Cara Memelihara Bearded Dragon | Drh. Fira Sovica

Memelihara kadal berjanggut, begitu sebutan umum

memelihara bearded dragon

, bisa dikatakan semudah memelihara hewan lainnya. Hewan gurun yang sangat bersahabat dan jinak ini bisa dikatakan tergolong mudah untuk dipelihara.
Bearded dragon memiliki nama ilmiah pogona vitticeps adalah sejenis kadal yang hidup di padang sabana, gurun, dan daerah bebatuan panas di australia. Seperti yang dikatakan di atas, memelihara kadal berjanggut bisa dikatakan semudah memelihara reptil jenis lain. Di habitat aslinya, kadal omnivora ini memakan serangga, bunga, daun-daunan muda, serta buah-buahan.
Memelihara Bearded Dragon
Image taken from the-lizard-lounge.com
Berikut adalah cara memelihara bearded dragon yang penulis tulis berdasarkan pengalaman praktek sebagai dokter hewan.
  • Kandang bearded dragon.
  • Kandang untuk kadal berjanggut bisa menggunakan akuarium, box khusus reptil, atau terrarium (kandang kaca khusus reptil) berukuran 60 hingga 90 sentimeter. Kandang bearded dragon bisa dialasi menggunakan koran. Suhu kandang bearded dragon hendaknya diset bersuhu kamar, sekitar 28 hingga 29 derajat celcius pada siang hari dan 23 hingga 24 derajat celcius pada malam hari. Jaga agar suhu kandang tersebut tetap stabil. Untuk itu, anda dapat menggunakan lampu uvb dan termometer yang dipasang di dalam kandang kadal berjanggut anda.
  • Menjemur bearded dragon.
  • Menjemur kadal berjanggut sangat penting untuk kesehatan bearded dragon itu sendiri. Basking atau penjemuran bearded dragon bisa dilakukan antara jam 7 hingga jam 9 pagi dengan lama penjemuran antara 10 sampai 15 menit. Segera pindahkan bearded dragon peliharaan anda jika bearded dragon terlihat sudah kepanasan.
  • Makanan kadal berjanggut.
  • Makanan bearded dragon adalah berbagai jenis serangga seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kecoa madagaskan. Porsi serangga untuk makanan bearded dragon adalah sebanyak 70%,. Selain serangga, anda juga memberikan berbagai jenis sayur-sayuran seperti siomak, fumak, tauge, sawi, dan selada air dengan porsi sebanyak 30%. Makanan untuk kadal berjanggut bisa diberikan 2 kali sehari, pada siang hari dan sore hari. Diperlukan variasi makanan agar nafsu makan bearded dragon terus meningkat dan berat badan bearded dragon tetap terkontrol. Air minum juga hendaknya selalu tersedia di dalam kandang. Wadah tempat air minum untuk bearded dragon hendaknya sebesar besar tubuh bearded dragon itu sendiri, tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil, karena selain untuk minum, air juga dibutuhkan bearded dragon untuk shedding atau ganti kulit. Untuk mencegah penguapan air minum yang menyebabkan meningkatnya kelembaban dalam kandang, sebaiknya tempatkan tempat minum di area kandang yang tidak terkena sinar dari lampu uvb.
  • Penyakit pada kadal berjanggut.
  • Jenis penyakit pada bearded dragon adalah sebagai berikut:
    1. Gagal shedding atau gagal ganti kulit, mengakibatkan tertinggalnya bagian kulit lama di tubuh bearded dragon. Kulit bekas shedding akan menyebabkan infeksi pada tubuh bearded dragon, dan jika kulit yang tertinggal dari sisa shedding ini berada di mata bearded dragon, maka kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi adalah infeksi pada mata yang menyebabkan kebutaan.
      Untuk mencegah gagal ganti kulit pada bearded dragon, pastikan kolam minum di dalam kandang selalu terisi air, pastikan anda mengganti air setiap hari hingga kebersihan air minum tetap terjaga, serta pastikan suhu kandang tetap stabil (tidak terlalu panas).
    2. Bearded dragon mogok makan, biasanya terjadi karena stress, penyakit (pilek dan lain-lain), dan alas kandang termakan.
      Untuk mengobati pilek pada bearded dragon sama halnya dengan mengobati pilek pada ular. Anda bisa membaca mengenai cara mengobati pilek pada kadal berjanggut dan ciri-ciri pilek pada kadal berjanggut dengan membaca cara mengobati pilek pada ular.
      Selain itu, anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat untuk mengetahui penyebab pasti kenapa bearded dragon yang anda miliki mogok makan. Diperlukan penanganan yang cepat agar bearded dragon peliharaan anda bisa disembukan dari mogok makannya.
Demikian adalah

cara memelihara bearded dragon

. Semoga artikel diatas bisa membantu anda para pecinta reptil dalam memelihara kadal berjanggut. Saran, komentar, dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

161 Responses to "Cara Memelihara Bearded Dragon"

  1. dok cara mengatasi bearded dragon yang mengalami gagal sheding gimana ya? soalnya bearded saya matanya tertutup mulu, terus kadang kadang suka mengeluarkan air dari matanya.
    saya takutnya buta, jika terjadi kebutaan. apa yang harus saya lakukan agar BD saya bisa sembuh dan bisa melek lagi. tolong bantuanya dok, kasian pet saya (T_T)
    balas komennya ke email yahoo saya dok
    rhudy_akutansi@yahoo.com
    butuh pertolongan dokter nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas rendam BD-nya di air hangat2 kuku (jangan panas) selama beberapa menit (3 sampai 5 menit), lalu coba angkat kulitnya. saya pernah bahas mengenai penyakit gagal shedding ini di artikel penyakit pada ular (sama seperti BD), mas bisa baca di sana. bisa juga search GAGAL SHEDDING di menu cari artikel di atas, saya pernah bahas singkat di beberapa artikel....
      mengenai matanya, coba sering bersihkan dengan cotton bud sambil terus di observasi. beli obat mata khusus reptil. mas tinggal di daerah mana??

