4 Tanda dan Ciri Musang Yang Sakit | Drh. Fira Sovica

Musang yang sedang sakit

memiliki ciri spesifik yang tidak dimiliki musang yang sehat. Artikel singkat tentang ciri musang yang sedang sakit ini diharapkan bisa membantu owner musang untuk mengobati musangnya yang sakit atau calon owner musang yang ingin tahu apakah musang yang dibelinya termasuk sehat atau tidak. Tanda musang yang sakit bisa diketahui dengan beberapa ciri musang sakit berikut:
4 Tanda dan Ciri Musang Yang Sakit
Image taken from bambangwahyu12118067.blogspot.com


  • Bentuk feses cair, berbau busuk, berdarah, atau berwarna terang.
Ciri musang yang sedang sakit bisa dilihat dari fesesnya. Cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya bisa anda lihat di artikel cara mengetahui kesehatan musang dari tahinya.
  • Nafsu makan kurang atau tidak ada samasekali.
Musang yang malas makan atau bahkan tidak mau makan samasekali kemungkinan besar sedang sakit. Poin kedua dari tanda musang sakit ini akan makin kuat jika cocok dengan poin pertama yang saya sebutkan sebelumnya.

  • Malas bergerak.
Musang biasanya aktif bergerak, baik itu di siang hari, terlebih pada malam hari karena pada dasarnya musang adalah hewan nocturnal. Musang yang malas bergerak bisa jadi adalah musang yang sakit. Sebaiknya cek juga fesesnya untuk menguatkan apakah musang tersebut sakit atau tidak.

  • Bulu rontok (hairloss) atau sering menggaruk.
Tanda musang sakit yang selanjutnya adalah bulunya rontok dan musang kelihatan sering menggaruk badannya. Poin keempat ini dikhususkan kepada musang yang memiliki penyakit pada bagian luar tubuhnya, bukan pada organ dalam tubuh musang itu sendiri. Namun, tentu saja penyakit luar pada musang seperti scabies dan lain sebagainya tidak bisa dianggap remeh. Meski termasuk penyakit luar, penyakit musang akibat kutu dan jamur sama berbahayanya seperti penyakit dalam tubuh musang. Cara mengobati musang yang kena scabies bisa anda baca di artikel cara mengobati scabies pada musang.

Demikian adalah beberapa

tanda musang yang sakit

yeng penulis tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel di atas bisa membantu anda dalam mengenali musang yang sakit. Terima kasih. (FS)

303 Responses to "4 Tanda dan Ciri Musang Yang Sakit"

  1. Malam dok
    Saya punya muspan usia 3 bulan sekarang mata kirinya lagi sakit, ciri"nya aga sipit terus sedikit berlendir. Cara mengobatinya gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengobati katarak pada musang.
      secara prinsip sama. :)

      Delete
    2. Dok tanya saya punya baby muspan 2,5 bulan dia aktif baget tapi susah makan kira kira itu ada gejala penyakit tdak dok? Feses normal

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Dok tanya saya punya baby muspan 2,5 bulan dia aktif baget tapi susah makan kira kira itu ada gejala penyakit tdak dok? Feses normal

      Delete
    5. mas kasih susu? sebaiknya jangan dikasih susu, mas... ganti pake sari kurma campur air aja...

      kasih info mengenai fesesnya... :)

      Delete
    6. Alhamdulillah untuk ketiga hari ini muspan sudah normal makannya lahab sekali..feses normal tdak encer dok.
      Makasih atas saran dan masukannya sangat membantu sekali

      Delete
    7. saya seneng dengernya. kabari terus ya mas... :)

      Delete
    8. Iya dok nanti..musangnya sangat aktif sekali..
      Dok tanya kan musang saya suka tak kasih pepaya klo yg lain itu gak suka takut nanti bosan sebaiknya dikasih selingan apa ya?

      Delete
    9. coba aja kasih pisang mas. bagusnya pisang lampung. mas potong2 kecil, taruh di mangkuk, kalau ada sari kurma, tuang 2 hingga 3 sendok sari kurma, aduk, terus kasihin ke musangnya... :)

      Delete
    10. Iya dok nanti..musangnya sangat aktif sekali..
      Dok tanya kan musang saya suka tak kasih pepaya klo yg lain itu gak suka takut nanti bosan sebaiknya dikasih selingan apa ya?

      Delete
    11. pepaya sebenernya udah bagus, mas. selain pepaya dan pisang, mungkin bisa coba lengkeng. bijinya dibuang dlu (dipisahin)...

      Delete
  2. Dok :( alhamdulillah musang saya sudah mau makan, musang saya umur 2 bulanan, tp kok dia sering bersuara grok2 yaa di tenggorokannya. Trus tiap kali makan/minum selalu batuk2 abis itu muntah. Itu knp ya dok? Apa dia flu? Apa ada yg nyangkut di tenggorokkannya? :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya dikasih makan apa?
      coba dikasih jus aja atau bubur bayi. saran saya sih mending kasih buah aja. jaga juga kebersihan kandang dan pindahkan kandangnya ke dalam ruangan.....

      boleh kasih minum air madu juga... sementara dalam 4 hari ini lakukan saja itu dulu,,,, semoga baikan... :)

      Delete
    2. Biasanya saya kasih pisang dikerokin smpe alus, sm bubur sun tp tetep aja grok2 batuk2 trus suka muntah :(, udh 4 hr dok saya perhatiin begitu terus :(
      Udh kok dok, skrg kndangnya saya masukin ke dlm ruangan.

      Oh gitu, ok deh dokter. Maaf ya bila saya bertanya terus :') aamiin... :') terima kasih banyak dokter buat sarannya :)

      Delete
    3. gak apa2, saya malah seneng kalau ada yang bertanya... :)
      silakan kembali lagi setelah 4 hari ya.. :)

      Delete
  3. selamat pagi dok, dok kemarin igo makannya bnyak sekali,, buang airnya juga bnyak,,tapi 3 hari ini napsu mkannya jadi sangat berkurang,, kemarin dia senang mkan rumput,, dan saya masih coba menghandle musang saya agar bisa berbaur saat gathering maupun sekitaran rumah,, tapi ko masih saja begtu ya dok?? apa mungkin igo karkteristiknya one man,, ?? apalagi saya sekrang sudah mgeadop lagi musapan ekput.. tapi igonya malah ngamuk,, bagaimna ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah takut si igo ngamuk, hehehehe... iya, memang awal2 mungkin dia agak 'protektif' terhadap ownernya, namun kelama-lamaan dia juga bisa berteman dengan musang yang lain. intinya gimana mbak mendekatkan igo dengan saudaranya yang baru nantinya.... awal2 mungkin didekatkan kandangnya..... setelah beberapa bulan, bisa coba disatukan kalau memang mau disatukan... kalau dipisahkan ya gak apa2... :)

      fesesnya gimana? dia makan rumput mungkin karena merasa ada yang salah dengan sistem pencernaannya. coba kasih pepaya sebagai pakannya... :)

      Delete
  4. permisi dok, baru baru ini saya memelihara bayi musang.
    tapi akhir akhir ini dia mengeluarkan suara yg tidak seperti biasanya, sepeti bersin atau batuk.
    tapi makan dia selalu makan dan kerjaannya tidur terus.
    apakah dia sakit atau tidak yaa?
    makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana?
      jaga kebersihan kandang. dan jaga agar kandang selalu hangat. tidak panas, juga tidak kedinginan....

      umur musangnya berapa? bagi musang yang masih bayi memang biasa kok tidur... silakan cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya..

