Monday, January 13, 2014

Cara Memandikan Musang | Drh. Fira Sovica

Memandikan musang adalah hal wajib bagi pemilik musang. Tips cara memandikan musang berikut ini penulis susun berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara musang. Bagi anda yang baru mau belajar cara memelihara musang, anda bisa membaca artikel saya cara merawat musang sebagai hewan peliharaan. Mau beli musang? Cek dulu artikel pasaran harga musang.
Cara Memandikan Musang

Dan berikut adalah

cara memandikan musang


Perlengkapan untuk memandikan musang:
1. Sampo khusus kucing, bisa dibeli di petshop terdekat. Bisa juga diganti dengan sampo bayi yang tidak pedih di mata.
2. Hair lotion untuk bayi.
3. Air dari keran yang dialirkan selang. Bisa juga menggunakan gayung.
4. Sarung tangan dari bahan kain tebal (jika diperlukan).

Waktu yang tepat untuk memandikan musang:
Waktu yang tepat untuk memandikan musang adalah pagi hari, sekitar jam 7 hingga jam setengah 9 pagi hari. Hal ini karena musang akan dijemur setelah di mandikan. Selain dapat memberikan asupan vitamin D, penjemuran juga berguna untuk membunuh sisa-sisa bakteri dan jamur yang mungkin saja masih tersisa di tubuh musang.

Proses memandikan musang:
1. Lepaskan dasar kandang musang, lalu pindahkan kandang musang ke ruangan tempat memandikan musang.
2. Langsung siram musang di dalam kandang dengan air hingga rata.
3. Tuangkan sedikit sampo kucing ke tangan anda, lalu gosok perlahan ke tubuh musang hingga merata dan berbusa. Jika musang masih galak atau semi jinak, anda bisa menggunakan sarung tangan.
Saya lebih menyarankan anda untuk tidak menggunakan sarung tangan. Hal ini dikarenakan banyak musang yang 'agak sentimen' dengan sarung tangan.
4. Bilas tubuh musang hingga semua sisa sampo bersih, kemudian jemur di terik sinar matahari hingga setengah kering.
5. Setelah setengah kering, pindahkan musang ke tempat teduh, lalu usapkan hair lotion ke tubuhnya hingga merata.
6. Jemur kembali musang kira-kira 5 menit.

Demikian

cara memandikan musang

. Semoga tips diatas bisa membantu anda dalam memandikan musang. Saran, komentar, serta kritik bisa ditulis di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

254 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 254   Newer›   Newest»

Mulai umur berapa musang boleh dimandikan? mengingat kalau masih terlalu kecil saya takut kalau malah kedinginan dan akhirnya malah sakit...
Terima kasih

bener, mas. musang bisa dimandikan mulai dari umur 3,5 bulan.... jangan lupa jemur musang setelah dimandikan tanpa kena matahari langsung (bagian atas kandangnya ditutup kain tipis).....

sama aja seperti cara di atas, mas... :)
cara menjinakkan musang bisa mas search di menu cari artikel diatas.... :)

fingsi hair lotion buat apa dok ?

agar bulu musang tumbuh subur dan menjaga agar kulit musang tidak kering....

maksudnya tidak kering di sini = kulit musang tetap lembab. :D

ohh itu fungsinya , makasih dok penjelasannya :)

sip. kalo perlu nanya2, ke blog ini saja mas... saya tunggu... :)

Boleh sebut merk g dok,hair lotion yg cocok untuk musang??

saya biasa pake untuk musang merk Cussons... kadang juga pake minyak kemiri. beli aja yang botol kaca, warna cairannya agak kehijauan, merknya kalau tidak salah cap 3 anak...

Sblumnya saya ucapkn trimakasih u/k infony dok,saya mau tanya laginech.Musang saya kira2 umur 3bln lbih&saya masih baru dlm memelihara musang.slma ini saya sllu bri makan pisang,pepaya&trkdng saya bli daging ayam penyet yg sblumnya sudah direbus pnjual,tnpa digorwng lagi.kira2 buah apa saja yg bisa dimakan musang dok?saya sring krwpotan tuk cari makanan musang,selain saya g tau altrntf makan lain,waktu saya jg trbagi dgn pkrjaan dok,saya tunggu infonya y dok,thanks.

kalau memang si musang suka, mas bisa kasih nasi + kecap, diaduk dlu.
selain itu, telur rebus.

tapi tetap makanan musang yang paling baik adalah pepaya. jadi pagi-sore bisa diberikan nasi + kecap atau telur, malamnya tetap kasih pepaya... :D

Kalo musangnya dipegang ngak bisa diem apa lagi di taro di lantai maunya lari kemana" tapi dikandang dipegang" malah anteng dan ngak gigit cara ngatasi musang biar anteng dihalaman gimana?

bawa ke ruangan tertutup, angkat dari kandangnya, taruh di pundak, lalu suapi makanan... lakukan secara terus menerus...
lengkapnya mas bisa baca di artikel CARA MENJINAKKAN MUSANG dan CARA MENJINAKKAN MUSANG DENGAN CEPAT... search aja di menu cari artikel di atas...

