Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Bedanya burung hantu jantan dan burung hantu betina bisa diketahui dengan cara sexing. Sexing adalah suatu metode untuk mengetahui jenis kelamin jantan atau betina pada burung hantu. Sexing pada burung hantu dilakukan karena sangat sulit menentukan jenis kelamin burung hantu secara fisik. Artinya, nyaris tidak ada ciri fisik burung hantu jantan atau ciri fisik burung hantu betina yang bisa menjadi acuan

cara membedakan jenis kelamin burung hantu

.Artikel mengenai cara memelihara burung hantu barn owl bisa anda baca di cara memelihara barn owl.
Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Hantu
Image taken from likes.com
Cara satu-satunya dalam membedakan jenis kelamin burung hantu adalah dengan cara sexing. Cara sexing burung hantu adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan pendulum berbahan emas atau perak. Anda bisa menggunakan kalung emas atau kalung perak yang diberikan pemberat di ujungnya. Lebih bagus lagi jika pemberat yang digunakan terbuat dari perak seperti bros, pin, dan semacamnya.
  2. Taruh burung hantu di perch-nya, kemudian ayunkan pendulum yang sudah disiapkan dengan gerakan kiri-kanan berulang-ulang dalam jarak 10cm didepan wajah burung hantu.
  3. Perhatikan gerakan kepala burung hantu saat pendulum diayunkan dari kiri ke kanan. Jika kepala burung hantu bergerak mengikuti arah pendulum, maka burung hantu tersebut adalah betina. Dan jika kepala burung hantu tersebut bergerak maju-mundur, berarti burung hantu tersebut adalah jantan.
Demikian adalah tips singkat tentang

bedanya burung hantu jantan dan betina

. Semoga tips diatas bisa menjadi acuan anda dalam memelihara burung hantu dan membedakan burung hantu jantan dan betina. Saran dan kritik serta komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

193 Responses to "Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Hantu"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kalau membedakan jenis kelamin alap-alap dok?? BWK khususnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jenis kelamin BOP (termasuk alap2/bwk) bisa ditentukan dengan cara sexing.... :)

      Delete
  3. Lidah bwk saya ada bintik kuning sekitar 1x4mm itu kenapa ya dok, maaf belum sempat mhoto

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak sebab mas. bisa frounce, bisa juga lainnya. coba cek artikel cara mengobati frounce, search di menu cari artikel...

      Delete
  4. Apakah bisa dibedakan dari warnanya seperti pada gambar diatas? Dan bagaimana cara menjodohkannya?
    Terima kasih atas jawabannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa mas. warna bulu burung hantu kadang terpengaruh juga dengan lingkungan hidupnya, gak ada pengaruhnya dengan jenkel burung hantu... :)

      Delete
  5. Dok burung hantu saya gk mau makan daging ayam dok gimna yah :(?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena daging ayam itu sudah kena bahan kimia.
      coba kasih pakan hidup, seperti bayi tikus putih dll...

      Delete
    2. Dok, cara membedakan barn owl jantan dan betina gimana.... yg masih (chick)

      Delete
    3. kalau masih chick, agak susah. kadang metode diatas suka tidak berhasil. namun bisa dicoba.... setiap hari, terutama malam, bisa dipraktekkan cara diatas selama seminggu penuh.... :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Maap dok saya mau tanya, saya mengikuti artikel bu dokter cara membedakan celepuk jantan dan betina. Saya baru membeli nya kata penjual sih sepasang, pas saya coba cara dr ibu, kok mereka hanya diam saja ya? Malah mata nya jadi menutup seperti terhipnotis mengantuk, hehe.... oh ya saya menggunakan kalung berbandul emas bukan perak.
    Padahal saya mencobanya ketika waktu subuh hari, saya baru membeli nya sekitar beberapa hari, katanya usianya sekitar 5blnan..
    Ada saran lain ga dok cara membedakan sex nya?

    Oh ya, klo saya perokok... apakah ada dampak negatif nya jika saya membawa celepuk saya jalan2 sambil saya merokok?
    Atau berada di satu ruangan dengan asap rokok dengan celepuk nya?

    Trus saya tinggal di bandung apakah aman di malam hari saya taruh di luar rumah dengan kondisi suhu dingin malam hari di bandung...
    Terimakasih banyak dok, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. :)
      coba lakukan terus selama satu minggu ke depan, lakukan tiap hari.ada banyak sebab kenapa burung hantu tidak bisa mengikuti proses sexing yang dilakukan, bisa karena stress, sakit, dan lain sebagainya. kalau memang burung hantunya baru dateng ke rumah (baru beli), sebaiknya dikarantina dulu sampai dia bisa beradaptasi di rumah atau lingkungan barunya. silakan baca artikel cara memelihara celepuk dan artikel lain tentang burung hantu di blog ini... :)

      burung hantu sangat sensitif terhadap polusi. mereka bahkan bisa menjadi acuan suatu daerah bebas polusi atau tidak. paru2 burung cenderung lebih tidak tahan terhadap polusi. sebaiknya jauhkan burung hantu dari asap rokok...

      tergantung, jika burung hantunya masih anak2 (masih bulu jarum/bulu kapas), sebaiknya jaga agar tetap hangat. kalau burung hantunya sudah dewasa sebaiknya taruh di dalam saja dalam beberapa hari sambil dia beradaptasi, setelah itu bisa dicoba untuk ditaruh di luar selama 1 atau 2 jam. jika dia menunjukkan tanda2 kedinginan, segera pindahkan. jika tidak, bisa dilanjutkan... :)

      Delete
  8. dok saya baru beli burung hantu celepuk.kisaran umur 1,5 bulan.kira" bisa jinak tidak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok... silakan search aja caranya di blog saya ini.. :)

      Delete
  9. Itu harus dari emas sama perak hk bisa yg lain??

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya hanya 2 jenis logam itu.
      mungkin yang hobi falconry bisa menambahkan? :)

      Delete
  10. Dok kalu burhan nya di masih chick boleh ditaruh di ruang ac

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan. suhu dingin sangat mematikan bagi owl yang masih chick....

      Delete
  11. Dok kalau untuk CG, apa hanya jantan saja yang bisa dilatih? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jenis cg bisa dilatih. memang, cg betina biasanya lebih 'keras kepala' daripada cg jantan, tapi tetep bisa dilatih kalau masnya sabar... :)

      Delete
    2. ooh oke dok
      kalau untuk melihat jenis kelaminnya selain menggunakan "bandul" bisa menggunakan apa lagi ya dok untuk CG?

      Delete
    3. lagi saya susun artikelnya... :)
      tunggu saja. mungkin besok saya publish... :)

      Delete
    4. Siap dok, ditunggu :)
      terimakasih ^^

      Delete
  12. klau mmdkan jnis klmin aku dan kamu gimna dok???????????????

