Cara Karantina Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Mengkarantina burung hantu

adalah langkah pertama bagi owner burung hantu saat burung hantu miliknya pindah ke tangannya. Karantina pada burung hantu biasanya dilakukan saat burung hantu baru sampai di rumah master barunya. Tujuan dari karantina burung hantu adalah agar burung hantu terhindar dari stress di tempatnya yang baru serta sebagai langkah penyembuhan (recovery) setelah lelah dan stress dalam perjalanan menuju rumah tuan barunya.
Cara Karantina Burung Hantu
Image taken from chrisowlcam.net
Karantina tidak hanya dilakukan saat burung hantu baru sampai rumah tuan barunya saja. Burung hantu juga sebaiknya dikarantina saat sedang sakit. Selain dilihat dari tanda fisik, cara mengetahui burung hantu sakit adalah dengan cara melihat fesesnya. Cara mendeteksi penyakit burung hantu dari fesesnya bisa dibaca di artikel mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.


Syarat ruangan yang baik untuk dijadikan tempat mengkarantina burung hantu adalah sebagai berikut:
  • Tidak panas, tidak juga terlalu dingin.
  • Suhu tempat karantina burung hantu sebaiknya memiliki suhu yang stabil. Hindari ruangan yang terlalu panas, terlalu dingin, atau ruangan dengan suhu fluktuatif.
  • Ruangan bising.
  • Hindari ruangan yang terlalu berisik sebagai ruang karantina burung hantu. Salahsatu penyebab stress pada burung hantu adalah suara keras dan mengagetkan.
  • Hindari polusi udara.
  • Paru-paru burung hantu sangat peka terhadap polusi udara, baik itu berupa asap dan sebagainya. Musuh utama paru-paru burung hantu adalah asap rokok. Residu asap rokok sangat berbahaya bagi burung hantu. Sebaiknya, hindarkan asap rokok serta polusi udara apapun saat anda sedang menghandle burung hantu anda, dan khususnya saat burung hantu sedang dikarantina.
Cara mengkarantina burung hantu adalah dengan melepaskannya di ruangan karantina. Iya, anda cukup menaruh perch di ruangan karantina dan membiarkan burung hantu anda menclok di situ. Jika burung hantu anda memiliki tingkat stress yang rendah, tinggalkan burung hantu anda di ruangan karantina selama 6 jam, dengan pemberian pakan setiap 1 jam sekali. Dan jika burung hantu anda memiliki tingkat stress menengah hingga tinggi, lakukan proses karantina selama 12 hingga 24 jam dengan pemberian pakan setiap 1 jam sekali. Anda bisa mengecek level stress jenis burung hantu di artikel jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya.
Pastikan makanan yang diberikan saat karantina burung hantu adalah makanan yang bebas bahan kimia. Anda bisa mengecek artikel makanan burung hantu berdasarkan jenis burung hantu.
Demikian adalah

cara karantina burung hantu

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai orangtua asuh dari burung hantu saya, padma dan errol serta pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel tersebut bisa menambah wawasan para penggiat owlry yang sering mampir ke blog ini. Terima kasih. (FS)

190 Responses to "Cara Karantina Burung Hantu"

  1. Salam kenal Dok, Saya baru memiliki bubo sumatranus selama 2 minggu an yg saya beri nama bubo, berusia +/- brancher akhir - juve awal, sudah bisa loncat2 untuk terbang, bubo tersebut jinak sekali (jinak total kata master sebelumnya). Tahap karantina sudah saya lakukan selama 3 hari, bubo ditaro digudang tanpa diikat, selepas karantina so far semua ok namun hingga saat ini bubo tsb masih belum mau makan sendiri (masih harus disuap), pernah saya tinggalkan sendirian diruangan dengan memberi tikus putih tapi hanya digigit2 tanpa mau dikoyak2 untuk dimakan hingga tikus tsb mati, dan apabila saya taro di glove bubo tsb belum mau memakan langsung dari glove tersebut (seringnya malah lompat dari glove). Bagaimana cara membuat bubo tsb tidak manja dan mau mandiri untuk mengambil makanannya sendiri tanpa disuap sehingga saya bisa melanjutkan ke tahap pelatihan FOF

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara suap dulu aja pakai pakan hidup, mas. iya, pake pakan hidup, biar dia bisa lebih 'tajam' instingnya. mungkin bubo terbiasa dimanjakan hingga tidak mau makan sendiri, makanya instingnya perlu diasah lagi...

      coba suapi pakai bayi tikus putih, lakukan selama 2 minggu penuh, sambil dilatih aja mas. cara melatih burung hantu bisa mas baca di artikel saya di blog ini....

      Delete
    2. Terimakasih Dok untuk sarannya, sementara ini saya suapi dengan potongan daging sapi dan tiput yang saya potong menjadi dua. Mungkin karena instingnya belum terlatih untuk menyobek2 mangsa (pakan hidup atau daging sapi), nanti akan saya coba berikan pakan bayi tikus yg berukuran lebih kecil.
      Untungnya bubo langsung mau minum apabila disodorkan tempat minuman dan sering memasukkan kepalanya dan menggosok2kan paruhnya di mangkuk minumannya.
      Salam buat erol & padma Dok, saya tunggu artikel khusus yang membahas bubo sumatranus yang katanya lebih manja dibandingkan owl lainnya

      Delete
    3. iya nanti saya buatkan. bubo emang lebih manja dan lebih membutuhkan perhatian, namun memberi perhatian lebih juga salah karena bisa menyebabkan bubo jadi manja.... beri perhatian, namun juga sambil dilatih, itu yang paling benar... :)

      iya, salam juga nih dari padma dan errol. mereka nunggu saya di pohon mangga depan rumah. begitu mobil masuk halaman dan saya keluar dari mobil, mereka langsung terbang nyamperin saya, nemplok di pundak dan gigit2 kuping saya.... owl kalo dah kenal masternya emang gitu mas.. :D

      Delete
  2. Dok saya ingin adopsi barn owl,tp cari yg masih bayi susah,klo bli yang sudah dewasa apa bisa jinak ya?

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum bu dokter saya mau konsultasi
    2 hari ini saya pindahkan owl saya (celepuk) ke dalam sangkar pada siang hari tapi malam saya bebasin di kamar, sangkarnya saya buat besar tapi kenapa ya owl saya jadi pendiam terus kayak takut gitu sama saya? padahal sebelumnya udah jinak, tiap jam setengah lima aja saya dibangunin tidur.
    Apa harus dok di keluarin lagi dari sangkar? Terimakasih bu dokter

    ReplyDelete
  4. Pagi dok,apakah kita sudah masuk di musim pancaroba, yang biasany rawan tetelo utk unggas..
    Sblm dokter menyuruh, saya sudah baca artikel tentant tetelo... Hehehe

    ReplyDelete
  5. halo dok mau tanya saya punya barn owl udah juve awal udah bisa terbang2 tapi masih ada bulu kapasnya udah jinak.
    yang mau saya tanyakan, sayakan ngekos tp triak dia kenceng bgt trutama kalo ktemu sya(biasa abis pulang mungkin lapar) sampai2 di tegor warga tp badannya anteng. yg mau sya tanyakan apa kalo besar dia bisa ga crewet?
    saya udah sayang bgt soalnya. apa ada alternatif atau caranya dok?
    kalo tidak mungkin saya berniat menjualnya :(

    ReplyDelete
  6. Dk emang harus sejam sekali di kasih makan ,kan saya perlu tidur dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikarantina selama 6 jam, selama 6 jam mas kasih makan dengan cara handsfeed satu jam sekali....

      kalau emang mas mengkarantinanya di malam hari, minimal sebelum mas tidur, kasih makan dulu..... pastikan dia benar2 kenyang,,,,

      lebih bagus sih mengkarantinanya siang hari aja mas. biar bisa diawasi...

