Cara Mengobati Pincang Kaki Pada Anak Musang Pandan | Drh. Fira Sovica

Anakan dan bayi musang pandan sangat rentan penyakit lumpuh kaki yang diawali dengan kaki musang yang pincang serta gerak gemetar di kaki dan tubuh musang.

Cara mengobati kaki pincang pada anak musang

yang terserang penyakit pincang kaki sangat mudah dan sepenuhnya bisa diobati jika anda menanganinya dengan cepat dan tepat. Bagi anda yang baru bergabung ke blog ini dan ingin tahu bedanya musang pandan dengan musang rase, anda bisa membaca artikel bedanya musang pandan dan musang rase.
Cara Mengobati Pincang Kaki Pada Anak Musang Pandan
Image taken from ayuarjuna.blogspot.com

Berikut adalah cara mengobati anak musang yang kakinya pincang:
  • Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengobati anak musang yang kakinya pincang atau yang menderita pincang kaki adalah mengetahui penyebab pincang kaki pada anak musang tersebut.
  • Penyebab penyakit kaki pincang pada anak musang biasanya dikarenakan benturan atau kekurangan kalsium. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan menekan bagian kaki yang pincang secara perlahan. Jika musang terlihat kesakitan saat ditekan, maka berarti penyebab anak musang anda pincang adalah karena benturan atau lainnya. Anda bisa mengoleskan minyak tawon atau minyak gandapura ke bagian kaki yang pincang secara rutin, pagi dan sore hari.
  • Jika saat ditekan bagian yang pincang anak musang tersebut tidak terlihat kesakitan, maka besar kemungkinan penyebab kaki anak musang menjadi pincang tersebut adalah karena kekurangan kalsium.
  • Anda bisa menambahkan sedikit RepCal (reptile calcium) yaitu suplemen kalsium berbentuk bubuk yang biasa diberikan kepada kura-kura ataupun reptil. Anda bisa mencampurkan RepCal tersebut ke makanannya. Selain itu, jika anak musang tersebut masih diberi makan bubur bayi, anda bisa mencampur bubur bayi sebagai pakan anak musang anda dengan sedikit susu bubuk non-laktosa seperti SGM bubuk nonlaktosa.
  • Saat treatment pengobatan kaki anak musang yang pincang dilakukan, lakukan observasi terhadap anak musang tersebut selama dua sampai tiga minggu.
  • Jika tidak terjadi perubahan terhadap penyakit pincang kaki tersebut, maka lebih baik anda membawa anak musang anda sesegera mungkin ke dokter hewan terdekat.
Demikian adalah artikel

cara mengobati kaki anak musang yang pincang

. Anda bisa berpartisipasi dengan mengirimkan komentar dan saran serta kritik di kolom komentar atas artikel cara mengobati kaki pincang pada anak musang pandan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

119 Responses to "Cara Mengobati Pincang Kaki Pada Anak Musang Pandan"

  1. Dok kalau mengobati musang pilek umur 4bln gmn ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaga pola makan, terutama buah2an.
      jaga agar kandangnya tetap hangat. sementara, pindahkan saja ke dalam rumah agar si musang tidak kedinginan.
      itu saja cukup.. :)

      Delete
    2. Jadi kalo musang pilek gausah kasih obat apa apa nih ?jika ada sebaiknya obat apa?#pertanyaan ke 3

      Delete
    3. sebenarnya, secara pribadi saya lebih merekomendasikan penyembuhan melalui perbaikan pakan dan perbaikan cara memelihara. obat baru akan saya beri jika metode yang saya ajukan tidak mencukupi untuk pengobatan penyakit tersebut. artinya, saya hanya menggunakan obat2an kimia hanya jika terdesak.... :)

      untuk pilek sendiri, saya lebih suka penyembuhan lewat perbaikan pola makan, pengaturan asupan gizi, penjemuran musang, dan peningkatan stamina musang. syukurlah selama ini metode saya dalam mengobati musang pilek dengan cara di atas terbukti berhasil, dan syukurnya saya tidak perlu menggunakan bahan kimia... :)

      Delete
    4. Ass.Dok kan ini musang saya kayanya keseleo..nah tadi saya baca di oles pake minyak2an gtu..nah klo misalkan di jilat oleh musang teraebut gmn Dok..apa itu tidak masalah atau ada efek tertentu

      Delete
    5. setau saya sih nggak masalah. :)
      jangan banyak2 juga, sekedarnya aja... :)

      Delete
    6. Dok saya punya musang umur 3 bulanan . Kakinya itu dok kya lemes dibuat jalan susah kadang" dia ngesot jalannya mundur kandang" jalannya normal itu penanganannya gimna ya dok trimakasih

      Delete
    7. Dok saya umur 3 bulanan. Kakinya itu dok kya lemes dibuat jalan susah kadang" ngesot kadang" dia mundur trus kadang" jalannya normal penanganannya gimna ya dok?? trimakasih

      Delete
    8. mas biasa kasih makan apa? gemetar juga ya?
      jangan dikasih susu. kalo mas masih kasih susu, stop susunya. ganti pake sari kurma tahniq aja.
      sari kurma tetes tahniq dikasih tiap pagi dan sore, ditetesin ke mulutnya.

      terus kasih makan bubur bayi aja. promina bagusnya.

