Tuesday, June 3, 2014

Membuat Perch Sendiri | Drh. Fira Sovica

Cara

membuat perch

/ tangkringan untuk bop atau burung hantu cukup mudah dan murah. Tidak perlu membeli tangkringan burung pemburu, anda cukup mempersiapkan bahan-bahan sederhana berikut untuk membuat perch portable yang bisa dipindahkan. Bagi anda yang mau belajar memelihara celepuk, anda bisa membaca cara memelihara celepuk. Dan bagi anda yang ingin memelihara barn owl, silakan membaca cara memelihara barn owl.
Membuat Perch Sendiri
Image taken from kaskus.co.id
Nah, bagaimana cara membuat perch untuk tangkringan burung hantu? Berikut adalah cara membuat perch sederhana untuk burung hantu atau burung pemburu.
  • Bahan membuat perch sendiri:
    1. pipa pvc berukuran kecil.
    2. penyambung pipa pvc letter T.
    3. penutup pipa pvc berukuran kecil.
    4. kaleng cat bekas ukuran sedang.
    5. adukan semen dan pasir.
    6. tali komando pramuka, bisa dibeli di toko perlengkapan pramuka atau toko buku.
  • Cara membuat perch sendiri:
    1. potong dan susunlah pipa pvc dengan sambungan pipa pvc sehingga membentuk pipa beralur letter T. Anda bisa memberikan sedikit lem power glue di sambungan pipa tersebut. Pasang penutup pipa pvc di kedua ujung "sayap" tangkringan perch, dan lekatkan juga dengan lem power. Setelah pipa tersambung membentuk letter T, sisihkan sambil dijemur agar lem di sambungan pipa mengeras.
    2. setelah lem di sambungan pipa pvc letter T mengeras, siapkan adukan semen dan pasir serta kaleng cat berukuran sedang. Masukkan adukan semen dan cat ke dalam kaleng cat, lalu tancapkan pipa letter T di dalamnya dengan posisi tangkai bawah pipa pvc letter T berada dibawah (bagian yang ditancapkan). Tahan posisi pipa letter T dengan menggunakan 2 buah balok kayu, dan jemur perch setengah jadi tersebut dibawah sinar matahari hingga adukan semen yang digunakan sebagai dasar perch mengeras.
    3. setelah mengeras, uraikan tali komando yang sudah disiapkan lalu lilitkan tali tersebut di kedua sayap tangkringan perch hingga menutupi semua permukaan pipa pvc (lihat gambar). Ikat dengan kencang ujung tali komando dengan kencang agar tidak lepas. Perch untuk bop atau perch untuk burung hantu buatan sendiri siap digunakan.
Demikian adalah

cara membuat perch sederhana

buatan sendiri. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam membuat perlengkapan memelihara bop atau memelihara burung hantu. Saran dan kritik bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

229 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 229   Newer›   Newest»

permisi mbak,saya mau tanya tali komando pramuka it digunain sbg apa yaa???
itu utk iket kaki burhan nya????
saya baru mw nyoba miara burhan,lg proses minta ijin ortu,jd selagi nunggu ijin mw nyiapin fasilitasny dulu...hehehehehe ^^

buat dililitkan ke perchnya. biar si burung hantu bisa mencengkram perchnya dengan sempurna dan tidak terpeleset... kalau buat iketan burung hantu, bisa beli yang khusus iketan burung hantu mbak. biasanya dijual satu paket.
oh ya, silakan. bisa nanya2 nanti kalau mau pelihara. ada salam dari burung hantu saya si errol..... dia baru pulang tadi jam 5 subuh abis berburu, sekarang lagi tidur... :D

misi dok,numpang tanya ni
saya sudah 2 minggu ini adopt original bay owl, umurnya kurang tau pasti, kira-kira 3 bulanan sih dok, masih saya taruh di kandang. kalau tak elus kepalanya dan tak suapin makan dia mau dok.
niatnya mau tak pindah ke perch dok,tapi dia kayak takut gitu mau tak angkat/pindahin
mau nanya cara penanganannya gimana?terus cara biar tau umur bay owl gimana ya dok?

oriental bay owl maksudnya mas? bisa mas cek di artikel jenis burung hantu dan kesulitan memeliharanya
kalau mau adaptasi dengan cara diangkat, pindahin dia ke ruangan tertutup, terus sodorkan jari mas ke arah kakinya.... perlahan-lahan, biarkan dia melangkah ke jari mas, kemudian angkat.... untuk umurnya, bisa mas share ke di googleplus saya? saya tunggu....

This comment has been removed by the author.

Apa perch sperti ini bisa untuk jenis eagle sperti che lm

bisa mas. semua bop bisa pakai perch jenis ini...

Itu bisa bwt burung hantu jenis celepuk jg dok?

buat semua jenis burung hantu bisa... :)
termasuk celepuk...

Agar burhan tdk gigit saat di pegang gmn dok?trims.

saya sudah menjawab di pertanyaan mas yang mas tulis di artikel sebelumnya. silakan dicek...

Maaf dok mau tanya kalo oriental bay besarnya sampe segimana yah?

oriental bay owl besarnya seperti celepuk. mereka relatif berukuran sama.

dok saya baru mau melihara burhan jenis celepuk,biasanya kalo celepuk itu rentan dengan penyakit apa ya? dan apa hrus di jemur 1 minggu sekali agar terhindar dr parasit pada bulunya?

silakan mas search penyakit burung hantu di blog ini. banyak saya bahas mengenai katarak pada burung hantu dan penyakit2 lainnya... :)

Dok.. Saya br mau memelihara BO. Tp apa ada makanan alternatif selain tikus putih? Jujur saya alergi liat binatang itu. Makanan utamanya ya dok selain tikus?
Lalu jika bo saya taruh dikamar, lbh baik saya tempatkan di perch atau kotak kardus dok? Lalu cara memegang bo leboh baik dicengkram atau biar dia sendiri yg naik ke tangan saya dok? Untuk vitaminnya apakah ada dok? Trimakasih, Mohon pencerahannya.

bisa diganti daging sapi atau daging ayam yang bebas bahan pengawet dan dicincang dulu. usahakan yang benar2 segar ya mbak... :)
kalau bisa sih pake tangkringan. apa saja. bisa berupa bangku/kursi kecil dari kayu dan sebagainya. asalkan jangan pakai kursi plastik, kadang dia suka kepeleset.

cara memegang owl sebenarnya jangan dicengkram dengan tangan kita. biarkan dia mencengkram jari atau tangan kita dan bertengger di situ.

kalau dari makanannya sudah bagus, saya kira tidak perlu vitamin dulu. :)

saya udah coba bkin perch kya gt.
dan udah sya taruh jg owl'y ...
tp malah buat dia sering ngebelit" dok ...
sampe" dia dlm k.ada'an ng'gantung dok.
jd akhir'y saya taruh d.kandang aja dok.tp cukup besar u/ ukuran celepuk.
ga apa" kn dok ???
oia.dan sya mau tanya.apa owl harus d.mandikan ?
karna saya suka liat ada binatang kecil yg keluar masuk dari bulu"y sya takut itu kutu dok.
trims

kalau seperti itu, lebih baik taruh di ruangan kosong aja, jangan ditaruh di kandang. kalau dikasih perch dia gantung, coba lepas aja talinya. perchnya taruh di ruangan kosong, dan biarkan dia bebas di situ... nantinya dia akan nemplok sendiri... :)

Tinggi perch nya berapa cm itu dok ?

kalau untuk owl sebaiknya disesuaikan... :)
jangan terlalu tinggi. cukup 20 hingga 30 senti saja...

kalau untuk owl sebaiknya disesuaikan... :)
jangan terlalu tinggi. cukup 20 hingga 30 senti saja...

