Penyakit Pada Musang Yang Bisa Menyebar Ke Manusia | Drh. Fira Sovica

Seperti halnya hewan peliharaan lain,

musang bisa menularkan penyakit pada manusia

atau pemiliknya. Penularan penyakit pada musang biasanya terjadi karena adanya kontak fisik, kontak luka, ataupun karena adanya kotoran yang terhirup atau termakan oleh manusia. Dan berikut adalah beberapa penyakit pada musang yang bisa menular ke manusia:
  • Penyakit rabies pada musang.
  • Musang berpotensi menularkan rabies kepada manusia. Penularan rabies oleh musang kepada manusia terjadi karena adanya kontak terhadap air liur yang mengandung virus rabies.
    penyakit rabies pada musang
    Pencegahan penyakit rabies pada musang bisa dicegah dengan memberikan vaksin rabies kepada musang peliharaan. Pemberian vaksin rabies kepada musang hendaknya dilakukan saat musang sudah dewasa dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.
  • Penyakit toksoplasma pada musang.
  • Tidak hanya kucing, toksoplasma juga bisa terjadi pada musang. Penularan toksoplasma dari musang kepada manusia terjadi sama halnya dengan kucing, yaitu melalui protozoa berjenis toxoplasmosis gondii yang termakan atau masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut (oral).
    penyakit toksoplasma pada musang
    Image taken from kaskus.co.id 
    Anda bisa mencegah penularan toksoplasma dari musang kepada manusia dengan rajin mencuci tangan setelah memegang musang serta rajin membersihkan kandang dan rajin memandikan musang. Selengkapnya tentang toksoplasma bisa anda baca di artikel semua tentang toksoplasma.
Demikian adalah dua

penyakit pada musang

yang bisa menular kepada manusia. Penyakit pada musang tersebut bisa anda cegah penularannya dengan rajin membersihkan kandang, perlengkapan, serta tubuh hewan peliharaan anda dengan cara memandikan musang serta dengan mencuci tangan dengan sabun setelah memegang musang. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tuliskan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

105 Responses to "Penyakit Pada Musang Yang Bisa Menyebar Ke Manusia"

  1. umur berapa yang tepat musang di vaksin rabies dok? gejala rabies seperti apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. vaksin rabies diberikan saat musang berumur 1 tahun.
      gejala rabies pada musang biasanya hampir sama dengan gejala rabies pada kucing dan anjing...

      Delete
  2. Musang saya mengalami luka tipis dikulit. Awalnya digaruk mungkin gatal.
    penyakit apakah, bagai mana cara menanganinya dan Menularkterterhadap manusia.
    Terima kasih dok..

    ReplyDelete
  3. Musang saya mengalami luka tipis dikulit. Awalnya digaruk mungkin gatal.
    penyakit apakah, bagai mana cara menanganinya dan Menularkterterhadap manusia.
    Terima kasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kena semacam kutu.
      mas bisa baca artikel cara mengobati musang kutuan...

      Delete
  4. dok sya mau tanya, musang saya bru umur 1 blan lbih pup nya ad drah nya & mtanya sblah agk brwrna kputihan itu knpa ya sebabnya trus gmna cra mnyembuhkannya ???

    ReplyDelete
  5. Dok mau tanyak kalok musang jalan kepalnya nunduk trs kalok jalan agak gemeteran itu knp.. pengobatanya gmn.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengobati musang yang berjalan mundur. cari di bagian cari artikel

      Delete
  6. Dok mau tanyak kalok musang jalan kepalnya nunduk trs kalok jalan agak gemeteran itu knp.. pengobatanya gmn.?

    ReplyDelete
  7. Musang saya umur 9 bln dok. Apakah umur segitu udh bisa di vaksin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa... :)
      silakan hubungi dokter hewan terdekat, alamat dokter alamat dan nomor telepon terdekat bisa dicari di bagian cari artikel...

      Delete
  8. Dok saya di cakar musang berdarah dikit itu gpp dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. dibersihkan saja dengan air yang mengalir... :)

      Delete
  9. Dok Musang saya habis berantem dg kucing saya
    setelah 3 hari Muspan saya matanya pucat agresif dan bulunya rontok
    bagaimana..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya,,,, saya ingin tahu warna dan bentuk fesesnya... :)
      makan masih mau? masih rakus makannya??

