Mengobati Katarak Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Penyakit

katarak pada musang

bisa disembuhkan dengan cara berikut. Cara menyembuhkan katarak pada musang berikut pernah disinggung singkat di artikel ciri musang sehat.
Nah, bagaimana cara mengobati musang yang katarak? Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda praktekkan dalam mengobati katarak pada musang.
Mengobati Katarak Pada Musang
Image taken from mycatgoma.com
  • Penyebab katarak pada musang.
  • Katarak pada musang disebabkan oleh kondisi kandang musang yang kotor, kondisi badan musang yang kotor, tidak seimbangnya asupan gizi pada musang, serta rusaknya kornea mata musang akibat terlalu banyak terpapar sinar uvb. Penyebab utama katarak pada musang adalah tidak seimbangnya asupan gizi pada musang. Sama seperti penyebab katarak pada sugar glider, katarak pada musang lebih disebabkan oleh asupan protein dan lemak yang berlebih serta paparan sinar uvb saat menjemur musang.
  • Cara mengobati katarak pada musang.
  • Mengobati katarak pada musang bisa dilakukan dengan cara membatasi asupan protein dan lemak kepada musang peliharaan anda. Batasi makanan musang yang mengandung protein tinggi seperti kaki ayam rebus, kepala ayam rebus, bubur bayi, dan sebagainya. Saya menyarankan agar musang yang menderita katarak diberikan buah-buahan saja seperti pisang dan pepaya saja hingga kondisi kataraknya membaik. Awasi terus perkembangannya, dan jika dalam waktu 3 atau 4 minggu keadaannya belum membaik, sebaiknya segera bawa musang yang menderita katarak ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  • Cara mencegah katarak pada musang.
  • Mencegah katarak pada musang bisa dilakukan dengan cara berikut. Saat menjemur musang, anda juga sebaiknya tidak menjemur musang secara langsung. Jemur musang di dalam kandangnya dan taruh kain di atas kandangnya sehingga sinar matahari tidak langsung mengenai tubuh musang.
  • Obat untuk mengobati katarak pada musang.
  • Untuk obat-obatan, katarak pada musang sendiri sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya jika kondisi katarak masih belum terlalu parah. Maka dari itu, diperlukan penanganan cepat untuk menyembuhkan musang yang katarak. Jika katarak sudah sangat parah, saya menyarankan anda untuk membawanya ke dokter hewan terdekat agar mendapat penanganan lebih lanjut. Dokter akan mengetahui seberapa parah penyakit katarak pada musang anda dan bagaimana solusi menyembuhkannya.
Demikian adalah cara

mengobati katarak pada musang

. Artikel diatas diharapkan bisa membantu para owner musang agar lebih aware lagi dalam menjaga dan memelihara musang. Terima kasih. (FS)

331 Responses to "Mengobati Katarak Pada Musang"

  1. Bu dok saya mau nanya saya punya musang pandan umurnya saya kurang tau sekitar 1-2 bulan masih makan bubur jalannya masih gemetaran sudah 2hari matanya tertutup dan berlendir(belekan) hingga mengering sehingga matanya sulit terbuka kandangnya masih saya taruh di kardus dengan di beri lampu lima watt bagaimana ya dok pengobatannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masnya tinggal di daerah hangat seperti di jakarta atau sekitarnya, lebih baik tidak udah diberi lampu 5 watt, cukup diberi kain kering sebagai alas kandang dan pastikan kain itu tetap kering. kecuali jika udara di rumah mas termasuk udara dingin (pegunungan), tentunya. jika masnya tinggal di daerah dingin, bisa menggunakan lampu 5 watt.

      untuk perawatan matanya, lebih baik dibersihkan setiap pagi dan sore menggunakan cotton bud yang dibasahi air hangat. lakukan terus menerus hingga matanya bisa terbuka.

      untuk makanan, sementara matanya belum sembuh, sebaiknya jangan diberikan bubur bayi atau diberikan asupan protein lainnya karena dapat memperparah penyakit di matanya. cukup berikan pisang atau pepaya yang diblender kemudian dimasukkan ke mulutnya menggunakan pipet atau suntikan.

      mohon informasikan lagi kondisi musangnya.... bisa share juga artikel ini via google plus kemudian kirim foto musangnya di akun googleplus kami... terima kasih. ditunggu info selanjutany... :)

      Delete
    2. Iya dok nanyi saya matikan saya tinggal di cilegon banten sepertinya sudah panas suhunya lampu saya nyalakan terus soalnya jadi sepertinya terlalu panas

      Saya juga kasih makan dia bubur bayi+susu dancow+scott sepertinya proteinnya sangat tinggi

      Terimakl kasih dok nanti saya ikuti langkah2nya saya infokan kembali jika ada perkembangan

      Delete
  2. Sudah saya ikuti dok langkahnya tadi saya sudah beri pisang halus dan saya basuh matanya dengan air hangat akhirnya lendirnya mencair dan matanya sudah bisa terbuka namun mata yang baru terbukanya busam seperri katarak

    ReplyDelete
    Replies
    1. membasah mata musang dengan air malah akan membawa dampak lain seperti masuknya bakteri ke mata musang yang membuat gatal. pada akhirnya musang akan menggaruk matanya dan menyebabkan kebutaan. maka sebab itu, jangan membasuh mata musang dengan alasan apapun kecuali oleh dokter... :)

      Delete
    2. untuk sementara ini, jauhkan makanan yang mengandung protein. cukup beri buah-buahan yang diblender kemudian suapi si musang dengan pipet.
      bersihkan mata musang tiap pagi dan sore dengan lap basah. JANGAN MEMBASUH MATA MUSANG DENGAN AIR.
      Jaga kondisi kebersihan kandang. Ganti kain alas kandang dengan kain yang baru jika kain alas kandang sudah terlihat kotor atau basah....

      Delete
    3. Iya dok saya memebersikannya dengan cotton bud dan tisu yang di beri air hangat sedikit

      Terima kasih dok jika ada perkembangan akan saya infokan kembali

      Delete
  3. Dok kalo musang matanya petet gitu,cara penyembuhannya seperti apa dok? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. petet gimana ya mas? bisa dikirim gambarnya ke G+ saya? salam kenal... :)

      Delete
    2. Jadi seperti lengket matanya dok,trus sepertinya agak katarak matanya dok

      Delete
    3. saran saya:
      1. JANGAN DIBERIKAN MAKANAN YANG MENGANDUNG PROTEIN DULU seperti bubur bayi, daging, atau semacamnya. Lebih baik beri makanan berupa buah-buahan matang seperti pepaya atau pisang. kalau belum bisa makan buah sendiri, bisa diblender dulu.
      2. perawatan untuk matanya, SETIAP PAGI DAN SORE DIBERSIHKAN MENGGUNAKAN TISU YANG DIBASAHI AIR HANGAT. Cukup dilap/bersihkan kotoran dan lendir dari matanya TAPI jangan dibasahi matanya. Lakukan tiap pagi dan sore.
      3. Jaga kebersihan kandang.
      Jangan lupa untuk konsultasi ke sini lagi ya mas. saya tunggu kabar selanjutnya.... :)

      Delete
  4. Halo dok, mau tanya apakah katarak pada musang akan sembuh dengan sendirinya.
    Musang saya umur 2 bulan kurang, dan baru sehari yang lalu ketahuan ada katark di matanya.
    apakah ada obat atau harus periksa ke dokter hewan?
    terimakasih atas balasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. seperti saya katakan di artikel di atas, katarak akan sembuh dengan sendirinya jika:
      1. kondisi katarak belum terlalu parah
      2. pola makan musang yang menderita katarak diganti. akan lebih bagus jika musang yang menderita katarak tidak diberi makanan mengandung protein terlebih dahulu. saya sendiri lebih menyarankan buah-buahan non-protein seperti pepaya sebagai makanan untuk musang yang katarak. jika belum bisa makan buah sendiri, bisa diblender.
      sementara itu aja dlu, beri buah-buahan sambil terus diobservasi selama satu minggu. kebersihan kandang juga harus dijaga ya, jangan sampe kotor. jika dalam satu minggu belum baikan juga, bisa konsultasi kemari lagi atau langsung menghubungi dokter hewan terdekat.
      oh ya, jika bisa, saya mohon foto mata yang terkena katarak, bisa share di hangout G+ kami. saya tunggu kabar selanjutnya. semoga membantu.