Terimakasih atas informasinya dok.

Apa tidak di jangkau kucing kalau ukurannya 30 senti

untuk itu, ditaruh di ruangan yang bebas dari ancaman kucing.. :)

Dok beli equipment nya sama glove itu satu set kira kira brpa

gak mahal kok mas. biasanya ada paket2nya. paket khusus celepuk, barn owl, dll.... :)
silakan cari di grup jual beli BOP di facebook... :)

Dok... kl CG sy lepas diluar rumah... trs terbang ..
Kira2 balik lagi kerumah sy gk ya...
Spt si errol tuhhh...
Apa karakter CG sm dgn burhan ???

jujur saja, untuk cg saya tidak tau. hehehe.
tapi untuk BWK dan ALAP-ALAP rata-rata bisa kembali lagi ke rumah. atleast, mereka bisa mengenali dimana perchnya ditaruh. saya tahu karena dulu BWK milik salahsatu kakak saya pernah hilang, tapi gak lama dia udah nongkrong lagi di perchnya. :D

saya berasal dari keluarga falconer, cuma saya aja yang fokus ke owlry. salam dar errol dan padma... :)

Dok, saya sedang berminat untuk memelihara celepuk :3
mau tanya, nanti jika si burhannya ditaruh di perch itu nanti apa kotorannya tidak kemana-mana ya? @_@
cara simplenya supaya kotorannya tidak kemana-mana nantinya bagaimana ya?
soalnya saya mau taruh dia di kamar kosan... maklum, mahasiswa... _(:3

untuk awal2 emang pasti kemana2. kalau mas ada ruangan kosong lain, mas bisa taruh di ruangan kosong itu. dulu juga saya pelihara si errol sejak saya masih kuliah, mas. dan ya emang gitu, awalnya kotorannya nyebar kemana2, jadi tiap kali pulang kuliah saya biasanya bersihin kotorannya dia. sekarang sih udah nurut, karena saya taruh lembaran koran dibawah perchnya, dia jadi ngerti kalau pup ya di koran terbuka....

mas bisa pakai kardus besar seperti kardus bekas tv. jangan pakai kardus bekas mie ya mas, kalau terlalu kecil malah stress nantinya.... kasih tangkringan di dalam kardusnya dan posisinya miring (pintu buka tutupnya di samping, bukan di atas. tinggal dibalik/digulingkan kardusnya).....

kak, saya baru punya barn owl usia brancher awal. msh byk bulu kapasnya tp sudah tumbuh bulu sayapnya.
gmn cra perawatannya kalau usia segitu?
biasanya saya kasih mkan anakan puyuh. apa tidak apa"? sehari harus saya ksih anakan puyuh brp? soal.nya saya kasih mkan klo dia lapar saja. kira" 6-10 ekor. apa itu uda benar?
selain pakan katanya harus dikasih minyak ikan dan vitamin. itu cara kasihnya gmn? brp skala waktunya?
apa blh BO saya dipasangkan anklet? trus kpan bisa ditaruh di perch? soalnyanya sementara ini saya taruh dikerdus besar di siang hari dan di malam tak lepasin sampe jam 12an trus tak taruh kerdus lagi.
mohon bimbingannya kak... ^_^

Dok, saya mau tanya, burhan celepuk dokter jenisnya apa ya ? Dan jarak kemampuan celepuk max berapa ya?
Makasih

burung hantu saya bukan jenis celepuk. saya punya sepasang barn owl. :)
kemampuan apa? kalau dari jarak terbang saat latihan, bisa mas baca di artikel cara melatih burung hantu... :)

dok saya mau tanya , knp ya klo pagi si lucky ( burhan celepuk saya ) suka turun dari tenggeran ,,, tpi klo malem malah suka bertengger,,, saya jadi kasihan , jatuh" terus ,, dia masih berbulu kapas

makan masih mau? rakus makannya??
kalau masih bulu kapas masih normal. mas bisa kasih bayi tikus agar instingnya tajam. taruh si lucky di dalam kardus yang agak besar bareng ama tikusnya... tutup, biarkan beberapa menit...

masih dok ,,, iya rakus ,, tpi saya cuma kasih jangkrik sama cicak ,,, soal.ny saya gk tau tempat pnjual tikus putih

masih dok ,,, iya rakus ,, tpi saya cuma kasih jangkrik sama cicak ,,, soal.ny saya gk tau tempat pnjual tikus putih

iya dok masih mau makan & rakus ,, tpi cuma saya kasih jangkrik sama cicak ,, soal.ny sulit mndapatkan tikus putih

gak usah tikus putih. kasih aja bayi tikus rumah... :)
kalau celepuk memang makanan utamanya jangkrik. namun sesekali dikasih bayi tikus kalau memang dibutuhkan... :)

Dok saya mau nanya mengenai sayap burung hantu yang patah cara mengobatinya gmn? Dan jenis burhan ini juga saya tidak tahu jenisnya.

sudah saya coba ttpi pake jangkrik , gk mau di makan ,, apa harus bayi tikus dok ??

sementara ini gak aapa2 kasih cicak ama jangkrik aja dulu. :)
yang penting dia mau makan...

coba cek fesesnya mas... :)

silakan baca artikel saya cara mengobati burung hantu yang sayapnya patah...

mau tanya dok , burhan sy bru aj udh bsa trbang ke perchnya .... tpi klo mkan hrus di dket.in paruhnya , klo saya taroh di tlapak tangan dia gk mau nyambar ..... cara.ny agar gak manja gmn ya dok ??.....

coba asah instingnya dengan kasih makan pakan hidup. mas bisa kasih bayi tikus. :)
taruh bayi tikus dan owlnya di dalam box/kardus yang agak besar, tutup, dan tinggalkan selama 30 - 60 menit... :)

kalo usia burhan yng bagus buat ditaro di perch kira-kira usia berapa dok?

sebenernya gak ada batasan usia. kalau dia udah bisa nangkring, bisa aja taruh di perch meski masih anak2/brancher...

dok, nama google plus nya apa? hehe

Dok saya mau konsultasi soal burhan saya, nama google plusnya apa dok?

tulis aja di pencarian google plus nama FIRA SOVICA .. pasti dapet bro. hehe

Dok, sya pnya celepuk yg masih berbulu kapas.
trus sya simpen brung iu d ruangan agak besar tertutup brsama perch ny . Apa itu gpp Dok?? Kasih saranya
*msih pemula*

itu bagus. sering2 kasih makan, jangan kepanasan, jangan sampe telat makan.
oh ya, pastikan jangkrik yang diberikan masih hidup...

Dok, perch lebih dari satu apakah tidak membingungkan si owlnya. Rencananya saya mau bikin 3, di kamar, diteras atas lt.2 dan di belakang. Masih rencana sih.

Trims

gak masalah. :)
si errol punya lebih dari 5 perch, hampir semua ruangan ada perchnya si errol. kadang dia make perch burung lain yang ada di rumah. soalnya semua orang di rumah pelihara BOP, hanya saya aja yang pelihara burung hantu... :)

Oh iya, dok. Maaf nanya lg.
1. Tetanggaku kan punya peliharaan ayam...nah, jika saya pelihara owl apakah tidak akan membahayakan ayam tetangga (seandainya si owlnya udah bebas keluar masuk rumah).
2. Utk makanan BO, lebih baik mencit atau puyuh?
3. Jika saya mudik (Sby-Mlg), apakah si owlnya bisa saya bawa sekalian dg perchnya. Takutnya ntar dia stress lg.

