Cara Menjinakkan Sugar Glider | Drh. Fira Sovica


menjinakkan sugar glider

, terutama sugar glider hasil tangkapan liar (wild captive, WC) memang dibutuhkan waktu agak lama, tergantung sifat karakter sugar glider yang bersangkutan. Sama seperti manusia, karakter setiap sg berbeda-beda, ada yang mudah dijinakkan ada pula yang susah. Bagi anda yang mau tahu mengenai bedanya sugar glider cb dengan sugar glider wc, anda bisa membaca artikel perbedaan sg wc dengan sg cb.
image taken from http://casteluzzo.com/

namun meski demikian, dengan kesabaran dan ketelatenan, pada dasarnya sugar glider yang paling liar pun masih dapat dijinakkan. ini berkenaan dengan pengalama penulis sendiri dalam memelihara sugar glider. dan berikut adalah

cara menjinakkan sugar glider

yang penulis intisarikan berdasarkan pada pengalaman penulis:

1. handsfeed
pemberikan makan langsung dari tangan kita atau lebih dikenal dengan handsfeed dapat membantu sugar glider mengenali bahwa kita adalah tuannya. bagi sg wc, pada awal-awal handsfeed adakalanya si sg akan menggerigiti tangan kita. sebenarnya, gigitan si sg tersebut bukan berarti ingin menyakiti kita. bisa dibedakan gigitan sugar glider yang artinya "apakah ini bisa dimakan?" dan gigitan sugar glider yang artinya "tangan ini membuatku marah!!". maka sebaiknya biarkan si sg menggigiti jari kita saat handsfeed berlangsung karena hal tersebut akan membuat si sg menjadi familiar dengan tangan kita.

2. ajak berinteraksi
sesekali, masukkan tangan anda kedalam kandang dan ajak si sg bermain. lakukan minimal 25 menit, jika bisa, setiap hari. pada prinsipnya, makin sering kita berinteraksi dengan sg, maka akan semakin cepat jinak pula si sg.

3. kenalkan aroma tubuh kita kepada si sg
poin ketiga ini ada hubungannya dengan poin pertama. mengenalkan aroma tubuh kita pada sg bisa dengan cara menempatkan kaus bekas pakai kita ke dalam kandang ataupun dengan menutupi kandang dengan kaus bekas pakai. lakukan hal ini hingga si sg benar-benar sudah familiar dengan aroma tubuh kita.

4. kontak mata
selalu lakukan kontak mata kepada sugar glider, terutama saat handsfeed. penulis selalu percaya bahwa hewan-hewan seperti sugar glider bisa membaca pikiran kita, manusia. dan ini terbukti sendiri pada penulis. penulis selalu mengadakan kontak mata kepada sugar glider ternakan penulis sendiri, dan ini terbukti. meski sangat amat sedikit waktu penulis untuk berinteraksi, mereka tetap jinak kepada penulis.

Demikian adalah beberapa tips

cara menjinakkan sugar glider

. Semua tips dan trik diatas sudah penulis praktekkan sendiri. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan terutama bagi anda yang ingin memelihara dan ternak sugar glider. Terima kasih. (FS)

41 Responses to "Cara Menjinakkan Sugar Glider"

  1. Dok..saya kan beli sg,nah kata penernaknya jgn sering d pegang d tangan..itu bnr atau engga ya dok??terus kalo kontak mata itu..kita natap mata sgnya??g bakal takut sgnya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal jangan sering dipegang di tangan, tergantung.
      sg itu kayak kucing mas. anak kucing kalau baru lahir kan gak boleh kita pegang. takutnya nanti 'bau tangan' kita, jadi induknya gak mau ngurusin anaknya yang sudah kadung 'bau tangan' kita. begitu juga sg. induk sg kadang me-reject anaknya alias gak mau ngasuh anaknya kalau anaknya yang baru lahir kita pegang.... :)

      kalau sgnya udah dewasa sih boleh2 aja kita pegang. atau mas baru beli joey sg, satu ekor saja gak sama induknya (asalkan anaknya udah lepas sapih), ya boleh2 aja dipegang....

      iya, kontak mata itu agar si sg tau perasaan kita ke dia. kalau kita bener2 sayang sama dia, dia gak bakal takut kok ama kita...

