Porsi Makan Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Pertanyaan mengenai

berapa banyak makanan yang diberikan untuk makanan burung hantu

kerap ditanyakan oleh pengunjung blog ini. Sayangnya, baru sekarang saya bisa mempublish artikel ini dikarenakan kesibukan saya. Berapa banyak jumlah makan yang diberikan kepada burung hantu bisa anda baca di artikel berikut. Artikel ini terkait dengan artikel makanan burung hantu berdasarkan jenisnya.
Porsi Makan Burung Hantu


Berapa banyak porsi makanan burung hantu dalam sekali pemberian pakan? Ini dia ulasannya:
  • Takaran makanan untuk burung hantu berukuran kecil.
  • Burung hantu berukuran kecil meliputi burung hantu jenis celepuk, burung hantu jenis oriental bay owl, serta burung hantu javan owlet. Banyaknya makanan yang diberikan untuk burung hantu berukuran kecil yang sudah dewasa adalah 10 hingga 18 ekor jangkrik berukuran besar. Bagi yang memberikan pinkies (bayi tikus putih) sebagai makanan burung hantu, anda bisa memberikan 2 hingga 5 pinkies berukuran sedang atau besar. Bagi yang memberikan pakan berupa tikus putih, anda bisa memberikan tikus putih sebanyak 1 atau 2 ekor tikus putih.
  • Porsi makan burung hantu berukuran sedang.
  • Jenis burung hantu dengan ukuran sedang antara lain jenis barn owl dan brown hawk owl. Banyaknya makanan untuk jenis burung hantu berukuran sedang adalah 2 hingga 3 ekor tikus putih berukuran sedang. Pemberian jangkrik juga bisa diberikan sebagai makanan tambahan, bukan sebagai makanan pokok. Banyaknya jangkrik yang diberikan sebagai makanan burung hantu cukup 10 hingga 15 ekor jangkrik setiap kali makan.
  • Banyaknya takaran makanan untuk burung hantu berukuran besar.
  • Jumlah makanan yang diberikan kepada burung hantu berukuran besar seperti buffy fish owl, strix seleputo, dan lain sebagainya adalah sebanyak 3 hingga 5 tikus putih berukuran sedang atau besar. Takaran dan porsi daging cincang sebagai makanan burung hantu.
Bagaimana dengan makanan berupa daging sapi cincang? Berapa banyak porsi dan takaran makan burung hantu dengan menggunakan daging?
Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel makanan terbaik untuk burung hantu, saya lebih menyarankan kepada anda para master owl untuk memberikan pakan hidup kepada burung hantu anda. Alasannya, tentu lebih kepada penajaman insting si burung hantu itu sendiri.
Saya berpendapat bahwa burung hantu yang dibiasakan diberi makan pakan hidup, maka insting berburunya tetap tumbuh dengan baik, beda dengan burung hantu yang diberi makan berupa daging cincang. Kandungan aroma darah mangsa dalam pakan hidup lebih disukai burung hantu, burung hantu juga dituntut untuk mengoyak mangsa hidup sebelum menelannya. Karena alasan inilah pakan hidup lebih baik daripada pakan siap-makan, disamping juga dari segi kebersihan dan keamanannya dari zat kimia.

Adapun takaran atau porsi daging cincang yang diberikan sebagai makanan burung hantu bisa mengacu kepada berat tubuh burung hantu yang diberi makan. Porsi daging cincang yang diberikan sebagai makanan burung hantu adalah sebanyak seperempat hingga setengah dari berat badan burung hantu tersebut. Pastikan bahwa daging yang diberikan benar-benar masih segar, bukan daging beku, dan bebas bahan kimia. Sistem pencernaan burung hantu sangat peka terhadap bahan kimia.

Demikian adalah

takaran makan burung hantu

atau jumlah makanan yang diberikan kepada burung hantu dalam sekali makan. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memberikan porsi makan burung hantu anda. Terima kasih. (FS)

236 Responses to "Porsi Makan Burung Hantu"

  1. Terimakasih dok atas artikelnya sangat membantu, maaf saya ada pertanyaan lagi. untuk pemberian makan apakah baik jika diberikan 3 tikus sekaligus ( sehabis menelan tikus langsung disodorkan lagi) atau lebih baik dikasih jarak ? satu lagi manakah yang lebih baik mencit atau rat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang dia mau langsung makan, langsung kasih aja gak apa2. :)

      kalau gak mau langsung makan, kasih jeda beberapa menit...

      Delete
    2. Dok saya mau tanya,kalau pemberian daging burung puyuh utuh tapi yang sudak di bekukan apa boleh untuk burung hantu besar?

      Delete
    3. boleh. taro aja di freezer. kalau mau kasih makan, ambil sedikit, lalu rendem di air biasa (jangan air panas) sampe gak terasa dingin dan gak beku lagi, potong2, lalu baru berikan...

      Delete
  2. Ada saran penjual tikus putih yg slalu jadi langganan dokter , dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada, mas. dulu sih ada kenalan saya yang ternak, tapi skrng udah pensiun. :)

      cari aja di facebook, banyak kok.

      Delete
  3. Dok mo nanya nihhh... jadi aku punya bubo sumatranus dok.. namanya gembol.. nahh gini kejadiannya, tadi siang aku beli jangkrik buat selingan makanan gembol dan ku tarok di mews nya gembol.. eh pas malem aku mau manning eh diacak2 sama2 plastiknya bbrp bagian dimakannya terus sarung tangan dari bahan busa dan karet ku juga ikut dimakannya.. jadi gimana itu dok ? Aku takut gembol keracunan :( sarannya dok.. salam dari gembol untu errol dn padma..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan atau mogok makan? cek juga fesesnya.
      kalau dia udah mulai murung, fesesnya gak beraturan, dan gak mau makan, saya sarankan bawa ke dokter hewan as soon as possible. takutnya kenapa2. semoga aja gak kenapa2. :)

      salam juga dari errol dan padma yang lagi ngacak2 kamar 'mama'nya...

      Delete
    2. Udah dimuntahin sm gembol dok sarung tangannya dan sekarang dah sehat lagi si gembol yayyyy
      Aku mau nanya dok, gembol skrg kena kutu dok :( kmrn kata ibu aku disuruh mandiin pake campuran air, daun sirih dan kunyit yg dihalusin trs disemprotin ke bulunya.. abis itu si gembol dijemur 30 menit. Apakah sudah benar dok ? Kalo belum tipsnya dok. Salam dari gembol

      Delete
    3. kalau secara tradisional, cara yang disarankan ibu itu dah benar. coba aja... :)

      sambil terus diobservasi keadaan kutunya... :)

      Delete
  4. Dokteeeerrr.... Si larry (celepuk) suaranya hilang, semalam suaranya serak sekarang hilang sama sekali ga bersuara biasanya kalo saya pulang kerja dia langsung triak2 nyambut saya trs nemplok dipundak sekarang malah kalem, makannya kalo free hunt 8 jangkrik paling banyak, feses normal cuma urine nya agak banyak jd dia sering pipis. Tolong dok sarannya mungkin ada obat yg buat suara larry normal lagi, kasian si larry dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya normal? tetep 3 elemen?
      lebih baik observasi aja selama 3 hari ke depan. dan mas bisa kasih makanan lain. saran saya, kasih bayi tikus. taruh aja deket kakinya, terus tinggalin.

      tebakan saya sih dia lagi jenuh. si errol juga sering kayak gitu. namun gak ada salahnya hati2 kan? :)
      observasi terus aja fesesnya. kasih makan rutin, jangan sampai lupa kasih makan...

      Delete
    2. Fesesnya tetep normal dok 3 elemen & masih aktif juga cuma ya itu suaranya yg hilang takut ada gangguan di tenggorokannya.
      Oh iya dok saya mau tanya lagi, si larry kan lagi masa molting nih menuju ke juve, di kepala nya itu bulu nya rontok semua sampe botak, kalo saya kasih minyak ikan seminggu sekali boleh ga dok,?
      Makasih drh. Fira...

