Cara Merawat Bulu Musang Pandan | Drh. Fira Sovica

Merawat bulu musang

pandan agar terlihat tebal dan terawat memang gampang-gampang susah. Inti dari merawat bulu musang adalah kebersihan kandang dan badan si musangnya itu sendiri serta asupan makanan dan vitamin yang diberikan kepada musang anda. Oh ya, perbedaan bulu musang bisa diketahui dari habitatnya. Artikel perbedaan warna bulu musang bisa anda baca di perbedaan warna bulu pada musang pandan.
Image taken from kaskus.co.id

Perlu digarisbawahi bahwa tips cara merawat bulu musang dibawah ini hanya ditujukkan untuk musang pandan. Jenis musang lain sebenarnya tidak jauh beda, kecuali untuk musang rase, diperlukan treatment khusus untuk merawat bulu musang rase. Dan ini beberapa tips cara merawat bulu musang pandan:

  1. Jagalah selalu kebersihan kandang dan badan musang.
  2. Poin pertama ini adalah hal terpenting dalam merawat bulu musang. Kandang dan badan musang yang kotor akan membuat kulit musang menjadi iritasi dan akhirnya akan menyebabkan kerontokan, terutama di bagian ekor. Selalu bersihkan kandang musang minimal sehari sekali dan mandikan musang minimal 3 hari sekali dengan shampo bayi yang tidak pedih dimata atau shampo kucing. Cara memandikan musang bisa anda baca di artikel cara memandikan musang dengan benar
  3. Berikan makanan bergizi
  4. Musang yang stress dan bergizi buruk ditandai dengan rontoknya bulu musang. Maka dari itu, jaga selalu pola pemberian makan pada musang. Pemberian suplemen makanan berupa scott emulsion juga disarankan agar nafsu makan musang selalu terjaga dengan baik. Pemberian minyak ikan pada makanannya seminggu sekali juga bisa dilakukan.
  5. Konsultasikan dengan orang yang lebih berpengalaman atau dokter hewan terdekat sesegera mungkin jika bulu musang terlihat sudah mulai rontok.
Demikian adalah beberapa tips untuk

merawat bulu musang

anda. Saya masih menerima saran serta kritik dari pembaca sekalian di kolom komentar. Terima kasih. (FS)

121 Responses to "Cara Merawat Bulu Musang Pandan"

  1. Minyak ikannya yg berua kapsul ya?
    Caranya di taburin ke makanannya atau di kasih bulat2?
    Musang dy usia 4bln blm coba ksh mnyak ikan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapsulnya tusuk dulu pake jarum atau paku, tekan hingga isinya keluar dan campurkan ke makanannya, lalu berikan.... :)

      Delete
    2. Maksudnya pemberian makan tiap hari kpla ayam rebus n telur ayam rebus tiap hari dapat merusak bulu musang itu sendiri?

      Delete
  2. apa benar bu dokter pemberian mkn berupa kpla ayam rebus,telur ayam rebus dapat merusak bulu musang itu sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak, mas. kepala ayam rebus atau telur ayam rebus tidak merusak bulu dan tidak menyebabkan rontok pada bulu musang....

      Delete
  3. Dok.bagusan minyak ikan apa scot emulsion.buat musang

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung untuk tujuan apa. minyak ikan (dikonsumsi) dan minyak kemiri (dioles ke bulunya) untuk melebatkan bulu musang, kalau scott emulsion untuk menggemukkan musang (meski bisa juga untuk merangsang bulu musang)...

      silakan mas search cara mencegah kerontokan bulu musang dan cara melebatkan bulu musang... silakan search di menu cari artikel di atas....

      Delete
  4. tanyak dok.. saya gak tahu musang saya umur berapa tapi blum keluar gigi, awal beli musangnya saya kasih pisang dengan dipenyet tetapi sekarang 1 sampai 2 suap sudah tidak mau lagi, kemudian saya kasih aja energen memakai suntikan saya paksa kemulutnya 2x10cc..., sekarang bunyi terus.., itu maksudnya masih lapar atau gmana ya ?

