Ciri Burung Hantu Yang Sehat | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya banyak sekali

ciri burung hantu sehat

baik itu secara fisik maupun non-fisik. Sebelum membeli burung hantu, anda sebaiknya mengetahui ciri burung hantu yang sehat agar tidak tertipu oleh penjual burung hantu yang nakal. Untuk itulah di artikel kali ini, saya akan membahas tentang ciri burung hantu yang sehat secara fisik, artinya yang bisa dilihat oleh mata. Sebelum membeli burung hantu seperti burung hantu celepuk atau burung hantu barn owl, ada baiknya anda membaca artikel tanda burung hantu sehat dibawah ini. Bagi anda yang mau memelihara celepuk, anda bisa membaca cara memelihara celepuk.
Ciri Burung Hantu Yang Sehat
Image taken from wikipedia.org
Dan bagi anda yang ingin memelihara barn owl, silakan membaca cara merawat barn owl. Namun saya ingatkan bahwa barn owl relatif lebih sulit dipelihara. Nah, jenis-jenis burung hantu berdasarkan tingkat kesulitannya, anda bisa mengetahuinya dengan membaca tingkat kesulitan burung hantu. Silakan baca artikel tersebut agar lebih jelas.
Ada beberapa ciri burung hantu yang sehat. Tanda burung hantu sehat bisa dilihat dari beberapa faktor berikut, antara lain:
  1. Mata terbuka lebar. Tidak menutup. Tidak terlihat lesu.
  2. Tidak adanya luka fisik di seluruh tubuh burung hantu. Tidak adanya bagian tubuh burung hantu yang terlihat abnormal seperti sayap patah dan lain-lain. Teliti setiap bagian tubuh burung hantu, dan jangan membeli burung hantu yang memiliki cacat dan luka fisik.
  3. Burung hantu sehat jika ditaruh di lengan, si burung hantu aktif. Matanya melihat sekeliling dan tidak hanya memejamkan mata.
  4. Cek bagian dalam paruh burung. Jangan membeli burung hantu yang terdapat flek berwarna putih di bagian atas atau bawah paruhnya. Penyakit tersebut umum disebut frounce. Anda bisa mendalami lebih lanjut mengenai penyakit frounce dengan membaca artikel cara mengobati burung hantu yang kena frounce.
  5. Coba beri makanan. Burung hantu sehat memiliki nafsu makan yang bagus. Jenis-jenis makanan burung hantu bisa anda baca di artikel tentang makanan burung hantu.
Demikian adalah beberapa

ciri burung hantu yang sehat

. Semoga artikel singkat dan sederhana tentang tanda burung hantu yang sehat ini bisa membantu anda sebelum membeli burung hantu dan memilih burung hantu yang sehat. Konsultasi kesehatan burung hantu bisa anda tulis dibawah ini ini. Terima kasih. (FS)

66 Responses to "Ciri Burung Hantu Yang Sehat"

  1. Klo belinya siang nomor 1 yg ngefek dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngefek.
      meski kebanyakan burung hantu tidur di siang hari, tapi mereka biasanya akan bangun saat didekati atau dipegang manusia. mereka akan memperhatikan si manusia yang memegangnya. :)

      foto ilustrasi di atas memang bukan barn owl atau celepuk karena ciri burun hantu yang sehat di atas untuk semua jenis owl....

      Delete
  2. Foto ilustrasinya juga bukan barn owl atau celepuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung hantu bukan hanya celepuk dan barn owl saja. jenis-jenis burung hantu bisa mas search di menu cari artikel... :)

      Delete
  3. Dok ... celepuk saya fases'y lbh bnyah warna hitam'y dan cair sdngkan warna putih'y sedikit dok.
    Apa dia t'kena pnyakit ???
    Tp dlm tingkah laku dan selera makan'y ga ada masalah tetap lincah dan lahap ...
    Mhon pngertian'y ... karna saya tdk mau burhan saya sakit dan mati lg ... trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kehausan. coba lebih sering diberi minum. :)
      masih ada bagian putih (putih susu) dan bagian beningnya kan?
      bagian bening itu air seninya, bagian hitam fesesnya, dan bagian putih itu fecal atau asam fesesnya...

      iya mas, saya juga ngerti. :D

      Delete
    2. Iya dok msh ada ....
      Ok trims dok.
      Terimakash bnyak .... :D

      Delete
  4. Oia dok ... knp d.aplikasi ga d.kash tanda (SEARCH) ??
    biar lbh mudah bwt searching hewan yg kita mksd dok.
    Jd tanpa harus buka halaman 1/1 dok .... hehe
    (Maf jaringan lemot kdang bkin jengkel aja)
    Trims

    ReplyDelete
  5. dok burung hantu saya masih chick, gimana cara ngasih minumnya?

