Ciri-ciri Landak Mini Sehat | Drh. Fira Sovica

Landak mini banyak dipelihara sebagai binatang peliharaan, maka dari itu mengetahui

ciri landak mini sehat

adalah wajib bagi mereka yang ingin membeli landak mini. Hal ini dikarenakan rupanya yang lucu dan menggemaskan. Nah bagi pembaca yang baru ingin memelihara landak mini dan ingin tahu apa saja ciri-ciri landak mini yang sehat, bisa membaca beberapa ciri-ciri landak mini sehat berikut ini. Oh ya, anda juga bisa membaca cara memandikan landak mini di artikel cara memandikan landak mini.
  1. duri lengkap.
  2. Ciri pertama dalam menentukan kesehatan landak mini adalah kelengkapan duri. Meski tidak melulu menjadi hal krusial dalam menentukan kesehatan landak mini, bisa jadi duri landak yang tidak lengkap menjadikan ciri landak tersebut berkutu.
  3. tidak berkutu.
  4. poin kedua dalam artikel tentang ciri landak mini sehat ini adalah tidak berkutu. untuk melihat berkutu atau tidaknya seekor landak mini, pembaca bisa memperhatikan hidung landak mini, apakah ada bintik putih bergerak-gerak kesana-kemari atau tidak. jika ada, maka bisa dipastikan landak tersebut berkutu.
  5. hidung berwarna cerah dan tidak berair.
  6. ciri landak mini sehat yang ketiga adalah hidungnya berwarna cerah dan tidak berair. hidung landak yang berair menandakan bahwa landak tersebut menderita pilek, sedangkan hidung yang kusam menandakan bahwa landak tersebut kurang nutrisi.
  7. aktif bergerak, menggulung jika disentuh.
  8. landak mini yang sehat akan bergerak aktif dan menggulung diri jika disentuh. hal ini tentu saja berkenaan dengan naluri si landak itu sendiri. landak yang sakit akan malas-malasan dalam bergerak bahkan akan diam saja jika disentuh.
  9. nafsu makan normal.
  10. landak mini yang sakit tidak hanya akan makan sedikit atau bahkan tidak makan samasekali.
Demikian adalah beberapa

ciri dan tanda landak mini sehat

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel singkat di atas bisa menjadi acuan bagi anda dalam memelihara landak mini. Terima kasih. (FS)

180 Responses to "Ciri-ciri Landak Mini Sehat"

  1. Cara menggemukkan landak mini gmn ?

    ReplyDelete
  2. Dok,saya baru beli landak hutan tp kaki belakangnya bengkak ada lukanya, bulu ekornya botak/rontok,bulunya kotor dan bau.cara ngobatinya gimana dok?


    Apakah cara merawat landak hutan sama dg merawat landak mini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. merawat landak beda dengan merawat landak mini.
      untuk lebih jelasnya, lebih baik saya sarankan agar landaknya dibawa ke dokter hewan terdekat. selain lebih lengkap dan lebih jelas, juga untuk mendapatkan antibiotik untuk infeksi di kakinya..... :)

      Delete
    2. Dok landak mini saya masih kecil masih skitar 2 bulanan, nah dia jatoh dari atas lemari terus kakinya patah, gmana ya dok?:(

      Delete
    3. kenapa bisa jatuh dari lemari? :(
      masih hidup?

      kalau emang kakinya patah gitu, mending segera bawa ke dokter hewan terdekat, mas... :(

      Delete
    4. dok saya kemarin beli landak mini, sehat si kalo diajak keluar lari2 tapi kalo di kandang ngumpet n bobo terus. normal ga ya dok ? tp makanan si banyak dan poop nya padat..

      Delete
    5. normal kok...
      mas pake kandang apa? jangan pake kandang jeruji ya, pake kandang akuarium aja...

      Delete
  3. Saya gak tau tempat dokter hewan d majalengka,kalo pun tau jarak dr tempat saya sangat jauh dan keterbatasan biayanya jg dok :) skrng saya lg coba obatin yg luka pakai rivanol dg d semprotkan dan air minumnya di kasih amoxillin,mudah"an sembuh....


    Tolong dok buat artikel tentang cara merawat landak hutan biar tau bagaimana merawat landak yg baik dan benar...makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecuali untuk kasus khusus seperti bedah dll, biaya dokter hewan relatif terjangkau mas. :)
      iya, semoga sembuh ya mas.
      baik, nanti coba saya buat artikel memelihara landak jawa... :D

      Delete
  4. Alhamdllh dok,skrng bengkaknya sdh agak mengecil.... :)

    Untuk makananya saya kasih pisang,ubi"an,timun dan kacang panjang....itu sdh benar blm dok kasih makananya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu sudah bagus. sesekali kasih jangkrik juga mas... :)
      semoga sehat.. :)

      Delete
  5. Kasih jangkrik dok?memang gak apa" kalo di kasih jangkrik walau kakinya msh bengkak,jangkrik kan mengandung protein?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya nanti kalau udah sembuh bengkaknya... :)

      Delete
  6. Ohhh,,,,iya dok :)

    Dok mana artikel cara memelihara landak jawanya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. besok saya share, insyaallah. saya sedang diluar kota, sedang pelatihan.
      apa kabar hewan2nnya mas? :)

      Delete
    2. Oh lg sibuk ya dok,,,,alhamdllh semuaya sehat,kecuali si "MATRIX" (landak) kakinya msh sedikit bengkak.tapi walau begitu dia makanya tetap banyak.


      Semoga pelatihanya sukses dan lancar dok :)

      Delete
    3. sudah saya posting artikel cara memelihara landak jawanya mas.... :)

      Delete
  7. mau nanyak , kak kalo misalnya pemberian pisang atau pepaya pada landak mini , ada efek sampingnya gak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya sesekali dan tidak banyak, tidak apa2. di alamnya, landak mini juga kerap memakan buah, daun, dan akar meski makanan pokoknya adalah serangga....

      Delete
  8. Dok, tau cara menyembuhkan landak mini dari pilek? Mohon jawabannya ya. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengobati landak mini pilek.
      cari di bagian cari artikel... :)

      Delete
  9. Dok, saya ada landak mini di rumah, tidak saya kandangin, saya lepasin di halaman belakang. Nah tiba - tiba kemaren waktu mau kasih makan kaki kanan bagian depan luka, kakinya semacam memar sampai patah gitu Dok :'( Itu pengobatannya bagaimana? Kalau di bawa ke dokter hewan memerlukan biaya berapa ya Dok? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan diliarkan di halaman gitu aja mas. taruh di kandang kaca (akuarium, tapi jangan dikasih air :D ) yang dikasih alas bidder/alas kandang serbuk kayu....

      bawa aja ke dokter hewan. murah kok, gak sampe 150k...

