Resiko Memelihara Musang | Drh. Fira Sovica

Memelihara hewan apapun mengandung resiko, bahkan

resiko memelihara musang

bisa dikatakan lebih besar dibanding resiko memelihara hewan lainnya seperti resiko memelihara kucing, resiko memelihara anjing, dan lainnya. Bagi anda yang mau tahu bedanya musang pandan dan musang rase, anda bisa membaca artikel saya perbedaan musang pandan dan musang rase.
Memelihara hewan berkaitan dengan nyawa dan jiwa hewan yang dipelihara, dan saat memutuskan untuk memelihara hewan, sebenarnya seorang owner telah menyetujui dengan 'term and condition' yang kelak akan diterimanya saat memelihara hewan tersebut.

Resiko Memelihara Musang
image taken from kaskus.co.id
Nah, kembali lagi ke topik. Resiko memelihara musang bisa saya katakan lebih besar karena beberapa hal. Jika anda tidak sanggup dengan salahsatu dari resiko memelihara musang berikut, akan lebih baik jika anda tidak memeliharanya. Apa saja yang harus diketahui sebelum memelihara musang? Nah berikut adalah beberapa resiko memelihara musang:
  • memelihara musang berarti siap digigit.
  • Resiko memelihara musang yang pertama adalah siap digigit. Pada dasarnya, musang adalah jenis hewan buas. Dia memiliki taring tajam yang tidak segan dia gunakan untuk mengoyak kulit anda. Mengoyak? Ya. Musang tidak hanya menggigit, dia akan mengoyak dan merobek daging yang ia gigit. Tentu ini berkenaan dengan insting alaminya. Maka sejinak apapun musang, akan ada saatnya dimana ia akan menjadi buas dan tidak segan untuk mengigit dan melukai anda. Saat anda mengadopsi seekor musang, maka anda setuju dengan resiko digigit dan dilukai oleh si musang nantinya.
  • memelihara musang berarti siap membersihkan kandangnya dan memandikannya secara rutin.
  • Resiko memelihara musang yang kedua adalah anda setuju untuk membersihkan kandangnya dan memandikannya secara rutin. Musang bukan hewan yang bisa diliarkan begitu saja. Dia membutuhkan kandang yang lumayan besar untuk tempat tinggalnya. Memang, ada beberapa kasus dimana musang sudah bisa diliarkan (free room) di dalam dan di luar rumah, namun tentu untuk bisa diliarkan seperti itu tentu butuh waktu yang tidak sebentar. Si musang harus sepenuhnya percaya kepada anda hingga dia tidak perlu lagi 'minggat' saat dilepaskan. Back to topic. Seperti halnya dalam memelihara hewan lain, membersihkan kandang musang erat kaitannya dengan kesehatan musang. Tak jarang, kondisi kandang yang kotor akan membuat bulu musang rontok serta iritasi di kulitnya akibat bakteri dan kutu karena kebersihan kandang kurang terjaga. Memelihara musang berarti setuju untuk membersihkan kandang musang secara rutin, minimal 2 hari sekali. Selain membersihkan kandangnya, musang juga wajib dimandikan minimal 3 hari sekali. Sama halnya dengan membersihkan kandangnya, memandikan musang erat kaitannya dengan kesehatan si musang. Cara memandikan musang bisa dilihat di artikel cara memandikan musang.
  • memelihara musang berarti siap dengan aroma yang ditimbulkan dari kandang dan badan si musang.
  • Hampir semua jenis musang memiliki kelenjar bau yang unik di tubuhnya. Musang pandan misalnya. Dia memiliki kelenjar bau yang mirip dengan aroma pandan. Lain lagi dengan musang biul (javan ferret badger), baunya agak mirip seperti aroma ban terbakar. Begitu juga dengan jenis musang lain, ia memiliki aroma yang berbeda-beda. Memelihara musang berarti siap dengan aroma yang ditinggalkan si musang dimana-mana, baik di dalam maupun di ruangan, baik di udara ataupun di benda-benda tempat ia menggesek-gesekkan badannya. Dan patut saya tekankan, intensitas aroma musang meningkat saat ia memasuki masa kawin, terutama bagi musang jantan.

Akhir-akhir ini, banyak sekali musang yang tersia-sia hanya karena si 'mantan adopter' hanya melihat kelucuan si musang saat liputan di televisi. Mereka lalu membeli musang, dan akhirnya tahu dengan resiko-resiko di atas. Semoga artikel

resiko memelihara musang

ini bisa menyadarkan anda bahwa memelihara musang tidak semudah yang dikira selama ini. Memelihara musang berarti siap dengan resiko-resiko di atas. Saran, kritik, serta komentar bisa disampaikan di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

226 Responses to "Resiko Memelihara Musang"

  1. Iya juga sih tangan saya sering di gigit sampe berdarah. klo gigi taring depannya di potong apa yang akan terjadi pada musang

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski banyak dokter hewan yang membohkan, saya sendiri
      sebenarnya menyarankan agar tidak memangkur
      (menumpulkan taring musang) atau memotongnya. jika pun harus
      memangkurnya, mintalah ke dokter hewan agar si musang tidak
      kesakitan.

      Delete
  2. malam bu dokter, saya baru 1 minggu merawat anakan garangan jawa berusia 2 bulan, belakangan ini saya perhatikan "maaf" anusnya keluar spt wasir. dan akan makin keluar jk garangan tsb merasa takut atau kaget. apakah itu normal bu dokter?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bu dokter,kenapa ya musang saya nafsu makannya kurang,terus dibagian perut musang saya terasa keras apabila saya pegang serta bab nya juga hampir gak pernah.mohon bantuanya bu dokter

      Delete
    2. sayangnya mas gak ngasih tau umur musangnya.
      coba kasih air kelapa dan kasih makan buah pepaya. lakukan selama seminggu penuh.

      kabari saya

      Delete
  3. Terima kasih bu dokter, sudah terjawab keluh kesah saya sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama... jangan sungkan buat nanya lagi kemari jika memang butuh bantuan... :)

      Delete
  4. Bu dokter... saya takut di gigit musang. Kalo musang saya saya pangkur. Nanti dosa enggak dok..!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejinak apapun musang, pasti dia gigit. jadi kalau tidak mau digigit, lebih baik tidak usah memelihara musang... :)
      soal dosa atau tidak, saya tidak tahu. :D

      Delete
  5. malam bu dokter, klo mau memangkur gigi musang pandan biayanya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara pangkur gigi musang dan biaya memangkur gigi musang bisa mas baca di artikel cara memangkur gigi musang, silakan search di menu cari artikel diatas... :)
      kalau ada yang mau ditanyakan, mas bisa konsultasi lagi ke blog ini.. :D