    ReplyDelete
  5. tanyak dok.. saya gak tahu musang saya umur berapa tapi blum keluar gigi, awal beli musangnya saya kasih pisang dengan dipenyet tetapi sekarang 1 sampai 2 suap sudah tidak mau lagi, kemudian saya kasih aja energen memakai suntikan saya paksa kemulutnya 2x10cc..., sekarang bunyi terus.., itu maksudnya masih lapar atau gmana ya ?

    ReplyDelete
  6. tanyak lagi dok...kira2 umur berapa musang bisa dimandikan ? apa mulai umur 3 bulan bisa (gigi belum keluar), rencananya setelah mandi saya keringkan dengan hairdryer...boleh tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya sih kasih bubur bayi aja mas. iya, bayi musang yang belum tumbuh gigi biasanya akan bunyi jika lapar....
      cara memandikan musang dan umur memandikan musang bisa mas baca di artikel cara memandikan musang... search aja... :D

      Delete
  7. Kalo nutrigel plus blh buat musang ga kak ? Itu vit untuk bulu dan gemukin ? Blh ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak menganjurkan. meskipun banyak yang menggunakan supplemen itu. saya khawatir akan menimbulkan kanker pada musang nantinya. :)

      Delete
  8. Tanyak dok .. musang yg usia 3 bulan ap bisa di kasi kepala ayam n ceker ayam ya dok ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia suka, kasih aja hati ayam rebus. agak dicacah dulu biar agak halus, lalu berikan.
      kepala ayam dan ceker juga boleh kalau memang dia suka. direbus hingga benar2 matang ya mas... :)

      Delete
    2. Okok dok ... terus ap lagi dok mkanan yg bisa bikin musang gemuk ?? Slain hati . Kepala . Ceker ayam ???

      Delete
    3. silakan baca artikel cara menggemukkan musang. search aja artikelnya... :)

      Delete
  9. Dok kok bulu musang saya rontok bagian ekornya ya..awalnya mandi tiap hari,,baru2 ini mandi 2/3 hari sekali...kandang udh bersihin tiap hari,,asupan makanan juga sudah cukup baik..knpa ya??

    ReplyDelete
  10. Dok kok bulu musang saya rontok bagian ekornya ya..awalnya mandi tiap hari,,baru2 ini mandi 2/3 hari sekali...kandang udh bersihin tiap hari,,asupan makanan juga sudah cukup baik..knpa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena kulit kering atau kutu. mas sering liat dia menggaruk2? kalau iya, mungkin saja karena kutu. kalau mas tidak sering melihat dia menggaruk2, cukup lakukan cara dia atas. oh ya, abis mandi juga sebaiknya bulunya dikeringkan, jemur, lalu sambil dijemur, diolesi minyak kemiri di bagian yang hair loss... jangan terlalu basah, secukupnya aja... :)

      Delete
  11. Rajin mandi bisa bekutu jga ya dok..
    sya pelihara 2 ekor,,umur 4bln sma 2bln..brrti dua2nya bekutu donk...?? :(
    udah dok hbs mandi biasa di jemur...dya habis pipis/pup biasa ngesot di keset kaki dok,,pengaruh gak sma rontok bulu ekornya..??kalo pasang harnes bru begaruk mreka dok,,kalo lepas harnes dk begaruk

    ReplyDelete
  12. Rajin mandi bisa bekutu jga ya dok..
    sya pelihara 2 ekor,,umur 4bln sma 2bln..brrti dua2nya bekutu donk...?? :(
    udah dok hbs mandi biasa di jemur...dya habis pipis/pup biasa ngesot di keset kaki dok,,pengaruh gak sma rontok bulu ekornya..??kalo pasang harnes bru begaruk mreka dok,,kalo lepas harnes dk begaruk

    ReplyDelete
  13. Rajin mandi bisa bekutu jga ya dok..
    sya pelihara 2 ekor,,umur 4bln sma 2bln..brrti dua2nya bekutu donk...?? :(
    udah dok hbs mandi biasa di jemur...dya habis pipis/pup biasa ngesot di keset kaki dok,,pengaruh gak sma rontok bulu ekornya..??kalo pasang harnes bru begaruk mreka dok,,kalo lepas harnes dk begaruk

