Mengobati Ambeien Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Sedikit dari para pecinta musang yang tahu bahwa musang bisa terkena ambeien. Cara

mengobati ambeien pada musang

memerlukan penanganan yang cepat serta cara mengobati ambeien pada musang yang tepat. Penanganan yang kurang cepat serta cara mengobati ambeien pada musang yang tidak tepat hanya akan membuat penyakit ambeien pada musang akan bertambah parah. Artikel ini juga dibahas pada mengobati musang wasir.
Mengobati Ambeien Pada Musang
Image taken from kaskus.co.id

Berikut adalah beberapa penyebab ambeien pada musang dan cara mengobati ambeien pada musang.
  • ciri dan tanda musang yang kena ambeien.
  • Tanda dan ciri fisik utama musang yang terkena ambeien adalah menebalnya cincin anus musang. Pada kondisi ambeien musang yang parah, bagian dalam cincin anus musang ikut keluar hingga terlihat bagian dalam usus musang ikut keluar. Musang juga terkadang lebih banyak duduk diam di dalam kandangnya. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka ambeien pada musang akan membawa dampak yang lebih parah seperti membusuknya anus musang dan biasanya berakhir dengan kematian.
  • penyebab ambeien pada musang.
  • Ambeien pada musang disebabkan oleh tidak seimbangnya asupan makanan musang. Terlalu banyak asupan protein, kurangnya serat, serta kurangnya asupan air adalah penyebab utama ambeien pada musang. Jika kurang penanganan, ambeien akan merusak sistem pencernaan musang yang merupakan bagian terpenting dari kesehatan musang itu sendiri. Jika sistem pencernaan musang rusak, maka penyakit lain akan mudah menjangkiti musang. Maka dari itu, diperlukan penanganan yang tepat dalam mengobati ambeien pada musang.
  • cara mengobati ambeien pada musang.
  • Perlu penulis tegaskan lagi bahwa

    ambeien pada musang

    hendaknya diobati atau ditangani dengan cepat. Jika anda melihat cincin anus musang agak menonjol dan berwarna merah, sebaiknya segera lakukan tindakan pengobatan ambeien pada musang. Musang yang menderita ambeien sebaiknya diubah pemberian makannya. Berikan makanan hanya berupa buah-buahan matang seperti pisang dan pepaya. Penulis sendiri menyarankan pemberian pepaya matang untuk mengobati musang yang ambeien. Pemberian madu murni bisa diberikan dengan mencampur madu murni dengan minuman musang. Jika kondisi ambeien pada musang sudah parah, sebaiknya bawa segera ke dokter hewan terdekat untuk dilakukan tindakan operasi.
Demikian adalah cara menangani musang yang kena ambeien. Artikel diatas diharapkan bisa membantu para owner musang dalam mengobati musang yang menderita ambeien. Terima kasih. (FS)

93 Responses to "Mengobati Ambeien Pada Musang"

  1. Salam, Kaya warna merah muda begitu ?:-\ apa kalo dikasi pepaya si anuan itunya bisa masuk sendiri ?
    Musang saya pengen pup mulu, tapi susah pup dia, sama mencret, ganapsu makan juga. Karna susa pup anuan merah muda keluar gitu teh dok -_- gimana yah ? Makasi

    ReplyDelete
  2. Musang saya pertama jitot tiba" galak saya liat ternyatA anusnya ambeien tpi nggk prah warnanyapun msh pink gmn cara smbuhinnya dok ?? Pliss penting dok mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel di atas...

      Delete
    2. Musang saya kena wasir, tidak mau makan sama sekali. sudah di kasih pepaya juga tidak dimakan. Akhirnya dipaksa menggunakan suntikan. Lama kelamaan musangnya menolak sama sekali. Ketika ingin menyuntik makanan ke mulutnya dia selalu berontak. bagaimana solusinya?

      Delete
    3. coba berikan sari kurma. bisa dicampur air. selama 4 hari ke depan kasih makan itu aja.... bisa campur ke jus pepayanya juga.... taruh aja di kandangnya....

      Delete
  3. Dok sy sdh beri vit.B komplek, feximine, tp masih blm sembuh juga ya dok,, sdh lama sakit suka gemeter nunduk,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah bahas ini di artikel cara mengobati anakan musang yang berjalan mundur.....

      Delete
  4. dok, musang sy area sekitar dubur mengeras & berbau tidk sedap. kenapa y dok ? bagaianana cara mnegatasinya ?

