Cara Ternak Tikus Putih | Drh. Fira Sovica

Langkah pertama yang harus diketahui sebelum

ternak tikus putih

adalah mengetahui cara memelihara tikus putih yang baik dan benar. Tikus putih (mus musculus) adalah jenis pakan terbaik untuk berbagai macam peliharaan baik itu BOP (burung pemangsa), ular, dan juga umum digunakan untuk penelitian. Karena banyaknya kegunaan tersebut, ternak tikus putih adalah ide bagus untuk berinvestasi.
Cara Ternak Tikus Putih

Sebenarnya, cara ternak tikus putih tidak jauh beda dengan memelihara landak mini atau memelihara hamster. Hal utama dalam memelihara tikus putih atau menternakkan tikus putih adalah kebersihan kandang, ketersediaan pakan, dan suhu udara yang pas.
Dan berikut adalah cara memelihara tikus putih yang dirangkum dalam artikel cara menernakkan tikus putih ini.
  1. Seperti yang dikemukakan diatas, kebutuhan dasar dalam memelihara tikus putih adalah kebersihan kandang, ketersediaan pakan, dan suhu udara yang pas alias tidak terlalu tinggi atau terlalu dingin. Kandang tikus putih tempat memelihara tikus putih dan menernakkan tikus putih bisa berupa container box, akuarium kaca lebar yang diberi sekat-sekat agar bisa menampung tikus putih yang lebih banyak, atau kandang buatan yang dibuat dari kayu. Anda juga bisa menggunakan lemari plastik yang memiliki banyak laci yang banyak dijual di pasaran. Sebaiknya, kandang yang digunakan tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit. Untuk tempat makan, anda bisa menggunakan wadah untuk tempat makan hamster yang agak besar, dan untuk tempat minum untuk kandang tikus putih anda bisa menggunakan botol minum untuk hamster. Kedua alat tersebut bisa dibeli di toko perlengkapan hewan atau di toko makanan burung.
  2. Jika anda berniat menernakkan tikus putih, langkah pertama dalam menternakkan tikus putih adalah memilih indukan. Anda bisa memilih indukan tikus putih jantan dan indukan tikus putih betina. Cara membedakan tikus putih jantan dan tikus putih betina adalah adanya 'buah zakar' di badan tikus putih jantan, sedangkan di tikus putih betina tidak ada buah zakar tersebut. Umur indukan tikus putih yang pas untuk dijadikan indukan adalah yang berusia diatas 2 bulan. Pilih 1 ekor tikus putih pejantan dan 3 ekor tikus putih betina, kemudian satukan empat ekor indukan dalam satu kandang perkawinan, lalu observasi tikus tersebut di dalam kandang perkawinan selama satu minggu sambil terus diberi makan dan minum. Makanan untuk tikus putih yang dipelihara adalah pur ayam, dan air minum yang digunakan untuk tikus putih adalah air mineral.
  3. Jika proses perkawinan indukan tikus putih berjalan lancar, dalam jangka waktu satu minggu, anda akan melihat perubahan bentuk perut salahsatu indukan tikus putih betina menjadi lebih besar. Segera pisahkan indukan betina tersebut ke kandang yang baru dan pastikan persediaan makan dan minum selalu tersedia di kandang tersebut.
  4. Hal selanjutnya yang harus tetap anda lakukan adalah memastikan persediaan makan dan minum di kandang tersebut dan biarkan induk betina tikus putih menjalankan 'tugasnya' sesuai dengan instingnya. Anakan tikus putih bisa dipisahkan dari induknya saat berusia tiga minggu dan sudah bisa makan sendiri. Dalam usia 2 bulan atau lebih, anakan tikus putih bisa dikawinkan lagi dengan tikus putih lain yang tidak sedarah dengannya.
Demikian adalah cara menernakkan tikus putih, cara menternakkan tikus putih, atau cara memelihara tikus putih. Saya menunggu saran, kritik, serta komentar anda untuk artikel ini. Saya akan membalas setiap komentar yang ditulis sesegera mungkin. Terima kasih banyak. (FS)

