Cara Memelihara Salvator | Drh. Fira Sovica

Dari jenis reptil lain,

memelihara salvator

atau biawak terbilang lebih mudah. Ada beberapa poin penting yang harus tetap diperhatikan, dan resiko yang harus anda jalani selama memelihara biawak. Salvator atau biawak adalah jenis reptil buas yang tidak biasa dipelihara oleh manusia, dan dengan ini maka anda harus siap dengan berbagai resiko memelihara salvator.

Cara Memelihara Salvator
Image taken from ceriwis.com

Apa saja resiko memelihara salvator?
Pertama, Anda harus siap dengan cedera fisik yang sangat mungkin anda terima. Salvator adalah jenis reptil buas yang tidak segan menggigit dan menyabet anggota tubuh anda dengan ekornya. Kukunya yang panjang juga dapat menyebabkan luka gores (baret) pada lengan dan anggota tubuh anda yang lain.

Resiko memelihara salvator yang kedua adalah siap memberikan pakan dan kandang yang layak bagi salvator anda. Anda juga harus rajin membersihkan kandangnya minimal 2 minggu sekali. Ketersediaan makanan serta minuman bagi salvator juga penting.

Setelah menimbang kedua resiko memelihara salvator di atas, lalu bagaimana

cara memelihara salvator

atau biawak? Berikut ini saya berikan beberapa tips cara memelihara salvator:
  • Bagi pemula, hendaknya memilih salvator yang masih bayi. Salvator yang masih bayi biasanya lebih gampang dihandle dan dijinakkan. Sama halnya dengan menjinakkan musang atau menjinakkan sugar glider, intiny adalah membiasakan salvator anda berinteraksi dengan anda sesering mungkin. Pemberian makan dengan cara disuapi (handsfeed) juga bisa menjadi acuan cara menjinakkan salvator.
  • Sebelum membeli salvator, siapkan kandang salvator di rumah anda. Sebuah akuarium berdinding tebal bisa menjadi kandang tepat untuk salvator yang masih bayi. Beri substrat (alas kandang) berupa cocopeat yang bisa dibeli di toko tanaman hias terdekat. Kandang bisa diberi penutup berupa frame kayu berkawat untuk mencegah salvator kabur. Ingat, semakin tua umur salvator maka dibutuhkan kandang yang lebih kokoh pula. Hal ini dikarenakan salvator suka mengibaskan dan menyabetkan ekornya ke dinding kandang.
  • Makanan salvator yang masih bayi adalah serangga. Bagi salvator yang sudah sedikit dewasa, pemberian pakan berupa anakan tikus putih yang sudah memiliki bulu bisa menjadi pakan utamanya.
Ingat: semakin tua umur salvator anda, maka semakin besar juga kemungkinan si salvator menjadi buas kepada anda. Ini adalah salahsatu resiko memelihara salvator sebagai binatang peliharaan. Segala saran, kritik, serta komentar bisa anda ajukan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

212 Responses to "Cara Memelihara Salvator"

  1. Dok saya ada biawak, tapi dia lincah banget tiap dilepas pasti coba kabur, biar dia gak mau kabur saat dihandling gimana ya? Terus cara ngasih jangkrik untuk makan nya gimana?

    ReplyDelete
  2. Mba dokter. Em gni
    Aq suka bngung. Salva q kn mash baby .nah tadi.a s anteng d tangan.
    Tp gtw knpa 2 hari blkangan.tiap mau sya pegang n ambl. Lgs posisi defense mbuka mlut n mlengkungin ekor.
    Cara ngatasi.a gmna yah? Mkash

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya jawab di pertanyaan yang sama.. silakan dicek. :)

      Delete
    2. Dok biawak saya ngak mau makan jangkrik ya tapi kalo cicak mau dok gimana ya dok kalo si biawak biar suka jangkrik soal nya nyari cicak nya susah

      Delete
    3. dok saya mau tanya saya punya salva kalimantak ukurannya -+65cm keadaanya lagi shedding biasanya makannya lancar, tapi kenapa tadi saya kasih pagi" dan waktu malem" saya liat makanannya di muntahin lagi padahal belum saya handle, kira" penyebabnya apa ya dok?
      terakhir saya kasih makan daging filet

      Delete
    4. bisa jadi karena makanannya terlalu besar, mas
      coba kasih makan lagi.
      kali ini, makanannya yang agak lebih kecil...

      Delete
  3. iya dok maaf.komennya 2x (edrik ndut akun sy)

    dok dok, em gni soa layar q suka muntahin mkannya klo hbs dkash mkan y emg s g bnyak cma sbgian . dn mkannnya q ksh dging kdang juga tikus, nah tu gmna dok ngtasinya ,
    untuk ukuran s udh ukuran medium 7 bulanan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya karena kebanyakan kasih makannya. coba kasih bayi tikus berukuran kecil....

      fesesnya gimana mas? :)

      Delete
  4. Dok akuarium biawaknya full air apa kering?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kering aja.
      untuk alas kandang, mas bisa pakai koran bekas...

      Delete
  5. dok mau tanya salva itu perlu di jemur seperti iguana tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jenis reptil (termasuk iguana dan salvator) perlu dijemur. di alam juga 2 jenis reptil itu sering berjemur.. :)

      Delete
    2. pemberian makanan nya 1 hari berapa kali dok ?

      Delete
    3. 3 hingga 4 kali sehari. 3 kali udah cukup, mas... :)

      Delete
  6. Dok. baby salva saya kok lemes banget terus merem, dikasih makan juga ga mau. Kenapa yah ? Penanganannya gimana ? Makasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya mencret, bener?
      warna fesesnya apa?

      makanan sehari2nya dikasih makan apa? lalu makanan yang terakhir mas kasih apa?

      cek juga lubang hidungnya. keliatan basah atau berlendir gak?

