Bulu Burung Hantu Patah, Bisa Tumbuh Lagi? | Drh. Fira Sovica

Banyak owl lover yang bertanya kepada saya tentang

apakah bulu hantu yang patah bisa tumbuh lagi

. Maka artikel singkat ini akan menjawab pertanyaan bulu burung hantu yang patah apakah akan tumbuh lagi atau nggak. Artikel ini berkaitan dengan artikel saya cara mencegah bulu burung hantu yang rontok.


Bulu Burung Hantu Patah, Bisa Tumbuh Lagi?
Image taken from intisari-online.com
Dok, apakah bulu burung hantu yang patah atau digunting bisa tumbuh lagi?
Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah iya. Bulu burung hantu yang rusak akibat patah atau digunting atau karena sebab lain bisa tumbuh lagi, atau lebih tepatnya, bisa tergantikan bulu baru saat proses moulting (mabung) terjadi. Moulting adalah proses pergantian bulu pada burung yang terjadi setiap tahun.
Demikian adalah penjelasan tentang

apakah bulu burung yang patah bisa tumbuh lagi

. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda, umumnya bird lover, dan khususnya owl lover. Saran, kritik, dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. (FS)

65 Responses to "Bulu Burung Hantu Patah, Bisa Tumbuh Lagi?"

  1. Sore Dok,
    Ijin Sharing Dok,
    Pagi ini Tyto meninggal,
    tanpa gejala apapun.
    malam sebelumnya msh aktif dan makan banyak.
    sekedar sharing, kecurigaan yg paling mengarah saat ini adlh makanan yg saya kasih menyebabkan tyto meninggal.
    seperti biasa sy semalam beli daging sapi di supermarket Sup**Indo deket rumah
    sy beli 3 potongan daging sedang.
    pas sampe di rumah sy potong lg kecil2. pas lagi motong kecil2 ini sy sadar daging yg sy beli udah rusak dan berbau kurang enak. tekstur daging sudah agak pecah dan seratnya tidak solid lagi alias mudah robek.
    setelah sy sadar langsung sy singkirin yg mnrt sy udah rusak parah, dan yg msh lumayan sy ambil utk kasih makan tyto, lumayan bisa cukup sekali makan.
    biasanya sy beli 3 potong itu cukup utk 4-6 hari, tapi sy hanya bisa ambil sedikit, sisanya buang.
    tapi karena kebodohan saya akibatnya tyto hrs pergi.
    saya blm tau jika ternyata ada sebab lain, tapi sementara ini baru itu petunjuk yg sy dapatkan.
    jadi buat pelajaran teman2 yg sayang owl, jgn ulangin kesalahan saya.
    jgn sekali2 memberi makan owl dgn daging yg kurang bagus.

    bukan bermaksud black campaign, tapi kasus daging kurang bagus beli di supermarket tsb, sy sudah alami 2 kali selama memelihara Tyto, tapi yg pertama tidak berakibat fatal hanya saja Tyto sedikit menolak makan, akhirnya sy ganti dgn yg baru baru lahap lagi.
    tapi kasus kedua, Tyto tidak menolak, sayang akibatnya malah fatal.
    demikian dok, sorry klo bikin ribet
    semoga tidak terjadi dgn teman2 yg lain.
    dan klo beli daging sebaiknya beli di pasar atau dipemotongan yg langsung ketauan dagingnya
    Wassallam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduuh, sayang sekali tyto harus pergi. kirain bisa nemenin errol ama padma.... :(
      iya lebih baik beli di pasar pagi aja mas. yang keliatan masih fresh. kalau yang disupermarket itu kadang2 kan hanya ditaruh di freezer aja.
      mas bisa cek fesesnya tyto yang terakhir warna apa? saya turut bersedih mas......

      sabar ya....

      Delete
    2. Thanks Dok,
      Iya...sedih banget nasib tyto, baru aj pulih dari patah kaki, malah hrs pergi...
      Sayang sekali kemarin itu saya belum sempet (ga kepikiran) cek feses yg di kandang, krn posisinya diatas pohon mangga.
      pas pulang kantor, kandang udah dibersihkan sama mertua, jadi udah ga ada jejak lagi deh...