151 Responses to "Cara Ternak Tikus Putih"

  1. Artikel fancy mice/rat minim banget ya,, padahal prospeknya cerah banget untuk pet dan investasi,

    ReplyDelete
  2. Dok.. saya baru mulai ternak, untuk alas kandangnya apa boleh di kasih daun kering ... mohon jawabnya ya Dok. terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pakai daun kering karena daya serapnya kurang.
      pakai sekam padi lebih bagus mas.

      salam... :)

      Delete
  3. owhh gitu Dok, makasih banyak ya Dok, Jazakallah :)

    ReplyDelete
  4. Punten dok...mau tanya.. Saya tertarik untuk ternak tikus putih...alas tikus itu pakai serbuk kayu bs ga ia dok...sekali beranak brp biji anaknya...trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, pakai serbuk gergaji atau serbuk kayu bisa digunakan sebagai bidder (alas kandang) tikus putih karena memiliki daya serap yang bagus... :)
      sekali beranak, induk tikus putih bisa melahirkan sebanyak 6 hingga 8 ekor anak tikus putih (pinkies)... :)
      semoga membantu dan semoga sukses.. :)

      Delete
  5. Gitu ia dok...trus banyak info tiput banyak penyakitnya dokter...gmn ia? Saya mau coba tp ngeri info miring penyakitnya itu...mohon pencerahan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya, semua hewan memiliki penyakit mas. ya musang, ya kucing, ya anjing, ya ikan, semuanya pasti punya, hehehehe. tergantung kitanya aja bisa menjaga kebersihan apa gak. sering2 dibersihkan kandangnya, cuci tangan pakai sabun setelah memegang hewan dan setelah membersihkan kandangnya, dll... pasti aman... :)

      Delete
  6. halllo dok saya mau tanya, kalo serbuk gergaji itu di gunakan untuk menyerap kotoran atau untuk sebagi sarang juga. kalo seandainya saya gak pake serbur gergaji, jadi saya medirikan kandang di atas got (selokan) jadi kotoran langsung jauh ke bawah, itu gak masalah kan ? mohon infonya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep harus diberi bedding, soalnya kalau seperti yang mas bilang (kotoran langsung keluar dr celah bawah kandang), dikhawatirkan masih ada sisa kotoran atau urine yang menempel di jeruji....
      untuk lebih jelasnya, saya punya kenalan peternak tikus putih. mas bisa langsung add dia di facebook. https://www.facebook.com/beny.erwanto.73

      Delete
  7. Dok mau tanya, kalo dalam satu kandang di beri 3 jantan dan 2 betina apa bisa lancar perkembang biakannya Dok? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. idealnya, kalau ingin mengawinkan tikus putih jumlahnya 2 jantan dan 8 betina.... :)

      Delete
  8. saya sudah mulai Dok, tinggal nunggu hasilnya :)
    Dok apakah mencit itu bisa buat penelitian ? soalnya menurut artikel yg sy baca,biasanya kan yg di buat, jenis rat yg rada besar ..
    terima kasih sebelumnya Dokter Fira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.
      salahsatu konsumen tikus putih biasanya instansi penelitian dan pihak kampus yang mempelajari kimia, genetik, dan penelitian obat....mereka lebih prefer ke tikus putih berusia pertengahan (medium), tua (rat), dan yang sudah tidak produksi lagi (afkir)...

      Delete
  9. terima kasih banyak sudah di jawab Dok :)

    owhh gitu Dok .. brarti tikus tikus putih kecil itu tambah umur tambah besar ukurannya ya Dok? kira2 umur berapa dok sudah bisa di buat penelitian .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tikus putih yang siap untuk bahan penelitian biasanya yang berumur 3 bulan atau 4 bulan.... rata2 peneliti pakai yang umur segitu... :)

      Delete
  10. dok, maaf mau tanya kalo yg jual indukan tikus putihnya dimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas search di facebook, namanya Beni Erwanto. Beliau peternak tikus putih. :)

      Delete
  11. Dok saya mau tanya
    saya kan baru mau mulai breeding tiput dok
    kalo saya taruh dalam 1 tempat 6 betina 2 jantan, nah si jantanny ini bakalan berantem ga dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. idealnya 2 jantan 8 betina mas... salam kenal.. :)

      Delete
  12. Salam kenal Dok...
    Maaf mo tanya, kalo rat kena bleeding eye obatnya apa ya?
    Terima kasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisahkan mouse yang bleeding eye ke kandang lain. karantina. sebaiknya mas berkonsultasi langsung dengan dokter hewan untuk mendapatkan kepastian dengan membawa tikus yang kena bleeding eye tadi agar penyakit tidak menular ke mice/rat yang lain....