      Delete
  10. Sudah saya baca dok cara memelihara landak mini.. cuma ttp masi bingung gimana cara biar landak nya suka catfood.. landak saya cuma mau mkn, ulethongkong,jangkrik,telur rebus, aple, ubi .. nah saya takut landak nya obesitas-katarak / kekurangan gizi seimbang.. yg saya tau hrs kasih makan cf buat mknan pokok nya coz paling aman tp bagai mna cara nya dok.. udh 7hr nih dok saya kasih mkn yg saya sebutin td.. abis semua dan lincah dok cuma ttp takut efek samping dr mkn tsb.. mohon bantuan nya cara biar mau mkn cat food / merek dan cf apa yg biasa nya.mau di mkn oleh lanmin

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru kalau kebanyakan kasih makan catfood, kemungkinan obesitas dan katarak lebih besar mas. saya lebih suka dengan porsi makanan yang mas berikan sekarang ketimbang kasih catfood kepada landaknya. :)

      sebenernya bisa diakali agar landaknya mau makan CF. coba puasakan dulu selama 30 menit. misalnya, mas biasa kasih makan jam 8 pagi. jangan dikasih makan sampe jam 8.30, lalu berikan catfood. itupun kalau mas siap dengan resiko mencret ya mas. soalnya biasanya landak suka ada yang mencret kalau diberikan makanan yang tidak biasa... :)

      sehat selalu buat landaknya.

      Delete
    2. Owh brt gpp yah dok klo di kasih makan uhong,jangrik, telor sama buah buahan yh dok.. kmrn saya takut nya dia(sonia) kekurangan gizi /kelebihan lemak... thank yah dok maaf nanya melulu saya nya hehe...

      Delete
    3. saya malah seneng kalau ada yang bertanya mas...
      bisa kemari lagi jika ada yang mau ditanyakan.. :)

      Delete
    4. Thank you dok.. hehe makasih bnyk dah jwb trs dr kmrn.. maaf nih dok mau nanya lg.. landak mini saya kenapa yh dok cuma mau mkn klo di liatin saya sama di kasih mkn nya di tangan saya (taruh mknan nya di telapak atau di sendok) klo di taruh di tempat mkn di cuekin plang klo di mkn cuma sedikit bgt ,tp klo di tangan di mkn bnyk dok.. seperti kmrn saya kasih mkn nya ulet hongkong,jangkrik, telor rebus saya mix pagi jangkrik, siang ulet,mlm ulet sama telor coz klo catfood gak mau.. n wajar gak dok klo landak mini saya aktif bgt coz dia cuma tidur dr jm 12-9mlm nah dr jam 9 mlm sampai pagi dia minta keluar kandang n lari larian gak diem jd saya kepar 4 jm masukin kandang lg 2jm trs keluarin lg.. coz klo udh mau main dia g mau mkn .mlh naikin tangan saya n bru mau mkn lg klo udh 3jm lari larian dan sama hanya mau di suapin / dr tangan saya..maaf gangu yh dok

      Delete
    5. kalau landak mini lebih aktif pada malam hari, itu wajar. mereka kan nocturnal (hewan yang aktif di malam hari). :)

      kayaknya si hedgehog udah terlanjur imprint sama masnya. mungkin karena sudah terbiasa diajak main kali ya. :)
      namun sebaiknya diajari juga mas agar dia mau makan sendiri. gini aja caranya. makanan yang mau diberikan, mas pegang pegang dulu selama beberapa menit. misalnya mas mau kasih ulat hongkong. nah ulat hongkongnya mas pegang dulu di tangan dengan cara dikocok-kocok di rongga tangan (ulat hongkongnya ditangkupkan di kedua tangan, lalu kocok-kocok selama 2 hingga 5 menit). setelah itu baru taruh di tempat makannya. tujuannya agar makanannya bau tangan mas dulu.... :)

      oh ya. kasih nama mas landaknya. kalau yang udah ngerti, mereka kadang suka nyamperin kalau dipanggil... :)

      Delete
    6. Dok, mau tanya kenapa landak mini saya tidak mau pup di serbuk kayu seperti biasa? Tapi kalau keluar kandang langsung pup sama pipis banyak bgt , kuharap dia tak kenapa"..

      Delete
  11. Owh gitu yh dok... syukur deh dok klo normal ,habis bru x ini sama puya hewan yg aktif bgt main biasa nya, marmut2x,sama semua hamster saya klo main paling lama 6jm(tampa bola) , bru x ini ada yg 12jm aktif lari larian tampa istirahat ,hehe jd saya takut dia knp" klo main kelamaan takut kecapekan.. owh gitu, memang awal nya si saya bermaksud ksh mkn di tangan biar cpt jinak dok kaya semua hewan saya.. tp bru x ini juga yg jd keterusan mkn di tangan.. thank you dok advice nya tar saya ikutin dok... landak nya sudah saya kasih nama : sonia.. cuma kaya nya blm ngerti nama coz klo di panggil gak nengok itu juga cuma mau di pegang sama saya klo udh saya deketin tangan saya ke idung nya klo or g lain yg megang langsung jd bola duri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng bisa bantu para animal lover. mas. :)
      kebersihan kandang, ketersediaan pakan, dan cara memelihara landak mini yang tepat, itu yang harus mas lakukan. mau nyoba ternak landak mini mas? :)


      kalau soal artikel dicopas tanpa menyertakan sumbernya sih saya udah bosan, mas. toh bener juga kata mas, bahwa yang copas arrtikel belum tentu bisa jawab kalau ditanya soal artikel yang dia copas. kalau mas mau, mas bisa sering2 share artikel di blog ini di facebook atau di sosmed lain yang mas punya.... kasih tau juga bisa konsultasi gratis dengan saya di blog ini... :)

      Delete
    2. Thank you dok, selalu klo tentang bersihin kadang tiap hari selalu di check pup nya dan di angkat langsung , dan setiap 4hr 1x di bersihin kandang nya.. klo makan entah kenapa dr dulu saya seneng bgt kasih mkn hewan saya sampai pd gemuk.. enak ajh ngeliat hewan pd mkn lahap.. klo ternak si kaya nya gak dok dr dulu saya sekeluarga seneng melihara dok bukan buat jual coz pasti gak tega klo ngejualin ank" nya.. saya lbh suka jdin hewan seperti sahabat rumah.. bukan binatang maka nya semua hewan saya.. di kepar di rumah sampai ayam saja saya kepar di dlm ruang cucian.. sudah tirunan dr ayah saya pegemar hewan dan gak suka ngurung hewan di kandang..
      Iya dok agak kesel jd nya klo diat orng buat posting tp orng orng pd nanya gak ada yg di bales dan semua nya sama kaya di blog blog lain.. ini saya nemu blog dokter pas di fb ada yg shared tentang owl sertain link sini... dan pas saya liat yg blog dokter beda dengan semua blog yg ada di google..
      Sudah saya bc dok dr pas saya nanya tentang owl ke tmn tmn saya di bbm dan line yg pengemar hewan... nanti paling saya share di fb n twitter.. thank you dok.. salam dr si sonia..
      Sudah mau mkn di tempat mkn walapun hrs di liatin dulu.. thank you dok

