Sunday, June 8, 2014

Memelihara Burung Alap-alap | Drh. Fira Sovica

Cara memelihara burung alap-alap

hampir sama caranya dengan cara memelihara BOP jenis lainnya. Cara memelihara bop secara umum bisa anda baca di artikel cara memelihara BOP.
Sebagai burung pemakan daging, memelihara burung alap-alap sudah barang tentu lebih menantang. Seperti jenis burung pemangsa lainnya, burung alap-alap hendaknya tidak diperlakukan seperti hewan peliharaan. Perlakukan burung alap-alap anda sebagai partner, sehingga ia akan patuh kepada anda.
Memelihara Burung Alap-alap
Alap-alap kawah (Falco peregrinus atau Peregrine Falcon).
Image taken from wikipedia.org
Dan berikut adalah cara memelihara burung alap-alap yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara alap-alap:
  1. Seperti halnya memelihara celepuk dan memelihara barn owl serta memelihara BOP lainnya, alap-alap hendaknya tidak ditaruh di dalam kandang. Gunakan tangkringan khusus burung pemburu yang biasa disebut perch.
  2. Anda bisa membuat sendiri perch atau tangkringan untuk burung alap-alap anda dengan menggunakan pipa pvc yang dibentuk letter T, kaleng cat bekas, dan adukan semen. Anda bisa membuat sendiri perch atau tangkringan khusus burung alap-alap dengan membaca artikel cara membuat perch sendiri. Anda juga bisa membaca tentang arti istilah dalam memelihara alap-alap dengan membaca istilah dalam memelihara alap-alap.
  3. Makanan burung alap-alap adalah daging. Anda bisa memberikan potongan daging sapi segar sebagai makanan alap-alap. Anda juga bisa memberikan tikus putih (mencit), bayi tikus putih (pinkies), dan potongan daging ayam sebagai makanan burung alap-alap anda.
  4. Berikan makanan burung alap-alap tersebut setiap pagi, siang, sore, dan malam hari, dan usahakan daging yang diberikan sebagai makanan burung alap-alap adalah daging yang masih segar (masih ada darahnya).
  5. Anda bisa melatih burung alap-alap anda agar terlatih dan patuh terhadap anda. Cara melatih burung alap-alap sama saja caranya dengan melatih BOP atau melatih burung hantu.
  6. Tahapan-tahapan dalam melatih burung pemburu dan tahap-tahap melatih burung hantu bisa anda baca di artikel tahapan dalam melatih BOP dan tahap-tahap melatih burung hantu.
Demikian adalah

cara memelihara alap-alap

. Artikel diatas tentu masih banyak kekurangannya, maka dari itu penulis menunggu saran, kritik, dan saran dari pembaca dan pengunjung sekalian. Terima kasih. (FS)

437 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 437   Newer›   Newest»

Mbak saya mau tanya, apakah porsi makan untuk BWK itu sedikit? atau sebrapa yaa porsinya?
trus kalo mau kasih minum gimana caranya?
BWK nya brancher tengah.

cara memberi minum BWK sama dengan memberi minum burung hantu.
untuk porsi makanan beri aja sampe dia gak menyambar makanannya lagi... :)
dan sering2 dilatih ya mas biar dia kenal ama mas... :)

kok kalo tak kasih daging sapi, kadang mau kadang ngak mbak.. trus kalo daging ayam malah ngak mau.. itu kenapa yaa mbak?
Biasa'e tak kasih makan daging sapi, cuma di makan sedikit aja..

lebih bagus sih daging tikus putih. pakan hidup lebih bagus buat bwk.
daging sapi juga bagus. gak apa2 dimakan sedikit, asalkan dikasihnya sering2... :)

kalo daging sapi yang tak masukin kulkas bisa ato ngak yaa mbak?
soal'e kalo tk kasih puyuh masih kekecilan bwknya, kan masih brancher.. kalo tk kasih puyuh biar dimakan sendiri gitu sudah bisa ato blom yaa mbak?

lebih baik jangan dimasukkin kulkas. kalau toh misalnya ditaruh di kulkas, lebih baik jangan sampai beku. dan saat akan diberikan, diamkan dulu daging yang akan diberikan di luar ruangan selama beberapa jam sebelumnya, pastikan daging tidak lagi terasa dingin.... :)

melihara alap alap sulit nggak ?

kalo masih brancher, lebih baik dikasih pakan hidup atau daging ?

pinkies (bayi tikus putih) yang masih hidup

kenapa tiba2 BWK saya gk bisa berdiri ketika asik menyantap daging tiput..?
bwk saya usia nya brancher tengah...mohon infonya mbak?

umur berapa BWK-nya?
coba beri potongan daging sapi yang dilumuri bubuk tulang sotong mas. akan lebih baik jika mas membawa ke dokter hewan, saya tidak tahu pasti karena tidak melihat langsung, tapi kemungkinan kekurangan kalsium....

Bwk saya, sayapnya agak turun mbak..
Gimana cara mengobati nya yaa?
Mumpung masih brancher, kasihan klo turun

kalo sayapnya yang turung mas angkat dia kesakitan gak?
kalau tidak, coba makanannya ditaburi bubuk tulang ikan sotong sebelum diberikan. mas bisa beli tulang ikan sotong di toko makanan burung, lalu ditumbuk hingga benar-benar halus (menyerupai bedak), ditaburi di makanan BWK-nya, lalu diberikan....
kalau dia keliahatan kesakitan saat mas angkat, saya sarankan bawa ke dokter hewan terdekat....

rasanya siih ngak mbak..
tau kesakitan ato ngaknya dari mana yaa mbak?
kalo di kasih tulang sotong, pasti sembuh ngak mbak? sampe brpa minggu di kasih bubuk tulang sotong?

coba aja selama 2 atau 3 minggu. kalau memang belum sembuh juga, bawa segera ke dokter hewan... :)

oke mbak.. makasih infonya mbakk..
ini tdi saya sudah coba kasih serbuk tulang ikan sotong..
moga" aja cepat kembali seperti semula..
makasih

semoga cepet sembuh. jangan lupa kasih nama mas, terus sering dipanggil pake nama itu biar dia kenal...
sehat terus buat bwk-nya... :)

Dok, bwk lebih baik ditempatkan dimana? Di dalam atau di luar rumah?
Trima kasih..

