Thursday, July 24, 2014

Harga Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya,

harga burung hantu

bisa dipatok dari ukuran burung hantu tersebut serta ketersediaan burung hantu tersebut di alam. Sama halnya seperti benda lainnya, makin jarang suatu benda di pasaran maka makin mahal harganya. Begitu pula dengan burung hantu. Makin jarang jenis burung hantu ditemukan di alam, maka makin mahal harganya.
Berikut adalah harga burung hantu yang dijual di pasaran. Harga burung hantu berikut tidak bisa dijadikan patokan atas apapun karena penjual burung hantu biasanya berhak menentukan harga sendiri. Berikut adalah harga burung hantu berdasarkan jenis burung hantu:
    Harga seekor burung hantu celepuk di pasar hewan berkisar antara 80.000 hingga 150.000 rupiah. Anda bisa menawar harga sesuka hati anda. Sebelum membeli burung hantu celepuk sebaiknya anda membaca tentang cara memelihara burung hantu celepuk di artikel memelihara celepuk.
  • Harga burung hantu oriental bay owl.
  • Harga burung hantu oriental bay owl
    Image taken from wti.org.in 
    Di pasaran, harga oriental bay owl berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 350.000. Sekali lagi, kemampuan anda dalam menawar harga bisa menjadi penentu anda agar dapat harga burung hantu yang murah. Cara memelihara burung hantu oriental bay owl relatif sama dengan memelihara celepuk.
  • Harga burung hantu javan owlet.
  • Harga burung hantu javan owlet
    Image taken from planetofbirds.com 
    Burung hantu javan owlet adalah jenis burung hantu berukuran kecil, dan perawatannya relatif mudah. Harga seekor burung hantu javan owlet berkisar antara Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000.
  • Harga burung hantu barn owl.
  • Harga burung hantu barn owl
    Image taken from mariposafishandgame.org 
    Burung hantu barn owl adalah jenis burung hantu berukuran sedang. Harga seekor burung hantu barn owl di pasar hewan adalah sekitar Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000. Anda bisa membaca tentang cara memelihara barn owl di artikel cara memelihara barn owl.
  • Harga burung hantu strix seloputo.
  • Harga burung hantu strix seleputo
    Image taken from orientalbirdimages.org 
    Burung hantu strix seleputo biasa disebut juga spotted wood owl. Burung hantu jenis ini lebih susah dipelihara daripada burung hantu celepuk, burung hantu oriental bay owl, dan javan owlet. Harga seekor burung hantu strix seleputo atau spotted wood owl adalah sekitar Rp. 450.000 hingga Rp. 650.000.
  • Harga burung hantu brown hawk owl.
  • Harga burung hantu brown hawk owl
    Image taken from fog.ccsf.cc.ca.us 
    Burung hantu brown hawk owl adalah burung hantu berukuran besar dan perawatan burung hantu brown hawk owl lebih susah dibanding 3 jenis burung hantu di atas. Harga burung hantu brown hawk owl berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 750.000
  • Harga burung hantu buffy fish owl.
  • Harga burung hantu buffy fish owl
    Image taken from owlpages.com 
    Burung hantu buffy fish owl atau di indonesia disebut juga burung hantu Limbad atau ketupa ketupu adalah jenis burung hantu yang susah dipelihara karena sangat rentan stress serta makanan yang tidak boleh telat memberi makan. Harga seekor burung hantu buffy fish owl adalah berkisar Rp. 750.000 hingga Rp. 1.000.000
  • Harga burung hantu bubo sumatranus.
  • Harga burung hantu bubo sumatranus
    Image taken from kaskus.co.id 
    Barred eagle owl atau sering disebut bubo sumatranus adalah jenis burung hantu eksotis yang memiliki bulu mayoritas berwarna putih. Sekilas, burung hantu bubo sumatranus mirip dengan burung hantu snowy di film Harry Potter, tapi sebenarnya sangat berbeda. Harga seekor burung hantu bubo sumatranus atau burung hantu barred eagle owl sekitar Rp. 1.000.000 hingga Rp. 1.500.000.
Itulah

harga burung hantu

berdasarkan jenis burung hantu. Semoga artikel tersebut bisa menjadi acuan bagi anda dalam memilih burung hantu yang tepat. Saran dan komentar bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

268 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 268   Newer›   Newest»

Permisi kak. Mau nanyak nih, sebelumnya uda baca artikel dari kk cara merawat barn owl, kk sering bilang di situ kalau pakan bo yg sering kk anjurkan tikus putih, nah yg sya mau tanyak nih kak, apa boleh bo, sya beri *bukan sya beri, lebih kepada berburu sendiri* pakan tikus got, tikus rumahan, tikus sawah, kebetulan sya tinggal di area persawahan, (itung" amal bantu petani basmi hama tikus :D ) jadi biaya pakan bisa sdikit berkurang. Sya juga mau nanya, kalo bo chik kira" brapa ya di jual di pasaran, dan juga kk tau ga di mana tempat jual bo chik di daerah Medan/Sumut,, juga yg mau sya tanyakan brapa lama bulu chik bisa menjadi sempurna (dewasa) ? . Terima kasih. *sya mau rawat bo karna memanfaatkan daerah sekitar yg bnyak sawah*

bisa saja barn owl diberi pakan tikus sawah DENGAN SYARAT dia diajari dulu untuk membedakan tikus mana yang sehat dan yang tidak. ya, si errol, burung hantu saya, bisa membedakan tikus mana yang sehat dan mana yang sakit karena saya latih dari kecil. makanya saya tidak khawatir kalau dia nyari makan di luar.

yang jadi kekhawatiran adalah jika si burung hantu tidak bisa membedakan mana tikus sehat dan mana yang sakit. akan sangat berbahaya jika dia memakan tikus yang sakit, dia bisa tertular penyakit dari tikus yang dimakannya. bisa jadi juga dia memakan tikus yang sudah diracun. akibatnya, dia akan mati.... sebaiknya latih burung hantu mas untuk bisa membedakan tikus yang sehat dan sakit... :)

harga burung hantu barn owl bisa dibaca di artikel di atas. saya tidak tahu dimana yang menjual barn owl di sumatra utara, mas. saran saya, coba cari di kaskus atau di forum jual beli grup facebook. semoga membantu... :)

This comment has been removed by the author.