      Delete
    3. soal minyak ikan, mending dua minggu sekali aja. kalau seminggu sekali kayaknya masih kebanyakan.
      takutnya malah mengganggu sistem pencernaannya. :)

      saya tunggu kabarnya..

      Delete
    4. Malam dok, lanjutin soal si larry nih, setelah saya observasi selama 1 minggu ternyata penyebab larry suaranya serak trs hilang karna dia lagi pilek & kaya batuk gitu dok, mungkin ada saran obat dari dokter fira buat larry,?
      Drh disini semua kurang paham unggas dok saya takut salah kasih obat kaya temen saya burungnya malah mati bukannya sembuh.
      Ohiya, feses alhamdulillah tetep normal dok 3 elemen tp tiap pagi mencret dok berikutnya normal lagi..

      Delete
    5. coba seringe jemur aja si larry.
      untuk obat, jangan dikasih apa2. cukup jaga daya tahan tubuh sama mungkin kalau mau, mas bisa kasih vitahawk.

      biar daya tahan tubuhnya bagus, jaga pola makannya... :)

      Delete
    6. oh ya. satu lagi. selama ini ditaro di luar ruangan ya? kalau iya, coba pindahkan ke dalam ruangan yang sekira2 agak hangat...

      Delete
    7. Iya dok tiap pagi sebelum berangkat kerja saya jemur kalo ga mendung/hujan. Saya kost dok, si larry ga pernah saya taro luar di dalam kamar terus, saya keluarin di tinggal sendiri malah takut masuk ke dalam kamar lagi. Soal makan ampun dok pola nya ga teratur, sodara saya sampe kualahan sebentar2 laper katanya jd stok jangkrik di kost kaya orang jualan, hehehe...
      Saya cari vitahawk susah dok katanya itu barang impor langsung dari AS jd jarang ready stok alasannya dolar lagi tinggi -_-".

      Delete
    8. klo gak ada vitahawk, pola makannya aja dijaga.

      pernah coba dikasih bayi tikus? coba sesekali kasih...

      Delete
    9. Akhirnya si larry ascape dok dari lubang ventilasi td malam saat saya tidur :'(
      Padahal saya pikir si larry udah bonding 100% & ga akan ascape, sebelum nya saya bawa keluar dia balik lagi ke dalam kamar kok sekarang malah kabur.
      Si larry emang ga saya pasang angklet karna dulu saya pasang angklet saya lepas karna saya liat larry susah terkam mangsanya keganggu sama angklet nya.
      Si larry makannya juga kadang masih handfeed & ga mau jttf/fttf, makan sendiri cuma sedikit kalo handfeed banyak, sekarang udah di alam bebas semoga aja bisa cari makan sendiri si larry.
      Jd rasa kehilangan biasa tiap pagi udah berisik minta makan sekarang malah sepi :'(
      Makasih dok saran" & artikelnya sampe saat terakhir td malam dia masih sehat berkat dokter :'(

      Delete
    10. minggu ini memang banyak sekali kasus burung hantu yang escape.... saya ikut sedih, semoga larry bisa kembali ke rumah.... :)

      bahkan errol sekalipun bisa aja escape, mas. namanya hewan, yah, siapa yang tahu....

      Delete
  5. Dokter, saya punya celepuk namanya rilo yang sudah saya pelihara satu tahun, peliharanya sudah dari bulu kapas, nah ini ada teman saya yang mau ngasi oriental bay usia brancher, ceritanya ndak boleh pelihara sama mamanya padahal susah carinya itu owl,,,, nah tapi saya cuma punya satu bow perch ukuran 30cm panjangnya, kan si rilo paling nangkring nggak ada setengahnya laah hehehe nah kira kira bisa ndak ya dok di atas satu perch ukuran segitu untuk nongkrong 2 owl tadi di umur yang beda agak jauh dan jenis yang berbeda? Terimakasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. si rilo keadaannya gimana? udah jinak bgt sama mas atau masih defends/galak?
      kalau si rilo udah jinak bgt dan udah nurut aka udah bonding, kayaknya gak apa2 mas adopt si oriental bay owl. nantinya si rilo akan bantu 'sodara barunya' buat adaptasi, biasanya gitu. terutama kalau mereka punya kedekatan secara insting...

      Delete
  6. Malam, dok..
    Saya mau tanya, owi burhan celepuk saya. Owi sedang sakit lumpuh Gag bisa berdiri, kepalanya nuduk seperti gak kuat menahan. Kadang owi kejang. Tapi masi mau makan seperti biasa, walaupun makannya agak kesulitan karena Gag bisa ngatur keplanya. Owi kena apa dok?? Terus harus diberi apa?? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending menurut saya bawa ke dokter hewan terdekat. bisa berbagai sebab, diantaranya tetelo atau kekurangan kalsium....

      Delete
  7. Dok mau tanya dong barn owl saya si al ko kakinya kaya keram ya sebelah itu kenapa ya dok
    Kira" bisa normal lg apa g ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? maaf karena baru balas. saya sakit 2 hari kemaren....

      kalau ditekan kakinya, kesakitan gak? kalau kesakitan, adakah insiden yang menyebabkan dia begitu??

      selama ini dikasih makan apa?

      Delete
  8. ok mau tanya dong barn owl saya si al ko kakinya kaya keram ya sebelah itu kenapa ya dok
    Kira" bisa normal lg apa g ya

    ReplyDelete
  9. Siang Dok,
    Saya punya Bubo, usia Juve akhir, tentang makanan yg saya berikan pada Bubo saya yaitu anak puyuh dan tiput (tiput 2hr sekali)
    saya kasih makan waktu pagi, sore dan malam hari.
    Nah owl saya dalam satu kali makan bs abis 10-14 ekor anak puyuh (dalam 1 hari minimal makan 25-30 ekor anak puyuh).
    Apakah jd masalah jika saya mengurangi porsi makan nya dok?
    Owl kondisi sehat,masih agak batting.
    Mohon pencerahanya. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bubo sebenernya agak riskan kalau mau dikurangi pakannya. mas kasihnya langsung (dengan tulangnya dll) atau disiangi dlu (dikasih hanya dagingnya aja)?

      kalau emang mau agak praktis, mungkin bisa kasih tikus putih ukuran sedang aja... :)

      kalau untuk dikurangi porsinya, mungkin bisa dikit. tapi jangan banyak2... :)

      Delete
  10. Dikasih utuh tanpa disiangi dok, karena saya pikir usia bubo nya sdh dewasa dan yg dikasih adalah anak puyuh,jadi saya pikir si aman dok, trs jg sdh bs mengeluarkan pellet dok.
    Bubo saya namanya Priti (yg ksh nama istri saya, hadeeeh)
    Sdh hampir 3 minggu sejak dibeli Priti ada di rumah. Dl batting parah, tp skrg sdh mau dielus kepalanya,ini pertama kalinya saya pelihara owl.
    Salam dan terimakasih banyak untuk artikel2 nya dok, saya banyak dapat pencerahan dr artikel dokter.
    Terus berkarya ya dok, oiya tolong buatkan artikel khusus segala hal tentang Bubo Sumatranus dan seluk beluk nya dong dok, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya emang lebih bagus kasih langsung tanpa disiangi kalau untuk kasus anakan puyuh. :)

      saya seneng ada couple yang pelihara owl, jadi diluar sana ternyata bukan hanya saya dan suami yang kudu berjibaku dengan owl sendiri, heheheh. apalagi bubo sumatranus termasuk owl kategori advanced. susah buat pemula dan sangat riskan kalau belum terbiasa.

      be positive, itu intinya. memelihara owl erat kaitannya sama berpikir positif. soalnya mereka bisa baca pikiran kita, semua hewan juga gitu sih.

      yakin aja priti bisa jinak, nanti dia akan cepat jinak jika kita berpikir seperti itu.

      ini sebenernya rahasia, hehehe. jangan bilang siapa2. :D

      salam buat istri dan priti, mas... :D

      kasih kabar terus... :)

      Delete
  11. halo dok…thanks artikelnya…=)
    saya ada pertanyaan mengenai artikel diatas "untuk buffy owl 3 hingga 5 ekor tikus putih uk sedang atau besar" ..ini maksudnya perkali makannya dok atau dalam sehari??

    trims dok

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. Dok, itu sekali makan atau bagaimana ? kalau porsi celepuk brancher sebanyak apa dok? oiya dok, owl saya kok kakinya ngangkat sebelah ya ? itu tidur atau bagaimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya untuk sekali makan.
      owl suka mengangkat kakinya saat tidur masih bisa dikatakan normal...