BWK lebih baik ditempatkan di ruangan bersirkulasi udara baik seperti teras (yang tidak kena matahari langsung agar tidak terlalu panas.... kalau malam, pindahkan ke dalam ruangan... :)

Dok,kalo bwk lemes akibat dri perjalanan jauh gitu biar sehat ga lemes lagi d kasi ap ya ?

itu stress aja kayaknya mas...
diamkan di ruangan tertutup sambil diberi makan sesekali selama 1 atau 2 jam.... :)

Alap² kestrel saya kok mau makan jangkrik ya? Apa itu bagus buat kesehatannya?

kalo sesekali gak apa2 mas, asal jangan keseringan....

mbak bwk saya kok jarang mau makan kenapa ya mbak

ada banyak sebab. stress, sakit, atau sedang masa adaptasi tempat baru. kalo matanya sering merem, kemungkinan sakit.... coba kasih makan pakan hidup seperti bayi tikus putih.... :)

sampean kasih kepala ama gulu ayam yg udh dipotong itu aja mas... tapi itu sampean remdem daging.nya

gak apa2. kalau sedikit, coba beri lebih sering.... :)

Dok kalo kestrel mulutnya bau dan keluar lendir itu knp yah ?
Trus di lehernya it ada benjolan
Usia brancher makan menu makan ayam pasar filet emprit cincang sma jangkrik kadang"
Tolong penceran kondisi skrg susah makan lemes

cek artikel terbaru saya mas..... tentang founce pada burung hantu

This comment has been removed by the author.

dok saya mau memelihara burung falcon, emang sama ya falcon dan alap-alap ?
bagusnya dia di simpan dalam ruangan atau terbuka ?
jenis-jenis burung falcon apa saja ?
dan falcon apa saja yang termaksud hewan di lindungi ?
mohon bantuannya dok :)

iya, falcon adalah sebutan orang barat untuk burung alap-alap. alap-alap masih belum termasuk dilindungi, statusnya masih LC (last concern) menurut IUCN.
di dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang bagus.

This comment has been removed by the author.

dok kalau buat alap-alap yg masih muda atau bayi, buat pertumbuhannya mencapai ke dewasaannya perlu berapa lama waktunya ?

silakan search di menus cari artikel di atas: istilah dalam memelihara burung hantu
istilah dalam memelihara burung hantu sama saja dengan memelihara BOP... :)

doc aku mau nanya...semalam aku membeli burung alap² jenis black winged kite...aku biarin semalam dalam kardu...siang hari nya aku cuba nyuapin tapi dia ngak mau makan..hingga sore hari aku cuba..tetap ngak mau makan..tapi kondisi nya agak sihat...bila di angkat dia mengepak² dan sangat garang..cuma dia ngak mau makan...adakah ini suatu penyakit..mohon pertolongan mbak..

mohon ya dok..diberi sedikit nasihat...

umur berapa? diamkan di dalam ruang kosong dan sunyi selama beberapa jam sambil diberi pakan hidup seperti bayi tikus putih atau daging segar. jika dalam 3 atau 4 hari belum mau makan juga, sila hubungi dokter haiwan terdekat....

umur nya udah brancher tengah,...apakah ini stress doc?

di malaysia jika rujuk B.O.P pada vet..sama juga seperti anda membunuh ia..kerana vet di malaysia ngak ada yang bisa mengrawatin atau specialist untuk jenis B.O.P..jadi sia sia aja..4 hari lepas scops owl aq barusan aja mati..di tgn vet..hanya sayap yang luka..tapi ngak survive..sangat berdukacita

saya turut berduka....
sebenarnya, alap-alap bukan merupakan burung pemburu yang mudah untuk dipelihara oleh newbie. akan lebih baik jika memelihara burung pemburu yang lebih mudah dipelihara terlebih dahulu (memiliki tingkat stress yang lebih rendah dibandingkan alap-alap). Chelios bisa mencoba memelihara javan scoops owl (di indonesia biasa disebut celepuk owl). Cara memelihara celepuk bisa dibaca di artikel cara memelihara celepuk, search di menu cari artikel diatas....

saya tidak tahu apakah alap-alap tersebut stress atau tidak kerana saya tidak bisa melihat langsung alap2nya... ada kemungkinan kena frounce juga. chelios bisa membaca mengenai frounce di artikel cara mengobati frounce, sila search di menu cari artikel diatas....

di malaysia ada group/perkumpulan pecinta BOP? jika ada, chelios bisa bergabung.... :)

brancher itu usia berapa..kalau usia 3 bulan termasuk kategori apa ya dok..lalu bisakah alap2 diberi makan cicak atau jangkrik dan anak ayam ..saya punya alap2 usia 3 bulan..bagaimana cara memberi makan bila alap2nya tidak mau makan ..apakah harus saya buka mulutnya dan memasukan makananya atau tunggu sampai alap2nya lapar..terima kasih mohon penjelasanya dok.

untuk mengetahui brancher tuh umur berapa, silakan mas baca artikel Istilah-istilah Dalam Memelihara Burung Hantu dan bop, silakan search di menu cari artikel diatas. alap-alap bisa diberi makan cicak dan jangkrik hanya sebagai makanan tambahan. anak ayam bisa dijadikan sebagai makanan utama.

alap-alap tidak mau makan bisa banyak sebab. diantaranya adalah kena penyakit frounce. cara mengobati dan ciri penyakit frounce bisa dibaca di cara mengobati frounce, silakan search di menu cari artikel di atas.
jika ternyata burung hantu mas tidak kena frounce, coba taruh bayi tikus putih yang sedikit dilukai di dekatnya, lalu diamkan atau tinggalkan dia sendiri. biarkan dia makan.
bisa mas jelaskan selama ini bagaimana cara mas memberi makan alap2 mas??

mbak bwk saya umur brancher awal saya kasih daging ayam potong ada efeknya ta mbak ?

