Cara Memelihara Tupai Kekes | Drh. Fira Sovica

Memelihara tupai kekes

sangat mudah, tidak diperlukan kebutuhan khusus baik pakan maupun perlengkapan dalam memelihara tupai kekes. Bedanya tupai kekes dan tupai kelapa bisa dibaca di artikel cara membedakan tupai kekes dan tupai kelapa.
Cara memelihara tupai kekes adalah sebagai berikut:
Cara Memelihara Tupai Kekes
Image taken from kaskus.co.id
  1. Siapkan kandang tupai kekes.
  2. Kandang bisa berupa kandang hamster tingkat dua atau kandang sejenisnya. Jangan menempatkan tupai kekes dalam kandang berjeruji kayu karena tupai kekes akan mengigiti jerujinya dan kabur. Gunakan kandang jeruji besi sebagai kandang tupai kekes.
  3. Beri makan tupai kekes tiap pagi dan sore.
  4. Makanan tupai kekes adalah jangkrik dan buah-buahan (pepaya dan pisang), namun anda bisa memberikan bubur bayi promina sebagai makanan sehari-hari. Beri makan tupai kekes tiap pagi dan sore hari. Anda juga bisa menempatkan botol minum hamster di dalam kandang sebagai tempat minum tupai kekes.
  5. Bersihkan kandang tupai kekes seminggu sekali.
  6. Sebaiknya, pindahkan tupai kekes ke kandang sementara dan bersihkan kandang secara menyeluruh dengan mencucinya dengan air dan sabun minimal seminggu sekali.
Demikian adalah

cara memelihara tupai kekes

. Semoga tips diatas bisa membantu pembaca sekalian dalam merawat tupai kekes. Terima kasih. (FS)

155 Responses to "Cara Memelihara Tupai Kekes"

  1. Permisi dok, sya ada tupai pemberian tetangga, tapi ga tau umurnya, seminggu lalu jalannya masih pelan skrg udah lincah. Namun kerjaannya tidur ga mau maen, cuma mau jalan kalo dikeluarin dari sarang itupun langsung cari tempat hangat n gelap. susah makan sampe harus disuapi n hanya sedikit. Dari awal saya pelihara seminggu lalu seperti itu keluhannya. Kira2 dia sakit atau memang begitu watakny ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tupai kekes memang seperti itu wataknya, pemalu, apalagi kalau cuaca dingin. dia relatif lebih suka tidur di tempat yang hangat kalau cuaca dingin. kalau dia masih makan (tidak mogok makan), saya kira masih sehat. selama ini dikasih makan apa? :)

      Delete
    2. Dok kok tupai saya ga mau makan?? Sya sudah kasih pisang dan pepaya. Tepapi ttp ga mau makan?
      Mohon saran nya dok

      Delete
    3. jenis tupai apa mas?>
      umurnya berapa? masih anakan?
      coba kasih bubur bayi promina. kalo gak mau makan sendiri, tetesin aja ke mulutnya pake pipet. abis dia nyoba makan pake pipet, terus taro makanannya di kandang, dan mas tinggal. jangan diliatin. biar dia lanjut makan sendiri.

      ditetesin pake pipet dengan tujuan biar dia nyoba makanannya dulu... :)

      fesesnya gimana? mencret nggak?

      Delete
  2. Dok tupai kekes saya yg galak saya pegang terus Pup terus pas di pegang saya elus elus diam langsung gak mau diam lagi ech tiba tiba mati dok kenapa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab. sempet perhatikan fesesnya gak mas?
      bentuk dan warnanya gimana? :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Feses apa dok:)
    Bentuk nya yang mancung mulut nya warna nya biasa padahal sehat paling lincah soal masih galak gituh cerita nya mau di pegang pegang supaya jinak kaya yg lain temen ya ech malah mati mendadak gituh;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. feses itu tainya. bentuknya kayak gimana dan warnanya gmn. :)
      ada kemungkinan ketekan atau kepencet, mungkin?

      Delete
  4. Warna nya oren kan di kasih pepeya bentuk nya panjang
    Gak kepencet ko pelan pelan saya jugaa lager bias gituh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dia stress. seharusnya memang jangan dimainkan dulu selama setengah hari. taruh di ruangan tertutup...... bisa juga karena rokok mas... asap rokok yang terhisap ke paru2 hewan kadang fatal akibatnya.... :)

      Delete
  5. Warna nya oren kan di kasih pepeya bentuk nya panjang
    Gak kepencet ko pelan pelan saya jugaa aneh biasa gituh

    ReplyDelete
  6. Ass Dok,aq jg ad tupai ni ga tw jnis tupai ap,dy jatuh dr pohon wktu hujan drs,,aq tmuin dy singkt crita skrg tupainy udah myan bsar nah yg bkin bingungku ,knp dy lw pas mkn pasti mulutny kyak mangap2 gt ap pgel atw np dok,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena dia belum terbiasa di tempat baru. tidak apa2, nanti juga dia terbiasa :)