      Seru banget ngebayangin Errol dan Padma di rawat sama dokter yg aware dan care banget sm mrk...
      ini pelajaran buat sy klo kedepan mau pelihara tyto alba lagi, hrs punya persiapan dan kesiapan yg cukup.
      Makasih banyak dok buat sharing dan ilmu2nya...
      Sukses buat prakteknya dan juga buat partnernya Errol dan Padma
      Salam...

      Delete
  2. Dok saya pernah punya gelatik mabung trus mati itu knapa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab mas. sayangnya mas tidak menjelaskan lebih lanjut.
      namun biasanya kalau burung gelatik sakit, bisa dilihat dari fesesnya. pelajari aja feses burung.... kalau perlu, perhatikan setiap perubahan pada fesesnya... :)

      Delete
  3. Dok, saya berencana untuk melihara celepuk, sebaiknya celepuk di taro di indoor atau outdoor yah dok?, saat ngelatih celepuk, apa harus malam hari ?
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. indoor aja.
      gak harus malam hari. siang juga oke... :)

      Delete
  4. Dok, mau tanya,
    ini saya punya Barn Owl masih chick, sekarang udah mulai tumbuh bulu, saya beri nama Bolly, sekarang sudah bisa jalan dan saya biasakan panggil nama, tidak pakai peluit. nanti kalau sudah besar beresiko gak dok untuk memanggilnya kalau dari kecil tidak dibiasakan pake peluit?
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ngaruh, mau pakai peluit atau tidak, owl tetap akan mengenali frekwensi panggilan masternya....

      si errol mau sejauh apapun dia berburu di alam, pasti dia akan balik ke saya kalau saya panggil malem2, mas..... si errol itu burung hantu saya. salam dari errol dan padma buat bolly yang pinter,.... :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Malam dok sya mau nanya bth brpa lama bulu dri brancher ke juve untuk jenis barn owl? Dan ada gak buku yg bsa dibeli mengenai bahasan fisiologi dan materi dokter hewan tntg aves. Sya tertarik pelajari lbh dalam lg soalnya. Thx sblmnya dok.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Hy Dokter,

    Burhan Tyto saya beberapa minggu yang lalu bulu sayap kanannya patah 2 helai gara-gara sukanya escaping dari perchnya, sudah sy kasih minyak ikan rutin 2 hari sekali meskipun belum ada efeknya, dan 3 hari yang lalu Bulu sayap kanannya patah dan jatuh 3 helai lagi, jadi keseluruhan bulu sayap kananna patah dan tinggal separuh 5 helai.
    Kira-kira penanganan yang tepat bagaimana Dokter, soalnya kasihan burhannya. Apa perlu diberi vitamin khusus atau bagaimana,

    Terimakasih atas jawabannya Dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dikasih apa2. nanti akan terganti dengan bulu baru. emang agak lama, tapi pasti bisa. :)

      silakan baca artikel di atas agar lebih jelas...

      Delete
    2. Kalo misal nya burung nya udah tua terus patah apa masih bisa ganti bulu dok??

      Delete
  9. Oke Dokter terimakasih jawabannya. Salam k Errol & Padma :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. :)
      kasih kabar lagi mas kalau ada apa2... :)

      Delete
    2. Dok kalo burung hantu saya Masi anakan Trs bulunya itu udah tumbuh tinggal nunggu beberapa waktu nah terus bulu sayap kananya itu baik2 aja tiba2 Kyk rusak gitu dok digigit gitu bulunya kira2 Kyk robek gitu dok apakah bisa tumbuh lagi kalo seperti itu?