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu.... mas pelihara 2 ekor musang dalam satu kandang?
      kalau lagi hairloss kayak gitu, sebaiknya dipisahkan. saran saya, mandikan dengan air campur cairan antiseptik dettol tiap 2 hari sekali, kemudian setelah mandi dijemur sambil dilap dengan kain bersih, setelah agak kering, bulunya dioles minyak kemiri, terutama bagian yang hairloss...

      jangan gunakan satu handuk pengelap untuk 2 musang, takutnya nanti betul ada kutu malah jadi nyebar. gunakan 2 lap.

      lakukan treatment di atas selama 3 hingga 5 minggu. saya optimis bisa tumbuh lagi.... :)

      semangat mas... :)

      Delete
  14. mereka jarang tdr di kandang dok,,tdr di kamar dlm selimut,, kecuali saya lagi dinas malam baru di kandang...
    makasih ya dok sarannya..ntr sya coba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu malah bagus. saya malah menyarankan owner musang tidur bareng ama musangnya.... biasanya kalau seperti itu musang bisa lebih terikat secara emosi ke musangnya.... :)

      Delete
  15. Tp masalahnya trllu dkt sma sya musangnya jdi one man dok,,kalo org lain mau pegang dya hissing..sya ada baca artikelnya dokter tentang musang yg one man tp dk ktmu solusinya...

    ReplyDelete
  16. Tp masalahnya trllu dkt sma sya musangnya jdi one man dok,,kalo org lain mau pegang dya hissing..sya ada baca artikelnya dokter tentang musang yg one man tp dk ktmu solusinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang mas takut dia one-man, mas bisa ajak dia ke keramaian. bisa diajak jalan pas lari pagi, atau coba ajak ke car free day di kota mas. mas juga bisa gabung ke komunitas musang di kota mas. ajak si musang berkenalan dengan org lain, itu intinya, agak dia bisa lebih familiar dengan orang lain... :)

      Delete
  17. numpang nanya bu,obat kutu yang bagus apa bu??
    trus kmarin saya coba kasih minyak kemiri ke bulu musang saya,bulunya malah pada lengket/nyatu gitu bu.trus dia garuk2 malah rontok bulunya... gimana tuh dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah pakai obat. cukup mandikan dengan air mandi yang dicampur dettol.
      itu mas terlalu banyak ngasihnya. gak usah terlalu banyak sampe bikin bulunya basah, mas. secukupnya aja. mas tuang sedikit minyak kemirinya ke tutup botolnya, mas tuang ke telapak tangan mas, mas gosok2 dulu di tangan sampe kedua telapak tangan mas agak basah dengan minyak kemiri, baru diusapkan ke bulu musangnya. ulangi hingga 2 kali usapan. :)

      Delete
  18. Dok mau nnya lagi ,,Kalo musangnya habis mandi keringin pakai hairdrayer boleh gak..??
    Maaf ya dok bnyak tanya...
    Trimakasih atas smua masukannya...:)

    ReplyDelete
  19. Dok mau nnya lagi ,,Kalo musangnya habis mandi keringin pakai hairdrayer boleh gak..??
    Maaf ya dok bnyak tanya...
    Trimakasih atas smua masukannya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 mas. saya malah seneng jika banyak yang nanya. :)
      meski banyak yang menggunakan, tapi saya tidak menyarankan. alasannya: kadangkala musang merasa takut bahkan stress jika dikeringkan dengan hairdryer. juga, hair dryer yang terlalu panas bisa membuat kulit musang menjadi kering.

      Delete
  20. Gtu ya..Biasa musang habis mandi suka jilat2 bulunya tu dok,,Dettol ada efek samping gak buat mereka...takut keracunan...xixi..:D

    ReplyDelete
  21. Gtu ya..Biasa musang habis mandi suka jilat2 bulunya tu dok,,Dettol ada efek samping gak buat mereka...takut keracunan...xixi..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dicampur ke air dengan rasio air lebih banyak, masih aman mas... :)

      Delete
  22. Dok sya bru beli muskar,,ada bekas luka di hidungnya ,,bisa gak tumbuh lgi bulunya...??
    sama gak penanganannya dengan hairloss..??