      Delete
    2. Assalamualaikum Dok,
      Bembie (Tupaiku) dah bsar dok tp yg aneh kadang trdengar suara kayak klek klek sprti kita flu gitu tp jarang sih hanya sklali2 itu np ya dok,mohon infonya dok :)

      Delete
    3. Oh ya dok,makasih ternyata benar bembie emang lom trbiasa kmaren skrg dah ga lgi mangap2 gitu

      Delete
    4. fesesnya gimana bentuknya? cair atau padat? warnanya apa?
      kalau dia masih mau makan, kayaknya masih sehat.. :)

      Delete
  7. halo dok fira. saya punya tupai kekes. bulu tupai saya mulai rontok, kenapa ya? cara pengobatan nya bagaimana? selain buah2 an, dan jangkrik, makanan tupai apa lagi ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lebih dijelaskan lagi karena apa rontoknya? kalau sering kena sisa makanan, sering2 dilap sisa makanannya. usahakan kandang tetap bersih ya mas... apakah dia sering terlihat menggaruk2 badannya?

      yg paling utama sih jangkrik dan buah2an. bisa sesekali dikasih bubur sun + madu... :)

      Delete
  8. Dok saya bari beli umur tipai kekes tapi gak nafsu makan... Spy nafsu makan nya pulih ada penanganan khusus. Umur sekitar 1 blan apakah sudah bisa dikasih jangkrik..

    ReplyDelete
  9. Dok saya bari beli umur tipai kekes tapi gak nafsu makan... Spy nafsu makan nya pulih ada penanganan khusus. Umur sekitar 1 blan apakah sudah bisa dikasih jangkrik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dikasih makan jangkrik. namun, sesekali juga bisa dikasih bubur bayi mas kalau memang dia gak mau makan jangkrik... :)

      Delete
    2. Dok... sy baru beli tupai sepertinya tupai kekes.. pada awalnya sy harus gimNa yah dok...sy baru kali ini pelihara tupai... ada 3 lagi ini di satuin gpp kam dok? Kalo sudah dewasa sebesar apa yah dok...?

      Delete
    3. Dok... sy baru beli tupai sepertinya tupai kekes.. pada awalnya sy harus gimNa yah dok...sy baru kali ini pelihara tupai... ada 3 lagi ini di satuin gpp kam dok? Kalo sudah dewasa sebesar apa yah dok...?

      Delete
  10. dok saya baru beli 2, 1 bln sama yg 2 bln. Yang 1 bulan knapa cenderung diam dan selalu tidur ya dibanding sama yg 2 bulan? itu normal atau gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih kalau anakan tupai kekes umur 1 bulan atau kurang biasanya lebih suka tidur. dia masih mau makan kan mas?

      kalau masih mau makan, masih sehat... :)

      Delete
  11. Dok' saya di titipin tupai sama sama teman,maksudnya buat di kawinin sama tupai saya.tapi pas di liat" bulu nya ternyata beda sama tupai saya.tupai teman saya itu bulu di bagian matanya berwarna kuning orange berbentuk lingkaran(seperti kaca mata).itu tupai jenis apa dok?di indonesia ada berapa jenis tupai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya tidak bisa melihat langsung gimana. kemungkinan tupai jelarang.
      lumayan banyak sih mas jenisnya.

      Delete
  12. Dok, saya tadi beli tupai kekes jantan terus disimpan di kandang hamster, saya kasih dia makan pisang, tapi dia makan nya di jilat2, emang gitu ya?, oh iya Dok, kalo alas kandangnya kira2 pake apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih makan pepaya saja.... kalau pisang kadang dia agak kurang suka... :)

      Delete
    2. Dok, kalo merawat anaknya gimana? Tadi dikasih anak tupai sama temen, belum tau umurnya berapa, kalo udah besar kira2 umur berapa dok?

      Delete
    3. tergantung jenis tupainya, mas. kalau tupai biasa (yang umum ada di pohon2) biasanya gak lebih dari 20cm (termasuk ekornya) :)

      Delete
  13. Maaf dok',bukanya tuapi jelarang itu ukuran tubuhnya itu besar...kalau ini ukurunya hampir sama seperti tupai kelapa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas share fotonya di google plus saya?
      atau mas bisa cek artikel bedanya tupai kelapa dan tupai kekes. saya sih punya tebakan: kadang ada jenis tupai kelapa yang memang beda. entah karena lingkungan atau lainnya atau dari genetik. mungkin jenis yang mas punya seperti itu...
      mas bisa share gambarnya di googleplus saya... atau mas bisa ubah foto profil mas pakai foto tupainya... saya tunggu.. :)

      Delete
  14. Dok maaf mau nanya saya baru beli tupai terbang dari pertama beli dia tidur trz kerjaan nya ngumpet di kain yang saya sediakan buat tidur tp klu di pegang dia langsung kabur dan lincah nyari tempat ngumpet tp pas saya simpeun dikain hangat dia ngumpet lg yang saya hawatirkan dia g mau mkn dri pertama dateng. Takut y stres atau sakit, atau dia lg adaptasi dok, mint bantuanya dok soal y saya awam pelihara tupai!