Ooo.. Berarti di perbolehkan asal bisa bedain sehat sma sakit, ok (y)

Hmm cara membedakan tikus sehat sama sakit ke bo gimana kak ya ?? Makasi.

nanti saya buatkan artikelnya. :)

Ok di tunggu ya dok :) , Trima kasih atas jawabannya.

Bu dokter tolong saya, BO saya skrg kondisinya sedang lemas, hal ini dikarenakan saya tidak memberinya makan seharian, karena saya ada dinas diluar kota, yg bersifat urgent.

Tadi pagi akhirnya saya kasih makan daging segar dengan cara membuka mulut BO nya, begitu jg dengan minumnya, sampai saat ini BO saya masih lemas, apa yang harus saya lakukan dok,

haduh, kenapa gak nyuruh orang buat kasih makan pak?? :)
kasih aja pakan hidup, bayi tikus putih lebih baik. saya kira dia dehidrasi, coba kasih air kelapa setiap 2 jam.... dan mohon jangan kayak gitu lagi ya mas. kalo emang urgent, suruh org untuk kasih makan....

Permisi. Saya baru baru ini punya yg jenis brown hawk owl . Bukan beli sih. Tpi bekas teman berburu . Dikirain burung punai. Gk taunya brung hntu. Ujung sayapnya patah. Jdi saya kasihan. Ya sya pelihara aja. Tipsnya dong. Soalnya lukanya cuman sy kasih betadin.

seperti yang saya tulis di jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya, brown hawk owl termasuk susah dipelihara karena memiliki tingkat stress yang tinggi. saran saya, lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat....

Saya khawatir akan smakin bnyak orng yg brminat memelihara owl tanpa ada tujuan yg jelas dan brguna bagi dirinya dan owl itu sndiri.
Masing2 owl mempunyai musim utk brkembang biak. Dan sbagian dri mreka hanya akan mndapatkan pling bnyak 2 kturunan. Sementara stiap harinya selalu ada manusia yg memburu mereka utk dprjual-belikan. Belum lagi yg mati di tangan manusia.
Saya pecinta owl, dan saya mohon jika anda berniat memelihara owl pastikan ilmu anda benar2 matang mengenai semua tentang owl, baik dri segi pakan, perawatan, pengobatan jika owl itu sakit, dll. Dan yg pling pnting cba pikirkan lgi, apa tujuan anda memelihara mereka. Apa untungnya bagi anda dan apa untungnya bagi mereka. :)

saya setuju dengan komentar mas aria... hal seperti mas arya di atas ungkapkan pernah saya ulas sedikit di artikel sebelum memelihara owl, lakukan hal berikut. Salam... :)

Ada info ga yang jual baby barn owl/buffy fish/sumatranus? lokasi saya di Banyumas, apa bisa kirim via ekspedisi/jasa travel?

silakan mas gabung ke grup jual beli owl di facebook... :)

celepuk bolek gak diberi makan daging kambing?

sebaiknya jangan, terlalu panas. lebih bagus daging sapi segar atau daging tikus putih....

bu cara memandikan barn owl yang benar itu gmna byar bisa terhindar dari penyakitnya ? :)

bisa disemprot2 tipis dengan semprotan burung kemudian dilap... disemprot jangan terlalu basah....

Malam dokter ....maaf mau bertanya lagi ....harga2 Di atas untuk burhan yg umur berapa ? Apa kah makin dewasa makin mahal ? Lalu klo membedakan jenis celepuk dg yg lain misal barn owl saat masih bayi bisakah ?apakah rupanya jelas beda saat masih bayi....trims dok

tergantung umur dan perawatan serta sifat si burung hantunya.
tergantung umur, misalnya. yg saya tahu makin muda dia makin mahal. tapi kalau ada yang sudah tua tapi nurut (terlatih), biasanya makin mahal juga. satu2nya yang murah biasanya yang tua dan galak. dia dihargai mahal....
rupanya jelas beda antara yang dewasa dengan yang bayi, begitu juga dengan barn owl dan celepuk. barn owl yang bayi biasanya memiliki ciri garis lingkaran atau berbentuk hati di sekitar wajahnya, seperti halnya barn owl dewasa.... :)

Baik dokter ...trimakasih ...rencananya bsk atau lusa sy mau ke jatinegara ps burung ....ada saran dokter?
Klo bayi celepuk sy bawa dg mobil travel .ke bandung, rencana sy bawa dg dus sy lubangi dusnya, dan sya taruh di pangkuan saya , kira2 burhannya kuat ga ya dok sampai bandung ?

gak lebih baik beli di pasar hewan di bandung aja, mas? :)
kalau memang mau beli di mobil, boleh2 aja. bener kata mas, taruh saja di pangkuan mas selama perjalanan. pas sampe rumah, taruh di tempat sepi selama beberapa menit sambil dikasih makan..
kalau ada problem, konsultasi saja ke mari... saya tunggu :)

Iya dok ...ternyata di bandung ada , baru dapat info , di pasar burung sukahaji ...=) baik dok saya kabari klo sdh beli ...=) makasih yah dokter ....

nah, itu mendingan daripada kudu jauh2 dr jakarta mas... :D

Dok kenapa BO saya susah buat di latih fttf ya??? Soalnya saya pengen banget buat BO saya bisa gitu...
Tolong saran ya dok,,,

saya sudah tulis di artikel cara melatih burung hantu, semuanya lengkap di situ. silakan mas search di menu cari artikel. kalau ada yang mau ditanyakan, silakan konsultasi kemari... salam :D

Dok aku punya Burhan Jenis Brown Hawk OWL. Kmarin bulunya satu patah. itu masih bisa tumbuh kan dok.? sedih pas liatnya, kasian. Tus burhan yg jenis ini klo di kasi daging segar macam tiku nda papa kan dok biar terbiasa makn tikus.

kalau cuma patah satu, gak apa2.
justru bagus kalau dikasih daging segar.... saya lebih menyarankan pakai daging segar... :)

Dok kalo javan owlet itu makanan utamanya apa ya dok ?.

silakan mas search di menu cari artikel: MAKANAN BURUNG HANTU

dok kalau mau konsultasi cepat lewat mana ya? pin bb atau line boleh tau? soalnya saya mau beli burhan tapi takut dibohongi penjual soal jenis dan kondisi kesehatannya(minus/cacat)

silakan mas baca artikel PENYAKIT-PENYAKIT BURUNG HANTU, search di bagian cari artikel.... Di sana lengkap...
untuk saat ini, saya hanya membuka konsultasi di G+ dan komentar. Lebih cepat di komentar blog ini.... :)

di artikel CARA MEMELIHARA BOP dan CARA MEMELIHARA BARN OWL juga sudah saya tuliskan ciri burung hantu yang sehat....

