Cara Memelihara Buffy Fish Owl | Drh. Fira Sovica

Memelihara buffy fish owl

merupakan jenis burung hantu yang dipelihara oleh mentalis Limbad. Dalam artikel jenis burung hantu dan level kesulitannya, burung hantu berukuran besar ini bisa dikatakan memiliki kesulitan yang lumayan tinggi karena tingkat stress yang tinggi. Maka dari itu, burung hantu buffy fish owl tidak disarankan dipelihara oleh pemula. Artikel mengenai cara memelihara burung hantu lain pernah saya bahas di artikel cara memelihara barn owl dan cara merawat celepuk.


Cara Memelihara Buffy Fish Owl
Image taken from wikipedia.org
Tata cara memelihara buffy fish owl adalah sebagai berikut:
  • Seperti namanya, buffy fish owl adalah jenis burung hantu yang memangsa ikan sebagai makanannya.
  • Para pecinta buffy fish owl yang saya pernah temui umumnya memberikan ikan mas kecil dan potongan ikan lele maupun ikan lele kecil sebagai makanan utama buffy fish owl miliknya. Namun saya memiliki pendapat sendiri mengenai jenis pakan ini. Sebagai dokter hewan, saya lebih menyarankan bayi tikus putih sebagai makanan burung hantu buffy fish owl. Sesekali anda bisa memberikan ikan sebagai makanan burung hantu buffy fish owl, tak masalah, namun sebaiknya jangan terlalu sering dan tidak dijadikan makanan utama kecuali daging ikan fillet. Silakan baca artikel saya: ikan sebagai makanan burung hantu.
  • Buffy fish owl diberi makan 4 hingga 6 kali sehari dengan porsi sedang.
  • Buffy fish owl lebih mudah mencerna pakan hidup seperti bayi tikus atau mencit ketimbang potongan daging yang sudah tidak fresh.
  • Jaga kesehatan burung hantu buffy fish anda.
  • Kesehatan burung hantu buffy fish bisa dilihat dari fesesnya. Buffy fish owl yang sehat umumnya memiliki feses dengan 3 elemen: bagian putih seperti susu (urate), bagian bening seperti air (urine), dan bagian hitam atau kecoklatan (tahi) dengan jumlah yang bisa dikatakan sama besar. Hampir semua penyakit dan tanda stress bisa dilihat dari perubahan warna 3 bagian feses, perubahan jumlah elemen feses, dan sebagainya. Selengkapnya, silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. Oh ya, kestabilan suhu ruangan tempat memelihara burung hantu buffy fish owl juga sebaiknya dijaga, jangan terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah. Maka dari itu, saya menyarankan anda untuk tidak memelihara buffy fish owl di luar ruangan. Dan jangan pernah lupa untuk memberikan makanan, karena sepengetahuan saya, buffy fish owl sangat tidak tahan lapar.
  • Bawa segera burung hantu buffy fish anda jika buffy fish owl anda kelihatan sakit.
Demikian adalah

cara memelihara buffy fish owl

atau cara memelihara burung hantu Limbad yang saya tulis berdasarkan pengetahuan sebagai dokter hewan. Satu guru, satu ilmu, jangan mengganggu. Saya tahu dibalik pengetahuan saya yang 'pas-pasan' sebagai dokter hewan lulusan 'kemaren sore' dan orang yang lahir dari keluarga yang semuanya pecinta BOP, saya tahu banyak yang lebih berpengalaman daripada saya. Mungkin mastah-mastah master owlry dan BOP itu bisa sedikit memberikan pemahaman lebih lanjut tentang cara memelihara buffy fish owl yang benar daripada langsung mengirimkan kata-kata tidak sopan sebagai komentar. Komentar kurang ajar itu sudah saya hapus. Anda sopan, saya segan. Terima kasih. (FS)

192 Responses to "Cara Memelihara Buffy Fish Owl"

  1. obet kata nya nunggu artikel khusus buat burung bay owl dok.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap,,, :)
      namun memelihara oriental bay owl sama kayak memelihara celepuk kok mas.. :)

      Delete
    2. dok saya mau tny celepuk saya klo saya kasih djari saya trz aku elus" kpala ny dy biasa ny bunyi 1 sampai 3 kali ,, itu knapa ya dok??

      Delete
    3. normal. silakan baca artikel saya kenapa burung hantu sering bunyi

      Delete
  2. Dok mau tanya . Sehatian bafi (burhan saya bfo) klo nafas lewat mulutnya . Sesekali dia bersin . Dugaan saya bafi sedang pilek dok . Cara penanganannya gimana ya ? Klo liat dari feses sama makan masih normal dok . Cuman bersinnya itu yang bikin ndak tega .
    Penanganan saya sementara saya kasih amoxilin yang satu kapsul saya bagi menjadi 4 bagian

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini coba mas sering2 jemur dan makanan pilih yang pakan hidup (seperti bayi tikus dan semacamnya).... usahakan makannya teratur, jangan sampai telat makan. dan jemur minimal 2 hari sekali dibawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi selama 5 hingga 10 menit. saya tunggu kabar selanjutnya.. :)

      kalau dalam seminggu belum ada perbaikan, kayaknya pemberian amoxicillin dihentikan saja mas... :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Dok..mau tny ttg buffy sya,kalo sya taruh d glove selang bbrpa menit berada d glove,dia terbang/loncat turun ke tanah.knp ya dok?
    kmudian pd saat sya akan menaikkan kembali k glove dgn cr menempelkan glove kedadany,kdang dia lgsung naik kdg jg mundur,kdg jg berpindah menghindar dr glove,pdhal awal2 dulu klo glove sya tempelkan,dia lgsung mau naik Dok..sprtinya mengalami perubahan stelah dia molai bs terbang,klo awalny dulu cm bs jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ego buffy fish owl emang berubah jadi 'agak belagu' kalau mulai bisa terbang. dulu buffy fish milik sepupu saya juga gitu. emang kayak gitu watak dasarnya. manning lagi mas, pendekatan lagi. dilatih lagi. kalau mas berhasil dalam tahap ini, nantinya si buffy akan terus jinak bahkan bonding sama mas... :)

      Delete
  5. jadi normal ya Dok, dikarenakan proses "menginjak" bisa terbang..
    terdapat sedikit kekhawatiran, apakah dikarenakan jika siang hari terkadang burhan diberi makan oleh orang rumah (jika saya tidak bisa pulang pada jam istirahat) yang mana kdang sedikit takut jika memberikan makan dengan tangan kosong, terkadang memberikan makan dengan menggunakan sumpit kayu. kalau pada waktu jam istirahat saya bisa pulang kerumah, saya langsung kasi makan diatas glove.
    Seintens apa sih dok harus kontak dengan buffy?karena saya hanya bisa kontak pada waktu hari kerja hanya bisa dilakukan pagi hari,dan malam hari ( pada siang hari hanya terkadang ), kecuali pada hari sabtu/minggu/libur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas takut terus, si burung hantu malah makin berani ama mas. malah makin ngelunjak. memelihara burung hantu itu berarti menghadapi rasa takut sendiri, soalnya burung hantu bisa baca pikiran kita lewat tatapan matanya aja. kalau mas takut, dia malah makin berani ama mas....

      bukan intens sih sebenernya. yang penting kalau mas ada waktu luang, mas usahain main ama dia. kalau hari biasa gak bisa ya hari libur. dan jangan takut luka kalau pelihara burung hantu. karena udah resikonya, hihihi.... silakan baca artikel saya cara melatih burung hantu..