      Delete
  5. Halo dok, dokter alhamdulillah musang saya sudah baikkan ya walaupun terkadang masih suka keselek, batuk2 tp sudah mulai berkurang. Kira2 sampe kapan ya dok dia makan pepaya/pisang yg dilembekin. Soalnya tiap x ada makanan yg kasar dikit dia slalu keselek dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. great. saya seneng dengernya. mbak coba kasih bubur bayi, mungkin dia suka. kasih aja yang promina, dibikin agak kental.... :)

      Delete
    2. Prominanya rasa apa aja dok? Okeeh nanti saya coba dok :) terima kasih ya dok atas sarannya :)

      Delete
  6. awal" memang takut tapi sekarang igo aga terbiasa dengan igi, ya meski saat di dekatkan igonya selalu menyerang, igi nya ga bisa diem malah terus gngguin igo,,
    fesesnya si bagus dok,, mkannya memang pepaya dan pisang,, namun akhir" ini mkannya jadi sedikit,,
    iya semga berhasil ya breedingnya,,
    oh iya dok apa mungkin terjadi, igonya ga mau sama igi,, ga cocok gtu?
    umurnya beda 3 bulan sama igo,,,
    akhir" ini igi sering bersin",, padahal saya jga kebersihan kandang dan pakannya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya hanya perlu pembiasaan. beberapa musang kadang ada yang memiliki aura yang bertolakbelakang dengan aura musang yang lain, dengan chakra musang yang lain. awal2 emang kadang suka galak, namun lama kelamaan pasti mereka berdua bisa menerima satu sama lain. yang penting dekatkan kandangnya aja... :)

      kalau sering bersin2 coba dijemur minimal seminggu sekali... :)

      Delete
  7. iya itu juga saya dekatkan terus kandangnya,, di ajak main berdua,, iya dok hampir tiap hari saya jemur,, mandinya 2 kali seminggu,,
    semga cepat akrab ya dok,, biar saya bisa ajak maen keluar 2.2nya hehehe :D

    ReplyDelete
  8. Assalamu'alaikum dokter..
    Dok, saya mau nanya lagi. Akhir2 ini musang saya kok gemeteran yah. Napsu makannya mulai berkurang lg. Kira2 kenapa ya dok. Apa dia sakit? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mbak nggak ngasih tau umurnya.
      fesesnya gimana? silakan cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.

      Delete
    2. Umurnya sekirar 2bulanan. Fesesnya sih seperti apa yg dia makan, normal dok..

      Delete
    3. kalau 2 bulanan, kayaknya masih normal.
      kandangnya di luar ruangan atau di dalam? coba kasih kain di dlam kandangnya agar dia tidak kedinginan....

      untuk treatment, bisa kasih air kelapa 2 hari sekali... :)

      Delete
    4. Oh masih normal ya dok, biasanya saya bebasin di dlm ruangan dok.

      Air kelapanya yg asli apa yg sudah diberi air gula dok?

      Delete
    5. yang asli boleh, yang udah ditambah madu juga oke... :)

      Delete
  9. dok musang saya umurnya kurang lebih 3 bulan dok saya memberi makan dia bubur sun dari pertama kali saya beli dok tapi entah kenapa dia fasesnya saya liat sedikit encer n berwarna terang padahal biasanya dia fasesnya gelap dok apakah ad yang salah dengan pencernaanya dan musang saya entah kenapa dia kaki depannya dok seperti yang kaku kalau dia gerakin atau bahkan seperti kesakitan dok saya tidak tahu pasti kenapa dia bisa seperti it dok karna saya membiarkan musang saya free room d kamar saya dok entah terjatuh atau bagaimana saya tidak tahu dok tapi bagaimana cara mengobatinya dok musangnya sih masih aktif nakal seperti biasa tapi karna kakinya sepertinya ad masalah jadi dia jalan n larinya sedikit susah dok, makan juga dia masih normal dok mau makan banyak satu lg dok dia bulunya kok rontok ya dok apakah umur segitu memang akan mengalami kerontokan atau bagaimana dok soalnya bulu bagian bawahnya banyak yang sudah botak dok tolong kasih solusi yang terbaik dok untuk musang saya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. saya coba jawab.
      1. umur 3 bulan sebaiknya jangan di-freeroom dlu. soalnya usia2 segitu kan dia masih suka gigit2 apa aja, sama kayak bayi manusia. mungkin dia salah makan saat explorasi gigit2an itu, termasuk soal kakinya. saya kira dia jatuh atau insiden apapun itu. kalau diliat dari fesesnya sih kemungkinan dia salah makan, entah dia memakan apa. mas suka pakai antinyamuk semprot? dia suka explore ke dapur juga? minyak goreng apakah ditempatkan di tempat yang aman?
      2. cara mengobati kakinya, coba selama 3 minggu ke depan, mas oles aja kakinya dengan minyak tawon. sekali dalam sehari. sementara jangan difreeroom dulu. taroh kandang. makanan sebaiknya ditambah asupan kalsium. mas bisa beli suplemen kalsium untuk kucing di toko perlengkapan hewan terdekat. gak ada toko hewan? cara lain bisa kasih susu high calcium kayak anlen... tambah madu anlen-nya.... lakukan sekali sehari selama 2 hingga 3 minggu...
      3. untuk kerontokan, biarin aja dulu. mungkin treatmentnya bisa dikasih minyak ikan di makanannya. jangan banyak2 soalnya kalau kebanyakan malah akan mengganggu pencernaan, cukup 1 butir per minggu. jaga juga kebersihan kandang.

      sementara itu saja dulu... :)

      Delete
    2. oh begitu ya dok kira2 sampai umur berapa dia harus di kandangin karna saya gak tega dok ap lg kalau dia bunyi dok, dan untuk masalah pencernaanya dok it d netralinnya pake ap ya dok biar dia gak mencret lgi dan saya minta tipsnya donk dok agar musang peliharaan saya bisa menjadi dehat dok maklum newbie hehehe...

      Delete
    3. satu lagi dok kalau di olesin mnyak tawon apakah tidak akan di jilat oleh musangnya dok? n baiknya umur segini d suruh makan sendiri atau bagaimana dok karna slama ini dia masih pake dot blm pernah makan sendiri dok n cara melatihya bagaimana dok?

