Memelihara Celepuk Yang Masih Bayi | Drh. Fira Sovica

Dibutuhkan perhatian ekstra untuk

memelihara celepuk baby

yang masih bulu jarum. Merawat celepuk yang belum tumbuh bulu atau yang masih bulu kapas memang agak sedikit berbeda dengan memelihara celepuk dewasa yang pernah saya bahas di artikel cara merawat burung hantu celepuk.
Memelihara Celepuk Yang Masih Bayi
Image taken from kaskus.co.id
Ada beberapa syarat dan cara memelihara celepuk baby. Artikel ini saya fokuskan untuk celepuk yang belum tumbuh bulu samasekali atau masih bulu kapas awal (belum terlalu banyak bulu kapasnya), sedangkan untuk burung hantu celepuk berusia bulu kapas akhir (bulu kapas mulai terganti dengan bulu dewasa), anda bisa membaca artikel cara memelihara celepuk dewasa.
Dan berikut adalah cara memelihara celepuk yang masih bayi:
  1. Tempatkan burung hantu celepuk baby di ruangan tertutup bersuhu ruangan normal. Untuk itu, jangan sesekali menaruh burung hantu yang masih baby (bulu jarum) di luar ruangan baik siang hari maupun malam.
  2. Jaga agar suhu ruangan tempat merawat burung hantu baby tersebut selalu stabil, tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin. Jaga agar suhu ruangan tetap hangat, terutama jika burung hantu celepuk peliharaan anda belum tumbuh bulu (bulu jarum).
  3. Beri makan setiap 4 atau 5 jam sekali.
  4. Makanan burung hantu celepuk bulu jarum adalah jangkrik berukuran kecil. Untuk menjaga agar insting berburunya mulai tumbuh, anda juga bisa meneteskan sedikit darah tikus putih ke paruh burung hantu anda, sekitar satu atau dua tetes. Hal ini untuk menjaga agar insting berburu burung hantu tetap ada hingga tidak membuat burung hantu anda manja. Seperti yang telah saya ungkap di artikel syarat memelihara burung hantu, tugas tersulit bagi seorang owner burung hantu adalah menjaga agar insting berburu burung hantu anda tetap ada hingga jika suatu saat anda tak mampu memeliharanya kembali, anda bisa dengan tenang me-release-nya ke alam. Selain itu, tugas terberat sebagai owner burung hantu adalah menjaga kepercayaan burung hantu peliharaan anda. Jika si burung hantu sudah sepenuhnya percaya kepada anda, anda bebas untuk melepaskannya ke luar rumah jika malam hari agar dia bisa berburu sendiri di alam, dan dia akan pulang sendiri ke perchnya saat pagi menjelang. Seperti itulah si Errol, burung hantu peliharaan saya.
  5. Beri minyak ikan dua kali sebulan (minggu pertama dan ketiga).
  6. Pemberian minyak ikan pada anakan burung hantu celepuk adalah agar bulu burung hantu bisa tumbuh dengan sempurna dan merangsang tumbuhnya bulu. Sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan minyak ikan. Pemberian minyak ikan kepada burung hantu yang masih baby malah akan membuat kesehatan anakan burung hantu terganggu.
  7. Lakukan tiga poin memelihara burung hantu baby yang masih bulu jarum di atas dengan terus menerus selama beberapa bulan hingga bulu kapas akhirnya tumbuh menggantikan bulu jarum.
  8. Setelah beberapa bulan dan semua bulu jarum tergantikan dengan bulu kapas, maka anda bisa melanjutkan memelihara burung hantu dengan membaca cara memelihara burung hantu celepuk.
Demikian adalah

cara memelihara celepuk yang masih bulu jarum

. Semoga artikel singkat diatas bisa membantu anda dalam memelihara baby celepuk. Terima kasih. (FS)

312 Responses to "Memelihara Celepuk Yang Masih Bayi"

  1. Dok mnta saran ny donk..
    Sy kn rencana pngn adopt burhan.. Nah bli nya tuh d luar kota .. Bsa amp 2jm prjalanan.. Yg baik bgmna y bawa burhan nya.. Klo itu burhan nya sy bwa masukin dus gmn..? Apa ga pp?
    Mhon saran nya..
    Mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake dua gak apa2, agak dibolongin dusnya. kalau bisa hindarkan dari guncangan. saya sih dlu pertama kali adopt si errol saya bawa ke tempat duduk saya pake dua besar. saya tempatkan di pangkuan saya biar dia gak terguncang2 di kabin....

      Delete
    2. Maaf sy baru on.
      Oh gt y dok...
      Mksh dok saran nya..
      Salam buat eroll.. :-)

      Delete
    3. iya, udah barusan dia salamin. kebetulan lagi di rumah karena ujan.

      Delete
    4. Ia dok.. Udh tpi kn d rumah lg ada daging sapi.. Saya ksh daging sapi aja... Mksd y biar insting y gak ilang gtu...

      Oh iya dok low suka bunyi tlok" dan.. Mangap" kitu knpa yh... Tpi mngap y mta y kadang trbuka kadang trtutup.. Itu tanda y knp yh dok???


      Mkksh

      Delete
  2. doc saya harus gimana untuk jagain suhu ..saya udah letak dalam kardus dan ditaruh dlm almari di kamar saya..ato harus sy taruh lampu yang ditaruh pada anakan puyuh dan ayam??

    ReplyDelete
    Replies
    1. taruh lampu saja. jangan terlalu dekat. kalau dia keliatan megap-megap berarti dia kepanasan/kehausan..... kalau sudah begitu, jauhkan lagi posisi lampunya agar dia tidak kepanasan... :)

      Delete
  3. Kalau buat pemula kyak saya bsa ga dok pelihara yg umurnya Chick / ga yg umur brp ya ? Trus masalah nya tak tinggal sekolah ,untuk makanya sebaiknya dikasih pada jam brp & jam brp ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang setengah bulu kapas saja. jadi yang masih ada bulu kapasnya di sebagian badannya.... :)
      kalau siang, burung hantu kebanyakan tidur. kasih makan pagi hari sebelum sekolah (agak banyak), beri minum juga. pulang sekolah kasih makan lagi. malam hari kasih lagi agak banyak... :)

      Delete
    2. Salam.. Dok. Fira saya mw konsultasi, burhan bisa dilepaskan tuk cari makan sndiri kira2 brp bulan ya sama kita? Salam tuk Errol dari Gredi n Grey.. :)

      Delete
    3. kalau untuk cari makan sendiri di alam seperti si errol, si burung hantu harus sudah 100% percaya kepada mas. artinya sudah lulus semua latihan burung hantu dan dia sudah menganggap rumah mas sebagai sarangnya..... butuh waktu bertahun2. si errol juga saya lepas liarkan kalau malam setelah dia melewati 3,5 tahun latihan. sekarang malah dia saya lepaskan saja di dalam rumah. kalau dia mau pup biasanya dia langsung terbang ke arah toilet. udah kayak "kucing terbang" pokoknya, hehehe.... cerita soal si errol bisa mas baca selengkapnya di cara menjinakkan burung hantu.....

      iya, errol tadi pas saya berangkat baru mau tidur di perchnya. semalaman dia ngambek karena ujan, jadi gak bisa keluar rumah. hahahaha.... salam buat gredi dan grey...

      Delete
  4. Iya Dok.. Oya kalau burhan dikasih jangkrik yang mati boleh nggak yaa? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak boleh mas. jangkrik yang sudah lama mati malah membawa bakteri bagi pencernaan burung hantu. kalau diberikan terus menerus malah membuat penyakit.
      emang kenapa mas mau ngasih jangkrik mati??

      Delete
  5. Nggak bukan seperti itu Dok.. Hanya saja Saya ingin tahu karena kalau Saya tidak tahu malah kmungkinan Saya kasih.. Emm.. Kalau emprit n tikus (mencit) apa harus msih hidup jg Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo emprit, jelas harus kita siangi dulu mas. dipotong, cabuti bulunya, kuliti, lalu dagingnya diberikan sedikit2 ke burung hantunya. mencit sebaiknya diberikan langsung, tapi dilukai dulu sedikit agar bau darahnya tercium..... :)

      Delete
  6. Ooh brarti kalau emprit harus d matiin dulu baru itu d jemur ya.. Kalau anak puyuh (doq) caranya sama seperti emprit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus dijemur. ngapain harus dijemur mas?? :)
      langsung saja berikan. untuk anakan puyuh, caranya sama seperti emprit.....

      makanan celepuk sebenarnya lebih cocok ke jangkrik, mas. lebih praktis pula. :)

      Delete
  7. Hhaha betul jg sih.. Tp td mksudnya di siangi gimana ya Dok.?