    ReplyDelete
  13. dokk, maf ni mau tnya,, tp barn owl ku,aku cba trik diatas, dia kplanya cma muter, ke knan kiri, brati ap oo?mnta pnjlasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan betina. coba lagi selama 3 hari, terutama malam hari. kalau masih sama, possibility betina.. :)

      Delete
    2. owg gtu ya dok,oke mkash infonya dn pnjelasannya.. :)

      Delete
    3. sama2... jika ada yang perlu ditanyakan lagi, bisa come back here... :)

      Delete
  14. Dok kita pencinta owl kn g skedar hobby merawat dan memelihara owl, pengennya sih juga bisa membiakkannya, gmna ya dok cara nya, agar nanti nya kalau owl kita sudah "finish" ada penerusnya yg kita rawat dan pelihara lagi, gmna ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya 'sudah finish' = meninggal secara alami?
      agak susah juga sebenernya kecuali kalau kita sudah coba breeding owl sendiri. saya sendiri lagi coba breeding si errol dan si padma.... mengenai si errol, mas bisa baca artikel cara menjinakkan burung hantu... :)

      Delete
  15. dok..gni punya ku kan klo malem itu suka bunyi gtu,tau sndiri bunyi tito alba gmna
    nah tdi mlem itu didatengi tamu brung hantu jnis lain,aku krang pham jnis.a cma gde lebh gde dri tito.dn dia muter2 dsktar kndang.karna q truh dluar
    pertnyaan q, brung hntu tamu ni menggangu ap g?takutnya nanti tito ku dimangsa ,karna uk.bdan tamu ini lebh besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung hantu kadang berkomunikasi dengan burung hantu lain. baik yang dipelihara bersamanya ataupun yang berada di alam. jadi wajar jika ada burung hantu yang menghampiri..... lebih baik dijaga kandangnya, jangan sampe burung hantu yang liar ikut masuk ke dalam.... :)

      Delete
    2. wah untung banyak dong kalo gitu hehehe

      Delete
    3. si padma, pasangannya errol, dia awalnya burung hantu liar. sering maen sama errol kalo dia lagi cari makan di luar kalo malam... lama2 akhirnya saya pelihara karena sering banget nongkrong di rumah....

      Delete
  16. Dok burung hantu saya menggerakin kepala nya ke kiri sama ke kanan
    Berarti itu jantan/betina?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh... :D
      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

      Delete
  17. Dok apa kelebihan atau kekurangan celepuk jantan maupun betina. Sama bisa dilatih kan.soalnya kadang penjual gqk tau asal jawab jenis kelaminnya.terus sifat jantan betina itu gmn.khusus celepuk aja dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya sih sama aja sih mas. rata2 BOP semuanya sama. khusus burung hantu, dia agak lebih keras kepala daripada BOP diurnal (aktif di siang hari).
      gimana cara kita ngedeketin mereka aja mas. intinya sih sabar. itu aja... :)

      Delete
  18. Baik betina maupun jantan sama bisa dilatih utk jenis celepuk dok.klo sifatnya betina ama jantan celepuk ada kesulitan masing2 gendel gak dok.

    ReplyDelete
  19. Dok saya mau tanya apakah tidak masalah jika barn owl saya yg masih chick diberi makan kodok?? Apakah ada efek yg akan timbul ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kodoknya bersih (baik bagian luarnya dan bagian dalamnya), sebenernya aman2 aja. tapi kalau kodok hasil tangkapan (kodok sawah), sebaiknya jangan diberikan mas kecuali mas yakin kodoknya bersih...

      Delete
    2. Jadi tidak masalah diberi makan kodok ? Emang ada apa dengan kodok hasil tangkapan ( kodok sawah ) dok ? Soal nya saya beli kodok nya di pasar hewan, dan apakan ada makanan lain selain tiput dan daging sapi? Karena jika diberi tiput saya kurang yakin dengan tiput yg di jual di pasar hewan, lebih yakin ke kodok nya dan jika di beri Emprit apakah saya harus mencabuti bulu serta memotong Emprit tersebut ? Kalo sesekali saya beri File ikan nila apakah tidak masalah ? Terimakasih sebelum nya dok. . . .

      Delete
    3. iya asalkan mas bisa jamin bersih gak apa2 dikasih kodok. kadang kan kalau dari sawah banyak bakteri dan kuman, belum lagi kalau kodoknya ternyata mengandung pestisida.
      selain tiput dan daging sapi, mas bisa kasih bayi tikus rumahan kalau ada.daging ikan bisa sekali-kali dikasihkan (hanya dagingnya saja). iya, kalau kasih emprit harus disiangi dulu. kalau saya sih biasanya kalau tidak punya stok tiput, saya beli sate mentah di abang2 tukang sate, mas. saya kasih ke si errol dan padma.... :)

      Delete
    4. Siap dok :D . . . Berarti mending beli sate mentah saja ya dok, tapi tidak masalah kan jika diberi sate ayam dari abang" tukang sate ? Wah salam buat Errol dan Padma ya Dok, dapat salam juga dari Chiko. . . . :D

      Delete
    5. kalau ada sih sate sapi aja mas. kalau daging ayam sesekali aja... :)
      iya, salam juga nih dari errol dan padma... :D

      Delete
  20. dok saya kan punya burhan celepuk nah saya ga tega kalo harus ditali jadi saya pilih untuk memasukan kekandang berukuran lumayan besar 1m*1m*1.75m masalah ga kalo saya simpan di kandang tsb? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kandangnya sebesar itu, gak apa2. cukup kasih dahan dan ranting di dalamnya. jangan lupa kasih makan juga... :)

      Delete
    2. oke makasih banyak atas wawasannya dok

      Delete
    3. oh iya dok kalo untuk makannya ada takaran ga untuk setiap kali ngasih?

      Delete
    4. kasih aja terus sampai dia gak mau makan lagi.. :)

      Delete
  21. hmm, dok saya punya celepuk cman dah mature dan msih agak galak klo liat orang tp sya percaya bahwa dia bkalan gk tersakiti jika deket saya sbagai trainer nya hehe... tpi waktu sya adopt 3 minggu yg lalu yg biasanya makannya rakus tiba" aja ilang entah kmana slera makannya. klo pagi cman bsa ngabisin 7-9 ekor tpi pas waktu malem mlah 5-6 ekor aja padhal dia gk nunjukin lo dia itu gk sakit kyak artikel yg ditunjukin diatas apa krn ini tanda dia klo udah siap ke masa kawin dok?? tpi sya gk berniat neenakin dia dan rumah sya pun kcil jdi gk bsa muat owl lagi trus apa celepuk saya bsa than dan nglewatin msa kawinnya alias ngejomblo gitu kya master nya hehehe.... ato apa dia harus terpaksa saya lepas pdal dia celepuk yg saya sayangi bnget walpun dia msih ganas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau boleh tau umur celepuknya berapa ya mas?
      sebenernya banyak sebab kenapa celepuk bisa hilang nafsu makan. tapi saya punya pengalaman sendiri. si errol juga begitu mas, waktu saya sedang dalam proses penjinakkan dia. dia sempet mogok makan beberapa waktu. emang sifat burung hantu kayak gitu. kalau tahu ownernya tulus buat memelihara dia, dia akan kasih tes bener nggak nih orang mau pelihara dia dengan cara menurunkan nafsu makan.... :)
      terus aja kasih makan. jaga kebersihan kandang. dan jangan lupa latih juga... silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu...

