Cara Memelihara Oriental Bay Owl | Drh. Fira Sovica

Oriental bay owl adalah jenis owl dengan tingkat stress rendah, maka dari itu jenis burung hantu berukuran kecil ini cocok dipelihara oleh pemula.

Cara memelihara burung hantu oriental bay owl

nyaris sama seperti memelihara burung hantu celepuk yang pernah saya tulis di artikel cara memelihara celepuk. Untuk mengetahui tingkat kesulitan jenis burung hantu, anda bisa membaca artikel saya jenis burung hantu dan level kesulitannya.
Cara Memelihara Oriental Bay Owl
Image taken from kaskus.co.id
Cara memelihara oriental bay owl adalah sebagai berikut:


  • Makanan burung hantu jenis oriental bay owl adalah jangkrik.
  • Untuk mempertajam insting berburunya, sesekali anda bisa memberikan pinkies (bayi tikus) sebagai makanan tambahan. Jangkrik sebagai makanan burung hantu oriental bay owl bisa diberikan 3 hingga 4 kali sehari, tergantung banyaknya porsi pemberian makan.
  • Latih burung hantu anda.
  • Melatih burung hantu oriental bay owl adalah kewajiban dari pemilik oriental bay owl lainnya. Anda bisa membaca artikel tentang langkah-langkah dalam melatih burung hantu.
  • Periksa kesehatannya secara rutin.
  • Memeriksa kesehatan burung hantu oriental bay owl adalah hal lain yang harus dilakukan oleh master bay owl. Kesehatan burung hantu bisa dilihat dari bentuk dan warna tahinya (feses). Selengkapnya, anda bisa membaca cara mengetahui kesehatan burung hantu dari tahinya.
  • Meski burung hantu anda sudah jinak, lakukan interaksi (manning) dan penjinakkan secara terus menerus.
  • Pahami karakter burung hantu anda agar dia bonding kepada anda. Bonding pada burung hantu artinya keterikatan emosi burung hantu dengan ownernya. Perbedaan jinak dan bonding bisa anda baca di artikel bedanya jinak dan bonding.
Demikian adalah

cara merawat burung hantu oriental bay owl

yang saya saripatikan dari pengalaman sebagai dokter hewan dan sebagai orangtua asuh dari 2 ekor burung hantu (errol dan padma). Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda dalam memelihara burung hantu dengan baik dan benar. Terima kasih. (FS)

289 Responses to "Cara Memelihara Oriental Bay Owl"

  1. dol kalau mau periksa elang saya kira² klinik dokter ada dmna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di blog saya ada daftar alamat dan nomor telepon dokter hewan seluruh jawa... :)
      silakan cari di bagian cari artikel

      Delete
  2. Akhir nya ini yg di tunggu2 dari sebelum ada obet dirumah smpai obet ada dirumah haha

    makasih banyak bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama... :)
      jika ada yang ditanyakan, kemari aja mas...

      Delete
    2. saya baru sadar , kalo jari obet cacat..

      jari belakang sebelah kanan nya kyak lemah gitu..

      kalo jari depan sebelah kanan juga..

      bisa kembali lagi gak dok ?

      Delete
    3. mas udah pernah saya suruh kasih bubuk tulang sotong ke obet ya?? :)
      mas beli tulang ikan sotong di toko makanan burung, tumbuk hingga benar2 halus (kayak bedak), lalu taburkan sedikit ke makanan si obet (jangkriknya dibasahi dulu dengan air lalu ditaburi bubuk tulang sotong). lakukan hingga seminggu penuh.... jika memang belum seminggu tapi keadaan owlnya sudah memburuk, kayaknya lebih baik langsung dibawa ke drh terdekat aja mas....

      Delete
    4. mas udah pernah saya suruh kasih bubuk tulang sotong ke obet ya?? :)
      mas beli tulang ikan sotong di toko makanan burung, tumbuk hingga benar2 halus (kayak bedak), lalu taburkan sedikit ke makanan si obet (jangkriknya dibasahi dulu dengan air lalu ditaburi bubuk tulang sotong). lakukan hingga seminggu penuh.... jika memang belum seminggu tapi keadaan owlnya sudah memburuk, kayaknya lebih baik langsung dibawa ke drh terdekat aja mas....

      Delete
    5. oke dok , nanti saya coba cari di toko2 burung..

      obet bediri nya gak lurus kyak burung elang gitu dok , emang kyak gitu kah kalo owl ?

      Delete
    6. maksudnya agak nunduk ke depan gitu mas? owl emang gitu... agak bungkuk ke depan... :)

      obet sehat? semoga sehat selalu... :)

      Delete
    7. di tekuk gitu dok..

      tdi baru beli tulang ikan nya dok.. nanti subuh saya coba kasih ke obet..

      tadi sore udah saya kasih mkan tiput takut kekenyangan dia.
      tiput nya saya taruh di tanah , obet ngejar2 gk dpat2 hahha

      iya semoga shat dok , smoga bisa bonding juga kyak errol :)

      Delete
    8. makasih bnyak dok atas saran2 dari dokter..

      Delete
    9. oh iya dok , ada artikel cara pasang angjess gak dok ?

      kalo ada saya minta link nya..
      kalo search artikel rada susah nih hape..

      makasih dok

      Delete
    10. pakein angklett jesse tinggal kaitkan doang ke kakinya kok mas... :)
      namun nanti saya coba buatkan artikelnya... :)

      Delete
    11. soal nya saya pernah baca artikel ( sebelum handle obet ) disitu bilang kalo memasang angjess bagian paling sulit karena bisa merusak mood partner kita , soal nya proses nya menyakitkan buat owl nya..

      jadi skrang saya blum beli angjess , takut nanti bingung masang nya.

      Delete
    12. kok musang mas? :D
      kalau burung hantunya belum biasa pakai angjess emang iya bikin mood rusak. makanya nanti aja kalau udah jinak... minimal kalem

      Delete
    13. pasang mksd nya dok.. biasa pake bhasa daerah hehe

      obet kalo di tngan blum tnang , kalo dia lihat ada tmpat bertengger psti loncat ksna..
      tapi skrng udah jarang patok2 tngan saya.. itu udah bisa dikatakan jinak gk dok ?

      kalo nunggu jinak takut udah lancar terbang.. sekarang udah bisa terbang jarak 1 meteran ,

      Delete
    14. definisi jinak sebenernya beda2 mas. saya sendiri lihatnya jinak atau belum dari sering atau tidaknya di nyerang/gigit dan defends. kalau dia udah gak gigit, nyerang, atau defends, menurut saya udah jinak. kalau si obet kayaknya udah jinak hanya dia belum sepenuhnya percaya sama mas. buktinya dia masih seneng cari tangkringan lain... :)

      coba sering2 diajak ngobrol. ngaruh soalnya. lihat matanya pas mas ngomong ama dia. trust me, its works! :D

      terus latih si obet. saya sih optimis si obet bisa kayak errol nantinya...