Trims, maaf nanya lg hehehe....

1. naluri burung pemburu (BOP dan owl) lebih menyukai 'calon mangsa' yang terlihat lemah atau kurang bisa menjaga diri. contohnya, kalau ada 'keluarga ayam' yang terdiri dari induk dan beberapa anak ayam, maka elang/burung hantu kemungkinan besar akan menyambar anam ayam, bukan induknya. jadi selama ayamnya bukan anak ayam, saya kira aman2 aja. lagian kan ayam hewan diurnal (aktif di siang hari) sementara owl kan nocturnal (aktif malam hari), jadi saya kira gak masalah
2.kalau disuruh milin mencit atau puyuh, mencit jelas paling baik. namun kalau mas nanya makanan apa yang paling bagus buat barn owl, jawabannya: bayi tikus. :)
3. boleh aja di bawa. mending taruh di dalam kardus yang agak bsar, kasih 3 bolongan di kardusnya, taruh juga batang kayu di dalam kardus itu, jadi si owl bisa nangkring di situ... :)

gak apa2, saya malah seneng kalau ada yang nanya mas.. :)

This comment has been removed by the author.

Nambah lg, dok....klo errol keluar rumah, apa dokter gak pernah khawatir dia ditangkap orang atau yg lain2. (Smg aja gak terjadi). Trims

orang2 kampung malah kenal ama errol. kadang mereka juga nyuruh errol buat berburu di rumah mereka. selama ini sih baik2 aja mas, kadang kalo errol kecelakaan juga orang kampung yang nganter ke rumah... :)

maaf baru saya balas, saya habis perjalanan dinas ke luar kota.... :)

orang2 kampung malah kenal ama errol. kadang mereka juga nyuruh errol buat berburu di rumah mereka. selama ini sih baik2 aja mas, kadang kalo errol kecelakaan juga orang kampung yang nganter ke rumah... :)

maaf baru saya balas, saya habis perjalanan dinas ke luar kota.... :)

dok tempat penjualan burung hantu celepuk untuk daerah jakarta dan tangerang itu dimana saja ?

dok tempat penjualan burung hantu celepuk untuk daerah jakarta dan tangerang itu dimana saja ?

pasar burung barito dan pasar burung jatinegara :)

Dok, saya baru adopt barn owl sekitar 4 hari.. BO saya setiap kali saya letakin di perch dia berontak pengen terbang. pernah juga kejadian BO saya kasih di perch karena saya yang ikat kurang kenceng akhirnya dia terbang tapi terbang masuk kandang yang lama. Mohon jawabannya dok. Terimakasih

Dok, maaf, saya ingin bertanya. Saya punya elang jenis kestrel umur 4 bulan, biasa saya kasih makan daging sapi dan bisa habis 1ons per harinya. Selama ini saya taruh di kandang dengan alas diberi jerami, elang saya biasa tidur dengan sayap direntangkan. Jadi, apabila saya taruh di perch apa dia masih bisa tidur? Lalu, umur berapa biasanya elang jenis kestrel belajar terbang ya dok? Terima kasih.

Dok, maaf, saya ingin bertanya. Saya punya elang jenis kestrel umur 4 bulan, biasa saya kasih makan daging sapi dan bisa habis 1ons per harinya. Selama ini saya taruh di kandang dengan alas diberi jerami, elang saya biasa tidur dengan sayap direntangkan. Jadi, apabila saya taruh di perch apa dia masih bisa tidur? Lalu, umur berapa biasanya elang jenis kestrel belajar terbang ya dok? Terima kasih.

selama ini ditaruh di kandang mas?
coba dari kecil ditaruh di perch. mungkin sekarang dia dah bisa terbang.

langkah pertama mungkin mas taruh aja di perch. secara naluriah, burung akan tetap bisa nangkring di perch kok meski dia sedang tidur... :)

sekarang gimana keadaannya?

This comment has been removed by the author.

Dok saya baru dikasih BOP brancer.. Bisa ga ditaruh di perch dan kalo brancer makan nya apa ya? Takut salah dok..katanya kalo dikasih jangrik kasian BOP nya, thanks dok

sayangnya mas gak ngasih tau jenis BOP-nya apa.
bagusnya sih kasih bayi tikus atau daging sapi segar (yang masih berdarah, bukan bekuan, dan bebas bahan pengawet). jangkrik? gak tau juga. saya kan gak tau bop mas apa. hehehe.

soalnya ada beberapa BOP juga yang makanannya jangkrik. :)

Dok bisa minta pin ato wa nya? Biar lebih jelas saya tanya nya..

Dibagian mana nya dok? Soalnya saya pake hp ini..

saya udah coba perchnya bwt che. hasilnya. PATAH.....

talinya d kasih swivel. percuma klo di simpen d ruangan kosong klo gk pake swivel. tetep kebelit tu burung

kakaknya pelihara BOP jg dok?katanya cm dokter yg pelihara BOP...hmm... plin plan ah

balik lagi ke ukuran che-nya, mas.
biar gak patah, bisa mas isi pipa pvc-nya pakai semen, mas. :)

dilepas tanpa swivel dan least juga tetep kebelit? kok bisa?
apa saya aja ya yang kurang mudeng? :D

mungkin masnya kurang update info mengenai saya kali mas, hihihi. udah saya bilang di artikel cara membaca perilaku burung hantu kalau semua anggota keluarga saya itu pecinta BOP dan hampir semuanya memelihara BOP, cuma saya aja yang fokus ke BOP nocturnal (burung hantu).... :)

Misi dok,selain burhan tipe celepuk masih bisa kita kasih makan jangkrik sebagai makanan utama,terima kasih

Dok saya mau nanya selain burhan tipe celepuk apa bisa kita kasih makan jangkrik selalu?, atau jadi makanan pokoknya?, terima kasih

silakan baca artikel saya cara memelihara celepuk. :)

Dok yg baik hati. Share dong. Sya baru nangkep celepuk d alam liar umur ny mungkin skitar 3 bulan. Baru 1 hari, sya taro d tnggeran dn diikat, tp dia pgn terbang mulu, kasian ngeliat dia kegantung trus. Rencana hari ni mau bkin bench tp takut jatohan trus. Apa mending d kandangin aja?

Dok yg baik hati. Share dong. Sya baru nangkep celepuk d alam liar umur ny mungkin skitar 3 bulan. Baru 1 hari, sya taro d tnggeran dn diikat, tp dia pgn terbang mulu, kasian ngeliat dia kegantung trus. Rencana hari ni mau bkin bench tp takut jatohan trus. Apa mending d kandangin aja?

Dok yg baik hati. Share dong. Sya baru nangkep celepuk d alam liar umur ny mungkin skitar 3 bulan. Baru 1 hari, sya taro d tnggeran dn diikat, tp dia pgn terbang mulu, kasian ngeliat dia kegantung trus. Rencana hari ni mau bkin bench tp takut jatohan trus. Apa mending d kandangin aja?