      Delete
  7. Guys share info dong ke saya cara menjinakan celepuk yang udah agak dewasa jika mau kasih tau sms ke 0838-404-334-29

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cari di bagian search cara menjinakkan burung hantu dewasa

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Dok, saya punya buffy si Eul's sudah karantina 3 hari, mau lanjut ke tahap mainning tapi tidak tau cara mindahinnya dari tempat karantina karna dia kabur terus mau pasang ankletnya masih melawan. Mohon pencerahannya dok

    ReplyDelete
  10. Dok,kalau saya mau kasih temen celepuk.saya harus kasih celepuk lagi atau jenin burhan yang berbeda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya, buat nemenin celepuk yang temen mas kasih ke mas?
      gak usah. pelihara dulu aja seekor. nanti kalau udah beberapa bulan dipelihara dan mas udah tau seluk beluknya, baru bisa adop lagi.... :)

      Delete
  11. siang dok,, saya mau tanya nih.
    tadi owl saya sempat escape, dia sudah bisa FTTF 7-8 m. tapi pas dia escape dia gak mau dipanggil, jadi saya tarik paksa talinya. dan sekarang dia udah aman d perchnya. tapi kok malah suka gak anteng ya dok?? apa dia lagi kaget ya?
    saya mau minta saran dari dokter fira, apa owl saya(namanya Opi) harus d karantina ulang biar tenang ya dok? atau ada solusi lain? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. lebih baik opi karantina ulang aja. dan coba tumbuhkan lagi kepercayaan opi terhadap diri mas. tebakan saya sih dia udah agak berkurang percayanya. wajar kok, dan mas harus yakin dia pasti bisa jinak dan nurut lagi. jangan ragu2. si opi bisa tahu kalau mas ragu2... :) maaf baru balas, mas. saya lagi jalan pulang kampung. :D

      Delete
    2. Oke dok.. Makasih sarannya ... Saya yakin kok si opinya bisa nurut lagi.. Beberapa hari ini saya coba latih lagi dan hasilnya skillnya agak berkurang mungkin sekita 3 meter'an.. Gak mau jauh".. Hehe
      Dan moga aja masih bisa terus berkembang lagi...

      Delete
    3. mas udah pernah coba penjinakkan burung hantu lewat metode aura? :) agak mistis emang, hehehe. tapi coba aja. caranya coba mas ajak ngobrol sambil liat matanya. mereka pasti ngerti kok apa yang kita omongkan, dan usahakan kontak mata. tatap matanya dia. biar dia tahu maksudnya mas tuh apa. dan lagi, coba taruh owlnya di kamar mas saat mas lagi tidur. itu bagus buat menambah kepercayaan dia ke masnya... :)

      Delete
  12. Kalau ngajakin ngobrol sih udah d lakuin dok, tapi jarang juga sih.. Kalau yang ditaruh di kamar itu udah tiap hari... Opi selalu nemenin saya tidur dok, meski kadang dianya malah rame sendiri kalau malam.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lakuin aja terus, mas. :)
      yang paling penting adalah sabar.

      Delete
    2. oke dok,, makasih untuk semua sarannya. :D
      salam ya buat si errol :)

      Delete
  13. dok burung hantu fesesnya bau gak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau burung hantunya sehat, fesesnya gak terlalu bau... :)

      Delete
  14. Maaf Dr. Saya mau bertanya.
    Saya baru sja beli barn owl. Namanya Toya.Baru 3 hari dia bersama sy.Sy belum tahu jntinanya.Tp melalui pembacaan sy rasa dia betina.Dia sudah dewasa.

    1.Sy beli Toya bersama sangkar berukuran 90cm tggi dan 60cm lebar. Dan sy letakkan Toya di balkoni rumah. Persoalannya, bolehkah sy karantina Toya dlm sngkr sebesar itu dan selama mana?

    2.Sy beri Toya mkn dging ayam. Slps mghrib,sy suapin Toya makan. Dan dia mkn dging ats tgn sy. Dia mkn 2 kali sehari.Ok kah begitu?

    3.Sy tkut Toya stress dlm kurungan ,makanya mlm2 bila sy mau ambil dia dri sngkr utk dilepaskan di dlm bilik, dia seperti takutkn sy. Gimana Dr utk elakkan dia stress?
    Kerana rumah sy tak ada bilik kosong.

    Mohon nasihat Dr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. saya coba jawab... :)
      1. bagusnya tidak menggunakan sangkar, tapi taruh dalam ruangan (bilik). jika pun tidak ada ruangan, boleh di dalam sangkar, namun tempatkan di tempat yang tidak bising. jauhkan dari suara2 keras. owl takut suara keras dan bisa membuat stress
      2. cara pemberian makan dengan cara handsfeed sudah bagus. hanya, pastikan ayamnya bebas bahan kimia. di indonesia banyak daging ayam yang dijual diberi bahan kimia agar bisa tahan lama.
      3. cara agar toya tidak stress meski berapa di dalam kurungan (sangkar), bisa dengan cara yang fathiyya lakukan. sering ajak main jika malam, jauhkan dari suara2 keras, dan coba ajak mengobrol (chat). mereka, owl, selalu bisa mengerti apa yang kita omongkan.... :)

      beri saya kabar lagi ya... salam untuk toya dari errol dan padma... :)

      Delete
    2. oh ya. untuk mengetahui jantina/jenis kelamin burung hantu, fathiya bisa baca artikel saya Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Hantu....

      Delete
    3. Dok sya udh pernah karantina brung sya nama nya piyu tpi dia msih tkut sma manusia gmna y dok

      Delete
    4. lanjut lagi. mungkin proses selanjutnya adalah manning. coba sering mas kasih makan pake tangan. makanannya disodorin pake tangan ke paruhnya...

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Thanks Dr ats saranannya :)
    Sy akn cuba lakukannya utk kebaikan Toya.

    Dan skali lg sy mau bertanya..

    1.Sy dan toya skrg tggal di Egypt,makanya di Egypt akan tiba musim panas dan sejuk. Suhu pd musim panas dlm 38-40℃. Dan pd musim sjuk bisa smpai 3-5℃.
    Jadi mohon nasihat Dr lg. Gimana cara utk menjga Toya pd musim begini.

    2.Toya akn tdur slps subuh smpai mghrib.Dy hnya akn mkn slps mghrib dan pd pg hri dlm jam 3-4 pg.
    Sy risau kalau spnjg wktu dia tdur,dia x makan,dia akn sakit.Adakah routine Toya ini normal atau dia lg sakit?

    3.Dua hari lepas,sy lihat fesesnya ada cecair hitam. Dan ada juga cecair putih.selepas baca blog Dr tntg wrna feses tu,sy terpikir, scara normal,BO ini fesesnya x akn ada wrna hitam langsung?

    Maaf Dr sy bnyk bertanya, kerana risaukan Toya. (T_T)

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang akhirnya blog ini bisa dapat visitor dari egypt. sedang college di egypt or memang tinggal di sana? saya coba jawab...

      1. sebelumnya saya ingin tanya, darimana fathiyya mendapatkan Toya? dibawa dari negara asal, ataukah memang Toya didapatkan dari Egypt? jika Toya memang berasal dari Egypt, saya kira tak masalah. Toya sudah beradaptasi dengan lingkungan keras di Egypt jika dia memang berasal dari egypt.
      Jika toya bukan berasal dari Egypt (fathiyya bawa dari negara asal), sebenarnya secara perlahan Toya akan beradaptasi dengan lingkungan egypt.

      2. apakah di siang hari Toya tidak makan samasekali? dan sudah berapa lama Toya menjalani life pattern seperti itu? jika memang Toya sudah lama menjalani life pattern seperti itu dan Toya dirasa sudah nyaman dengan pola hidup seperti itu, saya kira tak masalah jika memang Toya selama ini baik-baik saja.

      hanya saja pertanyaan saya sebenarnya lebih ke negara asal Toya. maka saya tunggu kelanjutan kabar dari Toya...

      3. burung hantu sehat biasanya memiliki feses berupa 3 bagian, 3 parts: cecair putih, cecair bening seperti air, dan bagian hitam or brown. hanya 3 bagian itu saja. selain itu, owl yang sehat biasanya aktif bersuara, mata terbuka lebar (tidak terpejam), serta nafsu makan yang normal. cukup berpedoman kepada hal tersebut...

      beri saya kabar lagi mengenai Toya. saya tunggu kabar selanjutnya... :)

      salam dari errol dan padma...

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Maaf doc. Lg sibuk stdy.X smpt membls msj.Sy sdg belajar di college di Egypt.
    1.Ya Toya berasal dr Egypt.Di Egypt ada pencinta BOP. Mereka yg menangkap Toya dan dijual.

    2.Skrg Toya sudah makan siang.Sy hrus suapin dy.Baru dia makan. Kira2 slps subuh sy kasi Toya makan.slps itu dia tidur sja.