      3 hari sekali kasih air kelapa. minumkan.

      lakukan selama 2 minggu ya mas.

      Delete
  2. Dok kan d.atas d.bilang kalo pincang itu krna kurang kalsium/terbntur,trus d.kasih repcal+susu dancow,,kalo d.kasih susu malah mencret,ganti.a apa dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih susu yang NON LAKTOSA. misalnya SGM non laktosa. ada kok.
      saya pernah bahas di artikel MEMELIHARA MUSANG YANG MASIH MEREM. Silakan search di menu cari artikel... :)
      semoga membentu

      Delete
  3. Dok, itu recoverynya 2-3 minggu ya? Pagi sore di kasih minyak tawonnya?boleh saya panasin juga dengan infra red dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kasusnya ada frakture, sepertinya lebih baik langsung bawa ke dokter hewan atau rumah sakit hewan mas... :)

      Delete
  4. Dok apa penyakit lumpuh pada musang penyakit mematikan, apa bila kena penyakit itu nantinya kalau misal sembuh jadi cacat,

    ReplyDelete
  5. Musang saya baru tadi siang mengalami susah jalan gemeteran, kaki dan badannya, untuk jalan kayaknya susah, tapi nafsu makan nya masih lumayan rakus, musang saya umur 2,5 bulan, makanan tiap hari, bubur sun, curkuma plus, dan susu

    ReplyDelete
  6. Musang saya baru tadi siang mengalami susah jalan gemeteran, kaki dan badannya, untuk jalan kayaknya susah, tapi nafsu makan nya masih lumayan rakus, musang saya umur 2,5 bulan, makanan tiap hari, bubur sun, curkuma plus, dan susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel Mengobati Bayi Musang Berjalan Mundur

      Delete
  7. Dok klo umur 2 bln msh diksh mkn bubur sm susu trus gnti mknanya umur brp y dok soalnya dr kcil mknany itu trus

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bisa makan sendiri? kalau udah bisa makan, bisa dibiasakan dikasih makan pepaya yang dipotong kecil2.... :)
      harus dibiasakan makan sendiri biar dia gak manja nantinya... :)

      Delete
  8. Dok kalo tiba2 anak musang pincang sebelah depan sama belakang itu knp ya? Pdhl tidak kena benturan atau apapun, dikasih vit B dari apotik tdk apa2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan sih kurang kalsium. coba mas beli repcal (supplemen kalsium berbentuk bubuk yang biasa buat reptile), lalu kasih satu sendok teh setiap minggu dengan cara dicampur ke makanannya....

      jangan lupa untuk memenuhi gizi musangnya ya mas. jangan sampe kelaperan. musangnya umur berapa?

      Delete
  9. Dok beli repcal dimana dok aturan pakainya gmana .misang saya g mau makan buah sama sekali nafsu makanya kurang ...tts kaki belakanh pincang udah saya kasih mnyak ikan vitB mnum air gulaa ...tdnya pincang sembuh eeh skrg kambuh lagi dok gmna ya dok biar nafsubmakanya banyak trs g pincang ..tp kelakuanya lincah dok cuma jalanya ug pincang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kurang kalsium. bisa beli repcal di toko perlengkapan hewan.
      kalau emang kambuh2an pincangnya, lebih baik bawa ke dokter hewan. bilang aja mau konsultasi. paling juga murah kok bayarnya.. :)

      Delete
  10. Dokter, musang saya habis jatuh dari fentilasi kamar saya dokter. Sekarang dua kaki belakangnya lumpuh. Berjalannya diseret. Seharusnya jika saya tekan dia kesakitan kan dok? Tapi ini tidak. Kakinya tidak bengkak dan tidak hangat seperti kalau kesleo atau patah kaki. Atau jangan2 kena sarafnya ya dok? Saran dokter saya bawa ke dr hewan langsung atau ditreatmen dulu seperti artikel dokter di atas? Kalau dr hewan di puskeswan kira-kira bisa nggak ya dok, soalnya setahu saya biasanya menangani khusus ternak saja. Musang saya betina dok, murnya mau 4 bulan.

    ReplyDelete
  11. Dokter, ternyata ekôrnya juga lumpuh. Yang kena jangan-jangan tulang belakangnya ya dok? Apa masih bisa sembuh? T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak monik.
      yang saya tanyakan, kenapa bisa sampai jatuh? :(

      iya mending bawa ke dokter hewan terdekat. bisa juga bawa ke puskeswan.

      untuk penyebabnya, saya tidak bisa tahu soalnya nggak melihat langsung. kalau syaraf, kayaknya gak. fracture pada tulang juga nggak. shock karena jatuh, hmm, kecil kemungkinan. saya kira cuma nunggu waktu aja agar dia bisa normal lagi. dlu juga si bruno kayak gitu kok...

      namun akan lebih baik mbak bawa ke dokter hewan aja atau ke puskeswan. biar dicek di sana...

