Cara Mengobati Scabies Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Mengobati scabies pada musang

tidak sesulit yang dibayangkan, meski dibutuhkan tindakan yang cepat untuk menyembuhkan musang yang terkena scabies. Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau atau kutu bernama Notoedres Cati, tungau yang sama dengan penyebab scabies pada kucing. Kutu Notoedres Cati ini menggali lubang-lubang mikro di kulit hewan seperti kucing, anjing, musang, dan lain sebagainya yang menyebabkan rasa gatal dan panas pada hewan tersebut, membuat musang yang terkena scabies menggaruk bagian yang gatal dan akhirnya menyebabkan luka pada kulitnya.
Scabies Pada Musang
Image taken from kaskus.co.id

Seperti yang sudah saya katakan di atas, diperlukan tindakan cepat dalam mengobati scabies pada musang. Segera lakukan tindakan pengobatan jika terlihat tanda musang terkena scabies atau ciri musang yang terkena scabies.
  1. Penularan scabies pada musang.
  2. Sama halnya dengan penularan scabies pada kucing dan anjing, scabies pada musang lebih disebabkan oleh kontak fisik dengan benda yang ditempeli oleh tungau Notoendres Cati.
  3. Ciri musang yang terkena scabies.
  4. gejala scabies pada musang yang terkena scabies atau ciri musang yang terkena scabies antara lain adalah musang terlihat menggaruk-garuk bagian tubuhnya, terutama bagian kepala, leher, punggung, atau perut. Pada musang yang terkena scabies yang parah, scabies juga kadang menyebabkan gudik dan menyebabkan bulu musang rontok di bagian yang terkena scabies.
  5. Cara mengobati scabies pada musang dan cara mencegah scabies pada musang.
    • tindakan pencegahan scabies pada musang sekaligus cara mengobati scabies pada musang antara lain adalah dengan rajin memandikan musang minimal 2 kali seminggu pada musang yang positif terkena scabies dan satu minggu sekali pada musang yang tidak terkena scabies. anda bisa menambahkan cairan antiseptik khusus hewan yang terkena scabies di air mandinya atau bisa juga menggunakan dettol.
    • hindari kontak fisik dengan musang, hewan lain, atau benda yang diduga terkena atau tertempeli tungau scabies.
    • menjemur musang setelah dimandikan juga bisa mengobati scabies pada musang dan bisa mencegah musang terkena scabies. Untuk musang yang terkena scabies, sebaiknya jemur musang hingga bulunya kering, dan untuk musang yang tidak terkena scabies, anda cukup mengangin-anginkannya di ruangan terbuka atau menjemurnya dengan bagian atas kandang tertutup kain (tidak terkena sinar matahari langsung).
    • pastikan kuku musang tidak terlalu panjang dan tidak tajam sehingga tidak melukai saat musang menggaruk badannya. Hal ini dikhususkan untuk musang yang positif terkena scabies. Anda bisa membaca cara memotong kuku musang di artikel cara potong kuku musang.
    • lakukan tindakan dan langkah pengobatan musang yang terkena scabies tersebut selama 3 minggu. jika scabies pada musang tidak kunjung berkurang, ada baiknya segera bawa musang yang terkena scabies tersebut ke dokter hewan terdekat agar dapat mendapatkan penanganan khusus.
Demikian adalah penyebab scabies pada musang,

cara mengobati scabies pada musang

serta mencegah scabies pada musang. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan musang peliharaan anda. Saran, pertanyaan, komentar serta kritik bisa ditulis dibawah ini. Thank you. (FS)

161 Responses to "Cara Mengobati Scabies Pada Musang"

  1. Musang sya umur 2bln, skrg dia jdi malas"an (nakan dan tidur), makanx 3x shari (sun rasa pisang), kasi saran!!


    #soalnya lagi pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lebih sering diajak main. jangan hanya ditaruh di kandang aja mas... :)
      asalkan mau terus belajar pelihara, newbie gak apa2.. :)

      Delete
  2. Musang sy ada bintik2 ny budok ap scabies

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi scabies.
      silakan lakukan cara mengobati scabies di atas... :)

      Delete
    2. sy mau tanya dok,,,,klu "kutu" dn "tungau" itu sama apa beda dok ?? mksh buat penjelasn ny dok,,,,

      Delete
    3. beda mas. Tungau bukanlah kutu dalam pengertian ilmu hewan walaupun sama-sama berukuran kecil (sehingga beberapa orang menganggap keduanya sama). Apabila kutu sejati merupakan anggota Insecta (serangga), tungau lebih berdekatan dengan laba-laba dilihat dari kekerabatannya. :)

      Delete
    4. Hi dok...sy mau tnya si chiko didadax pas diatas kemaluanx ada bundaran dua kanan dan kiri apa ni scabies ya dok??ada 4lingkaran kecil kanan kiri ama ats bawa gtu...apa ini pentil susu
      Gtu??apa musang jantan ada pentil susux jg???apa ini scabies gtu? Tlg pencerahanx dok thanks

      Delete
    5. musang jantan saya juga sama punya seperti puting di perut itu scabies apa bukan?

      Delete
    6. beda loh mas bentuk puting dan scabies itu. :)
      dia suka garuk2?

      kabari ya mas

      Delete
    7. Mau tanya klo mandiin menggunakan detol itu di campurkan ke airnya atau di oleskan di jamurnya aja. Soalnya musang setelah di mandikan suka menjilat bulunya. Apa itu tidak bahaya. Makasih

      Delete
    8. asalkan dettolnya nggak terlalu banyak, saya kira aman. ya patokannya jangan terlalu banyak. itu aja sih mas. :)

      Delete
  3. Musang saya baru usia 1bulan, sudah bisakah dimandikan untuk mengobati atau mencegah penyakit ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disemprot aja pakai semprotan burung. jangan terlalu basah. abis itu dilap pakai handuk kering....