      Delete
    2. Dok,kalo untuk penyembuhan bd yang jamuran sperti apa ya dok mohon dijawab ya dok.

      Delete
    3. sejujurnya agak susah sih mas, karena kalo jamurnya udah invasif, emang satu2nya cara ya pake kandang bergantian. sediakan kandang lain, lalu tiap seminggu sekali kandang diganti, nah kandang & aksesoris yang lama dicuci dan dijemur selama 20 hingga 30 menit dibawah sinar matahari.

      nah, sebelum bd dimaskkan ke dalam kandang yang mau dipake, bagian badan bearded dragon yang berjamur dioles pake obat merah betadine dulu. baru setelah itu dimasukkin ke kandangnya yang baru.
      mungkin nanti saya tulis artikel lengkapnya
      maaf karena baru balas. saya abis dinas kemaren ini...

      Delete
  2. Dok mau shering lagi nih.
    Bearded saya suka mangap mangap gitu, sambil ngeluarin suara kaya mau buang riak. Terus kadang kadang janggut ya berubah hitam pekat.
    Tapi saya ga tega kalo di mangap mangap kaya mau mengeluarkan sesuatu dari mulut nya. Entah muntah atau pernapasannya/deidrasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidungnya terlihat basah?
      saran saya bawa ke dokter hewan terdekat karena bisa jadi tanda flu atau penyakit lain yang serius.....

      Delete
  3. permisi dok, BD saya jarinya mengalami pembengkakan tapi tidak ada luka diluar, apa yang harus saya lakukan dok? BD saya kena penyakit apa ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini kandangnya bersih gak mas?
      cairan di dlam bengkaknya keliatan nggak? kalau gak keliatan, biarin aja. cukup pastikan kandang bersih.... obesrvasi terus selama seminggu. kalau tidak ada perubahan, mas bisa konsul lagi kemari... :)

      Delete
  4. Permisi dok, kalo cara pengobatan untuk BD belekan bagaimana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaga kebersihan kandang, dan sering dibersihkan beleknya. jangan lupa dimandikan juga mas... :)

      Delete
    2. Saya baru beli dok, kira-kira ada obat khusus ga untuk belekan, atau hanya cukup di bersihkan saja dengan tisu ?
      untuk dimandikannya sendiri berapa kali dalam seminggu ?
      makasih dok

      Delete
    3. cukup bersihkan saja beleknya dengan tisu. dan jaga kebersihan kandang dan bd-nya. memandikannya cukup seminggu sekali atau dua kali... :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Malam dok saya mau tanya bd umur -+2,5 thn nafsu makannya menurun, waktu juve biasa makan 15ekor jangkrik/hari sekarang hanya 1 ekor saja. 8bln lalu memang pernah positiv cacingan saya bawa ke dokter hewan di berikan obat cacing panacur. Saya berikan dosis sesuai anjuran dokter dan keadaan waktu itu karna mogok makan, selalu saya suapin. Setelah di cek kembali sekarang sudah tdk cacingan tapi kenapa setiap makan hanya mau di suapin saja ya..saya sudah coba memberikan probiotik reptile tdk ada perubahan tdk ada respon mengejar makanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena memang dia terbiasa disuapi jadi saat sekarang dia sudah sembuh, dia jadi gak mau mengejar mangsanya. triknya, mas lepas kaki belakang jangkrik (yang tajam/panjang sehingga jangkriknya tidak bisa melompat), lalu mas taruh dekat BD-nya. biarkan saja. nanti biasanya bd-nya akan memakan sendiri.... cukup pastikan di sekitar kandang bebas semut karena semut kadang merubung jangkrik... mas bisa oleskan kapur semut disekitar kandang....

      Delete
  7. Mau tanya dok,kl ekor bebi bd putus bisa tumbuh lg g? Mksh

    ReplyDelete
  8. Mau tanya lagi mbak dokter,bd saya kok g mau makan sayur knapa y? Sudah saya campur dgn ulat hongkong dan saya cb pisah sayur aja,ttp g dmakan. Skg jgvg mau makan ulat hongkong.kalo jangkrik dmakan,sehari 4-5 jangkring.

    ReplyDelete
  9. mau tanya dok, kenapa BD saya gemeteran ya? terus enggak mau makan , biasanya makan ulat hokong kurang lebih 10 ekor ulat, terus gimana ya solusinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kemungkinan. tebakan saya sih dia kurang kalsium. penyakit kekurangan kalsium pada bearded dragon disebut hind leg paralysis. jarang dijemur ya mas bd-nya? gak dikasih supplemen kalsium?

      Delete
  10. Dok, ini BD saya ada bercak hitam di badan nya, apa itu jamur dok ? Lalu kira" ada obatnya atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi jamur. kemungkinan besar iya.
      kandangnya rajin dibersihkan gak?

      kalau menurut saya mending bawa ke dokter hewan aja mbak biar jelas. sekalian check up keseluruhan...

      Delete
  11. Dok , kenapa ya baby BD saya tidak mau makan , terus suka lari...terus saya satuin BD sama kura - kura apa pengaruhnya dok ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  12. Sore dok , mau nanya nih kenapa ya baby BD saya tidak mau makan dan suka lari kalo mau dipegang...akhir-akhir ini tingkahnya lebih agresif gitu.. padahal tiap pagi saya jemur..
    Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama mas pelihara?
      kurang pendekatan kayaknya, mas. sama kayak ular, bd akan mudah mengenal mas kalau mas sering ajak main dia. minimal, mas elus di dalam kandang. jangan takut, soalnya kalau takut dia pasti tahu dan dia malah akan makin berani ama mas. bersikap biasa aja... :)

      Delete
  13. Baru 2 minggu dok , terus kalo makan harus di paksa kalo enggak dipaksa BD nya gak mau makan ,, cara itu salah ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas, mas. saya baru pulang dinas keluar kota.
      sekarang gimana keadaannya? force feed gak masalah asalkan pelan2... :)