      Delete
    2. owh gitu toh... kenalin celepuk sya.. namae goblin umurnya dah 1tahun 3blan mungkin klo situ brapa lama bru bsa deket sma saya yah dok... :3 coz klo msalah bau badan gmana yah dok ini badan sih goblin dah bau banget kta tmen sih cman di semprot aer mateng udah ilang... nyatanya tetep aja... malah nambah baunya sih goblin :D

      Delete
    3. silakan mas baca artikel saya cara memandikan burung hantu. ada di artikel itu caranya... :)

      silakan mas baca2 lagi artikel saya tentang burung hantu di blog ini. semoga membantu. ada salam nih dari errol dan padma buat goblin... :D

      Delete
  22. Maaf dok ganggu,Tujuannya Celepuk pake Equipment itu apa ya... buat apa..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah saya seneng nih dengan pertanyaan ini. soalnya satu pendapat ama saya. :)
      kalo menurut pendapat saya, celepuk sebenernya gak usah dikasih equipt. karena dasarnya, burung hantu celepuk relatif mudah adaptasi dengan ownernya. aura mereka mudah menyatu dengan aura pemiliknya (silakan baca artikel imprint pada burung hantu).

      jadi ya sekarang terserah aja sih. kalau emang mau dikasih equipt biar 'gaya' dan biar gak escape waktu training, pake aja. kalau emang burung hantunya udah tame, gak usah... :)

      Delete
  23. Kak saya punya celepuk hasil buruan, saya ga tau umurnya berapa. Cara tentuin umurnya gimana ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya: istilah dalam memelihara burung hantu

      Delete
  24. Dok saya baru beli javan owlet, di karan tina dulu gmn cara nya biar ga setres, trus cara rawat nya gmn, saya tinggal di jakarta(priok) yg ramai penduduk n lumayan panas.
    Tolong bantu dok takut tiada sayang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara merawat javan owlet sama seperti merawat burung hantu celepuk. artikelnya ada di blog ini.
      dikarantina dengan cara ditaruh di ruangan kosong.

      mbak bisa juga bikin owlbox (kandang khusus burung hantu) menggunakan kardus besar (bekas kulkas atau bekas tv, jangan kardus kecil) yang dikasih tangkringan di dalamnya....

      Delete
    2. ditaruh di ruangan kosong itu dalam keadaan diikat di perch atau dikandang yang ada tangkringannya atau juga dilepas di ruangan kosong?

      Delete
    3. lepasin bebas aja mas. biar dia lebih percaya sama masnya... :)

      Delete
  25. Dok saya baru beli barn owl(bulunya udah jadi rapi dan udah gakapas lagi) ,nah saya binggung dok burung saya gadoyan makan dan dia suka terbang" gitu tapi dia jinak dok setiap saya pegang / dielus dia gaberontakk .. Tolong dong dokk sarannya buat memeliara barn owl saya yg lebih baik lagi ..

    ReplyDelete
  26. Dok saya baru beli barn owl(bulunya udah jadi rapi dan udah gakapas lagi) ,nah saya binggung dok burung saya gadoyan makan dan dia suka terbang" gitu tapi dia jinak dok setiap saya pegang / dielus dia gaberontakk .. Tolong dong dokk sarannya buat memeliara barn owl saya yg lebih baik lagi ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang kasusnya urgent, lebih baik langsung ke klinik hewan terdekat aja mas...
      selama ini mas kasih makan apa dia? coba kasih pakan hidup kayak bayi tikus dan doc puyuh...

      Delete
    2. selama ini yah saya kasih makan ayam/sapi .. hari ini saya baru tau kalau cara ngasih makan dia itu harus disuapin(tapi disuapinya itu, mulutnya harus saya buka dulu make tangan terus baru saya masuk daging ayamnya) , kalao saya makanin kaya gitu baru dia mau dan bisa makan .. klo saya gasuapin kaya gitu, dia pasti gamau makan .. pertanyaan saya , apa burung saya harus selalu saya kasih makan dengan cara disuapin kaya gitu terus dok .? "maaf yah dok banyak nanya .."

      Delete
    3. saya malah senang kalau banyak yg nanya... :)
      kayaknya perlu dipertajam lagi instingnya berburunya mas. agar dia gak 'manja' kalau makan. coba kasih pakan hidup kayak bayi tikus. taruh owl/bopnya di dalam kardus yang besar (bekas kulkas atau bekas tv) bareng sama bayi tikusnya, tutup, kemudian tinggalkan aja... nanti dimakan...

      Delete
  27. dok tolong di answer yah dok saya takut barn owl saya mati ..

    ReplyDelete
  28. Dok saya punya Barn owl bulunya kan Udah rapii ,menurut dokter barn owl saya masih bisa dilatih ga .? Seandainya bisa , tolong yah dok dikasih tips-tips dan caranya ngelatih barn owl yg baik dan benar .. Tolong sarannya yah dokk .. Terima kasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara melatih burung hantu ada artikelnya di blog saya ini. :)

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Dok si roy (celepuk saya) kok tiba2 ga mau makan cuma mau minum.. trus klo siang dan malam selalu tidur... trkadang mutah air...
    Apakah roy baik2 aja dok atau gmn??
    Tolong informasi.ny dok. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mas? maaf baru saya balas, saya habis perjalanan dinas ke luar kota.... :)
      bentuk dan warna fesesnya gimana?

      Delete
  32. Dok , saya mahu bertanya ...
    1-) Adakah boleh burung hantu di jadikan teman memburu ... Seperti helang ..

    2-) bisa gak kalau burung hantu di bawa melatih di siang hari ....

    Peminat BOP dri malaysia

    Saya masih mencari ilmu tentang bop owl lebih mendalam harap dok mebantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam dari pecinta owl indonesia. saya akan coba jawab.
      1. jika malah hari, bisa dilatih (training) agar bisa menjadi teman berburu.
      2. mata owl cenderung di-design agar bisa melihar lebih baik di malam hari. bisa saja dilatih pada siang hari, namun lebih bagus jika dilatih malam hari.... :)

      salam dari owl saya, padma dan errol :)

      Delete
  33. Dok boleh minta pin bb atau no hp penting.. sms.. 087774817111. Mksih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak menyediakan jalur konsultasi lain selain via komentar di blog.. :)

      Delete
  34. Dok,apakah metode sexing pada barn owl hanya ini?saat saya coba bo saya zoro gak mau noleh2 atau mengangguk,apa gk bisa dok metode sexing dengan analisa bintik2 pada bulunya,saya mau coba breedingkan bo saya dok. . .soalnya populasi tikus melimpah dok,kn rumah saya dekat sawah sama pohon bambu yg lebat. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. analisa bintik2 pada bulu dan warna bulu owl juga bisa jadi acuan. biasanya, warna bulu burung hantu betina lebih gelap dibandingkan warna bulu burung hantu pejantan. tapi itu juga tidak bisa jadi acuan karena kadang warna bulu dipengaruhi juga dengan tempat dan habitat si owl.

