pet shop saya beli Nzpm yg bisa menambah nafsu makan dan baik untuk hewan kecil tp bukan khusus kucing.

    Pas mereka main toples dryfoodnya tumpah ke pasir2 dan saya ambili yg bagus2.

    2 hari lalu saya lihat slah satunya diare dan saat pup perutnya bunyi. Bentuknya cair berwarna kuning tua

    Kmarin saya beri obat mencret dan obat cacing merk Well, yg sehat hanya saya kasih obat cacing

    Malem ini waktu saya bersiin litterboxnya, saya menemukan pup yang tertutup pasir gumpal wanginya dg bentuk tidak kering memanjang tetapi abstak dan ada darahnya.

    Kondisi kandang diluar, saya beri alas, dan penutup. Beberapa hari ini tidur dikamar yg ada kipasnya.

    Kondisi hari ini ke2nya makan dengan lahap air minum juga berkurang banyak dan main dg aktif. Tp tadi saya sempet denger ada suara kaya mau muntah tp gk muntah.

    Apakah kira2 penyebabnya dokter?
    Apakah penggantian makanan, susu, suhu, makan yang jatuh atau daging ayam rebus?

    Pemberian makan di tempat makan gpp ta banyak2 apa tidak basi dok atau melempem dok? Pemberian susu maximal berapa jam boleh diminum kucing? Dan apakah boleh makan daging godok?

    Terima kasih banyak ya dokter saya hanya ingin melakukan yg terbaik untuk ke duanya, hiks2

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya punya dua tebakan. sebelumnya terima kasih karena sudah ngasih tau saya mengenai fesesnya...

      anak kucing yang berubah pola makannya (misalnya diganti makanannya dari yang biasa diberikan) memang sangat rentan mencret karena sistem pencernaan mereka masih sangat lemah. ini sesuai dengan cerita mbak kalau perut kucingnya bunyi.
      kalau toh misalnya mau diganti, jangan langsung ganti 100%, tapi bertahap. misalnya hari ini dikasih setengah sendok makan, campur ke makanannya yang biasa. lakukan selama seminggu. kalau gak ada masalah, tambah porsinya menjadi 1 sendok makan dengan pengurangan makanan yang biasa dikurangi 1 sendok makan, lakukan lagi selama seminggu.... terus menerus begitu....

      kedua, bisa jadi karena makanan yang jatoh ke litterbox. dia terkena bakteri dari fesesnya. kalau dari warna feses sih kayaknya kena itu. apalagi sempet ada darah di fesesnya....

      observasi aja selama 3 hari ke depan. kalau kondisi kesehatannya menurun

      Delete
    2. Yth Dr Fira,

      Terima kasih atas balasan Ibu,

      Hari ini di literbox saya lihat pupny masih lembek, tetapi tidak cair
      Sudah berbentuk meski belum sepadat saat sehat

      Namun kondisinya kurang bersemangat Dok, dan badannya agak kurusan


      Untuk makanan sudah saya ganti dg merk awal merk A lagi dan yang terkontamnasi sudah saya buang

      Apakah kitten saya masih boleh makan ayam rebus? Apakah susunya boleh melanjutkan nzpm? Atau tetap merk awalnya merk meoo

      Apakah kucing mersia medium itu bisa menularkan tokso Dokter?

      Dan adakah cara menggemukkan serta memperbagus bulu tanpa harus membeli pakan setinggak royal canin atau propkan Dokter


      Terima kasih banyak atas jawaban dokter, yang nantinya akan menjadi ilmu bagi saya dalam merawat kucing2 sayar

      Delete
    3. dia biasa makan ayam rebus? kalau biasa sih gak apa2. kasih aja. cukup pastikan ayamnya bebas bahan kimia. susunya lebih baik merek awal yang biasa diberikan...

      mengenai tokso, mbak bisa search artikel saya di blog ini: semua tentang toksoplasma dan artikel apakah kucing menularkan toksoplasma.

      cara melebatkan bulu kucing sebenernya banyak caranya. dengan memberikan suplemen berupa minyak ikan misalnya. pakan juga mempengaruhi, makin bagus pakan biasanya makin bagus pula bulunya.... :)

      sama2, seneng bisa bantu2 cat lover. mbak bisa terus nanya2 kalau emang masih ada yang ditanyakan.. :)

      Delete
  31. Pagi Dok, saya mau tanya
    saya punya kucing jenis persia betina , usianya sekitar 20 Bulan,
    awal dia birahi di usia 8Bulan dan langsung saya pacak selama 1 minggu setelah itu 1bulan kemudian timbul gejala2 seperti bunting tetapi jarak 2 minggu kemudia dia birahi lagi ..
    intinya di sini setiap dia birahi dan saya pacak , tidap pernah terjadi kebuntingan sampai terakhir kemarin sekitar sebulan lalu saya pacak dia , dan blm ada tanda2 kehamilan walaupun berat badannya sedikit lebih berat dan jd pemalas , namun blm menunjukkan tanda diputing .
    dan setiap habis dipacak dr awal kalau dipegang buntut blakangnya masih suka naik, pdhal kalau dilihat dan baca2 di blog kehamilannya harusnya berhasil jika betina sudah marah dan guling2.
    ini bagaimana ya dok, masalahnya apa ?
    kmrin saya mau bawa ke drh tetapi sudah 1 minggu drh ddkat rmh saya tutup.
    thanks mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah dipacak dan dia kemudian birahi lagi, apakah di kelaminnya ada tanda2 aneh? misalnya berdarah atau lembab?

      saya tebak sih ada 'something' yang menyebabkan dia tidak kunjung hamil. entah apa itu, soalnya saya tidak bisa melihat kucingnya secara langsung.

      lebih baik mending bawa kucingnya ke dokter hewan terdekat, biar bisa tahu apa penyebabnya... takutnya ada virus atau bakteri yang membuat pembuahan dr pejantan gagal.... :)

      Delete
    2. tidak ada dok ,
      malah setiap habis pacak pasti saya kandangi agar gak lari2 tp tetap gagal.
      apakah kemungkinan besar mandul ??