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  12. Si Fing Fing kan freeroom dok, nemenin saya dikamar. Pas saya tidur dia manjat lewat kain gorden, sebelumnya blm pernah saya lihat dia bisa naik sampai Fentilasi dan nyoba manjat gorden dok. Kok ya pas bisa sayanya malah pas tidur. Nyesel banget saya dok. Padahal baru seminggu lalu dia sudah mulai bisa makan sendiri dan mulai gendutan...T.T Besok coba saya bawa ke puskeswan dok. Makasih ya dok sudah dijawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang pecicilan, malam hari pas mbaknya tidur, mending kandangin aja. daripada kenapa2...

      coba kasih sari kurma aja sebagai penambah daya tahan tubuh, saya sih optimis dia masih bisa balik lagi.. :)

      besok kabarin saya ya mbak.. saya tunggu. :)

      salam dari errol dan padma, burung hantu saya. :D

      Delete
  13. Amin. Iya dok, si Fing Fing memang pecicilan. Kemarin2 kan masih ngedot jadi saya diemin di kamar, biar kalau lapar dia bangunin saya gitu, sambil nginjak-injak muka saya gitu. Dulu Fing Fing jg suka berisik kalau dikandangin, jadi saya lepas lg deh sampai free room nya keterusan sampai sekarang. Maunya sih selamanya :D . Siap, sari kurma masih banyak, nanti saya berikan lagi dok. Besok saya kabari lagi. Terimakasih dok :).

    ReplyDelete
  14. Lapor dok, hari ini saya baru sempat ke puskeswan krn kemarin tugas ternyata banyak sekali jadi saya nggak bisa ijin. Tadi dokternya blm bisa mendiaknosispenyebab lumpuhnya, trus tadi hanya disarankan Xray dulu biar lebih tau penyebabnya apa. Sama Bu dokternya tadi juga ndak diapa-apain katanya takut hewannya malah stres dipegang orang lain gitu, padahal mah si Fing Fing nemplok sama siap aja. Jadi tadi cuma konsultasi saja dok, sama saya nanya klinik yang bisa roentgen dimana. Mungkin baru besok saya bawa ke RSH UGM karena sekarang sedang hujan, saya di Jogja dok hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru saya balas. :)
      fing fing ada kemajuan setelah beberapa hari? makannya gimana?
      udah dikasih sari kurma? :)

      seneng fing fing ada di at the right places. kabari saya terus soal fing fing. saya sih optimis nothing to worry. mungkin agak salah urat or something aja. gak samasekali dipegang ama dokternya?

      kalau mau, mbak bisa kasih scott emulsion campur repcal (bubuk kalsium untuk reptil. bisa kok buat mammals juga). repcalnya dikit aja. silakan baca artikel saya dosis scott emulsion untuk musang...

      Delete
    2. Ndak papa dok hehe..

      Belum ada perkembangan sih dok, tapi dia mah masih tetep pecicilan meski pun jalannya di seret-seret, tetep manjat2 meski pun cm pakai 2 kaki depan saja.

      makannya sih saya kira masih normal, tp jadi susah makan buah lagi. Sekarang cuma makan ayam giling kukus sama bubur sun plus sari kurma doang dok. Cuma kok pup nya jadi jarang. Terakhir pup kemarin siang setelah dari puskeswan, semalaman cuma pipis belum pup lagi. Pupnya kuning agak coklat, agak lebih lembek dibanding saat mau makan buah, bauk lagi :D.

      Iya dok, dokternya sih ramah, nanya apa aja jg dijawab. Cuma ya itu, nggak mau pegang katanya nanti takut malah stres, jadi cuma saya yg pegang.

      Kira-kira sebanyak apa ngasihnya ya dok?

      Delete
    3. Berat badannya belum ada 1 kg sih sepertinya..

      Delete
    4. makasih banyak mbak mau mendeskripsikan fesesnya. kalau dia banyak makan protein, emang agak bau. udah pernah dikasih pepaya? baik jus maupun kasih langsung? coba kasih. lalu perhatikan fesesnya. kalau warna fesesnya sama seperti warna pepayanya, kayaknya masih sehat....

      kontrol terus makannya. dokter yang kemaren gak nyuruh check up lagi? :)

      kasih aja makanan yang seimbang buat fing fing. kasih asupan kalsium. porsinya dikit aja. kira2 seperempat sendok teh... :)

      Delete
    5. Nah itu dok, sama pepaya jadi nggak mau, cm dikunyah-kunyah saja terus dilepeh lagi. Biasanya sih mau dia, mungkin pepayanya kurang enak.