      Delete
    2. Halo dok mw tanya, itu saya hrs kasih makan di jam brp aja yaa??

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. malem dok, celepuk sy ( ace, sabo, luffy ) kalo makan kok ga ada kenyang ya dok, sy takut knpa2 kalo misalnya makannya kebanyakan, skrang masih usia brancher akhir, kira2 usia segitu porsi makannya seberapa ya dok ? pakan nya jangkrik dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada kok artikelnya, hehehe... silakan baca artikel di atas... :D

      Delete
  16. malem dok, celepuk sy ( ace, sabo, luffy ) kalo makan kok ga ada kenyang ya dok, sy takut knpa2 kalo misalnya makannya kebanyakan, skrang masih usia brancher akhir, kira2 usia segitu porsi makannya seberapa ya dok ? pakan nya jangkrik dok

    ReplyDelete
  17. Dok.. saya baru adopt burung hantu jenis strix celoputo. Saya juga punya seekor strix dan seekor bubo. Cuma yg baru ini makannya ogah2an. Sudah saya karantina dulu sebelumnya di tempat gelap selama 2 hari sambil saya kasih makan puyuh doq. Tetapi selera makannya moody. Kemarin habis 8 ekor puyuh doq. Tetapi hari ini cuma 4 ekor aja sudah gak mau lagi. Faesesnya putih tp ada coklatnya 1/6. Saya tanya pemilik sebelumnya katanya biasa di kasih makan lele kecil. Yg saya tanyakan apakah boleh burhan jenis strix makan lele ? Karena burhan saya yg lain makan umpan hidup selain ikan.. trus efeknya apa kalo dikasih makan lele. Terima kasih dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa kasih lele dulu, tapi sedikit demi sedikit dikurangi sambil dikasih makanan selain lele. bagusnya kasih daging aja mas, optimalnya kasih bayi tikus yang masih merah.

      kalau soal makannya yang moody, ya emang gitu sih. si errol aja begitu kok. :)

      selama fesesnya masih 3 elemen, saya kira dia masih sehat... :)

      Delete
  18. Terima kasih atas jawabannya dok.. maaf mau tanya lagi.. salah satu kuku burung hantu saya copot.. bagian luarnya yg keras dan tajam lepas.. karena terpeleset saat manjat pohon.. jadi tinggal kuku yg dalam aja.. apakah kuku tersebut bisa tumbuh lagi ..? Karena sekarang sering kakinya diangkat satu.. kalo disentuh seperti kesakitan.. terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, bisa tumbuh lagi.
      sementara ini usahakan jangan dipegang dulu bagian kaki yang kukunya lepas. biar tumbuh dulu...

      feses masih normal? cek terus fesesnya. :)

      Delete
  19. pagi dok, saya mau nanya nih, kemaren saya baru beli oriental bay yang masih muda, tu saya kasih jangkrik malamnya sma pagi tadi ni gk mau dok. Apa itu masih adaptasi, stress apa gimana dok?Soalnya saya lagi pemula merawat burung hantu jenis oriental bay. Maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas hari ini... sibuk sekali minggu2 kemarin, hiks....

      banyak sebab sih kenapa dia gak mau makan. tapi coba cek fesesnya. cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu....

      sekarang gimana keadaan owlnya, mas?

      Delete
  20. dok.. kok BO saya klo meleng d kasih makan tiput gk mau, tapi klo dia tatap mata sya mau y dok..

    ReplyDelete
  21. Salam kenal dok..saya baru pelihara celepuk 2hr, namanya owi, diliat dr bulunya sekitar umur 3bln gt dok. Awal beli owi aktif bgt n mau makan jangkrik yg saya suapkan. Sementara masih d taruh dlm sangkar(masih cari tangkringan), sore kmaren saya suapi daging ikan, saya kira smua daging dy mau makan. Habis 5potong kecil, sm jangkrik 2. Malamnya dy lemes n fecesnya cair n oily kuning bening(kyk minyak goreng campur air), smalam ngantuk aja dy. Minumnya byk pas saya suapi pake sedotan. Td pagi masih cair n oily fecesnya. Makan habis jangkrik 5, siang ni pas saya liat ada gumpalan isinya kaki2 n potongan tubuh jangkrik, gumpalan sebesar kotoran kucing, itu apa ya dok?trus untuk diarenya bagaimana dok?makannya dikasi apa ya dok? Sementara owi saya taruh d kurungan..sambil nyari tangkaran dlu. Mohon bantuannya dok..saya bingung mesti ngapain..trimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dikasih ikan, mas? :(
      stop ikan. kan di artikel cara memelihara celepuk udah saya bilang makanan utamanya jangkrik... :D

      coba kasih super-n aja, mas beli di tukang makanan burung. semoga bisa sembuh. dan kabari lagi...

      Delete
  22. Salam kenal dok..saya baru pelihara celepuk 2hr, namanya owi, diliat dr bulunya sekitar umur 3bln gt dok. Awal beli owi aktif bgt n mau makan jangkrik yg saya suapkan. Sementara masih d taruh dlm sangkar(masih cari tangkringan), sore kmaren saya suapi daging ikan, saya kira smua daging dy mau makan. Habis 5potong kecil, sm jangkrik 2. Malamnya dy lemes n fecesnya cair n oily kuning bening(kyk minyak goreng campur air), smalam ngantuk aja dy. Minumnya byk pas saya suapi pake sedotan. Td pagi masih cair n oily fecesnya. Makan habis jangkrik 5, siang ni pas saya liat ada gumpalan isinya kaki2 n potongan tubuh jangkrik, gumpalan sebesar kotoran kucing, itu apa ya dok?trus untuk diarenya bagaimana dok?makannya dikasi apa ya dok? Sementara owi saya taruh d kurungan..sambil nyari tangkaran dlu. Mohon bantuannya dok..saya bingung mesti ngapain..trimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dikasih ikan, mas? :(
      stop ikan. kan di artikel cara memelihara celepuk udah saya bilang makanan utamanya jangkrik... :D

      coba kasih super-n aja, mas beli di tukang makanan burung. semoga bisa sembuh. dan kabari lagi...