      Delete
    3. kemungkinan mandul sih ada. namun kalau pendapat saya kecil kemungkinan kucing mbak mandul.

      makanya lebih baik langsung konsul aja ke dokter hewan terdekat.... :)

      Delete
  32. halo dok, saya baru saja mengadopsi kucing Persia umur 4bln, dan beberapa hari stelah kucing datang saya cek telinganya kotor bgt, kotorannya berwarna hitam dan keras kayak ngerak gitu. ga begitu berbau sih. feses juga normal, makan minum normal. tapi agak bingung dan kasihan jg ngeliat telinganya kotor gt, uda dibersihkan, masih muncul trus. yg mau saya tanyakan, apakah normal dok ? krna kucing saya jg jarang garuk2 telinga ato memiringkan salah satu sisi telinga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja kayak telinga kita yang mengeluarkan semacam minyak untuk melindungi dinding telinga, kucing juga gitu. makanya kotoran gampang nempel di telinga kucing.

      itu normal. mbaknya yang harus ngejaga kebersihan telinganya... :)

      maaf baru balas. saya abis dari pontianak weekend kemaren, tugas di daerah... :)

      Delete
  33. Selamat mlm bu dokter, saya mempunyai kucong kampung kira2 umurnya 1thn 3bln. Sudah 2 hari ini kucing saya demam&lemas gamau makan juga serta keluar belek tp gabyk dok dan dia tiduran trs ditempat yg jauh dari org byk. Awalnya saya tdk tau karena apa tp baru 2 hari ini dia demam&lemas gitu. Saya sudah kasih madu dan kuning telur dia mau. Kira2 kucing saya knp ya dok? Terimakasih:)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? bentuk dan warnanya? mending bawa aja ke dokter hewan terdekat. takutnya kena ispa atau ada radang. :(

      maaf baru balas. saya baru pulang dinas. maaf bgt... sekarang gimana keadaannya? saya tunggu kabarnya

      Delete
  34. Dok , saya punya anjing campuran husky dengan akita umur -/+ 2 tahun , akhir2 ini bagian bawah badan sampai kaki tangan keluar bintik2 merah , kulit bersisik spti ketombe , dan agak bau ga enak , bulu rontok dan sering di garuk shgga luka , tapi untuk fesesnya baik2 lancar , untuk air kecil jg lancar , dan untuk makan juga masih semangat makan , bintik merah hanya stgah badan , untuk badan atas masih lebat bulunya , kira2 kenapa ya dok? Dan perlu d beri obt apa kira2? Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 kemungkinan sih, dan tebakan saya lebih ke kemungkinan pertama. silakan mbak baca artikel saya Cara Mengobati Zinc Responsive Dermatosis.

      kemungkinan lain, jamur atau kutu. selama ini rajin dimandikan?

      lebih bagus sih bawa ke dokter hewan sesegera mungkin. maaf baru balas, saya baru pulang dinas ke pontianak...

      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
    2. Kmrn baru saja di priksakan ke dokter , dan kata dokternya terkena demodex
      Kmrn sudah d suntik ivermec 2suntikan
      Dan hanya di beri resep salep saja

      Nah dok kmrn saya ada baca2 artikel google cara menyembuhkan demodex
      Disitu ada menjelaskan dengan cara d mandikan sabun jf sulfur dan d beri minyak tawon
      Apakan itu aman untuk anjing?
      Dan apakah demodex bisa berakibat fatal? Karena saya kasihan melihat tubuh anjing saya yg merah2 gatal :(

      Thanks

      Delete
    3. jangan pakai minyak tawon, hiks. :(
      mending pake salep yang dari dokter aja. gak usah kasih yang lain. mungkin nanti saya buatkan artikelnya.... :)

      nama doggy-nya siapa? salam nih dari errol dan padma, burung hantu saya... :)

      Delete
    4. Saya mandikan pakai dettol gpp kah dok?

      Namanya justin,
      Haii errol dan padma, salam balik dari justin^^

      Delete
    5. saya sendiri belum pernah mandiin doggy pake dettol. amannya sih mending jangan, mbak, tapi kalau mau coba, do at your own risk... :)

      Delete
  35. Tambahan , biasa saya beri makan nasi + tahu tanpa di beri bumbu dapur sdkit pun , dan tidak ada insiden apa2 sblm kluar bintik2 merah

    ReplyDelete
  36. siang dok, saya punya kelinci umurnya sekitar 3 bulan kebawah, buang airnya lancar, makannya juga masih mau, pas saya pegang kupingnya panas trs dia suka gemetar tapi gemetarnya berlebihan.. itu kenapa yah? apa sakit?
    thanks dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan demam sih ada aja, namun ini tebakan saya aja (semoga aja nggak). usia rabbitnya berapa? cek urinnya, warnanya gimana. apakah berwarna atau bening.

      saya sih menyarankan sebenernya bwa langsung ke dokter hewan terdekat... :)

      saya tunggu kabarnya :)

      Delete
  37. Selamat sore dok.. Salam kenal, saya Mila dari Surabaya :)
    Begini dok, saya suka kucing.. kebetulan seminggu ini ada anak kucing yg masuk rumah saya, akhirnya saya berniat pelihara sekalian.. sudah seminggu ini saya pelihara kucing itu, saya suka karena anak kucing ini bulunya tidak mudah rontok, tdk seperti kucing kampung biasanya yg kbanyakan bulunya rontok2 dan juga kucing ini msh lucu krn masih kecil jd dia suka & masih senang diajak bermain. saya biasanya kasih makan kucing ini makanan seadanya yg dimasak ibu di rumah, misal daging sapi yg disuir2, daging ayam & ikan goreng.. dan alhamdulillah tiap hari makannya lahap. Tapi, suatu hari kucing ini indera penciumannya menurun kliatannya, karena sy kasih makan dia ndak begitu merespon.. trs harus diendus2 lama dulu baru dia mau makan. itu kenapa ya dok? apa dia bosen ya sama menu makannya ya..? karena wktu saya kasih makanan yg beda dia lahap lagi makannya. Lalu saya juga pernah kasih ayam goreng itu dia lahap makannya, tapi malah jadi males2an gak seaktif sehbs makan daging/ikan. Mohon saran dari dokter. hehe.. sebaiknya pelihara kucing ini gmn cara yang bnar? karena saya baru pertama kali ini.. dan mkanan yg bagus untuk kucing kampung ini apa saja ya dok? Apa kucing kampung ini juga doyan dg makanan kering? hehe, sebelumnya Maaf kalau terlalu byk basa-basi dan terlalu byk tanya. trimakasih dok, saya tunggu balasannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak mila.
      itu normal kok. sama aja kayak kita, kucing juga kadang merasa sedang tidak nafsu makan, sedang malas makan, dll. gak apa2. :)

      dikasih nama siapa kucingnya? mau coba kasih catfood? coba aja, asalkan jangan kebanyakan.. :)