    ReplyDelete
  6. Help me please dok tolong... saya bru beli celepuk,udh 3bln+ udh bisa terbang bulu nya juga dah bkn bulu kapas.. sesampai di rmh gak mau mkn sampe mlm juga.. udh terbang ke sana kemari.. mata nya belo aktif. Bersuara.. tp gak mau di deketin, udh pake saran dokter, di taro di ruang gelap di karantina pake ankle + angkringan.. solusi nya dok pls bls

    ReplyDelete
  7. Saya udh ikutin saran dokter tentang beli owl yg benar, di sana juga udh saya suapin 4 jangkrik.. tp di rumah gak mau..n pas di abang nya dia gak takut dok gak siaga 1 . Tp di rmh malah takut sama saya saran nya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari yang mas ceritain sih kayaknya masih sehat. diamkan saja dulu beberapa jam, 3 - 4 jam, lalu coba kasih makan. sementara jangan pakai anglett jesse dulu, kalau tangkringan pakai aja gak apa2....
      sekarang gimana keadaannya mas? :)

      Delete
    2. Kabur dok owl nya :'( dia lepas dr kamar.. kabur lewat jendela, ty yah dok info nya.. 1. Lg dok recomendasiin dong di mana yg jual celepuk yg masih anakan bulu kapas di mana dok, daerah bekasi (pondok gede) , jakarta timur.. soal nya kemarin beli di jatinegara semua nya mature yg paling kecil 5blnan.. klo beli via jalur kereta saya kasian sama owl nya.. thank you dok.. gbu

      Delete
  8. Dok mau nanya, saya mau melihara burhan tp dirumah saya ada sg sama musang kira" sg sama musangnya bakal stres gk ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau pelihara burung hantu. di rumah udah ada sg ama musang. kira2 musangnya stress gak?
      kemungkinan yang stress biasanya yang baru dateng mas. yaitu burung hantu. itu juga tergantung jenis burung hantunya. kalau jenis burung hantu yang tingkat stressnya rendah kayak celepuk dan oriental bay owl, kayaknya aman2 aja... silakan baca artikel jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya...

      Delete
  9. Dok saya mau nanya banyak bolehkan
    1.Tips membeli burhan celepuk yang sehat
    2.tempat utk tinggal ap?
    3.kalau burhan baru beli di rumah harus di apain ?
    4.makanan yg diperboleh ap + minuman
    5.makanan yg dilarang ap + minuman
    6.Cara merawat burhan celepuk gmna
    7.Cara jinalin burhan celepuk gmana
    8.apakah kalau burhan baru beli di taruh di tempat sepi slma 3 jam tanpa makan + minum
    9.dok apakah kalau di rumah saya tanpa makan selama 8 jam akan kelaparan + kehausan
    10.soalny kalau di rumah saya jam 7 sampai jam 3 sore kosong maaf masih pelajar
    11.cara mandiinnya gmna
    12.kalau di kasih makan kan 3 kali sehari brp jangkrik + jam brp aj kalau pagi bisa , tpi kalau jam 10 pgi - 3 sore ga bisa soalny sklh
    13.kalau makan minum tanpa di suapin bisa g ya, soalny sekolah ga ad di rumah biar mandiri burhan ny hehe
    14.apakah kalau seminggu sekali harus di mandikan + di kasih tikus putih sama minyak ikan
    15.kalau burhan ny sakit yg pertama di lihat apanya biar tau di sakit ap ngga
    16.penyakit yg sering di derita sama burhan celepuk ap ?
    17.cara mencegah penyakit yg sering di derita burhan celepuk ap
    18.brp kali burhan harus di cek ke rumah sakit hewan + biayany
    19.kalau burhan celepuk matanya merem di siang hari knp
    20kalau burhan matany merem selain siang artinya pagi sampau malam , trus ga mau makan sama minum itu penyakit ap + cara ngobatiny gmna
    21.kalau burhan celepuk bunyi itu tandany ap dok