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  7. Fesesnya putih dok. Makanan biasa jangkrik cuma 3 hari lalu dikasih mencit, tadi sy kasih jangkrik ga dimakan. Iya hidungnya agak lendir juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kena pilek itu mas. coba jemur sebelum jam 9 pagi selama beberapa menit.

      silakan baca juga artikel Mengobati Pilek Pada Kura-Kura karena secara prinsip sama... :)

      Delete
  8. Fesesnya putih dok. Makanan biasa jangkrik cuma 3 hari lalu dikasih mencit, tadi sy kasih jangkrik ga dimakan. Iya hidungnya agak lendir juga

    ReplyDelete
  9. Dok.. Saya punya salvator ukuran 30cm, kalo alas kandang saya pake pasir pantai gapapa kan dok ?
    Kalo dijemur siang hari gapapa kan ? soal'a kalo pagi saya sekolah dok..
    Terima kasih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan siang2 dijemur, mas. kasian. jemur 2x seminggu aja. sabtu minggu.

      kalau soal beddingnya (alas kandang), pakai pasir pantai nggak apa2... saya sih takutnya kalau pake pasir pantai, nanti kemakan ama dia.... bahaya... :)

      Delete
  10. Dok dikandang'a harus dikasih air buat dia berenang apa engga dok ? Tadi pas dia minum kepala'a dimasukin ketempat minum'a gitu dok ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dikasih air berenang di kandangnya, tapi sediakan kolam buat dia berendam di dalam kandang kalau mas pakai lampu uvb di atas kandang (kalau gak ada lampu uvb, gak usah pake kolam rendam gak apa2).....

      saya tunggu kabarnya ya mas...

      Delete
  11. Dok salva saya sekarang kok kurang nafsu makan yaa ? Biasa'a bisa 9jangkrik 1hari, tapi sekarang makan'a gak sampe 3jangkrik tapi masih aktif bergerak dok.. Salva'a sakit atau knapa ya dok ?
    Salva ada virus'a gak dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret atau normal?
      cuaca emang lagi gak bagus buat hewan, terutama reptil. silakan baca artikel cara menjaga kesehatan ular saat pancaroba.

      semua hewan ada virusnya. tergantung kitanya aja, bisa jaga kebersihan hewannya atau nggak. kalau hewannya bersih, virus juga jauh kok.. :)

      jemur aja mas tiap pagi, 5 hingg 12 menit sebelum jam 9 pagi..

      Delete
  12. Fasesnya hitam ada putihnya, padet tapi ada airnya..
    Minumnya juga sedikit dok, dia lebih suka berendam

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari fesesnya sih sehat.
      suhu airnya kali mas, kedinginan atau gak stabil...

      dah dijemur? :)

      Delete
  13. Jarang saya rendam dok, kalo dijemur sih udahan..
    Kalo karna ganti kulit pengaruh gak dok ?. Kemaren juga ada yg masukin bunglon kecil ke akuarium'a dok.. Apa karna itu yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena shedding, bisa aja. kalau karena bunglon, tergantung. bunglonnya dimakan apa nggak. kalau dimakan, bisa jadi sih.
      tebakan saya masih sama, karena suhu. makanya saya suruh mas jemur tiap pagi kalo ada matahari. tapi jangan kelamaan...

      sekarang gimana keadaan salvanya, mas?

      mungkin nanti saya publish artikelnya///

      Delete
  14. Iyaa dok, setiap sabtu minggu saya jemur kok..
    Keadaan'a sehat, tapi kurang agresif sama makanan'a aja..
    Makasih yaa dok:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. instingnya kayaknya itu mas, ditambah lagi agak kurang fit. coba kasih pingkies ukuran kecil. bayi tikus putih. biar instingnya up lagi.... :)

      Delete
  15. Sekarang udah sehat kok dok, makan'a udah normal lagi..
    Makasih yaa dok atas info'a..

    ReplyDelete
  16. Sekarang udah sehat kok dok, makan'a udah normal lagi..
    Makasih yaa dok atas info'a..

    ReplyDelete
  17. dok klo salva uk 35cm di kasih jangkrik 5 biji perhari bagus gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung nafsu makannya sebenernya, mas.. tapi menurut pendapat saya (maaf kalo salah), kasih aja selagi dia mau... kalau dia udah gak mau, baru mas stop.. :)

      Delete
  18. Dokter, cara bikin salva lebih high yellow / lebih kuning motifnya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa faktor yang membuat warna salva lebih tajam dari biasanya: dari faktor stress, makanan, musim kawin, shedding, penyakit, genetik, dan umur. mungkin nanti akan saya susun di artikel tersendiri khusus buat mas... :)

      Delete
    2. Terima kasih dokter 👏👏👍

      Delete
  19. Mau nanya lagi nih dok, kalo paha varanus salvator sedikit bengkak dan mengeras, tp kulitnya tidak kenapa2, tp kalau di pencet sedikit keras seperti tulang yang membesar, itu kenapa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia ada kesulitan berjalan/bergerak?
      meski saya yakin gak ada masalah, tapi kalau memungkinkan sebaiknya mas bawa aja ke drh terdekat buat check up... :)

      Delete
  20. Kata temen saya kena MBD dok, terima kasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. MDB? metabolic bone disease? yakin?
      karena jujur saya agak ragu kalau emang MDB kecuali kalau dia susah bergerak atau 'sering tiarap'. mungkin mdb-nya belum terlalu parah, bisa jadi. :)

      kabari soal salvanya ya mas... :)

      Delete
  21. Dok, varanus salvator saya kan sering di free room, dia juga sering manjat dari gex. trus kaki depan yang kanan kaya rada lemes jadi jalan'a rada pincang..
    Itu bisa sembuh gak yaa dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pincangnya karena apa? apa karena jatuh akibat manjat2 tadi atau tiba2 lemes?

      coba cek pakannya, terutama asupan kalsiumnya. karena kadang kalo kurang kalsium bisa menyebabkan kakinya lemas... sering dijemur gak?

