Mencegah Tetelo Pada Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Wajib untuk tahu ciri tetelo pada burung hantu dan burung lainnya serta

cara mencegah tetelo pada burung hantu

. Tanda tetelo pada burung akan memudahkan anda dalam mencegah tetelo pada burung. Semua jenis burung bisa kena tetelo, termasuk burung hantu. Artikel berikut akan membahas cara mencegah tetelo pada burung dan ciri tetelo pada burung. Artikel ini berkaitan dengan penyakit pada burung hantu.
Mencegah Tetelo Pada Burung Hantu
Image taken from wingsofwonder.org
  • Ciri Tetelo Pada Burung Hantu.
  • Penyakit tetelo, atau disebut Newcastle Disease, meninggalkan ciri spesifik pada unggas yang kena tetelo. Ciri burung yang kena tetelo antara lain hidung berair, nafas terdengar kasar (mengorok), sayap turun lemas dan terlihat terkulai, kaki tidak bertenaga (lumpuh), dan kepala terkulai. Ciri lain dari penyakit tetelo pada burung hantu dan unggas adalah feses yang berwarna hijau terang. Kematian yang diakibatkan virus Newcastle Disease hampir 100 persen. Pada burung hantu muda yang kena tetelo, kematian bisa dipastikan terjadi pada hari yang sama. Pada unggas dan burung hantu dewasa, kematian terjadi antara 3 hingga 4 hari setelah gejala terlihat.
  • Cara Mencegah Tetelo Pada Burung Hantu.
  • Hingga saat ini, tidak ada cara untuk mengobati tetelo pada burung hantu. Jadi sangat penting untuk melakukan tindakan pencegahan penyakit tetelo pada burung hantu peliharaan anda. Saya menganjurkan agar anda membawa burung hantu peliharaan anda ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan vaksin tetelo. Vaksin tetelo biasanya diberikan secara oral, dan biaya vaksin tetelo untuk burung hantu biasanya juga tidak terlalu mahal.
Patut saya tegaskan bahwa virus tetelo bisa menular ke manusia, namun anda tidak perlu cemas karena efek virus Newcastle pada tubuh manusia tidak fatal.
Demikian adalah ciri tetelo pada burung hantu dan

cara mencegah tetelo pada burung hantu

. Semoga artikel mencegah tetelo pada burung hantu di atas bisa membantu anda dalam mencegah newcastle disease pada burung hantu. Terima kasih. (FS)

193 Responses to "Mencegah Tetelo Pada Burung Hantu"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap pertanyaan pasti akan saya respon. :)
      Coba klik BERI TAHU SAYA di bagian kanan tombol publikasi, jadi setiap saya jawab, ada notifikasinya di email mas... :)

      selama belum kena terkena tetelo, burung hantu masih bisa divaksin tetelo. umur berapapun dia... :)

      Delete
    2. Oh iyya dok. hehe :)
      lupa centang BERI TAHU SAYA.

      Makasi infonya dok.

      Delete
    3. Dok, kira2 suntik vaksin pada burung hantu saya yg berjenis barn owl dan berumur chick itu haraganya berapa dok yaa....

      Delete
    4. burung hantu bisa divaksin saat berumur 10 bulan keatas. kalau masih chick lebih baik jangan divaksin dulu... :)

      Delete
    5. Dok, burhan saya jenis Barn Owl, feses dia kadang normal tapi juga kadang gelap menyerupai coklat dan hijau tapi nafsu makan juga mental dia masih segar seperti biasanya, saya takut ada potensi penyaket laten yang ga ketauan dok, mohon pencerahannya terimakasih

      Delete
    6. Dok, burhan saya jenis Barn Owl, feses dia kadang normal tapi juga kadang gelap menyerupai coklat dan hijau tapi nafsu makan juga mental dia masih segar seperti biasanya, saya takut ada potensi penyaket laten yang ga ketauan dok, mohon pencerahannya terimakasih

      Delete
    7. belum pernah divaksin, mas?
      saya sih menyarankan agar owlnya divaksin.

      tapi kalaupun misalnya gak bisa, coba jaga kebersihan pakannya. itu aja sih kalau saya liat darii fesesnya... :)

      Delete
  2. Dok. Assalamualaikum

    Burung hantu saya kehilangan keseimbangan udah 3 hari. Nunduk terus. Fesesnya putih demua. Makan masih mau. Gakhisa berdiri. Jatuh mulu. Belum di vaksin dok soalnya susah nyari dokter hewan eksotis terdekat. Kena tetelo ya? :( saya takut dok saya sayang banget sama yuki :( respon ya dok
    Terims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau TETELO biasanya fesesnya berwarna hijau terang.
      kalau putih semua kemungkinan stress.

      lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat. atau mas bisa telepon ke dokter hewan terdekat rumah mas terlebih dahulu. DAFTAR NO TELEPON DOKTER HEWAN bisa mas search di bagian cari artikel...

      Delete
    2. Dok, kasih bocoran dong.
      Kalo vaksin tetelo burung hantu biaya brp ya? Umumnya lho.

      Delete
    3. murah kok. berkisar antara 50 hingga 150rbu, tergantung dokternya... :)

      Delete
  3. Replies
    1. biasanya, tetelo hanya terjadi pada unggas dan burung... :)

      Delete
    2. Dok kalo burung hantu yang lumpuh tapi nafsu makannya masih lahap, harus digimanain ya cara ngobatinnya , ?

      Delete
    3. kemungkinan ada penyebab lain seperti kurang kalsium dan sebagainya. saran saya sih mending bawa ke dokter hewan terdekat biar sekalian dicek, mas... :) maaf baru balas. saya lagi otewe pulang kampung... sehat terus buat owlnya... :)

      Delete
  4. dok saya punya celepuk saya aja main tuh jam 3 sorean sampe jam 6 sore trus saya kasih jangkrik 15ekor,nah pas jam 7an saya elus tuh kepalanya sampe tidur , nah prasaan sya dah gk enak dok,masa owl tidur malem ... tapi pas pagi pagi , ane liat dah kaya keracunan ... tiduran terlentang kakinya ngangkat , badanya kaku,tapi masih nafas ... ngos ngosan gitu .. , pas saya goyangin badanya ,dia kaya susah berdiri , tapi dia posisi difends sayapnya ngelebar ,matanya rada sipit tapi ngebuka,tapi skarang dah mati .. dah 1 minggu yg lalu ..
    emang kalo mata picek 1 / sering nutup 1 matanya itu ciri ciri tetelo ?
    soalnya ane punya kek gitu trus mati ... kotorannya warna ijo ... tapi

    sry jadi curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. ciri tetelo yang paling jelas terlihat adalah nafas ngos-ngosan dan feses berwarna hijau terang..... kalau sebelah mata sering tertutup, bukan ciri tetelo.....

      gak apa2, semoga kedepannya bisa lebih telaten lagi dalam memelihara owl ya mas... semangat! :)

      Delete
  5. tips milih owl sebelum beli gmn nih ? ane pengen beli lagi
    trus kalo mata nutup 1 itu knp ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya ciri burung hantu yang sehat.
      search aja di bagian cari artikel...

      selama nafsu makannya bagus dan nutup matanya gak lama (gak permanen), masih bisa dikatakan sehat... :)

      Delete
  6. tapi dia sering nutup mata 1 , sedangkan kalo ciri ciri sehat slalu mlotot

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, betul, salahsatu ciri burung hantu yang sehat adalah matanya terbuka lebar. tapi bukan berarti dia selalu terbuka. toh kalau siang hari, kebanyakan burung hantu menutup matanya (tertidur), baik itu satu mata atau kedua matanya. begitu mas. :)

      manusia sehat juga tidak selamanya matanya melotot melulu kan mas? hehehehe. kira2 seperti itu analoginya. sebenernya indikator paling utama dalam menentukan burung hantu sehat atau tidak yang penting aktif, tidak murung, dan nafsu makannya bagus. itu aja...... :)

      semoga membantu... :)

      Delete
  7. permisi dok apakah celepuk boleh dikasih daging sapi atau ayam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. daging sapi segar (jangan yang dibekukan) dicincang kecil hingga mudah dimakan oleh celepuk = masih boleh. daging ayam sebaiknya jangan.... :)

      Delete
  8. Dok mau tanya, burung hantu saya sakit seperti terkena tetelo, tp saya blm tau bener terkena tetelo apa tidak tp gejalanya spt itu. Trs skrg saya harus gimana yaa dok kalo ternyata dia sakit tetelo? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung hantu yang kena tetelo biasanya fesesnya berwarna hijau terang (lihat di artikel cara mengecek kesehatan burung hantu dari fesesnya)...

      lebih baik bawa burung hantu yang suspect NSD (tetelo) ke dokter hewan terdekat mas. daftar nomor telepon dokter hewan terdekat bisa mas search di blog ini....

      Delete
  9. Dok celepuk saya kena penyakit seperti tetelo kaki lemas, nafas terengah2 & gak mau makan. tapi warna feses seperti masih sehat padahal sudah 2 hari keliatan lemas. apa masih bisa diobati dok?
    apa betul udara ruangan yang lembab menjadi penyebab tetelo?

    Trims Dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penyebab tetelo, silakan baca artikel di atas...
      saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan aja....