      Delete
    4. untuk masalah pencernaannya, mas bisa baca artikelnya cara mengobati musang keracunan... kasih makan buah juga, pepaya bagusnya.
      sesekali difreeroomkan boleh, tapi harus dengan pengawasan. yah, 30 menit sampe 2 jam aja sehari difreeroom kan, selebihnya dikandangkan... :)

      kalau umur segitu, mas bisa ajarin dia makan sendiri. kalau dia sudah bisa makan sendiri, ya udah biarin aja makan sendiri. sesekali kasih makan secara handsfeed (disuapin). sesekali aja, gak sering gak apa2... kalo sering2 handsfeed malah nantinya dia manja, pengen handsfeed mulu....

      bisa kasih makan bubur bayi dulu. taruh aja di kandangnya. bisa campur susu yang biasa dia minum... jaga kebersihan kandang juga ya mas.. :)

      Delete
    5. dok kayanya kaki musang saya tuh gpp karna semalaman ini saya mengamati dia kakinya tuh gpp malah main sama saya loncat sana sini tapi tiba2 dia kakinya ngangkat lagi sperti biasa udah gitu pup rada kentel si dok tapi kliatannya dia ssh pupnya dan abis it kondisinya lemah lagi dok jalannya gak bener lagi n saya perhatiin dia jalannya sambil menyeret bagian bokongnya dok sambil kepala sedikit menunduk nah it kenapa ya dok saya bener2 bingung mana lebaran lg dokter tutup :(

      Delete
    6. udah dibawa ke dokter hewan ya mas?
      dirawat baik2 ya musangnya.... semoga sehat, dan mas jangan patah semangat...

      Delete
  10. Dok. Berry, nama musang saya berumur sekitar 2 sampai 3 bulan. Tak jarang saya melihat hidungnya mengeluarkan cairan. Apakah dia Flu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya bersih? gak banyak debu?
      sebaiknya jaga agar kandangnya selalu bersih, hangat (tidak dingin, tidak juga terlalu panas), dan sering2 dijemur. minimal sekali seminggu dijemur. cara menjemur musang: dilakukan sebelum jam 10 pagi selama 15 menit, dibagian atas kandangnya kasih kain agar mata musang gak kena sinar matahari langsung...

      nafsu makannya masih rakus mas? :)

      Delete
  11. Dok saya baru saja memeriksakan musang saya di dokter hewan dan katanya dia terserang distemper dok skrg dia sedang berjuang melawan penyakit it mohon doanya ya dok dan kpada seluruh owner musang agar musang saya bisa menghadapi penyakit ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih optimis dia bisa sehat lagi mas... :)
      semangat! :)

      Delete
  12. Iya makasih dok tp dia gak d suntik dok cuma d kasih obat namanya stm klo gak salah n syirup warnanya putih gtu dok apakah it smua ckup dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja observasi dulu selama 1 atau 2minggu. semoga bisa baikan... :)
      sepertinya cukup. :)

      Delete
  13. siang dok, saya mohon bantuannya
    saya punya musang yg saya beli kondisi telapak kaki nya luka dan selalu berdarah jika terkena air. cara pengobatannya bagaimana dok, mohon bantuannya.
    saya terpaksa membeli musang itu karena kasian dengan kondisinya dok
    trimakasih....

    ReplyDelete
  14. Dok, musang saya akhir akhir ini tdk mau makan, terus barusan fesesnya agak cair begitu Dok tapi masih agak ada gumpalannya
    makan maunya tiap hari pisang doang Dok, umur musang 3 bulanan.
    kadang kalo habis di keluarin dari kandang kaki nya dingin Dok
    apa yang musti saya lakukan Dok?

    ReplyDelete
  15. misi dok, maaf mengganggu sebentar
    tadi pagi saya barusan adopsi musang pandan bernama Chiko, umur kira" 2 minggu, belum tumbuh gigi, belum lancar berjalan, dan mata nya terlihat basah
    pertanyaan saya, kira" berapa lama lagi Chiko tumbuh gigi dan lancar berjalan? apakah mata Chiko yang terlihat basah seperti itu normal? kandang seperti apa yang cocok untuk Chiko? dan gimana menyuapkan susu pada Chiko?
    sebelumnya terima kasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau matanya keliatan basah, itu normal. cukup pastikan kandang selalu bersih dan jaga agar kandang tetap hangat.

      susunya jangan yang mengandung laktosa. kasih susu sgm LLM yang non laktosa, biar gak mencret. silakan baca artikel saya cara memelihara bayi musang yang masih merem,,,,

      musang udah bisa makan sendiri + tumbuh gigi biasanya di usia 2 hingga 3 bulan. harap baca2 lagi artikel saya tentang musang lainnya di blog ini ya mbak/mas... :)

      Delete
  16. Dok klo musang saya matanya bengkak n seperti ketutup lendir gitu bagaimana cara mengobatinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengobati katarak pada musang.
      secara prinsip sama aja....

      Delete
  17. dok pagi ini musang saya muntah warna putih susu, itu knpa ya?
    padahal saya gak ngasih susu, kemarin saya kasih mkan nasi+telor, malamnya saya kasih pisang ajah
    muntahnya cuma sedikit, feses normal keadaan musang juga normal gak lemes, masih suka jalan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu normal kok. udah sering kasih telor apa baru sekali kemarin aja mas?
      kemungkinan karena telur...

      Delete
    2. sukur deh klo itu normal
      ngasih telor udah lama dok, sekitar semingguan

      Delete
    3. sekarang gimana keadaannya mas? :)
      observasi aja dlu. :)

      Delete
    4. skrng udah gak muntah, tapi kadang musang saya kya batuk gtuh dok, cuma kadang2 ajah gak terlalu sering. itu knp ya dok?? cara ngobatinnya gmna ya

      Delete
    5. dikasih makan apa sekarang mas? :)
      coba kasih buah aja. pepaya dan pisang. kebersihan kandang dijaga dan coba sesekali jemur. cara jemur musang bisa dibaca di artikel cara menjemur musang. :)

      lakukan selama seminggu.. :)

      Delete
    6. mkanan masih sama dok, klo mlem pisang, paginya telor+nasi
      kandang setiap hari saya bersihin, trus tiap pagi juga suka dijemur musangnya.
      ok deh,saya coba seminggu ini kasih buah ajah.

      oh iya dok skarang kan lagi idul adha,musang pandan boleh ga sih di kasih daging sapi atau kambing yg direbus? trus dikasih gajih nya boleh jg ga? siapa tau bisa bkin gemuk :D
      makasih dok

      Delete
    7. daging sapi boleh, dicacah dulu.
      jangan dikasih lemak, mas. karena yang ada ntar malah terganggu jantungnya... :(

      kalau mau menggemukkan musang, ada kok artikelnya... :)

      Delete
  18. Dok muspan saya umurnya sekitar 2bulanan, mulai kemarin dia ga nafsu makan, lalu hari ini lemas ga aktif dan ga bersuara lagi, kaki belakangnya jg kaya yg lemes dipake buat jalannya, saya sudah kasih air kelapa, makannya juga saya paksa pakai pipet, kira2 muspan saya knp y dok? Didaerah rumah saya ga ada dokter hewan dok, saya jd bingung dan takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mbak kasih sari kurma.
      bisa diminumkan langsung atau campur ke minumannya. berikan sehari dua kali. makanannya kasih dengan cara pipet aja, kasih bubur bayi promina....