      Delete
  6. Bu dokter knp musang saya sering ngamuk....klo pas lgi diem..biar ga ngamuk gmn ya

    ReplyDelete
  7. Kak ^-^. Apa baby musang boleh di kasih makan hanya bubur sun rasa pisang aja ?? Atau emang wajib ( di anjurkan ) kasih vitamin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting sih kasih bubur sun saja gak apa2. kalau punya uang lebih, sesekali kasih pisang atau pepaya yang diblender. kalau giginya mulai tumbuh, berikan pakan semi padat.... kalo giginya dah tumbuh banyak, kasih pakan padat.... :)

      Delete
  8. Bu dktr mau tanya.. apa ciri musang yg mngidap atah mmbawa virus rabies? Trus apabila manusia trjanvkit virus trsbut yg di akibatkan ggtan musang apa gjala awal yg dirasakannya lalu apakah ada obatnya? Trmksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel penyakit musang yang bisa menular ke manusia. rabies salahsatunya, sudah saya bahas sedikit di sana. :)

      Delete
  9. Dok pengen tanya . Lw musang ku di kasih scott elmusion rasa jeruk . Boleh gak / ada ngaruh lain ny . Musang ku umur 2bulan . Udh bisa makan sendiri

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. kalau yang manis, boleh aja. kalo yang asem, jangan...

      Delete
  11. Klo d.kasih makan nasi pecel gmn tuh bu dokter...? :-D
    Hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. whahahahah ada2 aja si risky

      Delete
    2. kalau nasi pecel buat yang punya aja mas, hehehehehe.... :D

      Delete
  12. Bu saya kan baru pengen merawat musang,gimana yaa biar gak digigit

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gampang. kalau mau pelihara musang tapi gak mau digigit, ya jual aja musangnya. terus mas beli ikan mas koki deh. :D

      seperti saya tulis di artikel RESIKO MEMELIHARA MUSANG, digigit adalah resiko memelihara musang. :D

      Delete
    2. Kalo aku yang gigit kamu dok gimana? Hihihi

      Delete
  13. Hal apa saja dok yang harus dilakukan setelah kegigit musang, sewaktu di gigit saya kaget dan menarik tangan dgn cepat apa ada pengaruh secara psikologis pada si musang, soalnya si musang juga kaya kaget gitu dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti halnya hewan lain, musang juga sangat mudah dalam membaca pikiran kita. kalau kita takut/kaget, dia akan makin berani kepada kita. biasakan diri digigit. coba bebat tangan pakai sehelai kain, lalu sodorkan ke musang kita. biasakan digigit biar kita tidak kaget lagi.....

      silakan baca artikel saya hal yang salah dalam memelihara musang... :)

      Delete
  14. Kak saya mau nanya.....misalnya musang ganti owner sifatnya bisa berubah ga?misalnya yang tadinya jinak jadi galak gara gara ganti owner

    ReplyDelete
  15. Iya dok saya coba dari yang agak tebal ya dok alas tanganya... ^_^
    Oh ya dok kalau di perhatikan kok anusnya kaya ada bercak merah kecoklatan dok, di fesesnya nggak ada darah dok itu wajar apa gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar aja. selama makannya bagus, gak apa2... :)
      biasakan diri saja digigit mas... :)

      Delete
  16. Dok musang saya umur 3bln klo pagi sampe sore saya free room klo mlm saya msukan kndang..klo dia ngajak main gigit2 tangan sampe pernah berdarah..apakah sampe besar dia akan seperti itu trs???dan klo ktemu orang pengennya ngajak bcnda..tp kadang2 gigitnya terlalu keras..apakah bs diminimalisir gigitannya ke orang lain??trs kok g bs diem ya..sukanya ngajak maen trs..apakah bsa dilemotkan??caranya gmn??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah menulis di artikel RESIKO MEMELIHARA MUSANG bahwa digigit adalah salahsatu resiko memelihara musang. sejinak apapun musang, dia pasti gigit baik itu becanda atau tidak. :)

      saya pikir sama saja, mau selemot apapun musang, dia pasti akan menggigit mas. paling mas bisa meminimalisir dampak dari gigitan musang dengan mempangkur taringnya di dokter hewan terdekat sehingga saat digigit, akibat atau lukanya tidak terlalu fatal...

      semoga membantu... :)

      Delete
  17. Kalau pengalaman dokter gimana?
    Buat nambah mental akan gigitan dok, dokter kan cewek... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah sengaja ngulurin tangan dan jari saya agar membiasakan diri di gigit. awal2 ya saya tutup dulu tangan saya pakai sehelai kain, lalu saya sodorkan ke musang untuk digigit. :)

      Delete
    2. Kalo dokter penah ga digigit sampe berdarah?

      Delete
    3. sering. :D
      namanya juga memelihara hewan buas, mas... :)

      Delete
  18. Apakah gigitan musang tidak rabies?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya penyakit musang yang bisa menular ke manusia... :)

      Delete
  19. Oh ya waktu itu umur musangnya dokter berapa bulan, punya saya udah memasuki 5 bln lebih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang pertama saya dulu musang bulan. dapetnya udah tua, tangkapan liar dan hampir dibunuh ama warga. akhirnya saya yang adopt.

      dari awal nih musang emang rada 'dendam' kepada manusia. mungkin karena dia dimusuhi dan dianggap hama. minggu2 pertama, habis tangan saya digigit dan dikoyak. tapi toh akhirnya dia berhasil jinak juga.... :)

      sekarang diasuh oleh paman saya.. :)

      Delete
  20. Wuih hebat dok, saya udah coba pake alas tpi masih agak tebal, namun taring nya masih berasa di tangan dok. Semoga saja saya berani tanpa alas dalam waktu dekat ya dok.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dibiasakan mas. hehehe.
      semangat ya mas! jangan nyerah! :)

      Delete
  21. Dok saya punya musang umur 1bln nih, gimana cara menjinakkan nya secara cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara menjinakkan musang. cari aja di menu cari artikel

      Delete
  22. Dok....? baiknya mulai umur brpa sih musang pandan mulai dapat di mandikan...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara memandikan musang.... :)

      Delete
  23. Ass, dok mohon info muspan sya betina usia 4 bln knapa bdanya ktika tdur bergetar sperti kedinginan tp sbnarnya cuacanya tdk dingin dan bau nya kadang kurang enak sdang 2 muspan yg jantan tdk bau. apa karena sakit atau knapa dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk fesesnya kayak gimana mas? coba mas baca artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya....

      makanan harap dijaga kebersihannya. makanan mas bisa coba kasih pepaya matang ke musangnya. jangan dikasih makanan lain selain pepaya selama seminggu ini.... semoga membantu.... :)