      Delete
  5. Iya dok, sore ketahuan paginya sampai hari ini langsung tidak diberi susu dan bubur sun.
    nanti saya kirim fotonya. terimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. jangan sungkan untuk berkonsultasi di sini lagi... :)

      Delete
  6. Dok sya pelihara musang umur 4 bln tapi ngk mau mkn bubur atau buah sukanya minum susu pkai dot setiap hari...yg mau sya tny sm dkter 2 hri ini mata musang sya sblh kanan tiba2 putih trus hlg jd htm lgi nanti putih lgi..kira2 musang sya sakit apa ya dok...katarak atau apa trus obat nya apa...mohon pencerahannya...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur berapa musangnya mbak/mas? kalo masih baby, coba beri makan pisang. masukkan pisang berdaging lunak seperti pisang sunpride ke dalam suntikan, lalu tekan suntikannya hingga pisang halus keluar dari ujung suntikan yang lain. langsung saja masukkan ke mulut musangnya pelan-pelan, jangan sampai tersedak.... susu sebenarnya tidak apa-apa, tidak menyebabkan katarak HANYA SAJA pastikan susunya non lactosa. susu berlaktosa bisa menyebabkan katarak. cara mudahnya sebenarnya menggunakan pisang tadi.... selain membiasakan, bayi atau anakan musang yang diberi pisang bisa mencegah musang tersebut kena paralisys/kelumpuhan.... :)

      Delete
  7. Musang sya umur 4 bln dok...udah di coba ksh mkn pisang yg di blender ngk mau...maunya minum susu aja...masalah matanya itu aj dok sblh kanan putih klu bgun tidur...stlh itu hitam lgi...soal kdg bersih bgt dok krn sya ksh kasur kecil..sprey n koran di kadngnya..kira2 mata musang sya sakit krn apa ya..mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kadang muncul kadang gak sih menurut saya bukan katarak. tapi untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, lebih baik pakai saran saya tadi. kasih pisang pakai suntikan. batasi juga asupan protein dan lemaknya, serta beri susu non laktosa. umur 4 bulan harusnya udah bisa makan sendiri mbak, lebih baik jangan terlalu dimanja... :)

      Delete
  8. Sore tadi sya ksih mkn pisang pkai sedotan wlupun sedikit di paksa :) susunya sya pkai SGM..Buah2an sdh kita siapin di temptnya tp ngk disentuh sm skli dok...manja iya klu siang tidur mau dikmar dan mau minta di temani..mau tdur di kandang klu mlm jm 8.30 hbis minum susu bgunnya pagi...say biasakan sean tdur mlm tepat wkt spt sya pny ank hihihi...oh ya dok klu sya ksh vit Scot minyak ikan blh ngk... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba puasakan dlu musangnya sampai dia benar-benar lapar, baru nanti berikan buah2 potong kecil2 di mangkuk. harus dibiasakan makan sendiri, jangan dibiarkan manja mbak... kasih scott emulsion aja oke, minyak ikan khusus kalau dia sakit atau bulunya sedang rontok aja... :)

      Delete
  9. Dok sepertinya mata musang sya katarak..matanya putih...klu sing hlg n klu mlm putih..sya sdh kasih scott..pepaya..pisang n vit a..kenapa blm sembuh juga ya dok sdh 9 hari...klu mata musang katarak bisa di operasi ngk dok..kasihan dok sean msh kecil n sya ngk mau klu dia buta...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sering2 bersihkan matanya dengan cotton bud yang dibasahi air hangat, pinggir2nya saja. mbak juga bisa meneteskan obat tetes mata seperti Rohto ke dia, satu kali sehari. makanan tetap beri pisang dan pepaya, scott cukup seminggu sekali saja. observasi selama 2 minggu lagi, sering2 dibersihkan kandang dan perlengkapannya. kalau dalam 2 minggu malah tambah parah, saya sarankan bawa ke dokter hewan terdekat.... :)
      semoga cepet sembuh little sean.... :)

      Delete
  10. selamat pagi dok, musang saya sepertinya matanya infeksi karena kemarin saya lap dengan air hangat menggunakan KUTUTOX obat anti kutu caplak, karena musang saya kutuan dok. tapi yang infeksi hanya mata sebelah kiri nya. saran dokter sudah saya lakukan yaitu membersihkan menggunakan air hangat, makan saya beri pisang dan vitamin minyak ikan dan madu. berapa lama saya observasi sebelum saya konsultasi ke DRH terdekat ya dok? sakit mata pada musang saya baru 2 hari dok. terima kasih mohon tanggapan dari dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas.
      untuk kutu sendiri sebenarnya saya lebih menyarankan memandikan musang tersebut dengan air dicampur dettol, kemudian dijemur sampai musangnya kering. untuk kututox saya kurang menyarankan.

      untuk infeksi mata, coba sering2 dibersihkan area matanya. bersihkan tiap pagi dan sore hari menggunakan cutton bud yang dicelup air hangat. untuk obat-obatan, coba berikan amoxicillin dengan cara ditumbuk sampai halus kemudian dicampur ke air minum musang tersebut. amoxicillin bisa dibeli di apotik terdekat, dosis pemberian amoxicillin untuk musang adalah 1mg per-kg berat badan (misalnya berat musangnya 5kg berarti dosisnya cukup 5mg. dikira-kira saja). saya sendiri tidak bisa menyarankan lebih karena saya tidak tahu segimana parah infeksi matanya. bisa mas share gambar matanya ke GooglePlus saya? terima kasih dan ditunggu...

      Delete
  11. Dok,, susu non laktosa itu contohnya apa ya
    selama ini saya pke susu bendera kental manis n musang saya kayaknya katarak
    klu d cahaya terang putih dalam matanya hilang
    tp klu gelap atau redup baru kelihatan keruh d matanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya, untuk mengobati katarak pada musang, saya tidak menganjurkan susu jenis apapun karena susu pasti mengandung protein, baik itu yang mengandung laktosa atau non laktosa. saran saya, batasi jumlah pemberian protein dan lemak. mbak bisa memberkan pisang sunpride sebagai makanan musang yang katarak dan jangan memberikan susu atau kepala ayam rebus terlebih dahulu... kalau musangnya masih belum bisa makan sendiri, bisa diblender dulu pisangnya...

      soal merk susu non laktosa, ada kok susu SGM non laktosa..... :)
      semoga membantu... :)

      Delete
  12. Makasih dok buat sarannya
    tp dok musang saya sm skali gak mau makan pisang
    dia hanya mau makan sesuatu yg berbau amis misalnya jangkrik atau telur rebus
    saya campurkan sedikit sun rasa pisang saja d susu nya dia tidak akan meminumnya
    jd saya jg bingung mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dia gak mau makan pisang, coba pake suntikan. kan suka ada tuh abang-abang yang jualan suntikan mainan di depan sekolah SD, nah beli aja suntikannya. nanti pisangnya diblender dan dimasukkan ke suntikannya....
      sering2 dibersihkan juga matanya pakai cotton bud yang dibasahi air hangat. kandang juga hendaknya dijaga agar tetap bersih.....
      air minum diberi madu agar daya tahan tubuh musang lebih kuat....

      musang juga hendaknya tidak terlalu dimanja mbak. mungkin musang mbak dari kecil dibiasakan untuk hanya makan satu jenis makanan saja hingga saat diberi makanan lain dia gak mau makan. harusnya jangan. triknya, beri makanan apa saja saat dia sedang lapar. puasakan musangnya. misal: biasanya pagi dikasih makan, sekarang jangan. kasih makan hanya saat siang dengan makanan apa saja--pisang atau nasi diberi kecap misalnya. lakukan selama 3 hari.