      Delete
  6. Dok, saya punya buffy fish yg sudah 3 hri ini mogok makan, skrang sudah g kuat nangkring, dri kotoran'a sya lihat ad sperti bercak merah dok. Pdhal 3 hri sblum mogok mkan, buffy byasa aj mkan'a, trus tiba2 mogok keesokan'a. Jd sbaik'a bgaimna dok? Klo untuk obat, obat ap yg baik di berikan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin mas.
      kayaknya ada infeksi atau kegagalan hati. entah karena apa.

      cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      Delete
  7. Malem dokter.
    Saya ingin minta saran sama dokter.
    Saya masih newbie, tapi saya ingin memelihara buffy fish owl,, tapi saya sudah pelajarin tentang buffy fish owl cara kasih makan and perwatan nya.
    Saran dokter gimana.
    Saya minta saran nya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya udah pernah memelihara owl sebelumnya? buffy fish owl sendiri sebenarnya tidak cocok untuk pemula karena tingkat stressnya lumayan tinggi. silakan baca artikel saya: jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya.

      kalau mas belum pernah piara owl, mending pelihara yang level rendah dulu, yang mudah kayak celepuk... :)

      Delete
  8. Oia dokter, tapi teman saya, masih pemula dia langsung merawat ke tingkat tyto , apa tingkat tyto lebih mudah ketimbang ke tingkat buffy fish dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tyto alba (barn owl) lebih mudah dibandingkan buffy fish, tapi kalau untuk pemula, 22nya gak cocok. lebih baik yang mudah dulu kayak oriental bay owl atau celepuk... :)

      Delete
  9. Dok mau tanya , buffy saya klo saya kasih makan unggas ataupun mamalia ( tiput) kok responya jelek ya . Kyk kurang selera makan
    Tapi klo saya kasih ikan lele dia makane lahap dok
    Apa kah saya harus kasih ikan lele terus atau gmana ? Biar makanya banyak

    ReplyDelete
  10. usia branch akhir
    pakan ikan kecil sehari 20x
    ikan mas potong kecil 1 ekor 200-300gram
    apa wajar buffy fish gigit anklet sama jesse nya, baru satu hari di pasang. klo wajar sampai brp lama gigit trs? takut pas d jemur lepas anklet y.
    tq dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nafsu makannya, masih wajar. cek fesesnya, mas. bandingin dengan artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. search di bagian search....

      dia sering menggigiti anklett karena belum terbiasa. kalau pas jemur aja pasang. selebihnya lepas setelah dia ada di ruangan pemeliharaannya....

      dibiasakan aja. dipasang dengan waktu. misalnya minggu ini cukup 10 menit pasang, lalu lepas. minggu depan, 20 menit, lalu lepas. minggu depannya lagi, 30 menit, lalu lepas. terus begitu sampai dia terbiasa.

      Delete
    2. trims dok sudah langsung jwb,hehehe..
      fesesnya bagus kliatanya ada putih,bening trs bagean tengah y ada item panjang.
      oh gth jd ga d pasang angklet trs ya, biar adaptasi.
      pemilihan angklet yg baik gmn dok?

      Delete
    3. angklett khusus bop aja. biasanya ada yang jual di kaskus, mas....

      dari fesesnya sih sehat. jangan lupa latih... :)

      Delete
  11. nge Passs bgt,ankletnya heheee...
    alhamdulillah dok udah jitot udah bsa d elus".. lg adaptasi sama lingkungan
    terkadang klo d dkt in suka bunyi suara berat (kaya ayam ngebekur) ahahaha..tp ga menggeram.
    knp yaa.. klo d elus lus bru diem

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. selagi makannya masih normal dan fesesnya gak bercampur warnanya, masih bsa dikatakan sehat...

      Delete
  12. dok vaksin yg d recoment vaksin apa saja buat buffy branch akhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. owl bisa divaksin menjelang usia juve atau mature awal, mas....
      sementara ini mending pelihara sebaik mungkin....

      vaksin yang saya rekomendasikan sebenernya vaksin tetelo (NSD)...

      Delete
  13. dok kalo buffy dikasih makan anakan burubg puyuh boleh gak, jawab dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh.
      silakan baca artikel saya emprit dan puyuh sebagai makanan burung hantu. :)

      Delete
  14. pagi dok, saya mau nanya masalah buffy nih dok. buffy saya kenapa udah dua hari ini bunyi clickny jauh turun ya dok? biasanya nyaring sekarang kecil banget terus agak lembab gitu dok. kira2 kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. faktor cuaca, mas. lagi pancaroba emang banyak yang kayak gitu.
      keep warm. jangan sampe kedinginan. jaga juga daya tahan tubuh bop-nya. jaga pola makan. :)

      Delete
    2. nah cara biar kedinginan gimana nih dok? soalny buffy saya letakin di ruangan tertutup tapi lampunya saya matiin terus malem. siang saya buka jendelanya tapi ga kena matahari langsung. apa waktu malam harus dihidupin lampunya atau gimana dok?

      Delete
    3. iya, kalau malam hidupkan aja lampunya. pasang juga lampu yang watt-nya agak besar biar owlnya terasa hangat....

      sekarang gimana keadaannya mas? keep contact.. :)

      Delete
    4. sekarang sih saya makai lampu putih 7 watt itu dok, terus di atas kira2 1 meter dari perch kebetulan ada kayu jadi si buffy ga kena lampu secara langsung. jadi gapapa kalo make lampu watt gede dok? ada rekomendasi ga dok?

      masih sama kecil dok suaranya. tapi alhamdulillah sih nafsu makan oke cuma sekarang feses nya kebanyakan yg putihny dok, kadang2 agak coklat tua

      Delete
    5. sekarang gimana keadaannya setelah 3 hari? mendingan?

      coba kabarkan saya mengenai fesesnya ya mas. :)

      maaf baru balas.. :(

      Delete
    6. kalau bunyi nya sih kecil banget dok, soalny di sini lagi musim hujan. feses mulai normal dok, cuma sesekali agak kayak mencret gitu dok. nah ada pertanyaan baru nih dok. saya baru liat. mata owl saya kayak berembun gitu dok. itu kenapa ya dok?

      haha gapapa dok :)

      Delete
    7. selama ini dikasih makan apa, mas?
      sering dijemur ya owlnya? coba kalau dijemur, jangan langsung kena matahari. taruh aja di beranda atau bawah pohon (diangin2kan)....

      mencretnya warna apa mas? coba foto aja fesesnya, ganti foto profil mas pakai foto feses itu.. :)

      Delete
    8. This comment has been removed by the author.

      Delete
    9. mix dok, ikan sama mencit, tapi dominan ikan sih dok. kalo jemur sih cuma sekali seminggu atau dua kali seminggu 5 menit sebelum jam 7 pagi, atau ada cara lainnya dok? yang di beranda itu berapa lama terus jam nya jam berapa ya dok?

      oke dok, nanti kalau ketemu yang begitu lagi saya jadiin foto profil dok :)

      Delete
    10. jamnya sama seperti penjemuran biasa. :)

      saya tunggu info mengenai fesesnya ya mas.. :)

      Delete
    11. jamnya sama seperti penjemuran biasa. :)

      saya tunggu info mengenai fesesnya ya mas.. :)

      Delete
    12. halo dok, maaf lama menghilang, haha...
      untuk feses kemaren kayakny aman dok, tapi nanti saya ganti dp secepatny. buffy nya udah bisa lompat ke tangan dok. tapi setiap di panggil namanya terus di pancing mencit/ikan, buffy sama terus terusan teriak gitu dok, apa itu normal? juga masalah mata berembun kemaren masih belum ada perkembangan,

      Delete
    13. kalau udah bisa loncat ke tangan mas, itu udah kemajuan. meski dia belum percaya sepenuhnya sama mas karena masih anggep makanan yang mas berikan sebagai makanan berbahaya, hihihih. itulah kenapa dia suka teriak2 kalau mas kasih makan...

      biasa kasih makan kayak gimana? dah coba kasih pakan hidup kayak bayi tikus putih?

      saya tunggu kabarnya.. :)

      Delete
    14. malem dok, barusan saya dapet laporan kalo buffy kemaren sekarang lemas banget terus bulunya patah dok. kebetulan yang sedang ngurus buffy saya kemaren itu kakak saya. katanya si buffy ga mau nangkring di perch lagi, lebih sering ketemu di lantai. itu kira2 kenapa dok?

