Cara Memelihara Anak Musang | Drh. Fira Sovica

Memelihara anak musang

atau memelihara musang yang masih bayi memang membutuhkan beberapa trik tersendiri, terutama jika bayi musang yang dipelihara masih belum bisa makan sendiri atau masih disepet / disuapi dengan suntikan atau pipet. Berikut adalah cara memelihara bayi musang. Beberapa trik memelihara bayi musang berikut pernah disinggung dalam artikel cara memelihara bayi musang yang masih merem.
Cara Memelihara Anak Musang
Image taken from kaskus.co.id
Dan berikut adalah cara merawat anak musang:
  1. Taruh anak musang di dalam kandang yang diberi box kering dan hangat.
  2. Jaga agar suhu kandang tetap terjaga, tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin. pastikan kandang selalu kering dan bebas kotoran.
  3. Jangan telat memberi makan.
  4. Salahsatu penyebab matinya anak musang adalah karena owner telat memberi makan. Pemberian makan pada anak musang yang matanya belum bisa melihat (matanya masih terpejam) bisa dilakukan setiap 4 atau 5 jam dengan cara disepet menggunakan pipet, kecuali jika anak musang tersebut sudah bisa makan sendiri. jangan memberikan makan bayi musang dengan menggunakan suntikan karena akan menyebabkan musang tersedak. akan lebih baik lagi jika bubur bayi yang menjadi makanan utama bayi musang dicampur scott emulsion agar daya tahan tubuhnya lebih kuat. minyak ikan juga sesekali bisa ditambahkan ke campuran bubur bayinya agar bulu musang tumbuh dengan baik. Anda juga bisa memberikan susu kambing untuk bayi musang. Dan cara memberikan susu kambing untuk anak musang bisa dibaca di artikel pemberian susu kambing untuk musang.
  5. Sempatkan waktu bermain dengan si musang.
  6. poin keempat ini diperlukan agar si musang mengetahui siapa ownernya dan menganggap anda sebagai induknya. dengan mengajak main musang maka dia akan menganggap anda sebagai induknya dan dia akan bonding kepada anda. poin ini akan lebih ditekankan jika ada ingin musang anda bonding (terikat secara batin) kepada anda.
Demikian adalah tips dan trik cara merawat dan

memelihara anak musang

. Artikel diatas diharapkan bisa membantu para adopter musang, terutama musang yang masih anakan, dalam memelihara anak musang. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

219 Responses to "Cara Memelihara Anak Musang"

  1. Dok musang saya masih bayi kira kira mencanpuri minyak ikan nya seminggu sekali atau setiap hari.... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok,saya mau tanya kalau musangnya udah melek masih di sepet gk

      Delete
  2. Ohh iyahh makasih dok... saya mau tanya lagi dok itu musang saya kena penyakit kulit kira kira knpa yah... apa ada yg salah karna saya suka memberi makan nya bubur sun ataw kenapa...terus obat nya apa yah... biar sembuh... saya takut nanti malah jadi banyak dok ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lebih diperjelas lagi penyakit kulitnya seperti apa? :)

      Delete
  3. saya juga belum tau dok luka apa..tpi Luka nya kecil dok...kering karna nanah nya ataw gmna tpi pernah saya bersih kan besok nya kering lgi letak nya di bagian ekornya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia sering menggaruk badannya?
      coba sering dibersihkan bagian yang luka dengan cairan antiseptik seperti dettol.... mungkin ada infeksi atau kutu di sana... :)

      Delete
  4. Dok, muspan umur 1,5 blan udh bleh di beri sun di campur scott emulsion? Atau lbh baik susu saja?

    ReplyDelete
  5. Dok, muspan umur 1,5 blan udh bleh di beri sun di campur scott emulsion? Atau lbh baik susu saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sun dikasih scott emulsion aja. susu boleh tapi jangan susu kental manis. pake susu sgm LLM....

      Delete
  6. Dok. Muspan saya umur1,5 bulan klo d kasih susu dancow putih boleh gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan mas. dancow mengandung laktosa soalnya. bisa menyebabkan mencret pada musang...

      kalau saya sih lebih baik jangan dikasih susu. dibiasakan aja makan buah atau jus, selain kasih bubur bayi. kalau toh mau kasih susu, kasih SGM LLM yang non laktosa... :)

      sehat selalu buat musangnya...

      Delete
  7. Dok saya baru Adopsi Anak musang rase nih Umur 1 Bulan bagus nya makan nya kasih apa dulu ya?
    Mohon di bales dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kasih bubur bayi merk promina mas... :)
      jangan sampe telat makan ya...

      Delete
    2. dok ,, kalo musang dikasih susu kucing bolehkah ?

      Delete
  8. Dok pin BB nya brp.. Saya mau konsultasi. Soal nya musang sya lg ada mslh.. Sya baru adopsi anak musang.. Ditunggu ya dok.. Mksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsultasi di sini aja mas... saya gak share pin bbm... :)

      Delete
  9. dok untuk muspan 2 bulan lebih baik ditaruh di kandang besi atau kardus box

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja sih mas. yang penting kebersihannya dijaga. :)
      kalau saya sih prefer sebaiknya di box. dijaga kebersihannya agar si musang tidak kutuan... :)

      Delete
  10. dok, bayi musang aku mencret terus bulu nya pada rontok.
    umur nya 1,5bulan..
    gimana dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih susu kental manis ya mas? jangan dikasih susu kental manis. kasih susu non laktosa seperti sgm LLM.
      kandang juga sebaiknya dijaga kebersihannya. musang umur segitu memang sangat rentan rontok... :)

      Delete
  11. Dok, musang saya maunya makan cuma pisang, bubur bayi jg gak mau
    Gimana caranya biar mau makan slain pisang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dipuasakan.
      misalnya mas kasih makan sehari 3 kali, pagi, siang, dan malam. sekarang coba siang gak dikasih makan. kasih makannya pas sore. dan kasih makan selain pisang (bisa coba ati ayam rebus cincang)......

      itu juga kalau musangnya sudah diatas 3 bulan ya mas. kalau dibawah 3 bulan, lebih baik kasih aja apa yang dia mau dulu. yang penting dia sehat... :)

      Delete
  12. dok kalo anakan muspan 2bulan+ nutrisi/vitamin apa yg di anjurkan biar selalu sehat?
    kalo dikasih minyak ikan kapsul boleh pa tidak dok? tolong bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dikasih minyak ikan untuk kucing. cukup 1 butir saja setiap 2 minggu sekali. jangan sering2. kasih scott emulsion cukup 1 sendok teh setiap minggu... :)