      Delete
  13. Iya memang dok karena dia gak mau buah
    makanan yg dia mau itu yg berbau amis
    sedangkan klu lg sakit katarak gini kan gak boleh dok
    Jd mmg harus d paksa pke spuit ya dok
    klu d kasih wortel mentah boleh gak dok
    n ada jg yg bilang d tarok d tempat gelap
    itu gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada hubungannya ditaruh ditempat gelap. katarak disebabkan oleh ketidakseimbangan gizi, terutama lemak dan protein yang terlalu tinggi. iya, pakai suntikan aja kasih makannya. istilahnya, disepet. pelan-pelan aja pas kasih makan.... makanan apa aja boleh ASALKAN jangan mengandung protein dan lemak yang terlalu tinggi. nama musangnya siapa mbak? kasih nama deh, dan sering2 diajak ngobrol.... musang bisa mengerti kalau kita ngomong ke mereka... :)

      Delete
  14. Ooo gitu ya dok
    makasih byk ya dok sarannya
    namanya lulu dok
    saya adopt dia dr 4 september 2014
    manja bgt
    gak mau d kandangin
    boboknya jg sm saya
    klu saya pindah pasti dia bgn n ikut pindah bbok juga
    hihihi
    jd curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, jadi inget sama musang bulan saya yang dulu pernah gigit jari saya hampir nyaris putus tapi akhirnya jadi jinak total dan suka tidur bareng ama saya. dirawat ya si lulu, moga bisa dirawat sampai besar. :D

      Delete
  15. Aammiinnn
    makasih ya dokter
    Ini yg tukang gigit si lilo dok
    muspan yg jantan krna adoptnya gak dr bayi

    Tp dok katarak bs sembuh kan klu dksh makanan bergizi
    apa bs menyebabkan kebutaan dok

    ReplyDelete
  16. Dok sy mau tyk,musang sy msh bayi krg lbh 2-3 bln matanya sblh kanan katarak,awalnya tdk parah hanya sedikit putih,tp mgkn krn asupan gizi yg tdk seimbang trs di beri mkn bubur bayi,myk ikan dan scott skt matanya semakin parah dok,bola matanya sblh kanan sdh putih smua sprti mau klwr,kira2 itu bs disembuhkan apa tdk ya dok,kasian skali mlhtnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering2 dibersihkan bagian matanya pakai cotton bud yang dibasahi air hangat. jangan beri asupan protein spt bubur bayi dll, cukup berikan buah pepaya matang yang diblender.... kandang rajin2 dibersihkan... kalau dalam waktu seminggu dr sekarang belum mendingan juga, bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  17. Dok saya musangnya merem berlendir sebalah kanan lalu saya bersihkan dan kasih obat mata esokannya matanya putih apakah buta :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belum terlalu parah, bisa diobati. silakan mas baca instruksi di atas...

      Delete
  18. dokter ,,saya ada ank musang 2 ekor,,yg 1 normal,,tp yg 1 lg mata@ ketutup blum kebuka2,,apakah buta dok???

    ReplyDelete
  19. Dokter saya punya musang umurnya 8-9 bulan. Kalo di dalem ruangan matanya warna abu2 pekat tapi kalo dibawa keluar rumah matanya normal coklat jernih. Apakah itu katarak dok? Kalau bukan lalu apa? Mohon penjelasannya dok biar saya bisa antisipasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan itu memang diagnosa awal katarak.
      lebih baik mbak mengikuti petunjuk di atas.... :)

      Delete
    2. Oke baiklah dok :)) dan saya mau tanya lagi, kira2 ciri2 mata katarak pada musang itu lebih jelasnya bagaimana ya dok? Ada yg bilang kalo katarak dimatanya ada titik putih.

      Delete
    3. di artikel diatas ada link ke artikel CIRI MUSANG SEHAT, di sana ada ciri musang yang kena katarak... :D

      Delete
  20. dok, musang saya kok tiba2 jalan nya sring gemetran dan mata nya agak bda dri yg lain...tpi kadng normal kdng g dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan ikuti langkah diatas & beri minum air kelapa muda...
      sering2 bersihkan kandangnya...

      musangnya masih bayi??

      Delete
  21. Misi dok mau nannya nih... cara membedakan mata musang normal dgn katarak apa yah? Mohon pncerahannya... trima ksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. di artikel di atas ada link ke artikel ciri musang sehat. di sana ada mengenai ciri musang yang kena katarak.... :)

      Delete
    2. di artikel di atas ada link ke artikel ciri musang sehat. di sana ada mengenai ciri musang yang kena katarak.... :)

      Delete
  22. dok mau tanya nih
    kalo oprasi katarak pada musang biaya kira" berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ratusan ribu. tergantung fasilitas di klinik/rumah sakit hewannya. kalau mas masih tinggal di daerah jakarta dan sekitarnya, mas bisa dateng ke rumah sakit hewan di daerah ragunan.
      atau kalau mas tinggal di daerah jakarta, jawa tengah, atau jawa timur, saya punya daftar nomor hp dan telepon dokter hewan terdekat ke tempat/daerah mas. silakan search ALAMAT DOKTER HEWAN di bagian cari artikel... :)

      Delete
  23. maaf dok mau tanya laginih,kata owmer sebelummya kan musangnya terkena katarak,tapi kalo saya lihat pada pagi sampai sore hari mata simusang berwarna coklat,tapi kalo malem warnanya abu" itu pun kalo liatnya teliti,tetapi selma malem saya freeroom kagak pernah nabrak bahkan naik turun tangga pun bisa dengan lancar, apakah itu termasuk katarak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang tidak terlihat bercak putih di mata musangnya, saya kira aman (gak katarak).

      tapi saran saya, tetep lakukan pencegahan. hindari makanan yang mengandung protein selama 2 hingga 3 minggu ke depan. cukup kasih buah2an saja. setelah 3 minggu, silakan mas kasih asupan protein lagi... :)

      Delete
    2. jangan sungkan untuk bertanya di sini... :)

      Delete
  24. Dok saya mau tanya mata musang pandan saya kok warna hijau btw bls

    ReplyDelete
  25. Apa musang saya terkena katrak ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah matanya sering belekan? dia sering menggaruk matanya? kalau tidak, berarti bukan. kalau hijau memang itu pengaruh genetik saja biasanya mas. bukan penyakit. selagi tidak berwarna putih atau ada bayangan putih, saya kira aman.... :)

      Delete
  26. Dok klo saya kirim foto musang saya agar dok bisa tau dgn jelas keadaan musang saya boleh gak

    ReplyDelete
  27. Tolong di bls ya dok atau saya minta pin bb nya agsr saya bisa kirim foto musang saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau kirim foto, silakan kirim aja via hangout googleplus saya.
      sementara ini saya tidak mempublish pin bbm dulu. :)

      Delete
  28. dok saya mau bertanya, kondisi mata musang saya sama seperti diatas berwarna hijau menyala,musang pandan saya baru berumur 3 bulan, yang saya mau tanyakan apakah benar musang yang bermata hijau menyala itu susah jinaknya ?? soalnya kemarin saya diberi tahu oleh anak komunitas di taman honda tebet, dia bilang begitu susah jinaknya kalau matanya berwarna hijau menyala, thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tegaskah bahwa Itu jelas tidak benar dan sangat amat salah. :)
      karena musang bulan saya pun dulu matanya hijau, bahkan saat siang hari, sangat terlihat warna hijaunya. tapi dia sangat jinak sama saya, meski saya memelihara dia sejak berusia 1 tahun 2 bulan, jadi sudah sangat tua....

      jangan putus asa mas. coba baca2 artikel saya mengenai menjinakkan musang di blog ini... semoga membantu... :)

      Delete
  29. kalau untuk yang masih bayi gimna dok?

    ReplyDelete
  30. kalau untuk yang masih bayi gimna dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti di atas. bedanya, buahnya dijus dulu tanpa air hingga halus... kalau belum bisa makan sendiri, diberikan menggunakan suntikan atau pipet... kalau sudah bisa makan sendiri, bisa langsung disodorkan...

      Delete
  31. Dok, untuk menjemur musang yg sedang pilek sebaik nya di beri kain atau tidak usah?

    ReplyDelete
  32. Berapa lama dok waktu menjemur nya untuk musang yg msh bayi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah lama2. cukup 5 hingga 10 menit. dan jangan kena sinar matahari langsung. lengkapnya, silakan baca artikel CARA MENJEMUR MUSANG

      Delete
    2. Ok dok, musang saya pilek trus mkin hari makin udh gk ad tenaga nya dok cma baring aj, hrus gmn ya dok?

      Delete
    3. kandangnya bersihkan.
      coba lebih sering dijemur.
      makannya diperbaiki. usahakan agar dia makan, meski sedikit. jangan sampe gak makan.
      air minum beri madu.
      sering2 dibersihkan bagian hidungnya.

      lakukan treatment di atas selama satu minggu. nanti lapor lagi ke blog ini.. :)

      Delete
  33. Misi numpamg tanyak. Klok otter usia 2bln. Trus di matanya ada bintik putih n seperti selaput itu knapa ya??

