Cara Agar Burung Hantu Mau Makan | Drh. Fira Sovica

Banyak pemilik burung hantu yang bingung

kenapa burung hantu mendadak tidak mau makan

, padahal parameter kesehatan burung hantu terpenuhi semua: fesesnya bagus, tidak ada gejala sakit, sering bersuara, dan aktif, namun kerap tidak mau makan. Artikel ini berkaitan dengan artikel saya tentang parameter kesehatan burung hantu.



Cara Agar Burung Hantu Mau Makan
Image taken from pinterest.com
Ada beberapa kesimpulan kenapa burung hantu yang sehat tidak mau makan, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Bosan dengan makanannya.
  • Iya, burung hantu juga kerap bosan dengan makanannya. Hal ini kerap terjadi pada burung yang diberi makan makanan yang sama.
  • Menumpulnya insting berburu burung hantu.
  • Alasan kedua kenapa burung hantu yang sehat tidak mau makan adalah karena insting berburu yang mulai menumpul. Hal ini biasanya lebih sering terjadi pada burung hantu tangkapan liar yang kemudian dipelihara manusia. Seperti yang saya tulis di artikel hal yang salah dalam memelihara burung hantu, menjaga insting berburu burung hantu merupakan salahsatu hal tersulit yang harus dilakukan oleh owner burung hantu.
Nah, bagaimana cara menajamkan insting sekaligus mengatasi burung yang bosan dengan makanannya?
Semua jenis BOP, baik itu burung hantu maupun jenis BOP lainnya, adalah makhluk yang memiliki ego besar. Mereka senang berada di tempat yang tinggi, mereka senang melihat posisi makhluk lain berada di bawah mereka.
Begitu pula dengan mangsa. Mereka lebih memilih mangsa hidup yang masih bayi, yang kelihatan lemah, yang kelihatan lebih mudah untuk dibunuh. Melihat dan mendengar mangsa mereka mendecit-decit kesakitan saat dimangsa membuat insting mereka kembali tajam.
Untuk mengobati burung hantu atau BOP yang tidak mau makan padahal dia sehat, maka saya menyarankan agar Anda memberikan makanan hidup yang kelihatan lemah dan mudah dibunuh: bayi tikus putih yang masih merah (pinkies), bayi hamster, piyik ayam dan emprit, dan semacamnya. Saya sendiri lebih merekomendasikan Anda untuk menggunakan pinkies sebagai

makanan untuk burung hantu yang tidak mau makan

. Terima kasih. (FS)

106 Responses to "Cara Agar Burung Hantu Mau Makan"

  1. Dok aku mau nanya belakangan ini burung aku kayak males nangkring di tangkringanya g tau gimanaa perutnya bisa nempel ama tangkringanya kl dilantai jg kalau dapet mangsa, makanya lancar poop normal aktif fttf mulu ama hunting setiap jangkrik di taro di lantai di kejar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kenapa ya dok kalau kita deketin dia balik berdiri lagi jadi saya g tau dia ngapain tangkringanya aku pake yang buat ngeringin baju trs aku lilit pakai tali pramuka

      Delete
    2. tapi dia masih tetep bisa berdiri, kan?
      maksudnya cuma sesekali aja dia begitu?

      sebenernya udah pernah bahas di artikel "Burung Hantu Sering Mengangkat Satu Kaki, Kenapa?", alasannya sama.... :)

      nothing to worry kalo dia masih bisa berdiri

      Delete
    3. Oo ok dia itu tiduran kayak mengerami telor padahal g ad apa ap gitu

      Delete
    4. si padma juga sering kayak gitu... :)

      Delete
  2. Trs tiap hari aku kasih super n kakinya ud baikan dok kan pas itu kyk ada luka luka

    ReplyDelete
  3. Dok saya mau tanya burung saya buffy, dia makan lahap fesesnya juga normal namun agak cair, yg saya mau tanyakan si buffy jarang bgt bersuara, kalo bersuara pun suaranya kecil.. kira kira kenapa ya dok? Mohon bantuannya dok saya tunggu balasannya terimakasih ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal bersuara, itu gak terlalu menentukan kesehatannya, mas. yang lebih penting sebenernya nafsu makan dan fesesnya. kalo soal suara, itu lebih ke karakter burung hantunya... :)