      Delete
  24. klau kandang tempat makan minumnya tiap hari slalu sya bersihkan dan semua muspan sya tiap pg dimandikan semua trus sya jemur dok. tp klau makannya banyak and gerakanya jg lincah bgt dok cma pas dia tdr aja bdannya bergetar seperti menggigil dan kadang2 bau menyengat g enak. akan sya cba kash paya karan biasanya sya kash pisang and nasi+telor+pala ayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik. bisa mas laporkan lagi ke saya.
      mungkin mas bisa pindahkan kandangnya juga ke dalam ruangan agar dia gak kedinginan. ada kemungkinan juga karena dingin... :)

      Delete
  25. mau tanya dok, saya adob musang dr merangkak hingga skrg kira2 usia 3,5 bulan.
    Saya pelihara dari kecil smpe skrg ga pernah saya kandangin, saya lepas dikamar dan skrg sudah bonding ngikut dan nurut ketikaa sy panggil ,kalo saya masukin kandang dia sllu berisik.

    Apakah jika sudah begitu musang yg biasa free room akan stres atau liar ketika sy biasakan ditaro dikandang?

    makasih dok ,mohon jawbannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung karakter musangnya. tapi kalau memang dari kecil memang belum pernah dikandangin sampe sekarang dia baru dikandangkan, sebaiknya awal2 jangan terlalu lama dulu. misalnya: satu minggu dikandangkan hanya 1 jam. 1 minggu lagi tambah lagi jadi 1,5 jam. 1 minggu lagi jadi 2 jam. begitu terus... :)

      Delete
  26. oke dok, krna kalo gg dikandangin merepotkan saya untuk membersihkan kotorannya yg sembarangan dan bikin se isi kamar berantakan..
    oia musang saya jenis pandan borneo bulu hitam pekat seperti musang lombok.
    karakternya slama ini aktif , ga pernah defense,dan jinak . gigit sewajarnya dia bercanda :)

    bisa ditangkap dok karakter musang saya? lalu bagaimana untuk kedepannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa bikin dia imprint. silakan baca artikelnya mengenai imprint pada musang. search aja di bagian cari artikel. mas juga bisa mengajari musang mas pup di toilet. caranya bisa mas baca di artikel cara mengajari musang pup di toilet....

      kalau karakter musang sendiri sebenernya harus liat matanya langsung. makanya saya tidak bisa memastikan sifat dan karakter musang mas seperti apa. tapi kayaknya sih suka becanda, bener begitu mas? :)

      Delete
  27. ada artikel nya ga dok mengetahui karakter musang itu ?
    sy kurang tau kalo diliat dr matanya.
    Memang dia suka bercanda dok.
    sangking aktifnya sampe merepotkan saya, tp gpp klo ga begitu saya ga rajin beresin kamar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti, setiap musang memiliki karakter masing2. ada yang suka becanda, ada yang galak, ada yang mudah jinak, ada yang susah jinak, macem2 pokoknya. :)
      kalau menurut saya, dibaca dari konsultasi mas sih musangnya baik. tinggal masnya aja sebenernya ngadepinnya gimana... :)

      Delete
  28. Musang itu karnivora? Kenapa dikasih pisang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenis musangnya apa, mas. :)
      namun mayoritas musang omnivora... :)

      Delete
  29. Dok musang saya bulunya rontok.. kira2 makanan atau obat apa ya biar cepat tumbuh bulunya dan tidak rontok lg..

    ReplyDelete
  30. Dok musang saya bulunya rontok.. kira2 makanan atau obat apa ya biar cepat tumbuh bulunya dan tidak rontok lg..

    ReplyDelete
  31. Dok musang saya bulunya rontok.. kira2 makanan atau obat apa ya biar cepat tumbuh bulunya dan tidak rontok lg..

    ReplyDelete
  32. Dok musang saya bulunya rontok.. kira2 makanan atau obat apa ya biar cepat tumbuh bulunya dan tidak rontok lg..

    ReplyDelete
  33. Dok musang saya bulunya rontok.. kira2 makanan atau obat apa ya biar cepat tumbuh bulunya dan tidak rontok lg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara mengobati bulu rontok pada musang....

      Delete
  34. dok musang saya baru 2 bln, kalo nggigit bsa rabies ga? ktnya di vaksin hrus umur 1 t mksih

    ReplyDelete
  35. sore dok saya punya musang masa musang sya kalo di pegang suka kagetan dok . gimana ya cara ngilangin nya ? makasih bdok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel cara agar musang anteng.... ada caranya di sana.. :)

      Delete
  36. Dok saya baru adopt musang umur 3 bulanan ditaro kandang baru kenapa dia mondar mandir mulu terus suka kaget klo ada manusia..belum jinak si bebek ini(nama musang saya bebek dok)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. itu wajar. hasil tangkapan liar mas?
      biasanya kalau tangkapan liar seperti itu. kalau hasil breeding juga bisa juga kayak gitu. intinya kalau dia baru sampe di tempat baru kayak gitu... :)

      Delete
  37. Dok...saya baru melihara musang pandan umur 3 bln...saya juga udah terbiasa digigit ...kalo saya mau ajak main bagusnya siang hari atau malam ya Dok...kalo malem saya agak takut karena agresif

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang siang dia agak kalem, gak apa2 ajak main siang hari aja. tapi seminggu 2x minimal ajak main malam hari agar dia terbiasa... :)

      Delete
  38. Dok muspan sy umur 2-3 bulanan,udah mkn sendiri, nah knp ya dok kalo dikasih makan pisang atau pepaya kok kayak ga napsu mkn gitu ya, ???

    jd kadang saya sepet sm susu+bubur sun pisang, sepetannya pake suntikan bekas , untuk takaran muspan umur segitu berapa suntikan ya dok ,,,,makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren juga abis disepet pake sun pisang + susu bend*ra kok mencret ya dokk, solusinya dokkk,,,

      Delete
    2. iya susu bendera atau susu kental manis emang bikin mencret. sebaiknya jangan dikasih susu kental manis...
      sementara disepet aja dulu. kasih bubur bayi gak apa2. jangan dicampur susu. takarannya cukup 3 atau 4 pemberian... :)

      Delete
  39. Bu dktr ,,. Ana baru beli garangan tadie pagi ,,. Masih kecil ,,. Tpie ana ga tau kalau garangan memliki bau yg ga enk ,,, trus gmna cra mnghilangkan baux ,,, dan saran ibu sndiri buat makanan garangan ana ??? Skian trmkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sebenernya, soalnya garangan punya kelenjar bau. tapi mas bisa coba kasih kacang kedelai rebus seminggu sekali untuk mengurangi baunya... :)

      Delete
  40. dok mau tanya,,,musang yang baru umur 1,5 bulan sudah bisa dimandikan blum ya...