Dok saya pengen melihara BO, tapi saya tinggal dikostan yg cuma sepetak.. Kira2 gimanna ya dok buat perkembangan nya?

kalau misalnya mbak belum pernah piara burung hantu samasekali, mending yang lebih mudah aja dulu seperti celepuk atau oriental bay owl. kalau barn owl mudah stress, jadi gampang sakit dll..... :)
silakan baca jenis burung hantu berdasarkan tingkat kesulitannya. search di menu cari artikel... :)

asal rajin2 dibersihin biar gak bau, aman2 saja. dlu juga saya piara si errol di kosan sepetak.. :)

tapi pengennya barn owl dok, ada temen yang pernah miara BO juga, disaranin suruh miara BO aja..

terserah mbak saja. saya sih menyarankan seperti itu. :)
salam.. :D

dok, saya mau tanya gimana cara membedakan jenis kelamin barn owl ?
kalo yang saya denger sih, katanya kalo yang jantan itu bulu di dada warnanya putih, sedangkan yang betina warnanya coklat..itu bener gak dok?
makasih sebelumnya...

saya pernah membahas di artikel cara membedakan jenis kelamin burung hantu. :)

silakan mas search di bagian cari artikel... :)

saya pernah membahas di artikel cara membedakan jenis kelamin burung hantu. :)

silakan mas search di bagian cari artikel... :)

Maap dok saya mau tanya, saya mengikuti artikel bu dokter cara membedakan celepuk jantan dan betina. Saya baru membeli nya kata penjual sih sepasang, pas saya coba cara dr ibu, kok mereka hanya diam saja ya? Malah mata nya jadi menutup seperti terhipnotis mengantuk, hehe.... oh ya saya menggunakan kalung berbandul emas bukan perak.
Padahal saya mencobanya ketika waktu subuh hari, saya baru membeli nya sekitar beberapa hari, katanya usianya sekitar 5blnan..
Ada saran lain ga dok cara membedakan sex nya?

Oh ya, klo saya perokok memang tidak baiknya membawa celepuk saya jalan2 sambil saya merokok?
Trus saya tinggal di bandung apakah aman di malam hari saya taruh di luar rumah dengan kondisi suhu dingin malam hari di bandung...
Terimakasih banyak dok, hehe...

pertanyaan ini sudah saya jawab sebelumnya. silakan cek di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/06/cara-membedakan-jenis-kelamin-burung.html?showComment=1422868550891#c2746596622705823786

Ka kalo barn owl d'kasih makan jangkrik bisa ga ?

hanya untuk camilan saja, bukan untuk makanan sehari2... :)

Misi min, numpang nanya,
Kalau jenis burung hantunya yang matanya merah, itu jenis apa ya? Berapa ya kira-kira harganya(yang masih muda)?

silakan baca artikel saya mengenai jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya, search aja di atas... :)

mengenai harga burung hantu, silakan search harga burung hantu

Halo dok..maaf sebelumnya postingan saya agak menyimpang,saya butuh adopter untuk owl saya..jenis bay/oriental owl..juve..sehat jinak makan lancar daging/tiput
Saya mau ke bali kasian tdk ada yg merawat..org rumah ga ada yg berani memberi makan
Mohon bantuannya ya dok kalau ada yg mau merawat..saya semi-hibahkan..bayar seikhlas&sewajarnya
Lokasi saya pondok gede-bekasi
Ini no saya 087862556411/ 21e24e9b
Trims dok

silakan gabung ke grup2 owl, mas. disana pasti banyak yang mau.
usahakan dihibahkan kepada mereka yang memang mengerti merawat owl ya mas... :)

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Sebelumnya Saya belum pernaha sama sekali memelihara burung hantu. Akan tetapi, Saya sudah cukup pengalaman dalam memelihara hewan lainnya, kelinci misalnya. Saya sudah bisa mengembangbiakkannya. Kebetulan semua anakannya sudah Saya kasih ke orang semua. Dan baru di awal Februari Kemarin, Indukannya sudah meninggal dunia. Saya pun merasa kehilangan dan kesepian. Karena itu, Saya berniat untuk memelihara hewan lagi. Supaya rumah Saya tidak sepi lagi dan Saya jadi ada "kerjaan" terutama di Pagi dan Sore hari seperti saat Kelinci Saya masih hidup. Saya pikir, burung hantu cukup lucu, imut dan menggemaskan. Menurut Bu Dok, sebaiknya Saya memelihara burung hantu jenis apa ya? Kalo Saya sih tertarik dengan Barn Owl, apakah secara garis besar cara memelihara burung hantu sama dengan cara memelihara hewan lainnya? Terima kasih

burung hantu yang pas untuk pemula adalah celepuk. barn owl cenderung lebih tinggi tingkat stressnya mas dibandingkan celepuk. silakan baca cara memelihara celepuk di blog ini.

kalau mas pernah memelihara burung pemburu lain, memelihara burung hantu relatif sama. memelihara hewan lain tentu beda dengan memelihara burung hantu, baik perlakuan dll... :)

Assalamualaikum WR. WB
Dok makanan sehari-hari bay owl apa ya dok ??? Terus seminggu sekalinya dikasih tikus atau setiap makan kasih tikus ?? Kalo makannya bay owl berapa kali sehari dok ??
Makasih dok.. Wasslamualaikum WR. WB

wa alaikum salam
silakan baca artikel di atas terutama bagian oriental bay owl. :)

Dok klo barn owl holeh dijasih daging ayam atau tidak??

meski banyak yang kasih daging ayam ke owl, tapi saya sih menyarankan untuk tidak kasih daging ayam ke owl... :)

Gmana ya dok cara ngdepin burung hantu yg stres...
Burung hantu saya gak mau makan dri pagi...