      Delete
  4. Diatas dblg,mreka lbh suka mlihat mangsanya berdecit2 lemah. Trus disarankan memberi pinkies,anak ayam,anak puyuh. Brati anak puyuhnya saya dilukai lehernya dok? Biar berdecit2 lemah. Maaf sblmnua dok kalau sy byk tnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang gak berdecit pun sebenernya yang penting kelihatan lebih lemah, itu poinnya. jadi kalau pun gak berdecit pun sebenernya gak kenapa2, asalkan kelihatan lebih lemah aja... :)

      Delete
  5. Terus kalo di liat dari fesesnya kaya ada agak kuning kecoklatan gitu dok sekarang dan kadang kaya buih juga dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek makanannya, pastikan makanannya fresh, juga kebersihannya...

      rutin mas kasih super-n kan?

      makannya mas kasih apa?

      lakukan, dan kabari lagi

      Delete
  6. Super n itu apa dok? Saya selaku kasih makan lele dok dan jangkrik buat cemilannya.. Apakah lele yg di simpen di kulkas masih bisa di bilang fresh dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. super-n udah saya bahas di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

      lele sebaiknya yang difillet aja.
      dan sebelum diberikan, mending direndem dulu di air biasa (bukan air panas), setelah gak terasa dingin lagi, baru diberikan....

      super-n jangan lupa

      Delete
  7. Oh iya saya coba dok semoga burhan saya cepet sehat.. Terimakasih banyak dok

    ReplyDelete
  8. Dok burung saya skrg udah di kasih super n rutin, tp belum ada perkembangan malah nafsu makannya berkurang drastis jangankan buat ngelatih dok buat makan aja susah. Untuk fesesnya normal putih dan ada itemnya.. dan jd ga betah diem di perchnya dia lebih suka diem di tempat yg datar kaya meja atau lantai..
    Kenapa ya dok?
    Dan satu lagi dia ga pernah bersuara dok 😥😥😟

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas rangsang lagi makannya, kalo saya sarankan mas pake bayi tikus putih aja (yang belum melek)... atau bisa kasih daging emprit aja kalau emang gak ada bayi tikus...

      kalo fesesnya normal, atleast masih sehat kok meski gak bersuara. soal makannya, mas biasa kasih makan apa dan berapa kali?

      kabari...

      Delete
  9. Selain potongan ikan lele sekarang Saya udah coba kasih makan burung emprit hidup hidup dan tikus putih yg kecil.. Tp dia kaya cuek gitu ke makanannya ga nafsu gitu.. Saya jd khawtir takutnya ada apa apa.. oh iya dok dia juga suka bersin dan geleng geleng kepala

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek lubang hidungnya, mas. keliatan basah?
      bisa jemur juga minimal seminggu sekali. optimalnya jemur seminggu 2x. jangan lama2, cukup 5 hingga 10 menit aja. jangan sampe kelamaan.

      cek juga kebersihan ruangannya. jangan banyak debu.

      selebihnya paling super-n aja.

      kalo saya tebak sih iya, pilek ringan. jaga pola makannya. :)

      Delete
  10. Iya dok kalo bersin suka sambil muncrat soalnya.. Kalo tempat sih si buffy di simpen di teras rumah jd kena sinar matahari tp ga langsung kena soalnya teduh juga.. Tah itu yg susah dok pola makan saya selalu kasih makan sehari dua kali pagi dan malem tp pas jam makan dia susah bgt buat makan 😟😟

    ReplyDelete
  11. Oh iya dok kalo pemberian minyak ikan untuk si buffy fungsinya buat apa sih? Soalnya temen saya ada yg nyaranin kasih minyak ikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak ikan bisa merangsang pertumbuhan bulu dan merawat bulu, serta sebagai asupan asam amino. itupun sebenernya jangan sampe over dosis, mas. kalo od, malah bahaya....

      kalo buffynya lagi sakit, mending jangan dikasih minyak ikan dulu... :)

      Delete
  12. Oh gitu dok makasih banyak sarannya..nanti kalo ada perkembangan atau ada apa apa lagi saya kabarin lg boleh? Maaf merepotkan dok

    ReplyDelete
  13. Oh iya dok kan si buffynya susah bgt makan, kalo saya paksa makan di suapin apa bakal tambah stres atau sakit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih makanan berupa potongan daging emprit atau puyuh mentah, cacah halus, dan sodorin aja ke mulutnya. biasanya si buffy lebih nafsu makan...

      fesesnya gimana?