Dok yg baik hati. Share dong. Sya baru nangkep celepuk d alam liar umur ny mungkin skitar 3 bulan. Baru 1 hari, sya taro d tnggeran dn diikat, tp dia pgn terbang mulu, kasian ngeliat dia kegantung trus. Rencana hari ni mau bkin bench tp takut jatohan trus. Apa mending d kandangin aja?

jangan diikat dlu. kalau ada ruangan kosong atau gudang, taruh aja di situ. atau mas bisa bikin owlbox: silakan baca artikel saya cara membuat kandang khusus burung hantu.


owl box sederhana bisa mas buat dari kardus ukuran besar. bekas kulkas atau bekas tv. kasih tenggeran di dalamnya dan kasih 'pintu' di samping. jangan diambil dari bagian atas kandang, tapi dari samping... :)

Dok saya mau tanya tangkringan/perch yg lebih baik dan menghindari kaki berjamur dan berkerak pd kaki burhan itu pake bahan di buat dri apa kayu,bambu/plastik(pipa)?dan kalo semisal burhan berjamur/berkerak itu bisa merambat ke bulu/ke kulit si burhan gk dok dan apa ada obatnya?mohon infonya.terimakasi ditunggu jawabannya

saya nggak mengerti maksudnya berjamur dan berkerak itu kayak gimana. namun coba mbak baca artikel saya cara mengobati bumblefoot pada burung hantu, apakah seperti itu?

kalau bukan, saya minta fotonya, lalu ubah foto profil mbak pake foto kaki owl itu... saya tunggu ya... :)

Dok burhan dokter jenis apa?, terus kalo mau pelihara enaknya celepuk atau bay owl?

errol dan padma jenisnya barn owl. kalau masnya pemula, mending pilih celepuk atau oriental bay owl. ada kok artikelnya... :)

Kak saya mau tanya maaf saya belum tau sebelumnya kalo celepuk enggk boleh di taruh dalam sangkar ? Trus apa efek samping nya gara* saya taruh di sangkar tapi menurut saya biasa biasa aja kak tetap jinak mau fttf
? Trus sebaiknya saya taruh sangkar lagi atau di perch

sebenernya balik lagi ke karakter owlnya. kalau karakter owlnya cenderung tidak terlalu keras dan mudah menerima owner baru serta sudah biasa dimasukin ke sangkar, sebenernya aman2 aja. kecuali kalau misalnya owlnya gak terbiasa disangkar, atau owlnya merupakan owl tangkapan liar yang biasa bebas, sebaiknya tidak dimasukkin ke sangkar karena kemungkinan besar dia akan stress.... :)

Bu dokter yang ramah, mau tanya maaf agak menyimpang dari topik diatas. Dok saya baru adopsi bwk. Dari awal adopsi kakiny bengkak di pergelangan dan ada bekas luka mengelupas di kaki atas deket pangkal cuma sudah kering tp luka mengelupas itu belum tertutup kulit baru dok. Kakinya masi berfungsi normal kalau saya perhatikan. Cuma saya kasihan dok biar cepat sembuh, bagaimana saya harus merawat bengkak dan luka itu dok? Terima kasih dan sukses selalu dok :)

Oh iya lupa kasi penjelasan soal bengkak di kaki kiri dan luka itu didapat dr partner lama nya teman saya sendiri dok yg menggunakan ikat kaki rantai. Tapi sekarang saya adopsi dia sudah saya kasi ikat kaki yg layak dan seharusnya khusus buat bop jenis bwk :)

olesin minyak kemiri atau minyak zaitun aja mas buat merangsang pertumbuhan kulit kakinya. oles aja sehari sekali. jangan lupa jaga kebersihan kakinya...

nah bagus. saya seneng mas mengganti ikatan kaki khusus bwk. :)

kasih kabar lagi kalau ada apa2 ya mas...

Assalamualaikum dok, kalo melihara burhan di perch, nanti kotoran si burhan itu gimana dok? Bukannya akan ampar2an dok?

kalau saya dulu saya hamparkan koran bekas di bawah perchnya. biar dia mengenali tempatnya pup. dan akhirnya terbiasa deh.

sampe sekarang si errol tau bahwa koran yang terbuka/terhampar di lantai = toiletnya dia... :)

This comment has been removed by the author.

Kak seberapa tinggi sih burung hantu bisa terbang?

jujur saya nggak tahu. gak pernah ngitungin. :D
tapi sepengetahuan saya, mereka bisa terbang lebih dari 15 hingga 20 meter... ini sepengetahuan saya aja loh ya, dan cuma kira2. saya suka liat si errol kalo lagi terbang... :)

Dok saya mau tanya, untuk masa karantina brapa lama ya sejak saya beli agar segera di taro di perch, rencana saya mau beli dan mau saya masukin ke kandang ayam dulu untuk karantina, kandangnya sih gede

coba mas baca artikel saya cara karantina burung hantu. di sana ada kok keterangannya...

coba cek di kaskus atau jual beli hewan di facebook...

Dok,di bandung yg bisa vaksin owl dimana ya? Barn owl sy makannya banyak kok ga gemuk2 ya,udah bs JTTF,baru belajar terbang.Ternyata bbrp hari di perch dan glove(2 harian)jinak bgt,sampe bawah paruh,cekungan diatas paruh,dielus diem ja,ga mau pindah ke perch,maunya di glove terus.Pdhl diambil saat brancher liar banget dan galak saat di kandangin.Obat tetes cacing burung,bisa buat owl kan?Ga harus obat cacing utk owl?Dan vaksin tetes apa bisa diteteskan ke daging makanannya? Tq

bisa, obat cacing untuk burung bisa buat owl.
vaksin gak bisa ditetesin ke makanannya, mas. setahu saya gitu.

untuk vaksin burung hantu di daerah banyak, mas bisa ke rumah sakit hewan di bandung. udah ada artikelnya kok, rumah sakit hewan bandung.

udah berapa lama pelihara owl?
keren ya owlnya. mas bandungnya dimana?

salam dari padma dan errol. kabari terus.

Waalaikum salam errol&padma.Miara barn owl blm sebulan,tp sdh jinak bgtt sjk beli glove bbrp hr lalu.Sdh FOF dan JTTF dlm 2 harian sjk ada perch.Ok sy akan cek ke RSH bdg,sy di buah batu.Sy ksih daging sapi,ayam potong dan emprit.Daging beku dianginkan dlu,soalnya susah fresh terus,beli sapinya setengah sp sekilo,ga bs abis lgsg.Sy ksih 2x sehari sekenyangnya.Jd cpt gede skrg.Smg aj sp dewasa lancar.

Iya dok,klo obat cacing apa bs diteteskn ke dagingnya?krn klo vit,sy teteskan ke dagingnya.

sebelumnya maaf karena baru balas.
udah diperiksa ke rsh? gimana kabar owlnya?

pemberian obat dan vitamin biasanya ada cara pemberiannya di kemasannya. rata2 sih langsung ditetes ke mulutnya, mas. :)

Hrusnya ditetes sih,tp musti 2 org,satu megang badannya.Petunjuknya,tetes atau mix air minum.Tp sy tetes ke daging,4 tetes sehari. Skrg udah ahli FTTF tanpa lease,dgn respon bolak baliknya cepat hehehe.Sy jg bRu beli shampo spray buat burung,anti kuman dll. Iya dok,rencana mau beli puyuh karkas beku dr online bergaransi,spy mix sapi,puyuh dan emprit.Tikus ternyata kandungan gizinga terendah dibanding daging lain. Blm sempet ke RSH dok,oya klo brancher bulu 80% lengkap tinggal badan aja,kira2 umur brp ya?tq,salam

soal umurnya, bisa mas kirim gambarnya ke sini? upload aja di postimage.org, terus linknya taro di sini... :)

Susah dok loadingnya post image,tp sy sdh posting bbrp pics di google+ cara spy burhan tetap sehat.Bs dilihat kesana dok?Byk yg tnya jg blm dibalas,tq.

saya hanya bales pertanyaan via komentar di blog atau di chat, mas. mungkin nanti saya suruh admin di google+ saya buat kirim gambarnya ke saya.... nanti siang insyaallah saya online chat....

di postimage.org gak bisa kebuka?