    3.Skrg fesesnya sudah normal doc.Alhmdulillah.

    Terima kasih ya Dr atas saranan yg amat berguna dlm blognya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang bisa mendengar kabar Toya lagi...
      1. jika memang toya berasal dari egypt dan ada group pecinta BOP di sana, i suggest fathiya bergabung dengan group pecinta BOP tersebut. karena mereka sudah tahu mengenai kebiasaan BOP di egypt seperti apa.

      2. berapa kali sehari toya makan? memang, celepuk lebih banyak tidur di siang hari, mereka kan memang hewan nocturnal (aktif pada malam hari).
      sepertinya Toya belum percaya sepenuhnya kepada Fathiyya. tak apa, coba sering2 mengobrol dengan Toya sambil melihat matanya. ini penting agar Toya mengenal fathiyya... :)
      3. syukur alhamdulillah jika memang fesesnya normal, namun sebaiknya tetap observasi toya. kalau ada problem, harap hubungi saya.

      4. kalau dari cerita fathiyyah, Toya cenderung owl yang cerdas. dia tahu tempatnya dimana. setau saya, jarang ada owl seperti ini. atau mungkin semua owl di egypt seperti itu? saya tak tahu. yang pasti errol, owl milik saya, butuh waktu lama agar bisa seperti itu....

      soal bagaimana caranya agar tahu toya sudah jinak sama Fathiyya atau tidak, saya kira saya tidak usah menjawabnya, hehehe. yang terpenting dalam memelihara owl adalah dia sehat, syukur kalau bisa bonding (terikat) dengan masternya. jika soal jinak atau tidaknya, sebenarnya kembali lagi ke cara kita memperlakukan kita. owl akan berperilaku sesuai dengan perilaku kita kepada dia. jika kita baik kepada dia, dia akan berperilaku baik kepada kita. pun jika kita takut kepada dia, maka dia akan susah kita training. seperti itu. memelihara owl erat kaitannya dengan cara pandang ke diri kita, dan cara kita menghadapi rasa takut kita.... jadi soal jinak atau tidaknya, saya kira kembali lagi ke cara kita menghadapi owl kita.
      fathiyya bisa baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu untuk lengkapnya...

      5. soal potty training (cara agar owl tahu tempat dia poo), memang tidak bisa dilakukan dengan cepat. butuh waktu lama, tergantung kepada character owl tersebut. namun saya yakin Toya bisa cepat mengenali tempatnya poo. coba beri tahu atau bicara dengan Toya, katakan untuk poo di koran... lakukan terus menerus sambil tatap matanya, dan yakinlah bahwa Toya pasti mengerti... saya menerapkan cara yang sama kepada errol dan padma, burung hantu saya.... :)

      6. mengenai training Toya, bisa dilakukan saat siang hari atau malam hari. di siang hari, bangunkan saja Toya untuk training. tak usah lama, cukup 5 menit hingga 15 menit saja.
      jika libur, semisal sabtu atau ahad, fathiyyah bisa training Toya di malam hari. :)

      beri saya kabar terus mengenai Toya ya. semoga kelak errol dan padma bisa bertemu dengan Toya... :D

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Buat pengetahuan Dr.
    Skrg sy sudah tempatkn Toya dlm bilik sy. Sy ikat kakinya,dan dia bebas terbang di corner bilik sy sja.sy sediakan sebuah kotak atas almari pakaian sy.Dy akn tidur disitu.Smpai tgh mlm,dia akn kluar dri kotaknya,dan terbang2 sdg sy tidur.Skrg dia sudah tahu tmptnya.
    Dan sy kasi dia mkn anak aym.Awal pagi dan pd mlm hari.

    Sy ingin bertanya.

    1.Bagaimana mau tahu tanda2 bahawa Toya sudah jinak sama sy?

    2.Sy ltakkan koran di lantai.Agar fesesnya sng dicuci.Problemnya skrg,fesesnya ttp ada dimana2.dan pelletnya juga ada di ats katil sy.hahaha.
    Jd gimana mau buat Toya faham bahawa feses harus di buang di satu tmpt sja.Di ats koran.

    3.Bagaimana caranya sy mau start training?Dan waktu bilakah yg sesuai utk sy mulakan training?
    kerana pd wktu siang Toya lg tidur.
    Tgh mlm aja dia aktif.Tp sy pula yg tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang bisa mendengar kabar Toya lagi...
      1. jika memang toya berasal dari egypt dan ada group pecinta BOP di sana, i suggest fathiya bergabung dengan group pecinta BOP tersebut. karena mereka sudah tahu mengenai kebiasaan BOP di egypt seperti apa.

      2. berapa kali sehari toya makan? memang, celepuk lebih banyak tidur di siang hari, mereka kan memang hewan nocturnal (aktif pada malam hari).
      sepertinya Toya belum percaya sepenuhnya kepada Fathiyya. tak apa, coba sering2 mengobrol dengan Toya sambil melihat matanya. ini penting agar Toya mengenal fathiyya... :)
      3. syukur alhamdulillah jika memang fesesnya normal, namun sebaiknya tetap observasi toya. kalau ada problem, harap hubungi saya.

      4. kalau dari cerita fathiyyah, Toya cenderung owl yang cerdas. dia tahu tempatnya dimana. setau saya, jarang ada owl seperti ini. atau mungkin semua owl di egypt seperti itu? saya tak tahu. yang pasti errol, owl milik saya, butuh waktu lama agar bisa seperti itu....

      soal bagaimana caranya agar tahu toya sudah jinak sama Fathiyya atau tidak, saya kira saya tidak usah menjawabnya, hehehe. yang terpenting dalam memelihara owl adalah dia sehat, syukur kalau bisa bonding (terikat) dengan masternya. jika soal jinak atau tidaknya, sebenarnya kembali lagi ke cara kita memperlakukan kita. owl akan berperilaku sesuai dengan perilaku kita kepada dia. jika kita baik kepada dia, dia akan berperilaku baik kepada kita. pun jika kita takut kepada dia, maka dia akan susah kita training. seperti itu. memelihara owl erat kaitannya dengan cara pandang ke diri kita, dan cara kita menghadapi rasa takut kita.... jadi soal jinak atau tidaknya, saya kira kembali lagi ke cara kita menghadapi owl kita.
      fathiyya bisa baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu untuk lengkapnya...

      5. soal potty training (cara agar owl tahu tempat dia poo), memang tidak bisa dilakukan dengan cepat. butuh waktu lama, tergantung kepada character owl tersebut. namun saya yakin Toya bisa cepat mengenali tempatnya poo. coba beri tahu atau bicara dengan Toya, katakan untuk poo di koran... lakukan terus menerus sambil tatap matanya, dan yakinlah bahwa Toya pasti mengerti... saya menerapkan cara yang sama kepada errol dan padma, burung hantu saya.... :)

      6. mengenai training Toya, bisa dilakukan saat siang hari atau malam hari. di siang hari, bangunkan saja Toya untuk training. tak usah lama, cukup 5 menit hingga 15 menit saja.
      jika libur, semisal sabtu atau ahad, fathiyyah bisa training Toya di malam hari. :)

      beri saya kabar terus mengenai Toya ya. semoga kelak errol dan padma bisa bertemu dengan Toya... :D

      Delete
  21. Dok, clepuk sya brancher, udh tterbang 1-2 meter. Udh jinak, tp msih handsfeed. Dia blm mau diem d perch. Mau ny jalan2. Dipakein amgklet gmw dia.

    ReplyDelete
  22. Dok, clepuk sya brancher, udh tterbang 1-2 meter. Udh jinak, tp msih handsfeed. Dia blm mau diem d perch. Mau ny jalan2. Dipakein amgklet gmw dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau usia brancher emang lagi seneng2nya main, mas. biarin aja. yang penting dia sehat. terus kasih makan secara hansfeed. soal angklett dan gak mau diperch, sementara ini jangan dipaksa dlu... :)

      Delete
  23. dok kok celepuk saya kok matanya merem sebelah ya dan kalau malam burung hantu saya malah merem,itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana mas? bagus?
      mas bisa online gak hari ini? saya hari ini online jam 10, kalau mau chatting aja ya... :)

      Delete
    2. nafsu makannya kayaknya masih normal dan saya mau nanya lagi nih dok agar burhan kita gk agresif gimana ya?