      Delete
  14. Dok sekarang celepuk aku ud g suka tiduran tiduran yay ama mau nanya temen aku ada yang liat aku punya burung hantu dia suka banget pas itu main ama dia dia beli tapi dia g ngerti di beli yang ud juvinile dan galak banget kalo di jinakin bisa g ya aku deketin ama punya ku biar jinak, ama celepuk aku kan sempuhan dulu beli g tau g mengangu cara bekerja organ dia kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga sih burung hantu punya temen mbaknya dideketin ke dia, tapi itu juga belum tentu owlnya punya temen mbak bisa jinak.
      tapi coba aja. mudah2an bisa. :)

      yang pasti dia harus jinakin sendiri...

      Delete
  15. Abisnya aku pernah nonton di youtube kl ad owl yang ud jinak di deketin ama yang masih galak yang galak makin lama makin jinak, ama dok belakangan ini burung hantunya lg happy banget g tau kenapa selalu terbang terbang nyamperin orang yang dateng

    ReplyDelete
  16. Dok,,gmana cara melihara tyto alba,, saya baru pelihara 1 hari ,, stiap saya deketin dia diam aja kek pura2 mati gitu,, kadang juga ga mau makan dok,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia sehat nggak?
      caranya tahu dia sehat atau nggak, mas bisa baca artikel saya PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU...

      mas juga bisa kasih suplemen yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU SEHAT

      cara memelihara barn owl juga udah ada artikelnya..

      Delete
  17. Dok,,gmana cara melihara tyto alba,, saya baru pelihara 1 hari ,, stiap saya deketin dia diam aja kek pura2 mati gitu,, kadang juga ga mau makan dok,,

    ReplyDelete
  18. Dok mau tanya nie saya pnya burung elang yg kepala putih.. jinak makannya lancar sehat tetapi gk mau terbang, saya lempar ke langit dia cuma muter 1x langsung mendarat.. itu kenapa ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur BOP-nya berapa mas?
      jangan2 masih anakan, mas.

      kemungkinan lain, dia udah terlalu bonding sama masnya. latihannya yang lain gimana? kayak FOF, FTTF?

      Delete
  19. Dok ini kok owl saya smeety kalo ada jangkrik dilantai kok gak mau ngejar ya terus kalo jangkriknya di kakinya dia ngrespon sih tp lama pas jangkriknya mau dimakan jangkriknya keburu lari tapi pas jangkriknya lari dia nggak mau ngejar.itu caranya gimana ya dok biar dia mau ngejar jangkrik itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditajamkan instingnya. mas juga bisa latih dia, udah ada artikelnya.
      mas bisa baca artikel di atas..

      smeety umur berapa mas?

      Delete
  20. Halo dok, saya mau tanya dong, burung hantu saya uno udah 4 hari pupilnya gede sebelah yg sebelah kiri, malah sekarang udah hitam legam, apa uno kena katarak? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo katarak, biasanya gak gitu, mas.
      dia kayak berembun putih gitu di matanya... :)

      Delete
    2. Terus kenapa ya dok? tadi liat ada nyamuk lagi gigit matanya apa krn nyamuk ya :( kaya gini dok mata sebelahnya si uno https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1390331884383163&set=a.415028451913516.95198.100002190956392&type=3&theater

      Delete
    3. keren mas owlnya. ada perbedaan pigment di matanya! normal kok kalau soal perbedaan pigment di matanya. bahkan bisa dibilang unik...

      nyamuk gigitnya di bola matanya, atau di kelopak matanya?

      Delete
  21. Maaf dok saya mau tanya, saya punya celepuk yg baru 3 hari beli, 2 hari kemarin makannya lancar dok, tp mulai tadi pagi sudah tidak mau makan. Di sodorkan dgn tangan di patuk lalu di jatuhkan lg. Terus matanya selalu meram dan menunduk. Kira2 kenapa ya dok? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya warna apa? hijau?
      mending segera beli super-n di toko makanan burung. terus tetesin ke dalam paruhnya sehari 2x, pagi dan sore.

      usahakan tetep kasih makan.

      Delete
    2. Dok nama vitamin buat nafsu makan burung hantu meningkat?
      Dan tempat belinya di mna y

      Delete
    3. cek artikel saya, cara agar burung hantu tetap sehat. :)
      kasih obat yang saya tulis di sana...