Mohon pencerahannya

bisa. pastikan saja daging ayamnya bebas bahan kimia (bukan daging hasil suntik), dan sudah dicacah.... :)

Kak .cara pencegahan bwk stres gmn ya ? Terus kalau udh stres penagananya gimana kak ? Makasih kak :)

silakan mas cek di artikel stress pada burung hantu, search di menu cari artikel diatas.... kalo ada yang mau ditanya, silakan tanya lg di sini mas... :)

Makasih kak . Terus kalau pertama bwk di bawa plg mesti lansung di manning atau gmn ya kak ?

adaptasi dulu. biarkan di ruangan kosong selama 15 menit, kasih makan, lalu biarkan di ruangan kosong itu selama beberapa jam. kalau tidak ada ruangan kosong, taruh saja di dus yang agak besar lalu taruh dusnya di ruangan yang sepi...... :)
manning bisa dilakukan setelahnya...

Kalau makanan buat bwk selain tiput sama tidbit apa ya kak ? Kasik ikan atau jangkrik bisa ?

tidbit itu bukan makanan. tidbit adalah umpan yang diberikan saat melatih burung hantu.
ikan tidak boleh, jangkrik hanya sebagai cemilan. paling daging ayam mas....

Bwk brancher tengah kalo dikasih daging sapi terus bagus gak mbak?

bagus.
sesekali dikasih pakan hidup seperti bayi tikus putih... :)

Bwk brancher tengah kalo dikasih daging sapi terus bagus gak mbak?

bagus... sesekali kasih tikus putih... :)

Mba saya mau nanya, alap alap saya kalau di ambil dya selalu gigit glove nya mba, itu knpa ya???

kurang latihan sepertinya mas. silakan mas baca cara melatih BOP, search di bagian cari artikel diatas... :)

dok saya mau tanya, alap brancher melatihnya susah atau tdk? kalo chick gmn cara melatihnya?
kalo brancher melatihnya harus tetap dikekang atau tdk?

susah tidaknya sebenernya kembali lagi ke pemiliknya. saya dulu dapet si errol waktu dia sudah berusia tua, tapi tetep bisa jinak. silakan mas baca cara menjinakkan burung hantu, search di menu cari artikel diatas...

adapun cara melatih BOP bisa mas baca di cara melatih BOP, silakan search, baca, dan ikuti langkah2 di artikel itu... :)

Mbak, saya beli bwk brancher. Kalau saya kasih pakan anakan buruh puyuh boleh? Soalnya saya agak geli liat anakan tikus putih.

boleh. dipotong dulu ya mas. dipotong, dicabuti bulunya, dikuliti, baru dagingnya diberikan... :)

Oke mbak.. Matur nuwun. Salam buat si errol..

Mbaa saya mau tanya kalo jenis alap alap tikus itu emang ada yang mata merah sama kuning apa gimana yah ?? Terus cara biar cepet numbuh bulu sayapnya gmana ? Alap2 saya bulu sayapnya potong 2 helai jadi agak gimana gitu.. Hehe makasih

Oiyah mba terus kalo alap alap itu suka minum ga sih ? Soalnya saya kasih minum gapernah mau burungnya . dan kalo dimandiin / disemprot tiap pagi bakal sakit ga ? Mohkn pencerahannya mbaa . makasihh

mata alap-alap berubah jadi berwarna merah saat dia menginjak usia dewasa (siap kawin), sedangkan alap2 yang masih anakan matanya berwarna kuning... :)

soal bulunya, saya sarankan berikan minyak ikan tiap 2 minggu sekali. cukup 2 minggu sekali saja, jangan lebih...

coba berikan minum pakai sedotan, mas. caranya sama seperti cara memberikan minum burung hantu. silakan search di menu cari artikel di atas////

Cara memberikan minyak ikannya gimana mba ? Sebelumnya makasih sudah dibalas mbaa :)

minyak ikannya yang untuk burung ya mas...
tusuk pakai jarum, tekan dan oleskan pada makanan alap2nya, lalu berikan ke alap2,,,, :)

sama2 mas... kalau ada yang mau ditanyakan lagi, bisa diposting ke mari... :D

Mba ini dikasih minum pakai sedotan juga gamau .... Gmana dong ?

harusnya bisa. coba lagi deh mas.
nafsu makannya gimana? kalau dia tidak mau makan, mungkin sakit.bawa saja ke dokter hewan agar lebih jelas....

Dok saya mau adopsi BWK ne masalahnya BWK tu sama BO ta..?soalnya saya adopsi BO 2kali over terus tapi saya adopsi buffy sama bubo kok gak over sampai besar.mohon petunjuknya sebelum adopsi...

dibandingkan barn owl, alap2 lebih mudah dipelihara.
tapi secara prinsip sih sama saja mas... :)

Mau tanya mbak. Klo untuk chick membedakan mana bwk dan cg bagaimana ya. Trus apakan selama tembolok chik alap2 terisi akan mengurangi resiko mati...

kebetulan sekali, mengenai bwk dan cg saya sedang buat artikelnya :D
bukan terisi sampai full mbak, tapi diusahakan agar selalu terisis... :)

Dok mau tanya ini bwk saya sblumnya sehat" saja pas saya beli dan wktu saya sampe rumah saya kasih makan daging sapi sampe malam dan sehat" saja tp pagi hari makanan yg saya kasih kmarin pada tercecer di lantai.. sperti di muntahin.. hari ini saya kash makan daging ayam ga mau. Matanya juga merem trus tp kalo ada suara di clingak clinguk dan tak panggil nama dia pasti melek ..kotoranya juga cair dok.. ini knpa ya dok..? Tolong pencerahanya..

ada banyak kemungkinan. kemungkinan pertama mas memberi makannya terlalu besar2 dagingnya. harusnya dicincang dulu hingga kecil2.... kemungkinan kedua, ada bahan kimia di dalam dagingnya yang membuat dia muntah...

saya sih menyarankan agar mas membawa dia ke vet terdekat agar dapat penanganan secepatnya....

Iya dok spertinya daging yg saya kasih trlalu besar.. harus di kasih obat apa ini dok..? Dsni ga ada vet dok .