      Delete
  13. Dok beby musang pandan saya kerja nya tdur trus, gak rewel minta makan, trus kalo sekali nya di kasih makan cuma 2 spetan ukuran 3ml, apa engga apa apa dok ? Saya khawatir banget dok:( mhon pencerahan nya dok

    ReplyDelete
  14. Dok beby musang pandan saya kerja nya tdur trus, gak rewel minta makan, trus kalo sekali nya di kasih makan cuma 2 spetan ukuran 3ml, apa engga apa apa dok ? Saya khawatir banget dok:( mhon pencerahan nya dok

    ReplyDelete
  15. Dok beby musang pandan saya kerja nya tdur trus, gak rewel minta makan, trus kalo sekali nya di kasih makan cuma 2 spetan ukuran 3ml, apa engga apa apa dok ? Saya khawatir banget dok:( mhon pencerahan nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. kalau mulai mengeluarkan suara, boleh mas kasih makan.
      selama dia masih mau disepet, itu artinya dia masih sehat..... :)

      Delete
  16. Siang dok, apakah musang ada vaksinnya, diusia brp divaksinnya? Saya punya babby pandan 1.5bln dan baby bulan 1 minggu. Sama suntik kutu diusia brp. Thanks y dok atas pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang bisa divaksin diatas usir 11 bulan atau diatas 1 tahun... :)
      dibawah itu, sebaiknya tidak divaksin dulu... :)

      Delete
  17. Dok.. musang saya baru latihan jalan itu kira2 umur brapa dok..? Trus baiknya satu kali makan brapa sendok bubur dok..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bisa makan sendiri?
      umur segitu biasanya cukup2 hingga 3 sendok makan bubur, lalu dicampur air secukupnya....

      Delete
  18. Dok klo umrnya 1,5 bln d kasih hanya minum susu sgm 1 hari 3 kali gp kn dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu sgmnya yang non laktosa. bisa kasih susu sgm llm. 3x sehari gak apa2, tapi bagusnya sih 2 kali aja...

      Delete
  19. dok mau tanya saya baru beli muspan umur 1blnan, saya kasih sun dan susu kucing yg low laktosa encer tidak kental, udah 3 hari sering pup terus berkali2 setiap mau mkn di spet dan mencret , apakah wajar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pupnya seperti apa? seperti krim atau mencret? warna fesesnya seperti apa?
      sebenernya, agak riskan juga muspan umur sebulan udah dipelihara oleh manusia. baby musang umur segitu harusnya masih disusui oleh induknya.
      tapi semoga bayi musangnya sehat ya mas... saya tunggu balasan atas pertanyaan saya... :)

      Delete
    2. makasih respon nya dok. seperti yang di makan bubur sun pisang kuning, mencret dok, kuning fesesnya, saya jg kurang tau umur nya tp kecil blm numbuh gigi udah melek dan masih dspet mkn nya. apa harus di kentalkan mkn nya biar ga mencret?

      Delete
    3. itu sekitar 2 hingga 3 bulanan.
      kalo menurut saya sih kalau dia masih mau makan its oke. dan kalau mencretnya tidak begitu seperti air (masih berbentuk krim), saya kira masih sehat....
      jaga kebersihan kandang ya mas. sesekali kasih pisang juga. jus dulu pisangnya, lalu berikan ke musangnya pakai suntikan/pipet... :)

      Delete
    4. owh iya dok jadi masih mau makan dan masih aktif tidak lemes cuma pup terus aja setiap abis makan bursun. owh tidak masalah ya. iya dok tadi di kasih pisang di potong kecil mau dia makan. hehe makasih saran nya sukses selalu

      Delete
  20. Dok kalo anakan musang pilek sama hidung dan mulut sama pelipis mata mengoreng kenapa ya dok? Penanganannya gmana

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya mas bisa ceritakan kenapa bisa korengan?
      apakah si musang sering menggaruk? ada kemungkinan kepentok kandang atau dia sering menggaruk...

      Delete
    2. Awalnya sy nemuin dia sekarat dok.krna jatoh.awal sy nemuin dya lehernya kaya sakit gitu dok.ga bsa lurus n angkat kepalanya.2 hari sya rawat kepala n leher mendingan dok tp tiba tiba dya bersin trus.hidung mampet gitu dok sama lama kelamaan pelipis mata hidung sm mulut jd mengoreng.makan dya doyan banget dok.sekarang alhmdllah udah bs mkan sndri.aktivitas jg udah mulai baik.hanya koreng itu aj dok.gmana cra nanganinnya ya dok.terima ksh

      Delete
    3. untuk mengobati musang pilek bisa mas baca di artikel cara mengobati musang pilek. http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2015/04/cara-mengobati-musang-pilek.html

      untuk korengnya, biarin aja mengering sendiri. lebih baik jangan dikasih asupan protein (daging, serangga) dulu mas, kasih buah2an aja... :)

      Delete
  21. Mksh dok buat pencerahannya.untuk minumnya lebih baik susu atau air gula dok?1 lagi dok.d artikel mengobati musang pilek kan d dimandikan dok.emang boleh dok msh kecil gitu d mandiin?mksh dok buat waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. kalau masih kecil mending disemprot2 aja. caranya sama kayak memandikan musang rase mas. silakan mas baca....

      saya lebih menyarankan air madu sebenernya, atau susu non laktosa... :)

      Delete
  22. Dok saya mau tanya, saya punya baby muspan usia 1,5 bulan. Selama ini hanya diberi makan bubur sun rasa pisang dicampur scoots emulsion. Apa itu udah betul dok? dan campuran scoots emulsionnya baiknya dicampur ke bubur setiap makan atau hanya sesekali aja? Satu lagi dok kalo dia udh makan seperti diatas apa perlu diberi minum? dan minumnya apa yg cocok? saya takut dia kekurangan cairan. Terimakasih mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dosis pemberian scott emulsion pada musang pernah saya tulis artikelnya. silakan cari di bagian cari artikel....
      musangnya sudah bisa minum sendiri? kalau sudah, cukup taruh wadah berisi air madu di kandangnya. kalau belum, cukup kasih minum sesudah makan dengan air madu. jangan lupa lap bulunya yang basah setelah pemberian makan/minum ya mas, agar bulunya gak rontok... :)

      Delete
  23. Dok saya mau tanya, saya punya baby muspan usia 1,5 bulan. Selama ini hanya diberi makan bubur sun rasa pisang dicampur scoots emulsion. Apa itu udah betul dok? dan campuran scoots emulsionnya baiknya dicampur ke bubur setiap makan atau hanya sesekali aja? Satu lagi dok kalo dia udh makan seperti diatas apa perlu diberi minum? dan minumnya apa yg cocok? saya takut dia kekurangan cairan. Terimakasih mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  24. Terima kasih dok penjelasannya, musang saya masih di sepet. Takaran untuk madunya berapa banyak? dan kalo sesudah makan saya lap pake tissu basah untuk bayi apa boleh dok? Soalnya suka lengket dibagian moncongnya kalo abis makan.

