Penyakit-penyakit Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Penyakit pada burung hantu

umumnya dikarenakan bakteri dan parasit akibat ketidakseimbangan asupan makanan dan kebersihan yang kurang terjaga. Penyakit burung hantu juga kerap disebabkan oleh kondisi burung hantu yang lemah. Berikut adalah beberapa penyakit umum burung hantu yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman penulis sebagai dokter hewan. Oh iya, bagi anda yang ingin memelihara barn owl bulu jarum, anda bisa membaca artikel cara memelihara anakan barn owl.
Penyakit-penyakit Burung Hantu
  • Penyakit yang biasanya menjangkiti burung hantu biasanya adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang menempel pada bulu dan kulit. Maka dari itu, burung hantu perlu dijemur, minimal satu minggu sekali selama kira-kira 3 hingga 5 menit dibawah sinar matahari pagi. Penyakit pada burung hantu biasanya terjadi karena kondisi kandang atau perch yang kotor serta kurangnya perawatan dari pemilik burung hantu tersebut.

  • Selain karena parasit, penyakit pada burung hantu juga bisa disebabkan oleh cacing dan bakteri. Burung hantu yang terjangkiti penyakit akibat cacing dan bakteri biasanya bisa dilihat dari kotorannya yang berwarna cerah, cair, serta agak berbau. Burung hantu yang sehat biasanya memiliki kotoran berwarna hitam putih, berbentuk padat atau krim, serta berbau tidak menyengat.
  • Penyakit-penyakit lain pada burung hantu bisa anda search di blog ini di bagian cari artikel.
Demikian adalah beberapa

jenis penyakit pada burung hantu

. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi penambah wawasan anda dalam mengobati burung hantu yang sakit. Saran, kritik, dan komentar bisa disampaikan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

211 Responses to "Penyakit-penyakit Burung Hantu"

  1. Salam kenal dok..

    Saya mo tanya..
    Saya baru adopt barn owl usia juve awal.. Sudah jinak.. Klo saya dekati jarang defends..
    Smlm saya taruh dlm kardus bks kulkas.. Bis klo pup dmn2.. biasa'a sih saya lepas ddlm rumah.. Td pagi saya lupa kasih mkn :( baru siang saya ksh mkn, saya taruh ddlm kardus'a sore'a saya lihat sudah hbis mknn'a.. skrg saya kluarkn dlm kardus mo kasih mkn mln n ajak main.. Dia nolak trus.. mknn'a diliatin aja.. klo dtaruh dparuh'a baru di disambar tp dlepas lg.. Biasa'a klo saya ajak main n kasih mkn, dia g nolak. Mlh aktif bgd.. Apa mungkin dia stress dok saya taruh dlm kardus..? tp td siang saya taruh mknn ddlm kardus'a dia hbisin mknn'a.. pup'a juga cair dr kmrin, sprti berkapur klo sudah kering..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya jawab mas di pertanyaan yg sama di artikel lain... :)
      silakan dicek.. :)

      Delete
    2. Pagi Dok, saya punya bubo usia 1 bln, sedang sakit. Gejala awal mogok makan, lalu badan jadi lemes tiduran untuk fesesnya warna putih n coklat ada aiirnya dan berbau. Utk makannya tetep ada yg masuk wlo hanya 3 suapan dan sdh dkasi super N utk ptolongan pertamanya
      Menurut dokter gmna?

      Delete
    3. nafasnya kelihata susah nafas nggak? kalau iya, mending segera bawa ke dokter hewan sesegera mungkin.
      takutnya kena tetelo...

      meski kalau udah dikasih super-n sih harusnya udah cukup. tinggal makanannya aja yang dicacah biar dia gampang makannya....

      Delete
  2. Dok, mau tanya, burung hantu (celepuk) saya dari kemarin sesak nafas, bagaimana ya saya harus merawatnya? Dada nya seperti bengkak, kadang perutnya bunyi kepala muter, makan masih lahap. . Tolong sarannya dok, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya jawab di pertanyaan yang mbak ajukan di postingan saya yang lain.
      silakan dicek....

      Delete
    2. Assamualaikum dok.. Tolongin burhan saya 3 hari belakangan ini sering tertunduk lemas, kepala tertunduk di skitar kaki, sering jatuh dan lemas pertanda apa dok. Mohon solusinya segera....

      Delete
    3. nafasnya tersengal2/susah bernafas? kalau iya, bisa jadi tetelo.
      lebih baik bawa ke drh segera ya mas...

      Delete
    4. Semisal drh nya jauh/ sudah tutup? Penanganan pertamanya gmn dok..? Tq

      Delete
    5. kasih super-n, setetes pagi dan setetes sore. beli di toko mkananan burung.

      Delete
  3. Saya ucapkan terima kasih, atas artikel yg di terbit kan,

    ReplyDelete
  4. Salam dokter,
    Saya punya burung hantu kira2 berumur 3bln..saat terbang terjatuh ke kolam kira2 selama 3-5menit..karena basah saya langsung keringkan dengan hair dryer..2hari kemudian dia tidak begitu mw mkn..ga bisa terbang dan berdiri pun sulit sering jatuh..itu kenapa ya dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dikeringkan pake hairdryer mas? :(
      harusnya dilap pakai handuk kering lalu diangin2kan saja, gak usah sampai dikeringkan pakai hairdryer..... ada kemungkinan dehidrasi karena perubahan suhu...
      lebih baik dibawa ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan lebih tepat...

      Delete
  5. Salam dokter,
    Saya punya burung hantu kira2 berumur 3 bulan..saat terbang terjatuh di kolam ikan kira2 selama 3-5menit..karena basah saya langsung keringkan dengan hair dryer..2 hari kemudian dia tidak begitu mw mkn..kotoran nya tidak tercerna..ga bisa terbang dan berdiri pun sulit sering jatuh..

    ReplyDelete
  6. Udah saya bawa k dokter hanya dberi obat kalsium..kata dokter kl kena air bisa mati..apa bnr tdk bisa sembuh dokter?dia mkn ttp tp tdk bnyk..cm sprti lumpuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya tetep kasih makan. semoga lumpuhnya gak permanen, dan saya yakin masih bisa sembuh asal mas sabar... :)
      kena air bisa mati? saya kira itu mengada-ngada. kalau burung hantu dibilang rentan kena perubahan suhu yang drastis, baru saya setuju. makanya saya menganjurkan agar tidak memakai hairdryer untuk mengeringkan bulunya.... :)

      tapi tak apa. semoga sehat kembali seperti sdia kala... :)

      Delete
  7. Terima kasih dokter kata2 dokter buat saya semangat..saya udah bawa k dokter lain n sedang rawat inap karena saya lihat dia masi ada semangat hidup n aktif makana saya usahakan yg terbaik bwt dia..sekali lg terima kasih banyak dokter..saya perempuan ini pakai id suami saya:)

    ReplyDelete
  8. Dok saya baru beli bran owl masih chick. , saya beri nama OWEL., saya kira OWEL sehat no cacat ternyata sehat iya tapi cacat (makannya rakus., aktiv bergerak., klo malam bunyi" terus., pupnua juga normal) tapi kakinya yang sebelah bengkok dikit seperti patah terus ada benjolannya., masih bisa jalan tapi kakinya ditekuk., klo berdiri pincang., terus gak bisa nangkring....