      Delete
  14. Dok kuku bd yg copot apakah masih bisa tumbuh lagi?..treatment apa yg bisa saya berikan agar mempercepat pertumbuhannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dikasih treatment apa2, nanti juga tumbuh sendiri.. :)

      Delete
  15. Tetap dipaksa dok makannya , tapi pelan2 kok...tapi saya kasih buah2 terus dok , gak kenapa2 ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. mas. :)
      mang gak coba diajari makan sendiri? knp kudu di force feed? :)

      mas tinggal di kota mana? mas bisa gabung ke grup pecinta reptil di kota mas. caria aja di facebook. :)

      Delete
  16. Udah dok , udah saya kasih wadah makan dan minum tapi gak mau nyentuh makanannya dok , jadi saya paksain...
    Saya tinggal di bandung dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, bandung banyak kok komunitas reptile... :)

      Delete
    2. Iya dok , terima kasih...
      Nanti saya coba gabung ke komunitas tsb...
      Terima kasih banyak dokter Fira

      Delete
    3. sama2. mas bisa kembali kemari jika ada yang ingin ditanyakan....

      Delete
  17. Dok mau nanya kok bd saya ga mau makan sayur ya ?
    Bd saya masi baby

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah pernah pelihara reptil lain sebelum bd? :)
      selain makan sayur, dia suka makan apa lagi?

      selama dia masih mau makan, gak apa2 sementara kasih yang dia mau makan aja dulu. seminggu sekali kasih aja sayur biar dia terbiasa... dan coba kasih sayurnya dengan cara dijus dulu tanpa air. lalu ditotolin ke depan mulutnya... :)

      Delete
  18. Dok mau tanya, ini saya punya baby bd, tp agresif banget, kalau mau di pegang dia langsung mangap gtu trus lari, itu gmna ya penanganannya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama dipelihara, mas? :)
      harus sering2 diajak main. interaksi sama masnya. elus2 aja punggungnya.

      kalau dia masih belum bisa dipegang, usahakan dia liat mas tiap hari selama 1 atau 2 minggu sambil terus usaha untuk pegang dia. mas bisa duduk di depan kandangnya... :)

      Delete
  19. Dok kalo bd kena penyakit mbd apakah bisa sembuh , makan nya harus di suapin terus gimana solusi nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. metabolic bone disease masih bisa disembuhkan. silakan mas baca artikel saya cara mengobati metabolic bone disease dan artikel cara mengobati penyakit tempurung lunak pada kura-kura dan artikel Penyakit Kekurangan Kalsium Pada Reptil.... :)

      Delete
  20. Dok.mo nany masalah BD mogok mkan.Size 49cm umur 6bln an, suhu kandang 38-40C jemur tiap hari Pup lancar + cal D3 rutin, belakangan ini mkan ny moody kadang sma sekali ng mkan,biasany sehari bs abiskan jangkrik 30ekor,skrg paling 2-3 ekor pas lg mo mkan..Masalah ny dimana biar mkan ny lancar lg .THX

    ReplyDelete
    Replies
    1. faktor cuaca emang lagi gak bagus buat bd, mas. banyak sekali bd yang sakit akhir2 ini. mas masih beruntung karena bdnya masih mau makan meski sedikit2, nah cara mengakalinya adalah kasih makan lebih sering. jaga juga suhu kandang agar bdnya gak kedinginan.... :)

      fesesnya masih normal kan? gak mencret? :)

      Delete
  21. faktor cuaca jg ngaruh ya Dok, fesesny normal,ng mencret,cm itu masalah makan ny.takut ad apa2 ama BD ny.thx ya Dok ud reply.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau fesesnya masih normal (gak mencret), saya kira dia masih sehat. kemungkinan emang faktor cuaca aja sih... :)

      kasih saya kabar lagi ya mas... :)

      Delete
  22. Dok mau nanya... Saya lokasi di makassar dan dokter khusus hewan exo blom ada. Kaki BD saya mengalami pembengkakan, klo jalan yg bengkak di seret gitu.. Gmn cara nanganin nya ?? Mohon info dok takut nya makin parah 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. di makassar ada klinik hewan di jln. monumen emmy saelan, mas.

      selama ini bd-nya dikasih makan apa? bengkaknya seperti apa, apakah ada nanahnya? coba sering2 dibersihkan aja bagian yang bengkak. kalau ada lukanya, sering dibersihkan pake kapas yang dibasahi betadine. jaga juga kebersihan kandang.

      makannya gimana?

      bagusnya sih mas bawa aja ke klinik di jalan monumen saelan...

      di rendam pakai air hangat kayaknya gak ngaruh kalau luka bengkaknya gak sering2 dibersihkan....

      coba kabari saya lagi mengenai pakannya ya mas...

      Delete
  23. Klo rendam air hangat tiap hari bisa sembuh g dok ???? Maaf banyak nanya soalnya panik... 😭

    ReplyDelete
  24. Di Makassar Pet Clinic blom ada dok khusus exo nya... Cuman nanganin kucing ma anjing soalnya dlu pernah mau vaksin musang tp katanya blom ada dokter khusus exotic nya.
    BD saya makan nya sayur sawi dan jangkrik dok.. Kandang juga tiap hari di bersihin... Klo masalah luka sepertinya g ada dok... Apa karena patah ??? Klo patah gmna nanganin nya ??? Trus klo ada luka apa cuman rajin kasi betadine aja yaa dok ?? Makasih dok udah di replay

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya boleh menyarankan, kasih asupan kalsium lebih. saran saya sih kasih exoterra suplemen bubuk khusus reptil... mas bisa beli di kaskus...

      sementara ini, tetep kasih betadine di lukanya.... tebakan saya sih bd mas kena hind leg paralysis, alias kurang kalsium...