    Maaf Ya Dok Kalau Kebanyakan
    Maaf Baru Pemula
    Biar Burhanny Ga Mati Hehere Makasih Ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. baru kali ini ada yang nanya sepaanjang ini, hehehe. kebanyakan udah saya buatkan artikelnya sih.... :)

      1. Silakan baca artikel saya ciri burung hantu sehat. cari di bagian search.
      2. tempat tinggal burungnya? mas bisa taruh dia di ruangan tak terpakai misalnya gudang dll. alternatif lain, mas bisa bikin kandang khusus burung hantu. silakan cari artikel cara membuat kandang khusus burung hantu.
      3. karantina. silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu.
      4. daging. artikelnya silakan baca artikel daging yang bagus untuk makanan burung hantu.
      5. makanan yang dilarang: selain dari yang saya tulis di artikel daging yang bagus untuk makanan burung hantu.
      6. silakan baca artikel saya cara memelihara burung hantu
      7. silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu
      8. silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu.
      9. silakan baca artikel saya resiko dalam memelihara burung hantu.
      10. pastikan sebelum beraktifitas, ada orang yang bisa dimintai tolong kasih makan dan minum. ajari dulu.
      11. silakan baca artikel saya cara memandikan burung hantu
      12. soal berapa kali sehari, silakan baca artikel saya cara memelihara burung hantu.
      13. gak bisa minum sendiri.
      14. silakan baca artikel cara memandikan burung hantu
      15. fesesnya. silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.
      16. penyakit burung hantu banyak. mas bisa baca2 artikel saya mengenai burung hantu di blog saya ini. :D
      17. menjaga kebersihan kandang dan burung serta menjaga daya tahan tubuh burung.
      18. sebulan sekali minimal check up ke dokter hewan terdekat. biayanya biasanya tergantung dokternya.
      19. wajar. kan emang burung hantu hewan malam. dia kebanyakan tidur di siang hari. meski tidur siang hari, biasanya dia tetap bersuara. kalau dia tidur di siang hari tapi gak bersuara, kemungkinan sakit.
      20. cek fesesnya dulu. silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.
      21. cek artikel saya kenapa burung hantu sering bunyi.

      banyak2 belajar lagi mas.. :)

      Delete
  10. Dok saya mau nanya banyak bolehkan
    1.Tips membeli burhan celepuk yang sehat
    2.tempat utk tinggal ap?
    3.kalau burhan baru beli di rumah harus di apain ?
    4.makanan yg diperboleh ap + minuman
    5.makanan yg dilarang ap + minuman
    6.Cara merawat burhan celepuk gmna
    7.Cara jinalin burhan celepuk gmana
    8.apakah kalau burhan baru beli di taruh di tempat sepi slma 3 jam tanpa makan + minum
    9.dok apakah kalau di rumah saya tanpa makan selama 8 jam akan kelaparan + kehausan
    10.soalny kalau di rumah saya jam 7 sampai jam 3 sore kosong maaf masih pelajar
    11.cara mandiinnya gmna
    12.kalau di kasih makan kan 3 kali sehari brp jangkrik + jam brp aj kalau pagi bisa , tpi kalau jam 10 pgi - 3 sore ga bisa soalny sklh
    13.kalau makan minum tanpa di suapin bisa g ya, soalny sekolah ga ad di rumah biar mandiri burhan ny hehe
    14.apakah kalau seminggu sekali harus di mandikan + di kasih tikus putih sama minyak ikan
    15.kalau burhan ny sakit yg pertama di lihat apanya biar tau di sakit ap ngga
    16.penyakit yg sering di derita sama burhan celepuk ap ?
    17.cara mencegah penyakit yg sering di derita burhan celepuk ap
    18.brp kali burhan harus di cek ke rumah sakit hewan + biayany
    19.kalau burhan celepuk matanya merem di siang hari knp
    20kalau burhan matany merem selain siang artinya pagi sampau malam , trus ga mau makan sama minum itu penyakit ap + cara ngobatiny gmna
    21.kalau burhan celepuk bunyi itu tandany ap dok

    Maaf Ya Dok Kalau Kebanyakan
    Maaf Baru Pemula
    Biar Burhanny Ga Mati Hehere Makasih Ya