      Delete
    2. hehehe, karena saya belum jelas juga ini kucing jantan/betina, tapi ayah saya sdh kasih nama Justin ke dia :D
      dikasih catfood apa dia doyan, dok..? krn blm pernah coba kasih catfood, selama ini hanya dikasih daging ayam & ikan saja. oiya apa benar dok kalau dikasih nasi juga ndak baik utk kucing? trs juga ada yg bilang kalau diberi ikan asin juga bisa bikin bulu rontok. Jadi supaya bulu kucing ini tdk mudah rontok dikasih makan apa y? krn kan bahaya kalau bulu kucing rontok, bisa menyebabkan asma katanya.. Mohon penjelasannya, thanks dok.. :)

      Delete
  38. Selamat malam dok, saya Jeanita dari bandung ingin konsul mengenai kucing saya. Gmn cranya agar bs konsul via chat lansung dengan dokter. Dokter bs kasih line atau wa nya melalu email saya jeanitasa@gmail.com. Terima kasih dok, saya tunggu emailnya

    ReplyDelete
  39. Maaf sebelumnya ya dok kalau saya lancang mau chat lansung, soalnya saya panik kucing saya kejang2 dan sudah 2hari 1mlm di rawat inap. Tp dokter tersebut blm bisa memastikan sakit apa meskipun sudah di usg dan ditemukan ada gumpalan cairan di perut sebelah kanan nya. Tetapi jantung nya berdetak normal, lambung dan limpa nya pun baik baik saja. Sedih sekali dok ga tega liatnya. Kucing saya jantan umur 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 mbak, namanya juga panik. sayangnya saya tidak bisa chat langsung untuk saat ini. mungkin ke depannya bisa, namun untuk saat ini masih komunikasi via komentar.....

      kalau bahasa kedokterannya, penyakit itu namanya ascites, mbak. sebelumnya kucingnya sering muntah, kehilangan nafsu makan, dan sering ngerasa nggak nyaman dengan perutnya, betul? kesusahan bernafas juga gak?

      diperlukan pemeriksaan darah komplit untuk langkah selanjutnya. perlu diketahui juga komposisi dari cairannya, apakah dia mengandung bakteri atau tidak. kalau iya, diperlukan langkah pemberian antibiotik yang tepat agar bakteri di dalam gumpalan ascitesnya bisa mati. jika gumpalan memang tidak mengandung bakteri (aka misalnya berupa gumpalan padat seperti tumor), maka diperlukan surgery atau operasi ringan oleh dokter hewan.....

      sementara ini, itu saja nasihat saya. saya tunggu kabarnya ya mbak

      Delete
  40. Slmt malam dok,
    Saya mau konsultasi aja
    Kmrn tangan saya baru saja terkena gigitan anjing saya
    Ga terlalu besar sih lukanya, stlah kena gigit lgsg saya cuci & rendam dengan dettol, lalu lgsg saya ksh betadine
    Nah pertanyaannya, saya takut bgt dengan adanya rabies
    Apakah semua gigitan anjing berbahaya ?
    Lalu ciri2 apa yg dpt memastikan kita terkena rabies? Dan bagaimana ciri2 anjing trkena rabies?
    Karena saya kmrn baca2 google, kadang bisa terkena air liur saja bisa menyebabkan rabies
    Nah selama 2 taun ini saya hampir sering terkena liur anjing saya, bahkan d gigit2 biasa oleh anjing saya, yang pada dasarnya anjing saya masih dalam masa gigi gatal
    Mohon pencerahannya dok🙏🏻😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal rabies, sebenernya balik lagi ke cara kira memelihara anjingnya. kalau anjingnya bersih dan dirawat dengan baik, kayaknya kecil kemungkinan kena rabies. :)

      artikel mengenai rabies sudah saya post. silakan cek di bagian search... :)

      Delete
  41. dok mau tanya,musang katarak.saya abis di kasih obt mata sama dokter mata nya lngsng melotot keluar.itu kenapa ya dok ?trus kaki nya pincang di kasih puyer dan kata nya boleh di kasih bubur dan susu dok.td nya dia kalau jalan kpla nya di seret,stlah di kasih vit b1 ipi dan cefixime udh mending walau msh gemetar sedikit.umur baru 3 bulan.makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau boleh tau, obat matanya apa ya mas? beberapa obat mata emang ada yang menimbulkan rasa perih kalau diteteskan. makanya saya perlu tahu apa nama obat matanya.

      musang katarak boleh dikasih bubur bayi dan susu? hmm, setau saya sih gak boleh. mungkin dokternya punya pendapat sendiri. saya tidak berani bilang dia salah karena saya tidak bisa melihat musangnya juga. terserah masnya, sih. kalau saya sih nggak akan kasih bubur bayi dan makanan yang mengandung protein lain... :)

      Delete
    2. obt matanya di ksh sma dokter nya,kata nya sih kalau beli kisaran 50rb.obat tetes mata nya warna kuning trus kaya berminyak kalau di pegang tp tidak lengket dok

      Delete
    3. setelah dikasih obat mata itu gimana? mendingan?
      mas bisa baca artikel saya cara mengobati katarak pada musang buat tambahan referensi.

      Delete
    4. blm ada peubaha sudah stngah bulan dok.saya sudah baca sudah saya kasih pisang dan pepaya saja dok.apa ada obat yg ampuh dok ?

      Delete
    5. saran saya, stop dulu obat matanya. jangan dikasih makanan yang mengandung protein. cukup kasih buah2an aja. kondisi kandang jaga agar tetap bersih.

      observasi selama 2 minggu ke depan ya mas. ingat, jangan kasih protein samasekali. got it?

      Delete
    6. dok belum ada perubahan nih,udah 1 bulan setengah pdhal udah saya kasih pisang dan pepaya aja.gak ada protein dan obat mata.tolong bantu saya dok ;)

      Delete
    7. matanya tambah parah?
      kalau tambah parah, mending bawa ke dokter hewan aja mas biar dicek. kalau emang beneran katarak, harusnya ada perbaikan kalau emang mas ngikutin saran saya....

      Delete
    8. blm ada perubahan tapi gak parah kok dok
      dr awal beli cuma sya kasih pisang gak di kasih susu atau bubur karna saya baru melihara musang.itu musang saya bulu nya rontok knpa ya dok,tp dia aktif kok dok

      Delete
    9. jauhi segala makanan yang mengandung protein sama jaga kebersihan kandang. itu aja sebenernya.

      kalau boleh, saya minta foto matanya, mas. ganti aja foto profil mas pakai foto matanya dia. biar saya analisa... saya tunggu ya mas....