    ReplyDelete
  41. Dok mau tanya..muspan saya umur 3bln,jika muspan dipelihara sejak kecil apakah besar naluri untuk mengigitnya jika besar nanti,saya takutkan anak saya yg msi kecil dapat tergigit

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, sebaiknya memang musang tidak didekatkan kepada anak kecil. terutama masih balita. kalau anaknya udah berusia diatas 5 tahun, mungkin bisa dikenalkan sama musangnya ASALKAN musangnya sudah sangat jinak.... meski begitu, patut diawasi juga saat anak main dengan musang.... yah kita tidak tahu accident kapan akan terjadi. amannya sih mending jangan dibiarkan main dengan musang... :)

      Delete
  42. Salam dok....
    dok mau nanya nih....
    ini muspan saya ko makan nya apa yg saya makan dia juga makan ya dok, smpe saya pernah makan ketoprak klo saya ga kasih kuping saya jdi korban nya.... yg ada skrng muspan saya badan trakhir saya timbang udah mau ampi 5kg di umur 8 bulan apa normal itu dok?
    mohon pencerahan nya dok?
    trimakasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin memang udah karakternya rakus, mas, hehehe...
      tapi sebaiknya jangan terlalu gemuk. takutnya nanti malah gagal jantung, bahaya juga. coba beri makan buah2an saja. pisang dan pepaya. sering2 diajak jalan2 juga biar lemaknya bisa lebih jadi otot, jadi gak hanya numpuk...

      selengkapnya silakan baca artikel cara agar musang obesitas tetap sehat...

      Delete
  43. Dok musang baby saya suka gigit tangan itu kenapa ya dok tapi dia gk hissing .. Itu becanda atau gimana?? Apakah besuk kalo musang udah dewasa hilang apa nggak dok??

    Sekian makasih dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. wajar namanya masih baby biasanya suka kepo dengan cara gigit2 becanda... :)
      hmm, tergantung sih mas. kalau sifat musangnya kekanak-kanakan biasanya sampe gede suka becanda gigit2 kecil gitu..... gak ngebahayakan kok asalkan mas tetap jinakkan aja... intinya sabar... :)

      Delete
  44. Maaf dok sebelumnya, tp sy pernah baca artikel lain dokter mengatakan bahwa musang hanya menggigit jari dan tangan. Tapi kenapa gambar di atas musang menggigit telinga. Mohin pencerahannya dok. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam beberapa kasus, ada juga musang yang kerap menggigit telinga. namun bukan untuk menyakiti. mereka menggigit karena pengen tahu 'ini bisa dimakan gak ya?'. :)

      itu bukan menggigit. musang yang anakan biasanya lebih tajam aroma penciumannya, sedangkan area sekitar kuping manusia adalah salahsatu area yang memiliki aroma khas. makanya wajar kalau anakan musang suka mengendus2 daerah bagian kuping.

      Delete
    2. Ow gitu dok... musangku semalem lepas hilang di kebun salak pdahal proses penjinakan... Udah seneng bgt 2 hari bisa kugendong n pangku, pas lepas cepet bgt larinya si jojo :'(

      Delete
    3. yaah, sayang banget.... :)
      tapi gak apa2 mas.... sabar aja... :)

      Delete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. dok.. saya punya musang umur 2 bulan.. tapi aktif banget.. kalo di keluarin dari kandang dia suka gigit" awal nya suka gigit pelan tapi lama kelamaan makin kerasa kayak geregetan gtu..
    wajar kah dok?? cara ngurangin dia suka gigit itu gimana ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar. umur kayak gitu emang lagi kepo. :)
      sering2 diajak main,mas/mbak. ajak ngobrol juga (serius, ngaruh. soalnya musang bisa baca pikiran kita). dan usahakan jangan takut kalau dia gigit. anggep aja biasa. kalau mbak/mas takut dan dia tahu (sekali lagi, musang bisa baca pikiran kita), dia malah makin seneng ngerjain mas/mbak.... :)

      silakan baca2 artikel saya tentang musang yang lain. :)
      jangan lupa juga share artikel ini ke facebook, hehehehe...


      saya tunggu kabar selanjutnya

      Delete
  47. iya dok.. udah biasa kok kalo masalah di gigit mah.. berarti wajar ya dok?? takut knpa" soal nya dia abis gigit kayak langsung loncat gtuhh :)
    kalo masalah belom anteng nya juga wajar kah dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok kalau gigit mah... :)
      kalau agar biar musang anteng, mas/mbak bisa baca artikel cara agar musang anteng. cari aja di bagian cari artikel...

      Delete
  48. hehehehe.. makasih ya dok.. saran nya ampuh :) soal yg anggep biasa aja pas di gigit :) sekarang dia cuma gigit jail aja :)
    makasih ya dok :)

    ReplyDelete
  49. kabar baik dok :) 2 hari ini gruffy musang ku udah gak suka gigit serius.. paling cuma ngajak becanda aja.. tapi kalo malem suka over gigit nya :)
    pertanyaan nya.. boleh gak sih dok.. musang di freeroom seharian gtu.. saat kita tidur pun di biarkan berkeliaran gtu??? takut nya dia gigitin kabel trus knapa" gtu dok :) soal nya kan gak di awasin kalo tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya gak masalah difreeroom seharian. namun ya itu, yang mbak takutkan bisa saja terjadi. :)
      gini aja. siang boleh mbak freeroom (sebelum di freeroom, pastikan kasih makan dulu biar dia gak gigit2 sembarangan). nah kalo malam, kandangin aja. karena kalau malam musang emang lebih agresif. mereka kan hewan malam. itu juga sebabnya kenapa gruffy lebih keras gigitnya kalau malam... :)

      kalau dari cerita mbak, si gruffy kayaknya sengaja lagi ngetes keberanian mbak. iya, kadang musang begitu. mereka mencoba keberanian ownernya. kalau ownernya takut, mereka malah makin buas. pun jika ownernya berani melawan, mereka makin buas juga. bersikap biasa2 aja, jangan terlalu menunjukkan kalau kita berani, juga jangan takut.

      kalau dulu si bruno musang bulan saya, saya omongin aja kalau dia lagi sensi, saya ajak ngobrol, kadang sambil saya elus2. ngaruh emang? ngaruh kok. semua hewan bisa mengerti omongan kita. dan hewan nocturnal bisa lebih mudah mengerti ucapakan kita daripada hewan diurnal... :)

      Delete
  50. satu lagi dok.. mau tanya.. suara berisik di sekitar musang bisa mempengaruhi mood dia kah??
    malem ini musang saya agk over .. gak biasanya dia segalak ini..
    apa mungkin karna saya baru pindah kamar?? atau karna denger suara hamster lagi brantem gtu ya dok??
    karna gak biasanya tangan saya masuk langsung di gigit" gtu.. tempat mnum nya aja smpe lepas di tarik dia entah gmana caranya :(
    apa bisa kembali ke karakter dia yg jinak dok???