      Delete
    3. oh, keluarga kita hampir sama. :)
      bedanya, keluarga saya rata2 pelihara burung pemburu (BOP) kayak elang, alap2, che, dll. cuma saya aja yang fokus ke owlry (pemeliharaan burung hantu). errol dan padma, burung hantu barn owl saya, barusan keluar rumah cari tikus... :)

      oh, bagus kalau sonia sudah mulai mau makan dr tempat. gak apa2 masih dilihatin, mudah2an bsk2 bisa makan sendiri.... :)

      Delete
    4. Saya juga pengen bgt meliara owl, cuma pelajaran dr yg kmrn kabur saya mau belajar sampai ngerti bgt owl dan siap mental juga beli yg dari chick biar bagus penanganan nya.. enak dok klo udh dr kecil miara bop mah nanganin nya pasti gampang karena turunan keluarga.. wih enak bgt klo bisa di kepar di luar rumah.. jd iri saya hehehe... salam dok buat owl nya..eror&padman semoga sehat owl owl nya.. n beranak pinak.. sonia sudah mau mkn di bowl nya udh g di liatin dok, thank you dok saran nya.. work tinggal yg jangkrik yg blm mau mkn jangkrik kering

      Delete
    5. yang jangkrik lakukan cara yang sama, mas. dikocok2 pakai tangan dulu... biar tau tangan... :)

      sip. bsa konsul lagi ke mari jika ada perlu... :)

      Delete
  12. *klo orng lain yg megang langsung jd bola duri.. tank you dok.. you'r really good person, thank for never tired answer my questions, God blessing you, Allah always give all the best for you..

    ReplyDelete
  13. sekali lg maaf yh dok klo bnyk nanya coz di tempat lain(blog,sosmed) pd cuma modal copy paste artikel jd orng pd nanya g bisa di jwb.. di blog dokter doang yg mau tanya jawab flexible.. semoga sukses selalu sehat, dan makin cantik juga bnyk rezeki nya ... amiin

    ReplyDelete
  14. Dok maaf menggangu lg.. saya mau nanya ni dok soni landak mini saya td pagi sama td sore di kasih makan jangkrik koq muntah dok, tp kalau uhong gpp, n masih makan dan minum lancar.. feses nya kering dok, bulet kaya feses tikus warna hitam, lari dan masih aktifaktif gerak, tp jd gak mau mkn jangrik dan nolak jangkrik setelah muntah itu.. itu kenapa yh dok bru hari ini nih dok gitu.. tp msh lari larian trs.. dan kalau di kandang dia tidak BAB, hanya pipis tapi setelah di kepar dia bru BAB. Mohon bantuan nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin emang sistem pencernaan landaknya yang lemah, mas. kadang ada yang kayak gitu soalnya. dan rata2 karena sistem pencernaannya yang lemah. coba kasih jangkriknya jangan banyak2. satu atau dua aja tiap kali pemberian. dan potong kaki jangkrik yang tajamnya (yang buat melompat). biasanya ngaruh juga.... :)

      sehat terus buat soni...

      Delete
  15. Owh gitu yh dok bukan karena sakit yh.. coz saya bingung dok biasa nya klo hewan sakit kan tdran trs atau gak mau gerak dia malah main nya bisa sampe 8jam klo udh main bisa ngabisin 4x ulet hongkong takaran tempat makan kecil / tempat tatakan gelas dok dlm 8jm tar bru mkn l setelah bangun tdr(sore) , kmrn kaget saya dok dia muntahin jangkrik nya bru makan jangkrik 10 biji yg besar langsung di muntahin sore nya di kasih 4jangkrik di muntahin lg, tp klo uhong, madu / telor tdk di muntahin, dan porsi minum nya banyk dok akhir akhir ini 1 tempat minum nya di habisin dlm 1hr (minum trs) n jd jarang tdr dok biasa nya tdr dr jam 8pagi sampai minta keluar jm 11mlm skrng bru tdr jm 2 bangun jam 8 minta keluar dan lari larian.. terimakasih doa nya dok, semoga erol,padman juga sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih madu???
      hmm, saran saya sih mending jangan, mas... :)

      Delete
    2. Maaf dok bru bls bru ada pulsa.. kmrn saya kasih madu kurma... tp udh gak lg coz dah sehatan.. kmrn dah periksa ke dokter hewan kata nya pencernaan nya yg lemah.. kemungkinan alergi landak nya atau jangkrik nya gak bersih.. kata nya lbh baik jangkrik kering.. tp dia gak mau yg kering.. skrng si udh gak pernah muntah lg semenjak di stop jangkrik nya

      Delete
    3. oh syukurlah kalau emang udah sehatan.
      kabari saya kalau ada apa2 :)

      Delete
  16. Maaf dok ganggu..saya mo tanya..saya punya landak mini anakan umur2bln jantan. biji Kelaminnya bengkak..knapa ya dok..apa bisa smbuh n bisa mjadi indukan yg sehat..

    Saya pernah ajak main sama jantan indukan dikejar2 apa karna itu ya??
    (Tapi dia masih aktif dan sehat sih dok)

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak riskan juga sebenernya.
      takutnya infeksi atau kena bakteri. dia suka gesek2 atau garuk2 bagian kelaminnya?

      saran saya sih bawa aja ke dokter hewan, mas. jaga kebersihan juga. dan buat kandang, pindahkan ke kandang tersendiri...

      Delete
  17. Dok saya mau nanya landak mini saya kalau di sentuh kaget gitu tapi kalo udh di ajak main gk kaya gitu dok , tapi kata penasehat saya si lagi pengenalan sama saya apa benar dok?

    ReplyDelete
  18. Dok saya punya landak mini dia itu kaya ada luka gitu di telinga nya , itu kenapa yaa dok? Trus saya mau nanya lagi landak saya makan nya rakus nya sama ulat hongkong doang kalo catffod gk suka , trus landak saya kalau di sentuh di kandang nya kaya kaget gitu tapi kalo udh di ajak main di sentuh kaya gitu gk kaget ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. luka basah? maksudnya, ada darahnya atau kulit yang terkoyak? kalau nggak ada, biasanya cuma kerak, mas... coba kalau habis dimandikan, dikeringkan dulu landaknya pakai hairdryer...

      kalau landak mini suka menggulung badannya saat disentuh pertama kali itu cuma naluri pertahanan dirinya saja, alias normal. sering2 aja ajak main, mas... :)

      Delete
  19. Dok, Bino (landak mini saya) beberapa hari ini sakit diare dok tapi udah lumayan sembuh... Fesesnya udah mulai padet tapi masih warna ijo kecoklatan, dan dia udah mulai mau makan catfoodnya walaupun dikit banget :") tapi dia belum mau minum dok soalnya minumnya aku campurin madu dikit (saran dari blog lain), dulu pernah muntah setelah aku kasih madu, tapi beberapa jam kemudian aku cekokin lagi (aku campur diatab juga) udah gak mutah + mulai sembuh...
    Nahhh..
    Kalo udah kayak gini sebaiknya dia dikasih makan apa ya dok? Jangkrik boleh? Disini ga ada yang jual ulat hongkong soalnya dok :"( kalo jangkrik insyaallah masih ada, terus sebaiknya jangkrik hidup ato mati dok? .. Setidaknya biar mau makan lagi tanpa mencret atau diare lah :")
    Trus dok, gimana caranya biar bino mau dicekokin madu + diatabnya?:"( soalnya susah banget dok dicekokinnya..