      Delete
  42. pagi dok,,
    mau tanya nih sya baru aja adopsi bayi kucing umurnya kira2 baru semingguan dok,,, sya juga ga tau mamanya ke mana,,, dapet nemu gitu,,, karna kucingnya unyu banget jd sya adopsi aja lah,, nah pertanyaan saya tuh gmana ngurusinnya tanpa mamanya?? trus kucingkan bulunya bahaya gmna tuh biar bsa deket si dia terus tanpa takut bahayanya??? boleh ga d kasih fitaminnya??? klo boleh fitaminnya apa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru saya balas. sibuk sekali akhir2 ini. saya coba jawab.

      soal bulunya yang menyebabkan toksoplasma, perlu saya tekankan bahwa semua hewan berdarah panas berpotensi menularkan tokso. gak hanya kucing aja. tapi kenapa kucing yang harus jadi 'kambing hitam' penyebaran tokso? :D

      yang penting jaga kebersihan. itu yang paling penting.

      cara mengurus kitten ya biasa. kasih makan, kalau emang masih bayi banget, kasih susu khusus anak kucing. bisa dibeli di toko makanan kucing terdekat. jaga agar dia tetap hangat, bisa taruh kain di kandangnya. jaga juga kebersihan kandang. :)

      Delete
  43. Salam dok, saya mau konsultasi soal kucing saya. Saya punya kucing jenis persia dok usia 4 bulan, hari ini saya melihat kucing saya muntah 2x. Dia muntah setelah makan pagi ini dok, muntahannya masih berbentuk butiran dry food dia dan ada sedikit lendir yang ada bulu bulunya. Setengah jam setelah itu dia muntah lagi dok tapi yang ini cair, tidak berbau menyengat, berwarna coklat seperti warna makanannya dan ada rumput rumput. Kebetulan setiap pagi saya biasa lepas kucing saya main di halaman rumah. Sudah 2 hari ini juga feses kucing saya lembek dan baunya lebih menyengat dok, berwarna coklat kekuningan, ini semnjak saya mengganti makanannya. Jadi awalnya saya kasih makanan dia sama seperti yang dikasih pemiliknya yang dulu tapi yang saya liat selama sebulan ini pupnya lembek, perutnya besar seperi kembung, dan sering kentut. Jadi saya mulai ganti makanan baru buat dia, tapi dia jadi malas makan dan hanya makan sedikit, terlihat badannya juga seperti mengurus, akhirnya saya kasih lagi makanan awalnya dan dia mulai lahap lagi makannya. Tapi seperti itu lagi pup nya.

    Pagi ini setelah muntah dia terlihat gemetar dan ngga aktif seperti biasanya (tidur terus), lemas, makan dan minum juga sedikit. Apa ini wajar dok? atau ini gejala penyakit? Apa ini ada pengaruh dari makanannya dok? Saya bingung, saya pikir tidak cocok dengan makanannya tapi dia doyan sekali tapi hari ini ngga begitu. Bagaimana saran dokter? Apa ini perlu dibawa ke vet? Sebelumnya terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya sih iya, mending bawa ke vet. kemungkinan emang karena perubahan makanan itu tadi. kalau mau ganti makanan, sebaiknya jangan langsung dirubah 100%, namun bertahap. minggu pertama, cukup kasih 10% makanan baru, 90% makanan lama. minggu kedua, 20% makanan baru, 80% makanan lama. seperti itu terus.

      kalau diliat dari apa yang mbak ceritakan, kayaknya ada masalah di lambungnya. kemungkinan, karena gas yang menumpuk di dalam perut. ini wajar bagi kucing yang baru ganti makanan. dia memakan rumput karena dia merasa 'tidak enak' sama perutnya.... :)

      bawa ke vet aja biar dapet pencahar dan obat. ceritakan penyebabnya ya mbak biar vetnya ngerti.. :)

      sehat terus buat kucingnya. :)

      Delete
  44. Selamat Pagi Dok, saya mau konsult tentang kucing anggora saya. Nama nya Kimmy, dia baru melahirkan tanggal 24 Oktober lalu. dan hari ini saya menemukan tinja nya berdarah, seperti darah manusia yang sedang menstruasi. warna merah hati. saya sudah browser2, rata-rata karena ganti makanan atau karena cacing. karena saya ga pernah ganti2 jenis makanan nya, apa mungkin itu karena cacing? apa karena habis melahirkan? kira-kira dia sakit apa ya dok. dan apa yang sebaiknya saya lakukan. mohon informasinya. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seberapa sering fesesnya berdarah, mbak?
      kemungkinan memang abis melahirkan. namun saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan aja biar jelas.

      fesesnya padat atau mencret? nafsu makan gimana?
      kalau fesesnya masih padat dan dia masih mau makan (tidak murung dan malas2an), kayaknya masih sehat...

      cuaca juga berpengaruh. hati2 karena sekarang lagi pancaroba. :)

      Delete
  45. Selamat sore dok, perkenalkan dok saya ryan. Izin konsultasi dok, saya punya kucing betina berusia kurang lebih 2 th, sudah hamil dan melahirkan 2x. Apakah ada cara lain selain sterilisasi dok untuk mencegah kehamilan? Saya banyak membaca di internet, banyak yg menggunakan pil kb manusia, apakah itu diperbolehkan dok? Apa efeknya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa opsi selain sterilisasi yang bisa dilakukan untuk mencegah kehamilan pada kucing:
      1. mengkarantina kucing. tidak membiarkan kucing bebas berkeliaran jelas akan menghindari kucing kawin sembarangan.
      2. disuntik. ini metode kedua untuk mencegah kehamilan pada kucing tanpa sterilisasi. silakan konsultasi ke dokter hewan terdekat kalau mas mau menghindari kehamilan pada kucing mas dengan cara disuntik. namun hati-hati karena mencegah kehamilan pada kucing dengan cara memberikannya dosis suntik bisa menambah resiko diabetes, tumor, dan kelainan pada kelenjar kucingnya. pikirkan dulu baik2 sebelum mas menjalani metode kedua ini.
      3. kontrasepsi khusus kucing. iya, ada metode kontrasepsi untuk kucing. biasanya dengan menempelkan suatu alat khusus pada rahim atau kemaluan kucing betina untuk mencegah pelepasan sel telur. saya nggak tahu apakah di indonesia ada atau tidak. kayaknya sih masih jarang yang menggunakan metode ini kecuali di rumah sakit rumah sakit hewan besar. mas bisa konsultasi ke rs hewan terdekat di kota mas...

      nanti mungkin akan saya buatkan artikelnya. :)
      saya tunggu kabarnya

      Delete
    2. Makasih banyak buat infonya dok. Untuk sterilisasi sulit gk dok perawatnya pasca operasi nya?