      Delete
  22. Gak tau gara" knapa dok.
    Kalo saya free room dia ngumpet di belakang lemari yg sempit..
    Pagi'a saya jemur trus masih bisa manjat" mau keluar gex..
    Pas siang'a saya liat dia rada pincang kaki'a lemes..
    Sekarang tambah parah dok.

    Kalo dijemur sering, tapi diatas jam9 soal'a dapet matahari'a jam segitu..

    Mohon bantuan'a dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan mending bawa ke dokter hewan aja. karena tebakan saya, dia kurang kalsium. ini tebakan saya aja...

      opsi lain, mas bisa powdering makanannya. tau powdering kan? coba baca artikel saya cara memberikan asupan kalsium ke reptil... :)

      Delete
  23. Kalo makan, masih saya kasih jangkrik dok

    ReplyDelete
  24. Dok kalo untuk memperterang warna kulit salva dengan cara apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting makannya dijaga, terutama asupan kalsium. dan jangan stress, karena biasanya kalau salva stress, keliatan dari warnanya mulai gak cerah. sama kayak iguana. :)

      biasa dikasih makan apa? jaga asupan kalsiumnya juga.

      oh ya, perlu saya ingatkan bahwa cuaca lagi gak bagus buat reptil. jangan sampe salvanya kedinginan. jaga suhu kandang agar tetap stabil. makannya dijaga, jangan sampe telat makan.... banyak kasus reptil mati akhir2 ini karena cuaca gak menentu...

      Delete
  25. dok,Kaloo Salvanya Kakinya bengkak itu apa dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab. apakah sebelumnya ada luka? apakah bengkaknya bernanah? apakah si salva suka garuk2 area yang sekarang bengkak sebelum bengkaknya muncul?
      silakan dijelaskan lagi agar lebih detail... :)

      Delete
  26. Dok .saya dapat salva kecil di depan halaman rumah saya sekitar 1minggu yg lalu .saya bingung mau ngasih makan apa


    Trus mata salva nya tertutup ampe sekarang .dia tidak buka mata. itu kenapa ya dok??


    Ukura. Salvanya kira" 30cm

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. sekarang gimana keadaan salvanya mas?
      fesesnya/tahinya gimana mas? mencret?

      kasih makan aja jangkrik ukuran kecil...

      kabari lagi ya mas

      Delete
  27. Dok,saya mau nanya,saya beli baby Salvator panjang 35cm,udah 1minggu mogok makan,trus matanya merem,aktifnya kalo di jemur aja.
    Pertanyaan saya itu sakit atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya/tahinya gimana? mencret nggak?
      lubang hidungnya basah? dia suka mangap2?
      coba cek bagian mulutnya juga, takutnya ada sariawan atau apa....

      banyak sebab sih. makanya silakan cek dulu yang saya tanyakan. dan jangan lupa kabari lagi.

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Untuk idungnya kering,trakhir feses nya coklat putih ber air,tapi kalo priksa mulutnya saya gak ngerti dok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur agak susah, karena bisa aja dia sariawan. makanya mulutnya harus dicek. siapa tahu sariawan.

      kalau saya sarankan sih mas ke dokter hewan aja.... kandangnya terlalu panas mungkin?

      Delete
  30. Tapi tadi sore hidung nya berlendir, Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering dijemur gak salvanya?
      minimal jemur seminggu sekali atau dua kali.

      mas masih belum cek mulutnya?

      sekarang gimana makannya?

      Delete
  31. Dok, saya punya salva uk 35cm,makan lancar jangkrik,tapi matanya kadang kadang merem, tapi kadang kebuka lagi, tapi saat saya cek hidung nya ga ada lendir, kira kira knp ya dok?

    ReplyDelete
  32. Dok salva saya kenapa ya sepertinya susah pup terus klo udh pup cuma air warna putih, matanya sering merem, kakinya depan juga lemes klo jalan nekuk ke belakang. di hidungnya gk ada lendir, mkn juga lancar, setiap hari dijemur. Kira kira kenapa ya dok.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takutnya sih itu kurang kalsium, mas. coba makanannya dipowdering dulu pakai suplemen kalsium merk exo terra. jadi makanannya diguling2in dulu di bubuk exoterra, baru diberikan ke salvanya....

      mas jarang kasih dia minum ya?
      agar dia gampang pupnya, coba sesekali kasih sayuran atau potongan kecil buah pepaya. sedikit aja. :)

      Delete
  33. Dok salva saya kenapa ya sepertinya susah pup terus klo udh pup cuma air warna putih, matanya sering merem, kakinya depan juga lemes klo jalan nekuk ke belakang. di hidungnya gk ada lendir, mkn juga lancar, setiap hari dijemur. Kira kira kenapa ya dok.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  34. dok salva saya ukuran 40 cm an, saya kasih 1 ekor emprit per 3 hari, kira2 kurang tidak ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. salvatornya hasil nangkap di alam atau beli, mas? kalau beli, coba tanya ke yang jual, biasanya jadwal kasih makannya gimana dan seberapa banyak.
      saya sendiri dulu punya salva seukuran 45cm, emang segitu sih jadwal makannya... :)