Kalo misalnya musangnya ada dua ditaronya di pisah apa disatuin?

kalau pas mau dimandikan, lebih baik dipisah dulu. takutnya malah saling cakar karena panik.... :)

oke. kalau ada problem lagi, silakan konsultasi lagi ke mari... :)

Untuk susu bayi musang, sebaiknya pakai susu bubuk atau susu kental manis ya dok?

Kalo muspan d mandi'in tiap hari gpp tha dok ??

SGM Bubuk non laktosa. :)
Inget, pilih yang non laktosa ya mbak. soalnya kalau yang mengandung laktosa dia malah bikin mncret...

JANGAN DIKASIH SUSU KENTAL MANIS. Gak cocok buat sistem pencernaannya....

Dimandikan setiap hari gak apa-apa ASALKAN habis mandi dijemur dibawah sinar matahari. Kalau sedang tidak ada matahari SEBAIKNYA TIDAK DIMANDIKAN, soalnya kalau sampai kedinginan bisa menyebabkan pilek atau bahkan kematian...

Misalnya musang diumbar diruang tertutup seperti dikamar apa bisa bikin musang jinak atau nurut. Apa ada solusi lain dok?

coba mas baca dulu CARA MENJINAKKAN MUSANG dan CARA CEPAT MENJINAKKAN MUSANG

Dok musang saya kalau di mandiin gak mau diam pengen pergi Pergi gituh supaya diam gimana cara nya

kandangin atau pegang pangkal ekornya.
kalo dimandiin di dalam kandang langsung siram di dalam kandang gitu mas....

Dok pas di mandiin rante nya putus cara memasang rante yang baik pada musang gimana

saya sarankan kalau dimandikan jangan diikat rantai dulu mas...
taruh saja di dalam kandang.. :)

Maksud nya sieh supaya d mandiin di luar biar gampang soal nya kalau gak pake rate ska pengen pergi gituh dok

Cusson yang buat badan pijit bukan don kan banyak cusson tu

Cusson yang buat badan pijit bukan dok kan banyak cusson itu

Cusson yang buat badan pijit bukan dok kan banyak cusson tu

Dok mw tanya nech... Aku baru dpat musang sekitar 2minggu, bru mau naik k tangan /pundak 4hari. Rncana mau aku mandikan prtanyaanya "apakah setelah musang di mandikan, si musang masih tetap mau d gendong atau malah jadi galak,? Cost musangnya masih semi jinak...

dateng aja ke alfamart/indomart, bilang mau beli hair lotion cussons. wanginya yang mana terserah. :)

memandikan musang gak bikin musang jadi galak kok mas. malah ada yang bilang kalau memandikan musang bikin musang lebih jinak (meski saya tidak percaya 100% terhadap teori itu).... :)

coba saja mandikan. jangan takut. jemur musangnya sehabis dimandikan. cara menjemur musang bisa mas search di menu cari artikel... :)

saya mau nanya dok , kalau memandikan musang di siang / sore hari boleh ga sih ? thx dok

baiknya sih pagi yang ada matahari, mas. jadi selesai dimandiin bisa langsung jemur... :)

tapi kan kalau siang / sore hari itu kan ada matahari juga dok ? saya kalau pagi sibuk suka ga ada waktu hehehehehe

bisa juga. tapi kalau bisa sih pagi mas. :)
sabtu minggu saja, seminggu sekali.

kalo umur 1bulan boleh dimandikan ga, soalnnya saya takut muspannya mati ke dinginan

lebih baik jangan dimandikan hingga umur 3 atau 4 bulan... :)

Kalo d kasih susu dancow boleh ga ka

kalau masih bayi banget, lebih baik jangan... :)

Saya mau nanya ka baby musng sy skitar umur 1 bln awalnya sehat maknnya jg gak telat tiba2 kok lenas gag punya tnaga makannya jg susah kalo gak dpaksa gak mau tolong minta solusinya ka kasian aq ngeliatnya gak tega

coba kasih susu SGM non laktosa. jangan sgm biasa, apalagi susu kental manis, jangan. SGM NON LAKTOSA. Tetep kasih makan, pakai pipet atau suntikan aja.... :)

sya mau nnya, klo baby musangnya masi usia dbawah 2 mnngu itu, ckup di kasi susu aja atau harus di kasi mkan juga??

kasih aja bubur sun encer.
susu kasih yang non laktosa. jangan yang mengandung laktosa karena dapat menyebabkan mencret.... :)

Kalo masih umuran sebulan boleh d bawa bepergian gak ka naik motor gt d taro kandang d iket d blakng gt....

kalau umur sebulanan sebaiknya jangan seperti itu.
bawa box aja, bawa pakai box kardus yang dilubangi dindingnya....

mba mau tnya, klo musangna gak mau mkan knpa ya??
trus tdur mulu musang'a, biasa'a 4 jam skali suka bangun klo laper bunyi

kalau memang dia masih mau makan dan masih suka bunyi2, saya kira dia masih sehat.
coba lihat fesesnya, berbau atau normal? bentuknya kayak biasa atau ada perubahan dr fesesnya? :)

iya biasa'a mkan itu doyan, trus sering bunyi tp dr kmren sore bunyi'a jarang makan'a jga kurang, pas di kasi pisang kmaren

This comment has been removed by the author.