    ReplyDelete
  5. Dok musang saya umur 3-4 buln, dan dia terkena wasir keluar tonjolan wrna merah tapi nafsu makan normal. Kira" bisa sembuh total ga yah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa. silakan praktekkan cara di artikel di atas... :)

      Delete
  6. dok mau Tanya musang sya anusnya agak menebal tpi warnanya putih. Semenjak sya tau kalo anusnya kayak gitu sama sya tak kasih bur sun sangat encer.musangnya masih lincah jarang diem.apa itu juga wasir?kalo ya cara ngatasinya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang mas kasih buah ya? bener?
      minimal seminggu sekali kasih buah, mas. apa aja. pisang, pepaya. dan coba kasih ramuan kesehatan musang, ada artikel cara buatnya... :)

      Delete
  7. dok mau Tanya musang sya anusnya agak menebal tpi warnanya putih. Semenjak sya tau kalo anusnya kayak gitu sama sya tak kasih bur sun sangat encer.musangnya masih lincah jarang diem.apa itu juga wasir?kalo ya cara ngatasinya gimana ya?

    ReplyDelete
  8. Dok musang saya umur kurleb 5 bulan , anusnya menebal dan warna putih, warna fasesnya normal dok, makan juga ga susah aku kasih makan pisang, tapi dia sukanya duduk terus dok dan kepalanya sering jatuh, apakah masih bisa sembuh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya gak bisa liat musangnya langsung.
      kalau boleh, saya minta fotonya.... saya online hari ini mulai jam 10 sampe jam 4 sore...

      coba mas kasih ramuan kesehatan musang, ada kok artikel. dan buat makanannya, coba kasih pepaya...

      Delete
  9. Dok musang saya juga baru hari ini jadi gak lincah dok kasian susah jalan dok

    ReplyDelete
  10. dok mau tanya dong. kenapa sih musang saya tiba tiba takut sama orang, gak mau makan pula. kalo musang makannya 1 hari brp kali ya dok?

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab, salahsatunya stress. udah berapa lama pelihara musang, mbak? :)
      silakan baca artikel saya cara memelihara musang...

      Delete
  11. Dok kalau saya lihat dari beberapa artikel dokter
    Apa mungkin musang saya yang tiba2 galak itu kena wasir?
    Selain itu apa ada penyakit rabies untuk musang dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih wasir pada musang gakl menyebabkan musang jadi galak...
      coba aja cek anusnya, apakah ada tanda2 wasir?

      Delete
  12. Dok kalau saya lihat dari beberapa artikel dokter
    Apa mungkin musang saya yang tiba2 galak itu kena wasir?
    Selain itu apa ada penyakit rabies untuk musang dok?

    ReplyDelete
  13. Dok jadi obat untuk musang yang terkena ambeyen apa yaa ??

    ReplyDelete
  14. Sudah 2 bualan saya beri buah-buahan yang sudah matang tapi belum ada perubahan , cincin anus nya masih saja keluar dan memerah serta kalau di pegang pundak sebelah belakang nya pasti dy kagetan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang udah parah, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja mas....

      Delete
  15. Dok saya mau minta solusi. Musang saya udah keluar anusnya sebesar telur puyuh, itu bisa diobati atau dioperasi ya dok, kalo operasi kira" dananya brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama? lebih dari 2 minggu?
      udah coba langkah2 pengobatan yang saya tulis di atas, mas?

      kalau emang udah lebih dari 2 minggu, mending konsultasi aja sama dokter. nanti dokter yang memutuskan apakah mau dioperasi atau nggak. sekalian tanya, butuh dana berapa...

      kalau emang belum 2 minggu, coba aja langkah2 pengobatan di atas. di artikel di atas. :)

      Delete
  16. Dok , musang saya .. umur 3 bulanan .. keluar tonjolan merah" gt kira 0.5cm la dok ..
    Kata temen di masukin air es .. trus sampe dia ga kluar lgi .. udh saya coba tpi ga berhasil ..
    Apa kemungkinan bisa tonjolan itu masuk dengan sndri ya jika saya mengikuti saran dokter diatas??
    Soal y baru 1, hari ini musang saya keluar anus y..
    Saya minta saran y dok ..
    Dia setiap hari saya kasih susu kambing + pisang .. pisang y selalu saya hancur kn dia tinggal telan aja .saya ga tau penyebabnya knpa dia bisa kenak ambeyen ..
    Mohon saran dan jawabanya dok ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan malah dikasih air es di anusnya, kasian. yang ada malah susah sembuhnya nanti.

      sementara ini stop susu kambingnya. cukup lakukan yang saya tulis di artikel di atas...