      Delete
  25. selamat mlm dok, saya mau tanya dong untuk mengatasi masalah sembelit pada BD itu gimana ya? BD saya poopnya hanya cairan saja, tiap poop keliatan kaya yg susah bgt trs kalo abis poop dia keliatan lemes, mohon pencerahannya dok, thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa?
      coba kasih asupan serat, mas. silakan baca artikel saya sayuran sebagai makanan tambahan reptil

      Delete
  26. Dok mau tanya kenapa bd saya tiba2 ga mau makan ya padahal sebelum nya makan lancar ga ada masalah ?udah beberapa hari dan sampai saat ini tetep ga ada perubahan ,,, terimakasih

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. dok, mau tanya dong..
    saya baru beli baby bd sekitar semingguan dr beli sampe skrg susah bgt makan dok.. apa klw baby emng kaya gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, harusnya sih gampang makan. coba cek fesesnya. tahinya. mencret nggak. usahakan tetep kasih makan ya mas. coba mas tanya ke yang jual biasanya dikasih makan apa. karena kadang kalau makanannya berubah dari kebiasaan, dia nggak mau makan....

      kabari lagi...

      Delete
    2. iyaa sih dok, udh di tanya dan makanannya tetep sama kok ulat hongkong.. apa mungkin krn suhunya ya dok??
      ohh iyaa si baby ini juga skrg jadi tidur mulu lg shedding juga sih dia dok,
      mohon jawabannya dok

      Delete
    3. iya, bisa jadi suhu juga ngaruh.
      fesesnya gimana mas? tahinya. mencret nggak?

      setau saya kalau lagi shedding emang dia lebih banyak diam. makanya saya butuh info mengenai fesesnya...

      Delete
    4. ohh iya sorry dok, terakhir saya liat fesesnya sihh normal dok warna hitam campur putih dan gak mencret dok..
      kalau untuk suhu sihh lampu uvb selalu saya nyalain dok, kalau siang aja saya matiin..
      soalnya saya taro di aquarium kamar dok.

      Delete
    5. mungkin emang nafsu makannya aja lagi turun. mas bisa beri jenis makanan yang lain...

      karena dari fesesnya sih sehat... :)

      Delete
    6. tapi masa iya sampe berhari2 gitu ya dok??
      td pagi pas saya jemur dia mangap gitu, mungkin terlalu panas, nah pas mangap itu baru dah td saya masukin makanan uh sama sawi dok.

      Delete
    7. dia mau makan tadi pagi? :)

      kalau emang mas ragu2, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja, mas. biar sekalian dicek secara kesuluruhan...

      Delete
    8. iya mau makan krn saya cekokin pas dia lagi mangap dok.. kalo ke petshop gitu biasanya ada dok hewan juga yaa??
      rekomend dokter hewan daerah depok dimana yaa dok?

      Delete
    9. Depok mana, mas? jawa barat?
      alamat dan nomor telepon dokter hewan daerah depok ada kok artikelnya... :)

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. iyaa jawa barat dok. okee makasih dok

    ReplyDelete
  31. Dok kalau kandang BD nya ga sy idupin lampu uva nya selama kerja di siang hari gpp dok? Soalnya sy kerja dan ga ada orang dirumah takut listrik korslet makanya sy matiin lampu uva/b nya.

    ReplyDelete
  32. Dok mendadak Bd temen saya kejang2 kaku gt knp y dok, sambil mangap2 kayak nahan sesuatu dimulut,habis itu elus udah g kejang lg.tp kalo ditinggal kadang kejang sendiri lg, kenapa y dok? Untuk baby bd yang cocok makan apa dok. Sbb yg seukuran mulutnya itu. Kalo ulat hongkong dan jerman terlalu besar.urgent

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang urgent banget, sebaiknya bawa langsung ke dokter hewan, mas.... :(

      banyak sebab sih, diantaranya kurang kalsium, mas. coba mas powdering aja dulu makanannya pakai bubuk kalsium. silakan baca artikel cara memberikan asupan kalsium untuk reptil... karena tebakan saya sih kurang kalsium itu, mas... :)

      Delete
  33. Dok bd saya kok kaya yg lemes gitu padahal rutin di jemur sama kakinya kaya yg lesu kalo jalannya kaya yg ga normal ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tebkana saya sih kurang kalsium (MDB, metabolic bone disease). dia masih mau makan?
      asupan kalsium buat reptil gak hanya didapat dari sinar matahari aja, mas. dari makanan juga. mas tau istilah powdering? makanan bd ditaburi bubuk kalsium dulu (merk exoterra) sebelum diberikan ke bdnya.

      kalo saran saya sih bawa ke dokter hewan aja mas biar sekalian dicek... :)

      Delete
  34. Dok nanya dong. Bd saya jantan ga mau makan. Semenjak saya gabungin ama betina jdi susah makannya. Skitar 2 hari ga mau makan apa2. Disuapin jga ga mau dimakan. Apa kalo mau kawin susah makannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, ada juga sih yang karakternya kayak gitu.
      sama aja kayak cowok lah mas, hihihi. ada kan cowok yang ngadepin cewek langsung panas dingin? kayak suami saya dulu, hihihihi....

      coba cek fesesnya, tahinya. kalau berubah dari normal, misalnya mencret atau baunya agak beda dari biasanya atau warnanya berubah, bisa jadi emang dia sakit...

      Delete
  35. Fesesnya sih terlihat normal. Cmn feses yg dihasilkan terlalu sedikit. Mungkin 1/5 dri biasanya. Karena ga makan apa2. Awal2 semangat bgt mau kawinnya. Tpi blkgan loyo dia kyk ga berhasil. Jdi pasrah gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba gini aja. biasakan diketemukan, minimal seminggu 2 kali. mas bisa juga ajak main bareng mereka... :)

      Delete
  36. Selamat malem dok,permisi mau ikut tanya,baby beardie saya kaki belakang kanannya kalo jalan kok di seret ya
    Kebetulan td pagi pas dijemur,beardie di usilin temen dan jatoh dr ketinggian 1m
    Riwayat makan lancar,jemur rutin tiap pagi 30menit, kaki kanan ga ada false movement,deformitas,tanda2 pembengkakan
    Kira2 ada dugaan MBD ato ga yah,padahal kan jemur tiap pagi tp tanpa suplemen kalsium
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan emang kalo gak MDB ya karena jatoh tadi, mas...
      apa dia masih mau makan? kalau jatoh dan menyebabkan luka dalam (patah tulang misalnya), dia pasti kesakitan dan akibatnya gak mau makan. kalau mdb, dia masih mau makan..... itu bedanya....