Dok td saya dpt 4 musang d sekolah pd jatoh dr atap. Tp saya ngga tau itu masih bayi apa udah gede. Misalkan kalo udah gede masih bisa d jinakin ngga

semua musang dengan usia berapapun pasti bisa jinak... :)
silakan baca cara menjinakkan musang.

ukuran musangnya sekira seukuran gmn?

Oea dok sampo yg cocok bwt musang apa yaa

sampo bayi yang tidak pedih dimata :)

Dok musang saya masih bayi kira kira makanan nya apa yah, harus di kasih susu ngga yah biar sehat terus??

Dok musang saya masih bayi kira kira makanan nya apa yah, harus di kasih susu ngga yah biar sehat terus??

Dok musang saya masih bayi kira kira makanan nya apa yah, harus di kasih susu ngga yah biar sehat terus??

silakan baca artikel MAKANAN MUSANG. search aja di bagian cari artikel...
selain itu, baca juga artikel CARA MEMELIHARA ANAKAN MUSANG

Bagusan mana sampo kucing atau sampo bayi ?

sebenarnya lebih umum memakai sampo bayi, tapi kalau mas tedy mau pakai sampo kucing juga bisa... :)

Dok, klo musang masih bayi itu sebaik nya sering di pegang atau tidak? Mohon jawabannya

asalkan bisa cara memegangnya, gak apa2 sering2 dipegang...
sering2 diajak main... harap hati2 ya mas pas memegang anak musangnya. jangan sampe kepencet atau jatuh... :)

This comment has been removed by the author.

gak apa2 gak pake hairlotion juga... hair lotion hanya pelengkap aja kok... :)

Kl musang ditaruh tempat ber-ac boleh nggk??

boleh, tapi tentu banyak resikonya. kedinginan, ruangan jadi bau, dll... lebih aman sih mending jangan ditaruh di ruangan ber-ac... :)

boleh, tapi tentu banyak resikonya. kedinginan, ruangan jadi bau, dll... lebih aman sih mending jangan ditaruh di ruangan ber-ac... :)

Dok kalo musang saya umur nya kira" 2 bulan lebih hampir 3 bulan kalo umur segitu udah boleh di mandiin gak ya dok?

boleh aja. abis dimandiin, badannya dikeringkan.
lebih bagus, abis dimandiin dijemur dibawah sinar matahari
selama 15 menit. :)

Sore dok, maaf mau tanya
Muspan saya ga mau makan udah 2 harian
Hal yg harus d lakukan apa dok? :)

warna fesesnya apa?
sementara ini mas kasih makan jus pepaya saja untuk membersihkan sistem pencernaannya. JANGAN DIKASIH MAKAN SELAIN JUS PEPAYA. Kalau dia susah makan, mas bisa bantu pakai pipet atau suntikan. pelan2 aja ngasihnya.... :)

kalau memang dia bisa makan sendiri, pepayanya bisa dipotong kecil2 dulu... :)

Dok musang saya pas di jemur abis di mandiin, ko dia suka garuk garuk badannya yah ? Kadang dia gesekin badannya ke kandang. Itu kenapa ya dok ? Apa wajar wajar aja ?

coba air mandinya tambah cairan antiseptik dettol, mas... :)
jangan lupa untuk menggosok badan musang saat dimandkan... :)

Dok musang saya baru 1 bulan tapi dekil banget..gmn dong..kan belum boleh mandi...terus mulay umur brp harus diajari makan sndiri ? Mohon bantuan dok

This comment has been removed by the author.

Dok musang saya baru 1 bulan tapi dekil banget..gmn dong..kan belum boleh mandi...terus mulay umur brp harus diajari makan sndiri ? Mohon bantuan dok

semprot aja pakai semprotan burung, 5-6 kali, lalu lap dengan lap kering. lalu semprot lagi 5-6 lagi, dan lap lagi. :)

mas bisa mengajari makan dia mulai umur 1 bulan... :)

Trus dimulai dgn makanan apa dok ajari makannya .?
Yg saya lihat giginya blm tumbuh

mas bisa taruh makanannya berupa bubur bayi di kandang. biasanya secara naluriah mereka akan menghampiri tempat makan dan makan sendiri. diamkan saja selama 20 - 30 menit. kalau dalam 30 menit dia gak makan juga, mas bisa suapi. besoknya, lakukan hal yang sama... terus menerus seperti itu sampai dia makan sendiri... :)

Dok biar musangnya anteng saat dimandikan gimana dok??? Saya mandiinnya dengan cara di lap make tisu basah , boleh gak itu dok??, soalnya musang saya umur 2 bulan ,kalo dimandiin make air takut kedinginan

kalau masih umur 2 bulan, disemprot aja pakai semprotan yang untuk mandiin burung sebanyak 2 - 3 kali semprotan, lalu di lap dengan handuk kering. lakukan lagi penyemprotan hingga 3-4 kali. :)

Ooh begitu makasih dok atas masukannya,, oiya mau nanya lagi , musang itu gak tahan panas ya soalnya tdi pas habis dimandiin saya jemurnya kelamaan jadinya musangnya kyak pingsan gitu

semua hewan juga kalau dijemur kelamaan pasti kayak gitu mas.
beberapa jenis musang bahkan ada yang mati karena kelamaan dijemur. musang rase misalnya. jadi hati2 jika dijemur. jangan kelamaan... :)

kenapa dok gak boleh kena matahari langsung?