      jangan cuma sekali melakukan sexing dengan pendulum, mas. bisa lakukan selama 2 minggu, setiap malam.

      kalau mau yang lebih tepat, bisa cek aja ke dokter hewan terdekat, mas. bisa dicek langsung. :)

      Delete
  35. Iya dok kata temen saya yg dadanya putih,terus pada sayap bagian dalam,yg jantan gak ada bintik2nya putih pure,kalo yg betina masih ada bintik2 nya. . .agk susah juga seh dok kn zorro ini manja bnet yv ada tangan saya malah digigit in gt. . .iya rencana saya mau bawa ke fkh unair kn bnyak ada teman saya yg disana. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. gak bisa sekali sexing langsung yakin. hihihi.

      oh ya. fkh unair. bawa aja ke sana mas. salam buat anak2 fkh unair ya mas.. :)

      kabari saya mengenai owlnya... :)

      Delete
  36. Dok sayap si bebo nama barn owl saya tiba tiba berdarah di ujung mungkin ke cakar sama si bejo kakaknya bebo.cara ngobatinnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih betadine aja lukanya. jaga kebersihan lukanya. :)

      kasih saya kabar ya mas..

      Delete
  37. mbak.. sy br plihara burhan jnis tyto alba.. yg d bdanx ada titik hitam.bkn yg putih polos.
    sy beli hr snin...kotoranx warna putih..mkanx lahab sampai hr kamis dia msi lhab mkanx.tp setelah mkn brp lm dia waktu buang air bsar kras sekali kyak mncret gitu..jumat pagix sy liat d kotoran ada warna putih ma warna coklat kmrahan2 kyak gitu.. jumat malamx sy mandiin seprti biasa pke semprotan.. dia kok lemas ga mu mkan gitu,, trus sy masukan daging ayam k mulutx krn liat dia dah kuat bdiri lg,, ma ksi obat tetrafein 1 butir,, trus sy ksi gula merah ma garam,, dgn hrpan bisa nambah tenaga buat dia,, ato pertolongan pwrtama buat dia,, waktu sy msi mkanan ma air k mulutx dia msi bs nelen,,tp lm2 dia mlh jatuh lmas,, akhirx mati.. kalo bleh tau sy slah pnanganan ato tlat mngobati,,
    buat pngalaman sy kl pnya tyto alba lg..
    mksi mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari awal, perutnya udah gak beres. udah gitu, mas memandikan dia malam2. tambah drop. maaf, sebelumnya mas udah pernah pelihara burung hantu?

      dan lagi, pemberian tetrafein 1 butir. saya nggak tahu mas dapet referensi dari mana hingga memutuskan memberikan tetrafein ke burung hantu. lalu dikasih gula merah dan garam juga. duh, kasian burung hantunya jadi disiksa gitu, mas.....

      sebaiknya, jangan asal memberikan 'hal-hal aneh' hanya berdasarkan 'katanya'. yang paling bagus, kalau owl kita sakit, segera bawa owl tersebut ke dokter hewan terdekat.

      barn owl aka tyto alba adalah jenis burung hantu yang agak susah dipelihara kalau si pemelihara belum pernah memelihara burung hantu sebelumnya. sebelum memelihara burung hantu barn owl, minimal si owner sudah pernah pelihara burung hantu yang lebih mudah dulu....

      Delete
    2. iya mbak jujur az,, br pertama kali ini sy plihara brung hantu.... sblumx sy pnh plihara alap2 jambul...
      duh sy nyesel bgt mbak si nato(tyto alba)ampe mati,,sampe skrg az sy msi kpikiran ma dia :( ...... sdih skli liat dia mati tp ga bs ksi bntuan yg maksimal.
      cm kondisix mdadak skali dia lmas gitu,,, ga da tmpt konsultasi... apalagi waktu itu dah jam 11mlm.. ga tau mo bw k dr mn,,,
      sy ksi tetrafein itu bkas obat ayam bangkok sy waktu dia skit...
      jd posisi sy waktu itu pnik, jd yg ada d otak sy cm tetrafein az...
      mksi infox mbak
      kyakx sy hrs byak konultasi k mbak, buat nmbah wawasan sy

      Delete
    3. silakan mas baca2 aja dlu artikel mengenai burung hantu di blog ini... nanti kalau ada yang mau ditanyakan boleh kirim pesan... pasti saya jawab... :)

      Delete
    4. sama2. kabari saya kalau ada apa2.. :)

      Delete
  38. mbak sy pnya elang ular kaki pndek br beli dr pasar…..
    di ujung sayapx d perban ktax kena tembak.. sy blm brani buka tkut salah pnaganan.. kl dia angkat syapx ga bs tlalu tinggi seperti sayap sebelahx,, kl boleh tau ciri2 syap patah ma luka biasa apa mbak.??
    ma kl mkan dia ga pnh mau mkn lsung,, cm mulutx k buka gitu az kl kl sy dkati,,terpaksa mkananx sy masukin k kerongkonan baru dia tlan.. kadang mkan yg sy ksi cm dia gigit sdikit trus dia buang..jenis makan yg pnh sy ksi : ayam ikan laut, belut, kodok, jangkrik. kira2 dia sy skit ato emang msi muda..?
    kl sy liat dr ciri2 bulu kakix dah lbat. cm ekor kok ga da mbak.
    mhon infox mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, mending biarkan aja selama 3 hingga 6 minggu ke depan. lalu buka perbannya. :)

      matanya sering merem? murung?

      cara mengetahui burung sakit atau nggak bisa dilihat dari tahinya. coba mas baca dulu artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      Delete
    2. teryata tulang patah mbak.. bs d sambung lg ga..
      merem ga sih.. kl murung kyakx ya.
      kotoranx warna putih ma hijau.. kdang agak encer berair gt.pngen jg sy lpas tp gmn dia mau survive..
      terbang ga bs,,, mkan sndiri blm bs..

      Delete
    3. oya tulang sayap yg lpas d bgian atas bkn dkt ekor. itu bs d sambung ga ato nyambung lg?

      Delete
    4. kalau emang dia belum bisa makan sendiri, pelihara aja dulu sampe dia bisa survive, lalu coba lepas liarkan...

      kayaknya nggak bisa disambung lagi. bisa sih digips, tapi itupun harus dengan bantuan dokter hewan...

