Wednesday, May 21, 2014

Cara Memelihara Trenggiling | Drh. Fira Sovica

Trenggiling merupakan hewan yang dilindungi menurut hukum Indonesia. Segala bentuk pemburuan trenggiling, pemeliharaan trenggiling, pembunuhan trenggiling, dan penjualan trenggiling adalah terlarang. Untuk dapat memelihara trenggiling, anda membutuhkan izin dari BKSDA setempat. Itupun sebenarnya belum tentu diizinkan karena trenggiling termasuk hewan yang amat sangat dilindungi dan keberadaannya sudah sangat jarang. Syarat dan cara membuat surat izin memelihara trenggiling bisa dibaca di artikel cara membuat surat izin memelihara trenggiling.
Cara Memelihara Trenggiling
Image taken from berani.co.id

Cara memelihara trenggiling berikut ini ditujukan untuk para pemelihara trenggiling di kebun binatang. Sebagai kru dokter hewan di salahsatu rumah sakit hewan di jakarta dan kru dokter hewan di salahsatu kebun binatang, penulis memiliki pengalaman dalam memelihara trenggiling. Artikel cara memelihara trenggiling berikut juga bisa menjadi penambah wawasan bagi pembaca.
Nah bagaimana

cara memelihara trenggiling?

Berikut adalah cara memelihara trenggiling yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman merawat trenggiling di salahsatu rumah sakit hewan.
  1. Trenggiling adalah hewan malam (nocturnal) pemakan semut. Trenggiling hidup di hutan-hutan dan membangun sarang di lubang dibawah tanah dan dibalik batu.
  2. Dalam keadaan terancam, seekor trenggiling biasanya menggulung tubuhnya membentuk bola, melindungi diri dari musuh yang menyerang dengan sisiknya yang keras.
  3. Di kandang memelihara trenggiling di kebun binatang, pakan berupa kroto diberikan setiap pagi, sore, dan malam hari, sedangkan wadah minum ditempatkan di pojok kandang.
  4. Masih banyaknya kegiatan memburu trenggiling, kegiatan jual beli trenggiling, dan kegiatan pembunuhan trenggiling, dan penggunaan organ tubuh trenggiling sebagai bahan obat membuat pemburuan trenggiling makin gencar dan membuat trenggiling makin langka.
  5. Tentu saja, trenggiling makin jarang ditemui di habitat aslinya dikarenakan banyaknya permintaan di pasar akan hewan trenggiling, baik untuk hewan peliharaan maupun untuk tujuan pengobatan. Hal ini tentu saja membuat aktivitas perburuan trenggiling makin gencar dilakukan oleh para pemburu trenggiling. Anda bisa ikut menyelamatkan trenggiling dari kepunahan dengan tidak membeli trenggiling yang dijual di pasar hewan, tidak membeli trenggiling baik dalam keadaan hidup maupun mati, dan tidak membeli aksesoris apapun yang bahan bakunya berasal dari hewan trenggiling.
Demikian adalah

cara memelihara trenggiling

yang penulis tulis hanya untuk tujuan wawasan bagi pembaca sekalian. Penulis sangat tidak menyarankan untuk membeli trenggiling atau menggunakan sesuatu barang yang bahan bakunya berasal dari hewan trenggiling. Saran, komentar, dan kritik bisa disampaikan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

11 comments

Permisi dok. Saya menemukan trenggiling dengan keadaan lemas. Tidak ada bekas luka apapun. Dari hidung keluar gelembung seperti pilek. Diangkat tidak bergerak, dan saat tidur dia kencing.

Saya kira dia kedinginan atau bagaimana, sehingga saya menghangatkan trenggiling tsb.

Apa ada pertolongan prtama yg bisa saya lakukan untuk trenggiling tsb? Karena jam sgini dokter hewan sdh tutup.

iya kayaknya sih pilek itu mas. bisa jadi juga ada masalah di paru2nya. kalau cuaca lagi kayak begini (pancaroba) emang banyak yang kayak begitu...

bawa aja ke dokter hewan sesegera mungkin biar disuntik..

permisi Buk, saya mau nanya, apa makanan trenggiling ini ??

silakan baca artikel di atas :p

Saat berjalan dihutan saya menemukan trenggiling trrjebak jerat pemburu, saya lepaskan jerat itu dan ternyata sudah melukai tangan sihewan hingga patah, Saya bawa kerumah dan rawat, di tempat kami belum ada kebun binatang atau tempat penangkaran hewan, jadi terpaksa saya rawat dirumah saja. Apa saya bisa dikenakan pidana?
Dan apa yg harus dilakukan agar luka ditangan hewan ini cepat sembuh?

Saat berjalan dihutan saya menemukan trenggiling trrjebak jerat pemburu, saya lepaskan jerat itu dan ternyata sudah melukai tangan sihewan hingga patah, Saya bawa kerumah dan rawat, di tempat kami belum ada kebun binatang atau tempat penangkaran hewan, jadi terpaksa saya rawat dirumah saja. Apa saya bisa dikenakan pidana?
Dan apa yg harus dilakukan agar luka ditangan hewan ini cepat sembuh?

sayangnya saya gak bisa liat trenggilingnya. dan separah apa lukanya...
mas bisa rawat sampe kakinya sembuh, terus mas bisa kembalikan lagi ke hutan.
untuk lukanya, coba mas bersihkan pake air campur dettol antiseptik. dicuci. lalu biarkan hingga kering. setelah kering, kasih betadine. jemur hewannya 2 hari sekali agar lukanya cepet kering....
tetep kasih makan seperti biasa...

apakah trenggiling bisa di jadikan hewan peliharaan?

kalau pertanyaannya bisa atau nggak, bisa kok.
yang jadi pertanyaan selanjutnya apakah dengan cara legal atau illegal... :)

Apakah trenggiling mau mskan ulet hongkong

agak kurang cocok sih mas. meski bisa dikasih sesekali. :)


Silakan upload gambar.