      Delete
    3. maaf baru balas, mas.
      gak sulit sih. nanti kan dikasih obat juga ama dokternya. :)

      Delete
  46. hallo dok, aku tya aku mau konsul ttg kucingku, kucingku betina umurny 2 tahun , sudah 2 hari ini gak mau makan, mulutnya seperti tersedak tp terus menerus tanpa henti disertai air liurny jadi keluar jadi tidur pun tdk bs ,keluar air trus dimatanya, dy lemas , itu kenapa ya dok ? aku kasian liatnya padahl kemarin kemarin sehat sehat saja paling sesekali terdenger kayak bersin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan tersedak? tebakan saya sih begitu.
      mending bawa ke dokter hewan aja mbak. takutnya emang bener tersedak. bisa jadi juga ada infeksi di saluran pernafasan dan cernanya.

      bawa juga sample fesesnya kalau ke dokter hewan..

      Delete
  47. Selamat malam dok, saya mau tanya saya punya anjing husky. Waktu itu sy pernah berikan dy yogurt yang plain mngkn karena kebanyakan pupnya jadi lembek atau mencret. Itu bagaimana ya dok? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak terbiasa dikasih yoghurt ya?
      kalau belum terbiasa emang begitu. cara agar dia terbiasa minum yoghurt adalah dengan pemberian bertahap. :)

      Delete
    2. Iya dok baru 1x.. Trus caranya spy pupnya kembali ke normal gmn ya dok? Apakah harus di ksh obat atau gimana dok? Soalnya udah 1 minggu mencret terus. Terima kasih.

      Delete
    3. langkah pertama tentu menghentikan pemberian yoghurt.
      lalu berikan makanan seperti biasa selama 4 hari. kalau dalam 4 hari belum ada tanda2 sembuh, bawa ke dokter hewan sesegera mungkin,....

      Delete
  48. Selamat pagi dok..
    Saya Hendry.
    Anjing kampung saya uda 4 hari tidak makan, umur nya 3 tahun lebih, kalau sekarang ini malah tidak bisa makan sama sekali. Perut nya sampai kelihatan cekung ke dalam. Tadi saya buka mulut nya, lidah nya berkerut agak kemerah2an ( warna lidah nya hitam ), di ujung lidah nya dari kiri ke kanan ada bintik2 keunguan dan di lidah sebelah dalam juga begitu, tapi lebih banyak. Nafas nya tersengal sengal seperti kesakitan. Minum juga kesusahan. Posisi nya, pantat duduk kaki depan tegak, kepala nya agak nunduk.
    Kalau ke empat kaki nya di julurkan duduk, dia seperti kesusahan bernafas. Saya paksa dia tiduran karena saya lihat dia uda kecapekan, anjing nya sih nurut, tapi nafas nya yang bikin saya kasihan. Saya pingin kirim foto nya, tapi saya cari2 koq ternyata tidak bisa.
    Dok, mohon bantuan nya. Mudah2an masih tertolong. Dia dari lahir saya urus sampai sekarang.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana?
      dari apa yang mas ceritakan, kemungkinan kena infeksi bakteri atau pneumonia. itu hanya tebakan awal saya saja. saya sarankan mending bawa ke dokter hewan terdekat agar lebih tepat penanganannya.

      Delete
    2. oke. sama2. keep contact ya mas...

      Delete
  49. Selamat pagi dok..
    Saya Hendry.
    Anjing kampung saya uda 4 hari tidak makan, umur nya 3 tahun lebih, kalau sekarang ini malah tidak bisa makan sama sekali. Perut nya sampai kelihatan cekung ke dalam. Tadi saya buka mulut nya, lidah nya berkerut agak kemerah2an ( warna lidah nya hitam ), di ujung lidah nya dari kiri ke kanan ada bintik2 keunguan dan di lidah sebelah dalam juga begitu, tapi lebih banyak. Nafas nya tersengal sengal seperti kesakitan. Minum juga kesusahan. Posisi nya, pantat duduk kaki depan tegak, kepala nya agak nunduk.
    Kalau ke empat kaki nya di julurkan duduk, dia seperti kesusahan bernafas. Saya paksa dia tiduran karena saya lihat dia uda kecapekan, anjing nya sih nurut, tapi nafas nya yang bikin saya kasihan. Saya pingin kirim foto nya, tapi saya cari2 koq ternyata tidak bisa.
    Dok, mohon bantuan nya. Mudah2an masih tertolong. Dia dari lahir saya urus sampai sekarang.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  50. assalamualaikum
    dok, kucing saya tiba tiba menjadi agresif ketika di gendong (meong meong dan meronta) bahkan di pegang bagian dada nya saja sudah mengeong dan biasa nya dimasukin kandang , sukanya tidur atau menyandarkan diri, tapi kali ini dia tidak mau tidur dan tidak mau baring atau menyandarkan tubuhnya, biasa nafsu makan nya kuat tapi kali ini tidak . padahal hari sebelum dan jam jam sebelumnya masih baik baik saja. Tidak ada kejadian khusus pada kucing sebelumnya,tidak ada pergantian makan,kucing hingga sekarang masih mau di ajak bermain . Jenis kucing persia warna calico umur memasuki 7 bulan.

    terimakasih sblmnya

    ReplyDelete
  51. Dok saya mau tanya , obat untuk anjing yang terkena demodex itu apa ya?
    Soalnya saya bawa ke dokter , biaya obatnya mahal sekali
    Memungkinkan kalau ada obat alternatif yg bisa lebih murah untuk anjing saya
    Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kayaknya sih lebih bagus mending ke dokter aja, mbak.
      emang sih agak mahal, namun kalau tanpa penanganan dokter juga agak susah juga untuk mengobatinya.. apalagi kalau kutunya sudah masuk ke lapisan kulit.

      kalau belum parah, bisa dimandikan dengan menggunakan Amitras. beli aja di toko perlengkapan doggy terdekat.

      kalau udah parah, kayaknya mau gak mau harus dibawa ke vet... :)

      saya tunggu kabarnya.