      Delete
  35. Mlm dok, saya baru dpt salvator td sore, karena dimainin anak kecil dengan diikat pinggangnya dan ditarik2 dalam air. Setelah itu saya minta dan saya bawa pulang serta saya bersihkan dan sudah di kandang dok. Tp saya kasih makan jangkrik kok ngga mau sama skali ya dok? Apa gara2 stres atau gimana. Tolong infonya dok terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayaknya stress itu mas. diamkan aja di ruangan sepi. kalo mau dikasih makan taro aja makanannya di kandangnya. bisa kasih anakan hamster. atau kalau mau dikasih jangkrik, goresin dulu kapur semut di sekitar kandangnya, baru jangkriknya taro di kandang. bukannya apa2, kadang jangkrik ngundang semut... :)

      Delete
    2. Oke dok, sudah 2 hari ini ngga mau makan sama skali dok

      Delete
    3. gimana sekarang keadaannya mas?
      taro aja makanannya di kandang, terus tinggalin..

      Delete
    4. Sudah saya taro dok makananya tp didiemin aja. Barusan saya suapin jangkrik sama telur dok sdikit" sih. Masalahnya smakin kurus kondisi dia dan lemes, ngga mau makan dok. Semoga aja ngga dimuntahin dok

      Delete
    5. usahakan tetep makan ya mas.
      dan kabari terus.

      oh ya, fesesnya gimana? mencret gak?

      Delete
    6. Tetep dimuntahin dok, fasesnya mencret dok. Huhh gimana ya ini dok?

      Delete
    7. kasih putih telur, mas. jangan kuningnya.
      telur rebus tapi kasih putihnya aja.

      kalau emang mas worried, mending mas bawa aja ke dokter hewan terdekat....

      Delete
    8. Dok saya punya biawak masi baby tapi ko biawaknya pada ga mau makan ya dok udah di suapin malah di lepeh lagi jakriknya di masukin malah ga di makan

      Delete
    9. udah berapa lama pelihara?
      coba taro aja makanannya, terus tinggal. jangan diliatin. sekitar kandangnya digoresin kapur semut dulu, abis itu mas cuci tangan sampe bersih, terus taro aja jangkriknya di kandangnya (kaki belakangnya yang buat loncat potong dulu) , terus tinggal aja. jangan diliatin.

      Delete
  36. Hehehe aku kasih daging ikan dok sudah mau makan, fasesnya udah ngga begitu cair dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya seneng dengernya.
      kabari terus dan sementara ini observasi terus ya mas. silakan baca2 artikel saya di blog ini.. :)

      Delete
  37. Dok,saya baru beli anakan salva tapi dia ngak mau makan jangkrik dok,maunya malah cicak dok saya males kalo makannya cicak susah dok nangkep cicaknya hehehe,tolong dok solusi nya maksih..

    ReplyDelete
  38. Dok saya baru beli anakan salva tapi dia ngak mau makan jangkrik dok,malah maunya cicak dok kan susah nangkep cicak hehehe,tolong dok solusinya makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin belum terbiasa aja makan jangkrik....
      terus aja kasih jangkrik, nanti juga mau.

      kalau saya sih dulu saya oles pake darah dulu jangkriknya, mas. beli daging sapi yang masih berdarah atau kalo lagi gak punya duit, ke pasar bawa wadah kecil, terus izin nadangin darah sapi di tukang daging (maklum, dulu kan mahasiswa sayang kalo buat beli daging, hihihi), terus darahnya saya oles ke jangkrik.... :)

      Delete
  39. Dok mau nanya kalau ular mogok makan bisa berapa lama..??
    Ular saya udah 3 minggu gk mau makan,tapi keadaan masih lincah aja dok..
    Mohon masukan nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lubang hidungnya keliatan basah gak?
      kalo gak keliatan basah (gak pilek) dan gak menunjukkan tanda2 sakit, ada kemungkinan sembelit, mas. coba cek artikel saya cara mengobati gecko sembelit. caranya sama kok.. :)

      Delete
  40. Dok, sy br pelihara salva. Untuk alas nya pakai tanah biasa gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalau alasnya tanah, sebenernya sih gak masalah.
      cuma kalau beddingnya tanah, berarti mas peliharanya di luar rumah?
      kalo cuaca lagi gak bagus kayak sekarang, mending pindahkan aja ke dalam rumah, mas. soalnya lagi banyak kasus reptil sakit...

      Delete
  41. Dok,Saya punya Salva lombok,tapi mata nya ketutup terus,jarang gerak,makanan nya dimuntahin juga,mulut nya ada kaya kotoran warna hitam(tapi sudah dibersihkan),dan kadang keluar lendir dari mulut
    Mohon bantuan nya Dok😊

    ReplyDelete
  42. Dok,Saya punya Salva lombok,tapi mata nya ketutup terus,jarang gerak,makanan nya dimuntahin juga,mulut nya ada kaya kotoran warna hitam(tapi sudah dibersihkan),dan kadang keluar lendir dari mulut
    Mohon bantuan nya Dok😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya/tahinya gimana?
      mencret?
      terlalu general sih mas.
      kalo mencret kemungkinan masalah di sistem pencernaannya?

      coba mas baca artikel saya, obat alami untuk kura-kura. kasih salahsatu obat itu. bisa juga kok buat salva. saran saya pake air jahe aja. cara buatnya ada di artikel itu.... inget, baca dulu artikelnya... :)