      Delete
  17. Saya juga berfikir gt dok..
    Iya .. saya coba dlu ..sesuai yg dok sarani d atas ..
    Berharap dubur yg keluar bisa masuk dengan sendri ya .
    Saya udh ksh pepaya .. d lembekin..
    Tapi tetap td saya cek .pup y msh keras dok ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, lanjut aja terus kasih pepaya. :)
      minimal 2 minggu ke depan, kasih pepaya terus. oh ya, coba baca artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang, bisa kasih obat yang saya tulis di artikel itu... :)

      Delete
    2. Ok dok .. tak coba .. mksh y dok .
      Terimaksih respon y cepat ..
      Ntk saya kabari lagi perkembangan y dok

      Delete
    3. Dok, dubur nya udah ga warna merah .. warna pucat gt ..
      Tapi daging ya masih keluar ..
      Saya tetap kasih makan pepaya truz dan air madu dok .. apa bisa ntk daging y masuk sndri??

      Delete
    4. iya nanti bisa masuk lagi. terus kasih pepaya ya mbak.

      Delete
    5. Ok siap dok .. semoga cepat membaik ambeyen ya iya dok ..

      Delete
    6. Dok , knpa ya.. kaki ya dingin .. 😥

      Delete
    7. Dok lidah y mengkerut dok, dia kalau mau pup .. mekik" gt kesakitan 😥😥😞 kaki y dingin ..pup y mash keliatan keras dok .. ga cair .. padahal pepaya y udh di lembekin ..gemana itu dok ..

      Delete
    8. makanannya udah 100% pepaya, kan? gak dikasih makanan lain selain pepaya?
      tapi dia masih bisa pup kan? coba fotoin pupnya, upload di postimage.org, terus linknya taro di sini.

      inget, jangan dikasih makanan lain selain pepaya.

      Delete
    9. Iya putri cuma ksh pepaya aja .. sama air madu dok ..
      Yahhh pup y udh di buang dia pup 1x sehari dok .. iya masih bisa pup .. cuma kalau mau pup dia ya mekik" kesakitan gt dok ..
      Ntar mlm klau dia pup putri potoin dok ..
      Kek panas dalam gtu dok lidah ya pecah" gt ..

      Delete
    10. Dok, ga bertahan musang saya dok. Mati dia dok 😭😢😢😢😢😢😢

      Delete
    11. saya ikut sedih dengernya... :(
      tapi buat pengalaman aja ke depannya, mbak.....

      sabar ya..

      Delete
  18. Dol boleh tanya,musangku gk mau makan sampai dua hari,cara atasinya yak apa dok apa terkena ambien

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya, bisa mas jelaskan kemungkinan kenapa dia gak mau makan?

      fesesnya/tahi-nya gimana? mencret?

      coba mas sepet aja musangnya. kasih makan pake alat loloh. beli aja di toko makanan burung, biasanya jual..

      kasih makan pake bubur bayi promina aja...

      Delete
  19. Dol boleh tanya,musangku gk mau makan sampai dua hari,cara atasinya yak apa dok apa terkena ambien

    ReplyDelete
  20. dok, saya puna musang anus nya keluar panjang dan besar, seperti jambu merah
    dan musang saya juga sering meneran neran dok...
    3-4 hari musang saya makin parah.. anus nya makin keluar
    saya Tanya dengan bidan dekat rumah saya, saya dikasi obat amoksilin dan betadin
    gimana dok... saya kasihan liat musang saya
    tolong....

    ReplyDelete
  21. dok, tolong... musang saya paah dok..
    anus nya tuh udah warna biru
    apa yg harus saya kasih obat nya...
    biar anus nya yg besar, merah, panjang keluar...
    tolong dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      mbak udah pakein obat dari bidan itu? pake aja gak apa2.
      dan jangan dikasih makan apa2 selain buah pepaya matang yang dipotong2 kecil2. mbak udah baca artikel saya di atas, kan?

      Delete
  22. Dok musang saya umur 1½ bulan dia kena ambien padahal saya kasih makan pisang di blender sama susu sg* yg 0-6 bulan, nafsu makannya nurun trus kalo jalan sempoyongan,,itu gimana dok??

    ReplyDelete
  23. Dok musang saya umur 1½ bulan dia kena ambien padahal saya kasih makan pisang di blender sama susu sg* yg 0-6 bulan, nafsu makannya nurun trus kalo jalan sempoyongan,,itu gimana dok??