      Delete
  4. dok apa scabies mudah di sembuhkan pa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok . Musang saya scabies , tapi pas saya tanya temen saya ngilangin scabies pada musang menggunakan sabun dettol Keras bikin Koreng ? Apakah betul ?

      Dan pertanyaan saya yang ke2 . Musang saya pas saya kasih scott emulsion nafsu makan nya bertambah , pas saya kasih air gula nafsu makannya turun lagi ?

      Delete
    2. bukan pakai sabunnya mas, tapi pakai cairan antiseptiknya. cairan antiseptik dettol yang kayak teh itu.... kalau pakai sabunnya mungkin iya bisa bikin keras bekas scabiesnya, kalau pakai cairan antiseptiknya gak. dimandikan dengan menggunakan air campur cairan antiseptik dettol, lalu jemur...

      iya, lebih baik jangan dikasih air gula. kalau mau kasih air madu aja. jangan madu rasa, kalau ada madu asli atau madu tj... :)

      Delete
    3. Nanti saya coba deh . Terima kasih dok saran nya :)

      Delete
  5. Si afro mengidap luka di ekornya dok.Bulu pada daerah luka rontok.Dia juga sering garuk garuk leher dan bagian tubuh lainnya.
    Apakah itu scabies atau kutu dok?
    Memandikannya apakah hanya dengan air saja atau bisa ditambah sampo?
    Thx dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang udah parah, lebih baik segera bawa ke dokter hewan mas. murah kok biayanya....

      kalau toh mau dimandikan, coba beli sampo anti kutu atau scabies untuk kucing. saya sendiri tidak bisa memastikan itu scabies atau kutu biasa karena tidak bisa melihar secara langsung

      Delete
  6. Dok , cara mengobati kutu pada bayi musang usia 1,5 bulan bagaimana? Bukankah bayi musang tidak boleh dimandikan sampai usia ±3 bulan?
    Lalu kalo tidak dimandikan bagimana mengatasinya?
    Dia sering garuk garuk terus sekitar area leher ,belakng kuping , buntut , dan atas paha kanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dimandikan dengan cara disemprot2 dengan menggunakan semprotan air (yang biasa buat memandikan burung). jadi gak langsung dicemplungin ke air....
      air yang buat nyemprotnya dicampur dettol antiseptik yang cairannya kayak air teh itu... :)

      abis dimandikan/disemprot, bisa langsung dilap dengan handuk kering, lalu diangin2kan....

      kalau memang bisa sih mending bawa ke dokter hewan aja mas biar lebuh jelas.. :)

      Delete
    2. Muspan saya juga kalo makan paling banyak 4 jilatan doank dok , saya kasih bubur sun. Aer gula merah enggak mau tapi kalo air gula pasir mau , sering disemutin air gulanya makanya saya langsung buang 1 jam sekali.
      Kalo dispet gak mau , pake suntikan juga gak mau. Di jejelin juga gak mau , katanya secara naluri bakal jilat sendiri.
      Sedih saya kalo liat musang makan sedikit.
      Pup nya sedikit lembek tapi gak cair. Warnanya sama dengan bubur sun. Udah saya kasih curcuma plus dibubur sun.

      Delete
    3. biar gak disemutin, disekitar kandang goreskan kapur semut, mas....
      iya, seharusnya secara naluriah dia bisa menjilati makannya sendiri. sekarang gimana keadaannya mas?

      Delete
    4. Belom saya kasih dettol dok , hehehe. Kemarin sibuk lebaran.
      Kalo mandi palingan masih saya lapin pake air hangat dan saya keringin terus di jemur 45 menit. Sebelum jam 10 biasanya jam 7-8 pagi.
      Kalo makan masih seperti biasa sedikit , tapi susu udah mau dijilatin di tempat makan.
      Bubur sun saya ganti setiap 5 jam sekali , air susu saya buang setiap 1 jam sekali dan langsung di kasih air mineral.
      Muspannya masih lincah dan jarang mau di kandang , saya biarkan free room kalo saya dirumah. Kalo dikandang maunya ada kasur gantung. Makasih sebanyak banyaknyabya dok.

      Delete
    5. Udah jarang garuk garuk sekarang dok

      Delete
    6. Dok , kuku kiri belakang baby muspan saya berdarah setelah dipotong kukunya oleh teman saya. Bagaimana ini dok ? :'(

      Delete
    7. kukunya kasih betadine. biarin hingga kering... :)
      sementara ini kasih buah aja. jangan dikasih makanan berprotein dulu (kayak daging, serangga, bubur bayi, dll)

      sekarang gimana keadaannya mas? :)

      Delete
    8. Belom saya kasih betadine dok , tapi udah gk kenapa kenapa sepertinya , soalnya dikakinya udah gk ada luka dan lincah.
      Makanannya masih saya selingin. Sun , pisanh dilembekin , dan susu sgm ananda soya.
      Makasih dok :)

      Delete
    9. kasih aja betadine untuk mencegah infeksi...

      Delete
    10. Kalo betadine nya dijilatin emang gak kenapa napa dok ke muspannya?

      Delete
    11. makanya kasihnya jangan dengan cara ditetesin langsung ke lukanya, mas.... :)
      pakai kapas aja. kapas dibasahi pake betadine, lalu totol2kan ke lukanya.... :)

      Delete
    12. Kalo biar makannya banyak gimana dok? Biar lahap gitu. Baby saya paling banyak jg 5 jilatan.
      Udah saya kasih curcuma plus/scott. Kalo curcuma setiap hari sehari sekali dan scott baru sekali doank.