    ReplyDelete
  23. Dok sya bru beli muskar,,ada bekas luka di hidungnya ,,bisa gak tumbuh lgi bulunya...??
    sama gak penanganannya dengan hairloss..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, masih bisa tumbuh lagi.
      sementara ini gak usah dikasih apa2 dulu. cukup diberi makanan bergizi saja. mas bisa kasih minyak ikan untuk kucing (Bukan untuk unggas) ke makanannya. dosisnya cukup 1 kapsul perminggu... :)

      Delete
  24. Minyak ikan untuk kucing,,??di sini dk tau beli dmna..kalo minyak ikan yg biasa yg di kasi sama anak2 bisa gak...??

    ReplyDelete
  25. Replies
    1. sama-sama. jika ada permasalahan lagi, silakan berkunjung kembali... :)

      Delete
  26. Dok muspan saya tu kalau dihandel bulunya rontok n klau dimandiin pkek sepon n air detol malah nggigit minta solusinya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas praktekkan cara memandikan musang yang di artikel cara memandikan musang. agar tidak digigit, bisa pake glove.... air mandi pakai dettol antiseptik... :)

      Delete
  27. dok... mau tanya. jenis penyakit dari musang yang ditularkan kemanusia dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya penyakit musang yang bisa menyebar ke manusia....

      Delete
  28. Terima kasih artikelnya dok :)

    Nanti saya mau coba pakai minyak kemiri dan minyak ikan. Semoga muspan saya bisa kembali sehat seperti sedia kala.

    Muspan saya umurnya 9 tahun, mulai rontok bulunya sejak umur 7 tahun. Sekarang kondisinya sudah jauh lebih baik, tapi masih belum bisa normal seperti sedia kala.

    Sekalian mau tanya dok, ada rekomendasi minyak ikan gak?
    Yang kira2 aman untuk konsumsi jangka panjang. Konon katanya ada minyak ikan yang justru malah jadi batu di saluran kencing hewan peliharaan.

    Mohon infonya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya penggunaan minyak ikan sebaiknya dilakukan dengan memberikan juga asupan minum untuk musang. mungkin mas bisa berkonsultasi juga ke dokter hewan terdekat agar hairlossnya bisa sedikit 'mendingan'.... :)

      hairloss juga bisa diakibatkan oleh usia tua soalnya... dan 9 tahun termasuk usia yang tua untuk musang... :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Terima kasih atas saran dan infonya dok :)

      Mau dibawa ke dokter hewan agak repot soalnya dia sekarang jadi tipe one man, padahal waktu kecil mau sama siapa aja. Beberapa kali pernah gigit orang, termasuk saya sendiri beberapa kali keluar masuk RS :D

      Tapi sebenernya hatinya baik sih, gak ada niat gigit saya. Itu cuma sedikit 'salah paham' aja :)

      Delete
    4. rata2 musang gigit karena pengen tahu apakah benda yang digigitnya bisa dimakan apa nggak... :)

      Delete
    5. Kalau saya dulu gara2 salah paham dok, dikiranya orang lain..

      Yang pertama gara2 lepas keluar rumah terus ditemuin sama warga sekitar. Pas dikerubungin sama orang banyak gitu tiba2 saya datang terus langsung nangkap dari belakang, mungkin dipikirnya yg nangkap orang lain jadi reflek dia langsung gigit jari saya. Pas jatuh ke tanah jg masih ngejar2 kaki saya sambil mulutnya mangap2 :D
      Setelah saya panggil2 namanya berkali2 baru dia sadar terus mau saya bawa pulang :D

      Yang kedua gara2 saya masuk ke kandangnya pakai sandal orang lain. Pertamanya saya pegang2 biasa aja, terus pas nyium kaki saya tiba2 jadi ganas terus gigit sambil kayak marah2 gitu. Mungkin aroma sandalnya beda ya, jadi dikiranya saya orang lain.