      Delete
  24. dok,kok celepuk saya yg bernama cipo selalu nyerang tangan saat di kasih makan jangkrik ya dok
    tolong sarannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih anakan ya? dibawah 4 bulan?
      kalau masih anakan, emang gitu. tapi masih bisa dijinakkan/dibiasakan biar gak nyerang... sering2 ajak main aja mas...

      Delete
    2. mau di ajak main dok tapi di selalu mejauh kyak takut gitu sama kayak posisi waspada

      Delete
    3. sementara ini cukup elus dalam kandang aja. lakukan tiap hari. dan coba ajak ngobrol sambil tatap matanya... :)

      makan disuapi/disodorkan ke paruhnya... selebihnya mungkin bisa baca artikel cara menjinakkan burung hantu...

      Delete
  25. Dok kemaren kan saya ditawarin ama anak komunitas dtawarin buffy ama strix seloputo,rencananya sihbmau ambil buffy nya cman berhubung saya masih pemula dlm pelihara levil tinggi kya buffy,tkutnya ntar salah pnanganan.(buffy nya jinak tak pegang jinak ga gigit nurut,cmn masalahnya uda gedhe 7bln ktnya)dlu pernh pelihara celepuk beberapa bulan aman2 aja g sakit ga apa tak pegang tak kasih makan tiap plng sekolah tak mndiin jga aman2 aja,tpiskarang uda kabur gara2 tk kasih di tangkringn dya gigitin tali and terbang.mngknya pngn plihara lgi mumpung ada yg nawarin tpi mnurut dokter gmna saya mnding adobsi tu buffy (soal uda pernah berhasil di celepuk mungkin level atasnya kaya buffy berhasil jga)atau diurungkan aja,.. Saya pngn pnerangannya dok soal saya pmula dan saya kesepian alo drumah,.. Plus mnurut dokter saya mnding pelihara buffy nya itu atau malah pelihara anakan musang.makasih dok#tolong respont nya

    ReplyDelete
  26. dok, kalo dikasih makan daging ayam mntah dari kulkas gitu boleh ga ya untuk barn owl?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan langsung dikasihin. rendem dulu pakai air biasa hingga gak kerasa dingin lagi. kalau udah gak dingin, potong2, baru setelah itu kasihin ke barn owlnya...

      jujur aja, daging ayam agak kurang cocok kalau buat owl, mas. mending pake empriit atau puyuh...

      Delete
  27. Slmt pagi slmt sahur dok..
    rmh saya kan d pinggir jalan, bnyk yg lalu lalang. Nah itu gmna kalau mau karantina bo dgn kondisi yg sprti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada ruangan yang agak sepi?
      gak usah yang gak ada suara samasekali, cukup ruangan yang suaranya dikit. gak bising2 amat. gak ada suara mengagetkan... :)

      itu aja sih mas... :)

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Lebih gampang stress yg brancher atau juve dok ??

    ReplyDelete
  30. Lebih gampang stress yg brancher atau juve dok ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung, mas dapetnya dari mana.
      kalau hasil tangkapan liar, biasanya lebih gampang stress.

      jadi lebih baik, beli dari peliharaan orang. yang sebelumnya dipelihara sama orang. bukan hasil tangkapan liar...

      Delete
  31. Dok ini gmna ya stok makanan habis, sedangkan penjual udh pada mudik lebaran :(
    Adakah opsi lain dok ?
    maafkan saya yg bawel bnyk tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah. mas gak bisa cari jangkrik buat makanan sementara? kayaknya toko makanan burung masih ada...

      kalau saya, biasanya saya stok buat beberapa hari setelah lebaran, mas... :)

      Delete
  32. Dok,saya mau tanya! Dok,apakah burung hantu itu kalo escape mau kembali lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau burung hantunya sudah sangat bonding kepada mas, bisa saja dia balik lagi... si errol udah saya liarkan tiap malam, mas, buat cari makan di alam. subuh biasanya dia udah balik lagi ke perchnya di balkon rumah saya... :)

      Delete
  33. Kalau kasih telur rebus boleh ga dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, jangan mas. bisa sakit, bahkan mati... :(

      Delete
  34. dok cara ngobatin burung hantu yg kakinya lecet akibat ankletnya yg sering nyangkut itu gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada lukanya? kalau iya, kasih betadine aja. kapas dibasahi pakai betadine, lalu totol2 di lukanya...

      gak usah dipasangi angklett, mas. kasian. lagian kalau dipasangi angklett malah dianya susah percaya sama kita, akibatnya malah susah jinak... :)

      Delete
  35. Ini owl saya suka merem tapi cuma sebelah doang, knp ya dok ? Tolong solusinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya gak mas kasih makan telur rebus kan?
      fesesnya pasti putih semua, bener?

      pernah telat kasih makan? suapin aja, mas. kecil2 aja makanannya.

      Delete
  36. Malem ini malah ga mau makan dok :(
    Di tinggal, di suapain tetep no respon 😭

    ReplyDelete
  37. Malem ini malah ga mau makan dok :(
    Di tinggal, di suapain tetep no respon 😭

    ReplyDelete
  38. Feses nya aneh dok, biasanya kan putih n hitam, ini feses terahir nya putih n merah persis merah hati dan kadang suka kaya org bersin gitu dok.. demikian update kondisi terahir opit owl saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa aja selama 3 hari sebelumnya?
      coba kalau pagi mas jemur aja selama 5 menit. hidungnya basah?

      jujur aja, baca keterangan mas mengenai fesesnya, saya agak khawatir. coba mas beli super-n aja ke toko makanan burung, terus coba kasih opit... saya nggak jamin sembuh ya, tapi yah coba aja...

      Delete
  39. Feses nya aneh dok, biasanya kan putih n hitam, ini feses terahir nya putih n merah persis merah hati dan kadang suka kaya org bersin gitu dok.. demikian update kondisi terahir opit owl saya

    ReplyDelete
  40. Hidung ny kering dok, dari awal dateng saya kasih puyun&ayam, nah kemarin karna stok nya abis ahir nya saya kasih daging kambing beli di tukang sate, setelah makan kambing trsebut malah jadi gitu kondis nya, toko burung n dokter hewan blm ada yg buka 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, pantes. kemungkinan emang karena daging kambing itu, mas. coba aja kasih super-n dulu.

      sekarang keadaan kayak gimana? agak susah juga sih sebenernya kalo gak ditangani drh... :(

      Delete
  41. Saya ga dapet super-n dok, toko burung blm ada yg buka..
    sampe siang ini blm mau makan, gmna cara ny supaya dia tetap bisa hidup ?
    What should i do ??

    ReplyDelete
  42. Apa benar tidak semua dokter hewan bisa menangani BO ?
    Soalnya setelah saya tlp bbrapa dokter hewan slalu dapat jawaban yg sama "saya blm prnah/blm bisa menangani burung hantu"
    Lalu dokter untuk BO yg recomended itu dmna ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin lebih tepatnya mereka ada yang belum berpengalaman ngehandle burung hantu. secara prinsip sebenernya semua dokter hewan bisa kok ngehandle burung hantu, cuma balik lagi mengenai pengalaman atau nggak...

      tetep mas kasih makan, itu pokoknya yang paling utama. kecil2 aja kasih makannya, dikit2, yang penting dia mau makan...

      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
  43. Assalamualaikum dok, saya mau konsultasi dok , 1 hari yg lalu saya baru beli bop jenis barn owl, umur juve awal,, kliatannya stres dok soalnya matanya merem klo pagiini, fesesnya cair dok (gak tau feses yg normal gmna) saya kasi makan tiput yg saya sembelih dlu dok, tp g mau makan, tp klo saya tinggal mau d makan,, itu tingkat stresnya tinggi apa rendah dok,, trus ini saya karantina d kandang gtu yg udah saya kasi tangkringan,, tp itu g gelap dok,, ada cahaya gtu,, apakah karantinanya harus gelap max trus atau gmna dok,, mau saya taruh d box kardus takut stres lagi dok ,, gimana solusinya ya dok terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempat karantina burung hantu yang bagus itu bukan gelap atau terang, tapi dari suara. hindarkan suara2 mengagetkan. :)

      kalau dia masih mau makan pas mas tinggal, dia stressnya masih belum parah kok. tinggal aja pas mau makan. biarin dulu.

      soal fesesnya, coba mas baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu... :)

      saya tunggu kabarnya..