      Delete
  13. dok.. pakan yang berkualitas untuk tiput apa dok .. selama ini sy kasih pur ayam sm minum air mineral . terima kasih sebelumnya Dok .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pur ayam bagus...
      di atas sudah saya tulis makanannya apa... :)

      Delete
  14. Makasih dok
    iya salam kenal juga dol
    hehehe

    ReplyDelete
  15. Kalau beli indukan di pet shop boleh ke tak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh... :)
      salam untuk animallover malaysia... :)

      Delete
    2. Kalau perut tikus dh besar mau beranak letak skali dngan jantan dan betina lain tak pe ke?

      Delete
    3. Dan pur ayam tu apa ya...dedak aym ke?

      Delete
    4. tikus putih betina yang akan melahirkan sebaiknya dipisahkan dengan jantannya. pur ayam tu makanan ayam yang biasa dijual. sila search di Google Image dengan keyword PUR AYAM.
      salam... :)

      Delete
    5. Pur ayam yang serbuk ke biji2?

      Delete
    6. serbuk boleh, biji2 pun boleh.... :)

      Delete
  16. Dok, anakan tikus saya baru 2 mingguan, belom bisa makan sendiri, tpi induknya kabur. Anakannya harus dikasih apa ya dok? Makasih =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saja, ini kasus yang tidak biasa. hehehe. kenapa bisa kabur mbak?
      dan kemungkinan selamat anak tikus yang belum bisa makan sendiri tapi induknya kabur itu sangat kecil. ada susu yang bisa diberikan untuk anak tikus, tapi juga tidak menjamin anak tikus tersebut sehat nantinya.....

      Delete
  17. Assalamualaikum ..
    dok,kalo cara mengawinkan silang gmn dok,biar tikusnya berwana warni?
    terima kasih sebelumnya dok :)

    ReplyDelete
  18. seperti pernah saya lihat dok ada warna hitam sm putih terus hitam sm warna kecoklatan .. itu bagaimana ya caranya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya beda warna namun masih satu spesies, itu tidak termasuk kawin silang....

      Delete
  19. Replies
    1. masih satu indukan. masih satu garis darah.
      lebih baik cari yang beda indukan kalau mau buat breeding.

      Delete
  20. Klw msih satu darah apa ad nsalahnya ya.??
    Tikus sya dari satu indukan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan.
      besar resikonya, mulai dari cacat fisik dan cacat genetik (mudah mati, karakter tidak stabil, dan lain sebagainya.).

      Delete
    2. Ohh gtu ya.. sya sih cuma iseng2 a peliharanya..

      Delete
  21. Replies
    1. banyak yang jual. coba cari di kaskus, atau search peternak tikus putih di facebook....

      Delete
  22. Dok,kalo mau ternak jenis rat apa sama persis spt tiput ya Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rat adalah istilah bagi tikus putih yang sudah dewasa. :)

      Delete
    2. Maaf dok mau koreksi. Tikus putih itu sebutan umum untuk tikus albino. Di indonesia ada 2jenis tikus putih yang biasa dibudidayakan dan dijual. Jenis kecil biasa disebut mencit/mice. dan yang dapat tumbuh lebih besar dari mencit biasa disebut rat. Mencit dan rat sama" satu famili rodentia namun berbeda spesies/jenis. Mencit itu mus musculus . Sedangkan rat itu rattus norvegicus. Jadi rat bukan istilah tikus putih yang sudah dewasa. Mencit yang sudah dewasapun tetap disebut mencit. Semoga membantu ��

      Delete
    3. terima kasih atas koreksinya mas. sangat membantu saya. :D

      Delete
  23. oww begitu Dok.. jadi sama ya .. :)