    ReplyDelete
  25. Terima kasih dok penjelasannya, musang saya masih di sepet. Takaran untuk madunya berapa banyak? dan kalo sesudah makan saya lap pake tissu basah untuk bayi apa boleh dok? Soalnya suka lengket dibagian moncongnya kalo abis makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh sesudah makan dilap pakai tisu basah non alkohol.
      kalau baby banget sebaiknya jangan dijemur dulu mashmm, boleh aja sih tapi jangan lama2. 10 hingga 15 menit aja.... :D

      Delete
  26. Saya dapet masukan dari anak MLI untuk menjemur baby musang setiap pagi dibawah jam 9, apa sudah benar dok?

    ReplyDelete
  27. Dok Saya Baru Adopsi Musang Pandan1bulan Tapi Kalo Dikasih Susu Kucing boleh gak dok....sama kalo tempat tidur nyaa musang saya kalo dikasih lampu kuning, Kain flece,kardus itu boleh gak dok????

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja. :)
      dari segi perawatan sudah cukup bagus. tinggal dipertahankan saja. sesekali mas bisa kasih bubur bayi.... :)

      Delete
    2. boleh aja. :)
      dari segi perawatan sudah cukup bagus. tinggal dipertahankan saja. sesekali mas bisa kasih bubur bayi.... :)

      Delete
  28. Itu tidak merusak Mata Sang Baby Muspan Kan Dok....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan jangan terlalu dekat ke musangnya, saya kira aman. gunakan saja lampu bohlam 5 watt, dan jangan seharian dinyalain. cukup malam hari aja atau jika udara dingin... selebihnya matikan...

      Delete
  29. Klo buat pemula ky saya baiknya melihara musang umur brp ? Trs kandang yg baik buat musang yg ky gimana ? Dari kayu,alumunium,atau apa dok ?
    Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sudah bisa makan sendiri dan udah jinak. minimal semi jinak.
      pakai kandang kucing aja, yang ada penampung kotoran di bawahnya.... :)

      Delete
    2. Klo musang ada faksinnya gitu gk dok ? Klo difaksin itu umur brp ?

      Delete
    3. vaksin pada musang udah saya buat artikelnya di blog ini. silakan cek di bagian cari artikel....

      Delete
  30. Dok saya punya musang saya gak tau dia umur brp yang jelas dia baru tumbuh gigi dok tp belakangan in dok dia agak beda dlm segi makan dok biasanya klo mkan dia bnyak bgt dok tp skrg porsinya nurun dua kali lipat dok udh gitu skrg dia kerjanya tidur trus dok knp ya tlong pencerahannya dok sya tkut dia skit dok oh iya dpt salam dri kitty dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, wajar kalau musang umur segitu masih doyan tidur.
      kedua, soal nafsu makannya. coba kasih makan agak banyak di waktu malam karena musang itu emang dasarnya hewan malam. biasanya dia agak makan banyak kalau malam.

      cek juga artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. :)

      Delete
  31. Apa ada pengaruh dari sikap.musang ketika giginya akan tumbuh dok?
    Trus kalo dia suka.miringkan kepala dan berjalan.miring sambil berjalan dalam waktu.beberapa saat apa ada sebab yang membuat dia seperti itu dok?
    Trus kalo.mau.disuntik kira2 usia berapa dok? Ddieng dia sudah umur 4bulan dok...... Help ya dok... Thx 4

    ReplyDelete
  32. Ass bu dokter.
    Muspan saya berumur 2bln lbih, sedang terkena mencret, susah pup, ada blog yg ngasih tau obatnya madu dan jus kates.
    Gimana cara mengobati nya dok, bantu y

    ReplyDelete
  33. ass bu dokter,
    saya punya muspan umur sekitar 3 bulanan, susah makan dok, diberi susu atau bubur menolak, tapi yg saya heran muspan saya begitu lincah dok, cara beri pngan saya dgn dot/disepet tpi tetap susah makan dok, tolong bantu sarannya dok agar mau makan dan jenis mknannya itu apa
    teima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa? mas udah berapa lama handle dia?
      cara agar musang mau makan apa saja bisa mas search artikelnya di bagian cari artikel...

      Delete
    2. matanya masih merem saya udh handle dia dok, waktu itu saya kasih susu 4x/hari dok, tpi kok lama kelamaan muspan saya menolak susu/bubur bayi dok, saya coba beri buah2an seperti pisang atau pepaya juga menolak dok, bahkan saya juga udh coba beri bakso ayam juga menolak, apa penyebab dan penyelesaiannya dok? mohon bantuan nya

      Delete
    3. hmm, coba cek fesesnya (tahi). samakan dengan di artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.
      cek juga artikel saya cara agar musang mau makan apa saja... :)

      Delete
  34. Dok umur muspan sya sekitar 1bln lbih, untuk mkan msh susu sgm ananda, kadang 5 jam 1x d ksh minum susu, tp klo pas lg tdur d bangunin buat nyusu slalu kaget trus pup,? Tp msh mau nyusu, kdang sy tggu dy bgun bru nyusu dy g pup, normal g sh dok? Apa hrus nggu dy bgun bru nyusu? Mksh sblm ny

    ReplyDelete
  35. Dok kalo mata musang sebelahnya putih seperti katarak itu knp??
    Dan cara penyembuhannya gmn??
    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengobati katarak pada musang....

      Delete
  36. Ibu dokter...berapa harii mata baby muskar bisa melek??

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel cara mengawinkan musang. ada di artikel itu. :)

      Delete
  37. Dok untuk scoot emulsion nya yg buat bayi yg rasa", atau ada yg khusus untuk binatang dok...??? Dan di beri setiap x mau makan, atau di seling dok, untuk musang 1 stngah bulan, tolong info ny dok, mks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. scott emulsion yang buat manusia. dosisnya silakan mas baca di artikel saya dosis scott emulsion untuk musang.
      jangan melebihi dosis.