      Delete
  10. dok berarti kejadian saya dan sahabat saya kemungkinan tetelo

    oh iya dok jika penyakit tetelo ini apakah di dokter hewan bisa disembuhkan?
    biasanya kisaran harga berapa jika ingin mengobati penyakit tetelo?

    agar tidak tetelo harus divaksin dok?
    biaya vaksin bop brp ya dok kisarannya?
    dan bop elang, falcon , atau burung hangtu boleh di vaksin di umur brp bulan? (misalkan kucing kan umur 3bulan sudah bisa)

    terimakasih dok, mohon bimbingannya agar siap jika terkena tetelo pada bop langsung capcus ke dokter hewan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ada kemungkinan memang kena NSD.
      banyak yang bilang kalau tetelo itu gak bisa disembuhkan, cuma bisa dicegah. namun saya sendiri tidak setuju. tetelo masih bisa disembuhkan meski tidak 100% bisa sembuh. mungkin cara agar tidak kena tetelo adalah dengan mencegah tetelo.

      sebaiknya mas punya langganan dokter hewan sendiri, yang deket rumah aja. nah tiap bulan cek up. biayanya murah kok kalau hanya cek up doang. saat dapet BOP dan burung hantu lagi, langsung bawa aja ke dokter hewan minta cek up. sama sering2 konsultasi ama dokternya.

      menjaga daya tahan tubuh burung hantu dan BOP, itu cara paling ampuh mencegah tetelo. makanan selalu diberikan, jangan telat. kebersihan makanan juga dijaga. sesekali minta multivitamin ama dokternya, tentu dengan menggunakan resep dokter atau dokternya sendiri yang memberikannya... :)

      kalau boleh tau, mas di daerah mana?

      Delete
  11. berarti harus sering cek up ya minimal 1bulan sekali.
    oke deh dok. lagi menunggu momongan sampai di jakarta hehehe lagi order dari luar kota.

    saya dari jakarta timur dok ya tepatnya di kayu putih,
    ada kenalan dokter hewan ga dok yg bisa menangani bop?
    atau saya telpon 1 per 1 aja ya buat nanyain bisa menangani bop atau tidaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya. silakan mas baca2 lagi artikel saya di blog ini mengenai burung hantu.
      untuk kenalan dokter hewan, semuanya alamatnya sudah saya tulis di artikel alamat dan nomor telepon dokter hewan daerah jakarta raya...

      sayangnya saya di bogor, mas... :)

      Delete
  12. dok apakah tetelo ada kemungkinan bisa terjadi karna faktor alam, yang dimaksud faktor alam saat dia hidup di alam liar tiba2 dia hidup dilungkungan manusia dengan tingkat strees yang lumayan apakah bisa terjadi?

    apakah tetelo itu cuman disebabkan karna virus?

    dok kalo kestrel saya misalkan di kasih makan kelabang, kecoa ,ulat dan serangga2 lainnya apa bisa untuk selingan makan? dirumah sering dikasih selingan jangkrik sih setelah diberi makan daging anak ayam kecil. dan belom pernah nyoba seperti pertanyaan diatas,

    dokter bogornya di mana? siapa tau kalo lagi sempat bisa kesana dan sekalian check up si partner hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas rizki...
      1. yang pasti, aktivitas virus akan semakin aktif jika daya tahan tubuh hewan/manusia sedang tidak fit atau (drop). termasuk juga stress. jika daya tahan tubuh bagus, aktivitas virus akan semakin melemah. hanya melemah, tidak hilang samasekali. jadi usahakan agar daya tahan tubuh burung hantu tetap terjaga...
      2. iya. tetelo hanya disebabkan virus.
      3.kalau hanya sesekali, boleh aja dikasih yang disebutkan. namun jangan kebanyakan. :)

      Delete
  13. selamat siang dok.

    saya ada pelihara BO.
    nah semalam Barn Owl saya mendadak kalau bernafas seperti orang lagi kena asma, bernafasnya berbunyi, trus detak jantungnya cepat. kemudian fasesnya berwarna putih dengan bercak hijau. tapi badannya terlihat sehat, masih bisa terbang dan berdiri tegak. kira2 itu kenapa ya dok? penanganannya gimana ya?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dilihat dari ciri yang mas ceritakan, suspect tetelo. namun bisa saja saya salah. akan lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat agar benar2 jelas apa penyakitnya sebelum benar2 parah... soalnya kalau sudah parah, saya takut tidak tertolong..

      Delete
  14. Dok apa benar katanya jika saat handle bop yg terkena tetelo, katanya g boleh menghandle bop baru sampai berbulan bulan?
    Jika benar sampai berapa bulan agar virus tersebut menghilang?
    Dan apa ada cara lain untuk menghilangkan virus tersebut dilingkungan tersebut

    Tetelo itu terjadi kepada semua unggas kan dok?
    Berarti misalkan anak ayam yg kecil yg diperjual belikan jika yg 1 terkena tetelo semua akan terkena tetelo donk kepada semua ayam yang dijual belikan? jika ayam yg terkena tetelo dimakan oleh bop apakah ada kemungkinan terserang tetelo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. saya coba jawab. :)
      hal tersebut tidak benar. yang benar adalah: jika bop kita sebelumnya mati karena tetelo, maka seluruh peralatan si bop tersebut harus dicuci sampai bersih dan kemudian dijemur. ruangan tempat memeliharanya juga sebaiknya dipel dan dibersihkan. buka semua ventilasi dan jendela agar sirkulasi udara baik. setelah 3 minggu, baru bisa pelihara bop jenis lain... :)

      kalau kita memberikan unggas yang suspect tetelo sebagai makanan burung hantu atau BOP, ada 2 kemungkinan: jika si bop atau burung hantu sudah divaksin tetelo, mungkin akan lebih tahan (tidak kena tetelo). kalau belum divaksin, ada kemungkinan bop atau burung hantu tersebut kena tetelo, namun sangat kecil kemungkinannya karena tetelo menyebar lebih dari kontak udara (nafas) dan air liur....

      gampangnya sih, begitu dapet bop dewasa, langsung di vaksin nsd aja mas.. :)

      Delete
  15. saat adopsi partner baru langsung vaksin nsd ya,
    umur brancher ga masalah ya dok untuk divaksin nsd?

    biaya vaksin nsd kisaran brapa dok?

    kmrin coba check up dan check feses di dokter hewan jakarta deket rumah mahal sekali, sampe 160rb -_- padahal harga partner si kestrel aja cuman 400rb beh parah banget sih mahalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya, kalau masih brancher sebaiknya jangan dikasih vaksin dulu. nanti aja. sementara ini jaga kebersihan kandang aja dulu. namun mas bisa telepon ke dokter hewan terdekat saja agar lebih jelas. nomor telepon drh bisa mas search di blog ini.. biaya vaksin nsd biasanya murah.

      cek feses untuk burung hantu dan bop sudah saya tulis artikelnya di blog ini.... :)

      Delete
  16. Permisi dok.saya selama ini menempatkan celepuk di kamar saya.dan meletakkan perchnya tepat di samping ranjang.apakah itu aman dok?saya baca di google ada penyakit burung bernama psittacosis yang bisa menular ke manusia.apakah kemungkinan saya akan tertular ya dok?soalnya akhir2 ini saya suka batuk2 dan panas dalam.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama kita menjaga kebersihan kamar dan si burung hantu, kayaknya aman2 aja.
      kalau mas emang lagi sakit, sebaiknya pindahkan dulu owlnya ke tempat lain. soalnya saya takutnya nanti malah penyakit mas malah kena si owl...

      soal psittacosis, iya memang ada penyakit itu. gejalanya pada manusia salahsatunya pusing, demam, kadang disertai batuk. namun saya tidak tahu apakah mas kena psittacosis atau tidak karena perlu pemeriksaan dokter dulu. mas bisa kunjungi dokter terdekat untuk ini...

      Delete
  17. Dok, ini saya punya celepuk. Barusan aja tiba - tiba lemes kayak ga punya tenaga gitu. Padahal tadi pagi masih sehat dok, responnya joss, masih terbang sana - sini. Itu termasuk tetelo ga dok? Untuk fesesnya kurang tau saya, tapi tadi kalau saya rasa baunya itu lebih menyengat. Terima kasih dok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya. mungkin aja suspect tetelo, atau bisa juga infeksi bakteri.
      selama ini makannya bagus? yakin gak pernah kasih makan kotor atau kasih makan jangkrik yang udah mati??

      saran saya sih bawa aja ke dokter hewan terdekat, mas...

      Delete
  18. Doc, saya seharian sakit demam disertai batuk n pilek & barengan jg si burhan celepuk jg menunjukkan tanda2 tidak sehat. Seharian dia g mau makan, g bs berdiri (g punya kesimbangan), cengkraman masih kuat, mata sedikit sayu, dan kepala kadang menengadah ke atas trs tp kadang jg muter2 g jelas. Sore nya setelah saya dikasih tau sama ayah tentang kondisi celepuk (saya tidak satu rumah dengan celepuk, jd celepuk seharian dirawat ayah). Sorenya saya browsing trs si celepuk saya kasih obat super N,, dan saya paksa kasih jangkrik yg saya potong kecil2 biar nelannya mudah + saya dorong pakek minum (seharian dirawat ayah cm dikasih minum dan madu tanpa makan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habis saya kasih obat super N dan makan + minum secara paksa, si celepuk mulai punya tenaga, mata jadi g trll sayu, respon pupil mata stabil membesar dan mengecil, tapi badan masih lemas banget, dia ingin berdiri tp g punya keseimbangan jadinya kelimpungan jatuh2 trs jdnya saya taruh di dalam kardus. Apakah itu gejala tetelo? Bs sembuh gak klo diobati dengan obat super N? Baik kah klo saya paksa makan + minum??