      Delete
    3. kalo masih anakan, kemungkinan besar nanti bisa tumbuh lagi mas... :)

      Delete
  10. Dok, tadi saya pagi menemukan celepuk liar lagi tengkar sama kucing saya. Kondisi mungkin 70%lah, karena bulu banyak yang patah walau di teras saya ga ada bekas bulunya, kakinya berdarah dan jalannya kayak orang mabuk. Lalu posisi celepuknya tadi lagi duduk, jadi kakinya di taroh ke depan, sayapnya terlentang dan duduk pakai pantatnya mungkin. Trus barusan saya handfeed jangkrik, rakus dok, walau makan dalam keadaan "bertahan" bulunya di kembangin trus bagian mukanya di seremin sama telinga palsunya keluar dan jari saya yang di cucuk beberapa kali -_-
    Pertanyaannya, kira - kira tumbuh bulunya sekitar berapa bulan? Soalnya saya seumur - umur belum pernah lihat burung hantu mobung hehe dan kalau misalnya tahun ini dia udah mobung, apakah bisa mobung lagi atau nunggu tahun depan? Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung apakah saat mabung nanti, bulu yang sekarang rusak ikut rontok atau tidak, mas. setau saya sih kalau bulu burung yang rusak nantinya akan terganti sendiri jika memang bulu yang rusak itu memang sudah 'tua'....

      masalahnya sekarang, apakah bulu yang rusak itu termasuk bulu tua atau tidak? kalau tidak, mungkin agak lama. tapi bisa kok terganti sendiri nantinya... :)

      dirawat ya mas owlnya. silakan baca2 aja dlu artikel saya mengenai burung hantu di blog ini.. :)

      Delete
    2. Iya dok, saya rawat kok. Saya sudah punya celepuk 2x dari bulu kapas. Cuman pas udah setahun lebih saya ga bisa nentuin kelaminnya, jadi saya lepas di hutan - hutan gitu Dok hehe
      Dok, ini dari kemarin kok ga ada tanda - tanda nafsu buat kabur dari rumah ya? Padahal sudah saya lepas di halaman belakang, pas pagi saya lihat malah sembunyi di balik tanaman. Trus kakinya kek ada bekas rantai gitu dok sampe merah dan bulunya ga ada :( kasihan nih

      Delete
    3. rawat aja dlu. bagian kaki yang merahnya kalau emang luka, bisa kasih betadine... jaga kebersihan kakinya... :)

      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  11. Dok mau tanya ciri ciri burung hantu moulting itu kyak apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara merawat burung hantu mabung

      Delete
  12. Dok,
    Ini saya baru adopt celepuk, saya kasih nama tobi, td saya udah terlalu suka jadi tidak sadar kalau swmua bulu sayapnya dipotong, kata yg jual sih umurnya 6 bulanan, baiknya bagaimana ya dok? Apa saya cabut swmua bulu sayaonya supaya tumbuh baru atau saya biatin aja dok? Kasian si tobi mau terbang ngambil jangkrik cm bisa lompat

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dicabut, mas. kasian, malah stress nantinya.
      biarin aja, yang penting dia sehat kan? :)

      nanti juga bulunya yang rusak akan tergantikan sama yang baru kok. agak lama emang, tapi pasti bisa keganti... :)

      Delete
  13. Klo dia sekrg baru berumur.sekitar 6 bulan,.brp lama.lagi dok dia bakal ganti bulu? Siklus mabungnya celepuk berapa lama ya?

    Iya tobi sehat dan makannya jg banyak dok...cuma gk tega liat dia ngelamin sayap sekuat tenaga taoi hasilnya cm bisa lompat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lepas atau tidaknya bulu burung saat mabung dipengaruhi dengan umur bulu tersebut. bulu baru akan tergantikan dengan bulu baru saat mabung bila bulu tersebut emang udah tua. jadi, meski ada bulu yang udah rusak atau terpotong, kalau usia bulu itu masih muda, dia gak akan copot saat mabung karena emang belum waktunya, mas.... :)

      jadi sabar aja. toh owlnya sehat kan? latih aja sekarang, ajarin hunting, training, dan ajak main terus, jadi nanti saat bulunya udah lengkap dan bulu yg rusak udah tergantikan, dia udah full training dan ubah bonding sama masnya... :)

      sehat terus tobi...