    Iya sih praktisan jangkrik.. Hanya pngin tw n lbh dalam mngenai makanan owl.. Kluarga Saya trutama bapak Saya suka bnget dngan hewan apalagi burung.. :) kalau pagi n siang d rumah Saya ramai dngan kicauan burung.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, ya ya ya. sekarang saya ngerti. Mas agak rancu dengan kata siangi ya?? hehehehe.... :D
      artinya "disiangi" itu dibersihkan dari bulu2 dan dikuliti, mas. mungkin kata "dibersihkan dari bulu dan dikuliti" lebih mas ketahui daripada disiangi, hehehehe.... maafkan saya... :D

      sama seperti keluarga saya. hanya kalau saya banyakan yang piara BOP (bird of prey, burung pemburu) kayak elang dll. hanya saya yang suka owl, yang lain rata2 alap-alap, gagak, dll... :)

      Delete
  8. Hahaaha iya btul kata "disiangi" itu yg msih mmbuat Saya bingung.. :D maklum newbie.. Hehe siapa tw jika berhasil merawat Grey n Gredi bisa ke Barn Owl supaya Errol ada temennya.. :D

    Wooww kereen.. Waah keluarga super nh Dok. Pencinta hewan smwnya.. sepertinya keluarga Dr. Fira Dokter smw ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. hehehe.
      yang dokter kebetulan kakek saja aja, yang laen pegawai kantoran semua. :D

      Delete
  9. Owalaah keturunan kakeknya nh jd dokter hewan. hehhe

    Oke Syukron Dokter Fira.. Kalau ada problem mngenai BurHan atau yg lainnya nanti Saya konsul lagi ya.. Hehe :)

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. misi Dok saya putu dari bali. saya baru adopt celepuk 2 minggu lalu dari pasar burung, waktu pertama saya dapat dia slalu defend klo dideketin. sekarang udah gx pasang posisi defend klo dideketin, tapi masih suka mau terbang klo ditaruh di tangan. saat saya kasi makan klo jarak makananya lebih dari 10 cm dia gx mau nyambar, harus dideketin baru dia mau nyambar ( kayak manja ) pa emang gitu y Dok? saya adopt udah bisa trbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas putu... salam kenal... :)
      mengenai defends tadi, mas bisa membaca artikel cara menjinakkan burung hantu, silakan mas search CARA MENJINAKKAN BURUNG HANTU di menu cari artikel di atas...

      kalo soal pemberian pakan tadi, mas bisa membaca artikel cara melatih burung hantu, search juga di menu cari artikel. kalau dalam jarak 10 senti dia gak mau nyambar, gak usah dipaksain dan gak usah dideketin pakannya. tinggalkan aja selama 5 menit, lalu pancing lagi dalam jarak 10 senti. jika tetep tidak mau menyambar pakannya, tinggalkan lagi selama 5 menit. terus seperti itu hingga ia mau menyambar pakannya. lengkapnya ada di artikel cara melatih burung hantu tadi.... :)

      salam dari errol, burung hantu saya. dia baru saja saya lepas buat cari makan sendiri... :)

      Delete
  12. salam kenal Dok & trima kasih atas saranya. artikelnya sangat membantu, pa lagi bagi saya yang pemula. salam balik buat errol moga sehat slalu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama2 mas...
      siapa nama burung hantunya? iya, errol manyun mulu karena ujan. dia gak bisa keluar kalau ujan, huehehehe...
      bali ujan?

      bisa konsultasi ke blog ini lagi kalau ada problem. saya minta tolong juga buat tambahin G+1 di artikel2 saya yang lain... salam... :)

      Delete
    2. namanya fuko Dok. bali ujan tapi gx deras cuma grimiz ja... kasian errol gx bs brburu... o ya cara bedain javan scoop sama javan owlet saat masih bayi gmna Dok?

      Delete
    3. javan owlet bagian atas kepalanya bulat sempurna, sementara celepuk ada sedikit bulu yang menyembul ke bagian atas (horned). mata celepuk juga berbeda dengan mata javan owlet.
      selengkapnya mas bisa baca artikel JENIS BURUNG HANTU DAN KESULITAN MEMELIHARANYA.... search aja... :)

      sama, jakarta juga gerimis...

      Delete
    4. klo fuko saya kasi katak boleh gx Dok?

      Delete
    5. lebih baik jangan.
      kasih aja jangkrik, kaki belakangnya potong dulu. :)

      Delete
    6. kalo belalang boleh gx dok? rumah saya deket sawah jadi gampang cari belalang

      Delete
    7. selain jangkrik, saya tidak menyarankan.
      bisa dicoba, tapi DO AT YOUR OWN RISK. :)

      Delete
    8. ok Dok, klo da masalah nanti saya kosultasi lagi.. :)

      Delete
    9. Selamat sore sok saya wahdini dari karawang saya punya baby celepuk bru tumbuh bulu jarum.. saya mau tanya sok soal darah tikus.. bisa gak yah sok d ganti gak sama tikus soal y saya takut bukan takut sih tapi geli low pegang tikus itu.. tolong saran y yah dok .. thk' slm buat errol dari kiko & kiky dok hehe

      Delete
    10. celepuk kan makanannya jangkrik. jadi saya sarankan mending jangkrik aja sebagai makanan sehari2. khusus buat chick, kasih jangkrik yang lebih kecil...

      bayi tikus yang masih merah bisa diberi seminggu sekali atau 2 minggu sekali. kalau geli, taruh aja deket owlnya... tinggalin, nanti dia makan sendiri...

      Delete
    11. Tdi saya coba ksih minyak ikan +daging ayam zegar trus feses y Ko jadi cream /ccoklat gtu yH.. knpa yah dok.. tp putih y mh ttp ada Ko.. dok.. tolong info y yah dok thks

      Delete
    12. mending stop minyak ikannya. dan kalau bisa, jangan dikasih daging ayam, mas. kan udah saya bilang, makanan utama celepuk itu jangkrik...

      Delete
  13. saya mau tanya Dok, apakah tingkat kecerdasan burung hantu berbeda-beda setiap jenisnya seperti tingkat kesulitan dalam memeliharanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecerdasan burung hantu relatif sama, hanya tingkat stressnya saja yang berbeda. sebenernya kalau kita tahu kunci cara menjinakkan burung hantu, gampang sekali untuk menjinakkannya mas. saya menggunakan metode imprint untuk menjinakkan si errol, makanya dia sekarang jinak dan bonding sama saya. ada hubungannya dengan meditasi sebenernya. selengkapnya bisa mas putu baca di artikel imprint pada burung hantu...

      Delete
    2. Dok saya mw tanya kira" di indo da owl jnis whiskered screech owl gak ya? Klo da, owl jnis whiskered screech owl apakah sama pemeliharaanya seperti celepuk?

      Delete
    3. whiskered screech owl kalau gak salah berasal dari genus megascops, agak lebih besar dari celepuk. dan setau saya, agak lebih susah dipelihara dibandingkan celepuk. habitatnya sendiri lebih banyak di benua amerika dan sekitarnya....

      Delete
    4. Jadi habitat asli mreka d bnua amerika y dok? Klo northern white faced owl d indo da gak kira" dok?

      Delete
    5. Dok mau tanya ko burung hantu saya nafsu mknnya jdi kurang knp ya? Gliran pupnya sendri mlah di makanin. Kertas juga dimakanin juga dok. Jnisnya celpuk mash bulu kaps dok.

      Delete
    6. kayaknya saya udah pernah bales komentar ini, hehehe...

      emang biasa dikasih makan apa mas?
      coba kasih pinkies atau bayi tikus biar insting berburunya tumbuh lagi...

      Delete
  14. Itu gmn caranya dok..kok si errol bisa terbang ke toilet klo mau pup? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibiasakan dia pup di atasnya. kalau dia pup sembarangan, pindahkan pakai alat serokan ke koran tempat pupnya sambil dibilangin kalau pup di sini aja... butuh waktu emang untuk dia bisa ngerti, tapi pasti bisa... :)

      Delete
  15. imprint untuk burung hantu tu kayak gimana Dok? saya search artikelnya cuma da imprint musang ja... salam buat errol

    ReplyDelete
    Replies
    1. prinsipnya sama seperti imprint kepada musang. kebetulan selain mendalami hewan secara fisik melalui ilmu kedokteran hewan, saya juga fokus ke sisi non-fisik dr hewan itu sendiri. selengkapnya mas putu bisa baca imprint pada musang....