      Delete
  39. sy pnya burung,sikep madu suka muntahin mkananx pda esok hrinya, sy ksi mkn daging sapi ayam, dia ttap g mkn, sy ksi kodok jg ga di mkn,
    jd sy msukin mknan waktu mulutx k buka az. pas sdh msuk k mulutx br dia tlan, sy ksi jangkrik kdang2 dia mkn d gig8t dkit lalu di buang.. kdang dia mkn,
    kyak paruhnya ga kuat gigit gitu....
    tp dah 3 hri ini dia suka mntahin mknanya pd esok harinya
    dan dia s3ring mengosok paruhnya d perchnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas?
      udah coba kasih ulat daun pisang? coba aja kasih. pokoknya kasih makanan yang lembek2 aja dlu. :)

      nanti artikel mengenai cara memelihara sikep madu bentar lagi saya publish kok

      Delete
    2. putih khijauan, tp skrang dah putih khitaman.. blm pnh sy ksi... kl blweh tau knpa tu mbak?? paruh skit ato ada msalah dgn yg laen.. ato mulutx sariawan... hehee

      Delete
    3. kalau emang fesesnya sudah kayak biasa lagi (putih dan kehitaman), saya kira dia udah sehat. namun sebaiknya mas silakan baca artikel saya cara memelihara burung sikep madu... :)

      Delete
  40. ditaruh di ruangan kosong itu dalam keadaan diikat di perch atau dikandang yang ada tangkringannya atau juga dilepas di ruangan kosong? oiya ruang kosongnya tu bebas dari manusia atau gmana trus klo ada barabg barabg nya gtu gk papa kah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilepas bebas aja di dalam ruangan kosong.
      maksudnya ruangan kosong adalah ruangan yang tenang. ada barang2, gak apa2. yang penting tenang dan minim suara biar owlnya gak stress, mas... :)

      Delete
  41. Oo gitu mksh dok infonya. niatnya sih mau ngerawat celepuk dulu. tpi nyari tiputnya itu yg susah, daerah jogja nyari tiput dmana yah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau celepuk kan makanan utamanya jangkrik, mas. bukan tikus putih. coba mas baca artikel cara memelihara celepuk...

      Delete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Doc, maaf mau tanya. Warna putih pada kepala apakah dapat berubah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. warna putih pada kepala apa mas?
      agak bingung sayanya.. :)

      Delete
  44. Pagi dok, saya kevin di tangerang, lg suka sama owl nih, di rmh pnya barn owl, aku ksh nama tito,knp tito ngedesis yah dok kalo ada org lewat? Desis nya bs ilang ga dok?

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. dok saya bru beli celepuk dok dan baru pertama melihara dan kata pnejualnya dia udh nurut .. tpi knpa yah klo saya megang di patok mulu dok dan makan nya jarang nafsu dan diem merem mulu klo aaya taro di perch dok minta solusi biar atas masalahnya dok . biar jinak sama saya dok solusi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang butuh adaptasi dulu dengan lingkungan barunya. coba aja mas baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu. di sana udah ada cara menjinakkannya...

      kayaknya sih celepuknya sakit. coba baca dulu artikel saya parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
  47. Replies
    1. di sini, di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com, hehehe. tadinya buka di bogor, tapi tutup karena saya lebih sibuk di instansi tempat bekerja, mas... :)

      maaf baru balas, saya sibuk sekali kemaren... :)

      Delete
  48. dok saya mau tanya kalo ngebedain dari fisiknya gimana yah dok..?? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya. judulnya membedakan jenis kelamin barn owl...

      Delete
  49. dok saya mau tanya kalo ngebedain barn owl betina sama jantan dari fisiknya gimana yah dok..?? Terima kasih

    ReplyDelete
  50. Maaf dok saya mau tanya,dimana terdapat penjual celepuk/burhan di daerah surabaya?
    Saya sangat ingin beli yg jinak buat mainan anak saya.
    Lalu dok yg jinak dari jenis apa?
    Mohon bantuan jika ada penjual celepuk di sby bisa hub.saya via bb 5b5bc7cd.
    Mohon jawaban dari dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantuin dr.vera jwb :D
      coba mas cari di internet daerah skitar sby,
      kalau kka baru mau mmelihara owl, lbih baik mmelihara Celepuk..dan juga cari artikel memelihara burung hantu.

      Delete
    2. waaah, makasih banyak udah bantu. hihihi. kemaren saya nggak sempet online. :D

      Delete
  51. Maaf dok saya mau tanya,dimana terdapat penjual celepuk/burhan di daerah surabaya?
    Saya sangat ingin beli yg jinak buat mainan anak saya.
    Lalu dok yg jinak dari jenis apa?
    Mohon bantuan jika ada penjual celepuk di sby bisa hub.saya via bb 5b5bc7cd.
    Mohon jawaban dari dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas.
      kalo untuk mainan, kayaknya burung hantu gak bisa buat mainan, mas. kasian burung hantunya.

      kalau mau cari, di pasar hewan biasanya ada kok burung hantu yang anakan, mas... :)

      Delete
  52. kak mau nanya, kalo utk barn owl dalam sekali makan burung tsb itu berapa ekor tikus putih ya kalo masih umur sekitar 2bln ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, judulnya porsi makan burung hantu. silakan dibaca. :D

      maaf karena baru balas. kabari lagi. :)

      Delete
  53. mungkin saya bisa minta kontak mbanya utk konsultasi dan kebetulan juga saya domisili jkt, boleh mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak membuka jalur pribadi untuk konsultasi, mas. mas bisa konsul lewat blog ini kok, atau via chatting kalau saya sedang online...

      Delete
  54. Dok mau nanya ni, saya susah coba dengan cara sexing tapi kepala celepuknya itu muter muter, itu artinya cewek / cowok dok? Sama mau nanya juga misal celepuk saya cewek, saya mau belikan pendampingnya supaya dia tidak sendirian, kalo baru beli yang pendampingnya itu,celepuk saya berontak ga dia sama pendampingnya yang baru dok?? Takutnya berontak gara gara ada celepuk baru, setres berujung kematian lagi nanti takutnya, mau nanya juga kalo pas di pasar burung mau beli celepuk, gimana sih biar cepet tau kelaminnya itu cewek/cowok?, Apa perlu bawa pendulum ke pasarnya dok? Maaf banyak tanya hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja sexing beberapa kali, mas. bagusnya biasanya malam hingga pagi hari. tapi si errol dulu juga gitu, muter2. jadi tebakan saya sih burung hantu mas jantan. :)

      coba aja sexing lagi...

      mau nyoba breeding burung hantu, mas? :)

      setau saya sih kecil kemungkinan si celepuk ama barn owl berantem, tapi ya namanya hewan, kita gak tahu. apalagi yang satu gede (barn owl), satu lagi kecil (celepuk). satuin aja tapi sambil diawasi selama beberapa hari. satuin beberapa menit sambil diawasi, terus pisahin lagi. besoknya gitu lagi sampe keduanya mas yakin gak saling serang...

      Delete
  55. Dok mau nanya lagi nih, aku kan punya celepuk juve tengah, aku mau beli barn owl kira kira si celepuk bertengkar gak sama si bo karena beda jenis??