    Saya mau tanya apakah kaki yang bengkok bisa kuat (untuk jalan., nangkring., nangkap mangsa) kaya normal lagi ya dok., klo sembuh total saya kira gak bisa

    TKS

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya tidak bisa melihat langsung bengkoknya seperti apa. mungkin mas bisa share di google plus saya. soalnya banyak sebab, bisa jadi frakture (retak atau patah tulang) atau disposisi. :)
      namun mas bisa baca artikel saya cara mengobati sayap patah pada burung hantu. secara prinsip sama. :)

      sehat terus buat owel. salam dari errol dan padma... :)

      Delete
  9. Dok burhan saya masih chick, pertama baik2 aja, tapi tiba2 dia ga mau makan, ga bisa berdiri, lemes, badanya setiap brp menit kejang2 gitu. Kira2 knp ya?
    Jadi saya suapin air sama nasi yg udh di lumat (bubur) biar dia makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung hantu dikasih nasi/bubur?? :(
      emang selama ini dikasih makan apa mas? dan suruh siapa dikasih makan bubur??

      burung hantu jelas tidak cocok dikasih makan bubur. jenis burung hantunya apa?

      Delete
  10. Dok., kok ada yang bilang bran owl itu dilindungi ya???., terus kalopelihara burung yang dilindungi itu gimana???., kalo nggak dilindungi burung falcon apa aja yang dilindungi???

    Terima kasih. ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. barn owl bukan termasuk dilindungi.
      cara memelihara jenis BOP yang dilindungi bisa dibikin surat2nya.... cara membuat surat memelihara hewan dilindungi bisa dibaca di artikel saya cara memelihara hewan dilindungi... :)

      Delete
  11. Dok saya mau tanya kalau pop nya burung hantu warna hijau cair itu kenapa ya Mohon solusinya Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hijaunya hijau seperti apa? mas bisa pasang fotonya? jadiin aja photo profil mas agar saya bisa cek.
      silakan cek juga artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      Delete
  12. Dok diki mau tany ,,
    Burung hantu diki kagak mau makan or kotoran nya hijau cair ama putih??
    Harus di kasih apa ya??
    Mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hijaunya hijau kayak apa?

      gak mogok makan atau ada tanda2 sakit lain? matanya gak merem kan? :)
      kalau semuanya nggak, bisa dikatakan sehat.. :)

      Delete
  13. Hijau daun or encer lagi,,
    Gak mau makan di kasih jangkrik gak mau makan,,
    Masalah nya diko nemu sih di kebun :D masih Anak nya,,
    Di kasih jangkrik gak mau,, harus di kasih apa lagi dok , :D
    Mohon bantuan nya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah juga soalnya saya sendiri belum tau jenisnya apa.
      ngasih jangkriknya jangan cuma ditaro gitu aja. coba disodorin ke mulutnya.
      opsi lain. beli daging sapi mentah di tukang sate. cacah sampe kecil, sesuai dengan ukuran mulut burung hantunya, lalu coba berikan dengan cara disodorin ke mulutnya juga.....

      Delete
  14. siang dok kl jenis bubo dilindungi ga? cara bikin suratnya kemana n kena biaya brp supaya bs perkiraan n ga ditipu oknum2

    ReplyDelete
    Replies
    1. bubo sumatranus bukan termasuk dilindungi kok... :)
      cara membuat surat hewan dilindungi bisa dibaca di artikel cara membuat surat hewan dilindungi...

      Delete
  15. Dok CG saya si tobi matanya merem sebelah dan dari lubang nafasnya keluar cairan responnya juga lambat dan terlihat lesu, warna feses normal , gimana cara perawatan pertamanya dok ? Sebelum saya bawa ke dokter hewan (dokter hewan ada di kota sebelah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik dibawa ke dokter hewan segera mas kalau memang di lubang nafasnya keluar cairan...

      Delete
  16. misi dok , mau tanya . barn owl saya kemarenan siang dikasih makan burung emprit 2 ekor, tapi kenapa ya malemnya dimutahin. terus semenjak itu dia jadi gak mau makan , lemes , mata sayup , dilolo juga di lepeh lagi makannya . biasa nya di kasih makan ikan . terus fasesnya juga warna coklat merah kehitam-hitaman . itu sakit apa ya dok ? solusinya gimana ?
    terimakasih . mohon bimbingannya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang kondisinya gimana?
      umur burung hantunya berapa?
      saran saya mending bawa aja ke dokter hewan. karena dokter hewan butuh melihat langsung kondisi burungnya kalau kasusnya seperti itu. empritnya disiangi dulu gak? apa langsung dikasih hidup2 gitu aja??

      Delete
  17. Dok Maaf Ganggu Ni Burhan Saya Celepuk Kena penyakit Teteleng Itu gimana cara Nanganinnya.... Makasih Dok.....

    ReplyDelete
  18. Dok barn owl saya masi brancher, barusan saya beli tes saya taruh tu di ruangan gelap agak lembab , mending dikasi rumah gt ga? Trs udh 2 hari ini ga mau makan, saya kasi jangkrik tp harus di lolohin, trs saya kasi daging ayam berdarah gamau jg, gmn ya solusiny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih bayi tikus, mas.
      bisa sesekali dikasih jangkrik... :)

      Delete
  19. Dok, permisi mau nanya lagi, saya baru adopt celepuk, first brancher, tp kenapa yah sayap nya yg kiri kaya cedera gitu, kaya patah, tp saya raba gaada yg patah, dan gaada yg luka, itu knp yah dok, kalo misalkan patah,apa bisa sembuh dengan sendirinya? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang pas diraba dia gak kesakitan, kemungkinan karena kurang kalsium aja... entahlah, bisa juga sebab lain, tapi itu tebakan saya.... mas bisa beli tulang sotong di toko makanan burung, lalu tumbuh hingga benar2 halus, oleskan ke makanannya, dan berikan....

      maaf baru balas, saya sibuk bgt 2 hari ini...

      Delete
    2. Gpp dok, tp pas saya liat2 kemaren, kaya ada luka nya di sayap, boleh dikasih bet*dine ga dok, soalnya kao dipegang sayap yg lukanya, suka ngegigit dianya, tp masih bisa terbang ko dok, makasih dok

      Delete
    3. iya kasih betadine aja gak apa2... :)
      pakai kapas, basahi kapasnya, lalu totol2 ke lukanya..

      Delete
    4. Makasih dok, saya mau nanya lagi, kalo burhan mandinya di semprot pake spray gitu yah? Terus setelah di semprot, apa harus dijemur? Atau di elap pakai handuk?

      Delete
    5. silakan baca artikel saya cara memandikan burung hantu

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum dokter, saya mau tanya 2 hari yg lalu saya beli barn owl juve di pasar burung daerah semarang. Pas saya beli di tkp blm sempet saya cek kondisinya, trus pas sampe rumah ternyata ada 3 helai bulu sayapnya sengaja di potong biar ga bisa terbang, di rumah juga kondisinya dia ga bisa bediri tidur juga kayak manusia jd dia miring ke arah kanan mulu kakinya kayak ga punya daya sama sekali, saya harus beri perawatan barn owl saya kayak gimana ya dok? Apa bulu sayapnya bisa tumbuh normal lagi dok? Kl bisa butuh waktu berapa lama dan penanganan seperti apa yaa? Mohon jawabanya ya dok, terima kasih :)

    ReplyDelete
  22. Dok saya mau nanya saya baru beli BO usia 1 bulan kok suka buka tutup mulut ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepanasan atau kehausan.
      mas bisa baca artikel burung hantu suka mangap-mangap. cari aja di bagian cari artikel... :)

      Delete
  23. Permisi dok. Si Barney (Barn Owl) usia kira-kira 3-4 bulan,sudah bersama selama 3 minggu. Kondisi fisiknya normal,nafsu makan rakus,sehat walafiat, dan hyperactive saat malam. Tetapi Barney belum menjadikan saya sebagai partnernya, alias belum jinak. Td saya iseng-iseng membuka mulutnya. Dan saya menemukan sebuah benjolan sebesar 1,5 ruas jari kelingking di dalam mulutnya. Penyakit apakah itu dok ? Apakah penyakitnya sangat parah dan berbahaya ? Lalu bagaimana cara mengobatinya ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benjolannya berwarna putih agak kekuning-kuningan gitu dok

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. coba mas baca artikel saya cara mengobati frounce. apakah seperti itu?
      nafsu makannya gimana?
      dia masih suka bunyi2 gitu atau lebih banyak diam? :)

      Delete
    5. Oh nama penyakitnya frounce. Saya telah membaca artikel dokter yg ttg frounce itu. Saya akan segera mengobati owl saya. Terimakasih dok.
      Nafsu makannya masih normal dok. Owl saya tidak pernah mengeluarkan bunyi (seperti owl umumnya) sejak saya adopt dia sampai skrg. Cuman kadang-kadang dia mengeluarkan bunyi "tok...tok" gitu klo sdg ketakutan. Takut dgn kucing adik saya.