      Delete
    2. mnurut Dok si fuko kira" umurnya brapa y? pa sudah memasuki masa mature?

      Delete
    3. silakan mas baca artikel ISTILAH DALAM MEMELIHARA BURUNG HANTU dan UMUR BURUNG HANTU... :)

      Delete
    4. Dok apakah diharuskan memberi tiput pada clepuk? soalnya di daerah saya sangat sulit mencari tiput

      Delete
    5. makanan utama burung hantu celepuk adalah jangkrik. gunting dulu kaki belakang jangkrik yang tajam agar tidak melukai.
      sesekali berikan bayi tikus putih, cukup satu atau dua minggu sekali. jika tidak ada, tidak usah diberi.... :)
      udah dikasih nama owlnya, mas putu? :)

      Delete
    6. nama owl saya "fuko" Dok. jika tidak di beri tiput pa insting berburunya akan hilang Dok?

      Delete
    7. begini aja. di bali ada yang jual sate daging sapi? kalau ada, mas putu bisa beli yang mentahnya. yang belum dibakar. beli aja satu atau dua tusuk, nanti berikan ke si fuko. cacah dulu dagingnya agar berukuran lebih kecil.... :)
      cukup diberikan satu atau dua miggu sekali saja. makanan tetapnya cukup jangkrik. jangan lupa latih juga ya mas. salam buat fuko... :)

      Delete
    8. klo sate sapi jarang Dok, klo bakso sapi banyak. bisa gak alternatif daging kambing/daging babi Dok soalnya saya sering menggunakan daging babi sbagi sarana upacara? fuko ru bisa JTTF ja itupun ru jrak 1 meter, salam buat si errol :)

      Delete
    9. lebih bagus daging sapi atau daging mencit. tapi kalau tidak ada keduanya, cukup jangkrik saja. asalkan sering dilatih, saya yakin dia akan tetap ada insting berburunya....
      kapan2 kalo ada waktu ke bali, saya kabarkan... :)

      Delete
    10. ok Dok saya tunggu kdatangannya k bali, o y klo untuk burung emprit gak bgitu susah nyarinya karena rumah saya dket prsawahan, apakah anak emprit di potong mnjadi titbit dlu sbelum saya kasi k fuko ato langsung dikasi utuh Dok?

      Delete
    11. yang diberikan ke burung hantu hanya dagingnya saja.
      jadi empritnya dpotong, dicabuti bulunya, dikuliti, tulangnya dibuang, lalu dagingnya dicacah hingga kecil, dan diberikan ke owl... :)

      Delete
    12. hy dok, lama sya gx nongol maklum sibuk renovasi rumah. clepuk sya si fuko dah 1 bulan gx pulang" dok, pa gara" sya renovasi rumah y dok? soalnya si fuko ngilang pas rumah saya di bongkar

      Delete
    13. mang biasa direlease mas? kenapa bisa lepas??
      kalau soal renovasi rumah sih sebenernya gak masalah kalau si fuko udah bonding ke kita.... mungkin karena fuko belum terlalu bonding juga, jadi dia bisa escape...

      Delete
    14. Mungkin, pdahal biasanya klo dia d lepas paling main" d skitar rumah & klo d panggil jg dia langsung balik, tp kyaknya emang blom bonding banget y karena saya baru mlihara dia 8 bulan. Brapa lama y dok waktu yg di prlukan agar owl kita bnar" bonding?

      Delete
    15. tergantung karakter owlnya, mas... paling cepet biasanya sekitar 3 bulanan. itu dah paling cepet dan hanya terjadi pada burung hantu yang emang berkarakter mudah bonding

      Delete
    16. Bgaimna tanda" owl yg udah bounding dok?

      Delete
    17. This comment has been removed by the author.

      Delete
    18. dia mulai tenang. gak mencoba melepaskan diri. kadang juga kalau dia liat kita, dia langsung terbang nyamperin kita. :)
      pada owl yang sudah benar2 bonding, kadang kalau kita ajak ngobrol, dia akan ngedip. dan kita, entah bagaimana caranya, tau pasti kalau owl kita ini ngerti apa yang kita omongin.
      pada tingkatan sudah benar2 erat bondingnya, dia akan bebas lepas ke alam, tapi akan pulang kembali ke rumah kita... :)

      Delete
    19. Klo d indo kira" da great horned gak dok?

      Delete
  16. Dok bisa minta pin bbnya supaya bisa share soal BOP dok.. Karena saya pecinta BOP..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk saat ini saya hanya membuka via blog ini aja mas... :)

      Delete
  17. Kalo gitu mau nanya dok.. Kaki celepuk aku luka bekas angkletnya yg kegesek.. Cara ngobatinnya gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. lepaskan angklettnya, basahi kapas dengan betadine, lalu usapkan ke lukanya. sementara jangan pakai angklett dulu hingga lukanya sembuh. taruh saja di kardus yang agak besar yang dilubangi di dindingnya.... :)

      Delete
    2. oke dok.. Dok ini celepuk aku yang umurnya juve awal dia matanya gak pernah terbuka trus kayak loyo.. Kira2 knp tuh dok??

      Delete
    3. dari awal beli emang begitu?
      harusnya mas baca dulu artikel ciri burung hantu yang sehat sebelum membeli burung hantu mas. silakan mas search ciri burung hantu sehat di menu cari artikel. :)

      ada banyak sebab kenapa burung hantu sering memejamkan mata. stress, penyakit, dan lain sebagainya. saran saya, bawa ke klinik hewan atau ke dokter hewan secepatnya... :)

      Delete
    4. Waktu pertama beli malah dia yang paling aktif.. Tapi mngkin lgi stress krn sring di pegang sama teman..

      Delete
    5. seminggu pertama harusnya jangan dimainkan dulu selain mas. 2 hari pertama di rumah, taruh di ruangan kosong dan sepi dulu biar dia adaptasi dengan lingkungan barunya sambil terus diberi makan... :)

      Delete
  18. Dok, mau tanya. Saya pernah pelihara celepuk yang saya beli ketika dia usia sekitar 2/3 bulan. Sejak beli saya kasi makan jangkrik. Sebulan setelah saya beli, burung hantu saya itu mendadak seperti lumpuh. Awalnya saya kira dia terluka, tapi lama kelamaan kelumpuhannya itu seperti menjalar ke seluruh tubuhnya hingga akhirnya dia mati.

    1.Kira-kira dia itu sakit apa ya dok? Apa smacam tetelo?
    2.Penyebabnya apa ya dok? Apa karena jangkrik yang saya berikan tidak sehat? pernah sih, ada jangkrik yang mati di tempat saya menyimpan jangkrik, lantas tetap saya berikan ke si celepuk. Apa jangkrik mati itu membawa virus/kuman ke si celepuk?
    3.Saya pernah baca blog, katanya harusnya celepuk diberi vaksin supaya tidak terkena penyakit seperti tetelo. Apa betul harus begitu dok? Kalau tidak, untuk pencegahannya sebaiknya apa yang harus saya lakukan?
    4. Kalau celepuk sudah terserang penyakit seperti yang sudah menewaskan celepuk saya itu, pengobatannya seperti apa dok?

    Terima kasih, maaf banyak pertanyaan. Saya ingin pelihara celepuk lagi tapi trauma dan merasa kurang berpengetahuan soal celepuk sehingga saya takut cuma akan bunuh celepuk lagi. Mohon petunjuknya, dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas pertanyaannya. saya akan coba jawab.
      1 & 2. saya tidak tahu apakah itu tetelo atau tidak, tapi feses (tahi) burung yang kena tetelo biasanya berwarna kehijauan. ada banyak sebab kenapa burung hantu bisa lumpuh, salahsatunya gejala tetelo.
      kebanyakan, kelumpuhan pada burung hantu biasanya terjadi karena bakteri. dari pertanyaan nomor 2 sepertinya memang itu penyebabnya mas. sebaiknya, jangan memberikan jangkrik yang sudah mati sebagai pakan burung hantu.
      3. iya. saya juga pernah bahas cara mencegah tetelo pada burung hantu. mas bisa search di bagian cari artikel.
      4. harus diketahui dari awal. kesehatan burung hantu biasanya bisa dilihat dari fesesnya. burung hantu yang sehat biasanya memiliki feses yang ada bagian putih, bagian hitam/coklat tua, dan bagian bening dengan jumlah yang relatif sama. kalau ada perubahan warna, tandanya ada yang salah atau ada penyakit. nanti akan saya buatkan artikelnya...

      sebenarnya gampang kok pelihara celepuk. asalkan makanannya masih hidup (jangkrik hidup, bukan yang sudah mati), rutin dikasih makan, menjaga kebersihan, sebenarnya celepuk bisa hidup lama dalam perawatan manusia...