      Kalau mangga manis boleh nggak dok? Kemarin saya makan mangga kok dia kaya pengen, saya kasih sedikit eh ternyata mau. Tapi cm saya kasih dikit, takut ndak boleh kalau mangga. Habis itu fesesnya jadi padet lagi, kuning agak orange gitu dok, ada warna pepayanya dikit. Selah itu pup nya jg, jadi nggak cm sehari sekali lagi. Sehat kan dok?

      Saya cm diminta rontgen aja sih dok, ndak diminta kembali lagi. Mungkin biar sekalian konsul sama dokter yang disana saja gitu yg lebih tahu.

      Tapi saya masih tetep blm bs rontgen Fing Fing dok, di atas jam 2 selalu hujan sekarang. Padahal saya pulangnya jam segitu.. :( Saya kan pemotor, kalau nekat takut Fing Fing malah kena flu lagi.

      Kemarin sore saya perhatikan ternyata sudah ada pergerakan kecil di kaki kanannya dok meskipun sangat lemah dan jarang. Saya happy bgt dok.. semoga bisa pulih seperti semula. Amin.

      Saran dokter, siaapp laksanakan! :)

      Delete
    6. ada kemajuan. terus lakukan apa yang saya perintahkan ya mbak.
      kalau emang dia gak mau makan pepaya, coba kasih sari kurma di pepayanya. jus pepayanya kasih sari kurma biar terasa manis....

      saya masih optimis fing fing bisa sembuh. soalnya dlu musang sahabat saya juga kayak gitu.

      soal mangga, kalau manis sih gak apa2. musang biasanya gak mau makan kalau buah hasil karbitan, mungkin kemaren waktu mbak kasih pepaya dan dia lepehin itu, itu pepayanya hasil karbitan. ada kok artikelnya cara mengetahui buah hasil karbitan dengan yang tidak....

      stay focus aja. kasih saya kabar terus. :)

      Delete
    7. Siap dok!
      Ada exercises yg bisa dilakukan nggak dok, untuk membantu penyembuhannya, atau sudah cukup didiamkan saja?

      Yang bagus, dikandangkan terus atau boleh dilepas untuk bermain di luar kandang dok?

      Maaf dok banyak nanya :)

      Delete
    8. lakukan aktifitas kayak biasa. ajak main dll. cuma lebih hati2 saat handle aja. jangan sampe jatuh dll.. :)

      get well soon. :)

      Delete
  15. dok musang saya kenapa ga bisa jalan ya dok udah hampir seminggu dia kaya gitu . kaki belakang kaya lumpuh gitu . padahal dia ga kenapa2 . sebelumnya saya mandiin dia, trs saya keringin pake kain, setengah kering saya taruh kandang, pas saya list lagi dia udh kaya gitu dok . sebelumnya juga dia pernah jatoh dok dari jemuran, trs kakinya pincang sebelah, beda sm sekarang dok pincangnya, waktu jatoh keliatan banget kalo itu pincang, cuma aekaeang bener2 kaya lumpuh dok . tp waktu jatoh itu pincangnya selama 2hari aja trs sembuh kaya semula. trs sekarang dia semenjak kaya lumpuh itu awalnya si masih jinak sm saya, saya gendong, handsfeed mau dok . trs pas saya titipin sehari sama temen saya dok, kebetulan emg semenjak saya beli musang saya, dia juga ikut ngurus dok . nah pas dibalikin kesaya masih jinak, trs saya tinggal keluar sebentar, pulangnya saya mandiin, trs pas saya mandiin dia teriak2 gitu dok, pas saya keringin saya liat kakinya, yg sebelah kanan saya pegang ternyata dia kesakitan, trs abis saya pegang dia jd galak dok, padahal sebelumnya dia jinak kesemua oeang tanpa kecuali dok, saya bingung jdnya, yg harus saya lakuin apa dok? saya di daerah depok, saya gatau alamat dokter hewan daerah depok dimana . saya cari di blog ini tp ga ada daerah depok . warna fesesnya normal dok . dia makan pisang, fesesnya seperti pisang, padat, trs saya taroh susu dikandangnya dia minum sampai habis, trs dia pup lagi mencret agak padet gitu dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja observasi selama seminggu ke depan. kasih sari kurma, bisa kasih langsung atau campur ke air minum. jangan dikasih susu dlu. mbak bisa kasih bubur bayi promina.

      coba gabung ke grup musang lover kota depok. cari aja di facebook.

      tebakan saya sih ada hubungannya sama kejadian waktu dia jatuh atau bisa juga tanda distemper. mbak bisa baca artikel saya cara mengobati distemper. ini cuma tebakan saya saja loh ya... :)

      alamat dokter hewan kota depok udah ada kok artikelnya..