      harusnya kasih asupan kalsium mas...

      sebelumnya maaf karena baru balas.... saya sibuk sekali 3 harian ini... :D

      Delete
  37. Malam dok.
    Saya bru beli bD, semasa dipengiriman lama sekali tiba ditempat saya, saya kira mngkin sudah tidak selamat, tetapi setelah tiba trnyata masih selamat dan kondisi lemas sekali. Sudah saya rendam, jemur, lampu uv, lampu spot seharian.
    Sampe malam ini kondisi doi jg masih lemas saja.
    Posisi lidah keluar sedikit. Kadang bergerak seperti jalan sitempat ttapi tidak bs mengangkat badan. Dan jg dibagian punggung seperti menonjol. Apakah efek dr lamanya pngiriman, atau sudah bawaan dr itu BD kalau sakit.
    Dan bagaimana cara sembuhin nya dok.
    Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih dehidrasi parah. fesesnya mencret?
      kalau mas bisa sih force feeding aja. loloh, kalo bahasa umunya. makanan bd mas tumbuk atau blender hingga halus, terus coba loloh ke mulutnya....

      kasih minum. dan coba cek fesesnya.... mencret apa nggak...

      saran saya sih mending bawa ke dokter hewan aja mas, atau ke rumah sakit hewan... :)

      Delete
    2. Sudah saya force feed, gk ditumbuk ataupun diblender.
      Doi bisa nelan nya. Cm gk ad tenaga buat ngegigit. Cm manggap" nelan saja.
      Untuk feses si normal trgntung yg dmakan. Kalau berair ya agak basah. Kalau makanan kering fesesny pun kering.
      Cm msalahny masih belum bisa mengangkat badan, jalanny pun ngesot.
      Dan jendolan dipunggung ny masih ada.
      Yang saya cemaskan apakah terkena MBD yah??
      Ciri" atau gejala positif mbd sprti apa ya dok?

      Delete
    3. Sudah saya force feed, gk ditumbuk ataupun diblender.
      Doi bisa nelan nya. Cm gk ad tenaga buat ngegigit. Cm manggap" nelan saja.
      Untuk feses si normal trgntung yg dmakan. Kalau berair ya agak basah. Kalau makanan kering fesesny pun kering.
      Cm msalahny masih belum bisa mengangkat badan, jalanny pun ngesot.
      Dan jendolan dipunggung ny masih ada.
      Yang saya cemaskan apakah terkena MBD yah??
      Ciri" atau gejala positif mbd sprti apa ya dok?

      Delete
    4. ya, sayapun sebenernya cemas gejala MDB, mas. makanya saya lebih menyarankan bawa bd-nya ke dokter hewan terdekat....

      semua yang mas ceritakan sebenernya cocok dengan gejala mdb, terutama soal benjolan di punggungnya. tetep kasih makan dengan cara diloloh, terutama makanan yang tinggi kalsiumnya. dan saya sarankan, bawa ke dokter hewan terdekat biar bisa ditangani langsung... :(

      Delete
  38. Malam dok.
    Saya bru beli bD, semasa dipengiriman lama sekali tiba ditempat saya, saya kira mngkin sudah tidak selamat, tetapi setelah tiba trnyata masih selamat dan kondisi lemas sekali. Sudah saya rendam, jemur, lampu uv, lampu spot seharian.
    Sampe malam ini kondisi doi jg masih lemas saja.
    Posisi lidah keluar sedikit. Kadang bergerak seperti jalan sitempat ttapi tidak bs mengangkat badan. Dan jg dibagian punggung seperti menonjol. Apakah efek dr lamanya pngiriman, atau sudah bawaan dr itu BD kalau sakit.
    Dan bagaimana cara sembuhin nya dok.
    Trims.

    ReplyDelete
  39. hai dok, mau nanya. baby BD saya kok moody bgt makannya ya? 1 hari makannya bisa abis ludes 3jkk 3uhk. tapi besoknya ga makan sama sekali. terutama saat didusting.. bener'' ga disentuh kayanya. tapi poop tiap hari lancar.
    harus gimana nih dok? kurus bgt doi. lampu basking12-13 jam/ hari, uvb dari matahari..

    ReplyDelete
  40. hai doc. saya dari malaysia.. bearded dragon saya terkena penyakit yang dipanggil yellow fungus..tetapi saya ingin tahu adakah cara termudah untuk merawat yellow fungus ini selain bertemu veterinary..harap doc dapat bantu saya..

    ReplyDelete
  41. hai doc. saya dari malaysia.. bearded dragon saya terkena penyakit yang dipanggil yellow fungus..tetapi saya ingin tahu adakah cara termudah untuk merawat yellow fungus ini selain bertemu veterinary..harap doc dapat bantu saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam. :)
      yellow fungus adalah penyakit yang berbahaya jika sudah terlalu parah. baiknya, segera hubungi vetenary terdekat untuk mendapatkan antibiotik...

      karantina (separated) bearded dragon yang sakit dengan bearded dragon yang sehat. jaga kebersihan kandang dan bearded dragon-nya. :)

      Delete
  42. Hai dr fira,
    saya mau tanya, saya mau berencana memelihara beardead dragon, karena aktivitas saya kerja setiap hari kemungkinan saya tidak bisa menjemur BD setiap pagi, apakah aktivas menjemur bisa digantikan dengan meletakan lampu UVB diatas kandang BD? kemudian jam2 ideal makan untuk BD jam brp saja ya dr, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atas udah saya jelaskan. jamnya sih sebenernya terserah. bagusnya di jadwal. maksudnya, kalau siang biasanya jam 1, besoknya kasih di jam yang sama. :)

      menjemur bd gak harus tiap hari kok mas. cukup 2 atau 3 kali seminggu. bisa sih kasih lampu uvb, yang penting jangan terlalu deket sama kandangnya (biar dia gak kepanasan) dan kasih hiding box biar kalau dia kepanasan dia bisa sembunyi di situ...

      sebenernya kalo asupan kalsiumnya mencukupi, gak usah dijemur gak apa2. yang penting, kalsiumnya bagus.