      Delete
    15. kenapa kok bisa dipelihara ama kakak, mas? :(
      banyak sebab. tebakan mentah saya sih gejala tetelo. cek aja fesesnya....

      harusnya mas aja yang pelihara dia, mas... :(

      Delete
    16. nah itu dia dok, kemaren saya musti dinas luar selama sebulan dan mau ga mau harus di titipin sama kakak. suspect awal saya juga tetelo tapi tadi malem saya check, feses nya sehat dok, putih item kecoklatan, bukan kehijauan... iya dok harusnya emang saya yang keep terus :(

      Delete
    17. tambahan dok, dulu saya pernah ngomong masalah mata, sekarang kedua matanya begini dok, bisa di liat di dp dok.

      Delete
    18. matanya agak berembun gitu ya? sering dijemur ya? betul? kayaknya waktu jemurnya kena sinar matahari langsung itu, dan waktu ngejemurnya kesiangan. jemur owlnya ditempat teduh aja mas, maksudnya biar gak kena sinar matahari langsung. kayak di bawah pohon atau kalau ada kain, bentangkan aja kain di atas burungnya agar gak kena sinar matahari langsung... maaf baru balas, mas. saya lagi otewe pulang kampung nih. skrng gimana keadaannya? saya tunggu... :)

      Delete
    19. nah disitu yang saya bingung dok, kata kakak saya malah ga pernah keluar dari kamar alias ga pernah di jemur si buffy. cuma lampu kamar 24 jam nyala dok. dan ternyata si buffy bukan lemes dok, kayakny emang pengaruh mata sih dok... gapapa dok :)

      Delete
    20. sekarang gimana keadaannya mas? masih mau makan? kalau soal matanya, lebih baik cek apakah dia bisa melihat atau tidak. cek bagian korneanya, bagian hitamnya. apakah ada bintik2 warna putihnya atau tidak. kalau tidak, coba dekatkan tangan mas ke matanya. jangan terlalu dekat, cukup gerakkan dari jarak 30cm, lalu perlahan dekatkan ke matanya hingga jarak 10 cm sambil diliat matanya. apakah pupil atau korneanya mengecil/membesar? kalau masih mengecil atau membesar, kayaknya masih normal. sekarang dia udah bisa berdiri lagi? saya tunggu kabarnya. bagusnya sih mending bawa ke dokter hewan aja mas... :)

      Delete
    21. makan alhamdulillah lancar dok, dan lemasny itu kemaren bukan lemas ga bisa berdiri, tapi kalau mau lompat atau terbang ke tangan. nah pupil mata sebelah kiri ga rata bulat dok. nanti saya fotoin kedua matanya. permasalahannya di sana dok, dokter hewan terdekat ga ada di sini dok -_-

      Delete
    22. hmm, agak susah juga sih sebenernya. tapi saya tunggu aja deh foto matanya yang lebih jelas. udah tes pake tangan, mas? :) gimana hasilnya?

      makannya gimana? masih lancar kah? saya tunggu kabarnya...

      Delete
    23. kalo pupil saya tes pake senter sih bisa gede kecil dok. makan lancar jaya malah laper terus. ini fotonya udah saya ganti kok dok

      Delete
    24. foto atas itu mata sebelah kanan, foto bawah kedua mata. di foto atas keliatan pupilnya menajam ke bawah, terus yang di foto bawah keliatan pupil mata kirinya ga bulet, tapi agak kayak biji kacang dok

      Delete
    25. diliat dari matanya sih masih sehat. kalo makannya masih rakus, maka tinggal cek fesesnya aja. kalau fesesnya 3 elemen, saya kira dia sehat... :)

      lagi2 saya ingatkan, cuaca lagi gak bagus buat owl... jadi pindahkan dlu owlnya ke tempat yang agak hangat. :)

      Delete
    26. jadi itu normal dok pupil mata owl yang ga bulat beraturan? cuaca ya emang lagi sering hujan disini dok. feses nanti saya update lagi ya dok

      Delete
    27. gak masalah selagi pupilnya berfungsi normal. :)

      saya tunggu kabar selanjutnya... :)

      Delete
  15. Dok klo buffy fish yg udh dewasa ituh apa masih bisa di latih yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bisa. dlu saya juga dapet si errol waktu dia udah berusia tua.
      silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu dan cara melatih burung hantu.

      Delete
  16. Dok mau tnya, saya mau melihara buffy fish yg udh dewasa, apa buffy fish yg udh dewasa bsa untuk di latih dok.
    terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bisa. dlu saya juga dapet si errol waktu dia udah berusia tua.
      silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu dan cara melatih burung hantu.

      Delete
  17. Okk terima ksih dok..
    Dok klo mau beli burung buffy fish atau bubo sumatranus ituh dmna yah dok daerah jakarta, atau dokter punya tmen yg jual, klo di forum2 facebook rata2 udh lama dok iklannya..
    terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya, mas udah pernah pelihara owl? soalnya buffy fish dan bubo sumatranus bisa dikatakan owl dengan level pemeliharaan tinggi. gak cuma butuh makan aja, kedinginan atau kepanasan dikit aja stress. saya pernah membahas di artikel jenis burung hantu dan tingkat kesulitannya.

      kalau buffy fish dan bubo sumatranus, coba mas gabung ke grup jual beli burung hantu di facebook. post aja WTB (want to buy) di sana. atau mas bisa buka artikel saya penjual hewan terpercaya. tanya aja ama penjual hewan yang ada di blogpost itu... :)

      Delete
  18. Sebelumnya saya udh pernah melihara owl dok jenis tyto alba, trus tmen sya mau melihara ywdah saya mahar ke dia, dan saya rencana mau melihara jenis buffy atau bubo dok..

    di facebook ituh postingan lama semua dok rata2 thun 2014, apa ada rekomended dok..
    kira2 untuk hrga buffy dan bubo ituh umur juve awal kisaran brpa yah dok.
    terima kasih

    ReplyDelete
  19. dok, saya punya buffy owl sekitar 2 mingguan lah, dan klo pun saya mau kasih makan dia , dia seolah2 mau gigit saya, dan matanya itu selalu melihat tangan saya ketika saya mau memegangnya dari belakang. terus salahkahs aya klo saya menyimpan baffy owl nya di loteng rumah dgn ruang terbuka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lotengnya panas gak mas? kalau panas, mending pindahkan ke ruangan lain. bisa di gudang.

      baru dipelihara selama 2 minggu, mas? umur buffynya berapa? dah agak tua ya? kalau buffy agak tua emang begitu. butuh penjinakkan lebih lanjut. mas bisa baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu....

      bisa baca juga artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      kasih saya kabar lagi. i love to hear it. :)

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. ya dok, saya udah baca artikel2 dokter.. : kira2 umur buffy owl saya sekitar 1'tahunan. lotengnya ga terlalu panas sih soalnya dipakein atap, jadi cukup buat neduh si owl . saya punya gudang tpi trlalu kecil kasihan k owl nya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya udah. cara tahu si owl kepanasan atau nggak: biasanya kalau burung hantu (dan burung lainnya) kepanasan, mereka suka mangap2. silakan cek artikel kenapa burung hantu suka mangap-mangap. udah ada artikelnya...

      kalau burung hantu mas suka kayak gitu, mending pindahkan aja ke ruangan lain... :)

      Delete
  22. Dok kalau buffy sering dikasih makan jangkrik apa gapapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan untuk jangka panjang.
      kalau sesekali gak apa2. :)

      Delete
  23. doksaya itu pengen nyimpen celepuk saya di perch, cuma saya khawatir itu burung kabur, pernah saya nyoba nyimpen itu burung di perch buatan saya sendiri, di ikatin tali juga di kakinya tapi as saya lihat lagi itu burung udah ngegelantung kayanya mau terbang tapi ada tali itu , jadi saya khawatir, gimana caranya yah dok supaya bertengger di perch dengan betah tanpa harus terbang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang harus dibiasakan, mas. saran saya, gak apa2 taruh aja di di perch, tapi mas awasi. kalau di jatuh (gantung), mas tangkringin lagi ke perchnya sambil dikasih tau jangan terbang2 ya. gitu.

      mereka ngerti kok. mereka sebenernya ngerti apa yang kita omongin. cuma gak bisa balas aja..