Salam dok.. .sy syamila dari kuala lumpur malaysia.. .kalau di indonesia dimana ya jual nya burung hantu kerna saya pengen melihara burung hantu.. di malaysia susah mau dapatin burung hantu.. .terima kasih dok:) salam perkenalan

Kalau tidak salah .. .katanya dok burung hantu spesis barn dan celepuk senang dipelihara dan dirawat ya dok?? Bileh dok share tempat atau facebook yg jual burung hantu jenis ini dok.. .makasih dok.. salam dr malaysia :)

halo syamila. senang bisa berkenalan dengan warga malaysia pengunjung blog saya... selamat datang. saya akan coba jawab pertanyaannya...
1. di indonesia, banyak yang jual owl di pasar haiwan. pun ade yang jual di grup jual-beli owl dan bop (bird of prey) di facebook.
2. iya, barn owl dan celepuk banyak dipelihara di indonesia. saya pun pelihara barn owl, namanya Errol. bisa dibaca di article saya CARA MENJINAKKAN BURUNG HANTU, di sana saya cerita tentang errol....

saran saya, jika syamila memang mau memelihara burung hantu, sila pelihara celepuk. perawatannya mudah, makan pun mudah, cukup jangkrik (cricket). dan jika syamila ingin membeli burung hantu, baiknya jika membeli di malaysia. sila gabung ke forum
pet-cockatiel.com

salam... :D

sya punya ankan banr owl jika minat 300/ekr...minat hub 085755554426

Terimksh ilmunya. semoga bermanfaat bagi pembacanya.
amiiiiin

Dokter fira.. Celepuk yg pertama itu kira2 bisa tumbuh besar ga ya dok? Ukurannya smpai brp?

halo.
secara ukuran, celepuk memang jenis burung hantu berukuran mungil. umumnya, celepuk tidak lebih dari 25 hingga 30 cm. namun ada beberapa jenis celepuk yang memang 'bongsor', tapi kasus celepuk 'bongsor' ini bisa dikatakan 'sangat istimewa', artinya dari 1000 celepuk yang dilahirkan, mungkin hanya 1 atau 2 yang punya gen 'besar' di dalam darahnya.... :)

semoga membantu...

Kalau harga burung hantu barn owl ankan bulu kpas brpa dok

Assalamualaikum dok kalo barn owl atau bubo di kasih jangkrik buat nglatih nya bisa ga ya??
Atau cara ngelatih nya gmana dok biar burhan terbang ke kita pake cara apa dok. .

silakan baca artikel CARA MELATIH BURUNG HANTU

This comment has been removed by the author.

Dok harga oriental 500k itu tergolong murah atau mahal ya dok umur sih juve bulubuluny ya mulus
Terus rata2 penjual kok jarang jual Javan owlet ya dok seringny celepuk BO sama oriental

murah kok segitu sih.
kalau mau cari javan owlet, bisa gabung ke grup jual beli owl dan BOP di facebook... :)

Kalo diliat dari segi makanan dan dilatihnya lebih mudah mana antara oriental sama BO ya dok?

barn owl lebih susah karena tingkat stressnya
lebih tinggi.... :)

lebih baik pelihara oriental bay owl... :)

Terus ciri fisik oriental bay owl yang masih muda gimana ya dok terus kalo baru beli oriental sebaiknya ditaruh dimana?

Maaf ya tanyak terus pengen serius pelihara owl soalnya

beda kok oriental bay owl ama celepuk. meski masih chick.... :)
bisa dibedain ama celepuk yg chick... :)

dok, kalo snowy owl kira2 bisa adaptasi di suhu tropis macam Indonesia nggak ya?
trus kira2 harganya di kisaran brp ya? thx doc

susah untuk adaptasinya. kebanyakan mereka di iklim 4 musim mas. :)

harganya gak tau pasti. yang pasti, saya pernah denger sekitar 650. dolar. :D

kisaran harga barn owl chik itu berapa?
kalo usia chik boleh di kasih jangkrik apa nggak?

kisaran harganya udah ada di artikel di atas.
barn owl chick bisa dikasih jangkrik HANYA sebagai selingan saja mas. makanan utamanya tetap daging cincang segar atau bayi tikus putih...

dok saya kirim foto minta solusinya, reply asap ya dokg. thank you

waduhhhh makin bawah makin mahal ya harganya :D

boleh sekalian mampir http://mobildatsunbandung.com/

cara bedain tikus sehat dg tikus yg sakit gimana ya dok ??

silakan baca artikel cara melatih burung hantu berburu sendiri... :)

Aku tadi baru beli burung hantu pas sampek rumah tak diemin habis gitu tak kasih makan tpi makannya cuma di diemin dok
Burung hantu saya itu knp sakit kah karna perjalanan jauh atau apa?

sayangnya mas gak kasih tau jenis burung hantunya burung hantu apa....
kalau jenis celepuk, bisa langsung kasih jangkrik dengan cara disuapi ke paruhnya, jangan hanya ditaruh gitu aja. coba cek jenis2 burung hantu di artikel jenis burung hantu.