    Apa ada obatnya biar sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kena katarak. untuk otter, saya sarankan bawa ke dokter hewan mas. jangan nunggu parah. batasi asupan protein ya....

      bawa saja ke dokter hewan. gak mahal kok biaya konsultasinya... :)

      Delete
  34. Dok sya mau tanya sya melihara muspan 3ekor umur 1,5bln yg satu mata nya trjangkit katarak selaput matanya memutih udah hmpir sminggu ini,
    Apakah katarak bisa menular dok ??
    Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski katarak tidak menular, lebih baik yg kena katarak dipisahkan. jangan disatukan. :)

      kandangnya sering2 dibersihkan.... silakan lakukan cara diatas untuk mengobati katarak... :)

      Delete
  35. dok kalau mata musang kataraknya udah agak tebal gimana apa kasih makan buah aja atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lebih baik kasih buah aja.
      kalau memang sudah sangat parah, saya sarankan sih operasi di rumah sakit hewan terdekat... :)

      Delete
  36. kalau di bawa ke dokter kira kira berapa mba biayanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau operasi katarak, biasanya agak mahal mas. itu juga kalau dokternya menerima operasi.
      begini saja. mas konsul aja dulu ke dokter, minta pendapatnya dia. kalau mahal buat operasi, cukup minta obat aja ke dia... gitu aja... :)

      Delete
  37. dok muspn saya kok gaada bau pandannya sama sekali ya? aneh baunya malahan, uisianya 4 bulan up..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. kalau dibawah 8 bulan memang kurang kecium atau bahkan gak ada samasekali bau pandannya. balik lagi ke hormon musang tersebut. :)

      Delete
  38. dok muspan sy umur 2-3 bln trs kedua mata nya abu2 memutih apa itu gejala dr katarak? cara sembuhin nya gmn dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel di atas... :)

      Delete
    2. dok jk sy ke dokter hewan dn di beri obat sj masih bisa sembuh bukan??

      Delete
    3. kalau belum terlalu parah, mbak bisa praktekkan cara di atas. saya yakin masih bisa sembuh.

      kalau memang mau dibawa ke dokter hewan lebih bagus... :)

      siapa nama musangnya mbak? :)

      Delete
  39. Dok.. saya mau tanya.. saya punya musang usia -+ 8 bulan.. saya melihat mata musang yg sebelah kanan berwarna putih.. saya menyadari nya baru tiga hari ini.. tp td pagi saya lihat mata sebelah kirinya sudah mulai memutih.. bagaimana cara mengobati nya dok.?? Saya sangat panik.. apakah musang saya akan mengalami kebutaan dok..?? Tolong di jawab y dok. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan, tapi gak usah risau mbak...
      silakan praktekkan cara2 di atas. sudah saya tulis cara mengobati musang di artikel di atas... praktekkan sampe 2 bulan, JANGAN DIKASIH ASUPAN PROTEIN APAPUN. :)
      dikasih nama siapa musangnya? :)

      Delete
    2. Jadi cuma d kasih pisang sm pepaya y dok??? Kurus donk nnti musang kalau nggk makan protein dok??
      Nqma musang saya DEODRA dok. :-)

      Delete
    3. iya. sementara kataraknya belum sembuh kasih pepaya ama pisag aja dulu. kalau mbak mau kasih protein, saya gak jamin kataraknya bisa sembuh....

      Delete
  40. Dok apakah proses penebalan katarak pada mata musang sangat cepat prosesnya? Karena bln ada seminggu musang saya sakit mata dan udah 2 hari ini saya coba bersihkan matanya dengan kapas basah dr kotoran matanya sekarang matanya udah terbuka tp sy liat warna matanya udah putih tebal yg sebelah kiri. Apakah masih mungkin sembuh jika menggunakan trapi pada artikel diatas? Sy ingin kirim foto kondisinya gimana caranya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk fotonya, mas bisa ganti foto profilm mas pakai foto matanya....
      saya optimis masih bisa sembuh. JANGAN DIKASIH PROTEIN APAPUN ya mas... :)

      Delete
    2. maaf dok aga gaptek nih gimana ya cara kirik fotonya pake profilm itu? untuk saat ini intruksi yg dokter sampaikan sudah saya lakukan selama 3 hari dengan membersihkan kotoran matanya pada pagi dan malam hari serta makanan hanya diberikan pisang atau pepaya saja yg di blender.
      oya dok kalo lampu 5 watt apakah berpengaruh pada mata musang saya itu? karena kl yg satu lagi matanya tidak ada masalah. tapi yg ini mata sebelah kirinya jadi putih saya kawatir menyebabkan kebutaan pada musang saya.... apa tidak ada obat yg bisa diberikan untuk membantu penyembuhannya dok?

      Delete
    3. klik aja akun mas, lalu ada menu setting atau entah apa...
      iya, lebih baik jangan pakai lampu mas. matanya dibersihkan di bagian luarnya aja ya mas. jangan disentuh bagian matanya...

      kalau mau pakai obat, lebih baik bawa ke dokter hewan mas. resep dan takaran obatnya harus pas soalnya... :)

      Delete
  41. Musang saya sudah di bawa ke dokter hewan.. sudah seminggu minum obat.. to nggak ad pengaruh d mata musang saya dok.. mata nya masih saja putih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih obat yang dikasih ke dokter sekalian lanjutkan cara mengobati musang katarak di artikel saya di atas. lakukan selama sebulan penuh... kalau hanya seminggu jelas belum ada bedanya mbak.... :)

      Delete
  42. Dok sy kan punya musangnya 2 ekor apakah pemeliharaan musang kl lagi sehat boleh digabungkan atau harus dipisahkan satu kandang satu ekor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kedua-duanya sehat dan bisa akur dalam 1 kandang, oke2 aja ditaruh satu kandang,,,

      Delete
  43. dookk..mata musang saya sakit...saya gak paham apakah itu katarak atau apa...yg jelas awalnya matanya itu berair beberapa hari berikutnya dimatanya itu seperti ada belek yg menempel dimatanya..warnanya putih seperti nanah...sdh sy cb nw ke dokter hewan tp spertinya mrk gak paham dengan penyakit musang sy....mohon bantuannya dook...kasihan musang sy (br berumur 2.5 bln)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya bersih?
      cukup kasih makan buah saja ya mbak. jangan dikasih makanan yang mengandung protein dulu. cukup buah seperti pisang atau pepaya saja. kalau belum bisa makan makanan padat, bisa dijus dulu....
      kandang selalu dijaga kebersihannya. lakukan treatment di atas selama 1 minggu sambil diobservasi. lalu balik lagi kemari... :)

      Delete
  44. Dok harga biaya operasi berapa ya dok? Musang ane seminggu lebih cuma makan susu dan bursun sampe badan kurus dan katarak dok. Semalem saya kasih palyam lahap dok dia. Apa gapapa dok saya kasih palyam dulu sampe gemuk lagi badannya? Tolong jawab harga biaya operasi dok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lagi katarak, lebih baik jangan dikasih kepala ayam dulu. kasih aja jus pepaya. kalau tidak mau makan jus pepaya sendiri, disepet aja pake suntikan. saran saya seperti itu....
      mang kenapa musti dioperasi, mas? biaya operasi berkisar antara 400rbu keatas, tergantung kasusnya apa. makin berat kasusnya, biasanya makin mahal....

      Delete
    2. Oalah begitu ya dok. Tadi saya abis spet pisang sun pride setengah dok dg cara di paksa dok. Oiya dok saya di saranin sama temen cat lovers, katanya suruh di kasih claneksi sirup dan obat mata cendo citrol sehari 2 kali dok. Apakah boleh dok? Dan kata dia kira kira 3 hari pasti sembuh jika penangannya tepat. Makasih dok mohon di jawab kembali :D

      Delete
    3. bisa juga dengan cara yang disarankan sama temen mas itu. tapi sebaiknya dilakukan oleh orang yang berpengalaman. mungkin mas bisa minta tolong dia.... kalau soal 3 hari sembuh, tergantung tingkat keparahan kataraknya juga. semoga aja tidak terlalu parah... :)

      Delete
  45. Assalamualaikum dok, saya mau nanya nih, musang saya mata'ny sipit sebelah dan kalau dia normal mata'ny kanan kiri beda, yang kiri ada putih" dekat pinggiran mata'ny dan mata kiri'ny berbeda dengan kanan'ny.
    Dan kalau sipit saya kasih obat mata seperti Inst* / dll itu gpp kan? Dan musang saya suka banget gromming apa itu faktor ada'ny kutu?