      Delete
    15. iya kalo dia lihat tangkringan lain pasti terbang..

      tadi saya latih jttf , alhamdullilah mau jarak mungkin 20cm tapi harus ada jangkrik yg gerak , kalo gk ada makanan nya belum mau.

      masih rada takut kalo pandang mata nya.. dulu si obet saya ajak tatap mata malah terbang ke pundak saya..

      Delete
    16. ya emng kudu ada tidbits-nya kali mas. :D
      kalo udah bonding banget baru gak perlu tidbits, cukup kita panggil aja dia dah nyamperin....

      coba terus tatap matanya. biar dia tahu gimana perasaan masternya... :)

      Delete
    17. dok , mau tanya lagi

      si obet kok sayap nya kalo lagi diem ( bertengger ) sayap nya di turunin gitu ?
      gak mau rapat sayap nya ?

      apa emang begitu atau ada sesuatu yg lain ? terimakasih dok

      takut obet sakit / stress

      Delete
    18. selama makannya bagus (rakus), gak apa2. kadang owl kayak gitu kalau dia ngerasa capek... kalau lagi fit, biasanya dia gak gitu. :)
      gak apa2 kok, errol malah sering kayak gitu, terutama kalau abis berburu :)

      Delete
    19. selama ini si obet saya taruh di dalam kandang besar ( bekas kandang ayam ) ukuran nya lumayan besar bisa buat si obet loncat2.

      di buat dari papan kayak rumah gitu , tapi papan nya gk terlalu rapat biar ada sirkulasi udara nya.

      feses dia cair + putih + hitam sedikit..
      kdang habis pup itu , ada lagi yg kluar cair kental , apa itu kencing nya ?

      Delete
    20. maaf banyak tanya dok..

      soal nya gak mau kejadian kyak si Sai ( celepuk saya ) dulu adopt si Sai saya blum ada sama sekali tentang perawatan dan handling owl , setiap hari saya kasih makan termasuk siang hari , dan 1 minggu kemudian dia mulai malas makan , kaki nya lemah gak kuat menopang badan nya , dan besok nya mati.

      dan sekarang saya gak mau lagi kayak gitu lagi..

      maka nya saya perhatikan terus tingkah laku obet dan fisik nya takut dia kenapa2..

      Delete
    21. sejujurnya saya juga gak tahu pasti, soalnya kan saya gak bisa liat langsung obet kayak gimana. saya hanya menjabarkan apa yang mas deskripsikan lewat tulisan, dan itu bisa saja salah. amannya sih mending bawa ke dokter hewan kalau emang mas mau yang lebih jelas. namun seperkiraan saya, masih sehat kok si obet. cuma ya balik lagi ke masnya... :)

      Delete
    22. belum ada dokter hewan yg bisa handle owl dok..

      smoga saja sehat terus,

      Delete
    23. harusnya sih dokter hewan bisa handle semua hewan. mungkin belum terbiasa aja... :)

      amiin. saya tunggu kabarnya... :D

      Delete
    24. iya dok , gk brani kata dokter nya..

      skrng obet udah bisa JTTF dok..

      ini lagi saya ajak jalan2 pake motor , bkin dia stress gak ya dok ?

      Delete
    25. kalau dia udah terbiasa naek motor, gak apa2. jangan terlalu kencang juga mas... :)

      Delete
    26. aduh dok , tadi malam obet nyangkut di di perch jesse nya , badan nya tengkurap di lantai..
      pagi baru ngeliat nya..

      di kasih makan masih mau sih..

      Delete
    27. kalau malem lepas aja mas, gak usah pakai angjess.... :(
      sekarang gimana? masih mau makan kan?

      Delete
    28. tadi pagi saya kasih makan masih lahap , walaupun awal nya susah.

      sore ini saya lihat obet masih baik aja. cmn rada mangap2 , terus saya kasih minum tadi..

      kalo feses , hitam + putih + bening

      Delete
    29. fesesnya lebih banyak putihnya, bener?
      masih sehat kok.. :)

      Delete
    30. fesesnya lebih banyak putihnya, bener?
      masih sehat kok.. :)

      Delete
    31. iya putih nya lebih banyak.. yg hitam sdikit aja kyak telur gitu bentuk nya yg hitam.

      smoga aja dok.. karena kejadian kmren malam , obet gak berani lagi JTTF..

      tapi gak papa asal masih lahap.
      ini saya kasih minyak ikan , 1 kapsul/minggu kah dok ?

      salam dari obet buat errol

      Delete
    32. kalau seukuran obet, mending 1 kapsul setiap 2 minggu sekali aja mas. :)

      Delete
    33. oke bu dokter..

      kalo jarak 20cm bisa di bilang JTTF gak dok ?

      Delete
    34. oke bu dokter..

      kalo jarak 20cm bisa di bilang JTTF gak dok ?

      Delete
    35. iya. 20 cm bisa dikatakan JTTF. coba tambah terus jaraknya, mas.. :)

      Delete
    36. 1 meter blum nyampe juga kmren dok.
      pake tiput hidup di glove..

      dok , coba liat poto obet , emang blum bisa terbang kah dok sgitu besar nya ?

      Delete
  3. Assalamualaikum dok..
    Saya punya che LM msh chick yg jdi pertanyaan saya
    1.kalo di ksih mkn jangkrik buat selingan bisa gk? Biasanya saya ngasih daging sapi di cacah..
    2.umur chick gini bsa di mandiin gk dok
    3.kapan bisa di taruh di perch? Karna skrg msh di dlm rmh dlm dus yg lumayan gede.
    Trims dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. saya coba jawab.
      1. gak apa2 sesekali dikasih jangkrik buat selingan.
      2. sebenernya sih gak masalah asalkan jangan sampe kedinginan. selengkapnya silakan baca artikel cara memandikan burung hantu, secara prinsip sama aja...
      3. kalau menurut saya, sekarang aja taruh di perch. gak apa2 kok.... perchnya jangan yang terlalu tinggi. mas bikin perch yang agak pendek. :)

      saya tunggu kabar selanjutnya. jangan lupa share postingan blog ini ke facebook ya mas... :)

      Delete
  4. Iya dok..masalahnya mau di taruh di perch..burungnya msh blm bsa berdiri dok..jlnnya aj msh merangkak kyk anak bayi gtu..
    Atau pas udh bsa berdiri taruh di perch gtu ya? Intinya lebih cpt lebih baik ya dok gtu?
    Oiya kalo jangkriknya mesti di matiin dlu atau kasih hidup dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya udah. kalau emang belum bisa berdiri, bisa ditaruh di box kardus aja. pokoknya begitu dia bisa nangkring secara kuat, bisa langsung taruh di perch.... jangkriknya kasih hidup, kaki belakangnya yang tajam mending lepas dulu. sebenernya untuk che lebih baik kasih bayi tikus aja mas. :)

      Delete
  5. Ok dok makasie ya sarannya..ntar kalo ada apa" sya konsul lg ya disni..
    Oh iya lupa ngenalin nama chenya..namanya doffy dok hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam buat doffy dari errol dan padma... :)

      iya, saya tunggu kabar doffy selanjutnya...