      Delete
  10. muspan saya kok buntutnya botak yah, itu penyakit apa? Saya geli jadinya kaya tikus got doc,. Minta sarannya doc.. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 ekornya? kandangnya bersih gak mas?
      dijaga kebersihan kandangnya. sesekali dimandikan juga musangnya. umur musangnya berapa?

      Delete
  11. ga doc, kandang selalu saya bersihin 2hari 1x . Botaknya nya sih ga terlalu, dan ada sebeberapa helai bulu tp diujung ekornyanya. Umur 5-6bln lah doc kira" . Saya baru merawatnya 3mingguan lah ini juga boleh dpt beli di pinggiran jln doc .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau makannya lancar, kayaknya masih sehat. :)
      silakan mas baca aja artikel cara merawat bulu musang dan cara mengobati musang hairloss... :)

      Delete
  12. meh tanya dok..musang saya kok sesekali ngluarin air liur ampek netes... itu gak papa atau sakit... kalo di kasi makan pisang engan,,,tp kalo di kasi daging ayam lahap... ohon penceranannya... ; :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijemur berapa kali seminggu mas? minimal seminggu sekali dijemur. untuk makanan, sebaiknya sesekali dikasih makan buah. pisang lampung dipotong kecil2 atau pepaya matang potong kecil2. kalau soal berliur, masih normal. mungkin ada yang ngebuat si musang agak kurang enak di pencernaannya, makanya dia berliur, makanya saya sarankan kasih buah sesekali. seminggu 2x lah kasih buah. lebih sering lebih bagus... :)

      Delete
  13. Dok mau tanya mandiin musang biar gk brontak gmn y tisp saya mandiin gigit trus gk mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dibiasakan mas, atau silakan baca artikel cara agar musang anteng... :)

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. :)
      kalau rambut kita bersih dan terawat sih gak ada efeknya. :)

      Delete
  15. Dok sya mau nanya ,,muspan sy umur 3blnan ,,bru sy adop ...BAB nya kok wrnax hitam yaa trs sdikit bgt .itu knpa ??
    Muspan sy yg lain BAB nya wrnax putih/kuning trs bnyak ...ini yg baru kok wrnax hitam ??itu knp dok ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas gak kasih makan buah buat musangnya ya?
      minimal seminggu 2x kasih buah buat musangnya, mas...

      Delete
  16. Dok sya mau nanya ,,muspan sy umur 3blnan ,,bru sy adop ...BAB nya kok wrnax hitam yaa trs sdikit bgt .itu knpa ??
    Muspan sy yg lain BAB nya wrnax putih/kuning trs bnyak ...ini yg baru kok wrnax hitam ??itu knp dok ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas gak kasih makan buah buat musangnya ya?
      minimal seminggu 2x kasih buah buat musangnya, mas...

      Delete
  17. Dok sya mau nanya ,,muspan sy umur 3blnan ,,bru sy adop ...BAB nya kok wrnax hitam yaa trs sdikit bgt .itu knpa ??
    Muspan sy yg lain BAB nya wrnax putih/kuning trs bnyak ...ini yg baru kok wrnax hitam ??itu knp dok ...

    ReplyDelete
  18. Mohon d jwb y dok ,,muspan sy baru sy adop dok umurx skitar 4blnan ..BABx kok wrna hitam dok trus sdikit bgt .itu knpa dok ??mksh

    ReplyDelete
  19. Mohon d jwb y dok ,,muspan sy baru sy adop dok umurx skitar 4blnan ..BABx kok wrna hitam dok trus sdikit bgt .itu knpa dok ??mksh

    ReplyDelete
  20. Mohon d jwb y dok ,,muspan sy baru sy adop dok umurx skitar 4blnan ..BABx kok wrna hitam dok trus sdikit bgt .itu knpa dok ??mksh

    ReplyDelete
  21. Mohon di jawab dok, musang saya udh jinak cuma dia kagetan bgt klo udh kyk gtu pasti strike , udh gtu klo.saya bawa di pet kargo dia ga mau keluar, hissing terus udh gtu klo pet kargonya di buka nanti dia ngacirr dok, makasihh yaa dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya cara agar musang anteng. cari di bagian search...

      Delete
    2. Dok emng nya kencing musang bisa bikin penyakit??