      Yang ketiga gara2 seharian pakai sepatu baru, terus pas pulang langsung masuk ke kandang tanpa cuci kaki dulu. Mungkin dia nggak familiar dengan baunya, langsung gigit kaki saya dengan ganas.

      Btw kalau gigit kenceng bgt dok, lengket gak bisa lepas. Tiap kali kaki saya digigit, saya harus masukin jari tangan saya ke mulutnya supaya gigitannya bisa lepas (tapi gantian jari tangan saya yg digigit) :D


      Delete
    6. kalau saya baca dari komen mas sih, kayaknya ada kemungkinan nantinya bakal imprint. asalkan mas gak putus asa digigit dia. emang, dulu musang bulan saya juga gitu, sama kayak musang mas. yang penting sabar dan coba sering2 ajak main lagi.

      oh ya. masnya ngerokok? kalau gak merokok, coba kaus bekas pakai mas taruh di kandangnya... agar dia lebih kenal... sering2 diajak main juga... :)

      Delete
    7. Sekarang udah gak apa2 kok dok, terakhir gigit udah sekitar 3 tahun yg lalu. Sekarang udah saling memahami lagi :)

      Sekarang tiap hari main bareng. Kalau pas tidur siang pasti minta dielus2 bagian dadanya. Kalau malam sukanya main kejar2an sambil gigit2 (gigit bercanda). Kalau udah capek gigit2 biasanya terus istirahat sambil jilat2in saya :D

      Delete
    8. Oh iya, saya gak merokok dok :)

      Btw musang bulannya bisa jinak gak dok kalau sama orang lain? Atau jinaknya cuma kalau sama dokter aja?

      Delete
    9. dulu sengaja saya buat one-man, jinak sama saya aja. suka ngejar mobil saya kalau saya brngkat kerja... :)

      apa itu musang one-man pernah saya buat artikelnya di blog ini... :)

      Delete
  29. Mau tanya dok ane kn punya musang .lalu ane tnyak ama tmen ane gimna melebat kan bulu musang kta ny mandiin aja pke air rebus daun sirih. Emang ny boleh ya dok? Trimaksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih air rebusan daun sirih tidak ngaruh untuk melebatkan bulu. hanya berguna sebagai antiseptik pengganti dettol cair aja.
      jadi kalau musang mas suka gatel2 kalau mandi pakai dettol antiseptik, salahsatu penggantinya pakai air rebusan daun sirih. bukan untuk melebatkan bulu, tapi untuk antiseptik alami aja... :)

      Delete
  30. Apakah memelihara musang 2 ekor dapat jinak ke2 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau pelihara 5 ekor sekaligus pun kalau mas yakin bisa jinakin dan mas terus berusaha jinakin semuanya, pasti bisa jinak. :)

      menjinakkan musang itu erat kaitannya dengan cara berpikir kita kepada si musang. kalau mas yakin, pasti bisa. kalau mas ragu2 atau putus asa, agak susah untuk jinak...

      musang selalu tahu pikiran ownernya. kalau dia tahu ownernya ragu2 atau putus asa saat menjinakkan dia, dia malah akan makin susah untuk jinak... :)

      Delete
  31. Maaf dok sy mau tanya. Sy punya muspan usia masih 3/4 blnan. Dan dibagiaan ekor tiba2 hairlose. Pdahal ksehatan kandang dan pola makan menurut saya tetap terjaga. Kira2 apa ya dok penyebabnya? Lalu sy baca artikel dokter tentang mencegah kerontokan "menggunakan minyak kemiri". Nah minyak kemiri sndiri kl beli dmn ya dok? Dan adakah merek yg dokter rekomendasikan serta bagaimana penggunaannya? Sebelumnya terimakasih banyak dok, dan maaf jika kebanyakan tanya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa pakai minyak kemiri.
      tanya aja ke toko kosmetik, bilang beli minyak kemiri. kalau ada yang merk 3 anak. kalau gak ada, beli aja yang merk apapun.

