Cara Memelihara Landak Jawa | Drh. Fira Sovica

Memelihara landak jawa

memang banyak dilakukan oleh para pecinta hewan di indonesia. Merawat landak jawa tidak sulit, hanya dibutuhkan beberapa perlengkapan dan mengetahui cara memelihara landak jawa yang baik dan benar. Artikel berikut akan mencoba menerangkan cara merawat landak jawa sebagai hewan peliharaan. Selain memelihara landak jawa, anda juga bisa memelihara landak mini.
Cara Memelihara Landak Jawa
Image taken from wikipedia.org
  1. Apa Itu Landak Jawa?
  2. Nama ilmiah landak jawa adalah hystrix javanica. Landak jawa merupakan hewan endemik indonesia yang banyak diburu karena suka merusak ladang petani dan dikonsumsi manusia. Karena alasan inilah populasi landak jawa menurun secara drastis dari tahun ke tahun, meski IUCN mengkategorikan landak jawa bukan sebagai hewan terancam. Status konservasi landak jawa masih dalam kategori resiko rendah.
  3. Karakter Landak Jawa.
  4. Landak jawa adalah hewan pengerat, sama halnya seperti tikus dan marmut. Landak jawa hidup di hutan di pinggir pemukiman, ladang, kaki bukit, dan dataran rendah. Seperti kebanyakan pengerat lain, landak jawa adalah omnivora tulen. Hewan ini memakan segalanya: daun-daunan, umbi-umbian, buah-buahan, serangga, kadang hewan mamalia kecil dan burung. Cara landak jawa mempertahankan diri dari predator adalah dengan menegakkan duri-duri pada tubuhnya. Duri pada tubuh landak juga bisa copot dari tubuh landak saat menancap ke tubuh predator, dan duri yang copot tersebut akan digantikan dengan duri yang baru. Selain itu, landak jawa kerap menggigit musuhnya hingga luka parah.
  5. Cara Merawat Landak Jawa Sebagai Hewan Peliharaan.
    • Sediakan kandang yang permanen, bukan kandang berjeruji karena dapat membuat duri landak patah. Anda bisa menggunakan akuarium besar atau kolam di atas tanah atau di atas lantai yang berdinding diplester semen dan diberi jeruji di bagian atasnya hingga langit-langit. Hal ini untuk mencegah landak kabur. Lebar dan panjang kandang landak jawa minimal 3 hingga 4 kali panjang tubuh landaknya. Lebih besar kandang yang digunakan, maka lebih baik.
    • Sediakan hiding area berupa area tertutup di dalam kandang. Besaran hiding area untuk landak jawa sekira landak tersebut bisa leluasa bergerak di dalamnya. Bagian atas hiding area juga hendaknya bisa dilepas dan dipasang kembali agar memudahkan saat membersihkan kandang.
    • Seperti yang saya sebutkan di artikel hewan apa yang paling mudah dipelihara, hewan pengerat cenderung lebih bau daripada hewan lainnya. Namun anda bisa meminimalisir hal ini dengan membuat kandang di luar ruangan atau di dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang bagus.
    • Seperti saya sebutkan di atas, landak mini adalah hewan omnivora (pemakan segalanya). Anda dapat memberikan apel manis, wortel, sawi, buncis, dan jangkrik sebagai makanan landak jawa yang anda pelihara. Saya sendiri lebih menyarankan sayur-sayuran sebagai makanan landak jawa peliharaan anda. Beri makan landak jawa anda 3 kali sehari. Sesekali, taruh juga tulang ikan sotong di dalam kandang untuk dikonsumsi landak. Tulang ikan sotong akan menguatkan duri landak dan digunakan sebagai asupan kalsium untuk landak anda.
    • Tempatkan juga botol minum hamster berukuran besar di dalam kandang. Ikankat tempat minum landak tersebut dengan kawat besar agar tidak mudah dijatuhkan oleh landak anda.
    • Sebagai hewan pengerat, landak jawa sangat lihai melepaskan diri dari kandang. Selalu perhatikan landak jawa peliharaan anda di dalam kandang.
Sebagai hewan peliharaan,

memelihara landak jawa

memang asyik. Cara merawat landak jawa di atas semoga bisa menjadi acuan bagi anda yang ingin memelihara landak jawa. Saran, komentar, kritik, dan konsultasi mengenai landak jawa bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

28 Responses to "Cara Memelihara Landak Jawa"

  1. Landak harus di mandikan juga sama seperti lamin gak?

    Selain tulang ikan sotong,makanan apa lagi buat menguatkan duri landak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang sudah sangat kotor, bisa dimandikan. tapi usahakan sebelum dimandikan dijinakkan dulu agar saat dimandikan dia gak berontak. mandikannya siram aja pake selang....

      yang paling bagus itu tadi, tulang sotong. di alam landak makan tanduk dan tulang hewan untuk kebutuhan kalsiumnya...

      Delete
  2. Satu lg dok :)

    Cara membedakan jenis kelaminya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat langsung ke bagian kemaluannya. biasanya keliatan antara yang jantan dan yang betina. ukuran betina juga kadang lebih besar dibandingkan jantan.....