      Delete
  43. Dok mau nanya proses shading salva bisa cepet ga ?
    Klo bisa cara penanganan nya gmna ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih gak bisa,mas. :)
      emang kenapa salvanya? :)

      Delete
    2. Jelek aja liatnya dok ga cimiw klo lagi shading jadi buluk ,. Tapi saya udah tau caranya dok rendem pake air anget

      Delete
    3. Dok sekalian dok makanan buat salva yg bagus apa biar blusing + warnanya makin cantik

      Delete
    4. Dok sekalian dok makanan buat salva yg bagus apa biar blusing + warnanya makin cantik

      Delete
    5. mas udah baca artikel saya CARA AGAR WARNA SALVATOR LEBIH CERAH? :)

      Delete
  44. Dok saya baru aja beli Salva tp ukuranya udah besar panjang sekitar 1,5m tp kata yg punya kok makanya cuma 3hari 1x dan fasesnya encer warna putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau salvator emang makannya gitu mas, gak setiap hari.
      boleh sih setiap hari, tapi dikit2 aja.

      menurut saya sih, mending ikutin pola makan yang udah ada sekarang,pola makan dari owner sebelumnya. yaitu 3 hari sekali.

      Delete
  45. Dok saya baru aja beli Salva tp ukuranya udah besar panjang sekitar 1,5m tp kata yg punya kok makanya cuma 3hari 1x dan fasesnya encer warna putih

    ReplyDelete
  46. assalamualaikum wr.wb
    dok saya mau konsul nih, jadi gini saya punya salva ukuran 70cm. baru keep 1bln +
    kata owner pertama salva ini keepan 1thn
    nah sepuluh hari kebelakang salva saya ngeluarin cacing dok, saya cari informasi2 obat cacingan ini d grup. trs 2hari yg lalu saya kasih combantrin dok 1/4tablet naaaaah pas kemarin malem saya bawa main jalan nya tiba2 jalannya beda kaki kiri belakang (pincang). perut yg deket kaki kirinya pun agak kempes dok beda dgn perut yg kanan, cacingnya pun belum keluar setelah saya kasih obat cacing itu.
    itu kenapa ya dok?
    efek samping dari obat itu?
    apa cacingannya udah parah?
    mohon solusinya dok, saya kasihan liatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mas kasih obat cacing manusia buat salva? :(
      harusnya mas kasih obat cacing untuk reptil, namanya STOP WORM. ada yang jual di kaskus.

      kalo udah lumpuh begini, jujur agak susah karena saya gak bisa liat salvanya langsung. sekarang gimana keadaaannya? kalo boleh saya saran, mending bawa ke dokter hewan langsung aja mas...

      OH YA, minta tulung fotoin fesesnya dong. kirim ke saya ya. caranya baca di kolom PERHATIAN di atas... :)

      Delete
  47. Dok mau nanya lagi makanan yg bagus buat salva apa yah ??
    Biar blusingnya pada keluar dan bikin warnanya juga bagus

    ReplyDelete
  48. Dok mau nanya lagi makanan yg bagus buat salva apa yah ??
    Biar blusingnya pada keluar dan bikin warnanya juga bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah baca artikel saya CARA AGAR WARNA SALVATOR LEBIH CERAH?

      Delete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Dok mau nanya lagi makanan yg bagus buat salva apa yah ??
    Biar blusingnya pada keluar dan bikin warnanya juga bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyakin asupan vitamin, terutama vitamin c. terus sesekali bisa kasih minyak ikan di makanannya. jangan sering2, cukup seminggu sekali aja.

      selengkapnya mas bisa baca artikel saya CARA AGAR WARNA SALVATOR LEBIH CERAH

      Delete
  51. Dok kalau salva berapa lama setelah diberi makan baru bisa di handle

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengalaman saya sih selama 2 harian (48 jam).
      tapi kadang pemilik salva, rata-rata cuma 24 jam didiamkannya mas... :)

      Delete
  52. dok mau tanya kalo salva saya ukuran -+60cm makanannya di muntahin lagi ga kaya biasanya kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena makanannya terlalu besar, mas
      coba kasih makan lagi.
      kali ini, makanannya yang agak lebih kecil...

      Delete
  53. Dok,kaki kanan belakang biawak kecil saya telapaknya terbalik keatas tpi sya tdk tahu sebabnya dok(sdah begitu sejak dibeli tadi).kira kira kenapa dan bagaimana cara menyembuhkannya ya dok?

    ReplyDelete
  54. Dok saya punya salva baru dapet(bukan beli),kenapa kok gak mau makan...saya coba jangkrik gak mau,saya kasih potongan ikan juga gk mau..tolong infonya dok...salva saya ukuran -+70cm

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina dulu. taro di ruangan kosong yang sepi suara. selama 6 sampe 8 jam.

      Delete
  55. Knpa kok suka dibawah koran y dok

    ReplyDelete
  56. Terus dibawah koran saya kasih pasir putih gpp kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih pasir, mas. nanti masuk ke sistem pernafasannya.
      kasih koran aja. gak apa2 dia dibawah juga. kan emang lagi karantina... biarin aja... :)

      Delete
  57. Dok hidungnya kemasukan pasir gimana bersihinnya,terus pengaruh banget apa enggak sama hidungnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah kemasukan pasir?
      segera buang pasir yang lain. terus kita observasi aja ke depannya gimana. apakah salvanya suka mendengus2 gitu atau nggak. terus nafsu makannya gimana. terus apakah dia jadi ingusan/pilek.

      kita observasi selama 3 sampe 7 hari ke depan, mas...

      sekarang nafsu makannya gimana?