      Delete
  23. Iya dok, baru buka artikelnya stelah saya kasi ikan kmaren..skrg sudah full jangkrik. Super-n itu apa ya dok?trus mata kanan nya kok lbh sayu ya dok..agak merah sdikit..kyk konjungtivitis gt..td sudah mau makan si owi..habis 6 ekor jangkrik,tp kudu d suapin pelan2 berulang2..🙁🙁

    ReplyDelete
    Replies
    1. super n itu suplemen penambah nafsu makan dan daya tahan tubuh buat burung. kayak obat tetes gitu. :)

      dia suka garuk2 matanya? matanya keliatan berair? matanya sering merem? :)

      saya tunggu kabarnya ya mbak.. :)

      Delete
  24. Maaf baru sempat balas dok, smalam udh q belikan super n dok. Aq kasi 4tetes d mangkok minumnya, td pagi mau makan byk,hbis 15ekor jangkrik. Siangnya habis 5ekor..
    Matanya g berair, cm dy sering ngatupin klopak matanya sebelah n wrn kelopak matanya sedikit lbh merah. Yg sebelah melek..itu knp dok?
    Ohya aq smpet baca artikelnya dokter kalo seminggu sekali d kasi minyak ikannya ayam..td siang q kasi d olesin k jangkriknya..dy megap2 gt dok..stelah aq kasi mnum baru tenang, itu knp dok?
    Diarenya udh gak skrg dok..dy smakin jinak bs d elus2 kepalanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah saya ikut senang. :D
      minyak ikan jangan sering2 ya mbak. kalo kebanyakan malah bikin pencernaannya terganggu.

      dia suka garuk2 atau gesek2 bagian matanya?

      kabari saya lagi soal owlnya. namanya siapa? :)
      cuaca lagi gak bagus buat owl, jangan sampe kedinginan. kalo malam, taruh di dalam ruangan. jangan diluar...

      Delete
  25. Dok untuk celepuk yang masih kecil sama yang udah besar apa beda porsi makannya?

    kalo mau kasi anakan puyuh kira2 sehari berapa ekor per porsinya? saya biasanya kasi jam 8 pagi, 1 siang, 5 sore, 11 malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. * anakan puyuh untuk diberi makan ke celepuknya

      Delete
    2. hmm, puyuhnya mas siangi dulu (cuma dikasih dagingnya doang) atau dikasih hidup2? :)

      iya, celepuk yang masih anakan tentu beda porsi makannya dengan celepuk dewasa.

      sebenernya sih untuk celepuk, jangkrik udah cukup. tapi kalo masnya pilih pake puyuh, juga gak apa2... :)

      Delete
    3. dikasi hidup2 dok hehehe mereka langsung nyambar aja begitu puyuhnya dikeluarin dari kandang.

      lebih kenyang makan 1 puyuh atau 10 jangkrik dok? hahaha :D

      oya dok nanya ni, aku punya 2 celepuk, kenapa ya kalo dijejerin, yang lebih muda pasti bersuara wuuuu panjang terus gigit2 temen sebelahnya ya. aku beli beda waktu, beda penjual, beda umur celepuknya kayaknya dok :D

      Delete
    4. iya juga sih, lebih gampang puyuh. gak apa2, kalo emang sukanya makan puyuh, lanjut aja...

      untuk parameter kesehatan burung hantunya gimana mas? cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu..

      Delete
    5. iya dok, aku juga kasinya ganti2an sama jangkrik, cepet abis stock makanannya nanti kalo puyuh dok hehehe

      Namu (yang kayaknya lebih muda, soalnya kepalanya lebih kecil):
      fesesnya normal, sesekali cuma coklat; matanya sayu2 dok dari pertama beli, tapi sekarang udah sering meleknya kalo dipanggil2; ga pernah bersuara dok, bersuara kalo dijejerin hoot2 (yang lebih tua, pertama beli) dia bersuara wuuuu nada tinggi panjang gitu dok tiap dijejerin hoot2 trus gigit2in dia juga; nafsu makannya bagus juga, makannya lebih banyak; responsnya bagus dok, tiap ditaruh di tangan dia pasti terbang balik ke tangkringannya

      hoot2 (yang lebih tua, pertama beli):
      fesesnya normal; matanya normal; jarang bersuara sih dok, dia bersuara kalo aku datengin sambil gembungin sayapnya goyang2 gitu, suaranya wrrrr nada rendah pendek (apa mungkin dia blm jinak ya dok?); nafsu makannya bagus juga; responsnya bagus, suka hinggap di tempat2 yang tinggi, cuma ya galak gitu kalo dideketin

      maaf kalo kepanjangan & banyak tanya2 dok, aku baru pelihara 2 minggu hehehe masih newbie

      Delete
    6. oh gitu. wajar kok. :)
      sekarang gimana keadaannya mas? maaf baru balas... :)

      kabari ya mas. oh ya, coba kasih super-n, mas. biar daya tahan tubuh owlnya bagus.. :)
      beli di toko makanan burung...

      Delete
    7. sekarang mereka udah kayak pasangan aja, mau jejer berdua hehehe
      iya gapapa dok :)

      ok trims sarannya dok. salam buat errol & padma :D

      Delete
    8. oke... kabari terus kalau ada apa2... :)

      Delete
  26. Dok saya mau bertanya. Saya pengen adopt barn owl, tp yg jadi pertimbangan saya adalah porsi makannya. Saya pernah membaca kalau tidak salah porsi makan itu 10% dr total berat badan itu benar apa tidak ? Misalkan benar apakah 10% dr total berat badan itu per sekali makan ato untuk satu hari ? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk porsi makan burung hantu, udah saya tulis di artikel di atas. hihihi. :D

      Delete
  27. BO saya gamau makan di depan saya padahal sudah hampir seminggu sejak dibeli.. saya taruh dia di kamar mandi dan saya kasih tiput setiap sore dan pagi.. kalo saya tinggalin dia baru mau makan dan pas saya denger dia mau makan saya buka pintunya langsung di jatohin lagi tiputnya (gajadi makan) ini gimana ya? sama boleh ajarin cara pasang anklet ga? soalnya dia gabisa diem kalo di pegangin

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini, fokus ke makannya aja dulu mas. kasih makan yang kira2 dia mau makan dulu, yaitu dengan cara ditinggal. yang penting dia sehat dulu.

      jangan dipakein angklett dulu, khawatir nantinya malah stress. pelan2 aja. ajak main dengan cara dielus, sesekali bisa mas sodorin makanannya ke paruhnya (kalo gak dimakan, bisa taro deket dia, terus ditinggal)....

      fesesnya gimana? cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu

      Delete
    2. fesesnya sehat dok.. makannya juga banyak setiap hari abis 4-5 tikus.. jadi kapan ya bisa saya pasangin anklet dan taro di perch?

      Delete
  28. Hai dok mau tanya, selasa kemarin saya baru adopt oriental owl kisaran 4-5 bulan. Hari rabu saya kasih kepala ayam, kamis paginya saya tengok habis tinggal tulang, tapi jumat ini saya kasih dari pagi kgak dimakan makan sama dia. Kalau saya sodorkan cuma di gigit kemudian dijatuhkan lagi sama dia. Apa dia udah kenyang sehingga gak mau makan ? Mengenai fesesnya sepertinya normal. Dikandangnya kalau malam hari sering loncat sana loncat sini apakah itu normal mengingat dia nocturnal ? Mohon penjelasannya dok. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... sekarang keadaan owlnya gimana? :)
      kalau saya sarankan, mending jangan kasih kepala ayam, mas. kasih aja jangkrik, sodorin satu2 ke paruhnya. kaki belakang jangkriknya yang tajam (yang buat loncat) mending copot dulu....

      kasih super-n, setetes tiap hari dengan cara ditetes langsung ke mulutnya. belinya di toko makanan burung... :)

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas

      Delete
    2. Pernah coba kasih jangkrik dengan cara disodorin ke paruhnya atau deketin dikakinya tapi cuman di gigit doang abis itu di lepas lagi ama dia. Si oli(namanya) biasanya makan dari jam 12 malem ampe pagi dok.