    ReplyDelete
    Replies
    1. taruh makanan di dalam kandangnya. taruh aja, jangan diliatin.
      kasih air minum dalam botol minum hamster, air minumnya kasih madu.
      usahakan jangan diliatin terus ya mas. agar dia adaptasi dulu...
      gitu aja dulu.

      Delete
  15. Ini dok yg d foto profil saya tupainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya liat dari fotonya sih tupai kelapa kayaknya mas. meski bulunya orange, kadang ada yang bulunya berbeda dari kebanyakan tupai kelapa lainnya.... :)

      Delete
  16. Maaf dok saya mw tanya sya punya anak tupai kisaran 1-2 bln dri prtma beli tupai saya lemes trus udah itu tdur trus jrang beraktifitas ap tupai saya sakit?
    Klo sakit ngobtinya gmna?
    Trus klo tdur suka bunyi ap normal?
    Trus saya kasih makan cerelak tp jrang d ksih minum ap tidak ap2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur segitu emang masih seneng tidur, mas. kayaknya kalau masih suka bunyi2, itu artinya dia masih sehat. mungkin kasih madu aja di air minumnya. mas bisa taruh botol minum hamster, isi pakai air mineral, kasih madu di air minumnya.... tiap 2 hari sekali ganti...

      Delete
  17. Maaf dok saya mw tanya sya punya anak tupai kisaran 1-2 bln dri prtma beli tupai saya lemes trus udah itu tdur trus jrang beraktifitas ap tupai saya sakit?
    Klo sakit ngobtinya gmna?
    Trus klo tdur suka bunyi ap normal?
    Trus saya kasih makan cerelak tp jrang d ksih minum ap tidak ap2?

    ReplyDelete
  18. Dok tolong dong ego tupai kekes saya bulu nya nempel nemepel gitu gimana yah cara nya biar bulu nya halus dan lembut lagi , dan beri tahu bagai mana cara merawat nya :(

    ReplyDelete
  19. Dok tolong dong ego tupai kekes saya bulu nya nempel nemepel gitu gimana yah cara nya biar bulu nya halus dan lembut lagi , dan beri tahu bagai mana cara merawat nya :(

    ReplyDelete
  20. Mba kekes saya kena lem tikus gimana biar bulu nya ga pada nempel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduuuh, kenapa bisa sampe kena lem tikus sih mas? :(
      dia masih mau makan kan? hanya bulunya saja yang kena lem tikus? kalau bisa sih mas bersihkan aja. potong bulu yang kena lem, gak apa2 agak botak juga, nanti akan tumbuh lagi meski agak lama...

      Delete
    2. waktu pas di ambil dari kandang dia loncat terus lari2 eh malah kena jebakan betmen :D kalo pake kayu putih ga apa2 mba?

      Delete
    3. kayaknya gak bakalan ngaruh deh mas kalau pake minyak kayu putih. bawa aja ke dokter hewan, biasanya mereka punya solusi. di-spray pakai penghilang lem. :)

      Delete
  21. dok di mana kita bisa membedakan anak tupai kekes jantan dan betina?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya, tupai kekes bisa dibilang hewan dimorfis (silakan baca artikel dimorfis dan monomorfis pada hewan). namun tupai kekes betina biasanya memiliki postur yang lebih besar dibandingkan tupai kekes jantan. pola bulu pada tupai kekes jantan terlihat lebih nyata (kelihatan) dibandingkan tupai kekes betina.

      selengkapnya mungkin nanti saya buatkan artikelnya... :)

      Delete
  22. dok di mana kita bisa membedakan anak tupai kekes jantan dan betina?

    ReplyDelete
  23. dok di mana kita bisa membedakan anak tupai kekes jantan dan betina?

    ReplyDelete
  24. Dok kemarin saya baru beli tupai kekes berusia 2 bulan,dikandang dia kerjaannya tidur terus dok bahkan saat dibawa keluar kandang dia akan menjadi tempat gelap dan langsung tidur kembali,apakah itu wajar? Dan saya masih binggung makannya karna saya takut karna dia tidur terus dia tidak makan,maka saya beri dia pisang atau pepaya saya haluskan sampai seperti cairan dan saya paksa makan dengan pipet,apakah benar cara pemberian makannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tupai kekes 2 bulan emang lebih banyak tidur. sama kayak sugar glider juga gitu. makannya gimana?

      coba mas kasih bubur bayi promina. buat agak kental. lalu kasih dengan cara pipet. sesekali bisa taruh di kandangnya juga biar dia belajar makan sendiri...