      Delete
    6. oh gtu. :)
      matanya sering merem mas? :)

      Delete
  24. Salam dokter Fira.
    Dok hari ini saya beli celepuk usiax sekitar 2 bulanan, coz masih ada bulu kapas, oia nama clepukx LOKI dok.
    Jadi gini dok td si loki abis makn ta kasi minum pke sedotan, kan hidung loki di atas paruh tuh, tu bhaya gk dok klo kemasukan air.
    Trus baikx tinggi perch buat Loki yg baru 2 bulanan seberapa ?
    Kayakx dia udah bisa nangkring deh dok coz ta taruh di lengan juga udah oke.
    Saya dan Loki mohon bimbingan dari dokter Fira, jadi mohon bantuanx dok.
    Mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. gak bahaya kalau cuma dikit... :)
      udah bisa bunyi, namun biasanya gak sering. kebanyakan mereka hanya diam. gak apa2. pastikan jangkrik yang diberikan sebagai makanannya adalah jangkrik hidup, jangan yang sudah jadi bangkai.....

      kalau dilihat dari warna feses (eek)nya, kayaknya masih sehat..... :)

      salam buat loki dari padma dan errol.. :)

      Delete
    3. Oo gitu ya dok.
      Oia dok, sedotanx ta ganti pake pipet, coz loki sering ngoyak sedotanx jadi takut klo masuk ke hidung.
      Utk semntra itu dlu ya dok, mks. Oia salamx udah ta sampain ke loki, katax salam balik dr loki utk para sesepuh (Errol & Padma) :D

      Delete
  25. Dok, clepuk 2 bulanan udah bisa bunyi blm bila malam hari, coz si Loki kog gk bunyi ?
    Eek nya warna hitam putih krim.

    ReplyDelete
  26. Salam dokter fira.
    Dok saya mau nanya, barusan kan saya liat di yotube cara pemasangan equipment (jesse, angklet, dll) buat referensi masangin ke loki klo dia dah siap. loki sih udah bisa terbang lompat tpi cuma bisa bebrapa centi ae blm nyampe semeteran, nah di situ qu liat cara masang nyampe ekstrim (mnurut saya), coz pake metode bdan ma sayap dililitin kain trus kepala ditutupin kain juga.
    Menurut dok fira metode tersebut gimana, apakah aman buat Owl(Loki), takutx itu malah buat dia jadi stres, trus pendekatanx jdi berantakan. Coz skrg dah lumayan klo di panggil Loki (fiiiuuh) sautx. Jadi boleh kasih tips gk pesangan pertama buat Owl tu gimana biar dia agak tenang, trus gk mempengaruhi psikis si Loki ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saja kalau saya bayangkan, lebih baik jangan memasangkan angklett seperti itu. usahakan si loki tenang dulu, lebih bagus lagi kalau nanti saja dipasangkannya kalau si loki sudah mengenal mas dan percaya 100% dengan mas. tenang aja, saya seumur2 pelihara si errol gak pake angk-jess juga santai2 aja, hehehe. yang penting owlnya sehat. :)

      untuk sekarang sih pendekatan aja terus dengan si loki. kalau saya lihat sih si loki sudah mulai imprint dengan mas, dan ini bagus.

      oh ya boleh kasih minum pakai pipet.

      maaf baru saya balas, saya habis perjalanan dinas ke luar kota.... :)

      Delete
  27. Assalammuaikum Dr.
    Saya baru Beli Owl,Owl Saya Sering Melet-melet Dan tidur pun dia Golek,biasa nyakan burung tidur berdiri,sering meramkan mata jika dirumah,dan saya mau tau Cara membaginya Minum..
    TerimaKasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara memberi minum burung hantu udah ada artikelnya. silakan cari di bagian cari artikel...

      dia masih suka ngeluarin suara? matanya sering merem? kalau matanya sering merem dan dia keliatan murung (tidak mengeluarkan suara), kayaknya emang sakit. coba cek fesesnya (tahi), samakan dengan artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  28. Suara Bunyi ketika Dialihat saya,kalo org lain tidak,mata sering merem jika dirumah/kalo diluar tidak dok,fasesnya hitam,putih,dan bening,dok,Soal nya baru 3 hari sama hari ini saya pelihara,kalo tiap malam saya bawa jalan jalan dia mau terbang cuma tidak jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama saya ucapkan terima kasih karena mas sangat detail. :)
      makannya gimana? mas biasa kasih makan apa? :)

      namun dilihat dari fesesnya, saya optimis sehat. udah dilatih sampe mana mas? :)

      Delete
  29. Terbalik Dok,Seharus Nya saya yg Berterimakasih :D
    Makan Rakuss Auzubillah :D
    Saya Kasih Ikan Dok
    Ya,Saya Harap Dia Sehat Cuma Dia Tidak Terlalu Respon Dok :')
    Baru latih Terbang,Mungkin Dulu Sebelum Saya jadi Patner nya Dia jarang di Latih,
    Ohhiya Dok Cara Menandai kalo dia masih Brancher/Mature Dari Mana :D

    Terimakasih☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis owlnya buffy fish? coba sesekali mas kasih bayi tikus agar insting berburunya makin tajam. itu saja dari saya.
      untuk melihat usianya, mas bisa baca artikel saya istilah dalam memelihara burung hantu... :)

      Delete
  30. Terimakasih Dok Atas Info Nyaa ;;)

    ReplyDelete
  31. dok saya punya burhan jenis barn owl , di anus y ada benjoalan seperti dari dalam nonjol ke luar n berdarah , itu kenapa ya dok ? tolong info y !

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa mas?
      mas kasih daging dingin/beku ya? bener?
      soalnya daging beku atau dingin yang diberikan langsung bisa menyebabkan penyakit demikian, mending bawa ke dokter hewan terdekat sesegera mungkin...

      Delete
  32. Dok, mau nanya burung hantu saya semimnggu ini kok ilang nafsu makan ya ? Harus disuapi. Juga jd suka menyendiri dan ga mau dipegang, kira2 kenapa ya ? Dan bulunya agak rontok sedikit, kalo karena stress kok bukan ya dok, karena dia mentalnya stabil. Feses dll normal2 aja tuh. Gimana dok cara nanganinnya

    Juga burung hantu saya yg lain, kakinya bengkak. Kemungkinan karena aliran darahnya tersumbat. Dan sekarang jd terpincang2 dan selalu mengangkat kakinya. Gimana cara ngatasinya dok ? Dia juga sedang proses mabung.

    Saya masih punya 2 owl lain yg sehat, apakah harus dipisah sama 2 owl saya yg sakit ini ?