    ReplyDelete
  51. jadi gak boleh terlalu keras juga ya dok ..
    okee okee.. makasihh ya dok.. :)
    apa umur 2 bulan udh boleh di puasain dok?? biar bisa belajar makan pisang langsung.. gruffy gak terlalu suka makanan keras soal nya dok.. jadi masih makan bubur sun campur susu aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dulu. kalau umur 2 bulan, mbak bisa sepet aja pakai suntikan kecil yang ada selangnya. biasanya ada tuh yang jual di abang2 penjual mainan di depan sd, hihihi. potong aja selangnya, sisa 10 atau 5 cm, blender pisang sunpride atau pisang lampung, lalu sedot ke dalam suntikan tadi. pegang musang dengan tangan kiri (pakai kain kalau emang ragu2), lalu masukkan selang ke mulut musang, lalu suntikkan perlahan... :)

      Delete
  52. oke oke dok
    kmren saya coba ksih pisang yg di alusin dia gak mau.. apa mungkin kurang halus ya dok ..

    baik nya umur berapa dok dia bisa di ajarin makan buah gtu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur 2 bulan atau 3 bulan udah mulai bisa disepet pakai buah.... :)

      sehat mbak musangnya? :)

      Delete
  53. rumah saya ada 2 musang udah cukup lama bersarang di plafon rumah saya . saya bingung dan ketakutan. apa musang itu bisa berbahaya utk anjing anjing saya ( anjing saya tipe anjing kecil )? . di surabaya ada yg bisa nangkep musang dan siapa tau ada yg mau adopt. please help.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mbak gabung ke grup pecinta musang surabaya di facebook...

      Delete
  54. oke dok..
    sehat dok.. alhamdulilah :)
    cuman body nya kurang montok dok :v

    ReplyDelete
  55. Dok mau nanya musang saya kira2 umur 3 4 bulanan saya hasil nangkep sendiri di loteng kira2 udah 2 minggu ini dia udah mau saya elus elus tapi saya pengen gendong dok kalo dia di pegang atau ditarik keluar dari kandangnya selalu gigit keras dong bagaimana caranya agar dia tidak agresif supaya saya bisa gendong dan ajak main?

    ReplyDelete
  56. Haruskah musang di vaksin? Dan vaksin apakah yg cocok buat musang dok?? Dan kalau tidak di vaksin adakah penyakit berbahaya yg dapat menular dr musang ke manusia dok?? Tlg di jwb yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus. yang penting kebersihan kandang dan musangnya dijaga baik2, dan cara memeliharanya benar.
      penyakit musang yang bisa menyebar ke manusia ada beberapa. silakan baca artikel saya penyakit musang yang bisa menyebar ke manusia. cari di bagian cari artikel... :)

      Delete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Dok mau tanya musang saya usia 3 bulan .. tadi giginya dipotong . Terkena gusi nya dan berdarah ... lalu dia sprti stres dan ga mau makan .. slusi dan obatnya apa dok . Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak potong sendiri atau gimana? dia lagi kesakitan itu mbak.
      kenapa gak pangkur di dokter hewan aja.... agak susah sebenernya untuk kasih obatnya... mending bawa aja ke dokter hewan agar mendapatkan antibiotik dan obat penghilang nyeri...

      Delete
  59. Hii dokter fira :) saya mau bertanya tentang musang saya yg bernama si doly dok :) kenapa ya dok si doly kaya flu gtu dok, tapi air liurnya tidak berlendir, air yg keluar dari hidungnya doly juga kaya air biasa gtu dok ga kentel kaya ingus, makan tapi lancar dok sehari dia makan 2 ceker, 3-4 pisang kepok kuning, fesesnya sih bagus dok ga ada tanda tanda penyakit yg berakibat fatal, si doly musang pandan dok jenis kelaminnya betina umurnya sekitar 6 bulan dok, sudah saya kasih pepaya sama madu hitam 1 minggu juga flunya tidak mau hilang dok, itu penyebabnya knpa ya dok ? Apa berakibat fatal sama kesehatan si doly ? Oh iya dok satu lagi, kalau saya kasih madu hitam pahit propolis ke doly setiap hari itu boleh gak dok ? Terimakasih semoga dokter fira bisa membantu dan memberi saran terbaik buat si doly :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas sering2 dijemur si doly. cara menjemur musang ada kok artikelnya. silakan cari di bagian search....

      soal supplemen untuk musang, sebenernya saya lebih menyarankan sari kurma untuk musang. pakai sarikurma aja mas. :)

      Delete
  60. Panggil saya kemal aja dok jangan mas hehehe :D sudah dok saya sudah jemur 10-15 menit itupun saya jemur di matahari pagi, doly juga kalau saya jemur atas kandangnya saya kasih kain tipis dok, kalau madu hitam itu bisa membuat pencernaan si doly sakit gak dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, mas kemal, hihihihi....
      jangan madu hitam. saya lebih menyarankan sari kurma sebenernya... :)

      atau mas bisa baca artikel saya cara memperlancar sistem pencernaan musang

      Delete
  61. Okay dokter fira nanti saya kasih sari kurma buat si doly :D dok tapi gppa kan dok si doly kaya flu gtu cuma saya bingungnya kaya air gtu dok ingusnya -_- tapi makan lancar kok dok, itu berpengaruh gak sih dok sama kesahatan si doly flu nya :(:(:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya air gitu, bukan masalah serius. kemungkinan karena debu atau kotoran. coba cek kebersihan ruangan di sekitar kandang dan kandangnya....

      sama aja kayak manusia, mas. kalau kita banyak kena debu, hidung kita jadi meler karena saat hidung kena debu, maka hidung kita akan mengeluarkan cairan untuk menetralisir dan membuang kuman dan bakteri di dalam debu tadi, mas.... makanya kalau pilek, jangan minum obat, cukup minum multivitamin dan jaga kondisi tubuh agar tetap fit. gunanya apa? agar daya tahan tubuh kita kuat biar bisa menangkis flu tadi secara alami...

      secara prinsip musang juga sama. makanya saya sarankan memberikan sari kurma biar daya tahan tubuh musangnya lebih kuat.... :)