      Delete
    2. ada kemungkinan memang kena tetelo. tapi bisa juga kena penyakit lain, dan bisa juga tertular penyakit dari mas. mending bawa ke dokter hewan agar jelas. sekarang gimana keadaannya? maaf baru saya balas, saya habis perjalanan dinas ke luar kota.... :)

      Delete
  19. selamat siang Dr Fira, saya ingin bertanya beberapa hal tentang burung hantu saya, cecep namanya (jenis celepuk) sudah beberapa kali terkena penyakit tetelo, berkali-kali juga saya obati sendiri dengan ilmu kira-kira saya karena kebetulan saya mahasiswa peternakan yang memfokuskan di bidang nutrisi dan kesehatan unggas.pertanyaan saya adalah :

    1. Bagaimana sih menghilangkan kumatnya penyakit ini? karena sudah 3 kali si cecep kena tetelo dan alhamdulillah selalu sembuh dengan cara penyembuhan kira-kira dari saya hahaha.

    2. berdasarkan gejalanya, tetelo pertama cepat sekali, malam masih saya kasih makan sehat, besok pagi langsung miring muter kepalanya dengan feses hijau. sakit yang kedua cukup cepat namun memakan waktu sehari, tidak seperti sakit yang pertama dan yang ketiga lebih lama lagi, namun tidak parah dalam terpelintirnya leher dan fesesnya. Apakah virus si cecep termasuk kategori tetelo yang ganas? karena sudah 3 kali kena.

    3. saya minta sarannya dok, mengenai penanggulanganya karena penanggulangan saya cuma: kasih makan tiap 2-4 jam, saya masukkan ke kamar biar hangat, saya kandangkan atau karantina biar gak banyak gerak atau polah, saya kasih vitamin jenis vitachick karena vitahawk mahal hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. saya coba jawab.
      1. tetelo bisa mas sembuhkan dengan cara divaksin.
      2. kayaknya masih bisa disembuhkan alias tetelo ringan. kalo tetelo ganas biasanya si unggas langsung 'wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh', mas, hihihi. langsung mati. meski demikian, sayangnya saya tidak bisa melihat langsung owlnya. jadi saya tidak bisa menyimpulkan. :)
      3. mas gak jemur dia? jemur minimal seminggu sekali. cukup 5 - 10 menit aja. maaf, cecep umur berapa ya mas? yang penting jaga daya tahan tubuhnya. makanan harus bersih dan teratur. karena daya tahan tubuh adalah hal utama dalam melawan tetelo.

      sekian dulu. kalau ada yang ditanyakan, bisa ke saya lagi...

      Delete
    2. terimakasih dok atas jawabannya, jadi walau udah kena tetelo masih boleh divaksin ya dok? oiya saya kurang tahu umur pastinya cecep, cuma saya pelihara dia sejak bulu kapas mulai tanggal 11 maret 2015 atau sudah 5 bulan saya pelihara, saya ajak luar kota tiap bulan, dan alhamdulillah si cecep makan selalu nafsu makan, bahkan sekarang udah bisa jttf 5m hahaha.

      tapi bagi saya skill mah nanti, yang penting kesehatan si cecep :D
      (saya gak tau cara upload foto si cecep disini dok, hehehe)

      Delete
    3. akan lebih baik jika mas konsultasi dulu ke dokter hewan. setau saya sih boleh divaksin meski sudah kena. CMIIW. :)
      untuk mengetahui umurnya, mas bisa cek artikel istilah dalam memelihara burung hantu... :)

      Delete
  20. Dok
    celepuk saya sorenya sehat makan lahab bisa dilatih latih malamnya juga sehat terbang sana sini fesesnya juga normal tapi koq pas pulang sekolah lemes(tpi bisa berdiri)fesesnya putih cair ,gak mau makan,kepalanya geleng geleng ,masih bisa nangkring, matanya kayak blurblur gitu
    Apakah itu tetelo? Kalo bukan obatnya apa ya dok?
    Terima kasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep kasih makan sambil terus diobservasi. mas bisa kasih bayi tikus juga, terutama yang berukuran kecil agar dia lebih nafsu makan....

      kasih saya kabar ya mas... :)

      Delete
  21. Dok, saya beberapa hari yang lalu menerima burung hantu yang mengalami patah kaki. burungnya tidak mau makan sama sekali, dan kakinya patah pada sendi yang menghubungkan paha atas dan tubuh. saya ingin membawanya ke dokter hewan. apa dokter tahu biaya operasi kaki burung hantu? jadi apa yang kirakira harus saya lakukan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mending bawa ke dokter hewan aja mas.
      paling juga di-gips ama dokternya. dan dikasih obat penghilang rasa sakit.

      dulu si errol juga pernah ketabrak motor, dan kasusnya sama, akhirnya bisa sembuh kok... :)

      Delete
  22. Assalamualaikum dokter..
    Saya punya BWK masih bruncher masi baru bisa berdiri, nah masalahnya sudah dari 3hari ini nafsu makan berkurang, kaki sebelah kiri kayak lumpuh dan warna kotorannya hijau tua sama ada kapur gt.
    Kira kira BWK saya ini kena tetelo atau pulorum?
    Dan untuk penyembuhannya dikasi obat apa dok?
    Mohon pencerahannya dokter..

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum dokter..
    Saya punya BWK masih bruncher masi baru bisa berdiri, nah masalahnya sudah dari 3hari ini nafsu makan berkurang, kaki sebelah kiri kayak lumpuh dan warna kotorannya hijau tua sama ada kapur gt.
    Kira kira BWK saya ini kena tetelo atau pulorum?
    Dan untuk penyembuhannya dikasi obat apa dok?
    Mohon pencerahannya dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan iya kena tetelo (NSD). soal penyembuhannya mending bawa ke dokter hewan terdekat aja mas...

      Delete
  24. dok bagaimana pendapat dokter tentang Medivac ND La sota 500, apakah efektif untuk mencegah tetelo pada burung hantu? dan apakah orang biasa (selain dokter) bisa menggunakannya dgn baca aturan pakai?
    mohon petunjuknya karena tampakny skrng sudah mendekati musim pancaroba.

    Trimaksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Medivac ND La sota 500 emang bisa mengobati ND. kalau mas mau coba, silakan, namun saya gak jamin berhasil, hehehe. do at your own risk aja ya mas.

      sebaiknya sih ditangani oleh dokter hewan langsung. kalau toh emang mas mau coba sendiri, silakan... :)

      Delete
    2. oh saya kira hanya mencegah sblm kena.
      saya mau aja ke dokter hewan, karena lebih terjamin sih. tp baca-baca dokter hewan ada spesialisasi nya ya dok yg mmg khusus hewan eksotik.
      takut ud ke sana eh ga bisa dokternya.
      di list dokter hewan yg bisa di seach itu ada yang spesialis hewan eksotis dok?

      Delete
    3. biasanya semua hewan bisa handle kok, mas... untuk dokter hewan yang recomend sendiri, gabung aja ke komunitas, biasanya mereka punya dokter rekomendasi... :)

      Delete
  25. Dok mau tanya dong celepuk sy kemarin sy kasih jangkrik,jangkrik nya mengeluarkan cairan orange,paginya sy mau kasih makan tiba2 dia ga mau,sy liat dibawah tangkringan ada jangkrik banyak sy ga tau apa fasesnya jangkrik apa dia muntah,pas sore sy pulang kerja celepuk sy mata kirinya tertutup yg kanan terbuka itu kenapa y dok?

    ReplyDelete
  26. Dok mau tanya dong celepuk sy kemarin sy kasih jangkrik,jangkrik nya mengeluarkan cairan orange,paginya sy mau kasih makan tiba2 dia ga mau,sy liat dibawah tangkringan ada jangkrik banyak sy ga tau apa fasesnya jangkrik apa dia muntah,pas sore sy pulang kerja celepuk sy mata kirinya tertutup yg kanan terbuka itu kenapa y dok?

    ReplyDelete
  27. Assalaimualaikum bu Dokter..saya baru di kasih celepuk oleh teman beberapa hari ini...dan saya baru perhatikan di lingkar mata celepuk saya (Bubu) ada bintitan bulat2 seputaran mata...itu penyakit mata atau apa ya Dok...mohon pencerahanya..terima kasih Bu Dokter.

    ReplyDelete
  28. Assalaimualaikum bu Dokter..saya baru di kasih celepuk oleh teman beberapa hari ini...dan saya baru perhatikan di lingkar mata celepuk saya (Bubu) ada bintitan bulat2 seputaran mata...itu penyakit mata atau apa ya Dok...mohon pencerahanya..terima kasih Bu Dokter.