    ReplyDelete
  33. Yg kakinya bengkak saya olesin sama gpu dan minyak telon (diselang seling) kira2 bahaya nggak ya dok ? Sebelumnya kan kakinya yg bengkak itu terasa padat, tp begitu dikasih gpu jadi agak empuk, tp kaki bengkaknya belum kempes. Dan kalo ga dikasih gpu malah bengkaknya semakin gede. Kira2 digimanain ya dok? Soalnya saya tanya2 pada ga ngerti harus diapain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kakinya bengkak ini, dia sering menggaruk2an kakinya ke perch atau semacamnya? kalau iya, kemungkinan karena bakteri yang masuk. coba mbak baca artikel saya cara mengobati bumblefoot.


      kalau saya sarankan sih dipisahkan aja dengan yang sehat. jaga kebersihannya. dan untuk burung hantu yang sakit, akan lebih baik dibawa ke dokter hewan aja biar lebih jelas.

      selain itu, untuk gpu dan minyak telon, lebih baik kasih gpu aja dlu. itu juga saya nggak yakin bisa sembuh ya, hehehe. sepertinya sih ada something, entah penyumbatan aliran darah atau apa, yang ngebuat owlnya bengkak.

      kakinya yang bengkak itu mengalami perubahan warna nggak? misalnya jadi biru?

      Delete
    2. Iya dok. Itu sejarahnya karena dia salah dikasih anklet yg ga cocok sama kakinya, waktu baru beli dipatukin terus, dan dulu waktu itu masih suka takut n terbang kesana ke!ari. Kemungkinan luka karena itu. Sekarang kadang aja dipatukin, tp matukin kalo pas dia ngerasa terganggu atau ikut2an temennya yg baru dikasih anklet. Kakinyanga biru sih dok. Cuma bengkak aja..

      Oya dok, yg 1 nya ternyata cacingan dan ga mau makan, dikasih apa ya dok ? Sudah seminggu ini dia saya suapin terus, karena kalo gitu dia ga mau makan..

      Delete
    3. yang bengkak suka gosok2in kakinya yang bengkak?
      mending bawa ke dokter hewan aja mbak, terutama yang bengkak dan yang cacingan. yang lain evakuasi dulu, jangan deket2 yang lagi sakit.....

      make angklett itu gak wajib kok. kalau emang owlnya ngerasa gak nyaman dengan angklettnya, lepas aja... :)

      saya tunggu kabarnya

      Delete
    4. Yg bengkak nggak suka gosok2in kakinya kok dok, biasa aja. Juga dia bengkaknya bukan yg kayak di foto itu lho, tapi cuma bengkak biasa, cuma kasian liatnya dia nggak senormal dulu. Rencanamya memamg mau bawa ke dokter minggu ini dok, nunggu jadwalnya kosong.

      Tapi kalo ga dipasangin anklet yg ini dia sukanya kabur2an (padahal dah lama pelihara), lbh penakut, tapi ini akan dipertimbangkan karna dia mulai anteng.

      Kalo yg cacingan malah kalo malem biasanya udah dilepas talinya, jd cuma dikasih tali apa itu ya namanya jesse ? Yg buat dicantolin di tali utama. Dia ga di tali karena anteng dok :)

      Salam dari dua anak kesayangan saya yg lagi sakit, Rei & John =]

      Delete
    5. burung hantu akan lebih mudah percaya sama kita kalau dia nggak kita ikat. dan kepercayaan antara master dan partner adalah hal utama dalam memelihara burung hantu, mbak... :)

      kalau gak sering gosok2 kakinya, berarti bukan infeksi. dan syukurlah kalau emang begitu. gak sering kesakitan juga, dan gak berkurang nafsu makannya, saya sih yakin ada sebab lain entah apa itu. bukan hal yang patut dicemaskan karena keliatannya everything is fine....'

      semoga sehat selalu. salam dari padma dan errol...

      Delete
  34. Dok mau tanya, saya punya celepuk jawa, 2 hari ini Siro sering muntah dan fasesnya berwarna coklat, makannanya jangkrik rutin, terus Siro juga lemes kalo terbang suka nabrak kemaren2 enggk begitu dok, mohon sarannya dok terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? maaf baru saya balas. blogspot error tadi pagi, mas.
      makanannya gak pernah dikasih lain? misalnya bayi tikus?

      fesesnya cuma ada 1 elemen? gak ada elemen putih susu dan bening seperti air?

      bisa jadi banyak sebab, tapi kalau fesesnya hanya ada 1 elemen aja, kemungkinan dehidrasi karena kurang minum...

      Delete
    2. Alhamdulilah dok udah enggk muntah, tapi kadang fasesnya normal kadang coklat tua gak ada warna putihnya, makanan lain baru nyoba kasih fillet anak ayam dok, kalau minum itu tiap makan pagi sama malam rutin di suapin minum, apa sebaiknya dikasih wadah minum dok? Terimakasih responnya dok :)

      Delete
    3. kalau emang dia bisa minum sendiri dari wadah, gak apa2 taruh aja wadah minum. itu juga kalau dia bisa minum sendiri. kalau gak bisa, ya mau gak mau harus dikasih pake sedotan.

      caranya silakan baca di artikel saya cara memberi minum burung hantu.

      observasi terus ya mas. dan kasih kabar ke saya. saya tunggu. :)

      Delete
    4. Dok keadaan siro udah membaik udah nyoba ngajarin minum di wadah masih proses, terus ini kmren nyoba ngasih obat sama vitamin buat burung kicau cocok apa enggak dok kira2 buat burhan?

      Delete
    5. kalau suplemen buat burung hantu, ada kok merknya vitahawk. pake itu aja mas. :)

      sehat terus buat siro. mas dah tau kan parameter kesehatan burung hantu dari apanya?
      dari fesesnya. kalau fesesnya terdiri dari 3 elemen, itu berarti sehat.

      jangan lengah. sehat terus buat siro. :)

      Delete
  35. Dok, saya punya BWK, saat ini BWK saya sedang sakit, gejalanya seperti ingin muntah dan disertai pengap2, sudah 3 hari BWK saya sepati itu, BWK saya juga tidak mau makan dan tidak bersuara lg, kira2 apa yanf hrus saya perbuat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah 3 hari, mending bawa aja ke dokter hewan terdekat, mas....

      kalau mau, bawa fesesnya, buat sample dokter hewannya....

      Delete
  36. Dok celepuk saya di bawah sayapnya yang kanan warnanya hitam gtu dok sementara yg kiri normal. Itu penyakit atw kotor ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nafsu makan dan fesesnya normal, bisa dikatakan masih sehat. dia suka menggaruk-garuk bagian yang hitam?

      untuk referensi fesesnya, silakan cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  37. Salam kenal buat bu dokter

    Saya kan bru aja punya burung hantu, keadaannya sih sehat2 aja, tpi saya mau tanya, burung hantu saya matanya picek sebelah itu karena apa ya dok ? Trus kan saya pegang dia, kedua matanya melek, tapi mata kanan yg picek itu juga ikut melek, tpi meleknya ga bisa kyk mata yg kirinya dok
    Itu kenapa ya ? Ada apa dengan matanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga,
      ada banyak sebab. dan saya juga nggak tahu gimana keadaan matanya. picek seperti apa, apakah berubah warna, apakah kelopaknya tertutup, apakah ada kotoran di sudut2 matanya, dll...

      hmm, bisa mas foto lalu ubah foto profil mas pake foto matanya? :)

      saya tunggu ya...