      Delete
  43. dok BD saya yang masih baby ukuran 15 cm sebelumnya lincah banget, dalam satu kandang ukuran 60x45×50 cm. Saya tempatkan sama BD ukuran 23 cm. Dia kok sekarang mongok makan sudah berhari-hari ga makan, sebelumnya dia sempoyongan, terus sekarang sudah sembuh tapi belum mau makan, padahal sering saya jemur dan kasih vitamin reptil. Sekarang sudah saya pisah masih belum makan, badannya jadi kurus, saya harus bagaimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dia lagi kayak gitu, jangan malah mas jemur. malah makin sakit nantinya.
      fesesnya gimana? mencret ya?
      bau fesesnya beda sama waktu dia sehat? betul?
      kalau iya, coba mas baca artikel OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA, di sana ada resep air jahe buat kura-kura. baca baik-baik, jangan sampe salah resepnya, dan jangan sampe salah buat juga...

      sementara karantina dulu di kandang tersendiri...

      biasanya kasih makan apa?

      asupan kalsiumnya gimana? biasa mas kasih asupan kalsium apa?

      Delete
  44. Hi assalamualaikum nk tanya mengapa baby bearded dragon sy tak mau makan. Satu hari dah tak makan. Dipaksa baru makan. Lepas tu sangat agresif bila dipegang. Kepalanya selalu tunduk( tak mengangkat macam selalu)

    ReplyDelete
  45. Lg satu baby bearded dragon sy suka guling gulingkan badannya. MauBearded meloloskan diri apabila dipegang. Dipaksa baru makan. Sesiapa tolong sgt risau. Sy duduk Malaysia

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi. sorry for late reply. im sooo sorry....:(
      how the feces? it is liquid?

      saya khawatir kena krypto. sila baca artikel saya PENYAKIT KRIPTO PADA GECKO....

      Delete
  46. Replies
    1. you welcome.
      please inform me about the bd later... :D

      Delete
  47. Bearded dragon dh ok. Terima kasih ye Drh. Fira Sovica. Tp nk tanye bearded dragon tu. Kadang kadang makan. Kadang kadang tak makan. Adakah bearded dragon kenyang. Bearded dragon umur 2 bulan. Tq sgt sgt Drh. Fira sovica

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalan mengenai nafsu makan (appetite) dia yang naik turun, saya kira normal. cara kita check dia sehat atau tidak bisa dari feces dia. bearded dragon sehat biasanya feces padat, tidak cair (diarrea).

      please notice bahwa reptile seperti bearded dragon sangat sensitif terhadap suhu. so, jaga agar dia punya cage tetap hangat. bisa guna lampu UVB atau semacamnya... :)

      maaf karena saya baru balas. dan kabari terus. :)

      Delete
  48. Ya tak apa sy pon balas lambat,. Terima kasih banyak ya, maklumat ya amat membantu. Sekarang sy lebih mengerti pasal bearded dragon dan gecko. Bearded dragon dh sihat😊

    ReplyDelete
  49. dok Kandang BD yg baik Alas nya koran atau pasir ? terus bagai mana cara membersih kan kotoran yg ada di pasir/koran ?

    ReplyDelete
  50. Dok mengenai ppakan Bearded Dragon apakah boleh di berikan semut Jepang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya, saya kurang tau sih.
      amannya sih jangan, mas....

      maaf karena baru balas...

      Delete
  51. Assalamualaikum nk tanya. Mata bearded dragon sy sakit ada selaput di mata. Kemungkinan boleh buta apakah tindakkan yg perlu diambil. Boleh sembuh ke?

    ReplyDelete
    Replies
    1. akan lebih baik jika dibawa ke klinik hewan terdekat.
      nasihat saya, jangan beri protein atau lemak (fat) yang berlebihan untuk bd-nya.
      saat penjemuran (sun basking) pun hindari sinar matahari langsung....

      mengenai bisa sembuh atau tidak, jika memang belum terlalu parah, saya kira masih bisa sembuh...

      Delete
  52. Assalamualaikum Drh.Fira Sovica terima kasih banyak kerna selalu membantu. Matanya semakin sembuh kerna sy beli ubat mata di klinik haiwan. Ubat mata untuk kucing tp boleh pakai untuk bd. Matanya tak buta. Maaf kerna balas, lewat dan selamat menyambut HARI RAYA AIDIL ADHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, saya ikut senang. :D
      di malaysia, apa obat untuk bd? bisa kirimkan foto/gambarnya ke sini? :)

      Delete
  53. Obat mata manusia pon boleh yg gambar tu, levih kurang mcm obat mata manusia. Semua bisa pakai janji obat mata😂 terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha ha... :D

      good. kalau di indonesia, bisa pakai obat mata merk gentamicin... :)

      Delete
  54. Malem dok , saya mau nanya BD saya suka melet lidah gitu itu kenapa ya ?
    Sama kalau mau di pegang gemeteran . Kira kira ada solusi nya engga ya .oiya BD saya umur 7 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya khawatir kurang kalsium, mas. untuk asupan kalsiumnya mas kasih apa?

      mending kasih asupan kalsiumnya, mas...