silakan baca artikel saya cara menjemur musang :)
baca juga artikel cara mengobati katarak pada musang... :)

Dok saya mau nanya. Musang saya kok ngak mau makan pisang ya, padahal sudah saya potong kecil2 juga ngak mau. Dia masi mau bubur bayi terus. Bagaimana cara biar dia mau makan buah2an? Umurnya baru 2,5bulan. Dan apa kuku musang itu harus di potong? Mohon sarannya dok. Makasi

Dan musang bisa di ajarin biar ngak pipis sembarangan ngak ya dok? Klw bisa gimana caranya? Makasi

ya kalau masih umur segitu gak apa2 makan bubur bay aja dlu mas. nanti umur 4 bulan bisa ajarin makan buah... :)
bisa kok. bisa diajarin pispot traning. caranya sudah saya tulis di artikel cara mengajari musang buang air di toilet.....

Dok kalok musangnya agak galak gimana cara mandiinya..

iya sama seperti di atas.... :)

kalo ngejelasin jangan pake huruf besar2, mang setiap org matanya katarak apa,setiap org perlu tau dan ingin tau,anda sebagai dokter hewan jgn begitu,,jgn pake marah2 begitu..jeasin secara rinci.

jika anda tau tentang cara pemeliharan binatang, jgn sekali kali menggunakan hurup yang besar begitu kalu menjelaskan kepada orang awam yang ingin mengetahui cara merawat hewan. anda sebagai dokter hewan sebaiknya ramah dan tidak marah dan kesal dgn menulis huruf besar2 begitu. tidak baik .

setahu saya, bahasa non verbal bisa berarti marah atau kesal hanya jika semua huruf dalam sebuah komentar semuanya. artinya jika hanya satu atau dua kata, itu artinya penegasan mas... dan seingat saya, jikalau saya menggunakan huruf besar pun itu tidak berarti saya marah. saya menggunakan huruf besar tidak di semua huruf dalam sebuah komentar, saya menggunakan beberapa kata berhuruf besar untuk menegaskan poin penting dalam sebuah komentar saja....

bisa mas jelaskan di bagian mana saya menggunakan huruf besar semua? :)

terima kasih atas kritiknya... :)

Dok musang saya umur 1,5 kena diare vara ngobatinya gmn???

Pa masih boleh saya kasih bubur bayi???
Tapi kyknya mencret karna aq kasih scot dok soalnya sblmnya gak papa,,2 hrI ni aq kasih scot sehari sekali d campur k bubur bayi alhasil jadi mencret td.....

jangan dikasih scott emulsion dulu mas. kalau umur segitu lebih baik jangan dikasih scott emulsion. cukup kasih bubur bayi aja. bisa jadi karena itu mencretnya.....

jangan dikasih susu kental manis juga.

Trrus sekarang gmn dok??
Ni kan masih mencret gak papa d kasih bubur bayi???pa d kasih yg lain???
Contohnya.....

mencretnya bukan karena bubur bayi mas. coba pastikan kandangnya bersih, jangan dikasih susu dulu, dan sering dibersihkan musangnya. karena sepengalaman saya, bubur bayi gak bikin mencret kecuali memang ada sebab lain.... :)

gak apa2 dikasih bubur bayi. atau mas bisa ganti pakai bubur bayi promina, saya biasanya pakai itu dulu... :)

Kalo misalnya mandiin musang terus dikeringin pakai hair-dryer boleh gak sama kalo saya mau ngeringin burhan yg habis mandi bisa pakai hair-dryer gak

dua-duanya sama2 tidak boleh... :)
apalagi burung hantu. kemungkinan stress sangat tinggi... :)

Mau tanya dok, baby muspan usia 1 bulan sudah dapat dimandikan apa belum..
Trus makannya itu masih saya kasih bubur sun rasa pisang sama campur susu sgm ananda...kalo saya kasih buah buahan gimana yah dok...

Mau tanya dok, baby muspan usia 1 bulan sudah dapat dimandikan apa belum..
Trus makannya itu masih saya kasih bubur sun rasa pisang sama campur susu sgm ananda...kalo saya kasih buah buahan gimana yah dok...

sebaiknya kalau umur segitu jangan dimandikan dulu mas. kasian kalau sampe hipotermia. lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat sampe bulunya agak basah, lalu lap lagi pakai handuk kering.
makanannya udah bagus. tinggal dikasih jus pepaya aja mas. kalau bisa, jus pepayanya jangan pakai gula dan jangan dikasih es. beli aja di tukang jus... :)

Dok, musang saya umur 2tahun lebih betina. sudahbeberapa bulan ini bulunya rontok parah mulai dari ujung ekor sampe ke punggung dan jg perutnya dok. Sudah saya coba bawa ke drh, suntik anti jamur, dikasih salep dari drh, sudah saya mandikan sendiri pakai shampo hewan anti jamur, sudah saya kasih bedak kutu, tapi tetap saja rontok. baru numbuh sedikit trs rontok lagi dok. keadaan kandang saya bersihkan setiap hari, tdk lembab terkena sinar matahari kalau pagi. saya sudah kehabisan akal harus gmn lagi, sedih rasanya lihat yg dulunya bulunya sangat tebal sekarang botak. apa ada solusi lain dok? terima kasih

sebenernya sih dari perawatan mas sudah bagus. hanya tinggal tunggu waktu aja mas.
emang gak bisa instan. butuh waktu juga. kecepatan tumbuh bulu musang relatif sama dengan kecepatan tumbuh rambut manusia, jadi mas harus sabar....