      Delete
  25. Dok kok tupai saya lemes ya ? Palannya nunduk mulu gamau tegak , knpa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau jenis tupainya apa dan umurnya berapa serta biasa dikasih makan apa.
      coba lebih diperjelas lagi...

      Delete
  26. Assalamualaikum...
    Dok saya mau tanya klo fuff nya encer itu knpa yahh? Terus klo udah mulai bersuara itu arti nya apa dok?
    Makasih dok sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hewannya apa dulu nih mas? tupai kekes? umurnya berapa?
      emang biasa kasih makan apa mas? coba kasih buah sebagai makanannya. pepaya bagus... pepaya matang. kalau belum bisa makan sendiri, bisa dijus dulu pepayanya (dijus tanpa air atau sedikit air).

      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  27. Dok saya mau nanya. Saya punya tupai bajing sepasang, dua minggu yang lalu tupai saya yang lelaki mati padahal saya beri makan pisang, air matang, dan bubur sun rasa pisang. Dan kandangnya pun saya beri serbuk kayu untuk hamster. Setiap sore bajingnya saya ajak bermain. Kira-kira letak kesalahan saya dimana ya dok? Alhamdullilah untuk bajing perempuan sampe sakarang masih sehat.

    ReplyDelete
  28. Dok saya mau nanya. Saya punya tupai bajing sepasang, dua minggu yang lalu tupai saya yang lelaki mati padahal saya beri makan pisang, air matang, dan bubur sun rasa pisang. Dan kandangnya pun saya beri serbuk kayu untuk hamster. Setiap sore bajingnya saya ajak bermain. Kira-kira letak kesalahan saya dimana ya dok? Alhamdullilah untuk bajing perempuan sampe sakarang masih sehat.

    ReplyDelete
  29. Dok saya mau nanya. Saya punya tupai bajing sepasang, dua minggu yang lalu tupai saya yang lelaki mati padahal saya beri makan pisang, air matang, dan bubur sun rasa pisang. Dan kandangnya pun saya beri serbuk kayu untuk hamster. Setiap sore bajingnya saya ajak bermain. Kira-kira letak kesalahan saya dimana ya dok? Alhamdullilah untuk bajing perempuan sampe sakarang masih sehat.

    ReplyDelete
  30. Dok, makanan utama tupai kekes yang bagus apa ya?

    ReplyDelete
  31. Dok, makanan utama tupai kekes yang bagus apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah2an dan bubur bayi. saya sendiri lebih menyarankan bubur bayi diberi 4 hari selama seminggu, 3 hari buah2an. atau bisa juga pagi kasih bubur bayi, siang dan malamnya kasih buah2an.. :)

      pepaya dan pisang bagus.. :)

      Delete
  32. Dok, tupai kekes saya tidak mau makan bubur bayi tapi jika saya kasih jangkrik lahap sekali makannya, apakah boleh jangkrik dijadikan pakan utama?

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Dok, tupai kekes saya tidak mau makan bubur bayi tapi jika saya kasih jangkrik lahap sekali makannya, apakah boleh jangkrik dijadikan pakan utama?

    ReplyDelete
  35. Dok, tupai kekes saya tidak mau makan bubur bayi tapi jika saya kasih jangkrik lahap sekali makannya, apakah boleh jangkrik dijadikan pakan utama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. gak apa2 kasih jangkrik sebagai makanan utamanya... :)

      Delete
  36. Dok saya baru beli tupai kekes yang umurnya sekitar 1-2 bulan tanggal 14 februari kemarin tapi kerjaannya cuma tidur, kalo dipindahin ke tangan/ke luar kandang juga tidur terus, apa ini normal dok? Dia juga tidak mau makan padahal sudah saya kasih bubur sun dan air mineral, dia sedang tidur saya tinggal kuliah jam 09.30 pagi dan saat saya kembali sekitar pukul 19.00 dia masih di tempat dia tidur pagi tadi, apakah tupai saya sakit dok? Atau harus saya beri makanan lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar emang sakit.
      tapi saya perlu nanya dulu soal fesesnya. fesesnya gimana mas? udara emang gak bagus buat hewan, hewan apapun itu. sebaiknya jaga agar hewannya gak kedinginan. masnya merokok? kalau merokok, sebaiknya jauhkan asap rokok.

      sebaiknya kasih sari kurma aja biar daya tahan tubuh tupainya bagus....

      kasih saya kabar lagi ya mas. saya tunggu... :)

      Delete
    2. Fesesnya hitam dan sepertinya dia pup sudah beberapa jam sebelum saya pulang jadi fesesnya keras. Saya tidak merokok, tapi kost saya memang berada di kaki gunung jadi udaranya cukup dingin terutama di musim hujan ini. Alasnya sudah saya berikan kain yang halus dan tebal, apa masih kurang dok? Tapi alhamdulillah hari ini ada kemajuan dia jadi lebih aktif dan mau makan karena hari ini saya beri pepaya bukan bubur sun lagi. Apa sebaiknya saya beri pepaya saja seterusnya dan hentikan asupan bubur sun-nya?