      Delete
  24. Dok,apakah bisa burung hantu dilatih tanpa glove? Untuk skill fof,fttf,dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. glove = sarung tangan khusus buat melatih burung hantu dan BOP. kalau mau melatih BOP atau burung hantu tanpa glove, boleh aja mas. :)

      Delete
  25. Permisi dok mau konsultasi kalo pelihara buffy yang masih brancher gimana baiknya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memelihara buffy yang masih brancher prinsipnya adalah jangan sampai telat kasih makan, jaga kestabilan suhu ruangan (jangan kepanasan atau terlalu dingin. bagusnya di dalam ruangan). soal makanannya, mas bisa baca artikel saya makanan burung hantu berdasarkan jenisnya.

      untuk banyaknya makanan burung hantu buffy sekali makan, mas bisa baca artikel saya porsi makan burung hantu.

      Delete
  26. Maaf ada yg kelupaan untuj buffy brancher makanannya apa dan berapa banyak... Terimakasih dok

    ReplyDelete
  27. Malem dok.
    Saya sudah pelihara barn , nah saya pingin nambah jenis buffy, Ada masalah gak kalau saya gabung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih gak masalah. cuma awal2 harus diawasi. takutnya fight. mas yakin mau nambah? :) maaf baru balas, saya habis sakit.... :(

      Delete
  28. Mau nanya dong dok.. ini buffy saya bulunya byk yg patah..di sayap dan ekornya, trus sebaiknya dibiarkan saja atau harus dicabut utk bisa tumbuh bulu yg baru..? krn skill terbangnya jdi terbatas.. mohon saranya.. mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dicabut. apalagi buffy yang tingkat stressnya tinggi, saya cukup yakin buffy kalau dicabut bulunya, bisa stress. bahkan mati.
      mending biarkan aja, mas. nanti bulu yang rusak akan terganti sendiri.
      silakan baca artikel saya apakah bulu burung hantu yang rusak bisa terganti?

      sayangnya mas gak ngasih tau umur buffynya... :)

      Delete
  29. Dok. Si Buffy g doyan DOC normal g ya ? Ne klo ksih ikan mau makan wlopun respon lambat. Trus klo ksih DOC / DOQ hdup g dipegang sma sX. Klo dicacah kdang mau kdang g. Malas2an kyak g selera.
    Kondisi Buffy saat ne bulu bbrp mbrodol gnti baru. Sering bating jg ne Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kondisi mabungnya, silakan mas baca artikel saya cara merawat burung hantu mabung....

      kalau soal pakannya, sebenernya balik lagi ke kebiasaan. dan menurut saya malah bagus dikasih ikan...

      selama fesesnya normal, matanya gak merem, dan dia tetep aktif, saya kira dia masih sehat...

      Delete
  30. Tmbahan fesesnya normal klo tak bandingjn gmbar normal

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum Dokter..
    Slmt pagi

    Mohon petuahnya dok
    Sy baru sj membawa pulang Buffy Fish, usia sprtinya juve akhir. Dari pemilik sblmnya sdh skill FTTF, tp di sy skill itu kok tidak ada ya (hilang)?! Apa masih bisa dilatih lg, Dok? (mengingat usianya yg sdh sgtu)

    Terimakasih sblmnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih dia masih adaptasi. karena seharusnya, skillnya gak ilang. tergantung karakternya sih, kadang ada juga yang pindah owner, skillnya ilang....

      meski begitu, dia masih bisa dilatih lagi,,,

      Delete
    2. Oh..Syukurlah kl bgtu..
      Kl utk jaga2 (mencegah) spy tdk stress apa yg hrs sy lakukan?
      Agak khawatir dok, soalnya makannya jg agak sulit.

      (Maaf kl pertanyaan sy terlalu mendasar. masih awam sy dok. hehe)

      Delete
    3. gak apa2. namanya juga gak tau.
      matanya suka merem gak?
      cek fesesnya, owl yang sehat biasanya fesesnya terdiri dari 3 element. cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      mas baru pertama kali pelihara owl? belum pernah pelihara owl sebelum ini? coba cek artikel saya jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya... :)

      Delete
    4. Untuk matanya, sll terbuka lebar dokter. Trus sll bunyi kalo ditaruh di gluv.
      Dan utk fesesnya sepertinya normal kl sy cocokkan dg artikel dokter ttg cek feses.

      Sbnernya dulu pernah pelihara Barn Owl, Dok. Tp cm sbg hewan peliharaan doang. Tdk sbg partner (Tidak dilatih). Jdi ceritanya, bbrp tahun tahun lalu ada BO yg bersarang di bangunan tua dekat tempat kerja. Berhubung sy suka binatang, saya ambil satu bayinya trus sy pelihara. Sy kandangin kyk burung ocehan. trus pas sdh besar kdg sy kluarkan dr kandang. Dia mau balik ke kandang sdri. Tp lama2 dia pergi tak balik lg.

      Nah akhir2 ini sy sering baca artikel atau lht video ttg falconry. Kok rasanya jd rindu pengin pny owl lg. heheh.. Trus pengen dijadikan partner kyk di vedeo itu. Berhubung sy sdh pernah pny BO, sy kepikiran, gmn kl pelihara burhan yg big size sekalian. Dan akhirnya bbrp hari lalu beli Buffy itu.

      Oops, Kok jd curhat bnyk gini ya (maaf, hehe).
      Oh ya Dokter. Di kampung sy kan bnyk peternakan ayam petelur. Otomatis dsna ada obat-obatan lgkap utk ayam. Apa cocok ya dok, obat2an utk ayam itu kl dikasihkan ke Burung hantu?? Misalkan obat tetelo, anti stress, vitamin, dsb.
      Maunya sih kl cocok kn nanti bs minta (gratisan) obat/vitamin dari peternak sebelah. Hihihi....

      Delete
  32. Selamat malam dokter, saya baru punya buffy fish owl apakah pemberian pakan dengan jangkrik direkomendasi ?
    Terimakasi sblmnya

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Dok, saya pnya buffy seminggu ini makannya turun drastis,biasa saya kasih DOC,awalnya makan rakus dan banyak banget.tp akhir2 ini makan cuma dikit sekali,trus pelet dari Doc ga keluar,apa karena itu jadi ga mau makan?trus kemarin saya kasih minyak ikan nafsu makan sempat naik tp trus ga mau makan lagi skrg,gmn ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya suka merem? fesesnya gimana? feses/tahi buffy yang sehat biasanya beda dengan yang sakit. coba baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      saya tunggu kabarnya ya mas..

      Delete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Oiya dok umur buffy saya 4 mngguan

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya suka merem? fesesnya gimana? feses/tahi buffy yang sehat biasanya beda dengan yang sakit. coba baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      saya tunggu kabarnya ya mas..