      Delete
  16. oiya dok . kaki yg pincang saat jatoh itu kan sebelah kanan juga dok . sama seperti kaki yg sakit skrg dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nambahin dikit: kalau saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan terdekat aja, mbak.. :)

      Delete
  17. Dok saya baru kemarin adopsi musang , musangnya licah sudah lumayan jinak juga , umurnya sekitar 3bulanan . Tapi kenapa pas malem ini saya lihat satu kaki belakang dia pincang . Aduh dok saya bingung mesti ngapain?

    ReplyDelete
  18. Dok saya baru kemarin adopsi musang , musangnya licah sudah lumayan jinak juga , umurnya sekitar 3bulanan . Tapi kenapa pas malem ini saya lihat satu kaki belakang dia pincang . Aduh dok saya bingung mesti ngapain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah jatuh? atau insiden lain?
      biasa dikasih makan apa?

      coba kasih sari kurma buat menambah daya tahan tubuhnya, dan kasih asupan kalsium. mas bisa kasih repcal, bubuk kalsium yang biasanya buat ular/reptil.

      kalau nggak ada repcal, bisa mas kasih bubur bayi promina campur sari kurma...

      Delete
  19. kedua kaki belakang musang saya pincang/ lemas tidak bisa di gerakan , gara2 tulang punggung di gigit sama yang birahi , cara mengatasi nya gimana ya ? Ga tega ngeliat nya

    ReplyDelete
  20. Masalah kakinya udah sembuh sendirinya dok , keliatannya sekarang sehat banget dok ,tapi nafsu makannya berkurang . Si kyuubi biasa saya kasih makan pisang sama pepaya , pernah saya coba bubur sun pake sari kurma tapi gak dimakan dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyuubi umurnya berapa?
      kalau udah lebih dari 3 atau 4 bulan, bisa dipuasakan. lengkapnya silakan baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja...

      biasa dikasih makan apa mas? kayaknya sih kemaren kakinya karena kurang asupan kalsium..

      Delete
  21. Kyuubi sekitar tiga bulanan lebih dok, biasanya dikasih makan pisang sama pepaya lahap dok ,tapi beberapa hari ini makannya cuma sepotong doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih sari kurma aja dlu... :)
      fesesnya normal kan?

      Delete
  22. Udah saya coba larutkan di minumnya terus dicampur bubur promina,tapi gak dimakan dok.belakangan ini kan si kyuubi makannya sehari cuma pisang beberapa potong doang ,jadi fasesnya sedikit tapi warnanya hampir sama kaya yang dia makan dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau fesesnya sama dengan apa yang dia makan, terutama warnanya, bisa dikatakan sehat... seenggaknya dari sistem pencernaannya sehat...

      selain itu sehat, mas?

      Delete
  23. Sehat dok . Tapi apa gak bermasalah tuh dok kalo seharian makannya cuma beberapa potong pisang aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2.
      atau mas bisa kasih sari kurma buat menambah nafsu makannya...

      maaf baru saya balas.. saya sakit 2 hari ini.. :(

      Delete
  24. Iyaa dok makasih yaa. Sehat terus deh buat dokter :)

    ReplyDelete
  25. Dok saya baru saja mengikuti saran dokter untuk memberikan repcal ke bonbon musang jantan saya. Tapi emg harus dipaksa ya?

    Dulu Bonbon pernah keracunan, terus dikasih air kelapa ijo terus menerus 2 hari sembuh. Tapi jadi lemas. Sejak itu berdirinya jadi ringkih, nggak tegak seperti sebelumnya.

    Hari ini saya beli repcal dan emg harus dipaksa ngasihnya. Saya sendiri nggak tau pasti apa penyebab dia jadi begini, saya kira normal karena dia termasuk mini untuk usia 7 bulan. Tp saya baru sadar setelah lihat foto-foto ketika saya adop di usia 3 bulan dia berdirinya tegak.

    Mohon sarannya ya dok. Ohya repcal itu benar yang seperti pelet ikan kan ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan karena pengaruh keracunannya dulu?
      maaf sebelumnya, ini mas yang tadi pagi chatting sama saya bukan? kalau bukan, silakan chat dengan saya ya mas.... saya tunggu... :)

      Delete
  26. Dok musang saya digigit musang jantan semi jinak sampai bengkak badannya.. bagaimana solusinya dok? Dikasih obat apa apa dok biar gak bengkak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada lukanya nggak mas? kalau ada lukanya, agar lukanya cepet sembuh, kasih buah2an aja buat musangnya. jangan dikasih makanan mengandung protein dulu. terus buat lukanya, kasih betadine aja. basahin kapas, terus totol2 ke lukanya...

      kalau gak luka (cuma bengkak doang), coba kasih minyak urut aja, mas...