      Dan untuk sari kurma belum saya belikan, mungkin besok saat kuliah baru akan saya belikan dan berikan kepada peliharaan saya.

      Terima kasih atas tanggapan dan bantuannya dok, saya sangat mengapresiasi bantuan dokter :)

      Delete
    3. tetep kasih bursun, tapi coba tambah sari kurma di bursun-nya. itu aja sih.

      paling diperhatikan fesesnya. :)

      kasih kabar lagi ya mas... :)

      Delete
  37. Dokter, saya baru saja beli tupai kekes umur nya kayaknya sih sebulan kurang. Dari awal beli dia tidur terus & nggak mau makan.. sdh saya suapi pisang yg lembut, tapi dia lepeh lagi & hanya mau minum saja.. kira-kira kasih apa ya dok? Mohon info nya dok, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur tupainya berapa mas?
      coba kasih bubur bayi, mas. bubur bayi promina.

      Delete
    2. Tupai saya sdh mau makan dok, senang sekali☺ saya punya 2 tupai kekes nih dok, yg satu baru aja mati & mati nya itu tiba-tiba. Semalem dia sehat lompat-lompat, trs saya ksh jangkrik 1 di lahap habis, trs dia tidur.. pagi-pagi nya lemas, saya ksh minum dia mau, gak lama dia pup warna nya hitam, trs dia kayak kejang-kejang & pup nya keluar terus, gak lama megab-megab & mati.. kira-kira itu karna apa ya dok?😯 mohon info nya dok, terimakasih ☺

      Delete
  38. Saya tanyakan ini karna saya penasaran & heran sekali dok.. padahal kemarin dia lincah, jalan-jalan, lompat-lompat, tiba-tiba tadi pagi dia kritis begitu. 😐

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari gejalanya sih kayaknya ada masalah di jangkriknya. mas yakin jangkriknya bersih? pas dia lagi kejang2 dan fesesnya keluar terus, fesesnya mencret, betul?

      lebih baik kasih makan bubur bayi aja mas... lebih aman.. :)

      Delete

  39. saya ada seekor dan saya tangkap sendiri pake perangkap tikus
    dok saya tangkap nya kan pake perangkap tikus dan udah pass terperangkap dia malahh streess tabrak sana sini sampe bulu bagian hidung nya udah gak ada dan merah kayak bengkak gitu kira -kira kapan ya sembuhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. rawat aja tupainya baik2, nanti dia akan sembuh dengan sendirinya... :)

      Delete
  40. 1. Dok kenapa ya tupai kekes saya suka makan pupnya sendiri, bahaya kahh.. spy gak gitu gmn.
    2. Suka garuk2, apa kutuan ya, penanganan gimana, cara rawat harian gmn ya..
    mohon advis.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. udah ada artikelnya, sg suka makan feses sendiri.
      secara prinsip sama.

      2. penanganan harian tupai kekes ada di artikel di atas.. :D

      Delete
  41. Mau tanya dong kali bajing yang perut nya putih itu jenis apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, bisa kirim gambarnya? terutama bagian muka dan tubuh tupainya, mas? kirim aja via chat, hari ini (20 juni 2016) saya online sampe sore kok...

      terus umur bajingnya berapa? kadang kalau masih anakan, di kandang dia pasif, kalau dikeluarin baru dia aktif bergerak..

      Delete
  42. Terus kalo bajing kelapa saya kenapa ya kurang aktif kalo di kandang,tapikalo di keluarin di kandang dia aktif di badan saya,,apakah kandang nya kurang nyaman ya?

    ReplyDelete
  43. dok,saya mau tanya..
    kenapa tupai saya kerjaannya tidur trs trs jarang makan,klo makan itu juga saya suapin..
    kira2 knp ya dok?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak kasih tau umur tupainya berapa dan jenis tupainya apa. kalau masih bayi banget, emang gitu. jangan sampe kedinginan, mas. kasih aja kain di kandangnya biar dia menyusup kalau kedinginan...

      cek juga fesesnya. tahinya. kasih kabar ke saya soal bentuk dan warna fesesnya. apakah mencret?