    ReplyDelete
  24. Kalo dikawinkan dengan tiput yang sedarah emang nggak bisa ya dok ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab, bisa, tapi kemungkinan besar hasil anakannya cacat, bisa cacat fisik, atau fisik lengkap namun cacat spt tuli tidak respon terhadap suara, mandul dll, dalam budidaya ada istilah inbreed, linebreed dan outbreed, yang harus dihindari adalah inbreed/sedarah, induk dengan anak, antara anak dari 1 induk, seperti itu, yang sangat dekat hubungan darahnya, sedangkan yang baik yaitu linebreed, contohnya tikus 1 paket kawin 1:5, (1 jantan dan 5 betina, ) hasil anak dari betina ke 1 dikawinkan dengan hasil anak dari betina ke 2 itu line breed, yang paling bagus outbreed, beli jantan/betina dari luar hasil budidaya sendiri

      Delete
  25. Ass dok. Wah infonya menatik sekali. Dok ssya pengen konsultasi doal python. Dok tinggalnya dmna? Bisa tolong kasi info dr.hewan di daerah bandung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan search di menu cari artikel mas. saya aslinya lampung, tapi menetap di jakarta karena tugas... :)
      salam.. :)

      Delete
  26. Dok, saya kan baru beli tiput medium kalau misalnya di satuin jantan dan betina dalam satu kandang bisa terjadi perkawinan dini enggak dok, dan bagaimana resikonya..?

    ReplyDelete
  27. Solusinya gimana dok, dan resiko keturunanya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya cacat secara genetik. bisa jadi juga cacat secara fisik akibat rangkaian genetiknya tidak sempurna akibat kawin campur tadi... biasanya sih keguguran atau perilaku yang tidak biasa. misalnya terlalu agresif dan lain sebagainya... :)

      Delete
  28. dok, sy dr lampung, dokter punya info ga untuk seller indukan tiput di lampung? sy search googling dapt satu di fb tp ga respon saat saya kontak
    tq dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya punya kenalan namanya BUDI ERWANTO,
      mas bisa search di pencarian facebook...

      Delete
  29. Dok tiput yg saya beli nggak lahap makan pur ayam dan ikan dok, dimakan beberapa butir saja dok, terus selama ini saya kasih makan nasi. Karena lahap makanya dok dan udah melahirkan sepuluh anakan sekaligus dok..
    Gimana biar lahap makan pur ayamnya dok?
    Atau ada alternative lain selain pur ayam dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agar lebih jelas, mas bisa gabung ke grup peternak tiput di facebook... :)

      Delete
  30. dok kalo plihara tiput di luar angkasa bisa tak.....?????

    ReplyDelete
  31. dok kalo plihara tiput di luar angkasa bisa tak.....?????

    ReplyDelete
  32. Dok, klo anak dari induk yg beda tapi stu ayah nya, bisa di breeding gak? Ap itu juga termasuk inbreeding?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu termasuk inbreed.
      sebaiknya yang benar2 beda indukan, mas... :)

      Delete
  33. Dok misalnya mencit diternak secara koloni 3 jantan dan 12 betina dlm 1 aquarium besar boleh apa tidak?

    ReplyDelete
  34. dok saya mau tanya juga nih,, saya sudah 2 tahun bredding tikus.. tpi bru kali ini dapet kasus aneh dok,, singkat cerita saat saya memisahkan anakan dengan indukan ( sudah umur 1 bulan ) . anak dari 4 indukan yang kandangnya berbeda. jumlah anak tikus 26 ekor.
    setelah anak tikus saya gabungkan 2 hari, ada beberapa ekor tikus yang hidungnya robek dan bahkan hilang.. total 16 ekor, dan saya pisahkan kandangnya dengan yang hidungnya tidak rusak.. setelah 2 hari kemudian. malah jadi lebih parah dok. ada 4 ekor tikus yang kakinya tinggal 3, 2 diantaranya masih nempel tapi udah mau lepas dari badan.. saya perhatikan beberapa jam. tangannya di gigitin sendiri dok.. dan yang kandang hudingnya ilang waktu anak tikus tidur,, hidungnya di makan dengan teman yang hidungnya rusak juga.. kira2 apa permasalahannya dan bagaimana solusinya dok.. makasih maaf panjang kayak koran dok.. mohon petunjuk dan bantuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. self mutation alias menyakiti diri sendiri atau teman sekandang, itulah yang terjadi pada tiput peliharaan mas. self mutation biasanya dipicu karena stress karena kandang yang terlalu penuh atau stress lainnya....

      sebaiknya usahakan kandang tidak terlalu penuh. sekira2 si tikus bisa bergerak dan bermain di lingkungan kandangnya dengan bebas.