      Delete
    2. Vaksin tersebut, apakah hanya untuk mencegah tetelo atau juga meningkatkan kekebalan tubuh si burung hantu terhadap penyakit-penyakit lain, dok?

      Delete
    3. vaksin tersebut hanya untuk menumbuhkan antibodi burung hantu agar bisa menangkal tetelo saja. tidak untuk tujuan yang lain... :)

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Mau tanya dong. Saya mau adopt celepuk masih bulu kapas, kira2 umur berapa ya? Setelah 12 jam adaptasi, apakah sudah bisa ditaruh tenggeran? Apa sudah harus pakai equipment? Apa mungkin terjadi equipment?

    ReplyDelete
  21. malam dok, mau tanya
    saya tadi brusan beli burhan jenis celepuk, sama orangnya biasa dtaruh kandang masi kecil kok dok tapi sudah bisa terbang, trus saya taruh di perc di dalam rumah tapi dia terbang terus gbisa diam, dia apa stres ? apa masih adaptasi apa gmana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masi bisa cari kardus yang agak besar (bekas TV atau bekas kulkas) lalu masukkan dia di dalam situ, biarkan selama 12 jam sambil terus dikasih makan.... setelah masa 12 jam, masukkan ke dalam ruangan tertutup... lanjutkan proses manning dan latihan... :)

      Delete
    2. sekarang dia sudah mau dtaruh di perc dok, juga sudah mau berjalan diatas tangan saya,
      rencana saya mau dilatih itu caranya gmana dok? saya sudah baca di artikel nya dokter.
      cara ngasih makannya gmana biar dia mau nuruuut ???

      Delete
    3. artkel cara melatih burung hantu ada kok. silakan baca aja.. :)

      Delete
    4. dok burhan saya kenapa merem teruss yaa

      Delete
    5. sakit atau stress.
      kemungkinan sakit. silakan mas cek artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya....

      Delete
  22. Dok sya mw tanya
    Knpa yaa anakan celpuk sya sering menguap dan kadang mengap-mengap gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya burung hantu mangap-mangap. cari aja di bagian cari artikel... :)

      Delete
  23. Dok mau konsul, cilepuk saya si milo bulu kapasnya udah mulai hilang, udah tahap akhir, dan udah bisa terbang, sebelum dia bisa terbang saya panggil namanya dia mau lari mendekat mau makan jangkrik yg saya berikan, tapi kok sekarang saya panggil namanya, dia ga mau deket ya, malahan terbang kesana kesini mau kabur, nafsu makannya juga berkurang, padahal dia lagi laper dok, apa gara" dia bisa terbang dan bulu kapasnya ilang dia jadi liar lagi dok ? Atau memang masa" pergantian bulu dia jadi begitu ?

    ReplyDelete
  24. Yth. Bu Dokter Fira, mau konsul dok, misal celepuk saya kasih Vit.B komplex (Merk IPI), apakah boleh ? trus kadar pemberian tabletnya gmn dok? satu minggu berapa kali? atau satu bulan berapa kali? Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tujuan apa celepuknya dikasih vit b compleks mas? :)
      dosisnya 1mg per gram berat badan aja. misalnya berat celepuknya 5gram, kasih sebanyak 5mg aja... :)

      Delete
    2. ya tujuannya sebatas imun tubuh dok, misal kalau bu dokter fira gak recomend, ya otomatis saya gak berani kasih Vit.B, makasih sarannya bu dokter, kapan-kapan saya konsul lagi :)

      Delete
    3. boleh aja asalkan tidak melebihi dari dosis yang disarankan.
      imbangi juga dengan pemberian makanan yang baik ya mas... :)

      Delete
    4. boleh aja asalkan tidak melebihi dari dosis yang disarankan.
      imbangi juga dengan pemberian makanan yang baik ya mas... :)

      Delete
    5. okey bu dokter, makasih sarannya. semoga sukses selalu bu dokter :)

      Delete
  25. Selamat malam bu dokter, saya ingin bertanya celepuk bulu kapas bolehkah dipelihara dengan di taruh di perchnya? Atau harus di kerdus yang dibolongi? Mulai kapan yaa celepuk bisa ditaruh di perch? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia sudah bisa bertengger di perch, bisa langsung ditaruh di perch tanpa dipakaikan equipt dulu. tujuannya dia tidak dipasangi equipt adalah agar dia lebih percaya dengan ownernya....

      Delete
    2. saya taruh perch tapi berdirinya kok kayak blm mantap gitu. jadinya dia hanya diam di satu spot aja. saya coba pindah ke kardus kok dia kayak separuh tiduran gitu ya? ada yang salah atau memang seperti itu?

      Delete
    3. kalau bulu kapas emang gitu. rajin2 kasih makan ya mas....
      kalau mau, taruh aja di dus dulu.... sesekali boleh ditaruh di tangkringan...

      jaga pola makan, pastikan makanan yang diberikan bersih. penyakit pada burung hantu muda biasanya disebabkan karena makanan yang kurang bersih... :)

      salam dari errol dan padma, burung hantu saya... :)

      Delete
    4. wah terimakasih dokter, jadi lebih tenang. Btw saya mbak bukan mas. Iya dok, makannya lahap kok. kotorannya juga normal. Cuma dia masih agak malu-malu dan defensif hehe

      Wah salam balik dari astro burung hantu saya. Terimakasih dok

      Delete
    5. wajar kalau masih defends. silakan baca2 artikel saya mengenai burung hantu di blog saya ini... :)

      Delete
  26. dok saya baru beli celepuk tdi pagi. umurnya masih bulu kapas awal. alhamdulillah makan lancar, sehat walafiat. sekarang saya taruh di kandang lumayan besar dok,soalnya takut jatuh klo di taruh di perch. itu gimana ya? saya barusan ngasih makan 5 ekor jangkrik dok. tapi tetep aja berisik. itu masih lapar atau hanya bunyi biasa? saya kalo beri makan selalu handfeed dok soalnya kalo ditaruh dideketnya jarang dimakan. apakah baik seperti itu dok? lebih baik ditaruh di perch atau tetap dikandangin? kalo diberi makan jam berapa aja? diberi berapa ekor sekali makan? kalau umur segini sudah bisa dilatih dok?
    Makasih dok...maaf tanyanya banyak.. salam buat errol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang dia udah bisa bertengger sendiri, lebih baik taruh di perch. jangan diikat, cukup taruh aja di ruangan kosong (gudang atau semacamnya). cara memberi makan sudah bagus, yaitu dengan cara dihandsfeed.
      kalau soal bunyi, malah bagus. silakan baca artikel saya kenapa burung hantu berbunyi terus.dberi makan bisa 4 - 7 kali sehari. kasih aja terus selama dia mencaplok makanannya. pastikan jangkriknya masih hidup saat diberikan, jangan memberikan jangkrik yang sudah mati. latihan bisa dimulai, tapi yang dasar2 aja. FOF aja dulu. cara melatih burung hantu bisa dibaca di blog saya ini.. :)

      Delete
    2. burung hantu saya sudah boleh dimandikan belum dok?..risih ngeliat ada kotoran yang nempel di bulunya hehe..
      kalo memberi minum itu lebih baik pakai sedotan atau wadah diisi air dok?..saya terus beri makan tpi ngga mau berhenti dok. celepuk saya bisa terbang pada umur berapa dok?
      makasih :)

      Delete
    3. gak usah dimandiin. cukup dilap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat. lalu lap dengan handuk kering... :)
      iya kalau cara minumnya seperti itu, bagus. kasih aja 3 hingga 6 kali pemberian minum.

      untuk burung hantu mulai terbang, bisa cek artikel siklus hidup burung hantu...