      cara memakaikannya bisa mas? pakai sisir. jadi sisir dibasahi dulu pakai minyak kemiri (minyaknya dituang ke piring dulu), lalu disisirkan ke musangnya. jangan terlalu basah. :)

      kebersihan dan makanannya tetep harus dijaga ya mas. oh ya, mas bisa baca artikel saya bekicot sebagai makanan musang...., :)

      Delete
  32. Malam dok. Mau tanya, musang saya umur 2 bulan up, knapa ya dok, lama" bulu nya pada rontok dari bagian atas telinga nya, trus k leher, lama" k pundak blakang. Kalo kata tmn yg saya tanya emng sedang penggantian bulu remaja, atau karna kutu ya dok. Soal nya dia suka garuk". Tp badan am ekor bulu nya normal, yg saya takut lama" badan n ekor nya juga akan rontok. Gimana cara mngatasi nya dok untuk umur sgt, kata ny blom boleh d mandikan..?? Tolong saran ny dok.. mks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira sih kena scabies (kutu).
      iya, kalau umur segitu lebih baik jangan dimandikan. solusinya, lap pakai handuk yang dibasahi air hangat campur dettol cair (yang cairannya kayak teh). lebih bagus lagi kalau langsung dibawa ke dokter hewan aja.

      untuk referensi, mas bisa baca artikel saya cara mengobati scabies pada musang

      Delete
    2. Saya coba saran nya, kalo dokter hewan d jak pus d mana dok...?? oh ia dok Tapi itu pasti tumbuh lagi kan...??? Kira" biar cpt tumbuh bulu nya gimana...?? Berapa lama bisa normal nya dok..??

      Delete
    3. alamat dokter hewan daerah jakarta raya ada kok artikelnya.. :)

      gak ada cara agar cepat tumbuh. yang ada merangsang pertumbuhan bulu baru. caranya silakan baca di aatas... :D

      Delete
  33. Dok, musangku hair lose pada bagian ekor, kebutuhan gizi tercukupi, mandi 3x semnggu, kndang tiap hari dbersihkn, penyebabnya apa kira2 dan brpa lama bisa tumbuh kmbli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab, diantaranya karena peryubahan cuaca. emang lagi pancaroba, jadi sebaiknya jaga agar musangnya tetap hangat...

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. mau tanyak dok
    musang saya usia sekita 4 - 5 bulanan nih dok, jenis musang nya MUSANG PANDAN kelamin BETINA.
    keluhan nya yaitu : udah hampir 1 bulanan lebih musang saya itu bulu nya rontokan di bagian kepala dan badan nya, terus dok cuman mulai tumbuh sih di bagian kepalanya aja, yang lebih parah malah di bagian badan sama bagian kaki paha dok.
    udah saya beri scoot emulsion, susu bebelac, minyak kemiri (kata teman sih disuruh pake minya kemiri biar cepat tumbuh bulunya) sama makanan nya bubur sun rasa pisang susu, tapi malah susah betul buat belajar makan dok, selalu mau di suapin terus, padahal gigi nya udah pada tumbuh semua.
    mohon saran iya dokter Drh. Fira Sovica
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan kasih susu bebelac. kalau mau kasih sari kurma aja.

      agar dia mau makan apa saja, silakan baca artikel cara agar musang mau makan apa saja.

      soal bulunya, dia suka garuk2 badannya gak? sering mas mandiin?
      saya tunggu.

      Delete
  36. Dok mau tanya lagi ni. Kalo muspan ekput, hairlos, apa tumbuh nya tetep putih, atau jadi item dok... d tunggu jawaban nya... mks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musang ekor putih hairloss, nanti kalau tumbuh lagi dia akan tetap tumbuh putih kok.. :)

      Delete
  37. Oke dok. Soal nya musang saya ekput dua" ny. Yg lg itu ud tumbuh bulu kpala nya. Sekarang tgal punggung am ekor. MKs info nya dok...