      Delete
  44. Assalamualaikum dokter,, saya mau tanya,, untuk bo boleh tidak d kasih daging ayam ? Trus saya udah baca artikel dokter Tentang cara makan bo,, disitu d tulis 2 atau 3x seharu, yg saya bingung,, seumpama d kasi burung puyuh, jam 6 pagi gtu brp ekor ya dokter, makasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam. :)
      meski boleh aja, namun saya sarankan sih jangan. kalau toh misalnya mas mau kasih daging ayam, pilih yang fresh. bukan yang bekuan, dan bebas bahan kimia.

      soal porsi makan burung hantu, mas bisa baca artikelnya. porsi makan burung hantu. owl mas umur berapa?

      Delete
  45. Cara pemberian super-n yg benar itu cukup di oles ke paruh nya atau di teteskan k dalem mulut nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetes aja di celah paruhnya, nanti dia minum kok dengan lidahnya... :)

      Delete
  46. Walaupun BO tdk sakit boleh ga dok kita kasih super-n 2 minggu atau sebulan sekali demi menjaga kesehatan nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, karena super-n itu bukan obat. dia suplemen buat menambah daya tahan tubuh. :)

      Delete
  47. Assalamualaikum dok kemarin saya beli brancher scoop owl namanya wup udah saya karantina 1 hari, makan banyak, malem bunyi, itu tingkat stressnya gimana ya dok? terus setiap mau di ajak main atau di suapin jangkrik selalu mendesis dan gigit baru naik ke atas tangan itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok kalau baru pelihara sehari dia masih mendesis. :)
      umur scoop owlnya berapa mas?

      tetep kasih makan dan ajak main. cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu

      Delete
  48. sekitar 2 bulanan dok masih ada bulu kapas dibagian bawah badannya tapi udah mulai loncat sama terbang, oia dok buat minumnya itukan saya kasih tempat dalam kardusnya itu gapapa dok? soalnya pas saya mau kasih makan suka basah badannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara kasih minum burung hantu udah ada artikelnya... jangan cuma ditaruh di wadah gitu... coba baca dulu artikelnya...

      coba kasih super-n, mas. biar daya tahan tubuhnya bagus. dan jangan sampe kedinginan owlnya.... cuaca lagi kurang bagus buat owl...

      kasih saya info mengenai fesesnya. tahinya. cek dulu artikel saya parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
  49. iya dok udah saya suapin minumnya, kalo saya liat dari artikel dokter buat tahinya sehat dok, ada warna item sama putihnya iya kan ya? oia buat brancher itu perlu di kasih tali ga ya dok di kakiknya? tadi saya bawa keluar ternyata terbangnya udah jauh untung ga lepas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas... sibuk sekali akhir2 ini... :(
      kalau saya sarankan sih kalau mas keluar aja kasih angklett. selebihnya, kalau mas lagi gak keluar, jangan dipakein angklett...

      sekarang gimana keadaan owlnya mas? coba makanannya mas powdering dulu... taburin dulu pake bubuk kalsium sebelum makanannya dikasih ke owlnya... :)

      saya nanti sore abis ashar online. kalau mau, chat aja nanti sore... :)

      Delete
    2. Alhamdulillah sehat dok :D jangkriknya ditaburin powder kalsium gitu dok? beli dimana ya dok powdernya? hehe, siap dok Insya Allah nanti sore :D

      Delete
    3. oia dok saya mau tanya lagi, si wup ini kalo mau dikasih makan terbang ke tangan saya tapi gigit kaya nyerang padahal jankrik belum saya pegang itu kenapa ya dok?

      Delete
    4. oia dok saya mau tanya lagi, si wup ini kalo mau dikasih makan terbang ke tangan saya tapi gigit kaya nyerang padahal jankrik belum saya pegang itu kenapa ya dok?

      Delete
  50. BO usia brancher tengah sayap nya turun sebelah, itu knp ya dok ?

    ReplyDelete
  51. Dok, burung hantu apa boleh di karantina lagi

    ReplyDelete
  52. Dok saya punya owl buffy fish usia brancher udah bisa loncat tapi dia tidak mau loncat ke tangan
    Carabiar dia mau loncat ke tangan gmana ya dok apa harus dikurangi porsi makannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dulu. biarin aja gak bisa loncat ke tangan juga. atau gini aja. mas latih dengan cara taruh dia di tangan (nangkring di pergelangan tangan), terus kasih makan.... biar dia terbiasa dulu dengan tangan masnya... :)

      fesesnya gimana? oke? coba cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu.... terutama bagian feses... :)

      kasih super-n setetes setiap hari. cek artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat

      Delete
  53. Assalamualaikum Drh. Fira
    Saya Yordan Millo dan Owl celepuk saya nmanya Eby.. Eby saya beli 3 hri yg lalu dan baru dikarantina kemarin.. Eby ini keliatannya udh Juve awal soalnya bulunya dah lengkap.. Saya kan sekolah dok, jdi cma bisa ngurus Eby pas plang sekolah doang kira2 jam 3an sampe mlm.. Itu bisa memperlambat proses penjinakannya gk dok?
    Oiah dok saya kan pemula bgt jdi gk cukup klo cma sekedar baca2 artikel saya butuh yg lebih detail supaya Eby ini nyaman sama saya, kira bisa gk Drh. Fira bimbing saya lewat WA 082213786373 atau Email millohasali@gmail.com
    Mohon bgt dok
    Maaf panjang lebar, cma mau bikin Eby nyaman doanh kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kok. yang penting sebenernya rutin, tiap hari, ajak main minimal 5 hingga 10 menit seharinya. secara rutin dan terus menerus setiap hari. :)

      saya gak menerima japri, mas. konsultasi bisa via blog atau chatting jika saya lagi online... :)

      Delete
  54. Menurut pengalaman kk owl bisa mengenali partnernya sampe dia mau bertengger ditangan partnernya brp lama?

    Kk berpartner si Errol dah brp lama?
    Soalnya Eby saya masih Batting klo saya baru masuk kamarnya(kamar saya diserakahin dia)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo perjuangan saya menjinakkan si errol, sejujurnya agak lama sih. karena saya dapet si errol di usia dia udah tua. lebih dari setahun. menjinakkannya juga agak lama. awalnya dia nyerang saya terus. boro2 dipegang, saya baru masuk ruangan juga udah dia serang. saya baru bisa sentuh dia setelah beberapa bulan. itu juga baru nyentuh aja. total setelah 2 tahunan dia baru jinak.... baru jinak doang, belum bonding....

      saya pelihara si errol udah lama banget. makanya dia juga udah tua kayaknya....

      Delete
  55. dok klo bornean frogmouth liar juve cara karantinanya sama kayak burung hantu biasanya kah?, trus makanannya apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kebetulan banget saya lagi riset soal itu! :D
      secara prinsip sih semua burung ya cara karantinanya sama, mas: senyap, dan jangan ada suara mengagetkan. hmm, mas tahu kalau burung paruh kodok dilindungi?

      di alam sih makanannya serangga kecil, kadang juga bayi burung. :)

      Delete
    2. kurang tau saya klo paruh kodok dilindungi, awalnya itu si sam(nama burungnya) kena jerat saya kira itu burung celepuk jadi saya bawa pulang tapi agak heran saya kok mulutnya lebar pas cek google eh ternyata bukan celepuk. klo di kasih makan pake tangan suka gigit dianya kira" perlu berapa lama ya dok biar si sam gk suka gigit tangan lagi?

      Delete
    3. kalo gitu, pelihara aja baik2. :)
      usia si sam berapa? bisa mas kirim gambarnya kemari? foto, upload ke postimage.org, terus kirim aja linknya kemari. biar saya kira2 usianya berapa.

      yang pasti, makin muda usianya, makin mudah dia dijinakkan. kalau soal gigit sih, wajar. karena sejinak2nya burung, ya dia pasti gigit... :)

      setau saya sih burung hantu paruh kodok cenderung mudah dipelihara... :)

      Delete
  56. Celepuk saya si Eby saya adopt bru seminggu sih.. Kata yg jual baru 3bln usianya.. Tpi bulunya udh bulu dewasa smua.. Makanya ragu juga klo usianya baru 3bln.. Tdi pgi saya coba arahin dia ke tangan saya, saya malah dicakar & dipatuk makanya saya jdi rada takut blm berani pegang2 baru bisa ngusap2 doang dgb sabar dan sedikit trik biar gk digigit. Eby gk saya biatin bebas ka, Eby saya pasangkan Anklet gpp kah? Soanya klo dilepas bingung ngasih makannya soalnya harus disupin

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kirim foto si ebi kemari. upload di postimage.org, terus linknya taro di sini.

      kalo bisa jangan takut pas dicakar dan dipatuk, mas. kalo mas takut dia malah gitu terus nantinya. tapi, hmm, dielus2 aja dulu kalo gitu.

      dia anteng nggak dipasangin angklett? kalau anteng (nggak kabur2an), saya kira gak apa2... :)

      fesesnya gimana? oke?

