Cara Merawat Sugar Glider Yang Sakit | Drh. Fira Sovica

Merawat Sugar Glider yang sakit

tidak sesulit yang dibayangkan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat sugar glider yang sakit. Dan berikut adalah beberapa tips yang ditujukkan untuk para pecinta sugar glider tentang cara merawat sugar glider yang sakit. Artikel lain mengenai bedanya sugar glider albino dengan sugar glider leucistic bisa anda ikuti di artikel bedanya sugar glider leucistic dengan sugar glider albino.
Image taken from lowyat.net

  • Ketahui penyebab sakitnya.
  • Hal pertama yang perlu dilakukan untuk merawat sugar glider yang sedang sakit adalah mengetahui penyebab sakitnya. Apakah sugar glider itu terlihat lemas? Atau terdapat luka, bengkak, atau lainnya? Jika iya, lanjutkan ke poin kedua.
  • Pisahkan sugar glider yang sakit ke kandang khusus.
  • Hal kedua setelah anda mengetahui penyebab sakit pada sugar glider adalah dengan memindahkannya ke kandang lain. Jangan tempatkan sugar glider yang sakit satu kandang bersama sugar glider yang sehat.
  • Beri campuran sedikit madu pada air minumnya, dan beri makan buah-buahan.
  • Untuk langkah awal pengobatan, beri sedikit madu pada air minum sugar glider dan jangan beri makanan yang mengandung protein. Sebaiknya, makanan terbaik untuk sugar glider yang sedang sakit adalah buah-buahan yang tidak mengandung protein seperti pepaya. Jangan sesekali memberikan bubur bayi atau serangga kepada sugar glider yang sedang sakit karena bisa memperparah sakitnya, terutama sugar glider yang sedang mengalami luka atau pembengkakan kaki. Khusus untuk mengobati sugar glider yang mengalami pembengkakan kaki, anda bisa membaca tips mengobati sugar glider yang kakinya bengkak di artikel cara mengobati kaki bengkak pada sugar glider.
  • Khusus untuk sugar glider yang sedang sakit mata, segera bawa sugar glider anda ke vet terdekat.
  • Meski ada beberapa breeder yang menggunakan obat tetes mata untuk mengobati sakit mata pada sugar glider, namun saya tidak menyarankan anda untuk mengobati mata sugar glider yang sedang sakit. Hal terbaik untuk mengobati mata sugar glider adalah dengan membersihkannya dengan tisu steril. Akan lebih baik lagi bila anda membawa sugar glider yang sedang sakit mata sesegera mungkin ke dokter hewan terdekat.

Demikian adalah beberapa tips untuk

merawat sugar glider yang sedang sakit

. Semoga tips diatas bisa membantu anda dalam mengobati sugar glider. Saran dan kritik dari anda saya tunggu di kolom komentar. Terima kasih. (FS)

376 Responses to "Cara Merawat Sugar Glider Yang Sakit"

  1. Dok saya mau tanya..
    Kalo SG saya tuh gamau makan dan selalu mengeluarkan cairan terus di deket alat vitalnya, itu knp yah dok ?

    ReplyDelete
  2. Dok saya mau tanya..
    Kalo SG saya tuh gamau makan dan selalu mengeluarkan cairan terus di deket alat vitalnya, itu knp yah dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diberi makan jus pepaya campur madu..... selama 2 hari, kasih makan berupa jus pepaya campur madu aja, jangan diberi makan bubur sun dulu....
      setelah 2 hari, lapor lagi ke saya ya mas... :)

      Delete
  3. dok mau tanya joey jantan saya perutnya buncit dah fasesnya mencret dok ga bergairah jg sg nya...
    cara merawatnya di apain ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa mas?
      untuk seminggui ke depan, coba kasih makan buah-buahan saja. terutama pepaya. kalau dia tidak mau pepaya potong, bisa diblender dulu, lalu kasih madu sedikit sekira terasa manis aja. air minumnya juga kasih madu.
      pisahkan dengan sg lain yang sehat ya mas.....

      sehat selalu buat sgnya...

      Delete
    2. sebelum"nya dkasih bubur bayi dan baik" aj.. dah udh seharian saya prrhatiin sgnya diem n fasesnya cair...
      klo dipisahkannya hanya dengan d sekat kandangnya boleh ngga dok?
      atau lebih baik kandang terpisah..
      terimakasih dok sebelumnya

      Delete
    3. kandang terpisah aja.
      iya. perkiraan saya sih dia makan bubur bayi yang gak layak makan. mungkin kelamaan. makanya ada bakteri di sistem pencernaannya....
      lakukan yang saya sarankan ya mas... :)

      Delete
    4. Dok sg saya bersin bersin melulu apa ya obatnya dah 2 minggu gak sembuu

      Delete
    5. pastikan kondisi kandang dan ruangannya bebas debu. jangan dibiasakan merokok di ruangan yang ada sgnya, karena selain membuat bersin, juga membahayakan paru2 sugar glider....

      jaga kebersihan ruangannya terutama dari debu...

      jaga pola makan dan daya tahan tubuhnya dia... :)

      Delete
    6. Dok sg saya bersin bersin melulu apa ya obatnya dah 2 minggu gak sembuu

      Delete
    7. pastikan kondisi kandang dan ruangannya bebas debu. jangan dibiasakan merokok di ruangan yang ada sgnya, karena selain membuat bersin, juga membahayakan paru2 sugar glider....

      jaga kebersihan ruangannya terutama dari debu...

      jaga pola makan dan daya tahan tubuhnya dia... :)

      Delete
  4. Ass. Dok, saya mau konsultasi. Tupai saya bersih2 kaya semacam flu dok. Cara mengobatinya gimana ya dok? Mohon sarannya dok. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pindahkan kandangnya ke dalam ruangan yang agak hangat. jaga kebersihan kandang dan jangan lupa kasih makan... :)

      Delete
  5. Izin bertanya dok,,
    Apa benar Vitamin Scott's Emulsion untuk anak boleh di berikan untuk sg yg kurang bergairah makan? atau untuk di campur di makanannya setiap hari untuk penambah vitaminnya?? lalu jika vitamin itu rasa jeruk boleh tidak dok krn yg saya tau sg tidak boleh di beri jeruk..,, (maaf klo sy salah info) makasih sebelumnya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. makanan sugar glider boleh dicampur scott emulsion tapi sedikit saja, jangan sampe kebanyakan. vitamin scott emulsion rasa jeruk gak masalah. sebenernya ngasih sg jeruk juga boleh saja ASALKAN jeruknya gak kecut/asam. kalau jeruknya manis, gak apa2. kasih aja. yang gak boleh itu sg dikasih jeruk yang asam.... :)

      silakan baca artikel lain mengenai sugar glider di blog ini. semoga membantu... :)

      Delete
    2. Terima Kasih banyak atas penjelasan yg sangat membantu ini dok :)

      Delete
  6. Mba sugr glider saya sering memojok, hidung merah terang, susah makan. Apakah dia sakit atau stress bagaimana mengetahuinya atau mengantisipasi nya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagai hewan nocturnal, kalau siang hari memang sugar glider lebih seneng menghabiskan waktu di pouch. :)
      fesesnya gimana? nafsu makan bagus?? harap jaga makanan, air minum (bisa dikasih madu air minumnya), dan kebersihan kandang... :)

      Delete
    2. Malam dok. Mau tanya kalo cara mengatasi sg yang lagi sakit kayaknya kaki belakangnya mengalami kelumpuhan trus mau tanya itu penybabnya apa ya??