      Delete
  55. Dok bd saya sudah 2 hari tidak makan jangkrik tp masih mau makan sayur..
    Gmna yah dok?feses juga masih normal saja

    ReplyDelete
  56. Dok bd saya sudah 2 hari tidak makan jangkrik tp masih mau makan sayur..
    Gmna yah dok?feses juga masih normal saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenuh sama makanannya. nggak apa2. sementara kasih sayuran aja. tapi tetep coba kasih juga jangkrik dulu. kalo gak mau, baru kasih sayur/buah... :)

      Delete
  57. Dok saya baru pelihara bd 1 hari ini ukuran 12 cm tapi kurang aktif dan terpantau belum mau makan, setting kandang sudah sesuai rekomendasi apa masih adaptasi kah ? Terima kasih

    ReplyDelete
  58. Dok mau nanya bearded dragon baby sbnrny mkn ny yg bgs 2x sehari ato 1x?? Saya, ksh pgi td sore kgk mw mkn lagi... Trs lmpu tiap hari pkai bgs uvb to uva??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung banyaknya sekali makan, mas. kalauo nafsu makan lagi menurun (makannya dikit), bisa dua atau tiga kali makan. tapi kalo nafsu makannya lagi meningkat, bisa dua kali. :)

      kalo soal lampunya, sebenernya tergantung penggunaan. mas pake lampu tujuannya apa. kalo cuma menghangatkan sih pake lampo bohlam biasa juga bisa. kalo untuk menghangatkan sekaligus untuk asupan kalsium, pilih lampu uvb.

      mungkin nanti akan saya tulis artikelnya. :)

      Delete
  59. Dok mau nanya saya baru kmrn bli bd sama tmn sya satu kota didia rakus bgt pas saya tarok dirumah saya kok makanya dikit bgt ya??? Saya ikutin suhu yg dia pliara dari kcl 25 watt... Bikin bdnya balik rakus gmn ya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya stress karena perjalanan atau perubahan ruagngan, mas... coba karantina dulu, di ruangan sepi. taro aja. sesekali kasih makan, abis itu tinggal lagi....

      fesesnya gimana? mencret?

      Delete
  60. Numpang Tanya nih dok. Jadi saya baru keep babyBD (panjang 18cm) mulai tanggal 9 February 2018 Sampel sekarang 18 February 2018. Dr awal keep, baby nya g mau makan jangkrik sampek 4 Hari dok. Akhirnya saya force feed Dan mau makan jangkrik.
    Udah 3 Hari terakhir ( Karena libur 3 Hari) saya jemur terus Dan saya rendam air hangat tiap pagi. tp ttp kl dikasih jangkrik/sawi ga dilirik Sama sekali. Jd terpaksa saya force feed (drpd g makan Sama sekali).FYI saja ,kandang sudah saya kasih basking spot lampu 60 watt. Yang ingin syaa tanyakan :
    1. Gmn cara nya biar baby BD saya mau makan sendiri?
    2. Apa gpp di force feed terus? Khawatir kl dewasa minta force feed kan berabe.

    Mohon bantuannya dok..
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? mencret nggak?

      kalo bd yang masih baby emang agak susah, karena masih sangat sensitif. mas force feed pake apa?

      nggak apa2, selama force feednya gak dipaksain dan gak kasar....

      coba sesekali taro aja makanannya di kandang. terus tinggal. biar dia bisa belajar makan sendiri../.

      Delete
  61. Pupnya banyak dan keras normal dok.. Cuma kalo kasih jangkrik ngk banyak makan paling lima doang ulet jerman makan 9 doang.. Ukuranya uda 35cm. Klo pakai lampu 60 watt buat dia rakus makan bisa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin mas bisa beli Reptile Booster. nanti siang akan saya post mengenai suplemen reptil yang namanya reptile booster ya... tunggu aja...

      mas tinggal dimana?

      Delete
  62. Pupnya normal dok. force feed jangkrik dengan tangan langsung.terkadang saya force feed sawi juga.
    kalo ga saya force feed, saya khawatir dia ga makan dok. tp kl saya force feed, saya khawatir tidak mandiri dok.
    mohon arahannya dok.
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bd-nya masih baby ya mas? maaf ini mas yang mana ya? :D

      kalo masih baby, emang kudu handsfeed dulu, tapi harus dibiasakan makan sendiri. artinya, kudu dilatih. caranya dengan tetep naro makanan di kandangnya... :)

      Delete
  63. Apakah normal untuk ukuran baby 18,5cm? Terutama ekornya dok. Mohon arahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang normal apanya mas? emang kenapa ekornya?

      kalau mau kirim gambar, masukkin di bagian silakan upload gambar. terus kan dapet linknya. nah linknya taro di komentar baru.

      Delete
  64. Dok bd saya kok gamau makan yah bd saya masih baby up di kandang saya kasih lampu uva uvb tetep gamau makan jemur rutin tiap pagi saya kasih jangkrik gaada respon sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang cuaca/ruangannya gak lagi dingin, gak usah kasih lampu, mas. apalagi yang masih bayi. karena bisa jadi dia kepanasan.

      dia banyak minum nggak? kalau iya, bisa jadi emang dia kepanasan.... coba singkirkan lampunya, cukup pastikan aja ruangannya gak dingin

      Delete
  65. Dok saya ingin bertanya apakah BD silkback memerlukan perawatan khusus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. yang saya tahut, kulit bearded dragon silkback itu lebih tipis dibandingkan bearded dragon pada umumnya. jadi memegangnya juga harus hati2. dan jangan sampe kulitnya kering. harus tetap lembab, maka suhu kandangnya juga dijaga agar tidak terlalu panas.

      mungkin nanti saya tulis artikelnya. :)

      maaf karena baru balas. saya abis dinas ke luar kota kemaren ini :(

      Delete
  66. Halo dok,

    Untuk BD ukuran 16cm an itu termasuk baby ya? Oiya untuk lampu uva uvb untuk uk bd 16cm itu cocoknya dinyalakan brapa jam?

    Thanks dok.. semoga sehat selalu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. anakan, mas. setau saya BD ukuran segitu masih anakan. :)

      lampu dinyalain kalo udara lagi dingin aja. kalau udara lagi gak dingin, gak usah. kalo untuk anakan, suhu kandang yang sesuai untuk BD sekitar 26 s/d 32 derajat celcius.