si musang masih keliatan menggaruk2 badannya? lakukan terus perawatannya, mas juga bisa membaca artikel saya cara memberikan bekicot sebagai makanan musang. cukup diberikan daging bekicot yang sudah direbus seminggu sekali saja agar bisa merangsang pertumbuhan bulu baru... :)

Dulu sebenernya sudah mulai sembuh dok tapi gatau knp skrg malah rontok lagi justru lebih parah.
Masih suka menggaruk trutama setelah habis saya mandikan.
Jadi saya mandikan pake antiseptik ya dok? Kalo misalnya lg kondisi kulit tdk sehat gini saya kasih minyak kemiri utk merangsang pertumbuhan bulu boleh ga dok?

Trs gmn cara ngasih dosis minyak ikan/scot emulsion utk musang agar dia lebih sehat?

Dan mau tanya kalau catfood itu sehat ga utk musang? Krn dulu sering saya kasih catfood dan akhir2 ini setelah bulu rontok cuma saya kasih pisang kepok. Apa ada makanan variasi lain utk musang? Terima kasih

kalau abis mandi dia sering menggaruk gak apa2, itu normal. kalau bulunya kering, dia sering menggaruk gak?

iya, memandikannya pakai dettol cairan antiseptik yang warna cairannya kayak teh mas. campur aja dengan air. minyak kemiri boleh, asalkan jangan banyak2.... sedikit aja...

ngasih scott emulsion bisa diberikan dengan cara dicamur ke makanannya. catfood bisa jadi pemicu kanker pada musang. boleh sih boleh, asalkan jangan kebanyakan. pepaya bagus mas buat pakan musang. selain pepaya, kepala ayam rebus juga bagus... :)

kalau bulunya kering saya jarang melihat dia menggaruk dok dan saya jg jarang lihat rontokan bulu keringnya dikandang, yg sering saya lihat gumpalan bulu basah (seperti muntahan bulu) karna mungkin dia lebih sering menjilat drpd menggaruk.
dan di kulitnya ada bercak merah entah itu luka gatal atau penyakit kulitnya

oh iya. kayaknya kalau memang tidak kutu ya penyakit kulit.
kalau boleh saya saran, mending disuntik di dokter hewan terdekat dengan suntikan anti kutu, sekalian dicek apakah benar itu kutu atau penyakit kulit....

sudah pernah dok 3 x malah dalam jangka waktu sekitar 2 bulan. dan dokternya sdh tdk menyarankan untuk terlalu banyak/sering suntik. sempat sembuh sih namun sekarang botak lagi. boleh saya minta emailnya dok biar saya bisa kirimkan foto musang saya dan foto keadaan kulit dan bulunya? terima kasih

saya setuju dengan pendapat dokternya.
sementara ini cukup mandikan 2 kali seminggu dengan air yang dicampur dettol antiseptik. jemur setelah dimandikan. jaga kebersihan kandang. jaga pola makan.... oh ya, tiap bulan sekali bisa dioles minyak kemiri sedikit2... :)

saya sih optimis masih bise sembuh mas... :)

ok makasih dok saran nya. berarti saya mandiin pake air detol lalu saya sabunin pake shampo bayi, kemudia sehabis mandi saya kasih hair lotion bayi, begitu ya dok?
btw, kalo saya mandikan hanya di sabtu dan minggu gpp? krn cuma weekend saya pny waktu untuk mandiin.

oya untuk kepala ayam rebusnya dikasih setiap hari atau gmn ya dok? boleh dicampur nasi juga ga biar lebih mengenyangkan?

semuanya bisa dipraktekkan. iya, sabtu minggu gak apa2... :)
jangan putus asa mas.. :)

Dok saya mau tanya, saya punya musang usia 1,5 bln klo misalnya cuma sekedar d lap pakai tisu basa gak papa kan dok?
Apa harus ttp d mandin biar gak kutuan, saya mau mandiin gak tega tp saya tkt musang saya kutuan klo gak d mandikan mohon pencerahanya terimakasih

tisu basahnya yang non alkohol ya mas. :)
dan sesekali (seminggu sekali), bisa mas semprot pakai semprotan burung, lalu lap dengan handuk kering.... :)

Selamat siang dok... Musang seya kena jerat jalannya ngesot masih bisa jalan tapi salah satu kaki belakangnya ndak bisa... Apakah itu patah dok... Bisa sembuh sendiri dok.. Disini ditengah hutan ndak ada dokter hewan... Mohon bantuannya