      Delete
  19. Dok muspan saya umurnya sekitar 2bulanan, mulai kemarin dia ga nafsu makan, lalu hari ini lemas ga aktif dan ga bersuara lagi, kaki belakangnya jg kaya yg lemes dipake buat jalannya, saya sudah kasih air kelapa, makannya juga saya paksa pakai pipet, kira2 muspan saya knp y dok? Didaerah rumah saya ga ada dokter hewan dok, saya jd bingung dan takut

    ReplyDelete
  20. Permisi dok, maaf mau tanya. Musang saya umurnya -+ 2 bulan, dia biasanya aktif dan makan nya lahap, sekarang dia jadi malas2an / tidur terus, nafsu makan nya berkurang, dan leher, tekapak kaki nya hangat. Itu gimana dok minta prncerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya, mas. tahinya. samakan dengan yang ada di artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.

      saya tunggu kabarnya ya...

      Delete
    2. Normal dok. Alhamdulillah sekarang udh sehat lg seprti biasa, hyperaktif lg, dn makannya normal lg dok :)
      Terima kasih dok :)

      Delete
    3. alhamdulillah. kabar baik untuk hari ini. :)
      kabari saya kalau ada apa2. tapi semoga aja gak. :D

      Delete
    4. Iya bu :)
      Bu, apakah boleh dikasih makan telur rebus+kecap?

      Delete
    5. boleh namun jangan terlalu sering. makanan terbaik untuk musang bisa mas baca2 artikelnya di blog saya ini. :)

      Delete
    6. Bu, kenapa ya musang sy kemaren sore fesesnya encer, terus disekeliling fesesnya ada cairan merah. sy diamkan beberapa jam fesesnya, si cairan merah itu menempel lengket di ubin. Itu kenapa ya?

      Delete
    7. kasih air kelapa aja. sama jangan dikasih makanan lain selain pepaya matang. kalau dia belum bisa makan sendiri, pepayanya blender dlu tanpa air.

      lakukan selama 5 hari. lalu kabari saya ya mas..

      Delete
    8. Iya bu. saya coba lakukan.
      Itu sakit apa ya?

      Delete
    9. tebakan saya sih ada infeksi atau bakteri di sistem pencernaannya, mas.. :)

      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
    10. Sekarang cairan merahnya udh ga ada bu, cuma fesesnya masih encer

      Delete
    11. udah dikasih air kelapa?
      ada kemajuan. lakukan terus mas. :)

      kasih saya kabar. :)

      Delete
    12. Udah bu, sy kasih air kelapa dan pepaya aja. Encer fesesnya semakin mengurang

      Delete
    13. observasi terus. kalau encer fesesnya udah mulai berkurang, bisa mas kasih sari kurma biar daya tahan tubuhnya meningkat.

      kabari saya terus ya mas. :)

      Delete
    14. Iya bu siap. Akan sy kabari ibu terus :)

      Delete
  21. Assalammualaikum dok. Saya mau tanya . Saya punyak musang bulan dia umur 4 bulan nafsu makan normal fasesnya juga normal seperti yg di makan tp knapa ia dok mnurut saya bau fasesnya slalu menyengat? Apa lg sakit atau kenapa. Musang saya malam makan kepala ayam. Pagi makan pisang sama pepaya. Mohon sarannya ia dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau makan protein (daging2an) emang fesesnya lebih menyengat, mas. coba mas kasih buah2an kayak pepaya dan pisang, fesesnya lebih wangi. lebih sehat juga buat sistem pencernaannya, mas... :)

      lebih sering dikasih pepaya, biar sehat terus musangnya.. :)

      Delete
  22. Mau tanyakk nie dokk,,musang saya skrng nafsu makannya kurang semenjak dipotong giginya..
    Maunya cumaa minum susu doank dokk..
    Saya takut mati dokk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu potong gigi ama dokter hewan bukan?
      kalau ama dokter hewan pasti dikasih obat penghilang nyeri.

      coba mas beli paracetamol. satu tablet potong jadi 3 bagian, 1 bagian tumbuk halus, lalu campur dengan 5 sendok makan air. minumkan tiap pagi dan sore.

      Delete
    2. Dipotong sendiri dok pakek pemotong kuku,,sampekk sekarang gak mau makan,,tapi minum susu doank dok..
      Saya takut mati dokk.

      Delete
    3. harusnya mas potong gigi mas sendiri pakai gunting kuku sebelum motong gigi musang.... :(

      Delete
    4. Dokter mahh becandaa,,masakk gigi saya mauu dipotong dokk..

      Delete
    5. saya tidak menyarankan memotong gigi musang sendiri. karena fatal akibatnya, mas,,,,

      saya menyarankan memangkur gigi musang di dokter hewan. itupun kalau gigitan musangnya membahayakan (sampe berdarah2 parah)... kalau hanya gigitan biasa, yah itu mah resiko memelihara musang..

      Delete
    6. Okk dokk,,thankzz dokkk😃😃

      Delete
  23. Dokk mau tanyakk lagi nichh,,akhir2 ini musang gwek beolnyaa encerr dokkk..
    Knpaa yaa dokk.
    Makannyaaa ayam sama minum susu dokk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu.
      kasih sari kurma aja.

      juga, pastikan ayamnya bebas bahan kimia...

      Delete
  24. Dok, mau tanya dong. Musang saya kok susah yah di kasih makan? Di kasih pisang dan pepaya pun tidak mau dimakan. Fesesnya cair pula dan skrg fesesnya bau gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca artikel saya cara mengobati musang keracunan. :)
      nggak, musang mas gak keracunan, tapi untuk memperbaiki saluran cernanya aja.

      sayangnya mas gak ngasih tau saya umur musangnya. saya tunggu ya mas.

      oh ya, mas bisa kasih sari kurma juga buat penambah nafsu makan musangnya....

      dan kasih tau saya biasa dikaish makan apa...

      Delete
    2. Boleh saya minta link artikelnya dok?
      Musang saya umurnya itu kuranglebih 2bln, makannya itu pepaya, pisang dan terakhir itu saya kasih ceker ayam. Waktu saya kasih ceker ayam di makan dok, tp pas saya seling dengan buah malah tidak di makan.

      Td saya kasih scoot emulsion dok di campur di minumannya + tambahan air gula

      Delete
    3. cari aja di bagian search, mas. hihiohi...
      saran saya, jangan dikasih air gula. kasih sari kurma aja.. :)

      Delete
  25. dok saya mau tanya, muspan sayaumur 2 bln lemes banget trus fasesnya cair warnanya agak kehijau2an nafsu makan juga sekarang berkurang, kir2 kenapa ya dok, terus cara ngobatinya gmna ?

    sbelumnya makasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya dikasih makan apa?
      coba kasih minum pake air kelapa muda.
      2x sehari, mas bisa kasih sari kurma biar dia gak lemes... :)

      sekarang keadaannya gimana?

      Delete
    2. kalo air kelapanya di ganti pake hydro coco bisa gx ? susah cari air kelapa muda yng murni, ada campurannya smua ..

      sekarang masih lemes :(

      Delete
    3. hydro coco gak direkomendasikan, mas...