      Delete
  62. Terimakasih dokter fira sudah cukup jelas, skrg sudah terjawab knpa doly bisa bgtu :D dokter, saya punya kata kata nih buat dokter, dokter tau gak bedanya musang sama dokter fira ? Kalau musang kan suka menggigit tangan saya, kalau dokter sudah menggigit perasaan saya untuk mengetahui tentang binatang hehehe :D:D

    ReplyDelete
  63. Malam dokter...sekitar 3 minggu yang lalu saya merasakan bau yang sangat menyengat di rumah saya,dan sampai sekarang pun masih sama, dan baru malam tadi saya tau ternyata ada musang liar yang tinggal di atas plafond rumah.
    Saya khawatir dan takut akan dampak bila ada penyakit yang di bawa oleh musang tersebut.
    Mohon saran apakah yang harus saya lakukan? Apakah usir atau biarkan musang tinggal di atap? Atau apa yang harus saya lakukan agar bau itu hilang dan tidak akan ada penyakit yang muncul akibat tinggal bareng musang?
    Mohon pencerahan dan bantuannya ya dok..
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarkan aja si musang di atap biar aura positifnya dia sekalian menjaga rumah. sesekali coba berikan makan, biar dia gak memangsa hewan ternak di sekitar rumah. kasih aja pisang matang atau pepaya matang.

      musang liar yang bersarang di plafon biasanya tidak buang air di dalam rumah. mereka lebih sering buang air (berak) di tanah atau di luar rumah yang ada tanahnya. jadi kecil kemungkinan ada penyakit yang disebarkan si musang karena buang air di dalam rumah.

      inilah sebabnya musang mampu menjaga ekosistem sekitarnya dengan menyebarkan biji dan memberikan pupuk alami ke pohon atau tumbuhan sekitarnya....

      agar baunya berkurang, mas bisa pasang pengharum ruangan. emang mas gak suka dengan bau pandan ya? :D
      kalau saya sih suka baunya.

      Delete
    2. oh gitu ya bu.. terima kasih banyak atas saran dan masukannya, tadinya saya mau minta tolong security di komplek buat usir itu musang, tapi sepertinya saya pertimbangkan lagi, maaf saya kurang suka dengan bau pandan nya karena agak membuat saya jadi pusing, kebetulan memang rumah hanya saya tempatin pas wikend saja.

      Delete
    3. oh ya udah. mendingan jangan diusir mas, kasian. apalagi kalau nanti dia sampai tertangkap warga dan dibunuh... :(

      Delete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  65. Bu dok mw tnyak pelihara musang rase apa lenisulit lgi dri pada pelihara musang pandan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. memelihara musang rase lebih susah dibandingkan musang pandan. :)

      kalau untuk pemula, mending musang pandan anakan yang sudah makan sendiri

      Delete
  66. dok musang baby saya umur sekira 2 bulan lebih bulu nya longkap , apa itu pergatian bulu/ hair loss ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. longkap maksudnya?

      kandangnya dijaga kebersihannya? apakah dia sering garuk2 badannya? :)

      Delete
  67. Dok mau tanya, ada ngga sih gejala yang timbul setelah kena gigitan musang pandan, saya baru beli musang di pasar hewan. Nyoba untuk bikin si musang percaya, malah di gigit, dan gigitannya menimbulkan lobang sebesar taringnya di bagian atas jari telunjuk saya

    ReplyDelete
  68. Dok mau tanya, ada ngga sih gejala yang timbul setelah kena gigitan musang pandan, saya baru beli musang di pasar hewan. Nyoba untuk bikin si musang percaya, malah di gigit, dan gigitannya menimbulkan lobang sebesar taringnya di bagian atas jari telunjuk saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas sampe rumah langsung coba dijinakkin? harusnya dikarantina dulu, mas.
      biar dia tenang dulu. minimal selama 1 hari, biarin aja dia. gak usah dipegang2 dlu. cukup kasih makan aja...

      perawatan lukanya, bisa dibasuh pakai air campur cairan antiseptik dettol cair. kunjungi dokter jika ada gejala2 lebih lanjut... :)

      Delete
  69. Assalamu'alaikum dok.
    jojo (musang saya) bulu ekornya kaya bekas d kerok gitu dok botak, ada sekitar 2cm, apa itu hairloss atau apa dok ?
    apa harus d obatin atau nanti bulunya tumbuh sendiri dok. minta pencerahannya. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung rontoknya karena apa. dia sering garuk2 atau gosok2 bagian yang hairloss? kalau iya, kemungkinan ada kutu. sayangnya mas gak ngasih tau umur jojo berapa. kalau udah dewasa, bisa dimandikan.

      kalau dia gak garuk2 bagian yang hairloss, nanti tumbuh sendiri. silakan baca artikel saya yang berkaitan dengan cara mencegah bulu rontok pada musang...

      Delete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. hallo dok.. mau tanya nih.. saya adopt muspan dr temen. cuman waktu awal tu gak tau umurnya berapa,masih merangkak...ni 3minggu ditanganku..udah mulai tumbuh gigi nampaknya. tu umur berapa ya kira2..sampe sekaran cm ku kasi susu dan**w bubuk mix sun pisang.. pup dia bagus putih ujung coklat..cm dr kemarin tu gak terlalu mau dot. bandannya sempat kejang2 sambil teriak2..kirain mau mati.tp aku angkat trus aku angetin sambil dikekep. anget kali ya...ditaro lagi ya kejang2 lagi.total dah 3x. kandang dia masih di kardus gede yg diberi lampu 5watt supaya dia anget.. knp ya dok. sedih juga rasanya liat dia ky gitu :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur segitu emang sangat rentan, mas.
      coba mas baca artikel cara memelihara bayi musang.

      saran saya yang pertama, jangan kasih susu dancow. bisa jadi dia dehidrasi karena mencret akibat kandungan laktosa pada dancow. mencret gak fesesnya?

      silakan baca artikel saya dlu ya..

      Delete
  72. dok mau tanya bagaimana caranya mengetahui perbedaan anak musang dan anak tikus dok?? Soalnya kan hampir mirip tuh dok,, makasih mohon dijawab dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari moncong dah keliatan.
      baunya juga beda.
      ukuran juga.
      bulu di ekor, lebih banyakan anak musang bulunya dibanding anak tikus. :)

      Delete
  73. Jadi dok kalau kita sering di gigit ,musangnya udh ga seneng gigit lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang mengigit kita hanya untuk mengetahui:
      1. apakah kita terlihat ketakutan saat dia gigit (mengintimidasi)
      2. dan apakah 'barang yang aku gigit ini bisa dimakan?'
      yang paling penting sih sebenernya poin pertama. kalau poin pertama lulus alias kita gak keliatan takut saat di gigit, dia akan berhenti gigit kita lagi... :)
      perlu pembiasaan. biasanya kita takut hanya pada awalnya saja. setelah beberapa kali di gigit, dia akan berhenti gigit lagi dan kita pun akan terbiasa digigit. gak kaget lagi kalo digigit... :)

      Delete
  74. tanya dok,, klo musang musti d vaksin atau suntik rabies ga ?? trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada artikelnya apakah musang perlu divaksin. :)
      silakan baca dlu...