Iya dok, saya menggunakan tisu basah non alkohol. Ada sdkt pertanyaan lg dok, saya memiliki seekor musang lg yg usianya 2 bln up, utk pemberian mkn dgn cara d suap udh gak mau lg dok tp sering saya ajak main apa kira2 msh bisa bonding dok?
Maaf dok banyak tanya, ini pertama kalinya saya memelihara musang dan langsung memelihara sepasang :)

masih bisa bonding. yang penting adalah sering2 di ajak main, kalau soal pemberian makanan itu nomor 2. mas bisa baca artikel saya cara agar musang bonding dan cara agar musang anteng... :)

gak apa2, saya malah seneng jika ada yang nanya. silakan ajukan lagi pertanyaan di sini jika ada yang perlu ditanyakan.. :)

pertanyaannya sudah saya jawab kemarin di pertanyaan yang sama yang mas/mbak post di postingan saya yang lain... silakan dicek... :)

Terimakasih banyak infonya dok :)

Terimakasih banyak infonya dok :)

Dok bayi muspan sy umur 1,5 bulan gk mau di dlm kandang nangis2 dia kalo di kandangin mau nya maen2 d luar kandang explore rumah..biar betah d kandang gmn y dok

kalau umur segitu emang lagi seneng2nya eksplore. biar betah di kandang? taruh aja di kandang, gak apa2, tapi mas sering2 'jengukin', elus musangnya di dalam kandang... ajak ngobrol, karena kalau dia udah kenal bau tangan mas, dia akan menganggap mas induknya.... :)

Dok bayi muspan sy umur 1,5 bulan gk mau di dlm kandang nangis2 dia kalo di kandangin mau nya maen2 d luar kandang explore rumah..biar betah d kandang gmn y dok

Dok musang saya masih semi jinak nih dok..
dia masih kagetan mulu..
apa lg klo di mandiin dia gak bisa diem.. jd pas di sampoin gak merata..
gimana ya dok cara menanganinya??

gak kenapa2 gak merata. yang penting kena sampo.
atau opsi lainnya, mas bisa pakai glove/sarung tangan waktu mandiinnya.... pas mandiin, mas pegang pangkal ekornya agar dia bisa diam. gak apa2 kok.

silakan baca juga artikel saya cara agar musang anteng

Saya gak di biasain pake glove doc..

Alhmdllah doc, hampir semua artikel dokter sudah saya baca.. hehe..
Emanqnya juga saya baru 2 minggu siih piara musang..
Wajar kali ya dia masih kagetan..

iya wajar kalau kagetan. nanti juga kalem sendiri kok.
sering2 interaksi aja mas... :)

Ok deh siap dok.. nanti saya coba..
Mudah2n ajj cepet bonding musangnya.. hehe :)

Kalo di kasih mixak urang aring atau gesbiy , untuk buluxa boleh g dog?

minyak urang aring masih boleh asalkan jangan banyak2....
kalau gatsby sebaiknya jangan.....

Dok nanya dunk saya ingin pangur taringnya musang dimana dok trus harhanya mahl gak dok
soalnya musang saya masih semi jinak dok
saya cuma bisa elus elus trus interaksinya
kan saya pengen gendong gengong juga dok
thanxs dok sebelumnya

di dokter hewan yang bisa pangkur.
atau kalau mau, mas gabung ke komunitas pecinta musang di kota mas, lalu tanya apakah ada yang biasa pangkur. minta dia buat pangkurkan.

hati2 dibully mas, biasanya orang mau mau pangkur gigi musang langsung dibully, hihihi...

Apakah pada dasarnya musang takut dengan air Dok. ?

Karena musang saya sudah susah untuk dimandikan setelah 2 minggu tidak kena air..? Seperti ketakutan dengan air..

Mohon bantuan penjelasannya Dok.

Terima Kasih.

bukan ketakutan. tapi mungkin karena belum terbiasa aja. lama2 juga dia gak takut lagi mas...

maaf baru balas. saya sibuk banget akhir2 ini mas.. :)

dok,knp musng sya kok gk mu mkn yaa..sprti buah2an,nasi,pkok'a sgla jnis mkn'an yg biasa dimkn musang,dia mau'a minum susu.Tp dia tetap sehat aja dok,itu knp ya dok

kemungkinan karena tidak dibiasakan makan makanan yang bervariasi. silakan baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja

dok mau tanya boleh gak musang umur 1 bulan di mandikan ?? terus efek nya apa klo di mandikan?? mohon jawabannya terimakasih :) :)

This comment has been removed by the author.

Dok kaki musang saya keseleo , gimana cara ngobatinnya yaa ?

Dok kaki musang saya keseleo , gimana cara ngobatinnya yaa ?

dok musang saya umur 1 bulan boleh gak dimandikan? terus efek nya apa kalo dimandikan? mohon jawabannya terimaksih :) :)

gak usah dulu, lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat. lalu keringkan dengan dilap lagi pakai handuk kering.
kalau langsung dicemplungin ke air takutnya hipotermia (mati akibat kedinginan)..

silakan baca artikel saya cara mengobati musang yang kakinya pincang... :)

dok. mau nanya. saya baru beli musang biul. kata penjualnya makanannya tuh pisang. setelah saya kasih pisang, musang gak makan makan pisang itu,, setelah itu saya kasih pepaya...tetap aja dia gak makan-makan..malahan dia gelisah di kandang gitu sibuk sendiri...itu gimana ya dok solusi agar mau makan. saya takut musang tuh sakit..trus mati..mohon penjelasannya dok...terima kasih

sekarang gimana keadaannya? musangnya tangkapan liar ya?
coba kasih hati ayam rebus yang dicacah. taro aja di kandangnya (jangan diliatin). sesekali bisa taruh pepaya matang juga. sama caranya, jangan diliatin. kalau diliatin emang kadang gak mau makan... :)