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. dok saya mau tanya, tadi kan saya ksih hati ayam ke musang saya trus selang 2 jam badan dia kaya lemes gk bisa gerak trus mulut nya mangap2 trus itu kira - kira knapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati ayamnya mas rebus dlu atau langsung kasih mentah?
      makanan terbaik untuk tetap buah2an. selebihnya, adalah makanan tambahan. bisa dikasih, bisa nggak. tapi kadang banyak owner musang yang menolak memberikan buah2an sebagai makanan utama.

      coba mas baca artikel saya cara mengobati musang keracunan dengan cara alami. :)

      Delete
    2. hati ayamnya udah saya rebus kok dok,,tapi anehnya setiap saya kasih hati ayam dia pasti kya gitu terus,,tpi abis dikasih hydro coco dia jdi sehat lg,, sya jg ngasih hati ayam nya cma seminggu skli doang dok

      Delete
    3. kalau mau, gak usah kasih protein hewani (daging2an) lagi.
      ada banyak sumber protein buat musang kok mas, protein nabati bahkan lebih aman. mas bisa baca artikel saya jagung sebagai makanan musang dan artikel kedelai sebagai makanan musang...

      Delete
  28. Dok mau nanya untuk fase penyembuhan musang yg kena diare itu brp lama yah ??...kasian dok si luna umur 2bulankena diare sampe gak mau makan matanya sipit gak seperti biasanya...trus ini diarenya udah 2 hari ,untuk obatnya saya pake norit ama cefixime sirop biasa juga saya spet pake air kelapa,kalo makanan saya kasi bubur sun pisang...

    ReplyDelete
  29. Dok mau nanya untuk fase penyembuhan musang yg kena diare itu brp lama yah ??...kasian dok si luna umur 2bulankena diare sampe gak mau makan matanya sipit gak seperti biasanya...trus ini diarenya udah 2 hari ,untuk obatnya saya pake norit ama cefixime sirop biasa juga saya spet pake air kelapa,kalo makanan saya kasi bubur sun pisang...

    ReplyDelete
  30. Malam dok saya punya bayi musang pagi2 saya mandikan

    Tetapi kok musangnya jadi lemes gitu ya dok??? Tolong sarannya dok

    ReplyDelete
  31. Malam dok
    Saya punya bayi musang
    Ehh pas pagi2nya saya mandikan

    Kok pas sudah kering jadi lemes gitu ya dok itu kenapa ya???
    Tolong sarannnya dok

    ReplyDelete
  32. Malam dok
    Saya punya bayi musang
    Pas pagi2nya saya mandikan

    Terus dok pas sudah kering kok musangnya jadi lemes gitu ya gak seperti biasanya
    Tolong dok kasih tau sarannya???

    Thank you

    ReplyDelete
  33. Malam dok
    Saya punya bayi musang
    Pas pagi2nya saya mandikan

    Terus dok pas sudah kering kok musangnya jadi lemes gitu ya gak seperti biasanya
    Tolong dok kasih tau sarannya???

    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayi musang harusnya gak dimandikan dulu mas. dilap pakai handuk yang dibasahi air hangat aja. kena hipotermia itu. kalau masih bertahan sampe sekarang, coba kasih sari kurma ke musangnya dan jaga jangan sampe kedinginan...


      asal mas tahu, musang bisa dimandikan minimal pada usia 3 bulan. kalau masih bayi, jangan dimandikan dulu.....

      konsultasi via komentar di blog aja mas. saya tidak membuka jalur komunikasi lain... :)

      Delete
  34. Kalo boleh tau dokter pake BBM gak???

    Biar bisa lebih gampang konsultasinya

    ReplyDelete
  35. Assalamu'alaikum, Dok....
    saya mau tanya, musang saya usianya kurang lebih 3 bulanan. Kmrin pagi setelah minum susu dia muntah,dok, dan tadi pagi saya lihat di kandangnya udah ada muntah yang sama.
    terus dia jadi sensitif gitu walau hanya didekati sama musang saya yg satu lagi, walaupun saudaranya cuma lewat didepannya aja..
    kira2 kenapa ya dok?

    terus dia kalo makan pepaya, dia milih2... jadi kadang mau kadang dilepeh, malah kadang dicium doang. saya jadi bingung pepaya yang kayak gimana yg dia mau. udah beli di tempat yang sama dg bentuk yg sama jg ga mau kadang2...

    mohon dijawab ya, dok... trimakasih banyak ☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang selalu tahu mana buah yang emang matang asli, mana buah yang hasil karbitan. biasanya mereka gak mau makan tuh buah hasil karbitan. silakan baca artikel saya cara membedakan pisang karbitan....

      soal dia suka muntah, mending jangan dikasih susu dulu. mending stop susu dulu. bagusnya kasih sari kurma aja... :)

      kasih saya kabar lagi ya mbak...

      Delete
  36. Dok q punya muspan, umurnya 3 bulanan. Tadi siang masih aktif. Pas sorenya kok dia lemes, tdr mulu. Ampe d gangguin jg masih merem aja. Fesesnya agak encer, agak bau gt. Saya kasih makan sun doang dok. Trus nafasnya jg kya orang ngorok. Kira" knp ya dok ? Trus pnangananya gimna ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain bubur sun, dia dikasih makan apa lagi? dikasih susu gak?

      coba kasih air kelapa aja. kayaknya kena pilek karena kedinginan. jangan sampe musangnya kedinginan, banyak musang sakit karena kedinginan akhir2 ini.... jaga agar musangnya tetap hangat. oh ya, coba kasih sari kurma juga... :)

      Delete
  37. Dok mau tanya musang saya umur 2 bulan cow.seharian kmaren sampe hari ini nafsu makan nya berkurang bisaya saya kasih sun beras merah dan susu kedelai murni tanpa gula.yang bisanya lincah hyperaktif baik suara dan yingkah nya sekarang jadi pendiem banget.kenapa ya dok dengan musang saya.kmaren saya kasih madu tj apa boleg Dok. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya agak mencret ya mbak? bener? berbusa gak fesesnya?
      kayaknya sih kebanyakan kasih madunya. saya sarankan mending stop pemberian madu, ganti pake sari kurma...

      jenis musangnya musang apa? musang pandan kan? bener?
      saya tunggu kabarnya. sementara lakukan apa yang saya sarankan... :)

      Delete
  38. dok musang sayang masih baby bgt kira kira baru 1 bulan dia sakit tiduran aja lemes bgt kasian kya udh mau mati dok itu kenapa ya ??perut nya sii agak kembung mpup nya jg dikit klo ngepet biasa nya lancar jadi ter sedak gtu trus kya di emud. dok mohon bgt pencerahaan nya ??

    bls di tunggu ya dok

    ReplyDelete
  39. dok musang sayang masih baby bgt kira kira baru 1 bulan dia sakit tiduran aja lemes bgt kasian kya udh mau mati dok itu kenapa ya ??perut nya sii agak kembung mpup nya jg dikit klo ngepet biasa nya lancar jadi ter sedak gtu trus kya di emud. dok mohon bgt pencerahaan nya ??

    bls di tunggu ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. buat pengganti susu, kasih sari kurma aja.
      selama ini dikasih makan apa? bubur bayi promina campur sari kurma...

      udah pernah pelihara musang sebelumnya? harap mas ketahui bahwa memelihara bayi musang umur 1 bulan agak sedikit ribet, apalagi kalau belum bisa makan sendiri....

      silakan baca artikel saya cara memelihara musang yang masih merem...