Malam Bu dokter
Terimakasih atas pencerahan yang telah diberikan kepada Para dan Calon Pecinta Burhan..
Dok saya punya Burhan Jenis Bubo Sumatranus,waktu yang paling tepat untuk memandikannya kapan ya dok?
Terimakasih Sebelumnya dok, Sukses selalu buat bu dokter..

senang bisa membantu... :)
pagi hari sebelum jam 9 jika matahari cerah dan ada sinar matahari. dimandikan dengan cara dispray beberapa kali hingga bulunya agak basah, lalu lap. lakukan selama beberapa kali. lalu lap dengan handuk kering... :)
setelah itu dijemur sekitar 10 atau 15 menit atau angin2kan... :)

saya sudah baca artikel cara melatih burung hantu berburu sendiri dok , tapi ndak ada penjelasan cara bedain tikus sehat dengan tikus yg ndak sehat dok

oh ya. forgot with that. nanti coba saya buatkan... :)

Dok, buffy saya gk tau knpa.. udah 2 hari gk mau makan.. hari pertama gk mau makan, tp cuma mau minum saja.. akhir ny saya kasih minyak ikan, selang 2 jam saya kasih makan ikan, ttep gk mau jg..
hari ke dua jg ttep dok gk mau mkn, akhir ny saya kasih obat amox 1/2 tab + bicombion 1/2 tab jg.. tp ttep aj gk mau makan, trus gmn lagi nih dok penanganan ny?
kondisi skrg sih agak kurang semangat gitu, biasa nya kalo saya mau kasih makan dia semangat suara nya.. kondisi pupil jg udah saya cek, klo kena cahaya langsung mengecil, hidung ny jg tidak pilek, feses nya putih coklat dok.. biasa nya kan putih hitam..

Tolong dok, ap saya perlu bawa ke dokter hewan? Tp saya bingung mau bawa ny bagaimana kalo naek mtor..

harusnya jangan dikasih minyak ikan, mas. pancing pakai pakai pakan hidup dulu kayak bayi tikus putih. cek juga lidahnya, ada frounces atau tidak. saya juga menyayangkan kenapa mas asal memberi obat gitu aja ke buffy owl.

iya, bawa aja ke dokter hewan aja. dan kalau ada apa2, sebaiknya jangan dikasih obat sembarangan mas. diliat dari warna feses sih saya ada dugaan sesuatu, tapi lebih baik mas konsul langsung ke dokter hewannya. :)

saya punya barn owl kalo di kasih makan daging ayam gak papa ?

kalau ayam muda (doc) bisa aja.... kalau ayamnya sudah gede, boleh aja tapi jangan sering2... :)

dokter, saya memilik Great Horned Owl (Partner), partner sudah mengenal Tuannya (Master), pertanyaannya apakah Partner bisa mengetahui dimana Master berada? adakah Cara untuk Melatihnya, dan apakah Partner Bisa dilatih seperti Elang?

bisa. namun dibutuhkan bonded yang sangat kuat baik dari master dan partner. saya dan si errol, burung hantu saya, bisa dikatakan sudah seperti itu.
mas tahu istilah imprint? mas bisa baca du artikel saya imprint pada burung hantu.

dok kalau kasih makan barn owl 3 kali sehari tapi yang pagi sekitar jam 8 pagi ada masalah gak ya? ....

dok kalau kasih makan barn owl 3 kali sehari tapi yang pagi sekitar jam 8 pagi ada masalah gak ya? ....

klw burung hantu celepuk dikasih ikan kecil-kecil gimna dok bagus buat kesehatannya ga ?

kalau sesekali masih boleh. tapi kalau kebanyakan, ntar malah ganggu sistem pencernaannya mas. celepuk mah kasih jangkrik aja mas. silakan baca artikel cara memelihara celepuk... :)

Dok mau nanya nih kalau burhan tuh pup nya yg sehat tuh gimana, pup pada waktu yg tak bisa diprediksi? atau .... selang waktu setelah makan? makasih dok

feses atau pup burung hantu yang sehat sudah saya jelaskan di artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya, cari di bagian cari artikel...

lamanya makanan tercerna hingga dikeluarkan lagi melalui feses biasanya dipengaruhi oleh jenis makanan dan umur burung hantu juga mas. jadi tidak bisa diprediksi secara pasti.... kadang, burung hantu yang sakit juga waktu cerna makanannya agak lama.... banyak variabel yang harus dipenuhi untuk mengetahui waktu cerna makanan burung hantu... :)

Dok makanan apa yg paling bagus buat buffy fish yang masih kecil dan jam pemberian makan yang paling tepat jam berapa?

siang dok saya mau tanya saya rencana mau membeli burung hantu jenis Oriental Bay Owl saya tinggal di daerah bekasi dan membelinya daerah jatinegra menggunakan motor menurut dokter gimana apakah burhan akan setres atau gak??

kalau gak lebih dari 20km atau 10 km, kayaknya masih aman. hanya selama perjalanan sebaiknya dijaga agar tidak terlalu kena angin. mas bisa taruh didalam dus yang dikasih lubang di dindingnya sebanyak 2-3 lubang selama perjalanan....

Kalau mau beli celepuk dimana ya guys?
Domisili jogja

silakan cari di pasar burung atau pasar hewan. mas bisa gabung juga di grup jual beli hewan daerah jogja di facebook...

Dok, mau tanya lagi soal owl. Bonny si buffy saya kok mentalnya kurang bagus ya buat fttf. Padahal untuk terbang biasa bisa 5meter lebih jangkauannya. Saya kasih lure di glove, dia mau fttf namun jarak paling tidak kurang atau sama denga 5 meter saja, setelah terbang, saya berjalan mundur bisa lebih dari 2 meter, si Bonny terbang ngejar lure di glove saya. Namun kalau saya panggil dari jarak lebih dari 5 meter, si Bonny kok keliatan ragu dan gak mau terbang ke arah saya. Tapi kalo posisinya berada di perch yang saya letakkan di lantai/tanah, Bonny memilih buat turun dan jalan/lari menghampiri saya >_<
Apa gerangan yang terjadi ya dok?
Apa si Bonny memang belum cukup mental untuk menghampiri lure yang ada ditangan saya?
Sekarang Bonny udah mau masuk juve awal, hampir semua bulu primer nya tumbuh..
Mohon bantuannya dok. Terima kasih banyak. Salam :)

sementara ini ajari aja fttf dari jarak 5 meter. cukup itu dulu. jangan terlalu memaksa bonny buat lebih. pahami karakternya, itu yang paling penting. setelah beberapa minggu dari sekarang, coba tambah 25cm dulu dari 5m (5m 25cm), lakukan lagi selama 2 minggu. kalau dia sudah terbiasa, tambahkan 25cm lagi (5m 50cm), begitu terus dengan rentang waktu 2 minggu....