Sy postingnya jg di blog anda dok,judulnya cara burhan tetap sehat.BTW,info bagus,hari ni FTTF sdh 10meteran.Bolak balik ke perchnya mungkin 10xan minimal.Smg makin pinter.BTW,induknya kok masih ada diatas ya,kayu plafon.

Sy postingnya jg di blog anda dok,judulnya cara burhan tetap sehat.BTW,info bagus,hari ni FTTF sdh 10meteran.Bolak balik ke perchnya mungkin 10xan minimal.Smg makin pinter.BTW,induknya kok masih ada diatas ya,kayu plafon.

waaah, bagus. :)
lanjutkan lagi latihannya.

maksudnya induknya masih di atas plafon gimana mas? maksudnya, induknya masih bersarang di plafon rumah mas? :)

Iya,plafonnya sampe jatuh 3kotak,krn rmhnya 2 lantai dan tinggi bannget.udah berthun2,sy tinggalin sejak 4 thn lalu dan mrk sdh ada,tp jatuhny mulai thun ini,sdh 2-3x.BTW,umur brp ya?oy dok,sy katanya mau putuskan pake full daging sapi aja,resiko paling rendah dan nutrisi bagus mnutut berbagai literatur.Harga so so lah,ga beda jauh sm yg lain.

bisa mas kirim gambarnya? upload aja di postimage.org, terus linknya taro di sini... biar saya bisa tahu umurnya...

boleh pake full daging sapi, cuma pastikan bebas bahan kimia, dan bukan bekuan. kalau toh dibekuin, harus direndem dulu pake air biar gak beku lagi.... dan cacah dlu dagingnya, kecil2, biar mudah dicerna....

selang seling pake daging emprit bagus mas...

Barusan sy upload,itu foto bbrpbhari lalu,skrg lebih rapat bulunya,yg badan bawahbsayap ada sebagian kecil blm tumbuh.Daging sapi beli kiloan di supermarkt lalu potongin 1ons,masuk freezerbsmua.Tiap malam turun ke kulkas sepotong,lalu kluar suhu ruang sampe lumer,dan ga ada dinginnya.sy gunting sekitar 3-5mm panjangnya 2-3cm.Lalu dia terbang bolak balik skitar 8-10m dalam garasi tanpa tali,jd aman ga ilang.Emprit di literatur nutrisi bop ga disebutkan,hnya puyuh,merpati,tikus,sapi,entog dgn resiko pnyakit bawaan.Jd awalnya mix enprit kok jd mantap full sapi. Jangkrik sy coba,ga dmakan,malah sy buang,pdhl ratusan jangkria sy belinya.

Sharinh aja,daging beku spy tdk beekurang nutrisinya,ga boleh dr freezer lgsg suhu ruang/direndam.Jadi hrus 3 step,freezer ke kulkas lalu suhu ruanh tanpa direndam.Dan ga boleh berulang masuk freezer lg.itu ahli daging dan nutrisi,sy baca di detikhealth,makanya kita klo makan di resto,kacau,krn ambil,rendam,masuk freezer lagi,krn mrk ga mau rugi,jd dmsk sesuai oembeli.Ptptein rusak.Jadi treatment daging beku sy ikutih aturan ahli nutrisi daging hehehe,sama tetesin vit sblm burhan makan.

Yg ingin sy tanyakan,jantung atau hati sapi boleh ga ya,belum coba soalnya.Harga per kilonya setengah daging 50an hahaha.Klo sy sih ga doyan hheheh,serem.

Dok,barusan sy posting foto per hari ini,abis semprot shampo khusus burung.Brancher akhir,dikit lg bulu full,makin keren hehe.Coba klo satu corak dada,apa bs diprediksi jnis kelaminnya,selain umur.Tq.

https://postimg.org/image/c2ylvlz5z/

https://postimg.org/image/sq4nm69c1/

sebelumnya maaf baru balas. :D
wah, mantap tuh trainingnya. coba aja indoor free flight, mas.

oh iya. betul mas. emang bagusnya seperti itu. lebih baiknya lagi emang sekali abis: beli sedikit daging yang fresh, terus langsung kasih dan langsung habis. thanks sharingnya! :D

kalau saya pribadi sih seringnya pake pingkies (bayi tikus putih). tapi kadang pake hati dan daging sapi. khusus yang hati sapi, biasanya saya sekali habis...

iya, bisa mas dari corak dada dan di bawah sayapnya. udah saya tulis di artikel http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2016/04/mengetahui-jenis-kelamin-barn-owl.html

Jadi klo dr foto sy,gmn dok,umur dan jenisnkelamin,bisa tau?fewling sy kok betina,krn paling besar dlu dibanding sdr2nya.FTTF dr ktinggian ke sy duduk di bawah,bolak balik cepat bgtt,di luar garasi,tp pake tali ,10m.Sy duduk di lantai pake kursi kecil,dia setinggi ampir 2m.

Indoor FF kan tiap hari dok,saat kasih makan sih heehe,dia cuma jess aja bolak balik glove perch.Jarak sepanjang garasi skitar 8m.Tp klo ga ada makanan,apa harus mau juga ya

Klo sapi fresh,tiap hari ke pasar dong heheh,krn malamnya kan pasti dr freezer.Paling pagi 1 ons, malam emprit klo gitu.Tp logikanya,dialam pasti kuman lebih parah dr tikus liar.Bahkan abis kena air sungai yg gitu deh.

kalo dari sepenglihatan saya sih sama kayak mas, betina. tapi coba aja cek corak dada dan dibawah sayapnya...

udah coba kasih emprit atau puyuh, mas? :)

Emprit tadinya rutin,tp krn stok,bau,jg hrus nyembelih,cabutin bulu,blm resiko sakit bawaan emprit,jd skrg full sapi.Tadi sy coba dihal,pake tali panjang,lumayan respinsive,cuma krn jalan raya rame banget,dia agak ga fokus.Ga seresponsive di garasi.Bs jg krn di halaman baru tadi.Rencana emprit ga stok,beli 6 aja,tiap ngasih 3 pagi, 3 malam,mix sapi.Jadi beli tiap hari lebih enak.Tadinya beli lgsg 13,jd agak bau kandangnya.Sy mau coba hati sapi deh,lebih lembut.

BTW,pic yg sy upload,udah dibuka dok?

biar gak susah2 sianginnya, mas bisa kasih burung emprit yang bulunya agak sedikit atau bahkan emprit yang masih piyik.

udah saya buka kemarin gambarnya... :)

Emprit sih iya,sekali makan 3 ekor,tp ga ada piyik.Tp stoknya daging sapi aja,ayam potong sekali kali tp hanya dada(resiko residu paling rendah).Rencana klo ke supermarket mau beli hati kiloan beku,mix daging sapi,soalnya burhan sy makannya banyak,itu aja dadanya msih agak berasa garisnya,blm beli obat cacing sih.Burhan tu klo makan lidahnya suka kluar kesamping2 ya.Oya dok,dari foto,umur brp?kayanya dah mau ke juve,tinggal bbrp bagian masih blm ada bulu,5% kali.

kayaknya sih umurnya kalo gak juve awal, ya juve tengah. saya lebih cenderung juve awal. :)

rajin dikasih super-n, mas...