      Delete
    3. bisa, mas.
      salahsatunya, air kencing musang bisa menyebabkan toksoplasma, penyakit yang membuat susah hamil.

      tapi selama musangnya sehat, bersih, dan bebas dari virus, aman2 aja sih...

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu lagi dong saya binggung ngatasin muspan saya baru umur 5 bulan tapi udah mulai estrus dan sangat agresif semua barang digigitinnya. dan apakah musang itu bisa mengikuti kebiasaan kita hehe

      Delete
    2. estrus apaan mbak?

      kalau soal agresif sebenernya bisa dibuat kalem (anteng). silakan baca artikel saya cara agar musang anteng...

      Delete
    3. salam lestari dok, mohon dijawanb dok , bukannya hewan liar itu tidak boleh divaksin dok/ tidak ada vaksinya ? soalnya saya ke klinik fakultas saya tapi mereka bilang ga ada vaksin musang . makasi dok

      Delete
    4. artikelnya barusan saya publish... :)

      Delete
  23. Dok kira2 musang aku sakit/sehat2 aja. Deskripsinya BAB nya warnanya hitam kalo malam, kalo siang nggak pernah BAB, soalnya kandang tiap pagi aku bersihkan, tapi nggak pernah melihat kotorannya. makanan sehari-hari aku kasih pisang, umur 4 bulan, mandi 1 kali seminggu, di kasih ikan laut nggak di makan malahan dia bersin2, kalo di elus2 dia malah jilat2 dan suka gigit2 tangan aku, tp nggak sakit. jd aku selalu cuci tangan habis pegang2 dia soalnya takut kalo2 dia kena penyakit. Trims mohon bagi ilmunya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih buah, pepaya matang.
      kalau warna fesesnya setelah dia makan pepaya masih sama seperti warna pepayanya, dia masih sehat. setidaknya dilihat dari fesesnya, dia masih sehat. :)

      nafsu makannya masih bagus?

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  24. Nafsu makannya maulai berkurang dok tp msh mau aja makan, sekarang udah nggak lincah lagi, td malam aja nggak terlalu beraktifitas smpai skrng dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama dia masih mau makan, its oke. mungkin mas stimulus aja nafsu makannya pakai sari kurma yang disatukan dengan makannnya.

      observasi terus mengenai keadaannya ya mas. saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
  25. Dok, musang saya hari ini saya mandiin, dan seperti biasanya saya jemur. Pas saya mau bawa masuk ke dalam rumah tautau dia udah netesin air liur banyak banget sampe badannya basah lagi. Kaki belakangnya juga lemes banget, jalannya jadi enggak normal. Itu kenapa ya dok? Padahal biasanya fine aja. Disodorin pisang yang biasanya langsung lahap juga enggak direspon :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak baru pertama kali konsul di sini ya?
      sebelum musim pancaroba kemaren sebenernya pengunjung udah saya ingatkan bahwa jangan memandikan musang saat sedang pergantian musim. karena fatal, bisa menyebabkan hipotermia...

      nah musang mbak juga kemungkinan seperti itu. bisa saya tahu berapa lama mbak jemurnya? tebakan saya sih antara hipotermia atau kelamaan dijemur atau bisa juga perubahan suhu secara mendadak dari dingin (dimandiin) lalu dijemur dengan suhu panas... temperature shock... :)

      sekarang gimana keadaannya? coba kasih sari kurma... :)

      dan maaf baru balas. :)

      Delete
  26. Maaf mau tanya dok. Ketika kita dijilatin musang, apakah ada dampak negatif ke kita nya? Soalnya musang sy suka jilatin sy terus dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musangnya sehat dan terjaga kebersihannya baik kebersihan kandang dan badannya, serta tidak menunjukkan tanda2 sakit, aman kok... :)

      Delete
  27. dok, kan vaksin rabies baiknya diberikan pada saat sudah dewasa(1tahun>).
    nahh kalo musang dibawah umur 1 tahun apakah bisa terkena rabies?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja kena rabies.
      ini jadi PR owner musang, agar menjaga kesehatan musang kebersihan musang dan kandangnya. :)

      makanya penting untuk terus belajar mengenai musang... kalau bisa dari A sampe Z kita tahu... :)