      Delete
  27. Bu dokter saya baru beli anak musang umur 2bulan kayanya, baru numbuh gigi..
    Pas saya cek di rumah ko jalan si musang nya pincang, kaki depan yang kiri..
    Gimana ya saya nanganinya, pake minyak kah atau kurang calcium?
    Trus kalo gak sembuh2 selama 2minggu, walaupun saya melakukan pijatan pada musang saya pake minyak selama 2minggu berturut2 tida sembuh, harus di bawa ke dokter hewan? Kira2 biaya'nya berapa bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending gini aja. silakan baca artikel saya ramuan kesehatan pada musang. berikan ramuan itu ke musangnya. biasa dikasih makan apa? bubur bayi? coba kasih sari kurma ke bubur bayinya....
      jangan telat kasih makan.

      lakukan apa yang saya sarankan selama seminggu sambil terus diliat perkembangannya... :)

      Delete
  28. Ass dokter. Mau tanya penangan nya musang saya hbs di gigit musang lain skrg kakinya bengkak dan basah tp klo jalan kadang normal kadang di angkat. Gimana cara penangan an nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada lukanya?
      jangan dikasih makanan lain selain buah-buahan. itu yang pertama. . kedua, mas coba beli amoxicillin 500mg di apotik, potong jadi 5 bagian sama besar, ambil satu bagian, tumbuk hingga halus, kasih 5 sendok makan air, terus minumkan ke musangnya sehari sekali.

      Delete
  29. Ass dokter. Mau tanya penangan nya musang saya hbs di gigit musang lain skrg kakinya bengkak dan basah tp klo jalan kadang normal kadang di angkat. Gimana cara penangan an nya

    ReplyDelete
  30. Dok, saya mau tanya.. Saya punya musang pandan.
    Muspan saya ini kaki kiri depan bengkak dan bulu di bagian paha kaki kiri depan dekat leher nya terkelupas sampai kelihatan dagingnya.. Penyebabnya apa ya dok? Solusinya gmana dok?

    ReplyDelete
  31. Halo dokter .. muspan ku sekarang jadi gak aktif lagi beberapa hari ini tidur terus seharian makan pun kalau gak di bangunin dia gak bakalan makan.. kaki belakang nya jalan nya agak aneh .. saya sih curiga kalau kakinya terkilir tapi waktu saya pijat kakinya dia gak marah .. kira kira membahayakan gak ya dokter .. hari senin mau saya bawa ke dokter hewan sih tapi takut kelamaan nanti kenapa kenapa lagi musang nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      biasanya mas kasih makan apa? fesesnya gimana? kalau fesesnya normal, kemungkinan kurang kalsium. coba minimal seminggu sekali kasih kepala ayam rebus yang dicacah halus sama tulangnya, biar ada asupan kalsium dari situ....

      kasih makan bua2h juga... kayak pisang dan pepaya...

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Fases nya warna hitam kadang juga warna hijau ada air ny gitu .. sekarang dia jadi galak dok di panggil namanya aja dia marah gak mau di pegang .. kenapa ya dok .. apa dia stres garagara sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan terus langkah2 penjinakkan. dan jangan takut karena kalau mbaknya takut, dia pasti bakalan susah jinaknya. musang selalu tahu kalau kita takut... :)

      lakukan apa yang saya sarankan di komentar sebelumnya... :)

      Delete
  34. Fases nya warna hitam kadang juga warna hijau ada air ny gitu .. sekarang dia jadi galak dok di panggil namanya aja dia marah gak mau di pegang .. kenapa ya dok .. apa dia stres garagara sakit

    ReplyDelete
  35. Dok musang saya kakinya ada jendolan kaya bernanah gitu dok, itu kenapa yaaa ? Bisa sembuh gaa kira kira dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti infeksi...
      jangan dikasih makanan yang mengandung protein dulu, mas. kasih buah aja.
      lakukan selama seminggu ini ya mas. inget, kasih buah aja.

      kalau mas pecahin aja gimana? bahaya gak?

      bisa kirim gambarnya kemari? upload aja ke postimage.org, terus linknya kasih kemari. kasih kabar lagi ya mas

      Delete
  36. Dok saya nao tanya cara menyembukan anak musang yg picang jala nya ngesot kepala nya kebawa ke lantai sambil jalan itu keseleo atau apa ya dok soalnya aga sedikit bengkak di tangan nya.. Minta solusinya dok saya bingung harus ngapain lagi apa harus di bawa ke dokter hewan dok?? Terimah kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang, kasih obat yang saya tulis di artikel ini.
      sama musangnya JANGAN dikasih susu. STop susunya. cukup kasih bubur bayi aja sebagai makanannya.