    ReplyDelete
  56. Selamat malam dok, saya baru beli 2 celepuk (Ola dan Oli) umur 2 bulan, kemarin makan lahap (ayam pagi, jangkrik malam), akan tetapi sehari setelahnya yang satunya tidak mau nangkring malah diam dibawah dan Seperti tidak ada tenaga, makan dimuntahin, cuma minum air mineral saya lolo-in aja yg masuk, pertolongan pertamanya gimana yah dok? Soalnya belum pernah ke dokter hewan, dan baru ini beli burung celepuk ( gara2, anak kepengen),(panik mode)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      bapak bisa baca artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat. di sana ada obatnya.
      untuk celepuk, sebenernya gak cocok dikasih ayam. kasih jangkrik aja. mungkin daging ayam yang bapak kasih potongannya kegedean juga. amannya sih dikasih jangkrik aja....

      Delete
  57. Dokter, noi (tytoalba saya yg lama) escape udh hampir 6 bulan ini. Dia masih pake angklet dan lonceng. Ga tau kenapa akhir2 ini inget dia. dia escape karena awalnya ada burung liar yg ngajak main. Sekarang lui (tito alba saya yg bulu kapasnya tinggal dikit) di hampiri burung liar lagi. Dan yg lbh bikin khawatir si lui brisik bgt kalo malem. Bunyi mulu. Kek ngeluarin suara panggilan buat burung2 lain. Bahkan Dalam keadaan habis saya training dan kenyang. Saya takut dia nanti escape kayak noi. Dan saya kurang suka ngurung ato kasih rantai di angkletnya. Saya lbh suka dia bebas gerak di daerah kandangnya. Nah ada saran nggak dok biar si lui ga escape kayak noi. Mumpung lui blm bisa terbang bener. Saya udh erosi siap siaga dengan senapan rifle pcp 4,5 5,5 sama handairgun 6. Haruskah saya hancurkan kepala burung liar tersebut? Mohon segera direspon sebelum saya main hakim sendiri. Saya udh capek bener ama itu burung

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan mas.
      untuk mencegah lui kabur, coba mas bikin owlbox dari kardus. udah ada artikelnya. jadi kalau malam, dia masukkin ke situ aja... :)

      jangan diiket

      Delete
    2. Dari chick belum melek si lui udh saya taroh di owlbox kardus mirip yg di artikel dokter. Apa ga papa sekarang ini tiap malem dia di tempatin di kardus lagi? Ato saya tutup kandangnya setiap saya tinggal? Saya punya waktu buat lui tu pagi habis subuh sama pulang kerja habis maghrib. Paling sekali handle cuman sejam. Apa gapapa habis itu taroh kandang terus ditutup? Ato taroh kardus tertutup lg?

      Delete
    3. Dari chick belum melek si lui udh saya taroh di owlbox kardus mirip yg di artikel dokter. Apa ga papa sekarang ini tiap malem dia di tempatin di kardus lagi? Ato saya tutup kandangnya setiap saya tinggal? Saya punya waktu buat lui tu pagi habis subuh sama pulang kerja habis maghrib. Paling sekali handle cuman sejam. Apa gapapa habis itu taroh kandang terus ditutup? Ato taroh kardus tertutup lg?

      Delete
    4. iya, kalau malam mending taro di box aja mas.
      kalo siang boleh dikeluarin dan dilatih... mas juga bisa taro di owlboxnya kalau emang mau mas tinggal..

      selama mas kerja, dia dimana? di owlbox atau di luar? kalau siang sih, gak apa2 di luar aja. kita kan khawatirnya pas malem aja, pas ada owl lain yang manggil2 dia di luar.

      Delete
  58. Kan saya siang kerja dok..
    Dan kalo siang si lui ini kek ga nyaman. Dia pasti nyari tempat2 gelap. Pojokan gitu.

    Pengalaman noi, dia kurang respon sama saya. Paling kalo laper doang FTF. Kalo kenyang saya dicuekin. Apalagi diampiri temen2 liarnya. Pergi sudah.

    Saya rencana pengen lui tu punya ikatan kuat sama saya. Biar bisa sampe frefly, saingan sama falcon tetangga.

    Apa kalo pake cannelbox kucing ato anjing gitu gapapa ya? Saya bawa kerja gitu. Sambil kerja sambil saya handel sebentar2. Dan malem, kandandangnya dia saya kunci aja.
    Gmn dok?
    Ato ada cara khusus yg ga ribet seperti kata2 saya diatas biar dia bisa freefly nanti?

    Maaf rempong banyak nanya sebelumnya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu maksain kehendak kita sama owl, mas...
      malah susah nanti latihnya. beneran deh.

      mungkin karena itu noi agak kurang respon, mas. dan owl pasti tahu apa yang ada dipikiran kita. bisa 'ngebaca' kita.

      Delete
  59. Terus saya harus gmn dok baiknya? Apa iya setiap owl beda2. Ada yg bisa ff ada yg enggak?

    2 hari ini saya mutusin si lui saya bawa kerja. Di tempat kerja saya masukin box yg ada perchnya. Dan hasilnya lumayan mengejutkan. Owl liar dateng koar2 tp si lui skrg diem kalo malem.

    Dan satu lagi dok. Ini udh hampir 2 bulan sejak saya adopt. Bulu hampir lengkap. Bulu kapas tinggal dikit bgt. Tp blm ada tanda2 dia bisa terbang. Setiap owl beda kah? Noi dulu belum selebat ini udh lompat kesana kemari tebang kesana kemari

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini focus ke penjinakkan terus aja mas. jangan focus ke FF-nya.... :)

      iya, tiap owl emang beda2 mas. dan wajar kok.

      mas selama ini interaksi sama mereka kayak gimana? jarang ajak main?

      coba ajak ngobrol. sambil liat matanya.
      dan kalau mas tidur, lepas mereka di kamar mas. biar mereka bisa liat masnya tidur... :)

      Delete
  60. Heheh iyaaa dok. Ga sabar saya. Dia kalo di kandangnya gitu di deketin suruh naik glove sombong e. Ga mau. Harus pake cara sedikit paksa ato pancing makanan di tangan kanan dekat glove kiri biar naek glovenya.

    Interaksinya ya cuman kek tak lepas di tanah, trs saya panggil pake makan jarak 5m dia lari gitu ngampirin. Tp ga naik glove. Kalo jtf ke glove dia maunya dari perch yg rendah. Itu aja 30cm doang.
    Saya newbie bgt nih kalo soal sifat yg beda2.

    Lha itu dia. Eeknya banyak dok dia 😂 gmn dong. Kamar saya kecil. Banyak barang yg agak ribet (gitar keyboard ampli sound pc dll) lhah nanti gmn ngurus kotorannya kalo di kamar. Kalo eek di muka saya jg gmn nanti 😂 hahaha. Kalo celepuk mah masih bisa lah dicara soalnya kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha. saya juga dulu awal2 gitu mas, pas tidur di eek-in di muka. seriusan. tapi itulah emang seninya pelihara burung hantu. bahkan sampe si errol jinak juga dia masih suka eek di kepala saya, terutama kalo dia lagi kesel sama saya... :D

      atau mas bisa lanjut training dulu aja. yang terpenting, dia udah kenal sama masnya. itu yang penting. :)

      maaf karena baru balas. kabari terus

      Delete
  61. Bahaha sebelumnya selamat ramadhan dok.