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Misi dok mau tanya seputar buffy.
    Saya punya buffy brancer awal masih ada bulu kapasnya 50%.yang saya mau tanya kadang fasesnya normal kadang fasesnya coklat semua cair gitu dok.
    Itu kenapa yaa kira2 dok ?
    Kalo pakan saya kasih DOQ/lele kecil yg masih hidup.
    Terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya gimana? masih lancar makan?
      kemungkinan karena lele, bisa jadi sih...

      coba mas kabari lagi ke saya ya mas...

      Delete
  39. Sebelum saya kasih lele emng udh begitu dok fasesnya.
    Tp skrng mah alhamdulillah udh mendingan. Makan dr pertama adopt lancar dok sape skrng.
    Saya sudah kasih DOQ hidup2 itu gpp yaa dok ? Soalnya masih ada bulu kapasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kasih DOC gak apa2... :)

      syukurlah kalau udah agak mendingan... saya senang dengernya... kabari terus ya mas...

      Delete
  40. Dok minta tolong posting tips cara merawat DOQ pakan BOP dong, soalnya saya beli DOQ pasti mati terus kebanyakan, padahal udh kasih lampu dan makanan + air yg cukup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mang gak bisa beli satuan, mas? :)
      oke nanti saya post artikelnya...

      Delete
    2. silakan mas baca saran mas ibenk di bawah komennya mas.. :)

      Delete
  41. Saran mas.
    Lampu kdu pas skitar 35 derajat. Trus wadah air diksih batu2an biar g kecemplung trus basah trus mati.
    Kmudian pakannya BR ditumbuk halus. Klo bisa alas pake strimin jdi klo ada air tumpah g ngebasahi doq gituh.
    Dalam ukuran 1 x 1m doq maksimal baiknya jumlahnya skitar 200.
    Semoga membantu.

    ReplyDelete
  42. Makasih mas ibenk buat sarannya cuma lmpu 35 derajat itu maksudnya gmn yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca komentar mas ibenk dibawah ini... :)

      Delete
  43. Pake termometer. Coba 5watt ato 10watt misal 1 ruang dcoba 2 lmpu 5watt dicoba ja suhu bagusnya brp. Trus tinggi rendahnya lampu ke dasar, trus tutup / tinggu kandang akan pengaruh suhu.

    ReplyDelete
  44. Malem dok maaf mengganggu..Buffy saya kok cerewet banget ya..padahal setiap hari saya kasih makan puyuh 10 ekor pagi dan malem 10 ekor..saya pelihara dr brancher awal..
    Mohon sarannya gimana caranya biar berkurang cerewetnya.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru mas harus seneng kalau dia cerewet. kalau buffy gak cerewet dan gak aktif, kemungkinan besar dia sakit.

      coba mas baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu. buat referensi aja. :)

      Delete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Maaf dok saya mau shareing lagi tentang buffy saya, sekarang buffy saya jadi tidak nafsu makan, fasesnya lebih bnyak putih susunya ,mulut selalu terbuka dan nafasnya ter engah2.
    itu knp yaa dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah telat kasih makan?
      banyak kemungkinan sih, tapi tebakan saya yang paling mendekati kayaknya kalau gak dehidrasi atau kurang makan, bisa jadi juga ada masalah di paru2nya. kemungkinan NSD (newcastle disease, tetelo) juga ada.

      banyak sekali kemungkinannya. yang jelas, mending mas bawa ke drh terdekat aja mas... takutnya NSD... :(

      tapi semoga aja nggak...

      Delete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Dok 5 hari yang lalu saya dikasih bfo sama paman saya, terus belum saya karantina, soalnye diliat dari fesessnya dia mencret dok tp setelh saya minumin air rebusan daun sirih fesessnya normal.

    Terus karna dia sering saya bawa di kamar, tidur pun dia di atas lemari saya jd saya taruh di perch gak same 5 menit terbang lagi ke lemari, jd saya harus gimana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting fesesnya normal dan dia mau makan. umur bfo-nya gimana?
      sementara ini gak usah dipaksa buat di perch dulu, biarin aja dia di atas lemari... biar dia nyaman dulu... :)

      Delete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Umur mksdnya dok ?
    Terus dok kalau lagi di atas lemari saat malam biasanya dia duduk kayak ayam lg meramin telur gitu, tp gak sering sih cuba sesekali aja kalau di panggil namanya dia respon kok langsung bediri gitu. Itu kenapa ya dok ?
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru bisa balas komentarnya hari ini.... sibuk sekali minggu2 kemarin... :(

      yang penting, parameter kesehatan burung hantu terpenuhi semua. coba baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu....

      kabari saya lagi ya mbak... nanti sore saya online jam setengah 4 sampai jam 7 malam... :)

      Delete
  51. Pagi dok.
    Mau nnanya nih.patner saya buffy namanya fillo.kronologis nya jumat kemarin saya bawa plg krmh kejakarta dr kos an saya di karawang.waktu di kos an makan lancar rakus dan udh lancar jttf.sampai drmh saya istirahat kan dipearçh.dr jumat sampai selasa kemarin napsu makan nya drop.biasanya makan pgi 4ekor mlm 4ekor.menurun jd 2ekor skali makan.kl ditmbh 3 sudah tdk mau.dannrespon makan nya jg tdk rakus sperti sblm smpai drmh.yg aneh nya smenjak sampai drmh sma skali blm mengeluarkan peletnya sampai hari ini.itu pengaruh tidak ya sm berkurang nya napsu mkn.akhirnya saya pancing smlm utk mkn mlm nya saya berikan ketika dia sudah berisik akhirnya smlm mau makan smpai 5ekor.dan dihari sabtu kemarin fesesnya smpet mencret.tp sudah normal kembali fesesnya.mohon pencerahan nya dok.utk pakan nya saya berikan puyuh dan mencit.terima kasih.

    ReplyDelete
  52. Mlm dok.Sibuk ya dok.sampai blm di bls.

    ReplyDelete
  53. Dok saya mau tanya, saya punya bubo umur kira2 juve tengah, kenapa ya dok klo saya kasih doq puyuh/mencit hidup dianya ga bisa sobekin puyuh/mencit hidupnya, stelah itu saya potong kecil stelah di samber tpi ga bisa di telen cuma nempel di paruh trus jatuh, maunya di loloh ke dalem gitu dok,,
    Mohon pencerahannya dok. Trimkaih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena udah kebiasaan dari kecil begitu, mbak. saya tebak, bubo-nya bukan tangkapan liar ya? alias sebelumnya dipelihara sama orang, bener?

      jangan dibiasakan, minimal cacah makanannya kecil2, terus taruh di mangkuk makannya... bisa juga pake cara kasih bayi tikus putih hidup yang berukuran kecil, terus taruh aja deket dia. biar dia caplok.... :)

      Delete
    2. Betul dok, sblumnya di pelihara sama orng lain dok, sya kasih d dket paruhnya bayi tikus untuk respon makannya bagus stelah di caplok cuma di tarik2 aj sama dia tp sperti tdak ada tenaganya jadi ga bisa sobek dan di telen mknnya dok.
      Untuk mpupnya hr 1 d rmh warna kuning stlah ksini2nya saya kasih amoxilin 1/4 4 sndok mkn slma 3 hati skrng mpupnya berwarna putih dok kadang cair air doang dok

      Delete
    3. coba kalau malam (sebelum mbaknya tidur) taruh aja pakan hidup di dekat dia. bisa kasih tadi, anakan hamster. prinsipnya: owl (dan bird of prey lain) suka makanan yang keliatannya lemah dan gampang dimakan, kayak bayi hewan yang masih merah dan masih buta. nah prinsipnya gitu aja... :)

      soal pupnya, ada 3 elemen gak? hitam, putih susu, dan bening? cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
    4. Kadang hitam,putih susu,bening, kadang cuma bening,terkadang putih kuning dan item dok,
      Ok dok saya akan coba dok, trimkaih atas pencerahnya sngat membantu skali dok..