      Delete
    3. silakan baca artikel saya cara mengobati hind leg paralisys pada sugar glider

      Delete
  7. Pagi dok, saya mw nanya klo sg saya matanya berair trus kpn ya?? Makanya mw bubur sun pisang. Trus kalo saya bawa ke dokter hewan kira2 brp biayanya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini jangan dikasih bubur sun dulu.
      kasih buah2an aja, seperti pepaya dan pisang. sekali lagi saya tekankan, JANGAN DIKASIH BUBUR SUN atau BUBUR BAYI APAPUN. kasih buah aja. air minum jangan dikasih gula. kasih madu aja sedikit, agar terasa manis sedikit... :)

      lakukan selama 2 minggu, setelah itu laporkan ke saya lagi ya mbak... :)
      sehat selalu... :)

      Delete
  8. malam dok, saya ingin bertanya,
    sg saya tiba-tiba makannya sdkit, badannya lemas, bersin-bersin dan jadi galak bngt,
    ada penyebabnya g ya dok? cara perawatannya bgmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya sering2 dibersihkan.
      usahakan agar suhu ruangan tempat memelihara sg tetap stabil, jangan terlalu panas juga jangan terlalu dingin. air minum kasih madu.... :)

      Delete
  9. selamat pagi dok, saya mau tanya. Saya baru banget beli joey mungkin kurang dari sebulan oop tapi sudah saya pisahlan dengan induknya. Sekarang sih sudah jinak, ga crabbing atopun crying kaya malam pertama dipisahkan sama induknya. Nah ini joey makannta dikit banget dok, kadang harus saya jejalkan ke mulutnya agar dia mau jilat makananya yg ada dekat mulutnya. Dan yg cowo kotorannya ga padet kering gitu dok, tapi agak luman besar untuk sg seukurannya. dan agak lembek juga agak bau amis sedikit. Apa sg saya sakit atau kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya, joey bisa dijual mulai dari umur 3 atau 4 bulan. kalau masih 1 bulan, dia masih sangat tergantung kepada nutrisi dari susu induknya. itulah kenapa feses joey mas agak berbeda. dia dipaksakan makan bubur bayi yang belum tentu cocok dengan sistem pencernaannya....

      tapi ya sudahlah, sudah terlanjur dibeli. semoga aja tidak ada para penjual sg yang semena2 seperti itu lagi. jujur saya kadang gak habis pikir kepada seller yang menjual sg joey umur sebulan langsung dijual......

      untuk masalah mas, saya sarankan mas kasih joeynya jus pepaya tanpa gula. kasih aja ke dia. minimal sekali sehari dikasih.

      kalau soal makannya sedikit, memang kalau umur segitu biasanya makan sedikit.

      sehat selalu... :)

      Delete
    2. Saya yg salah dok, kenapa saya ambil juga kan pas saya tau kecil.
      Doakan saja ya dok. Kalo saya kasi susu sgm soya boleh tidak dok?
      Untuk pepayanya kalo saya haluskan saja bisa ga?
      Saya sering ngasih air campur madu dok dan mereka alhamdulillah mau.

      Delete
    3. iya, gak apa2. semoga dia sehat ya mas. :)
      boleh kasih sgm soya.
      lebih baik pepayanya di jus aja mas. atau boleh juga sih dihancurkan asalkan sampai benar2 hamcur..

      alhamdulillah kalau mereka mau minum air madu. jaga kesehatan mereka ya mas... :)

      Delete
    4. Alhamdulillah dok, sekarang sg sg saya sudah lincah dan maunya diajak bercanda terus sama saya, bahkan sering 'menggonggong' untuk manggil saya. Sekarang masih saya kasih sgm soya campur madu saja dan terkadang saya kasih buah. Terima kasih atas saran dokter dan sudah membuatkan artikel dari pertanyaan saya sebelumnya. Karna jujur saja, saya pun sempat mencari artikel yg mengulas tentang umur minimal pembelian sg tapi saya tidak pernah menemukan artikel yg menyinggung hal itu.
      boleh saya tau alamat email dokter agar saya dapat bertanya tanpa harus post reply di sini?
      dan ada yg saya ingin tanyakan dok, sg sg saya ini sepasang dan bersaudara, apakah boleh untuk dikawinkan saat dewasa? apakah jika bersaudara jika dikawinkan bisa berdampak cacat seperti pada manusia?

      Delete
    5. saya lebih seneng interaksi di blog ini, hehehe.
      saya seneng kalau sgnya udah mulai aktif dan sehat.

      oh ya, sekarang mas bisa konsul langsung dengan saya via chat. saya aktif chat jam 9 hingga jam 12 siang saja setiap hari. bisa diakses via menu forum dan chat...

      Delete
    6. Baiklah dok, lalu gimana soal mengawinkannya itu dok?

      Delete
    7. untuk mengawinkan sugar glider, mas bisa baca artikel siklus hidup sugar glider dan artikel cara mengawinkan sugar glider

      Delete
  10. dok cara ngobatin tupai yang sakit gimana ya? dia lemes bgt gk mau makan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. kalau fesesnya cair, berarti emang dia (kemungkinan) memang sakit.
      kalau tidak mau makan, sepet aja pakai pipet mas... :)

      Delete
  11. Malam Dok, saya punya SG betina trus kakinya nyangkut ke kain yg kita berikan ampe busuk trus skr jadi menghitam, trus kaki sg-nya dijilat2 juga sama sg-nya. Mohon info obatnya apa ya dok ? apakah krn bertengkar dengan jantan ? Yang jantan digabungnya sebelum yg betina sakit. Mohon bantuannya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa treatment:
      1. pisahkan dengan sg yang sehat. sg yang sakit dipisahkan ke kandang tersendiri (jangan disatukan dengan yang sehat).
      2. kasih makanan hanya buah2an saja. pepaya dan pisang, saya rekomendasikan. JANGAN DIKASIH MAKANAN YANG MENGANDUNG PROTEIN DULU seperti bubur bayi, jangkrik, ulang hongkong, dll. CUKUP HANYA BUAH SAJA.
      3. untuk pengobatan, mas bisa beli amoxicillin di apotik. satu tablet dipotong 3 bagian, lalu tumbuk hingga halus, dan berikan 5 sendok makan air. minumkan ke sg yang sakit 3 kali sehari.
      lakukan treatment di atas selama 1 minggu sambil diobservasi.... :)

      Delete
  12. Malem Dok... Mohon sarannya... Sg saya keliatannya lemas sekali... Makannya ngga mau... Dan kelenjar minyak di kepalanya tidak mengeluarkan minyak lagi... Bagaimana cara mengobatinya ya dok... ? Obatnya apa.. ? Terimakasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah dia keliatan susah saat pup, mbak?
      sementara ini kasih buah yang berasa manis saja (lengkeng, pepaya, pisang). air minumnya coba tambah madu, agar lebih terasa manis. lakukan treatment selama 4 hari, setelah itu bisa kembali kemari...

      Delete
    2. Dia tidak pup dok, tapi dia kehilangan nafsu makan, sudah saya buatkan pepaya dicampur madu dan minuman dengan madu, tetapi dia tidak mau makan dan minum walaupun saya suapin dok. Badannya semakin lemas dan kulitnya(buku buku jari, kulit kepala, kulit sekitar mulut dan hidung) semakin pucat kuning dok. Bagaimana ya dok?