    ReplyDelete
  29. Asalammualaikum bu Dokter..saya baru di kasih celepuk oleh teman beberapa hari ini...dan saya baru perhatikan di lingkar mata celepuk saya (Bubu) ada bintitan bulat2 seputaran mata...itu penyakit mata atau apa ya Dok...mohon pencerahanya..terima kasih Bu Dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia gak sering menggaruk2 daerah itu, gak apa2. masih wajar. kalau dia sering menggaruk2, kemungkinan kutu.

      umur celepuknya berapa mas? coba minimal seminggu sekali dijemur dibawah sinar matahari pagi sebelum jam 9 pagi selama 10 menit... :)

      Delete
  30. siang dok glowy ko tiba2 sore kmrn kaki kanannya cengkram trs lemes gitu dok trs paginya sy liat dia muntah pelet gede2 ada 2 buletan sy ksh mkn dia daging sapi terus selama ini.. jd dr kmrn sore sampai skrg dia blm mau makan kalo minum dia msh bs minum sendiri.. harus sy ksh apa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. gimana fesesnya mas?

      kalau emang urgent, saya pikir langsung ke drh aja. lagi musim pancaroba juga sekarang. selama ini glowy ditaruh di luar ya mas??

      saya tunggu kabarnya./

      Delete
  31. Dokter saya punya tytoalba usia 7 bulan, kemarin fesesnya berwarna putih semua,apa itu tanda stres karena kemarin diajak foto banyak keluarga, untuk mencegak Tetelo apa ada obat khusus untuk memandikan burhan, atau sabun khusus.. pakai detol boleh tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      dan artikel cara memandikan burung hantu.

      kabari saya ya mas.. :)

      Delete
  32. Dokter burhan saya usia 7 bulan, fesenya tiap hari berubah".. kadang coklat bercampur putih, tapi hari ini hijau bercampur putih.. saya takut terkenan tetelo.. tapi burhan fisiknya sehat dan lincah tidak ada tanda" lemas dan tidak ada nafas ngos"san.. saya khawatir dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. bercampur gak? maksudnya, dari 3 elemen feses itu, warnanya bercampur atau terpisah? kalau bercampur, mending bawa ke vet terdekat. kalau masih terpisah dan warna hitam/coklatnya masih dominan, saya kira masih sehat...

      hati2 karena banyak owl sakit di musim pancaroba ini

      Delete
  33. Dok saya punya celepuk,, dia lesu mulu,nafsu makan berkurang,waktu saya kasih dia gk mau,terus dia sukanya merem,, dan mencret dok.. gimana cara menanganinya dok.. kasihan dok,gk tega ngeliat nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar sakit.
      cuaca emang gak bagus buat owl, mas. saya tebak, celepuk mas ditaro di luar ya? bener?

      sayangnya mas gak menjelaskan lebih lanjut mengenai fesesnya. saran saya, bawa aja ke dokter hewan, mas...

      Delete
    2. Iya dok saya taruh perc nya di luar,, feses nya warna putih sama bening, ..
      Kepalanya suka kurang seimbang,kaya' ke beratan kepala..

      Delete
  34. Dok saya punya celepuk,, dia lesu mulu,nafsu makan berkurang dan hampir enggak makan,, udah saya paksa tapi malah di muntain, si celepuk suka merem mulu,, feses nya kayak mencet gitu dok, warna nya hijau muda sama ada putih nya...
    Gimana dok cara menangani nya dok,,mohon pencerahan nya..
    Kasian dok,gk tega ngeliat dia sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepalanya tengkleng ya mas?
      suspect tetelo kayaknya, mas.
      coba mas baca artikel di atas. dan saran saya, bawa ke dokter hewan aja...

      Delete
    2. Makasih dok. Atas pencerahan nya .
      :)

      Delete
    3. Makasih dok. Atas pencerahan nya .
      :)

      Delete
  35. dok, burung saya bwk usia brancher. Kemarin pagi dia gak mau makan. Sampai sore tetap tdk mau mkn sama sekali dan bahkan tidak bisa berdiri. selama ini makanan dia daging sapi. saya liat kotorannya berwarna hijau. saya cek mata dan mulutnya tidak berair. Apakah dia terserang tetelo dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan iya. kena tetelo. tapi semoga aja nggak. kan saya nggak bisa lihat bwknya.

      mending segera bawa ke dokter hewan terdekat, mas... :)

      Delete
    2. sudah saya bawa ke dokter, kata beliau itu bukan tetelo atau virus lain. kemungkinan kakinya kesakitan atau keseleo. trus kemarin disuntuk obat anti radang utk kakinya. Tapi sampai sekarang msh belum bisa berdiri dan sama sekali tidak mau makan. Suaranya juga udah pelan bgt kaya lemes gitu. Apakah itu akibat efek samping dari obat anti radang? gimana caranya utk menumbuhkan nafsu makannya lagi?

      Delete
    3. dicek gak kakinya ama dokternya? diperiksa?
      hmm, mungkin dokternya punya pendapat sendiri.

      coba aja kasih bayi tikus, mas. taruh aja deket kakinya. biasanya dia mau makan. :)

      Delete
  36. dicek dok, kata beliau ada semacam trauma pada kakinya. kedua paha bagian dalam terlihat agak membiru. tp tidak bengkak. kondisi kakinya sekarang: semua jari kaki dalam posisi mengatup. dia berdiri dgn cara bertumpu pada siku kaki. sore ini udah mulai mau makan meskipun porsinya sedikit dan potongan dagingnya harus kecil sekali. dia biasa mencabik daging dgn cara menjepitnya dgn kuku jari kaki, tp dgn kondisi skrg ini saya ragu utk memberi bayi tikus putih, karena takut dia gak kuat menjepitnya. Ada saran utk makanan jenis lain dok? lalu sebaiknya perawatan seperti apa yg harus saya lakukan utk kakinya berdasarkan analisis dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, gitu.
      kalau emang analisis dari dokternya kayak gitu, ikutin aja saran dari dokternya. dikasih obat gak sama dokternya? kalau dikasih, kasih aja dlu...

      kasih aja bayi tikus putih berukuran kecil. saya kira bagus kalau dikasih bayi tikus putih, karena kalsiumnya tinggi... :)

      Delete
    2. setelah beberapa hari saya rawat sendiri (soalnya dokter hewan di sini agak susah utk ditemui), akhirnya ketahuan kalo yang sakit adalah kakinya. Paha bagian dalam dan luar kaki kirinya memar berwarna kebiruan. Saya cek tidak ada tulang yg patah ato sendi yg lepas. Trus saya olesi salep nyeri otot di sekitaran kakinya yg memar itu dan burung tidak saya taruh di tenggeran. Kaki yg kanan udah normal dan nafsu makannya juga sudah mulai membaik. Tinggal kaki kirinya aja yg msh belum bisa digerakkan dgn normal. Apakah tindakan saya udah benar dok? Mohon sarannya dok...

      Delete
    3. kalau udah benar atau belum, secara prinsip sudah benar. namun saya tidak jamin sembuh. berdoa saja agar burung hantunya bisa kembali normal.

      saya salut sama mas yang mau repot merawat sendiri owlnya. saran saya, kasih asupan kalsium dari bayi tikus berukuran kecil sebagai makanannya... :)

      Delete
  37. Sudah saya coba kasih bayi tikus (bukan tikus putih) yg dilukai, tp sepertinya dia kesulitan utk memakannya soalnya kakinya blm bisa utk menjepit tikusnya. Cuma dicabik-cabik trus dilempar, dikejar lagi trus dicabik-cabik dan dilempar lg. Begitu seterusnya. Gak dimakan tikusnya. kalo saya kasih daging sapi sih tetep lahap makannya. Kakinya kirinya yg memar perlu diperban gak dok? soalnya meskipun msh pincang, aktivitas dia msh aja tinggi. suka lompat kesana kemari. Oiya, hari sabtu-minggu bsk saya mau ke jakarta, kalo boleh tau dokter buka praktek dimana? Mau minta tolong bantu nge-cek kondisi kaki bwk saya kalo masih belum sembuh juga pincangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya di bogor, mas. tapi suka berkeliling indonesia karena tugas. sekarang aja di riau. masnya dimana??

      gak usah diperban, coba pakein minyak urut aja. atau minyak kayu putih. :)

      sekarang gimana keadaannya? bagus kalau dia masih aktif... :)

      Delete
  38. hari ini kondisinya kaki yg kiri msh gak bisa digerakkan sama sekali. Tp nafsu makannya luar biasa. Aktivitasnya juga msh tinggi. sering lompat kesana kemari dan teriak-teriak. Sebaiknya bagaimana ya dok? kok sepertinya kakinya gak kunjung sembuh. Dan kayanya udah mulai mau mabung. Ada beberapa bulu tipis yg mulai tumbuh di permukaan kulitnya. Bulu yg lama juga ada beberapa yg rontok. Saya tinggal di cilegon. Hari sabtu-minggu besok rencananya saya mau ke cikarang, ke tempat kakak. Nah, klinik dokter fira yg di bogor itu di sebelah mana? Siapa tau saya bisa mampir. Ato dokter punya rekomendasi/referensi dokter hewan di cikarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerah cikarang saya kurang tau. saya juga masih tugas di luar kota sampe minggu depan, mas. saya gak buka klinik.

      mending mas gabung ke grup BOP kota mas, tanya biasa bawa bop mereka kemana kalau sakit.

      kalau emang cuma masalah persendian, saya tebak dia akan sembuh dengan sendirinya. gak tau juga, itu tebakan kasar saya aja. yg penting, jaga agar dia tetep terjaga daya tahan tubuhnya... bagusnya lagi, mas bawa ke dokter hewan...

      kasih saya kabar terus ya mas...