dulu si errol juga gitu. dia di jarak 7 meter mulai keliatan blocking (oh ya, istilah dalam fttf blocking itu. artinya mulai tersendat atau tidak bisa fttf dalam jarak tertentu)... tapi dengan cara yg tadi saya jelaskan, bisa kok lancar lagi.. :)

Dok ini celepuk saya sudah saya beri makan jangkrik sekitar 15 ekor lebih, apakah hal tersebut baik? Atau malah membahayakan untuk si celepuk?
Sedangkan artikel di atas menjelaskan bahwa diberi makan sampai tidak mau menyambarnya lagi

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Selamat siang Dok,
ada yang ingin saya tanyakan mengenai Buffy, Dok apakah ada perbedaan fisik antra Buffy muda dengan usia tua?
saya sering membaca comment di FB, bahwa Buffy tua ditandai dengan warna bulu leher berwarna hitam dan berbentuk "V', apakah benar Dok?
kemudian apakah buffy muda dengan yang sudah tua, ditandai pula dengan ada tidaknya Bulu Alis?
mohon penjelasannya, terima kasih

Dok saya mau bertanya apakah barn owl berumur sekitar 4 bulan jika bergerak kesana kemari menimbulkan bunyi seperti seseorang yang pegal" itu termasuk normal? Bagaimana cara memberi minum barn owl yang masih berumur 4 bulan? Apakah dia tipe hewan yang tidak minum? Saya membeli dua pasang dan kalau saya pisahkan apakah bagus?

sudah saya balas di komentar mas yang satu lagi...

jelas sangat berbeda. buffy fish owl yang masih muda tidak ada horn-nya (bulu yang mencuat ke atas di atas kepala, mirip tanduk)..... kalau soal bulu hitam berbentuk V, itu kadang di buffy anakan juga ada....

dua pasang berarti 4 ekor? emang masnya sudah pernah pelihara barn owl sebelumnya?
iya, owl kadang kalau gerak suka bunyi. cara memberikan owl minum bisa dibaca di artikel cara memberi minum burung hantu. semua hewan pastinya butuh minum....

iya, pisahkan saja mas. sebenernya saya cukup terkejut mas bisa langsung beli 4 ekor. seekor aja menurut saya cukup merepotkan bagi yang belum terbiasa. namun jika mas sudah berpengalaman, oke oke aja... :)

Aslmkm Dok,
mau tanya, belum lama saya beli Bufy fish owl dari anak sekolah, burungnya jinak, sayangnya bulunya banyak yang patah, lama gak ya proses ganti bulunya?

saya sudah buatkan artikelnya. silakan disearch di bagian cari artikel.. :)
cari aja pakai kata kunci: bulu burung hantu rusak

Dok, minta info nya boleh, ada gak yang jual anakan atau chick Bubo Sumatranus dan bisa kirim ke Batam?
karena di Batam sama skali gak ada yg jual anakan Owl dok,
saran please

Dok mau nanya nih, burung hantu ada yg dilindungi gk ya ? Yg gk dilindungi jenis apa aja ? Sama bop yg gk dilindungi apa aja dok ? Terimakasih

sebenernya agak riskan juga mas kalau owl dikirim ke batam. tapi mas bisa cek jasa pengiriman hewan.
untuk penjualnya sendiri, mas bisa baca artikel saya penjual hewan terpercaya...

sekali lagi saya sarankan, jangan mengirimkan burung hantu dengan jasa pengiriman barang. sebaiknya gunakan jasa pengiriman hewan... :)
apalagi sekelas bubo sumatranus yang tingkat stressnya tinggi... :)

ada, namanya burung hantu punggok atau pungok. saya pernah bahas di artikel cara memelihara pungok atau cara memelihara punggok.

itupun sebenernya sangat jarang dipelihara karena emang jarang banget burung punggoknya... :)

Berarti selain punggok yg lain gk dilindumgi ? Makasih dok infonya

punggok juga sebenernya masih data deficient, jadi statusnya masih kekurangan data karena jarang terlihat dan belum pernah diteliti... :)

thanks dok, akan saya coba dulu saran di atas

Permisi dok, saya baru mau memelihara burung hantu dan sudah membaca beberapa artikel yang di-post oleh dokter, tapi saya masih ada beberapa pertanyaan, yaitu:

1. Saya rencananya mau melihara sepasang untuk dikawinkan, tapi untuk permulaan saya baca lebih baik pelihara satu dulu, itu peliharanya lebih baik yang betina atau jantan duluan?

2. Rumah saya nggak ada ruang kosongnya dan gudangnya penuh, itu gimana ya? untuk adaptasi saya taro kamar mandi aja selama 12 jam habis itu saya pindahin kalo pagi ke luar, kalo malem di kamar mandi boleh nggak ya? tapi itu deket sama mesin AC, dia keganggu nggak ya denger mesinnya?

3. Saya tinggal dirumah dan cukup ramai karena punya kakak dan adik, kalo nanti saya coba biarin si burhan terbang di dalem rumah, dia bakal nyerang keluarga saya nggak ya?