      Delete
  6. Dok kalo barn owl boleh gak dikasih kelalawar ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak pernah coba. perkiraan saya sih bisa aja, namun do at your own risk aja kalau emang mau coba.. :)

      Delete
  7. Dok..mau nanya lg..
    Si doffy kn msh chick dok..kira" mknan apa yg tinggi kalsiumnya..
    Kn biasanya saya ngasih daging sapi trus..kemrn smpat coba ngasih jangkrik malah di buangnya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih bayi tikus aja. yang ukuran kecil. tulang bayi tikus mengandung banyak kalsium.. :) selain itu, bisa untuk mempertajam insting berburu juga... :)

      Delete
  8. Selain bayi tikus ad opsi lain gk dok?
    Soalnya kdang bayi tikus agk lama baru ada stoknya

    ReplyDelete
  9. Dok saya sering tinggal di rumah kanek (kakeknenek) saya, daripada tinggal dirumah ortu, rumah kanek saya dekat banget sama pabrik sablon milik kakek saya, banyak orang mondar mandir, jika saya mau mempelihara celepuk/burhan,apakah boleh tuh??? Takut burhanya stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok saya sering tinggal di rumah kanek (kakeknenek) saya, daripada tinggal dirumah ortu, rumah kanek saya dekat banget sama pabrik sablon milik kakek saya, banyak orang mondar mandir, jika saya mau mempelihara celepuk/burhan,apakah boleh tuh??? Takut burhanya stress

      Delete
    2. asal ada ruangan / kandang besar yg gelap , kayak nya bisa sih mas.

      Delete
    3. kayaknya pertanyaan mas reza udah saya jawab deh.
      kalau hanya orang mondar-mandir gak apa2....asalkan gak berisik dan gak banyak polusi udara. bener juga kata mas pelataran, asalkan ada ruangan yang besar dan remang2, kayaknya sih masih bisa... biar dia gak terlalu stress juga... :)

      gambar errol dan padma pernah saya share di salahsatu post tentang burung hantu. silakan tebak aja yang mana, hehehehe... :D

      Delete
    4. Post yg mana dok, postnya aja banyak banget...., gak ada ruang remang2 sama yg besar adanya di rumah ortu, tergantung ijin ortu sih, soalnya saya udh banyak peliharaan

      Delete
    5. Dok saya mau tanya nih. Jenis javan owlet sama javan scoop owlet itu bagus yg mana yah???

      Delete
    6. Dok maaf banyak pertanyaan. Angjess sama equipment itu apa ya dok???

      Delete
    7. bagusan mana? hmm, tergantung. kalau menurut saya sih javan owlet lebih bagus... :D
      silakan mas search artikel saya istilah dalam memelihara burung hantu untuk tahu arti dari angklett dan jesse. equipt = perlengkapan, perlengkapan untuk memelihara owl dan bop... :)

      Delete
    8. menurut saya lebih bagus javan owlet, karena corak nya gak monoton

      Delete
    9. Saya kemarin liat liat kaskus owl, katanya memelihara burhan tak boleh sembarangan karena sekarang burhan sudah turun drastis populasinya hiks, jadinya kalau udh siap aja deh

      Delete
    10. @pelataran: itu balik lagi ke selera masing2, mas.. :)
      @reza: iya, denger2 sekarang emang populasi burung hantu, khususnya barn owl, anjlok. gak heran BKSDA nantinya bisa mendowngrade status barn owl... :(

      Delete
  10. Dok saya mau lihat fotonya si errol sama padma

    ReplyDelete
  11. Dok saya mau lihat fotonya si errol sama padma

    ReplyDelete
  12. Bu dokter, saya punya obay, keadaannya obay saya baru saya adob 1 minggu yg lalu, kira" tgl 09 sept 15, kaya nya si waktu saya keep keadaan obay saya masih fresh wc, soalnya saya beli di jati negara, dan sampai saat ini sudah saya keep selama 1 mingguan, dia tetap tidak mau makan kalo ngak di suapin(harus di deketin je paruh nya baru dia mau makan) waktu itu pernah saya kasih tiput, saya iket kaki si tiput di depan perch nya obay, tapi sampe pagi tiput itu masih utuh -_- ... apa yang harus saya lakuin supaya insting memburunya ada yah dok ? Apa harus di karantina ? (Semenjak adob sampe sekarang blom saya karantina)
    Tolong bantuannya yah bu dokter
    Thank's
    Salam Owlner

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan sampe saat ini masih masang defend kalo ke temu saya

      Delete
    2. kalau burung hantu wc memang harus disuapi. mending mas baca dlu artikel cara menjinakkan burung hantu dewasa.

      kalau baru manning 1 minggu, kurang mas. mas tau saya menjinakkan si errol berapa bulan? hampir 2 tahun alias 24 bulan. kesabaran kita bener2 diuji kalau mau serius memelihara burung hantu...

      Delete
    3. Waw berarti kalo masa penjinakan ga apa apa dok kalo di sodorin ke mulutnya, tapi apa gak apa apa kalo dia escape, ntar manja lagi

      Delete
    4. escape? istilah escape dalam memelihara burung hantu dan BOP berarti kabur ke alam (gak balik lagi). itu maksudnya mas?? atau maksudnya mas escape itu dilepas di dalam rumah?? kalo dilepas di dalam rumah/ruangan, itu namanya freeroom. bukan escape.

      kalau masih masa penjinakkan, emang harus disuapi agar dia kenal mau tangan masternya. kalau dia udah mau makan dari tangan masternya dan gak ragu lagi menyambar makanan, bisa dilanjutkan latihan selanjutnya... silakan baca cara melatih burung hantu...

      Delete
  13. Assalamualaikum dok .... mau taya, saya kemaren adop obay...kan udah seminggu..sekarang kog sering teriak2 ya.padahal hari pertama kedua diem..trus triaknya tu pas ada orang aja...kalo pas sepi diem...itu gag papa kn dok...mkasih sebelumya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah bagus mas kalau dia teriak2... itu artinya dia sehat....
      silakan baca kenapa burung hantu bersuara...

      Delete
    2. Ya mbak mkasih bget...tapi feses nya tu cair warna coklat trus ada sisa jangkriknya tpi dah hancur jangkriknya..ada putihnya juga tpi padat..gimna tu mbak???