    ReplyDelete
  11. Dok saya mau nanya banyak bolehkan
    1.Tips membeli burhan celepuk yang sehat
    2.tempat utk tinggal ap?
    3.kalau burhan baru beli di rumah harus di apain ?
    4.makanan yg diperboleh ap + minuman
    5.makanan yg dilarang ap + minuman
    6.Cara merawat burhan celepuk gmna
    7.Cara jinalin burhan celepuk gmana
    8.apakah kalau burhan baru beli di taruh di tempat sepi slma 3 jam tanpa makan + minum
    9.dok apakah kalau di rumah saya tanpa makan selama 8 jam akan kelaparan + kehausan
    10.soalny kalau di rumah saya jam 7 sampai jam 3 sore kosong maaf masih pelajar
    11.cara mandiinnya gmna
    12.kalau di kasih makan kan 3 kali sehari brp jangkrik + jam brp aj kalau pagi bisa , tpi kalau jam 10 pgi - 3 sore ga bisa soalny sklh
    13.kalau makan minum tanpa di suapin bisa g ya, soalny sekolah ga ad di rumah biar mandiri burhan ny hehe
    14.apakah kalau seminggu sekali harus di mandikan + di kasih tikus putih sama minyak ikan
    15.kalau burhan ny sakit yg pertama di lihat apanya biar tau di sakit ap ngga
    16.penyakit yg sering di derita sama burhan celepuk ap ?
    17.cara mencegah penyakit yg sering di derita burhan celepuk ap
    18.brp kali burhan harus di cek ke rumah sakit hewan + biayany
    19.kalau burhan celepuk matanya merem di siang hari knp
    20kalau burhan matany merem selain siang artinya pagi sampau malam , trus ga mau makan sama minum itu penyakit ap + cara ngobatiny gmna
    21.kalau burhan celepuk bunyi itu tandany ap dok

    Maaf Ya Dok Kalau Kebanyakan
    Maaf Baru Pemula
    Biar Burhanny Ga Mati Hehere Makasih Ya

    ReplyDelete
  12. dok kalau ga ad tempat sma sekali gmna , tpi kalau kamar ad
    tpi terlalu berisik apakah gpp dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang gak ada tempat samasekali, mending urungkan niat mas memelihara burung hantu.....

      Delete
  13. Dok saya rencana besok mau ke jatinegara mau beli burhan tapi saya gapunya kandang selama diperjalan di ganti pake kardus yg di bolongin boleh gak dok? Biar dia agak luas perjalanan saya ke jati negara kira kira 2 jam lebih, saya takut burungnya lemes dok pas sampe rumah, terus kalo lemes apa yg harus saya lakuin

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh. selama diperjalanan di kardus aja.
      coba kasih jangkrik dulu sebelum dibawa pulang. kasih makan. sekalian tes makan. kalau dia mau makan, beli. kalau nggak mau makan, jangan.
      kalau masih masih pemula, pilih yang masih anakan. :)

      Delete
    2. Dok Saya Mau Nanya Kalo Cara Bikin Anklet Gimana?? Ya Kalo Dok Fira Bisa Bikin, Buat Blog Nanti Ku Baca :)
      Soalnya Kalo Beli Ga Ada Tapi Kalo Beli Online Banyak Biayanya Tolong Ya Dok

      Delete
    3. mending beli aja mas. soalnya susah kalau bikin sendiri, bahannya dari kulit sapi. bisa juga sih pakai kain, tapi gak bagus. malah bahaya kalau dari kain....

      banyak kok yang jual. di kaskus ada yang jual. mas cari di grup jual beli owl juga ada... :)

      Delete
  14. dok saya baru beli burung hantu anakan
    makannya rakus tapi matanya merem, trus kelopak matanya merah itu knp dok
    sama fesesnya warnanya hitam putih rada kuning dikit trus padat

    Tolong Pencerahannya Dok Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari fesesnya, masih normal. mungkin ada sedikit bakteri di sistem pencernaannya. tolong jaga kebersihan kandang ya mas. jenis burung hantunya apa? mas bisa liat artikel saya jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya....

      kalau mau, mas bisa beli multivitamin namanya VitaHawk. kasih aja dikit. kalau bisa, belinya di petshop aja, sekalian minta resepnya. sebelumnya timbang dulu owlnya berapa gram, dan jenis owlnya apa. kasih tau ke petshopnya biar bisa dibuatkan pemberian vitahawknya berapa dosisnya.. :)