      Delete
  38. dok, muspan 1,5 bulan saya keliatannya lemes, terus ga mau makan/minum, nafasnya juga kayak lewat mulut, kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidungnya keliatan berair? biasa dikasih makan apa?

      cek fesesnya mas. samain kayak di artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.... saya tunggu kabarnya...

      Delete
  39. dokter saya punya musang saya kasih makan pisang sama bubur sgm..
    mau pup ternyata susah kluarnya dok ..
    jadi sampe nungging nungging tuh baby saking pengennya pup..

    trus kasih obat biar lancar pupnya
    terima kasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih pepaya. #udahgituaja :D

      jus dulu pepayanya. kasih sari kurma sedikit...

      Delete
  40. Maaf dok mau nanya.
    Td pagi saya baru nemu anak musang rase..tp sampai sekarang gk mau makan dok..knpa ya dok? Mhon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mas?
      kan udah ada artikel cara memelihara musang rase.. :)

      Delete
  41. Dok bayi muspan umur 1 s/d 1,5 bulan bagusnya di kasih scotts emulsion berapa kali sehari? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel dosis scotch emulsion untuk musang.

      bagusan juga kasih sari kurma, mas.. :)

      Delete
  42. dok,musang akar saya umur 2 bulanan, klo tidur sering menghisap penisnya..kenapa ya dok...

    ReplyDelete
  43. Dok anakan musang akar saya berumur 2 bulanan..makan bubur sun atau cerelac, kadang dikasih susu kucing...pemberian makan 4 kali sehari, pagi jam 6, 12, 6 dan 12 malam dok...tapi klo tidur dia sering menghisap hisap penisnya dok, kasian lecet..itu kenapa ya dok...dan cara mengatasinya..trims...oia nama musang saya LEON...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur 2 bulanan masih bisa dibilang normal. sama aja kayak bayi atau balita manusia, kadang mereka suka memegang kemaluannya. :)

      makan gimana? lancar? gak mogok makan?

      untuk nutrisi, saya sarankan kasih sari kurma, campur ke makanannya.

      coba saya ingin tahu mengenai fesesnya, mbak. saya tunggu ya... :)

      Delete
  44. fesesnya bagus aja dok..ga cair...ga terlalu keras juga...kadang saya kasih pisang atau pepaya...nafsu makan bagus juga...cuma penisnya lecet dikasih apa ya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya aja kasih alas kain. sehari ganti-cuci.
      lecetnya gak sampe berdarah kan? kalau gak sampe berdarah, gak apa2....

      namun kalau emang worry, bawa aja ke dokter hewan... biar sekalian dicek.. :)

      Delete
  45. dok sy punya muspan. . mau saya cabut taringnya itu boleh ga . . . sy mau ke dokter hewan . . soalnya takut disini banyak anak kecil . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri tidak menyarankan anda memelihara musang jika takut digigit. digigit adalah resiko memelihara musang.
      kalau di sekitar mas banyak anak kecil, maka jaga musangnya agar tidak dekat2 ke anak kecil itu. saya tidak menyarankan orang untuk mempangkur taring musang kecuali memang urgent, dan saya tidak menyarankan mencabut gigi musang....

      silakan mas baca artikel saya cara agar musang tidak gigit....

      Delete
  46. Mo nanya baru aja dapet bayi musang,belum tumbuh gigi tp matanya udah melek,saya kasih susu sgm llm dia mau,nah itu smsnya harus saya tambah gula atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dikasih gula. kalau mau, pake sari kurma aja...

      bahkan, saya lebih menyarankan jangan dikasih susu. cukup air putih campur sari kurma...

      Delete
  47. Kl air dan sari kurma perbandingan takarannya gimana,dan sari kurma merk apa kira2 yg boleh dan baik buat dipakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. merknya boleh apa aja. takarannya juga sekira airnya terasa manis aja. kayak saya.
      huehehehe... :v

      Delete
  48. Pagi dokter manis, hehehehe.....untuk perawatan baby musang pandan umur 2,5 bulan bagaimana ya dok....nah yg mau saya tanya, kan saya pekerja nih dok, brangkat pagi jam 6.30 pulang jam 7 malam sampai rumah , kalau musangnya di kandang selama 10 jam lebih dengan makanan yg tersedia bagaimana ? apakah bisa dok..? atau harus di lepas di dalam rumah..? makasih ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musangnya udah bisa makan sendiri, cukup sediakan makanan di kandang sebelum mas beraktifitas. kalau belum bisa makan sendiri, mau gak mau mas harus nyuruh orang buat kasih makan musangnya...

      gak usah dilepas bebas di dalam rumah. :)

      Delete
    2. makasih dok sarannya,...musang saya namanya KITU....hehehe anak saya yg namain, sudah bisa makan sendiri dok, lahap banget kalau makan pisang, pisang yg bagus buat bayi musang buat saya pisang kepok dan pisang barangan yg matang makannya lahap banget dan minum pake air sari kurma sedikit saja....ga papa kan ya dok....untuk makan nasi atau makan rebusan ati ayam mulai umur berapa ya..? makasih dok

      Delete
    3. makannya dah bagus, apalagi dikasih pisang atau pepaya. :)

      mas mau coba kasih nasi campur hati ayam rebus? coba aja kasih seminggu sekali, mas... buat latihan aja, hehehe... sementara seminggu sekali dlu....klo mas libur.. :)

      Delete
  49. Pagi Dok,...mau tanya dong kalo musang saya si KITU mau diajak Boding biar cepet bagaimana ya,...seneng banget makan rumput dok cuman begitu di lepas di rerumputan maunya lari lari dihalaman naek naek pohon.....akhirnya sy kurung lagi deh...KITU aktif dan lahap makannya, apalagi kalo dapet makanan baru dikenal sepertinya ga mau tapi lama lama dimakan habis.....makanan baru seperti potongan Oyong,Mangga,Tomat dan biji ketimun....musang saya termasuk gimana dok sehat atau bagaimana..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. termasuk sehat. hanya dia belum bonding aja sama mas.
      bertahap aja. coba ajak mainnya di ruangan tertutup aja misalnya di kamar mas. mas merokok gak? kalau gak merokok, mas bisa taruh kaus bekas pakai mas di atas kandangnya. dilebarin biar dia bisa cium bau badan mas dari kaus bekas itu. nantinya bisa bikin dia cepet kenal dengan masnya...

      kalau mas merokok, jangan. residu rokok yang menempel di baju takutnya malah masuk ke paru2nya. bahaya...

