Parameter Kesehatan Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa parameter untuk

menentukan apakah seekor burung hantu sehat atau tidak

. Tanda dan ciri owl yang sehat tersebut saya rangkum dalam beberapa poin parameter kesehatan burung hantu. Artikel ini masih berkaitan dengan artikel ciri burung hantu sehat.
Parameter Kesehatan Burung Hantu
Image taken from http://a-z-animals.com


Apa saja hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan burung hantu? Ini dia poin-poin untuk menentukan apakah seekor burung hantu sehat atau tidak.
  1. Feses.
  2. Bop dan burung hantu sehat bisa dilihat dari fesesnya. Selengkapnya, anda bisa membaca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari tahinya.
  3. Mata terbuka, tidak terpejam (merem).
  4. Umumnya, owl yang matanya merem dan tidak mau makan (mogok makan) adalah burung hantu yang stress.
  5. Aktif bersuara.
  6. Burung hantu sehat biasanya aktif mengeluarkan suara, baik siang maupun malam.
  7. Nafsu makan bagus.
  8. Response bagus.
  9. Jika anda mengambilnya dari perch dan menangkringkannya di pergelangan tangan anda, dia akan melihat sekelilingnya dan memberikan respon yang baik, tidak lesu dan malas-malasan.
Demikian adalah beberapa

ciri dan tanda burung hantu yang sehat

. Saya berharap artikel singkat ini bisa membantu anda semua. Saran, kritik, dan konsultasi serta chat masih saya buka. Jangan sungkan untuk bertanya, saya dengan senang hati menjawab pertanyaan yang masuk. Sekali lagi, terima kasih. (FS)

54 Responses to "Parameter Kesehatan Burung Hantu"

  1. asalamualaikum dok.
    saya udah 4 hr pelihara BO juve awal sudah bisa terbang, sampai saat ini saya blm dgr suaranya, kemarin feses berwarna hijau, tp tadi pagi udh normal lg, makan bisa terbilang rakus, kira2 dia sakit ga dok, saya baca artikel bu dok. kalo owl sehat tuh bersuara, malam hari bisa di blg aktif, masih saya karantina di ruangan kosong
    makan saya kasih tiput aja 2x sehari,
    trims dok. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya suka merem?
      pendapat saya, kalau dia fesesnya normal (3 elemen), makan sehat, aktif, maka saya tebak sih dia sehat....

      jangan ditaro outdoor ya mas. udara lagi gak bagus buat owl. :)

      silakan baca2 lagi artikel saya yang lain

      Delete
    2. jarang dok, siangpun kalo saya masuk ke ruangannya dia lgsg melek sebentar tidur lg,
      tapi gpp tiap hari saya kasih tiput terus ? takutnya dia bosen & gak mau makan
      terima kasih dok buat jawabannya
      salam buat errol & padma, dari kukuh (my owl) :)

      Delete
    3. gak apa2 kasih tiput...

      kabari saya lagi ya mas... :)

      Delete
  2. Pagi Dok.
    baru 5 hari dia udah mau jttf bukan hanya ke tangan dok, tadi pagi saya lg matiin tiput jarak 1 meter dari dia kira2, lgsg di samber tp lgsg di bawa pergi tikusnya, gamau mkn di tempat makan di atas tangan saya)
    cara manning supaya dia anteng di tgn gmn ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kadang ada owl dan bop yang begitu. artinya, dia masih belum percaya penuh sama mas. wajar kok. :)

      manning terus aja mas. penjinakkan lagi. :)

      Delete
  3. Assalamualaikum dok, maaf ni agak menyimpang pertanyaan. Saya ingin adop elang donk kira2 yg cocok untuk pemula seperti saya itu jenis apa ya? Sebenarnya ada yg saya taksir cg, bwk n bido dok? Sblum'y sy sudah punya celepuk sama bubo dok. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang mas udah pernah pelihara owl, cg atau alap-alap kayaknya cocok. secara prinsip gak jauh beda ama owl kok. :)

      Delete
  4. Selamat mlm donk, saya sudah beli elang bido dok usia'y brancher akhir, di owner pertama dia jinak sudah soar tapi pas di bawa kerumah saya dia cenderung defen n bitting donk aslinya udah jinak, yg mw sy tanyanya bagaimana cara pendekatan dgn bido dok? Stiap mw sy elus2 dia menyerang dan menggigit glove. Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bido emang cenderung lebih susah. mas kenapa milihnya bido? :)
      ya gitu, harus sabar ngadepinnya. coba karantina dlu. cara karantinanya ada di artikel cara karantina burung hantu, secara prinsip sama...

      cek juga fesesnya. selengkapnya sih mas baca aja artikel parameter kesehatan burung hantu karena secara garis besar sama... :)

      chat aja kalau saya lagi online, mas... :)

      Delete
  5. Terimakasih dok salam buat si erol dr wol dan dodo dok :)

    ReplyDelete
  6. Dok obat anti jamur yg bagus buat mulut burung apa ya,?? Cara agar tidak terjangkit lagi bagaimana trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau untuk obatnya sendiri, sebenernya saya agak riskan karena saya gak tau betul kondisi burungnya seperti apa, dan seberapa parah. tapi untuk obat buat jamur yang ada di mulut burung biasanya saya pake obat mycostatin. namun perlu saya tekankan bahwa percuma mas obatin burungnya kalau kebersihan kandang dan pakannya gak mas jaga....