      Delete
  35. dok saya mau tanya juga nih,, saya sudah 2 tahun bredding tikus.. tpi bru kali ini dapet kasus aneh dok,, singkat cerita saat saya memisahkan anakan dengan indukan ( sudah umur 1 bulan ) . anak dari 4 indukan yang kandangnya berbeda. jumlah anak tikus 26 ekor.
    setelah anak tikus saya gabungkan 2 hari, ada beberapa ekor tikus yang hidungnya robek dan bahkan hilang.. total 16 ekor, dan saya pisahkan kandangnya dengan yang hidungnya tidak rusak.. setelah 2 hari kemudian. malah jadi lebih parah dok. ada 4 ekor tikus yang kakinya tinggal 3, 2 diantaranya masih nempel tapi udah mau lepas dari badan.. saya perhatikan beberapa jam. tangannya di gigitin sendiri dok.. dan yang kandang hudingnya ilang waktu anak tikus tidur,, hidungnya di makan dengan teman yang hidungnya rusak juga.. kira2 apa permasalahannya dan bagaimana solusinya dok.. makasih maaf panjang kayak koran dok.. mohon petunjuk dan bantuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. self mutation alias menyakiti diri sendiri atau teman sekandang, itulah yang terjadi pada tiput peliharaan mas. self mutation biasanya dipicu karena stress karena kandang yang terlalu penuh atau stress lainnya....

      sebaiknya usahakan kandang tidak terlalu penuh. sekira2 si tikus bisa bergerak dan bermain di lingkungan kandangnya dengan bebas.

      Delete
    2. Dok, kalo ada kasus self mutation ataupun udah mati akibat tengkar boleh gak digunakan sebagai pakan bop/reptil?
      Makasih, dok.

      Delete
  36. Dok saya sudah ternak tikus lumyn banyak ..gimana cara memasarkannya lumyan susah untuk daerah garut

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pasarkan ke pasar2hewan atau bisa juga dijual satuan di facebook....
      mas bisa jual juga di kaskus...

      Delete
    2. jual tikus daerah garut hub.adyt tisna tlp.08998586731

      Delete
    3. jual tikus daerah garut hub.adyt tisna tlp.08998586731

      Delete
  37. Dok, klw anakan tikusnya dah lahir kan tidak boleh disentuh" atw dipisahin dari induknya,..
    lha trus gimana cara bersihin kandangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandang melahirkan/penyapihan sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan, dan selama digunakan, jangan dibersihkan dulu... cukup angkat kotoran2 tikus yang ada pada bedding... :)

      Delete
  38. Kalo ditinggal mudik baiknya dikasi pakan apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa ditinggal, mas. harus aja yang rawat/jaga...
      minta aja orang atau tetangga buat kasih makan... :)

      Delete
  39. Dok mau tanya . Saya mulai usaha ternak tikus . Ni udah menghssilkan dari 2 paket indukan . Untuk memilih indukan lagi dari hasil peranakan tersebut gimana ya ? Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau 2 paket indukan bukan dari perkawinan sedarah, anak-anak dari 2 paket indukan itu bisa saling dikawinkan. :)

      Delete
  40. dok mau tanya dri artikel di atas saya hanya penasaran dg " yang tidak sedarah dengannya." apakah ada hal lain apabila kita kawinkan dg yg sedarah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud mas/mbak, apakah ada efek samping jika dikawinkan dengan yang sedarah, begitu? maaf saya kurang mengerti konteks pertanyaannya. namun yang saya simpulkan dari pertanyaan mbak/mas ya seperti itu, jadi saya coba jawab...

      kawin sedarah (inbreed) sangat tidak dilakukan karena bisa menyebabkan kecacatan baik secara fisik maupun mental terhadap anak yang dilahirkan atau dihasilkan nantinya.....

      Delete
  41. Dok,numpang nanya..saya dapet ilmu dari para breeder jatim.itu perbandingannya 10:30 total 40 semuanya..apa yang baik maksimalnya 2:8 dok?