      Delete
  39. dok saya punya oriental bay usia sekitar 3 atau 4 bulan, namanya azel. sudah 4 hari ini azel terlihat lemas dok, sayapnya turun dan matanya sering tertutup. sebelum kejadian ini azel sangat sering bersuara bahkan disiang hari. namun selama 4 hari ini sudah jarang terdengar bahkan dimalam hari dok. untuk makanan saya selalu berikan leher ayam yang kulit, lemak, dan uratnya sudah dibuang terlebih dahulu. dan seminggu sekali azel saya berikan tikus putih. nafsu makan azel sama sekali tidak berkurang dan fesesnya juga normal(sesuai yang saya baca diartikel dokter sebelumnya). dan hari ini saya bawa ke dokter hewan, kemudian diberikan suntikan penguat otot. untuk sekarang ini azel masih terlihat lemas dan murung saja. kira-kira apa yang terjadi dengan azel ya dok? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata dokternya apa? dokternya liat feses azel gak mas?
      kalau memang fesesnya gak berubah, kemungkinan karena stress. tebakan saya sih karena kedinginan or something.

      analisa lain (yang saya sendiri agak kurang yakin, hehehe), bisa jadi dia kena bahan kimia dari makanannya. atau makanannya kurang terjaga. saya kurang yakin karena fesesnya (menurut keterangan dri mas) gak berubah...

      kalau hanya diberi injeksi penguat otot, hmm, mungkin dokternya punya pendapat sendiri. dikasih obat gak ama dokternya?

      kalau boleh, coba foto fesesnya. ganti foto profil mas dengan gambar fesesnya... :)

      Delete
    2. terima kasih banyak dok sudah merespon pertanyaan saya. azel sudah meninggal kemarin malam :(
      kalo boleh saya cerita sedikit kronologi kejadiannya kemarin seperti ini dok. saya bawa azel ke dokter hewan dalam keadaan yg saya katakan sebelumnya, tetapi walau dalam keadaan seperti itu azel masih bisa diajak bermain. azel masih mencengkram dengan kuat dan juga masih mampu terbang seperti biasa, bahkan saat saya bawa kedokter hewan azel masih bisa diajak bermain dan bahkan foto bareng dokter dan perawat2 yg ada dipraktik dokter hewan tersebut (kata mereka azel lucu banget :'( jinak lagi). tapi, setelah pulang dari membawa azel berobat, jarak 4-5 jam azel sudah tidak bisa berdiri lagi bahkan yang biasanya azel memuntahkan pelet maka semut langsung ngerubungin peletnya dan azel pun terbang ketempat hinggapnya. pas sewaktu saya mau bersihin peletnya yang terjadi malah azel yang dikerubungin semut karena azel sudah lumpuh dan tidak mampu terbang ketempat bertenggernya. melihat itu saya langsung bawa azel kembali kepraktik tadi. dan dokter yg berjaga disitu bilang azel sudah tidak bisa ditolong lagi (dokter yg menangani azel beda dengan sebelumnya sewaktu saya pertama bawa azel) saya bilang kedokternya saya bayar berapapun dokter minta obat yang paling mahal saya beli biar azel biar sembuh dan dokter disitu cuma bisa memberikan vitamin b komplex (kalau saya tidak salah). karena saya masih tidak yakin saya bawa azel kedokter lain, dokter yg ini juga bilang kalau azel sudah tidak bisa ditolong lagi. namun yang membuat saya sempat berharap, dokter ini masih mau merawat azel dengan mengatakan saya usahakan sebisa mungkin dirawat disini, saya hanya bisa memebrikan terapi bukan obat karena burung adalah hewan yang sangat rentan. tetapi apa daya dok allah berkata lain. sekitar jam 7 malam saya dikabarin kalau azel sudah meninggal.

      Delete
  40. dokternya ngga bilang apa2 soal penyakitnya azel. dia malah lebih terpesona sama kelucuannya azel. yang bilang kedokter disitu kalo azel stress itu juga saya dok. saya sependapat sama analisanya dokter fira. terakhir kali saya kasih azel makan potongan kecil dari ayam yg masih dingin baru keluar dari freezer. tapi itu cuma potongan kecil dok dan itu ngga sengaja. belum lagi sudah seminggu belakangan ini kota medan terus dilanda hujan :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut sedih dengan kejadian ini. saya juga dulu punya celepuk bgitu mas, tapi masih bisa tertolong... kalau emang karena makanan dingin, iya bisa jadi azel bisa sakit kayak gitu. owl emang rentan banget ama pencernaannya, jadi sebaiknya nanti kalau pelihara lagi, kejadian ini jadiin pelajaran....

      yang sabar ya mas. sekali lagi, jadiin kejadian ini sebagai pelajaran biar nantinya gak keulang lagi...

      semangat terus..

      Delete
  41. dok,sya punya bo sudah ada 3minggu minggu sebelumny dia lincah dan saya mau dekatin juga dia biasanya gerak kanan kiri kanan kiri cuman sekarang saya deketin dia diem aja seakan lagi duduk dan mata nya sayu (melek sedikit} setiap saya usap juga dia makin lama merem + sekarang juga kotorannya tidak terlalu banyak+jarang trbang terbangan,apakah itu normal atau sakit tetelo atau yg lain..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar memang sakit.
      dan penyakit apa yang diderita burung hantu bisa diliat dari fesesnya.
      mending mas baca dlu artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. :)

      Delete
  42. saya juga pernah pas saya kasih daging sapi mentah tanpa darah,dia diam 1hari penuh (24jam) dan dia juga ga ngeluarin plet tapi kaya daging busuk gitu,dan tanpa saya kasih makan sampe 29jam baru dia mau makan tapi sekarang makannya sih udh normal,itu tetelo atau keracunan ya dok semenjak itu bo saya jadi seperti apa yg saya bilang di atas {komen sebelumnya}

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuncinya ada di fesesnya. cek warna dan elemen fesesnya.
      kalau burung hantu sehat, elemen fesesnya terdiri dari 3 elemen: bening air, putih susu, dan kehitaman atau kehijauan... :)

      Delete
    2. kalo fesesnya si putih sama coklat/hitam(sering) kadang ijo(tidak sering),dan kadang juga seperti coklat full tidak merah terang dok,kalau untuk warna beningnya si saya kurang lihat soalnya dia jarang ke perch yg saya buat,jadi saya taruh di bawah pakai kayu dan triplek

      Delete
    3. masalah di sistem pencernannya.
      kayaknya sih infeksi bakteri karena makanan or something.

      udah coba kasih bayi tikus yang masih merah? coba aja. sekalian nambah nafsun makannya dan membersihkan sistem pencernannya...

      opsi lain: bawa ke dokter hewna

      Delete
  43. maaf baru coment lagi,blom coba di kasih bayi tikus merah sih cuman anak ayam aja,sekarang sih udh sehat dok cuman ya itu masih sering fesesnya coklat aja tapi udh mendikit,lebih sering 3elemen bening putih dan coklat panjang sedikit,loncat" atau terbang sono sini sih mau,cuman sekarang deketin lubang angin terus takut kabur,apa dia masih belum percaya ya sama saya,tapi JTTF si mau walau lama,apakah itu normal dok..?? kalau di fof si mau langsung nyambar doc

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan udah ada 3 elemen di fesesnya dengan warna kehitaman atau kecoklatan, itu udah termasuk sehat...

      mending tutup aja lubang anginnya, mas.

      latih terus, ada kok artikelnya cara melatih BOP. dan coba sering2 diajak ngobrol.ngaruh juga untuk mendekatkan master dengan partner... :)

      Delete
  44. Mau tanya dok, tetelo itu penyakit virus bisa menyerang kapan saja atau ada penyebab lainnya? Burung hantu saya tiba tiba jatuh dari tangkringan, terus saya naikin lagi jatuh lagi akhirnya saya taruh bawah biar gak jatuh.. pas saya tinggal ambil makan, saya liat lafi burung hantunya lemas tak mau berdiri,nafas megap megap, tapi saya belum bisa menyimpulkan itu tetelo karna dia belum buang air jado saya tidak tau tainya warna hijau atau tidak.. Nah menurut dokter burung hantu saya itu kenapa ? Bisa normal lagi semula atau tidak ? Dan cara menanganinya selain di bawa ke dokter hewan gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti halnya 'penyakit' yang disebabkan oleh virus lain, 'penyakit' yang disebabkan oleh virus baru akan menimbulkan efek kalau daya tahan tubuh inangnya lemah. contoh, misalnya mas flu nih. tapi mas jaga daya tahan tubuh: mas istirahat cukup, makan makanan bergizi, minum madu, sehingga daya tahan tubuh mas bagus, nah meskipun mas flu, pasti kerasanya kayak gak pilek. seger aja. karena apa? si virus flu gak bisa menyerang daya tahan tubuh mas yang kuat. jadi gak ngefek. beda lagi kalau masnya lagi flu, terus diputusin juga sama pacar sampe mas ngedown. mas jadi diem murung di kamar sambil dengerin lagu galau, gak makan, gak mandi, dll, akhirnya flu tadi malah 2x lebih parah karena daya tahan tubuh masnya lemah... :)

      so, pendapat saya, jaga betul2 pola makan si burung, kasih multivitamin. dll. kalau soal penanganannya, coba aja kasih super-n. beli di toko makanan burung. saya gak jamin bisa sembuh ya, tapi coba aja....

      dan lagi. mas taro owlnya di luar rumah? udara lagi gak bagus, jadi sebaiknya pindahkan ke dalam ruangan. jangan sampe owlnya kedinginan... :)