      Delete
    5. oke. silakan baca2 dlu artikel2 saya mengenai burung hantu di blog ini ya mbak... kalo ada yang gak ngerti, bisa ditanyakan... :)

      Delete
  54. dok mau tanya nih buffy ku tadi bulu sayap lepas 3 helai usiane bancer akhir itu kira" bisa tumbuh lagi gak dok,,,
    buffy bru dateng kmrin pagi dan masih agak betting dan blm anteng d perch perkiraan bulu lpas kna meja dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, nanti akan tergantikan dengan bulu barunya, mas... :)

      Delete
    2. kira-kira butuh brpa minggu dok kasihan ak lihatnya,,,,
      kalau kasih minyak ikan 2 skaligus bleh gak dok rncna ak ksih seminggu 2 x biar cpet tumbuh pnyembuhanya itu bleh gk dok

      Delete
    3. minyak ikan jangan banyak2, mas. udah ada artikelnya, dosis minyak ikan untuk burung hantu....

      agak lama sih tumbuhnya, tapi pasti tumbuh. dan berdasarkan pengalaman saya, pemberian minyak ikan gak menumbuhkan bulu yang tercabut. pemberian minyak ikan cuma merangsang tumbuhnya bulu saat proses mabung (ganti bulu) agar bulunya lebih bagus.... :)

      Delete
  55. makasih dok
    ni ak mw tanya lg dok kok pellet buffy dr hari rabu kmrin sampek hari ini kok blm keluar ya ak tkut buffy ku sakit
    dari mkan rakus bgt,dan kotoranya kadang normal tpi kadang hitam pekat trs encer gtu,,,dan mulutnya bau ak lihat gak ad sariawan nya dan in ak puasakan biar peletnya mau keluar itu bleh gak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dipuasakan, malah bagus kalau dia gak ngeluarin pellets, artinya semua bagian makanannya tercerna dengan baik. its mean, buffy-nya sehat.... dan tulang makanannya bisa jadi asupan kalsium buat dia... :)


      perhatikan terus fesesnya, jaga pola dan kebersihan makanan, dan jangan kedinginan... itu aja sih... :)

      Delete
  56. assalammu'alaikum dok.

    setelah bertahun - tahun belajar tentang banyak hewan dari blog ini, baru pertama kali saya memposting pertanyaan, hehe.
    thanks for all knowledge before dok. hihihihi

    mau tanya nih, tapi sebelumnya, biarkan saya bercerita, hehe, 3 hari yang lalu saya adop buffy, sebelumnya punya oriental bay, oriental bay sampai skrg juga masih partneran, kenapa memutuskan kemarin untuk adop buffy,

    1. saya kenal buffy ini karena pernah beberapa kali ikut gathering komunitas.

    2. saya kenal siapa partner buffy ini sebelumnya, anak SD, dia dapet beli dari orang juga dengan harga dibawah 500 tapi kondisi buffynya BULU SAYAP DIPOTONG, KUKU DIPOTONG HAMPIR HABIS, PARUH DITUMPULKAN ( maaf dok dicapslock, mau dibold cuma saya kurang paham, hehe *peace )

    3. si anak sd ini ga sabaran, ga mau nunggu si buffy mabung sampai bulu nya normal kembali, setiap hari dimandiin pakai sabun sampai matanya kena, ( pernah nutup matanya 2 harian karena kena sabun ), dikandangin terus, then.......... sama dia dilepas adopsi ke orang lain.

    4. partner baru si buffy ini setelah lepas dari si anak sd, ternyata sama jugaaaaaaa, ndak sabaran, hihihihi, diposting lah buffy ini dengan mahar yang dibawah 200

    5. dari awal melihat buffy ini saya udah prihatin, ditambah liat partner partner yang didapat untuk mengurus dia, jadi saya putuskan untuk adop buffy ini.

    kondisi normal, jinak sama manusia, sudah terbiasa sama manusia, ini saya posting pertanyaan ditemani dia di kasur, hihihihi.

    feses bagus, 3 elemen.

    makan lahap, 3 hari ini dikasih makan ikan terus karena kebetulan saya punya kolam untuk ternak ikan konsumsi.

    nggak saya karantina karena sepertinya dia sudah tidak membutuhkan karantina untuk terbiasa dengan manusia ( benar gak ya ? )

    kondisinya nggak bisa terbang, karena sayapnya benar - benar dipotong setengah.

    and, the questions is.....

    1. mata buffy nya aneh, kenapa saya bilang aneh, karena dipinggir bagian luar warna kuningnya ada hitam - hitam lagi melingkar, kira - kira kenapa ya dok ? kedua matanya seperti itu, tapi penglihatan nggak terganggu, buktinya dia masih bisa hunting makanan sendiri di halaman belakang rumah saya.

    2. keseimbangan dia kacau, ga bisa nangkring, baik di tangkringan kayu/pipa ataupun tangkringan datar, tapi berdiri masih bisa, bahkan skrg lagi berdiri 1 kaki, hihihi, kira2 kenapa ya dok ? efek dari cakarnya yang dipotongkah ?

    3. apakah cakarnya bisa numbuh lagi dok ?

    4. supaya paruhnya bisa agak tajam lagi gimana ya dok ? kasian, kesusahan mencabik mangsa/makanannya.

    5. suka berisik "kwaaaak kwaaaaak" kalo lagi deket manusia, tapi posisi bukan posisi defend, tapi kalau lagi sendirian di halaman mah ga diliatin langsung anteng ga berisik, kenapa ya dok ? apakah dia ada trauma dengan manusia ?

    untuk sekarang mungkin itu dulu aja dok pertanyaannya, semoga terjawab agar saya bisa lebih baik lagi menjadi partnernya si buffy ini, btw saya namakan dia Jhony, hihihihi, saran dok, kalau bisa sih ada kontak Line Official dok, jadi lebih simple euy kalo mau konsultasi, hehe.

    Line : yugoderamoaz

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, makasih banyak mas udah cerita lengkap. saya seneng mas bisa belajar banyak dari blog ini... :)

      1. soal matanya, saya kira gak masalah selama gak ada tanda2 sakit seperti saya tulis di artikel parameter kesehatan burung hantu.
      iya, mas bener. gak perlu karantina kalau emang udah terbiasa dengan manusia.
      2. caranya dia berdiri mas? maksudnya posisi kakinya saat berdiri? jari2nya tetep bisa mencengkram? kalau saat berdiri, jari2 kakinya gak bisa nyengkram (dia berdiri pake lututnya), ada kemungkinan kurang kalsium. gak apa2, sementara jaga aja asupan makanannya, biar dia dapet asupan kalsium dari situ.... observasi selama 2 minggu ya mas, kalau masih sama kasih tau saya lagi...
      3. bisa, kuku owl bisa tummbuh lagi kok... :)
      4. soal paruhnya, bisa tumbuh lagi juga. tapi ya gitu, harus sabar. karena setau saya, pertumbuhan paruh itu lebih lambat dari kuku owl. gak apa2, kalau kasih makan, coba yang kira2 dia gampang makannya aja....
      5. malah bagus, artinya dia coba berkomunikasi dengan manusia (mas). mungkin iya, ada efek trauma juga dengan manusia. nah, tugas mah adalah agar dia percaya sama mas. coba kasih makan dengan cara handsfeed (disuapi), sambil ajak main...

      kabari lagi ya mas... :D

      Delete
    2. sorry dok slow respon, hehe.

      kalau di ruang kecil kayak kamar sama manusia sih biasa2 aja dok, tapi kalau di halaman saya deketin dia nya menjauh terus, hihihi.

      caranya dia berdiri normal2 aja dok kelihatannya mah, bisa lari, bisa jalan, kalau tidur pun seperti biasa angkat kaki 1.

      alhamdulillah kalau paruh & cakarnya masih bisa numbuh lagi mah, hihihi.

      thanks responnya dok.