      Delete
    2. Udah gk ada pasirnya,nggak ngendus2,juga gak pilek dok,tapi gak mau makan terus suka dibawah koran dok

      Delete
    3. mas udah coba kasih paka hidup?
      coba kasih anakan tikus putih. biar instingnya keluar. karena salva biasanya lebih nafsu makan kalo pakan hidup, apalagi kalo dibuat berdarah dulu. jadi aroma darahnya keluar...

      gak bakalan jadi galak kok. soalnya saya juga punya kenalan, dia punya salva, selalu dikasih pakan hidup, tapi tetep aja jinak... :)

      Delete
  58. Dok salva saya udah mau makan burung puyuh hidup,tapi masih suka dibawa koran

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah... :)
      gak apa2, biarin aja. tapi minimal sehari 10 atau 20 menit, mas elus ya. biar dia kenal sama mas....

      kalau korannya mas ambil gimana? :)

      Delete
  59. Gak pakai koran gpp dok?....terus pas didalem aquarium suka nabrak nabrak aquariumnya

    ReplyDelete
  60. Dok mau tanya salva tu klo mandiin nya berapa hari sekali ? Dan di kandang harus dikasi tempat minum nggak ? Trus klo dikasi tempat minum bentuk nya yang lebar tipis apa kaya mangkuk? Thanks. (masi pemula)

    ReplyDelete
  61. Dok yang atas gx usa dijawab...
    Klo salva kasi makan nya berapa hari sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung. tapi biasanya kalau mas beli salvanya dari orang, mas tanya aja sama yang jual, dikasih makan berapa hari sekali.

      biasanya sih antara 2 hingga 3 hari sekali.... :)

      usia salva mas berapa? ukurannya berapa?

      Delete
  62. Usia 2,5 bulan panjang 25 cm an habis beli kok dok. Soalnya yang jual bilang 1 hari 6 jangkrik tapi baru ak kasi 4 di muntah in

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo 6 jangkrik emang kebanyakan.
      cukup 4 atau 3 aja mas...

      25cm? masih kecil ya... namanya siapa?

      sering2 di elus, jangan lupa...

      Delete
  63. Usia 2,5 bulan panjang 25 cm an habis beli kok dok. Soalnya yang jual bilang 1 hari 6 jangkrik tapi baru ak kasi 4 di muntah in

    ReplyDelete
  64. Ya dok setiap hari saya mandiin sama dielus elus kok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mandiin cukup seminggu 2 atau 3 kali aja mas.
      maaf karena baru balas. sekarang gimana keadaan salvanya? :)

      Delete
  65. Dok mau tanya nih , kalo salva sering pup itu tandanya apa ? Gmana ?

    ReplyDelete
  66. Dok salva saya sering pup setiap hari , warnanya putih hitam encer , itu gmana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas biasa kasih makan apa?
      pastikan makanannya fresh, gak mengandung bahan kimia seperti formalin dlsb...

      umur salvanya berapa? :)

      Delete
  67. Dok mau tanya kalo cara ngobatin luka bekas gigitan jangkrik di pubggungnya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipunggungnya siapa? masnya atau salvatornya?
      emang ada lukanya? sampe berdarah?

      kasih betadine aja mas, pake cotton bud... :)

      Delete
    2. Di punggung salvatornya lah dok haha.
      Makasih infonya dok

      Delete
    3. hehehe... :D

      emang berdarah, mas? :)

      kasih betadine aja kalo gitu...

      Delete
    4. Berdarah sih engga tinggal bekas lukanya aja dok.. . Sama mau nanya salva saya kan di kandangnya di siapain tempat berendam juga hampir tiap hari dia berendam terus dok apa itu gapapa?

      Delete
  68. Saya mandiin tiap hari karena di aquarium ngga ada tempat minum nya dok... Biar dia minum sambil mandi gtu.... Apa diaquarium harus dikasi tempat minum dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak ditaro aja tempat minum aja mas? :)

      lebij baik sih kayak gitu...

      Delete
  69. Ooo gtu ok lah dok saya kasi tatakan gelas buat tempat minum nya makasi atas infonya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. bisa mas. pake tatakan gelas aja.
      kabari lagi.....

      Delete
  70. Dok,saya kan mau mudik.Nah salva baby saya di kampung pasti gak ada kandang.Apa pakai wadah ice cream yang putih bisa dipakai buat salva nya? saya takutnya nanti bermasalah ke salva saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salvanya nyaman gak di tempat es krim itu?
      maksudnya apakah dia bakalan stress?

      kalo gak, saya kira aman...

      maaf karena baru balas

      Delete
  71. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. Dok, saya dapat salva liar 25cm, gak langsung saya taruh akuarium tapi saya taruh di kandang kecil untuk jangkrik selama 24 jam. Sekarang udah di taruh akuarium tapi belum mau makan udah dikasih putih telur juga ga mau. Tindakan selanjutnya apa ya?

    Kemudian untuk alas lebih bagus pakai cocopeat atau cocochip?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas... :(

      kasih pakan hidup aja mas, kayak bayi tikus putih. taro aja, terus tinggal.jangan diliatin.

      Delete
  74. Dok saya kan punya salva baru kira kira udah semingguan lah dikeep sama sayanya.
    Tp barusan saya kasih makan cicak dia gamau jangkrik juga ga dimakan kira kira kenapa ya? Gimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dia cuma mau makan cicak aja, mas?
      mas mau dia makan jangkrik ya?
      emang awal2 perlu dibiasakan.... udah mas coba sodorin ke mulutnya?