      Delete
  27. maaf dok saya mau tanya ni..sekitar 2 hari yg lalu saya di kirim elang bido sama sawdra saya..kata dia si dari alam langsung..saya bingung dok si bido saya gak mau makan terus galak lagi..apa masih bisa jinak tuh dok usianya mature dok..makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya sering merem?
      jelas kalau bido dewasa dan hasil tangkapan liar, jelas akan galak. dan agak susah dijinakkan. saya tidak bilang tidak bisa dijinakkan ya mas, hanya agak susah. jadi masih bisa dijinakkan asalkan masnya sabar... :)

      Delete
  28. Dok saya rncana adopt owl, kira-kira di indonesia da yg jual bayi great horned gak dok?

    ReplyDelete
  29. Dok klo yg bulu jarum umur sebulan gt kasi makannya kira2 brp ekor jangkrik ya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja sampe dia gak mau nyaplok lagi mas. sekitar 8 hingga 10 ekor, rata2 segitu....

      Delete
  30. Hi Dok, sya mau tanya nih dok knapa clepuk sya tidak suka diem di perch? dia malah suka d lantai, takutnya ntar da kucing yg mengintai. mkanya sya taruh dia d dlm kamar. gmna y cara agar dia betah di perchnya? trima ksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu pembiasaan, terutama kalau masih chick.
      bukan masalah besar sebenernya. yang penting owlnya sehat. kalau soal dia nangkring di perch atau dahan, secara insting dia akan bisa sendiri. asalkan instingnya dipertajam aja.. :)

      Delete
  31. Ok trimaksih atas saranya dok, celepuk sya emang baru blajar trbang dok kyaknya emang blom trbiasa. Salam buat si eroll dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. errol kemaren saya bawa ke palangkaraya. pulang dari sana, sakit. mungkin karena asap di palangkaraya yang pekat.

      ini bli putu yang di bali ya? sehat terus buat owlnya.. :)

      Delete
    2. Y dok sya yg dari bali, trus gmna skarang keadaan si errol dok?

      Delete
    3. Alhamdulilah, o y dok gmna sih cara kita ajak owl kita jalan"?

      Delete
    4. mas putu muslim? :D
      ajak aja jalan2. taruh di bahu kita. sekalian sosialisasi ke lingkungan sekitar agar tidak memburu burung hantu...

      Delete
    5. Sya hindu dok :D, klo prjalanan jauh gmna tuh caranya bawa dok? Misal kluar kota

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. jauhnya seberapa jauh, bli?
      kalau mau dibawa perjalanan jauh dan tidak terlalu jau, tempatkan aja di box kardus untuk sementara. sampai di tempat tujuam, kasih makan dan elus2 dia agar tenang... :)

      nanti mungkin saya buatkan artikelnya...

      Delete
    8. Ok dok, klo bop diurnal yg ukuranya kcil & mudah perawatanya apa y dok?

      Delete
    9. banyak. alap2 misalnya. ada kok yang ukuran kecil.
      soal mudah atau nggaknya, sebenernya balik lagi ke komitmen, mas. contohnya saya. saya adalah orang yang paling moody. kalau lagi semangat ama sesuatu, saya sampe gak tidur. tapi kalo udah males ama sesuatu itu, saya abaikan bener2...... makanya dulu saya ditentang habis2an waktu mau pelihara si errol.... tapi karena saya udah komitmen, ya pasti bisa kok... :)

      mau coba pelihara bop diurnal, mas? coba aja... :)

      Delete
    10. Iya dok rencana mw plihara bop diurnal biar bisa diajak main siang hari, klo alap2 prawatanya smakah sperti prawatan owl? Apakah dokter punya artikel tentang alap2? Klo da kata kuncinya pa?

      Delete
    11. Iya dok rencana mw plihara bop diurnal biar bisa diajak main siang hari, klo alap2 prawatanya smakah sperti prawatan owl? Apakah dokter punya artikel tentang alap2? Klo da kata kuncinya pa?

      Delete
    12. iya, ada artikelnya, di artikel cara memelihara burung alap-alap mas. diklik aja linknya... :)

      Delete
    13. Kira2 klo alap2 capung d indo da gak dok? Stelah sya dapat info dari google trnyata sbagian bsar bop diurnal yg da d indo itu dilindungi uu

      Delete
    14. ada kok alap2 capung.
      emang paling aman pelihara burung hantu aja mas. hehehe. bop diurnal egonya tinggi, dan gak secerdas burung hantu. hehehe....

      Delete
    15. Y nih dok kyaknya sya akan urungkan niat buat adopt bop diurnal, o y dok posisi celepuk saat tidur itu normalnya gmna sih dok? Fuko tidurnya kyak mengerami telor padahal dia d atas perch, pa itu normal dok? Atau dia lg sakit?

      Delete
    16. Y nih dok kyaknya sya akan urungkan niat buat adopt bop diurnal, o y dok posisi celepuk saat tidur itu normalnya gmna sih dok? Fuko tidurnya kyak mengerami telor padahal dia d atas perch, pa itu normal dok? Atau dia lg sakit?

      Delete
    17. Dok bisakah owl khususnya celepuk terbang soaring?

      Delete
    18. tidur seperti itu (sepertoi sedang mengeramo telur) normal kok...

      celepuk juga bisa diajari soaring.

      fuko sehat mas? coba infokan ke saya mengenai warna fesesnya ya.. :)

      Delete
    19. Warna fasesnya hitam melingkar kayak mie gosong+da sdikit warna putih & cairan bning

      Delete
    20. sehat itu. sering mas kasih minum? :)
      agak ditambah minumnya, takutnya dehidrasi. pakai air mineral kalau bisa. :)

      sehat terus..

      Delete
    21. Sya biasanya ksi air yg sudah d rebus dok. cuma si fuko gak prnah mandi dok, pa bisa dmandikan dengan spray sperti burung kicau dok?

      Delete
    22. Sya biasanya ksi air yg sudah d rebus dok. cuma si fuko gak prnah mandi dok, pa bisa dmandikan dengan spray sperti burung kicau dok?

      Delete
    23. bisa juga dimandikan dengan cara pakai spray, tp jangan terlalu basah dan jangan kena mukanya (disemprot dari punggungnya aja). setelah 5 atau 6x spray, mas lap pakai handuk kering, lalu spray lagi 6x, lalu lap lagi... kemudian jemur selama 10 menit dibawah sinar matahari pagi sebelum jam 9...

      gak apa2 air yang rebus. yang penting matang. :)

      sehat terus fuko

      Delete
    24. Trima ksih infonya dok, skarang fuko dah bisa mandi sndiri

      Delete
    25. Trima ksih infonya dok, skarang fuko dah bisa mandi sndiri

      Delete
    26. jaga kesehatan fuko ya mas.
      mulai pancaroba.. :)

      Delete
  32. Dok saya ada celepuk yang chick baru 2 hari di rmh namanya blue klo misalkan saya feed on fist tp saya angkat trus saya taruh di tangan jadi dia gk naik sendiri nanti dia akan terbiasa naik sendiri gk ya dok? Dia si ttp mau nyamber jangkrik klo di tangan. Sekian terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas udah deket ama dia, nanti bahkan dia terbang ke arah mas dan nemplok di bahu.. :)

      Delete
    2. Klo biar dia betah di pearch gmn ya dok? Td kan abis pulang sekolah baru dtg bow perchnya trus saya taroh dia di situ tdnya betah agak berapa lama. Tp nengok kanan kiri terus kayak perhatiin sekitar trus dia turun gk naik lg

      Delete
    3. emang perlu dibiasakan. biarin aja kayak gitu. sehari 3x lah, mas naikin ke perchnya. lalu kalau dia turun, lanjut lagi sore. lakukan lagi. kalau turun lagi, lakukan lagi malamnya... :)

      nanti dia akan terbiasa... :)

      Delete
    4. dok kalo masa proses pdkt sampe dia bener2 percaya sama saya dan mau jttf buat pertama kalinya kira2 makan waktu brp lama? dia udh seminggu di rmh cara maning nya juga saya iktin kata artikel dokter di sni dan juga sering. trus juga dia udh mulai bisa terbang walaupun jarak pendek. makan juga saya fof terus tp dia kok gk mau2 ya dok jttf setiap saya ksh liat jangkrik dia cuman ngeliatin sebentar trus dia noleh kanan kiri. padahal kalo saya taroh lantai dia mau ngejar tp jalan itu juga kadang2 mau kadang2 nggak sih ya sesuai mood nya dia. di tunggu jawabanya dok

      Delete
    5. sementara ini, ikutin aja maunya dia. kalau emang dia gak mau fof dan maunya dia makan sendiri, gak apa2 kasih makan aja deket kakinya (alias biarin dia makan sendiri)..

      kalau saya analisa sih bop/burung hantu mas instingnya kurang terasah. saran saya, kasih bayi tikus yang masih merah (pinkies) agar instingnya lebih tajam. kalau instingnya tajam dia biasanya mau FOF...

      kesehatannya gimana? baik? fesesnya? :)

      saya tunggu terus kabarnya ya mas... :)

      Delete
    6. bukan itu dok dia fof nya mau cman jttfnya gk mau. kesehatan si bisa di bilang sangat baik dok. dia juga bunyi terus tiap liat saya itu wajar nggak dok? apa dia takut ama saya jd bunyi terus?. fesesnya juga biasa aja. dia juga nyamperin saya akhir2 ini klo misalkan saya lg main komputer dia suka terbang nemplok di paha udh trus dia diem aja di situ. tp pas mau saya training nya itu gk mau2 dia. sama satu lg dok selain bayi tikus ada lg gk yg lain buat mengasah instingnya?