Ini badanya juga menggigil dok. Saya cek lagi keluar cairan coklat di mulut dok .. .itu kanapa ya dok.?

iya, itu sepertinya karena luka di bagian dalam akibat pakan yang terlalu besar. bisa jadi merobek dinding pencernaannya.

kalau memang rumah mas dekat dengan vet/dokter hewan, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan...

Kalo sama buffy kak sulit mana..ohya buffy ku moulting sayap sama ekor apakah bisa tumbuh sempurna lagi soalnya usianya da juve akhir ne

Dok buffy ku moulting sayap sama ekor kira kira bisa balik sempurna gak ya terus biar sempurna kasih vitamin apa dok

dok saya punya indian black eagle tapi sayapnya aga turun sebelah kira" kenapa ya dok?

bisa kok.
bulu pada burung hantu tak ubahnya rambut pada manusia. :)
silakan mas baca artikel cara mengobati burung hantu yang bulunya rontok. search aja di bagian cari artikel... :)

ada banyak sebab. kurang kalsium adalah salahsatunya.
silakan mas baca artikel cara mengobati sayap patah pada burung hantu. ikuti saja langkah2nya. :)

cukup berikan makanan lebih, terutama makanan yang mengandung asam amino agar proses mabung berjalan lancar... :)

Dok mau tanya...saya punya Kestrel ..tp knapa saya kasih daging ayam d lepehin lagi ya...ga mau masuk mulut...tp kalo jangkrik atau tikus mau di makan...? Terimakasih dok...
salam buat erol kata rio ..( nama kestrelku )

coba kasih daging ayam segar, kalau bisa mas potong sendiri. ayam yang masih remaja aja beli seekor, usia doc tapi agak besar dikit. kadang kestrel gak mau makan (dilepeh, bahkan gak mau nyamperin sama sekali) kalau daging ayamnya mengandung bahan kimia mas... :)

salam juga dari errol... :D

salam Dok
saya bru beli burung BWK ni yg sya liat mata nya udah merah ga tau umur nya berapa.. truss dia Diam aja ga aktv mata sering merem sperti no aktivitas kalo di taroh di tiang diam aja ... gtu knp ya Dok??

mohon pencerahan nya Dok..

makasih dok

matanya merem??
kalau pas mas pegang dia diam saja + matanya merem, ada kemungkinan sakit. kalau matanya terbuka (gak merem), coba kasih pakan hidup seperti bayi tikus putih.... taruh saja bwknya di dalam box atau kardus besar dengan bayi tikus putih. kalau dia sehat, dia makan sendiri... :)

cara mengobati bwk yg kakinya keseleo gimana dok?
keseleonya d bagian lutut, sy jg tdk tau itu keseleo atau geser

silakan baca artikel saya tentang cara mengobati burung hantu pincang atau cara mengobati sayap patah pada burung hantu. secara prinsip, caranya sama... :)

nama bwknya siapa mas?

stelah sy liat, kemungkinan besar itu geser dok, soalnya ada posisi tulang yg berubah, n bengkaknya bukan bengkak biasa

namanya "mabon" mbak, hehe :)

oalah, harus d bawa ke dokter hewan toh
soalnya kalo d tekan atau coba diluruskan, bwknya kesakitan gitu

sepertinya iya. kalau seperti itu, lebih baik dibawa ke drh. terdekat untuk dapat penanganan medis. mas bisa hubungi nomor telp dokter hewan terdekat, ada daftar nomor telp di blog ini... :)

sehat terus mabon... :)

sudah di kasih dok dia ga makan juga .. malah di suapin... bru mau makan... truss di pindah kan mulai triak" BWK nya... senang jg dngar suara nya... tp makan mash kyak msh bayi dok T_T
klo di terbangin dia ga ngepakin sayap dok ... kyak.... males ngepaki...itu knp ya dok???

kalo tahap latihan awal nya gmn dok??

thx dok

untuk latihan, silakan baca artikel cara melatih bop.
coba berikan pakan hidup, seperti cara yang sebelumnya saya kasih tau (pakai box). agak dilukai juga tikus putihnya agar dia mencium bau darahnya. taruh di dalam box dan tutup. biarkan saja hingga dia mau makan sendiri....

dok saya mau mnta tolong bantuanya.saya baru dpt BWK usia brancer awal.
makana yg bgus buat pertumbuhanya apa aja ya dok??
trus adakah vitamin yg perlu saya kasih buat dy dok??

This comment has been removed by the author.

dok mau minta tolong di bantu.aku kan baru dpt BWK brancer awal.mau nanya makanan yg bagus buat pertumbuhannya itu apa aja ya dok??
trus adakah vitamin yg perlu saya kasihkan buat dy dok?

soal makanan, silakan lihat artikel di atas.
kalau makanannya sudah bagus, vitamin sementara tidak dibutuhkan. yang penting makannya rutin. :)

Dok sya pnya bwk ni tp aneh kok muter kra" brcher dok... Tp kna liat sya smpe jtuh gtu ya ... Aneh bener.. Sya truh lgi di tmpt nya truss ga bsa balikin sperti.smula.kpla nya ampe.sya yg bntu bnerin itu kna ya dok normal.apa.ga ya tu... Aneh bner tolong dok

muter2 maksudnya gimana? kepalanya muter2 atau terbang muter2 di atas? lebih diperjelas lagi...

cek juga pernafasannya, terlihat susah bernafas? warna fesesnya, warna apa? apakah berwarna hijau? lubang hidungnya, apakah terlihat basah?