    Semoga dokter cantik bisa menjawab yah :") terima kasih dok sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. saya sibuk sekali 3 hari ini....

      kalau saya sarankan mending jangan dikasih madu. coba kasih air sari kurma aja.

      dikasih jangkrik boleh, yang hidup. jangan yang mati. jaga kebersihan pakannya.

      kabari saya lagi ya mas..

      Delete
    2. lebih bagus sih kasih sari kurma aja biar lebih alami. mas. kasih air dikit.

      jaga kebersihan pakan. soal jangkrik, saya belum pernah coba sih. tapi bisa dicoba...

      soal diatab, mending jangan dikasih. kasih obat diare buat bayi aja. yang sirup..

      sebelumnya maaf karena baru balas... ;)

      Delete
  20. Dok, kenalkan saya punya lanmil namanya monic, waktu kandangnya mau saya cuci dia kan saya taruh di ember gitu buat sementara, trs kan dia aktif tuh manjat" ember buat naik gitu, nahh pas saya lagi asyik nyuci kandang, tau" dia kayak wahing" gitu trs dok, padahal gda serbuk kayu juga dok, ini dia masih wahing" dong
    Kenapa ya dok :(

    Saya cari artikel ttg onat flu landak di pencarian blog dokter gda dok :( saya harus bagaimana dok ??
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... wahing2 maksudnya kayak mendengus2 gitu? mengeluarkan udara dari hidung sambil menyentak2 udara dari dalam?

      hidungnya keliatan basah nggak mas? kalo abis dimandikan, coba jemur sebentar. udara emang lagi kurang bagus buat hewan....

      kabari lagi ya mas...

      Delete
  21. Sorry ganggu dok mau nanya dong.. landak mini saya koq duri sekitar kepala nya berkurang yg srkitar tengkuk nya.. kutu si gak ada dok coz tdk garuk garuk badan.. mandi 1minggu 1x pakai shampo bayi.jonsonbaby yg honey ,kandang bersihin 5hr sekali cuci pakai antiseptik shampo.. duri nya rontok pas di kepar(keluarin ) di dlm kamar dok.. minta solusi nya dong dok buat sembuhin dan numbuhin lagi duri nya.. thank dok sebelum nya makasih dahulu sudah bantu saya sekarang umur landak saya sekitar 1thn setengah.. dan rada gemuk dok.. tolong masukan nya lg dok perihal duri rontok trsebut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas nggak tahu kalau duri landak sama halnya kayak bulu burung? mereka punya siklus sendiri untuk 'mabung' (ganti duri). kalau emang mas yakin dia gak berkutu atau gak berjamur, saya kira dia cuma ganti duri. Selama gak bikin si landak botak banget, saya kira dia cuma 'ganti duri' aja....

      jangan diajak main dulu, cukup berikan asupan makanan bergizi, dan sesekali bisa kasih minyak ikan agar merangsang pertumbuhan duri baru....

      Delete
    2. saya udah publish artikelnya, khusus buat mas.. cek 2 artikel terbaru saya... :)

      Delete
  22. dok mata landak mini saya kok bengkak gitu ya? kayak kantung mata gitu, apa dia sakit ya? makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 matanya?
      matanya suka berair atau memerah?

      kemungkinan cuma infeksi kecil doang. kabari lagi ya mas kalau masih sama problemnya...

      Delete
  23. Dok mau nanya nih ,cara mengemukan landak mini yang sehat itu hi mana ya??
    Dan landak mini saya itu sering ngaruk" badan ny itu kenapa ya dok ,apa kegatalan atau gimana ya dok?? Kasih info ny dong dok.
    Trimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggemukkan landak mini? cukup kasih makan yang banyak. dan jangan sering2 berinteraksi. saya cukup heran sebenernya dengan pertanyaan mas, hehehe. karena landak yang gemuk relatif lebih rentan mati akibat gagal jantung. dan landak yang gemuk juga biasanya agak susah untuk dikuruskan lagi. bagusnya sebenernya gak gemuk, gak juga kurus. makanya landak mini nya kudu sering2 diajak main dan kandangnya buat agak luas biar dia bisa jalan2 di sekitar kandangnya....

      wajar kok. selama kandangnya bersih dan masnya rajin bersihin kandangnya, wajar dia garuk2. sama aja kayak kucing, mereka juga kan suka garuk2 badannya juga....

      kecuali kalau kandangnya jorok, jarang dibersihkan, dan si landak suka garuk2 sering banget bahkan sampe durinya rontok, itu yang bahaya. kemungkinan kutuan. :)

      Delete
  24. Nanya donk dok
    Landak saya kaki depan belakang nya pincang
    Gara gara di mandiin
    Trus di jemur
    Kyak mana cara sembuhkan nya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab sih. bisa karena insiden, bisa juga karena mungkin asupan kalsium. kalau 22nya oke, cukup observasi aja selama 3 atau 4 hari ke depan. apakah masih sama atau nggak.

      waktu dimandiin, ada insiden? mungkin kakinya ketekuk atau jatoh? kalau gak ada insiden, cek makanannya: biasanya mas kasih makanan apa?

      Delete
  25. Ooh iya" dok trima kasi dok ,sorry baru ke balas soal ny baru ada kuota
    ,kalo buah" han yang cocok buat landak mini itu apa ya dok ? Mohon info ny ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buah, mas bisa kasih potongan pisang, apel, dan potongan pepaya. :)
      selengkapnya mungkin nanti saya buatkan artikelnya.

      Delete
  26. Hi dokter Fira, salam kenal..

    2 bulan yg lalu saya baru beli landak mini 1 keluarga, jantan 1 betina 1 dan ada anaknya 2 ekor. Saat ini kandang masih saya pisah krn betina msh menyusui.

    Nah yg jantan ini paling sering saya ajak main dok, krn betinanya masih galak ya jd saya ga pernah ajak main. Jantannya ini cukup aktif terutama kalau malam hari, makan+minum normal meski tdk sebanyak betinanya.