      Delete
  2. Saya beli joey umur 2bln dok,cara ngilangin crabbingnya dgn sering interaksikan dok??nah satu lagi dok..bnr g sih kalo baru adop sg..sgnya harus di diyemin beberapa hari untuk adap tasi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. crabbing adalah hal yang sangat wajar bagi sugar glider. kadang, sugar glider yang sudah sangat jinak sekalipun akan crabbing.... :)
      masa adaptasi pada sugar glider cukup 3 hari aja... :)

      Delete
  3. Euumm...seperti itu dok,makasih dok :D

    ReplyDelete
  4. dok.. sya mw tanya. sya kan punya sg betina umur 3 bulan . karakter msih galak suka crabing dan gigit. nah sya mw beli lgi sg joey jantan 1.5 bln. kira2 klw di gabung dalam satu kandang berantem tidak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan digabung dulu. deketin aja kandangnya, bersebelahan, agar mereka bisa kenal dulu. setelah beberapa minggu, baru bisa disatuin... :)

      Delete
  5. dok, saya punya SG umur 2 bulan, tapi di aktiv banget di kandangnya.. muter2 mulu, loncat2.. apakah itu wajar ? atau ada sesuatu ?

    ReplyDelete
  6. dok, saya punya SG umur 2 bulan, tapi di aktiv banget di kandangnya.. muter2 mulu, loncat2.. apakah itu wajar ? atau ada sesuatu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar. umur segitu emang lagi seneng-senengnya maen...

      Delete
  7. Permisi dok saya mau tanya sg saya ko akhir2 ini jadi lemas atau kurang aktif dan juga sering bersin bersin , apakah sg saya sakit ? Kalo iya gimana cara penanganan nya dok trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca emang lagi gak bagus buat hewan peliharaan, mas. lebih baik jaga kebersihan kandang, jaga agar hewannya gak kedinginan, dan kasih sari kurma sebagai penambah daya tahan tubuh sgnya... :)

      Delete
  8. Permisi dok saya mau tanya sg saya ko akhir2 ini jadi lemas atau kurang aktif dan juga sering bersin bersin , apakah sg saya sakit ? Kalo iya gimana cara penanganan nya dok trima kasih

    ReplyDelete
  9. Permisi dok saya mau tanya sg saya ko akhir2 ini jadi lemas atau kurang aktif dan juga sering bersin bersin , apakah sg saya sakit ? Kalo iya gimana cara penanganan nya dok trima kasih

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengawinkan sugar glider dan artikel siklus hidup sugar glider...

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Dok mau tanya sg saya dulu sempet jinak tapi saya udah beberapa bulan ini sibuk jadi udah jarang kontak skrang dia jadi aga liar lagi apakah masih bisa di bonding umurnya udah 1tahuhan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kalau masnya rajin ajak dia main... :)
      harusnya sesibuk apapun mas, tetep ajak main. gak usah lama2, 5 menit aja tiap hari.... atau kalau misalnya 5 menit tiap hari gak sanggup juga, bisa sehari ajak main, sehari nggak, selang seling, yang penting rutin...

      Delete
  13. Permisi, numpang tanya dok, saya punya sugar glider umur kira2 skitar 8bulan+ blum bonding, dan blum anteng klo d.bandan, slalu berusaha melarikan diri, cara agar cepat bondingnya gmna ya... msih bisa jianak gak tuh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sangat bisa.
      agar bisa bonding, tentu harus mas jinakin dulu. coba mas praktekkan artikel di atas.

      untuk referensi lain, mas bisa baca artikel saya BEDANYA JINAK DAN BONDING

      Delete
  14. Mkasih dok, owh iya dok, klo mkanan untuk si sg, kan dokter pernah tulis di artikel yg bagus itu bubur promina.. nh yg saya mau tanyakan adalah, promina yg seperti apa yg bagus, misalanya rasa pisang, atau bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya sih terserah, boleh apa aja... beras merah oke, tapi kalo gak ada yang beras merah, apa aja bisa.. :)

      Delete
  15. Ok dok, klo si sg biasa kluarin suara ces ces atau cet cet, pkoknya sjenis kya gtu, entahlah apa, itu knapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya crabbing mas. coba mas baca artikel saya ISTILAH DALAM MEMELIHARA SUGAR GLIDER.

      maaf karena baru balas. saya abis sakit kemaren.

      Delete
  16. Dok saya mau tanya, SG saya kan baru adopt tapi dia di pouchnya mulu... itu kenapa ya? sudah 2 hari semenjak saya adopt.kira kira umurmya 5 bulan. trus apakah sg 5 bulan masih bisa di jinakan dan di bounding?