      Delete
  45. dok, saya punya BO masih agak bayi, dia kemarinan fesesnya warna cokelat kemerahan nanti putih lagi, besoknya cokelat kemerahan nanti putih lagi sampai tadi pagi si kevin muntah banyak banget terus fesesnya warna putih kekuningan, lalu kakinya kaya patah. gabisa jalan alias lemes banget kaya ga ada semangat hidup. dia mau berdiri tapi gabisa.

    terus apa boleh pelihara burung ini sedangkan di rumah ada yang hamil dok?
    apa bulu kapasnya kevin berbahaya untuk kehamilan?
    terimakasih,

    ReplyDelete
  46. Halo dok,

    Saya mau nanya, pico (celepuk) saya skrg ini hilang keseimbangan, kalo ditaruh didus dia ga bisa berdiri, trs ky ngliat keatas terus. Ini udh hr ketiga dia ky gini. Tp kalo untuk makan, dia masih mau, kalo dikshjangkrik pas jatahnya makan, ttp mau lahap ky biasanya. Feces jg ttp msh bagus, walopun kdg fecesnya warna coklat gt. Tp abis coklat agak cair gt ntar balik ke feces normal lagi. Cm emg 3 hr yg lalu itu oico sempet nabrak almari kaca, setelah itu sy masukin dus, mksdny biar istirahat. Nah pas dikeluarin lagi, dia tiba2 terbang dan nabrak tembok lagi, nah setelah itu samoe akrg dia semooyongan nggak jelas. Seperti yg sy ceritain diatas tdi dok. Biar dia bisa tidut, ini sy gendong sy taruh di dada. Aoalnya kalo di taruh di kardus dia sempoyongan ga bs berdiri, sy kasian jd aaya gendong. Ini oixo knp ya dok? Makasih sebelumnya jawabannya ya dok...

    ReplyDelete
  47. Halo dok,

    Saya mau nanya, pico (celepuk) saya skrg ini hilang keseimbangan, kalo ditaruh didus dia ga bisa berdiri, trs ky ngliat keatas terus. Ini udh hr ketiga dia ky gini. Tp kalo untuk makan, dia masih mau, kalo dikshjangkrik pas jatahnya makan, ttp mau lahap ky biasanya. Feces jg ttp msh bagus, walopun kdg fecesnya warna coklat gt. Tp abis coklat agak cair gt ntar balik ke feces normal lagi. Cm emg 3 hr yg lalu itu oico sempet nabrak almari kaca, setelah itu sy masukin dus, mksdny biar istirahat. Nah pas dikeluarin lagi, dia tiba2 terbang dan nabrak tembok lagi, nah setelah itu samoe akrg dia semooyongan nggak jelas. Seperti yg sy ceritain diatas tdi dok. Biar dia bisa tidut, ini sy gendong sy taruh di dada. Aoalnya kalo di taruh di kardus dia sempoyongan ga bs berdiri, sy kasian jd aaya gendong. Ini oixo knp ya dok? Makasih sebelumnya jawabannya ya dok...

    ReplyDelete
  48. Selamat malam menjelang sahur dokter, saya punya celepuk baru selesai bulu kapas, tadi sy kasih makan baru tiga ekor jangkrik tiba2 kepalanya nunduk jatuh gitu..nafasnya juga terengah-engah, sudah hampir 2 jam kondisinya tetep seperti kesakitan blm bisa berdiri...menurut sy itu krn tersedak makanannya, tapi yg saya khawatirkan dia terkena virus tetelo ini dok, padahal sebelumnya dia lincah dan sehat, feses normal, dan aktif bersuara.. Mohon pencerahannya dokter. Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan owlnya mas?
      fesesnya gimana?
      mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin.... :(

      Delete
  49. Dok, tadi pagi sekitar jam 08.30 burung hantu saya namanya Pooh lagi bediri disamping bapak saya yang lagi tidur, yang ngelihat kejadian ini mama saya, kan bapak saya tidur, tiba-tiba bapak saya berbalik arah ke arah Pooh, Pooh nya ketimpa, sampai meringik-ringik, terus mama saya bantuin dan dia langsung terbang ketakutan. saya ga tau usia Pooh, saya hari Jumat minggu ini sudah 7 minggu sama dia, dulu pertama saya ketemu dia, bulunya masih gembul dan warnanya keabu-abuan, sekarang bulunya mulai cokelat dan udah terlihat motif sayap dan bulu badannya. setelah kejadian ketimpa tadi pagi beberapa menit kemudian dia jadi sering pup, tapi pupnya masih normal putih ada hitamnya (mungkin hitam dari jangkrik) biasa begitu dia kalo pup. tapi mata dia yang sebelah kanan suka disipitin kadang kebuka sebentar kadang sipit sampaj ketutup, sebelum kejadian tadi pagi beberapa hari ini dia juga suka begitu, gatau itu karena dia suka garuk daerah kepala atasnya atau ada kutu atau debu kena mata. yang saya sangat takuti karena kejadian tadi pagi, takutnya perut dia bonyok atau semacam pecah dan takut dia patah tulang, soalnya mama saya lihat ketimpanya sampai dia penyet banget. saya khawatir banget sampai sekarang, berat bapak saya 85kg sedangkan Pooh hanya beberapa gram, Pooh sekarang lagi tidur dipundak saya, udah sekitar 2 jam. saya pengen bawa ke dokter hewan tapi ga tau dokter hewan yang asli tanpa ilegal dimana, saya tinggal di daerah Ciomas, Bogor. Tolong carikan dan beritahu alamat dokter hewan yang didaerah saya dong Dok. tapi mama saya takut kalo biayanya mahal, apalagi ronsen apa dia patah tulang atau apa... Tolong dibantu ya Dok, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah kejadian ketimpa badan itu, dia masih mau makan? masih aktif?

      salahsatu ciri burung kesakitan adalah dia gak mau makan dan murung (malas bergerak, kadang matanya merem)... saya kira kalau pooh nggak kedua-duanya, dia masih sehat. mungkin agak stress aja sebentar (terlihat dari fesesnya), jadi saya sarankan mending karantina aja dlu... :)

      Delete
  50. dok barn owl saya kemaren fesesnya berwarna hijau. tapi sampai sekarang nafsu makan masih bagus dan masih aktif pula.
    apa kira2 dia terkena tetelo ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas nanya saya, saya tebak sih ada something wrong. dan saya senang mas aware denga fesesnya.

      gini aja, mas ke toko makanan burung, beli super-n. biar daya tahan owlnya bagus. jaga pola makan. dan jangan kedinginan...

      kabari terus...

      Delete
  51. Dok, bwk saya usia 4 bulanan beberapa hari kebelakang tiba2 lesu tdk ada gairah,mata sering merem terus, nafsu makan berkurang. Dan yg paling parah mulai kemarin kakinya tiba2 jd lumpuh dok ga bisa berdiri sama sekali. Feses masih putih agak encer, mulut dalam agak kehitam hitaman Kira-kira terkena penyakit apa ya dok? Oh ya sebelumnya ada luka disayapnya, tp sudah saya kasih betadine. Apa mungkin akibat infeksi dari lukanya? Ataukah terkena virus? Jaga2 saya kasih amoxilin yg sudah dipotong 6 bagian kemarin takutnya ada bakteri. Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tebakan saya sih kena tetelo atau penyakit karena virus, jadi lebih baik mas bawa ke drh hewan aja, mas. pernah lupa kasih makan? mending stop amoxicillinnya...

      kalau toh misalnya mau kasih suplemen, mas bisa kasih super-n. beli aja di toko makanan burung. bagusnya mas bawa ke drh biar sekalian dicek...

      kabari saya terus..

      Delete
    2. Yang saya takutkan kena tetelo dok, lupa ngasih makan sih belum pernah dok. Saya suka kasih makan ampela ayam dan burung emprit hidup. Apakah tifak masalah dikasih ampela ayam? Oh ya dok sebenernya kalau misalnya terjangkit tetelo apakah masih bisa disembuhkan? Terus fungsi super n itu apakah hanua sebagai suplemen atau untuk mengobati dok?. Oh ya kondisi si marcos bwk saya tdk ada nafsu makan sama sekali makanya saya suapin yg penting masuk makanan dan juga sekarang duduk seperti yg mengerami gitu gak bisa bergerak paling kepala dan sayapnya saja makanya saya simpan di kardus biar hangat, apa tidak apa2? Trims sebelumnya dok

      Delete
    3. nah. itu. ampela ayamnya mas rebus dulu atau kasin mentah? jujur aja, ampela ayam agak kurang bagus buat owl karena banyak bakteri dan kuman di dalamnya. teksturnya juga agak susah buat dicerna, karena alot...

      super n cuma suplemen buat menambah daya tahan tubuh burungnya. dan sambil mas cari2 info mengenai dokter hewan, mas bisa kasih super n. iya, bagus mas bisa terus kasih makan. kalau bisa kasih daging cincang halus aja, agar dia mudah cernanya...