    Nah saya bingung dok,saya kan pergi keluar kota 5 hari, selama itu ayah saya yg urus. Ayah saya baru aja blg kalau landaknya jd malas makan, malas minum, kerjaannya tidur mulu & pupnya pun sedikit sekali. Menurut papa saya sih semenjak saya pergi, krn wkt saya blm pergi itu dia masih normal & masih sempet main sama saya. Itu kira2 landaknya kenapa ya dok? Diem seharian, malam pun dia ga ngiter2 spt biasa cuma tidur aja di pojokan. Saya takutnya sakit kutuan atau gmn soalnya waktu awal saya beli dia suka garuk2, tp udah saya mandiin sih & setelah saya mandiin udah jarang garuk2.

    Boleh minta saran & masukannya dok? Terima kasih sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bilang sama ayahnya mas, tetep kasih makan kayak biasa. terus cek fesesnya. tahinya. apakah jadi mencret atau nggak. kalau nggak (tetep kayak biasa), berarti sehat. kalau mencret, mungkin emang sakit. kemungkinan karena kondisi kandangnya kotor... :)

      Delete
  27. Dok mata landak mini saya tiba2 bengkak kecoklatan bernanah seperti mau keluar. Skrg tidak mau makan. Sdh saya bawa ke dokter tapi blm ada perubahan. Bagaimana cara mengobatinya dok? Mohon bantuannya. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dokter hewan, dikasih antibiotik nggak mas?
      kemungkinan infeksi itu. kebersihan kandangnya dijaga. dan makanannya, kasih buah-buahan aja. potongan pepaya atau pisang. JANGAN dikasih asupan protein APAPUN. :)

      Delete
  28. Iya diberi obat racik dan salep bioplacenton. Kalau hanya buah2 an saja apa tidak tambah lemas dok? Krn saya sepet cat food hanya bisa msk sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru kalau mbak kasih catfood terus, matanya malah makin parah nantinya. :)

      Delete
  29. dok, saya mau tanya soal landak mini saya.
    saya punya sepasang Landak Mini dlm container.
    tiap malam terkadang saya biarkan berada di rumah berkeliaran, tdk ddlm kontainer, sampai paginya saya lihat landak mini yg jantan badannya penuh darah, di bagian kakinya berdarah banyak sekali.

    setelah saya basuh dgn air, di kakinya tdk ada luka sama sekali.
    saya letakkan lagi di lantai, dia bertingkah lincah seperti biasanya.

    malam selanjutnya, saya biarkan berdua di dalam kontainer.
    tapi tetap saja paginya ada banyak darah di dasar kontainer.
    kali ini yg berdarah jantan dan betinanya.

    saya perlakukan sama spt sebelumnya yg saya basuh dgn air, namun tdk terlihat ada luka sama sekali dibagian atas maupun dibagian bawah landak mini saya.

    kenapa kira2 landak mini saya dok?

    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah lo...
      kok bisa ada darahnya?

      fesesnya gimana mas? mencret gak?

      setelah darahnya dibersihkan gitu, dia samasekali gak keliatan kayak sakit gitu? mungkin murung?

      yang saya heran, kok bisa di dalem kontainer dia masih berdarah? kalau pas diluar, mungkin bisa aja ada tikus yang ketusuk duri or something, tapi di dalam kontainer kok bisa? :D

      mas gak ada dugaan?

      coba cek bagian bawah tubuh landaknya, mungkin ada luka di situ...

      Delete
  30. Dok izin bertanya
    Kan saya punya landak mini jantan umur 2blnan nah sering garuk" punggungnya tiap bgn tdr tp diliat idungnya gaada bintik putih tanda" kutu diliat d sekitaran badannya jg gaada,,apa itu normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya bersih gak?
      seberapa sering biddernya diganti? kandangya dibersihkan??

      kalo soal garuk2 sebenernya normal. garuk2 doang kan, durinya gak rontok? :)

      Delete
  31. Iyap seperti dokter saranin tiap ada pee atau pup di biddernya diambil tp klo keseluruhannya seminggu sekali sekalian di cuci bersih terus dikeringin kandangnya

    Iya garontok ko dok.. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira wajar kalau gak rontok dan cuma garuk2 doang...
      karena sama kayak kucing, landak juga grooming (suka garuk2 dan membersihkan bulunya dengan cara garuk dan jilat)....

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. ohh oke deh dok makasih infonya..
    salam dari bonny :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga dari errol dan padma. :D

      ditunggu kabar selanjutnya ya mas...

      Delete
  34. Assalamualaikum bu dokter mau tanya kok landak saya jadi agak malas2an dan suka garuk2, makannya pun sedikit tapi kalau dikasih ulet sangat doyan, mhon bantuannya ya bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya berapa hari sekali dibersihkan? :)
      umur landaknya berapa, mas?
      di badannya banyak ketombe?
      kalau cuma garuk2 doang, sebenernya normal sih. :)

      coba sering2 dimandikan landaknya, tapi gak sembarangan. baca artikel saya CARA MEMANDIKAN LANDAK MINI.

      Delete
  35. Assalamualaikum bu dokter mau tanya kok landak saya jadi agak malas2an dan suka garuk2, makannya pun sedikit tapi kalau dikasih ulet sangat doyan, mhon bantuannya ya bu

    ReplyDelete
  36. Dok mau nanya lg
    Kan saya baca" artikel lain katanya kebiasaan lanmin suka tdr siang bisa diubah jd tdrnya mlm aktifnya siang.. Apa bener bisa gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga yang begitu, mas.
      perubahan pola perilaku bisa terjadi pada semua hewan. saya sudah bahas di artikel OTTER TAKUT AIR

      Delete
  37. Dok saya punya landak usia sekitar 4,5 tahun. Udh hampir 4hrian ini landak saya tidak mau bergerak hanya tidur2an saja. Kira2 itu knpa ya dok? Dan musti diapain landak saya biar bs bergerak lagi? Trimaksih sblumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...

      untuk nafsu makannya sendiri gimana, mbak?
      masih mau makan?
      tahinya gimana? mencret nggak?

      kandangnya luas nggak?

      coba aja ajak main. mbak keluarkan dari kandang, terus taro di lantai. ajak main di situ... :)

      Delete
  38. dok, saya baru pelihara landak mini. kemarin kotorannya hijau (ga hijau terang), tapi makannya tetep lahap dok. itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  39. dok, saya baru pelihara landak mini. kemarin kotorannya hijau (ga hijau terang), tapi makannya tetep lahap dok. itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup jaga kebersihan pakannya aja mbak. kasih makan secukupnya aja, jangan sampe kelebihan banyak.

      kalo dalam 4 jam ada sisa makanan gak kemakan, buang aja...

      maaf karena baru balas. kabari lagi

      Delete
  40. Dok, landak saya mendadak lemas jln nya juga terhuyung" dan ga mau mkn, minum jga ga mau. Pup ny warna hitam padat bkn ijo. Mesti gmna ya?
    Terima kasih..