      Delete
    3. coba mbak pipet saja. suapi pakai pipet, terutama pada malam hari. saya sih masih optimis dia sehat. mbak bisa kasih tau saya bentuk fesesnya? apakah padat atau cair? warnanya apa? :)
      kalau fesesnya masih menyerupai feses cicak agak besar dan berwarna hitam, itu masih bisa dikatakan sehat. kasih madu di minumannya. itu saran saya. untuk makanan, kasih bubur bayi merek promina rasa kacang hijau.... kasih madu dikit....

      oh ya, di dalam kandangnya taruh kaus bekas pakai mbak, biar dia kenal ownernya siapa.... biasanya sg mengenai ownernya dari aroma tubuhnya, sama seperti kucing.... :)

      Delete
  13. malem dok, saya punya sg yg mgkn sktran 1,5 bulan.
    kadang kalo dia angkat tanganny sblh itu suka gemetaran dan katanya sg itu hewan nocturna; tapi udah malem dan lampu udh saya matiin dymalah tteb aja tidur .
    kenpa ya dok? mohon jawabannya karena saya takut skli dy knp":(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. kalau umur segitu memang masih suka gemetaran.
      iya sg itu nocturnal, tapi kalau umur dibawah 3 bulan kadang mereka masih suka tidur di malam hari... :)

      Delete
  14. Permisi dok.. saya mau tanya..
    Ko SG saya gk mo makan buah ya.. it knp ya dok... Tp klo saya ksh bubur bayi dia mau.. Tp itu jg klo di suapin
    ..
    Solusi nya gan ya dok..
    1lgi dnk SG saya yg betina kaki sm mulut bawah nya agak bengkak... kyk nya si memar bekas mentok tembok pas mo terbang.. gan cara ngobatinnya ya dok.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak lala :)
      coba kasih buah yang rasanya manis kayak lengkeng. biasanya kalau manis, mereka mau....

      cara mengobati sg yang memar dan bengkak bisa kasih jus buah (pisang) kasih madu agar dia mau makan. lakukan sampai bengkaknya berkurang atau kempes.... selengkapnya bisa mbak baca di artikel cara mengobati kaki bengkak pada sugar glider. cari di bagian cari artikel....

      Delete
  15. mksh dok....
    mudh2n berhasil.. dan bermanfaat sms artikel yg dokter tulis.... amini ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin... jangan sungkan bertanya jika ada problem.. :)

      Delete
  16. Permisi dok..
    Mau nanya,Sg saya kan udah punya anak 2 umurnya kira-kira 2bulan,
    Joey yg satu sehat walafiat nah joey yg satunya lagi lemes banget jalan juga jatuh mulu kaya kurang ASI itu cara penanganan nya gimana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang joey yang lemes itu masih di susui ama induknya gak? kalau iya, biarin aja dulu.
      susu induk sg biasanya bisa memperbaiki daya tahan tubuh joeynya juga... :)

      banyak kok kasus kayak gini. biasanya nanti akan normal dengan sendirinya... :)

      Delete
  17. Dok SG sy bdnnya lms tdk mau mkn dan napas tgl satu2 gmn m ngatasinya trimks

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum dok :) saya sonny dok mau banyak nanya sama dokter , saya newbie banget nih dok sebagai adopter ,tolong bantuanya dok ..
    Hmm saya udah 2 minggu lebih adopt 2 sg betina , zoey dan molly ..
    Sekarang kondisi zoey kurang baik , karna sering bersin dan menggaruk hidungnya .
    Hmm tp untuk makan , zoey cukup lahap , dengan menu selang seling , sun , UH , pepaya , madu , dan puupnya baik , seperti kot cicak , padat dan hitam pekat , pertanyaanya apakah zoey sedang flu ? Bagaimana cara mengobatinya dok ??
    Zoey saya taro satu ruangan dengan saya di kamar ber-ac , karna saya khawatir klo diluar kamar dok , gmana solusi melihara sg yg di ruang ber-ac ??
    Terimakasih dok , mohon pencerahanya :) assalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas oliver. saya akan coba jawab.
      1. untuk makanan, sebaiknya UH diberikan jarang2 saja. yah, 2 minggu sekali boleh dikasih UH.
      saya terima kasih sekali mas udah menjelaskan mengenai warna dan bentuk fesesnya. kalau dari segi feses sih udah termasuk sehat. dan untuk bersih itu, saya perlu bertanya: apakah hidungnya terlihat basah? apakah si sg sering keliatan 'ileran' ? kalau iya, mungkin saja dia flu.
      2. sebenernya kalau ac-nya tidak terlalu dingin, gak apa2 ditaruh di ruangan ber-ac. sebaiknya di dalam kandang taruh kaus bekas pakai mas agar sgnya bisa menyusup ke dalam kaus jika kedinginan. set juga ac-nya agar tidak terlalu dingin ya mas. dan sering2 dibersihkan kandangnya... :)
      itu saja. jika ada yang perlu ditanyakan lagi, saya siap membantu... :)

      Delete
    2. untuk hidungnya sih gk basah dok , gk ileran jg ko , tp sering bersin dan,menggaruk-garuk hdngnya ajah dok , ada lg nih dok yg mmw saya tanyakan , mungkin gk yah sg kna ambeien ?
      soalnya sg saya sekarabg kaya lg ambeien dok , sblm pup selalu mendesis gtu, dan posisi anusnya tuh gak balik ke posisi normalnya klo abis pup , klo normalnya kan posisi anusnya balik lg ke posisi awal "rata dngan bulu bahkan tertutup blu" kalo sg saya tuh posisi anusnya kluar, tlong bantuanya yah dok,

      Delete
    3. kalau hanya menggaruk hidungnya saja, kayaknya gak masalah. asalkan dia tetap mau makan (rakus).
      kalau soal sg yang susah buang air besar, saya pernah bikin artikelnya. silakan search aja "sugar glider susah buang air besar" di bagian cari artikel... :)

      oh ya. sekarang ini cuaca sedang tidak bagus untuk sugar glider. sebaiknya hati2 karena banyak hewan2 sakit sekarang ini. kalau sgnya ditaruh di luar ruangan, sebaiknya pindahkan ke dalam ruangan dulu

      Delete
    4. ok dok terimakasih untuk infonya , saya mersasa terbantu :*
      sg saya jnis classic grey dok , tp kenapa wrna bulunya agak kekuningan yah dok ?
      terutama di bagian blu putih , apakah itu normal dok?.

      Delete
    5. ada beberapa sebab kenapa sg classic grey warnanya jadi agak kekuningan. biasanya karena kena urine dan kotorannya. bisa dibersihkan kembali dengan cara rajin2 mengelap badan sg dengan air hangat... :)
      saya sudah membuat beberapa artikel tentang membersihkan bulu sg yang kekuningan di blog ini. silakan dicari saja di bagian cari artikel...

      Delete
  19. Dok apa obatnya klau sgnya flu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti flu pada manusia, flu pada sugar glider juga bisa sembuh dengan sendirinya. tanpa obat. asalkan asupan makanan, kebersihan kandang, dan daya tahan tubuh si sg terus terjaga. jangan sampai drop. mas/mbak bisa kasih madu di air minumnya dan jaga ketersediaan makanan dalam kandang... :)

      Delete
  20. Dok sg jantan saya kok dari kelaminnya keluar cairan, trus cairannya itu bau amis dok kaya kuning telur, itu knp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau boleh tau umur berapa?
      nafsu makannya gimana? si sg keliatan murung atau tetap aktif? :)

      Delete
    2. Umurnya sih kurang tau dok, makan tetcep lancar,aktif tapi lemot soalnya badannya gendut :)

      Delete
    3. kalau makannya masih lancar, kayaknya masih sehat mas... :)
      jangan terlalu gendut juga. kasian ginjal dan jantungnya... :)

      Delete
  21. Saya mau tany dok, kalo sg saya lemas dan mata sayup itu kenapa?
    Dan cara penangan nya gmana?
    Th,x dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur sgnya berapa mas? dia masih mau makan? :)
      sebelumnya saya tekankan bahwa sg adalah hewan nocturnal, dia lebih banyak menghabiskan waktu siang hari untuk tidur....