      Delete
  57. dok si sam klo di deketin mulut nya di buka agak lebar itu karena haus atau kenapa ya dok?, browser saya versi lama dok jdi gk bisa upload gambar di postimage mungkin besok baru saya upload dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka mulut sambil ngeluarin suara juga? bener?
      kalau iya, itu dia defends. artinya dia nggak mau dideketin sama mas. wajar kok. sementara elus2 aja.

      kalo mas deketin jari dia nyerang?
      dikasih makan apa mas?

      kabari terus.

      ditunggu foto fesesnya ya mas

      Delete
  58. dikasih makan jangkrik, cuma buka mulut aja gk bersuara tpi pas dicek barusan sudah gk begitu lagi, fesesnya juga normal, makannya juga lahap

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh syukurlah kalau gitu.
      mas bisa kasih super-n, setetes setiap hari. selengkapnya baca artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

      Delete
  59. halo dok, saya baru beli celepuk sepasang, baru jalan 4 hari. usia kurang tau pasti, yg jelas masih berbulu kapaa tapi untuk sayap udah mulai ada bulu jadi nya. permasalahnnya adalah, selama ini saya masih taro kandang, makan pun handsfeed tp tangan saya masuk ke kandang. saya buatin perch dan beliin angklet set nya. pas di taro di perch, burung ini ga mau diem, maunya terbang ksana kemari, jadi akhirnya saya iket pake angklet, tapi akhir nya malah sering kegantung/jatuh ketahan angkletnya ketika dia coba terbang.
    kalo kita deketin trs suapin makan/minum atau elus elus dia ga ada masalah.
    gimana caranya biar dua burung itu bisa steady stay di perchnya tanpa harus kegantung karna terlalu petakilan dok? kasian soalmya liat kegantungnya

    ReplyDelete
  60. halo dok, saya baru beli celepuk sepasang, baru jalan 4 hari. usia kurang tau pasti, yg jelas masih berbulu kapaa tapi untuk sayap udah mulai ada bulu jadi nya. permasalahnnya adalah, selama ini saya masih taro kandang, makan pun handsfeed tp tangan saya masuk ke kandang. saya buatin perch dan beliin angklet set nya. pas di taro di perch, burung ini ga mau diem, maunya terbang ksana kemari, jadi akhirnya saya iket pake angklet, tapi akhir nya malah sering kegantung/jatuh ketahan angkletnya ketika dia coba terbang.
    kalo kita deketin trs suapin makan/minum atau elus elus dia ga ada masalah.
    gimana caranya biar dua burung itu bisa steady stay di perchnya tanpa harus kegantung karna terlalu petakilan dok? kasian soalmya liat kegantungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa bikin perch dari tempat parcel (perch bow lantai). terus taro bow perch lantai tadi di dalam box kardus yang besar (sekira muat perchnya). taro aja burung hantunya di perch di dalam box kardus yang udah ada perchnya itu. biar dia terbiasa. :)

      atau... kalau nggak ditaro per perch dulu gak apa2. cukup beli box kardus bekas aja, terus kasih kayu buat nangkring owl di dalamnya. taro aja owlnya di situ... :)

      makan gimana? masih rakun?

      kirim gambar tahinya mas, biar saya analisa kesehatannya.

      baca artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT, kasih obat yang saya tulis di sana setetes setiap hari... :)

      Delete
    2. kalo burungnya sendiri makan masih normal dok, pagi bisa 8-10 jangkrik, malem juga sama.
      tahi masih normal, putih bening hitam. bau standar.
      cuma ya itu ga mau diem di perch yg saya buat, trs pas di kasih angklet ttp mau terbanh kemana2, akhirnya jadi nyangkut trs dia jatoh.
      nah sekaranh kandanya sendiri udah ada kayu tangkringannya dok, masih perlu buat perch dari parcel trs taro di kardus apa ttp biarin di kandang aja?
      trs biar dia nantinya mau duduk di perch yg sekarang dia ga betah ini gimana ya dok? duduk manis tanpa petakilan hehe

      Delete
    3. kalo burungnya sendiri makan masih normal dok, pagi bisa 8-10 jangkrik, malem juga sama.
      tahi masih normal, putih bening hitam. bau standar.
      cuma ya itu ga mau diem di perch yg saya buat, trs pas di kasih angklet ttp mau terbanh kemana2, akhirnya jadi nyangkut trs dia jatoh.
      nah sekaranh kandanya sendiri udah ada kayu tangkringannya dok, masih perlu buat perch dari parcel trs taro di kardus apa ttp biarin di kandang aja?
      trs biar dia nantinya mau duduk di perch yg sekarang dia ga betah ini gimana ya dok? duduk manis tanpa petakilan hehe

      Delete
    4. bikin aja kardus mas, yang dikasih kayu tangkringan. kalo pake kandang jeruji, kadang dia suka stress.. owl lebih nyaman kalo kandangnya gak bisa dilihat dari luar... :)

      silakan mas baca artikel2 lain tentang burung hantu di blog ini...

      Delete
    5. kardus dan rotan parcel (untuk bow perch) nya udah jadi. burunh dua2nya udah masuk kaedus dok. ini baru masuk, cuma mereka masih suka mau terbang terbang gitu dok, grubuk2 di dalem kardus, blm bisa steady di atas parcel buahnya.
      1. indikator karantina nya berhasil apa ya dok?
      2. saat ini jesse&leashes mereka masih saya lepas, kapan saatnya barang itu bisa di pake kembali dok?

      Delete
    6. kardus dan rotan parcel (untuk bow perch) nya udah jadi. burunh dua2nya udah masuk kaedus dok. ini baru masuk, cuma mereka masih suka mau terbang terbang gitu dok, grubuk2 di dalem kardus, blm bisa steady di atas parcel buahnya.
      1. indikator karantina nya berhasil apa ya dok?
      2. saat ini jesse&leashes mereka masih saya lepas, kapan saatnya barang itu bisa di pake kembali dok?

      Delete
    7. kardus dan rotan parcel (untuk bow perch) nya udah jadi. burunh dua2nya udah masuk kaedus dok. ini baru masuk, cuma mereka masih suka mau terbang terbang gitu dok, grubuk2 di dalem kardus, blm bisa steady di atas parcel buahnya.
      1. indikator karantina nya berhasil apa ya dok?
      2. saat ini jesse&leashes mereka masih saya lepas, kapan saatnya barang itu bisa di pake kembali dok?

      Delete
    8. 1. indikator karantina burung hantu berhasil bisa diliat dari mulai nyamannya si burung di lingkungan barunya. karena kadang ada burung yang stress pasca perjalanan atau stress karena tiba di tempat baru. ciri stress pada burung hantu bisa dilihat di artikel STRESS PADA BURUNG HANTU. kalau udah mulai berkurang tingkat stressnya, berarti udah berhasil... :)
      2. untuk sementara ini, jangan dipakaikan dulu sambil langkah penjinakkan udah mas lakukan. minimal dia udah kenal dulu sama mas. yah, mungkin seminggu atau 2 minggu lagi bisa dipasang. itupun pastikan lease-nya panjang, agar burung hantunya gak menggantung lagi... :)

      Delete
    9. 1. saya udah baca artikel burung hantu stress dok, ga ada tanda yg mengarah ke stress, malah yg satu burung ini bawaannya gdebak gdebuk di kardus terus kaya mau keluar, apa ini termasuk stress juga atau gimana?

      Delete
    10. 1. saya udah baca artikel burung hantu stress dok, ga ada tanda yg mengarah ke stress, malah yg satu burung ini bawaannya gdebak gdebuk di kardus terus kaya mau keluar, apa ini termasuk stress juga atau gimana?