      Delete
  50. Dok saya newbie, 2 hari yang lalu saya adop baby muspan umur sekitar 1 bulan(kata owner sebelumnya)Y.

    1. Sejak pertama, Si baby kalo di kandang tidur terus dok, jadi kalo makan harus diangkat dan dipaksa untuk makannya. Jadi terkesan si musang tidak lapar. Apa memang harus dipaksa begitu?

    2. Ga masalah dok kalo si baby makan harus bener bener dipaksa spetnya?

    3. Saya diarahkan untuk kasih SUN beras merah, apa ada masalah dengan menu makanannya makanya jadi harus dipaksa?

    4. Setelah makan si musang seperti ketakutan dan jalan mundur. Saya takut kalo dia jalan mundur(baca postingan musang jalan mundur)

    5. Si baby kalo abis pup dan pipis saya langsung bersihkan kelaminnya, abis itu dia kaya nyusu ke kelaminnya yang abis pup& pipis. Giliran saya kasih makan susah lagi.
    Warna pup si baby kuning dengan tekstur seperti SUN. Apa itu mencret dok?

    Mohon infonya dok.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih pertanyaannya. :)
      kalo newbie, harusnya pilih anakan musang yang minimal udah bisa makan sendiri, jangan yang masih bayi banget, mas. kalau yang masih 1 bulan, emang harus disepet (dikasih makan dengan cara diloloh pakai suntikan atau spet).
      1. iya, biasanya harus dikasih makan dengan cara dipipet.
      cara tahu dia laper apa nggak gimana? gampang. biasanya kalau bayi musang umur segitu kalau lapar suka bunyi-bunyi...
      2. jangan dipaksa. kalau dia sudah mulai menghindar-hindar, hentikan aja.
      3. bisa jadi sih dia gak suka dengan makanannya juga. coba kasih bubur bayi promina campur sari kurma. biar daya tahan tubuhnya bagus.
      4. musang umur segitu emang sangat rentan malnutrisi (kurang nutrisi). umur segitu masih sangat tergantung pada gizi dari susu induknya. kasian juga...
      5. kayak jilat2 alat kelaminnya gitu? atau sampe dimasukkan ke mulut?
      kalau fesesnya masih sama seperti sun, kayaknya masih sehat. silakan baca2 dlu artikel saya mengenai memelihara musang di blog ini....

      Delete
  51. Dok. Sya pemula pelihara musang. Jenis musang saya musang pandan. Usianya mungkin masih di bilang balita. Yg ingin saya tanyakan : seberapa lama tingkat pertumbuhan badannya ? Apakah ada faktor faktor yg bisa menyebabkan pertumbuhannya lambat atau cepat? Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. postur badan musang bergantung ke genetiknya, mas. ada yang emang bongsor, ada juga yang kurus. namun soal siklus hidupnya (misalnya: pada usia berapa musang bisa disebut musang dewasa), mas bisa baca artikel saya cara mengawinkan musang.

      Delete
  52. Dok, mau minta saran aku mohon di balas secepat nya. Aku punya Indukan dia baru melahirkan 1bulan , terus Indukan nya mati, tadi dia melahirkan 2 ekor dok. Trus anak nya kan makanya harus di spet , tapi kalau gak di paksa dia tidur terus, aku kasih dia makanan promina rasa pisang. Aku khawatir dia kalau bangun keluar bunyi bunyian, tp saya kasih makan dengan cara di spet makanya sedikit, kenapa dok. Aku mohon dok jawabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas, karena saya habis sakit, mas. mohon maaf ya. kalau pelihara bayi musang umur segitu emang harus telaten banget. udah ada kok caranya di artikel cara memelihara bayi musang yang masih merem. soal porsi makannya, yang terpenting bukan banyaknya, mas. tapi yang terpenting adalah dia mau makan, gak peduli banyak atau sedikitnya. untuk lebih lanjut, silakan baca artikel yang saya sarankan di atas.... :)

      Delete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. Dok mw tanya donk , musbul saya baru 1 bln awalnya pipisnya gk bau dok tpi udh 3 hari ini pipisnya bau busuk dan sekitar alat kelaminnya iritasi dan bulunya rontok ? Kli soal makan saya cuma ksh bubur sun aja gk ditambah apa2 lg , vit & susu juga gk .. cara mengobatinya gmn ya dok ? Terima kasih

    ReplyDelete
  56. Dok mau tanya, saya punya anak an musang,kalau saya ajak bermain di dalam kandang gak mau mau nya keluar dan kalau udah keluar , biasanya ngumpet,itu gimana ya dok ? Trus kalau di ajak bermain apakak kalau sudah besar naluri liar nya akan muncul ? Minta saranya,, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kata siapa musang yang sering diajak bermain makan naluri liarnya muncul lagi, mas? justru dengan sering mengajak musang bermain, dia jadi lebih mengenal kita sebagai tuannya, hingga akhirnya dia nggak galak lagi sama kita.

      kalau soal anakan musang yang suka ngumpet kalau diajak bermain, itu wajar. mungkin dia belum kenal aja sama mas, makanya ngumpet. wajar sih. coba mas sering ajak main aja... :)

      Delete
  57. Dok mau tanya muspan saya gaktau umur brp yg jls dia udah melek dan belum tumbuh gigi, umur sgtu bagus nya memberi makan pake dot ,spet apa taro makanany d wadah ?..mksh

    ReplyDelete
  58. Dok musang saya umur 1 minggu di kasih makan susu dancow apakah boleh dok? mohon sarannya ya

    ReplyDelete
  59. Dok kalau dikasih susu dancow sama sun gapapa? Trus kira kira umur berapa baby musang nya bisa pup? Soalnya musang aku cuman pipis aja
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan. susu terlalu berat buat sistem cerna musang...

      selama ini dikasih makan apa? coba kasih bubur bayi promina campur sari kurma. seminggu sekali, kasih buah, pepaya atau pisang... biar sistem cernanya bagus..