      Delete
  37. Oke dok saya baca dlu di artikel dokter. Terimah kasih atas balasanya :)

    ReplyDelete
  38. Oya dok apakah bakal sembuh klo pake kurma tahnik ???
    Dan cara pake nya di campur makanan nya atau hanya di oleskan pada kaki nya ya dok..
    Dan sebaiknya di urut lengan tangan nya atau tidak usah ya dok, kadang dia sehat bisa jalan dan lompat2 klo di kasur suka percanda sma saya tapi besok begitu lagi pincang dan jalan nya kepala nya dia bawa kaya nahan rasa sakit pada tangan nya minta solusinya lagi dokk??
    Terimahkasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang udah saya kasih tau cara pakenya. yang pasti bukan dioles.
      gak usah diurut juga. :)

      Delete
  39. Satu tets Kurma tahnik nya di sumpelin di mulut nya langsung atau di campur ke makanan nya dok atau minum nya.. Secara kan kurma tahnik buat gigi baby dok yg baru lahir??

    ReplyDelete
  40. Dok saya cuman mao kabarin musang saya sudah meninggal dok tadi mlm kejang" kaku itu knpa ya dok padahal ngasi makan nya rutin , kandang nya selalu di bersihkan hampir 2x sehari tlong info nya dok itu bisa knpa ya seblum dia sekaratul maut badan nya kaku sekaku sekali apa lagi mulut nya dok terimah kasih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut sedih, mas... :(
      yang pasti, ini buat pelajaran aja. jangan kasih susu buat musang. kayaknya sih musang mas masalahnya di sistem pencernaan.....
      makanan terbaik buat musang udah ada artikelnya. kalau masih anakan, bisa kasih bubur bayi, dan seminggu sekali kasih buah....

      yang sabar ya mas

      Delete
  41. Jangankan dokter saya aja sampai nagis pas ajak nya menjemput dia :'(
    Ow pantes saja kaya nya dia susah bab nya dok tapi si kata nyokap saya dia kedinginan dok soalnya di kain dia buat tidur banyak sekali air kencing nya dok jadi basah sebagian tubunya.. Yah mungkin karna kedinginan ya dok soalnya suka saya tinggak kerja jadi dirumah kosong ga ada orng dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya. bisa jadi karena kedinginan juga, mas. emang rentan banget sama suhu dingin kalo anakan musang....

      maaf karena baru balas. tetep semangat!

      Delete
  42. Musang say klw berjln kakiny jg dseret dok. Bhkan smpek luka in sdh trjd hmpr 2mingguan...
    Mw ksh susu ssuai sran dokter musang saya tdak mw.. jd mhn informsinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lukanya parah nggak? berdarah?
      emang kenapa tadinya, kenapa sampe kakinya diseret gitu?

      kalau lukanya berdarah, mending jangan dikasih makanan lain selain buah2an. biar lukanya cepet sembuh. terus lukanya kasih betadine... kabari lagi... :)

      Delete
    2. Jd tu awalny kracunan susu dok.
      Trus sya bw kdoktr hewan alhamdulillah smbuh. Cmn kakinya tu yg jdinya kseret. Seandainya gk kseret mungkn gk baklan luka dok.soalnya lukanya lmayan parah tp gk berdarah. Jd gmn dok agar gk dsert lg kakinya. Soalny repcal gk ad ddaerh sya.

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas.
      coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang. kasih 2 hari sekali.

      kabari lagi

      Delete
    4. bagaimana yaa, saya ada musang, leher nyaa patah, tapi masih hidup, apa yang harus saya buat

      Delete
    5. mending segera bawa ke dokter hewan terdekat, mas.

      mas tahu darimana lehernya patah?
      dia jatuh atau gimana?

      karena kadang ada penyakit yang bikin musang jadi gak bisa angkat kepalanya gitu.

      umur musangnya berapa?

      Delete
  43. Dok muspan saya tadi sore saya bawa jalan2 naik motor pas lagi jalan tiba2 dia loncat ke depan motor trus masuk kena ban motor hampir kelindes beruntung saya cepet berhenti, pas itu langsung saya bawa pulang, samoe di rumah saya lihat kaki depan kanan nya semper gitu dok, takut nya dia patah tulang doang, saran nya gmna ya dok saya takut dia mati :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduuuh, kasian.... sekarang gimana mas keadaan musangnya?
      maafkan saya karena baru balas....

      mending bawa ke dokter hewan terdekat aja mas... :(

      Delete
    2. Alhamdulillah dok muspan saya sudah sembuh ternyata engga patah cuma keseleo aja, saya rawatin sepenuh hati alhamdulillah dia sembuh juga, tapi sekarang dia sering kagetan dok udah gitu sering banget hissing dan strike, jadi galak banget udh kaya sama owner baru

      Delete
    3. Alhamdulillah dok muspan saya sudah sembuh ternyata engga patah cuma keseleo aja, saya rawatin sepenuh hati alhamdulillah dia sembuh juga, tapi sekarang dia sering kagetan dok udah gitu sering banget hissing dan strike, jadi galak banget udh kaya sama owner baru

      Delete
    4. lanjut aja perawatannya. mungkin dia masih stress gara2 jatuh kemaren. wajar kok...
      sering2 dikasih makan dengan cara disuapi aja mas. kasih potongan buah, sodorin ke mulutnya pake tangan...

      feses oke? nafsu makan?