      Delete
    13. cukup salahsatu aja mas, curcuma plus atau scott emulsion. jangan 22nya.
      silakan baca artikel saya dosis scott emulsion untuk musang....

      kalau untuk baby, yang terpenting adalah dia mau makan. itu aja dulu. kalau soal nafsu makan atau nggak, biasanya akan bertambah seiring dengan bertambahnya umur musangnya...

      Delete
  7. Dok , cara mengobati kutu pada bayi musang usia 1,5 bulan bagaimana? Bukankah bayi musang tidak boleh dimandikan sampai usia ±3 bulan?
    Lalu kalo tidak dimandikan bagimana mengatasinya?
    Dia sering garuk garuk terus sekitar area leher ,belakng kuping , buntut , dan atas paha kanan.

    ReplyDelete
  8. Dok , cara mengobati kutu pada bayi musang usia 1,5 bulan bagaimana? Bukankah bayi musang tidak boleh dimandikan sampai usia ±3 bulan?
    Lalu kalo tidak dimandikan bagimana mengatasinya?
    Dia sering garuk garuk terus sekitar area leher ,belakng kuping , buntut , dan atas paha kanan.

    ReplyDelete
  9. Dok antiseptik ga membuat keracunan pada musang kalau pas di mandi in .di jilatin

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan gak terlalu banyak, kayaknya aman aja mas... kan lagian cairan antiseptik dettolnya dicampur ama air... :)

      Delete
  10. Dok musang saya umur 2bulan lewat lah , di musang saya ni dikepala nya ada bagian yang tidak berbulu membentuk lubang gitu dok , dilubang itu ada bintik merah itu kira" scabies atau apa dok? Mohon sarannya dok lubang nya itu pas ditengahtengah kepala tu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sering2 dimandikan aja pakai air yang dicampur cairan antiseptik dettol (yang cair, seperti air teh). Mandikan minimal seminggu 2 kali. sering2 juga dijemur ya mas.....

      lapor lagi ke sini 2 minggu setelah ini. saya ingin tahu kabar selanjutnya... :)

      Delete
    2. Dok, saya punya musang dari tetangga umurnya sekitar 3bln lbh. Bulunya rontok dan berkoreng apa musang trsbt terkena penyakit scabies?
      Untuk penyembuhannya gmana dok?

      Delete
    3. koreng maksudnya ada luka kering gitu mas? biasanya scabies tidak menyebabkan luka kok. dia hanya menimbulkan gatal (musang sering menggaruk) dan ada bintik2 putih di kulitnya....

      untuk perawatan pertama, jangan dikasih makanan dari daging2an dulu. kasih buah2an aja. kayak pisang atau pepaya. pokoknya makanan yang mengandung protein kayak daging, serangga, dlll jangan dikasih dulu. kasih buah aja...

      saya tunggu kabar selanjutnya..

      Delete
  11. Oke dok saya coba , soalnya sebelum saya buat kandang kawat tidak ada lubang itu , terus saya letak dikandang kawat yang saya buat itu nggak lama kemudian udah ada aja lubang itu , apa karna tergesek dengan kawat itu dok? Waktu diletakkan dikandang kawat itu musangnya mondarmandir kayak mau keluar dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik beli aja kandang kucing siap pakai mas.
      jangan bikin sendiri, takutnya kegesek2. emang musang biasa mondar mandir gitu kalau belum terbiasa dengan kandangnya. tapi kalau nanti sudah biasa, tidak seperti itu... :)

      Delete
  12. Dok , ni saya kembali lagi , yang dokter saranin kesaya sudah saya coba tetap saja lubang yang dikepalnya itu gak tumbuh" bulunya , itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ganti pakai kandang baru? maaf baru saya balas...
      untuk bekas kena kawat di kepalanya, emang butuh waktu agar bulunya bisa numbuh lagi mas. tetep rawat baik2... :)

      Delete
  13. Dok saya punya musapan umur 1 tahun,dia sedang terjangkit scabies kemarin sudah sy bawa ke dokter di suntik dan di beri obat ,tetapi ada sedikit kebingungan sy masalah berapa x seminggu sy harus memandikannya,kata dokter yg sy bawa muspan sy berobat cukup 1 x seminggu,tapi sy kurang yakin di tambah membaca artikel dokter di atas,sy tunggu ya dok penjelasannya ,thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekali atau dua kali seminggu aja, mas. disuntik gak ama dokternya? :)

      Delete
  14. Dok mau tanya, apakah musang kena scabies boleh diberi wormectin? Jika boleh, apakah pemberianya sama seperti kelinci yaitu subcutan di pundak/belakang kepala? Atau seperti kambing subcutan di kaki? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang mas yakin mau menginjeksikannya sendiri? mending minta tolong dokter hewan aja mas. saya takut kenapa2 ama musangnya....
      kalau wormectin sendiri subcutan.

      Delete
    2. Untuk mamalia seperti kambing dan kelinci saya biasa inject sendiri dok. Dan alhamdulillah berhasil. Untuk musang saya blm pernah jd saya mau cari info dok. Susah di daerah saya cari drh dok, paling gak harus keluar kota.

      Delete
  15. Dok apa boleh mandiin musang yang kena scabies pake sabun jf sulfur di campur dettol antiseptik.?
    Trus kalo abis dimandiin pake dettol antiseptik harus dibilas lagi pake aer biasa ga dok.? Takutnya aer dettol yg masih basah di bulunya dijilatin dok...