      Delete
  60. Dok, saya punya bayi musang yg msih merem saya gk tau umurnya brp.. Tp udh kira2 hmpir 2 mnggu sya rawat.. Pertama saya memberi makan bayi musang dengan promina dan susu SGM LLM+ sekitar 3 sampai 4 hari tapi perutnya kembung(membesar) dan fessesnya brwrna kuning cair hitu dok.. Lalu sya hentikan memberi promina dan hanya memberi susu saja dan fassesnya mulai tdk cair lg.. Tp skrng matanya malah berair, dok.. Kira2 knp y dok.. Saya bru prtma mrwt bayi musang ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas... :(

      saran saya, stop pemberian susu. ganti pake sari kurma aja. lebih efektif buat sistem cernanya.

      jaga kebersihan kandang, dan sering2 dilap matanya....

      untuk makanannya, cukup diberi bubur bayi promina campur sari kurma dikit.... seminggu sekali bisa kasih jus pepaya biar sistem pencernaannya bagus... :)

      Delete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. Dok gimana ya cara mengindentifikasi umur musang dari penampkanannya?
    soalnya saya beli musang tapi ngga tau umurnya berapa. panjang dari mulut ke ekor udah sekitar 30cm. Giginya udah sepanjang "sepertiga tobol keyboard laptop". ada tips g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya dari penampilannya, agak susah. karena umur musang tidak ditentukan dari postur. ada juga loh musang yang emang cebol... :)

      cara tahu umur musang biasanya dari jumlah giginya... :)

      Delete
    2. cara mengetahui umur musang dari jumlah giginya gmn Dok?
      soalnya saya pemula pengen pelihara sekalian belajar.

      Tapi kebanyakan artikel yang sy baca "dimana2" membahas topik yang sama, hanya sedikit yg membahas ttg hal-hal mendasar..

      Delete
    3. soal gigi musang, kayaknya udah pernah saya bahas sekilas di artikel bedanya musang dengan ferret. mungkin untuk khusus membahas mengenai umur musang dari giginya, nanti saya riset dulu... :)

      oh, bagus itu kalau emang mas mau belajar sampe ke yang dasar2. saya dukung dan akan saya bantu sebisanya....

      mungkin sementara saya riset mengenai gigi musang, mas bisa bertanya kepada saya mengenai hal2 lain mengenai musang... :)

      Delete
  63. Dok, saya baru adop baby muslom dan belom bisa makan sendiri kayanya padahal sudah numbuh gigi kecil", dan yg jadi pertanyaan ko klo abis dispet muslomnya geleng" lidahnya dikeluarin kaya ada yg nyangkut gitu dimulutnya atau dilidahnya dok, itu kenapa ya dok ??
    Nafsu makannya juga kurang dok dan Facenya juga encer dok tapi warnanya sama kaya makanannya sih.
    Makasih sebelumnya Bu Dokter

    ReplyDelete
  64. Dok, saya baru adop baby muslom dan belom bisa makan sendiri kayanya padahal sudah numbuh gigi kecil", dan yg jadi pertanyaan ko klo abis dispet muslomnya geleng" lidahnya dikeluarin kaya ada yg nyangkut gitu dimulutnya atau dilidahnya dok, itu kenapa ya dok ??
    Nafsu makannya juga kurang dok dan Facenya juga encer dok tapi warnanya sama kaya makanannya sih.
    Makasih sebelumnya Bu Dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      hmm, coba mas kasih sari kurma dikit ke bubur bayinya. sampe warna bubur bayinya berubah sedikit.

      bukan apa2 sih, cuma saya nebak ada sesuatu. .. cukup lakukan apa yang saya sarankan, terus kabari lagi ya mas... :)

      Delete
  65. Dok saya punya anak rase umur 3 Minggu sebaiknya dikasih makan apa ya??? Tak kasih susu sgm1+ malah mencret berwarna kuning

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel terbaru saya cara agar musang rase tidak gampang mati....

      Delete
  66. Dok saya punya anak rase umur 3 Minggu sebaiknya dikasih makan apa ya??? Tak kasih susu sgm1+ malah mencret berwarna kuning

    ReplyDelete
  67. Dok saya punya musang rase yg baru melek belum ada gigi juga sekarang dia kalo lagi saya kasih susu suka gigit gigit tangan dok itu kenapa ya ? Apa mau tumbuh gigi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. gak apa2, umur2 segitu emang lagi seneng2nya gigit2 tangan.... :)

      Delete
  68. Malm dok... saya mau tanya klo musang kebanyakn dikasih makan mati gak dok..... saya kaget tadi saya kasih makan banyak bannget eh mysangnya kaya mau muntah gitu trus jalan nya jug agak lambat... jadi pendiem biasanya suka main ama sodaranya kaya kucing... gimana tuh dok bahaya gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, musangnya masih anakan? belum bisa makan sendiri? jangan dipaksa kasih makannya. kalau dia mulai ngehindar2 gitu kalau mau dikasih makan, ya berenti aja.
      kalau anakan musang biasanya kalau laper dia berisik, mencicit2.... kalau udah kenyang, dia diam lagi... :)

      Delete
  69. dok saya punya musang akar sumatra umur 2 bulanan.. dia kok mogok makan ya udah di dotin sama di biarin gitu aja makanannya dia gamau :( saya kasih makan dia bubur sun pisang sama minumnya air gula.. kadang kalo saya dotin cuma air gulanya aja yg mau di telen makannya gamau dia :( itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret kayak air?
      jangan dikasih air gula, mas. bikin mencret. bagusnya kasih air sari kurma atau tetesin kurma tahniq aja. coba baca artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang...

      Delete
  70. Dok sy bru beli bayi musang akar tapi kok dia kaya lemes gitu dok ya.. Pdhl td sore aktif2 aja.. Umur 2 stngh bulan dok. Trs dia ky sering mau nyerang gitu dok tp kan giginya msh kecil jd gakerasa.. Gimana supaya dia aktif lg dok *Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya, mencret gak? kalo iya, jangan dikasih susu.
      kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang... :)

      Delete
  71. Iya mencret dok. Itu kurma tahniknya langsung ditetesin gitu aja dok.. Trs klo air kelapanya diganti sm hydro coco original gkpp kah dok ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kurma tahnik langsung tetesin aja.
      air kelapa bisa kok diganti pake hydro coco meski sebenernya bagusnya sih yang beneran air kelapa asli... :)

      nah, soal bulunya, kalo abis dilap pakai air hangat, lap lagi pake handuk kering biar kering. setelah itu, bisa disisir pake sisir kecil. biarin sampe kering banget. setelah kering, bisa disisir lagi... :)

      ngedotnya gak pake susu kan mas?
      jangan dikasih susu, bisa jadi karena itu dia mencret. kasih saya kabar lagi.. :)