    Satu lagi dok,kalo yang dokter bilang gaboleh ada inbreed,apa boleh hanya jantannya saja yang ngambil dari peternak luar?biar meninimkan cost nya dok..terimakasih sebelomnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya kalau soal perbandingan, silakan mas pilih mau pakai pendapat yang mana... kalau saya sih yah segitu, hehehe....

      maksudnya inbreed mas paham kan apa maksudnya? perkawinan sedarah. misalnya kakaknya sama adeknya.

      kalau misalnya mas punya sepasang indukan, lalu indukan itu melahirkan 8 anak misalnya. nah, yang ke delapan anak itu gak boleh dikawinin karena masih satu indukan. kalau misalnya beda indukan, boleh aja dikawinin.

      kalau dulu saya sih saling barter indukan ama peternak yang lain, mas. :)

      Delete
  42. Dok saya mau pakai tikus putij untuk penelitian,penelitiannya itu saya ingin mengambil sample glukosa pada darahnya dok,nah tmpt untuk cek glukosa darah pada mencit dimana dan biayanua brp?

    ReplyDelete
  43. Dok saya pgn nanya,kalo untuk cek kadar glukosa darah pada mencit itu dimana dok?apakah di petshop bisa?lalu hargamya berkisat brp?

    ReplyDelete
  44. Dok saya pgn nanya,kalo untuk cek kadar glukosa darah pada mencit itu dimana dok?apakah di petshop bisa?lalu hargamya berkisat brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada alat khususnya, mas.
      mas bisa beli di rumah sakit hewan atau klinik hewan yang besar... :)

      Delete
  45. Dok aku dah coba ternak tikus berhasil sie sampai beranak....tapi tiap beranak anaknya mati dimakan semut T_T hiksssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sekitar kandangnya goreskan kapur semut, mas... :)

      Delete
  46. Dok, saya baru beli indukan. 1 jantan 4 betina, satu udah hamil besar, tapi tiba2 mati dok, kirain saya mau ngelahirin eh tau2nya besoknya mati. Itu knp ya dok?
    Emang klo di pisahi sewaktu tikusnya hamil atau pas melahirkan baru betina sm jantan yang lain di pisahkan dari yg melahirkan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakannya. mas yakin asupan pakan induknya mencukupi? kadang kematian induk tikus sering terjadi karena si induk tidak cukup makanan sehingga tidak ada tenaga untuk melahirkan bayi2nya. faktor lain, kebanyakan makan yang mengakibatkan penimbunan lemak...

      selebihnya, coba mas baca dlu artikel di atas. terutama poin 3.

      Delete
  47. Teteh dr. Mo ikutan tanya mengapa disarankan perkawinan tikus putih untuk tidak sedarah. 2. Berapa kali tikus putih layak beranan 3. Usia berapa indukan yag sudah beranak dpt di kawinkan lagi

    ReplyDelete
  48. Teteh dr. Mo ikutan tanya mengapa disarankan perkawinan tikus putih untuk tidak sedarah. 2. Berapa kali tikus putih layak beranan 3. Usia berapa indukan yag sudah beranak dpt di kawinkan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas pertanyaannya.
      1. makhluk apapun yang dikawinkan sedarah pasti akan tidak bagus anaknya. minimal cacat secara mental, maksimalnya cacat fisik. ada juga yang cacat fisik dan mental. karena makhluk yang dikawinkan sedarah akan mengalami masalah pada susunan genetiknya.
      2. untuk berapa kali indukan bisa beranak, kayaknya lebih baik tanyakan langsung ke peternak yang sudah berpengalaman. hehehe. begitu juga mengenai pertanyaan nomor 3. tikus merupakan hewan pengerat, dan pengerat biasanya melahirkan banyak anakan dalam sekali persalinan (bunting)... :)

      Delete
  49. dok, mau tanya, klo indukanya 1 pejantan tpi beda betina apa boleh dikawinkan?
    co: pejantan 1 kawin dngn 2 betina, apa boleh anak dri betina 1&2 dikawinkan?
    tq dok sblumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masih dikategorikan satu darah/satu indukan. lebih baik jangan dikawinkan. :)

      maaf baru saya balas.