4. Gimana cara kita tau kalo burhannya kedinginan?

5. cara untuk bedain gender burhan itu bisa dipake ke burhan yang masih chick (bulu kapas) nggak ya? atau ada umur tertentunya kalo mau dicoba?

kira-kira segitu dulu pertanyaan dari saya. maaf ya kalo pertanyaannya banyak, tolong dijawab dokter, makasih...

saya coba jawab.
1. sama saja. mau jantan atau betina, sama aja. yang penting kedekatan mas dengan owlnya..
2. itu bagus. malem di kamar mandi, kalau mesin acnya gak terlalu berisik, kayaknya aman2 aja. suhunya gimana mas? :)
3. burung hantu lebih menyukai mangsa yang lemah dan tidak berdaya. manusia jelas tidak masuk ke kategori itu. :)
4. mas suka merinding (bulu di tangan dan kaki berdiri) kalau kedinginan? begitu juga burung hantu. namun juga tidak selamanya begitu. burung hantu juga akan merenggangkan bulunya sebagai bentuk defensif....saat cuaca dingin, owl juga lebih banyak diam, nangkring dan duduk di perchnya... :)
5. cara mengetahui jenis kelamin burung hantu sudah saya buatkan artikelnya. :)

moga sukses dengan project breedingnya mas. sebagai referensi, mas bisa baca artikel saya siklus hidup burung hantu..

suhu kamar mandinya biasa sih dok, malah kadang suhu kamar saya lebih dingin (kamar mandinya di dalem kamar).

makasih balesannya ya dok, rencananya sabtu ini saya baru mau beli burung hantunya, semoga informasi-informasi dari dokter bisa bermanfaat

mungkin saya akan tanya lagi kedepannya kalau bingung, jangan bosen ya dok :)

Dok, saya cewek jangan dipanggil mas dong..hehehe... :D

dok, kira-kira chick-brancher-juvenile itu tingkatan umurnya berapa bulan ya?

dok mau nanya, tau gak dimana yg jual bubo atau buffy?
dipasar burung jatinegara adanya tyto dan celepuk, dipasar barito adanya celepuk, sedangkan dipasar pramuka tidak ada burhan :(
dari kemarin mau email japri tapi gak ketemu email dok fira..
kalau tidak keberatan japri ke email saya ya dok : ozy.fri3ndz@gmail.com

thnx sebelumnya,

-ozy-

untuk perkiraan chick dan juvenile, mbak bisa cek artikel saya istilah dalam memelihara burung hantu. :)
gimana kabarnya mbak? maaf baru saya balas, saya habis perjalanan dinas ke luar kota.... :)

silakan gabung ke grup jual beli burung hantu di facebook.
bisa juga baca artikel saya penjual burung hantu terpercaya di blog ini...

maaf baru saya balas, saya habis perjalanan dinas ke luar kota.... :)

dok, mau nanya lagi, kalau celepuk yg warna putih itu jenisnya apa ya dok? apakah saat dia juve atau mature warnanya juga putih? saya cari2 gak ketemu..

sama, celepuk juga. cuma ada pengurangan pigmen warna. kalau udah mature, tetap warna putih.. :)
cara memeliharanya sama seperti cara memeliharanya sama seperti memelihara celepuk biasa... :)

saat mature warnanya totally putih like snowy? (meskipun snowy ada corak hitamnya, CMIIW),, itu celepuk jenis apa ya dok? apakah ada burhan yg totally putih (selain bubo meskipun ada coraknya juga)
sorry ya dok banyak nanya, lost in owl population soalnya hehee

gak putih total. lebih mendekati ke light cream sebenernya, mas.
setahu saya sih jenisnya sama seperti scops owl biasa. mungkin bisa kita katakan scops owl morph. nanti saya cek untuk lengkapnya.. :)

Dok yang baik hati.saya punya bubo Dia lg sakit.mata nya picek kluar lendir gtu. Trus mual" gtu tp jarang.. obat nya apa ya dok

kalau untuk bubo yang notabene tingkat stressnya agak tinggi, saya lebih menyarankan agar dibawa aja ke dokter hewan, mas. yang pasti, ada infeksi bakteri di matanya atau di saluran pernafasannya. penanganan cepat ya mas. lendirnya warna apa?

ok dok, ditunggu info selanjutnya.. maaf merepotkan..

cara pesan owlnya bagaimana???

saya gak jual. hanya info harga aja.
kalau mau beli, silakan ke post saya yang judulnya penjual hewan terpercaya. cari aja di bagian cari artikel...

Dok , rumah kakek nenek saya dekat pabrik sablon milik kakek saya, banyak orang mondar mandir , kalau saya mau pelihara burhan gimana dok?? Stress apa gak ya???

Dok , rumah kakek nenek saya dekat pabrik sablon milik kakek saya, banyak orang mondar mandir , kalau saya mau pelihara burhan gimana dok?? Stress apa gak ya???

asalkan gak terlalu berisik dan gak banyak polusi udara (asap rokok utamanya), gak apa2.
kalau hanya banyak orang mondar-mandir atau banyak kegiatan, gak masalah.

dok saya mau tanya, saya punya burung hantu celepuk, udah besar, anak saya yg beli dipasar, cm bulunya rusak, bagaimana cara agar bulunya rapi kembali ?
akhir2 ini burhan ini ga mau makan, padahal awalnya mau makan sendiri nyamber jangkrik yg ditaruh didekatnya, sejak saya sering kasih makan pakai tangan langsung ke paruhnya sekarang ga mau makan sendiri, bagaimana dok...
terima kasih

burung hantunya udah besar ya? berarti galak dong? sering defends? (merentangkan sayapnya dan mengeluarkan suara ancaman)

burung hantu celepuk yang udah dewasa emang rentan stress, mas. karena egonya lebih tinggi dibandingkan burung hantu anakan. burung hantu dewasa juga lebih susah dipelihara, karena stress itu tadi.

kalo soal dia gak mau makan, coba ibu cek fesesnya. cek artikel saya: cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. cari di bagian cari artikel.. :)

Dok, mau tanya, Yg jual burung hantu celepuk anakan
didaerah jakarta bekasi dan sekitarnya dimana ya...?

Gak ada yang jual burung hantu anakan?

Sore bu dokter aku mau nanya nh kira2 harga snowy owl itu kisaran brp ya?

jujur saya nggak tahu. pernah ada kenalan keluarga saya yang beli snowy owl di england, tapi kami gak berani nanya harga... :D

Bu dokter, semalem saya mendapatkan burhan clepuk, berhubung darurat maka saya kasih pakan katak sawah atau precil, tapi dia gak mau makan, sekarang saya letakkan di kurungan ternak kenari, solusinya donk Buuuu,,,

silakan baca artikel saya cara memelihara celepuk. cari di bagian search..