      Delete
    7. justru kalau dia bunyi terus, itu menandakan dia sehat. jaga terus kesehatannya. yang terpenting adalah pakannya. jangan telat kasih makan. :)

      kalau owlnya terbang ke arah mas dengan sendiri tapi dia gak mau/gak nurut saat dilatih, hmm, coba ajak ngobrol. dia lagi berusaha berkomunikasi dengan mas, tapi mungkin aura kalian belum cocok. coba baca artikel saya imprint pada burung hantu.

      selain bayi tikus? bisa kasih daging sapi segar, bukan yang bekuan dan bukan yang udah diawetkan. kalau ada pasar, dateng aja ke pasar, beli daging sapi yang masih segar, dikit aja. bilang aja buat makanan burung.

      opsi lain: mas bisa beli daging sapi di tukang sate. beli aja mentah. :)

      kabari saya terus.. :)

      Delete
    8. Oh gtu ya dok.ok deh nanti saya coba iktin saran dokter. Sama saya baru liat td agak deket dr sekolahan saya ada toko burung jual pakan buat bop juga ada jangkrik,kadal,kodok,sama puyuh klo tikus dia gk ada ktanya. nah yg mau saya tanya kalo saya ganti sama kadal atw puyuh gmn dok? Jd bukan bayi tikus atw daging sapi. Trus ada satu pertanyaan lagi rencananya saya mau nambah momongan yaitu barn owl nah kan di grup jual beli suka ada yg jual udh ber-skill kira2 klo pindah tangan ke saya apa skill nya langsung aktif ke saya atw butuh pdkt juga?. Trus kan kuku barn owl lbh tajam dr celepuk nah ada yang menyarankan di grup suruh pake sarung tangan las aja soalnya yg buat bop sampe 300 rb. Menurut dokter mending saya beli yg las atw yg emang khusus buat bop tp mahal?. Maap dok banyak nanya namanya juga anaka sekolah butuh ilmu hehehe

      Delete
    9. puyuh boleh, kalau kadang, hmm, boleh dikasih, namun lebih baik jangan. puyuh pun sebaiknya disiangi dulu. artikelnya, ada kok. puyuh sebagai makanan puyuh...

      barn owl itu lebih susah dipelihara dibanding celepuk. karena tingkat stressnya lebih tinggi juga. kalau mas yakin mampu dan punya banyak waktu buat mengurus, boleh2 aja sih... :)

      iya, kalau nanti adopt barn owl, tetap harus dikarantina dan pendekatan sama owlnya... kadang, malah auranya mas dan aura owlnya saling bertentangan, gak akur, makanya owl yang tadinya jinak, bisa aja jadi galak.... itu bisa aja terjadi... :)

      kalau menurut saya, gak usah beli glove (sarung tangan khusus burung hantu). gini aja: pake kain atau handuk bekas. lilit tangan mas pake kain atau handuk bekas itu.... saya sarankan sih pake kaus bekas pakai yang masih bau keringat, biar dia lebih kenal ama bau tubuh mas nantinya... :)

      gak apa2. saya malah seneng kok bisa bantu2. mas bisa nanya terus kalau emang ada yang bingung... :)

      Delete
    10. Oh jd gtu ya dok. Trus sama ini dok barn owl itu suaranya berisik kyk bwk nggak ya?. Trus antara barn owl,CG,kestrel yg paling gede tingkat stres nya yg mana ya? Trus yg paling cocok buat saya kira2 yg mana? Saya udh pernah melihara bwk udh smpet jinak tp krna di omelin ortu berisik tkut ganggu tetangga akhirnya di jual lg. Yg kedua skrg saya punya celepuk dan msh di keep jd gtu dok pengalaman saya sama bop. Kira2 yg cocok buat saya antara 3 bop tsb yg mana ya? Saya lg milih2 antara 3 bop tsb jd mau nanya2 dlu+cari2 artikel biar gk salah dalam perawatanya nanti

      Delete
    11. iya, barn owl rata2 emang berisik. kecuali kalau dia ubah bonding sama kita, udah nurut, mereka biasanya bisa tahu kalau suara mereka mengganggu tuannya. makanya meraka biasanya lebih anteng....

      saya dulu pernah diusir dari kosan saya karena si errol, yang waktu itu baru saya pelihara, berisik banget... :D

      soal tingkat stress antara barn owl,CG,kestrel, hmm, jujur saya kurang begitu tau karena saya fokus ke owlry, bukan falconry. tapi keluarga saya semuanya falconer semua, dan obrol punya obrol sih katanya kestrel lebih tinggi tingkat stressnya... CMIIW... :)

      oh gitu. saran saya, coba oriental bay owl. cocok kayaknya buat mas. kalo BOP, hmm, mending pelihara oriental bay owl dlu sebelum coba pelihara BOP... :) ada kok artikel cara memelihara oriental bay owl di blog ini... :)

      Delete
    12. oh gtu ya dok. tp oriental bukanya ukuranya sama kyk celepuk dok? saya mau nyari yang ukuranya lebih besar dari celepuk makanya saya pilih antara 3 itu kalo brown hawk owl gmn dok? apa ada artikelnya di sni?. sama tadi saya udh beli daging sapi dok kalo misalkan saya taroh kulkas gmn sisanya? kan gk mungkin saya langsung kasih semua apa dia masih doyan kalo udh dari kulkas?

      Delete
    13. kalau dagingnya abis dibekuin, didiamkan dulu di ruangan terbuka hingga nggak beku dan gak dingin lagi...

      bagusnya sih sekali beli-habis, sekali beli-habis, mas. mau praktis? pake bayi tikus aja.... :)

      selain obay dan agak lebih menantang dari celepuk dan obay, mas bisa coba barn owl... :)

      Delete
    14. Nah itu dia dok susah bener nyati pinkies rata2 yg udh remaja semua. Tp alhamdulillah dok udh ada perkembangan dia ealaupun baru mau jttf tp dia maunya tangan saya datar sama pearch nya dia gk mau lebih tinggi atau lebih rendah wajar kah dok klo baru pertama bgtu?. Iya saya sih udh niatin mau ke barn owl tp itu si erol bisa dok dr galak sampe berburu sendiri apa kira2 celepuk saya bisa bgtu ya dok? Trus kalo saya ngambil yg brancher kira2 dia udh bisa bunuh tikus sendiri blom ya? Kalo mesti di potongin saya agak geli dok

      Delete
    15. bisa kok. yang penting yakin, jangan ragu2 sedikitpun, jangan takut, dan latihan terus.... nantinya celepuk mas bisa berburu juga di alam, saya yakin 100%...

      menurut pendapat saya, kalian berdua masih kurang imprint. coba sering2 ajak ngobrol sambil liat matanya, dan yakin dia pasti ngerti apa yang mas omongin.... karena mereka pasti ngerti... cuma gak bisa jawabnya aja... :)


      silakan baca artikel saya imprint pada burung hantu....