      Delete
  15. ASS.Dok Saya Pengen Tanya
    CURHAT DONK Hehehe :D
    1. Dok Saya Punya Anakan Burhan Celepuk (Dodi) Klo Malam Berisik Itu Knp Dok ?
    2. Trus Boleh Dimandi in Ga Kalo Masih Bulu Kapas ?
    3. Kemarin Saya Di PUP Sama Burhan ( Dodi) Pupnya Warnanya Ada Hitam Dan Putih Dok, Tapi Ada Air Rada Banyak Apa Kebanyakan Di Kasih Air Minum, Ada Kentelnya Dikit Sih
    4. Trus Dia Suka Gigit" Kaki Gitu Sama Bulunya Itu Knp Dok Apa Ada Kutu Trus Obatnya Apa ?
    5. Burhan Saya, Saya Kasih Minyak Ikan Bukan VitaHawk Apa Gpp ?
    6. Dok Kalo Jenis Celepuk Anakan Ngasih Makannya Jam Brp Dok.
    Boleh Ga Klo Aku Kasih Jam6 (Pagi), Jam3 (Sore), Jam8 ( Malam) Dengan Porsi 7Jangkrik Boleh Ga Dok ?

    Maaf Dok Masih Pemula
    Tolong Pencerahannya Dok Makasih ASS

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. saya coba jawab.
      1. silakan baca artikel saya Kenapa Burung Hantu Bersuara Terus?. cari dibagian search.
      2. gak usah. lap aja pakai handuk dibasahi air hangat.
      3. iya. kemungkinan karena kebanyakan air minum itu, makanya urine-nya banyak.
      4. kalau gak sering, gak apa2. bukan kutu. dan itu masih bisa dibilang normal. mungkin sering dibersihkan aja kakinya, mas...
      5. kalau masih bulu kapas, jangan dulu. terlalu berat buat sistem penceranaannya. mending jaga asupan makanan. rutin kasih makan dan jaga kebersihan.
      6. itu bagus. untuk menambah pengetahuan, silakan baca Memelihara Celepuk Yang Masih Bayi..

      Delete
  16. Dok Kalau Anakan Celepuk Dikasih Makan Jangkrik Yang Udh Mati Gpp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok Cara Agar Burhan Saya Bonding Di Tangan Gimana Sih ?
      Soalnya Burhan Saya Baru Bisa Terbang 3 Hari Yang Lalu Kok Ga Bisa Bonding Di Tangan !

      Tolong Solusinya

      Delete
    2. Dok Cara Agar Burhan Saya Bonding Di Tangan Gimana Sih ?
      Soalnya Burhan Saya Baru Bisa Terbang 3 Hari Yang Lalu Kok Ga Bisa Bonding Di Tangan !

      Tolong Solusinya

      Delete
    3. jangan dikasih jangkrik yang udah mati, mas. bahaya.

      biar burung hantu bonding, butuh waktu lama. lebih dari 3 hari. bisa 3 bulan, bisa 3 tahun. si errol aja baru bisa bonding setelah 2 tahun.

      sabar aja mas... :)

      Delete
  17. dok,, barn owl saya namanya wolly. kakinya kebelit tali angkletnya sampai lecet parah, hampir keliatan tulangnya dan pinggirannya bengkak. bisa minta rekomendasi obat tuk pertolongan pertama? soalnya belum sempat saya bawa ke dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru bales. saya sedang sakit sekarang. :(

      saat ini gimana keadaan owlnya? harusnya dioles betadine aja, dibebat kalau emang owlnya suka garuk2 bagian yang luka....

      sekali lagi, maafkan saya karena baru bisa bales sekarang...