    Masa iyaa?? Apa gapapa sama kesehatan kita? Itu eek banyak bgt. Soalnya makannya jg banyak.

    Ini dari kondisi terakhir saya cerita, sekarang udah ftf 9meter. 😂 Baru aja bisa lompat saya rangsang terapi lapar biar dia usaha terbang ke makanannya.

    Dan masalah burung lain, entahlah kok skrg udh ga pada dateng. Apa mungkin si lui ini udah komunikasi sama mereka kalo dia nolak ajakan mereka dan milih jadi partner saya yaaa...

    Oiya soal penjinakan. Dia keknya bonding dan respon sama siulan dan glove. Itu udh cukup apa saya harus gmn lagi dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan mas jaga kebersihannya. kalau ada eeknya dia, langsung dibersihkan aja, mas. dan lapisin kasur pake plastik lembaran dibawah spreinya, biar gampang bersihinnya...

      oh, bisa jadi emang dia nolak untuk pergi karena lui udah ngerasa nyaman. bagus kalau kayak gitu. dulu juga padma pernah ada yang deketin, burung hantu liar, diajak pergi ke alam lagi (si padma dateng sendiri ke rumah, dibawa sama si errol). kasusnya kayak si lui, akhirnya yang burung hantu liar ini gak muncul2 lagi di rumah...

      soal pake glove atau siulan, atau gak pake glove dan gak pake siulan juga gak masalah. tapi kalau udah terbiasa pake siulan (flute), pake aja mas. kalo saya dulu, si errol saya latih ngenalin suara saya. makanya kalau saya lagi kesepian dan si errol lagi keluar cari makan, saya cukup keluar aja ke balkon, terus ngomong "errol! pulang!" dia terbang ke arah saya....

      Delete
  62. Tp di protes nyonya besar ini kalo mau di masukin. Soalnya brisik bgt dok. Serius. Brisik dia. Laper ato enggak tu tetep bunyi mulu dia

    Baru diomongin dok. Udh dateng lagi burung liar. Tp enggak koar2 kek kmrn. Mgkn burung lain lagi. Kalem. Bahkan dengan pedenya liat si lui lg ftf. Mau saya ambilin senapan udh pergi dia nya. Tp keknya lui ga tertarik deh.

    Tp saya kalo sama hewan tu bukan tipe yg ngajak ngobrol dok😂 saya lbh suka mbelai aja. Lbh suka kontak fisik ato bhs isyarat.

    Oiya ngomong2 kalo kondisi skrg ini udh waktunya diajarin berburu blm dok?
    Gmn dengan pakan hidup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dulu, mas. mending focus ke manning aja dulu. paling tajamkan insting aja dengan ngasih bayi tikus yang masih merah ke dia... :)

      hahahaha, saya juga awal2 nikah gitu. suami protes karena tahi si errol dimana2. tapi lama2 dia ngerti, setelah dia diserang sama si errol karena gak boleh masuk kamar, hahaha.... saya kasih pengertian juga sih ke suami... dengan janji kalau saya akan jaga kebersihan kandang juga...

      Delete
  63. Dok barn owl ku msh baby kaki kanan nya pincang kalo dipakai jalan , tp ga ada bengkak sm perubahan warna antara kaki kanan sm kiri , ak kasih makan sayap ayam difillet ,, kotorannya kadang putih kadang hijau ,, ak msh pemula dok , kaki nya diobatin pakai apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan kurang kalsium, mas...

      coba beli tulang ikan sotong di toko makanan burung, tumbuk sampe bener2 halus kayak bedak. terus makanannya di guling2in ke bubuk tulang sotong itu sebelum dikasih. cukup lakukan seminggu sekali aja...

      selain itu, mas bisa kasih super-n setetes setiap hari...


      lakukan. dan kabari lagi

      Delete
  64. Ini dia masalah sebenernya dok. Ini usia saya mulai bingung. Si lui udh suka terbang sana sini. Lha kalo di panggil makin ga merhatiin. Bahkan ketika saya terapi lapar dia seperti itu. Ftf mengalami kemunduran. 3 meter aja ragu2. Dan kalo dia lagi nongkrong di ketinggian, dipanggil ngasih respon koar2 khas tyto. Tp nggak nyamperin. Cuek aja dia. Saya salahnya dimana yaaa.. apa udh harus main tali dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan main tali. dia masih ragu2 sama mas. dia sebenernya masih nimbang2, ini orang bisa dia percaya atau nggak. seperti itulah kira2.
      sementara stop aja latihannya. focus ke manning aja dulu. latih bisa yang mudah2, kayak nyamperin makanannya dalam jarak 10 atau 20 cm. sering2 dielus. kasih makan pakai tangan. dan ajak ngobrol sambil liat matanya... :)

      dan satu lagi: masnya jangan ragu2. dia pasti bisa jinak dan nurut kok. kalau masnya ragu2, dia bisa baca pikiran mas dan dia juga malah nantinya yang ragu2. owl bisa baca pikiran kita kok, sama kayak hewan lain juga begitu. :)

      Delete
  65. Bagaimana untuk membedakan yang masih chick?

    ReplyDelete
  66. Bagaimana untuk membedakan yang masih chick?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sih mas kalau yang masih chick.
      kalau membedakan burung hantu yang masih chick bisa dengan dicek di rumah sakit hewan atau puskeswan terdekat...

      Delete
  67. Dok apa untung dan ruginya pelihara BO jantan atau Betina? Untuk dilatih atau partner mending yang mana?? Tadi siang saya beli BO masih ada bulu jarum nya. Penjual bilang jantam karena mukanya lebih lebar. Ternyata setelah saya baca artikel dan saya cek di badannya ada pola titik2.
    Sebesar apa ruangan tertutup buat karantina dok? Atau hanya ruangan yang gelap saja sudah cukup?

    ReplyDelete
  68. Kalau kepalanya berputar melawan arah jarum jam gimana itu dok??