      Delete
  52. Dok, bwk saya usia 4 bulanan beberapa hari kebelakang tiba2 lesu tdk ada gairah,mata sering merem terus, nafsu makan berkurang. Dan yg paling parah mulai kemarin kakinya tiba2 jd lumpuh dok ga bisa berdiri sama sekali. Feses masih putih agak encer, mulut dalam agak kehitam hitaman Kira-kira terkena penyakit apa ya dok? Oh ya sebelumnya ada luka disayapnya, tp sudah saya kasih betadine. Apa mungkin akibat infeksi dari lukanya? Ataukah terkena virus? Jaga2 saya kasih amoxilin yg sudah dipotong 6 bagian kemarin takutnya ada bakteri. Terimakasih dok

    ReplyDelete
  53. Dok, bwk saya usia 4 bulanan beberapa hari kebelakang tiba2 lesu tdk ada gairah,mata sering merem terus, nafsu makan berkurang. Dan yg paling parah mulai kemarin kakinya tiba2 jd lumpuh dok ga bisa berdiri sama sekali. Feses masih putih agak encer, mulut dalam agak kehitam hitaman Kira-kira terkena penyakit apa ya dok? Oh ya sebelumnya ada luka disayapnya, tp sudah saya kasih betadine. Apa mungkin akibat infeksi dari lukanya? Ataukah terkena virus? Jaga2 saya kasih amoxilin yg sudah dipotong 6 bagian kemarin takutnya ada bakteri. Terimakasih dok

    ReplyDelete
  54. Dok ,Burung hantu saya namanya regan
    Regan akhir akhir ini regan nggak mau makan dok ,sudah saya sodorkan keparuhnya tapi regan nggak mau menyambar ,biasa nya nggak seperti itu
    kepalanya sering menunduk ,yang parahnya lagi mata nya nggak mau kebuka ,dia cuman merem aja ,aku takut regan sakit dok :(
    jadi gimana solusinya dok

    ReplyDelete
  55. dok, celepuk saya si Hani tadi malam berkelakuan agak aneh. tadi pas di tinggal tidur, dia tiba2 jadi banyak terbang gak tenang gitu dok, sempat ngirain dia mungkin lapar, pas tak kasih makan jangkrik, dy cuma ambil 1 ekor, itupun lama baru di tilep sama Hani. Karna kyaknya dy gak lapar, akhirnya tak tinggal tidur lagi. tapi dia malah makin heboh dok, coba terbang ksana kemari tapi sering jatuh karna ke tahan sama ankletnya.
    akhirnya pas saya coba cek, trus tak naikin di perch-nya tiba2 kepalanya bergerak agak tidak normal. kepalanya bergerak keatas serong ke kanan dan berputar, begitu terus dok, bahkan kalo dia muter kepala juga gitu. kalo dari fesesnya sih masih normal dok, mata juga normal, nafas normal....
    itu kira2 si Hani kenapa yah dok? wajar gak sih kepalanya kayak gitu?
    tolong yah dok :'(
    makasih

    ReplyDelete
  56. celepuk saya pernah gitu, bisa sembuh setelah saya suapi minyak ikan sehari 2x pagi sore. caranya, kapsul minyak ikan di gunting sedikit ujungnya dsn suapkan minyaknya setetes demi setetes

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sarannya. mungkin bukan tetelo itu mas, cuma gejala sakit yang mirip tetelo... :)

      Delete
  57. Dok, kalo fesesnya nggak berwarna hijau apa itu juga tetelo?
    Daging apa aja sih yang boleh dikasih ke owl?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciri tetelo yang paling utama sebenernya dari nafas dan nafsu makan. kalau 2 hal itu kejadian, apalagi disertai dengan berubahnya feses, saya khawatir emang bener tetelo....

      daging yang paling bagus buat owl sih sebenernya bayi tikus putih yang masih merah... :)

      Delete
  58. Dok, burung hantu saya kok seperti hilang keseimabangan, kepalanya menunduk terus, tetapi makan tetap lancar dan feses warna dominan putih. Itu kenapa ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya terima kasih sama mas karena menginfokan fesesnya. dari fesesnya, kemungkinan stress, bisa mungkin akibat daya tahan tubuh menurun. kalo tetelo, bisa jadi ini awal2 tetelo....

      jangan ditaro di luar rumah, sementara taro di dalam ruangan aja. dan coba mas kasih super-n setetes tiap hari.

      kabari ya mas...

      Delete
    2. Baik dok, terimakasih atas sarannya. Kalau super-n itu bisa dibeli dimana ya? Saya coba cari di toko burung yg biasa tidak ada

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas...
      coba cari di toko makanan burung yang agak besar, mas. yang lengkap. :)
      biasanya ada kok....

      Delete
    4. Alhamdulillah sekarang burhan saya sudah sehat normal lagi dok, makannya juga lancar. Terimakasih buat sarannya. Untuk super-n nya penggunaannya diteruskan atau cukup ya?

      Delete
    5. lanjutkan aja super-n nya mas... dan maaf karena baru balas....

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  59. Pagi dok, saya mau curhat, si aldo BO saya beberapa hari ini fesesnya warna ijo dok, tapi makan dan prilakunya masih sehat" aja dok, nafas juga oke masih.
    nah tapi setelah saya baca artikel dokter katanya vaksin tetelo pada burung dapat dilakukan setelah umur burhan 10 bulan, jadi ini indikasi tetelo apa engga ya dok? Apa bisa nular ke burung lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke lupa satu lagi, apa bisa sarna berubah karena stress aja ya dok?

      Delete
    2. selain tetelo, warna hijau di feses juga bisa disebabkan oleh bakteri, biasanya karena daya tahan tubuh owlnya menurun karena stress atau sejenisnya. coba kasih super-n aja mas.

      kalau mau aman, iya, vaksin aja... :)

      kabari terus soal aldo

      Delete
  60. Walau umurnya belum sampe 10 bulan gapapa dok?
    Oh iya kok tiap hari dikasih terus buat data tahan dok hehe

    ReplyDelete
  61. Dok saya mau nanya ni, celepuk saya kok agak lemes sekarang ya, matanya lebih sering merem, aku liat fesesnya normal tapi urine nya itu isi warna sedikit kehijauan, apa itu kena tetelo ya dok? Apa cuma sakit demam biasa? Tolong bantuannya dokter :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalo baca dari komentar mas sih, belum tentu tetelo. coba cek cara burungnya bernafas, agak kesulitan nggak?
      dan kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat. kasih setetes tiap hari.

      selebihnya, jaga kebersihan makanan. celepuk mah kasih jangkrik aja, gak usah kasih yang lain... :)

      kabari lagi

      Delete
  62. Bu dok.
    ... Penyebab penyakit tetelo pada owl apa dok .(Owl sudah di vaksin)

    ReplyDelete
    Replies
    1. virus penyebab tetelo udah ada keterangannya di artikel di atas.
      kalau dia udah divaksin tapi tetep kena tetelo, atau mas kira kena tetelo, cek aja dulu. siapa tahu itu bukan tetelo. cuma suspect.
      pernah lupa kasih makan ya? bener? atau mungkin, vaksinnya bukan buat tetelo?

      Delete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. Harga Vaksin tetelo biasanya brp ka? Brp bln sekali? Dan daerah jakarta barat RSH ada dmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalo biayanya, jujur saya kudet, hehehe. setau saya rumah sakit hewan di jakarta ada di deket ragunan aja deh mas. udah ada kok nomor telepon dan alamatnya di artikel ALAMAT RUMAH SAKIT HEWAN JAKARTA... :)

      Delete
  65. dok kenapa ya mata cg saya kok layu sayup" tapi aktifitasnya masi lincah seperti biasa, itu kenapa ya dok? makasih dok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? coba mas cek artikel PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU, terutama bagian fesesnya...

      biasa mas kasih suplemen kesehatan apa?

      coba mas cek artikel saya, CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT. kasih obat yang saya tulis di artikel itu, setetes setiap hari....

      kabari lagi...

      Delete
  66. dok mau tanya , burhan celepuk sya kira" masih 1bln setengah knpa ya tiba" nafsu makannya berkurang drastis dari yang stiap kali makan 10 jangkrik jadi 7 terus 5 smpe skrg cuma 3 bahkan 1 doang mau nya , untuk fesesnya warna nya bru ini sya lihat kuning terang

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT...

      jaga kebersihan makanannya...

      kalau boleh saran, sementara kasih pakan hidup berupa bayi tikus putih yang masih merah aja, yang masih merem. bisa juga kasih daging puyuh. kasih dagingnya aja. cacah2 dulu kecil2 biar gampang makannya...

      langsung lakukan dan kabari terus

      Delete
  67. sebelah mata tertutup dan kepala nunduk

    ReplyDelete
  68. Hi dokter fira, saya juan yang tempo hari meng adopt partner obay itu dok, perkembangannya bagus sekarang dia sudah bisa berdiri dan jalan kesana kemari hehe, tapi satu yang ingin saya tanyakan, dia seperti tidak merespon gerakan tangan saya bila saya lambaikan di depan matanya, tapi kalo saya sentuh paruh atau panggil namanya baru dia merespon, saya baru sadar kalau ternyata dibagian pupil matanya terlihat putih kebiruan dok, apa mungkin yaa shiro mengalami kebutaan? Dan kalau iya apa saja faktor penyebabnya? Apa dari lingkungan, makanan, faktor genetik dsb. Dan satu lagi dok, kalau saya mau periksakan shiro dan vaksin tetelo untuk dia berapa ya biayanya? Saya terlalu sayang sama shiro hihihihi terima kasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kecil kemungkinan.
      kalau malam hari gimana? masih sama? karena kadang burung hantu agak sedikit gak ada respon kalo siang. lebih respon malam hari.