      Delete
    3. kurang kenal dia sama masnya, hihihi. kenalan dulu dong. ajak main. :D
      masnya merokok? kalau nggak merokok, taro kaus bekas pakai mas di atas kandangnya, yang kira2 dia bisa cium bau tubuh mas. biar dia kenal bau masternya kayak gimana... :)

      sering2 ajak main, dan kasih makan handsfeed (disuapi pakai tangan).... :)

      Delete
  57. dok mw tanya nih daging yg d simpan d freezer itu boleh gk d kasih ke buffy
    itu dading sisa qurban kamrin hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja asalkan didiamkan dulu sampe gak terasa dingin... :)

      Delete
  58. Dok, buffy saya kok nggak betah di perch ya?kalo tidur juga kaya burung mati posisinya, ada yg salah kah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu.

      cuaca lagi gak bagus buat owl. jadi mending pindahkan dia ke dalam ruangan dulu, dan coba mas beli super-n di toko makanan burung, kasih setetes tiap hari. makanannya dijaga, jangan sampe lupa kasih makan.

      untuk masalah yang mas tanyakan, normal2 aja kok. udah berapa lama ditaro di perch? :)
      soal tidurnya juga masih bisa dikatakan normal. :)

      kabari lagi

      Delete
    2. Fesesnya normal dok, ada putih urine sama item2 nya

      Udah 2minggu ini aku taruh di perch tp selalu nggak betah, umur nya sepertinya masih bc akhir dok, belum bisa terbang,
      Biar anteng di perch gimana ya dok?

      Delete
    3. emang bagi owl yang belum terbiasa di perch, agak susah untuk membiasakan. saya bilang agak susah, bukan berarti gak bisa. :)

      dulu si errol juga begitu kok, gak mau di perch. dan kalo kasusnya si errol, itu karena dia belum nyaman sama saya. mungkin owlnya mas juga sama. coba lebih sering ajak main lagi.... :)

      makan gimana? normal? :)

      Delete
    4. Makan normal dok
      Iya mungkin cuma belum nyaman aja
      Makasih dok info nya

      Delete
    5. kabari terus soal buffy-nya ya mas... :)

      Delete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. selamat siang dok, masih ingatkah dengan saya dan mondy (obay)
    sekarang mondy respon untuk berburu nya pun sudah joss, saya berencana untuk merilis mondy ke alam bebas dok dikarenakan saya sekarang adopsi buffy fish brancher kalo ga salah kelaminya betina, (balum di kasih nama)
    pertanyaan saya apa tahapan buat merilis obay ke alam dok, trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, bagus, mas! nggak ada tahapan sih dalam merilis owl ke alam bebas, namun pastikan makanannya tersedia di alam. mas rilisnya dimana? dikebun2 gitu? :)

      Delete
  61. saya rilis di gunung hejo dok yang pelintasan tol cipularang, disana banyak tupay dan mamalia kecil, udah saya rilis langsung, 2 hari saya simpan mondy di kebun belakang rumah, dia lihat manusia cuman saya doank itu juga pas di kasih makan, kemaren langsung saya rilis ke alam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya tahu daerah itu. :)
      saya seneng dengernya, semoga owlnya bisa sejahtera dan sehat di alam... :)

      dan saya salute dengan mas... :)

      Delete
  62. Assalamualaikum.. Dok.sy punya buffy nikki namanya.. Ada yg sy may tanyakan dok. Si nikki fesesnya ada campuran warna hijau. Sya sharing sm teman disarankan ksih amoxilin sedikit. Setelah sy kasih amoxilin. Fesesnya tetap ada bercak hijau Dok. Apa karna sy kasih makan filet lele ya jd fesesnya ada warna hijaunya.. Mohon penjelasannya Dok. Sebelumnya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amoxicillinnya mas kasih berapa banyak?

      saya kira, kalau emang mas ngasihnya lele, fesesnya akan kembali normal kalau mas mengganti lele dengan pakan lain. coba aja dulu.

      selama ini nikki baik2 aja? nggak ada tanda2 sakit? saya takut sih kalau fesesnya kayak gitu. mending segera ganti pakannya, dan coba mas beli super-n di toko makanan burung, lalu tetesin ke mulut nikki setetes setiap hari....

      Delete
    2. Baik2 aja dok g ada tanda2 sakit.. Makannya lahap bgt. Tapi ya itu td fesesnya ada warna hijau nya. Dan untuk dosis pemberian amoxilinnya seperapat sendok teh kebetulan sy beli yg kapsul 250mg. Klo dari pakan pengaruh ga Dok sm warna feses

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas... saya abis sakit kemaren...

      dari pakan juga bisa sih. terutama dari kebersihannya.

      kabari lagi ya mas

      Delete
  63. maaf telat balesnya dok, dokter suka lewat situ juga ya.
    dok upit (buffy) masih bulu kapas udah bisa nengger di glove, kira2 berapa lama lagi dia bisa nengger di perchnya dok? soalnya kasian juga kalo di taro di dalam kardus terus, hehe maklum dok rumah saya kecil jd ga ada ruangan yang pas buat naro burhan seukuran buffy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya lumayan sering lewat situ. :D
      kalau emang si upit udah bisa berdiri/bertengger di glove dengan mantap (gak jatoh2), gak apa2 langsung di perch aja, mas...

      dan maaf karena baru balas... abis weekend, hihihi...

      kabari lagi soal upit..

      Delete
  64. Bu dr sy pemula, skrg punya bufy, masi anakan belajar berdiri, utk pakan nya apa yg di berikan?
    Karna sy sdh terbiasa mengurus elang,dan sy jg memelihara burung elang brontok dan elang bondol dari anakan juga, makasi di jwb y bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pakan buffy fish owl, udah ada di artikel di atas. :D
      selain yang udah ditulis di atas, bisa pake emprit atau anak ayam yang disiangi.

      sebelumnya maaf karena baru balas. oh ya, coba mas kasih super-n, kasih setetes tiap hari. beli di toko makanan burung.

      Delete
  65. Kalau buffy saya kasih makan ikan lele dan daging sapi yg sebelumnya disimpan di kulkas sebagai makanan utama apa tidak masalah dok? Soalnya saya 2 minggu nanti liburan ke luar kota, buffy saya nanti saya ajak. Dan di kota tersebut tdk ada yg jual puyuh. (Sebelumya saya kasih puyuh sebagai makanan utama)

    ReplyDelete
  66. Kalau buffy saya kasih makan ikan lele dan daging sapi yg sebelumnya disimpan di kulkas sebagai makanan utama apa tidak masalah dok? Soalnya saya 2 minggu nanti liburan ke luar kota, buffy saya nanti saya ajak. Dan di kota tersebut tdk ada yg jual puyuh. (Sebelumya saya kasih puyuh sebagai makanan utama)

    ReplyDelete
  67. Dok maubtanya.
    Apa vit c buat manusia kayak cipi gtu aman buat piko(buffy) saya.
    Dan kalo boleh dikasih berapa ya dosisnya
    Makasih bu dokter
    Salam dari piko buat erol patma

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski banyak owner burung hantu yang ngasih obat buat manusia, tapi sejujurnya saya agak kurang setuju. saya lebih menyarankan agar mas bawa owlnya ke burung hantu.

      biasanya kalau misalnya saya terpaksa banget buat kasih obat manusia, saya kasih dibawah dosis 1mg per gram berat badannya. :)

      Delete
  68. Siang dokter..
    Sebelumnya saya mau tanya.
    Saya punya buffy, setiap pagi saya jemur. Apakah sinar matahari pagi yang menyorot matanya tidak merusak penglihatannya ?
    Atau bagaimana cara menjemurnya dok
    ..?