    ReplyDelete
  69. Dok. Saya mau bertanya. Apa sexing dengan cara ini akurat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang paling akurat, tentu dengan cek DNA-nya mas. kalo pake pendulum kayak gini, biasanya perlu beberapa kali cek, dan hasilnya harus sama, untuk mendapatkan hasil akurat atau tidak....

      yang jadi masalah adalah ketika beberapa kali cek pendulum, namun hasilnya beda-beda... :)

      Delete
  70. dok celepuk saya satou kan biasa dilepas, keluar mlm balik subuh..beberapa hari diikutin celpuk lain, biasa d kasih makan diluar rumah kan, dia d awasin dr jauh sama celepuk lain td..kl dari tanduk nya satou ky nya cwe..uda 2 hari g balik2, apa dia diculik celepuk kmaren y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak diculik, cuma kayaknya temennya di luar sana. wajar kok. nanti juga si satou balik. :)

      udah berapa lama pelihara si satou, mas? umurnya berapa? :)

      jadi keingetan si Errol :(

      Delete
    2. blm balik smpe sekarang huhu

      5 bulanan ky nya

      aduh maaf dok hehe
      td nya sy mau beli celepuk lain, biar dia bs kawin..tp mungkin dia uda punya pilihan sendiri haha

      Delete
    3. sama, dulu juga si errol sudah saya pilihkan burung hantu, eh dia malah bawa si padma dari alam.... :p

      Delete
    4. yah mdh2an cpt balik huhu

      kl BO sm alap2 bs ngerti kandang gtu jg g ya dok? sy pengen nyoba BO atau alap2 capung..tp ky nya susah nyari alap2 capung

      Delete
    5. barn owl saya gitu, saya liarin kalo malam buat cari makan sendiri di alam. pulang pas adzan subuh. makanya dia uring-uringan kalo diluar ujan.... :)

      alap2 juga bisa sih, malah prosesnya lebih mudah alap2 dibandingkan owl...

      belum pulang juga sampe sekarang? dinamain nggak mas owlnya? coba panggil aja kalo malam.... panggil namanya.... si errol biasanya saya panggil, gak lama dia langsung pulang...

      Delete
    6. nama nya satou dok ehehe nam jepang.. karna sy kira dia jantan, tp pas nanya2 mau nyari pasangannya dia betina katanya..

      ok dok nnti sy cobain
      mksih banyak dok

      Delete
    7. sip... :D

      ditunggu kabarnya mas... :)

      Delete
    8. haha uda dicoba tp g balik jg dok hehe

      feeling sy s dia bikin sarang diluar tp g tau jg..gpp lah dia bebas diluar asal jgn ketangkep lg aja huhe kesian

      Delete
    9. si errol dulu rekor paling lama dia di luar 3 bulan, mas. dan emang bener sih, dia kawin dulu sama burung hantu di luar sana. abis itu balik lagi....

      nothing to loose aja mas. intinya, kalo balik ya sukur, tapi kalo nggak balik ya jangan sampe. :p

      Delete
  71. mayan lama juga ya hehe yah mudah2an balik dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhir2 ini dia sering muncul dok, di pohon2 deket rumah..tp ga mau turun uda dipanggil juga, kliatan ada pasangannya juga..terakhir kk saya liat dia sm celepuk yg lebih kecil katanya..kaya nyasih sarang nya di pohon kelapa deket rumah kk saya hehe..

      Delete
    2. bond antara pemilik dan hewan peliharaan, apalagi burung hantu, emang kuat banget. kayak saya dan errol dulu. kasusnya hampir sama kayak mas, cuma mungkin saya lebih beruntung. si errol bawa si padma dari alam ke rumah. jadi mereka bersarang di loteng rumah.... kebetulan emang banyak tikus, jadi mereka sebagai satpam juga di loteng, ngusir2in dan makanin tikus di sana, hehehe...

      saya yakin sih satou bakalan balik lagi... mungkin panggil terus. jangan pake suara. coba panggil aja dari hati. karena kalau burung hantu kadang bisa denger, apalagi kalau bond-nya udah kuat.... :)

      konsentrasi terus coba panggil. :)

      Delete
    3. mungkin saya biarin dulu dok ngurus anak nya..sambil adopt celepuk lain soal nya ibu saya kangen kayak nya huhuhu

      Delete
    4. oh, dia udah bertelur/anakan di sana? :D

      iya, mungkin baiknya begitu...

      Delete
    5. kk saya sih liat nya sama anak nya katanya..

      Delete
  72. Dok saya mau tanya barn owl sama obay itu sama ga si dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda, mas. barn owl dan oriental bay owl. :)

      untuk liat fotonya, coba mas cek artikel saya, cara memelihara barn owl dan artikel cara memelihara oriental bay owl

      Delete
  73. Apakah ada kelebihan atau kekurangan memelihara burhan menurut jenis kelaminnya dok? Misalkan yg betina lbh mudah dijinakkan atau sebaliknya, atau apapun itu dok barangkali ada yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, mas. sama aja. :)

      tapi kadang emang yang lebih keras kepala itu yang jantan sih. tapi balik lagi ke karakter dasar owlnya. ada juga owl jantan yang kalem... :)

      Delete
  74. Dok, kemrin saya dapet burhan sepertinya jenis Barn Owl yang sudah dewasa; terjerat di tali layang2 di atas rumah.
    Si burhannya cmn tutup mata doang dan gak bunyi, padahal dah dikasi ikan dan air. Kenapa gitu ya Dok, apakah dia stress?
    Btw, apakah burhannya itu bakal mematok? Bagaimana untuk mengantisipasinya untuk melatihnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya iya. dia stress.
      karantina, cek artikel saya cara karantina burung hantu.

      terus kasih makan. cek aja artikel saya, makanan burung hantu.

      dan kasih super-n. beli di toko makanan burung. kasih setetes setiap hari. :)

      Delete
  75. Dok celepuk yang udah dewasa apa masih bisa regenerasi bulunya yng agak brudul ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih mas. coba mas cek artikel: semua tentang mabung pada burung

      Delete
  76. ass , izin bertanya dok , saya punya barn owl sepasang umur 3 bulan , yang jantannya sudah bisa terbang tapi yang betina nya belum dok , kmaren sudah sempat terbang tpi mngkin ada accident yang membuat sayap kiri betinanya turun , badannya tidak seimbang , saya belum tau pasti sayapnya patah atau gimana , ada solusinya dok ? trims

    ReplyDelete
  77. Cara sexing dengan logam emas dan perak seperti yg doter sebut apa jg berlaku buat jenis elang dok?

    ReplyDelete
  78. Cara sexing celepuk gimana dok

    ReplyDelete
  79. bgai mana sya bisa mendapatkan notifikasi tentang artikel anda yg terbaru.
    sya suka dgn artikel anda.dan membantu.jadi bagai mana saya bisa mendapatkan notifikasi nya?

    ReplyDelete
  80. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  81. WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan maximal Bonus Rp.250.000 , Dengan mininimal deposit Rp 25.000,-
    syarat TO x 8
    Contoh : 25.000 + 25.000 * 8 = 400.000
    Minimal WD 50.000


    TEMBAK IKAN ONLINE

    Bonus Deposit 50%
    Minimal Deposit Rp25.000
    Max Bonus Rp. 1.000.000,-
    TO x 15 + BONUS

    Bonus Deposit 10%
    Minimal Deposit : Rp.50.000,-
    Max Bonus : Rp. 500.000,-
    TO x 7 + BONUS

    CASHBACK 10%
    Bonus Cashback hanya diberikan kepada player yang tidak mengclaim bonus next deposit

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person WIN323 :
    BB : E3E94F65
    LINE : win323a

    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.