Istilah Dalam Memelihara Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa

istilah dalam memelihara sugar glider

Istilah tersebut umumnya mengacu pada usia sugar glider, perlengkapan, penyakit, dan lain sebagainya. Para peternak sugar glider hendaknya tahu arti atas istilah-istilah dalam pemeliharaan sugar glider tersebut.
Istilah Dalam Memelihara Sugar Glider
Image taken from nhsugargliders.com
Dan berikut adalah istilah-istilah dalam dunia sugar glider:
  • Joey
  • Istilah joey dalam memelihara sugar glider mengacu pada sugar glider yang masih berusia bayi atau anakan. Sugar glider disebut berusia joey jika ia belum menginjak usia 3 bulan.
  • Crabbing
  •  
    Crabbing adalah sebutan untuk suara sugar glider jika ia merasa terancam atau ketakutan. Meski memakai kata "crab", crabbing tidak ada hubungannya dengan "suara seperti kepiting" seperti disebutkan di blog JKT92 ini karena sampe kiamat pun kepiting tidak mengeluarkan suara. :D
  • Barking
  •  
    Istilah dalam memelihara sugar glider selanjutnya adalah barking. Barking (inggris: menggong-gong) adalah suara yang dikeluarkan oleh sugar glider jika ia merasa nyaman atau ingin mendapatkan perhatian sesama sugar glider atau pemiliknya.
  • IP (in pouch)
  • Istilah dalam memelihara sugar glider berikutnya adalah IP. IP atau in pouch adalah masa dimana joey (anak sugar glider) masih berada di dalam kantung induknya setelah dilahirkan. Seperti yang telah saya sampaikan di artikel siklus hidup sugar glider, setelah dilahirkan bayi sugar glider akan berjalan ke kantung induknya dan tinggal di sana sampai saat ia independent (tidak lagi menyusui ke induknya). Selengkapnya tentang fase kehidupan sugar glider bisa anda baca di artikel siklus hidup sugar glider.
  • OoP (out of pouch)
  • Istilah dalam memelihara sugar glider yang selanjutnya adalah OoP. OoP atau out of pouch adalah saat dimana joey sudah tidak lagi berada di dalam kantung induknya, meski kadang joey masih sesekali masuk ke dalam kantung induknya untuk menyusui. OoP adalah kondisi dimana joey setengah independent dan hampir siap untuk dipisahkan dengan induknya untuk menempati kandang baru. Anda bisa membaca selengkapnya mengenai fase OoP di artikel siklus hidup sugar glider.
  • Independent
  • Istilah dalam memelihara sugar glider selanjutnya adalah independent. Independent adalah sebutan bagi sugar glider yang sudah tidak lagi menyusui dan sudah siap dipisahkan dari induknya sampai pada tahap dimana sugar glider tersebut sudah siap kawin.
Demikian adalah beberapa

istilah dalam memelihara sugar glider

Semoga artikel diatas bisa menjadi acuan dalam memelihara sugar glider. Kritik, saran, serta komentar bisa anda tulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS).

10 Responses to "Istilah Dalam Memelihara Sugar Glider"

  1. Dok, kenapa sg saya kalau di sleeping pouch dan travel pouchnya seringkali crabbing? tapi kalau di handle anteng lagi. Padahal sg saya sering saya handle

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. gak apa2.
      penyebabnya, mungkin cuma dia dan Tuhan yang tau, hehehe. sg emang suka crabbing tanpa sebab. apalagi kalo travel pouchnya misalnya lagi kita bawa, dan agak terguncang2....

      Delete
    2. Tempat ternyaman itu bos mangkaya crabbing. Jadi kaya ngedumel gaggu aja lu wkwkwk

      Delete
  2. Dok mo nanya nih
    Apakah barking bisa diartikan juga kalo sg udah siap kawin? Soalnya ada artikel yang mengatakan begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. barking gak ada hubungannya sama kesiapan kawin sg, mas.

      artikel mana mas? :)

      Delete
  3. Dok..
    Apa resiko membeli sugar glider yg lgi IP ??

    ReplyDelete
  4. Dok, sg betah di dalam pouch itu berapa lama ya? Trus kalau urus pengiriman untuk keluar kota dgn pesawat, prosedurnya gimana ya dok? (barangkali tau:D)

    ReplyDelete
  5. Numpang Promosi ya Min ,,
    Join yuk di EDEN POKER...
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R (.) X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10%
    Contact Person :
    WA : +85578633569
    LINK : edenpoker.xyz

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.