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Dok mw tnya muspan sya masih umur 1 bln 9 hari sya ksh bubur SUN umur 0-6 bln gmna ? Soalny di toko²/alfa/indo gak ada udh sya cari² dl mencret trus soalnh sy ksh umur 1-3 thn tp skrg udh padat pupnya warnanya kuning krn sya kasih susu SUN Dan Bubur SGM rasa pisang gmna ? Tolong jawab dok sya sangat butuh ini

This comment has been removed by the author.

dari makanan sih udah bagus. jangan dikasih susu dulu ya mas. kasih makan aja pakai bubur bayi. udah makan sendiri apa masih mas sepet? :)

Sya spet kadang di dot bayi dok oh iya mw tnya ini sya bli muspan tp sellernya ktny gk tw umurny sya tambah bingung masa sellerny gk tw umurny ? Muspnku uddh ada giginya dan udh bsa bonding takutnya misal gk tw umurny sya jg gk bkl tw kpn boleh dimandikan,,dikasih buah²an,mnta pin BBM aja dok sya mau kirim ffoto dr . BBM tolong ya dok bantu sya,, sya saangat kesusahan dsni :'(

saya tidak menyediakan line komunikasi lain selain dari blog ini, mas. mungkin sebentar lagi akan ada line aplikasi android khusus blog saya, sedang masa develop....

emang agak susah untuk menentukan umur musang. mas bisa ganti foto profile google mas pakai foto musangnya. nanti saya liat....

Ini fotonya dok sya gnti googleny :) sya yg Fahri Faza ini muspan udh ada gigi taring kecil ktnya tmen² 2blnan tp kok gk mw makan pisang,daging,dll gt dok thanks

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

itu sekitar 3 bulanan, gak lebih dari 4,5 bulan mas.... :)
dah mulai numbuh gigi ya?

silakan baca2 artikel tentang musang yang lain ya mas.. :)

This comment has been removed by the author.

Kok 3 bulan sih dok ? Dia blm mw makan sndiri dan postur tubuhnya masih kecio gak segede yang laen kta tmen2 MUSTIKA(Musang lovers pekalongan) 2blnan tpi kta dokter 3 bln brrti dh tua dong ? Oh iya mw tny lgi klo umur 2bln blm.bs makn sndiri itu normal gak dok ?

Kok 3 bulan sih dok ? Dia blm mw makan sndiri dan postur tubuhnya masih kecio gak segede yang laen kta tmen2 MUSTIKA(Musang lovers pekalongan) 2blnan tpi kta dokter 3 bln brrti dh tua dong ? Oh iya mw tny lgi klo umur 2bln blm.bs makn sndiri itu normal gak dok ?

iya, lebih tua. perkiraan saya lebih tua karena dia udah mulai tumbuh gigi. kan saya cuma ngira2, mas, hehehehe.
kata temen2 MUSTIKA = 2 bulan
perkiraan saya = 3 bulan.
gak jauh beda kok perkiraannya. namun kalau dari giginya sih iya, perkiraan saya 3 bulan, gak lebih dari 4 bulan. dah banyak belum giginya? :)

coba mas baca artikel saya siklus hidup pada musang untuk tahu umur berapa musang bisa makan sendiri...

baca juga artikel saya cara mengawinkan musang..

Ini giginya baru taring 2 dok dan itupun kecil bgt :) terima kasih atas jawaban dokter walaupun harus tunggu 1 hari jawabannya hehehe

Ini giginya baru taring 2 dok dan itupun kecil bgt :) terima kasih atas jawaban dokter walaupun harus tunggu 1 hari jawabannya hehehe

Dok sya liat kok gak ada yah webnya yg ini ?lus hidup pada musang untuk tahu umur berapa musang bisa makan sendiri ? Sya liat hanya otter dri dokter fira

Sya bingung kok harus liat cara mengawinkan musang dok ? Kan masih lama 1tahunnya hehehe

keterangan mengenai bayi musang mulai membuka mata umur berapa ada di artikel cara mengawinkan musang, mas. baca dulu baik2 artikelnya, hihihi.... cari artikel cara mengawinkan musang di bagian search... jangan malas.. :D

Susu sapi murni buat musang cocok gk dok?

Susu sapi murni buat musang cocok gk dok?

gak. :)
pakai susu non laktosa aja... :)

Dok mau tanya ni. Kalo unur 2 bulan d mandiin boleh g ya..?? Kaya nya dia ngegaruk mulu sampai bulu nya pada rontok. Kasian saya. Trus kalo boleh d mandiin, boleh g ya d kringkan nya pkai hardrayer yg buat pngring rambut. Kaya kucing saya biar cpt n g kdinginan. Kalo pk trik matahari takut katarak mata nyanya ... tolong solusi nya diok. Mks...

anakan musang gak boleh dimandikan sampai dia berusia diatas 3 atau 4 bulan. minimal 4 bulan. kalau umur dibawah 3 bulan, lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat....

jangan sesekali mengeringkan bulu musang pakai hairdryer meskipun musang itu sudah dewasa. resikonya stress selain juga bisa membuat kulit musang jadi kering....