    ReplyDelete
  38. Dok mau tanya,kalo muspan dikasih vitamin rambut untuk manusia boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak pernah nyoba. tapi setau saya, vitamin rambut kan mengandung bahan kimia, jadi sebaiknya gak usah...

      Delete
  39. Dok saya mau tanya kenapa musang sayang umur 2 bulan up ngga mau makan pisang maunya cuma susu campur sun pisang doang dok dan juga bulunya pada rontok semua mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
  40. Dok musang sya muspan umur 1 bulan pas baru pertama kli saya mandiin ada bulu yang gimbal solusi nya gimana cabut ato di di tendang musang nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. keras gak gimbalnya? saran saya, biarin aja mas. jangan digunting. kalau mau, digosok pelan pake sikat gigi bayi aja. sikat gigi bayi mas celup ke air hangat, basahi bagian bulu gimbalnya pake air hangat tadi, terus gosok pelan2...

      musang umur 1 bulan mas mandikan? jangan mas, sakit nanti dia.

      Delete
  41. Dok saya mau tnya, musang pandan saya umur 1tahun bbrapa hari ini bulu di ekor nya rontok, malah ada 1 spot yang sampai tidak ada bulu di bagian ekornya. Saya hrs bgaimana ya dok? Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu dipastikan rontoknya karena apa, apakah karena kutu/jamur atau cuma rontok aja. tapi silakan mas search artikel cara mengobati hairloss pada musang, udah ada artikelnya. :D

      banyak artikel terkait tentang hairloss pada musang di blog ini. baca2 aja dlu mas...

      Delete
    2. Saya priksa sih ga ada kutu nya dok, temen pernah bilang itu jamuran . Obat yang bagus untuk jamur apa ya dok? Boleh dikasih minyak kemiri?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. kalau jamuran terus dikasih minyak kemiri, setahu saya sih malah parah jamurnya nanti. mending mandikan dengan shampo kucing khusus buat mengobati jamur.... :)

      Delete
  42. Ohh gitu ya dok. Oke deh saya coba mandikan pake sampo kucing dulu. Trimakasih dok

    ReplyDelete
  43. Dok mau tanya..muspan saya umur 1bulan itu ujur ekornya cuwil dikit gara2 di gigit musang saya yg umur 8bln.. Apa bisa pulih kembali dok..

    ReplyDelete
  44. Dok mau tanya..muspan saya umur 1bulan itu ujur ekornya cuwil dikit gara2 di gigit musang saya yg umur 8bln.. Apa bisa pulih kembali dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya cuwil tuh gimana ya mas?
      apa luka?

      coba foto. upload fotonya di postimage.orh, terus linknya ditaro di sini... :)

      Delete
  45. dok mu nanya bolehkan musang saya umur 4bulan di vaksin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas. :)
      maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  46. Maaf dokter mau nanya klo daun telinga musang grepes2 kyk jamur itu knp dan obatnya apa ya dok , terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bintik2nya?
      dia suka garuk2 bagian telinga?
      ada kayak keraknya?
      ada kayak ketombenya gitu, mas?

      kalau pertanyaan di atas iya semua jawabannya, kayaknya sih iya kutuan. kemungkinan scabies. tapi kalo nggak, kayaknya aman... :)

      Delete
    2. Iya kyk scabies dok , penanganan paling simple atau obat yg bagus apa ya dok ? Mohon referensi obatnya dok , terima kasih banyak

      Delete
    3. emang mas seyakin apa dia kena scabies?
      umur musangnya berapa?

      mandikan aja mas. tapi jangan sembarangan. coba baca artikel saya CARA MEMANDIKAN MUSANG

      Delete
    4. Saya tanya tmn di kominitas saya perlihatkan photonya katanya itu , saya kurang tau ken waktu saya adopsi kondisinya sdh begitu , saya adopsi seminggu yg lalu pun krn kasihan lht kondisinya tdk terawat dan baru dua kli saya mandikan krn umurnya mungkin skitar 5-6 bln

      Delete
    5. oh ya udah. kalo gitu, mandikan aja pakai air hangat campur dettol antiseptik yang cairannya kayak teh, mas... :)

      rawat baik2.. :)

      Delete
    6. Owh gitu ya dok , ok terima kasih banyak wajangan dan saran nya ya dok

      Delete
  47. Dokter musang pandan saya umurnya jalan 3 bulan. Jenkel betina. Saya mau tanya gimana ya cara meluruskan bulu musang yg menggumpal. Musang saya bagian bokongnya bulunya kayak kusut gitu menggumpal. Terimakasih dok.