      Delete
  28. Dok, saya mau tanya apakah musang itu Termasuk hewan karnivora atau omnivora? Jika bangsa karnivora kenapa musang bisa makan buah , bagaimana dengan sistem pencernaanya dok . mohon dijawab ya dok.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saya agak bingung kalau ditanya musang itu omnivora atau karnivora. karena begini mbak, hewan karnivora pun kadang makan tumbuhan kalau dia merasa 'nggak enak badan'. semua hewan hampir semuanya kayak gitu, CMIIW. Kucing, anjing, dll.

      nah, khusus untuk musang, sama kasusnya. secara struktur giginya, musang termasuk hewan karnivora. namun di alam juga kerap kali hewan ini makan buah2an dan sayur2an, meskipun dia merasa 'baik2 aja', nggak 'nggak enak badan'. hihihi..... so, baiknya kita putuskan aja kalau musang adalah hewan omnivora... :)

      semoga membantu...

      Delete
  29. maff dox harga vaxin berapa dox..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung buat hewan apa...
      beda2 sih mas harganya... :)

      Delete
  30. Dok ciri ciri musang rabies kaya apa?
    Semisalnya musang saya kan kalo abis main lari larian gitu kadang suka ngos ngosang nafas dari mulut gitu sama keluar air liur gitu, apa itu termasuk terinfeksi rabies?

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Doc..musang saya suka tidur bungkuk seperti orang sujud kenapa doc.Umurnya baru 1,5 bulan.di mulutnya kadang2 keluar liur bening,dan musangnya gak mencret.nafsu makan normal cuma habis makan trus tidur lagi,saya kasi makan pisang campur bubur sun menggunakan spet,sekali makan 3 spet yg ukuran 3ml,sehari 3X makan

    ReplyDelete
  33. Dok muspan saya umur 4bln, kalo bercanda dia suka gigit sama nyakar sampe tangan lecet trus suka jilat" juga.. Air liur'a bahaya gak dok ?
    Kalo kita melihara'a bersih muspan gaakan kena rabies kan dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas menjaga betul2 kebersihan kandang dan musangnya, saya kira aman. :)
      opsi lain: vaksin. silakan mas baca artikel vaksin pada musang..

      Delete
  34. Dok kalo cara mngobati musang jamuran gmna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mandikan pake shampo bayi atau shampo khusus buat kucing jamuran, abis itu jemur barang 5 hingga 15 menit... cek artikel saya cara memandikan musang... :)

      Delete
  35. ass.mualaikum dog..maav dog mau nanya...musang saya aktivitas lancar..kalo di dalam kandang pengenya minta ikut saya terus,tapi kog dikasih pisang pepaya sama nasi kecap ga mau ya dog?maunya kepala ayam baru mau..itupun dia ga rakus makanya..tapi badan gemuk..kalo berak juga ga seperti biasanya,agak hitam dan encer...umur sekitar 7bulanan...mohon di bales dok terimakasih

    ReplyDelete
  36. ass.mualaikum dog..maav dog mau nanya...musang saya aktivitas lancar..kalo di dalam kandang pengenya minta ikut saya terus,tapi kog dikasih pisang pepaya sama nasi kecap ga mau ya dog?maunya kepala ayam baru mau..itupun dia ga rakus makanya..tapi badan gemuk..kalo berak juga ga seperti biasanya,agak hitam dan encer...umur sekitar 7bulanan...mohon di bales dok terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa mas? coba mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja... :)

      Delete
  37. Dok kata bude saya bulu musang itu mengakibatkan mandul. Apakah benar dok?
    Bude saya itu seorang perawat. Saya takut jika itu benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena toksoplasma? :)
      bener?

      udah saya bahas di artikel apakah kucing menyebabkan toksoplasma. coba baca artikel itu.

      Delete
  38. slmt mlm dok kalau musang terkena rabies bisa bertahan berapa hari dok,dan apakah jika musang tersebut terkena rabies musang tersebut tidak mau makan dan takut cahaya takut air dok apa benar?jikala manusia terkena gigitan musang tersebut bisa bertahan berapalama dok dan ketika manusua di gigit musang rabies apa tindakan yang harus dilakukan dok agar tidak terjadi hal yang fatal ciri2 musang kena rabies seperti apa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikelnya sedang saya tulis sih, nanti mas tunggu aja artikelnya. paling hari ini saya publish. :)

      sebelumnya maaf karena baru balas...