Saya ingin membeli BURUNG HANTU BARN AWL...cara pesanya gimna ya ..tolong hubungi saya ... SMS/TELPON = 087866703267
WHATSAPP : 085935654500
PIN BBM : 585C2EA4

Dok saya mau adopt barn owl msih chick, tapi saya ngga punya ruangan kosong, kalo ditaro dikardus atau kandangan dulu gapapa dok? Tolong penyegaranya dok please,

Dok saya mau nanya, saya mau adopt barn owl yg msih chick, tpi cara karantinanya gimna dok? Masalahnya saya ga punya ruangan kosong, kalo dikardus atau kandang trus ditaruh diteras bikin dia stres ga dok? Mohon pencerahannya dok, thx

Dok saya mau nanya, saya mau adopt barn owl yg msih chick, tpi cara karantinanya gimna dok? Masalahnya saya ga punya ruangan kosong, kalo dikardus atau kandang trus ditaruh diteras bikin dia stres ga dok? Mohon pencerahannya dok, thx

Dok saya mau nanya, saya mau adopt barn owl yg msih chick, tpi cara karantinanya gimna dok? Masalahnya saya ga punya ruangan kosong, kalo dikardus atau kandang trus ditaruh diteras bikin dia stres ga dok? Mohon pencerahannya dok, thx

kalau gak ada ruangan kosong, cukup sediakan box karton yang agak besar (bekas tv atau kulkas yang besar), kasih tangkringan di dalam kardusnya, dan masukkan ke dalam situ..... jangan lupa kasih makan....

selengkapnya silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu

Kalo saya taro diteras sedangkan diteras saya deket mesin airnya dok jadi agak bising, itu bisa bikin stress barn owl ga si dok?

Gan, ane rencana ny ane mau beli celepuk kalo ngga barn owl, ane perdana tau tentang burhan ini, saran nya beli yg mana ya gan? Kalo perawatan lebih gampang yang mana? Thanks^^

mending jangan, mas.
jangan deket mesin air kalau agak bising. apalagi owlnya belum terbiasa dan masih belum jinak... kalau jenis celepuk mungkin masih bisa, tapi kalau barn owl kayaknya susah... :)

artikel jenis burung hantu yang paling gampang dipelihara ada kok artikelnya. silakan cari di bagian search... :)

Info dok
Pernah adopsi hewan apa aja?

dulu waktu masih balita, pernah pelihara kucing. tapi mati kelindes motor. :D
terus sugar glider masa SMA. terus ikutan jejak kakek pelihara musang. abis itu pelihara burung hantu sampe sekarang.

Kalo saya may beli burung hantu dimana ya? Boleh rekomendasinya... thx u...

bisa cari di pasar hewan terdekat atau di grup jual beli facebook.
sebelum beli, baca dulu artikel ciri burung hantu sehat. :)

Bu dokter saya dr makassar, ada niatan u perliahara barn owl, punya data sipenjual gak ?

coba gabung aja ke grup pecinta burung hantu makassar di facebook... :)

dok mau tya
nieh
sya kan baru saja melihara burung hantu celepik dewasa , nah itu susah banget di jinakin
sy sudah baca artikel nya tapi,, ada trick khusus gak buat celepuk dewasa ini,
boleh gak kalau saya cuma kasih makan jangkrik aja,,, nah terus minimal sehari harus makan berapa kali / banya

.....
dok minimal bari kali seminggu maindiin burung hantu ya,,

baru pertama kali pelihara burung hantu ya mas? :)
kalau untuk pemula, mending jangan langsung pilih burung hantu dewasa karena agak susah untuk jinakkinnya. pilih yang masih agak anakan...

pertanyaan yang mas tanya udah ada di artikel cara memelihara burung hantu celepuk dan artikel cara menjinakkan burung hantu

iya dak tapi dah terlanjur plihara,
kira2 berapa lama burung hantu nya bisa jinak dong,, perkiraan aja gak papa..?

tergantung karakternya. kalau yang karakternya mudah menerima manusia sebagai masternya, minimal 3 bulan. itupun belum jinak total (dan memang tidak bisa burung hantu bisa jinak total).

kalau yang karakternya cenderung keras, 2 tahun bahkan lebih baru bisa jinak... si errol, burung hantu saya, saja sampe 1,5 tahun baru bisa agak mendingan... :)

Kalo jangkrik sebagai makanan pokok bay owl bisa nggak dok ?
Mohon infonya :D

Kalo dikasih anak ayam yg diwarnai bulunya blh nggak dok ??

Anak ayamnya ada warna biru.merah..

waduh, jangan mas. jangan yang diwarnai. kecuali kalau mas siangi dlu.
itupun sebenernya gak aman juga, takutnya ada sisa cat/bahan kimia yang ikut tertelan/....

Ohh .. Oke dok,Makasih infonya :D

Di daerah saya jarang orang jual burung emprit dok. Jadi diganti Burung Kutilang atau Burung cerocok bisa nggak ?

Sama ini dok.. Kalo beli Burung Hantu Juve Tengah Itu Msh Bisa Jinak Nggak ???

bisa kok dikasih jenis burung lain... :)

si errol yang udah tua aja bisa bonding, apalagi cuma juve tengah? asalkan mas yakin, pasti bisa.... :)

Kalo bay owl brancher harga 500rb itu termasuk murah atau mahal ??

Pengen pelihara owl.. Tpi baru pesan equipmentnya

maaf baru balas. saya abis sakit. :(
kalau 500 kayaknya kemahalan, mas.. :)

oke. :)
mas bisa kembali kemari kalau ada yang perlu ditanyakan.. :)

Dok, elang brencher tengah ke akhir saya kok suaranya gk bisa kluar hanya ngeriwik ato suara dalam, kenapa ya? Dia nampak sehat makan lahap suaranya saja yg tidak bisa keras. Apa keselek? Mohon solusinya terima ksh seblumnya.

hmm, selama ini pernah kedinginan?
silakan baca artikel saya cara mengobati perkutut yang ngorok.

Gk pernah dok, sebenernya mau triak tp gk bisa? Brung sih sehat. Cuma di suaranya gk kluar, pernah sekali" muncul suara kerasnya dia brusaha triak kasian.

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 268   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.