Kepla nya dok.muter" ngikutin kyk.burung hantu dok.. Truss bsa jtoh akibat muterin kpla.nya malah ga lurus klo ngliat sya dia meringkan kpla nya dok.. Aneh bnget dah .. Fases nya sih ad coklat nya sih..

kalau nafsu makannya masih bagus dan pernafasannya tidak tersengal2 serta ada 3 bagian di fesesnya (bening, putih, hitam/coklat), saya kira dia masih sehat... :)

Dok saya punya bwk dimatannya ada airnya dan di hidungnya kemaren pilek tapi sekarang cuma basah itu gimna dok solusinnya,obatnya apa,kalau beli dimna?????

halo mas donny.
saya sarankan mending bawa ke dokter hewan dengan segera. mata dan hidung basah bisa jadi tanda penyakit yang lebih serius. suhu kandang dijaga ya mas, jangan terlalu panas juga tidak terlalu dingin. suhu kamar saja. :)

Sya sdh dpt namaa pnyakit nya dok BWK sya kna tetrlo dok tolong bntu cara mengobati nya dok ksian patner saya dok tolong

tetelo? pernah dibahas di sini juga mas.
silakan search cara mencegah tetelo pada burung hantu. sama saja caranya... :)

Dok apa kalau pengen bwknya lompat ke glove yang kasih makan diglove apa harus makannanya dijepit diglove?

disuapi bisa. kalau memang disuapi mau, bisa disuapi TAPI jangan kebiasaan, nantinya manja dianya. coba dilatih juga mas biar dia gak manja... cara melatih bop bisa mas search di blog ini... :)

Tapi mengenai fof kurang lenkap dok

Mohon dibals ya dok sma dikasih tau lengkapnya pas fof dikomentar aj dok yang kasih informas,informasinnya mengenai fof ya dok

saya kira metode FoF di artikel melatih BOP sudah sangat jelas maksudnya mas.... :)

coba baca dulu artikelnya baik-baik, dan praktekkan. saya sudah sangat jelas menuliskan training FoF di artikel cara melatih BOP di sana.

Di artikel yang berjudul apa ya dok

Masih tetep kurang dok untuk fof bop

kalau memang menurut mas masih kurang, silakan mas gabung ke grup pecinta bop di facebook... :)

Dok saya punya alap alap masih chik..., bagusnya dikasih makan apa ya dok???

silakan baca di artikel di atas. :)

Permisi dok,saya bantu menjawab,maaf lancang.
Untuk FOF atau feed on fist ya.
Biasakan dulu BOP bberdir di glove.
Kalau sudah berdiri di glove,mau di suapin atau di ambil sendiri dari glove terserah.
Inti dari fof adalah memberikan rasa nyaman,kkepercayaan.

Daging ayam nya gak perlu di tumbuk lagi ya dok??

wah, saya malah senang jika ada yang bantu jawab, mas... :D
terimakasih banyak... senang bisa berkenalan dengan falconer lain... :D

Wajib om ilham.biar gk tersedak,klo dia udah bisa berdiri bagus dan jalan nya bagus,lemparin dia umpan hidup,biasa aku pake emprit yg di cabut bulu sayab nya,untuk melatih biar dia bisa hunting sndiri

Kasih minyak.ikan jga,penambah nafsu makan

Udah gitu kalo chick apa juga ditaruk di perch alap alap nya, soalnya kan belum bisa berdiri

Udah tau gk bisa gitu berdiri,ngapain di taruh di situ?pertanyaan nya itu loh menggelegarkan hati.brancher CG q aja udah berdiri tpi gk q taruh pearch.

Berarti kalo masih kecil lebih bagus di taruh di kandang apa di kardus

Klo aq ya.
ku masukin kardus tv yg besar.
Q kasih ranting2 alas nya.
Trus di taruh di kamar yg banyak ventilasi nya.
Biar dia gak kepanasan dan jga gak kedinginan.

Dok, alap alap cg saya yg waktu itu umurnya udah brancher tengah sekarang, tapi dia kok gk mau berdiri ya dok...
Dulu waktu chick mau berdiri sekali sekali, tapi sekarang sama sekali gk mau dok.. Itu kenapa ya dok???

Dok, alap alap cg saya yg waktu itu umurnya udah brancher tengah sekarang, tapi dia kok gk mau berdiri ya dok...
Dulu waktu chick mau berdiri sekali sekali, tapi sekarang sama sekali gk mau dok.. Itu kenapa ya dok???

nafasnya tersengal-sengal? kayak susah nafas gitu mas?
warna fesesnya apa? hijau terang? kalau kedua-duanya IYA, lebih baik bawa ke dokter hewan aja mas. takutnya kena tetelo... :)

Kalau masalah nafas dia biasa biasa aja dok.. Pokoknya dianya sehat dok..
Cuman berdiri aja dia malas dok..
Apa itu normal bagi alap" cg brancher tengah dok???
Kalau gk, apa obat dan vitaminnya biar dia kuat berdiri dok??

coba berikan asupan kalsium dari tulang ikan sotong.
beli aja tulang sotong di toko makanan burung, lalu tumbuk hingga benar2 halus (kayak bedak), taburkan di makanannya, dan berikan ke burung....

warna fesesnya normal mas?

Kalu warna fesesnya sih normal normal aja dok...
Jadi kasi tulang ikan sotong nya berapa kali sehari dok??

bisa kasih sehari sekali.
coba juga cek artikel terbaru saya mengenai bumblefoot... :)

Ngasih nya sampai dia bisa berdiri ya dok?
Terus dok saya mu nanyak.. bagaimana cara membedakan jenis kelamin jantan dan betina alap" cg dok?

Dok klo alap" yg pling mudah di adopsi jenis apa yaa?? Mksih :)

iya, rutin aja. nanti biasanya dia bisa berdiri kembali kalau memang karena kurang kalsium...

cara membedakan jenis kelamin alap2 sebenernya agak susah bagi pemula. saya sarankan, gabung ke komunitas bop dan minta anggota lain yg lebih senior untuk mengidentifikasi... bisa juga pake cara seperti membedakan jenis kelamin burung hantu karena secara prinsip sama. mas bisa baca artikel membedakan jenis kelamin burung hantu... :)

alap-alap itu nama burung mas.
bukan nama jenis burung... :)

mungkin maksud mas jenis burung pemburu apa yang paling gampang dipelihara? kalau menurut saya, burung pemburu yang paling gampang dipelihara adalah burung hantu celepuk. mas bisa baca artikelnya di blog ini. search aja di bagian cari artikel...