      Delete
    3. kalau dia masih bersuara dan masih mau makan, kayaknya masih sehat. pastikan jangkrik yang diberikan sebagai makanan adalah jangkrik hidup ya mas. jangan jangkrik yang sudah mati. fatal akibatnya.

      dari feses gak ada masalah....

      Delete
    4. Obay saya sekarang nafsu makannya berkurang dok...kayaknya karena sering tag pindahin dari kerdus trus tag biarin di lantai...soalnya pas di kerdus tu triak2 tpi pas dilantai tu dah diem sama jalan2 pendek..tadi kog tom (namanya) mangap2 terus tpi pas tag kasih minum gag mau dok...

      Delete
    5. fesesnya gimana mas? silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      kalau dia mangap2, ruangannya kepanasan kali mas. coba pindahkan ke ruangan yang lebih adem.. :)

      observasi aja selama 4 hari ke depan. kalau belum ada perubahan atau nafsu makannya makin menurun, mending bawa ke dokter hewan aja. dikasih makan apa mas? pastikan jangkrik yang diberikan sebagai makanannya adalah jangkrik hidup, jangan bangkai jangkrik.

      sehat terus buat tom

      Delete
  14. Iyq dok...kalo dikasih minyak ikan gimana dok...ini masih triak2 tpi mkan nya mulai males...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih pakan hidup kayak bayi tikus, mas. taro aja bayi tikusnya deket ama dia. terus tinggal. jangan diliatin... :)

      Delete
  15. Mau kasih info dok ternyata tom gag mau makan kalo pas mau ngeluarin pelet tpi abis ngeluarin pelet mau makan lagi....maksih dok atas saran saranya...trus mau tanya dok...kn tom masih bulu kapas tpi dah mulai tumbuh bulu jarum...kan dia kalo triak kenceng bget...pertanyaannya besok kalo dah juve apa masih triak2...soalnya saya pernah baca kalo obay tu burung hantu yg silent jarang bersuara....
    Tadi pagi kan tom tag bawa ke kost ternyata triakanya ganggu tetangga kost trus tag bawa pulang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mas. sama aja, obay juga suka mengeluarkan suara juga kok. soal mengganggunya, hmm, emang iya sih agak ganggu, apalagi kalo sekitar kita nggak suka. saya juga ngerasain dulu, hehehe. pinter2 kita ngakalinnya aja. kalau saya dlu sampe beberapa kali pindah kosan.... :D

      bagus malah kalau owl suka bersuara. ciri owl yang sehat ya dia bersuara terus, mas. berarti tom sehat. mas bisa share gambarnya?ganti aja foto profile google mas pakai fotonya dia... :)

      Delete
  16. Oke dok...tom skrang udah banyak numbuh bulu nya jdi nya bulu kapas nya pada rontok....trus kog ada kyak ketombenya ya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia sering menggaruk2?
      itu normal kok kalau lagi mabung.... selama dia gak sering menggaruk2... :)

      Delete
  17. Gag sering sih dok...tpi aku takut nya bulu ato yg kyak ketombenya tu masuk hidung...dia kadang juga bersin...sekarng aku kalo ketempat tom(tag taroh di kmar kosong) pake masker soalnya bikin idung gatel...
    Hiya dok tadi kog tom tiba2 hising ya..padahal sebelumnya dari awal dateng gag pernah hising ... sekalian trimaksih banyak dok dah membimbing slma ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas mandikan. cara memandikan burung hantu sudah saya tulis artikelnya.. :)

      ikuti baik2 petunjuk di artikel itu...

      sebenernya sih mending bawa aja ke dokter hewan buat dicek. saya sih nebak kemungkinan ada kutu. tapi ini cuma tebakan saya aja loh ya. semoga aja saya salah... :)

      Delete
  18. Dok, kalo seumur chick boleh ngga makanannya di taburin tablet kalsium yang sudah dihaluskan ? Untuk obay yang masih chick(baru buka mata) boleh langsung dikasih jangkrik hidup ? Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Dok, kalo seumur chick boleh ngga makanannya di taburin tablet kalsium yang sudah dihaluskan ? Untuk obay yang masih chick(baru buka mata) boleh langsung dikasih jangkrik hidup ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. powdering? boleh.
      obay yang masih chick bisa langsung dikasih jangkrik hidup. kaki belakangnya yang tajam potong dlu.. :)

      Delete
    2. Maaf dok, kayaknya burhan saya masih baby, belum chick, itu apa boleh dikasih jangkrik hidup ? Terimakasih

      Delete
    3. iya boleh. kalau bagusnya sih kasih bayi tikus putih berukuran kecil. yang masih bayi banget... :)

      Delete
    4. Susahnya nyarinya dok, jarang orang ada jual, terimakasih untuk semua jawabannya dok.

      Delete
    5. Susahnya nyarinya dok, jarang orang ada jual, terimakasih untuk semua jawabannya dok.

      Delete
    6. Susahnya nyarinya dok, jarang orang ada jual, terimakasih untuk semua jawabannya dok.

      Delete
    7. oke. :)

      kabari saya jika ada yang perlu ditanyakan. :)

      Delete
  20. Dok, hewan sejenis burhan gitu, mengenal partner/ownernya dari apa ya dok ? Penglihatan/penciuman ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih ke pendekatan secara personal. makanya ada owl yang jinak ke owner lamanya, begitu dijual, ganti master, dia bisa galak lagi ampun2an. tapi saat ketemu ownernya yang lama, dia bakalan jinak lagi. begitu mas.

      makanya manning itu penting untuk menjinakkan burung hantu. juga pendekatan secara batin. ajak ngobrol sambil liat matanya dia. :)

      Delete
  21. Dok mau nanya....tom kn sekrang udah juve awal dh bisa terbang,,tips mlatihnya gimana dok...tag coba fof ditangan tu kdang mau kdang gag...niatnya dilatih biar bisa brburu sendiri..mkasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tom itu burung hantu ya? soalnya ada 4 orang yang namanya tom, huehehehe... bingung saiah... :D

      silakan baca artikel saya cara melatih burung hantu.

      jangan terlalu memaksakan agar dia bisa berburu sendiri, mas. yang penting kedekatannya... :)

      Delete
  22. Dok kalo burung hantu dksh mkn lele bisa nggak

    ReplyDelete
  23. Dok kalo burung hantu dksh mkn lele bisa nggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak kurang cocok sih kalau lele... mending jangan...
      untuk referensi, silakan baca artikel saya ikan sebagai makanan burung hantu

      Delete
  24. Tetelo pda owl itu maksudnya apa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengobati tetelo pada burung hantu :D

      Delete
  25. Kalo yang jual musang di samarinda dimana ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kurang tau.
      mas cari aja di grup jual beli musang kalimantan.. :)

      Delete
  26. Udh dpt ni dok musangnya
    Baru bljr makan !!!