      Delete
  18. iya dok, kemarin akhirnya saya kasih betadin sama minyak tawon ditutup kapas. Tapi dia nggak betah, ditarik-tarik kapasnya.
    berarti gpp ya dok dikasih betadin dulu.

    makasih ya dok, lagi sakit masih sempet bales. ^^
    semoga cepet sembuh,,,

    ReplyDelete
  19. Dok ini anakan burhan saya ko lemes bgt ya dok padahal tadi pagi sehat bgt lincah ,nih kalo dia berdiri tiba tiba jatoh gitu tapi tadi barusan saya kasih makan lahap dok makanya ini dia sakit apa tidur ya dok? Sekarang dia diem aja tergeletak apa dia tidur? Mohon di bantu ya dok masih amatir;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama kayak gitu?
      nafasnya ngos-ngosan gak? kalau iya, kayaknya sih kena NSD (newcastle disease) alias tetelo. gak bisa berdiri gitu ya? kayak lumpuh? bener?

      coba baca artikel cara mengobati tetelo pada burung hantu

      Delete
  20. Alhamdulillah dok kemaren kemaren udah agak mendingan bisa berdiri lagi ga lemes tapi sekarang ko beda ya dok ada cairan putih dari idung nya ,itu sehat ga dok?feses nya si normal cuma ada cairan putih dari idungnya setiap dia kaya nafas gitu keluar cairan putih kadang kadang gelembung itu gimana dok?;

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba jemur dan perbaiki asupan makanannya. mas ditaro di luar ya kandangnya? jangan ditaruh di luar mas, dan jangan sampe kedinginan....

      makanan dijaga, jangan sampe kelaparan. dan jaga kebersihan kandang... :)

      Delete
  21. Dok mau nanya kmaren kan dtawarin buffy ama anak komunitas,rncnanya sih mau tk beli bwat temen dirumah,buffy nya pas aku kesana sih amam2 aja gagigit jinak kyaknya sehat2 aja ,tpi msalahnya saya masih pemula dan belum ngerti bner perawatannya klo celepuk pernh pelihara and beberapa bulan aman2 aja g ada msalah,cman uda terbang lepas gara2 tk kasihin tangkringn.pertnyaannya mnurut dokter saya mnding tetep pelihara buffy nya(uda berhasil plihara clepuk mungkin berhasil juga pelihara buffy yg tingkat atasnya)atau diurungkan aja,.. Saya pngn cman pertmbngn dulu tkut buffynya stress soalnya uda gedhe jg

    ReplyDelete
  22. Dok saya mau nanyaa lagii kalo burung hantu nafas seperti orang sesek itu kenapaa ya dok? Sama kaya penyakit yang kemarin tapi kali ini dia kakinya kaku

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Dok mau tanya.. Barn Owl saya pup nya putih, ada bintik2 hijau dikit.. apa itu TETELO ? Mohon pencerahannya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari nafasnya gimana? kalau barn owl mas suka susah nafas juga, mending periksakan ke dokter hewan. bisa jadi emang tetelo, tapi semoga nggak... :)

      Delete
  25. dok mau nanya klo burhan itu aktif nya dari jam berapa malem sampai jam brp pagi ????

    mohon jawaban nya ya dok....!!!
    apa kabar errol dan padma??
    .... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih burung hantu aktifnya malah, jam 9 keatas.

      meski begitu, burung hantu yang sehat biasanya bersuara terus, meski dia sedang tidur... :)

      Delete
  26. Dok celepuk saya kepalanya nunduk terus kaya org ngantuk.. Dan hilang Keseimbangannya ga fokus itu knp ya dok.. Cara ngobatinnya bagaimana dok.. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya naronya di luar rumah ya? bener? cuaca emang lagi gak bagus buat owl. jangan ditaro diluar rumah.

      fesesnya warna apa? coba cek artikel parameter kesehatan burung hantu.

      untuk pertolongan pertama, tetep kasih makan. APAPUN YANG TERJADI, dia harus makan. dan coba mas beli super-n di toko makanan burung, terus kasih setetes tiap hari. setetes/sehari. kabari lagi

      Delete
  27. Dok BO saya knpa kurang agresif atau lesu
    Kalau di tangan juga suka tdr apa lg kalo di elus
    Makan rakus
    Dan kalu dikasih makan selalu salah patuk trimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? cek deh artikel saya, parameter kesehatan burung hantu. terutama bagian fesesnya.

      baca juga artikel saya, cara agar burung hantu tetap sehat.

      Delete
    2. Fases.x hitam cair tp masih ad putihx kadang jg putih dok

      Delete
    3. saya kira sih normal. biasa dikasih makan apa mas?
      coba cek artikel saya, cara agar burung hantu tetap sehat...