      Delete
  72. Dok thx pas td sore sya kasih ramuannya itu pas mlmnya langsung segar dok.. Dimasukin kndng ga mau diam pas dikeluarin mlh molor wkwk.1 lg nih dok ,Bulu disekitar kelaminnya kotor trs ky baal baal gitu udh sy elapin pk air anget tp bulunya mlh jadi kaya nyatu gitu dok. Tolong solusinya dok :D

    ReplyDelete
  73. tp kyanya dia ini mencret trs eh dok .. Makan pisang gamau. Ngedot susah 15ml aja ga abis

    ReplyDelete
  74. ngga dok ngga pake susu.. cuma sun campur sari kurma tj aja.. Thx dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan bubur bayinya gak lebih dari 4 jam, mungkin itu penyebab dia mencret: bubur bayinya udah basi. :)
      selebihnya, lanjutkan perawatannya... :)

      oh ya, cuaca lagi gak bagus. tetep saya sarankan untuk menjaga agar musangnya tetap hangat. :)

      Delete
  75. Dok musang saya 1,5 bulan udah makan sedri kyanya mencret fasesnya agak cair dia agak lmes juga g kya biasanya. Semalam sya kasih promina pisang susu krn paginya blm habis sya biarkan. Lalu sy kerja dan plng jam 2 tak cium agk basi sisanya. saya kasi makan pisang dihalusin masih mau. Tapi msh lemes. Gimana dok biar ga jadi smakin parah. Sblmnya Terimakasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. stop susunya. jangan pernah dikasih susu lagi.
      cukup kasih makanan bubur bayi promina aja.

      terus minimal seminggu sekali kasih jus pepaya, mas. biar sistem pencernaannya bagus.

      sehari sekali, mas bisa kasih kurma tahniq. baca artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang... :P

      kabari lagi

      Delete
  76. Iya dok. Maksud saya promina rasa pisang susu. udah aktv lg ni nocturnalnya ternyata klo siang tdr trs. Sya kasih pisang sy lembutin. Tp kyanya kalo ga lebut bgt gamau dia. Dikasih air biar agak encer tp fasesnya kya terlalu cair gitu dok. Gimana tu dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu, dijus aja pisangnya, mas. jangan pake air, atau airnya dikit aja. :)

      kalau emang kalo malam mas ada waktu, mungkin 10 atau 20 menit, ajak aja main. nanti pas mau tidur, kandangin lagi. :)

      Delete
  77. Sama gatega klo mlm dok klo dikandangin pengenya maen gitu. Kadang risih juga klo mlm di freeroom dikamar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. kalo mas tidur kandangin aja. soalnya agak riskan kalo freeroom tapi gak diawasi. :)

      sekarang gimana kabar musangnya? fesesnya gimana? kalo mau saya cek kesehatannya, kirim aja gambar fesesnya kemari. upload ke postimage.org, terus linknya taro di sini... :)

      Delete
  78. Iya dok makasih. Oiya makanya dikit sekarang musang saya. Apa karena udah mulai tumbuh gigi brpengaruh ya dok.

    ReplyDelete
  79. Terimakasih dok. Alhamdulillah muspan sya sangat sehat fases bagus sy kasih pisang dilembuti campur susu kitten. Saya kasi makan 2x1hari. Terus juga sy kasih scoot sm minyak ikan 1x1minggu udah bner kan dok

    ReplyDelete
  80. https://postimg.org/image/ymdj3tksx/

    Klo menurut dokter ini kurus atau gimana muspan saya. Saya pengenya agak gemukan lg. Tp klo beby masih bingung gemukinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih normal kok segitu. yang penting dia sehat.
      makanannya udah bagus, mungkin mas bisa taro bubur bayi di kandangnya kalo mas mau tidur... :)

      Delete
  81. Iya dok terimakasih. Sbnere g suka juga musang obes klo gede suka yg proporsional saja. Tp klo msh beby kan gemesinya kalau gemuk he he. Boleh dok Kapan kapa mampir lg klo ada sesuatu yg mau saya tanyakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      blog ini online terus kok, mas. kalo ada yang ingin ditanyakan, langsung aja kirim komentar di sini...

      Delete
  82. Aduh dok. Musang saya kepalanya mulai nunduk kalo jalan. Tapi kadang juga pulih sndiri. Fases bagus dan jg masih lincah Kenapa ini dok. Apa krn gapernah sy jemur pagi. Apa yg hrs saya lakukan dok? Ini Apa gejala awal malnutrin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel saya: suplemen penambah daya tahan tubuh musang.
      kasih obat yang saya tulis di artikel itu.
      dan bener kata mas, sesekali jemur. jangan lama2, cukup 5 atau 10 menit aja, sebelum jam 8 pagi. dan jangan langsung kena matanya. bagian atas kandangnya kasih kain dulu biar sinar matahari gak langsung kena mata.


      oh ya, untuk makanannya, cukup kasih bubur bayi promina aja. JANGAN DIKASIH SUSU. karena bisa jadi itu karena susu.

      Delete
  83. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  84. https://postimg.org/image/mzl3q7trb/

    Dipangkal bibirnya juga ada seperti bekas luka begini dok. Mau kedokter hewan jauh dok sini. Udah beda kota lg ada nya. 😟

    ReplyDelete
  85. Padahal udah tiap hari bersihin kandang apapun udah saya lakukan dok. Saya suka hewan tetapi tetap ada saja penyakit hewan. Kenapa dok. Saya baca baca sepertinya kena gejala awal tremor dok. Dan saya baca tentang penyakit tremor tidak bisa disembuhkan.

    Bagaimana nasib musang saya dok.

    Niat saya dwri awal cari hewan peliharaan simple dok. Kebiasaan saya bangun siang terus karena ga ada kegiatan

    Lalu setelah ada musang saya ini. Saya jadi ada semangat untuk bangun pagi dan rutinitas seperti manusia normal lainya.

    Tetapi kenapa malah begini.

    Kucing pun juga pasti mati karena sakit lah keracunan lah, apa lah. Sempet trauma bertaun taun udah ga ada hewan peliharaan

    Entahlah. Memang mungkin saya memang ga jodoh sama hewan peliharaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. saya abis tugas dari luar negeri kemarin.

      sekarang gimana keadaan musangnya? udah mas kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang?

      fesesnya gimana? mencret gak?
      coba kasih bubur bayi promina. jangan lupa kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang.