      Delete
    3. tapi dikasih ayam dia mau makan? kalo gitu, pastikan daging ayamnya bebas bahan kimia. dan cacah dulu sampe kecil2 biar dia gampang makannya... :)

      nanti coba kasih super-n, setetes setiap hari... :)

      Delete
    4. Iya mau dia makan. Semalem saya kasih tikus putih eh cuman dimakan setengah dari kepala sampe perutnya doang dok

      Delete
    5. oh, bagus itu. coba kasih pingkies (bayi tikus putih yang masih merah, yang belum melek)... :D

      Delete
  29. wah, nama barn owlnya nyontek nama barn owl saya ya mas? hihihihi.... maaf karena baru balas...

    fesesnya gimana? coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu....

    bagusnya jangan dikasih kepala bebek atau kepala ayam, mas.... dagingnya dikit soalnya...

    ReplyDelete
  30. siang dok, saya punya owl jenis celepuk, pertanyaan saya, mungkinkah si celepuk diajari untuk makan jenis instan, thnks dok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya makanan jenis instan gimana ya mas?
      kalau maksud mas makanan burung hantu buatan pabrik, kalo sepengetahuan saya sih belum ada makanan burung hantu buatan pabrik, mas....

      Delete
  31. Dok Saya baru beli celepuk yang masih bulu jarum, seharian kok gak mau makan ya? makannya 1 jangkrik aja kemarin pagi sampe sekarang gak mau makan setelah itu, jangkriknya cuma di cotot aja abistu dibuang, gimana itu dok? sakit atau apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? udah mas karantina belum?
      coba masih karantina, terus kasih super n (silakan baca artikel cara agar burung hantu tetap sehat).

      oh ya, cek juga fesesnya. samakan dengan artikel parameter kesehatan burung hantu.

      kalo fesesnya putih semua, kemungkinan stress itu....

      oh ya, ruangan tempat memeliharanya jangan terlalu dingin. burung hantu anakan gak kuat dingin

      Delete
  32. dok, saya punya celepuk (brancher), dia kelihatan sehat dok, rajin bersuara biar siang, feses normal. tapi kok dikasih makan susah banget ya dok. kadang cuma mau 2 jangkrik. jakriknya mesti dipotong kepalanya dan dikasih dia icip dulu, baru mau ditelen. manja sekali dok. jangankan mau dilatih, mau makan aja udah syukur. gimana ya dok biar dia berenti manja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mas. emang agak susah kalau burung hantunya manja.
      tapi coba mas kasih bayi tikus rumah atau kalau susah nyarinya, mas bisa kasih bayi tikus putih. yang masih merah, yang belum ada bulunya. yang masih merem gitu. beli aja di peternak tikus putih, di kaskus atau di facebook biasanya ada kok yang jual....

      taro aja bayi tikusnya di deket dia, terus tinggal. jangan diliatin.

      bisa juga pake kardus, jadi owl dan bayi tikusnya dimasukkin ke dalam kardus akua botol yang besar, terus tutup (kardusnya kasih bolong2 biar dia bisa nafas)... biarin aja... nanti dia makan sendiri...

      tujuannya agar insting berburunya tumbuh lagi karena secara insting, burung hantu suka mangsa yang keliatan lemah... :)

      Delete
  33. Dok celepuk makannya brp kali sehari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara memelihara celepuk atau baca artikel di atas...

      Delete
  34. Dok apakah saat dilatih buffy fish owl kita menggunakan daging cincang ?
    Dan apakah bop tersebut bisa dikasih makan ikan mujair ? Cincang ataupun yang masih hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mas. bisa pake tidbits daging cincang. untuk daging ikan mujair, bisa yang fillet, dan cincang dulu... :)

      Delete
  35. Dok saya mau nanya kalau pk puyuh kasih berapa ya puyuhnya masih kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kasih puyuh, cari yang bulunya dikit. yang masih anakan banget. bisa kasih sesuai nafsu makannya, tapi biasanya 2 atau 3...

      mas kasih jangkriknya ditaro gitu aja? coba sodorin ke mulutnya.

      untuk fesesnya, coba cek kebersihan pakanya. mas rutin kasih super n nggak? coba rutin kasih. caranya cek arrttikel cara agar burung hantu tetap sehat

      Delete
  36. Aku kan biasanya kasih jangkrik dia sekarang kyk takit ama jangkrik grgr pas itu sakit burungnya kenapa ya?

    ReplyDelete
  37. Yang poopnya kuning keijo ijoan

    ReplyDelete
  38. Dok aku baru beli buffy, mau nanya berapa kg porsi makan untuk buffy perhari

    ReplyDelete
  39. Dok aku baru beli buffy, mau nanya berapa kg porsi makan untuk buffy perhari

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam dok.. saya mau tanya lagi nih, kenetulan di tempat saya agak susah nyarik pakan buat si "tyto" barn owl saya dok. trus sebelumnya saya kasi makan emprit, nah emprit ini gk kuat sama cuaca dingin cepet mati dia. jadi saya akalin dengan cara mencari daging emprit ini dan sisanya saya taruh di freezer, pertanyaan saya.. apa ini baik buat sie "tyto" dok? tp tiap hari saya kasi super-N seperti saran dokter. saya tunggu jawaban dari dokter. trimaksih dok. slm hangat dari "tyto" buat errol n padma :)

      Delete
    2. bisa kok, asalkan sebelum diberikan, direndem dulu di air matang/air mineral biar mencair dulu... cukup direndem di air mineral biasa aja, jangan yang hangat. takutnya malah tekstur dagingnya nanti berubah. :)

      dan cacah2 dulu kecil2. biar gampang dicerna. :)

      Delete
  40. Halo dok, saya baru dapet partner celepuk umur juve, kata pemilik sebelumnya udah jinak, saya taro dikamar saya udah 3 hari tapi saya ga iket jadi dia bisa bebas, tapi setiap saya deketin pasti dia mode defense terus,dan kalo di elus2 kepalanya dia agak tenang lagi cuma dia ngeliatnya kaya takut/marah, itu gimana ya biar dia percaya kita bukan ancamannya? dan lebih baik di iket apa gausah ya dok? soalnya ada lemari tinggi kadang susah ngambil si juve :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau burung hantu juve emang gitu, mas... :)
      kalau saya sarankan, mas bisa bikin owlbox sederhana dari kardus yang didalamnya dikasih tangkringan, terus bagian atasnya ditutup, dan disalahsatu sisinya dicoak pake cutter sehingga bisa dibuka tutup kayak pintu. nah mas taro aja owlnya di situ.... kalau mau kasih makan, dibuka pintunya... :)

      butuh waktu agar si juve kenal dan percaya sama kita sebagai ownernya... bertahap aja sambil mas jinakin juga dia. yang pasti, kitanya harus sabar... :)

      Delete
  41. Saya punya celepuk namanya sasori. Jinak, baru beli, masih bulu kapas, belum bisa terbang, apa perlu juga diikat kakinya agar tidak kabur. Terus waktu yang baik buat ngasih dia makan, kapan? Berhubung saya pagi jam7 sampai jam 4 tidak berada di rumah. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah diikat.
      taro aja di box kardus bekas akua botol yang besar.

      soal pemberian pakannya, bisa baca artikel CARA MEMELIHARA CELEPUK atau artikel di atas... sebelum pergi sekolah, bisa kasih makan dulu. sorenya, setelah pulang, bisa kasih makan lagi

      Delete
  42. Setelah baca2, ternyata owl saya sudah fase brancher dok. Handling yang tepat, apa masih harus ditaruh owlbox/diikat saja? mengingat aktif sekali malamnya, lompat2, dan bisa terbang tapi masih rendah. Kalau ditaruh owl box terus, apa gak stres dia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bikin stress itu kalau di kandang yang bisa dilihat dari luar, alias kandang jeruji. dan kandang yang sempit. selama owlboxnya lumayan besar dan tidak bisa dilihat dari luar, dia relatif lebih aman buat owl.

      kalau emang masih brancher, kenapa gak mas taro di perch aja? kalau lagi main, mas taro di perch. tapi kalau mas emang mau pergi keluar, mas bisa taro di owlboxnya... :)

      Delete
  43. Dok ini saya punya celepuk makannya itu sehari sekali atau berapa kali trus cara lihat jenis kelamin xelepuk gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal makanannya, silakan mas baca artikel PORSI MAKAN BURUNG HANTU dan untuk jenis kelamin, silakan mas baca artikel saya CARA MENGETAHUI JENIS KELAMIN BURUNG HANTU

      Delete
  44. sudah saya buatkan perch kecil, dan dapat dipindah2,perch-nya kumasukkan ke owlboxnya juga kalau pas saya keluar. Sore dan pagi saat luang dan di rumah, owlnya saya taruh di luar owlbox. Malamnya, sekitar jam 21.00, saya masukkan lagi ke kotaknya. Tak apa kan kalau jam-jam aktifnya(malam) berada di owlbox?
    thanks tipsnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah bagus banget. (y)
      udah mas latih? coba aja latih.... :)

      Delete
    2. Baru tahap FOF :D lama gak ya bisa ke tahap ke-2nya.