      Delete
  14. selamat sore dok...
    saya baru pertama kali memelihara owl..dan jenisnya tyto...saya agak kesulitan buat ngasih makan dan tempat...
    namun alhamdulillah info dari dokter membuat agak sedikit kebingungan saya berkurang...terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan chat saya jika ada yang ingin ditanyakan... :)

      Delete
  15. Dok, buffy fish sy paruhnya sompel di sebelah kanan di dekat bawah hidung itu bisa kembali sempurna ga ya ?

    ReplyDelete
  16. Misi dok , saya punya celepuk namanya gufy udah sebulan sama saya . nah ini dipunggungnya kaya ada benjolan mau tumbuh bulu gtu dok , itu sebenarnya apa dan harus bagaimana ? Mau difoto tapi gufynya kesakitan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian yang benjol itu?
      dan apakah ada cairan seperti nanah di dalam benjolannya?

      kalau mbaknya worried, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja mbak... kayaknya sih harus dicek langsung sama dokter hewan...

      Delete
  17. permisi dok ☺ saya punya cg bulu sayap sama buntut pada patah kira kira bisa tumbuh lagi ga yaa ?? sudah dibantu minyak ikan sih , jadi perlu dicabut atau dibiarkan saja bulu yg patah agar tumbuh sendiri ?

    terimakasih ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja mas. nanti akan terganti dengan bulu baru kalau pas mabung.
      jangan sering2 dikasih minyak ikan. cukup 2 minggu sekali aja mas...

      Delete
  18. Permisi dok,buffy fish owl saya beberapa bulu utama sayapnya(bulu paling besar) patah(sebelah kanan hampir 5 bulu besar)akibat terbentur bentur tembok,kira2 bisa tumbuh lagi seperti semula?terus lebih baik didiamkan saja atau dicabut?patah setengah2 gitu dok,penanggulangan paling baik gimana dok?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan sih mending diamkan aja. kalau toh mau dicabut, minta bantuan dokter hewan. jangan dicabut sendiri, takutnya bekasnya nanti infeksi. bisa stress juga buffynya.

      kembali lagi sih ke saran awal saya, yaitu diamkan aja... :)

      Delete
  19. Dok, maaf mengganggu saya mau tanya karena burung hantu saya jenis strix seloputo bulu sayap dan ekor pada rusak dan udah di cabut oleh teman saya tapi tumbuhnya lama sekali kira2 biar cepar moulting di beri makanan atau vitamin apa yaa dok? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa kasih minyak ikan, cukup 10 hari sekali aja.
      minyak ikan buat ayam ya mas.


      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas

      Delete
  20. Dok, celepuk saya bulunya patah dan berdarah kira kira itu gimananya dok, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya masih oke?
      biarin aja, mas. kasih obat merah betadine aja, mas...

      Delete
  21. Alhamdulillah msih dok, kalau bulunya di potong boleh gak? Soalnya gak enak liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas mau potong disebelah mananya?
      dari pangkal bulunya?
      saya sarankan, mending jangan, mas. biarin aja.

      Delete
  22. Gak dari pangkal dok,cuma setengah yg keptong, pangkalnya masih nempel

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      mas mau potong dari setengahnya, atau dari pangkalnya?

      gak apa2 sih, mau dari pangkal atau setengah. tapi. tapi kalau saran saya, mending diemin aja....

      Delete
  23. Dok, mau tanya..
    Bulu ekor Jakiro patah semua akibat di taro sangkar, sekarang udh di perch..
    Kata org" sih suruh cabut bulu'a biar tumbuh baru, trs saya cabut lah..
    Trs saya cek bekas bulu yg di cabut itu kulit'a warna hijau, apakah itu pendarahan di dlm ya dok?
    Dan gimana cara mengatasinya?
    Dan sebelum"a suka bersin keluar air ��
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mas cabut? :(
      harusnya diemin aja....

      iya, ada kemungkinan pendarahan dalam. sementara observasi aja dulu selama seminggu ke depan...

      setelah bulunya dicabut, dia masih mau makan?