      Delete
  67. Sore dok,


    BD saya ukuran 13cm, untuk ukuran segitu dalam sehari normalnya makan brapa ekor jangkrik dan brapa ekor ulat hongkong ? sayaa baru beli, saya kasih makan cuma 2 ekor ulat hongkong saja yg dimakan... besoknya susah makan sudah beberapa hari ini :(

    padahal dikandang sudah dikasih lampu UVA 50w untuk basking yg saya nyalakan dr jam 9 - 5 sore

    kalo sore sampai pagi saya matikan. APakah ada yg salah dengan cara pemeliharan saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi.. :D
      jangan terlalu sering dikasih lampu UVA, kalo lagi dingin aja mas. kalau mas tinggal di kota yang nggak dingin, gak perlu dikasih lampu.
      atau boleh dikasih lampu, TAPI jangan terlalu deket.

      dia dikasih tempat minum juga nggak di dalam kandangnya?

      coba mas tanya sama yang jual, biasa dikasih makan apa? dan jadwalnya berapa kali dalam sehari? biar bisa nyamain... :)

      Delete
  68. Hi dok, baby bearded dragon saya matanya sebelah kanan tertutup terus sempet keliatan pas buka matanya kayak ada air dimatanya gitu. Makan masih lancar kira2 kenapa ya dok? Gambar saya upload dsni dok karena lewat blog ini gk bisa2
    https://ibb.co/k6hy3z

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk-garuk bagian matanya?
      saya takut ada inspeksi di bagian matanya sih mas...

      mending mas bawa ke dokter hewan aja. soalnya agak riskan juga sih mas.

      kebersihan kandangnya gimana?

      Delete
    2. Tidak pernah garuk2 dok, kebersihan kandang nya menurut saya bersih dok karena sya baru 3 hari pelihara. Saya pelihara di akuarium ukuran panjang 75cm pakai lampu spot 25watt dan uvb 13watt dgn jarak 35cm++. Jika ditetes menggunakan obat tetes cendo xitrol apakah berbahaya dok?

      Delete
    3. kalau mau pake salep Neomicyn aja mas. atau pake obat tetes mata Genoptic. Tapi ingat, saya juga gak jamin itu sembuh ya... karena nggak bisa liat langsung BDnya.... :)

      Delete
    4. Oke dong mungkin saya belikan itu dlu ya, kalai bbrp hari gk sembuh saya bawa ke vet aja. Ada rekomendasi vet di daerah jakarta selatan dok?

      Delete
    5. cek artikel saya, https://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2017/12/klinik-musang-dan-sugar-glider-di-jakarta.html

      bisa juga handle reptil kok... :)

      Delete
  69. Dok maaf, apa bisa tnya2 lewat wa ato social media lainnya? Trims

    ReplyDelete
  70. Selamat pagi dok, saya ingin bertanya bd juve saya size 19-20 cm an baru kemarin mogok makan nih dan tiba” skrg jadi agak lemes ga kaya biasanya, tp kalo sy keluarin dri kandang sih lari” an dok dan jenggotny agak menghitam dikit skrg , trus. Udh 1 harian ini blm makanndok feses nya sih awal” normal dok , tp td feses ny sempet putih doang dok sm air bening doang gitu , cara ngatasinnnya gmn ya dok biar dia mau makan lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya stress, mas.
      cek kondisi kandangnya. apakah terlalu panas atau terlalu dingin.
      kalau bisa, pindahkan ke ruangan atau kandang lain. yang agak sepi suara dan nggak terlalu panas.... jangan diajak main dulu, cukup kasih makan aja... :)

      Delete
  71. siang dok, saya mempunyai BD ukuran 20-23cm ga tau kenapa skg mogok makan semenjak jemurnya saya satuin dg betina. sampe kurus badannya kluatan tulangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jemurnya berapa lama?
      jujur saya takut kena crypto sih. coba mas cek artikel cara mengobati crypto pada gecko....

      jemurnya jangan lama2...

      untuk reptile booster, bisa kasih terus...
      kalau mau, mas bisa bawa ke Pet+Vet, udah ada alamatnya di artikel klinik musang di jakarta. bisa kok handle bd juga...

      Delete
  72. tiap hari saya tetesin air yg udah saya kasih reptile booster

    ReplyDelete
  73. apakah ada Dr.H di daerah tebet yang bisa menangani reptile dlm hal ini kasus BD saya Dok?

    ReplyDelete
  74. Dok saya mau tanya. Saya punya baby BD awalnya sih baik2 aja waktu baru beli. Pas udah sebulan pelihara dia malah agresif mangap2 kayak mau gigit gitu kalau mau dipegang. Padahal tiap hari saya handling terus. Jemur rutin lampu uva/b gk pernah mati.
    Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana? wajar? masih mau makan?>
      kalau dia masih mau makan, wajar kok.
      mungkin masa peralihan aja. karena semua hewan yang dari bayi mau ke anakan biasanya gitu. gak apa2, selama nafsu makannya normal dan dia masih aktif, masih wajar... :)

      Delete
  75. Dok, domisili dokter dmn? Apa ad dokter H di surabaya yang dokter tau? Khususny lbh paham soal reptile

    ReplyDelete
  76. Dok mau tanya bd saya lutut nya bengkak,,kaki nya ga bs ditekuk terus kalo jalan kaki yg bengkak nya cm bs ngesot,lutut nya memar tp ga ada luka,apa ada kemungkinan bd saya patah tulang?

    ReplyDelete
  77. Pagi dok, mau tanya klo BD feses nya putih kayak lendir normal atau tidak ? Biasanya makan jangkrik dan sawi bagus, sekarang nafsu berkurang, bagaimana cara menanganinya ? Terima kasih

    ReplyDelete
  78. Pagi dok, BD sy feses nya putih berlendir apakah normal ? Biasanya makan jangkrik dan sawi bnyak, skrg kurang dan ngga mau makan, penanganannya gimana, thx ... ozan

    ReplyDelete
  79. Dok mau tanya,bd saya betina mogok makan sebulan setelah bertelur,apakah penyebebabnya,dan bagaimana solusinya,sementara ini disuapin, pup kadang berlendir dok, terima kasih sebelumnya dok..

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.