    ReplyDelete
  24. Di kasih pepaya ga mau dok, mbrontak terus,, jadi gimana dok solusinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih makan pepaya matang. jangan dikasih makanan lain selain jus pepaya, airnya dikit aja. disepet aja kalo gak mau. diloloh. oke?
      dan jangan dikasih susu lagi...

      udah separah apa? gak sebaiknya dibawa ke dokter aja, mas....


      maaf karena baru balas.

      Delete
    2. Di spet pake pepaya ngga mau dok mulut ngga mau di buka sama sekali,, trus kalo pake susu lahap banget dok dan udah ngga lemes lagi,aku stop kasih makan pisang penyetnya,kenapa sih dok ngga boleh dikasih susu???

      Delete
  25. Di kasih jus pepaya di speet ngga mau dok brontak di pegangin kepalanya ngga tega dok mundur" terus, trus kalo pake susu lahap banget trus sekarang udah ngga lemes dok ,,,gimana sih dok kenapa ngga boleh pake susu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu bikin sistem pencernaannya berat.
      sekarang udah gak lemes lagi?

      cek terus fesesnya, mas. kalau boleh, kirim gambar fesesnya ke sini. caranya ada di bagian atas tulis komentar (PERHATIAN)

      Delete
  26. Tak kasih makan susu tok ga lemes sama sekali dok malah larinya cepet dok,kalo di kasih jus pisang malah pup nya sampe jungkir balikkedepan dok kaya susah banget gitu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih jus pepaya aja, mbak. airnya dikit aja.
      kalo bisa, jangan dikasih makanan lain selain jus pepaya...
      minumannya, bisa pake air kelapa muda.

      udah berapa lama dia kesulitan pup?

      lakukan apa yang saya sarankan.

      Delete
  27. Dok, musang saya umur 4 bulan... Mo nanya, musang saya ngga bisa BAB udh beberapa hari ini perutnya jg udh semakin buncit..... Makannya skrng pepya+madu
    Kira2 kenapa ya dok

    ReplyDelete
  28. Dok musang saya. Ga mau makan. Udah 3 hari,perut nya jg semakin kecil. Badanya jdi kurus,setyap sya suapin pisang psti d lepeh lagi.. Kira" knpa. Ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa?
      terus fesesnya gimana? mencret?

      kasih bubur bayi promina, campur sari kurma. kalau dalam 4 jam masih belum abis, langsung buang.

      terus pagi dan sore kasih air kelapa biar sistem pencernaannya bagus lagi...

      mas bisa kirim foto fesesnya kemari?

      Delete
    2. Dok apa ini termasuk ambeien ?

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Dok..musang saya kena ambien, warna anus nya udah merah dok...tiap hari saya kasih makan pisang..gapernah yg lain...cara lain buat penyembuhannya gimanaa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas... :(
      kalo emang udah parah, mending segera bawa ke dokter hewan terdekat, mas...

      Delete
  31. bener dok, anusnya keluar sedikit terus agak tebel tapi ga berwarna merah, itu 2 minggu full saya kasi pisang aja, karna jarang pup, makanannya saya ganti bubur sun rasa pisang, langsung lancar lagi pupnya.

    ReplyDelete
  32. Asalammuallaikum wr wb, mau tanya dok, di dubur musang ssaya ada benjolan warna merah, usianya 4 bulan dok di kasih makan ceker sama minunnya susu kental manis, dikasih makan pepaya sama airr madu tidak mau dok, jadi tidak bisa mengikuti anjuran untuk penyembuhan. Solusinya bagai mana y dok? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending stop semua makanannya selain pepaya. jadi kasih makan pepaya aja.

      udah berapa lama?

      mas bisa baca artikel saya, DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN. mas bisa kasih obat itu... :)

      Delete
    2. dulu sebelum duburnya keluar benjolan merah, pernah kena virus (distemper) dok, di kasi obat sanprima syr fl no1(S2dd 0,3 cc). apa ambeien bisa di sebabkan karna obatnya itu y dok, sampai skrng masi saya kasi obat 2hari sekali soalnya uda sembuh dari distampernya dok.

      Delete
    3. setau saya sih sanprima nggak menimbulkan efek ambeien. namun, saya sarankan lebih baik stop aja.

      udah dikasih amoxicillin, mas? kalo saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan aja. biar sekalian dicek...

      Delete
  33. kurang lebih 4 hari dok,untuk minum susunya setiap 2 hari sekali di kasi vit b complek dok.