      Delete
  75. Dok mau tanya salva saya udah 2mingguan ga mau makan terus fesesnya juga kemerahan Kaya darah tp dikit kenapa ya dok mohon Solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      kasih air rebusan daun sirih, mas. sehari 2x.
      kalau emang udah lebih dari seminggu, mending bawa ke dokter hewan aja.

      biasa dikasih makan apa? untuk sementara, coba kasih makan buah aja. pepaya matang yang dipotong2..

      Delete
  76. Perawatan untuk baby salvator yg baru netas gimana ya yg baik ny dok ,saya baru beli sumbawa baby baru netas ,msih penakut sama ngacir ,saya ksih jangkrik dikandang blm dimakan ,blm lulus tes makan masih dok

    ReplyDelete
  77. Dok maaf saya baru melihara salva pas baru dateng saya kasih pingkis 1 dan jangkrik 3 sekitar 20-30 menit kemudian temen saya datengdan ngeliat salvanya diajak main salvanya gak lama salvanya muntah pingkis yg saya kasih itu. Saya juga gak engeh kalo pingkisnya udah dimakan. Penangannya gimana ya dok? Terus apa yang bakalan terjadi sama salva saya. Kirakira ukuran 30-40cman salvanya. Makasih dok

    ReplyDelete
  78. maaf saya mau tanya dok, saya baru memelihara salva baby panjangnya kurang lebih 50cm an.. nah saya mau tanya, jam makan yang baik untuk baby salva jam berapa saja? lalu, apakah perlu saya punya tempat minun untuk salvanya atau hanya di tempat dia berendam saja?? lalu, jika kita terkena gigitannya bahaya atau tidak?? jika bahaya, seberapa bahaya gigitan salva dok?? terimakasih banyak..

    ReplyDelete
  79. Saya mau nanyak dok, kalo baby salva ukuran kurang lebih 40cm, makanan yang cocok apa ya dok.?

    ReplyDelete
  80. Kenapa salvator saya gamau makan yaaa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab, mas.
      coba cek fesesnya. mencret apa nggak.
      sering mas jemur nggak?

      saran: coba kasih pakan hidup, kayak bayi tikus yang masih merah (pingkies)

      Delete
  81. Dok klo pke lampu uvb , dijemur 2 minggu sekali bisa gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mas.
      asalkan pastikan asupan makanannya cukup ya...

      Delete
  82. Dokter saya mau tanya salvator saya kena penyakit prolabs...cara mengatasi nya gimana ya klo bisa secepat nya ya dok keburu mati...mksi

    ReplyDelete
  83. dok untuk porsi makan dan waktu makan salva baby, remaja dan dewasa bagaiman mana yg baiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti, makin besar salvanya, makin besar juga porsinya... secara normal, salva biasanya dikasih makan sehari sekali....

      Delete
  84. dok untuk porsi makan dan waktu makan salva baby, remaja dan dewasa bagaiman mana yg baiknya

    ReplyDelete
  85. Permis dok,saya mau nanyak
    Salva saya kemarin saya coba letak di gex berisi air selama beberapa hari,tapi tidak terkena flu
    Yg bermasalah sekarang,kenapa kaki kiri belakang nya menekuk,dan salva saya hanya berjalan menggunakan 3 kaki nya,sementara kaki yg menekuk di seret seret.apakah kaku karna sudah beberapa hari di gex terendam air dok?
    Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dia gak sakit, kenapa mas rendam di dalam air?
      biasa mas kasih makan apa?

      banyak sebab sih, kurang kalsium salahsatunya. dan kayaknya nggak ngaruh karena dia direndem di air.

      Delete
  86. selamat pagi dok.
    saya baru ketemu biawak bayi dirumah terus saya pelihara. hari pertama kedua fesesnya hitam, terus hari ketiga feses nya warna putih. apa biawaknya sakit ya dok? biasa saya kasih makan 3 jangkrik dipagi hari setelah dijemur. terus mau tanya lagi dok, apa ada efek ke manusia kalau sering berinteraksi sama reptil? maksudnya bisa tertular virus atau bakteri gitu? seperti kalau kita memelihata hewan berbulu kan kurang baik buat kesehatan manusia. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama biawaknya bersih badannya dan kandangnya, saya rasa aman.

      kalo soal biawaknya sakit atau nggak, saya kira bisa diliat dari nafsu makannya. kalo biawak sakit biasanya gak mau makan.

      selain jangkrik, bisa kasih ulat hongkong. beli aja di toko makanan burung, mbak... :)

      Delete
  87. Dok Salva saya mata yg kanan ga mau kebuka itu kenapa ya sy pernah obatin pake rebusan daun sirih udah kebuka lagi tapi pas bsok nya malah ga kebuka buka lagi sampe sekarang . Gimana cara mengobati nya ya dok makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2? terutama sekitar matanya?
      agak riskan sih... kalo boleh saya saran, mending bawa ke dokter hewan aja mas. bisa saya rekomendasikan pake obat tetes mata gentamicyn, tapi saya gak janji bisa sembuh.... soalnya saya nggak bisa liat salvanya langsung...

      so, saya merekomendasikan, bawa ke dokter hewan. atau kalau mas mau ambil resiko, beli obat tetes mata gentamicyn, terus tetesin ke matanya. dengan catatan: do at your own risk... :D

      Delete
  88. Dok salva saya gak mau makan kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lebih dijelaskan lagi kenapa?
      fesesnya mencret nggak?
      umurnya berapa?