      Delete
  50. Oh oke dok, tq masukanya.
    Oiya masa afkir rat&mice (mencit) pd umur brp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa afkir tikus putih biasanya mulai usia 5 bulan keatas... :)

      Delete
  51. Dok saya masih coba coba nih baru mulai beberapa hari, perkawinan terjadi kapan saja,atau ada musim kawinnya dok, soalnya dari beberapa artikel yg saya baca ada satu yg bilang kalau mereka mau kawin ada musimnya,tolong jawabannya ya dok,trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara prinsip, sebenernya tikus putih gak ada musim kawinnya. mereka kawin jika masuk masa birahi aja.

      namun rata2, tikus rata2 kawin saat musim kemarau. CMIIW...

      Delete
  52. Dok saya masih coba coba nih baru mulai beberapa hari, perkawinan terjadi kapan saja,atau ada musim kawinnya dok, soalnya dari beberapa artikel yg saya baca ada satu yg bilang kalau mereka mau kawin ada musimnya,tolong jawabannya ya dok,trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara prinsip, sebenernya tikus putih gak ada musim kawinnya. mereka kawin jika masuk masa birahi aja.

      namun rata2, tikus rata2 kawin saat musim kemarau. CMIIW...

      hmm, saran saya, kalau emang buat bisnis skala besar, mas bisa beli buku panduan ternak tikus di tukang beras terdekat....

      Delete
  53. Dok mau nanya saya baru mau coba breeding rat untuk pakan reptile di rumah. Kok hampir semuanya bulunya rontok sepertinya jamuran penanganannya gmn ya?.. saya sdh rutin ganti serbuk alasnya setiap 3hr 1x. Mau pakai obat saya takutnya jadi racun coz buat pakan ular peliharaan soalnya kalau engga di obatin takutnya jamur nular ke reptile.

    ReplyDelete
  54. misi dok mau nanya nii kalau misalnya ternak tikus putih jenis mencit apa ada efek sampingnya ya dok kalau kandangnya di simpan didalam kamar heeee maklum dok anak kosan

    ReplyDelete
  55. salam dok..
    kalo ternak tiput baik nya dtempat terang apa yg gelap ya ??
    makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tempat terang dangan sirkulasi udara yang baik...

      Delete
  56. ok dok...
    makasih N lekas sembuk dok :)

    ReplyDelete
  57. Nah cara untuk ngilangin kutu2 pada koloni rat itu gimana ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sih kalau membersihkan kutu pada koloni rat. emang seberapa banyak rat-nya? kandangnya jarang dibersihkan?

      langkah pertama mungkin dipindahkan ke kandang2 kecil, satu kandang kecil satu rat, sementara kandang besarnya dibersihkan dengan desinfektan dan dijemur... obati kutu pada masing2 rat di kandang kecil, setelah yakin kutu tidak ada lagi, bisa disatukan lagi... :)

      Delete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. Ibu, boleh email no WA ibu? Sy mau mulai usaha tikus putih.. banyak yg ingin sy tanyakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Azriel Siregar dr fira nya udah 3 hr ini ofline.. saya juga lagi nunggu kabarnya nich mau konsul tentang bayi burhar saya..
      Tapi kebetulan saya juga ternak tikus putih di rumah,,mungkin saya bisa bantu sedikit :)

      Delete
    2. alhamdulillah sekarang udah rutin online lagi... :D

      Delete
  60. Dok sya mau ternak mencit...
    Tp pas sya bli itu sya ga tau umur brp dan skrng udh 2minggu di rumah sya..tp si mencit tidak terlihat kawin2 pdhl badannya sdh besar2... Apakah ada ciru fisik yg membedakan indukan siap kawin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas gak tanya ke yang jual umurnya berapa?
      karena biasanya patokannya hanya dari usia. lebih dari 2 bulan, biasanya udah siap kawin.

      Delete
    2. Skrng betina dh pd gendut dan keliatan bulatan2 puting.. Tp sya bingung itu hamil atau kebanyakan makan...kira2 apalagi ya yg membedakan?

      Delete
    3. itu kemungkinan emang hamil.
      lanjut, mas. moga sukses breedingnya. :)

      coba mas beli bukunya, ada kok... kalau ada yang ditanyakan dari materi di buku, mas bisa nanya ke sini...

      Delete
  61. Dok,mau tanya skitar pengawinan,antara indukan betina afkir apakah masih bisa d kawinkan n melahirkan? Dan betina yg masih bisa produksi itu usia brapa? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih afkir itu artinya yang sudah tidak bisa produksi lagi. meskipun bisa, anakannya kurang bagus. CMIIW... saya sendiri kurang begitu paham sih soal tikus putih, hihihi...

      untuk pertanyaan lain, udah saya bahas di atas...