      Delete
  52. Dok, sekitar sebulan lalu saya menemukan kitten dipasar. Saya bawa ke kontrakan saya, seminggu lalu dia jatuh dari lantai dua, matanya yang sebelah bengkak/ agak menonjol gak bisa ditutup, sudah saya coba pegang kelopaknya, gak ada respon/tidak berkedip. Kasian dia seperti kesakitan, tidur gak nyaman, kesenggong dikit dia teriak kayak sakit. Kemaren udah k dokter kaki patah, sebelahnya retak, saya baru tau kalau matanya juga cedera. Saya ingin bawa kedokter tapi belum ada yg bisa ngantarin saya... sambil ngumpulin budget buat stray :( kira2 apa pertolongan pertama yg bisa saya lakukan, saya kasian meliat keadaannya... jazakillaah khairan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren waktu dibawa ke vet, dikasih obat gak ama dokternya? :)
      mungkin mbak bisa minta obat ke dokternya. atau minimal, appointment buat next visit biar bisa check up lagi...

      yang saya sayangkan, kenapa sampe jatoh? :(
      kan kasian. taruh aja di box kardus yang sekira dia gak bisa manjat, mbak.

      kayaknya gak bisa saya memberi obat tanpa melihat langsung kittennya, makanya saya menyarankan mending kunjungi lagi vet yang kemaren untuk check up...

      saya tunggu kabarnya.

      Delete
  53. Dok , kalau mau menggemukkan anjing itu bagaimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyakitnya gimana? udah sembuh?
      fokus aja dlu ke penyembuhan.

      soal penggemukkan, nanti aja setelah penyakitnya sembuh. :)

      Delete
  54. Dok, salah satu anak kucing saya sekarang berusia kurang lebih 5-6 minggu, kemarin saya menggendongnya dengan cara memeggang lehernya (seperti yang dilakukan induknya) ketika akan memberinya makanan padat. tapi ketika diturunkan dari gendongan, anak kucing itu jadi kesulitan untuk menggerakkan kepala ke kiri. sekarang dia hanya bisa menggerakan kepala ke kanan saja serta ketika jalan, dia seperti kehilangan keseimbangan.
    itu kenapa ya dok?
    cara mengobatinya bagaimana?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur 6 minggu digendong dengan cara 'dicomot'?
      jelas salah mas. karena struktur tangan kita jelas beda dengan struktur mulut induk kucing. :)

      jangan begitu lagi gendongnya ya mas.
      kalau soal kepalanya yang tengkleng, saran saya sih bawa aja ke dokter hewan biar dicek. check up aja. gak mahal kok. saya sih yakin dia baik2 aja, tapi nggak ada salahnya sekalian check up... :)

      Delete
  55. Selamat pagi dok,
    Saya dian mau konsul dok. Saya punya kucing persia jantan dan betina. Yang jantan umur 1tahun 4bulan, yg betina 1tahun. Kalo untuk jantan usia segitu harusnya udh birahi kan ya dok? Tapi kok gak birahi2. Waktu itu saran dari dokter hewan dikasih obat ovula, udah saya kasih dok. Obatnya juga udah abis, tp gak ada perubahan sampe sekarang, saya minta sarannya ya dok, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dikasih ovula? :)
      mungkin mbak bisa konsul lagi ke dokter yang bersangkutan. kucing emang unik mbak. Si Anjing, kucing saya (hehehe), dulu suka kawin ama cowok (padahal si Anjing itu cowok)......

      kalau betinanya di ganti? udah pernah coba? :)
      kadang dia merasa nggak jodoh ama betinanya sekarang, makanya dia gak mau kawin...

      Delete
  56. Udah diganti juga dok, kan dirumah saya banyak kucing betina pada nyamperin kerumah. Tapi gak ngaruh juga, kucing saya juga malah gak ada tanda2 birahi nya, soalnya kucing saya males banget abis makan kerjaannya tidur paling kalo main jam 11 malem

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh, kayak gitu.
      mungkin untuk lebih jelasnya, lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat, mbak. biar dicek langsung. takutnya da something wrong. :)

      udah berapa lama disatukan ama betina?

      Delete
  57. Replies
    1. kalau baru 2 mingguan kayaknya masih kurang. pendapat saya, satukan saja minimal 1 bulan. kalau udah lebih dari 1 bulan, bisa mbak bawa ke dokter hewan terdekat buat check up..

      Delete
  58. Selamat pagi dok, nama saya aswin dan saya ingin menanyakan perihal kucing saya.
    sekitar seminggu yang lalu kucing saya tertabrak sepeda motor, lalu saya baya kedokter hewan dekat tempat tinggal saya. kemudian dokter setelah diperiksakan keadaannya oleh dokter, ternyata kucing saya disarankan untuk langsung dioperasi dikarenakan terlalu berisiko bila tidak cepat dioperasi. karna bila tidak dioperasi sang kucing tidak bisa buang air besar.
    dirujuklah saya untuk membawa kucing saya keklinik dibilangan serpong, sang dokter diklinik bilang kepada saya bahwa dia seperti hernia dan harus langsung diambil tindakan operasi. dan setelah pasca operasi sang dokter menerangkan bahwa dia tidak bisa bertindak lebih jauh dan hanya bisa berbuat maksimal mengembalikan seperti kondisi sebelumnya dikarenakan usus didalam perutnya keluar dari otot bagian dalam perut tsb.maka dokter hanya bisa semampunya. setelah operasi maka kucing melakukan perawatan diklinik sampai pulih, setelah 4 hari pasca operasi saya dihubungin oleh pihak dokter bahwa keluar cairan dari jahitan diperutnya, maka dokter diklinik bilang dia mengganti obatnya dan memberikan antibiotik kepada kucing saya. setelah saya berkunjung utk melihat keadaan kucing saya diklinik. ternyata jahitannya terbuka dan keluar cairan dari perutnya. setelah saya menanyakan kepada dokter tsb, dia bilang kucing saya akan seterusnya hidup dengan keadaan seperti ini dalam keadaan jahitannya terbuka karna ototnya perutnya sudah ada beberapa yang rusak dan tidak bisa untuk dijahit kembali untuk menutup robek dijahitannya.dan dokter bilang dia akan hidup dalam keadaan jahitan terbuka dan itu tidak apa-apa asalkan diberi antibiotik terus menerus. yang saya ingin tanyakan apakah tidak terlalu berbahaya untuk si kucing itu sendiri hidup dalam keadaan seperti itu, saya takut virus dan luka pada perutnya menjadi infeksi. saya mohon kepada dokter apakah ada solusi terbaik untuk menolong kucing saya bisa hidup aman dan kembali normal seperti kucing lainnya?

    saya mohon dengan sangat jawaban dari dokter dengan rinci dok? saya mohon sekali.

    TERIMA KASIH, untuk tanggapan dokter tentang pertanyaan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya, maaf karena baru saya balas.
      saran saya, kunjungi dokter lain. minta second opinion dari dokter kedua tersebut. kalau keduanya sama, cari lagi dokter ketiga, dan minta third opinion dari dokter ketiga tersebut. kalau ketiga dokter tersebut berpendapat sama, mas bisa anggap itu sebagai final opinion dan memang seperti itulah keadaannya.....

      kalau dokter kedua berbeda pendapatnya, minta saran dan solusi terbaik. namun ingat, dokter kedua harus lebih baik dari dokter pertama. untuk saran dokter kedua, mas bisa bawa kucingnya ke rumah sakit hewan di bilangan ragunan....

      keep fighting, mas. saya yakin kucing mas bisa kembali normal. itu opini saya...