      Delete
  22. Dok SG saya kok gemeteran trs dan agak males ya?klo diajak main gak bisa lincah tp pas tengah mlm baru lincah lompat2 sndiri di kandangnya,itu knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sg memang hewan nocturnal, jadi dia lebih aktif pada malam hari.
      selama dia masih mau makan, kayaknya gak masalah....

      mas/mbak pelihara berapa ekor?

      Delete
    2. Masih pelihara 1 ekor betina umur sktr 2 bln

      Delete
    3. ooh gitu... perlu saya beri tahu bahwa sg adalah hewan sosial. minimal, pelihara 2 ekor sg dalam satu kandang agar mereka tidak kesepian... bisa sih pelihara 1 ekor, tapi harus sering2 diajak main biar dia gak kesepian... :)

      Delete
    4. Tp pas diajak main kok males2an ya dok?kadang mau ajak main hrus dipancing dulu pake mkanan biar mau kluar dr kntung tidurnya

      Delete
    5. iya, dia malas2an biasanya karena ngerasa 'gak ada temennya'.... :)

      Delete
    6. Oke dok terima kasih infonya :)

      Delete
  23. ass dok saya mau konsultasi sg saya mata nya bengkat keluar darah kelopak matanya merah , jatoh dari tangga kira2 cara ngobatin nya gmn ya dok , takut buta dia tolong di jwb makasih dok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa bisa sampe kayak gitu mas? kapan2 kalau memang statusnya urgent, langsung bawa ke klinik hewan aja. murah kok biayanya....

      jangan dikasih makanan yang mengandung protein dulu (jangan dikasih bubur bayi, jangkrik, serangga, ulat hongkong, dll yang mengandung protein dulu)... cukup kasih buah aja... lakukan selama 2 minggu kedepan... oh ya, pisahkan dengan sg lain... karantina di kandang khusus...

      maaf baru balas, saya sibuk bgt 2 hari ini... :(
      semoga sgnya baik2 saja...

      Delete
  24. Permisi dok, mau konsultasi SG saya flu cara pengobatan nya gimana yaa

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya bahas di artikel cara mengobati pilek pada sugar glider. silakan cari di bagian cari artikel.. :)

      Delete
  25. Malam
    Permisi dok, saya mau nannya. SG saya kan baru dipindah dari kosan pacar saya. Dari kosan pacar saya SG ni sehat2 aja. Begitu pindah ke rumah SG saya aneh. Ujung ekornya bengkor2 kaya hampir putus dan kaku dok tulangnya yang bengkok. Mkin hari makin hairless dan trakhir ni saya liat ujung ekor yang bengkok2 hilang (ekor itemnya ga da). Tapi hairlessnya makin ke pangkal dan ekornya juga masih bengkok2. Itu kenapa ya? Dan solusinya apa? Apa perlu dipotong ekornya?

    Apa Dokter fira buka klinik sendiri? Dan kalo buka sendiri, apa berkenan beritahu alamatnya?Saya ragu ke dokter hewan sekitar mengingat jarang ada dokter yang familiar dengan SG.

    Trimakasih. Selamat malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus yang sama dok
      mohon pencerahannya :)

      Delete
    2. bengkoknya begitu sampe ke rumah mas atau setelah beberapa lama?
      gak ada dugaan samasekali kenapa?

      ekor sg gak mungkin bisa bengkok sendiri atau luka sendiri tanpa ada insiden/kecelakaan. mungkin selama perjalanan agak terguncang2...

      untuk pengobatan, silakan baca artikel saya cara mengobati ekor sugar glider yang putus...

      Delete
  26. Dok mau tanya. Sya br beli sg umur 1,5 bln. Tp msh kcil bgt..
    Juga gak mau makan.. saran apa agar sg saya lahap makan? Trimakasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sg adalah hewan nocturnal, mereka lebih aktif pada malam hari.
      coba beri makan pada malam hari dengan cara handsfeed, disuapi pakai jari. kasih makan pakai bubur bayi promina yang tambah madu sedikit agar terasa manis...

      Delete
  27. dok Sg Saya Gemeteran Dok? Kira Kira Knp Ya dok ? kalo sakit ? obatnya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama makannya bagus (masih mau makan), kayaknya baik2 aja...
      mas merokok? kalau nggak merokok, mas bisa taruh kaus bekas pakai mas di kandangnya... :)

      Delete
  28. Dok mau tanya nih, SG sya klo malem hari suka bunyi kya anjing ngegonggong, itu knpa ya dok??
    Mksh

    ReplyDelete
  29. Dok mau tanya nih, SG sya klo malem hari suka bunyi kya anjing ngegonggong, itu knpa ya dok??
    Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya istilah dalam memelihara sugar glider.
      cari di bagian cari artikel...

      Delete
  30. Dok ,SG saya kemaren itu pernah ilang kan dok kira kira 1minggu dehh, pas kemaren dia baru ketemu,tetapi kondisinya sudah tidak lincah lagi,terus saya kasih SGnya bubur SUN apa mungkin dia kebanyakan makan pas selesai makan dia kelihatan lemas , dan fesesnya pun lembek, kira kira SG saya knpa yah? Akibat liar karna dia ilang gtu atau dia knpa bisa lemas ?
    Terima kasih dok
    Di tunggu jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina dulu di kandang sendiri. pakai kandang kecil untuk hamster aja. kasih minum air campur sari kurma biar dia fit lagi. tetep kasih makan bubur bayi promina atau buah.....

      kasih saya kabar ya mas...

      Delete
  31. Dok mau tanya, SG ku hidungnya berair warnanya merah suka bersin. Suka murung, mata berair, siang malam ga tidur, badannya gemetaran. Klo mau dipegang lari ketakutan pdhl biasanya ga sprti itu, suka kaget. Bentuk & warna fesesnya coklat/hitam sprti biasa, makanannya sun pisang, melon, jangkrik. Ga aq kasih minum soalnya dia ga mau minum. Trs agak bau pdhl kandangnya rajin aq bersihin, selimutnya aq ganti. Baunya lebih tajem ga sprti biasa. Trs klo mlm aq taruh kamar dkt kipas angin. Apa gara* kena kipas ya dok SG ku sakit? Kira* dia sakit apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 sebab. kenapa mbak taruh di depan kipas? sg rentan sekali dingin, juga panas. artinya jangan terlalu dingin, juga ga terlalu panas. :)
      tebakan saya yang kedua: soal pisang. coba mbak baca artikel saya pisang sebagai makanan sugar glider. di situ ada penjelasannya. dari yang lainnya sih masih normal.
      kasih saya kabar ya mbak.. :)

      Delete
    2. ada 2 sebab. kenapa mbak taruh di depan kipas? sg rentan sekali dingin, juga panas. artinya jangan terlalu dingin, juga ga terlalu panas. :)
      tebakan saya yang kedua: soal pisang. coba mbak baca artikel saya pisang sebagai makanan sugar glider. di situ ada penjelasannya. dari yang lainnya sih masih normal.
      kasih saya kabar ya mbak.. :)

      Delete
  32. Dokter saya adopt joey usia 1,5 bulan oop. Seharian ini pup nya lembek dan berair itu kenapa ya? dan kira-kira obatnya apa? selama 3 hari ini saya cuma kasih makan bubur sun pisang. Cuma kemarin malam dan tadi pagi saya kasih madu murni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih bubur bayi promina rasa kacang hijau aja mas.
      dan mending jangan kasih madu, ada kemungkinan karena itu. lebih bagus kalau kasih sarikurma... :)