    Musang saya udah 3 minggu lebih kena scabies ga sembuh" dok, malah scabiesnya makin banyak padahal saya obatin terus :(

    Mohon pencerahannya dok
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan udah parah itu mas. atau musangnya mas sering mandikan, namun perlengkapannya gak sering mas bersihkan. jadi sama aja, dateng lagi, dateng lagi kutunya.

      kandangnya juga sering2 dibersihkan, mas. sama aja kalau nggak dibersihkan dan disterilisasi dari kutu. kalau ada, kandangnya tiap minggu ganti. kandang lama dicuci dan dijemur secara bergantian tiap minggu.

      kalau soal scabiesnya, saran saya yang utama mending bawa aja ke dokter hewan biar disuntik.

      kalau soal memandikan, bisa pakai dettol cair aja. gak usah pakai jf sulfur. dan setelah dimandikan, jangan lupa dijemur...

      Delete
    2. Perlengkapan setiap hari pasti saya bersihin dok
      Trus saya kalo mandiin juga di atas kandangnya.. selasai mandiin kandangnya langsung saya semprot dok.

      Iya dok, niatnya nanti hari sabtu mau saya bawa ke dokter hewan.
      Kira" biaya suntiknya berapa ya dok.?
      Trus butuh berapa kali suntik dok biar bisa sembuh total.?

      Oh ga perlu pake sabun jf sulfur ya dok,
      Kalo abis dimandiin pake dettol antiseptik trus waktu dijemur dia jilat"in bulunya gapapa dok.?

      Delete
    3. kalau biayanya, biasanya gak lebih dari 300k. bisa jadi kurang, tergantung dari dokter hewannya. perkiraan sih sekitar segitu. :)

      soal berapa kali suntik, biasanya nanti di kasih tau ama dokternya. berkaitan dengan seberapa parah kutunya. paling ringan ya sekali suntik atau dua kali sama check up.

      soal dettol yang dijilat2 ama dia, saya kira aman. kan dettol cairnya dicampur air, mas.. :)

      Delete
  16. dok musang saya umur 1bulan banyak kutunya,, itu penyebanya apa yahh ???
    dan sudah saya beri obat kutu rambut PEDITOK,, kutu langsung mati..
    bisa keracunan apa enggak yah dokk ????

    ReplyDelete
  17. dok musang saya umur 1bulan banyak kutunya,, itu penyebanya apa yahh ???
    dan sudah saya beri obat kutu rambut PEDITOK,, kutu langsung mati..
    bisa keracunan apa enggak yah dokk ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa musang umur 1 bulan (masih bayi) udah kutuan, mbak?

      harusnya sih jangan pakai peditok. ada kok sampo khusus kucing yang bisa digunakan. :)

      kalau keracunan atau nggaknya, kecil kemungkinan. namun sebaiknya berhati2. observasi aja selama 4 hari ke depan. cek fesesnya terus, samakan dengan artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. :)

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Oh begitu ya dok
    Makasih banyak ilmu dan informasinya :)

    Masalah nafsu makan yg berkurang ngatasinnya gimana ya dok.?
    Yang tadinya doyan bgt pisang sekarang ga pernah mau, nasi kecap tiap malem juga dikit bgt dimakannya...
    Maunya makan daging"an doang dok, sementara saya baca" komentar di atas kata dokter jangan di kasih makanan yg berprotein dulu.

    Oiya waktu itu pernah ada yg nyaranin pake oli bekas buat ngobatinnya, kira" aman ga dok kalo olinya sampe terjilat.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake oli bekas buat ngobatin kutu pada musang?
      ngawur itu mas. saya juga gak tau dapet ide darimana itu yang bikin teori itu. olinya digimanain? diminum atau dioles ke badannya?

      mas bisa bayangin, oli bekas yang lengket di tangan kita aja kita kudu bekerja ekstra keras buat ngapusnya. apalagi kalau nempel di bulu musang? dan itu gak bikin kutu musang hilang.

      kalau musang scabies di kasih daging sih sebenernya boleh aja. yang gak boleh itu kalau musang kena katarak atau sejenisnya.

      Delete
    2. mengenai nafsu makannya, mas bisa kasih sari kurma ke musangnya.... :)

      Delete
  20. Iya dok, katanya itu obat tradisional buat ngobati scabies
    Pas saya browsing juga banyak artikel" yg ngasih tau pake cara itu dok.
    Diolesin ke kulit yang kena scabies dok

    Oh begitu, berarti saya salah paham sama komentar diatas dok, saya kira ga boleh makan daging"an hehe

    Makasih banyak ya dok pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pake oli jelas bukan tradisional karena dia mengandung bahan kimia. kalau mau pake cara tradisional, gosok aja badannya pakai daun sirih selama beberapa minggu, dilakukan tiap hari. itu lebih bagus. :)

      gimana keadaannya mas?

      Delete
  21. Bu,sya punya musang umur 1 bulanan,di sekitar hidung dan ujung telinga setelah sy perhatikan ada seperti bekas luka /korengan /kurap. Kulit pun sperti luka kering pas sy lap pakai tisu basah bkas luka kringnya itu terlepas dan kulitnya botak.. Apa itu scabies bu? Tolong ya bu :( gimana cara saya sembuhin dia dgn cara saya sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian itu?
      tebakan sya sih bukan scabies. kemungkinan sisa kerak makanan....

      biasa dikasih makan apa? :)

      Delete
  22. Oh begitu ya dok.
    Daun sirih utuh dok.? Ga harus diolah dulu.?