      Delete
    2. maaf dok musang nya telat di tangani saya udh bawa ke petshop buat periksa tp kata dokter, musang nya g bisa bab, dikasih obat malah mati, jenis obat saya di beri sama petshop nya tp lupa nama nya, saya punya 2 musang baby skrng, saya dlu prnh melihara dok tp belum pernah punya masalah seperti itu, saya normal saya kasih SUN rasa pisang Sama susu SGM YG 0-6 Bulan, tp memang blm berani kasih yng macem macem. kira menular g sii penyakit nyaa ke musasng saya yg 1 yg masih hidup.

      Delete
    3. jangan dikasih susu, susu apapun itu. stop susunya. susu terlalu berat buat sistem pencernaan musang, apalagi yang masih bayi... kalau mau, kasih air campur sari kurma aja, mas...

      mending kandangnya cuci bersih pake deterjen, terus jemur dibawah sinar matahari... baru bisa digunakan lagi.. :)

      Delete
  40. Permisi dok , saya punya bby musang biasanya dia aktif bnget tapi 2 hari ini terlihat loyo, sering tdur, dan tidak mau minum krna dianya juga blm mau mkan
    Ada pembengkaka pada kakinya , takutnya ada terkilir
    Bagaimana cara perawatannya dan mengatasinya ya dok
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kakinya bengkak karena apa? jatuhkah?
      bisa jadi dia loyo karena lagi kesakitan. coba oleskan aja minyak urut ke bagian kakinya yang bengkak....

      tetep kasih makan, meski harus dipipet... umur musangnya berapa?? saya tunggu kabarnya...

      Delete
  41. Dan juga pup nya gak kayak biasanya, skarang lebih encer

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih susu ya? betul?
      stop susunya, kasih sari kurma aja...

      Delete
  42. Dok musang saya gemetar dan jalannya nunduk, tapi setelah bangun tidur normal lagi dan beberapa jam kemudian nunduk dan gemetar lagi. Umurnya 2 bulan dan fesesnya normal. Minta pencerahannya dok. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya.

      coba mas kasih sari kurma...

      Delete
  43. dok, musang saya sepertinya sakit kemarin dy hbs makan tikus setelah beberapa hri dy tdk mau makan sekitar 1 minggu sampai badannya lemas. gimana y dok ? Terimakasih

    ReplyDelete
  44. dok, musang saya sepertinya sakit kemarin dy hbs makan tikus setelah beberapa hri dy tdk mau makan sekitar 1 minggu sampai badannya lemas. gimana y dok ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya mencret, betul?
      coba kasih ramuan kesehatan untuk musang racikan saya. ada kok artikelnya.
      dan untuk makannnya, coba kasih buah aja.

      dijaga agar gak terulang lagi ya mbak. saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. iya dok, fesesny encer & bau ny busuk dok ..
      area sekitar anus juga mengeras & bulunya rontok itu gejala ap y dok ? apa musang saya terkena infeksi jamur atau keracunan ?

      Delete
  45. Slmt malam dok..
    Muspan saya usia 2 bulan dok sdg sakit. Hiks hiks... Sudah 2 hari ngga mau makan, cuma tidur aja.. seharian ngga pup. Saya kasih air kelapa ijo dan jus pepaya di spet, tpi selang beberapa jam dimuntahin lgi dok... Bagaimana yaa dok solusinya biar sehat lagi si Piston..

    ReplyDelete
  46. Slmt malam dok..
    Muspan saya usia 2 bulan dok sdg sakit. Hiks hiks... Sudah 2 hari ngga mau makan, cuma tidur aja.. seharian ngga pup. Saya kasih air kelapa ijo dan jus pepaya di spet, tpi selang beberapa jam dimuntahin lgi dok... Bagaimana yaa dok solusinya biar sehat lagi si Piston..

    ReplyDelete
  47. Slmt malam dok..
    Muspan saya usia 2 bulan dok sdg sakit. Hiks hiks... Sudah 2 hari ngga mau makan, cuma tidur aja.. seharian ngga pup. Saya kasih air kelapa ijo dan jus pepaya di spet, tpi selang beberapa jam dimuntahin lgi dok... Bagaimana yaa dok solusinya biar sehat lagi si Piston..

    ReplyDelete
  48. Slmt malam dok..
    Muspan saya usia 2 bulan dok sdg sakit. Hiks hiks... Sudah 2 hari ngga mau makan, cuma tidur aja.. seharian ngga pup. Saya kasih air kelapa ijo dan jus pepaya di spet, tpi selang beberapa jam dimuntahin lgi dok... Bagaimana yaa dok solusinya biar sehat lagi si Piston..

    ReplyDelete
  49. Assalamualaikum dokter
    saya mau konsul musang saya yg usia 3 bulan tergigit musang yg usia 8 bulan dan trnyta waktu saya liat kondisi musang yg 3 bulan taringnya copotatau patah 1 dok apa bisa tumbuh lagi dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok. musang yang giginya patah atau copot, nantinya bakalan tumbuh lagi... :)

      Delete
    2. Terimakasih bu dokter..seneng dengernya..oya dok kan lukanya masih ada lebih baik di apakan dok perawatannya..

      Delete
    3. mang lukanya parah? sampe berdarah2?
      saya tunggu kabarnya ya mas

      Delete
    4. Kemarin masih berdarah dok
      untuk sekarang sudah tdak berdarah hanya saja bengkak diatas hidung dan gusi dok,dan suka gebres gebres gtu dok

      Delete
    5. gini aja. untuk obatnya, mas bisa beli amoxicillin 500mg di apotik. satu tablet mas potong 5 bagian sama besar, lalu mas tumbuk hingga halus, kasih 5 sendok teh air, dan minumkan ke musangnya.... minumkan sehari sekali aja cukup... :)

      Delete
    6. Maksih dokter saranya...semoga sukses ya..

      Delete
    7. Alhamdulillah keadaan sdah membaik dok..meskipun nafsu makan tdk selahap sebelumnya. Tapi ini msih mau makan dok mesipun gak bgtu lahap..gitu dok keadaan sekarang

      Delete
    8. sementara ini jaga pola makan, dan obat bisa diberikan terus.

      untuk nafsu makannya, mas bisa kasih ramuan kesehatan musang. ada kok artikelnya...

      Delete
    9. Obat sdh saya stop dok..karna musangnya sudah sehat makannya pun sdh smakin lahap sperti sblmnya..terimaksih atas saran dan masukanya yg sangat brmanfaat dok..

      Delete
    10. saya ikut senang dengernya... :)

      Delete
  50. dok cara mengatasi musang kembung gmna ya?
    umur sekitar 2 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih makan buah. terutama pepaya. kalau belum bisa makan sendiri, jus dulu pepayanya. aernya dikit aja.

      Delete
  51. MAaf dok., saya mau bertanya..saya punya muspan +_ 2 bln up ..musang saya jalannya nunduk dan seret seret kepala.. musang saya terkena penyakit apa ya dok?.. mohon bantuannya dok.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, cara mengobati musang berjalan mundur. silakan baca aja artikelnya... :)

      mas juga bisa coba kasih ramuan kesehatan musang. ada juga artikelnya... cari di bagian search..