      Delete
    3. coba aja langsung ke tahap selanjutnya, mas...

      maaf kalo saya baru balas.... :(

      Delete
  45. doc, benny owlku sehabis makan ikan lumayan bamyak trus dimandiin tiba-tiba bobo di anduk dri jam 2 smpe jam 5 terus benny sampe skarang keliatan lemes, ngga nafsu makan
    apa yang salah ya doc
    harusnya aku gimana

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum dok.
    Saya sebelumnya sudah adopt barn owl, celepuk, javan owlet, dan sekarang saya adopt bubo (joey namanya) usia masih brancher tengah, apa boleh dok di kasih mencit utuh? Sebelumnya saya kasih lele di fillet, ayam fillet, belum coba kasih mencit utuh.

    Makasih dok sebelumnya��

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum dok.
    Saya sebelumnya sudah adopt barn owl, celepuk, javan owlet, dan sekarang saya adopt bubo (joey namanya) usia masih brancher tengah, apa boleh dok di kasih mencit utuh? Sebelumnya saya kasih lele di fillet, ayam fillet, belum coba kasih mencit utuh.

    Makasih dok sebelumnya��

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja mas. :)
      pilih yang kecil aja, yang kira2 dia gampang makannya...

      Delete
  48. Dok mau bertanya nih kan saya baru melihara barn owl nih, umur kisaran 3bulan lah. Kemarin2 masih setres banget tuh gamau makan sama sekali tetapi saat saya kasih makan sehabis maghrib dia mau dok, tetapi pagi2nya saya coba kasih makan lagi eeh dia malah kaya setres ngehindar2 gitu, kenapa ya dok? Tolong penjelasan nya maaf nih pemula. Oiya kalo ngasih makan itu sampe dia bener2 kenyang dan minta lagi atau emng secukupnya saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. porsi makan burung hantu udah ada di artikel di atas.
      mas kasih makan apa?

      bagusnya kasih daging emprit atau puyuh. stok aja di freezer. tiap kalo mau kasih makan, potong secukupnya, rendem di air matang biasa (bukan air panas/hangat) rendem sampe gak dingin dan gak beku lagi, setelah itu cacah kasar sekira kalo burungnya nelan gak kesulitan, dan sodorin satu2 ke burungnya..

      oh ya. kasih suplemen yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT.

      Delete
  49. Dok saya mau tanya saya punya burung hantu bubu(celepuk) udah agak lama terus saya dua hari lalu beli toto(bran owl) masih bc akhir.. semenjak ada toto bubu kok seperti kehilangan selera makan ya dok.. kenapa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada hubungannya sama owl yang baru datang, mas.
      atleast tebakan saya itu.

      si bubu gak merasa ketakutan kan?

      mas bisa kasih super-n setetes setiap hari.

      maaf karena baru balas.

      Delete
    2. Iya dok trimakasi super-n kalo beli di toko pakan buruang kah dok?

      Si bubu makannya udah normal dok tapi kok gak mau makan jangkrik ya dok tiap aku kasih keparuhnya cuma digigit terus di jatuhin apa bosan makan jangkrik dok??

      Dan owl baru saya udah meninggal dok 😭 kayak kedinginan gitu terus saya tinggal tudur esoknya udah gk bernyawa..

      Delete
  50. Iya dok tapi saya pakai puyuh buat makannya,,tapi kayak g ada kenyangnya dok,,disitu kan tiput ya tapi saya geli sama binatang 1 itu Haha jadi pkek puyuh,,untuk ukuran BO bc awal makan sehari hampir 15 puyuh itu normal atau gimana dok?

    Maaf komen disini dok,,tapi ini bc padahal awalnya g batting dok,,tapi kok skrang agak batting ya? Emang seh baru ae adopt nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sampe 15 puyuh kayaknya kebanyakan. batasin aja mas. umur burungnya berapa? jenisnya apa?

      mungkin kasih aja setengahnya, cukup 7 atau 8 puyuh sekali pemberian. kasih makan 2 kali sehari. jangan lupa kasih super-n setetes setiap hari... :D

      fesesnya gimana? normal kan?

      Delete
  51. Iya dok tapi saya pakai puyuh buat makannya,,tapi kayak g ada kenyangnya dok,,disitu kan tiput ya tapi saya geli sama binatang 1 itu Haha jadi pkek puyuh,,untuk ukuran BO bc awal makan sehari hampir 15 puyuh itu normal atau gimana dok?

    Maaf komen disini dok,,tapi ini bc padahal awalnya g batting dok,,tapi kok skrang agak batting ya? Emang seh baru ae adopt nya hehe

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. asalamualaikum dok,
    saya mau tnya,klo untuk jenis bubo apa boleh di kasih makan emprit?? klo blh sehari di kasih brp ya??
    dan kalau tdk blh pakan apa yg cocok selain bayi tikus putih soalnya di daerah saya gk ada sama sekali yg jual bayi tikus putih
    trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  54. Doc, salam kenal sebelum nya,,, saya punya partner buffy fish,,, klo saya kasih makan ikan lele untuke keseharian nya apakah baik??? Dan porsi nya seberapa banyak???

    ReplyDelete
  55. slmt siang dok.. saya mau penelitian dilapangan (sawah) tentang efektivitas burung hantu sebagai predator tikus. petani sudah mempunyai penangkaran burung hantu. mohon masukan. trims

    ReplyDelete
  56. Hai dok ,,saya mau tanya nih,,saya punya rencana punya celepuk tapi dirumah saya mlihara kucing,,gimana ya agar celepuk nya ttep aman??

    ReplyDelete
  57. Dok, mau tanya
    Sy menemukan barn owl yg sayap kanannya terjerat senar layang2 di kabel. Maunya langsung dilepas tapi owlnya tidak bisa terbang, sepertinya ada cidera pada sayap kanannya. Solusinya gimana agar sayapnya kembali sembuh ? Terus selama perawatan sebaiknya dikasih makan apa ?

    ReplyDelete
  58. Dok, mau nanya. Untuk asupan burhan celepuk pemberian makanannya perhari berapa kali ya? Kalau sekali makan 12-15 ekor jangkrik.

    ReplyDelete
  59. Halo Dok..
    Dok Saya mau Tanya.Saya Punya Celepuk Namanya Jack.Ukuran Juve Kok Dua Hari Terakhir Ini Kaya Defends Gitu ya Dok?..
    Padahal Biasanya Jinak Total.100%Bonding Kalo DiPanggil Jack And Disapa Suka Ngalem Kaya Tengger Di Bahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kadang suka ada yang kayak gitu. suka mendadak galak sendiri.
      udah berapa lama pelihara si jack, mas?
      masnya lagi ada masalah atau lagi pusing sama sesuatu mungkin? karena ngaruh loh. biasanya owl bisa tahu apa yang dirasain sama masternya. kalo masternya lagi banyak masalah, biasanya owl juga jadi ngerasain juga. terutama kalo yang udah jinak dan bonding....

      penyebab lain, dan ini sebenernya saya ragu, adalah soal kesehatannya. nafsu makan gimana? cuaca lagi gak bagus buat burung hantu, mending kasih super-n setetes setiap hari. beli di toko makanan burung.