      Delete
  24. Dok bulu tyto alba saya lepas satu na pas saya lihat itu telur darah tapi sdh kering na pas saya tempatkan di teras bulu nya lepas apa itu gk pp dok?
    Na tyto saya kan klo di dlm rumah saya taruh gk terlalu lincah dong tapi klo saya taruh di teras dia terbang" dari perih dok itu masih liar atau knp dok? Dan sih tyto lebih banyak tidur apa itu gk pp dok tpi klo dia di elus skrg gk takut lagi dok

    ReplyDelete
  25. Dok, apakah bulu pada ekor faclon saya msih bisa tumbuh? Jenis falcon saya brahmy kite, dia skrg usianya juve awal, tolong infonya dok, makasih

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Assalamualaikum, dok, saya mau tanya ini burhan saya bulu bagian sayap rontok 2 bulu, itu bisa tumbuh lagi ? Trus penyebabnya apa ya bisa rontok begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok mas. :)
      banyak sebab. kalau nggak berdarah, biasanya karena emang waktunya mabung. kalau berdarah, mungkin karena kecabut...

      Delete
  28. Selamat pagi dok saya dari kelompok AOI (Asosiasi Owlery Indonesia) saya bersama dokter raharjo dr jogja dan dokter gede wirawan dari bali saat saya bertanya jika bulunya banyak yg patah dan minta solusinya mereka menyarankan untuk mencabutnya dan tumbuh menyesuaikan bulu yg lama sedangkan hampir smua bulu dr sayap sampai ekor patah apa saya cabut smua dok dan owl saya gk punya bulu sayap dan ekor sementara dok
    Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang yang mencabutnya dokter hewan, boleh2 aja sih. yang saya tidak setuju adalah bulunya dicabut oleh orang yang bukan dokter hewan, mas. :)
      jika bulu yang rusaknya banyak, lebih baik konsultasi dulu sama dokter hewan. kalau mas tanya saya, saran saya mending diamkan aja.

      salam untuk dr raharjo dan dokter gede wirawan, mas. :)

      Delete
  29. bu dokter, saya mau bertanya,, apakah ada ciri khusus untuk mengetahui umur owl?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari tampilan luar, paling hanya bisa mengira.
      dokter hewan mungkin bisa memperkirakan dengan lebih tepat, tapi bisa aja melenceng. cara yang paling tepat adalah lewat cek dan test dna-nya mas... :)

      Delete
  30. Dok celepuk saya kok akhir2 ini makannya susah banget yaa sampe harus aku buka mulutnya tak taruh makannya ditenggorokan soalnya kalau enggak gitu makanannya dibuang dok, aku biasa kasih dia makan ayam dok, nggak seaktif 2 minggu kemarin yang kalau diberi makan langsung disamber ganas gitu, trrus juga bulu2nya banyak yang patah juga itu kenapa dok? Aku takut owi stres dook, untuk fesesnya saya kira normal sih dok yang putih nggak banyak ada yang bening juga lumayan laah trus ada kayak yg coklat gitu segaris doan dok. Ini kenapa yaa dok owi...terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
  31. Dok, saya mau bertanya burung hantu saya tulang bulu di sayapnya patah, itu kira kira apa bisa tumbuh lagi ga ya dok? Soalnya banyak yg bilang tidak dapat tumbuh lagi bulunya karena tulang nya tebelah 2 gitu :( mohon pencerahan nya dok 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  32. Sore dok saya mau nanya kalo misal nya sayap nya banyak yang d gunting sama pemilik sebelum nya gimana yah biar cepet numbuh yang baru , saya ngeliat burung hantu nya kasian
    Yang punya saya burung hantu Buffy frish owl gimana yah biar cepet numbuh nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada cara untuk mempercepat, bisa merangsang pertumbuhan bulu aja, bukan mempercepat...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.