    Yg saya tanyakan gmna cara belajarin dia minum ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur berapa mas? :)
      taro aja tempat minum di kandangnya. bisa kasih sari kurma, campur dengan air minumnya. biar nafsu makannya bagus... :)

      Delete
  27. 1,5 bulan dok. Musang tumbuh gigi nya pda umur brpa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang mulai tumbuh gigi pada usia 4 hingga 6 minggu.... :)

      Delete
  28. 1,5 bulan dok. Musang tumbuh gigi nya pda umur brpa ya ?

    ReplyDelete
  29. Minyak ikan yg pack nya kaya vitamin rambut itu beli nya dmna yah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. toko bahan bangunan, mas.
      hahahaha. becanda. cari aja di toko obat atau beli toko perlengkapan hewan/kucing... :)

      Delete
  30. Dok obay saya sering hunting ular . Itu gak papa kan ?

    ReplyDelete
  31. Replies
    1. ada kayaknya. :)

      soal karakter musang yang sering gigit2 kecil udah saya buatkan artikelnya cara membaca bahasa tubuh musang...

      Delete
  32. Dok muspan saya sering jilat2 tangan n gigit2 kecil.. Pas saya browsing ke mbah google katanya itu karna udh akrab.. Betulkah ?? :)

    ReplyDelete
  33. Kalo minyak kemiri beli ny dmna dok
    Maaf banyak tanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2 mas. seneng kok bisa bantu2. :)

      di toko2 kosmetik terdekat biasanya ada. atau kalau mau, saran saya pakai minyak kemiri momara. ada artikelnya kok. silakan cari artikel merk minyak kemiri yang bagus untuk musang....

      Delete
  34. Dok cara hilangin sisa makanan yang menempel di bulu musang gimana yahh ??

    ReplyDelete
  35. Dok baby muspan saya klo kencing keluarnya cuma setetes2 doang.. Itu knp ya dok ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih baby wajar kok begitu... :) selama fesesnya bagus, masih bisa dibilang sehat...

      Delete
  36. Kan dia kasih makan pisang, Terus kalo pup ada kaya rambut nempel di fesesnya.. Yang kaya rambuy itu apa ya dok ??

    ReplyDelete
  37. Kan dia saya ksih makan pisang. Nah di fesesnya itu ada kyk rambut kecil2 yang menempel.. Itu apa ya dok ?? Apakah CACING ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. warna apa mas?
      hmm, bisa aja sih cacing. saya sendiri gak bisa menentukan apakah itu cacing atau bukan karena tidak melihat langsung. bisa mas foto fesesnya?

      setau saya, cacing musang itu warnanya transparan atau agak kemerahan. apakah sama kayak gitu mas?

      kalau mas worried, mending bawa ke dokter hewan aja.

      saya tunggu kabarnya

      Delete
  38. Di daerah sy gk ada dokter hewan dok.. Sy tinggal di perkampungan, Iya nnti saya foto fesesnya :)

    ReplyDelete
  39. Dok mata musang saya bisa mencerminkan benda2 yg dilihatnya.. Apakah itu tanda2 katarak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya mencerminkan barang2 gimana?

      yang pasti kalau katarak itu matanya berubah warna jadi putih atau burem.... silakan baca artikel cara mengobati katarak pada musang..

      Delete
  40. Dok kan rata2 mata musang kan kaya mata kucing gitu.. Ada garisnya!
    Nah kalo musang saya matanya cuma hitam gitu doang.. Itu gkpp kah ??

    ReplyDelete
  41. Dok muspan saya didekat kelamin nya bulunya rontok .. Itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
  42. Pas saya perhatikan trnyata dia jilatin kelaminnya hingga bulu ny ke ikut juga !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. parah gak rontoknya, mas?

      kondisi kandang gimana? bersih?

      coba aja observasi selama 3 hingga 4 hari ke depan. jangan lupa jaga kebersihan musangnya. oke? :)

      Delete
  43. Nggak saya taruh di kandang dok.. Saya ditaruh di kardus.. Soalnya kalo ditaruh dikandang dia panjat2 kandangnya.. Pengen keluar terus.. Gimana ya caranya supaya dia tenang kalau ditaruh di kandang ?? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya udah, di kardus juga gak apa2.
      malah bagus kalau gak dikandangin, taro di perch aja... :)

      Delete
  44. Cara supaya dia anteng di kandang gimana dok ??

    Soalnya dia udh bisa manjat kardusnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering2 aja ajak main.
      kalau secara naluri sih kayaknya susah untuk membuat burung hantu diam di satu tempat. namanya juga makhluk hidup, mas. hehehehe. apalagi macem burung hantu yang emang sifat dasarnya gak mau diatur dan berontak... :)

      Delete
  45. Bukan burung hantu dok tapi musang ! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh. hahaha. maaf lagi salah focus. :))
      abisnya mas komennya di post mengenai bay owl sih. makanya saya kira owl. mending pindah kamar aja mas ke post yang mengenai musang... :D

      sebenernya sih sama aja sih mas. musang juga gitu. kalau secara naluri sih kayaknya susah untuk membuat musang iam di satu tempat. namanya juga makhluk hidup, mas. hehehehe. apalagi macem musang yang emang sifat dasarnya gak mau diatur dan berontak... :)

      Delete
  46. Oke pindah ke post Cara Memelihara Musang Pandan aja dok

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Selamat pagi dok.. mau nanya nih,saya punya Bay Owl baru seminggu,masih saya taruh di cage kucing yg lumayan besar.apa itu gapapa dok ? soalnya mau dipakein tali yang di kakinya itu susah,soalnya dia masih suka gigit dan ngerasa terancam (Sayap dilebarin) kalo liat saya,, terus untuk makannya saya selang seling.sarapan daging sapi,terus malam saya kasih jangkrik 10 ekor.. saya kasih makannya pake sumpit biar ga kena gigit :v gapapa kah dok ? terima kasih atas jawabanya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada ruangan yang gak terpakai misalnya gudang, mending jangan di cage, mas. kasian.

      umur barn owlnya udah tua ya? bukan bulu kapas/anakan, bener? mas udah berpengalaman pelihara owl? :)
      sebenernya untuk pemula, disarankan jangan langsung pelihara barn owl, coba yang mudah dulu kayak celepuk atau oriental bay owl. kalau toh misalnya mau pelihara barn owl, pilih yang anakan yang lebih mudah dijinakkan. kalau udah dewasa, agak susah emang. bukan gak bisa jinak ya, tapi emang butuh kesabaran.... :)\

      untuk makanannya, udah oke. mungkin jaga agar daging yang diberikan bebas bahan kimia dan usahakan masih fresh, bukan bekuan. kalau toh misalnya dibekuin, diemin dulu di ruangan sampe gak beku dan gak dingin lagi... :)

      silakan baca artikel saya cara memelihara barn owl.. :)