      Delete
  39. terimakasih sebelumnya dok sekira nya buat pembelajaran saya dan orang2 awam agar tidak terjadi hal yang di inginkan

    ReplyDelete
  40. Assallamuallaikum Dok. Saya mau tanya waktu tgl 25 November 2016 saya bawa Musang kesayangan saya buat Suntik Vaksin dan saya baru sadar kalau ada benjolan di dlam kulit yg dlunya terkena jarum suntik di bagian leher waktu suntik vaksin apakah itu wajar atau tidak dan bagaimana cara penyembuhannya apakan bakal ada efek sampingnya juga buat musangnya ke depannya sebelumnya Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian itu? benjolan bekas suntik vaksin?
      diobservasi aja selama 3 sampe 7 hari ke depan. saya kira aman.

      boleh saya liat fotonya? coba foto, terus upload ke postimage.org, linknya mas taro di sini... saya tunggu...

      Delete
  41. Dokter mau tanya musang saya umur 4 bulanan biasa gigit bercanda. Tapi 1 minggu lalu saya digigit bercanda tapi berdarah.apakah berbahaya buat saya dok..?

    ReplyDelete
  42. Bekas luka gigitan yang berdarah saya bersihkan dengan air keran dan saya kasih betadin.
    Apakah saya juga wajib pergi kedokter buat periksa.?

    ReplyDelete
  43. Bekas luka gigitan yang berdarah saya bersihkan dengan air keran dan saya kasih betadin.
    Apakah saya juga wajib pergi kedokter buat periksa.?

    ReplyDelete
  44. Dokter mau tanya musang saya umur 4 bulanan biasa gigit bercanda. Tapi 1 minggu lalu saya digigit bercanda tapi berdarah.apakah berbahaya buat saya dok..?

    ReplyDelete
  45. Halo dok ,saya mau tanya saya baru 3 minggu adop musang itu lgsg dpet dri atas pohon dia kepisah sm induknya. Awalnya musang aman2 sja,lincah dan nafsu makan bagus. Tp udah 3 hari ini sejak kemarin sore sy mau ksi mkn kok mata sebelah kirinya ketutup selaput putih trus bolamatanya kya bengkak mw keluar gitu kenapa ya dok kira2,?

    ReplyDelete
  46. Dok saya mau tanya ko musang saya klo siang matanya agak biru ya tp klo mlm kena sinar ijo mohon pencerahannya dok

    ReplyDelete
  47. Dok saya mau tanya ko musang saya klo siang matanya agak biru ya tp klo mlm kena sinar ijo mohon pencerahannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2 kok. itu emang pengaruhnya ke genetik aja. :)
      udah saya bahas di artikel musang mata hijau susah jinak... :)

      Delete
  48. dok saya mau nannya, sya punya peliharaan Suger Glider. SG itu perlu di suntik rabies tigak yah?
    soalny SG sya sdg aktif gigit

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah, mbak/mas....

      kecil kemungkinan sg kena rabies...

      Delete
  49. Dok mau tanya musang saya kalau di keluarin dri kandang suka lari2 dan gigit apa aja terus ngos ngosan nafasnya kya anjing dan keluar air liur juga itu knapa ya dok?
    Umur baru 6 bulan.. Apa termasuk gejala rabies? mohon jawabannya dok
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah berapa lama pelihara?
      fesesnya/tahinya gimana? mencret? biasa mas kasih makan apa?

      saran saya, coba mas baca artikel saya RAMUAN KESEHATAN MUSANG, kasih minum ramuan itu sehari 2x.

      belum tentu rabies. makanya saya minta foto fesesnya/tahinya. caranya cek bagian PERHATIAN.

      Delete
  50. Dok mau tanya musang saya kalau di keluarin dri kandang suka lari2 dan gigit apa aja terus ngos ngosan nafasnya kya anjing dan keluar air liur juga itu knapa ya dok?
    Umur baru 6 bulan.. Apa termasuk gejala rabies? mohon jawabannya dok
    Terimakasih

    ReplyDelete
  51. Dok mau tanya musang saya kalau di keluarin dri kandang suka lari2 dan gigit apa aja terus ngos ngosan nafasnya kya anjing dan keluar air liur juga itu knapa ya dok?
    Umur baru 6 bulan.. Apa termasuk gejala rabies? mohon jawabannya dok
    Terimakasih

    ReplyDelete
  52. Ass... Dok musang d mandiin seminggu sekali gpp kan.. Soalnya libur kerja cuma sekali... Kandang nya juga seminggu sekali... Tpi sering tk bersihin kotorannya doank kalo plang krja...