Dok agar bulu musang lebat dikasih apa ya ?

Assalamualaikum dokter cantik...
Saya punya muspan umur -/+ 4 bulan dok,namanya jek dok...tapi galak banget dok... Apakah direndem di bak bisa menjinakannya dok?
Dan apakah boleh dok kalau direndem lama...

itu musang, mas. bukan baju kotor.
dapet teori darimana ngerendem musang bisa bikin jinak?

gak boleh direndem di aer. apalagi lagi pancaroba kayak sekarang....

silakan mas baca artikel saya cara menjinakkan musang

Dok musang saya ud 3 bulan. Ud saya mandi kan pk shampo cussen yg kemiri sledri, n hair lotion kemiri sledri juga. Ud agak kring baru saya kasih hair lotion ny. Tp d jilat" in gmana tuh dok...?? Apa ad efek nya dok...??? Tolong pnjlasan nya. Tkut ad evek samping nya...?? Mks

hmm, boleh dimandikan, namun sebaiknya hati2. abis dimandikan, langsung di keringkan...

hair lotionnya jangan terlalu banyak. silakan baca artikel saya cara memberikan minyak kemiri untuk musang. cara memberikannya sama kok...

Salut buat dr. Fira pertanyaan dr tahun 2013 sampe 2015 dijawab semua.. cape ya dok jawab pertanyaan trus..sekali2 kita jalan yu sambil kenalan musang dokter ama musang saya..biar lebih akrab musangnya..

dok saya mau nanya,musang bulan sama musang pandan lbh bau yg mana dok, trus *maaf tainya sama pipisnya bau kali gak dok

maksud mas muspan sama musbul tahinya bauan yang mana gitu mas? :)

sama aja kok. kalau musangnya sehat, fesesnya gak bau2 amat. kalau musangnya sakit, biasanya fesesnya agak berbau busuk.... beda sama musang yang sehat... :)

silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya/.//

dok mau tanya dong.. musbul saya umur 2bln.. dia jitot bgt, bonding malah.. nah pas kemarin saya tinggal main keluar. musangnya di jagain sama ponakan saya yg masih kecil di freerom dok.. nah pas saya pulg tau2 musangnya kaya stres gitu lari2an mulu trus loncat2 kaya kaget gitu. padahal sebelumnya lemot. apa itu karna stres ?
mhon solusinya dok biar sifatnya anteng lg kaya semula. di elus pun skrg langsung gigit dok, awalnya gapernah gigit

kenapa mas biarin dia sama anak kecil? :(
tebakan saya sih dia entah diapain ama ponakan mas, yang pasti dia dikasarin sama ponakan mas. makanya dia ngelunjak.

tebakan saya lainnya, emang udah instingnya mulai tumbuh. saran saya, kalau musang anakan gak usah dibiarkan sama anak kecil karena anak kecil itu sangat mudah ketakutan. dan musang tau, mereka bisa baca pikiran kita kok, sama kayak kuda juga gitu. dia jadi ngelunjak karena ngerasa orang yang di dekatnya mudah buat ditakut-takuti... :)

mas sering2 ajak main aja. dan jangan takut. umur segitu emang lagi seneng2nya becanda juga. biasa aja, namanya juga anak-anak... :)

kalo di sakitin kayanya ngga dok. kayanya dia ngelunjak nih musangnya.. soalnya ponakan saya masih berani2 takut hehe.
dok katanya kalo musang mau ga gigit harus sering2 kaya di lolohin tangan gitu dok pas dia lg gigit tangan kita. bener ga ? saya kalo di gigit musang soalnya cuma pasrah aja.. takut musang nya jadi ga nyaman soalnya kalo di lolohin tangan gitu ?

bukan diloloh tangan kita sebenernya, mas. tapi menyodorkan tangan kita biar dia gigit2 tangan kita. itupun sebaiknya tangannya dilapis pakai kaus bekas pakai dulu yang masih bau keringat biar dia kenal bau kita, lalu setelah tangannya kita bungkus, baru kita sodorin ke musangnya, biarin dia gigit2 tangan kita sampe bosen... :)

tujuannya sebenernya agar kita gak kaget pas digigit, maka dengan begitu si musang akan berhenti gigit tangan kita. soalnya faktor yang menyebabkan si musang makin sering menggigit adalah karena kita takut atau kita kaget pas dia gigit. kalau kita biasa2 aja sih gak bakalan gigit lagi dianya... :)

kasih kabar lagi ya mas... :)

musbul saya skrg sama saya udah ga lari2an dok udah ga loncat2 juga, tapi kalo liat ponakan saya langsung kambuh lg, langsung lari loncat sana sini. jadi kalo ada ponakan saya , musbul nya saya gendong aja biar dia tenang dlu. ponakan saya cuma saya bolehin elus2 dlu aja skrg hehe

musbul saya kalo dikasih minum di tempat gitu dia gamau minum dok, make dot juga susah gamau sama kaya pake suntikan harus dipaksa, gapapa dok dipaksa gitu ? dari pada dia ga minum ?
dia maunya kalo tangan saya basah abis cuci tangan baru di jilat2 tangan saya.

This comment has been removed by the author.
«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 254   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.