      Delete
  28. dok mau share dongg,,,butuh saran..Saya punya Celepuk namanya Bollo..naah saya pelihara dia dr bulu kapas sampai skrng sudah saru stengah tahun..dan dia dr bulu kapas tinggal dikamar saya..awalnya dia buang air dimana2 tetapi skrng dia sudah ada tempat favorite untuk buang air jg...Naah saya akhirnya baru menikah dan saya akan pindah rumah dengan istri..tp istri saya ga memperbolehkan burung hantu sekamar sama saya..dan kalo pindah tmptkan burhan harus adaptasi lagi..kira2 gimana yah dok?saya dan bollo udah berasa kaya ada ikatan batin jg..berlebihan siih memanbg,tp bener2 udah jadi temen bgtt..nonton bareng,makan,sampai jadwal makan pun sama...kebetuylan kerjaan saya lebih kemalam hari..kira2 solusinya gmn yaa dok?saya akan pindah sebulan lg kurang lebih =(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sama kayak saya sama errol dulu kasusnya, mas. gak apa2 kok, pisahin aja kalau emang istri gak membolehkan di kamar. dia akan ngerti kalau emang mas sama bollo udah ada ikatan batin. dulu juga waktu saya lagi hamil, saya taro dulu si errol di kamar sebelah (khusus untuk owl), dan dia gak masalah... :)

      mungkin pas lagi kerja malam hari aja mas ajak main dia dulu. nanti pas mas mau tidur, baru mas bisa taro di ruangannya... :)

      Delete
  29. Assalamualaikun Dok, Dok saya mau tanya, kalau salah satu mata burung hantu kelihatan hitam semua, padahal tidak ada cacat fisik, berbeda dengan mata satunya. apakah burung hantu tersebut sakit ? dan bagaimana mengobatinya. Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok. emang kadang ada yang kayak gitu. si errol aja kayak gitu dulu mas... :)

      Delete
  30. Dok saya kan memelihara barn owl chik saya tempatkan di dlm kardus dan di kasih kain alas nya itu bener atau, salah dok dan setiap seminggu sekali saya ganti kain nya apakah barn owl nya bisa stress dok. Tolong di jawab dok.

    ReplyDelete
  31. Dok saya kan memelihara barn owl chik saya tempatkan di dlm kardus dan di kasih kain alas nya itu bener atau, salah dok dan setiap seminggu sekali saya ganti kain nya apakah barn owl nya bisa stress dok. Tolong di jawab dok.

    ReplyDelete
  32. Dok saya kan memelihara barn owl chik saya tempatkan di dlm kardus dan di kasih kain alas nya itu bener atau, salah dok dan setiap seminggu sekali saya ganti kain nya apakah barn owl nya bisa stress dok. Tolong di jawab dok.

    ReplyDelete
  33. Dok saya kan memelihara barn owl chik saya tempatkan di dlm kardus dan di kasih kain alas nya itu bener atau, salah dok dan setiap seminggu sekali saya ganti kain nya apakah barn owl nya bisa stress dok. Tolong di jawab dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ini kemaren udah saya jawab deh mas.
      kalo kirim komentar, jangan lupa klik Notify me / ingatkan saya....

      boleh. kalau masih chick boleh.

      Delete
  34. Assalamualaikum dok,celepuk saya belakangan ini jadi susah makan,setiap dikasih jangkrik dia cuma ngoyak" aja,trus pas mau di telen malah kebuang ,dan kalau dikasih lagi begitu terus,solusi nya gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? 3 elemen? coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.

      udah coba kasih makanan lain. coba kasih cacahan daging puyuh atau emprit. taro aja deket dia, terus tinggalin. jangan diliatin.

      selebihnya, mungkin mas bisa kasih suplemen super-n setetes setiap hari. cek artikel saya: cara agar burung hantu tetap sehat

      Delete
  35. Dok saya mau bertanya..burung hantu saya jenisnya celepuk mata kirinya kaya ada merah2 nya disisi2 nya sama klo mau buka mata dia kaya ada putih2 nya..smua artikel dokter saya baca..burung hantu saya sehat..mata nya ajha kira2 cara ngobatinnya gimana ya dok

    ReplyDelete
  36. doc mau tanya , klo tyto alba usia bc awal mau ketengah trus sayapnya turun sebelah bagaimana dok , trus usia bisa di taro di tangkringan dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.