      Delete
  33. Gitu ya dok. Trs masalah sun pisang bs diganti apa dok? Apa ada obatnya? Aq liat artikel dokter diatas disarankan dikasih minum air purih+madu tp dia susah minum dok. Klo untuk kalsium bs berupa apa dok? Mksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal kalsium, bisa dikasih repcal, suplemen kalsium untuk reptil. beli aja di kaskus, banyak kok yang jual.

      untuk air minum, air madu bagus. tapi coba aja pakai sari kurma. air + sarikurma.

      bubur sun rasa pisang sebenernya gak masalah.cuma saya sendiri lebih menyarankan pakai promina... :)

      Delete
  34. dok sg saya kemarin saya tinggal prgi trs dimaenin adik saya dan dia lengah akhirnya kucing anggora saya terkam dia ampe luka dileher kaki dan plg parah leher :'( dikasih obat merah dn abotil ,dia kalo makan jilat2nya susah soalnya lehernya sakit trs cuman saya kasih madu gak makan bubur. gimana biar cpt sembuh dan nafsu makan lg ya dok :(

    ReplyDelete
  35. dok sg saya kemarin saya tinggal prgi trs dimaenin adik saya dan dia lengah akhirnya kucing anggora saya terkam dia ampe luka dileher kaki dan plg parah leher :'( dikasih obat merah dn abotil ,dia kalo makan jilat2nya susah soalnya lehernya sakit trs cuman saya kasih madu gak makan bubur. gimana biar cpt sembuh dan nafsu makan lg ya dok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan2 kalau ditinggal, kandangnya kunci aja mas. jangan sampe terulang kayak gini lagi. :(

      jangan dikasih makanan yang mengandung protein kayak bubur bayi, serangga, dll. cukup kasih makan buah aja. trus lukanya sering2 dibersihkan. gak ada obat khusus untuk lukanya. yah, bisa ditotol2 betadine + cottonbud dikit2.

      sekali lagi, jangan sampe kejadian ini terulang.

      Delete
  36. Assalamu'alaikum dok.
    Kenapa ya sg saya seperti cegukan gitu terus?
    Apa dia flu?

    ReplyDelete
  37. Permisi dok mau tanya,, kalo SG diberi makan bubur bayi rasa kacang hijau ad pengaruh buruknya apa gak dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2.
      namun sebaiknya minimal seminggu sekali kasih buah biar sistem pencernaannya bagus. :)

      coba kasih tau saya mengenai fesesnya mas. bentuk dan warnanya gimana.. :)

      saya tunggu

      Delete
  38. Dok, kasus nya ampir sama kayak Eas Nerd..
    Semalam kucing terkam SG saya..
    Tapi masih hidup..
    Skrg SG nya lemas dan jalan nya kepalanya agak jereng.. -_-
    Diliat" ga ada luka yg keliatan..
    Kira" saya harus gimana ya, Dok?
    Apa bisa SG saya kembali pulih seperti semula?

    Terimakasih, Dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memungkinkan, bawa aja ke dokter hewan terdekat, mas.
      kalau gak memungkinkan, HARUS MUNGKIN, hehehe. coba kasih sari kurma aja di makanannya. mas merokok gak? kalau gak merokok, taruh kaus bekas pakai mas di dalam kandang biar dia bisa nyium bau tubuh mas. kalau merokok, jangan.

      kalau dalam 4 hari masih begitu, mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin...

      Delete
  39. dok, sugar glider saya tiba 2 hari ini ga mau makan dok, sekarang udah masuk hari ketiga. Itu kenapa yah? apa sakit atau gimana dok, tapi malem malem sih dia lincah, terus fasesnya juga normal normal aja dok. cara penanganannya gimana dok biar dia mau makan lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas/mbak gak tahu kalau sugar glider adalah hewan nocturnal (aktif pada malam hari)? :)
      normal kok kalau siang hari dia keliatan males2an dan kebanyakan tidur.

      coba cek fesesnya aja dlu. sg yang sakit bisa dilihat dari fesesnya. kalau fesesnya masih berbentuk padat dan bentuknya seperti feses cicak, itu masih sehat..

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Dok, ekor SG sy terlilit benang dan luka, saya ga bisa cabut benangnya karena dia jadi agresif. Kira kira bisa anestesi lokal pakai apa? Ato biasanya biaya doktr berapa y? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini urgent, iya lebih baik bawa ke dokter hewan aja. murah kok biayanya, kalau di saya gak sampe 100k udah sekalian sama obat.

      mang gak bisa dilepas sendiri? coba aja mas pegang sgnya pakai handuk tebal biar dia gak berontak, lalu minta teman yang biasa handle sg buat melepaskan benangnya.....

      kalau ragu2, mending bawa ke dokter hewan aja, mas...

      Delete
    2. Maaf dok, dokter praktek daerah mana y

      Delete
    3. dulu di bogor. sekarang udah tutup karena saya lebih sibuk diinstansi tempat saya bekerja... :)

      Delete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Malam dok. Maaf mengganggu. Sg saya bru oop -+1minggu. Ada 2joey. Yg 1 udh buka mta secara sempurna, yg 1 belum terbuka sempurna. Apakah itu normal/tidak.? Mkasih dok buat artikel dn jwabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok. emang rata2 joey sg buka matanya gak bareng. :) maaf baru balas, saya habis sakit kemaren. kasih saya kabar lagi ya mbak. jangan sungkan buat nanya2 kemari kalau ada yang ingin ditanyakan...

      Delete
  44. Dok mau tanya,kuping sg saya kan kena hairdryer terus kupingnya ngecil,terus cara nyembuhkanya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas ngeringin sg pake hair dryer?
      jangan dikeringin pake hair dryer, mas. dehidrasi ntar sgnya.

      untuk kupingnya, emang berapa lama kupingnya kena hair dryer? coba oleskan minyak zaitun aja ke kupingnya.... biar agak lembab... :)

      Delete
  45. Dok, saya punya sugarglider baru beli 2 hari, waktu beli kemarin sehat2 aja dok. Kemarin waktu lg main2, saya lihat pouchnya kok kaya keluar gitu ya dok ? Bukan bengkak besar, cuma agak terbuka trus ada warna pink kayak puser gitu. Kata yg jual umur sekitar 4-5 bulan. Fecesnya item, keras. Dia juga lincah, suka main2, makan lancar. Saya kasih pear, apel, pepaya. Kira2 kenapa itu dok ? Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya dok, kalo dia habis jilatin pouchnya, pouchnya kembali normal (ketutup bulu dan ga ada bagian pink yg keluar itu). Tapi kalo dibiarin, ga dijilatin y ada bagian pink itu.

      Delete
    2. saya sih punya tebakan, ada kemungkinan sgnya hamil. ini cuma tebakan saya aja loh ya, realnya saya gak tahu. nafsu makannya bagus gak? kalau dia masih mau makan dan sgnya masih aktif, kayaknya sih iya dia lagi hamil...

      mbak beli sgnya satu aja? atau sepasang? kalau belinya 1 ekor, mungkin dia sempet mating (kawin) di ownernya yang terdahulu...

      silakan baca artikel saya cara mengawinkan sugar glider. di sana ada trik2 merawat sg yang sedang hamil...

      saya tunggu kabarnya ya mbak...

