Mengobati Katarak Pada Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Seperti halnya gangguan kesehatan lainnya,

mengobati katarak pada sugar glider

membutuhkan penanganan yang cepat. Katarak pada sugar glider ditandai dengan adanya bintik putih di mata sugar glider. Pada kasus yang parah, katarak pada sugar glider bisa memenuhi semua bagian mata. Beberapa teori menyebutkan bahwa katarak pada sugar glider disebabkan karena asupan lemak yang terlalu tinggi pada makanan sugar glider. Oh ya, bagi anda yang ingin tahu cara memelihara tupai sugar glider sebagai hewan peliharaan, anda bisa membaca artikel cara merawat sugar glider dengan benar. Bagi anda yang ingin mencoba ternak sugar glider, anda bisa membaca artikel saya cara ternak sugar glider.
Image taken from aecwilton.com

Langkah pertama dalam mengobati katarak pada sugar glider sebenarnya sama saja dengan cara mengobati kaki bengkak pada sugar glider, yaitu memperhatikan asupan makanan, dalam hal ini asupan lemak. Penulis sendiri menyarankan diet berupa buah-buahan rendah lemak dan pemberian madu asli. Buah-buahan yang diberikan bisa berupa pepaya, pisang, lengkeng, dan lain sebagainya. Berikan buah-buahan selama beberapa minggu sambil terus diawasi perkembangannya. Jika dalam beberapa minggu tidak ada perkembangan, maka penulis menyarankan agar anda membawa sugar glider yang terkena katarak tersebut ke dokter hewan terdekat.

Perlu diingat bahwa semakin cepat anda mengambil tindakan, maka semakin baik juga tingkat penyembuhan katarak pada sugar glider. Perlu penulis tekankan juga, bahwa dalam beberapa kasus katarak yang penulis tangani, adakalanya sugar glider yang penulis terima sudah dalam keadaan parah. Meski masih dapat disembuhkan, penyakit katarak parah pada sugar glider memerlukan waktu penyembuhan yang lebih lama daripada kasus katarak yang belum parah.

Demikian adalah cara

mengobati katarak pada sugar glider

. Semoga tips diatas bisa membantu anda dalam menyembuhkan katarak pada sugar glider anda. Saran, kritik, dan komentar bisa diberikan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

16 Responses to "Mengobati Katarak Pada Sugar Glider"

  1. Boleh dikasih telur g sebagai pengganti jangkrik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lagi katarak, jangan dikasih telur atau jangkrik.
      kalau lagi sehat, boleh aja... :)

      Delete
  2. Haloo dok tanya apakah flash kamera dapat menyebabkan katarak pada SG dok? Saya baru tau hari ini kalau flash kamera tidak diperbolehkan pada saat pengambilan gambar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalau dikatakan katarak sih sebenernya bukan, hanya matanya aja yang rusak.
      tapii iya, intinya flash light bisa merusak mata sg kalau keseringan...

      Delete
  3. Dok mau tanya nih , SGnya matanya bagian bawah kek putih giu ya ? Apa itu katarak atau dia lagi nenggok ke atas , cm sbntr kok tp keliat putih trs ntr ga lagi umur sgnya 11 bln betina

    ReplyDelete
  4. Hai dokter, artikelnya selalu bermanfaat.

    Mohon bantuannya dan maaf klo ceritanya panjang. Hihii.
    Aku punya 2 joey umur 1 bln, joey A sejak umur seminggu bagian pipi kanan sampe pelipisnya luka seperti kena cakar induknya krn sifat induknya galak. Joey B luka di pelipis tp gak separah joey A.
    Sejak lahir joey nggk pernah dipegang/sentuh manusia, tp aku biasa nyentuh induk dan bapaknya. Asupan makanan jg gk kekurangan, bubur sun-promina-buah-ulat hongkong-madu.
    Luka joey A parah sampe dagingnya kelihatan, basah, merah; luka di pelipis dan pipi sampe mata kanannya bengkak. Diawal aku nggk obatin sama sekali krn ada yg bilang liur induknya bisa jd penyembuh dan kadang induknya emang jilatin. Krn makin parah, umur 3 minggu aku kasih salep unt manusia yg ada antibiotiknya. Aku kasih cm pas dia tdur, antisipasi biar gk dijilat induknya.
    Skrg udh gk aku obati, luka dipelipis mulai kering tapi yg dipipi masih basah dan merah pucat.
    Mata kanannya mulai terbuka tpi blm maksimal dan masih bengkak padahal mata sebelahnya udah kebuka maksimal. Tapi, ada selaput warna putih di matanya. Sempat aku lap air hangat tapi nggak ilang. Ukuran hampir 1/4 matanya.
    Apa mungkin katarak?
    Sekarang dia udh mulai belajar makan bubur

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, gimana kalo buburnya ganti pake jus pepaya yang airnya sedikit aja? jadi minimalisir proteinnya....

      yah, bubur bayi masih boleh dikasih sehari sekali. :)

      kabari lagi ya mas.. :)

      Delete
  5. Dok maaf nanya, kalau tanda2 fisik ratufa bicolor yg sedang hamil apa ya, dan kalau kena katarak obatnya apa, demikian tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tupai dua warna yang besar ya mas?
      biasanya perutnya membesar, jadi agresif (galak), dan nafsu makan naik.
      perlu diketahui dulu apa penyebab kataraknya. karena katarak pada hewan ada 2 sebab, internal sama eksternal. mas tupainya sering dijemur? kalau dijemur, matanya kena sinar matahari langsung nggak?
      terus mas kasih makan apa? :)

      Delete
  6. Dok apakah katarak membuat sugar glider jadi cepat mati?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya si kurang tau itu katarak atau bukan ceritanya gini setiap malem dia bunyi bunyinya tuh aneh saya rasa dia seperti merasa kesakitan besoknya sgnya saya keluarin eh ada warna putih agak ke kuning kuningan seperti maaf belek (kotoran mata) nah sepertinya dia kena cakar di matanya lalu harus diapakan dok makasih

      Delete
  7. Maaf dok, bila asupan buah buahannya itu seperti pisang contohnya, saya tetep pakai bubur sun yang pisang gapapa dok?
    Lalu untuk madu, apa madu TJ cocok dok?mohon dibalas

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya bubur sun rasa pisang? beda mas. karena itu kan cuma rasanya aja. :)
      bukan buah asli.

      boleh pake madu tj

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Dalam ngasih makan pisang atau madunya berapa kali sehari dong? Dan apakah pisang dan madu boleh di barengin atau di pisah ? Tolonf jawab

    ReplyDelete
  10. Dok Biaya ke dokter hewan berapa ,yang sakit katarak?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.