      Delete
    11. pastikan ruangannya tenang. gak banyak suara gaduh atau mengagetkan.

      selebihnya, biarin aja. mas tinggal aja biar dia tenang sendiri...

      Delete
  61. sudah dok, saya ada gambar kardusnya. gimama cara attach kemari ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek bagian PERHATIAN, mas... :)
      saya tunggu gambarnya

      sekarang gimana owlnya? :)
      oh ya, bisa kirim gambar burung hantunya kemari? saya tunggu ya...

      Delete
  62. ini gambar kardus karantinanya :
    https://postimg.org/image/4ij0yrc4d/

    ini gambar burungnya pas masih di kandang :
    https://postimg.org/image/6sq2a319v/

    pertanyaamnya dok,

    1. burung yg satu masih suka gdebak gdebuk di kardus, blm bisa steady, gimama biar bisa steady di perchnya?
    2. parameter karantinanya berahasil apa dok?
    3. kapan saatnya saya masangin lagi set anklet dan jessenya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. ruangannya banyak suara2 mengagetkan atau gaduh nggak? kalau iya, mending pindahkan ke ruangan yang tenang.
      2. indikator karantina burung hantu berhasil bisa diliat dari mulai nyamannya si burung di lingkungan barunya. karena kadang ada burung yang stress pasca perjalanan atau stress karena tiba di tempat baru. ciri stress pada burung hantu bisa dilihat di artikel STRESS PADA BURUNG HANTU. kalau udah mulai berkurang tingkat stressnya, berarti udah berhasil...
      3. untuk sementara ini, jangan dipakaikan dulu sambil langkah penjinakkan udah mas lakukan. minimal dia udah kenal dulu sama mas. yah, mungkin seminggu atau 2 minggu lagi bisa dipasang. itupun pastikan lease-nya panjang, agar burung hantunya gak menggantung lagi...

      Delete
  63. dok mau tanya saya mau mindahin si sam ke kamar saya kalo malam lampu pijar kamar di nyalain gpp kh dok?

    ReplyDelete
  64. Mba kalo burung hantu ga tidur tidur pertanda kenapa yak? Jadi kadang dari pagi sampe malem tetep melek, kadang tidur sebentar bangun lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja kayak manusia, kadang burung hantu juga "begadang". tapi gak selamanya begadang, jadi dia tetep tidur, tapi sebentar2. wajar kok, si errol juga waktu anak saya baru lahir, dia yang kadang jagain bayi saya di perchnya.... kalo anak saya kebangun malam2, si errol biasanya langsung terbang nemplok ke muka saya biar saya bangun juga... ngasih tau kalo si baby kebangun... :)

      Delete
  65. dok saya di kasih burhan jenis celepuk udh mature dari teman saya katanya kena pulut, langsung saya karantina di kardus bru 2 hri klo dikasih makan pke tangan gk mau di gigit langsung defend jadi saya taruh jangkriknya di dlm kardusnya pas di cek lgi dah abis, kira2 klo sdh 3 hri msih defend dan gk mau dikasih makan pke tangan waktu karantinanya di tambah atau langsung di taruh di perchnya dok? tpi dia klo mlm sering bunyi di kardusnya klo gk ada suara yang agak keras juga suka nabrak atas kardus kyk mau keluar

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu lgi dok klo di deketin dia langsung terbang, klo di taruh di perch langsung dipakein anklet gpp kh dok?

      Delete
    2. bagus kalau emang dia mau makan sendiri. untuk sementara taro aja makanannya di dalam dus. di luar dusnya, goreskan kapur semut biar gak ada semut yang masuk ke dalam dusnya...

      kalau masa karantina udah selesai, mas bisa taro di perch... bisa juga dipasangi angklett tapi talinya buat agak panjang, biar kalo dia terbang, dia gak ngegantung gitu....

      bagusnya sih mas pake owlbox sederhana aja dari kardus... jadi kardus yang besar mas kasih tangkringan di dalamnya... :)

      Delete
  66. ok dok lgi cari kardus yg besar buat owlboxnya, oiya dok teman saya mau adopt brown hawk owl nah itu kan makannya emprit,tiput,jangkrik,anak ayam dia mau tanya klo cuma jangkrik aja makannya gpp kh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, mending jangan, mas...
      agak kurang cocok kalo cuma dikasih makan jangkrik aja....

      selang seling aja.

      kan pake daging emprit juga gampang. beli aja banyak2 daging emprit, taro di freezer. kalo mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air biasa (bukan air panas) biar gak beku dan gak dingin lagi, cacah, baru sodorin satu2 ke paruhnya...

      Delete
  67. ok dok udh saya kasih tau dia, dok celepuk saya mata kanannya kok merem terus ya dari sekitar jam 3 subuh klo di deketin melek feses nya normal, itu normalkah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. kadang emang kayak gitu kok.
      selama dia gak sering garuk2 matanya dan makannya masih normal dan fesesnya normal, saya kira dia masih sehat.

      mungkin jaga kebersihan aja.

      dan seminggu sekali, mas bisa coba mandiin. cek artikel saya: cara memandikan burung hantu

      Delete
  68. dok klo penyakit mata pda burung hantu apa aja ya trus ciri sama pengobatannya gimana? saya penasaran buat pencegahan kalau sewaktu-waktu celepuk saya sakit mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau dan sepengalaman saya, sangat jarang burung hantu sakit mata, mas. saya lebih banyak menangani mamalia yang kena penyakit mata daripada burung...

      kalau toh misalnya ada burung yang sakit mata, biasanya keluhannya karena infeksi di sekitar mata atau katarak. itupun jarang. :)

      Delete
  69. dok celepuk saya gk mau makan tdi pagi msih mau makan pas siang dia muntahin sisa jangkrik tdi pagi trus mlm ini dikasih makan gk mau cma di gigit bru kyk orang kepahitan gitu,apa karena jangkriknya ya dok soalnya kemaren jangkriknya makanin dinding dusnya dok?,klo memang karena jangkriknya diapain ya dok jangkriknya supaya bisa di kasih ke iel(celepuk saya) lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih makanan lain kayak ulat hongkong.
      selama sehari bisa kasih makan itu.

      besoknya bisa kasih jangkrik lagi. tapi jangan kebanyakan ngasihnya. setengah dari porsi makan celepuk yang saya tulis di artikel PORSI MAKAN BURUNG HANTU saja... :)

      dia muntah karena kayaknya mas kasih makannya kebanyakan....

      Delete
  70. fesesnya cma 2 elemen dok putih sama bening trus agak encer kyk mencret gitu

    ReplyDelete
  71. klo daging emprit yg di cacah atau cicak gmn dok? soalnya gk ada yg jual ulat hongkong sma tiput di tempat saya

    ReplyDelete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. klo dikasih makan pke cicak kira2 brp ekor untuk sekali makan dok?

    ReplyDelete
  74. klo dikasih makan tokek gmn dok boleh gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas...
      jenis burung hantunya apa mas?

      boleh aja dikasih tokek atau cicak...

      Delete
  75. Assalamualaikum DOk. Si chend (barn owl) saya masih chick.. udah 3 hari terakhir ini ga mau makan dok.
    Tapi berdiri tegap. Suara pun aktif.
    Terkadang mata nya agak merem2 dikit pas saya kasih makan dengan cara di loloh. Fesses nya putih.coklat.tapi ga ada hitam nya dok.
    Karena 3 hari terakhir ini saya kasih makan dengan cara di loloh potongan daging ayam hidup di potong buat makan nya si chend.
    Mohon penjelasannya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih super-n, setetes setiap hari.
      dan pindahkan ke dalam ruangan dulu. jangan diluar. jangan sampe si chend kedinginan...

      udara lagi gak bagus buat owl.... :(

      Delete
  76. Dok saya punya bubo sumatranus chick, masih agak merem, bulu kapas bgt. Namanya bubu. Fasesnya belum lama ini banyak putihnya dan agak kehijau"an. Kemarin saya kasih makan puyuh dipotongi, trus puyuh stok lagi habis terpaksa saya kasih makan ayam potong. Saya takut dia sakit atau stress berat. Pertanyaan..

    1. Apa bubo stress, fasesnya berwarna hijau dan lebih banyak putihnya?

    2. Kapan saja waktu memberi makan bubo chick? Saya cuma kasih pagi dan sore @5 puyuh doq. Apa kurang?

    3. Apa perlu bubo chick dikasih doff lampu 5watt agar hangat? 2 hari ini saya kasih lampu dan saya taruh dalam box berisi kain, posisi dalam rumah.Apa terlalu panas ya hawanya?