    Makasih Sebelum'ny.

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum dok, saya mau nanya nih, musang saya mata'ny sipit sebelah dan kalau dia normal mata'ny kanan kiri beda, yang kiri ada putih" dekat pinggiran mata'ny dan mata kiri'ny berbeda dengan kanan'ny.
    Dan kalau sipit saya kasih obat mata seperti Inst* / dll itu gpp kan? Dan musang saya suka banget gromming apa itu faktor ada'ny kutu?

    Makasih Sebelum'ny.

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum dok, saya mau nanya nih, musang saya mata'ny sipit sebelah dan kalau dia normal mata'ny kanan kiri beda, yang kiri ada putih" dekat pinggiran mata'ny dan mata kiri'ny berbeda dengan kanan'ny.
    Dan kalau sipit saya kasih obat mata seperti Inst* / dll itu gpp kan? Dan musang saya suka banget gromming apa itu faktor ada'ny kutu?

    Makasih Sebelum'ny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas lakukan treatment seperti yang tertulis di artikel di atas. jangan lupa kandangnya rajin2 bersihkan. mandikan juga minimal seminggu sekali. cara memandikannya bisa dicari di bagian cari artikel..... lebih baik jangan dikasih tetes mata manusia dulu mas. nanti aja. cukup lakukan seperti yang saya tulis di atas ya... :)

      setelah 2 minggu, lapor lagi ke sini. saya tunggu. sehat selalu buat musangnya.... :)

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Assalamualaikum Dok,
    Mau nanya, saya kan baru pertama kali punya musang kebetulan umur 2bln.
    pas beli saya liat matanya ada yg putih dan aga sedikit biru, apakah itu katarak? Saya sempet nanya ke yg dagang itu gara2 lampu saat masih kecil. Kondisi musang sih jinak, pas masuk kandang baru nya lsg tau tempat makan, dan minum, begitu juga saat pintu di buka tau lsg keluar dan masuk sendiri, kira2 itu kenapa yah dok? Bahaya ga?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  50. Assalamualaikum Dok,
    Mau nanya, saya kan baru pertama kali punya musang kebetulan umur 2bln.
    pas beli saya liat matanya ada yg putih dan aga sedikit biru, apakah itu katarak? Saya sempet nanya ke yg dagang itu gara2 lampu saat masih kecil. Kondisi musang sih jinak, pas masuk kandang baru nya lsg tau tempat makan, dan minum, begitu juga saat pintu di buka tau lsg keluar dan masuk sendiri, kira2 itu kenapa yah dok? Bahaya ga?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam
      iya, kemungkinan kalau kena lampu iya. mas bisa praktekkan cara megobati katarak pada musang di atas... kalau menurut saya sih belum mencapai tahap parah, tapi sebaiknya hati2 jangan sampai parah ya mas... :)

      Delete
    2. Makasih dok information nya, saya kasih minum jus wortel yg udah di saring seratnya gapapa kan yah dok? Kalau makan saya kasih pisang yg di halusin.

      Delete
    3. Makasih dok information nya, saya kasih minum jus wortel yg udah di saring seratnya gapapa kan yah dok? Kalau makan saya kasih pisang yg di halusin.

      Delete
    4. itu bisa dilakukan.
      lakukan terus selama 1 atau 2 minggu ya mas... :)

      Delete
  51. maaf ada email nya nggk dok ??
    biar bisa chat tentang musang ane

    ReplyDelete
  52. Assalamualaikum
    Mau nanya dok, musang saya umur 2 bulanan , matanya berwarna biru dok , apa itu yang dimaksud katarak ? :'( tolong solusinya dok supaya musang saya bisa normal kembali , makasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau katarak biasanya warna putih saja atau keruh. kalau biru, itu kelainan genetik aja. coba mas baca artikel apakah musang yang matanya hijau susah jinak, cari di bagian cari artikel...
      hari ini saya online sampai jam 12 siang. mas bisa chat langsung dengan saya. klik tombol chat dengan drh. fira

      Delete
  53. mlm dok.

    mau konsul nih.. musang saa masih umur 1,5 bulan tp klo magrib mata kirinya berwarna putih klo kanannya tidak dok.. apakah musang saya kena katarak dok???? pa penyebabnya kira kira?? mkannya susu mix dengan bubur bayi .. apa mkannya penyebab munculnya putih di seblah mata kirinya itu dok? mohon solusinya dok.. tkutnya itu bener katarak.. kasian si dudung klo buta dok.. apa perlu saya teteskan dengan rebusan air daun sirih?? browsing2 ktanya bsa sembuh sama air rebusan daun sirih... trima ksih dok

    ReplyDelete
  54. mlm dok.

    mau konsul nih.. musang saa masih umur 1,5 bulan tp klo magrib mata kirinya berwarna putih klo kanannya tidak dok.. apakah musang saya kena katarak dok???? pa penyebabnya kira kira?? mkannya susu mix dengan bubur bayi .. apa mkannya penyebab munculnya putih di seblah mata kirinya itu dok? mohon solusinya dok.. tkutnya itu bener katarak.. kasian si dudung klo buta dok.. apa perlu saya teteskan dengan rebusan air daun sirih?? browsing2 ktanya bsa sembuh sama air rebusan daun sirih... trima ksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya jangan dikasih bubur bayi dulu, kasih buah aja (pisang atau pepaya, kasih dengan cara disepet. bisa dijus dulu)
      saya sendiri sebenernya gak setuju dengan cara menyembuhkan katarak dengan air daun sirih. setau saya sih gak ngaruh. tapi terserah mas.. :)

      Delete
  55. maaf dok mau tanya,,dok knp ya mata musang saya tiba2 ko bengkak trus kaya yg pecah,,saya bingung padahal di kandang,,ga tau di garuk ga tau k colok.. kasian musang saya dok,,saya ga tau cara nanganinya..ga ada artikelnya buat nanganin mata luka pada musang..makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau infeksinya di bagian mata, sebenernya agak susah mas. tapi saya punya resep.
      1. selama 4 minggu ke depan jangan dikasih bubur bayi atau serangga atau daging. cukup kasih makan buah2an saja.
      2. kasih obat amoxicillin. beli di apotik aja. murah kok. 1 tablet amoxicillin dipotong 4 bagian sama besar, lalu satu bagian ditumbuk hingga halus, kasih 5 sendok makan air, lalu minumkan ke musangnya. kasih minum larutan amoxicillin itu 2x sehari ya mas...

      kasih kabar saya seminggu lagi... semoga cepet sembuh...

      Delete
  56. maaf dokter saya mau tanya,,musang saya usianya sekitar 2 bulan,kuku2nya pada lepas doketr,itu knp yah dok??akibat apa??apa yg harus sya lakukan,,terima kasih dok

    ReplyDelete
  57. Assalamualaikum dok..
    Gini dok musang saya kemarin malam main main keluar rumah, saya jarang si dok ngebiarinnya musang saya main diluar kalo main diluar pasti diawasi, nah kemarin itu dia main keluar masuk rumah jadi saya ngejaganya santai aja saya pikir dia bakal balik lagi. Ehh ternyata dia gk pulang dok, saya cariin sampe malam saya juga tungguin gk tutup pintu sampe pagi siapa tau dia pulang. Akhirnya tadi siang dia pulang, tapi dok tiba tiba dia jadi aneh gitu.. Jadi celingukan kayak bingung terus matanya jadi bening (kayak difoto profil saya) terus tidur terus dipojokan kursi :"(
    Kakak saya tanya sama temennya yg ngerti sama musang, dia bilang katarak. Apa benar katarak dok? Saya gk percaya dong dok kalau dibilang katarak.. Makannya kadang saya kasih ikan, ayam, telur, pisang, sama pepaya, ikan ayam telurnya juga selalu saya goreng, minumnya dia suka banget air gula. Dia suka makan, mandinya juga rajin dok...

    Kira kira musang saya kenapa ya dok? Masih bisa kah kembali seperti dulu yang hiperaktif sekali :'((
    Oya musang saya umurnya sekitar 7 bulanan, jantan, jenisnya musang pandan, namanya Mas Boy...