Ya juve awal dok,krn branchernya blm full berakhir,itu biasanya umur brp bulan,apakah 2 bln ya?oh ya sy rutin tetesin provita ke daging sapi setiap pagi atau malam.Super n bukan vit kan dok?apakah hrus tiap hari ya,kata para pemain burung semunggi skali aja.Mnurut dokter,ideal pake nya gmn?tetesin daging,boleh?tiap harikah?

kalo super-n, bisa setiap hari. kalau provita sendiri, saya belum cek komposisinya apa. :)

selama ini dikasih provita gimana? bagus? kalo oke, lanjut aja... :)

Provita vit c,b klo ga salah,lg d jkt soalnya.So far,ok kondisinya. Klo super n,ngasihnya bs tetes dagingkah?Kok umurnya blum dibalas dok?perkiraan aja klo brancher akhir brp bulan gitu.Biar bs tentuin lahirannya.

super-n bagusnya langsung diteteskan aja ke mulutnya, mas... :)

Emang ampir smua suplement burung diteteskan atau air mnum.Berhbg burhan jrg mnum,dan sudah ke mulutnya,apakah bs ke daging tuk supern,itu pertnyaannya dok.BTW,umur ga bs diprediksi ya dok?

hmm, apakah super-n bisa dikasih dengan cara diteteskan ke makanannya, secara prinsip ya bisa aja. :)

umur burung hantu? bisa diliat dari rongga bulunya sebenernya. kalau mamalia dan manusia kan bisa diliat dari jumlah giginya, nah kalo burung biasanya dari rongga bulunya. saya belum ada waktu lagi buat riset, tapi nanti saya tulis artikelnya... :)

Burhan sy warnanya byk titik2 nya dan keabuan ga bs putihh ky di internet,betina rasanya,skrg makin gede dan lucu klo di tanah,malam heboh sukanya di ubin drpd nangkring,jd pubnya kmana mana sepanjang tali.Segarasi aroma bau nya.Emang ga suka di tenggeran ya,pake batang klengkeng lapis tali pramuka.Iya dok,klo daging kerbau boleh ga tuh hehehe.

boleh aja, asalkan dicacah dulu kecil2 biar dia mudah makannya... :D

saya juga dulu gitu mas sama si errol. seruangan bau tahinya dia semua, huehehehe... :D

Pertumbuhannya cpt,udah besar skrg,sy ga pernah cacah tp gunting kecil manjang aja,ky kwetiaw.ayam potong jg sy kasih,dan sejak makan hati ayam suka ada pub coklat ky hati,wajarkah?

Hati sapi maksud sy.Oya cara ngusir indukannya spy ga bersarang lg gmn ya,rusak plafonnya

pupnya hitam doang kayak hati? gak ada element lain kayak bagian putih susu dan bagian kayak air?

jangan kayak kwetiaw, mas. cacah kecil2 aja. biar mudah makannya. :)

Pas sy balik,buka garasi dia sdh nangkring diatas mobil satunya,krn lepas dr swifel dan bbrp spot pub terlihat ada yg coklat tua aja,tp ada yg lainnya putih.Tp sehat,aktive makan byk kok.Daging ayam,hati sapi digunting kecil manjang aja licin,ancur,klo dicacah gmn naruknya di glove dok? Lagipula klo emprit kan dia jg telan utuh,klo mengenai proses pencernaan,kandungan asam dia kuat utk menghancurkan bahkan tulang sekalipun.Krn klo makan emrpit dlu,bulu dibuang.Tp selanjutnya sy buang bulunya bersih,tp dimakan utuh sm tulang.Peletnya jadi ampir ga ada.Oh ya dok,paruh makin panjang dan agak susah nelen dagingnya ya

belum pernah ngeluarin pellets? bagus, dia bisa dapet asupan kalsium dari tulangnya. (y)

oh, maksudnya mas dipotong memanjang biar bisa ditaro di glove ya... hmm, selagi gak menyulitkan dia makannya, saya pikir oke2 aja sih.... :)

Ya dok,klo emprit bersih bulu,pellet dikit.Klo full sapi/ayam ptong no pellet.Dok,tadi pagi accident,Ya Allah,maafin sy Tito,dia pagi2 telentang terjerat tali dan ada luka,mungkin gigitan dia melukai kakiya krn brusaha lepas dr tali.Begonya saya,tangkringan tiggi ambruk ketarik mungkin. Skrg kaki satunya bengkak sp paha,lunglai.Angklet sdh sy gunting,tkut mkin bengkak dan susah dibuka.Masalahnya,dia ga mau makan,mana sudah siap daging byk dan ditetesin vit. Smlm makan msih byk dan lahap.perlu dikompres anget ga dok?lukanya udah sy oles tipis gentamycin,cpt sembuh tuk luka.Makannya apa dipaksa?tp apa g malah stress?Atau baiknya tunhgu magrib ya,duh sy sampe sakit smua badan.Pls advise dok,tq.

Dok,sesuai artikel dioles na diklovenak dan diperban,tp sy adanya gpu fungsi sama,sy perban.Foto bengkaknya sy upload,pls dicek ya dok,kuatir ga fungsi lg,ksian sakit banget itu,masya Allah

Sy verban biasa tanpa penyangga,krn bahaya klo penyangga nya berubah arah,malah ngeri.Kompres revanol bagus kali ya dok,baru verban lagi ya

Dok,sy baca di blog anda yg lain mengenai problem kaki,kan dksih amox,dibagi 5,2xsehari.Yg sy tau klo amox ada 250 dan 500,jd agak bngung.Sy taunya utk kucing 22mg/kg BB,2xsehari 7hari (antibiotik 5-7hr ontime) spy ga resistens. Jd tuk owl,tepatnya bgmn pemberian amoxnya?tq

Halo dok,kok tumben lama balasnya ya,sy pas perlu konfirmasi nih,lagi kasih amox ke yg kakinya kayanya patah,mau rontgen aja,tp klo emang patah,apa musti amputasi ya.paha diatas lutut biru tua,dibawah lutut ygkaya patah ngegantung aja warna normal tp bengkak.pls urgent.

udah saya balas, hehehehe. tapi untuk akhir2 ini, saya cuma bisa bales satu komentar untuk satu orang.
jadi kalau mas komen di sini, terus komen lagi di artikel lain, saya cuma bisa bales 1 komentar doang. entah yang di sini, atau di artikel lain....

kalau emang patah, kayaknya mau gak mau gak cuma kasih amox aja mas, bawa aja ke dokter hewan atau ke rumah sakit... :(

Smg aja sembuh,krn klinik sy telp ya blm pernah dan ragu,percuma lah.Sy ikutin cara artikel komunitas burung,dan membaik,makan makin bagus,sy kasih makan sehari 4x(mix sotong 2x,mix provita dan amox 2x).Drh klo ga byk pasien aves,ya cuma kira2 aja.Kitten sy pernah kjadian,abis dr klinik lgsg jerit2 mati dlm itungan jam,sy rawat sdiri sembuh,sdh 8thn cattery.Jadi meskpn stress krn kasian,ya smg aja lah.Owlnya makin jinak dan manja,gigit2 jari ga sakit lgi.Dan kekar,brrdaging badannya.Sy beli daging sapi kiloan,stok emprit dan ayam dada,buat owl itu.Awalnya krn ksian bayangin tersiksa,badan sy jg sakit smua ga tega,mau sy sembelih,biar ga tersiksa.Tp sdr saya ga setuju,rawat maks aja.Ok,skrg bengkaknya jauh berkurang dgn olester kertas dan sy guyur minyak tawon sp basah,sblm di plester.Yah,klo ga bertahan,ya takdir.Sbtulnya ke klinik yg paling 100rb,tp ya paling logika jg krn ga ada pengalaman aves.Yg penting nutiris,perawatan,atensi maksimal.Sy cek tiap jam pagi sp pagi lagi.Smua urusan bisnis jkt,tunda.Krn dah commit sy.