    ReplyDelete
  53. Ass... Dok musang d mandiin seminggu sekali gpp kan.. Soalnya libur kerja cuma sekali... Kandang nya juga seminggu sekali... Tpi sering tk bersihin kotorannya doank kalo plang krja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. itu udah bagus. gak apa2 dimandiin seminggu sekali. :)
      fesesnya normal mas? gak mencret kan? karena musang yang sakit dan yang sehat, dari fesesnya aja ketauan... :)

      biasa dikasih makan apa?
      minimal seminggu sekali kasih buah...

      Delete
  54. Maaf dok mau tanya, musang saya umurnya sktr 1,5th an.. Akhir2 ini kok nafasnya pendek n ngos2 an y dok. Itu bgm ngobatinya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas suka merokok di dekatnya dia? kalau iya, stop kebiasaan itu.
      kedua, cek lubang hidungnya. apakah keliatan basah (ingusan)?
      nafsu makan gimana? masih oke?
      sebenernya sih saya takut dia kenapa2. saya sarankan, kalo dalam 2 minggu masih sama, mending mas bawa ke dokter hewan aja...

      Delete
  55. Saya g rokok doc, klo hidungnya kdg basah..
    Nafsu mkan mala bagus, pisang aja dr pagi mpe sore bs abis 6 biji, klo mlam nasi kecap tlor bs abis 3 centong. Tp sekrg lg tk diet in ngurangin porsi makan. Gmn baik nya y doc??

    ReplyDelete
  56. Min kok badanku gatal ya kalo di jilat muspan ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mandi pakai dettol cair, mas. maksudnya , pake air mandi yang dicampur dettol cair...

      Delete
  57. Assalamu'alaikum,

    Langsung saja dok, saya 3x piara musang akar jawa = 4 bulan dipiara mati. Lalu musang bulan dipiara setahun mati.
    Gejalanya adalah sama, si musang tidak mau makan, dan kayak menahan sakit kepala, memegangi kepalanya dengan tangan(kaki depan), beberapa hari setelah itu pasti mati.
    Untuk yang musang bulan, mengetahui gejala seperti itu, saya coba bawa ke dinas pertanian di kab. Madiun, disitu ada petugas dokter hewan nya. Sudah disuntik, lalu dibawa pulang. Tetapi tetap tidak mau makan. Lalu kami sekeluarga sampe menyuapi paksa atau memasukkan makanan/madu/susu/jus buah, agar dia tetap hidup. Tetapi 3 minggu setelah diperiksakan dan disuntik oleh dokter hewan tadi, si musang tetap mati. Dia sudah jinak sekali sebenarnya, kami sekeluarga tau dia sakit, tetapi kenapa dokter hewan seperti nya juga tidak paham mengenai penyakit pada hewan?
    Apakah musang yang sakit itu tidak bisa ditolong agar sembuh dan sehat kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya baca dari gejalanya, kemungkinan karena distemper. boleh saya tanya? semua musang mas dipelihara dari bayi? baik yang musang akar maupun musang bulan?

      dan apakah musang yang mati tersebut awalnya ada gejala susah bernafas? kalau iya, kayaknya sih kemungkinan yang saya tebak tersebut benar...

      coba vaksin distemper aja. pas dapet musang, langsung bawa ke dokter hewan dan minta vaksin... :)

      selebihnya, soal makanan. banyak sebenernya artikel saya tentang musang di blog ini, mas bisa baca2. termasuk soal makanan dan ditemper. :)

      Delete
    2. oh ya. maaf karena baru balas. saya abis sakit kemaren ini.

      Delete
  58. Mau nanya, tbtb di rmh saya ada musang kencing di plafon rmh dan air kencingnya netes dari plafon ke lantai, lalu air kencingnya bahaya atau tidak kalau kita pel pake tangan menggunakan kain? Dan cara mengusirnya gmna ya? Biar musang ga kencing lg di plafon rmh.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.