      Delete
  59. Halo dok, saya punya kucing angora dirumah umurnya sekitar 2 th kurang. 3hari lalu baru saja melahirkan 2 ekor anak. Tapi sejak melahirkan, perut kucing saya suka bergetar kencang, dan kucing saya tidak pernah buang air besar lagi. Buang air kecil masih. Kadang suka mengorek-ngorek litter box seakan akan mau buang air, tapi ga jadi. Nafsu makan normal, saya kasih royal canin kitten dicampur dengan me-o untuk kucing dewasa, kadang jg saya seling makanan basah merk friskish. Kira2 kenapa ya kucing saya tidak BAB? Sebelumnya tidak pernah diare dll.
    Oh iya, sekitar 2 minggu lalu kucing saya sempat kena kutu. Terus sm dokter hewan ditetesin obat kutu dosis kecil supaya tidak mengganggu kandungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. urinnya warna apa? hal yang bisa dilihat dari kucing yang berkaitan dengan kesehatannya adalah warna urinnya.

      saran saya sih mending bawa ke dokter hewan aja, mbak.

      tebakan saya sih dia dehidrasi akibat kurang minum dan harus menyusui kittennya. itu tebakan saya aja. untuk lebih jelas, mungkin mbak bisa bawa ke dokter hewan. takutnya ada infeksi juga... :(

      Delete
  60. Tapi kalo kemungkinan kucing saya akan melahirkan anaknya lagi, ada ga dok? Atau mungkin malah ada anaknya yg masih di dalam perut
    Kalo warna urin saya tidak tahu, krn setiap pipis, lgsg meresap di pasirnya. Jadi ga bisa tau warna urinnya dok. Kalo minum saya rasa, dia juga sering minum. Tidak ada kendala. Kalo saya kasih susu, boleh dok? Untuk memancing supaya bisa BAB

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas.
      kalau emang udah lewat 3 hari, kayaknya kecil kemungkinan dia bakalan melahirkan lagi (aka: masih ada anak yang belum terlahir)

      bisa aja kasih susu, coba aja.


      sekarang gimana keadaannya? mending iya, bawa ke dokter hewan aja...

      Delete
  61. Dok, saya mau nanya.. Untuk perawatan bulu kucing persia, saran dokter vitamin apa ya? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang utama sebenernya jaga kebersihan kandang dan badan kucingnya. kalau perawatan, ada beberapa jenis shampo yang bisa digunakan. banyak kok macamnya. :)

      vitamin untuk bulu, kayaknya gak perlu kalau emang gak dibtuhkan. :)

      Delete
  62. dokter sama mau tanya, kucing sayang abis ditabrak motor tadi pagi darahnya keluar mulu dok dari hidung. saya bingung harus bagaimana supaya kucing saya sembuh dok. ink kucing kesayangan saya dok . sampai skrng kucingnya masih hidup tapi kucing itu kayanya masih merasakan sakit dok tubuhnya lemas bgt .

    tolong dok kasih solusinya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak langsung dibawa ke dokter hewan aja mas?
      kalau kasusnya urgent kayak gini, langsung bawa ke dokter hewan aja. jangan nunggu jawaban saya....

      kalau keluar darah dari hidung, kemungkinan ada luka di dalam. entah di paru2 ataukah dimana gitu... keliatan susah bernafas?

      kenapa bisa sampe ketabrak motor, mas?

      Delete
  63. Dok kalo kucing dikasih megaderm virbac bagus gak? Terus emang bener dok megaderm virbac bisa cepetin birahi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. megaderm virbac itu suplemen bulu kucing dan anjing.
      dan desas desus kalau megaderm virbac bisa membuat kucing birahi itu tidak benar... :)

      Delete
  64. dok saya mau tanya, saya kemarin dapat kucing betina (hadiah dari temen) pas pertama datang di pegang bulunya rontok banget, trus bulu di bagian ekor kayak botak gitu, ndak ada bulunya.. apa ada obat buat ngatasi masalah bulu bulunya itu? usianya kira kira 7 bulan.. selain bulunya dia seharian kemarin gak poop sama sekali, apa itu normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. temennya gak cerita kucingnya kenapa? :)
      kalau saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan aja biar sekalian check up dan konsultasi, mbak.

      kalau obat buat bulunya, ada. merknya megaderm verbac. namun mungkin sebaiknya mbak konsul dlu ke dokter hewan terdekat biar lebih jelas kucingnya kenapa. :)

      Delete
  65. Dear drh. fira, terimakasi sblmnya buat saran dokter waktu itu, stlh sy bawa ke vet trnyata Kucing sy ada masalah sm lambungnya sm sprti dugaan dokter. Skrg kucing saya sudah kembali sehat :)

    Saya mau konsultasi lg dok, skrg ada kucing dari luar masuk ke rumah saya. Keadaannya kasihan sekali, badan dan mukanya banyak luka,sampai ada bagian bulunya tidak ada dan dagingnya terlihat. Dia jalan kesusahan karna salah satu kaki belakangnya sepertinya ga bisa buat jalan. Sore ini saya liat dia di teras belakang rumah badannya basah kotor karna keujanan, dan banyak darah dilantai,tapi saya gatau darimana asal darahnya apa dari anus atau kakinya karna saya takut buat memegangnya/memindahkannya. Sy ga tega liatnya mau tolongin, saya mau angkat tp takut ada patah tulang atau sakit apa. Itu krn virus atau knp ya dok? jujur saya jg takut kucing saya tertular.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas boleh tolong, namun pisahkan dari kucingnya mas. taruh aja di box/kardus bekas, kasih alas kain. lukanya dibersihkan dlu, pelan2 aja.

      jaga kebersihannya, sementara itu aja. bukan karena virus, namun nggak ada salahnya hati2. makanya saya sarankan pisahkan dengan kucingnya mas...

      kalau ada lukanya, mas bisa bersihkan lukanya, lalu totol2 pake betadine aja buat sementara. besok bisa bawa ke dokter hewan terdekat....

      kasih saya kabar lagi ya mas.. :)