    Alhamdulillah dok, sekarang kondisinya udah membaik, dan udah mulai numbuh bulu" barunya :)
    Tapi saya heran sampe sekarang masih suka garuk" dan masih ada bulu yg rontok... apa itu wajar dok.?
    Saya takut scabiesnya balik lagi dok, cara buat ngejaga biar scabiesnya ga balik lagi gimana ya dok.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus diolah. daunnya dikoyak2 aja pakai tangan, lalu digosok2.

      cara biar scabiesnya gak balik lagi sebenernya dengan menjaga kebersihan. itu aja sih. :)

      sekarang gimana keadaannya? sering dijemur? :)

      Delete
    2. oh begitu ya dok :)

      kalo masalah masih suka garuk", sama bulunya yang masih rontok apa itu wajar dok ?

      udah baikan dok, udah seneng becanda" lagi.
      setiap pagi saya jemur terus dok, paling kalo pagi ga ada matahari doang ga saya jemur hehe

      Delete
    3. kalau soal garuk2nya, selagi gak ngelukain, gak apa2.... yang penting dijaga kebersihannya.... :)

      kutunya mendingan mas?

      Delete
  23. Dok,musang saya umur 3 blnan, dia sering jilat" perutnya sampek basah, trus sekarang bulunya rontok, kulitnya agak kemerahan, kalo emang positif kena scabies, waktu selesai mandi pas di jemur itu langsung kena matahari atau gmn dok? Aq takut kalo.matanya terkena matahari langsung ntar matanya kena katarak, mohon penjelasannya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia jilatnya waktu habis mandi? atau saat nggak habis mandi juga dia suka jilat2?

      kemungkinan besar sih kena kutu atau parasit. namun belun tentu kena scabies.

      kalau dijemur, gak usah kena perutnya gak apa2.

      saya sarankan, bersihkan kandangnya secara menyeluruh. lalu lakukan langkah2 di artikel cara mengobati musang kutuan....

      Delete
  24. dok musang saya kena scabies dan sudah ada tindakan dr drh.
    terus kok masih saja menggaruk yaa dok? padahal luka scabiesnya sudah bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya mas bersihkan gak? harusnya kandang dan perlengkapan dll-nya disterilkan (cuci bersih, jemur).

      karena percuma kalau mas udah berobat dan scabiesnya disudah dihandle sama dokter hewan, tapi bekas perlengkapannya gak mas bersihkan dan sterilisasi. ya nanti kutu scabiesnya nempel lagi ke dia, mas. dokternya gak bilang? :)

      Delete
  25. Muspan saya umur kurng lbih dua bulan hidung nya luka karna tergesek kardus pas lagi d kirim. kalau saya kasi betadhin takutnya di jilat ..gmna dok.. Mhon solusinya ya,.. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini aja. mas basahi kapas pake betadine, tapi jangan terlalu basah. sekira sedikit basah aja. lalu mas totol2 hidungnya.

      bisa juga pake cottonbud, basahi pake betadine, lalu totol2 hidungnya...

      kalau cuma kejilat dikit gak apa2... :)

      Delete
    2. Ok terima kasi saran ny dok..

      Delete
    3. sama2... kabari saya kalau ada apa2... :)

      Delete
  26. Dok mau tanya,musang saya umur 5 bulan di telapak kakinya itu kayak ada lukanya sama kayak ada jamur2 warna orange. Mungkin gak kalo itu scabies? Trus cara mengobatinya gimana?

    ReplyDelete
  27. Terimakasih sekali atas informasinya di atas! saya jadi lega setelah mengetahui penyebab penyakit kulit pada musang kesayangan saya.

    ReplyDelete
  28. Maaf dok Tanya muspan saya 3 bulan fesesnya Kaya keras gitu saya kasih makan pisang sehari tapi kadang gk abis 1/4 pisang khawatir sakit trus baru 2x saya kasih scot emulsion blom pengaruh juga ningkatin nafsu makannya kira" gmn ya Saran dokter ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? maaf karena baru balas.
      dia cuma mau makan pisang aja atau mas/mbak kasih makan yang lain juga? coba kasih bubur bayi promina...

      untuk scott emulsion, sebaiknya hentikan aja. ganti pake sari kurma, lebih alami... :)

      Delete
  29. Selamat siang dok,mau tanya musang saya sering saya gendong.setelah itu saya merasakan gatal gatal dan timbul bintik bintik kecil. Padahal musang saya sering saya mandikan dan di campur detol cair.apa kah yg gatal di badan saya itu kutu muzang.badan saya gatal semua seluruh badan.mohon bantuan ya dan pencegahan ya.terima kasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. :(
      mas ada riwayat alergi hewan? karena tebakan saya sih itu. masnya yang alergi bulu hewan.

      sekarang gimana keadaan masnya? kalau emang masih belum sembuh juga, ke dokter aja mas. dan musangnya gak usah digendong nggak apa2 kok... mas kasih harness aja... :)

      kabari lagi ya...

      Delete
  30. Dok, mau nanya lagi.
    beberapa hari ini musang kecil sy tampak kesakitan kalau kakinya dipegang, ternyata di lipatan telapak kaki nya ada luka spt borok. daging kukunya jg memerah. itu kira2 kenapa ya? nah, krn luka itu, musang sy mandiin sekali dua hari pakai dettol, tindakan saya benar apa ngga? atau adakah tips mengobati yg lainnya dok? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boroknya kayak gimana ya mas? ada lukanya?

      sering2 dibersihkan aja pake larutan dettol cair campur air, terus dilap. setelah itu keringkan. lalu kasih betadine.

      nggak usah dimandikan tiap hari. cukup 2 kali seminggu aja. :)

      Delete
    2. kalau luka sih ngga ada dok. cuma ada saja kulit mati yang menghitam di sela telapak kakinya (celah antar telapak dan jari). dan warna kulit di sela itu pucat..
      **semalam musangnya baru mulai menampakkan gejala pincang kecil-kecilan dok..