      Delete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Salam kenal dari malaysia doc. Saya ada seekor burung hantu jenis spotted owl saya namakan olivia. Pulang dari kerja saya lihat olivia sudah terbaring takboleh berdiri. Matanya pejam. Mata hitamnya penuh. Sayapnya menggeletar. Kenapa itu doc? Bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. sebelumnya, maaf karena saya baru bisa balas hari ini. :(

      bagaimana keadaan owlnya saat ini?
      i guess, its new castle disease. di indonesia, new castle disease disebut tetelo. saya dah bahas di artikel cara mengobati tetelo pada burung hantu.
      dah bawa ke vet?

      sekali lagi, maaf karena saya baru bisa balas hari ini.

      Delete
  40. Dok,barnes wol saya 1,5 bln. Matanya jarang mau melek meski dipegang, tapi bersuara aktif, makan normal . Kemudian kenapa salah satu sayapnya rendah seperti lemas tidak mau dilipat. Pencernaannya ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek fesesnya. silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      Delete
  41. Dok mau tanya kalo burung gak mau makan, terus matanya tertutup kaya ada embun gitu di matanya, sama fasesnya hijau , apa terkena tetelo ?

    ReplyDelete
  42. Dok kalo barn owl chick di kasih kepala ayam mentah gak apa - apa ? Soalnya kata yg jual suruh kasih kepala ayam.. mohon petunjuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah terbiasa dikasih kepala ayam nggak? jujur saya belum pernah coba, tapi kayaknya sih mending jangan deh mas. banyakan tulangnya daripada dagingnya...

      Delete
  43. Dok saya baru beli bo yg msh buku kapas,awalnya saya kash makan burung pipit,dan makannya lahap,dan ngga lesu,lalu teman saya menganjurkan memberi makan tikus putih/puyuh atau daging marmot. Karena saya blum nemu daging marmot dan saya blum berani memotong2 dagingnya,,saya beli daging klinci dulu,stelah saya kasih mkan daging klinci itupun dia hanya sdikit makannya,besoknya fesesnya berwarna merah dan agak lesu hanya diam saja,,mohon sarannya dok trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas taro owlnya dimana? di dalam ruangan atau di luar? jangan diluar ruangan karena cuaca lagi gak bagus, apalagi kalo malam.

      soal fesesnya, sekarang gimana setelah sehari? masih sama?

      mending stop pemberian daging kelinci. atau bisa sih kasih daging kelinci tapi jangan banyak2.

      dan coba kasih super-n, satu tes aja tiap hari. beli super-n di toko makana burung...

      Delete
  44. Dok celepuk saya kok tiba" lemes,merem,gk mau berdiri,makan si masih mau,belakangan memang saya telak kasoh makan si dok



    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaah, kenapa bisa sampe telat kasih makan, mas? :(
      fesesnya / tahinya putih semua ya? bener?

      kenapa bisa sampe telat kasih makan sih mas?

      coba mas beli super-n di toko makanan burung, kasih setetes tiap hari. saya nggak jamin sembuh, tapi semoga aja ya...

      Delete
  45. Dok saya punya celepuk kenapa kepala nya nunduk terus dan kalo nangkring gak seimbang dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. tahinya.
      coba baca dulu artikel saya parameter kesehatan burung hantu.....

      untuk penanganannya, silakan beli super-n di toko makanan burung, dan kasih setetes tiap hari...

      Delete
  46. Feses nya cair ada putih nya gitu dok..
    Itu nunduk nya Karna kemarin di kasih makan terus di taruh di kaki nya na dia mau ambil makan itu di kaki nya habis itu kepala nya nunduk terus dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dikasih super-n belum?

      kayak lumpuh gitu ya mas? bener? coba aja kasih super-n dulu...

      tetep kasih makan, meski cuma sedikit, gak apa2. yang penting dia makan.

      Delete
  47. Belum dok nanti saya beli..
    Gak sii dok nunduk terus gitu apa keseleo ya dok karna dia ambil makan di kaki nya itu?? Soal nya itu pertama kali nya dia gitu dok
    Kalo makan nya lancar dok

    ReplyDelete
  48. Replies
    1. super-n ditetesin ke mulutnya...

      coba aja kasih super-n dulu, mas.

      fotonya post di postimage.org aja mas, di g+ gak kebuka...

      Delete
    2. Berapa tetes dok??
      https://postimg.org/image/4yhfy0w7x
      https://postimg.org/image/77fqzg87p/
      Itu dok foto nya

      Delete
    3. setetes tiap hari...

      sementara treatmentnya pake super-n aja dulu.

      kabari lagi saya soal fesesnya ya mas. :)

      Delete
  49. Foto nya saya pos di google plus dok coba dokter liyat ..

    ReplyDelete
  50. selamat siang dokter,

    dokter, saya mohon bertanya.
    Saya memiliki 2 ekor buffy owl yAng saya tempatkan di balkon rumah di lantai 3 seukuran 2,4 meter x 1,5 meter, tinggi 4 meter ( Atap dr acrilic kaca, 3 sisi dinding dr tembok dan 1 sisi saya tutupi dengan kawat ram.

    Kedua buffy saya pelihara dari bracher awal sejak tahun lalu ( saat ini mungkin sudah mature tengah usianya) mereka besar bersama di ruangan tersebut. saya juga sudah membuatkan rumah kayu ditancapkan di tembok ketinggian 3meter. Sinar matahari masuk dari atap acrilic dan dari kawat ram tsb. Setiap hari tmpt tsb selalu saya bersihkan, saya sikaat dg air dan saya semprot dg selang air.

    Ohya saya tidak memasangkan angklet dan jesse maupun leash tali kepada keduanya krn selalu klo bermain atau melatih selalu di ruangan tsb atau saya latih di dalam rumah.

    Kemarin siang jam 1 saya menemukan salah satu buffy sudah meninggal pdh tadi malamnya jam 12 saya memberi makan, keduanya masih aktif, jinak seerti biata.

    Yang saya masi bingung sampai sekarang adalah posisi terakhir saat meninggal.
    Posisi meninggalnya sedang memanjat bertengger di kawat ram tsb ( tidak tergantung terbalik kepala di bawah tetapi posisi seperti dia sedang memanjat/ bertengger di kawat tsb, tidak seperti mati) bahkan krn posisi mati yg aneh tsb saya awalnya berpikir dia tidak mati tp sedang tengger memanjat di kawat.
    Padahal 3 jam lalu, saya masih mendapati burung tsb masih hidup sedang tengger di bawah.

    saya sudahmemeriksa burung tidak terkait / terjerat apapun, tidak ada benda berbahaya di ruangan tsb dan burung tsb sudah hampir setahunan aman tinggal di tmp tsb. Ketika saya turunkan dia sudah mati dg paruh menganga/ terbuka dan kaki masih mencengkram kawat

    Sejujurnya saya masi sgt sedih dan penasaran kenapa burung tsb bisa mati.

    Sepengetahuan saya, biasa kalo burung atau hewan mati dia akan jatuh atau tergeletak lemas di bawah. Mengapa dia bisa mati posisi memanjat.