      Delete
  52. Dok muspan ku umurnya 5bulan baru 3hari sama aku. Seharian ini gak mau makan samasekali cuma minum doang.+ gak aktif dok.
    Fesesnya gak padet warnanya cerah.
    Minta solusinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. sekarang gimana keadaan musangnya? coba kasih ramuan kesehatan musang.... ada kok artikelnya...

      Delete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. dok kenapa ya musang saya masih umur 4bulan, saya baru adop 2hari dia kalo pagi siang itu anteng suka tidur tapi kalo malem masih aktif, trus kalo abis dikasih bubur bayi nestle yg kacang ijo dimakan abis itu tidur lagi, galama pas mau dipindahin kekandang kaya ngrok2 gitu kaya ada yg nyangkut gitu, itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  55. Slmt pagi dok.
    Dok musang sya,lucky,umur 10 bln sakit, udh 3 hari ini ga mau mkan, bntuk feses nya awalnya mncret tp msih ada padatnya, tpi skrg cair kuning ga ada padatnya,saya biasa Kasih mkan nasi telor, klo ngga pisang, pala ayam rebus seminggu sekali, sblum sakit mkanya nasi telor, tpi skrg udh 3 hari ga mau mkan, minum jga ga mau,tiap ada mkanan atau mnuman yg d pipet d muntahin mlu, skrg perutnya kya nya kosong bngt,.khawatir saya dok lihatnya, mnta bantuan nya ya dok.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  56. Slmt pagi dok.
    Dok musang sya,lucky,umur 10 bln sakit, udh 3 hari ini ga mau mkan, bntuk feses nya awalnya mncret tp msih ada padatnya, tpi skrg cair kuning ga ada padatnya,saya biasa Kasih mkan nasi telor, klo ngga pisang, pala ayam rebus seminggu sekali, sblum sakit mkanya nasi telor, tpi skrg udh 3 hari ga mau mkan, minum jga ga mau,tiap ada mkanan atau mnuman yg d pipet d muntahin mlu, skrg perutnya kya nya kosong bngt,.khawatir saya dok lihatnya, mnta bantuan nya ya dok.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  57. Slmt pagi dok.
    Dok musang sya,lucky,umur 10 bln sakit, udh 3 hari ini ga mau mkan, bntuk feses nya awalnya mncret tp msih ada padatnya, tpi skrg cair kuning ga ada padatnya,saya biasa Kasih mkan nasi telor, klo ngga pisang, pala ayam rebus seminggu sekali, sblum sakit mkanya nasi telor, tpi skrg udh 3 hari ga mau mkan, minum jga ga mau,tiap ada mkanan atau mnuman yg d pipet d muntahin mlu, skrg perutnya kya nya kosong bngt,.khawatir saya dok lihatnya, mnta bantuan nya ya dok.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      gimana keadaan lucky mas? kasih makan buah2an aja, pisang atau pepaya. dan kasih ramuan kesehatan musang (ada artikelnya) tiap pagi dan sore hari....

      kasih kabar lagi ya mas...

      Delete
  58. malam dok, musang saya umur 2 bulanan. semalam masih aktif banget bisa goyang2. tp hari ini tiduran mulu, ga seperti hari2 sebelumnya. saya mandikan musang saya tiap pagi dok, lau saya jemur. musang saya beri makan bubur sum" dan kadang" saya kasih pisang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? coba cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. kalau musang umur 2 bulan jangan dimandikan tiap hari, cukup seminggu sekali aja.
      dan musang umur segitu emang masih seneng tidur2an dan males2an... :)

      Delete
  59. ini gimana ya dok? mohon responnya dok, thx^^

    ReplyDelete
  60. Dok tolong saya...musang saya umur 2 bln lebih..siang dy baik" aj...trus saya pkein dy kalung...tpi dy kaya mo ngelepasin gtu...trus saya kasih pepaya dy gamo mkn...dy cuma mo minum aj...trus saya ksih telur rebus + nasi kecap...dy lahab bgt...kya ksetanan mkanya...abis itu dy kya tersendak gtu...saya qra krna kalung...kalung saya lepas...n buru" saya kasih aer mnum...dy dah baekin...eh subuhnya dy teriak" kya ksurupan gtu dok...itu knp ya dok...kaya kejang" lah dok tpi triak kenceng..skrg dy lgi lemes n tdur sm saya...itu knp dok...tolong bls ya dok...fesesnya mencret dok tapi ga mencret trus"an...apa krna dy mkn promina jdi kluatnya mencret ato krna dy lagi sakit...tolong bls ya dok...sama obatnya apa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas...

      sekarang gimana keadaannya? sayangnya, begitu mbak lepas kalungnya, mbak kasih minum dia. harusnya jangan. dan perhatikan nafasnya.

      sekarang nafasnya gimana? dia terengah-engah?

      dia baru pertama kali dikasih nasi kecap?

      terus bau fesesnya gimana? agak bau busuk? warna fesesnya apa? agak putih ya?

      kasih air kelapa, itu penanganannya. dan untuk makanannya, kasih jus pepaya campur sari kurma. itu aja dulu....

      kabari lagi... sore ini jam setengah 6 saya online...

      Delete
    2. Skrg sih udah normal dok...iya dy baru prtama saya kasih telur sama kasih kecap jg...iy fesesnya kya warna promina rasa pisang dok...agak mencret gtu...klo bau..saya krg tw deh..saya ga ngendusny dok...
      Skrg saya bru ksih aer kelapa nih dok..tapi ga d sentuh sm dy...
      Saya jdi takut dok ngasih telur n nasi kecap lagi...lahap sih mkannya..tpi abis makan dy ga kaya biasa dy diem kya kekenyangan gtu...eh subuhnya kjadian dy teriak" kya kemasukan setan

      Delete
    3. mending jangan dikasih kecap sama nasi dulu, kasih bubur bayi dulu aja. soal air kelapa, bisa mbak masukkan sedikit ke mulutnya. dikit aja, sesendok. :)

      fiuh sukurlah kalau mulai normal, cek terus ya mbak. dan kabari lagi.

      Delete
  61. Dok mau tanya ini musang saya umurnya 2bulan lebih udh seminggu ini badannya gemetar sama kepalanya itu di tempelin lehernya smbil kaki depannya diangkat jinjit" gtu kayak mau berdiri trus hbis gtu kepalanya di tempelin ke lantai smbil kaki belakangnya di angkat" trus diseret" gtu tok tapi untuk makannya lahap bngt dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering banget kayak gitu dok gimna nanganunnya

      Delete
    2. udah saya bahas di artikel cara mengobati anakan musang yang berjalan mundur.
      coba mas kasih juga ramuan kesehatan untuk musang.

      cuava lagi gak bagus buat musang. kalau mas naro kandangnya di luar rumah, mending pindahkan dulu ke dalam...

      Delete
  62. Dok mau tanya ini musang saya umurnya 2bulan lebih udh seminggu ini badannya gemetar sama kepalanya itu di tempelin lehernya smbil kaki depannya diangkat jinjit" gtu kayak mau berdiri trus hbis gtu kepalanya di tempelin ke lantai smbil kaki belakangnya di angkat" trus diseret" gtu dok berhenti sebentar trus gtu lagi dok tapi untuk makannya lahap bngt dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya bahas di artikel cara mengobati anakan musang yang berjalan mundur.
      coba mas kasih juga ramuan kesehatan untuk musang.

      cuava lagi gak bagus buat musang. kalau mas naro kandangnya di luar rumah, mending pindahkan dulu ke dalam...