    Terima kasih, dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik sementara ini hindari makanan berprotein, cukup kasih buah2 aja.
      jangan dikasih air gula juga. lakukan selama 2 minggu.

      ada kemungkinan katarak atau terlalu sering kena cahaya. semoga mas boy baik2 aja ya. saya tunggu kabarnya...

      Delete
  58. Dok sya mw nanya,musang saya musang bulan bru brumur 2 bln,mata nya sring sprti belekan apa lg stlh bngun tdr,itu apa kah biasa atau gmn ya dok,dan saya membri susu frian flag untuk musang saya,apa susu itu baik untuk di minum atau tdk,,mohon infonya,,mksh doktr: )

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi beleknya karena susu kental manis.
      lebih baik jangan pake susu kental manis, mas. selain menyebabkan gula darah musangnya naik (yang lalu membuat matanya belekan), juga bisa membuat musang mencret.

      coba hindari makanan mengandung protein juga. kasih jus buah tanpa gula aja... :)
      lakukan selama 3 minggu ke depan... :)

      Delete
  59. Kl bubur sun pisang dan susu sgm LLM itu boleh ga dok,,
    Jus buah apa yg baik dok,,?
    Mksh info nya dokter: )

    ReplyDelete
    Replies
    1. sun rasa pisang dan sgm llm boleh...
      jus yang paling baik untuk musang adalah jus pepaya. kalo bisa tanpa tambahan air (boleh sedikit), dan jangan pakai gula. kalau mau kasih pemanis, kasih madu aja sedikit.
      maaf baru balas, saya baru pulang dinas keluar kota... :)

      Delete
  60. Malam dokter, saya punya musang kira2 umur sebulan....
    Hri ini mata nya kecil sbelah trus berair gitu
    Dia sering garuk2 mata nya itu...
    Gmna yaa ngobatin nya dokter...
    Saya kasihan lihat nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya jawab belum ya? :D
      untuk langkah pertama, mbak bisa lakukan langkah di artikel di atas...

      Delete
  61. Dokter mata musang saya sprti ketutupan slaput putih saya prikasa kta nya katarak,apa musang saya hrs di operasi dok,musang saya mash umut 2 bulan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung tingkat keparahannya.
      kalau udah parah banget, ada kemungkinan emang operasi. kalau masih bsa diobati, bisa diobati... :)

      mang separah apa mas? boleh saya liat? silakan ganti foto profil mas dengan foto mata musangnya...

      Delete
  62. Apa penyakit katarak pada hewan itu gak menular sama manusia dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau katarak pada musang, tidak menular ke manusia, mas... :)
      kalau penyakit lain, bisa saja. silakan baca artikel saya penyakit musang yang bisa menular ke manusia

      Delete
  63. Musang saya sudah lama sakit katarak . Tapi sakitnya tidak parah . Apa kira2 bisa sembuh ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak parah, silakan mas lakukan langkah2 di atas. jangan melakukan apa yang saya larang di artikel di atas ya mas. saya yakin masih bisa sembuh...

      Delete
  64. Dok, saya punya musang matanya (pupil) ditempat terang tuh kalo ada benda yang dekat matanya pupilnya membesar aga kehijau2an. itu penyakit atau karena kebiasaan dari kecil hidup ditempat terang?
    soalnya kalo liat musang yang lain kalo siang tuh pupilnya pada kecil.
    makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalau saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan aja mas. takutnya ada yang serius (meski saya tebak sih gak bahaya).... tapi kan lebih baik tahu sebabnya, kan?? :D

      gak mahal kok biayanya... :)

      Delete
  65. Dr mau tanya musang saya baby umur 1 bln lebih 1 mnggu, saya liat matanya terlihat berbeda di garia hitamnya, seperti warna biru. Apakah itu katarak atau gimana. Takutnya katarak dan kalo katarak cara penyembuhanya gmna?

    ReplyDelete
  66. Dr mau tanya musang saya baby umur 1 bln lebih 1 mnggu, saya liat matanya terlihat berbeda di garia hitamnya, seperti warna biru. Apakah itu katarak atau gimana. Takutnya katarak dan kalo katarak cara penyembuhanya gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kayaknya mas. dia sering menggaruk matanya? :)
      warna biru dan hijau adalah normal di mata musang.coba mas baca artikel saya benarkah musang yang matanya hijau susah jinak...

      Delete
    2. Allhamdullilah kalo bukan dr, saya takut kalo kena katarak, minta saran dok? Di biarkan atau di obatin?
      Kalo kata temen si kasih teramycin?!
      Warnanya pagi siang malrm gitu terus , kalo agak gelap keliatan kalo kena cahaya matanya mengecil

      Delete
    3. gak usah dikasih teramicyn. cukup lakukan treatment dari makanan aja: dibatasi asupan proteinnya. selengkapnya, silakan baca artikel di atas... :)

      Delete
    4. Pertanyaan terakhir dr, apakah hewan jika terkena katarak pupilnya itu berespon gak pada cahaya?

      Delete
    5. Pertanyaan terakhir dr, apakah hewan jika terkena katarak pupilnya itu berespon gak pada cahaya?

      Delete
    6. kalau katarak biasanya masih respond terhadap cahaya, mas. kalau gak respond, kemungkinan adalah masalan di neuron atau syaraf... :)

      Delete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. Dokter...
    Musang saya umur kurang dr 2 bulan...
    Matanya putih2 gitu dok..

    Saran dokter baru saya lakukan dari smalem...
    Makanan saya rubah dari bursun jadi pepaya+pisang
    Tp dok masalahnya ampe sekarang dia ga mau makan...
    Mau di cekokin kesian...
    Tp klo ga makan lemes bgt
    Udah hampir 20 jam dok ga makan...
    Kalo di paksain paling cuma 1 sendok makan
    Ada saran ga dok???
    Apa di kasih bursun dlu gitu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending dipipet aja. harus makan soalnya mas.
      kasih makan dipipet atau pakai suntikan kecil yang biasa dijual di abang2 mainan......

      Delete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. saya baru sadar kalau musang saya kena katarak setelah baca artikel ini dok, musang saya jantan umur hampir 2 bln, makanan selama ini bubur sun pisang campur pisang dan susu sgm llm, tiap makan malam saya beri campuran scott's emulsion di buburnya. dok selama perawatan katarak kalau makan pisang aja apakah tidak masalah, apa perlu dicampur sedikit susu sgm llm pada pisangnya, karena dalam masa pertumbuhan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah. cukup kasih pepaya dan pisang aja. itu udah cukup.
      udah parah belum kataraknya? kalau udah parah, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja mas. bilang aja mau checkup....

      gak masalah dia dalam masa pertumbuhan. karena toh di alam pun dia kan makannya buah kalau emang lagi sakit... :)

      Delete
  71. Sepertinya parah dok, soalnya sdh putih full kedua matanya dok, kalau makan pisang terus kira2 berapa lama bisa sembuh dok. Ini musang saya yang betina umur 2 bln lebih saya beri pisang terus jg spy gak kena katarak juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendingan bawa aja ke dokter. bilang mau check up. soalnya kasian kalau sampe telat. amit2 sih, tapi bisa buta...

      kalau dibawa kedokter, dikasih obat, sampe di rumah tetep kasih makanan non protein (buah). JANGAN SESEKALI DIKASIH MAKANAN YANG MENGANDUNG PROTEIN... :)

      sehat terus musangnya. saya tunggu kabarnya ya mas..

      Delete
    2. hari ini baru saja saya ke dokter hewan di B-Vet Banjarbaru Kalsel, menurut dokter hewan di sana kalau katarak parah harus dioperasi, sepertinya itu alergi protein dan zat pengawet yang ada di bubur sun, jadi tidak diberi obat. syukurlah pas musang saya bawa ke sana putih di matanya sudah berkurang dan kelihatan kecoklatan lagi karena saya beri makan pisang terus, semoga hilang semua warna putih dimatanya. terima kasih sarannya dok :)

      Delete
    3. menarik. syukurlah kalau demikian.
      sekarang gimana keadaannya mas? :)

      hati2 karena sekarang lagi pancaroba..