      Delete
    16. skrg saya setiap pagi sambil di jemur sambil saya ajak ngobrol dok. dia nya ngeliatin saya sambil goyang2. trus ini dok kalo mau ngasih mencit ktanya harus di lukai dlu mksdnya di lukai itu di gorok lehernya apa gmn ya dok? saya udh beli mencit saya kasih di liatin doang sama dia. trus cara agar burung hantu mau mandi sendiri gmn ya dok? saya taroh di wadah yg ada airnya sedikit dia malah jalan2an doang trus diem di tengah abis itu terbang ke saya. sama rencananya saya jadi nih dok ngambil barn owl. kira2 kalo saya satukan di pearch bareng celepuk saya apa gpp dok? itu juga kondisi abis di karantina dlu. sama saya gk punya ruangan gelap tertutup seperti gudang dok adanya si di lantai 2 rmh saya yg jarang di tempati kecuali kalo orang tua saya mau tidur soalnya kamarnya di lantai 2. gmn solusinya dok buat mengkarantina? soalnya celepuk saya dlu gk pake karantina dan abis baca artikel di sni baru tau kalo di suruh karantina dlu. ayah saya juga sudah mulai suka sama owl dok skrg krna liat saya ngelelatih celepuk saya si ayuri kta dia "pinter juga sama peluit bisa nurut bgtu" ya kali aja dia bakal terjun ke di dunia owlry trus saya di beliin bubo deh haha soalnya itu owl keren bgt cman harganya nggak keren buat anak sekolahan

      sehat terus buat dokter dan erol salam dari ayuri

      Delete
    17. iya, mending kasih bayi tikus yang masih merah aja. biasanya dia bisa tuh makan sendiri kalau tikusnya masih bayi. kalau udah gede, emang kudu dilukai dulu agar darahnya keluar. kalau yang masih bayi merah, nggak usah...

      kalau soal mandi, emang perlu pembiasaan. biasanya dimandikan dengan cara gimana mas? disemprot2? silakan baca artikel saya cara memandikan burung hantu

      mau menyatukan dengan barn owl? bisa kok. namun selama 3 atau 6 jam awal2, mending diawasi. kalau salahsatu menyerang, mending pisahkan...

      karantina bagusnya sih di ruangan tertutup. agak susah juga kalau nggak ada ruangan kayak gini. bisa sih pake kardus yang agak besar kayak kardus bekas kulkas, tapi saya nggak bisa jamin.... caranya udah ada di artikel cara mengkarantina burung hantu...

      kasih saya kabar lagi ya mas. dan maaf baru dibales. sibuk sekali 2 hari ini. :(

      salam dari errol dan padma... :)

      Delete
    18. Iya dok gpp wajar kali namanya juga dokter pasti sibuk. Trus gmn ya dok buat mengkarantina nya? Kalo nggak di karantina nih dok apa bakal galak atw stres? Akhir2 ini si ayuri juga ada perkembangan mulai makin jauh fttf nya pdhl msh brancer tengah kyknya soalnya msh ada bulu yg ngembang cman dia udh bisa terbang soalnya ortu saya lg tugas di luar kota berhubung saya anak satu2nya dan gk ada orang tua saya bawa kemana mana deh si ayuri tidur bahkan ke wc aja saya taroh pundak wkwk. Oiya dok kalo kta dokter kan owl bisa ngerti kita ngomong apa bagaimana kalo falconry dok misalnya kestrel saya ajak ngomong apa ngerti juga trus bisa jadi imprint sama saya?

      Delete
    19. pake kardus besar aja (bekas kulkas), kasih tangkringan di dalamnya. cukup pastikan lingkungan di sekitarnya nggak berisik, itu aja sih... :)

      hahahaha. saya jadi inget dulu saya ama si errol juga sama. bahkan gak hanya ke kamar mandi, ke kampus juga saya bawa. habislah tuh si errol di unyel2 ama dosen saya, hahahaha...

      setau saya bop secara keseluruhan bisa ngerti omongan kita. iya, semuanya bisa. namun burung hantu biasanya lebih cepat ngertinya... kestrel bisa juga.. :)

      Delete
    20. kalo misalkan gk make kardus kulkas dok tp make hawkbox gmn? biar agak simple sedikit soalnya saya gk tai kardus kulkasnya ada dimana udh kebuang sih kyknya. satu lg nih dok kira2 kalo burhan mabung atw moulting itu brp lama ya? saya abis baca td dsni cara merawat burhan yg mabung tp gk ada waktunya sampe kapan

      Delete
    21. gini aja. mas punya kamar? kamarnya berisik gak? kalau kamarnya mas gak berisik, taruh aja di kamarnya mas. boleh ditaruh di hawkbox, lalu baru ditaruh di kamar masnya...

      soal moulting, silakan baca artikel saya cara merawat burung mabung

      Delete
    22. Oh ok2 dok sip kyknya udh abis nih dok pertanyaan saya. Thx ya dok udh mau jawab dr awal sampe akhir salam dari ayuri buat erol

      Delete
    23. sip, sip.
      kasih2 kabar lagi mas... :)

      salam balik dari errol dan padma...

      Delete
    24. Oiya dok ada pertanyaan ketinggalan nih. Kan kta dokter kalo mau di ksh puyuh di siangi dlu nah kalo saya kasih langsung gmn dok?

      Delete
    25. bagusnya sih disiangi dulu. meski kasih langsung juga kalau dia emang bisa makannya, nggak apa2. kalau mau dikasih langsung, kasih puyuh yang masih anakan, yang jarang bulunya... :)

      Delete
  33. dok knapa clepuk sya si fuko kok kyak takut klo d kasi tiput yang masih idup? dan knapa y si fuko jarang banget ngluarin bulu yg mirip telinga d kepalanya, hanya kluar saat da kucing lewat tapi klo anjing yg lewat bulunya tu gx kluar dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, fuko. :D
      seneng bisa denger kabar fuko lagi.

      fuko kayaknya lebih takut sama kucing daripada sama anjing, hihihi. wajar kok. si errol juga sama husky nggak suka, tapi sama kucing saya, si Anjing, malah takut... :D

      kalau dikasih bayi tikus yang masih merah gimana? mau? kasih aja bayi tikus yang masih merah... :)

      Delete
  34. Sorry dok baru sempet bales. yg anakn itu namanya doq bukan ya dok?. Trus perlu di lampuin nggak klo beli yg anakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap. bener.
      kalau beli dikit aja boleh? buat sekali makan aja. kalau toh mau beli agak banyak, boleh dilampuin.

      jangan kasih doq yang udah mati ya mas. kalau doqnya mati, buang. jangan dikasihin ke owlnya...

      Delete
    2. Ok sip dok. sekali lagi terima kasih

      Delete
    3. sama2. konsul aja kemari lagi. jangan sungkan2 kalau ada yang ingin ditanyakan... :)

      Delete
  35. Dok saya baru beli celepluk chick usia 1-2 bulanan makan lancar dok sehari bisa 9 jangkrik cuman saya bingungnya dari tadi bunyi mencicit terus dok apakah itu hal yang normal?? dari tadi selang seling berbunyi terus diam lagi dan terus begitu.... apakah bop saya normal dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah harusnya mas seneng, kalau owl sering bersuara, itu artinya dia sehat. silakan baca artikel saya kenapa burung hantu bersuara.... :)

      maaf baru balas, mas... :)

      Delete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. misi dok
    saya baru 3 hari pelihara celepuk bulu kapas dan baru belajar terbang . udah 3 hari saya karantina di tempat gelap . hari 1 dan ke 2 ane suapin pake tangan dok lancar . hari 3 juga sama tapi saya coba iseng jtff 30 cm aja . dan alhasil dia mau nyamber ke tangan tapi jari saya yang dimakanin dengan ganas dok belum lagi cengkraman nya sangat kuat . jadi menurut dokter dia emang mulai jinak atau dia nganggap jari tangan saya "makanan" nya ya? soalnya agresif bgt gerakan nya dok ditambah lagi lampu cahayanya redup. dan saya juga gak pake glove waktu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kalau karantina sampe 3 hari, kelamaan mas, hehehe. tapi gak apa2 kok.

      soal tangan mas yang kecaplok ama owlnya, itu wajar kalau mas baru pelihara. anggep aja 'salaman', mas. hehehe.
      tapi coba jujur sama saya. sejak mas digigit ama owlnya, mas jadi ragu2 atau takut ya? bener? soalnya kalau mas jadi ragu2 atau takut ama dia, dia malah makin berani sama mas. makin ngelunjak. bersikap biasa aja. kalau saya jadi mas, saya malah kasihin jari saya ke dia biar saya gak kaget dan gak ragu2 lagi kalau digigit.

      coba mas baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu. di sana ada langkah2nya. :)

      dikasih nama siapa owlnya? :)

      saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
    2. Bukan takut dok , cuma terkejut aja gak nyangka dia mau nyamber Hihi . sebelumnya saya pelihara juga celepuk kapas yang mati kena tetelo dan dia lebih kalem :( gigit nya gigit sayang dok , cuma gak se agresif yang ini. yang ini lebih ganas jari saya seakan akan mau dicabik dengan paruhnya -_-.
      dok kalo celepuk nya ngeluarin bunyi "plok/klok" sambil ngedipin mata itu tanda apa sih ?