      bagus kalau mas mau vaksin tetelo. biayanya sih biasanya bervariasi, tapi gak lebih dari 200rbu deh... :D

      shiro pinter. latih terus ya mas

      Delete
    2. Ohhgitu dok, pernahsih waktu itu pas malam keadaan gelap, saya sempet masuk keruangannya tibatiba, terus dia kaya kaget sambil defensive gitu, tapi begitu sadar itu saya dia langsung nyaut lagi hehe, saya khawatir ajaa dok soalnyakan ini juga first bop saya, dan sekeluarga juga pada suka sama ini bocah hehe, tapi kadang suka nonton tv bareng sayasih dok si shiro wkwk, iyaaa saya takut ajaa dok, mungkin secepatnya nanti saya bawa ke dokter hewan, kalo di drh biasa yang di petshop bisa tidak yaa? Atau harus ke drh khusus exotic pet dok? Iyaa dok tunggu sampai sepintar kaka errol dan padma yaa 🙏🙏

      Delete
    3. saya yakin shiro bisa kayak errol nanti kalau mas terus latih dia. :D

      hmm, mas tanya aja ke dokter di petshopnya, bisa vaksin tetelo gak? karena kadang ada yang gak nyediakan vaksinnya, mas. mas tinggal di kota mana? di sana gak ada rumah sakit hewan? :)

      salam buat mas sekeluarga dan shiro juga. :)

      Delete
    4. Iyaaa dok semoga nanti sepintar errol hihihi, iyaa dok nanti saya coba tanyakan terlebih dahulu, saya tinggal di tangerang dok, kalau dokter praktek dimana? Sepengetahuan saya sepertinya tidak ada dok, atau dokter punya rekomendasi? Iyaa dokter waalaikum salam

      Delete
    5. di tangerang kan ada puskeswan, mas.
      di jalan tidore atau apa gitu?
      baru dibuka desember kemaren.

      coba aja googling: puskeswan tangerang

      Delete
    6. Baik dok kalau begitu, terima kasih atas informasinya saya akan coba cari tagu dan segera bawa shiro kesana yaa, salam untuk errol dan padma yaa dok semoga sehat selalu dokter sekeluarga juga errol dan padma🙏🙏

      Delete
  69. maaf dok sebelumnya .. saya punya elang dirumah . apakah bisa yah penangananya seperti di atas ?? dan kira2 obat yg paling manjur apa yah dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetelo?
      bisa aja. coba mas kasih super-n aja dulu. beli di toko makanan burung. kalau dalam 3 hari belum sembuh juga, mending segera bawa ke klinik hewan...

      maaf karena saya baru balas, mas... :(

      Delete
  70. Dok tiba tiba dia gak nafsu makan diem aja fasesnya putih susu kenapa yak dok?

    ReplyDelete
  71. Dok tiba tiba dia gak nafsu makan diem aja fasesnya putih susu kenapa yak dok? Jenis barn owl dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar stress, mas.
      coba kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu sehat...

      Delete
  72. Dokkk tolongg dongg burungg sayaaaa tainyaa ijo mudaa terus matanya merem lemess gak mau makann apa ituu tetelo dokk apa yang harus saya lakuin dokk

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu sehat...
      kalo dalam 2 hari keadaannya masih sama, mending segera bawa ke dokter hewan. mas kasih makan apa? ada kemungkinan salah makan atau makanannya gak fresh?

      Delete
  73. Dokkk tolongg dongg burungg sayaaaa tainyaa ijo mudaa terus matanya merem lemess gak mau makann apa ituu tetelo dokk apa yang harus saya lakuin dokk

    ReplyDelete
  74. Dok, Barn Owl sy umurnya 3 minggu-an. Kmrin pas sy bersihin kardusnya tiba2 ngemuntahin makanannya, dr gelagatnya kayaknya emg kaget gitu Krn banyak org yg ngeliatin kmrin. Tp sesudah itu sy tempatin k tempat biasanya dan udh normal lagi dia. Pas td pagi sy cek mau kasih makan, dia nya terbaring gitu dok kayak burung mati. Sy goyang2in badannya baru dia bangkit lg berdiri sambil bersuara kyk biasanya. Apa itu karna hawanya dingin bgt dok? Soalnya sy liat akhir2 ini dia sering mojok di kardus (entah bersandar atau nganterin badan). Ada saran obat untuk burung sy dok? Oiya fessesnya warnanya putih susu pekat, kuning bening dan tai hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana?
      kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat.

      mas biasa kasih makan apa? makanannya cacah dulu kecil2. jangan kegedean. biar gampang makannya dia.

      bagusnya kasih makan daging emprit aja.

      Delete
    2. Terimakasih dok, Barn Owl sy udah baikan ��

      Tp yg masih bikin sy heran itu tadi pg knp owl sy mendadak telentang kaku gitu, pas sy goyang2in pake tangan baru deh dia bangkit lg seolah2 minta makan. Kira2 knp ya dok ?

      Si "engek" ini udh sy porsikan makanannya dok. Pagi malem daging fillet puyuh afkir dicacah, klo siang 3-4ekor anakan puyuh. Gimana dok, udh bagus ?
      Oiya, boleh gk brancher awal makan anakan hidup ?
      Itu yg dimuntahkan anakan puyuh soalnya

      Sebelum dan sesudahnya makasih dok
      Salam buat Padma dan Erol dr Engek :)

      Delete
    3. salam buat engek, hehehe...
      mas bisa kirim foto fesesnya kemari? biar saya analisa...

      jangan lupa kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

      Delete
  75. Dok, kemarin sy sempat pelihara BO,sy biasa kasih makan ayam filet sm tiput, kdng kdg sy kasih ikan (sy kasih ikan idup di nampan, biasanya dia nangkep sendiri) trs kmrn dia mati, paginya masih main air di nampan itu, siangnya dia udh mati, itu knp ya dok? Pdhl malemny dia masih mau makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar dia usah mulai sakit beberapa hari sebelum dia mati...

      kemungkinan besar dia kena tetelo....

      dia keliatan sesak? nafasnya? agak sulit bernafas?

      Delete
    2. Waduh, kurang merhatiin jg dok,kykny sih iy dok,apa karena sy wkt itu beli di jatinegara ya? & Sy belinya yg mature. Apa karena stress jg ya? Tpi tetelo menular ga dok? Takutnya koleksi burung & ayam saya ikut mati tertular

      Delete
    3. iya, ada kemungkinan stress juga. tapi kalo emang dia keliatan susah bernafas, kayaknya sih tetelo...

      di atas udah ada keterangannya tetelo menular atau nggak... :D

      Delete
  76. Halo dok, burung hantu saya sejak kemarin kepalanya terputar perlahan, terus kakinya lemah dan seperti ngak seimbang. kalo terbang itu dia sering terbabas ke dinding. kasian. tapi soalnya fecesnya masi putih kok, yg saya kira itu normal doc. apa burung hantu saya terkena tetelo doc? bebrapa hari sblm itu matanya layu, sayapnya jatuh tapi selera makannya masih okay juga sih. saya syg banget sama dia, udah 5 tahun sama saya, baru kali ini dia terjebak sakit sperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayaknya kena tetelo itu mas.
      biasanya seminggu atau 2 minggu sebelum begitu, dia udah mulai keliatan gejalanya dari fesesnya....

      coba kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat. saya gak jamin sembuh, tapi coba aja...

      Delete
  77. Dok saya punya elang jenis CHE DM. Barusan fesesnya berwarna hijau terang, tetapi fisik sama nafsu makannya masih baik2 saja.
    Setiap 3 hari sekali saya kasih super-N 3 tetes.
    Terus 2 hari terakir saya kasih makan daging ayam potong.
    Kira2 terjangkit tetelo apa tidak ya? Mohon pnjelasannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus kasih super-n. saya seneng mas kasih super-n ke burungnya. :)
      kalau bisa, sementara stop daging ayamnya dulu. kasih daging emprit aja. cacah dulu....

      bisa mas kirim foto fesesnya?

      Delete
  78. Super-n selalu rutin saya berikan dok sama minyak ikan
    Kadang juga saya beri vitamin burung tapi bukan khusus BOP sih hehe

    Https://i.imgur.com/9boezc5.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      minyak ikan harus sesuai dosisnya ya mas. cukup sebutir aja seminggu. jangan lebih.

      itu kayaknya kebanyakan minyak ikan.

      sama coba mas pake deging emprit atau puyuh aja. kalau mau nyetok di freezer juga boleh. kalo mau kasih makan, potong sedikit, terus rendem di air mineral sampe gak beku dan gak dingin lagi, dicacah, baru dikasih ke burungnya...

      Delete
    2. Oh jadi gitu dok, terimakasih banyak infonya

      Delete
    3. Iyah dok, saya pantau terus perkembangannya

      Delete
  79. saya punya burhan jenis bo peses nya normal tapi ga mau makan udah 1 hari ga mau makantrus ad air liur di mulutnya dia kenapa y

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n aja mas.
      kasih setetes pagi dan setetes sore.

      biasa mas kasih makan apa?

      Delete
  80. Sore dok, saya ada bwk usia juve dok baru tadi pagi saya lihat fasesnya berwarna hijau gelap, sudah tidak mau makan sejak kemarin, dan matanya selalu menutup dan sayu, paling kalo ada bunyi2an baru terbuka dok. Bolehkah saya kasih super n dalam kondisi seperti itu dok, dan apakah itu juga sudah termasuk kena tetelo ya dok.terimakasih dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.