Dokter..saya baru beli Burhan jenis tytoalba ,smpe rumah baru sadar kaki nya bermasalah,entah patah atau keseleo,kalo diraba seperti ada bunyi retakan tulang patah..di kaki yg sakit itu sudah berubah warna hijau dok,tp burung nya masih semangat dok,mkn disuapin krna kakinya gk mampu cengkram mknan, saya kasih bubuk tulang sotong trs dok, kira2 gimana ya utk nanganin hal kayak gini,dokter hewan disini kurang paham soal owl, tolong sarannya ya dok..

Resti,sy baru ngalamin itu,segera lumuri kakinya pake minyak tawon/perasan air jahe,lalu bikin karton seperti sedotan,ukur sesuai kaki,lapisin kasa tipis dan plester kertas.Atur sambungan kaki dgn pas lalu pasang karton tadi,agak ketat dan plester kertas.Makan ksih 3-4x dan olesin sotong bubuk secukupnya ke daing.Kasih amoxicilin bubuk yg kapsul 250 mg dibagi 12,pagi sore 6 hari.Bs dioles ke daging.Ganti karton kasa seminggu pertama,lakukan hal sama.Amox stop,lanjutkan dgn super n,byk di toko burung 12 rb. Usahakan makan byk,disuap sapi,ayam dll.Insya Allah 2 mggu,lepas karton,nyambung dan sembuh.Terbukti di saya spt itu.Malah karton sy telat,krn belajar dr internet.Smg sembuh,dan sy harapkan,teman2 tdk membeli hewan liar ya,agar penjual ga nangkap,kecuali kita rescue. Beli malah dosa besar,memicu penangkakap dan penyiksaan.

Agar karton ga sakit ke kaki,pinggir atas bawah,lapis plester kertas/kasa.

Klo sdh nyambung,sotong stop ya,kbnyakan CA,riskan ginjal jg.Ksih emprit,tiput CA ckup krn dimakan dgn tulangnya.Jgn berlebihan sotongnya,yg oenting asupan nutrisi bagus dan byk,sy hanya pake daging sapi,ayam,sesekali hati sapi.Tikus sebtulnya gizinya paling rendah tp mgkin itulah utk burhan. Segera diobatin,dan harus ber2 masang kartonnya,bisa kalender dll,hati2 yg pas,krn kalau miring hsilnya miring,miris sy bayangin sakitnya dia.Kejam benar yg nangkap dr liar,nti di neraka pasti ada balasanny walau sebiji zarah.

Burhan yg sy rescue,skrg dr patah yg kliatan lukanya,ga mau makan,merem dan nunduk terus,sempet ijo juga di pahanya,jadi paha melintir,tulang kering patah,bs sembuh.Diajarin tukanh burung,krn klinik2 ga bisa aves.Yg pentinh miara apapun,asupan nutrisinya bagus dan cukup,sy suap 3-4x sehari saat sakit parah.Skrg ckup 2xkrn sdh nakal lagi,kaki yg patah,mulai bergetar,menguncup.Smg sebulan bs cengkeram.Awalnya sy hnya asal tdk infeksi dan amputasi aja.Skrg berharap normal.Nantinya sambungan akan kliatan membesar,tanda jaringannya idup,klo sdh normal,akan mengecil krn massa tulangnya sdh cukup. Kandangin aja,selama sakit,biar kakinya istirahat,cpt nyambung.Beruntungnya jenis tenggeran,krn ga byk gerak. Burhan sy jg tyto alba,kuat meskpun di garasi yg berisik,rumah di jalan raya,24 jam berisik.Pintar,dlm seminggu sdh FTTF 10mtr berkali kali diatas 10x.

makasih banyak atas sharing knowledge-nya mas. :D
soal suara, selama gak mengagetkan dan gak keras2 banget, aman kok. kalau suara mengagetkan banget kayak bunyi petasan yang besar, kadang bisa bikin owlnya stress. :)

ditunggu sharing knowledge lainnya... (y)

mending langsung reply di komennya resti aja mas... :D

silakan mbak resti baca komen mas agus saptono dibawah komen ini... :)

Sy sempatkan waktu tuk sharing hanya utk bantu selamatkan nyawa dok,bukan hal lain,dan spy dipahami yg lain jg,bukan tujuan yg lain.Byk teman drh di bdg dan jkt,jg sering share dgn sy masalah kucing,krn sy breeder kcg utk show int cfa. Jadi sy concern mengenai nyawa.Sy perhatiin,sharinh disini hanya hal umum,jd sy tergerak tuk buru2 jawab resti,krn sy ngalami gmn stres nya kasian pet sakit.Tp sy ga akan share lg,krn sdh sy jelaskan detil hal yg bahaya.Sy rasa yg utama patah tulang dan caranya sdh sy share dan proven.Bahkan drh teman2 jg mantau,krn pingin tau uji coba sy dan hasil bagus,sambungan lurus,dan mrk jg happy.Smg yg sdh baca penanganan itu terbantu,ga lagi beli beli hewan liar.Tq medianya dok,sy bisa berbagi tuk yg kena masalah,lega rasanya.Hanya pahala dan keinginan meringankan tujuan sy. Salam.

saya malah seneng mas agus bisa bantu2. kalau emang ada waktu luang, mas bisa terus sharing knowledge di sini. :D

mksh mas agus & dokter fira..
perkembangan burhan saya alhamdulillah sudah mulai membaik,yg td nya wrna hijau sudah mulai normal cuma msh blm bs cengkram, makan tiap hari saya suapin,ksh bubuk sotong & super - n juga, cuma saya blm coba yg pke karton, yg sakit itu engsel paha kanan nya mas & dok, jd saya agak susah gmna ngobatin nya? kalo dipegang paha kanan & kaki nya gk ada tenaga dok,tp klo dlm keadaan terganggu keliatan bs digerakin sedikit.. mohon saran nya ya mas agus & dokter fira, supaya cpt smbuh owl saya, dokter dsni kurang paham soal owl :(

oh iya satu lg, tetep ada harapan kan owl saya bs sembuh lg kaki nya? krna dia owl yg lincah & gagah dulunya :(

mbak resty tinggal dimana? apa tidak lebih baik langsung bawa ke rumah sakit hewan?

iya mending bikin alat penyangga kakinya dari karton, seperti yang saya tulis di artikel Mengobati Burung Yang Kakinya Mengangkang...

treatmentnya bisa terus dilanjutkan...

Alternatif untuk mengikat siburung bisa menggunakan apa ya?mksh

jenis burungnya apa mas? kan ada ikatan khusus buat burung (leash). bisa buat burung hantu atau BOP...

Teman2 semua,sy sarankan sblm miara pet apapun itu,siapkan budget perbulan min biaya idup std pet itu.Kalau tidak mampu/pas2an jgn sekali kali miara pet,malah dosa. Utk ikatan BOP gunakan ikatan std dr kulit,di online bukalapak dll,cRi aja falconry ada mulai ikatan dr 50rb keatas,tangkrinhan,glove dll.Jgn asal2 an klo mau miara,krn nyawa ciptaan Allah jg ada itungannya saat kita mati nanti,jd hati2 treatment kita per detiknya trhd mrreka.Aplg kita sdh merampas hak bebas mrk,jd kita hrus konsekwen dan konsisten mengenai kesejahteraan pet.Silakan view peralatannya.Hati2 jgn sp cidera kaki oatah/sayap.