      Delete
  44. Dok, seminggu yang lalu saya dapat tupai kekes Jantan (pake jebakan tikus) kemarin saya dapat satu lagi (betina) saya pelihara pake kandang ukuran lumayan besar,, apakah bisa dikawinkan nantinya, mohon pencerahannya karena saya baru pertama kali pelihara tupai

    ReplyDelete
  45. Dok cara bedain tupai kekes jantan sama betina itu kek gimana ya dok?bantu share dong dok;') makasih

    ReplyDelete
  46. Halo, dok. Tupai saya nggak mau makan sama sekali, kira-kira kenapa ya? Saya kasih pisang nggak mau dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya/tahinya gimana mas? mencret atau padat?
      coba kasih bubur bayi promina...

      Delete
  47. Assalamualaikum sist Dok.... Saya mau tanya Dok. Saya pny tupai kekes kisaran usia 2 bulan. Hari ini awalnya dia baik2 saja, tetapi tdk selang berapa lama kejang2 dan lumpuh. Saya kasih minum dan makanan halus pun dia kaku untuk membuka mulutnya. Apakah ada solusinya. Sbelumnya saya ucapakan terima kasih dan salam kenal, sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas biasa kasih makan apa?
      dan fesesnya gimana? mencret?

      coba mas kasih makan bubur bayi promina campur sari kurma sedikit...

      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
  48. Permisi Dok, mau tanya nih, mohon bantuannya Dok
    Apa boleh bayi tupai kelapa diberi bubur sun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas.
      agak encer ya, biar gampang dia telannya... dan kasihnya pelan2, jangan dipaksa...

      Delete
  49. Dok saya nih beli tupai kekes yg mulutnya mancung gitu trus dia masih kecil kyknya baru sekitar 1-2 mingguan, jadi saya mau nanya kalo yg kecil gitu makannya apa? apa butuh susu esbilac karena saya liat di internet katanya harus dikasih susu esbilac atau pepaya saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata abang yang jualnya, dikasih makan apa?
      kasih aja bubur bayi promina. jangan dikasih susu. malah mencret nantinya...

      Delete
    2. dok tapi gmn cara ngasih makan buburnya?

      Delete
    3. taro aja di wadah kecil, mas. :)
      nanti dia makan sendiri. fesesnya gimana? tahinya?
      mencret nggak?

      Delete
    4. fesesnya warna merah dok kan abis makan pepaya

      Delete
    5. oh ya. normal berarti. selain dikasih makan pepaya, dikasih makan apa lagi?

      kabari lagi ya mas

      Delete
    6. dok tupainnya harus dijemur setiap pagi atau tidak?

      Delete
    7. dok sama kalo tupainnya tidak mau makan kenapa ya dan cara biar tupainnya mau makan gimana??

      Delete
    8. boleh dijemur, asalkan jangan kelamaan. dan sebelum jam 9 pagi. bagusnya sih jangan dijemur.

      kalau tupainya gak mau makan, cek apakah dia aktif (sering gerak/aktif). dan coba cek fesesnya. mencret atau nggak. kalau gak mencret dan baunya pun gak terlalu busuk, kemungkinan cuma bosen sama makanannya....

      Delete
    9. dok tupainya saya biasanya abis makan dia balik tidur itu normal kah? dan jika dia bosan makan bubur promina harus dikasih makanan apa?

      Delete
    10. dok tupai saya fecesnya cair, apakah itu karena bubur promina yang saya beli rasanya pisang susu dan cara menyembuhkannya gimana?

      Delete
    11. ada kemungkinan karena bubur bayinya kelamaan?
      kalau udah 4 jam, bubur bayinya buang, mas. jangan didiemin di kandangnya aja. karena kalau makan bubur bayi basi, ya bisa seperti yang mas sebutkan tadi.

      bikin bubur bayinya sedikit aja, jadi kalau gak kemakan semuanya pun gak mubazir... :)

      Delete
  50. Dok sya mau tanya..tupai kekes sya kan cwoan udh lama di kandang sendrian..saya beli lagi tupai kekes betina..ko di satuin malah berantem ya dok..kata penjualnya klw sejenis tupai kekes di satuin gpp ga bklan berantem.terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. satuin aja mas. gak apa2.
      kalau emang khawatir berantem, awasi duilu selama 30 menit. kalau gak berantem, berarti aman... :)

      Delete
  51. dok minta petunjuk agar mengetahui tupai kekes jantan atau betina dari umur 2 bulanan. ( cara mengetahui dari alat kelaminnya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya gak liat langsung, agak susah sih.
      tapi bisa diketahui dari jarak antara anus dan lubang pipisnya/kemaluannya. coba aja cek dulu...