      Delete
  7. Mau tanya dok kenapa burung hantu saya suka seperti ngos2an dan menjulurkan lidahnya ya, ? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan kepanasan.
      coba mas baca artikel kenapa burung hantu megap-megap.

      Delete
  8. halo dok salam kenal dri biify partner saya usia brancher awal, bru saya adopsi 4 hari yang lalu.. ada yg ingin saya tanyakan ni dok, si biffy terkadang saya suka denger dia bersin" dok kalo saya lgi manning ama dia itu knp ya? di hidung si ga ada tanda pilek/ idungnya basah.. bersih dan baik" aja,apa itu normal? nafsu makan bagus dok.. saya kasih dia mencit ukuran muda atau jumper, sblum saya kasih saya getok kepala mencitnya supaya halus buat biify.. dan alhamdulilah peletnya bulet dan lancar, dan untuk warna feses kemaren malem sempet warnanya coklat dan baunya lumayan menyengat itu knp ya? tpi cman sekali kmren aja, sebelumnya dan smpe tdi sore saya liat normal dok putih,bening,dan ada hitam sedikit.. dia jga berisik siang malem.. terimakasih dok

    ReplyDelete
  9. Point 2-5 ok tapi di point satu gak ok pupnya encer berwarna coklat. Diarekah itu dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. encer satu warna doang?
      cek kebersihan pakan. biasa dikasih makan apa? oh ya, jenis owlnya apa mbak? :)

      Delete
  10. Dok sayabru adopt celepuk 2 ekor makan bgus feses item dan putih cair bening tpi kdg kuning 2 celepuk ini satunya pendiem bunyi kdg2, oh ya celepuknya kdg geleng2 kyk bersin cuman gak keluas air, manggap2 jg. Apa sakit ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu, mas dan artikel kenapa burung hantu mangap-mangap.... :)

      udah ada jawabannya di 2 artikel itu... :)

      Delete
  11. Dok owl aku perutnya bunyi terus seperti suara kembung obatnya apa yah doc

    ReplyDelete
    Replies
    1. perutnya bunyi?
      nafsu makannya gimana? fesesnya gimana?
      terus parameter kesehatan burung hantu lainnya gimana?

      agak susah sih kalo liat langsung owlnya. tapi saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  12. Assalamualaikum wr.wb
    Maaf dok saya mau tanya kan saya tinggalnya ngekost dan nga ada pekarangan (lahan tanah) solusinya apa ya dok biar bisa melihara si owl ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam. sebelumnya maaf karena baru balas.
      nggak ada pekarangan sih gak apa2, asalkan rumahnya gak terlalu berisik. kalau rumahnya terlalu berisik (misalnya di sisi jalan raya yang rame banget), mending jangan.

      dan satu lagi, pilih owl yang tingkat stressnya rendah. biar gampang dihandle sama penanganannya. silakan baca artikel saya jenis burung hantu dan kesulitan memeliharanya....

      Delete
  13. selamat malam dok, mohon bantuannya, saya pelihara celepuk sudah 5 bulanan akhir2 ini nafsu makannya berkurang dan suaranya agak menurun dan jadi berbeda dan jarang2 juga( biasanya melengking dan terus2an klo lg bangun).. kalau diliat dari parameternya feses normal 3 elemen sesuai gambar yg dari dokter, mata juga terbuka tidak merem.. oya biasanya seminggu sekali dikasih tiput cuma akhir2 ini selalu ada sisa setengah, biasanya habis tanpa sisa kecuali usus suka dia buang sendiri.. mohon petunjuknya doc.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru saya balas. komentar mas terlewati.
      sekarang gimana keadaan owlnya, mas?
      kalau masih sama kondisinya, coba aja kasih super-n biar daya tahan tubuhnya naik lagi....

      kabari lagi ya mas...

      Delete
    2. Msh sama dok.. Dosis pemakaiannya yg baiknya gmn dok, sehari dikasih berapa tetes? Sama pagi atau malam pemberiannya.. Maaf banyak nanya hehe..oya suara jadi mengecil kenapa ya dok? Thank uu dok

      Delete
    3. iya, sehari cukup setetes aja mas.
      makannya dijaga, jangan sampe telat kasih makan.

      kabari terus. saya tunggu..