      Delete
  60. dok maaf saya mau tanya, saya punya owl jenis buffy fish namanya axel. dari pertama dateng saya kasih ikan mas yang kecil kecil dok. kata yang melihara sebelumnya biasa dikasih ikan mas, jadinya saya lanjutin kasih ikan mas. nah akhir akhir ini si axel kok jadi galak ya dok? dia makannya lancar. dia waktu pertama dateng waktu disuapin ikan ke paruhnya bisa bedain mana ikan mana tangan dok. sekarang dia semuanya digigit, jadinya sakit kalo tangannya kegigit.
    terus dok, waktu awal dateng dia dielus elus juga dia diem dok. dielus elus bagian kepala atau bagian dada bawah paruh dia diem aja dok. tapi kenapa sekarang dia malah kadang menghindar, nundukin kepalanya ke bawah, terus bahkan ngegigit tangan yang mau elus elus kepalanya ya dok? kenapa dengan si axel?
    tolong jawab ya dok. maaf kepanjangan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. karena dia udah mulai sadar, tuannya udah ganti.
      emang setiap burung hantu yang baru dialih-ownerkan ya gitu. sekarang tinggal kembali ke masnya aja. :)

      rawat dia sebaik-bainya, karena sebenernya dia lagi nantangin mas, "lu bisa ngerawat gua sebaik tuan gua dulu nggak?" :)
      kira-kira itulah arti perilakunya...

      rawat dia kayak biasa. ajak ngobrol biar dia kenal sama mas. elus-elus. kasih makan meski dia sering gigit... :)

      Delete
  61. selamat siang dok, saya baru malam ini dikasih burung hantu dan jenisnya pun saya tidak tau, pertanyaan saya gimana cara tread yang baik untuk burung hantu baru saya ini, hari ini sih baru saya kasih jangkrik aja sekitar sampe 20ekor... mohon bantuannya dok karena saya juga baru untuk merawatnya satu lagi dok, kalo untuk pemberian makan secara hidup saya tidak tegaan gimana kalo pemberian makan daging ayam yang sudah dipotong, untuk perharinya kira" harus menghabiskannya berapa banyak daging dan dalam wkt sehari berapa kali pemberian makannya... terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk makanannya, mas bisa cek artikel saya makanan burung hantu dan artikel porsi makan burung hantu

      Delete
  62. Assalamualaikum dok. Dok, kalo BO masih bc apa bisa dikasih DOQ hidup? Soale DOQ jauh lebih murah dibanding pinkies hehe..

    ReplyDelete
  63. Assalamualaikum, dok. Dok klo BO masih bc apa sudah bisa diberi makan DOQ yg masih hidup? Soale DOQ lebih murah dibanding pinkies.. he.he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas. tapi sebaiknya disiangi dulu. yang dikasih dagingnya aja.
      mas juga boleh nyetok daging doq di freezer. kalo mau kasih makan, ambil sedikit dari freezer, rendem di air mineral sampe gak beku dan gak dingin lagi, cacah, baru kasih ke barn owlnya...

      rutin kasih super-n setetes setiap hari

      Delete
    2. bisa mas. tapi sebaiknya disiangi dulu. yang dikasih dagingnya aja. mas juga boleh nyetok daging doq di freezer. kalo mau kasih makan, ambil sedikit dari freezer, rendem di air mineral sampe gak beku dan gak dingin lagi, cacah, baru kasih ke barn owlnya... rutin kasih super-n setetes setiap hari

      Delete
    3. O iya dok mau tanya. Usia maksimal BO itu smpe bro tahun ya? Soale dokter bilang bisa hidup hingga 30 tahun. Tapi sy pernah baca artikel klo umur maksimal hanya 4,5 tahun. Yg benar yg mana ya dok..?

      Delete
    4. kalau di alam, biasanya emang lebih singkat, mas. kalau dipelihara manusia, bisa sampe 30 tahun, bahkan lebih. udah saya bahas di artikel umur burung hantu. :)

      kalau mas mau baca sumber lain, mas bisa beli buku atau baca di wikipedia juga ada... :)

      Delete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. Dok, sy nyetok doq utk makan bo tp doq nya gampang mati. Boleh tidak doq yg mati sy masukin freezer utk nantinya di kasih makan bo..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, bisa mas.
      nyetok aja daging doq atau doc atau puyuh atau emprit di freezer. tiap kali mau kasih makan, potong sedikit, rendem di air mineral (jangan air panas) sampe gak dingin dan gak beku lagi, cacah, baru kasih ke owlnya...

      Delete
    2. Terima kasih atas jawabannya dok..

      Delete
    3. Dok, maaf nnya terus. Sy blm pernah liat bo sy minum. Td pagi sy sodorkan ke mulutnya pake sedotan. Tp air yg sdh di telan di muntahin lagi dok. Apa itu wajar dok..?

      Delete
    4. nggak apa2 mas. :D
      ditetesin aja dari paruhnya. jangan dimasukkin ke dalam paruhnya. :)

      kalau dimuntahin lagi, biarin aja...

      fesesnya gimana mas?

      Delete
    5. Fesesnya normal dok. Dok, utk porsi makannya ksh doq pagi 3, siang 2, malam 3. Itu cukup or perlu ditambah ya dok? Burhan sy bo usia bc

      Delete
    6. itu udah cukup. so far so good, soal minum mungkin ntar aja... super-n, jangan lupa... setetes setiap hari...

      Delete
    7. Iya dok, super n nya ga lupa. Dokter kan nyuruhnya taruh dikamar ya biar dia jinak. Tp dia teriak2 terus dok yg ada sy nya ga bs tidur. Gimana ya dok..?

      Delete
    8. hehehehe, dia ngajak main itu. resikonya punya owl ya gitu. saya juga dulu ngerasain kok. tapi ya gimana lagi? akhirnya saya beli penutup kuping biar bisa tidur... :D

      sekarang sih udah biasa, gak perlu pake penutup lagi... :D

      Delete
  66. Dok, selain super n, perlu vitamin or suplemen lain kah..? Yg cocok apa ya dok..?

    ReplyDelete
  67. Dok, bo sy ko tiba2 ga mau makan ya terus dia diem aja. Biasanya teriak2. Apa ada vitamin biar dia ga stres dok.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih super-n aja mas. beli di toko makanan burung. setetes setiap hari.

      Delete
    2. Dok, ko tiba2 bo sy susah ya makannya. Di kasih doq cm di gigit2 aja. Tp diambil ga dikasih. Dia muter2. Dlu dikasih doq 3 langsung. Fasesnya kadang hijau tua kecoklatan air beningnya banyak tp bagian putihnya tdk ada. Tp itu hanya kadang2 dok. Gimana ya dok..?

      Delete
    3. nggak apa2. kalo pas kasih makan, kasih aja, jangan diambil lagi.

      kasih super-n, mas. setetes pagi dan setetes sore. langsung tetesin ke mulutnya aja.

      coba siangin dulu doc-nya. kasih dagingnya aja yang udah dicacah.

      Delete
  68. Dok, bo sy fasesnya seperti itu. Itu kenapa ya..? Dia bersuara tp matanya sering merem biarpun malam juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti itu gmn mas?
      fesesnya berapa elemen? 3?

      maaf karena baru balas. saya baru dari luar kota kemaren.

      coba kasih super-n. setetes setiap hari...