      OK, saya coba bersihin pake betadin dulu sementara ini. tapi aman ngga itu Dok kalau seandainya si musang jilat2??
      Thanks~

      Delete
    3. selama nggak terlalu banyak, nggak apa2 kok... :)
      oh ya, satu lagi. biar lukanya cepet kering, coba musangnya kasih makan buah aja. jangan dikasih makan yang mengandung protein dulu kayak bubur bayi, jangkrik, daging2an dan semacamnya... :)

      Delete
    4. Ooh..pantes lukanya lama kering..
      Ok deh Dok. makasih atas sarannya..

      Delete
    5. oke... :D

      maaf karena baru balas. saya habis sakit kemarin,,,

      kabari terus

      Delete
  31. dok muspan saya ada benjolan kecil dibagian bawah kuping kiri dan kanan, benjolannya disetiap bawah kupimg masing2 ada 2 semua, itu scabies bkn ya dok? klo bkn scabies trus penyakit apa dok? dan gmna ngobatinnya, muspan saya umur 2bln an
    makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada nanahnya di dalam benjolannya?
      musangnya suka garuk2 bagian yang benjol?

      coba foto, mas. upload ke postimage.org, terus kasih linknya kemari...

      Delete
  32. Dok muspan saya garuk garuk mulu udah gitu bulunya rontok gitu dok itu knpa ya dok apakah terkena scabies?? Trus untuk mengobati scabies ada obat herbalnya gk dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara mengobati scabies udah ada artikelnya. silakan baca artikel di atas. terus praktekkan.

      Delete
  33. Dok,musang saya suka garuk garuk ekornya sambil digigitin sampe bulunya abis,apakah itu scabies dok?cara agar bulunya tumbuh lagi gimana dok?mnta sarannya

    #pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja cek di kulit ekornya, ada bintik2 gitu nggak.
      kebersihan kandangnya gimana? seberapa sering dimandikan musangnya?

      umur musangnya berapa?

      Delete
    2. Gaada bintik bintiknya dok,jarang saya kandangan sih paling kalo brisik baru saya kandangin,dmandikannya sih 2 minggu sekali,umur 3bulan

      Delete
    3. coba aja air mandinya kasih dettol cair (yang cairannya kayak teh itu loh). dan mandikan seminggu sekali. setelah dimandikan, dijemur sebentar atau diangin2kan.... didiamkan di ruangan terbuka sampai kering sendiri... :)

      Delete
  34. Dok musang saya garuk2 trs hidungnya..smpai kulitnya ngupas..itu knpa yaa dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. lubang hidungnya kayak basah/berair/ingusan?
      kalau iya, coba sembuhin dulu. ada kemungkinan dia garuk2 karena ngerasa gak nyaman karena pilek. coba cek artikel saya cara mengobati musang pilek.

      Delete
  35. Dok, di ekor musang saya ada bintik-bintik merah dan seperti ada ketombe nya, lalu ada bekas luka nya juga, dia juga suka gigit-gigit ekor nya Dok, itu kira-kira jamuran atau scabies ya Dok? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa jadi scabies, mas... silakan lakukan langkah2 pengobatan di atas...

      Delete
  36. Musang saya umur 3,5bulan dia bulu nya rontok dan sering garuk".
    Dan bulu di deket kaki belakang kayak gimbal gtu padahal sering mandi kok,dan pastinya dijemur

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek kebersihan kandangnya... :)
      mandiinnya pake shampoo kucing aja...

      ada kemungkinan kutuan atau jamuran gak? coba cek kulitnya, mungkin ada bintik2 merah atau kerak... kalau ita, mandiinnya pake shampoo kucing...

      Delete
  37. Musang saya umur 3,5bulan dia bulu nya rontok dan sering garuk".
    Dan bulu di deket kaki belakang kayak gimbal gtu padahal sering mandi kok,dan pastinya dijemur

    ReplyDelete
  38. Dok salep untuk kulit yg terkena jamur apa ya dok? Musang saya rontok

    ReplyDelete
  39. maaf mau nnya dok,musang saya ini kenapa ya bulu nya agak rontok sama banyak krtombe nya ya.apa penyebab nya dok,dan tolong solusinya dok.
    umur musang saya 13 bulan dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa mandikan dengan menggunakan air hangat + dettol antiseptik (yang cairannya kayak teh)... :)

      Delete
  40. dok mau tanya,aku punya muspan betina umurnya sekitr 2 bln kata pemiliknya yg lama,di telinganya itu ada kaya bekas luka gitu,tapi jaraknya jarang jarang dan kecil,apa itu terkena scabies ? terus cara ngobatinnya selain dimandikan dengan cairan dettol,kalo di cocol cocol pake kapas juga di telinganya selain di mandiin bisa ngebantu mmprcpat pnymbuhannya ga ya dok ?
    maaf ya dok kalo bahasanya kurang pas,hehe
    mohon bantuannya dok
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian kupingnya?
      kemungkinan sih bisa aja, tapi saya kan gak liat langsung musangnya, terutama bagian kupingnya. jadi saya gak tahu pasti. bisa mas kirim fotonya? caranya, cek bagian PERHATIAN

      kalo saran saya sih, iya, mending mandikan aja pakai air hangat + dettol antiseptik....

      Delete
    2. kalo saya sering liatnya dia garuk garuk di daerah leher dok,cek bagian perhatiannya dimana ya dok,saya udh dapet fotonya

      Delete
    3. iya kayaknya. soalnya kalo scabies kalo gak leher ya kuping....

      kolom perhatian di atas kolom tempat mas ngetik komentar ini...