      Namanya obe dok hehe. boleh besanan sama si erol gak dok ? hihi. yaa untuk menambah jumlah populasi burhan :D

      Delete
    3. iya. kaget. hilangkan rasa kagetnya, mas... :D

      dari paruhnya ngeluarik suara klik, klik, gitu? klok,klok? itu karena dia belum percaya sama masnya. wajar kok... :)

      pdkt aja terus mas. dan coba hilangkan rasa kaget saat digigit owl... :D

      infokan saya mengenai fesesnya ya mas... saya tunggu... :D

      Delete
    4. Dok, si obe tewas TANPA SEBAB YANG PASTI . Kronologis nya jam 12 malam saya masih main dengan obe sampe jam stengah 2. masih sangat sangat sehat obe nya dok :') . saya tinggal tidur jam 5 subuh saya bangun solat dan saya masih mendegar dia bernyanyi dengan sagat lantang . meskipun saya tidak melihat langsung karena dia di kamar kosong di samping kamar saya. paginya jam 7 pagi saya lihat dia dalam posisi berdiri tegap mata nutup saya panggil gak nyaut baru sadar badan nya dikerubungi semut kecil kecil . saya angkat badan nya masih bernafas sangat pelan 5 menit kemudian menghembuskan nafas terakhir. saya cek mulut nya sehat . feses nya putih hitam . lebih banyak putihnya feses yang hitam panjang seperti cacing. lokasi sekitar aman dari ancaman binatang. kebersihan selalu saya jaga. kesimpulan nya obe mati dalam waktu 5 jam dok . sedih banget dok . analisis bego saya penyebab kematian nya

      1. mati kedinginan
      2. mati kehausan ( saya belum pernah memberi dia minum )
      3. usia yang sangat rentan . kekebalan tubuhnya sangat senstif.

      gimana menurut pendapat dokter ?

      oh ya dok kalo oriental bay apa FISIK nya lebih kuat dari celepuk ?

      salaam buat erol dok :D

      Delete
    5. sebelumnya, saya ikut menyesal atas kematian Obe.... :(

      semut, kalau dari cerita mas kayaknya itu penyebab kematiannya, mas. bisa dibilang, semut bisa menyebabkan stress yang sangat parah dan terjadi sangat cepat pada owl. apalagi semut yang kecil2 dan gigitannya menyakitkan itu, mas..... si errol dulu sempet pingsan selama 2 hari karena diserang semut rang-rang. harusnya sih si errol mati, tapi syukur dia bisa tertolong....

      untuk penyebab lain, kayaknya sih agak kecil kemungkinannya karena dari fesesnya masih bisa dikatakan normal dan sehat....

      ingat, jangkrik juga bisa mengundang semut. darah jangkrik memang terasa manis, makanya semut suka... lebih baik, jauhkan kandang jangkrik dan owl. bagusnya, pakai kandang jangkrik yang digantung diplafon itu...

      buat ke depannya, mungkin mas bisa goreskan kapur semut.....

      sekali lagi saya ikut sedih, mas...... :(

      Delete
  39. Assalamualaikum dokter. Udh lama gak konsultasi lagi tentang Owy nih sama dokter hehe.. sekarang aku punya celepuk chick dok temennya owy, namanya Ollaf.
    Udah sekitar 10 hari aku pelihara Ollaf dok. Dan aneh nya dia 2 hari kebelakang suka makan kotorannya sendiri, aneh banget liat nya dok, Ollaf tiap lakuin itu selalu saya pindahkan ke kotak yang lain yang bersih dr kotorannya. Dia knp ya dok? Apa kelaperan ? Padahal dia sekali makan jangkrik bisa lebih dr 30 ekor itupun jangkrik saya campur dgn yg ukuran besar jangkrik nya.
    Jadwal makan Ollaf 5x dok :
    - jam 5 pagi
    -jam 8 pagi
    -jam 12 siang
    -jam 5/6 sore
    -jam 8/9 mlm
    Aku baru pertama dok liat hewan makan kotorannya sendiri, aneh banget Ollaf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 3 kemungkinan hewan makan fesesnya sendiri:
      satu: stress. hampir hewan yang stress emang kadang memakan kotorannya sendiri, kemungkinan lain: kebiasaan. mungkin di owner sebelumnya, dia kekurangan makan alias jarang dikasih makan. dan kemungkinan terakhir, faktor x. faktor yang nggak diketahui. tapi biasanya faktor x ini jarang. rata2 hanya karea stress dan kebiasaan aja.

      kalau mau, mbak bisa kasih bayi tikus buat olaf. biar pola makannya kembali seperti owl umumnya... emang perlu perbaikan pola makan kalau seperti itu. seberapa sering dia makan fesesnya sendiri?

      langkah yang dilakukan mbak viki udah bagus. tiap boxnya kotor atau ada fesesnya, dipindahkan. itu udah bagus. terus lakukan sambil dikasih makan jangkrik... lama2 pasti dia akan berhenti makan feses sendiri... :)

      Delete
  40. malem dok sorry sebelumnya, saya habis beli celepuk muda yang masih ada bulu kapasnya (tinggal sedikit) tapi saya nggak tau pasti umurnya berapa, saya mau nanya soal cara memandikan baby celepuknya apaboleh dimandikan kalo masih ada bulu kapasnya ? soalnya kemaren habis kena pup sodaranya jadi berbau dan basah di dalam sayapnya saya takutnya nanti kena bakteri dan sempet saya lap pakai tissue tapi nggak terlalu bersih. mohon sarannya dok thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini gak usah dimandikan dlu. tunggu sebulan lagi.
      atau bisa sih dimandikan dengan cara dispray pake semprotan burung. 3-4 kali, terus lap pakai handuk kering.... itupun sebenernya agak beresiko, jadi pastikan abis dimandikan, langsung jemur 5 menit (jangan lebih) dibawah sinar matahari pagi sebelum jam 8:30

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Dok kalau burung hantu di ajak main siang hari bisa gak ya ^3^

    ReplyDelete
  43. Dok, si Otus kemarin2 kayaknya keracunan kapur semut deh, 4 hari ga mau makan sampai kurus bgt kirain bakal mati fesesnya udah bening sama sekali ga ada item putihnya. Alhamdulillah tadi malam tiba tiba sembuh sendiri lahap makannya.

    ReplyDelete
  44. Dok mau tanya nih, owl saya kok setiap dikasih jangkrik pasti posisinya kaya defend sambil mundur2 gitu, tangan saya dipatok terus tapi dimakan juga sih akhirnya, tapi bunyi tok.. tok.. nyit.. nyit.. gitu dok.
    Baru 3 hari saya beli umurnya sekitar 2 bulanan katanya sih.. Itu kenapa ya Dok..?
    Apakah normal atau masih stres...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena komentar mas terlewati... :)

      itu wajar kok. coba mas karantina dlu biar dia lebih tenang. ada artikelnya, cara karantina burung hantu.

      Delete
  45. Dok ini saya wahdini dari karawang .. soal tiput sudah terjawab saya baca satu persatu pertanyaan dan jwbn y.. nah yang saya takut kn owl saya sakit dan mati .. dia bru tumbuh bulu jarum bulu putih kapas y itu msh bnyk besar y pun ada sebesar kepalan anak usia 5thn.. butuh berapa lama yah dok sampai dia bnr" tumbuh berbulu jarum smua.. dan saya takut jika sudah dewasa ntar mrka mlh gak mau bareng dan blik lg ke saya... soal y saat pertama saya beli mrka dari usia 14hri .. saya udh jatuh hati dok sama mrka hehe beneran smpah

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah takut, mas. pelihara aja sebaik mungkin. itu intinya...
      soal kapan bulu jarumnya terganti dengan bulu dewasa, silakan baca artikel saya istilah dalam memelihara burung hantu.

      jenis owlnya apa mas? :)

      Delete
  46. Sori dok baru di balas jenis celepuk kalU gK salah...

    Oh iya dok tadi saya kasih daging ayM ssgar terus saya kasih minyak ikan.. trus Ko feses y berubah warna yH.. yg tdi y itam putih jadi agK kecoklatan tapi putih y ttp ada ko

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih daging ayam dan minyak ikan, mas. kasih jangkrik aja. ;)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.