      Delete
  52. Dok saya punya tupai kelapa umur sekitar 2bln an tiba2 badannya lemes dan kejang2,kyk lumpuh gitu trus daerah perut kebawah agak basah itu knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya mencret?
      coba mbak kasih minum air kelapa muda + sari kurma. biar daya tahan tubuhnya bagus lagi.
      saya punya dugaan, tapi mending mbak kasih aja obat itu dulu.

      kabari lagi. :)

      Delete
  53. maaf dok tupai kekes saya kenapa ya ko matanya belekan dan lebih sering tidur akibatnya klo pas aktif matanya jadi ketutup sebelah kaya buta gitu. apa itu ga masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa??
      coba kasih makan buah aja, pisang atau pepaya...

      terus matanya sering2 dilap aja pake tisu yang dibasahi air hangat dikit...

      Delete
  54. Saya mau nanya dok,saya pelihara tupai dari bayi tapi sekarang pas jalan kok kaki belakangnya kayaknya di tarik,kayak lumpuh gitu,gimana cara ngobatimya dok????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah Ada artikelnya. Silakan mas baca artikel cara mengobati hind leg paralysis pada sugar glider. Secara prinsip sama aja kok

      Delete
  55. Dok saya mau tanya, sudah dua hari tupai saya lemes dan fesesnya mencret itu gejala apa yah ? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas biasanya kasih makan apa? bubur bayi?
      kalau iya, pastikan bubur bayinya udah diganti setelah 4 jam. jangan sampe kelamaan.

      sementara ini kasih air kelapa aja, mas...
      maaf karena baru balas. kabari lagi

      Delete
  56. Dok saya mau tanya, sudah dua hari tupai saya lemes dan fesesnya mencret itu gejala apa yah ? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  57. Ass bg saya punya tupai kekes dari tetanga dia memunya di awi terus di kasih sama saya 2 . yg satu nurut yg satu lagi agak gk nurut . saya suka beri di rambutan apakah gk papa . terus suka ngigit lagi sakit. Invit pin b saya biar bisa sering D193C10B

    ReplyDelete
  58. Ass bg saya punya tupai kekes dari tetanga dia memunya di awi terus di kasih sama saya 2 . yg satu nurut yg satu lagi agak gk nurut . saya suka beri di rambutan apakah gk papa . terus suka ngigit lagi sakit. Invit pin b saya biar bisa sering D193C10B

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, kasih rambutan aja mas...
      bisa kasih lengkeng juga...

      kalau digigit sakit, wajar kok. tinggal jinakin aja.
      udah ada artikelnya, CARA MENJINAKKAN TUPAI

      Delete
  59. dok klo tupai kekes msh kecil gpp d kasih ulat hongkong..?? trimakasih dok.

    ReplyDelete
  60. Entah kenapa...saya mau blg,,,makasih dok,,,berkat anda saya tau banyak dan bisa ngembang biak in bbrp hewan eh maksudnya patner hidup...hehe...makasih banyak dok....dari mulai musang owl tupai dll...saya terbantu....suwun

    ReplyDelete
  61. Dok mau tanya takaran makan untuk tupai yg benar bagi mana dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. taro aja mas makanannya di kandang.
      nanti dia makan sendiri. :)

      kasih makan bubur bayi promina...

      Delete
  62. Dok aaku baru saja beli tupai keskes umur 1bln dia tidur terus dok, tadi aku kasih makan pepaya halus cuma sedikit yang dimakan, aku kasih air pepayanya alhamdulillah diabisin dok. Kalo tidur itu nafasnya atau apanya ya dok di badannya kaya degdegan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, iru wajar kok...
      kasih kain2 gitu di kandangnya. biar gak kedinginan.
      2 hari sekali kasih bubur bayi promina.

      fesesnya/tahinya gimana? mencret? karena cara tahu tupainya sehat atau nggak bisa dari fesesnya. kalo mencret, biasanya nggak sehat....

      Delete
    2. Ouh oke terimakasih dok infonya :*
      Fasesnya item kecil dok,alhamdulillah ga mencret ko dok

      Delete
  63. Dok tupai saya umur 1 bulan dari kemarrin saya kasih pepaya ,terus sore saya kasih madu di air minumnya sedikit malemnya mencret dok. Jadi gamau makan juga :( minta solusinya ya dok terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending stop madunya.
      kasih bubur bayi promina aja...

      Delete
  64. Dok sy mau tanya cara mandikan tupai kekes kayak mana ya sy bru adopt ni tupai kbtulan jinak lincah n rakus makannya terutama jangkrik nah sy pengen mandikan cm gatau caranya yg aman

    ReplyDelete
  65. ass...... dok mau nayak tupai kekas saya kok tidur muluk ga mau makan sama sekali , saya kasih air mineral dan pisang cuman di jilatin aja ga di makan samasama sekali , tupai saya kira2 umur 1bulan. gmna y dok biyar mau makan lahap tupai saya.