      Lakukan! :)

      Delete
  86. Tadi saya ke Drh dok. Ktanya niat ndak terakomodir gerakan. Di suntik lalu dikasih Rc recovery gitu. Tp baunya amis musang saya ga suka sy spetin. Fases sebelumnya bagus.

    Kemarin saya kasih makan sari kurma campur sm promina jadi agak lembek gitu. Kalau kesukaanya tetep pisang penyet dok.

    Padhal tgl 30 nanti mau saya tinggal keluar kota 1 minggu. Bagaimana ini fok. Takutnya nnti blm sembuh

    ReplyDelete
  87. Keadaanya masih sama ndak ada perkembanhan. Cuma staminanya cpt lelah krn klo jalan nunduk terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya, kasih aja kurma tahniq, udah saya sebut di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang.
      dan coba kasih air kelapa muda, mas. sehari 2x, pagi dan sore. bisa campur juga antara sari kurma + air kelapa muda.

      treatment dari saya sih itu aja.

      kalau emang mas mau keluar kota, pastiin musangnya ada yang ngurus selama mas pergi

      Delete
    2. oh ya, buat referensi, coba mas baca artikel saya mengobati anakan musang berjalan mundur.

      Delete
  88. Udah baca dok. Saya kasih bubur promina dan sari kurma. Susah cari kurma tahniq nya dok. Juga saya kasih vit B kompl3k 2 hari 1x Sudah ada perkembangan tapi kalau kelelahan main gemetar dan mau nunduk lagi.

    Cuma ini kya ada tanda tanda wasir dok. Saya kasih pepaya.

    Untuk air kelapanya belum saya coba dok. Nanti coba saya cari degan ijonya. Terimakasih banyak dok

    ReplyDelete
  89. dok kalo msh bayi cara nambah nafsu mkn ny gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang... :)

      Delete
  90. Dok klo msh bayi cara nambah nafsu mknnya gmna *muskar

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa kasih obat yang saya tulis di artikel SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG

      Delete
  91. Dok.. kenapa ya musang saya fesesnya padat tapi kaya berair gitu.. Terus pas ngeluarinnya kaya sekaligus gitu, Langsung banyak lagi..Mohon solusinya dok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. warnanya gimana?
      baunya aneh gak? lebih busuk...

      kirimin fotonya, mas... :)

      makanannya apa?

      Delete
  92. Warnanya kuning pisang gtu dok.Kan sy ksh makan pisang.. Baunya ngga aneh dok ngga bau juga.. Sejak dia eek kayagitu jadi jarang pipis dok..Trs kalo jalan kaki belakangnya kaya lebih tinggi dri kaki depannya dok,Cara kirim fotonya gimana dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara kirim gambar, cek kolom PERHATIAN.
      mas pelihara sejak kapan? sejak bayi?
      saya kira sih normal2 aja. hmm, saya tunggu gambar fesesnya...

      Delete
    2. Dok,klo muspan umr 1,5 bln di kasih makan susu sgm sehari 2x saja apakah blh ?

      Delete
    3. jangan. kalo sgm llm non laktosa boleh asalkan fesesnya gak mencret. kalo abis dikasih susu fesesnya jadi mencret, mending segera hentikan...

      kalo musang umur segitu, kasih bubur bayi aja mas...

      Delete
  93. 2x sehari makannya cm di kasih bubur sun blh dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh. bisa tambah sari kurma juga biar lebih nafsu makan.. :)

      Delete
  94. Slamat sore dok mau tanya umum nya baby muspan keluar gigi(taring) di usia berapa bulan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekitar umur 2 hingga 3 bulanan, mas... :)
      mungkin mas bisa baca artikel saya SIKLUS HIDUP MUSANG

      Delete
  95. dok kalo makan baby muspan lebih baik di kasih susu campur sari kurma atau air sama kurma atau bubur bayi aja ?

    lebih baik sehari di kasih berapa kali ?
    minyak ikan di campur kemakanan apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya jangan kasih susu, mas.
      kasih bubur bayi campur sari kurma aja.

      sehari 3 kali oke.
      iya, minyak ikan campur ke makanannya, itupun jangan terlalu sering. cukup seminggu sekali aka.

      Delete
  96. dok saya punya muspan umur 1,5bln, koq idung nya basah terus kaya banyak ingus nya dan mata nya jg kaya yg berair itu kenapa yaah ?? terus udah saya perhatiin 2 hari ini dia ga pup dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya mas kasih makan apa?

      coba kasih air kelapa muda campur sari kurma...
      dan untuk makanannya, mas kasih jus pepaya aja dulu. atau bisa kasih pisang aja.
      selain itu, jangan dikasih makanan lain...

      Delete
  97. dia kan belum bisa makan sendiri jd selama ini saya spet pake susu bayi sama bubur bayi kadang di campur minyak ikan jg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu banyak kasih minyak ikan, mas.
      cukup seminggu sekali aja.
      untuk susu, stop. makanannya pake bubur bayi promina aja.

      kebersihan kandangnya gimana?

      lakukan ya mas. dan kabari terus. saya tunggu... :)

      Delete
  98. Dok saya mau nanya, ngasih makan musang baby yg bagus berapa kali ya dok dalam sehari??

    ReplyDelete
  99. dokk baby musang pandan saya kalo malam suka rewel dan ribut, itu kenapa ya dok? sudah saya kasih susu dan sdh diminum, tp tetep rewel gt dong,jd sy harus gimana ya? agak ke ganggu jg nih kalo malam karena suaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas... :(
      wajar kok kalau musang rewel, apalagi masih baby musang.
      dan jangan dikasih susu. cukup kasih bubur bayi promina aja. buat agak encer. susu bisa bikin musangnya sakit....

      mas yakin musangnya gak kedinginan? taro aja di kardus, kasih kain...

      Delete
  100. saya mau adopt muspan dok. ini ada yang nawarin baby umur 1,5 bulan katanya udah makan sendiri, apa itu wajar? umur berapa musang bisa mulai makan sendiri?

    ReplyDelete
  101. Takaran yg pas untuk suapin bayi musang berapa ya dok?musang saya umur kurang lebih 2bulan.saya baru punya soalnya ,, ini saya kasih makan bursun mix susu SGM ananda.saya kasih lewat suntikan spet dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan di mix sama susu, mas.
      kasih bubur bayi aja, promina bagus.
      takarannya kalo dia udah mulai menghindar2 gitu kepalanya, kayak noleh-noleh nggak mau, berenti aja.... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.