Hehe iyaa dok , klo celepuk saya udah punyaa. Skrng saya pngen adopsi lgi. Kira" apa yaa dok ?? Klo CG tingkat ksulitanya gmna ?? Susah ngga buat di adopsi ??

kalau cg, cenderung lebih susah. sistem pencernaannya juga lebih rapuh.
saran saya, coba jajal oriental bay owl. dia lebih cerdas dari celepuk tapi daya tahan tubuhnya lebh bagus. lebih mudah dilatih... :)

Ohh obay ya, oke deh deh klo gtu hehe mkasih bnyak saran nya dok :) mau tanya lagi, klo dri chick ke brancher brapa bulan dok ??

silakan baca artikel istilah dalam memelihara burung hantu... :)
sama2 mas. mas bisa ke sini lagi jika butuh bantuan... :)

Dok... sy punya CG.. sy taruh dlm rumah
Cm waktu libur aja sy bisa jemur diluar karena sy kerja pagi pulang mlm.
Apakah jarang dijemur dpt berpengaruh buat kesehatan partner sy...trmasuk kemulusan bulunya ?

dok apakah alap alap cg dan alap alap bwk boleh diberi makan ikan kecil kecil?
dampaknya apa terhadap si burung?

kadang ngasih emprit dan puyuh dan tikus kecil g tega pass dibunuhnya.
oh iya dok apakah dngan memakan emprit atau puyuh atau tikus putih akan meninggalkan bekas seperti muntah gitu? atau langsung menjadi feses semua?

sebaiknya pemberian emprit dan puyuh dan tikus putih itu berapa x dalam 1 hari? misalkan pagi diberi makan 1x dan siank 1x dan sore 1x dst.
mohon bantuannya dok dan petunjuknya

terimakasih

meski banyak yang ngasih alap2 ikan kecil, namun saya sih menyarankan jangan dikasih ikan , struktur sistem pencernaan cg dan alap2 berbeda dengan s struktur daging ikan...
kalau memang gak tega, mas bisa taruh langsung tikus putih kecil di dekatnya. lalu tinggalkan (jangan diliatin). nanti biasanya dimakan. untuk puyuh dan emprot mau gak mau mas harus siangi dulu....
kalau untu puyuh dan emprit, biasanya sisa makanan berupa tulang dan bulu akan dimuntahkan. sisa muntahannya disebut pellets. itu wajar kok. kalau tiput biasanya sih gak....
cukup 2 hingga 3 kali pemberian saja mas.

Dok, tempat penjualan alap2 kawah jakarta dimana ya?

pasar burung jatinegara atau pramuka atau barito... :)

Dok mau nanya menurut dokter gimana hukumnya jika kita membuat meninggal si ayam kecil atau puyuh terlebih dahulu sebelum memberikan ke bop dok?
Soalnya jika tak beri langsung hidup2 kasihan ngelihatnya dok. Dimakan dikit2 itu sama aja nyiksa hewan kan.
berrarti saya berdosa ya ?

Kalo mba dokter memberi makan bop nya menggunakan metode umpan hidup atau dibuat meninggal umpannya? ya istilahnya disembelih.

Jika disembelih terlebih dahulu dengen menggucapkan niat basmallah apakah termasuk halal dan tidak dosa?

semoga mba dokter bisa menjawab semua pertanyaan saya.
Terimakasih dok :) senyumnya buat dokter salam dari alap alap saya hehehe.

iya, dibikin pinsan atau dibunuh aja dulu.
saran saya sih anak ayamnya atau puyuhnya disiangi dulu, jadi yang dikasihin daging ayamnya aja.....

kalau saya sih ngasih bayi tikus putih hidup2 mas.... kalo soal dosa, hmmm, bukannya tikus itu boleh dibunuh, im i right?

Dok,sy bingung mau handle alap2 cg/elang bido, soalnya harga yg sm.menurut dokter yg bagus buat d latih yg mn, ??

sebelumnya mas udah pernah handle BOP?
kalau belum, saya sarankan sih yang gampang aja dulu kayak burung hantu jelas celepuk atau oriental bay owl.
kalau udah pernah, bisa coba alap-alap... :)

Sdh Dok.sy pernah handle clepuk,ninok,sm BO.tp dah boseng handel.sy mo pindah handle.menurut dokter yg paling mudah dlm pelatihhan dan pemeliharaan mudah yg mn: bido apa cg,,????

cg lebih mudah.
tapi tetep aja. memelihara BOP jauh lebih menantang daripada celepuk, ninox, dan BO. :)

Katanya kalo alap alap cg sma bwk tuh rewel dipencernaan ya? Terus kalo ksi makan anak ayam jeroan sama kepala harus dibuang??

bisa jadi karena pencernaannya. warna fesesnya gimana mas?
saya dan keluarga saya memelihara burung pemburu, dan kami tidak pernah memberikan jeroan ayam sebagai makanan. jadi sebaiknya dibuang. biasanya kasih hanya memberikan dagingnya saja yang sudah dicacah halus.... :)

dok mau nanya donk.
kenapa di indonesia belom ada yang breeding falcon atau elang?
padahal jika bisa di breeding kan orang yang akan addopt bop akan terbantu dengan sertifikasi dan g perlu was was sama si kucrut bksda.

saya searching terus di luar beuh hebat banget dok udah breeding falcon dan hawk dan eagle.
kmrin saya liat udah ada yg breeding peregrine, gyrfalcon,harris hawk, sparrowhawk,goshawk dll
lebih kerennya lagi merka menggunakan id di gelang dan berguna jika kehilangan. apalagi saat mereka hunting di alam beuhh hebatnya si falconnernya memasang receiver dsb yg bisa melacak mereka, mengetahui kecepatan mereka dan ada bantuan anjing hehehe yg membantu mencari.

nanya lagi dok, apakah elang atau falcon boleh memakan tikus got yg hitam itu atau tidak boleh? Efek dan dampak nya apa? Terimakasih dok. Semoga pertanyaan2 diatas dapat terjawab semua

iya, mas. kalau di barat memang sudah seperti itu. buat pelihara BOP aja kudu izin, dan ngurus izinnya lumayan susah. kudu dites pengetahuan cara memelihara BOP dulu. Keluarga saya alhamdulillah punya relasi di luar negeri (keluarga saya hampir semuanya pelihara BOP, hanya saya saja yang pelihara owl), dan memang begitu kenyataannya.... Burung aja dipasangi GPS, jadi gak bisa ilang meskipun escape.. :D
bisa kelacak terus... :)

kalau BOP, jujur saya tidak tahu. Namun ayah dan kakak saya pernah memberikan bayi tikus got rumah dan bayi tikus got buat alap-alapnya. Kalau yang udah dewasa, mereka gak mau kasih... :D