      Delete
    4. https://postimg.org/image/4ll6n35ej/

      Itu link nya dok,ga bisa terlalu fokus cameranya soalnya si andin nya ga bisa diem dok

      Delete
    5. namanya andin? :)

      saran saya, lakukan treatment di atas. sesegera mungkin. :)

      Delete
    6. iya dok namanya andin,dapet inspirasi dari kucing saya yang ilang namanya adon hihi
      oke deh nanti saya coba dok,tapi kan kalo hari biasa saya kerja ya dok,klo mandiinnya sabtu minggu gitu gimana dok ?

      Delete
    7. gak apa2 mandiin sabtu minggu aja.
      abis dimandiin bisa angin2kan... :)

      untuk referensi tambahan, kalau-kalau treatment di atas gagal ngobatin scabiesnya, mas bisa kasih treatment lain yang saya tulis di artikel OBAT SCABIES UNTUK MUSANG, ANJING, DAN KUCING.

      buat jaga2 aja. saya yakin dengan treatment di atas juga udah sembuh kok. baca-baca aja dulu...

      Delete
    8. makasih banyak ya dok sarannya,saya coba dulu ya

      Delete
    9. dok mau tanya,itu kemaren sudah saya mandiin ya dok pake detol yg cair itu,tapi di telinganya itu kaya hair los gitu dok,itu wajar atau gimana ya dok,bekas scabies nya si udh mulai kaya bekas luka udh kering gitu dok

      Delete
    10. iya, emang gitu awalnya. lanjutkan aja treatmentnya.....

      jaga kebersihan kandangnya. kalo perlu, pake 2 kandang. dipake bergantian tiap minggu. tiap habis dipake, cuci kandang yang lama (abis dipake) pake deterjen, terus jemur sampe kering....

      ini biar sisa kutunya gak ketinggalan di kandang. percuma kalo hewannya mas mandiin, tapi masih ada kutu di kandangnya. ya nanti nempel2 lagi di hewannya.... gak sembuh2... :)

      kabari terus ya mas...

      Delete
    11. oke dok,aduh maap ya dok jadi banyak tanya ini kayanya saya doang yang banyak nanya hihi

      Delete
    12. nggak kok, hehehe. banyak juga yang nanya.

      gak apa2, mas. kalo ada yang ditanyakan lagi, saya siap jawab... :D

      ditunggu kabar selanjutnya yaaa. :)

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Dok musang saya umur 2 bulan, bulu nya dari leher samapai perut itu botak parah/ tdak ada bulu nya, apakah itu nnti akan tumbuh kembali ?
    Solusi tercepat menumbuhkan bulu dan aman untuk musang saya gimana yah Dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, nanti akan tumbuh lagi kok mas. :)
      kalo umur segitu emang lagi tumbuh bulu baru....

      mas bisa baca artikel saya MINYAK KEMIRI KHUSUS MUSANG dan artikel CARA MEMBERIKAN MINYAK KEMIRI UNTUK MUSANG

      Delete
  43. Dok ada masalah lg ni si barong musang saya ko ada benjolan Kecil2 ya diperutnya. Itu kutu atau scabies atau apa ya dok.padahal saya mandiin setiap 3 hari dan kandang nya juga saya bersihin setiap hari dong saya cuci kandang nya.
    Trus cara mengobati nya gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, coba mas baca artikel saya OBAT SCABIES UNTUK MUSANG.
      bisa mas fotoin? biar saya tahu seberapa parah...

      ditunggu ya..

      Delete
  44. Dok ada masalah lg ni si barong musang saya ko ada benjolan Kecil2 ya diperutnya. Itu kutu atau scabies atau apa ya dok.padahal saya mandiin setiap 3 hari dan kandang nya juga saya bersihin setiap hari dong saya cuci kandang nya.
    Trus cara mengobati nya gimana ya dok

    ReplyDelete
  45. Dok bulu musang saya rontok sering garuk garuk sama ada bekas luka di ekor, bau tubuh beda sama kyak musang pandan lain padahal sering dimandiin. Sering garuk garuk juga . Itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  46. Dok muspan saya ada bintik2 merah nya kecil2 banyak diekor nya kalo saya coba garuk bintik2 nya ilang musang nya juga agak kesakitan kayak nya kalo saya garuk, tapi besok ada lagi kira2 itu scabies bukan ya kalo bukan gimana cara menyembuhkan nya musang nya umur 7 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa iya, bisa nggak. kalo saya duga sih iya, mas.
      tentu belum pasti karena saya gak bisa liat musangnya langsung. bisa mas kirim gambarnya kemari? caranya baca bagian PERHATIAN diatas kolom tulis komentar...

      soal pengobatannya, mas bisa baca artikel di atas juga baca artikel OBAT SCABIES UNTUK MUSANG

      Delete
  47. Dok musang saya umur 2 bulan dia sering garuk" di leher sama deket mata ada bintik" merah tapi kecil" banget dok cara nyembuhinnya gimana ya dok,,,kalo di mandiin pake antiseptic detol gimana dok soalnya kan masih baby?

    ReplyDelete
  48. Kalo masih baby kan belum boleh di mandiin dok

    ReplyDelete
  49. Dok muspan saya usia 1,5 bulan, dia sering garuk2 pas saya periksa ternyata ada kutu, sudah sya ambil 2 tapi masih ada lagi kutunya, kasih saran dok, kasihan garuk2 Mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mandiin pake air hangat + shampoo khusus kucing yang buat kutu... :)

      Delete
    2. Kok pertanyaan saya gk di balas dok..
      😞

      Delete
  50. Assalamualaikum dok, mau nanya..
    Saya semalam mesan shampo untuk menghilangkan jamur dan kutu.
    Jadi, setelah saya pesan, kemudian saya tanya sama penjual"bisa tidak untuk musang ? ".
    Ternyata katanya " maaf kk, ini shampo di racik untuk ph kulit anjing dan kucing saja, jadi sepertinya untuk musang tidak bisa."