    ReplyDelete
  41. Dok pemberian ulat hongkong setiap hari itu gapapa? Apakah nantinya menyebabkan katarak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending jangan mas.
      maaf karena baru balas.
      kabari lagi.

      Delete
    2. Dok mau tanya lg untuk penambah nafsu makan landak mini diberi apa ya dok? , landak saya skrg ini nafusnya makannya agak kurang gak sperti biasanya

      Delete
    3. emang nafsu makannya gimana mas? bisa kasih curcuma plus sih. tapi jangan terlalu banyak.

      mas biasa kasih makan pake catfood/dogfood? ambil sebutir catfood/dogfood, celupin di curcuma plus, terus kasih ke landaknya... lakukan 5 kali (5 butir catfood), dan cukup lakukan seminggu sekali aja....

      hentikan pemberian kalo abis dikasih curcuma plus fesesnya jadi mencret...

      Delete
    4. Rada menurun sih dok saya pake CF biasanya saya kasih 1sdm habis dlm semalam skrg lg engga -_- , dan landak mini saya kyak susah gemuk dok ukurannya biasa aja pdhal kalo dibandingkan sama temen temen saya yg pelihara lanmin juga ukurannya lumayan terpaut jauh punya saya terbilang kurus , terimakasih ya dok saran nya nanti akan saya langsung praktekan :)

      Delete
    5. fesesny gimana mas? bisa kirim gambarnya kemari? upload aja di bagian Silakan upload gambar, terus linknya taro di komentar....

      Delete
    6. oh ya, selain cf/df, mas kasih makan apa lagi? cuma cf/df doang? coba kasih ulet hongkong...

      Delete
    7. Selain cf saya beri ulet hongkong dong 3 hari sekali rutin

      Delete
    8. Maaf dok dritadi saya upload gambar nya gabisa hehehe :) , fases nya hitam menggumpal dok samaa sperti fases kambing namun lebih panjang

      Delete
    9. https://plus.google.com/111376184858238004901/posts/L3aTjnfpPU1

      Delete
    10. Sudah bisa dok itu link nya

      Delete
    11. nggak kebuka mas gambarnya.
      di atas kolom tulis komentar ada bagian "silakan upload gambar". upload aja di situ. linknya ntar taro di komentar....

      selama fesesnya nggak mencret, saya kira dia masih sehat....

      Delete
  42. Dokter saya mau nanya, saya baru tau kalau landak saya sakit kayanya digigitin temennya berdarah berkerak sama bernanah lukanya dia bersuara kalau dipegang biasanya ngga bersuara kayanya kesakitan gitu, gimana ya dok kalau di bawa ke dokter biayanya akan habis besar tidak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera pisahkan keduanya....
      jangan disatuin.

      ada kemungkinan stress? mungkin kandang terlalu panas atau terlalu bising? karena bisa jadi karena itu...

      nafsi makan gimana?

      iya, mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin. terutama yang luka. biar dikasih obat. murah kok biayanya. kalo toh mau dikasih obat sendiri, baca dulu artikel saya: dosis amoxicillin untuk hewan... kasih obat itu...

      Delete
  43. Dok mau tanya waktu yang pas ngasih makan landak mini kapan aja sih? 2xsehari? 3xsehari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya: CARA MEMELIHARA LANDAK MINI

      Delete
  44. Mau nanya lagi dok, kalo misalnya landak mininya suka garuk2 punggung pake kaki belakang itu normal ga sih? Soalnya ga ada indikasi jamur or kutu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak sering garuknya, wajar kok mas... sama aja kayak kucing, mereka garuk2 untuk membersihkan bulunya...

      Delete
  45. Kalo landak mini saya di dalem kandang jadi pemarah tpi kalo di luar aktif banget, itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lebih sering diajak main lagi, mas.
      biar dia lebih kenal sama mas...

      dia kalem di dalam kandang karena dia merasa lagi di wilayahnya... :)

      Delete
  46. Permisi dok. Landak saya udah 2 hari ini susah makan & minum. Makan lahap kalau diberi ulat hongkong, tapi cf nya enggak. Minum bener2 jarang dan harus saya cekokin baru dia minum, itu juga sedikit. Feses nya juga hijau dan agak cair. Penanganannya gimana ya dok? Khawatir saya

    ReplyDelete
  47. Dok landak mini aku sebulan lalu kakinya nyangkut di kandang.. sampe skrng masih bengkak, udah sering aku rendem air anget + garem tapi gak ada perubahan menurut aku, and than durinya kalo di mandiin rontok 1..trus dia punya katarak dok.. apa yang mesti di hindari untuk makanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan terdekat... karena penyakitnya udah cukup komplit. biar dapet asupan antibiotik buat bengkak dan kataraknya.

      untuk semenatra, kasih buah aja sebagai makanannya, biar bengkak dan kataraknya gak makin parah...
      kasih pepaya dan pisang..

      Delete
  48. hallo dok.. aku mau tanya, landak aku kan masih kecil sekitar 2 bulanan lebih, dia makannya normal sih lahap gitu tapi dia suka bab terus dan kalo diliat2 agak basah (apa emang kalo baru keluar itu basah terus jadi kering) dan warnanya ijo gelap, tapi kalo lama2 kering warnanya jadi agak coklat.. itu gak apa2kan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama fesesnya gak mencret dan dia masih mau makan, saya kira dia masih sehat...

      nasihat saya, jangan sampe dia kedinginan...

      Delete
    2. ohh gitu oke dok makasih ya, jadi selama dia makannya lancar dia gak kenapa2kan dok?

      Delete
    3. nggak kenapa2 kok... cek terus fesesnya...
      dan pastikan kandangnya hangat. karena cuaca lagi gak bagus....

      Delete
    4. Dokter nanya lagii yaa hehee.. Landak aku pas lagi main sama aku itu durinya satu copot, itu gak apa apakan?:(

      Delete
    5. gak apa2. wajar kok.
      sama aja kayak kucing, yang kalo lagi kita elus, bulunya suka copot. nah, landak juga gitu... :)

      Delete
    6. Makasih banyak ya dokk mau ngejawabin pertanyaan akuu.. Makasihhh

      Delete
    7. Makasih banyak ya dokk mau ngejawabin pertanyaan akuu.. Makasihhh

      Delete
  49. Selamat malam dok, saya mau tanya landak mini saya sudah 2 hari ini gamau makan trus pup nya itu ijo tapi tdk encer dia kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sampe landaknya kedinginan, itu saran saya.
      terus kalo dalam 3 hari masih sama, mending bawa ke dokter hewan terdekat...

      sementara, kasih air jahe aja. tapi jangan terlalu pedes. jadi, campur dulu pake air mineral biar gak terlalu 'tajem'...