    ReplyDelete
  17. dok nnya dok .sg saya kadang2 suka mendesis trs pipis .nah kn d kandang ny saya taruh kotak gede buat dia manjat2 .nah dy pipis dstu dok sambil ngedesis dluan .nah abs dy pipis ehh d jilatin dok .waduuhh jd gmn dok ? normal ap gak dok ? mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok. sg emang suka gitu, suka minum/makan kotorannya sendiri. selama makannya masih normal dan dia masih aktif, bisa dikatakan sehat... :)

      gak apa2 kalo makanannya mas 'oplos' antara pepaya dan bubur bayi kok kalau dia suka. :)

      Delete
  18. oia tambahan dok .baru2 ini klo malem saya kasih dia makan bubir sun d campur sama pepaya dok .pepaya nya d penyet2in dok trs d satuin sama sun ny .gak apa2 kan dok kalo d campur2 gitu ?

    ReplyDelete
  19. ohh gt ya dok, alhamdulillah syukur klo gt 😄😄 sempat panik kemarin liat dy jilat2 pee ny .kirain dy depresi atau stress gt .makasih dok pencerahannya 😉😉

    ReplyDelete
  20. dok s.g saya umurnya udah 8 bulan sepasang kok gk kawin2 ya, si jantannya nyiumin pantat gak tau kelamin betinanya tapi betinanya cuek aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama disatuin?
      bisa jadi karena mereka berdua gak jodoh. coba cari sg lain, mas.

      Delete
  21. Dok maaf mau tanya saya baru adop sg joey masih 1,5 bulan. Kalo di handfeed dia malah nyerang sambil berdiri dan ga mau makan cuma nyerang trus mundur trus nyerang lagi sambil crabbing. Apa yang harus saya lakukan agar dia mau makan handfeed

    ReplyDelete
    Replies
    1. lakukan terus, mas. sesekali elus juga.
      kalo masnya gak merokok, taro kaos bekas pakai yang masih bau keringet. biar dia tahu bau tubuh mas...

      dia begitu karena belum kenal sama masnya. wajar kok.

      Delete
  22. Dok mau tanya kalau SG satu kandung adik kakak dan jenis kelaminnya jantan dan betina apakah bisa kawin dan kalau kawin apakah tidak terjadi kendala dari segi kesehatan ...Terima kasih


    ReplyDelete
  23. Dok, saya mau tanya. Saya kan baru beli SG jantan 4blnan sekitar 1mingguan yg lalu. Awalnya Kata penjual nya jinak. Tapi pas saya pengang itu gabisa karena crabbing. sekarang sudah bisa dipegang jarang crabbing. Tapi masih sulit ditangkap buat diajak main. Itu sarannya gimana ya? Biar bisa diajak main.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sg crabbing emang akan selalu crabbing. sg jinak pun akan sering crabbing.

      saya agak bingung. kata mbak dia udah bisa dipegang, tapi kemudian mbak bilang susah ditangkap... apakah maksudnya dia sulit ditangkap pas mau diajak main doang, pas pertama kali mau dipegang? begitu?

      dia belum benar2 kenal sama mbaknya. nggak apa2. lanjut aja ajak main. coba kasih makan pake tangan, disodorin pake ujung jari ke mulutnya...

      Delete
    2. Iyaa dok, maksudnya sudah bisa dipegang. tapi, kalau diajak main pasti kabur. Buat dimasukkan ke kandang lagi masih susah. Kalau makan sudah lewat tangan. Kalau di dalam kandang mau, tapi diluar kandang pasti kabur.

      Delete
    3. dia belum kenal sama mbak. coba aja taro kaus bekas pakai yang masih bau badan mbak di kandangnya. biar dia tidur di situ. tujuannya biar dia kenal bau tubuh mbak. karena sama kayak kucing, sg mengenali kita dari aroma tubuh kita....

      sering2 kasih makan pake tangan. :)

      Delete
  24. Dok mau tanya SG saya kenapa kedua kaki belakang nya kaku ya,kalau jalan kaki belakangnya kaku lurus gitu,kalau ditaruh di lantai kadang kaya ga kuat berdiri kadang jatuh ga bisa bangun lagi,oiya sama bulunya retak2 gitu dok,SG umur kisaran 4 atau 5 bulan. Terima Kasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.