      Delete
    2. Trus pakan untuk indukan yg sedang menyusuin itu apa ya? Dan takarannya brapa? Agar ga terlalu kotor

      Delete
    3. pakannya sama, mungkin porsinya aja yang ditambah.

      lagi breeding tikus putih mas? udah berhasil produksi? :)

      emang kudu hati2 sih pas bersih2 kandang... :)

      Delete
  62. dok mau tanya, kalau minum nya diganti pake sayuran gapapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kenapa kalau pake air, mas? :)
      sebenernya gak masalah sih. :)

      Delete
  63. Tikus saya kok ada yg nekuk terus tubuhnya dan jalannya g normal matanya hilang satu,, trus waktu saya lihat perutnya ada luka sobek panjang sudah kering warna hitam, itu penyakit atau bekas perkelahian atau kenapa ya kak, mohon infonya n cara ngobatinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak sebab, mas. luka sobek diperutnya kemungkinan bekas berkelahi atau insiden (tergores dll). jalannya gak normal atau nekuk terus tubuh tikusnya kemungkinan karena kurang kalsium.....

      saran saya mending pindahkan tikus yang sakit ke kandang tersendiri, terus kasih asupan kalsium di makanannya...

      Delete
  64. Dok saya pelihara rat 5 ekor (1 jantan 4 betina) dan 4 betina tersebut berhasil berkembang biak, tapi 2 induk mati dok induk pertama anaknya sudah besar dan gak mau menyusui, sisa 1 indukan yg kelihatannya kelelahan sepertinya sekarat., kalau meninggal induk rat ini asi nya bisa diganti dengan susu apa dok.? Mohon pencerahannya.... Kasihan dok baby nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya agak susah sih mas untuk mengganti susu tikus putih.
      kenapa bisa mati mas induknya? mas bisa tebak apa penyebab kematiannya?

      biasanya karena stress pasca melahirkan sih mas... makanya pindahkan kandangnya ke tempat yang agak sepi suara dan temperaturnya gak terlalu panas...

      Delete
  65. Dok saya pelihara rat 5 ekor (1 jantan 4 betina) dan 4 betina tersebut berhasil berkembang biak, tapi 2 induk mati dok induk pertama anaknya sudah besar dan gak mau menyusui, sisa 1 indukan yg kelihatannya kelelahan sepertinya sekarat., kalau meninggal induk rat ini asi nya bisa diganti dengan susu apa dok.? Mohon pencerahannya.... Kasihan dok baby nya

    ReplyDelete
  66. Replies
    1. cari aja di breeder tikus putih, mas...

      maaf karena baru balas...

      Delete
  67. Dok..cara menghasilkan anakan tikus hny jantan atau paling tidak banyak jantannya gimana caranya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih nggak bisa, mas, kalo kayak gitu. CMIIW.

      mungkin nanti akan saya riset dulu...

      Delete
  68. Dok, kalo mencit di kawinkan sm tikus jepang bisa gak??

    ReplyDelete
  69. Dok, kalo mencit di kawinkan sm tikus jepang bisa gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya mencit itu sama dengan tikus jepang, mas?
      kan nama ilmiahnya sama-sama mus musculus :v

      Delete
  70. Saya mau tanya dok, pakan yang baik buat tikus apa ya, supaya tahan dengan tingkat stres serta tingkat produktifitas nya pun tinggi itu harus bagaimana,
    Saya udah mulai bisnis tikus putih, namun belum dapat celah buat nyalurinnya, barang x yg dari tangerang ada yg nyari link wa aja 087788224693,

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting ruangannya gak terlalu panas dan nggak berisik mas. kalo makanannya, sama aja sih...

      kalau mas mau jual, coba aja gabung ke grup jual beli hewan... :)

      Delete
  71. Malam dok. Maaf mau tanya
    Kalau kita kasih tikus bekas hasil uji laboratorium untuk pakan reptil aman g y? Kata teman saya si tikusnya hanya di ambil sample darahnya saja si. Mohon pencerahan. Makasih. Dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.