    1. dokter bdskan pengalaman dokter menangani burhan, menurut pendapat dokter apa penyebab kematiannya?
    2. apa burung bisa pingsan? bgmn membedakannya dg mati ?
    ( setelah saya turunkan, badannya masi lemas belum kaku, mgkn baru mati 1 jam atau 2 jam sebelumnya kemudian saya letakkan di lantai selama 30 menit, saya coba tekan2 dadanya tidak ada respon, matanya 1 terbuka tp saya tutup masihbisa. setelah saya tunggu 2 jam akhirnya saya kuburkan

    3. buffy saya ukurannya sudah besar mungkin panjangnya ada 50-60 cm apakah cara menguburnya biasa saja atau perlu prosedur khusus?

    trims dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya, saya ikut sedih denger kabarnya.
      mas gak tahu kalau kesehatan burung hantu bisa dilihat dari fesesnya? dari tahinya? kalau burung hantu yang sehat biasanya fesesnya terdiri dari 3 elemen: putih kayak susu (urate), bening kayak air (urine), dan kehitaman/kecoklatan (feses). biasanya kalau burung hantu yang sakit berubah kok fesesnya.

      selama pelihara, gak pernah dikasih super-n? buat jaga daya tahan tubuhnya. kalau saya biasanya saya kasih setetes tiap hari.

      mengenai penyebab matinya buffy milik mas, tapi tebakan saya mungkin (dan ini cuma mungkin, artinya belum pasti) NSD alias tetelo. harusnya sih bisa dideteksi dari warna fesesnya. meski secara fisik gak keliatan ada gejala NSD, tapi biasanya dari fesesnya berubah kok.

      Delete
    2. iya dokter, walau cuma burung tapi kenapa perasaan sedih sekali ya.

      Dokter bukankah klo seekor burung hantu mati krn penyakit maka burung tsb akan jatuh ke bawah dan lemas ( kaki tidak kuat mencengkram tenggeran/ memanjat?
      yg saya heran posisi terakhir matinya sedang memanjat bertengger di kawat ram.
      beberapa jam sebelumnya masih aktif sekali dokter.. tdk tampak merem melek, diam, murung dll, bahkan masih aktif mau makan =((


      apa ada dok burung hantu hanya pingsan beberapa jam/ mati suri?

      Delete
    3. kalau pingsan, masih mungkin.
      kalau mati suri, saya belum pernah nemu kasus kayak gitu. :)

      NSD biasanya bis menyebabkan mati mendadak gitu kok mas.

      Delete
    4. bagaimana membedakan pings dan mati do?

      haduh jangan2 cm pingsan ..tp klo pingsan bukankah kaya org terkulai lemas dok?

      tp sy sudah resusitasi teken2 dadanya ga ada respon smp 2 jam ke depan dan paruhnya mangap terbuka.

      hiks =(

      Delete
    5. setau saya ya, hewan gak pingsan kecuali dibius. jarang ada hewan yang pingsan secara alami.

      yang sabar ya mas. saya juga pernah kehilangan burung hantu sebelum errol dulu.....

      maaf baru balas...

      Delete
  51. Dok saya punya burung hantu jenis buffy fish, akhir" inidia susah bgt makan, sempet dibeliin vitamin dan makanya lahap lagi, nahsekarang dia ga mau makan lagi 2hari, dan skarang kakinya malah seperti lemas, ketika terbang dari tempat satu ketempat lain kakinya seperti ngga kuat untuk mencengkram dan akhirnya jatuh, kira" kenapa ya dok dan apa yg harus saya lakukan, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan kurang kalsium?
      kalau saya sarankan, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja biar sekalian dicek.... takutnya dugaan saya bener....

      tebakan lain, dan semoga aja tebakan ini salah, kena tetelo (NSD). kecil kemungkinan sih.

      kabari lagi

      Delete
  52. Maaf dok saya mw minta saran. Saya baru 3bulan adop burhan jenis celepuk. Slama itu juga gada penyakit apapun yg sya lihat cuman bru 2 hri ini burhan sya sering tertunduk lemas sampai berdiri pun terjungkal jungkal sudah 2 hri pdhal sblumnya gada apa apa malah aktif bnget dok. Cuman kmren" itu saya telat ksih makan, terakhir ksih makanan jam 12 malem trus telat bru sya ksih makan jam 1 siang nah dri situ tiba tiba burhan sya sering tertunduk lemas bahkan terbang/berdiri pun terjatuh jatuh.. gmn dok ada apa dngan burhan sya? Tolong ksih saran. Matanya merah yg biasanya kuning jdi merah TT

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu penyebabnya. mas/mbak telat kasih makan.
      coba sekarang ke toko makanan burung, beli super-n, langsung kasih setetes setiap hari. sekarang, langsung berangkat ke toko makanan burung!
      saya gak jamin bisa sembuh, mudah2an masih bisa.... jangan sampe telat kasih makan lagi

      Delete
  53. Met malam dok assalamualaikum.. Saya mau nanya dok barn owl saya (Bond) matanya merem aja. Trus lemes.(tidak seperti biasanya. Selalu teriak2) Makan masih nafsu tapi kayak susah menelan dok. Itu knp ya dok?? Mksh dokter atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel parameter kesehatan burung hantu, terutama fesesnya. samain dengan feses burung masnya.

      untuk obatnya, mas bisa baca artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat

      Delete
  54. dokter ini bagaimana ya burung hantu saya si ucil tidak mau berdiri lemas dan tersungkur ke depan tetapi sayapnya melebar dok bagaimana cara mengobatinya
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur, saya khawatir dia kena nsd atau tetelo. coba mbak baca artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat, kasih obat yang saya tulis di artikel itu...

      Delete
  55. dok mau tanya, burung hantu saya sempet kena semprotan nyamuk (vape) secara gak sengaja, terus burung hantu jadi kaya orang mabok, lemes, penanggulangan biar gak gitu lagi harus gimana ya dok.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. maaf banget.
      agak susah sih, karena kemungkinan partikel racunnya udah masuk ke saluran nafasnya.... mungkin buat daya tahan tubuhnya, mas bisa kasih super-n, setetes setiap hari. cara pemberiannya mas bisa cek artikel cara agar burung hantu tetap sehat.

      Delete
  56. Dok saya mau tanya burung hantu saya (barn owl) usia 6 bulan saya kasih makan biasanya mau trs jelang kemarin burung saya nolak makan dan kelihatan lemas dan tidak mau beraktivitas itu ada masalah dalam hal apa dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas pengunjung baru blog ini ya? hehehe.
      selamat bergabung.
      coba cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu. terutama soal fesesnya.

      kalo udah tahu fesesnya gimana, coba mas buka artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat. kasih obat yang saya tulis di artikel itu...

      Delete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. dok tolong di bantu burung hantu saya tiba2 jatuh dari tangkringan trs muter2 kepalanya kyk kejang2 gitu kepalanya jadi nunduk trs gk kuat berdiri muter2 kyk sawan gt. kepalanya di bawah trs muter2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetelo. atau new castle disease.
      udah berapa lama? coba mas buka artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat. kasih obat yang saya tulis di artikel itu.

      saya gak jamin sembuh. kalo belum terlalu parah, pasti bisa sembuh. dan kalo udah sembuh, mending nanti segera divaksin..

      Delete
  59. Dok saya punya barn owl umurnya brancher akhir, uno namanya. Sy mau nanya. Uno knp ya dok ada benjolan di kulitnya seperti balon isinya angin dok. Itu knp ya dok penyebabnya.. Dan cara mengobatinya bagaimana dok. Sblmnya terima kasih sudah mau jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. disebelah mananya ya mas.
      dia suka garuk2 bagian yang benjolan itu?
      coba aja sering jemur, minimal seminggu sekali. selama 10 menit, sebelum jam 8 pagi.
      dan benjolannya kasih dettol antiseptik (yang warna cairannya kayak teh). kasih pake kapas.

      jaga kebersihan kandangnya.

      Delete
  60. dok, saya punya celepuk brancher tadi malam baru meninggal , aneh nya meninggal tiba2 padahal dari feses normal klo mengacu di blog nya dokter.. terus paruh nya juga tidak ada frounce, tiap malam bersuara normal.. makan lancar,2 minggu sekali dikasih minyak ikan, 2hari sekali dikasih super n,, mungkin dokter bisa tau penyebabnya ? oya pas malem dia aga lemas tapi masih mau makan dan minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepalanya agak mendongak ke atas ya? bener?
      agak susah kalo kasusnya sudden death begini. tapi biasanya karena NSD/tetelo.... itupun sebenernya saya kurang yakin, karena emang lagi banyak kasus hewan mati akhir2 ini. jadi variabelnya banyak banget, mas...