    ReplyDelete
  34. iya dok terimakasih saranya.

    masi belum berani ngasi amoxillin dok gak tau dosinya.

    dok apakah selain pepaya ada makanan lain ini soalnya g mau makan dok, badanya uda terlihat kurus, pepaya cuma di endus endus aja, sekarang musang saya lemes dok, tidak seperti biasanya, apa saya kasi makan ceker lagi y dok, biar g lemes..

    terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca aja di artikel itu...

      pepaya di jus dulu, kasih sari kurma. campur sari kurma. jangan dikasih makan lain selain buah. sekali lagi, jangan dikasih makan lain selain buah biar gak makin parah...

      Delete
  35. dok musang saya kena ambeien sudah keluar warna merah anusnya tadinya dua sekarang tinggal satu trs saya kasih obat yg dari anus itu sekarang jd wrn putih anusnya yg kluar harus gmn ya dok?

    ReplyDelete
  36. tolong bls dok krn disini sulit dokter yg mau menangani musang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mbak nggak ngasih tau posisi dan kota mbak dimana....
      kalo di jakarta, cob ake Pet+Vet Jakarta...

      Delete
  37. Dok kalau minumnya,susu SGM di campur madu bisa meredakan ambeyen tidak ya?

    ReplyDelete
  38. Musangku dulu gemuk pas ambeien jadi kurus karena aku kasih pepaya setiap hari,pada tidak pada dok?saya tidak tega karena menjadi kurus,ambeinnya juga terlihat kalau habis pup kalo sesudah pup ambeiennya masuk dalam anus

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan ambeien mas, kalau ambein biasanya nggak pup juga dia tetep di luar ambeiennya. mungkin ambeien, tapi udah mendingan itu sih... :)

      gak apa2, malah bagus musang tuh gak kurus juga gak gemuk... jadi sedang2 aja.... :)

      makannya sekarang mas kasih makan apa? terus dulu pas gemuk dikasih makan apa? :)

      Delete
  39. Kalo sekaranb Aku kasih buah pisang sama papaya terus,pas dulu saya kasih nasi kecap dan minumnya susu SGM

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu, mas. mending stop susunya. seminggu sekali bisa dikasih pala ayam. tapi inget, cukup seminggu sekali aja. porsi buah tetep kudu lebih banyak... :)

      Delete
  40. Dok musang saya beberapa hari ini tidak mau makan. Pas pup . Pupnya sedikit dan kadang agak cair. Itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa?
      terus biasa dikasih makan apa?

      coba kasih minum air kelapa campur sari kurma. tiap pagi dan sore. makannya kasih bubur bayi promina aja. jangan dikasih makan atau minum selain yang saya sarankan itu.

      Delete
  41. Dok untuk biaya operasi ambeyen Kisaran berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap dokter hewan biasanya beda-beda. tapi coba mas ke RSH terdekat aja. biayanya biasanya sekitar 500rbuan. bisa lebih bisa juga kurang dari itu. :) tanya aja dulu. :)

      Delete
  42. Permisi dokter, sya punya muspan betina umur 1 tahun 3 bulan , feses dan bentuk anusx normal dokter, tapi knpa kadang ada kaya cairan putih" di dekat anus ya dok ? Trus apa bener musang pandang di area anus atau kelaminx sering ada cairan kaya warna karat gtu donk ? Pdahal tiap hari udh di bersihin dok ? Yg umur 4 bulan pun gtu dok ? Itu knpa ya dokter
    Suwon dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. keputihan kayaknya.
      ya, musang juga bisa mengalami keputihan. yang 4 bulan juga betina ya mbak? kalau iya, kemungkinan emang keputihan.

      kondisi kandangnya dijaga kebersihannya. :)

      Delete
    2. Iya dok betina juga , berarti keputihan ya dok , itu wajar aja kh dok buat betina ?
      Dokter sya punya muskar umur 8 bulan , akhr" ini makanx sdikit dok , tapi kalo disuapin banyak makanx dok ? Apa ada pengaruh karna terlalu sya manjain ya dok ?

      Delete
  43. Bu dokter musangku 6 bln sudah 3 minggu ambeien blom sembuh udah tak kasih pepaya

    ReplyDelete
  44. Bu dokter mohon pencerahannya suhu sudah kasih makan dan madu sesuai artikel, musang sy kondisinya sdh ggk bisa pup cuma kencing saja. Keluar tonjolan merah, kasihan sekali baru umur 4-5bulan an��

    ReplyDelete
  45. Dok musang saya masih baby merem,awal nya saya kasih SGM dewasa, stelah dikasih SGM anusnya jadi sedikit bengkak. Sekarang sudah melek dan sudah makan pisang, tapi anusnya tetap bengkak. Mohon dijawab dok untuk mengobatinya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.