      Delete
  75. dok klo musan umur 3 bln boleh dimadikan ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan udara lagi hangat (bagusnya pagi2 yang ada matahari).... jadi abis dimandikan, bisa mas jemur... :)

      Delete
  76. dok mau tanya , kandang yang bagus buat musang yang kaya mana ya dok .

    ReplyDelete
  77. ,dok kalo dia nafsu makan nya kurang apa dia sakit ya dok ,dari fase tahi nya sih bagus , trus terakhir saya kasih makan telur sama tempe .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandang yang bagus buat musang bisa menggunakan kandang kelinci yang ada alasnya itu loh mas. :) gak mas kasih makan buah? usahakan minimal seminggu sekali kasih buah mas, biar sistem pencernaannya bagus. kalau untuk menambah nafsu makan musang, mas bisa kasih dia sari kurma... maaf baru balas ya... saya sedang sakit sekarang.... kabari saya lagi... :)

      Delete
  78. kalo dia pilek , bisa nular ke kita gak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya, pileknya musang gak bisa nular ke kita. tapi pilek kita bisa nular ke musang. CMIIW....

      Delete
  79. kalo saya ajak keluar malem itu batas nya sanpe jam berpa ya dok , soal nya takut dia kedinginan trus mati deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jam berapa aja boleh asalkan diawasi. musang juga kan emang hewan malam, jadi gak masalah berapa lama dia diajak main kalau malam....

      Delete
  80. kalo saya kasih makan pisang , kok dia banyak BAB ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. dan bagus kalau musang banyak bab selama bab-nya gak mencret... :)

      Delete
  81. selain sari kurma , yang bikin dia tambah nafsu makan nya kalo saya kasih madu gkpp kan dok

    ReplyDelete
  82. Dok punya artikel sejenis ini tp untuk otter ( resiko memelihara otter), krn sy tertarik memelihara otter. Thanks

    ReplyDelete
  83. Kalo saya kasih diminumnya itu saya campurin madu tiap hari , itu gkppbkan dok , apa ada efekbsamping nya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa2 mas, asalkan madunya madu asli..


      KNP gak kasih sari kurma aja ma's?

      Delete
  84. Dan vitamin apa ya dok yang cocok unttuk musangb

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja sari kurma yang alami, mas.... :)

      kasih madu juga gak apa2, tapi setau saya kalau madu kalau kebanyakan malah bikin mencret.... :)

      Delete
  85. Soal nya saya dirumah ada madu asli dok

    ReplyDelete
  86. Dok , kan barusan saya nutup pintu kena kaki musang saya , trus dia ngesot gitu jalan nya , padahal baru kaki dia baru sembuh abis pincang juga , ini udah pincang lagi , padahal dia cuma kesenggol pintu doang dok , kok gitu ya dok , kok musang saya rentan terhadap benturan

    ReplyDelete
  87. Musangg saya umur 7bulan sekarang ,terakhir makan : ikan , ayam , sama telor . Dan makanan apa ya dok supaya dia kuat (gak gampang pincang ) terhadap benturan atau apapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas ya mas....

      kalau biar dia tahan terhadap benturan, kayaknya susah deh mas keciali mas operasi musangnya, tulangnya cor pake semen. hehehe. becanda mas....

      paling mas bisa kasih dia asupan kalsium. bisa pake exoterra, suplemen kalsium bubuk. kalau dari makanan yang sekarang sih udah cukup kalsiumnya....

      Delete
  88. Dok musang saya ini , 1hari cuma makan 1 kali , itu juga dikit banget , saya bingung mau ngasih sari kurma , tapi ada jual dimana , terus biar daya tahan tubuhnya meningkat biar gak gak gampang sakit kasih apa dok

    ReplyDelete
  89. Saya bingung soal nya , ningkatin nafsu makan dia ini dok . Mohon bantuan nya dok

    ReplyDelete
  90. Dan biar saya gak nunggu terlalu lama jawaban dari dokter , dokter ada id line ?, takut ada apa apa dari musang saya .

    ReplyDelete
  91. Dok musang saya digigit musang jantan semi jinak sampai bengkak besar sekali.. bagaimana solusinya ya dok? Bagaimana pengobatannya?

    ReplyDelete
  92. Dok musang saya digigit musang jantan semi jinak sampai bengkak besar sekali.. bagaimana solusinya ya dok? Bagaimana pengobatannya?

    ReplyDelete
  93. Dok saya mau nanya muspan saya sifatnya one man bisa gk dok dihilangkan sikap one man nya

    ReplyDelete
  94. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  95. Dok saya baru saja mengadopt musang pandan tapi kenapa musang pandan saya seperti kesusahan jika mau makan padahal udah saya hancurkan makanan nya apa karna gigi nya ya dok takut nya oleh pemilik sebelum nya telah di pangkur dengan cara yang salah dan membuat musang tersebut sakit, oia dok apakah gigi musang yang telah di pangkur dapat tumbuh kembali seperti semula?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemungkinan karena dia masih kesakitan karena giginya dipangkur secara salah. ada luka nggak di bagian gusinya?

      coba kasih makanan yang lembut2 dulu, kayak bubur bayi promina dan oats. kasih kabar lagi mengenai ada atau nggaknya luka di gusinya ya mas..

      Delete
  96. mohon pencerahannya bu, sy piara musang rase (momo)dri belum tumbuh gigi, skrag umur kurleb 6bln,betina, aktif, digigit2 dah biasa, dri awal udah biasa freeroom dkandang saat mlam sja, tpi mnggu" ni kluarga dbuat jengkel momo, kmren tgl 5 nerkam ank bebek, mngkin mw dmkan tp misinya digagalkan sma adek sya, tgl 9 sblum isya tiba" mnyelinap kluar, pas msuk rumah mlh bwa anakan ayam agak bsar, untungnya ayamnya msh bsa dslamatkan, pagi ini nerkam anak bebek lagi. pdahal sya ksih mkan shri 3x, hmpir smwa yg q mkan dia doyan. sbenarnya sya ksihan bu kalo lhat musang dkandang, gk tega, apa sbaiknya momo dfull kandang bu?, apa ada alterntif lain?
    mhon pencerahannya, hehe maaf curhatnya bnyak..