      Delete
    5. Musang saya kabur dok :'( kandang nya abis di jebol sama dia :'(

      Delete
    6. kok bisa mas? :(
      sabar ya....

      nggak balik lagi?

      Delete
  44. dok.. kaki musang saya yang depan kok gak full napak ya dok? dia kadang2 gemetar dan jalannya nunduk.. musang saya tapi aktif dok.. makan pun lahab.. kira2 knp ya dok? tiba2 aja begitu.. waktu itu saya ajak naik motor mau gathring.. pas sampai tempat gathring g lama spt itu

    ReplyDelete
  45. dok.. kaki musang saya yang depan kok gak full napak ya dok? dia kadang2 gemetar dan jalannya nunduk.. musang saya tapi aktif dok.. makan pun lahab.. kira2 knp ya dok? tiba2 aja begitu.. waktu itu saya ajak naik motor mau gathring.. pas sampai tempat gathring g lama spt itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bayi ya?
      biasa dikasih makan apa?

      coba makanannya kasih bubur bayi promina, terus pagi dan sore kasih sari kurma tetes tahniq.

      Delete
  46. Dok, musang saya tibatiba kok gabisa jalan ya ? kaki belakangnya serta ekor gabisa bergerak aliat lemah. pas dipegang itu dia gabalik respon sakit ataupun yang lain. gabisa berdiri tegak musang saya dok. padahal sorenya masih bisa berdiri mutar mutar, eh pas isya malah tengkurep aja :( saya sedih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya tulis artikelnya, cara mengobati musang lumpuh dan artikel cara mengobati bayi musang berjalan mundur...

      Delete
  47. Dok,kaki musang saya pincang kemungkinan sih jatoh, nahh pass saya bedakan engsel tulang pada kakiny itu besar sebelah pada yg sakit ketika saya urut jgo mengerang kesaktan,trs jg dia jalan kakiny diseret, apa mungkin kakiny patah y? Umurny 2bln lebih dkit dok,tolong si respon mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takutnya sih disposisi tulangnya, mas.
      mending segera bawa ke dokter hewan terdekat atau ke rumah sakit hewan....

      Delete
  48. Kira2 bakal normal gak jalanny klo telat ngobatin? Soalny biaya ke drh dah pasti gede blom ada duit klo mau bawa ke drh mbak,syukur2 dpet solusiny selain ke drh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting, konsul langsung aja mas. cuma konsultasi aja.

      atau mas bisa kasih sari kurma aja ke musangnya...

      sekarang gimana musangnya, mas?

      Delete
  49. Kondisiny sih agak mendingan walau masih pincang, cuma tulang engselny msih besar sebelah okelah ntar tak coba konsul sklian konsul soal mkanny,soalny musangny gamau mkan klongk dicekokin, pdhal udh mau 3bln

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending konsul aja.
      soal dia gak mau makan sendiri, bisa mas taro aja makanannya di kandang. biarin aja.

      Delete
  50. Dok musang saya tadi susah jalan kaki nyah tapi jalan mah normal saat di tekan dia ngamuk musang sayah umur 3 bulan di obati minyak tawon malah susah,lgh mana caraknyah dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang mas takut handlingnya, ya bawa ke dokter hewan aja mas. pernah jatuh musangnya?

      Delete
  51. Dok, mau tanya. Saya punya musang yg udh lama lumpuh sejak ditemukan, dia cuma saya kasi makan pisan, pepaya sama susu. Sekarang kakinya yg sakit itu ada belatungnya. Apa ya yg bisa saya lakukan untuk mengatasi itu. Saya kasian tapi saya ga tau mau apakan dia😢

    ReplyDelete
  52. Misi dok mau nanya musang saya tiba" jadi lumpuh,awalnya lompat dri bangku dan seketika langsung lumpuh,seling beberapa hari saya liat dya gigitin kakinya sampai luka bisa di bilang parah sampai kuku kakinya lepas/coplot dan perutnya pun membengkak,sampai saat ini saya cuma urut bagian perut dan kaki,untuk lebihnya luka pada jari kaki yg menghilangkan kuku jari dya saya perban biasa,tiap hari saya mandiin setelah mandi saya cuma bersihkan pakai alkohol murni kemudian betadine cina dan saya perban




    Saya mau nanya untuk metode pengobatannya lebih baik kedepan seperti apa???

    ReplyDelete
  53. Dock musang saya umur 7 bulan tpi jalan nya masih ngesot saya kira karna umurnya masih muda saat saya amati trus ternyata kaki depanya gx mau grak sama skali dock tlong solusinya

    ReplyDelete
  54. Dok gmn ya kaki musang saya patah yang kaki blakang kiri itu slalu saya urut pake mnyak tawon, kira² itu bisa kembali lagi gak jalan nya dok apa jadi lumpuh.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.