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  49. Lho iya dok ,Bay Owl .. bukan Barn owl hehe .pas beli sih katanya umur masih 5 bulan dok.. kecil kok..
    ada gudang sih dok paling cuma ukuran 1.5m2 ,dan itu udah pengap sesak sama perkakas.. terus dia kalau malam suka nabrakin diri ke cage nya dok,, kasihan saya.. tapi kalo dikeluarin takutnya escape soalnya di rumah ada lubang2 ventilasi yang lumayan lebar buat dia keluar.kaya gitu gimana baiknya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya. kirain barn owl, hehehe.
      hmm, agak susah juga kalau kasusnya kayak gini. kalau lubang ventilasinya ditutup dlu, gimana?

      atau mas bikin owlbox sederhana aja dari kardus bekas yang besar, bekas kulkas atau bekas tv. jangan yang kecil ya, kasian. kasih tangkringan di dalem owlboxnya, lalu salahsatu sisinya mas coak buat jalan keluar dan masuk owlnya (bisa dibuka tutup)... lalu owlboxnya mas taruh aja di kamar... oh iya, alasi owlboxnya pake koran bekas biar gampang dibersihkan.

      Delete
  50. Gak mungkin kayanya kalo di tutup dok.. soalnya ada banyak ,dikamar juga ada lubang ventilasi yang sama.
    nah kalo misal saya mau kasih anklet ,cara pasangnya gimana ya ? soalnya kan dia masih galak.di elus aja kadang pasang defense position.. mohon petunjuknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia masih galak, jangan pake angklett dulu mas. dia malah makin gak percaya sama masnya nanti... malah kemungkinan besar dia stress... :)

      bikin owlbox aja mas. silakan baca artikel saya tentang owl lainnya... :)

      Delete
  51. Replies
    1. saya tidak membuka jalur komunikasi lain selain via komentar di blog mas :D

      Delete
  52. Halo dok, salam kenal..
    Saya termasuk pemula sebagai Master BOP, sblmny g sengaja nemu BO (Sweetzel) yg nangkring lemes di tali jemuran & sayapnya lunglai sebelah.
    Setelah semingguan dirawat dan ditaro di free room, sweetzel berhasil escape lewat ventilasi yang padahal udah ditutupin pake styrofoam, yg mana styrofoamny dipatokin sampe kebelah 2.. :D
    Setelah sweetzel escape, 2 minggu lalu mutusin buat adopt Obay (Goldy) karena minim pengalaman owl.
    Dapet si Goldy dari penjual di pasar burung dok, yang jual juga ga tahu jenkel apa & usia brp, liat dari karakternya sih WC tapi udah semi jinak,dari seller uda dipasang anklet asal2an dari kawat yg dilapis selang aquarium.
    nyampe rmh lgs masuk kardus selama 3 hari, tiap sore 2 ekor burung peking hidup saya masukin ke dalem kardus, paginya ditengok udah ngga bersisa.
    Si Goldy udah mau FOF juga dok, malah sempet saya rekam juga waktu dia nglahap burung peking utuh.
    Beberapa hari lalu saya coba kasih jangkrik FOF juga, dia mau makan dan lahap banget, sampe habis lebih dari 15 ekor.
    O iya dok, anklet rantai dari seller udah saya ganti equip khusus buat BOP. Selama ini juga feses normal sesuai artikel dokter, maklum selama ini jadi silent reader :D
    Yang mau saya tanyakan :
    1. Si goldy walaupun sudah mau FOF tapi kadang kalo saya samperin masih suka hissing & clicking. Kadang juga langsung masuk n ngumpet ke dalem kardus yg dulu dipake buat karantina dia kalo saya intip ke dalem dia hissing clicking juga, apakah normal?
    2. Setelah dikasih makan jangkrik si goldy jadi ga doyan burung peking ya dok? Dulu begitu disodorin burung peking langsung disamber tapi sekarang ga mau..
    3. Dia sering gigitin ankletnya, baiknya saya lepas ato biarin dia terbiasa ya dok, soalnya dulu dia pas dari seller juga uda dipakein anklet walopun abal2..
    Makasih sebelumnya dan mohon maaf kalau deskrispi dan pertanyaannya panjang & banyak, maklum masih pemula & ga pingin salah treatment buat si Goldy. Salam kenal juga buat Errol & Padma ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya, maaf karena komentar mas sempat terlewati oleh saya. saya coba jawab ya mas.
      1. perlu waktu lama agar owl gak clicking dan hissing lagi. silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu.
      2. kadang emang seperti itu. mungkin di alam dia lebih sering makan jangkrik. kalau jenis burung lain kayak burung puyuh anakan (yang minim bulu), dia mau? coba aja kasih.
      3. menurut saya sih kalau dia belum terlalu jinak dan belum terbiasa, jangan dipasangi angklett dulu, mas. biar dia lebih percaya sama masnya.
      yang pasti, keyakinan dan lawan rasa takut adalah hal utama dalam menjinakkan burung hantu. apapun burung hantunya. jangan menganggap mereka sebagai peliharaan seperti kucing, karena mereka gak akan suka. anggap mereka teman, partner.

      udah coba taruh owlnya di kamar mas dan biarin dia liat mas lagi tidur? itu ampuh buat bikin owlnya jinak...

      sekali lagi, maafkan saya karena komentar mas terlewati.... kabari saya mengenai goldy ya mas... :)

      Delete
  53. dok, ada artikel tentang cara dan bahan membuat equipment owl?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa artikel cara membuat equipment owl di blog ini seperti cara membuat perch dll... :)

      Delete
  54. Bu dokter , saya mw konsultasi .gini dok saya dikasih burung hantu jenis bay owl tapi saya lihat disayapnya itu ada bekas luka tembak.terlihat sayapnya itu udah melambai terlihat patah.gimana dok cara merawatnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bekas lukanya masih berdarah? kalau iya masih berdarah, mending dibebat aja pakai perban.
      nafsu makannya gimana?

      mending fokus ke perawatan sayapnya. dan selama nafsu makannya bagus dan matanya gak sering merem, saya kira dia masih sehat meski makannya luka... :)

      Delete
  55. Justru itu udah 2hari nih g makan apa2..dikasih jangkrik juga g mw.digigit dilepasin lagi.gimana nih dok ? Trus saya lihat dibawah sangkarnya terdapat "peletnya".tandanya apa dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      juga, coba kasih pakan lain, bagusnya kasih bayi tikus yang masih merah. taruh aja deket kakinya, terus tinggalin..... :)

      setelah pelletnya keluar, dia mau makan nggak mbak?