      Delete
    3. Menurut saya bagus dok, sehari makan habis separo ato lebih buah pear. Aktif juga, lincah. Tapi kata yg jual umurnya baru 4/5 bulan. Saya cuma beli 1, rencananya ntar kalo udah 1 tahun, mau dikawinin sama SG saya yg pertama (jantan).

      Delete
    4. syukurlah kalau dia masih makan. observasi aja selama beberapa minggu ke depan... :)
      kabari saya terus ya mbak... :)

      Delete
    5. Iya dok, nanti kalo ada perkembangan, aku kabarin dokter lagi. Tp skrg kalo malem dia sering barking n hissing gitu klo liat SGku yg jantan, kandangnya aku pisah cuma sebelahan dempet gitu, takut dikawin, kan masih kecil. Makasih dok.

      Delete
  46. dok mau tanya cara ngobatin sg nafsu makannya turun bdannya makin kurs terus klo jalan oleng kaya mabuk gimana ya dok??
    dah gtuh klo kencing baunya nyengat bgt..

    trus penyebabnya itu apa ya dok
    trimaksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa mbak?
      coba kasih sari kurma, bisa campur ke air minumnya.

      untuk makanan, bisa kasih bubur bayi promina.

      tolong infokan saya umur sgnya ya mbak....

      Delete
  47. dok mau tanya cara ngobatin sg nafsu makannya turun bdannya makin kurs terus klo jalan oleng kaya mabuk gimana ya dok??
    dah gtuh klo kencing baunya nyengat bgt..

    trus penyebabnya itu apa ya dok
    trimaksih dok

    ReplyDelete
  48. dok mau tanya cara ngobatin sg nafsu makannya turun bdannya makin kurs terus klo jalan oleng kaya mabuk gimana ya dok??
    dah gtuh klo kencing baunya nyengat bgt..

    trus penyebabnya itu apa ya dok
    trimaksih dok

    ReplyDelete
  49. Dok sya mau tanya sya bru beli SG umur 1 bulan 3 ekor tp yang satu ekor ini kurus banget sdh diksh mkan pake suntik jg g mau mkan, trus pas mnum air sg nya muntah dok badannya lemas dan kemaluannya selalu basah itu apa ya penyakitnya dok? Trus gmn cara mengobatinya?

    ReplyDelete
  50. Dok, ini SG saya kenapa ya ? Dia suka celup2in ekornya ke tempat minum (mangkok kecil). Saya takut dia kedinginan terus sakit. Saya ganti pake botol kecil ga mau dia, ga disentuh. Gimana ya dok ? Makasih dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake botol minum hamster, kasih sari kurma atau madu tj biar terasa manis airnya... :)

      Delete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Dok maaf mau nanya, kmrin saya baru beli sugar glider umur 1,5 bulanaan pejantan, pas dirumah saya menemukan kaya ada luka kecil di bagian ekor dekat bagian pupnya.. Terus apa karna itu si SG saya jadi sukanya tidur kalo aku ajak main malam hari dia malah lebih milih kabur dan nyari tempat sembunyi buat tidur lagi, padahal siangnya udah seharian tidur, makannya juga dikit paling di jilat jilat ajh jarang dikunyah, sama dia suka kaya buang air kecil bening tapi suka sedikit sedikit, itu kenapa ya dok.. Mohon penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mas yang kemaren chatting, betul?
      kalau bukan, boleh infokan saya dikasih makan apa sgny? coba kasih bubur bayi promina campur sari kurma.

      kasih sari kurma juga di air minumnya...

      kabari saya lagi ya mas. kalo urgent, please chat me...

      Delete
  53. Oh bukan sepertinya dok.. Biasa saya kasih promina rasa kacang hijau + minum nya campur madu.. Tapi skarang udah mulai baikan sepertinya sudah mau makan dan minum tapi sipatnya yg tidur terus masih aja.. Ga siang ga malam maunya tidur aja, rencananya mau beli yg betina mungkin gara gara sendirian jadi bawaanya pengen tidur.. Kalo pee sama pup nya yg sembarang mungkin gara gara masih kecil ya dok soalnya dia masih 1,5 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan emang gitu, mas... :)
      gimana keadaan sgnya? sehat? :)

      kabari saya lagi ya mas... maaf kalo balesnya lama... abis liburan, hehehe... :D

      Delete
  54. maaf dok saya mau konsultasi. baru kemaren saya beli SG jantan dewasa. anehnya, mata nya ketika siang itu warnanya hitam, tapi pas malam berubah jadi putihh kedua duanya.saya takutnya ini kena katarak lebih takut lagi kalo ternyata udah buta. pas saya tanya ke pemilik awal,katanya emang udahgitu sejak kecil, dan belom pernah dibawa ke dokter hewan. mohon tanggapannya dok. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya perlu bertanya dlu: maksud mas "saat malam matanya berubah jadi putih" apakah maksudnya "saat ruangannya gelap matanya jadi putih"? kalau iya, bisa dikatakan masih normal. semua hewan nocturnal memiliki lapisan pada matanya yang membantu mereka melihat dalam gelap.

      untuk referensi, silakan mas baca artikel saya musang matanya hijau susah jinak. ada hubungannya kok. :)

      Delete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Malam dok, saya mau tanya kenapa SG betina saya ada luka di bagian punggungnya, kaya lecet gitu tapi bulunya ngga rontok, apa akibat dari kawin? Padahal dia lagi masa menyusui joeynya, kalo mau dipisahin kandang kasihan sama joeynya, untuk masalah makan dia normal, feses juga normal, semua normal, cuman saya khawatir sama luka tersebut, kaya macam ketombe pada rambut orang kalo terlalu keras digaruk dan mengakibatkan lecet, nah lecet pada dia seperti itu dok. Mohon tanggapannya karna saya sangat sayang sama mereka :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia sering garuk2 bagian itu? yang luka?
      bisa jadi karena proses mating (kawin) sih.\

      coba aja observasi dlu, mbak... dan kalau dia udah gak menyusui lagi, silakan kasih betadine di lukanya itu... :)

      Delete
    2. Grooming seperti biasa dok, udah saya perhatiin tapi dia kayaknya cuek sama lukanya itu. Katanya olesin aja pake salep garamycin, apa betul dok?

      Delete
    3. kasih garamycin? hmm, bisa aja sih.
      sayangnya saya gak liat lukanya langsung, makanya saya gak berani memutuskan apa2. coba share fotonya via chat... :)

      Delete
  57. Dok, sg saya juga seperti itu sikapnya.. tapi ini fesesnya mencret..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti itu gimana?
      coba air minumnya campur sari kurma. kasih air minumnya pakai botol minum hamster.

      biasa dikasih makan apa?

      Delete
  58. Dok, sg saya juga seperti itu sikapnya.. tapi ini fesesnya mencret..

    ReplyDelete
  59. Dok, sg saya juga seperti itu sikapnya.. tapi ini fesesnya mencret..

    ReplyDelete
  60. Dok, sg saya juga seperti itu sikapnya.. tapi ini fesesnya mencret..

    ReplyDelete
  61. Dok, sg saya juga seperti itu sikapnya.. tapi ini fesesnya mencret..

    ReplyDelete
  62. Halo dok gmna kalo sg nya malem hari malah diam kaya lemes pngen bobo trus dan barusan siang tdi bulu area matanya agak basah :( padahal ga kena air gman cara ngobatin nya ?

    ReplyDelete
  63. Malam dok...gini dok saya baru di kasi SG tapi kondisinya sakit lemes kaya kutang di urus sama pemilik pertamanya...nah cara ngobatinnya gimana ya dok...???
    Masalahnya ini SG ga mau makan dok...???