    ReplyDelete
  97. Mau nnya dok, musang saya udah 1 bulan dipelihara, umurnya -+4bulan. Tpi blm bisa d gndong.. dan msih sering gigit.. solusinya gmna ?

    ReplyDelete
  98. Mau nnya dok, musang saya udah 1 bulan dipelihara, umurnya -+4bulan. Tpi blm bisa d gndong.. dan msih sering gigit.. solusinya gmna ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. resiko pelihara musang ya digigit, mas. :)
      gak mau digigit musang, ya jangan pelihara musang.

      belum bisa gendong atau masnya yang gak mau coba? kalau mas punya sweeter atau jaket yang ada kupluknya, coba aja gendong di bahu. pake sweeter dan kupluknya buat jaga2...:)

      Delete
  99. Dok saya mau tanya jika musang yang sudah jinak banget ketika di lepas di alam liar apakah naluri berburunya akan kembali lagi?
    Jika tidak bisa kembali lagi, apa ada cara agar naluri liar nya bisa kembali lagi?

    ReplyDelete
  100. Dok saya mau tanya jika musang yang sudah jinak banget ketika di lepas di alam liar apakah naluri berburunya akan kembali lagi?
    Jika tidak bisa kembali lagi, apa ada cara agar naluri liar nya bisa kembali lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah jinak banget atau jinak aja? maksudnya, apa dia masih suka nyerang mas? atau udah gak nyerang samasekali? bonding gak?

      cara menumbuhkan kembali naluri liar musang biar dia bisa dilepas liar kembali adalah dengan memberinya pakan hidup. pakan yang kira2 bisa dia temui di habitat barunya. mas bisa kasih dia emprit hidung atau kelinci hidup. biar dia bunuh dan makan sendiri di kandangnya...

      Delete
  101. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  102. Musang saya jinak dok,adoptnya dari baby. Cuma dia hiperaktif banget. Di gendong aja gabisa diem. Kan kadang saya freeroomkan kalo main lari larian trus dateng dateng gigit trus lari lagi dateng gigit. Itu biar ga gigit gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar musangnya gak gigit? gampang.
      jual aja musangnya, hihihi. itu dia ngajak becanda aja mas. mungkin emang karakternya iseng, ditambah lagi mungkin mas kesel atau takut kalau dia gigit, makanya dia ngisengin mas terus, hehehe. mereka bisa tahu loh apa yang ada di pikiran ownernya...

      wajar kok musang gigit... apalagi dia udah mas pelihara dari bayi, dia udah kenal banget sama masnya....

      Delete
    2. Bukan takut dok. Adek saya yang takut. Soalnya kemaren malem adek saya tidur digigit sama dia

      Delete
    3. oh ya. kalau emang adek mas masih kecil, mending jauhkan aja. ya namanya musang, sebagai hewan buas kan mereka gak bisa milih2... :)

      dan emang udah nalurinya seperti itu...

      Delete
  103. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  104. Bu dokternya lucu dan gokil :D
    Hehe

    Makasih atas smua infonya bu..
    Cma mau nanya klo muskar di kawinin jantannya harus di pisahin ya bu..
    Gk bisa ikut mlihara anaknya ya?

    ReplyDelete
  105. Bu dokternya lucu dan gokil
    Hehe

    Makasih atas smua infonya bu..
    Cma mau nanya klo muskar di kawinin jantannya harus di pisahin ya bu..
    Gk bisa ikut mlihara anaknya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah positif yang betina hamil, iya mas. yang betina bisa dipindahkan ke kandang lain, terus kandangnya ditaro di ruangan yang gak bising... yang tenang... :)

      Delete
  106. kak,saya mau tanya? saya punya musang bulan, jenis kelamin jantan umur 8 bln tapi akhir2 ini kelakuanya jadi aneh kak, dia sering ambil sendal tetangga saya terus disembunyiin di bawah kasur! apa tingkahnya itu masih wajar kak? atau memang kelakuan semua musang dewasa ky gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah, kasus unik lagi. hehehe. nggak semua musang bulan kayak gitu. :)
      yang pasti, musang itu mengenali tuannya dari bau. mereka juga mengenali sekelilingnya dari bau tubuh manusia atau udaranya. mereka kerap tertarik sama benda yang memiliki bau khas. buka hanya benda, musang juga kadang mengigiti bagian tubuh manusia yang punya bau khas kayak jempol kaki, kuping, ketiak, dan sebagainya.

      jadi, wajar kalau musang mas sering ngambil sendal orang. mungkin menurut dia baunya unik. dan si pemilik sendal juga kakinya bau, hehehehe.

      jadi ya biarin aja. kalo dia ngambil sendal orang, ya balikin aja ke yang punya.

      kalau siang gimana? dia anteng kalo siang?
      kalau emang masnya mau tidur, masukkin aja ke kandang. masnya merokok? kalo gak merokok, taro kaus bekas pakai mas di atas kandang, dijembrengin. jadi bau tubuh mas bisa kecium terus sama dia. dengan begitu, biasanya musang lebih tenang.

      dari segi kesehatannya gimana?
      kabari terus ya mas.

      Delete
  107. kalo dikandangin malah brisik, kandangnya di tendang2 sama dia (musang), soalnya udh biasa dilepas dari kecil, kalo dikandangi malah ngamuk, jadi hampir tiap malam saya jagain, caapeeekkk kaakkk😔😔😔😔😩😩

    ReplyDelete
  108. kalo siang sihh anteng2 aja kak, tapi kalo malam baru deh dia bertingkah aneh! dia itu beraksinya slalu malam, kaya james bond aja! kalo dikandangin brisik kak mulutnya juga jadi luka karna gigitin kandang, tapi anehnya dia gk kabur walau dilepas, pernah dia (musang) gk pulang 1 minggu, saya kira hilang tapi pulang tuh, apa dia kesepianyaaa? jadi dia sering keluar malam dan ambil sendal tetangga saya. kalo musang jantan udh masuk musim kawin dan siap kawin ciri2nya ky apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus. emang musang kan dasarnya hewan nocturnal. aktif di malam hari.

      soal musang sudah siap kawin, sudah ada artikelnya: CIRI MUSANG BIRAHI. coba aja baca.

      kayaknya sih musangnya udah bonding sama masnya. atau bahkan imprint. cmiiw... :)

      nama musangnya siapa?

      Delete
  109. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  110. nama musang saya chiko kak, saya nemu di depan rumah waktu dia masih baby, jadi saya adop aja. habisnya kasian, kalo dibiarin aja nanti mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, wajar kalo chiko bonding. Karena masnya rawat chiko dari dia baby.
      Selama ini fesesnya gak mencret kan? Cara tau musang sakit atau nggak bisa dilihat dari tahinya. :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.