Perbedaan Jinak Dan Bonding | Drh. Fira Sovica

Seperti yang pernah saya tulis di cara agar sugar glider bonding, jinak dan bonding pada sugar glider dan musang adalah hal yang samasekali berbeda.

Perbedaan jinak dan bonding

kerap kali mengecoh mereka yang baru memelihara sugar glider dan musang. Mereka menganggap bonding adalah bahasa lain dari "jinak", padahal jinak dan bonding adalah hal yang berbeda.
Perbedaan Jinak Dan Bonding
Image taken from islandsugargliders.com
  • seekor sugar glider atau musang disebut jinak jika ia tidak lagi menggigit manusia yang memegangnya. Ia tidak lagi crabbing saat dipegang.
  • sedangkan, seekor musang atau sugar glider dikatakan bonding apabila ia sudah percaya 100% kepada ownernya. Ia tidak lagi menggigit, tidak crabbing, tidak segan-segan untuk tidur di telapak tangan pemiliknya, dan tidak kabur saat dilepas di dekat pemiliknya.
Dari arti jinak dan bonding diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa bonding sudah berarti jinak, tapi jinak belum tentu bonding. Seekor sugar glider disebut bonding jika ia tidak lagi mencoba kabur saat dikeluarkan dari kandangnya.
Demikian adalah

bedanya jinak dan bonding

Semoga artikel diatas bisa menjadi penambah wawasan anda dalam memelihara musang dan memelihara sugar glider. Kritik dan komentar serta konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

15 Responses to "Perbedaan Jinak Dan Bonding"

  1. Selain jinak dan bonding, ingin sugar glider anda menjadi gemuk dan montok? Berikan makanan tambahan bergizi tinggi, protein tinggi. Berikan MARKEL, praktis, lebih higienis mudah di cerna dan teruji kandungan nutrisinya

    Makanan tambahan supaya Sugar Glider jadi montok

    Extra fooding MARKEL, solusi cerdas untuk sugar glider kesayangan anda

    ReplyDelete
  2. Kalo tanda2 bonding pada CG ke ownernya gmn dok...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saja, kalau cg saya sendiri belum pernah handle.
      keluarga saya memang keluarga falconer, tapi semuanya mainannya bwk ama alap-alap. sementara saya sendiri lebih seneng maen owl, mas. mungkin mas bisa baca artikel saya tentang imprint pada burung hantu, bsa disearch di menu cari artikel. :)
      kurang lebih sama dengan cg karena bwk dan alap2 pun sama seperti itu. CMIIW. :)

      punya partner apa mas? :)

      Delete
  3. Dok kalo misal musang dah gak brontak klo qta pgang,trus sring tdur n naik k pundak qta,tpi sring bgt gigit bcanda..ngajak main,itu bisa dikatakan bonding gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka nyamperin mas kalau mas lagi duduk atau baru pulang? kalau udah, bisa dikatakan bonding. dia sering tidur kalau di pankuan mas? kalau iya, udah dikatakan bonding. dia sering ngikutin mas kalau mas jalan? kalau he-eh, bisa dikatakan bonding,...

      Delete
  4. Dok, untuk kasus reptil sama gak kek mamals untuk bonding sma jinak?
    Res saya kalo dipanggil nyamperin, ngikut jalan juga gak gigit tapi kalo ditaro tangan kek nyakar pengen turun. Itu termasuk bonding/jinak?

    ReplyDelete
  5. Dok, saya mau tanya, saya pelihara sugar glider, bisa dikatakan sudah bonding, suka tidur di tangan saya, suka diam di pundak saya dan terkadang manja hanya terdiam di tangan saya. Namun saya mau tanya, kenapa ya kadang2 dia seperti sugar glider liar? jika saya lepas di dekat saya, dia malah melarikan diri ketempat lain dan lebih sering ketempat yang lebih gelap atau di pojokan rumah yang susah dijangkau tangan. itu kenapa ya dok? jadi karakternya terkadang berubah-ubah, apakah dia bosan atau kenapa ya dok?
    Thank you :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, iya. kadang ada karakternya moody kayak gitu. mood-moodan kalo kata orang. wajar kok karena masing2 sugar glider punya karakter dan sifat masing2.... :)

      Delete
  6. Dok, saya mau nanya. Sg saya udh gak crabbing, tdurnya udh bisa aneh2 di tangan saya, bisa sambil telentang juga. Nah tapi dilepas, sg saya masih suka kabur2an gitu di kamar, gak nempel sm saya. Itu artinya apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya dia belum terlalu kenal/bonding sama mbak.. gak apa2, lanjut lagi perawatannya... :)

      kabari terus, dan maaf karena baru balas...

      Delete
  7. Dok mau tanya..

    Yg di sebut dalam istilah jitot tuh kaya apa si?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang, jangan sedih. bukan mas aja yang bingung sama istilah jitot alias jinak total, karena sejinak-jinaknya musang, dia pasti tetep gigit...

      mungkin mas bisa gabung ke komunitas pecinta musang dan nanya jitot itu maksudnya apa. karena setahu saya sih namanya musang gak ada yang namanya 'jinak total'... :)

      Delete
  8. Dok sya mau nanya,sya kan punya sg udah bisa tidur ditangan tapi sg saya suka jilat" tangan saya itu artinya apa yaa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya. bahasa tubuh sugar glider dan artinya...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.