    4. Apa bubo saya lagi sakit, atau stress kalau fasesnya berwarna banyak putihnya dan yg biasanya hitam menjadi hijau? Makan normal, suara berisik, selalu respon kalau dipanggil namanya meskipun kadang masih merem matanya.

    Tolong dijawab dok. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas pertanyaannya. saya coba jawab.
      1. yang pasti ada masalah di pencernaannya, kemungkinan bakteri atau virus. coba kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT. rutin, sekali sehari. setetes.
      2. malam gak mas kasih? coba kasih malam juga. dan puyuhnya udah disiangi. artinya, jangan yang hidup2. beli puyuh, siangin (ambil dagingnya aja, bisa minta tolong sama tukang ayam potong di pasar), taro di freezer. kalo mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air biasa (matang, jangan di air panas/hangat), cacah2 kecil, baru kasih ke owlnya...
      3. gak usah. kalau ruangannya udah hangat (gak ber-ac), gak usah dikasih lampu gak apa2. karena kalau sampe kepanasan (lampu terlalu deket), malah bikin burungnya dehidras.... boleh kasih lampu, tapi jauh aja.... biar gak panas. kalo ruangannya udah suhu kamar, saya kira gak dikasih lampu gak apa2... :)
      4. udah saya jawab di nomor 1, hehehe. kemungkinan karena stress aja. atau makanan. saya sarankan jangan kasih ayam potong kecuali ayam yang masih kecil, itupun yang dikasih dagingnya aja...

      maaf karena baru balas. kabari terus ya mas. salam buat bubu...

      Delete
    2. Thanks dok pencerahannya.. 😊Alhamdulillah bubu sudah sehat dok. Saya kasih daging puyuh segar terus.

      Delete
    3. sip. kabari terus.
      rutin kasih super-n setetes setiap hari

      Delete
    4. Super N untuk obat atau vitamin kalau diberikan setiap hari?

      Delete
    5. maaf karena baru balas, mas. :(
      sibuk banget kemaren...
      super-n itu cuma suplemen. ya ada vitaminnya juga sih. jadi, iyap. kita sebut aja vitamin burung. :)

      Delete
    6. Gpp dok..jawab pas ada waktu saja..

      Si bubu lagi mabung dok. Sepertinya kok gatal sekali ya. Sering gulung gulung kalau saya taruh di atas kain atau keset. Kadang kepala dan muka digesek gesek ke kardus atau ke tembok. Apa itu normal dok?
      Tiap pagi saya jemur 5 menit.
      Takut ada kutu. Apa perlu dimandikan?

      Delete
    7. dia suka garuk2 badannya gitu?
      sementara pastikan aja dulu dia mabung atau nggak. jadi kita observasi aja selama 3 hari ke depan, mas.

      boleh sesekali disemprot pake spray air, gak apa2. kasih dettol antiseptik yang cairannya kayak teh.

      Delete
  77. Dok maaf saya mau tanya lagi.
    Cwra membersihkan hidung bop yg tersumbat gmn?
    Bubu hidungnya sebelah kiri kesumbat kotoran pup nya. Dia masih chick belajar berdiri tp sering jatuh lalu kena pup pas di lubang hidung trus mengering di dlm lubang hidung. Tiap hari dia geleng" kepala, mungkin gk enak hidungnya kesumbat satu.
    Gimana dok biar lubang hidungnya bersih?
    Maaf saya bnyk tanya... :(
    Takut bubu knp knp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe masuk ke dalam apa cuma di depan lubangnya, mas?

      kalo cuma ada di depan lubangnya, sekita bisa dicuil, bisa dicuil pake ujung jarum yang gak tajem, yang ada lubangnya.....

      Delete
    2. Masuk kedalam dok.
      Gak nyaman gitu dia. Kepalanya di geleng"kan terus.
      Mau saya bersihin tapi kok takut malah masuk kedalam

      Delete
    3. hmmm, agak susah sih.... tapi bisa disedot pake sedotan akua.

      ujung sedotan akua yang gak tajam ditempelkan di depan lubang hidung burungnya, kemudian disedot pelan2 dari ujung satunya....

      emang agak menjijikkan sih bagi yang belum terbiasa.... hehehe....

      atau bisa juga pake hand blower pump, gambarnya kayak yang ada di sini: https://ae01.alicdn.com/img/pb/225/082/567/567082225_907.jpg

      caranya bukan ditiupkan, tapi disedot. ditekan dulu pump-nya, lalu ujungnya yang berlubang diletakkan di depan lubang hidung burung hantu, dan pump-nya di lepas....

      tapi makan lancar kan?

      Delete
    4. Makan lancar dok. Tp geleng geleng kepala terus tiap hari.
      Kyk ayam lagi pilek.

      Delete
  78. Menurut dokter ini bubu kenapa ya?
    Coba cek video detik" terakhir, geleng geleng kepala. Dia sakit syaraf atau gatal karena bulunya moulting? Sudah saya semprot dettol antiseptik, tetep kyk gt. Kotoran di hidung juga hilang, gak lagi pilek juga. Duh bingung.
    https://youtu.be/-iycwBMnDyY

    ReplyDelete
  79. dok celepuk saya si Mino sdh mau bulu kapas tinggal di dekat mata aja yang masih bulu jarum, tdi saya liat dia gesekin kepalanya ke dinding kardus itu kenapa ya dok, terus si Mino fesesnya warna coklat putihnya agak keras/kental beningnya banyak itu normal kh dok?
    Sekalian mau tanya dok klo msh ada bulu jarumnya sedikit di jemur gpp kh?, Boleh di kasih minum jg kh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jemur gak apa2, asal jangan kelamaan. 10 hingga 15 menit aja.

      nafsu makannya gimana?

      kayaknya sehat. coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat.

      Delete
  80. Dok itu super n klo di tetesin di jangkrik bru di kasih ke Burhan bisa kh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung ditetesin ke mulutnya, mas.
      tapi kalo emang mau ditetesin ke makanannya dulu juga bisa...

      Delete
  81. Kalo di karantina di owlbox dari kardus bisa ga ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mas. asalkan taro kardusnya di ruangan yang sepi suara/sepi.

      Delete
  82. Maaf saya mau tanya. Kalo memelihara burung hantu tapi punya burung peliharaan lainnya seperti murai jalak putih lovebird apakah akan mengganggu ato menakuti burung² tersebut

    ReplyDelete
  83. Dok akubaru beli burung hantu kayak nyaa dia stres aku masukin kandang sama aku tutupi kandangnyaa dan gk ditempat bersik apa diaa bisaa gk stress lagi dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya besar nggak? selama kandangnya besar dan dia bisa bebas bergerak di dalamnya, saya kira oke aja sih. :)

      nafsu makannya gimana?

      kasih super-n ya mbak. dan kabari lagi. maaf karena baru balas, saya abis dinas keluar kota kemaren... :)

      Delete
  84. Terus diaa sering merem matanyaa fasesnyaa warna putih kalo disuapin makan jangkrik kadang dimakan kadang gk mau dimakan knp yaa dok

    ReplyDelete
  85. Perkusi dok.Cara karantina celepuk dalam kardus gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal taro aja di dalam kardus yang agak besar, tutup, terus kardusnya taro di ruangan yang sepi suara... :)

      Delete
  86. sore dok, rencananya nanti malam bubonya datang, umur 5 bulan, nanti bgtu smpai apa yg harus saya lakukan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina aja dulu mas. taro di ruangan senyap suara. :)
      kasih super-n setetes, langsung tetes ke paruhnya aja...

      sekarang gimana bubo-nya? silakan baca2 artikel saya tentang burung hantu... :) terutama artikel parameter kesehatan burung hantu... :)

      Delete
  87. apa boleh lgsh saya taruh di tangkringan atau bgmna?

    ReplyDelete
  88. Dok kenapa burung hantu obay ssya tidak mau berdiri di tangkringan tapi kalo di lantai mau berdiri kenapa ya dok sudah 3 hari di karantina di kardus makan nya lancar dok tapi ga mau naik ke perch

    ReplyDelete
  89. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  90. Dok feses celepuk saya besar banget dok, sebesar feses kucing, itu kenapa ya?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.