      Delete
  50. Dokter ada obat kutu khusus buat landak mini gak? Kalo gak ada alternatifnya pake apa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake sampo khusus aja mbak.
      bisa pake shampoo khusus kucing juga, yang khusus buat kutu.

      Delete
  51. Dok mw tanya, saya punya landak kira2 umur 4 bulan kupingnya satu ilang berdarah, yg satu lg melndungkek mo pecah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas jelaskan dulu, kenapa?
      awalnya kenapa?

      yang kupingnya berdarah, kasih betadine aja dulu...

      terus itu melendungnya kenapa mas?

      Delete
    2. bisa jelaskan dulu kenapa hidungnya ilang dan melendung?

      coba jelaskan lagi, mas...

      yang telinganya ilang, yang berdarah, coba kasih betadine aja mas...

      Delete
  52. siang dok, mf menganggu bntar. sy mw bertanya seputar landak mini :

    1. landak mini sy yg indukan, ada benjolan antara dada dgn ketiaknya. apa itu berbahaya bagi si landak?
    klw dioperasi, mahal / gak ya dok?
    atau ada obat tradisional yg bs hilangkan benjolan tsb?

    2. sy pny ank landak mini, yg msh umur 15 hr. tp kedua kaki belakangnya digigitin sm induknya smpe busuk & putus. akhirnya sy pisahin & sy obatin pake obat biru,
    - pake obat itu ap bs kering ya dok?
    - trs sy ksh susu bayi yg sgm LLM free laktosa, kira2 bs bertahan hidup / gak dok ?
    - utk penghilang rasa denyut / antibiotiknya, bagus pake obat apa ya dok ?

    makasih sebelum & sesudahnya, jk dokter mw menjawab pertanyaan sy

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. dia suka garuk2 bagian yang ada benjolannya? nafsu makannya bagus? dia sering gerak nggak?
      mending checkup aja dulu ke dokter. saya kira sih gak mahal. dan gak serius. :)

      2. cukup kasih obat merah betadine aja mbak. dan betul, mending dipisahkan aja.
      bisa kasih amoxicillin. cek artikel saya, dosis amoxicillin untuk hewan. :)

      kalau emang memungkinkan, perban aja luka di kakinya. kalau lukanya kecil, bisa kasih plester luka... :)

      Delete
  53. 1. yg indukan itu, dy gak pernah garuk2 dibagian benjolan itu, gerak ya klw lg makan aja dok selebihnya tiduran trs, makan pun gak terlalu lahap x spt biasanya. itu udh parah atau blm ya ?
    2. utk yg anakan landak, boleh kan dok sy ksh susu sgm llm + makanan kucing yg sy haluskan ?

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. 1. yg indukan itu, dy gak pernah garuk2 dibagian benjolan tsb, gerak ya klw lg makan aja dok selebihnya tiduran trs, mkn pun gak terlalu lahap x spt biasanya. itu udh parah atau blm ya dok ?

    2. - dok anakan landak sy ksh obat amoxicillin, pup-nya kok berwarna hijau muda tp padat gak mencret. itu normal atau gak cocok ya dgn obat tsb?
    - trs boleh gak sy ksh anakan landak tu susu sgm llm dicampur dgn catfood yg sdh sy haluskan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. kalau ditekan, keliatan lunak?
      saya sarankan, makanannya diganti aja. coba ganti pake buah-buahan aja. potongan pear, apel manis, pisang. jangan dikasih makanan yang mengandung protein tinggi kayak dogfood/catfood. kasih buah-buahan aja. :)

      2. normal kok lanjut aja. :)
      mending tanpa dicampur susu aja mbak. kasih wetfood aja. :)
      kalau masih luka sih sebenernya sama treatmentnya, kasih buah aja. biar lukanya cepet sembuh dan cepet kering. tapi kalau emang udah dikasih amoxicillin, nggak apa2 deng. :D

      kabari terus

      Delete
  56. 1. Sy tekan bagian benjolan itu sih lunak dok, trs smlm sy liat sesekali dy menggaruk bagian benjolan tsb. apakah itu parah?

    2. kakinya sih udh kering dok, itu anak landak mini sy jantan dok. apakah nantinya dy msh bs dikawinkan dok, dgn kondisi kedua kaki belakangnya putus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. saya khawatir sih. mending saya sarankan kasih buah aja, mbak.
      atau kalau emang mbaknya worried, mending check aja ke dokter hewan...

      2. bisa. masih bisa dikawinkan kok. :)

      saya dan tim mengucapkan selamat hari raya idul fitri. maafkan jika banyak pertanyaan yang telat dibalas ya mas/mbak... :)

      Delete
  57. Selamat sore dok, ini tadi saya barusan bersihin kandang landak saya, tiba2 kaget kok matanya membengkak gtu, kek ada selaput lendir + sedikit nanah, kira2 kenapa ya dok? dan ngobatinnya gmn? padahal saya bersihin kandang 2 hari smpe 3 hari 1x..terima kasih dok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kasih amoxicillin sih.
      tapi kalau saya sarankan mending mas bawa ke dokter hewan aja... dan jaga kebersihan kandangnya juga ya mas...

      Delete
  58. Dok,saya punya 2 lanmin,tiap kali saya kasih makan catfood,poopnya selalu sedikit,tapi tiap dikasih ulayhongkong poopnya banyak,terus kadang poopnya ga item,kadang" merah,terus ga keras dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama dia masih mau makan, saya kira dia masih sehat, mas. :)

      nggak pernah dikasih buah? pisang atau pepaya? minimal seminggu sekali kasih buah... potongan pisang atau pepaya...

      Delete
  59. Dok mau nanya, landak saya skrg lemas ga seperti dulu lincah dan kalo jalan terhuyung2 terkadang jatuh gabisa berdiri lagi. Kira2 knp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takut dia kena distemper sih mbak.
      nafsu makannya gimana? biasa mbak kasih makan apa? fesesnya mencret?

      Delete
    2. Distemper itu apa dok? Hari ini dia gamau makan dan abis saya suapin pake susu buat tulang dan td poopnya normal kek biasanya, agak padat warna hitam. Biasanya makan whiskas

      Delete
    3. sementara jangan dikasih makan whiskas dulu.
      kasih makan buah aja, kayak cacahan pisang atau pepaya
      dan jangan dikasih susu. saya takut karena itu dia sakit.... :(

      dan kayaknya emang iya karena susu. jadi stop susunya, terus coba observasi dulu.. :)

      Delete
    4. Terus landak saya sebenarnya sakit apa dok?