Tuk Resti..optimis bs sembuh,patah 2 sp luka kliatN,normal dan cengkeram ga sp sebulan,2mggu aja nyMbunh,asal makan bagus,obat bner. Alat2 BOP di online spt bukalapak banyak,dr murah sp mahal. Klo sdh niat miara,siap dana tiap bulan ya,klo ga mampu/pas2an jgn sekali kali miara.Dia ciptaan Allah,dan kita sdh rampas hak bebasnya,jd klo asal2an,di akhirat kita jg akan dihizap sekecil apapun dosa kita.

Oya,sy ksian ja,tuk yg mau murah,sarung tangan di borma bandung ada,tp bkn kulit klo mau murah,jg tali tangkringan pengganti tali pramuka ada di bagian tali jemuran.Warna gold dan ijo,bagus,empuk pula. Sbgai tali buat FF jg tepat krn ringan tapi kuat.Yg paling pentinh,murah dan bagus talinya.Smg bs bantu.

Satu lagi,jgn sekali kali tangkringan dilapisi handuk,spt sy awalnya spy nyaman dan empuk,ternyata malah bulu2 nya nyangkut ke kuku burhan,dan accident,jd jgn sampe ketololan sy terjadi ke yg lain.Kasian sekali.Jd posisikan klo kita yg jadi pet,maka kita akan empati ke mereka.

terima kasih untuk mas agus buat advicenya. saya setuju. :D

Sama2 dok,krn accident,waktu dan pikiran abis tuk selamatkan si Tyto sp saya ngga sempat persiapkan show CFA kcg sy dgn sawasdee thailand.Maju apa adanya pdhl daftarnya per ekor ampir 2jt.Hamdallah,3 ring dpt hsil bagus dr 8 ring.Ni sharing ja ke tmn2,jadilah animal lovers yg smart dan logis,jgn semau gue.Sukur2 rescue,sehat,lepas tp dgn SOP yg bner,jd mrk survive di alam.

saya setuju dengan ide lepas liar. (y)
tapi mungkin mengedukasi masyarakat dulu agar menjaga kelestarian alam, berhenti memburu, dan berhenti membeli apapun yang berasal dari hewan, baik mati ataupun hidup... :)

Dok saya tadi habis beli burung hantu jenis barn owl umur 3 bulan,pas sudah nyampek rumah burhan nya saya taruh di perch,dan dikasih tali,lalu burungnya nggk bisa diam,burhan nya ingin bebas,lalu saya taruh aja di kandang tpi dikandang kan sempit,lalu kalau nggk ada ruangan kosong gimana dok

Misi dok saya habis adopsi burung hantu jenis barn owl,pas smpe rumah,burhan nya saya taruh di perch,lalu dia brontak ingin lepas ke alam bebas lalu selakarang saya taruh di kandang

hallo dok. saya mau tanya nih. saya baru adopsi owlm usia juve awal dan di kirim dr luar bali. kebetulan saya ada di badugul bali. apa hal pertama yg harus saya lakukan sesampainya owl drmh. apa langsung di perch apa bagaiman dok? mohon jawaban dr dokterm trimakasi. saya masi newbi dok

sebelumnya maaf karena baru balas. maaf sekali. :(
karantina dulu, caranya bisa dibaca di artikel cara karantina burung hantu.
untuk referensi, mas bisa baca artikel saya PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU dan artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT. silakan dibaca2 dulu. :)

kabari lagi

trimakasih banyak atas jawabannya dok. untuk saat ini "tito" BO saya keadaanya baik dok, rajin bunyi pagi siang malam... trus bonding lumayan cepet baru 2hari dirumah tp dia baik, latihan juga lancar dari tahap FOF.JTTF.FTFF.SAMPEK FF dlm waktu 2 hari sudah bagus dok. krn dari awal 'tito' skill nya udah 20m++ free flight dok. oh ya salam buat errol n padma dok ya..

Wow, dari awal beli udah bisa freeflight? berarti bukan hasil tangkapan liar ya mas, tapi beli di orang yang tadinya melatih si tito, begitu? :D

mas bisa kasih super-n rutin. pokoknya untuk menjaga kesehatan tito, focus ke warna fesesnya dan kasih super-n secara rutin. oh ya, satu lagi, makanannya. karena penyebab barn owl sakit biasanya berkaitan dengan makanan. :)

Dok,sy baca indikasi super n hanya saat sakit,dosis 3x selama 5hari. Mngkin rutin bisa pake vitamin brg.BTW,skrg sy rutin ayam potong,dagung sapi beku,sblm kasih,kluarin gunting kecil2, sp dingin ilang,klo buru2,piringnya taruk kompor bbrp detik.Simple jg sehat.Emprir udah jarang,kmarin coba anak puyuh,nalah paruh kluar lendir.Jadi ayam potong aman,sehat,kuat,bahkan saat kaki patah,skrg kuat perkasa,kakinya yg patah cengkeram dan nyangga kaki satu.

nggak juga, mas. super-n bisa rutin diberikan kok, gak cuma saat sakit aja. tapi tentu saja, dosisnya sudah saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat. :)

kakinya udah mendingan kalo gitu? :)
kabari lagi ya... :)

Kalau sy baca di botol super n sih gitu,ada lkp keterangannya,dosis dll nya. Kaki totally seperti semula,sambungannya aja jd gede dan agak geser dikit.Trrnyata ga sia2 sy jalanin instruksi peternak burung dan searching di internet.Tp 90% ya ketelatenan merawat,krn nyuapin sehari 4x,dipegangin jg,klo ga niat besar dan tanpa mikir biaya,ya sulit terwujud.Yg utama ridlo Allah,sy bs ngobatin.Skrg jd sering bangun,ngecek.Dr ART sp perawat,bangun malam,tengok garasi.Trauma.

malam dok. kebetulan tadi pagi saya ke pasar burung yg ada di denpasar. saya udah beli super-N cara ngasiknya gmn dok ya? klo BO saya pegang takutnya dia bakal stres.biasanya klo manning saya panggil nangkring dah dia ditangan saya. mohon penjelasannya dok

udah ada caranya di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU SEHAT.
selain diteteskan langsung, bisa juga ditetesin ke makanannya dulu.

Utk tman2 yg cari glove bagus kulit asli dll,sy mau jual,spt baru dan baru:glove kulit sapi asli panjang merah hitam,lease swivel dr paket,lease baru blum pake 10m ringan,shampo seharga 25rb,super n dan vitamin vita pro,peluit dan tenggeran paralon terbalut tali pramuka.Klo tertarik hanya 300rb nett,jgn tawar2,take it or leave it,total aslinya bs 500an ribu. Siapa cpt dpt.Serius email dlu bagussaptono@yahoo.com. Burhan sy sdh bebas,klo ga bs berburu,ada tenggeran tinggi yg dia bs datang anytime.

yang cari glove, silakan hubungi mas agus saptono... :D

makasih banyak buat tipsnya... :)

Sama2dok.Skrg ga mau lagi miara dgn ngiket,jd udah bs tdur pules,ga was was dan nyuruh org2 gantian cek garasi klo malam.Smg lama2 dia survive di alam,klo ga msih ada tenggeran tinggi diatas klo dia lapar balik.Lega bs rescue kaki patahnya normal lg,tp suka kepikiran klo dia ditangkap org atau ditembak.Ada Allah yg ngatur,pasrah.

selain glove, jual apa lagi, mas?
kalau mas banyak jual perlengkapan owl, nanti saya buatkan artikelnya.. mau?

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 229   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.