Beda dengan burung hantu.
Dari semua jenis BOP (bird of prey, burung pemburu) burung hantu lebih cerdas dibandingkan jenis lain. Ada yg bilang juga kalau penciuman burung hantu setengah lebih tajam dari BOP diurnal (BOP yang aktif disiang hari). Makanya, burung hantu bisa dilatih membedakan mangsa yang sehat dengan yang sudah terkontaminasi racun/bakteri/bahan kimia lain... Si errol, burung hantu saya, sudah saya latih begitu. Dia hanya sekali sehari saya kasih makan, selebihnya dia nyari makan sendiri di halaman atau sekitar rumah....

Silakan baca artikel CARA MENJINAKKAN BURUNG HANTU untuk tahu lebih banyak mengenai si errol, dan baca juga CARA MENGAJARI BURUNG HANTU BERBURU SENDIRI.... :)

gimana kabar errol dok? hehehe dia jenis nya apa? tyto alba ya?

dok mau nanya lagi
kenapa falcon peregrine di indonesia sangat mahal ya?
di pasaran dihargai 6juta keatas. buset mereka mah jahat2.
padahal yg saya baca dan saya cari tau di group orang luar mereka g jual sampai semahal itu loh dok, terakhir liat 300euro ya diduitkan sekitar 4juta ya kalo g salah. padahal itu breeding loh dok bukan WC.
masak di indonesia yg WC malah mahal sih -_- kalo breeding mahal wajar karna kan jelas asal usulnya dan perawatannya sejak ia dilahirkan di bumi.

ayam boiler atau ayam potong yg dipasar apa 100% bener bisa menyebabkan BOP meninggal? soalnya kata penjual bop juga jangan dikasih ayam boiler mau dia fillet atau ayam potong karna katanya ada zat kimia yg disuntikkan dan berbahaya untuk bop. apakah benar dok?

niatnya mau adopt lagi dok bop jenis falco ya paling accipitridae genus elanus seperti falco Bwk. soalnya di indonesia yang lumayan bagus ya itu dok. seperti kestrel kekecilan -_- dan si falco apalagi lebih kecil -_- sedangkan Cg kurang begitu suka karna pernah adopt jadi partner.
mau peregrine dihargai dipasar segitu. jadi kepilihan falco Bwk Untuk sementara sembari mengumpulkan duit untuk falco peregrine.

apakah bisa menyebabkan meninggal juga dok jika saya membelinya dari luar kota misalkan beli dari surabaya. apakah dalam perjalanan bisa berpengaruh dalam kematiannya?

apa saja yang bisa menyebabkan mati pada hewan dok tolong diberitahukan kepada saya, agar saya g menyesal nantinya.
mungkin karna pengiriman hewan dari luar kota atau karna makanan atau faktor cuaca dsb

terimakasih dok tolong dijelaskan ya,salam buat errol :D

dikota besar seperti jakarta paling cocok jenis falcon ya dok? soalnya kalo elang atau rajawali kegedaan. mau beraksi dengan skill kayaknya susah dengan tidak adanya lahan dikota padat seperti jakarta.

postingkan umur dalam bentuk bulan dong dok, jadi kita kita bisa tahu bop dari chick ke brancher berapa bulan sedangkan dari brancher ke juve brpa bulan dan sedangkan dari juve ke mature brp bulan.
semoga dokter mempunyai ilmu banyak yg bisa di share ke saya dan yg membaca blog dokter.

andaikan dokter dijakarta konsultasii langsung pengennya hehehe :D

sebenernya, iya. ayam broiler agak sedikit bahaya buat bop karena rata2 ayam broiler kan disuntik. kalau ayam broilernya tidak disuntik bahan kimia atau mas kasih makan daging ayam kampung yang bebas bahan kimia, sebenernya aman2 saja.... :)

Untuk BOP, sebaiknya cari yang satu kota. sangat riskan jika bop dikirim dari jauh dengan keadaan dikurung. kemungkinan mati dalam perjalanan bisa 60% jika jaraknya jauh.....

Umumnya, BOP yang dikirim mengalami dehidrasi, stress tingkat tinggi, kurang makan, dan suhu tinggi. semuanya ancaman bagi BOP. cara aman dalam mengirimkan hewan? PAKE JASA PENGIRIMAN HEWAN. Saya bisa jamin jika pakai jasa pengiriman hewan, kemungkinan hidup hewan bisa sampai 95%.... :)

Di kota besar di jakarta, sebenernya semua jenis BOP bisa menyesuaikan diri asalkan lingkungannya tidak terlalu bising. saya kira, burung hantu jauh lebih cocok untuk kota besar... :)

untuk usia BOP, mas bisa baca artikel istilah dalam memelihara BOP... :)

errol itu burung hantu barn owl saya..... silakan mas baca2 tentang BOP di sini... :)

Dok, apakah dokter hewan dijakarta bisa menangani Bop?
Apa reaksi mereka jika kita mempunyai hewan dilindungi?

Apakah bop juga bisa divaksin seperti kucing?

Saya pernah ke dokter hewan juga buat vaksin kucing aja, belom tau jika ada atau ngganya biaa menangani bop.
Saya ke rumahnya si dokter langsung si dokter colilah yg dijakarta.

penyakit apa saja yg bisa ditangani dokter hewan tentang bop? Keracunan atau segala macem dok bgtu?