    ReplyDelete
  66. dok kmren sya beli tupai kelapa tpi udah lumayan gede, skitar 4/5 bln mngkin..
    tpi yaa itu glak bnget awalny, kmren kan sya coba pegang, awalny lari2 trus tpi akhirny mau sya pegang, tpi blom mau klo diangkat/dikeluarin dri kndang
    trus pagi ini kan saya bersihin kndangny soalny bau bnget dri tmpat beliny, kan baru bli kmren, nah trus wktu sya bwa keluar rumah dia jdi agresif lagi nggk mau diam dan suka gigitin kandangny..
    wktu sya bwa masuk lagi ke rumah dia diam lagi dok..
    apa itu normal dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama dia masih mau makan dan fesesnya gak mencret, saya kira dia masih sehat dan normal.... :)

      Delete
  67. Dok tupai sy semalem baik" aja mkn lahap tp siang ini sudah mati tp posisinya tidur apa karna kedinginan ya dok padahal sudah sy kasih kain untuk penghangat nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehari atau 2 hari sebelum kematian biasanya bisa diliat dari fesesnya. karenma pasti berubah.

      banyak sebab sih, tapi biasanya masalah poencernaan, atau bisa juga karena suhu.... ... tupainya masih anakan ya mas?

      Delete
  68. Dok,Masih ingat saya ? Yang dulu punya tupai bernama Bembie skrg sudah berumur 2thn 6bulan dia sehat dok tapi kok suka minum yakult . Kira2 bahaya enggak dok?

    ReplyDelete
  69. Dok,Masih ingat saya ? Yang dulu punya tupai bernama Bembie skrg sudah berumur 2thn 6bulan dia sehat dok tapi kok suka minum yakult . Kira2 bahaya enggak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah, seneng bisa denger kabar bembie lagi... :D
      udah gede dong... :D

      sebenernya sih gak apa2, cuma jangan terlalu banyak ya mas... :)

      Delete
  70. Dok tupai kekes saya tidak mau makan pepaya ? Lalu saya coba mangga apa tdk apa apa ya ? Mohon infonya dok buah yang berbahaya untuk tupai kekes, lalu apakah tupai saya aman jika spanjang hidupnya makan buah buahan saja tanpa serangga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tupai kekes bisa dikasih bubur bayi promina dan jangkrik dan ulat hongkong, mas. tapi emang, makanan terbaik ya buah.

      bisa kok dikasih mangga, pisang, pepaya, pokoknya semua buah yang rasanya manis. buah bisa dikasih seminggu 2 kali, biar sistem cernanya bagus. sehari2 bisa kasih bubur bayi promina...

      Delete
  71. Dok tupai kekes bisa digabung sama tupai kelapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak saling serang, boleh aja.
      satuin aja dulu, kalo gak saling sering, boleh disatuin. kalo pas disatuin mereka saling serang, mending pisahin...

      Delete
    2. kalo gak saling serang, boleh aja.
      satuin aja dulu, kalo gak saling sering, boleh disatuin. kalo pas disatuin mereka saling serang, mending pisahin...

      Delete
  72. Dok kok tupai kekes saya klo di pegang kabur kaburan mulu gmn jinakin supaya bonding

    ReplyDelete
  73. Dok kok tupai kekes saya klo di pegang kabur kaburan mulu gmn jinakin supaya bonding

    ReplyDelete
  74. Selamat malam dok,masih aktif kah? Mau nanya ini saya ada bajing kelapa umur sekitar 1,5 bulan dia tuh tidur terus,saya ambil terus naik ke pundak eh tidur lagi,ga ada lincah2nya untuk makanan saya kasih bubur sun + air gula aren fesesnya baru keluar sekali tadi warna nya item. Kenapa ya kira2 saya dapetnya kemarin

    ReplyDelete
  75. Selamat malam dokter apakah masih aktif? Dok saya punya tupai kekes umur 1 bulan nah saya kasih susu sgm tp setelah itu mencret dan warnanya hijau itu kenapa ya dokt sblmnya sya kasih makan bursun atau pisang. Gimna ya dokter mohon pencerahanya. Terimkasih dokter🙏🙂

    ReplyDelete
  76. Maaf Dokter, selain pepaya dan pisang buah apa saja yang boleh dikasih ke tupai kekes (umur 3 bulan) lalu apa perlu dimandikan dokter?

    ReplyDelete
  77. Malam dok, saya baru sj adop BK. Nah dari tadi sore sampai sekarang kok sering bgt bab ya BK nya, feses nya sih normal.. saat di petshop BK nya lincah tp saat di rumah dia ga terlalu lincah, apa itu normal" saja dok??

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.