      Delete
  63. Dok mau tanya ini musang saya umurnya 2bulan lebih udh seminggu ini badannya gemetar sama kepalanya itu di tempelin lehernya smbil kaki depannya diangkat jinjit" gtu kayak mau berdiri trus hbis gtu kepalanya di tempelin ke lantai smbil kaki belakangnya di angkat" trus diseret" gtu dok berhenti sebentar trus gtu lagi dok tapi untuk makannya lahap bngt dok ?

    ReplyDelete
  64. Dok, musang saya umur 3 bulan sudah 3 hari ini tidak mau makan apapun... saya suapin pun dimuntahin lagi. Sebelumnya kalau malam saya kasih susu kental. Fesesnya sebelum saya kasih susu masih normal, sekarang ga keliatan ad feses d kandangnya... malah yg banyak kayak air pipisnya (apa itu fesesnya yg encer?), badannya udah mulai kurus. Trus kalau tidur meringkuk gitu dok, kayak orang sujud yang kepalanya ditekuk k bawah... trims dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas gak tahu kalau musang gak boleh dikasih susu?
      stop pemberian susunya. dan coba mas kasih ramuan kesehatan musang, ada kok artikelnya. kasih ramuan kesehatan musang itu.

      untuk makanannya, sementara kasih yang lembek2 dulu. bubur bayi promina bagus.

      selain minuman dan makanan itu, jangan dikasih makanan lain.... kasih kabar lagi ya mas

      Delete
  65. assalamulaikum dokter cantik, mau tanya nih.. aku punya musang umur 3 bulan pada malam sebelumnya masih aktif n lincah, aku kasih makan pisang aja rutin dan air putih, terus aku cuba kasih susu coklat dan besoknya saya ganti air putih, ehh pagi pagi si musang lemas ngak aktif lagi dan kayak mau mati, bab emang berubah.. dan saya baca artikel lain disarankan kasih cefixim dan stimuno 1 ml.. belum saya coba.. kira kira saran dokter apa ya.. makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. stop susunya. dia jadi sakit begitu karena pencernaannya terganggu akibat susu. coba kasih ramuan kesehatan musang, udah ada kok artikelnya. jangan dikasih obat buat manusia... :)

      kabari lagi ya mas

      Delete
  66. thanks sarannya dokter.. si moy moy nya uda berpulang semalam :-( , setelah dikasih obat.. sedih juga rasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut menyesal, mas... dan maaf karena saya baru bales.... :(

      buat pelajaran aja biar kedepannya lebih baik lagi...

      Delete
  67. Dok muspan saya tadi pagi fesesnya agak berair warnanya kuning kehijauan tapi gk bau semalam habis saya kasih sun pisang trus paginya saya kasih pisang dan minumnya susu frisian flag gold tapi pas siangnya saya kasih makan pisang dan fesesnya normal lagi penyebab mencretnya kenapa ya dok mohon penjelasannya dan untuk makannya kalau malam saya taruh kandang aja apa gimana dok muspan saya umurnya kira kira 3 atau 4 bulanan saya juga kurang tahu

    ReplyDelete
  68. Oiya dok sama minumnya juga dia jarang tapi kencingnya lancar gimana caranya biar sering minum mohon sarannya bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mencretnya gak terus menerus (misalnya cuma sekali, abis itu normal), nothing to worried. mungkin kebersihan makananya aja yang dicek. atau jangan dikasih susu. :)

      untuk minumannya, coba kasih air putih campur sari kurma atau madu. :)

      kabari terus ya mas

      Delete
    2. Makasih dok sarannya alhamdulillah muspan saya sehat selalu,kalau malam sebelum saya tidur kan saya kasih makan dlu dok tapi untuk jaga jaga kalau tengah malam dia laper lagi makanannya saya taro kandang aja apa gimana dok

      Delete
    3. iya, itu bisa begitu. :)
      kabari lagi kalau ada apa2 ya mas. maaf baru balas. :)

      Delete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. Dok, kalo ciri-ciri yg diatas ada semua, penanganannya harus gimana ya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ciri di atas ada semua, coba mas kasih ramuan kesehatan musang. ada kok artikelnya. kasih biar sistem pencernaannya bagus.

      kalo masalah hairlossnya, cek kenapa dia hairloss. bisa karena kutu, jamur, atau apa.

      itu aja sih mas. kabari lagi

      Delete
  71. Dok musang saya umurnya2 bulan tapi dia gak mau makan kalau dia makan di muntahkan lagi terus dia mencret

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih ramuan kesehatan musang.
      udah ada cara buatnya di artikel ramuan kesehatan musang...

      Delete
  72. Dok muspan saya umurnya 2 bulan, saya baru rawat malem, malem sehat skarang kepalanya miring kiri terus dan kaya yang lemes dok, dikasih makan cuma dicium aja, kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas. :(
      sekarang gimana keadaan musangnya? usahakan tetep kasih makan, meski cuma dikit, gak apa2. disuapi/disepet aja ke mulutnya.....

      untuk obatnya, silakan kasih kurma tahnik, selengkapnya baca artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang

      Delete
  73. Dok musang saya umur 3bulanan
    Fasesnya mencret wrna kuning
    Sama kasih mkan nasi kecap
    Trs kl habis pup dijilatin..apakah itu yg bikn gatal di mulutnya..smpai kulit ngupas..gmna ara nyembuhinnya dok
    Tlong dijwab dok
    Kasihan bibirnya kayak gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, dia mau makan makanan lain? selain nasi kecap?
      maksudnya kalau habis pup dijilatin itu, yang dijilatin apanya ya? apakah anusnya atau fesesnya?

      maaf baru balas. saya tunggu kabarnya.

      Delete
  74. dok anak musang saya sekarang lemas padahal tadi pagi masih nakal / ceria tapi pas sore harinya mendadak lemas dan terlihat seperti kejang dan napas tidak setabil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih air kelapa + sari kurma.
      selengkapnya baca artikel saya ramuan kesehatan musang....

      Delete
  75. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. hallo dok, muspan saya berumur 4 bulan
    saya biasa kasih makan bubur sun dicampur susu kental
    udah 3 hari iya sakit
    badannya gemetar,lesu,sering muter2 kayak ada sarafnya yg kena, berjalan terus sambil nunduk sampe ga tekontrol sampai2 tembok aja di tabraknya.
    bentuk fases nya kadang normal kadang kecoklat coklatan.
    selama sakit muspan saya belum mau makan, dikasih pakai spet suntik tapi dianya ga mau nelan.
    jadi kira kira itu terkena penyakit apa ya dok?
    terus cara mengobatinya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama jangan dikasih susu. cukup kasih jus pepaya yang di just gak pake air atau airnya dikit aja.
      untuk obatnya, mas bisa kasih kurma tahniq. silakan baca artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang.

      lakukan ya mas. mudah2an sembuh. kabari terus.

      Delete
  78. oke dok saya kasih sekarang, nanti saya kabari lagi kalo udah ada perubahan
    ohiya warna fases nya sekarang berwarna hitam dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.