    ReplyDelete
  64. Dok mau tanya, aku punya sepasang sg sama joey jantan umur 3 bulan dari pasangan tersebut, sebaiknya kandangnya dipisahkan apa tidak? Saya liat di artikel2 kalo ada 2 jantan dan 1 betina itu tidak boleh, nah bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang joey itu anaknya dari pasangan? kalo iya, satuin aja. toh kalau misalnya bukan anakan dari pasangan sg itu, gak apa2 kalau masih joey. yang nggak boleh kalo ada 2 pejantan dewasa dalam satu kandang... :)

      Delete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Tapi kalo nanti joey nya sudah dewasa, perlu dipisah ngga dok pas induknya (kalo) nanti hamil lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau joeynya udah dewasa (udah mandiri), pisah aja dari induknya... :)

      Delete
  67. Tapi kalo nanti joey nya sudah dewasa, perlu dipisah ngga dok pas induknya (kalo) nanti hamil lagi?

    ReplyDelete
  68. Permisi dok mau konsult nih.
    Sg betina saya umur 1th. Makan sampe skrg lancar pakebubur sun tapi kok fesesnya warna coklat yaa bukan warna coklat kehitam2an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masih bisa dikatakan sehat. :)
      minimal seminggu sekali kasih buah. :)

      Delete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. Dok. Bulu ekor pada sg saya rontok dan dibagain yg rontok itu kulit pada ekor sgnya wrna ungu. Tapi fesesnya normal.makanya bubur kadang" apel. Itu kenapa ya dok dan cara menumbuhkan bulunya kembali gimna? . Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, pindahkan ke kandang lain. jangan disatuin sama sg lain.
      kedua, jangan dikasih makan bubur bayi. jangan dikasih makanan yang berprotein dulu. cukup kasih buah aja kayak pisang dan pepaya...

      lakukan selama 3 minggu ke depan ya mas... ingat, jangan dikasih protein apapun, termasuk jangkrik dan ulat hongkong. kasih buah aja.

      Delete
  71. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  72. Dok saya mau tanya, SG jantan saya sekitar umur4 bulanan. Saya lihat di anusnya keluar sesuatu, pas saya cari tau sih katanya alat kelaminnya. Tapi kenapa gamau masuk lagi ya? Tahi nya lembek warnanya coklat agak muda, saya kasi makan bubur sun kdg saya juga kasi buah sama madu. Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak benang atau tentakel berwarna merah ya? suka dia jilat2in? bener?
      kalau emang bener kayak gitu, biarin aja. gak usah diapa2in. :)

      soal pakannya, udah bagus. bubur bayi bisa diganti pake promina. dan madu bisa ganti pakai sari kurma... :)

      Delete
    2. iya bener dok seperti tentakel, kalo suka dijilatin itu malah bulat-bulatannya yg diperut dong, itu sering basah kalo saya ngambil dia dari hamocknya..

      Delete
    3. itu wajar kok. sg jantan emang suka menjilati alat kelaminnya begitu. sangat normal... :)

      kabari lagi ya mbak. maaf baru bales, saya baru sampe rumah setelah 3 hari di papua... :)

      Delete
  73. Dok, mau tanya.. SG sy betina umur 10 bln, sudah bbrp hari ini poop nya warnanya kuning. Bahkan sempat berwarna putih (Tidak berwarna coklat atau hitam spt poop cicak). Konsistensinya sih kadang padat, kadang lunak namun tidak encer. Kalau pada saat yg poop warna putih itu konsistensinya rada padat tp ga keras2 banget.. sebelum keluarin poop kuning / putih itu memang bbrp hr ini dia doyan nya makan jagung manis rebus aja sama semangka sama fish stick. ga mau makan bubur bayi. Minum masih mau. Kalo madu mau nya sedikit aja paling cm sejilatan. Itu kira2 kenapa ya dok? Dulu2 ga ky gini poop nya... sy lg ga kasoh dia UH krn lg sy cb kurangin UH nya krn udah rada gemuk... Mohon bantuannya... trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba stop fishstick-nya. ganti pakai jangkrik hidup aja, mbak. selain dikasih jagung rebus, biasa dikasih buah nggak? coba kasih buah.

      kalau menurut pendapat saya sih masih sehat, seenggaknya selama fesesnya masih padat dan berbentuk.. :)

      Delete
    2. terimakasih sebelumnya udah jawab pertanyaan saya dok... naaah sekarang dia aneh lagi dok.. ga mau makan bubur sama buah.. padahal saya cb bermacam buah kaya semangka, pisang, jeruk manis, apel, apricot, plum sampe biasanya dia doyan buah beri skrg ga disentuh sama sekali... saya coba kuning telur rebus, biasanya doyan hari ini ga mau juga... eehh giliran dikasih fish stick lahap banget.. aduh gmn ya dok ?? :(( mohon bantuannya...

      Delete
    3. coba buah yang manis, karena sugar glider sukanya yang manis. hmm, coba lengkeng, atau leci. dan coba kasih bubur bayi campur sari kurma.

      yang penting, jangan dimanja dan jangan dibiasakan dimanja. taro bubur bayi di kandangnya, terus tinggal aja. 5 jam kemudian cek lagi. sesekali bisa diliat diam2, bagusnya sambil ngumpet (sgnya jangan liat), biar dia gak manja... :)

      fesesnya gimana? kabari ya mbak..

      Delete
  74. Malam dok..maaf mengganggu..
    Mau tanya..SG saya umur 1 tahun..td siang tiap kali makan dia tersedak..seperti ada sesuatuyg menyangkut di tenggorokannya..dan tiap kali dia minum itu seperti bengek..tersengal2..mohon bantuannya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas komentarnya.... :(

      sekarang gimana keadaan sgnya? coba beri buah2an seperti pepaya, lebih sering kasih makanan yang mengandung serat tinggi seperti pepaya dan buah lainnya. (sg suka buah yang manis2)...

      sebelumnya, apakah dia pernah salah makan? saya tunggu kabarnya....

      sekali lagi, saya mohon maaf karena baru balas komentar hari ini :(

      Delete
  75. dok sg joey saya terkena flu ngobatin nya kaya mana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. :)

      punya sg berapa ekor, mbak? kalau lebih dari seekor, pindahkan ke kandang lain. jangan disatuin sama yang sehat. ntar nular.

      sg yang sakit sebaiknya jangan sampe kedinginan. kalau ruangannya ber-ac, mending pisahkan ke ruangan lain yang gak ber-ac.

      jaga pola makan dan kebersihan kandang. itu yang paling penting. jaga juga daya tahan tubuh sgnya dengan memberikan sari kurma ke makanannya. biasa dikasih makan apa? bubur bayi? coba ganti bubur bayinya dengan yang merk promina, sg lebih suka yang merk promina....

      campur sari kurma di bubur bayinya....

      itu aja sih. kasih saya kabar lagi ya mbak... :)

      Delete
    2. saya cuman punya 1 sg nya iya sih saya suka bawa dia ke ruangan ber ac klo aku nih lagi pilek itu bisa nuler ke sg gak dok?

      Delete
    3. saya klo ngasih makan bubur bayi merk sun rasa pisang itu bisa gak selain di campur dengan sari kurma bisa gak?

      Delete
  76. assalamualaikum doc, sya nak tanya tentang sg sy...sebelum ini sg saya tidak menunjukkan ciri2 sakit tetapi dlm masa 3 hari ini pipinya mulai begkak dan effect kepada matanya juga...tapi makan nya masih berselera..diberi nestum bayi..dan minum madu..apa saya perlu buat ya doc..sedih melihat matanya sakit..