    ReplyDelete
  48. Dokter musang pandan saya umurnya jalan 3 bulan. Jenkel betina. Saya mau tanya gimana ya cara meluruskan bulu musang yg menggumpal. Musang saya bagian bokongnya bulunya kayak kusut gitu menggumpal. Terimakasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas...

      gak coba dimandikan? coba aja mandikan pakai air hangat......

      Delete
  49. Dokter musang pandan saya umurnya jalan 3 bulan. Jenkel betina. Saya mau tanya gimana ya cara meluruskan bulu musang yg menggumpal. Musang saya bagian bokongnya bulunya kayak kusut gitu menggumpal. Terimakasih dok.

    ReplyDelete
  50. Dok musang saya kok gigitin bulu di kaki.ny terus sampe rontok... Itu kenapa ya... Minta saran buat penanganan.nya gmna dok....??

    ReplyDelete
    Replies
    1. umurnya berapa?
      mandikan aja pake air hangat campur dettol antiseptik (yang cairannya kayak teh), mandikan sebentar aja... basahin, pakein sampo bayi, terus langsung bilas lagi... setelah itu handukin sampe bulunya kering....

      jangan lama2 mandikannya...

      Delete
  51. Assalamualaikum dok saya mau nanya, saya punya musang pandan umurnya sekitar 8-9 bulan, bulunya sedikit sedikit rontok apalagi di buntutnya yg udh mulai keliatan kulitnya.. Biar bulunya lebat tapi ga cuman lebat, tapi sehat juga biar ga gampang rontok itu gimana yah dok?
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam.
      pastikan musangnya bebas kutu dan ketombe, terutama di bagian ekornya.

      mandikan minimal dua minggu sekali. setelah mandi, lap pake handuk kering, terus kasih minyak kemiri. bagusnya pake minyak kemiri khusus musang. cara belinya ada di artikel minyak kemiri khusus musang...

      cek juga artikel cara memberikan bulu musang

      Delete
    2. maksudnya saya artikel cara memberikan minyak kemiri ke musang. maaf salah ketik. :D

      Delete
    3. 2 minggu sekali dok?
      Atau 1 minggu 2 kali?

      Delete
    4. minimal 2 minggu sekali. jadi paling lambat 2 minggu sekali. normalnya ya seminggu sekali aja mas. :)

      Delete
  52. Musang saya dimandiinnya ga pake shampo dok, ngemandiinnya paling pake semprotan soalnya kalo mau dimandiin biasa tangan saya baret baret dan saya ikut basah, ada cara biar ga takut air biar bersih mandiinnya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya susah atuh kalo takut baret dan takut basah mah mas. :D
      mau gak mau ya pasti kecipratan air.... :D

      Delete
  53. Hahaha iya juga sih, makasih bu dok hatur nuhun 😂

    ReplyDelete
  54. dok cara menghilangkan noda bulu musang yg kekuning kuningan gimana ya dok , sudah saya mandikan setiap hari tapi warnanya tidak kembali ke warna semula

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah bahas di artikel membuat cairan pembersih bulu sugar glider. secara prinsip bisa juga kok untuk musang.

      Delete
  55. mau tnya nih yang cocok bikin bulu wangi dan harus pke minyak bayi apa yahh...

    ReplyDelete
  56. Dok mau tanya donk . Musang bulan saya umur 3 bulan . Dia suka gigit2 ekor putihnya Sampek rusak . Trus di ekornya bagian samping kanan kiri itu rontok . Tapi bagian tengahnya masih lebat . Itu knapa yah dok ? Saya sudah mandikan dan selalu bersihkan kandangnya . Mohon masukannya .

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.