      Delete
  72. maaf dok, saya mau tanya, saya punya muspan umur 1,5 bln, warna mata'a biru langit pudar gtu, . itu katarak bukan y dok,,??? saya takut itu katarak.. dia gk terlalu aktif kbanyakan dia tdur beda banget sama sodara'a yang satu lg.. mohon jawaban'a ya dok. terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. korneanya membesar atau mengecil gak kalau mas taruh objek di depan matanya? lalu di matanya banyak belek gak?

      saya sih yakin bukan katarak. jelasnya sih mending bawa ke dokter hewan aja biar sekalian check up.. :)

      Delete
  73. dok musang saya umur 2 bulan matanya putih katanya sih katarak makannya pun slalu pepaya tp knapa ttp katarak dok musangnya pun ada di dalam rumah tidak terkena sinar uv tapi knapa masih katarak dok????

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama dipelihara?
      dah lama?

      yakin selalu kasih makan pepaya? kalau baru dipelihara, coba tanya ke ownernya yang lama dulunya dikasih makan apa...

      kalau emang takut, silakan bawa aja ke dokter hewan terdekat buat check up. murah kok biayanya.. :)

      Delete
  74. muspan saya umur kira2 3 bulanan, saat pagi tadi saya liat mata seblah kanannya ditutupi selaput putih gitu tebal..padahal malamnya good-good aja, langsung saya bersihkan pake tisu and kandangnya dibarsihkan...kalo dikasih tetes mata kaya gentamicin gmn?.ato amoxilin?.tkb doc.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau malemanya gak ada masalah (matanya belum putih), agak susah juga untuk menentukan apa penyakitnya. ada kemungkinan di matanya menempel tisu nggak mas?
      mendingan jangan dikasih obat apa2 karena kita belum tau dia kenapa. saran saya, mending bawa ke dokter hewan aja biar dicek. takutnya ada benda yang menempel di matanya....

      kabari saya ya mas

      Delete
  75. kalo belek gk ada sih dok, yg bikin saya kwatir skrg, kornea mata sbelah kiri kaya ada yg halangin seperti ada titik putih di dlmnya tp masih bening, beda sama yg mata kanannya yg bner" bening ampe saya bisa ngaca :p !! apa mungkin makanan memperngaruhi dok, ?? saya kasih musang saya susu sgm llm (non lactosa) di campur bubur sun, skrg bubur sun saya jadiin makanan utama'a karna feses'a bagus (padat), pemberian minyak ikan sminggu sekali, , saya jd sering liatin matanya, malah tambah kepikiran itu katarak apa bukan,,!! mksii atas saran'a tp saya kurang tau dokter hewan d daerah saya,, kalo berkenan saya ingin pastiin dlu dari anda msalahnya sperti apa, boleh saya kirim fto mata musang saya supaya sedikit'a dokter bisa lihat /pastiin,, ?? kalo boleh kirim fotonya kmn dok ?? makasi sebelum'a...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ucapkan terima kasih ata fotonya. membantu saya sekali. :)
      kemungkinan emang katarak itu mas. dia masih bisa melihat? dah berapa lama?

      coba praktekkan cara di atas. di artikel di atas. Jangan beri asupan protein apapun selama 1 bulan. sedikitpun jangan. jaga kebersihan kandang juga....

      sering mas jemur gak musangnya? kalau menjemur juga jangan langsung kena matahari. bagian atas kandangnya kasih kain biar gak langsung kena matanya....

      Delete
    2. alhamdulilah masih bisa lihat dok, udah skitar 2 mingguan,,!! waduh dok hari ini d kedua mata'a kaya ada bercak warna krem, waduh, knp y dok,, ko bisa cpet gtu ngrembet'a, apa susu jg ngaruh dok,,?? untuk penempatan musang baiknya d tempat terang apa gelap y.,?? jd ngrembet saya nanya nya, maaf y budok, soalnya baru x ini punya musang mata'a kya gni, yg lainnya alhamdulilah pda sehat" ajj, . kalo matanya pake tetes mata boleh gk sih dok masih beby soalnya, bingung pala baba jadinya,, hadeuh.

      Delete
    3. yang penting, gak kena sinar matahari langsung. itu aja. soal gelap atau terang, gak masalah.

      bisa jadi juga karena susu. emang selama ini dikasih susu apa mas?

      Delete
    4. oh gitu y dok, syukur deh kalo gk msalah...

      susu saya kasih SGM LLM (non lactosa) sesuai saran yg bu dokter tulis di artikel, setelah itu saya lihat lg artikel lain yg anda tulis tentang bubur sun yg jadi mkanan utama, karna saya lihat feses'a jg bagus (padat) jd saya kasih bubur bayi (sun).. krna susu belum habis jadi mkanan'a saya campur susu+sun,1:1 .. badan'a bagus sih dia gemuk sehat kliatannya, krna ada keanehan di matanya jd saya bingung harus curhat sama siapa,, :p
      skrg saya dah kasih pisang yg d jadiin makanan utamanya, ada saran lain gk dok, soalnya belum ada perubahan. dia udah bonding tp jarak pandang'a terbatas kayanya, soalnya tiap ketinggalan langsung nangis.. harus d deketin mulu baru ngikutin,, kalo ke dokter hewan langsung kira" biaya'a brp y dok ?? saya daerah bogor, tepatnya di ciluar bogor saya tinggal, mungkin bu dokter tau dokter hewan d daerah saya dmn. mksi...!!

      Delete
    5. coba kasih sari kurma. semoga bisa membantu.

      udah coba kasih jus wortel? coba jus wortel, lalu peras. airnya minumkan ke musangnya. agar bisa penambah nutrisi kesehatan matanya.

      gak ada tanda2 perbaikan, mending bawa ke dokter hewan terdekat. bogor sebenernya banyak vet. saran saya, mas gabung aja ke bomul (bogor musang lover), lalu tanya dokter hewan yang recomended buat nanganin musang....

      saya kira sih semua dokter hewan bisa, soalnya kan musang relatif sama seperti kucing penanganannya...

      saya tunggu kabarnya. dan maaf baru dibalas, tadi pagi blogspot error... :)

      Delete
    6. kebetulan saya dah gabung di BOMUL dari bulan september kmrin kalo gk salah, wlaupun cma bbrp x ikut gath'a :p ,
      sblum'a sy sharing k slh stu tmen sy d BOMUL N pada nyaranin pke obt tetes mta, tp syg blum yakin krna masih beby. kmrin mlm sya tnya d group FB BOMUL, N ada yg sama persis kasus'a kaya anak musang saya, dia periksa k dktr hewan kata'a musang'a krna infeksi mata bukan krna katarak. "dokter boleh cek postingan saya d group BOMUL qlo bisa N sempet" . Nah pas kmaren sore'a saya lngsung k dkter hewan, ada yg kasih tau daerah cikaret cibinong, kata dokter'a "musang saya gpp cuma karna gen'a ajj, tp masa sih mata'a beda gtu yg kiri putih qlo yg kanan biru, dia kurang tau suruh tunggu adik klas'a yg akan dtg tp blum tau pasti dtg'a kpn, trus sya d kasih obat minyak ikan yg berbentuk bulat kaya vitamin rambut wrna kuning itu, dya blg gpp, tp saya masih ragu dok,, ( saya lampirin foto terbaru dr mata musang saya) ,,

      Delete
    7. kecil kemungkinan karena genetik, namun mungkin dokternya punya pendapat sendiri kenapa berpendapat seperti itu. emang ada kemungkinan, tapi kecil kalau menurut pendapat saya....

      kalau saya sarankan, diet protein aja untuk beberapa bulan ke depan. kalau emang benar karena genetik, kemungkinan gak akan ada perubahan.

      mas gak minta alamat dokter hewan lain selain yang udah dikunjungi? agar bisa minta second opinion ke dokter kedua agar mas yakin... :)

      entah saya yang salah liat atau gimana, kayaknya mendingan mas. bener? gak terlalu parah kayak sebelumnya.

      Delete
    8. rencana sih gtu dok, ada yg nyaranin ke dokter hewan d dkt IPB, tp sya cari yg dket" dlu,

      bingungd jlasin dok, krna kornea mata'a selalu berubah trgantung cahaya, bila cahaya redup kornea mata'a akan makin jelas putih tebal kedua'a,tp yg kiri paling tebal krna awal'a yg kiri, qlo cahaya terang seperti yg ada di foto, intinya mata yg kanan kita masih bisa ngaca walaupun ada putih yg menghalangi sedikit, qlo mata yg kiri udah gk bisa/ketutup wrna putih,, kmungkinan mnurut saya rabun jauh, krna kalo d panggil dr jauh gk mau nymperin harus dr dket mlu dok, kalo gk d smperin nyariin sambil mewek, :p

      qlo mnurut dokter, boleh gk sya coba obt yg d saranin temen saya d GROUP FB BOMUL, yg di kasih dr doktr hewan dket IPB, dia kan sama jg kasus'a mirip punya musang saya, tp sya ragu sih,, :p

      nanti saya kbarin lagi dok, mkasi bnget dah respon terus.