      Delete
  69. Wah gambarnya ga ke upload ya.. warnanya coklat tua dok. Hnya 1 warna. Sm dia merem terus ya dok. Bahkan saat malam hari pun

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas. :(
      kalo hanya satu warna, kayaknya ada masalah di pencernaannya, mas... udah kasih super-n belum?

      Delete
  70. Malam dok.. Dok sy mau tanya sy punya buffy namanya Kurt.. Sy adopt sebulan yg lalu dr chick.. Skrg udh masuk usia brancher.. Dari awal sy adopt sampe skrg sy kasi makan anakan lele hidup yg kecil2, porsi sekali makan bisa 15-20ekor lele. sy mau tanya apa gpp dok klo sampe besar sy kasih menu itu terus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira nggak kenapa2 kalau emang udah terbiasa.
      c
      selama ini fesesnya mencret nggak?

      kasih super-n, setetes setiap hari, mas... maaf karena baru balas...

      Delete
    2. Fesesnya si normal cm memang agak cair sedikit dok.. Oh gitu ya..
      Oiya dok klo udh bisa di taro di perch & di kasi angklet itu usia brp ya?
      Krna slma ini msh sy taruh box. Mau taruh di perch takut jatuh blm kuat kakinya

      Delete
    3. cuaca lagi gak bagus buat hewan, mas. mending pindahkan ke dalam rumah. nggak apa2 sementara ditaro di box. super-n jangan lupa.

      kabari terus

      Delete
  71. Mau nanya dok.. Saya baru melihara celepuk 1 minggu. Namanya kimi umur nya bc. . Klo makan banyak bgt. . 1 hari saya kasih 2 sd 3 kali makan.. Sekli makan abis 25 jangkrik. . Gpp dok? Sama umur berapa celepuk dikasih tangkringan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya cukup 20 jangkrik aja mas. :)

      jangan lupa kasih super-n setetes setiap hari.

      cek terus fesesnya. baca artikel saya: parameter kesehatan burung hantu.

      Delete
  72. Assalamu'alaikum Dok celepuk yg bulu dadanya masih ada sedikit bulu kapas dan sdh bisa mengejar jangkrik, termasuk kategori apa ya?

    Dan bagaimana cara memberi doq untuk celepuk pertama kalinya dok? Oh iya kata temen saya jika memberikan jangkrik terlalu sering bisa ayan ya dok?

    Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih kategori anakan, mbak. :)
      doq-nya disiangin dulu. dipotong. ambil dagingnya aja. kalau emang gak mau repot, bawa ke tukang potong ayam aja. minta potongin... :)

      nggak kok. udah saya bahas di artikel jangkrik menyebabkan tetelo, benarkah?

      Delete
  73. Dok saya punya barn owl chick yg baru saya beli, dan ini pertama kali memelihara burung, barn owl chick saya namanya rexi dia klo dikasih makan tidak melihat pakannya apakah normal untuk umur segitu untuk tidak melihat pakannya, barusan saya kasih dada ayam rebus apakah boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama nafsu makannya bagus (masih mau makan) dan fesesnya oke, saya kira dia masih sehat. coba mas cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.

      dada ayamnya jangan direbus dulu. kasih mentah aja, dan dipotong2. kalau bisa sih kasih daging puyuh aja mas. nyetok di freezer. kalau mau kasih makan, potong dikit,rendam dia air mineral sampe gak dingin dan gak beku lagi, potong2, baru kasih ke dia....

      jangan lupa kasih super-n, setetes setiap hari. cek artikel cara agar burung hantu tetap sehat.

      Delete
  74. dok kl BO dikasih emprit atau doq sehari porsinya brp kl uda juve atau dewasa..mau coba2 BO tp masih baca2 dl hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir sama kayak tikus putih mas. kalau saya, tambah 1 atau dua doc. :)

      Delete
    2. iya, mas. doc itu yang lebih kecil, makanya saya sarankan kalau doc kasih dua, ditambahkan... :)

      Delete
  75. Dok kan saya mau pelihara celepuk,klo saat saya beli dia dikurungin,apa gpp klo saya rawat dia di kurungan,bukan di perch?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan mas. kalau mau, mas pake owlbox. bikin owlbox aja dari kardus besar. beli kardus yang agak gede. terus kasih tangkringan di dalamnya. gitu aja. :)

      karena owl kalo pake sangkar burung biasa (yang jeruji), malah kurang bagus nantinya...

      Delete
    2. Klo dikandanginnya oakr kandang kucing tetep gabole dok?

      Delete
  76. Dok, saya baru beli burhan oriental bay, umurnya 6 bulan. Dan sudah saya bawa ke rumah. Bagaimana cara karantina oriental bay?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya: cara karantina burung hantu

      Delete
  77. Dok saya mau tanya itu untuk porsi makan owl jenis celapuk 10-18 ekor jangkrik itu dalam satu kali makan atau dalam sehari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekali makan, mas. itupun sebenernya fluktuatif, boleh kurang dari itu, atau lebih juga nggak apa2 asalkan lebih dan kurangnya jangan terlalu banyak. maksimal lebih dan kurangnya adalah 3 atau 4 ekor. :)

      Delete
  78. Dan baiknya dalam sehari berapa kali makan untuk owl jenis celapuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada di artikel di atas mas... :)

      maafkan karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  79. Selamat malam dok, saya punya baby tyto alva usia kurleb 3 mingguan bulu sayap sudah mulai mecah, nah untuk pakan saya biasa kasih anakan puyuh sekali makan 2 ekor 4X sehari jadi 8 anakan puyuh, dan it langsung saya kasih trus di telan hidup" dok apakah bahaya ?, soalnya mau membunuh dan mencacah anakan puyuh nya ga tega, saran nya gmna dok ?, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih kasih dagingnya aja mas.

      selama dikasih idup2, dia suka muntahin pellet-nya nggak mas? kalau emang dia gak muntahin pelletnya, saya kira aman. meski bagusnya kasih dagingnya aja mas...

      parameter kesehatan burung hantu lainnya gimana mas? oke?

      maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  80. Dok,kan saya sering keluar kota,lalu saya ingin memelihara celepuk,apa boleh klo dirumah saya pakein perch tapi klo saya keluar kota ditaruh di owlbox lalu saya bawa dia keluar kota.Apa gitu gpp dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja sih, tapi agak riskan. selama aman di perjalanan, saya kira bisa aja sih mas. :)

      maafkan saya karena baru balas. kabaru tersus

      Delete
  81. Apa boleh dok celepuk saya dikasih makan 1x sehari pada saat sore doank?

    Klo sore doank kasih makannya brp jangkrik?

    ReplyDelete
  82. Anakan burung hantu saya engga muntahin pellet nya dok, ooh iya nama burung hantu saya nama nya risa kaya nama mantan wkwkw😅, saya mau tanya lg dok kalo malam saya kasih kandang trus kasih lampu bohlam gt aman engga ya biar tidak kedinginan dok, trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2 nggak ngeluarin pellet, berarti semua makanannya tercerna. bagus gitu kok. :D

      mas tinggal dikota mana? kalau mas tinggal dikota yang emang dingin kayak bandung atau malang, boleh aja sih. kalau toh nggak tinggal di kota yang suhunya dingin, boleh aja kasih lampu. asalkan jangan terlalu deket... :)

      Delete
  83. Kalo makannya sore dan malam,jam brp dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jamnya sih sebenernya terserah ownernya, mas. kalo saya sih sore biasanya jam 5an, malamnya jam 12 atau setelah jam 12 malam...

      Delete
  84. Pagi dok, numpang tanya, saya punya owl jenis strix, dri temen yang pernah keep, sehari bisa makan 20 ekor doq, tapi punya saya cuma makan 10 ekor, dan nafsu makanya itu agak males2 an gitu, tapi dia tetep mau makan, apakah wajar atau perlu dikasih suplemen?, untuk feses normal

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.