      tebakan saya sih cuaca. cuaca emang lagi gak bagus buat reptil. pastikan kandangnya tetap hangat. mas bisa kasih obat yang saya tulis di artikel obat alami untuk kura-kura, bisa aja kok buat salvator.... kasih air jahe yang saya tulis di sana. baca dulu, jangan asal kasih ya mas... :)

      Delete
  89. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  91. dok mau tanya salvator saya kenapa merem terus seperti susah nafas kadang dia mengangkat perut nya sambil menoleh ke atas kepalanya , sesekali membuka mulut nya sambil seperti mengoyak gtu ada suara desis sedikit
    badan nya lemes

    mohon balesan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takut dia kena pneumonia, atau pilek, mas.
      coba mas kasih air jahe. TAPI JANGAN SEMBARANGAN, baca dulu artikel saya OBAT ALAMI UNTUK KUR-KURA karena resepnya ada di situ...

      Delete
  92. Dok.. sy punya nebu,tapi tangan kirinya gabisa gerak, karena habis kecelakaan.. itu apakah bisa diobati atau cacat permanen? Solusinya gimana dok? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dicek dulu, apakah tulangnya sampe geser atau patah atau retak, atau hanya ototnya aja....

      kalau hanya ototnya aja, bisa kok sembuh lagi.

      tapi mending mas bawa ke dokter aja biar dicek semuanya...

      Delete
  93. Terimakasih dok atas jawabannya, ini saya mau tanya lagi tentang varanus salvator sy yang masik baby sekitar 30-35cm an. Barusan sy kasik mencit uk small, sebelumnya makan nya jangkrik dan udang. Perutnya gendut gitu,susah gerak habis makan mencit.. apakah mencit uk small bagus untuk pencernaan baby salva? perlu dikasik makan setiap hari atau 2 hari sekali dok? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo emang perutnya masih penuh, tahan aja dulu sampe 2 hari ke depan, mas...
      lain kali, kasih mencitnya yang kecil aja. bagusnya kasih pingkies (bayi tikus putih yang masih merah). kabari terus.

      Delete
  94. Di daerah saya lagi gaada pinkies dok.. sy sudah tanya seller" disini stok lagi habis. Kalok misal dikasik memcit small 2 hari sekali berati? Tadi salva sy belum poop dok.. apa tikus nya dicerna 1 minggu seperti ular? Yg mau sy tanyakan apakah sama pencernaan salvator dan ular?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalo dikasih mencit small, cukup kasih 2 hari sekali aja....

      ada beberapa bagian yang sama, namun ada juga yang beda. secara keseluruhan, 65% sama kok seperti ular... jadi agak perlu waktu lama untuk mencerna makanan yang agak besar...

      Delete
  95. Dok saya mau tanya, varanus nebu baby saya kok memuntahkahkan kembali makanannya? Itu kenapa dok? Makanannya jeroan ikan dok.. nebu sy ini barusan beli jadi ga tau makanan apa yang biasa owner sebelumnya kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang mas nggak nanya dulu sama yang jual, biasa dikasih makan apa? harusnya nanya dulu, mas. biar nggak merubah kebiasaannya. masih ada kontak dengan penjualnya? coba aja hubungi..

      saya kira nggak cocok dikasih jeroan ikan, mas. setau saya sih varanus dikasih jangkrik. itu setau saya.

      Delete
  96. Cara memandikan salva gimana dok ? Selain sabun khusus reptil, apakah ada sabun yang aman buat salva atau malah gak usah pakek sabun untuk memandikannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah pake sabun sebenernya gak apa2, mas.
      mungkin disikat aja pake sikat gigi yang bulunya halus, terutama bagian yang kotor.. :)

      Delete
  97. Oouw begitu dok. Oiya dok mau tanya satu lagi, salva kok sering gerakan nya kayak patah patah itu kenapa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asupan kalsiumnya tambah, mas...
      selama ini dikasih makan apa?

      Delete
  98. Ya seperti salva biasanya, ku kasih makan jangkrik dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. coba jangkriknya mas powdering pake bubuk tulang ikan sotong.

      Delete
  99. Dok mau nanya, biawak itu kalau habis dikasih makan apa harus minum juga? Cara ngasih minumnya gmn dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. taro aja wadah minum di kandangnya. kalau dia mau minum, nanti dia bisa minum sendiri.

      biawaknya umur berapa mas? :)

      Delete
  100. dok, saya baru rescue salva dari toilet kemaren, udh bbrp hari dia ga mau makan, saya taro ikan idup di terrariumnya, dia juga kerjaannya cuma berendem tiap hari (kandang 1/3 air 2/3 darat) ukuran sekitar 60cman masih rada galak

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. biarin aja. emang lagi masa adaptasi. coba kasih marmut atau hamster kecil aja di kandangnya, mas. hidup. biar dia bisa buru sendiri. setelah ditaro hamster, tinggal. jangan diliatin.

      Delete
  101. dok cara handle baby salva yang bener gimana yah biar ga jumpy banget...masih suka kagetan dianya disaya baru 3 harian ukuran salvanya kurang dari 30cm

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering ajak main aja. elus-elus, kasih makan disuapin pake tangan. sering pegang dia.... :)

      pegang aja. sambil elus2. biar dia kenal sama masnya.. :)

      Delete
  102. Dok, kalo salva dikasih makan ikan kecil sbg makanan utamanya boleh gak ya? dan apa di kandangnya harus dikasih lampu dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas.
      kalau emang cuaca lagi dingin (pas musim ujan), boleh dikasih lampu. kalau cuaca lagi normal, gak usah... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.