      Delete
  22. Dok Burung Hantu cowoan Saya kok mls makan ya asal saya ksh jangkrik di lepas dari mulut nya pada hal tadi pagi lahap mknnya,aph gara gara saya beliin burung hantu perempuan ya,Mohon
    jawaban nya dok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya mas, tadinya mas cuma punya satu burung hantu (cowok). setelah mas beli satu burung hantu lagi (cewek), yang cowok jadi gak lahap makannya, gitu maksudnya mas? :)

      kayaknya nggak ngefek deh. coba mas cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu. buat nafsu makannya, kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat...

      Delete
  23. Dok saya punya tyto alba kok gk mau makan ya terus lemes juga dan kalau ditaro ditangkringan gk mau terus bunyinya tidak nyaring dan sering kenapa ya dok? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama?
      kasih super-n, setetes setiap hari.

      dan fesesnya/tahinya kayak gimana? coba mas baca artikel parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
  24. Baru fesesnya tadinya putih terang terus jadi kayak air ngatasinnya gmn yaa dok? Makasih

    ReplyDelete
  25. Dok saya punya burung hantu jenis barn owl,usianya baru 1bln dia pup nya selalu warna putih knp ya dok,trs saya kasih makan daging potong dia responnya agak lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n mbak. terus makanannya dicacah kecil2.
      kalo bisa sih kasih daging puyuh. nyetok aja di kulkas. tiap kali mau kasih makan, potong dikit, terus rendem di air mineral sampe gak dingin dan gak beku lagi... baru kasih ke burungnya...

      Delete
  26. Dok burung hantu saya celepuk umurnya sekitar ± 1bulan kurang, kmren sy coba kasih irisan kecil daging ayam.. Lalu fesesnya jd lbh bnyk dari biasanya dan warnanya cokelat gelap dok, terus setelah makan itu dia banyak merem.. Hari selanjutnya dia malah ga mau makan daging itu pdhal sy udh suapi dok, kenapa ya? Apa sakit? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas... :(

      celepuk sebenernya cukup kasih jangkrik. daging ayam pun harus yang fresh. lebih aman sebenernya kasih daging ayam atau emprit...

      Delete
  27. dok sy pny obay umur sekitar 5-6bln lg agak2 mogok makan..
    semenjak kmrn mlm sy dpt sudah sy taro di kamar 3x4m dgn perch dan angklet dan sudah 15jam sy diamkan tuk adaptasi namun br mau mkn 3 jangkrik...itupun sy paksa suapin...bentuk feses blm terlihat krn blm ada dok,secara fisik semua sempurna tanpa cacat,thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makan super-n, mas. setetes pagi dan setetes sore.
      jangan lupa, cek fesesnya terus...

      Delete
  28. halo dok saya punya celepuk namanya kukuk, kemarin badannya kena minyak & pinggiran wajan yg masih panas. bulunya jadi kusut. saat itu langsung dikasih salep luka bakar manusia.. mendingan itu dok..

    untuk bulunya saya olesin pakai air sunlight trus dibilas air bersih setiap pagi.. udh 3x mendingan bulunya dok.. tapi yg dalem bulunya masih kusut.. ada cara lain dok supaya kembali sempurna bulunya? saya kasian lihat bulunya yg kusut dan badannya yg kurus..

    alternatif lain selain jangkrik & bayi tikus apa ya dok? kayaknya dia mulai bosan sama pakannya juga

    terimakasih sebelumnya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks, kasian... :(
      maaf karena baru balas, mas. coba kasih sampo bayi aja mas. jangan pake sunlight.... tapi setelah dikasih sunlight gimana? biarin aja, nanti bulunya rapi sendiri kok...

      pernah coba kasih ulat hongkong? dikit aja, dan jangan sering2. seminggu sekali oke.

      buat nafsu makannya, mas bisa kasih super-n setetes setiap hari.

      fesesnya gimana? cek artikel saya: parameter kesehatan burung hantu

      Delete
  29. Kemarin tau tau dia sudah basah kuyup habis dimandikan ayah saya pakai sampo dewasa.. jadinya langsung halus dok :'D cuman bulu dalamnya masih sama sih dok..

    Seminggu sekali itu seharian penuh dikasih ulat Hongkong kah? Oh iya dok kalau dikasih bayi hamster boleh tidak?

    Dan tadi pagi saya nemuin bbrp helai bulu di lantai Deket dia dok. Itu proses ganti bulu atau gmn ya dok?