    ReplyDelete
  77. assalamualaikum doc, sya nak tanya tentang sg sy...sebelum ini sg saya tidak menunjukkan ciri2 sakit tetapi dlm masa 3 hari ini pipinya mulai begkak dan effect kepada matanya juga...tapi makan nya masih berselera..diberi nestum bayi..dan minum madu..apa saya perlu buat ya doc..sedih melihat matanya sakit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengobati sugar glider yang kakinya bengkak. secara prinsip sama kok....
      jangan dikasih protein, itu aja pantangannya. selengakapnya baca artikel yang saya anjurnya..

      kabari lagi...

      Delete
    2. saya tak sedar jika Shia dari Malaysia. salam untuk sugar glider malaysia semua ya... :)

      saya tunggu kabarnya....

      Delete
  78. dok saya mau tanya bagaimana cara mengatasi sembelit pada sg,sg saya tipe joey jantan,tadi pagi sg saya mengeluarkan suara desihan seperti ular,yang saya baca diartikel itu tanda bahwa sembelit..kira-kira ada saran untuk mengatasi sembelit..makasi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, judulnya sugar glider kesulitan buang air besar... :)

      silakan baca dlu... cari aja di bagian cari artikel...

      Delete
  79. Assalaamu'alaykum..
    Dok, sekitar setahun yang lalu SG saya pernah abses di bagian dagu, tapi alhamdulillaah sembuh diobatin pake gom dan salep garamycin. Nah, sekarang ada pembengkakan di sekitar hidung (atas mulut bawah mata, tp bukan pipi). Itu abses juga bukan ya? Tp belum keliatan lemas sih.. Apa penanganannya sama dengan abses di sekitar mulut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saja, agak susah untuk memastikan itu apa. apakah emang bener pembengkakan atau tidak.
      mas bisa kirim gambarnya ke saya? ganti aja foto profil mas pake fotonya...
      namun coba aja kasih gom dan garamycin. sambil diobservasi selama seminggu. kalau dalam seminggu gak sembuh juga atau belum baikan, saya sarankan bawa ke dokter hewan aja...

      dan saya sarankan, jangan kasih makanan berprotein dulu. stop semua yang mengandung protein (bubur bayi dll), cukup kasih buah aja...

      Delete
  80. Dok, kenapa bulu di sekitar alat kelamin sg saya rontok ? Jantan, umur 1,5 taun. Makannya apel, pisang, pepaya, pear, buah naga, melon, semangka. Pupnya kayak cicak. Sekarang tetep lincah, lari-larian terus. Kenapa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok. agak basah gak bulu di sekitar alat kelaminnya?
      kalau iya, mungkin kandangnya aja yang perlu dikeringkan. kasih kain aja sebagai alas kandang, sehingga urinenya bisa langsung keserap sama kain. :)

      sehat kok itu sgnya.... nggak biasa dikasih bubur bayi? coba kasih promina... :)

      Delete
    2. biasanya seminggu sekali aku kasih bubur bayi campur madu dan minyak ikan. kalo kandang sehari 2x dibersihkan dok. agak basah sih, tapi bukan di alat kelaminnya, tapi di pangkal ekornya. terima kasih dok.

      Delete
    3. sekarang gimana keadaan sgnya? maaf karena baru balas saya habis sakit kemarin....

      saya tunggu kabarnya ya mbak...

      Delete
    4. sekarang masih tetep kayak biasanya dok. lincah, makannya banyak, kotoran kayak cicak tapi agak empuk. makasih dok.

      Delete
    5. suka dikasih makan buah nggak? :)
      minimal kasih makan buah seminggu sekali. biar sistem pencernaannya bagus. pisang, pepaya, lengkeng, pear yang manis...:)

      ekornya masih suka basah? :)
      mbak pake bedding (alas kandang) apa?

      kabari lagi ya... :)

      Delete
    6. makannya memang buah terus dok, kalo bubur ga begitu suka, cuma biasanya aku kasih bubur seminggu sekali. udah nggak kok dok, apa mungkin minta kawin ya kapan hari itu ? alas kandang ga pake apa-apa dok, cuma tempat tidur dari keranjang kecil gitu. makasih dok... :)

      Delete
    7. di bawahnya gak dikasih bedding samasekali? gak apa2 sih, hehehe...

      coba aja kasih bubur bayi promina, sg biasanya lebih suka...

      kalo sgnya umur 1,5 tahun, ya bisa aja sih minta kawin. emang mbak belum beli pasangannya?

      coba aja beli... baca2 lagi artikel mengenai sugar glider di blog ini, buat persiapan breeding sg... :)

      Delete
    8. udah pernah aku coba dok, tapi ga begitu suka juga, kasian dia.. aku ga tega, terus aku kasih buah lagi...

      udah beli dok, tapi sekarang masih umur 9 bulan, kalo di bawah 1 tahun kan katanya masih rentan untuk punya baby.. jadi sementara kandangnya sebelah-sebelahan gitu dok..

      Delete
    9. 9 bulan sebenernya udah cukup sih buat punya baby. tapi bener juga kata mbak, mending tunggu sampe setahun. atau mau coba sekarang? :)

      Delete
    10. jangan deh dok. pasangannya ini masih agak liar, susah percaya orang. pemilik sebelumnya cuma ternak-ternakin aja, ga disayang, pas aku ambil di pemiliknya, waktu masukin ke kandang yg aku beli, ditarik gitu aja ekornya :(
      takutnya kalo pas aku kasih makan trus dia panik, anaknya dimakan...

      Delete
    11. :(
      coba aja kasih kaus bekas pakai mbak ke dalam kandangnya, biar dia kenal bau tubuh mbaknya...

      sekarang gimana sgnya? sehat? makan lancar? :)

      Delete
    12. iya dok, udah aku kasih baju bekas kok. kadang kalo lagi manja, dielus-elus gitu diem, diajak maen ya mau. tapi kalo lagi ga mood gitu, gigit terus.
      sehat sih kayaknya dok, lincah, makan banyak, ya kadang dikit sih, tapi minimal sehari pasti habis 1/4 buah apel ato pear. kotorannya juga normal.

      Delete
    13. maaf karena baru balas.
      sip, atleast sehat. kalau soal gigit, ya normal sih, hehehe.... sering2 diajak main aja biar dia kenal... :D

      Delete
  81. Dok, sg saya dibawah telinganya luka. Trus matanya agak bengkak, akhir2 ini cuma tidur walaupun malem & nggak se aktif biasanya. Telinga sebelah merunduk terus. Itu gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, jangan dikasih protein (bubur bayi, jangkrik, dan sebagainya). kasih makan buah aja, pisang dan pepaya atau lengkeng atau pear yang manis. mumpung masih belum parah, mending lakukan yang saya sarankan....

      lakukan selama seminggu sambil dijaga kebersihan kandangnya...

      kabari lagi ya mas

      Delete
  82. dok, sg saya terdapat luka kaya sobek atau teriris gitu di bagian dadanya. itu kenapa ya dok? terus penanganan terbaiknya gimana? terimakasih banyak dok.

    ReplyDelete
    Replies

    1. itu beneran luka atau hanya gland chest aja?
      bisa saya minta gambarnya? coba upload aja ke postimage.org. linknya taro di sini.

      kalo tebakan saya sih itu gland chest, gak ada yang perlu dikhawatirkan. :)

      Delete
  83. Dok, saya punya sg 1,5 bulan , fasesnya coklat , tpi kalo di biarkan dia menghitam , trus sg saya suka garuk2 badan dia , itu dia sehat ga dok ? Trus aku liat ekor dia yang di paling ujung ud gak afa bulunya , itu gimana ya dok ?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.