Cara Memandikan Landak Mini | Drh. Fira Sovica

Memandikan landak mini adalah hal yang mesti diperhatikan dalam memelihara landak mini. Landak mini yang tidak rutin dimandikan akan membuat si landak gatal-gatal dan membuat duri landak mini menjadi rontok karena landak akan sering menggaruk tubuhnya akibat rasa gatal tersebut. Berikut adalah beberapa tips

cara memandikan landak mini

. Bagi anda yang ingin mengetahui cara memelihara landak jawa, anda bisa membaca artikel saya tentang cara memelihara landak jawa.
image taken from weddingbee.com

1. Siapkan wadah atau baskom dengan sisi yang agak tinggi agar landak tidak mudah memanjat saat dimandikan.

2. Gunakan air hangat-hangat kuku untuk memandikan landak mini. Isi baskom atau wadah yang telah disediakan dengan air hangat secukupnya, sekiranya landak tidak tenggelam di dalam air tapi juga cukup tinggi untuk merendam seluruh kaki landak. Air yang ideal adalah setengah dari tinggi kaki landak. Pastikan hidung landak mini tidak tenggelam dalam air.

3. Siapkan sikat gigi yang berbulu halus. Masukkan landak mini ke dalam wadah yang telah diisi air hangat. Siram seluruh badan landak dengan air yang ada di dalam baskom hingga landak basah secara menyeluruh.

4. Basahi sikat gigi yang sudah disiapkan dengan air kemudian tuang sampo bayi tidak pedih di mata secukupnya ke permukaan bulu sikat.

5. Angkat landak mini dari baskom, kemudian gosok hingga berbusa seluruh permukaan punggung landak mini searah dengan arah durinya dengan sikat gigi yang sudah disiapkan. Setelah selesai, balikkan tubuh landak mini hingga punggungnya berada di bawah, kemudian gosok perlahan perut dan kaki landak mini dengan sikat gigi. Pastikan semua kotoran sudah bersih. Kemudian masukkan kembali landak ke baskom dan bilas dengan air hingga bersih.

6. Siapkan wadah yang baru beserta air hangatnya, kemudian pindahkan landak ke wadah yang baru, bilas kembali untuk yang kedua kalinya.

7. Angkat landak dari baskom, dan keringkan perut dan kakinya dengan handuk lembut. Siapkan hairdryer, angkat landak dengan menggunakan handuk tadi, kemudian keringkan punggung landak dengan hairdryer hingga benar-benar kering.

8. Jemur landak dibawah sinar matahari pagi selama 5 menit hingga tubuh landak benar-benar kering, kemudian taruh landak mini di kandangnya dengan bedding yang sudah diganti.

Bagi anda yang pemula dalam hal memelihara landak, semoga tips

cara memandikan landak mini

di atas bisa berguna bagi anda. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

23 Responses to "Cara Memandikan Landak Mini"

  1. DR. Gmana cara mengetahui landak hamil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. landak yang sedang hamil biasanya lebih agresif, lebih galak. selain itu, nafsu makannya juga meningkat. biasanya, ditandai juga dengan perutnya yang membesar...

      Delete
  2. Dokter.. landak mini boleh dimandikan dengan dettol anti septik?

    ReplyDelete
  3. Kenapa duri landak mini bikin gatal dan bentol merah di klt tangan ya?0

    ReplyDelete
  4. Kumis landak mini boleh di potong gk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya jangan...
      sama halnya kayak kumis kucing, kumis landak memiliki fungsi untuk alat navigasi. kucing yang kumisnya dipotong biasanya kesulitan saat meniti jalan sempit (misalnya: bagian atas tembok)... jadi kumis itu sebagai alat penyeimbang juga...

      gitu juga dengan fungsi kumis landak, mas... :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Dokter, bagaimana cara membersihkan bagian kepala dan telinga landak mini? Sedangkan si landak ini ketika disentuh bagian itu langsung membulatkan diri

    ReplyDelete
  7. dok landak mini yang usianya di bawah 2 bulan, bagusnya dikasih makan apa catfood apa ulet hongkong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. catfood aja mbak... :)
      ulet hongkong bisa dikasih seminggu sekali... :)

      Delete
  8. Dokter... Kalo Memandikan Landak Mini Itu Harus Memasuki Usia Yg Cukup Atau Kalo Masih Kecil Gak Papa Dimandikan? Kira Kalo Landak Mininya Masih Berumur 1,5 Bulan Boleh Dimandikan Tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan, mas. kalo masih umur segitu, lap aja pake handuk yang dibasahi air hangat... :)

      Delete
  9. Bisa gk memandikan landak mini di siang hari ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mas... caranya ikutin langkah di atas ya...

      Delete
  10. Dok, duri landak mini saya rontok banyak bnget sampai ada bagian yg botak. Kira2 gimana solusi nya? Trs bisa tumbuh lg ga ya

    ReplyDelete
  11. Dok, saya baru 2 hari pelihara landak mini kelihatannya dia masih takut2 dok saya juga bingung mau pegang2 dia soalnya dia tegangin durinya terus tiap mau dipegang, itu solusinya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. tetep elus2 aja. dan kalau kasih makan, coba sodorin pake tangan mbaknya. dikasih makan apa?
      kalau dikasih makan catfood, catfoodnya ditaro telapak tangan aja, terus sodorin ke dia. jadi telapak tangan kita sebagai wadah makan...

      awal2 ya emang digigit sih, tapi lama2 dia ngerti kok. dan gak gigit lagi. jadi usahakan pas digigit, jangan narik tangan. biarin aja. tahan sedikit. gak bikin berdarah kok mbak... :)

      dengan cara begitu, dia jadi kenal mbak sebagai tuannya... :)

      Delete
  12. Dok, lanmin saya kadang gamau makan catfoodnya, itu knp ya? Sudah sy coba ganti dari equil ke im organic cmn ttp jarang dimakan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih buah. coba pisang atau pepaya.
      mungkin dia bosan dengan makanannya...

      fesesnya mencret nggak mbak?

      Delete
  13. Dok,mau tnya...
    Saya msh newbie dlm pelihara si landak mini...
    Tpi dia hari ini tidur seharian,saya bingung dong dia sakit atau gmn ya dok?
    Mohon infony dok.trma kasih

    ReplyDelete
  14. Dokter, gpp klo jemur landaknya di bawah sinar matahari? Soalnya banyak yg bilang landak nya bisa buta. Mohon penjelasannya, Dok :)

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.