    Fesesnya kyknya normal dok.. cuman kadang banyak air beningnya kadang hampir padat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehari aja dikasih ulat hongkong.
      oh ya, kasih super-n ya mas. setetes pagi dan setetes sore.

      biarin, mungkin emang udah waktunya ganti bulu. :)

      dia sering mas kasih minum? atau emang kemaren dimandiin, terus dia minum banyak air, maka dari itu urine-nya jadi banyak. selama ada elemen lainnya, saya kira dia masih sehat...

      jangan dikasih pellet buat lele mas. kasian. :(

      Delete
  30. Oh iya dok apakah celepuk akan baik2 saja pencernaannya jika dikasih pelet untuk lele? Kalau dibiasakan gitu dok

    ReplyDelete
  31. Makasih dok kukuk sekarang bulunya sudah kembali seperti semula.. :-D

    tapi kenapa ya perilakunya berubah jadi nggk nurut? Padahal waktu kecilnya dia jinak dok, setelah "remaja" jadi semaunya sendiri.. makan diatas tangan aja ogah-ogahan sampai harus diceramahi dulu dok :''

    ReplyDelete
    Replies
    1. kukuk beluk emang gitu. lebih keras kepala dibanding jenis owl sejenis. nggak apa2. lanjut aja, mas... sering ajak ngobrol sambil liat matanya coba... ngaruh kok... :)

      Delete
  32. Alhamdulillah si kukuk lancar makannya dok.. skrg nambah temen lagi.. si mini, dia lebih muda dari kukuk. Mrk lagi musim ganti bulu semua dok.

    Jadi si mini suka gigitin kepalanya kukuk sampai ada bbrp bulu yg patah. Si kukuk juga diem aja dok, malah kyk menikmati gitu :( kadang sebaliknya.. tapi kukuk kalau gigitin bulunya mini nggk sampai patah.. mrk itu sebenernya berantem atau ngapain ya dok? Gagal paham saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. cek artikel saya: cara merawat burung hantu mabung.
      nggak, mereka lagi becanda aja itu. biarin aja. malah bagus kok. :)

      jangan lupa baca artikel yang tadi saya sarankan...

      Delete
  33. Dokter saya baru kemarin pelihara celepuk usianya sekitar 3bulanan nah ini sampe sekarang masih belum mau makan dok dan dia sangat defensif. kira” apa masih butuh penyusaian sama lingkungan sekitar apa gimana ya dok ? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n setetes setiap hari, mas... beli di toko makanan burung...
      fesesnya gimana? mencret?

      cek artikel parameter kesehatan burung hantu

      Delete
  34. Dok saya punya obay masih chick,udah 2hari merem terus pas saya liat pupilnya warna abu" itu kenapa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.
      terus, mas coba kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat

      Delete
  35. Oh iya dok, si Feto selalu makan jangkrik kalau saya suapin, tapi ko kalau saya biarin aja gt di atas lantai, gak dikejar gak disambar. Apa itu jg tandanya insting berburunya sudah lemah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. si feto umur berapa?
      belum tentu. bisa jadi karena dia belum percaya 100% sama masnya. itu aja sih, mas. coba aja kasih makanan yang ada aroma darahnya. atau yang kelihatan lemah kayak bayi tikus merah yang belum berbulu.....

      Delete
  36. dok sy mau nanya....barusan sy beli celepuk..msh ada bulu kapas dikit2....udah sehari ini susah makan..tp mata tetep melek...trus klo d taruh d lantai suka jalan2...kira2 knp y dok kok susah makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? kasih makan jangkrik...

      mending mas cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu. dan artikel saya, cara agar burung hantu tetap sehat. kasih suplemen yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat

      Delete
  37. Dok,saya mau beli celepuk chick di bandung, perjalanan nya kira2 tiga jam, apa tidak apa2 untuk owlnya dok, ditunggu Balasan nya
    Sebelum nya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama perjalanan, hindari suhu panas. itu aja sih mas. :)
      dan setelah sampe, coba kasih super-n dan langsung karantina. coba cek artikel saya, cara karantina burung hantu...