    Jadi, dok itu ph kulit musang dan kucing apa beda x ya dok ?
    Soalnya Uda terlanjur di pesan dan gk bisa di cancel..
    Kan sayang shampoo nya..😭😭

    Thank's ya dok.

    ReplyDelete
  51. Dok saya mau tanya saya beli musang itu kan galak umurnya kurang paham jenis muspan lah itu kan saya. Digigot mungkin wajar lah ya trus udh aku rawat selama 1 bulan udh bisa dielus trus saya beli harnes dia gigit terus wajar ya yg jadi masalah adalah saya pakaikan harnes tiba2 ada kayak luka kecil dok itu bentuknya kayak ngelupas warnanya putih ke coklatan padahal saya beli itu normal tpi kok ada luka ya trus cara mengatasi lukanya gimana dok kalau harus ke dokter hewan itu brapa biayanya ya udh itu aja makasih dok

    ReplyDelete
  52. Dok musang saya umur 2 bln di punggunya sama hidung sblh kiri berwarna merah kyak ada bintik2 kecil dan dia sering garuk2 sblh situ , apa itu luka gara2 digaruk garuk ya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kutu itu mas. awalnya kutu atau jamur.
      di-spray aja pake air hangat campur dettol antiseptik.... abis dispray, langsung keringin... jaga kebersihan kandangnya, mas...

      maaf karena baru balas...

      Delete
  53. Dok,, musang saya ekornya jadi berwarna merah dan kering,, itu kenapa ya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan jamur atau kutu, mas. ada ketombenya juga nggak?
      mandiin aja. pake air hangat campur dettol antiseptik (yang airnya kayak teh). abis dimandikan, keringin.

      maaf karena baru balas... :(

      Delete
  54. Dok mau tanya. Musang saya di deket matanya bulunya rontok trus ada bintik bintik merah gt . Dia sering garuk garuk dok. Apa itu scabies ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan scabies, mbak.
      udah ada artikel obat scabies untuk musang

      Delete
    2. Terimakasih dok nanti saya coba

      Delete
    3. Oh iya dok satu lagi saya mau tanya. Scabies pada musang bisa nular ke manusia ga ya dok ? Soalnya musang saya sering saya ajak tidur dengan saya. Kalo d kandangin dia gak mau dok gigit gigit kandangnya terus. Mohon pencerahannya dok

      Delete
    4. iya, scabies bisa nular ke manusia, mbak. mending taro di kandang atau di box kardus aja dulu.

      Delete
  55. Pagi dok....musang saya disekujur tubuhnya penuh luka...bulu rontok dan badannya semakin kurus, serta dari matanya sering berair(keluar air)..apa itu scabies ya dok???Trus bagaimana untuk menyembuhkannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan kena scabies, atau bisa juga jamur atau kutu. dia luka karena suka garuk2?

      coba mandikan dengan sampo khusus scabies. udah ada artikelnya. judulnya obat scabies untuk kucing dan anjing. bisa juga kok untuk musang.

      perlengkapannya juga kudu dibersihkan. total. cuci pake air dan sabun, lalu jemur. karena kalo musangnya doang yang diobatin tapi kutu scabiesnya ternyata masih nempel di perlengkapan, sama aja nggak sembuh2...

      atau kalau mau lebih mudah, mbak bisa bawa ke dokter hewan aja kalo mau.

      bisa kirim fotonya kemari? masukkin fotonya di bagian silakan upload gambar, dapet linknya, nah linknya taro di komentar...

      Delete
  56. Mau tanya dok ,musang sayang jenis rinjani, umur -+4 bulan. Seperti hal nya jenis musang lombok yang lain warna x hitam tp musang saya di sebagian tubuh x khusus x di bagian punggung kok warna x jadi berubah agak coklat yaaa T knapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kayaknya pengaruh genetik aja mas.
      nggak karena kotor, kan?

      Delete
  57. Dok mau nanya nih. Ditelapak kaki belakang musang saya kaya ada jamur gitu. Dan dia sering gesekin kaki belakangnya dgn lantai dok. Gmana cara nyembuhinnya ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas mandikan pake air hangat campur dettol cair.
      seminggu dua kali aja.

      Delete
  58. Dok mau nanya.
    Musang saya kulitnya ada bercak2 merah rata.. Kata temen2 itu jamur. Trus dikasih saran macem2 udah saya lakuin jga (mandi pake cairan dettol/rebusan daun sirih, kasih rodalon, kasih bedak anti jamur, dll), udah ke dokter hewan (kasih obat racikan+shampoo), udah saya telatenin. Tpi kok gak sembuh2 ya dok? Ada sih bbrapa kulitnya mengelupas (spti ketombe),tpi bercak2 merahnya masih ada. Itu udah bbrapa bulan.
    Apa bener itu jamur? Dan apakah memang penyembuhannya lama ya dok?
    Ekornya aja sampe botak.. Punggung juga bulunya tipis..
    :'(
    Mohon infonya

    ReplyDelete
  59. dok saya mau kupir sama dokter bisa gak

    ReplyDelete
  60. saya punya muspan pandan ,,,umur 1th lebih ga mau makan,,,kalau jalan lemas minta tip buat nyembuhin nya Doc,,,terima kasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.