    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan kena sinar matahari langsung mas. di atas kandangnya kasih kain aja, biar sinar mataharinya gak kena matanya langsung....

      Delete
  69. Permisi dok saya mau tanya.
    Saya pemula nih tapi kepengen buffy fish owl menurut pendapat nya gimana???

    Lalu ukuran buffy fish owl maksimal sampai sebesar apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, mas siap kasih makan dan ngerawatnya? dan mas siap kalo sewaktu2 dia harus dibawa ke dokter hewan?
      karena untuk pemula, sebenernya agak kurang cocok.
      tapi kalau mas siap, dan udah baca2 artikel2 mengenai burung hantu di blog ini, silakan aja sih. :)

      coba baca2 dulu artikel2 mengenai burung hantu di blog ini. secara prinsip, bisa juga diterapkan ke buffy fish.

      terutama artikel cara agar burung hantu tetap sehat dan artikel parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
  70. Dok klo bfo yg wc udah juve masih bisa di latih gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. buffy fish umur mature juga masih bisa dilatih, mas.
      kunci keberhasilan melatih buffy bukan dari umur, tapi dari kesabaran kita... :)

      Delete
  71. Permisi dok, saya kan puny buffy nah matanya merem sebelah trs belekan, kayaknya abis kecolok apa gmna kurang tau saya
    Nah cara pengobatannya gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 matanya? mas sering mandiin dia nggak? jujur agak riskan juga kalau dari jauh, mending saya sarankan bawa ke dokter hewan terdekat aja mas... atau mas bisa tetesin matanya pake air rebusan daun sirih... tapi itu juga saya gak jamin bisa sembuh... mau coba dulu?

      Delete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  74. Dok, Kmrn kakak saya nemu burung hantu jenis buffy fish owl, tali di kaki nya kecantol di atap rumah kami. Kami mau coba pelihara, kasian kalau dilepas. Tapi kok paruh bagian bawahnya itu patah. Apa kalau pelihara burung hantu paruhnya emang sengaja dipatahin dok? Kalau paruh nya harusnya enggak patah, ini bisa di sembuhin gak ea?

    ReplyDelete
  75. Dok, Kmrn kakak saya nemu burung hantu jenis buffy fish owl, tali di kaki nya kecantol di atap rumah kami. Kami mau coba pelihara, kasian kalau dilepas. Tapi kok paruh bagian bawahnya itu patah. Apa kalau pelihara burung hantu paruhnya emang sengaja dipatahin dok? Kalau paruh nya harusnya enggak patah, ini bisa di sembuhin gak ea?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok. paruh burung hantu emang bisa tumbuh lagi.
      tapi makan lancar?

      mbak bisa kasih super-n ke dia. beli di toko makanan burung. dosisnya setetes setiap hari.

      silakan baca2 artikel2 saya di blog ini

      Delete
  76. Ka , gimana caranya biar Burhan pup ditempat yg kita sediakan. (Tidak sembarangan)

    ReplyDelete
  77. Assalamu'alaikum, dr fira.. Apa kabar eroll dok? Hehe.. Sy isnaindra dari jogja, partner baru sy si Ra buffy fish owl sedang mngalami mslh dok.. Sudh 5 hari sejak terakhir sy ksh makan dia blm keluar pellet.. Malam ini sy kasih makan dimuntahin lg.. Kalo warna (maaf) fesesnya sy perhatikan dominan warna putih kekuningan dan sdikit brbusa.. Kira2 apa solusinya ya dok? Mohon solusinya, trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan potongan dagingnya jangan terlalu gede. cacah2 sampe kecil2. dagingnya juga kudu yang fresh.

      dan coba mas kasih super-n, setetes setiap hari...

      Delete
  78. Dok mau tanya...buffy sya kalo mau saya naikin ke glove kok gak mau ya..malah terbang ke sisi lain perch nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang perlu pembiasaan, mas. wajar kok. :)
      tetep latih dengan cara mas taro dia di glove. tapi jangan dipaksa. :)

      Delete
  79. Dok, saya mau tanya, beberapa dari teman saya, memberi makan buffy fish dengan ikan serai setiap hari, dan kadang di kasih ikan lele karena kesulitan mencari tikus putih didaerah kami. sejauh ini gak ada masalah terhadap si owl, tapi apa itu akan menjadi masalah serius nantinya?
    Lalu apa buffy fish bisa diberi makan kodok kecil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara prinsip, ikan kecil dan kodok bisa aja buat pakan burung hantu. asalkan yang ukuran kecil biar si burung hantu gampang makannya....

      Delete
  80. permisi dok saya punya buffy fish owl sekitar brancher tengah dok.. blum saya kasih nama soalnya blum tau jenkelnya apa hrhehe..

    jadi gini dok saya baru beli itu owl. pas masih dirumah penjualnya makannya lahap. tapi sesampainya dirumah saya kayanya strees dok jadi murung dan gamau makan..lumayan jauh oalnya perjalanan 40 menit naik motor.. saya coba kasih fillet daging lele gamau makan sampe malem.. terpaksa saya suapin ke mulutnya supaya makan. takut malah sakit dok..itu bikin owl nya makin stress gak ya?

    oh ya kalo owl gak mau makan ada suplemen untuk napsu makannya gak dok?

    lanjut lagi dok, pas setelah makan sambil saya kasih minum itu yg tadinya kotorannya berwarna putih doang udah mulai ada itemnya.. itu dah ada pertanda baik blum dok? cuma makannya masih susahmau dicoba lagi bsok pagi.tapi kalo minum dia udah bisa sendiri.. trus kalo owl itu baru diadopt apakah kita harus mengenalkan ke dia tempat makan dan minumnya?

    ReplyDelete
  81. permisi dok saya punya buffy fish owl sekitar brancher tengah dok.. blum saya kasih nama soalnya blum tau jenkelnya apa hrhehe..

    jadi gini dok saya baru beli itu owl. pas masih dirumah penjualnya makannya lahap. tapi sesampainya dirumah saya kayanya strees dok jadi murung dan gamau makan..lumayan jauh oalnya perjalanan 40 menit naik motor.. saya coba kasih fillet daging lele gamau makan sampe malem.. terpaksa saya suapin ke mulutnya supaya makan. takut malah sakit dok..itu bikin owl nya makin stress gak ya?

    oh ya kalo owl gak mau makan ada suplemen untuk napsu makannya gak dok?

    lanjut lagi dok, pas setelah makan sambil saya kasih minum itu yg tadinya kotorannya berwarna putih doang udah mulai ada itemnya.. itu dah ada pertanda baik blum dok? cuma makannya masih susahmau dicoba lagi bsok pagi.tapi kalo minum dia udah bisa sendiri.. trus kalo owl itu baru diadopt apakah kita harus mengenalkan ke dia tempat makan dan minumnya?

    ReplyDelete
  82. Halo dok , saya penasaran kok ya sama partner saya Buffy dan celepuk Reban , dua dua nya sehat Wal afiat dan jinak tapi ga pernah bersuara yaa , kenapa ya dok penasaran saya. Thanks

    ReplyDelete
  83. Mba klo gk punya perch ada cara alternatif lain gk??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin aja mas. kan gampang tuh bikinnya, dari tempat parcel bekas. ada artikelnya: membuat parcel dari tempat parcel.

      atau kalau mau praktis, sediain aja tongkat kayu buat mencloknya dia..

      Delete
  84. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  85. Mau tanya dok kalo Buffy termasuk dilindungi gak ya?,soalnya mau pelihara hehehhe

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.