      Delete
  61. Trakhir sih nunduk dok sekali2.. Oh gtu saya takut nular ke celepuk yg udh juve sama yg barn owl yg msh brancher (umurnya kurang lebih sebulan), apa perlu di vaksin tetelo ya? Terutama utk brancher bo nya..

    ReplyDelete
  62. Dok saya mau nanya.. knapa ya celepuk saya kok kaya orang mabok... ngak nafsu makan. fesesnya cair putih gak kaya biasanya... pokoknya jempalik.an lah dokk... trus cara nanganinya gma ya dokk.

    trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pindahkan ke ruangan yang sepi.
      rutin kasih super-n. cara belinya ada di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT....

      rutin kasih makan. jangan sampe telat. mas kasih makan apa?

      Delete
  63. Dok, mau tanya. Ini burhan saya jenis BO kok sperti terkena flu itu harus di Kasih obat atau ada solusi lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas... maaaf banget... :(
      udah ada artikelnya, CARA MENGOBATI BURUNG HANTU PILEK

      Delete
  64. Dok celepuk ane bety kemaren gabisa jalan lumpuh total , sebelumnya mah baik" aja , sempet tdr di tangan saya lagi. Sebelum tdrkan dia aku elus elus kepalanya sampe tertidur terbaring.. Pagi paginya saya bangunin eh malah gabisa bangun dianya.. Itu kira kira kenapa ya dok? Btw udh dipakein minyak gosok, super-n.. Fases aman 3 elemen.. Brancher awal dok.. Hyperaktif . And cara penanganannya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan burung hantunya?
      coba kasih super-n rutin 2x sehari, untuk makanannya kasih daging emprit yang dicacah halus. kasih satu2 ke burungnya...

      sementara itu dulu.

      oh ya, foto fesesnya bisa dikirim kemari? saya tunggu

      Delete
  65. Dokter mau tanya ini. Saya punya BO 2 ekor. ambil dari sarangnya langsung. Tapi kata temen saya BOnya yg satu Kuntet. nah yang saya tidak tahu yg dimaksud dengan Kuntet itu apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya bantet? badannya gak gede2?
      emang tahu darimana temen mas, kok bisa tahu dia burung hantunya kuntet? :)

      toh kalau kuntet, gak apa2. malah menurut saya unik. :)

      Delete
  66. Nah kemaren saya baru liat ternyata di belakang dengkulnya ada lebam gitu dok, nah kalo di pencet triak triak si bety... Ane lagi beli tulanf sotong di online.. Soalnya ga ada yg jual di penjual burung daerah saya.. Apakah itu kekurangan kalsium atau apa dok?
    Terus si betty aktif bgt tetep jalan jalan dengan cara ngesot" gt.. Apakah itu bisa memperparah keadaannya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, di betisnya ada memar?
      coba kasih minyak urut aja dulu mbak. sampe 3 atau 5 hari ke depan.
      super-n tetep dikasih.

      mbak nggak tahu kenapa dengkulnya memar?

      makan gimana? masih mau?

      kabari

      Delete
  67. Dok say mau tnya, saya kan punya buffy nah matanya belekan sebelah trs merem sebelah dan warna mat yg belekan itu beda sama yg sehat, itu bagaimana ya dok penanganannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 matanya?
      mas sering mandiin dia nggak?

      jujur agak riskan juga kalau dari jauh, mending saya sarankan bawa ke dokter hewan terdekat aja mas...

      atau mas bisa tetesin matanya pake air rebusan daun sirih... tapi itu juga saya gak jamin bisa sembuh... mau coba dulu? silakan...

      Delete
  68. Salken dok , saya mau tanya .. Knp burhan saya gk mau mkn ,mata sering terpejam, dan kotoran nya cair hanya putih dan terkadang hijau tua bercampur agak kecoklat coklatan ya dok? Trs gmn cara mengobati nya? Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT. kasih sehari 2x, pagi dan sore.

      makanannya mas kasih apa? pastikan makanannya bebas bahan kimia (formalin dll). jenis burung hantunya apa?

      Delete
  69. Bang kalo celepuk nganga nganga kaya pengen muntah itu kenapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya: KENAPA BURUNG HANTU MANGAP-MANGAP.

      coba cari di bagian search, di atas...

      Delete
  70. dok mau tanya saya punya buffy fish owl..kenapa ya mata nya yg sebelah suka merem aja...mohon petunjuk nya dok trima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama dia gak suka garuk2 sebelah matanya, saya rasa aman. cukup pastikan aja di sekitar owlnya gak banyak nyamuk, dan rajin mandikan burungnya. caranya baca di artikel cara memandikan burung hantu. maaf karena baru balas, mas... :(

      Delete
  71. dok knpa burhan saya tibatiba diam kaku,pas saya mau ksi mkn dia tibatiba diam kaku kyak mati gitu dok?ini terjdi knpa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa berdiri gitu ya mas?
      maaf karena baru balas...

      saya takutnya tetelo. harusnya sebelum kaki gitu biasanya keliatan tanda2nya dari fesesnya/tahinya....

      Delete
    2. Salam..barn owl saya baru mau tumbuh bulu dewasa..burung saya cergas..cuma badan dia macam kembong kembong..kenapa ya?

      Delete
    3. Salam..barn owl saya baru mau tumbuh bulu dewasa..burung saya cergas..cuma badan dia macam kembong kembong..kenapa ya?

      Delete
  72. Assalammualaikum wr.wb
    Mbak fira saya punya anakan celepuk usia 2 minggu , tadi pagi kotorannya normal , tapi kok malam ini kotorannya warnanya jadi cokelat kri, aku khawatir kalau burhanku kena cacingan , kira2 itu kotoran mengindikasikan masih sehat ?
    Terima kasih
    Wassalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  73. Assalammualaikum wr.wb
    Mbak fira saya punya anakan celepuk usia 2 minggu , tadi pagi kotorannya normal , tapi kok malam ini kotorannya warnanya jadi cokelat krim, aku khawatir kalau burhanku kena cacingan , kira2 itu kotoran mengindikasikan masih sehat ?
    Terima kasih
    Wassalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n sesegera mungkin mas. dua tetes, pagi setetes, sore setetes.
      makanannya mas kasih apa? kasih jangkrik berukuran kecil aka.

      Delete
  74. Dok. Browndes (BO) saya mndadak gk bsa terbg dok. Sudah hmpir sminggu. Klo trbg kyk berat lalu lgsung jtuh gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafasnya kayak berat? kayak susah bernafas? saya takut kena tetelo sih...

      kayak lumpuh gitu ya? udah ada artikelnya: mengobati buurung hantu lumpuh. atau kalau mau pasti, saya sarankan mending bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  75. Nafasnya normal. Kalo tetelo kan gk smpek 5 hri efeknya. Ini udah seminggu. Semenjam saya kasi makan 3 ekor tikus jumper. Nah di hri ketiga saya hanya ksih 2 krena sya liat dia kyak mles gerak juga tikus ke dua hanya di genggam. Klo skrg makannya udah mlai lahap lgi. Kotorannya coklat tpi kayak ada wrna merah samar2 gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kasih super-n mas. 2 tetes sehari, setetes pagi dan setetes sore...