      Delete
  14. Dok saya mau tanya. Si onet BO saya skarang udah juvteng. Tapi kok jadi jarang bersuara ya? Atau memang kalo udah juve BO jarang bersuara? Makan sih lancar dok. Skill juga lumayan walaupun belum jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. feses oke? kalau fesesnya bagus, kayaknya sih masih sehat.
      maaf baru balas. kabari lagi ya mas

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Dok, celepuk saya juve ga mau makan kenapa ya?
    Sebelumnya saya biasa kasi doq, tapi sejak saya pulang kampung tidak ada yang jual doq sehingga saya ganti dengan jangkrik. Awalnya mau makan, tapi beberapa hari ini sama sekali tidak mau makan dok. Kenapa ya?
    Feses nya normal, putih bening hitam. Awalnya saya ikat, beberapa hari lalu sudah saya lepas ikatannya juga dan dibebaskan di ruangan. Kerjaannya diam saja. Sempat terpikir saya apakah dibebaskan saja.

    Ada solusi dok? Mohon bantuannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? cek artikel di atas, terutama bagian fesesnya. dan coba mas baca juga artikel cara agar burung hantu tetap sehat... kasih obat yang saya tulis di artikel itu...

      Delete
  17. Dok mau tanya, saya punya BO bracher awal namanya bibo, hari pertama adopt pas dia dideketin defend+keluar suara, nah hari kedua kok pas di deketin dia cuma defend aja suara gak keluar cuma kaya desisan gitu, itu kenapa ya dok??
    untuk napsu makan alhamdulillah masih lahap, makanannya saya kasih anakan puyuh dan per hari bisa habis 10an lebih anakan puyuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau fesesnya bagus, saya kira masih sehat. suara bukan parameter utama kesehatan burung hantu.
      coba mas baca artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat... :)

      Delete
  18. mbak saya mau nanya, kenapa yah si bam mukanya lesu banget? terus juga mejemin mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. si bam itu burung hantu atau musang, mas? kalau burung hantu, coba cek fesesnya. tahinya. samakan dengan yang saya tulis di artikel parameter kesehatan burung hantu...

      dan coba kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu sehat...

      Delete
  19. assalamu alaikum,,, salkem

    burhan saya bnama Ebbol,,, bru beli msih anakan tp g tau umurnya.
    -dia sambl merem klo mkn (mkn lancar)
    -tidur mulu shrian
    -pases normal

    sehat, stress at gmn ya doc???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo malem gimana?
      dia suka bersuara gak? kalo pas tidur, suka ngeluarin suara nguk nguk nguk gitu?

      selama fesesnya masih normal dan makannya masih mau, saya kira dia masih sehat. kasih aja super-n, mas...

      Delete
  20. Dok, mau nanyak ngasih makan burung hantu barn owl baru bisa terbang, kalo dikasih pakan burung imprit biasanya sehari berapa ekor dok? Soalnya aku kasih 2 ekor masih bunyi kayak masih lapar..
    Minta sarannya dok... Hhe

    ReplyDelete
  21. maaf dok mau tanya, apakah artikel di atas juga berfungsi pada alap-alap kawah? terima kasih dok.

    ReplyDelete
  22. dok javan owlet saya alias nico sehat aktif tpi belom mau bunyi knapa yah ?
    javan owlet saya kayanya usianya juve tengah mungkin oh iya si nico WC dok baru anteng di tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang lebih penting bukan bunyinya, biasanya parameter terpenting untuk menentukan burung hantu sehat atau nggak itu dari fesesnya, mas.... :)
      setelah feses dan nafsu makan, baru bunyinya... :)

      Delete
  23. Selamat siang dok saya baru adop BOP barn owl dewasa 2 hari i6ni yang mau saya tanyakan feses dari BOP saya kok warnanya hijau ya dok terus untuk pinggir² nya berwarna kuning semua kira² BOP saya terkena penyakit apa ya dok soalnya kalau yang saya lihat di artikel dokter kemungkinan terkena TBC
    Untuk ciri² nya sndri
    - mata sering terpejam
    - nafsu makan kurang untuk minum pun kurang
    Lalu pencegahannya bagaimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih super-n aja setetes pagi, setetes sore. langsung tetes ke mulutnya.
      biasanya mas kasih makan apa?

      kasih cacahan daging emprut bisa sih... :)

      Delete
  24. Siang dok, saya punya owl jenis Obay
    Nah mulai kemarin dia ngeluarin air dari hidungnya, udah aku bersihin pake tisu tetep aja masih keluar bisa dibilang kaya orang flu
    Nah ini solusinya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana mas? berkurang?
      mungkin mas kasih super-n aja dulu. sehari setetes. caranya, mas bisa baca artikel: cara agar burung hantu tetap sehat...

      Delete
  25. dok.. mau tanya.. saya punya celepuk, belum mature .. msih balita mnrt saya. konsumsinya selama ini habya jangkrik saja, nah dpt info dr bbrp tmn pecinta burhan katanya jgn dikasih jangkrik trs karena bisa tetelo. apakah benar demikian? lalu apakah brarti hrs dikasih alternatif lainnya? sprt doq puyuh atau emprit? terima kasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah. tetelo bukan karena jangkrik. udah ada artielnya di blog ini deh... :)
      untuk celepuk, makanan sehari-hari bisa pake jngkrik mas. seminggu sekali bisa kasih doc/emprit

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.