      Delete
    9. gak apa2, coba aja kasih, mas. :)
      dan kasih kabar ke saya gimana kondisinya ya. mungkin saya bisa kasih second opinion... :)

      Delete
    10. hallo dokter, hari minggu kmren saya k dokter hewan lain, dan ternyata dia pecinta musang jg loh, sampe dpt konsul gratis,, :)
      syg'a dia tdk buka praktek hanya sekedar bantu" d klinik, jd gk tentu dia kpn adanya.
      kmaren dia bilang kalo my boby terkena infeksi mata semacam nebula, krna ada semacam kabut d dlm kornea mata tdk sperti katarak yg d depan kornea mata'a, bgtu kta'a, jd my boby d kasih vitamin A berbentuk tablet, kmren sy lupa nanya sma beliau, infeksi ini sma kaya katarak gk ? krna katarak jg bikin penglihatan musang kurang jelas kan dok kalo belum parah..! terus boleh gk musang saya d kasih susu/makanan mengandung protein,,!! krna kalo cuma buah badan'a jd kecil/kurang berisi.. mksi sblumnya.

      Delete
    11. nebula?? hmm, mungkin juga sih. namun menurut saya, kecil kemungkinan. tapi karena dokternya dah liat musangnya langsung, mungkin beliau punya pertimbangan sendiri. siapa nama dokternya, dan kerjanya dimana mas? :)

      yang penting, dia sehat aja dlu, dan matanya gak tambah parah. itu aja dlu. kalau soal dia kurang gemuk, saya kira nanti kalau dia udah agak dewasa dikit, mas bisa kasih makanan apapun buat menggemukkan dia....

      untuk musang anakan, jangan dipaksa buat gemuk. fatal kalau sampe gagal jantung. :)

      Delete
  76. klo pakek obat tetes erlamycetin dosisnya berapa tetes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup satu tetes aja mas,,, :)
      saya sebenernya lebih menyarankan bawa ke dokter hewan. jadi, do at your own risk ya...
      hentikan pemberian erlamicetin kalau ada tanda2 makin parah

      Delete
  77. Dok saya baru adopsi musbul. Umurnya sekitar 4 5 bulan kyknya. Kalo di freeroom dalam rumah dia suka jalan2 trus keliling2 dan suka nabrak2 dok. Apa itu normal? Apa musang saya buta ya dok? Makan lancar dok kata owner sblmnya ga perna dijemur dan selalu diksh makan buah pisang aja. Mohon pencerahannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya gimana? apakah keliatan normal? ada bagian buram atau bagian aneh lain?
      kalau buta atau nggak, coba mas bungkus senter kecil pakai kain, lalu sorotkan lampu senter yang sudah dilapisi kain itu ke mata musangnya. jangan terlalu dekat, kira2 10 atau 5 cm aja. kalau korneanya bereaksi (membesar atau mengecil), kayaknya sih normal...

      kalau mau lebih pasti, sebenernya bawa aja ke dokter hewan terdekat. murah kok biayanya.

      opsi lain, mas bisa kasih jus wortel minimal 2x seminggu ke musangnya...

      Delete
  78. Dok mau nanya mata musang saya ko dua dua pada putih ya klo malam hari dlunya putih di mata nya agak lebar dok tpi skrang mengecil
    Apa kah itu katarak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau siang gimana?
      atau keliatannya malam aja?

      kalau cuma malam aja, kayaknya bukan katarak. dia suka garuk2 matanya?

      coba mas baca dlu artikel saya: apakah musang yang matanya hijau susah jinak

      buat bahan referensi aka

      Delete
  79. Hallo dok musang saya umur 1 bulanan dok matanya putih tapi sehat dan lincah penglihatanya jg bagus tapi dibola matanya putih knapa ya dok makasih sebelumnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik hindari makanan berprotein dlu, seperti saya tulis di artikel di atas. lakukan selama sebulan atau 2 bulan. sekali lagi, batasi asupan proteinnya, lebih bagus kalau hanya dikasih buah2an aja selama sebulan atau 2 bulan ke depan....

      kalau setelah sebulan atau 2 bulan belum ada perubahan, mas bisa konsul ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa... :)

      Delete
  80. Oke dok terimakasih dok tapi dia kurang suka pisang dok kalo pepaya suka dok tapi jadi kurus badannya karna ga banyak makannya kalo bubur sun banyak dok gimana apa tetep kasih pepaya ya dok ?

    ReplyDelete
  81. Dokter maaf sekali saya tanya ada yg menyarankan saya klau musang katarak dikasih tetesan air rebusan daun sirih apa benar dok mohon infonya ,,,terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. air rebusan sirih hanya berguna sebagai antikuman alami, sedangkan katarak pada musang lebih disebabkan oleh ketidakseimbangan gizi, terutama kelebihan lemak dan protein. jadi sama aja, meski dikasih air rebusan sirih tiap hari tapi dari pola makannya gak dijaga, tetep akan sakit juga... :)

      saran ssaya tetep kasih buah2 dan batasi protein dan lemak sementara matanya belum mendingan... kalau masnya worried, mending bawa ke dokter hewan terdekat biar dicek...

      Delete
  82. Oke dok terimakasih banyak buat saran dan informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas.
      kasih kabar lagi mengenai kataraknya ya mas. saya tunggu.. :)

      Delete
  83. Assalamualaikum, dok setelah saya kasih makan musang pisang dan pepaya doank, mata nya agak kataraknya sudah agak menipis tapi kataraknya melebar...jadi gimana dokter? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. sementara ini lanjutkan diet buahnya.
      jangan dikasih protein dlu, mengerti mas? soalnya dah ada kemajuan... :)

      kasih saya kabar lagi... :)

      Delete
  84. Siang dok mengenai musang saya yg katarak putih pada matanya setelah saya beri pepaya saja 2-3hr ini putih pada matanya hanya pas malam saja dok kalau siang normal dok kalau malam baru putih lagi dok trus tingkahnya semakin agresif tidak mau disentuh dan lari sana sini dok knapa ya usia sekitar 1 bulanan tergolong masih bayu kan dok ? Mohon infonya dok terimakasih lagi sebelumnya ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah. dah ada perubahan itu mas.
      lanjutkan pengobatan pake cara diet buah2annya. :)

      soal dia pecicilan, umur segitu emang lagi pecicilan-pecicilannya. lagi aktif2nya. sama aja kayak balita pada manusia. lagi seneng gigit sana sini, panjat sana sini... wajar kok...

      coba cek fesesnya, mas. biar saya analisa.. :)

      Delete
  85. Siap dok nanti saya kabari lagi...:)

    ReplyDelete
  86. Sore dokter saya mautabya lagi dok selaput putih di musang saya sudah ilang dok terimakasih sarannya :) skrg apaboleh saya berikan susu dok ? Soalnya pertumbuhan badannya lama dah dok alias ga gede gede hehe mohon sarannya kembali dokter terimakasih ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah. saya seneng mendengarnya.
      saran saya sih jangan. kalau mas mau bikin dia gemuk, mas bisa kasih asupan protein nabati dari kacang kedelai rebus yang dicacah halus atau diblender. bisa juga kasih susu kedelai murni (tanpa gula, gula bisa diganti pake sari kurma)...

      kasih saya kabar lagi ya mas.. :)

      Delete
  87. Maaf dok saya kasi susu sgm yang non laktosa dok appa boleh dok?
    Terimakasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu non laktosa hanya mencegah mencret, sedangkan penyebab katarak lebih ke over protein dan over fat (lemak)...

      boleh aja sih kasih susu non laktosa... :)

      Delete
  88. Terimakasih dokter atas semua sarannya ini pertanyaan titipan temen dok maaf musangnya dia seperti menstruasi keluar darah dari kelaminnya dok apa ada cara lain supaya menstruasinya berhentu dok tanpa di kawinin dok ,,, terimakasih sebelumnya maaf ya dok nanya terus hehehe,,,

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.