Jadi klo knp2 bisa langsung kedokter hewan dok , ga perlu panik seperti kmrin kmrin-_-
Mohon bantuannya dok.

beberapa ada yang bisa. mas bisa telepon dulu. daftar nomor telepon dokter hewan jakarta raya sudah saya bikinkan artikelnya... :)

tergantung jenis hewan dilindunginya apa dulu. biasanya mereka hanya mengingatkan bahwa memelihara hewan ini adalah tindakan ilegal.... :)

ada vaksin untuk bop dan burung hantu. biasanya diberikan saat burung hantu dan bop sudah diatas 9 bulan... :)

iya, dokter biasanya bisa menangani kasus bop yang keracunan atau infeksi.
saran saya jika mas memang di jakarta, mas bisa datang ke rumah sakit hewan di daerah ragunan. jadi kalau ada masalah, langsung ke sana.... :)

Dok sebaiknya bwk saya dimasukkan didalam rumah atau diluar rumah? Soalnya kalo ditaro diluar kasian juga klo masih umur brancher

di dalam rumah. kalau ada ruangan tak terpakai atau gudang, bisa ditaruh di situ....
lebih bagus kalau ada ruangan khusus....

Bu dokter, bukannya semua jenis elang ama alap-alap dilindungi ?

tergantung mas nanya dari sisi mana.
kadang menurut BKSDA, burung A termasuk dilindungi, tapi menurut status IUCN masih tergolong aman (LC)..... tanya atau telepon langsung ke BKSDA setempat lebih aman... nomor telepon bksda ada di blog ini...

Dok mau tanya, di pasar hewan saya liat ada yg jual anak/chick alap-alap. Nah saya pegang bulunya itu kaku sekali, warna bulunya hitam campur putih. Itu jenis alap-alap apa ya Dok?
Terima kasih. :)

setahu saya sih kalau masih chick/anakan, bulu alap2 cenderung halus.
saya sendiri tidak tahu jenisnya apa karena tidak melihat langsung. tapi saya punya kecurigaan. :)

Ini Dok fotonya saya upload di dropbox.
https://www.dropbox.com/s/f8w6h6u9bn68stb/20150509232055.jpg?dl=0
Makasih byk sebelumnya Dok. :)

Solved, Dok. Ternyata itu chick burung bubut. :)

This comment has been removed by the author.

oh i see. :D
maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

dok saya mau adopt kestrel

nah yg saya baca kok kestrel makanya mamalia kecil kayak jangkrik,dll.....
apakah dia g makan daging segar kayak doq atau ayam kecil dan sebagainya?
berarti dia dadri chick dikasih makan mamalia kecil atau dikasih makan daging segar?

apakah dia bisa diberi makan daging segar juga?

masih bingung disini nih dok, takut salah nanganin bop kestrel.

jangkrik bukan mamalia mas. :)
iya kestrel bisa dikasih daging sapi segar yang dicacah kecil2. bisa juga sesekali dikasih doc. umumnya sih kestrel dikasih makan bayi tikus putih.... kasih tikus rumah juga bisa aja, bayinya... :)

kestrel termasuk susah mas kalau untuk pemula... saran saya, yang lebih mudah aja dulu... )

dok saya kn punya BWK umur brancher awal di daerah saya kan cari pakan hidup susah jd saya ksh daging ayam terus2an tp ayam yg baru di potong dok jd msh segar ada darahnya bukan ayam yg udh di pajang di pasar. kira bagus gk ya? umur brancher awal

kalau daging ayamnya benar2 masih segar dan bebas bahan kimia, mungkin gak masalah. gak apa-apa.... tapi menurut saya, sesekali mas kasih bayi tikus juga. yah, 2 minggu sekali kasih bayi tikus.... :)

Assalamualikum dok.. setelah sering baca blog dokter soal sg saya jd tertarik dan banyak baca soal bop insya Allah saya udh memutuskan pelihara bwk umur brancher mohon bantuan nya yah dok

sip.. :)
silakan baca2 dulu artikel2 di blog saya ini. jika ada yang mau ditanyakan, silakan ajukan via komentar... :)

saya tunggu..

mba saya mau tanya, bwk saya umurnya masih brancher terus untuk pakannya saya kasih potongan2 kecil daging marmut yang masih ada tulangnya. apakah aman untuk bwk usia brancher ? trus kalo menurut mba recomended pakan untuk bwk usia brancher apa ? thanks before

makanan yang recomended untuk bwk usia brancher adalah bayi tikus atau bayi tikus putih. pakai aja bayi tikus rumah, gak apa2... daging marmut juga oke..... namun sebaiknya sesekali bisa dikasih bayi tikus putih... :)

Dok ada solusi gk buat bwk yg susah nagkring di perchnya? Nyebelin, mana pngnny nyopotin set footny trus *angry*

mungkin karena dia belum terbiasa aja.
gak usah dipaksa dulu, mungkin memang belum terbiasa. atau mas bisa lepas set foot-nya dulu, mungkin dia ngerasa gak nyaman...

Ahkrny udh terbiasa dok, cuman klo makan kok susah ya buat nyamperin makananny, klo di atas perch gk mau turun nyamperin, tp klo di bawah cmn mau jalan, pdhl dia bisa terbang, smcm mls terbang, pdhl klo wkt di jemur mau escp mulu, binggung sama gembul :(

coba kasih makan pakan hidup kayak bayi tikus... :)
agar instingnya lebih tajam...

Klo nafas yg bau it knp ya dok? Ap krn saya ngsh makan daging sapi terus ?

bisa jadi juga. tergantung baunya. sayangnya saya tidak bisa melihat langsung....
baunya seperti apa mas?

maaf baru bales. saya sibuk banget 2 hari ini.... :)

Saya selingin dgn puyuh kdng udh gk bau kok dok, trus stu mngguan yg lalu gembul kekny kena gejala frounce, kepalany suka jentik"in , trus suka tdur tiba" , napsu makan sempet turun, dan ad smcm putih" di dlm mulut pinggir, nah trus saya bwa kdktr dan diberi 3 obat, nah smp skrng obt trsbut sudh hbis smua, trus gejala" tsbt sudah hilang namun msh ad putih di mulutny, tp napsu makan udh normal lg, sebaikny gmn ya dok ?

check up lagi aja ke dokter. check up doang, ngecek bagian mulutnya.
saya kira sih dia udah sehat, tapi yah siapa tahu kan. soalnya masih ada plak di mulutnya.... :)

mba knp ya g bsa diri padahal tadi gppa

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 437   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.