      Delete
  76. dok mau tanya nih dok si jokker (burung hantu) kenapa y dia nunduk trus dok. trus pas d cek kotoranya berwarna putih ke kuning2an dok dan makanya juga susah dok. tolong bantu y dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      kasih super-n segera. beli di toko makanan burung.
      mas biasa kasih makan apa? terus jenis burung hantunya apa?

      kasih daging puyuh atau daging emprit aja. cacah dulu. bisa nyetok di freezer. kalo mau kasih makan, potong sedikit, rendem pake air mineral sampe gak beku dan gak dingin lagi, cacah, terus kasih ke dia...

      Delete
  77. dok bop saya udah skill fof dan jttf 50cm
    td siang ko mulutnya berlendir yah
    sama mata sblh kanan juga kaya orang belekan keluar air.
    kotorannya putih cmpr coklat bau bgt
    kemaren normal.
    baru td siang itu knapa yah
    sama nanganinnya gimana?
    makasih dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera kasih super-n, kasih 2 tetes sehari, pagi setetes, sore setetes....

      sambil cari2 info dokter hewan, mas...

      Delete
  78. dok mau tanya, tadi pagi aku lihat buffy ku kesangkut dan gelantungan seharian sampe keluar lendir mulutnya, baru ketahuan pas pagi itu, abis itu aku turunin langsung joprak lemas, aku bingung harus gimana karena udh 2 hari dia ga mau makan, biasanya lele langsung santap, ini disuapin aja di lepeh trus, ada solusi kah dok ? plis aku bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa bisa nggak ketahuan sih mas? :(
      stress kayaknya.
      kasih super-n, setetes pagi, setetes sore.
      kasih makan daging emprit yang dicacah halus. masukkin ke mulutnya aja.

      Delete
  79. Permisi dokter saya mau tanya sedikit.

    Burhan saya jenis celepuk namanya akira dan msh chick msh spt kapas bulunya, kira2 kapan ya dok akira bisa mulai di vaksin dan brp kali vaksinnya it dok? Lalu kira2 umur brp juga akira bisa makan daging sapi atau lele? Apa boleh juga burhan diberi buah2an?

    Terima kasih banyak dokter mohon bantuannya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal makanannya, cukup kasih makan jangkrik aja mas.
      kalo burung hantu celepuk, cukup jangkrik aja. jangan yang gede2 jangkriknya. sekira gampang dimakan sama dia. bisa sesekali kasih cacahan daging emprit atau puyuh....

      jangan dikasih daging sapi atau lele atau buah2an. gak cocok.

      soal vaksin, mending mas hubungi dokter atau rumah sakit hewna terdekat aja. mas tinggal dimana?

      Delete
    2. Saya tinggal di babelan, bekasi utara dok. Apa ada saran drh terdekat?


      Terus kalau burhan udah terlanjur dikasih pisang bagaimana dok? Tapi baru satu kali dok dan itu udh dimuntahkan. Yang ngasih ayah saya dok.

      Delete
    3. ada di artikel Alamat Dokter Hewan Daerah Bekasi...

      jangan lagi-lagi dikasih pisang, ya mas. :)

      kasih super-n setetes setiap hari.

      Delete
  80. Dok burhan saya mau dikasih makan. Tapi lemas sekali bahkan di sangkar jatuh seperti gak kuat berdiri di pijakan. Sampai seperti tertidur dan tidak kuat terbang. Sarannya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih super-n aja mbak. super-n beli di toko makanan burung.
      kasih setetes pagi dan setetes sore.

      saya takutnya dia kena tetelo sih. tapi coba aja dulu mbak

      Delete
  81. Dok tolong burung hantu saya tiba tiba lemas, gak mau makan dan matanya terpejam terus. Feses nya cair dan warnanya coklat2 pekat gitu dok. Itu kenapa ya dok? Dan pertolongan pertamanya bagaimana dok karena disekarang sudah malam tidak ada dokter hewan yg buka. Mohon bantuannya dok terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih super-n. besok beli super-n di toko makanan burung, terus kasih ke dia, setetes pagi dan setetes sore. instruksi lengkapnya ada di artikel cara agar burung hantu tetap sehat

      Delete
  82. Dok maaf mau tanya
    Burung hantu saya kan masih anak, kemaren ini sehat" aja. Tahu-tahu malem ini lemes, kakinya diangkat satu. Suaranya jadi gak begitu kenceng. Nah, kan saya kasih makan dia burung kecil (kata penjualnya kasih makan itu sih), terus burungnya sekarang pada mati satu". Saya takutnya tadi dia makan yang sakit. Gimana nih dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafasnya agak susah?
      maafkan saya karena baru balas. dan sekarang gimana mas keadaannya?

      saya takutnya sih dia kena tetelo.... harusnya kalo udah ada satu yang mati, yang lain pisahin... dan karantina...

      Delete
  83. Salam kenal dok. Celepuk betina saya sdh 2 bulan ini saya lepas keluar rumah saat malam dan sdh terlatih utk pulang saat subuh. Namun saya jd khawatir apakah ada penyakit yg bs dibawa celepuk saya dan ditularkan ke penghuni rumah krn saya tdk bs mengontrol kebersihan atau dmn tempat bertenggernya selama main di luar. Biasanya saya mandikan seminggu sekali pakai air sirih spy bulunya tdk berkuman. Apakah celepuk saya perlu divaksin? Umurnya kira2 7bln. Trm ksh dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama mas jaga kebersihannya, termasuk dengan cara dimandikan seminggu sekali, saya kira udah cukup. kalau toh mau divaksin, boleh aja sih mas. :)

      nama celepuknya siapa? saya jadi inget si errol... :D

      Delete
  84. Dok mau Tanya kalau kena penyakit pencernaan seperti yg dokter katakan diatas itu, kalau kadang2 kotorannya yg hitam cair ( tidak padat ) tp berbau itu sudah pasti terkena penyakit bakteri / virus dok, karena kadang kotorannya bagus hitam padat, putih Dan putih bening.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi baunya gimana?
      selama masih 3 elemen seperti yang saya tulis di artikel parameter kesehatan burung hantu, saya kira dia masih sehat. oh ya, dan nafsu makannya gimana mas? oke?

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Baunya seperti bangkai doc, tp kadang2 saja doc padahal tuk 3 element yg doc post itu menandakan kotorannya sehat cuma kadang2 saja yg warna hitamnya cair Dan berbau.
      Tuk nafsu makannya bagus doc. Sama doc kalau celepuk rebahan seperti anak ayam yg dierami oleh induknya itu tidak apa2 atau itu menandakan dia sakit doc ?

      Delete
    4. selama nafsu makannya bagus, nggak apa2 kok celepuk kayak gitu. mungkin untuk jaga2, mbak bisa kasih obat Anti Saraf untuk burung, beli di toko makanan burung.... :)

      Delete
    5. Ohh syukur deh gak kenapa2 kalau untuk obatnya anti sarafnya apa tuh dok yg cocok / bagus takutnya salah pilih >.<

      Delete
    6. iya, merknya obat Anti Saraf.

      sekarang gimana fesesnya? 3 elemen?

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
    8. Ohh ok doc itu nanti pemberian obatnya bagaimana ? Untuk fesesnya bagus doc masih 3 element. Oh iya doc itu kalau Sering rebahan terus itu kenapa yah doc, dulu tidak pernah apa memang seperti itu ? Dan juga kalau saya lihat kalau bertengger di tangan saya cengkraman kakinya kurang. Jd kadang di kehilangan pegangannya di tangan saya.

      Delete
    9. ada kok cara pemberiannya di kemasannya. :)

      kalau soal cengkramannya berkurang, nggak apa2 sih mbak selama nafsu makannya bagus. antisipasinya makanya kemaren saya suruh kasih Anti Saraf, untuk mencegah kemungkinan tetelo.... :)

      sekarang gimana? :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.