      udara lagi gak bagus buat owl, mending pindahin ke ruangan yang agak hangat. usahakan makan, kasih makan. :)

      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  56. Feses nya murung trus . Klo dibuka tutup kandang nya suka ngepakin sayap .tetep bu dokter setelah peletnya kluar dy tetep g mw makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lukanya gimana? dah mendingan? kayaknya sih karena luka di sayapnya. kalau saya sarankan, mending bawa ke dokter hewan terdekat biar dikasih penghilang rasa sakit.

      kalau mau, gini aja. mbak beli paracetamol 500mg di apotik, potong 1 tablet jadi 5 bagian sama besar, lalu satu bagian ditumbuk, campur dengan 2 sendok makan air, lalu minumkan ke owlnya tiap pagi dan sore.

      saya gak jamin sembuh soalnya paracetamol hanya untuk pereda nyeri aja. bagusnya mending mbak bawa ke dokter hewan terdekat... :)

      Delete
  57. Dok, sayap bay owl saya udah agak bsa terbuka lebar tdak lgi terlihat lunglai.cuma makannnya dok blum banyak. Apa emang induk bay owl tidak suka jangkrik ? Bayi tikus blm ada dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bay owl harusnya bisa kasih makan jangkrik aja. coba aja kasih jangkrik terus. jaga agar owlnya gak kedinginan ya mbak, karena cuaca lagi gak bagus buat owl. maaf baru balas, saya sedang sakit saat ini. kasih saya kabar lagi.... :)

      Delete
  58. Hallo dok,
    makasih buat jawaban pertanyaan sebelumnya, si goldy sekarang dah lumayan jinak, udah gak hissing & clicking, udah lumayan betah juga klo nangkring di gloves gak sering terbang2 cari tangkringan lain.
    Si goldy rada ngga sehat kayanya dok, kemarin dia saya taroh di pohon mangga lebat, pikirnya biar ga bosan di dalam kamar terus ternyata hujan deras dan dia kehujanan dok.
    beberapa hari ini gelagatnya seperti berusaha muntahin sesuatu, dia masih mau makan tetapi 3-4 jangkrik pertama yang udah ditelan dimuntahkan lagi. Semalam setelah muntah cairan warna cokelat pekat baru dia bisa makan normal lagi. Paruhnya juga terlihat kering, suara nafasnya juga seperti pilek gitu dok.
    Penanganan awal gimana ya dok, rencana saya mau bawa ke vet tapi saya juga udah 2 hari ini masih bedrest, blm jadi bawa si goldy ke vet.
    Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduuh, kenapa sampe keujanan mas? :(
      kayaknya sih dia kena hipoterm, kedinginan. agak bahaya sebenernya, tapi saya harap goldy bisa bertahan. jaga agar dia tetep hangat, dan kalau mau, mas bisa kasih goldy vitahawk. jaga juga pola makannya ya mas...

      masnya lagi sakit? goldy bisa ngerasain kali kalau masnya lagi sakit. makanya dia ikut2an sakit. errol dan saya juga gitu, kok.... kadang kalau saya lagi pms juga dia yang uring-uringan, hehehe.... udah terlalu bonding ya begini ini efeknya... :D

      Delete
  59. cuaca lagi ngga bisa ditebak dok, saya kecolongan. baru 1/2 jam ditaro di pohon trus ditinggal keluar tau2 ujan deres. uda langsung saya handukin sampe kering sehabis kehujanan. sampe hari ini dia masih aktif dok, kalau saya taro di perch yg di halaman rumah dia terbang kesana kemari, cuma sering kalau dia habis terbang2 gitu n kecapekan napasnya terengah2, mulut terbuka sambil lidah menjulur. Di lidah dan beberapa bagian dalam mulut warnanya pucat dan ada beberapa bercak hitam dok. saya pernah coba seka bercak hitamnya pakai cotton bud tapi tdk bisa hilang.
    iya dok, kondisi saya lagi drop dan masih recovery. ya semoga aja emang efek bonding dan goldy bisa segera sehat lagi. apakah goldy bisa saya kasih minyak ikan dok? Bisa juga kasih referensi dimana saya bisa dapat vitahawknya?

    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. vitahawk bisa dibeli di toko perlengkapan burung.
      coba mas baca artikel saya cara mengobati frounce pada burung hantu. dan kalau ada matahari, jemur aja beberapa menit... :)

      Delete
  60. dok, kalo sebesar yg di foto atas itu usia berapaa ya kira2? da a 2 bulan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sekitar 4 bulanan. gak lebih dari 6 bulan... :)

      Delete
  61. Siang dok.mau nanya nih.saya kemarin baru adopsi obay juve.namanya bubuu...dr kemarin sampai dirumah saya kurung didlm kandang anjing berukuran lumayan gede dan saya sarungin kandang nya saya temoatkan digudang dan lampu saya matikan dan tnp equipment.sekarang sudah berjalan 1 hari.namun ketika saya ingin memberi pakan dia lsg mengepakan saya dan mengeluarkan suara atau tanda seperti waspada.dan saya beri pakan potongan ayam mentah.dan tinggalkan minum.mohon saran nya dok apakah ada kesalahan atau kekurangan.makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah pakai daging ayam. pakai jangkrik aja. :)
      mbak emang niat pelihara yang juvenile? karena emang kalau yang juvenile ya kayak gitu, dia agak susah jinaknya. saya gak bilang gak bisa jinak loh ya, karena dulupun saya dapet si errol, burung hantu barn owl saya, dia udah tua. usia setahun lebih. tapi toh sekarang bisa bonding sama saya...

      cek fesesnya, karena burung hantu sehat bisa dilihat dari fesesnya. ada kok artikelnya, paramter kesehatan burung hantu.

      silakan baca2 dulu artikel2 saya tentang burung hantu lainnya. kabari lagi. :)

      Delete
  62. Iya dok ni udh saya ksh jangkrik disuapin mau juga.tp daging ayam mentah mau juga.brati ckup jangkrik saja ya.nanti saya baca article mengenai fesesnya.sekarang sudah hari ketiga karantina.sudah bsa di pindah ke perch blm ya doc sm dipakai angkletnya?kondisi nya sekarang aktif bgt dan sudah mau disuapin pakan nya.
    Mksh dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah, saya ikut senang. cukup jangkrik aja kok makanannya. dan mas udah bisa tempatkan dia di perch.

      ingat, jangan sampe telat makan. sama jangan kedinginan. itu aja pantangannya. kabari lagi. :)

      Delete
  63. Sore dok.maaf bru bls lg.
    Sudah di perch kok bubuu nya.
    Utk makan nya msh terjaga.posisi nya perch saya digarasi rumah ckup luas sih.mksh dok.