      Delete
  3. Terimakasih dok,jawabanya bgtu jelas sekali..... :)

    Kayaknya landak saya hrs segera d mandikan karna sudah sangat kotor sekali.dan kebetulan landak saya jg kayaknya sudah jinak,setelah di beli cuma sehari dia keliatan galak.setelah itu dia mau di kasih makanan lewat tangan,bahkan suka jilat" jari saya jg... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu bagus. silakan mandikan saja mas.
      kalau mau, pake shampo bayi. usahakan mandinya pas lagi ada matahari, jadi selesai mandi bisa langsung jemur....

      Delete
  4. Alhamdulillah dok landak saya lukanya sudah kering,cuman sekarang di hidungnya keluar air,apa landak saya kena pilek?kalo pilek cara pengobatanya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya diluar ruangan atau di dalam ruangan? kalau bisa dibuat hangat kandangnya mas. caranya bisa dengan menutup bagian luar kandangnya dengan kain atau karung goni agar terasa sangat.... bisa juga menempatkan lampu 25 watt di atas kandang jika udara dingin atau malam hari.... :)

      observasi aja terus mas selama beberapa hari, kalau masih berair juga, lapor ke sini lagi.. :) saya tunggu

      Delete
    2. Di luar dok,,,,

      Oke dok,saya coba :)

      Delete
  5. kandangnya udah saya tutup pake karung goni.cuman saya khawatir dok, soalnya sekarang dia kaya yg bersin" gitu.

    Mohon solusinya lagi dok,saya takut dia tambah parah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa dipindahkan dulu kandangnya, bisa mas pindahkan dulu ke dalam ruangan yang hangat. cuaca memang sedang dingin, dan cuaca yang dingin bisa membuat landak flu.

      setelah kandangnya dipindahkan ke ruangan yang hangat, obat yang bisa diberikan adalah antibiotik. coba saja kasih amoxicillin. satu tablet dibagi 3, dan dicairkan dalam 6 sendok makan air mineral. berikan 2kali sehari... :)

      Delete
  6. Kalo kasih amoxillin,sebelum landaknya pilek sudah saya kasih dok,tapi di campurkan ke air minumnya.sampai sekarang jg masih di kasih,kan lukanya belum sembuh total.... :)

    Atau harus di kasih jg (di minumkan langsung) dok?? :)

    ReplyDelete
  7. Sudah saya coba kasih pake sendok tapi dia nya gak mau,malah berontak dan nyerang saya dok,,,

    Kalo pilek itu bisa fatal gak akibatnya kalo pengobatanya tidak maksimal??

    Untuk jaga" nafsu makanya bberkurang saya selalu kasih madu dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampangnya, begini aja. kalau ada matahari, jemur dia dibawah sinar matahari. usahakan dibawah jam 10 ya mas. dan jangan kelamaan, cukup 10 hingga 20 menit maksimal..... :)
      kalau dalam 5 hari dia belum mendingan, coba bawa saja ke dokter. meski saya tidak tahu apakah ada dokter hewan yang pernah menangani landak jawa atau tidak, hehehe...

      sehat selalu buat landaknya...

      Delete
  8. Aminnnn......makasih dok,,,,, maaf kalo saya sering bgt tanya".... :)

    Jangan bosan" ya dok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya malah senang jika banyak yang bertanya mas... :D
      dikasih nama siapa landaknya?? :)

      Delete
  9. "MATRIX" materazzi....nama itu salah satu nama pemain bola idola saya.... :)

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah dok sekarang pileknya dah sembuh,,,,luka nya jg udah :)

    ReplyDelete
  11. maaf dok saya mau tanya, masalah pemeliharaan landak baiknya dikasih makanan per hari berapa? soalnya saya memelihara 2 ekor landak jawa.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. berapa kali kasih makan?
      silakan baca artikel di atas... :)

      Delete
    2. diberi makan pagi dan sore.maksud sy jumlah kebutuhan per ekor minimal sehari berapa kilo? trims

      Delete
    3. oh.. tergantung ukuran landaknya mas... :)
      kasih aja terus. biasanya landak jawa akan berhenti makan sendiri kalau udah kenyang... :)

      Delete
  12. Tanya dok klo landak keluar lendir beebusa dr mulutx knp dok dan apa solusinya. Trims dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah di makanannya. ada kemungkinan keracunan.

      mas yakin makanannya bersih dan gak expired? jenis landak mas apa? landak mini atau landak jawa?

      Delete
  13. Dok mau tanya. Perbedaan landak jantan dan betina gimana ya? Soalnya saya punya 2 ekor dan gak bisa bedain jantan dan betina.. Sementara ini masih aku bedakan tempatnya dok. Kalo semisal sepasang bisa gak untuk berkembang Biak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa lihat gambar ini: https://2.bp.blogspot.com/-U8fkOMUhLZY/TreIkId8TvI/AAAAAAAAMTk/bCcbaUiYGMA/s1600/HedgehogsMaleFemale.jpg

      biasanya kalo landak jantan ada batangnya. pada landak betina, jarak antara kelamin dan anus juga lebih dekat...

      Delete
  14. Dok saya mau tanya,apakah landak remaja bisa jinak udah seminggu msh belum bisa jinak padahal setiap hari saya hendel

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa.
      hanya kalau seminggu kayaknya masih kurang...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.