      Delete
    5. sistem pencernaannya bermasalah. jangan dikasih susu. jangan dikasih makan wishkash dulu. sementara kasih buah aja ya mbak... sesekali boleh kasih ulat hongkong... :)

      Delete
  60. Tapi sebelum saya kasih susu memang sudah pincang2 gitu dok jalannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. tapi dari susu juga ngaruh. kemungkinan pertama emang distemper, kemungkinan kedua adalah pencernaannya terganggu. namun kita coba atasi dulu masalah di sistem pencernaannya. semoga kalau sistem pencernaannya udah bener, yang lain bisa ikut baik juga... :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  61. Dok kok makin parah ya dok? Kakinya kaku dan bener2 gabisa jalan. Tiduran miring terus
    Ohiya sebelumnya saya kasih amoxcilin dan paracetamol 1/5 kapsul tiap 1 hari 1 kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. susunya udah distop?
      makin meruncing ke arah distemper aja, atau bahkan, kemungkinan lainnya bisa jadi kurang kalsium. agak susah untuk menentukan apa sebenernya masalahnya karena saya nggak liat langsung.....

      kalo sekarang masih sama, mending bawa ke dokter hewan aja mbak... :(

      Delete
  62. Udah stop susu dok, saya kasih pepaya sama pisang terus dan dari kemarin gabisa poop

    Iya dok rencananya rabu besok mau sy bawa ke dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. kakinya masih sama mbak?
      saya tunggu kabarnya ya mbak///

      Delete
    2. Kakinya msh saama
      Barusan sy bawa ke dokter hewan katanya kemungkinan pertama karna terlalu sering makan whiskas yg proteinnya tinggi jd hipertensi
      Lalu kemungkinan kedua pernah jatuh

      Delete
    3. emang bener dia pernah jatuh, mbak?
      dikasih obat nggak dari dokternya? :)

      kalau emang dikasih, coba aja kasih dulu obat dari dokter. saya kurang setuju sih sama pendapat hipertensi itu, tapi ya dia udah lihat langsung landaknya. saya kira layak dicoba... :)

      dulu juga saya pernah nyaranin kasih makan pake buah kan? sebenernya maksudnya ke situ juga. ke kemungkinan hipertensi. tapi saya ragu karena belum liat landaknya langsung.... :)

      kabari terus... :)

      Delete
    4. Pernah sih dok, dulu lumayan keras tapi udh dulu banget. Ini dikasih udh dikasih obat dan sempat disuntik biar dia bisa gerak dok. Tp tetep aja ini lemes banget landaknya spt gak punya tulang😭

      Delete
    5. mungkin dulu pas jatuh emang ada fracture di tulangnya. retak. atau bisa juga disposisi tapi nggak parah. karena didiemin aja, jadinya tambah parah....

      dulu pas abis jatuh, dia masih nafsu makan?

      terus minumkan aja obat dari dokternya, mbak...

      Delete
    6. Masih nafsu kok dok, sama spt biasanya. Terimakasih banyak atas jawabannya ya dok😁

      Delete
  63. Dok kalo alasnya pake bekas baju bisa ga ,soalnya kalo pake serbuk kayu suka garuk2

    Alas yang bagus apa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sih pake kain, mas... hanya kotorannya kurang bisa keserap...:)
      hanya saja, kalo pake serbuk kayu kan kotorannya langsung keserap sama bubuk kayu.... :)

      Delete
  64. Mau tanya dok,
    1. cara biar lanmin mau dikasih uhong gmn dok? Lanmin saya cuma mau cf doang
    2. lanmin jantan saya nafsu makannya kurang, biar nambah nsfsu makannya gmn?
    Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. umur lanminnya brp?
      kalau landak mininya udah dewasa, mas bisa taro aja ulhongnya di kandang. nanti dia akan makan sendiri....

      2. bisa nutriplus gel. tapi dikit aja.

      fesesnya gimana mas? mencret? kalau mencret, kemungkinan dia sakit.

      Delete
    2. Yang ga nafsu makan Jantan umur 3 bln dok, feses normal kok. Kalo yg ga doyan ulhong jantan n betina, pernah ditaro ulhong semaleman ga dimakan jg padahal ulhong kering.

      Delete
    3. jangan ulhong kering. coba kasih ulhong yang masih idup... :)

      Delete
    4. awalnya saya kasih yg idup, ga disentuh sampe disemutin dok. kata breeder tempat saya beli dulu mau karna disuapin induknya

      Delete
    5. hmm, sementara biarin aja kasih makan dengan makanan yang dia mau makan... nanti kalau udah 5 bulan, coba puasakan...

      Delete
    6. Ok deh dok, makasih byk loh sarannya.

      Delete
  65. Dok mau tanya, landak mini saya suka muter-muter di kandangnya (akuarium) apakah landak saya stress??? terimakasih

    ReplyDelete
  66. Dok mau tanyaa.. aku punya lanmin tdnya normal2 aja dikasih makan catfood. Tapi akhir2 ini kalau BAB dia bunyi seperti ngeden gitu dok..kira2 knp ya?
    Pdhl slalu dikasih minum dia minum, suka dikasih pepaya juga dok, itu juga jarang. Soalnya dia gasuka apel, dikasih pepaya juga jarang dimakan..
    Tolong dijawab ya dok krn kasian bgt saya liat dia bunyi kaya ngeden gitu tiap BAB��

    ReplyDelete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. Halo, saya mau tnya, landak saya bru aja ptma kali pnya ank ad 6, bru lahir lgsg dia matiin anknya smpe tgl 2, pas udh sbln, dia mw matiin lg anknya jd saya lainkan saya rwat sndri anknya, tp smenjak it induknya suka gigitin kaki sma bdannya smpe luka sobek, kdg2 pagi saya bgn kndangnya udh penuh drah, bru ini dia sobek2 pahanya sndri smpe hmpr k perutnya gt, kira2 knpa y ? Saya hrus gimana ? Mw d obatin jg ngga bisa dia gulung trz smpe bunyi klik gginya.. trm ksh

    ReplyDelete
  69. Dok mau tanya saya baru adop lamin sepasang,duaduanya sering banget garuk-garuk sampe durinya copot itu kemungkinan grgr apa ya?

    ReplyDelete
  70. dok kalo lamin bb nya turun terus gamau makan gimana ya? tp dia aktiv dan fesesnya normal.

    ReplyDelete
  71. Misi sok saya mau tanya, kenapa landak saya tidak mau makan ya, dan perut nya gendut, padahal dia nggk makan apa apa, mohon penjelasan

    ReplyDelete
  72. Gimana cara mengatasi landak mini yg selalu diam saja?

    ReplyDelete
  73. Dok saya beli landak mini, tapi sama sekali tidak mau makan catfood. Dia hanya mau makan lahap tapi hanya dengan ulet Hongkong atau jangkrik. Gimana cara mengatasi.nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipuasakan dulu. misalnya, biasanya dikasih makan pagi. sekarang stop dulu pemberian makan paginya. kasih makan catfood di siangnya...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.