    ReplyDelete
  64. Malam dok.sory ni bru ngabari lg.mau nanya nih dok.si bubu kan kt dokter pakan nya jangkrik saja.sampai hri ini kl diksh jangkrik tetep mau nya sperti di lokoin gtu dok.mksdnya bner bner disuapin tangan nya msk kedlm paruh nya.kl jangkrik nya ditaro ditangan trus disodorin hanya dipatok ga smpe kemakan.mlh jangkrik nya mati.jd smpe hari ini msh diloloin kl makan jangkrik.nah udh 2 hari ini saya ksh mencit.anak tikus putih.nah baru deh dr tangan lsg di santap mencitnya.kmaren pertama kali makan mencit sehari 3 ,pgi 1 mlm 2 siang jankrik..dan hri ini udh makan mencit 4 ,pgi 2 mlm 2 siang jangkrik.yg mau saya tnya apakah gpp?dan brp takaran pas nya kl pakan nya mencit.mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus kalau gitu. :)
      untuk porsi makan burung hantu, udah ada artikelnya :)
      cek aja... :)

      Delete
  65. selamat sore dok, langsung aja ya dok, saya punya oriental bay owl namanya mondi brancher akhir udah bisa terbang udah fttf juga baru 15 meter outdoor tapi cuman malam hari, kalo pagi atau sore cuman mau di dalam rumah soalnya setiap kali saya trainn di luar ruangan pas sore atau pagi dia kaya yang takut, mata nya sipit trus badanya goyang2, paling mau jttf doang itu juga butuh waktu hampir setengah jam dok, padahal sering di manning di outdoor hampir satu bulan lebih tapi belum ada perubahan masih aja goyang2 kalo di bawa keluar ruangan, kira2 butuh berapa lama yah dok buat bisa trainn mondi di pagi sore outdoor agar respons nya joss, soalnya kalo malem takut ganggu tetangga karna suara saya manggil nama mondi,

    thanks..

    ReplyDelete
  66. selamat sore dok, langsung aja ya dok, saya punya oriental bay owl namanya mondi brancher akhir udah bisa terbang udah fttf juga baru 15 meter outdoor tapi cuman malam hari, kalo pagi atau sore cuman mau di dalam rumah soalnya setiap kali saya trainn di luar ruangan pas sore atau pagi dia kaya yang takut, mata nya sipit trus badanya goyang2, paling mau jttf doang itu juga butuh waktu hampir setengah jam dok, padahal sering di manning di outdoor hampir satu bulan lebih tapi belum ada perubahan masih aja goyang2 kalo di bawa keluar ruangan, kira2 butuh berapa lama yah dok buat bisa trainn mondi di pagi sore outdoor agar respons nya joss, soalnya kalo malem takut ganggu tetangga karna suara saya manggil nama mondi,

    thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok, dulu juga errol kayak gitu. latihan aja terus, manning terus. jarang mas ajak ngobrol ya? :)

      mas kasih makan apa mondi? :)
      coba kasih bayi tikus yang masih merah, biar instingnya tumbuh.

      kabari terus

      Delete
    2. hehe iya sih dok soalnya saya sibuk kerja juga, emg beneran beda juga yah tingkat kesulitan memelihara owl, pertama adopsi celepuk dapet dari tetangga bulu sayapnya di gunting karna saya kasihan jadi saya beli aja dan sekarang alhamdulillah udah tumbuh bulu lagi setwlah saya paksa mabung tinggal ngelatih ke pd an nya buat terbang jauh aja, hehe jadi curhat,
      di kasih tiput dok yang ukuran medium sama jumper,
      ouh gitu ya dok, oke deh. makasih dok saranya.

      Delete
  67. Dok klo oriental bay dikasih daging itu porsinya segimana? Terus katanya klo kebanyakan jangrik bisa mencret ya dok?
    Mohon penjelasannya dok makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru yang bagus adalah kasih jangkrik. saya nggak tahu darimana mas dapet keterangan kalo ngasih jangkrik ke orintal bay owl bisa bikin bay owlnya mencret... :)

      Delete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. selamat siang dok, maaf melenceng saya nemu bayi kucing kira2 umurnya baru 8 hari di tinggal mati induknya, kiten ini lemes banget di kasih minum susu gamau masuk ke perut malah keluar lewat hidung saya udah beli dot sama susu husus kiten, bagaimana cara ngatasinnya dok, maaf melenceng soalnya darurat, saya ga tau dokter hewan di daerah purwakarta di mana. mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru bales. sekarang gimana mas keadaan kucingnya?
      coba minumin aja susu pakai dot khusus kitten yang udah dibeli, mas. pelan2 aja kasihnya, taro susunya dikit aja di dalem dotnya... :)

      Delete
  70. udah meninggal dok :'( saya telat harusnya langsung saya bawa ke dokter hewan berhubung saya ga tau dokter hewan di purwakarta

    dok mondy (obay) saya kotoranya item semua putihnya dikit cairanya gak bening bau banget, masih aman ga dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. :(
      udah berapa lama meninggalnya mas? :(

      jaga kebersihan makanan, dan coba kasih super-n aja si mondy. beli super n di tukang makanan burung, biar daya tahan tubuhnya bagus. biasa dikasih makan apa?

      jangan ditaro diluar kalau malam atau kalau cuaca lagi gak bagus. kedalamin. :)

      Delete
  71. dok saya mau nanya..kok oriental bay saya merem terus ya dok, trus sambil naikin satu kakinya, apa ini gejala sakit dok? klo makan trus saya juga belum begitu mengerti caranya tau kesehatan burhan dari fesesnya, trimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya ada kayak gumpalan putih, terus ada hitamnya tapi terpisah-pisah

      Delete
    2. masih mau makan?
      coba masnya baca artikel parameter kesehatan burung hantu, di sana ada caranya biar tau kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      tetep kasih makan, dan kalo malam, jangan ditaro diluar. kedalemin. karena cuaca lagi gak bagus... :)

      Delete
    3. skrng mau dok, saya kasih daging ayam, masih lincah dok klo menurut saya.. soalnya liar dapetnya udah mature dok,, saya juga udah mlakukan manning akhir2 ini,, kira2 manningnya berapa lama yaa dok biar dy jinak? apa sudah boleh saya kasih ankjess dan tak taruh di perch? soalnya masih saya taruh di kardus.. trimakasih dok sebelumnya

      Delete
    4. oh syukurlah kalau dia udah mau makan.:D

      terus aja lakukan manning, soal berapa lama menjinakkannya, silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu. gak usah dikasih angjess dulu, nanti aja. sementara buat dia nyaman dulu. bisa ditaruh di perch, tapi kalau dia gak mau, gak apa2. taruh aja di dus. :)

      udah baca artikel parameter kesehatan burung hantu? :)

      kabari terus ya mas. silakan baca2 dulu artikel saya di sini... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.