      Delete
  38. Dok BO saya gx mw makan..setiap mw dkasih makan BOnya malah masang defense gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. owlnya udah dewasa ya mas? bener?
      mas kasih makan apa?

      coba kasih makan daging puyuh. cacah2 dulu daging puyuhnya, terus coba sodorin ke mulutnya dia. :)

      Delete
  39. Dok tolong jawab saya punya elang bido usia Juve tengah kalo pas makan ko harus di suapin ya?? Kalo makan sendiri ko ngk mau? Padahal sebelumnya mau makan sendiri....oiya elang saya mengalami itu setelah moulting/mabung dok... sekarang malah elang saya jadi manja makan harus di suapin caranya ngebalikin insting nya gimana dok? Tolong jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya lagi turun aja akibat proses moulting yang belum selesai. selama fesesnya masih oke, masih 3 elemen seperti yang saya tulis di artikel parameter kesehatan burung hantu (buat bido juga bisa), saya kira dia masih sehat....

      tunggu aja beberapa minggu ke depan mas. apakah masih sama? kalau masih sama, berarti fix ada penumpulan insting...

      mas bisa tumbuhkan lagi instingnya dengan memberikan makanan yang masih hidup dan keliatan lemah, kayak pingkies (bayi tikus yang masih merah). taro aja pingkies-nya, terus tinggal. jangan diliatin.

      Delete
  40. dok punya saya merem terus tapi masih bunyi sudah 3 hari gak nafsu,saya paksain makannya?
    didorong pakai tangan gapapa ya dok?
    dan obatnya apa yah,jenisnya tyto alba masih belajar terbang apa sengaja puasa?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n, mas. pagi dan sore. setetes.
      makanannya boleh di force feeding, tapi pastikan makanannya dicacah dulu, biar dia gampang nelennya...


      fesesnya gimana? cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.

      kabari terus

      Delete
  41. Dok saya ada buffy dia bersin bersin terus tp ga ada ingus nya... cara berhentiin nya gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n setetes pagi dan sore mas...

      nafsu makannya gimana?

      Delete
  42. pagi dok,

    burhan celepuk saya si layl sudah bbrpa hari matanya sayu dan nafsu makannya turun trus sampai saya force yg akhirnya hri ini gk mau makan,msuk ke mulutnya dimunthain, fesesnya ada busanya sdikit dn kmrin prnah hijau, saya sdh 2-3 hri ksh super n.
    bgmn ya dok?
    terima kasih banyaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi mas...

      coba mas kasih daging puyuh atau daging emprit cacah. bawa aja burung puyuh ke tukang ayam, minta disiangin, ambil dagingnya aja. force feed aja.

      saya sih sejujurnya takut dia kena tetelo. tapi lanjut aja perawatannya. kasih super-n terus. kalau dalam waktu 2 hari ke depan, mending bawa ke dokter hewan aja... :)

      Delete
  43. ok dok terima kasih jawabannya, semoga bukan tetelo yaa.
    untuk kesehatan orang yg di rumah apa butuh burung diberikan vaksin tetelo dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. vaksin tetelo hanya buat hewan, mas. :D
      tetelo gak ada bahaya buat manusia...

      Delete
  44. ohh alhamdulillaah..
    brati Yaum & Layl ada baiknya saya bw ke dkter saja untuk suntik vaksin ya?

    ReplyDelete
  45. dok saya mau tanya,burung hantu saya tdk mau makan sm minum itu gmn ya?

    ReplyDelete
  46. Dok mau tanya dung aku punya burhan buffy belakangan akag susah makannya knapa yaa klo diajak jalan sih masih mau dan masih interaksi saat ini unurnya 2 bln lebih dan tdnyaa makan mah nafsu skrg agak susah knapa ya dok

    ReplyDelete
  47. Dok saya mau nanya , saya kan melihara burung hangu tyto alba tapi dia susah makan, trus saya baca blognya dokter saya bac yang fassesnyaa pertmanya dia ga mau makn memang dri fasessnya normal tp hari ini fassesnya beda dok kaya ada minyak minyaknya gtu , itu gmna ya dok saya takut burhan sya knpa knpa

    ReplyDelete
  48. Kaya gni dok kira kira dia sakit apa gmna ya :((((((

    ReplyDelete
  49. Dok,mau tanya,apakah burung hantu jenis cepluk boleh dikasi daging ikan lele.dan awal saat sebelum bulu sayap penuh semua ia masi mau makan daging ikan lele mentah yang saya beri,tetapi belakangan ini ia tidak lagi mau disuapi potongan kecil daging ikan tersebut dan selalu tidak respon

    ReplyDelete
  50. Dok,mau tanya,apakah burung hantu jenis cepluk boleh dikasi daging ikan lele.dan awal saat sebelum bulu sayap penuh semua ia masi mau makan daging ikan lele mentah yang saya beri,tetapi belakangan ini ia tidak lagi mau disuapi potongan kecil daging ikan tersebut dan selalu tidak respon

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.