      Delete
  66. Kemarin sudah saya coba buat tolongin kucingnya sesuai saran dokter. Saya bersihkan dan beri betadine lukanya. Luka yg terlihat dan bisa saya obati ga kelihatan parah banget tapi ada darah keluar dari sekitar anusnya dok wkt dia bergerak. Setelah saya lihat lukanya sepertinya dia habis tertabrak atau kelindes ban kendaraan dibagian antara perut dan bokongnya, tp itu hnya dugaan saya. Saya tdk tahu apa sblmnya mmang kucing itu ada penyakit. Napasnya terengah2 lidahnya menjulur sprt anjing. Saya coba beri makan dan minum, sudah lemas sekali keadaannya. Pagi tadi saya liat dia sudah kaku ga ada nafas lg. Trnyata saya cuma bisa menolong sampai situ. Terimakasih dok buat responnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuburkan, mas.
      dan semoga orang yang menabraknya kena azab. bukan nyumpahin, cuma kasih kutukan aja. :D

      kucing mas yang lama gimana? sehat? :)

      Delete
  67. aslmualaikum dok saya ingin bertanya, saya punya kucing himalaya kondisinya sekarang sedang kurang sehat fesesnya terakhir basah dok, dan dia muntah muntah, engga mau makan, dan saat dicoba di dekatkan makanan ke mulutnya dia ngunyah2 lalu keluar liur dok, terakhir saya kasih makan wiskas dok, itu kenapa ya dok soalnya saya baru ambil itu kucing dan pertama masuk rumah dia lahap banget makan dok setelah sehari dirumah jadi gitu dok mohon bantuannya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya pernah ketahuan makan makanan yang gak seharusnya dimakan? maksudnya, salah makan? pernah mas gendong paksa ya? bener?

      soalnya dari gejalanya, kemungkinan dia mual. entah karena sebab apa. tebakan saya sih kalau dia gak salah makan, ya salah handle...

      kalau mas worry, mending bawa ke dokter hewan aja mas. check up aja..

      Delete
  68. Pagi bU dokter,
    Kucing saya sudah 3 hari gak selera makan,biasanya makan ikan tongkol/bandeng presto dicampur nasi..diawal-awal kalau buang air besar mencret dan bau sekali, sekarang sudah normal tapi selera makan tidak berubah,terakhir saya kasih makanan kaleng kucing dimakan perlahan dan saat ini badannya mulai kedinginan..tidak mau lagi tiduran tapi tidur sambil duduk..gimana solusinya ya dok?kucing saya belum 1thn dan kucing
    kampung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanannya mbak ubah ya? tadinya kasih nasi + ikan lalu diganti makanan kalengan? bener?
      tebakan saya sih karena itu. sama aja kayak manusia, kadang ada yang seneng makan nasi (bisa makan nasi), ada juga yang gak mau makan nasi. kucing juga gitu. kadang ama jenis makanan tertentu yang menurut dia asing atau belum terbiasa makan, dia malah menimbulkan mual, nggak enak perutnya, dan lain sebagainya.

      solusinya gimana? kasih dikit2. jangan langsung dikasih banyak, jangan diubah langsung.
      2 minggu pertama, makanan kaleng kasih satu sendok makan aja, campur ke makanannya yang lama, makanan yang lamanya dikurangi satu sendok.
      2 minggu berikutnya, makanan kalengnya kasih dua sendok makan, campur ke makanannya yang lama, makanan yang lamanya dikurangi 2 sendok. gitu terus sampe akhirnya full bisa keganti semua....

      Delete
    2. siang lagi dok,
      baru kemarin saya rubah jadi makanan kaleng dok, karena makanan yang biasa dia makan sama sekali tidak dimakan jadi saya kasih makanan kaleng..

      Delete
    3. berarti bener. :)
      silakan lakukan apa yang saya sarankan... :)

      Delete
  69. maaf dok saya mau tanya, kucing saya sakit
    matanya sayu terus gak mau makan sampe kurus, dari kemaluannya keluar lendir, warna putih kental, mengeong terus itu dia kenapa ya dok?
    apa obatnya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia susah bab ya? bener?
      tebakan saya sih infeksi di saluran cernanya. mending bawa ke dokter hewan terdekat bisa dicek, mbak.... :(

      kasih saya kabar ya...

      Delete
  70. Sore Bu dokter, aku mau nanya nih. Anak anjing pom aku baru lahir terlihat normal, tp ketika masuk usia 3 minggu terlihat kaki belakangnya itu tidak kuat menopang badannya jadi ga bisa berdiri , tapi masih bisa menggerakan kaki belakangnya buat garuk". jadi dy lemah juga,, badannya suka jatuh ke kiri ato ke kanan tiba", kira" cara penangannya gimana bu ? apa ada obat otot apa bagaimana?
    Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia gak disusui induknya?
      kalau gak disusui induknya emang gitu, rawan malnutrisi, terutama asupan kalsium. itulah kenapa baby pom mbak gak bisa berdiri.

      itu tebakan saya loh ya, hehehe...

      saran saya sih bawa ke dokter hewan aja biar jelas. mungkin nanti diinjeksi...

      Delete
    2. disusui bu , malah paling bagus nyusu nya, saya tidak boleh sembarang kasih kalsium ya bu?
      tapi bisa sembuh kah bu?

      Delete
    3. saya yakin bisa.
      hmm, saran saya, mending bawa ke dokter hewan aja biar sekalian dicek.

      sekarang gimana keadaannya? mbak domisili dimana?

      Delete
    4. iyaa buu.. aminn sembuh yaa,, nanti coba saya bawa ke dokterr langsungg.. terimakasih banyak buu :)

      masih lemes bu,masih belajar berdri, kalau untuk jalan kakinya masih ketekuk dua-duanya ke belakang.. di bandung buu

      Delete
  71. selamat siang dok,
    gini dok,sekitar seminggu yang lalu saya beli kitten,ternyata kitten tsb berketombe.kata si pemilik terdahulu bilang tinggal di mandiin bakal hilang tu ketombe,tapi sudah 2x ini saya mandiin tetep belum hilang,dan masalah makanan gizi yang saya kasih juga sudah mencukupi,kira-kira obat apa yang bisa dan penanganannya agar ketombe pada bulu kucing saya hilang dok?
    terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas mandiin pakai shampoo khusus anak kucing...

      abis dimandikan, keringkan bulunya. lakukan selama 2 minggu ke depan.

      opsi lain, bisa bawa ke dokter hewan aja. ini yang lebih saya sarankan. :)

      Delete
    2. di mandikannya di kasih jarak berapa hari ya dok,
      ini 1 minggu udah saya mandikan 2x dan jarak harinya dari hari pertama mandi itu 5 hari dok.

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.